Apa yang kamu ketahui tentang osis

apa yang kamu ketahui tentang osis

Quipperian, kalau kamu mau punya banyak teman, di masa-masa sekolah inilah saat yang tepat untuk mengumpulkan banyak teman. Di masa sekolah, kamu dapat mengikuti ragam kegiatan, salah satunya adalah dengan mengikuti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). OSIS punya segudang kegiatan yang bisa kamu ikuti. Di samping itu, dengan menjadi anggota OSIS, kamu bisa memiliki banyak teman dan mendapat pengalaman berorganisasi sejak dini, Quipperian.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus jadi anggota OSIS: • 3. Dengan menjadi anggota OSIS kamu akan belajar kepemimpinan Sebagai Wadah Kreativitas OSIS bisa dibilang adalah organisasi yang spesial banget nih, Quipperian! Hal itu dikarenakan OSIS merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan. Kebayang kan kalau kamu punya segudang ide kreatif, dengan mengikuti organisasi ini kamu jadi lebih leluasa mewujudkannya.

• Sebagai Motivator untuk Diri Kamu Sejak Dini Pengertian motivator sendiri adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat kamu dan teman-temanmu untuk melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

Nah, di OSIS sendiri adalah gudangnya siswa-siswa yang aktif dan melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif lhoQuipperian.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Hal tersebut secara enggak langsung bisa menjadi motivasi buat kamu. Eits, tapi bukan berarti yang enggak ikutan OSIS berarti enggak kreatif, ya. Tapi, dengan kamu menjadi anggota OSIS, berarti kamu mempunyai mental untuk bersuara di depan umum dan mau menyampaikan aspirasi kamu, enggak cuma dipendam saja. Nah, Quipperian, di luar itu semua, ada beberapa fakta menarik tentang OSIS. Baik itu para anak-anak OSIS nya maupun organisasinya itu sendiri. Berikut adalah beberapa fakta menarik OSIS.

1. Anggota OSIS pandai mengolah waktu Mengolah waktu sebaiknya dibiasakan sejak dini, Quipperian. Menjadi pribadi yang bisa mengatur waktu dengan baik akan sangat berguna di masa depan. Kelak di masa depan nanti, kamu akan dituntut untuk dapat mengolah waktu dengan baik. Apalagi kalau kamu kerja di perusahaan kreatif yang menuntut kamu untuk lembur hingga membuatmu kurang tidur.

Nah, fakta menarik OSIS nih, dengan apa yang kamu ketahui tentang osis jadi anggota itu artinya kamu sudah bersiap diri mendapatkan pengalaman berharga dalam hal mengolah waktu.

Kenapa? Sebab, kamu akan selalu dituntut untuk bersikap disiplin dan tepat waktu. 2. Belajar memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi Quipperian, jangan berpikiran kalau masa depanmu masih jauh atau masih lama. Tapi, kenyataannya waktu itu berjalan sangat cepat.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Nanti, tidak terasa tiba-tiba kamu sudah memasuki dunia kerja. Dunia kerja bisa dibilang adalah dunianya tanggung jawab, di mana setiap apa yang kamu kerjakan berhubungan langsung dengan masa depan dan karier kamu. Jika ingin belajar tanggung jawab, sekaranglah saatnya. Di masa sekolah seperti sekarang ini, kamu leluasa untuk belajar tanggung jawab. Menjadi anggota OSIS juga salah satu saran bagi kamu untuk belajar tanggung jawab.

Misalnya saja, saat kamu diberi tugas menjalani sebuah pentas seni, berarti kamu bertanggung jawab untuk menyukseskan pentas seni tersebut, Quipperian. 3. Dengan menjadi anggota OSIS kamu akan belajar kepemimpinan Quipperian, fakta menarik OSIS lainnya adalah kamu bisa jadi pemimpin yang baik di masa depan mulai dari sini. Enggak percaya? Salah satu manfaat berorganisasi saat masih duduk di bangku sekolah adalah memahami arti penting kepemimpinan.

Ketika menjadi OSIS, kamu dipercayakan oleh pihak sekolah untuk membawa nama sekolah ke status yang lebih baik atau kece. Disinilah tantangan kepemimpinan kamu akan dilatih. Bagaimana kamu mengatur waktu, mengatur tenaga, mengatur anggota lainnya. Dengan berbekal apa yang kamu alami di OSIS nanti, saat masuk dunia kerja pun kamu sudah enggak kaget lagi. Quipperian, untuk mendapatkan pengalaman kepemimpinan, tanggung jawab, dan menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu dapat kamu lakukan sedari dini.

Menjadi anggota OSIS tidak akan mengurangi waktu kamu bersama teman-teman. Justru, dengan menjadi anggota OSIS kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berharga dan banyak teman di sekolah. Jadi gimana? Apakah fakta menarik OSIS di atas bisa bikin kamu mau masuk jadi anggota?

Yuk, update terus pengetahuanmu dengan mem-follow Instagram Quipper Video ! Sumber: • https://www.zetizen.com/show/2988/5-alasan-kenapa-anak-osis-itu-pacar-able • https://azzamaviero.com/manfaat-organisasi-sekolah/ • http://hai.grid.id/read/07566182/cuma-anak-osis-yang-bisa-ngerasain-5-keuntungan-ini?page=all Penulis: Habsi Tingkatan Pramuka Desember 28, 2021 Otak Kanan – Pengertian, Fungsi dan Cara Mengoptimalkan Desember 27, 2021 Otak Kiri – Fungsi, Tanda, dan Akibat Rusaknya.

Desember 27, 2021 Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional Desember 27, 2021 Ini Dia Alasan Utama untuk Kamu Belajar Bareng. September 22, 2021 Tutorial Cara Belajar dengan Quipper Video September 20, 2021 Orgnisasi siswa Intra sekolah (OSIS) adalah suatu organisasi yg berada ditingkat sekolah diindonesia yg dimulai dari sekolah menengah yaitu SMP dan SMA.

osis diurus dan dikelola oleh murid yg terpilih untuk menjadi pengurus osis.biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yg dipilih oleh pihak sekolah. 1. menurut anda, bagaimana apa yang kamu ketahui tentang osis dalam memilih bentuk organisasi?

apakah dalam bentuk usaha perorangan, firma atau partnership, atau perseroan? be … rikan analisa dan kaitkan jawaban anda dengan teori. 30 2. berikan analisa anda mengenai transformasi bisnis dari groovy.

35 3. berikan analisa anda terkait dengan manajemen konflik di groovy. kaitkan jawaban anda dengan teori. 35
Selamat pagi! Sesuai dengan judul, di post pertama ini kami akan sedikit menjelaskan tentang MPK dan OSIS. “Apa sih MPK dan OSIS itu?” Pertanyaan ini kerap bergentayangan dikalangan siswa/i khususnya bagi SLTP/sederajat dan SLTA/Sederajat.

MPK Majelis Permusyawaratan Kelas atau Majelis Perwakilan Kelas adalah suatu Organisasi yang berada ditingkat Sekolah di Indonesia yang ada di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Majelis Permusyawaratan Kelas berada diluar Struktur Organisasi Sekolah dan salah satu organisasi kesiswaan yang resmi dan wajib ada di SMA/MA bersama-sama dengan Pembina MPK dan OSIS. Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK) adalah Pengawas Kebijakan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang berperan penting dalam suatu sekolah. dan perlu diketahui, MPK mempunyai posisi lebih tinggi dibanding OSIS.

Karena dari itu, disini admin membahas MPK terlebih dahulu, yuk lanjut! Nih, dasar hukumnya MPK juga ada! Berikut: Dasar Hukum MPK (Diselaraskan dengan Produk Hukum OSIS ) – UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; – UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; – PP Republik Apa yang kamu ketahui tentang osis Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas PP No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan – Peraturan Presiden RI Nomor 7 tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional; – Kep.

Mendikbud Nomor 0461/U/1984 tentang Pembinaan Kesiswaan – Kep. Dirjen Dikdasmen Nomor 226/C/0/1992 tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan – Keputusan Dirjen PDM Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 239/C/KEP/N/81 tanggal 18 Agustus 1981 Sebelum kepembahasan selanjutnya, pasti pada bertanya-tanyakan kok MPK lebih tinggi sih dari pada OSIS emang tugas mereka ngapain sih? Oke langsung saja kita bahas Tugas dan Wewenang Tugas dan wewenang MPK dalam Keputusan Apa yang kamu ketahui tentang osis PDM Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.

239/C/KEP/N/81 tanggal 18 Agustus 1981 yaitu; – Mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas. – Mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program program kerja OSIS; – Menyelenggarakan pemilihan pengurus OSIS – Menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir jabatannya; – Mempertanggungjawabkan segala tugas kepada Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina; – Bersama – sama pengurus menyusun Anggaran dasar dan anggaran Rumah Tangga dalam sidang umum – Mengawasi Kinerja OSIS Adapun menurut sumber lain tugas dan wewenang MPK adalah sebagai berikut: – Menyusun dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, dan Garis Besar Program Kegiatan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.

– Memilih, mengangkat, dan memberhentikan pengurus OSIS atas persetujuan Forum sidang umum. – Menjalankan fungsi pengawasan dan evaluasi terhadap OSIS berdasarkan Garis Besar Program Kerja. – Menjalankan fungsi legislator sebagai sarana aspirasi siswa yang kemudian diteruskan kepada pihak sekolah melalui OSIS. – Mempertanggungjawabkan segala tugas kepada Kepala Sekolah.

– Melakukan Rapat Majelis Permusyawaratan Kelas minimal satu kali selama Masa Jabatan. – Membuat Garis-Garis Besar Program Kerja (GBPK) yang menjadi dasar dalam Pelaksanaan Program Kerja OSIS. – Mempertanggungjawabkan segala tugas kepada Kepala Sekolah selaku Ketua Pembina MPK dan OSIS.

– Membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga bersama Pengurus OSIS. – Menjalankan fungsi Pengawasan dan Evaluasi terhadap OSIS berdasarkan Garis-Garis Besar Program Kerja. Jadi, bisa disimpul kan bahwa MPK termasuk lembaga legislatif di sekolah. Jangan beranjak pergi dulu, karena masih ada yang belum admin jelaskan, cekidot! Apa yang kamu ketahui tentang osis Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS ) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada. Seluruh anggota OSIS berhak untuk memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Eh, jangan salah! OSIS juga ada sejarahnya loh, mau tahu? Yuk apa yang kamu ketahui tentang osis ke masa lalu! Sejarah Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA terdapat organisasi yang bebagai macam corak bentuknya. Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk bersifat intern sekolah itu sendiri, dan ada pula organisasi apa yang kamu ketahui tentang osis yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah. Organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari keadaan yang demikian itu, maka timbullah loyalitas ganda, disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat Kepala Sekolah, sedang dipihak lain harus tunduk kepada organisasi siswa yang dikendalikan di luar sekolah. Oleh karena itu pembanguan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang perlu ditata secara terarah dan teratur.

Maka dari itu pula setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Seperti halnya MPK, OSIS juga mempunyai dasar hukumnya, berikut: Dasar Hukum 1. Undang-Undang No 20 tahun 2013 tentang Sisdiknas 2.

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 3. Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan 4. Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan 5.

Permendiknas Nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan 6. Buku Panduan OSIS terbitan Kemdiknas tahun 2011 Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan.

Berikut: Fungsi Sebagai Wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan. Sebagai Motivator Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan apa yang kamu ketahui tentang osis semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan. Sebagai Preventif Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti apa yang kamu ketahui tentang osis internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya.

Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan. Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, berikut: Tujuan 1.

Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa 2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat 3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa 4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi 5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis 6.

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual 7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Gimana? Udah pada tahukan apa itu MPK dan OSIS? Kalau udah, coba jelasin ulang :p Intinya, MPK dan OSIS itu adalah organisasi dengan kegiatan-kegiatan yang positif untuk melatih siswa/i-nya dalam berorganisasi agar dapat membentuk generasi penerus bangsa yang kompeten.

Jadi, gabakal rugi deh, kalau kamu ikut aktif di organisasi, daripada waktu luangmu diisi dengan hal negatif? Oke, cukup sekian di post pertama kami. Terus ikuti perkembangan informasi dari MPK&OSIS MAN 3 Jakarta ya guys! Atau dengan cara follow official twitter kami di @MPKOSIS_MAN3JKT See you! Pengertian OSIS sebaiknya dipahami dengan baik oleh semua siswa sekolah.

OSIS merupakan kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini berada di tingkat sekolah dan dibentuk di sekolah menengah yaitu SMP dan SMA. Organisasi ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu.

Organisasi ini terdiri dari susunan kepanitian yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, kemudian seksi-seksi lainnya. Setiap jabatan di dalam OSIS memiliki tugas masing-masing. Kepengurusan OSIS memiliki masa kerja yang terbatas yaitu selama satu tahun dan akan diperbaharui lagi.

Fungsi OSIS Mengapa harus ada OSIS di sekolah? OSIS merupakan sebuah wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. Baca Juga: Struktur Organisasi OSIS Dan Fungsinya Di Organisasi OSIS juga bisa berfungsi sebagai pencegah.

Pencegah di sini maksudnya adalah mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS maka siswa bisa memiliki kegiatan yang positif yang bisa memaksimalkan kemampuan dan kreativitas mereka. Tujuan OSIS Apa sebenarnya tujuan OSIS? Mari kita lihat lagi pengertian OSIS, OSIS merupakan organisasi intra sekolah yang artinya organisasi ini dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah, dibina oleh guru di sekolah, dan bekerja demi kebaikan sekolah.

Baca Juga: Alasan Masuk OSIS Yang Tepat Dan Menyakinkan, Ada 10 Nih! Selain itu, ada lagi tujuan OSIS yang perlu Kamu tahu. OSIS bertujuan memaksimalkan potensi siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri juga sekolah.

Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam bersosialisasi dan berorganisasi. Tugas OSIS Lantas tugas apa sebenarnya yang harus dijalankan oleh OSIS? OSIS bertugas untuk mengendalikan aktivitas siswanya sehingga lebih terarah dan lebih positif.

Selain itu, semua orang yang terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang dibagikan. Setiap orang yang terlibat di dalam kepengurusan OSIS memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan. Selain semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan OSIS.

Salah satu guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi jalannya OSIS. Baca Juga: Penjelasan Lambang OSIS SMP Dengan Makna Dan Artinya Itulah tadi sedikit informasi seputar pengertian OSIS, fungsi OSIS, tujuan OSIS, dan tugas OSIS. Ada begitu banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan kalau Kamu bergabung dengan kepengurusan OSIS.

Paling tidak, Kamu harus pernah memiliki pengalaman bergabung dengan OSIS walaupun hanya dalam satu periode.
Jika Kamu menjadi pengurus OSIS, posisi apa yang diinginkan? Pernah tidak Kamu berpikir untuk mengambil posisi sekretaris OSIS? Jika Kamu tertarik dengan posisi ini, maka perlu mengetahui tugas sekretaris OSIS apa saja sehingga memiliki gambaran apa yang nanti akan dikerjakan saat bertugas. Kira-kira seperti inilah pekerjaan seorang sekretaris OSIS: Baca Juga: 10 Alasan Menjadi Sekretaris OSIS Yang Bisa Jadi Referensi 3.

Bertanggung Jawab Mengenai Urusan Kearsipan OSIS Mengatur surat menyurat dan kearsipan OSIS juga merupakan tugas dari sekretaris OSIS. Bahkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari sekretaris OSIS. Semua urusan berkaitan dengan pengiriman surat maupun penyimpanannya masuk dalam tugas sekretaris. 4. Membuat Laporan Sekretaris juga memiliki tanggung jawab membuat laporan. Bukan hanya laporan rapat saja, melainkan laporan dari berbagai kegiatan yang diadakan OSIS.

Baik kegiatan besar maupun kecil. 5. Menandatangani Surat OSIS Tugas sekretaris OSIS lainnya adalah menjadi penanggung jawab dalam berbagai kegiatan OSIS sekaligus menandatangani surat-surat yang menyertainya.

Ada berbagai surat OSIS yang dibuat, misalnya surat permohonan atau keputusan dan semua harus ditandatangani oleh pengurus OSIS. 6. Memastikan Semua Kegiatan OSIS Berjalan Lancar Baca Juga: Contoh Program Kerja Sekretaris OSIS SMP, SMA Dan SMK Sekretaris juga bertanggung jawab dalam semua kegiatan OSIS dan memastikan semua kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan jadwal kegiatan.

Apabila terdapat gangguan, sekretaris berkoordinasi dengan pengurus OSIS lainnya mengatasi gangguan tersebut. 7. Mengkoordinir Seksi Bidang OSIS Di dalam OSIS terdapat berbagai seksi bidang. Setiap seksi bidang memiliki pengurus masing-masing.

Sekretaris OSIS akan bekerjasama dengan ketua dan wakil ketua serta bendahara untuk mengkoordinir seksi bidang ini sehingga dapat melakukan tugas dengan baik. 8. Membuat Proposal Rancangan Kegiatan OSIS Sebelum melakukan kegiatan OSIS harus membuat proposal rancangan kegiatan OSIS dan menjadi kewenangan sekretaris untuk membuatnya dibantu dengan bendahara untuk urusan dana dan ketua serta wakil juga memberi masukan terhadap proposal tersebut. Baca Juga: 10 Contoh Pertanyaan Debat OSIS Yang Bisa Jadi Referensi 9.

Hadir Di Setiap Rapat OSIS Karena tanggung jawab sekretaris membuat notulen rapat, maka sudah tentu harus hadir di setiap pelaksanaan rapat OSIS. Apabila sekretaris berhalangan, maka wakil sekretaris akan bertanggung jawab mewakili.

10.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Mendampingi Ketua Dalam Kegiatan OSIS Di Luar Sekolah Selain mendampingi ketua Apa yang kamu ketahui tentang osis dalam rapat internal OSIS, tapi juga mendampingi ketua OSIS saat melakukan kegiatan OSIS di luar sekolah. Misalnya, ketika mengadakan pertemuan dengan pengurus OSIS sekolah lain. Menjadi pengurus OSIS memang memiliki berbagai pekerjaan.

Setiap pengurus OSIS mempunyai tanggung jawab sendiri. Tugas sekretaris OSIS tidak bisa dikatakan mudah, tapi akan memberikan Kamu pengalaman yang tidak didapatkan oleh semua orang.
1.OSIS adalah singkatan dari (organisasi siswa intra sekolah) Osis juga berperan penting di sekolah misalkan ada salah satu acara musalkan pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa) Osis akan mengurus/membantu siswa/i untuk lebih mengenal sekolah, guru, dan juga teman disekelilingmu.

2. a.Kamu akan menjadi apa apa yang kamu ketahui tentang osis organisasi ini? b.mengapa kamu ingin menjadi itu dalam organisasi ini? c.Apa yang akan kamu lakukan jika kamu telah masuk dan menjadi apa yang kamu inginkan dalam organisasi ini Maaf ya kalo misalkan ada yang salah☺Pengertian OSIS – Nama organisasi seperti OSIS, Pramuka, PMR dan Paskibra sangat tidak asing terdengar, terutama ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, Bahkan, mungkin Anda pernah bergabung dengan salah satu organisasi tersebut dan merasakan kesan dan pengalaman tersendiri didalamnya.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari mengikuti kegiatan organisasi, terutama OSIS. Nah, berikut sedikit ulasan mengenai OSIS, mulai dari apa itu pengertian osis, fungsi, tugas, sejarah, struktur organisasi, logo dan tujuan menjadi anggota Osis. Daftar Isi Artikel • Pengertian OSIS• Fungsi OSIS• Tujuan OSIS• Tugas OSIS• Tujuan Menjadi OSIS• Sejarah OSIS Singkat• Struktur Organisasi OSIS dan Tugasnya • 1. Pembina OSIS• 2. Pengurus OSIS• LOGO OSIS• Baca Juga Artikel Ini Pengertian OSIS tribunnews.com OSIS adalah kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah.

Organisasi ini dibentuk di tingkat sekolah menengah, yaitu SMP dan SMA. Organisasi Siswa Intra Sekolah ini hampir pasti dimiliki oleh setiap sekolah di Indonesia. Organisasi Osis dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah itu, dan dibina oleh guru di sekolah itu.

Mereka nantinya turut serta berkarya untuk kebaikan sekolah. Organisasi ini menjadi wadah bagi para siswa di suatu sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. Siapa pun boleh dan bisa menjadi pengurus OSIS. Hanya saja, tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus OSIS cukup berat bahkan menyita waktu dan pikiran. Jadi, memang perlu diadakan seleksi atau pemilihan untuk menentukan siapa saja yang layak dan mampu untuk menjadi pengurus OSIS.

Fungsi OSIS OSIS memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas masing-masing pengurus demi kepentingan sekolah dan semua siswa.

Selain itu, OSIS juga mempunyai fungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. OSIS juga bisa berfungsi mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Dengan adanya OSIS, siswa bisa mempunyai kegiatan yang positif sehingga bisa memaksimalkan kemampuan berkreativitas dan menyalurkan bakat siswa ke hal-hal yang bermanfaat bagi siswa dan sekolah. Tujuan OSIS OSIS mempunyai tujuan untuk memberikan fasilitas kepada para siswa untuk menyalurkan harapan dan keinginannya, mengekspresikan kreativitasnya, dan berpartisipasi untuk hal-hal yang positif.

OSIS mengemban tujuan yang positif bagi seluruh siswa di sekolah yang berarti juga akan memberikan pengaruh positif pula pada sekolah itu sendiri. Selain itu, masih ada tujuan lainnya yang perlu Anda ketahui terkait organisasi ini.

OSIS juga bertujuan memaksimalkan potensi siswanya sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan diri bagi siswa dan sekolah tentunya. Selain itu, OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan berorganisasi dan bersosialisasi para siswanya.

Tugas OSIS OSIS bertugas mengendalikan aktivitas siswanya untuk bisa lebih terarah dan lebih positif. Selain itu semua siswa yang tergabung dan terlibat dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan apa yang kamu ketahui tentang osis yang sudah diembannya. Bagi setiap siswa yang sudah terlibat di dalam kepengurusan, mereka memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Di samping semua siswa yang terlibat dalam kepengurusan OSIS, ada pembina yang bertugas untuk mengawasi jalannya kepengurusan dan kegiatan OSIS. Beberapa guru akan dipilih untuk menjadi pembina dan mengawasi keseluruhan jalannya OSIS.

Tujuan Menjadi OSIS smkn1kotabekasi.sch.id Adanya OSIS memberikan manfaat yang positif, khususnya bagi para pengurus dan siswanya, serta sekolah pada umumnya.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Manfaat dari ikut kegiatan OSIS di antaranya adalah : a. Mengash Jiwa Kepemimpinan Dengan menjadi salah satu pengurus OSIS, Anda akan dihadapkan pada keadaan di mana Anda harus menggerakkan anggota sebagai sumber daya yang dimiliki untuk meraih hasil yang diinginkan. b. Meningkatkan Kemampuan Manajemen Kemampuan atau keterampilan dalam bermanajemen merupakan hal yang penting untuk dimiliki seseorang. Kemampuan manajemen ini bisa Anda pelajari dan dibina semenjak di sekolah dengan ikut kegiatan OSIS.

Anda mempunyai program untuk disesuaikan antara mengaturnya, memperbaikinya, dan mengerjakannya hingga terlaksana.

c. Pengalaman Organisasi Pengalaman berorganisasi sejak dini akan memberikan manfaat yang amat berharga bagi Anda. Saat masuk dunia kerja nanti, Anda akan diuntungkan jika pernah bergabung dalam satu wadah organisasi. d. Meningkatkan Kerja Sama Di OSIS, Anda akan terbiasa berkomunikasi dengan siswa lain untuk melakukan kerja sama guna mencapai tujuan program OSIS. Komunikasi juga wajib terjalin antara para anggota dengan pembina OSIS, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan beberapa guru selaku pembimbing.

Melalui OSIS, Anda berlatih berbagi tugas dan menyelesaikannya dengan tanggung jawab. e. Berperan Lewat Program Kerja Selain untuk para siswa, OSIS juga memberikan kesempatan untuk berperan dalam lingkungan sekitar, masyarakat, dan negara. Anda beserta pengurus dan anggota apa yang kamu ketahui tentang osis dapat menyusun dan mengelola program yang ditujukan untuk siswa dan masyarakat sekitar. Contohnya seperti : bakti sosial, donor darah dan lain sebagainya.

Sejarah OSIS Singkat Sebelum adanya OSIS, di sekolah-sekolah setingkat SMP dan SMA, terdapat beberapa jenis organisasi dengan beraneka sifat dan bentuknya. Ada organisasi siswa yang terdiri dari siswa di sekolah tersebut, ada juga organisasi siswa yang terbentuk dari siswa di luar sekolah.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Organisasi siswa yang terbentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi di luar sekolah, umumnya mengarah ke hal-hal yang berhubungan dengan politik, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah.

Akibat dari keadaan itu, timbul loyalitas ganda dari anggotanya. Di satu sisi siswa harus mengikuti peraturan yang dibuat sekolah.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Sedang di sisi lain, mereka harus tunduk pada peraturan organisasi yang dikendalikan dari luar sekolah. Padahal, pada saat itu, terdapat banyak organisasi siswa yang tumbuh dan berkembang, keadaan ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, golongan, atau organisasi pihak luar sekolah.

Karena itu, pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972, beberapa ketua organisasi siswa mulai sadar setelah mendapat arahan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka mulai peduli untuk menumbuhkan rasa persatuan di kalangan siswa untuk menghindari perpecahan dan konflik di antara intern siswa di sekolah atau antarsiswa berbeda sekolah. Dengan pembinaan dan pengembangan generasi muda, selanjutnya didirikanlah Organisasi Siswa Intra Sekolah.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Struktur Organisasi OSIS dan Tugasnya smkn7bandung.sch.id OSIS memiliki perangkat dengan fungsi dan tugas masing-masing seperti berikut. 1. Pembina OSIS Terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan lima orang guru sebagai anggota pembina OSIS.

apa yang kamu ketahui tentang osis

Secara umum Pembina OSIS memiliki tanggung jawab untuk: • Membina dan mengembangkan OSIS di sekolahnya;• Memberi masukan kepada pengurus OSIS, mengesahkan pengurus OSIS melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah; dan• Menghadiri rapat OSIS dan mengevaluasi terhadap kinerja pengurus OSIS.

2. Pengurus OSIS Sedangkan, susunan pengurus OSIS terdiri atas minimal pengurus inti dan seksi-seksi. Pengurus inti meliputi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara.

Struktur dan tugas pengurus OSIS sebagai berikut. KETUA • Memimpin organisasi dengan baik dan bijaksana• Mengoordinasikan antara pengurus dan mengevaluasi setiap kegiatan pengurus• Menetapkan kebijaksanaan dan mengambil semua keputusan berdasarkan musyawarah dan mufakat• Memimpin rapat• Menyusun program kerja, melaksanakan kegiatan yang sudah ada, mengoordinasi kegiatan ekstrakurikuler• Menjalin komunikasi dengan sekolah lain• Bertanggung jawab kepada Pembina OSIS WAKIL KETUA • Bersama-sama dengan Ketua OSIS menetapkan kebijaksanaan, melaksanakan program kerja OSIS, mengaktifkan kegiatan ekstra kurikuler• Memberikan saran dan masukan kepada Ketua OSIS dalam mengambil keputusan• Menggantikan Ketua OSIS jika berhalangan• Membantu Ketua OSIS dalam melaksanakan tugasnya• Bersama-sama Wakil Sekretaris mengoordinasi seksi bidang• Bertanggung jawab pada Ketua OSIS SEKRETARIS I • Memberi saran dan masukan kepada Ketua OSIS dalam mengambil keputusan• Mendampingi Ketua OSIS dalam setiap rapat• Menyiapkan, mendistribusikan, dan menyimpan surat serta arsip yang berhubungan dengan agenda kegiatan• Menyiapkan agenda, evaluasi kegiatan, hasil rapat, laporan, dan surat• Bersama Ketua OSIS menandatangani setiap surat• Bertanggung jawab atas tertib administrasi organisasi• Bertindak sebagai notulis atau diserahkan ke Wakil Sekretaris• Membantu Ketua OSIS dalam menyusun program dan melaksanakannya• Bertanggung jawab terhadap Ketua OSIS SEKRETARIS II • Membantu Sekretaris I• Menggantikan Sekretaris jika berhalangan• Membantu Wakil Ketua mengoordinasi seksi bidang BENDAHARA I • Bertanggung jawab dan mengetahui pemasukan/pengeluaran keuangan, inventaris, serta perbendaharaan• Bersama Ketua OSIS menyusun anggaran belanja organisasi dan melaksanakan program OSIS• Membuat tanda bukti kuitansi setiap pemasukan/pengeluaran keuangan untuk laporan pertanggungjawaban• Menyampaikan laporan keuangan secara berkala• Bertanggung jawab pada Ketua OSIS WAKIL BENDAHARA • Membantu Bendahara I• Menggantikan bendahara jika berhalangan• Bersama Bendahara membantu Ketua OSIS menyusun anggaran organisasi Apa yang kamu ketahui tentang osis KOORDINATOR SEKSI BIDANG I • Bertanggung jawab atas seluruh seksi bidang yang menjadi wewenangnya• Melaksanakan program kerja yang sudah disusun• Memimpin rapat bidang• Menetapkan kebijaksanaan bidang dan mengambil keputusan dari musyawarah mufakat• Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan kegiatan dari masing-masing seksi bidang• Bertanggung jawab kepada Ketua OSIS KETUA KOORDINASI SEKSI BIDANG II • Membantu pelaksanaan tugas Ketua Koordinator Bidang I• Menggantikan tugas Ketua Koordinator Bidang I jika berhalangan HUBUNGAN MASYARAKAT I • Membantu Ketua OSIS dalam pelaksanaan rapat atau kegiatan sebagai juru bicara• Menjelaskan isi rapat pada pengurus OSIS HUBUNGAN MASYARAKAT II • Membantu pelaksanaan Ketua Humas• Menggantikan tugas Ketua Humas bila berhalangan Adapun seksi-seksi dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing sekolah.

Pemberian nama seksi atau bidangnya juga bermacam-macam. Yang paling umum, yaitu Seksi Keagamaan, Seksi Olahraga, Seksi Seni dan Bahasa, Seksi Keterampilan dan Apa yang kamu ketahui tentang osis, dan mungkin masih ada seksi lainnya atau dengan nama yang berbeda.

Semua seksi mempunyai tugas menyusun program kerja sesuai dengan bidangnya dan sudah diputuskan dengan musyawarah di rapat OSIS, melaksanakan program kerja OSIS, membuat laporan, dan bertanggung jawab terhadap ketua OSIS. LOGO OSIS logo OSIS SMP via wikipedia.org logo OSIS SMA via ardi-lamadi.blogspot.com Kepengurusan OSIS selalu berganti setiap tahun dan pengurus dipilih melalui sistem pemilihan yang sudah diatur di sekolah masing-masing.

Dilihat dari sejarahnya, OSIS dapat disebut sebagai organisasi yang sudah berdiri begitu lama. OSIS sendiri kini berkembang menjadi semakin baik dengan format yang mungkin berbeda dari awal pembentukannya. Walaupun begitu, OSIS tetap mempunyai semangat untuk melakukan pembinaan kepada para siswa di sekolah agar kelak berguna bagi bangsa dan negara. ARTIKEL LAINNYA • CLOUD COMPUTING: Pengertian, Manfaat, Jenis & Contoh• Apa Itu Ilmu SEO?• METODE WATERFALL: Pengertian, Kelebihan & Tahapan Model• PENGERTIAN SDLC adalah: Fungsi, Metode dan Tahapan SDLC• PENGERTIAN APLIKASI: Fungsi, Sejarah, Klasifikasi, Jenis & Contoh• PENGERTIAN WEBSITE: Fungsi, Sejarah, Kegunaan, Jenis Jenis & Contoh Web
Seksi Bidang di OSIS – Halo Sobat Bintang!!

Di dalam organisasi OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) kalian pasti pernah mendengar yang namanya seksi bidang atau sekbid. Karena, pada umumnya dalam suatu organisasi OSIS, terdapat 10 seksi bidang di bawahnya dengan berbagai bidang dan tugas yang berbeda. 10. Seksi bidang komunikasi dalam bahasa inggris Baca Juga: • Pengertian Cryptocurrency, Jenis dan Keuntungan Investasi • Viral di Tiktok, Aplikasi Edit Video Make Up Pengantin • Komen di Youtube dan Instagram Bisa Dapat Uang?

• Snack Video: Bisa Dapat Uang dari Konten, Apakah Aman Digunakan? • 5 Aplikasi Sadap Chat WA Pasangan Tanpa Diketahui, No.4 Paling Gampang ! • Cek Data Penerima Bansos Maret 2022 Melalui Aplikasi atau Situs Kemensos • Rekomendasi Software Untuk Mengakses Internet yang Terbaik Nah, kemarin kita sudah membahas tentang contoh struktur OSIS beserta tugas dari pengurus intinya kan yah.

Tapi, rasanya tidak lengkap ya jika tidak membahas 10 seksi bidang atau sekbid yang ada pada organisasi OSIS ini. Di samping itu, kalian juga harus tahu dan paham seksi bidang apa saja yang ada di OSIS beserta tugas-tugasnya. Karena tanpa seksi bidang di bawahnya, OSIS ini tidak akan bisa berjalan dengan sempurna. Untuk itu, yuk kita simak, seksi bidang apa saja sih yang ada di organisasi OSIS, dan apa saja ya tugasnya? Mengutip dari Wirahadie.com.

Baca Juga: Contoh Struktur Organisasi OSIS Lengkap Dengan Tugasnya! Berikut 10 Seksi Bidang di OSIS yang Wajib Kalian Ketahui 1. Seksi bidang keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Seksi bidang di OSIS yang pertama ini berfokus pada bidang keagamaan.

Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing; • Memperingati hari-hari besar keagamaan; • Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama; • Membina toleransi kehidupan antar umat beragama; • Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan; • Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.

2. Seksi bidang budi pekerti luhur atau akhlak mulia Seksi bidang di OSIS yang kedua ini berfokus pada bidang budi pekerti atau akhlak. Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah; • Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial); • Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan; • Menumbuh dan mengembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama; • Menumbuh dan mengembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah; • Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).

3. Seksi bidang kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara Seksi bidang di OSIS yang ketiga ini berfokus pada bidang kewarganegaraan. Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan hari sabtu (upacara persiapan untuk hari senin), serta hari-hari besar nasional; • Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne); • Melaksanakan kegiatan kepramukaan; • Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah; • Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan; • Melaksanakan kegiatan bela negara; • Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara; • Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

4. Seksi bidang prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat Seksi bidang di OSIS yang keempat ini berfokus pada bidang prestasi. Apa yang kamu ketahui tentang osis tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Mengadakan lomba dari mata pelajaran/program keahlian; • Menyelenggarakan kegiatan ilmiah; • Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek); • Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar; • Mendesain dan memproduksi media pembelajaran; • Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian; • Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah; • Membentuk klub sains, seni dan olahraga; • Menyelenggarakan festival dan lomba seni; • Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.

5. Seksi bidang demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural Seksi bidang di OSIS yang kelima ini berfokus pada bidang kemanusiaan.

Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing; • Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa; • Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional; • Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat; • Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato; • Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan; • Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.

Baca juga: Kenapa Harus Ikut Organisasi di Sekolah? Cek 5 Manfaatnya di Sini! 6. Seksi bidang kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan Seksi bidang di OSIS yang keenam ini berfokus pada bidang kreativitas. Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna; • Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa; • Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produksi; • Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin); • Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus.

7. Seksi bidang kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi Seksi bidang di OSIS yang ketujuh ini berfokus pada bidang kesehatan. Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat; • Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS); • Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS; • Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja; • Melaksanakan hidup aktif; • Melakukan diversifikasi pangan; • Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

8. Seksi bidang sastra dan budaya Seksi bidang di OSIS yang kedelapan ini berfokus pada bidang kebudayaan. Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra; • Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya; • Meningkatkan daya cipta sastra; • Meningkatkan apresiasi budaya.

9. Seksi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Seksi bidang di OSIS yang kesembilan ini berfokus pada bidang teknologi. Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran; • Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi; • Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.

apa yang kamu ketahui tentang osis

10. Seksi bidang komunikasi dalam bahasa inggris Seksi bidang di OSIS yang kesepuluh ini berfokus pada bidang bahasa inggris.

Adapun tugas dari seksi bidang ini, antara lain: • Melaksanakan lomba debat dan pidato; • Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi; • Melaksanakan kegiatan English Day; • Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling); • Melaksanakan lomba puzzles words/scrabble. Baca juga: 5 Keuntungan Kamu Aktif Berorganisasi Nah, itulah 10 seksi bidang yang ada di organisasi OSIS beserta bidang dan tugasnya. Bagi kalian Sobat Bintang yang merupakan pengurus seksi bidang, kalian masuk seksi bidang apa?

Sudahkah menjalankan tugasnya dengan baik? Tentu sudah yah!! Untuk mendapatkan informasi menarik dan tentunya bermanfaat lainnya, kalian bisa terus mengunjungi Bintang Sekolah Indonesia.

Tetap Semangat dan Semoga bermanfaat!!

Jawaban wawancara pertanyaan OSIS☺️🙏🏻Test OSIS☺️SMP NEGRI 1 CISAAT




2022 www.videocon.com