Karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Assalammualaikum, Selamat datang di Kelas IPS. Disini Ibu Guru akan membahas tentang pelajaran Geografi yaitu Tentang “ Samudra Hindia“. Berikut dibawah ini penjelasannya: Sejarah Samudra Hindia Perdagangan, pada zaman dahulu bangsa Eropa seperti Inggris, Belanda dan Portugis, memiliki wilayah jajahan disepanjang kawasan samudra hindia.

Di wilayah jajahan tersebut, mereka mendirikan Bandar-bandar perdagangan. Barang-barang yang diperdagangkan berupa rempah-rempah, sutra, dan hasil bumi kawasan timur. Pengangkutan barang-barang dagangan dari wilayah jajahan ke eropa memerlukan waktu yang cukup lama karena jauhnya jarak yang ditempuh melalui samudra hindia sebagai lalu lintas perdagangan yang utama, mengitari tanjung pengharapan, dan memasuki kawasan samudra atlantik.

Namun, dengan dibukanya terusan suez yang selesai pada tahun 1869, pelayaran dari eropa ke Timur Jauh dan Astralia menjadi singkat dan cepat. Adanya terusan terusan tersebut mengakibatkan perluasan wilayah perdagangan. Mereka melakukan perdagangan hingga ke Bandar-bandar seperti Aden, Bombai, Zanzibar dan Singapura.

Selain Bandar-bandar tersebut, pelabuhan utama samudra hindia adalah calkutta, Colombo, Rangoon (Yangon) di Asia, Durban, dan Dar-Es-Salaam di Afrika, Serta Perth di Auatralia.

Pada akhir abad ke-20, peran samudra hindia semakin penting karena adanya minyak bumi. Minyak bumi sebagai salah satu sumber alam yang bernilai tinggi, dihasilkan dari timur tengah, kawasan teluk Persia dan indonesia. Penelitian ilmiah terhadap samurda Hindia berawal pada abad ke-19. Penelitian ini diperkarsai oleh bangsa Inggris dengan pelayaran Challenger yang berlangsung dari tahun 1872-1876. Kemudian diikuti oleh bangsa Austria, Jerman dan Belanda.

Mereka mengadakan eksplorasi oseanografis pada akhir abad ke -19. Penelitian-penelitian terus berlanjut, beberapa Negara bergabung dan bersama-sama melakukan penelitian tentang kondisi samudra dan cuaca, yang dimulai dari tahun 1959 hingga tahun 1969.

Sejarah Samudra hindia pertama kali dilalui oleh pelaut bagsa portugis fasco da gama. Pada tahun 1497, ia melakukan perjalanan mengitari tanjung pengharapan melalui samudra hindia menuju india. Pada tahun 1521, Juan Sebastian del Cano menyebrangi samudra ini dari timur ke barat dengan kapal Victoria. Juan adalah pemimpin kapal pertama yang melakukan perjalanan yang mengelilingi dunia setelah magellen meninggal dunia.

Usaha melintasi samudra hindia juga dilakukan oleh kapten james cook. Diantara tiga samudra terbesar di dunia samudra hindia merupakan samudra pertama yang ramai di layari manusia karena samudera Hindia lebih tenang dibanding Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

Pada 2500 tahun sebelum Masehi, para pelaut Mesopotamia (wilayah Irak/Iran) sudah berlayar mengarungi samudera Hindia menuju daratan India untuk berdagang. Dengan memanfaatkan bergantinya angin muson, para pelaut Indonesia pernah mengarungi samudera Hindia menuju Madagaskar di Afrika. Tahun 1405-1433, Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming di China menjelajahi samudera Hindia hingga mencapai pantai timur Afrika. Keberhasilan ini lalu diikuti oleh pelaut Eropa lainnya untuk berlayar menuju Asia melalui Samudera Hindia.

Peta Samudra Hindia Letak Astronomis dan Geografis Samudra Hindia Samudra Hindia, samudera terkecil di antara tiga samudera besar di dunia, terletak di sebelah utara antartika, disebelah selatan benua asia, dan di antara benua Afrika dan Australia. Batas di sebelah utara terbentang dari pantai semenanjung arab, mulai tepi benua Asia sampai semenanjung malaka.

Di sebelah selatan, batas Samudera ini menjadi satu dengan Samudera Selatan (Antartika) pada Konvergensi Antartika, sekitar 52° LS.

Luas Samudera Hindia sekitar 75 juta km², lebar sekitar 9.980 km, yang menyempit ke arah utara; kedalaman rata-rata 4000 m, dan kedalaman maksimum hampir 7600 m. Kedalaman rata-rata samudera hindia, tidak termasuk laut-laut yang terletak di sepanjang perbatasan samudera, berkisaran antara 3914 m sampai 3980 m, bagian terdalam terdapat di palung sunda (7434 m), di sebelah selatan pulau Jawa.

Jajaran Semenanjung malaka, sumatera, jawa, timur, Australia, dan tazmaniamerupakan batas samudera hindia dan samudera pasifik. Batas berakhir pada 147° BT yang membentang ke antartika. Di wilayang konvergensi antartika, sekitar 50° LS, terjadi pertemuan antara perairan dingin antartika dan perairan tropis samudera hindia.

Batas antara samudera hindia dan samudera atlantik terletak di tanjung pngharapan (27° BT). Namun secara alami tidak ada pemisah di antara kedua samudera Fisiografi samudera ini terdapat beberapa ambang (punggung bukit dasar laut) dan Plato dasar laut yang umumnya melajur dari utara ke selatan. Ambang Carlsberg membentang dari teluk Aden ke selatan dan bersambung dengan ambang Hindia barat daya (South West Indian Ridge) Plato dasar laut Cagos Lakadewa melajur dari muara S.Indus dan S.Gangga ke selatan dan bersambung dengan ambang hindia tengah (Mid-Indian Ridge) di basin Hindia tengah.

Ambang terpanjang disamudera ini adalah ambang 90 timur (ninety-east Ridge) yang panjangnya 4.960 km. Artikel Terkait: Penyebab Terjadinya Angin Kencang Penamaan tersebut diberikan karena letak ambang itu hamper sejajar dengan garis bujur 90° BT. Ambang tersebut melajur dari sebelah utara Kep. Nicobar kearah selatan, karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian bertemu dengan ujung karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian ambang patah (Broken Ridge) disekitar 32°LS.

Ambang-ambang lain yang terdapat di samudra ini adalah ambang Atlantik-Hindia yang terletak di selatan Kep. Edward, dan Ambang Hindia Tenggara (Southeast Indian ridge). Plato dasar laut disamudra ini menyangga samudra, hindia Pulau-pulau Maladewa, Seychelles, Cagos, Lakadewa, dan Kep.

Kerguelen. Plato dasar laut Mozambique dan plato dasar laut madagaskar terletak diselatan P. Madagaskar, sedangkan plato dasar laut Maskarena terletak disebelah timurnya. Kepulaunan Cocos disebelah timur laut merupakan salah satu pulau karang disamudera ini. Lebih jauh keselatan terdapat pulau-pulau vulkanis, yaitu P.Prince Edward, Kep. Crozet serta Kep. Reunion dan Kep. Mauritius disebelah timur Madagaskar. Batas Wilayah Samudra Hindia Berikut ini terdapat beberapa batas wilayah samudra hindia, terdiri atas: • Sebelah utara: kawasan Asia Selatan.

• sebelah selatan adalah benua Antartika. • Sebelah barat adalah Jazirah Arab dan benua Afrika. • Sebelah timur adalah Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Benua Australia.

Karakteristik Samudra Hindia Berikut ini terdapat beberapa karakteristik samudra hindia, terdiri atas: • Sebagian besar wilayahnya berada di belahan bumi selatan. • Seluruh wilayahnya digaris bujur timur. • Sebagai penyedia air hujan bagi gejala alam angin muson untuk wilayah Asia dan Australia.

• Menjadi sumber hujan bagai negara-negara Asia selatan, Asia tenggara serta bagian timur Benua Afrika • Memiliki arus yang tenang dan jarang terjadi badai sehingga aman untuk pelayaran dunia. • Terdapat beberapa palung seperti Palung Jawa ( 7.450m), Palung Weber ( 7.440m), Palung Diamantina (7.102m).

• Pada dasar samuderanya berbatasan dengan pusat-pusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng Samudera sehingga menjadi pusat gempa bagi negara-negara seperti Indonesia, India, Afganistan dan Iran.

Iklim Samudra Hindia Sebagian besar samudera hindia beriklim tropis, khususnya ditengah dan diutara. suhu permukaan perairan berbeda-beda. Pada bulan January, suhu berkisar diantara 21°-27°C pada belahan bumi utara, dibelahan bumi selatan berkisar antara 27°-29°C pada bulan yang sama, suhu disekitar wilayah Tel.persia dan laut Merah adalah 16°C.

Dibelah bumi selatan, suhu berkisardari 13°C di sebelah selat Australia dan Afrika hingga 27°C di Khatulistiwa pada bulan juli, suhu di belahan bumi utara sekitar 27°C.

Adakalanya suhu di Laut Merah dan Teluk Persialebih dari 32°C. Oleh karena itu, sebagian besar kawasan ini beriklim tropis, maka hampir seluruh permukaannya tidak ditutupi oleh es dan tidak berkabut tebal yang dapat membahayakan pelayaran.

Disamping itu tidak didapati suhu yang berbeda jauh antara bulan January dan July sebagaimana yang terjadi disamudera Atlantik dan samudera Pasifik.

Angin dan Arus. Terdapat tiga wilayah angin di samudera Hindia, yaitu di wilayah angin barat, wilyah angin musim, dan wilayah angin pusat tenggara. Angin barat mendominasi bagian selatan samudera. Angin ini bertiup terus-menerus dari barat ketimur.

Didaerah ini sering terjadi badai, biasanya berupa badai Frontal. Bagian utara samudera didominasi aleh angin musim, pada musim dingin, angin musim menjahui benua asia dan menuju Afrika setelah melalui india, berlangsung dari bulan Oktober- April; misalnya angin musim timur laut yang kering.

Konvergensi tropis aga bergeser keselat khatulistiwa. Sebaliknya, angin musim barat daya yang bertiup dari laut arab dab Teluk Benggala serta melewati india, menuju Asia pada musim panas.dekat zona Konvergensi intertropis yang terbentang diatas asia selatan, angin musim ini seringkali membawa hujan. Di sebagian besar kawasan tropis belahan bumi selatan bertiup angin pasat tenggara.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Hanya bagian-bagian yang menghadap arah angin yang menerima hujan yang dibawa angin pasat tenggara. Berputaran bumi menyebabkan angin ini bertiup kearah barat laut. Disepanjang konvergensi intertropis sering terjadi siklon tropis, meskipun selang derajatnya tidak berjarang jauh dari garis Khatulistiwa.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Misalnya, siklon di laut arab dan teluk benggala muncul dua masa musim (Mei-Juni dan Oktober-November). Adakalanya siklon tersebut melanda kawasan lepas Pantai Austaraia barat laut dan dekat Madagaskar. Bentuk siklon dapat bermacam-macam namun sebagian besar berupa badai lemah. Akibat dari badai lemah ini terjadilah mendung dan hujan yang berkepanjangan.

Badai lemah dapat juga berkembang menjadi topan. Artikel Terkait: Negara Penghasil Belerang Terbesar di Dunia Samudra Hindia mempunyai dua system sirkulasi dua arus utama, satu dibelahan bumi utara dan satu lagi dibelahan bumi selatan. Arus–arus dikawasan ini bergantung pada system angin. Belahan bumi selatan mempunyai arus yang berlawanan dengan arah jarum jam. Arus karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian berlangsung sepanjang tahuan, pada 10° LS. Disebelah selatan Khatulistiwa, arus Khatulistiwa selatan mengalir kebarat dengan bantuan angin pasat tenggara.

Kemudian membelok keselatan dekat Afrika dan menghasilkan arus Agulhas serta arus-arus lainya. Arus Agulhas bergabung dengan arus Monzambique yang mengalir keselatan dan melintasi selat Monzambique di lepas pantai timur Afrika selatan. Arus angin Barat yang terdapat pada lintang geografis yang menyebabkan terjadinya angin barat yang bergerak ketimur menuju ke Australia setelah melintasi bagian selatan Samudera Hindia. Arus ini bergabung dengan arus Khatulistiwa selatan dekat dengan kawasan Khatulistiwa.

Dibelah bumi utara, terjadi arus angin barat pada musim panas, bergerak secara jarum disekitar laut arab dan teluk benggala. Pada musim dingin, arus ini berubah menjadi arus musim timurlaut, yang berlawanan dengan arah jarum jam. Miaslnya, arus Somali yang mengalir di laut arab pada musim panas dan berbalik menjadi arus musim Timur laut. Gejala Alam Samudra Hindia Ternyata, selain El Nino, Indonesia juga mendapat ancaman kekeringan dan curah hujan tinggi karena penyimpangan suhu muka laut di lautan Hindia.

Fenomena ini disebut sebagai Indian Ocean Dipole Mode (IOD) yang pertama kali ditemukan oleh Toshio Yamagata tahun 1999. Kekeringan yang melanda Indonesia selalu dihubungkan dengan gejala El Nino.

Namun berdasarkan penelitian Jamstec (Japan Agency for Marine Earth Science and Tecnology) yang dimotori Prof. Yamagata terlihat ada fenomena kelautan lain yang dampaknya sama yaitu Indian Ocean Dipole Mode (IOD) Positif di lautan Hindia. Sedangkan IOD Negatif serupa dengan gejala La Nina di lautan Pasifik equator.

Tahun 1997-1998 Indonesia mengalami kekeringan yang dahsyat karena kemarau sangat panjang dari bulan Juni hingga Februari tahun berikutnya yang mengakibatkan beberapa luasan tanaman perkebunan di beberapa provinsi di Sumatera mati, sedangkan seharusnya El Nino sudah melemah berdasarkan pengamatan. Hal tersebut menyadarkan ada karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian lain dan perlunya penelitian lebih lanjut, terlihat bahwa ada pennurunan suhu muka laut di Samudra Indonesia setelah El Nino meluruh.

Lalu terbukti gejala El Nino diikuti oleh gejala lain yang selanjutnya dikenal sebagai IOD Positif. Berdasarkan penelitian, biasanya IOD dimulai pada bulan Mei atau Juni, mencapai puncak pada Oktober dan berakhir sekitar November dan Desember Periode IOD Positif berulang setiap 4-5 tahun sekali sedangkan El Nino setiap 3-7 tahun (Erma, 2008).

Akibatnya, jika pada kondisi normal Indonesia masuk hujan sekitar Oktober dengan angin baratan bertiup yang mengandung banyak uap air, akan mengalami perpanjangan musim kemarau dengan arah angin berbalik pula dari arah timur yang kering. IOD adalah penggabungan model iklim atmosfer dan lautan yang berpusat di wilayah tropik lautan Hindia, keadaan IOD berpengaruh kepada konveksi udara di Indonesia dan juga endapan regionalnya.

Pada saat IOD Positif, ditandai dengan pendimginan permukaan air laut barat daya Sumatera sampai selatan Jawa yang cukup drastis dan sebaliknya pemanasan di pantai Timur Afrika (Sea Surface Temperature Anomaly atau SSTA), menimbulkan tekanan tinggi di Sumatera sampai Jawa yang mengakibatkan terjadi aliran massa udara ke wilayah barat (Afrika) dengan tekanan yang lebih rendah sehingga massa udara menumpuk dan memicu cuaca buruk.

Di dalam laut gejala ini mendorong gelombang Kelvin sepanjang equator bergerak ke Timur berlawanan arah angin yang menuju ke barat, pada akhirnya mengangkat thermocline (lapisan air yang menjadi batas massa air laut panas dan dingin di bawahnya) di barat daya Sumatera dan Selatan Jawa, lapisan air di bawah naik ke permukaan, air di permukaan terdorong ke barat, suhu air laut di permukaan menjadi lebih dingin atau sampai turun drastis.

Dinginnya suhu muka laut mengurangi penguapan dan pertumbuhan awan berkurang, dapat dikatakan zona konveksi (daerah pembentukan awan-awan berpotensi hujan) bergeser ke arah barat (Afrika) sehingga kondisi cerah atau sedikit awan di Sumatera dan Jawa, kebalikannya di wilayah Afrika. Artikel Terkait: Struktur Sekunder Geologi Serupa dengan El Nino sesuai dengan namanya yang berarti dua kutub di lautan Hindia, IOD dipresentasiikan oleh perbedaan suhu permukaan laut (SST) lautan Hindia bagian barat di pantai timur Afrika (wilayah 50º-70º BT dan 10ºLU-10ºLS) dengan lautan Hindia bagian timur di perairan barat daya Sumatera dan selatan Jawa (90º-110º BT dan 0º-10º LS) yang dijadikan sebagai dipole mode index (DMI), juga diteliti dengan perbedaan tekanan udara antara Capetown (Afrika) dan Padang (Indonesia) akibat interaksinya (MSJ and Yamagata, 2003).

Hal inilah yang disebut dengan dua kutub samudra hindia. Kehidupan Mahluk hidup atau Organisme di Samudera Hindia Yaitu sebagai berikut: • Cumi-cumi Jenis Baru Ditemukan di Samudra Hindia Para ilmuwan menemukan spesies baru cumi-cumi di Samudra Hindia. Penemuan itu dilaporkan International Union for the Conservation Nature Senin kemarin (15/11/10). Species cumi itu sendiri termasuk dalam famili chiroteuthid. Spesies yang ditemukan memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm serta memiliki organ yang mampu memancarkan cahaya untuk menakuti mangsanya.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Menurut laporan IUCN, spesies itu ditemukan di bagian dasar laut yang terjal. Sejauh ini, telah ditemukan sejumlah 70 spesies cumi-cumi dalam ekspedisi tersebut.

Keseluruhan spesies cumi-cumi itu mewakili 20 persen dari spesies cumi-cumi yang ada di dunia. “Selama 10 hari ini, para ilmuwan bekerja dengan mikroskop untuk mengidentifikasi berbagai jenis ikan, cumi dan makhluk laut menarik lainnya,” ungkap Alex Rogers, ahli biologi kelautan dari Zoological society of London.

Carl Gustaf Lundin, Pemimpin IUCN Global Marine Programme mengatakan bahwa penemuan spesies baru ini tidak hanya akan memuaskan para ilmuwan yang bekerja di lapangan. “Penelitian ini juga berguna bagi pengelolaan ekosistem di Samudra Hindia serta ekosistem laut dalam secara global.”Penemuan spesies cumi-cumi itu merupakan bagian dari ekspedisi penelitian menggunakan kapal riset yang tahun lalu mengarungi Samudra Hindia untuk mengumpulkan sejumlah 7000 sampel makhluk hidup hingga kedalaman 1200 meter.

• Karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian Aneh dan Misterius Ditemukan di Samudera Hindia Ilmuwan Inggris menemukan beragam hewan aneh di bagaian dalam Samudera Hindia. Seperti dikutip IbTimes, para ilmuwan telah menjelajah dan mengambil sampel ‘Lembah Naga’ di bagian barat daya Samudera Hindia, disaba mereka menemukan kepiting Yeti, Ketimun Laut, dan Siput laut yang hidup di sekitar corong uap gunung api bawah laut.

Menurut Dr. Jon Copley, ahli biologi kelautan di University of Southampton, yang menjadi pemimpin ekspedisi tersebut, hewan hewan di daerah ini cukup unik. “Kami menemukan jenis baru Kepiting Yeti. Kepiting Yeti ini berbeda dengan jenis lainnya di mana hanya ada dua di dunia,” ujar Copley. Selain itu, tim ini juga menemukan Ketimun Laut dan beberapa jenis baru siput laut lainnya. Corong laut gunung api bawah laut ini kaya mineral, karena suhu di wilayah ini tergolong panas, maka hewan-hewan di sekitarnya cukup tahan panas.

Ekspedisi ini bermulai dari Cape Town, Afrika Selatan, sejak 7 November dan kembali pada 21 Desember. Tim meneliti ‘Lembah Naga’ selama tiga hari dan berhasil mengambil ratusan sampel 17 makhluk berbeda. “Sama seperti pada abad ke-19, saat para ilmuwan ke pualu Galapagos. Di sana ilmuwan menemukan banyak hewan jenis baru. Seperti itulah hal yang kami alami di lokasi penelitian,” pungkas Copley.

Daftar Pustaka: • Ensiklopedia Geografi ( geografi Australia oseania), Jakarta: PT. Intermasa. 1990 • Ensiklopedia Geografi ( dunia benua dan samudra), Jakarta: PT.Lentera abadi. 2006 Demikian Penjelasan Pelajaran IPS- Geografi Tentang Karakteristik Samudra Hindia: Sejarah, Peta, Letak, Batas, Iklim, Gejala dan Kehidupan Semoga Materi Pada Hari ini Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi, Terima Kasih !!!

Baca Artikel Lainnya: • Materi Samudra Arktik • Materi Angin Puting Beliung • Isi Perjanjian Bongaya • Pergerakan Lempeng Transform Membentuk Muka Bumi • Pengertian Konflik Sosial Menurut Para Ahli • Tokoh-Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu Posting terkait: • Penyebab Meteor Jatuh • Contoh Fenomena Biosfer • Mengapa Langit Berwarna Biru Posting pada Geografi Ditag 7 samudra di dunia, angin muson tenggara bersifat, apa fungsi samudra hindia dalam pelayaran, apa saja potensi dari samudra, apakah ciri-ciri etnik nordik, batas laut indonesia, batas samudra atlantik, batas samudra pasifik, batas-batas wilayah indonesia, bentang alam benua amerika, benua asia terletak di sebelah mana indonesia, benua asia terletak di titik-titik indonesia, benua australia terletak di, benua di indonesia, benua kutub selatan, benua terbanyak penduduknya adalah, benua terluas di dunia adalah benua, benua terluas ke 4, benua yang bersatu dengan benua asia, benua yang mengelilingi samudra arktik adalah, berikut karakteristik samudra hindia adalah, ciri ciri benua amerika, ciri ciri samudra arktik, ciri ciri samudra atlantik, ciri ciri samudra pasifik, ciri khusus samudra hindia adalah, dari indonesia samudra hindia, dasar laut samudra hindia, definisi laut, diego garcia, dimana letak benua asia, dimana letak samudra pasifik, fakta samudra hindia, hewan di samudra pasifik, indonesia terletak diantara samudera, jelaskan 5 karakteristik samudra hindia, jelaskan letak geografis indonesia, jelaskan tentang karakteristik benua eropa, jelaskan tentang penemuan benua australia, jenis industri apa saja yang ada di malaysia, karakteristik benua antartika, karakteristik benua asia, karakteristik samudra, karakteristik samudra arktik, karakteristik samudra arktik brainly, karakteristik samudra atlantik, karakteristik samudra atlantik brainly, karakteristik samudra hindia, karakteristik samudra hindia brainly, karakteristik samudra pasifik brainly, kawasan antartika dan arktik, kedalaman samudra, ketinggian 440-667 merupakan daerah, kutub artik, laut jawa, laut merah membatasi asia dengan, laut yang mengelilingi benua asia, letak benua asia, letak benua australia, letak samudra pasifik, luas samudra atlantik, luas wilayah samudra arktik, mengapa samudra hindia aman bagi pelayaran, nama 7 samudra di dunia, nama negara kepulauan kecil di samudra hindia, nama samudra di selatan indonesia adalah, ombak samudra karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian, palung diamantina, pengertian samudra, perbedaan karakteristik samudra pasifik dan atlantik, perbedaan sugesti dan simpati, perhatikan karakteristik berikut ini, peta indonesia, peta samudra, posisi geografis samudra hindia, posisi geografis samudra pasifik, pulau socotra, pulau terluas di dunia adalah, pulau terpencil di samudra pasifik, samudera atlantik, samudera indonesia, samudera pasifik, samudra arktik, samudra arktik mempunyai ciri khusus sebutkan, samudra art, samudra atlantik, samudra hindia angker, samudra hindia merupakan batas wilayah indonesia disebelah, samudra hindia peta, samudra hindia pulau, samudra hindia terletak di indonesia bagian, samudra pasifik, samudra pasifik terletak di indonesia bagian, samudra selatan, samudra terluas di dunia adalah samudra, samudra terluas kedua dunia adalah samudra, sebutkan 3 isi tri komando rakyat, sebutkan 4 karakteristik samudra arktik, sebutkan ciri ciri samudra hindia, sebutkan kawasan benua afrika, sebutkan kerugian letak geografis indonesia, sebutkan letak geografis samudra arktik, sebutkan samudra terluas di dunia, selatan indonesia daerah mana, simbol sumber daya alam, tenggara dari indonesia benua, titik titik dari indonesia samudra hindia, tuliskan 4 ciri-ciri khusus samudra arktik, tuliskan karakteristik samudra atlantik, wilayah daratan indonesia, yang disebut benua biru adalah Pos-pos Terbaru • GTA V Mod Apk 2.00 Unlimited Money Download 2021 • Penyebab Meteor Jatuh • Contoh Fenomena Biosfer • Mengapa Langit Berwarna Biru • Penemuan Gula Dalam Meteor • Bencana Hidrometeorologi • Struktur Lapisan Bumi • Larva Heroes Mod Apk 2.8.6 Unlimited Gold and Candy • Materi Planet • Kerajaan Gowa Tallo • Materi Perang Korea (1950-1953) • Materi Manajemen Persediaan • Gangstar Vegas Mod Apk 5.4.2 Unlimited Money and Diamond • Titanium Backup Pro Mod Apk 8.4.0.2 Gratis No Root • Ciri-ciri Tanah Humus MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Umum • (About Me) Pengertian Samudra – Karakteristik, Batas, Antartika, Arktik, Atlantik, Hindia, Pasifik : Laut ialah seluruh badan air asin yang saling berhu bungan dan menutupi 70% (tepatnya 70,78%) dari permukaan bumi.

Jumlah ini tidak termasuk Danau Asin (Salt Lake) yang tidak dinyatakan sebagai laut, berdasarkan definisi di atas.

6.3. Sebarkan ini: Samudra adalah kumpulan air yang sangat banyak, menutupi hampir 71 persen Bumi dan memisahkan benua. Jutaan tahun yang lalu ketika Bumi mendingin, uap air di atmosfer mengembun membentuk air.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Air yang terbentuk lalu terkumpul di sebuah karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian yang besar dan dalam. Terbentuklah samudera. Air yang berada di daratan mengalir ke samudera melalui sungai.

Air tersebut membawa bahan-bahan mineral yang membuat air menjadi asin. Samudera di Bumi memengaruhi iklim Bumi. Samudera juga menyediakan makanan bagi manusia karena merupakan tempat berbagai tumbuhan, ikan, dan makhluk hidup lainnya.

Secara geografis, manusia membagi wilayah laut karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian empat bagian kecil, masing-masing diberi identitas sebagai Ocean, kita terjemahkan sebagai samudera: Samudera Atlantic (k), Samudera Hindia (menjelaskan istilah IndianOcean) Samudera Pasific (k) dan Samudera Artic (k). Samudera Pasifikpada beberapa teks, juga dipisahkan dengan Samude ra Antartik sehingga total menjadi lima msamudera.

Samudera Pasifik ialah yang paling luas (50,1% dari luas laut), diikuti oleh Samudera Atlantik (26,0%), Samudera Hindia (20,5%) dan Samudera Artik (3,4%). Di darat, kita mengenal istilah continent, diartikan sebagai benua, ialah daratan luas yang diskret dan idealnya, masing-masing dipisahkan oleh laut.

Berdasarkan kebiasaan atau konvensi (bukan kriteria baku), kita mengenal tujuh benua, ialah: Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartik(a), Eropa dan Australia.

FAO (Food and Agriculture Organization) dari PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa), membagi wilayah perika nan menjadi tiga bagian besar, ialah: Perikanan Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Masing-masing wilayah samudera dibagi lagi menjadi sub-wilayah yang lebih kecil.

Karenamdibuat berdasarkan konvensi, dan dibuat untuk memudahkan pemahaman masing-masing bidang kajian, perbedaan antara istilah samudera dan benua tidak perlu diperdebatkan lebih lanjut.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Induksi Elektromagnetik : Pengertian, Penerapan, dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Samudra Antartika Samudra Antartik atau Samudra Selatan adalah massa air laut yang mengelilingi benua Antartika. Ia merupakan samudra terbesar keempat dan telah disepakati untuk disebut sebagai samudra oleh Organisasi Hidrografik Internasional (IHO) pada 2000.

Sebelum itu, pandangan umum adalah Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik langsung berbatasan dengan bibir pantai Antartika. Dengan koodinata 65 00 LS, 0 00 BT (secara nominal), tetapi Samudra Selatan mempunyai beda karakter unik sebagai massa air laut yang besar yang mengelilingi benua Antartika sepenuhnya; samudra ini terletak antara 60° lintang selatan sampai bibir pantai benua Antartika, dan melingkupi 360° bujur bumi.

Definisi untuk Samudra Selatan masih belum sama sepenuhnya untuk seluruh dunia. Australia memberikan definisi Samudra Selatan serupa dengan definisi IHO namun memasukkan juga seluruh massa air laut yang berada di antara pantai selatan Australia, Tasmania dan Selandia Baru sebagai Samudra Selatan, bukan sebagai Samudra Hindia.

Data dari samudra atlantik yaitu memiliki Luas: 20.327.000 km². Catatan: termasuk Laut Amundsen, Laut Bellingshausen, sebagian dari Drake Passage, Laut Ross, sebagian kecil dari Laut Scotia, Laut Weddell, dan massa air laut tributer lainnya denga garis pantai: 17.968 km. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Newton 1, 2, 3 : Pengertian, Bunyi, Rumus dan Contoh Soal Temperatur air laut bervariasi antara 10 dan -2°C.

Badai siklon berjalan dari arah timur mengelilingi benua dan sering sekali merupakan badai kuat karena adanya perbedaan temperatur yang nyata antara dataran es dengan laut terbuka. Wilayah samudra dari lintang 40 LS sampai ke Lingkar Antartika merupakan wilayah dengan kecepatan angin rata-rata paling kuat dibandingkan tempat manapun di permukaan bumi.

Pada musim dingin, samudra membeku hingga mencapai 65° LS di sektor Pasifik dan sampai 55° LS di sektor Atlantik, temperatur permukaan turun hingga di bawah 0 °C. Pada beberapa titik di pantai benua, masih ditemukan daerah bebas es, hal ini disebabkan adanya angin yang kuat yang terus menerus berhembus dari dalam benua ke arah samudra.

Samudra Selatan dalam, rata-rata kedalaman 4.000 – 5.000 m pada hampir semua penjuru samudra, hanya sedikit tempat yang mempunyai kedalaman yang dangkal.

Dangkalan benua Antartika umumnya sempit dan lebih dalam (400 – 800 m) dibanding rata-rata kedalaman dangkalan di benua lainnya (133 m). Selimut es Antartika membesar dari minimum 2,6 juta km² pada bulan Maret mencapai 18,8 juta km² pada bulan September, berarti luasnya meningkat hampir 7 kali lipat. Arus Sirkumpolar Antartika (sepanjang 21.000 km) bergerak ke arah timur; merupakan arus samudra terbesar di dunia, mengalirkan 130 juta m³ air per detik, berarti 100 kali lipat seluruh aliran air sungai yang ada di dunia.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Kepler 1 2 3 : Sejarah, Bunyi, Fungsi, Rumus Dan Contoh Soal Lengkap Samudra Arktik Samudra Arktik berlokasi di belahan bumi bagian utara dan mayoritas berada di kawasan Arktik, kutub utara.

Walaupun Organisasi Hidrografic Intenasional (IHO) menganggapnya sebagai samudra, namun para ahli samudra menyebutnya sebagai Laut Mediterania Arktik atau Laut Arktik.

Samudra Arktik mengisi sebuah basin bundar dan memiliki luas sekitar 14.056.000 km² (± 1,5 kali luas USA). Panjang garis pantainya 45.389 km dengan letak geografis pada 90°00’ LU dan 0°00’BT. Batas-batas Samudra Arktik yaitu hampir dikelilingi olah daratan sepenuhnya, yaitu Asia Utara, Amerika Utara, Greenland, dan Jazirah Skandinavia/Eropa Utara. Karakteristik yang dimiliki Samudra Arktik • Merupakan samudra terkecil dan terdangkal di antara samudra yang ada di dunia.

• Samudra ini selalu tertutup oleh es, baik pada musim dingin maupun musim sepanjang tahun. • Suhu dan kadar garamnya selalu berubah-ubah tergantung musim dan es yang menutupinya (sedang mencair atau meleleh).

• Mempunyai kadar garam terendah dibandingkan samudra-samudra lain di dunia (hal ini disebabkan rendahnya penguapan dan terbatasnya keluarnya air dari samudra ke daerah selatannya dengan masukan air tawar ke Samudra Arktik dalam jumlah yang besar).

• Terdapat basin dengan kedalaman 4.000 – 5.450 meter.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

• Titik terendah terdapat di Basin Eurasia (-5.450m). • Mempunyai bentuk dasar samudra yang sangat bervariasi, yaitu dengan adanya faultblock- ridge, plans of the abyssal zone, laut-laut dalam dan basin-basin.

• Mempunyai iklim kutub sepanjang tahun (suhu rata-rata -2°C).

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Samudra Atlantik Nama Atlantik berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti “laut atlas”. Samudra Atlantik merupakan samudra terbesar kedua (setelah Samudra Pasifik) yang memiliki luas ± seperlima luas permukaan bumi.

Samudra ini berbentuk seperti huruf “S” yang memanjang dari belahan bumi bagian utara hingga belahan bumi selatan, di mana garis khatulistiwa bertindak sebagai pembaginya. Oleh sebab itu dikenal dua Samudra Atlantik, yaitu Samudra Atlantik Utara dan Samudra Atlantik Selatan.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Archimides : Pengertian, Bunyi, Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Lengkap Batas-batas Samudra Atlantik • Sebelah barat: Benua Amerika (utara dan selatan) • Sebelah timur: Benua Eropa dan Afrika • Sebelah utara: Samudra Arktik • Sebelah slatan: Benua Antartika Luas samudra ini ±106.450.000 km2.

Jika lautan di sekitarnya tidak dihitung, luasnya menjadi 82.362.000 km2. Koordinat geografisnya 0O00 U, 25O00 B. Luas Samudra Atlantik ± 6½ kali negara Amerika Serikat.

Kedalaman rata-rata samudra ini sekitar 3.332 m. Karakteristik Samudra Atlantik • Bentuknya yang meliuk (dari utara ke selatan) menyerupai huruf “S”. • Samudra Atlantik mempunyai pesisir pantai yang tidak beraturan (irregular) yang dibatasi berbagai teluk dan lautan. • Di samudra ini terdapat titik terendah di Lembah Milwauke di Palung Puerto Rico (- 8.605m). • Sering terjadi badai tropis di samudra ini.

Badai tropis berkembang pada sekitar kawasan pesisir pantai Afrika dekat Tanjung Verd dan bergerak ke arah barat menuju Laut Karibia (Mei-Desember). Angin ribut merupakan hal biasa yang terjadi di Atlantik Utara pada musim dingin di utara yang menyebabkan perlintasan samudra menjadi lebih sulit dan berbahaya.

• Terdapat dua terusan penting yang merupakan jalur perairan penting, yaitu Terusan Kiel dan Terusan Saint Lawrence. Samudra Hindia Samudra Hindia merupakan samudra terbesar ketiga di dunia, meliputi hampir 20% permukaan air bumi. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik pada 20°timur meridian serta dipisahkan dengan Samudra Pasifik dengan 147°timur meridian.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Luas total samudra ini 68.556 juta km2. Samudra Hindia meliputi Laut Andaman, Karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian Arab, Teluk Bengala, Teluk Perna, Selat Malaka, Teluk Oman, Teluk Aden, dan Great Australian Bight. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian, Hambatan, Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Secara Lengkap Batas-batas Samudra Hindia • Sebelah utara: kawasan Asia Selatan • Sebelah selatan: Laut Antartika • Sebelah barat: Jazirah Arab dan Afrika • Sebelah timur: Semenanjung Malaka, Kepulauan Indonesia dan Australia.

Karakteristik Samudra Hindia • Mempunyai titik terendah di Palung Jawa (-7.258m). • Terdapat banyak pelabuhan-pelabuhan penting yang ramai akan perdagangan, seperti Calcuta (India), Kolombo (Sri Lanka), Durban (Afrika Selatan), Jakarta (Indonesia), Karachi (Pakistan), Fremantle (Australia), Teluk Richards (Afrika Selatan).

• Arusnya besar dan gelombangnya relatif tinggi. • Mempunyai sedikit pulau (Pulau Madagaskar dan Ceylon adalah pulau-pulau yang terbesar). Samudra Pasifik Nama Pasifik berasal dari bahasa Spanyol yaitu “pacifico” yang berarti “tenang”. Samudra Pasifik menempati sepertiga dari luas bumi kita (179,7 juta km2). Samudra ini mempunyai panjang sekitar 15.500km yang terbentang dari Laut Bering (di Artik) sampai batasan es di Laut Ross (di Antartika).

Lebar samudra ini (dari timur – barat) sekitar 5°U garis lintang dan terhampar ± 19.800 km mulai dari kawasan Kepualauan Indonesia sampai Pantai Kolombia. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Hukum Ohm : Pengertian, bunyi, Dan Rumus Beserta Contoh Soalnya Secara Lengkap Batas-batas Samudra Pasifik • sebelah barat: di antara Asia dan Australia • sebelah timur: Pantai Amerika • sebelah Selatan: Benua Antartika • sebelah utara: Lutan/Samudra Arktik Karakteristik Samudra Pasifik • Di samudra inilah, terdapat Palung Mariana yang merupakan titik terendah permukaan bumi berada • Samudra ini merupakan samudra terluas di dunia.

• Samudra Pasifik berisi skitar 25.000-an kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung) yang karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian terdapat di sebelah selatan khatulistiwa. • Di Samudra pasifik banyak terjadi peristiwa bencana alam, seperti gempa tektonik yang bersumber dari dasar samudra, angin puyuh/badai yang banyak merusak pulau pulau di bagian pantai pasifik, tsunami yang diakibatkan oleh gempa bumi dari dasar laut yang mampu menghancurkan kepulauan dan menghapus seluruh kota-kota pantai.

• Di Samudra pasifik banyak terdapat gunung api yang terdapat di bawah laut (seamounts). Allison, 2002. Oceanographyfor University. Karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian Grawhill. Newyork Nining, S. N. 2002. Oseanografi Fisis. Kumpulan Transparansi Kuliah Oseanografi Fisika. Program Studi Oseanografi. ITB. Rao, S. Behera, Y. Masumoto, and T.

Yamagata, 2002 : Interannual Subsurface Variability in the Tropical Indian Ocean with a Special Emphasis on the Indian Ocean Dipole Deep – Sea Res. II, 49, 1549 – 1572. Sulchan, M. D, 2003 : Analisis Indeks Penguapan di Samusera Hindia dalam Hubungannya dengan Curah Hujan di Sumatera Barat, Prosiding Workshop Pemanfaatan Informasi Iklim untuk pertanian Wiadnya.

2012. http:// wiadnyadgr.lecture.ub.ac.id/files/2012/01/1-Laut-Dan-Fungsinya.pdf. Diakses pada Jumat, 28 April 2017 pukul 17.27 WITA. Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Geografi, IPS, S1, SMA Ditag #karakteristik samudra antartika, #karakteristik samudra arktik, #karakteristik samudra atlantik, #karakteristik samudra hindia, #karakteristik samudra pasifik, #letak benua asia, #pengertian laut, #pengertian samudra, 7 samudra di dunia, bagaimana iklim di benua afrika, batas batas samudra atlantik, batas batas samudra pasifik, batas samudra hindia, benua artinya, benua dan samudra, benua dan samudra kelas 9, benua di dunia, benua yang tidak dapat dihuni manusia adalah, benua yang tidak mengelilingi samudera hindia, ciri ciri samudra atlantik, ciri ciri samudra hindia, ciri ciri samudra pasifik, contoh benua, contoh samudra, contoh selat, contoh teluk, definisi laut, dibawah ini ciri benua asia adalah, fakta mengerikan tentang laut, gambar samudra hindia, jelaskan pengertian selat, kepulauan kecil di samudra hindia, laut jawa, laut tepi adalah, letak samudra pasifik, macam macam benua dan samudra, nama nama benua, nama nama samudra di dunia dan letaknya, nama samudra tts, ombak samudra hindia, palung laut terbentuk apabila, pembentukan benua, pengertian benua, pengertian benua asia, pengertian dari laut, pengertian dari palung, pengertian dasar samudra, pengertian pulau, pengertian samudra dan benua, pengertian teluk, perbedaan samudra dan laut, proses pembentukan samudera, proses terbentuknya benua dan samudra, proses terbentuknya samudra dan benua, proses terjadinya benua dan samudra ppt, samudra antartika, samudra arktik, samudra atlantik, samudra hindia, samudra hindia memisahkan benua, samudra hindia terletak di, samudra pasifik, sebutkan benua yang ada di dunia, segitiga bermuda, segitiga bermuda terletak pada samudra, teori terbentuknya samudra, terbentuknya mid oceanic ridge, tuliskan pengertian dari benua, tuliskan samudra yang kamu ketahui, zona tersempit dari wilayah samudra adalah Navigasi pos Pos-pos Terbaru • Pengertian Kata Berimbuhan • Pengertian Coelentarata – Ciri, Habitat, Reproduksi, Klasifikasi, Cara Hidup, Peranan • Pengertian Gerakan Antagonistic – Macam, Sinergis, Tingkat, Anatomi, Struktur, Contoh • Pengertian Dinoflagellata – Ciri, Klasifikasi, Toksisitas, Macam, Fenomena, Contoh, Para Ahli • Pengertian Myxomycota – Ciri, Siklus, Klasifikasi, Susunan Tubuh, Daur Hidup, Contoh • “Panjang Usus” Definisi & ( Jenis – Fungsi – Menjaga ) • Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran Dan Fungsinya • “Masa Demokrasi Terpimpin” Sejarah Dan ( Latar Belakang – Pelaksanaan ) • Pengertian Sistem Regulasi Pada Manusia Beserta Macam-Macamnya • Rangkuman Materi Jamur ( Fungi ) Beserta Penjelasannya • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.Com
Pengertian Samudera Hindia Samudera Hindia adalah samudera terbesar ketiga di dunia.

Nama Hindia diambil dari nama negara yaitu India. Samudera Hindia dalam bahasa Sansekerta disebut Ratnakara yang berarti mine of gems (ladang permata). Samudera ini memiliki 20% permukaan air bumi atau sekitar 68.556 juta km². Samudera Hindia mempunyai garis pantai sepanjang 66.526 km dengan kedalaman rata- rata mencapai 3.890 m. Titik terdalam dari samudera Hindia terletak di Palung Jawa yaitu sebelah selatan pulau Jawa dengan kedalaman mencapai 7.725 m.

Samudera Hindia juga mempunyai volume air yang diperkirakan sekitar 292.131.000 km³. Terdapat lima punggung laut besar di samudera Hindia yang berpusat di satu titik, yaitu punggung laut Hindia barat daya, Hindia tenggara, Sicilia, Nikety timur, dan Chagos-Lachandive. Samudera Hindia yang menjadi sarana transportasi dunia ini merupakan muara bagi beberapa sungai, seperti sungai Gangga, sungai Zambezi, sungai Shatt al- Arab, sungai Brahmaputra, sungai Ayeyarwady dan sungai Indus.

Beberapa pelabuhan internasional juga berada di wilayah Samudera Hindia, seperti Calcutta di India, Chennai di Madras, India, Colombo di Sri Lanka, Durban di Afrika Selatan, Jakarta di Indonesia, Karachi di Pakistan, Fremantle di Australia, Mumbai di Bombay, India dan Teluk Richards di Afrika Selatan. Letak Samudera Hindia Secara astronomis, letak samudera Hindia dipisahkan dengan Samudera Atlantik oleh 20ᵒ garis bujur timur, dan dengan Samudera Pasifik oleh 147ᵒ garis bujur timur.

Samudera merupakan laut terpanas di dunia ini terdiri dari beberapa kumpulan wilayah perairan, seperti laut Andaman, Great Australian Bight, laut Arab, teluk Bengal, teluk Aden, teluk Persia, teluk Oman, saluran Mozambique, selat Malaka dan laut Merah. Adapun batas-batas wilayah samudera Hindia antara lain: • Sebelah utara: kawasan Asia Selatan • sebelah selatan adalah benua Antartika.

• Sebelah barat adalah Jazirah Arab dan benua Afrika, • Sebelah timur adalah Semenanjung Malaya, Pulau Sumatera, Jawa, Kepulauan Sunda Kecil, dan Benua Australia Terdapat beberapa negara yang memiliki garis pantai yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia.

Benua yang paling banyak dilalui adalah benua Asia yang merupakan benua terbesar di dunia. Berikut ini adalah beberapa negara yang berbatasan dengan samudera Hindia: Karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian Afrika • Afrika Selatan • Djibouti • Eritrea • Kenya • Komoro • Madagaskar • Mauritius • Mesir • Mozambik • Seychelles • Somalia • Sudan • Tanzania Benua Asia • Arab Saudi • Bahrain • Bangladesh • India • Indonesia • Irak • Iran • Israel • Kuwait • Maladewa • Malaysia • Myanmar • Oman • Pakistan • Qatar • Singapura • Thailand • Timor Leste • Uni Emirat Arab • Yaman • Yordania Benua Eropa • Britania Raya ( Wilayah Samudra Hindia Britania) • Perancis ( Daratan Selatan dan Antarktika Perancis, Mayotte, dan Réunion) Oseania • Australia Karakteristik Samudera Hindia Samudera di dunia masing-masing mempunyai karakteristik tersendiri yang menjadi ciri khas dari samudera tersebut.

Seperti samudera Pasifik yang memiliki beberapa karakteristik, samudera Hindia juga memiliki beberapa karakteristik tersendiri yang membedakan dengan samudera lain.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang dimilki oleh samudera Hindia: • Samudera Hindia merupakan satu-satunya samudera yang wilayahnya terletak di belahan bumi bagian timur. • Samudera Hindia diapit oleh tiga benua, yaitu benua Afrika, benua Asia, benua Australia serta kutub selatan. • Kedalamanan laut di wilayah samudera Hindia diperkirakan mencapai ±3.960 m dan kadar garam rata-rata 34,72%.

• Samudera Hindia mempunyai arus yang besar dan gelombang yang tinggi. • Samudera Hindia mempunyai sedikit pulau, di bagian barat pulau Madagaskar, di timur terdapat pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara dan di utara terdapat Pulau Ceylon (Sri Lanka) dan Maladewa.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

• Jarang terjadi badai besar di samudera Hindia, berbeda dengan samudera Pasifik dan samudera Atlantik yang sering dilanda badai besar • Samudera Hindia merupakan satu-satunya samudera yang batas utaranya tidak menyentuh garis lingkaran kutub utara yang disebabkan terhalang oleh Benua Asia • Lempeng Indo-Australia yang merupakan pusat tunjaman lempeng dari benua Asia terletak di dasar samudera Hindia bagian utara, sehingga menyebabkan wilayah ini menjadi daerah labil • Tiupan angin muson di samudera Hindia bermanfaat bagi pelaut dalam pelayarannya, sehingga jarak tempuh bisa lebih jauh.

• Banyak dijumpai lubuk laut atau cekungan di samudera Hindia, seperti cekungan Madagaskar, cekungan Mascarena, dan cekungan Croze. • Gelombang besar yang terdapat di samudera Hindia seringkali memunculkan bencana banjir di negara Sri Lanka dan Maladewa. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai samudera Hindia: • Laut Terpanas Samudera Hindia merupakan lautan terpanas di dunia, karena mempunyai temperatur air yang tinggi.

Kondisi ini menyebabkan kehidupan hewan laut terbatas karena fitoplankton yang dibutuhkan sebagai sumber makanan sangat sulit untuk tumbuh. • Sifat Kimia dan Fisika Air yang Aneh Air di samudera Hindia mempunyai sifat kimia dan fisika yang tidak lazim karena memiliki konsentrasi hidrokarbon tertinggi, tingkatan salinitas terendah sekaligus tertinggi dan keseimbangan air paling negatif.

• Berbatasan dengan 3 Lempeng Tektonik Wilayah samudera Hindia berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik, yaitu lempeng Afrika, Indo-Australia, dan Antartika. Lempeng-lempeng tersebut membentuk satu titik pertemuan atau triple junction bernama Rodrigues Triple Point. • Menyimpan Cadangan Minyak Samudera Hindia memiliki kontribusi dalam perdagangan dunia, karena menyimpan cadangan minyak sekitar 40 persen produksi total minyak dunia.

• Temuan benua yang sudah tenggelam Terdapat benua yang tenggelam di samudera Hindia yang bernama Kerguelen Plateau. Benua ini tenggelam secara bertahap sekitar 20 juta tahun lalu. tanti171 Karakteristik Samudera Hindia adalah: a. Dikelilingi oleh Benua Asia dan Benua Afrika pada bagian Tmur, Utara dan Barat, hanya bagian Selatan yang terbuka bebas langsung berhubungandengan Kutub Selatan.

b. Seluruh wilayah Samudera Hindia berada di bagian wilayah Garis Bujur Timur. c. Samudera Hindia menjadi sumber air hujan bagi negara-negara Asia bagian Tenggara dan Selatan, serta bagian Timur Benua Afrika. d. Samudera Hindia jarang menimbulkan badai besar seperti Samudera Pasifik karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian pelayaran melalui Samudera Hindia relatif aman.

e. Pada dasar samudera yang berbatasan dengan benua Asia terdapat pusat-pusat tubrukan antara lempeng Asia dan lempeng dasar samudera sehingga menjadi daerah labil atau pusat gempa bagi negara-negara Asia seperti Indonesia, India, Afghanistan dan Iran.
Nama Pasifik berasal dari bahasa Spanyol yaitu “pacifico” yang berarti “tenang”. Samudra Pasifik menempati sepertiga dari luas bumi kita (179,7 juta km2). Samudra ini mempunyai panjang sekitar 15.500km yang terbentang dari Laut Bering (di Artik) sampai batasan es di Laut Ross (di Antartika).

Lebar samudra ini (dari timur – barat) sekitar 5°U garis lintang dan terhampar ± 19.800 km mulai dari kawasan Kepualauan Indonesia sampai Pantai Kolombia. 4) Di Samudra pasifik banyak terjadi peristiwa bencana alam, seperti gempa tektonik yang bersumber dari dasar samudra, angin puyuh/badai yang banyak merusak pulau pulau di bagian pantai pasifik, tsunami yang diakibatkan oleh gempa bumi dari dasar laut yang mampu menghancurkan kepulauan dan menghapus seluruh kota-kota pantai.

Nama Atlantik berasal dari kata dalam bahasa Yunani yang berarti “laut atlas”. Samudra Atlantik merupakan samudra terbesar kedua (setelah Samudra Pasifik) yang memiliki luas ± seperlima luas permukaan bumi.

Samudra ini berbentuk seperti huruf “S” yang memanjang dari belahan bumi bagian utara hingga belahan bumi selatan, di mana garis khatulistiwa bertindak sebagai pembaginya. Oleh sebab itu dikenal dua Samudra Atlantik, yaitu Samudra Atlantik Utara dan Samudra Atlantik Selatan.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

4) Sering terjadi badai tropis di samudra ini. Badai tropis berkembang pada sekitar kawasan pesisir pantai Afrika dekat Tanjung Verd dan bergerak ke arah barat menuju Laut Karibia (Mei-Desember). Angin ribut merupakan hal biasa yang terjadi di Atlantik Utara pada musim dingin di utara yang menyebabkan perlintasan samudra menjadi lebih sulit dan berbahaya.

karakteristik samudra hindia dikatakan menjadi daerah labil mengapa demikian

Samudra Hindia merupakan samudra terbesar ketiga di dunia, meliputi hampir 20% permukaan air bumi. Samudra ini dipisahkan dengan Samudra Atlantik pada 20°timur meridian serta dipisahkan dengan Samudra Pasifik dengan 147°timur meridian. Luas total samudra ini 68.556 juta km2. Samudra Hindia meliputi Laut Andaman, Laut Arab, Teluk Bengala, Teluk Perna, Selat Malaka, Teluk Oman, Teluk Aden, dan Great Australian Bight. Samudra Arktik berlokasi di belahan bumi bagian utara dan mayoritas berada di kawasan Arktik, kutub utara.

Walaupun Organisasi Hidrografic Intenasional (IHO) menganggapnya sebagai samudra, namun para ahli samudra menyebutnya sebagai Laut Mediterania Arktik atau Laut Arktik.

Samudra Arktik mengisi sebuah basin bundar dan memiliki luas sekitar 14.056.000 km² (± 1,5 kali luas USA). Panjang garis pantainya 45.389 km dengan letak geografis pada 90°00’ LU dan 0°00’BT. Batas-batas Samudra Arktik yaitu hampir dikelilingi olah daratan sepenuhnya, yaitu Asia Utara, Amerika Utara, Greenland, dan Jazirah Skandinavia/Eropa Utara.

Cara Penyandaran Kapal Cargo Pertama kali masuk Pelabuhan Semen Indonesia




2022 www.videocon.com