Obat sakit gigi ngilu dan nyeri

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Daftar obat alami untuk mengatasi gigi ngilu Ada banyak penyebab gigi terasa ngilu. Entah itu karena gigi yang memang sensitif, gigi berlubang, gigi retak, tambalan lepas, akar gigi yang terekspos, hingga penyakit gusi (periodontitis). Umumnya gigi dapat terasa ngilu karena enamel (lapisan terluar gigi) terkikis, bisa karena makanan atau minuman tertentu maupun cara menyikat yang salah.

Lapisan enamel yang terkikis menyebabkan dentin (bagian tengah gigi yang dipenuhi serabut saraf dan pembuluh darah) terbuka sehingga terpapar lingkungan luar gigi. Paparan asam, manis, dingin, atau panas dari makanan yang mengenai saraf ini membuat gigi Anda mudah terasa ngilu atau nyut-nyutan. Namun meski penyebabnya banyak, pilihan obat alaminya untuk meredakan sensasi ngilu pada gigi juga ada banyak.

Anda bisa mencoba menggunakan: 1. Air garam Berkumur air garam sudah menjadi nasehat turun menurun dari zaman nenek moyang untuk mengatasi masalah gigi, termasuk gigi ngilu. Garam sudah terbukti bersifat antiseptik oleh banyak penelitian ilmiah. Artinya, garam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang menyebabkan peradangan dan sensasi ngilu.

Sebagai obat gigi ngilu, Anda cukup melarutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur selama 30 detik lalu buang airnya. Ingat, jangan ditelan, ya! 2. Air madu Madu juga bersifat antiseptik dan antibakteri, obat sakit gigi ngilu dan nyeri dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan gigi ngilu.

Bahkan, satu penelitian dari The Saudi Dental Journal melaporkan madu juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis). Anda bisa melarutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata.

Gunakan air madu tersebut sebagai obat kumur selama 30 detik. Buang bekas air kumur tadi, dan akhiri dengan minum air putih. 3. Kunyit Kunyit yang biasa dipakai untuk menyedapkan masakan ternyata juga bermanfaat sebagai obat gigi ngilu alami.

Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati gigi ngilu, Anda bisa mengolah kunyit dengan dua cara. Cara Pertama, pijat gigi Anda dengan bubuk kunyit panggang. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba kunyit dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi yang sakit. Cara kedua, gunakan pasta yang terbuat dari kunyit. Perawatan lain yang sangat baik untuk periodontitis dan radang gusi adalah pasta menggunakan garam dan minyak mustard.

Cukup gunakan jari Anda untuk memijat gigi dan gusi dua kali sehari. 4. Daun jambu Khasiat daun jambu paling terkenal sebagai obat diare alami, tapi ternyata juga bisa sebagai obat gigi ngilu! Penelitian yang diterbitan dalam International Journal of Molecular Sciences mengungkapkan, daun jambu kaya akan antioksidan flavonoid yang salah satu manfaatnya adalah untuk meredakan ngilu di gigi.

Sifat antiradang dan antimikroba dari flavonoid juga efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit gigi. Anda bisa mengunyah daun jambu segar yang sudah dicuci bersih sampai ekstrak airnya keluar. Lalu, obat sakit gigi ngilu dan nyeri sari daun jambu tadi dengan lidah dan oleskan pada bagian gigi yang terasa ngilu.

Cara lainnya, Anda bisa merebus beberapa lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Setelah mendidih, angkat air rebusan dan dinginkan sebentar. Anda bisa gunakan air rebusan daun jambu ini sebagai obat kumur. 5. Bawang putih Rasanya bawang putih hampir dibutuhkan dalam setiap masakan. Namun, tahukah Anda bahwa selain sebagai penyedap masakan, bawang putih juga baik untuk kesehatan gigi?

Ya, pamor bawang putih untuk mengobati berbagai masalah gigi dan mulut ternyata sudah dikenal sejak dulu. Penelitian menemukan, senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba.

Kombinasi keduanya dapat membantu melawan kuman penyebab sakit gigi sekaligus meredakan rasa nyerinya. Cara mengobati gigi ngilu dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya di sisi mulut yang nyut-nyutan.

Bila Anda tidak bisa mengunyah bawang putih, Anda bisa mengirisnya tipis-tipis dan letakkan di bagian gigi yang sakit. Pilihan obat yang bisa dibeli di apotek untuk mengobati gigi ngilu Jika obat alami di atas kurang manjur untuk mengobati gigi ngilu Anda, beberapa obat-obatan yang dijual bebas di pasaran ini mungkin bisa dicoba agar lebih cepat sembuh: 1.

Paracetamol Rasa ngilu yang muncul karena gigi sensitif mungkin dapat berbeda pada setiap orang. Bila gigi Anda terasa ngilu bukan main, Anda bisa meredakannya dengan minum obat pereda nyeri seperti Paracetamol. Paracetamol cukup bisa diandalkan untuk mengobati rasa sakit ringan hingga sedang. Anda bisa membeli obat ini tanpa harus menebus resep dokter.

Biasanya obat ini banyak dijual di apotek, toko obat, supermarket, hingga warung yang ada di dekat rumah. Secara umum, obat ini aman dikonsumsi semua kalangan, termasuk ibu hamil dan menyusui, juga anak-anak.

Namun, pastikan Anda membaca aturan pakainya dengan teliti. Minum obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada bungkus kemasan. Jika rasa sakit Anda sudah mulai berkurang, maka sebaiknya langsung berhenti minum obat ini. 2. Ibuprofen Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga merupakan obat antinyeri yang dapat digunakan untuk meredakan rasa ngilu karena gigi sensitif. Ibuprofen adalah golongan obat nyeri (NSAID) yang menghentikan peradangan dalam gigi.

Dengan minum obat ini, ngilu dan nyeri gigi yang Anda alami akan berkurang perlahan. Penting untuk dipahami bahwa ibuprofen memiliki dosis yang lebih kuat dibanding paracetamol. Jadi, gunakan obat ini dengan hati-hati.

Sebelum minum obat ini, pastikan membaca aturan pakainya dengan teliti. Jangan melebihi dosis aman ibuprofen atau melebihi jangka waktu penggunaan yang direkomendasikan. Bila Anda ragu mengenai dosis dan cara pakai obat ini, jangan malu untuk bertanya langsung ke dokter atau apoteker. 3. Hidrogen peroksida 3% Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering dijadikan obat kumur. Antiseptik ini efektif untuk membunuh bakteri penyebab radang gusi ataupun infeksi gigi.

Berikut panduan menggunakan hidrogen peroksida sebagai obat kumur untuk meredakan gigi ngilu: • Campurkan dua tutup cairan hidrogen peroksida 3% dengan segelas air hangat.

• Kemudian berkumurlah selama 30 detik dengan larutan tersebut. • Buang air bekas kumuran tadi dan bilas dengan air bersih. Cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu karena bentuk murninya bisa melukai mulut dan gusi. Selain sebagai obat untuk gigi ngilu, obat kumur ini juga dapat mengusir bau mulut yang jadi tanda infeksi gusi.

4. Pasta gigi khusus gigi obat sakit gigi ngilu dan nyeri Pasta gigi khusus gigi sensitif bisa jadi solusi tepat sebagai obat untuk gigi ngilu.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Ada berbagai merek, pasta gigi khusus gigi sensitif di pasaran, namun pastikan produk yang Anda pilih mengandung senyawa potasium nitrat atau strontium klorida. Kedua senyawa ini efektif menghalangi sinyal rasa sakit dan melindungi sistem saraf dalam gigi. Dengan begitu, sensasi ngilu dan nyut-nyutan yang Anda alami perlahan-lahan dapat mereda.

Pastikan juga teknik menyikat gigi Anda sudah benar. Hindari menyikat gigi terlalu keras dengan gerakan seperti menggosok baju atau menyikat lantai kamar mandi. Sebaliknya, sikatlah semua bagian gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar. Pastikan juga kalau sikat gigi yang Anda gunakan berbulu halus. Menyikat gigi dengan sikat yang berbulu kasar dan keras dapat mengiritasi gusi dan mengikis lapisan enamel gigi. Alhasil, gigi Anda akan semakin ngilu dan nyeri.

5. Gel fluoride Gel fluoride dapat digunakan untuk mengurangi rasa ngilu akibat gigi sensitif. Fluoride adalah mineral yang berfungsi untuk menguatkan lapisan enamel gigi dan mencegah gigi berlubang. Sayangnya, penggunaan gel fluoride biasanya harus dengan resep dokter. G el yang diresepkan dokter biasanya mengandung kadar fluoride lebih tinggi daripada pasta gigi ber-fluoride pada umumnya. Selama menggunakan obat medis atau yang alami untuk mengobati gigi ngilu, penting juga untuk berhati-hati pilih makanan.

Sebaiknya hindari dulu makan makanan yang terlalu dingin, panas, dan asam, dan tinggi gula. Hindari pula makan makanan panas lalu langsung minum dingin, begitu juga sebaliknya. Berbagai hal ini dapat menyebabkan gigi makin terasa ngilu. Kapan harus ke dokter? Dalam kasus tertentu, penggunaan obat yang sudah disebutkan di atas mungkin tidak cukup efektif untuk meredakan gigi ngilu.

Maka, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter gigi jika ngilunya tidak kunjung mereda. Apalagi bila Anda juga mengalami sejumlah gejala lain seperti: • Gigi terasa sangat sakit. • Gusi sering berdarah tanpa sebab. • Bau mulut yang tidak sedap. • Kesulitan untuk membuka mulut, sehingga makan, minum, atau bahkan berbicara jadi aktivitas yang sangat menyiksa. obat sakit gigi ngilu dan nyeri Mengalami demam tinggi, sakit kepala parah, hingga badan lemas tidak bertenaga.

Kalau sudah begini, dokter dapat menyarankan Anda untuk mengobatinya lewat jalur medis. Pengobatan gigi ngilu di dokter Pertama, dokter gigi akan lebih dulu menanyakan seputar riwayat kesehatan dan kebiasaan Anda dalam merawat gigi. Dokter mungkin akan merontgen mulut Anda obat sakit gigi ngilu dan nyeri ia bisa melihat kondisi gigi, gusi, dan struktur tulang rahang dengan lebih jelas.

Sejumlah tes lab lanjutkan juga bisa dilakukan untuk memastikan diagnosis. Tergantung keparahan gejala dan penyebab, dokter gigi dapat meresepkan obat khusus untuk mengobati Anda. Misalnya obat kumur dengan kandungan dan dosis yang lebih kuat, atau antibiotik tertentu. Gunakan obat sesuai dengan yang dianjurkan dokter. Jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter bila Anda belum paham betul mengenai aturan pakainya. Bila kerusakan tampak sudah mengenai akar gigi, dokter dapat melapisi resin pengikat pada gigi yang bermasalah.

Bedah gusi juga dapat dilakukan untuk melindungi akar gigi dan mengurangi rasa ngilu yang berlebih. Sementara untuk kasus yang lebih serius, solusinya mungkin butuh perawatan saluran akar gigi ( root canal). Prosedur ini biasanya dilakukan dokter untuk mengobati masalah pada pulpa gigi sehingga pulpa yang rusak atau terinfeksi tidak semakin parah.

Anda mungkin perlu beberapa kali berkunjung ke dokter gigi karena proses perawatan gigi ini memakan waktu yang cukup panjang. Sensitive Teeth Causes and Treatment – https://www.ada.org/~/media/ADA/Science%20and%20Research/Files/patient_33.pdf?la=en diakses pada 5 Agustus 2019 Sensitive Teeth – https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/sensitive-teeth diakses pada 5 Agustus 2019 What causes sensitive teeth, and how can I treat them?

– https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sensitive-teeth/faq-20057854 diakses pada 5 Agustus 2019 What Can You Do About Sensitive Teeth – https://www.webmd.com/oral-health/guide/tooth-sensitivity#1 diakses pada 5 Agustus 2019 Home Remedies for Sensitive Teeth – https://www.healthline.com/health/sensitive-teeth-home-remedy#prevention diakses pada 5 Agustus 2019 Obat sakit gigi paling ampuh yang bisa ditemukan di apotik dan umum digunakan.

Jangan biarkan nyeri menyiksa dan ganggu aktivitas! Nyeri sakit gigi tidak hanya bikin ngilu saat mengunyah makanan, tapi bisa membuat sakit kepala dan demam. Kondisi badan jadi tidak fit dan akan mengganggu jalannya aktivitasmu.

Rasa sakit itu disebabkan adanya lubang pada gigi yang semakin membesar dan dapat mempengaruhi saraf. Kalau sudah begitu, mau tidak mau harus mengonsumsi obat sakit gigi. Jika dibiarkan berlama-lama, aktivitas sehari-hari akan terganggu dan menurunkan produktivitas kita. Nah agar bisa diatasi secara cepat, berikut rekomendasi obat sakit gigi terbaik dan paling ampuh yang bisa kamu andalkan! TokoPoints kini berubah menjadi GoPay Coins.

Nikmati kemudahan berbelanja & fungsi lebih banyak dengan GoPay Coins. Ayo belanja & kumpulkan terus Coins-mu! Baca Juga: Avigan, Obat yang Dipercaya untuk Terapi COVID-19 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh di Apotik 1. Ponstan Obat sakit gigi yang paling ampuh dan sering digunakan adalah ponstan.

Ponstan sering digunakan untuk mengobati rasa sakit mulai dari sakit gigi sampai cedera otot bahkan sakit setelah melahirkan. Kandungan asam mefenamat dalam ponstan membuat obat ini bekerja meredakan sakit dan peradangan yang diderita.

Tapi, perlu diketahui obat ini tidak bisa sepenuhnya menyembuhkan rasa sakit sementara. Rentang Harga: Rp 30.000 – Rp 40.000 Selanjutnya, Ibuprofen dikenal sebagai obat sakit gigi paling ampuh selain Ponstan. Ibuprofen merupakan golongan obat-obatan yang mampu meringankan rasa sakit dan meredakan inflamasi atau peradangan. Dalam hal ini, ibuprofen menghambat enzim memproduksi senyawa Prostaglandin yang merupakan penyebab peradangan dan rasa sakit.

Ibuprofen tidak bisa langsung dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena akan melukai lambung.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Perlu diingat, selalu konsumsi obat ini dengan dosis dan anjuran dokter ya Toppers. Rentang Harga: Rp 5.000 – Rp 15.000 Selain ponstan dan ibuprofen, dentasol juga dapat dijadikan alternatif menyembuhkan sakit gigi.

Obat sakit gigi ini terdiri dari dua bentuk, ada yang kaplet ada pula yang berbentuk obat tetes. Dalam obat ini terdapat zat anestesi topikal dengan antiseptik yang dapat diaplikasikan secara langsung pada gigi yang sakit. Kandungan zat tersebut mampu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi juga mampu mengobati infeksi jamur dan bakteri lho, Toppers. Rentang Harga: Rp 6.600 – Rp 25.000 Tidak hanya obat yang terbuat dari bahan kimia, ada pula obat sakit gigi yang manjur dari bahan herbal.

Obat sakit gigi Cap Burung Kakak Tua ini mengandung senyawa gliserin, ethanol, creosote, dan oleum caryophylli. Kandungan tersebut berguna untuk mengatasi sakit gigi, gusi bengkak, dan membersihkan gigi dari kuman yang menempel.

Untuk menggunakan obat sakit gigi bisa langsung ditempelkan menggunakan kapas atau dengan cara dikumur. Rentang Harga: Rp 9.000 – Rp 20.000 Pasti kamu sudah sering mendengar merk obat sakit gigi Super Green Plus SG.

Obat sakit gigi terbaik ini mampu menyembuhkan rasa nyeri di sekitar gigi, gigi berlubang, akar gigi yang sensitif, juga sakit gusi. Super Green Plus SG mengandung bahan herbal seperti murraya paniculata (kemuning), nigella sativa (habbatussauda), vitamin dan berbagai macam mineral. Klaim obat ini diklaim bisa menyembuhkan nyeri akibat sakit gigi dalam 1-9 menit saja, Toppers.

Rentang Harga: Rp 18.500 – Rp 50.000 Merk obat sakit gigi lainnya adalah ProSAGI. ProSAGI masuk ke dalam daftar rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh karena diformulasikan dari berbagai macam tanaman obat asli Indonesia dan Timur Tengah. Tanaman-tanaman yang digunakan seperti sirih, propolis, juga habbatussauda.

Dengan adanya kandungan zat pada tanaman tersebut, proSAGI mampu mengatasi sakit gigi, sariawan, dan gusi bengkak. Obat yang terdapat dalam botol tetes membuat produk ini mudah dibawa ke manapun kita pergi. Rentang Harga: Rp 16.500 – Rp 40.000 Hersagi merupakan obat sakit gigi yang manjur dan cukup banyak diminati.

Komposisi obat sakit gigi hersagi terdiri dari zaitun oil, oleum menthae, caryophylli dan bahan tambahan lain yang sangat berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Sifat antiseptik pada obat ini berguna untuk mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan juga menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan obat ini secara rutin dengan dosis yang sesuai. Rentang Harga: Rp 25.000 – Rp 60.000 Obat sakit gigi terbaik obat sakit gigi ngilu dan nyeri adalah zentri. Dengan kandungan eugenol yang tinggi di dalam obat ini tentunya dapat membunuh kuman maupun bakteri yang menyebabkan nyeri sakit gigi. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat hilang dan teratasi dengan cepat.

Obat tetes zentri ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil karena hanya mengandung bahan alami virgin clove bud oil yang tidak mengganggu kesehatan janin. Rentang Harga: Rp 75.000 – Rp 150.000 Gan Mao Tong dalam bahasa China yang berarti obat penurun panas.

Seperti namanya, obat ini tidak hanya berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Obat ini mengandung diclofenac, chlophenamine, juga artificial bezoar. Kandungan di atas berguna sebagai pereda nyeri, sakit kepala, hidung tersumbat, juga meredakan sakit tenggorokan akibat gejala flu. Untuk mengonsumsi obat ini tidak boleh sembarangan, harus dalam anjuran dan saran dokter ya, Toppers. Rentang Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000 o Minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi paling ampuh telah lama digunakan karena alami dan tidak mengandung bahan kimia, sehingga aman digunakan.

Minyak ini mengandung senyawa eugenol yang diklaim mampu ‘mematikan saraf’ sementara. Untuk menggunakannya kamu harus menggunakan kapas lalu ditempelkan di gigi yang bermasalah. Jangan meneteskan langsung ke gigi yang sakit karena akan memperparah kondisi jika terkena lidah atau gusi yang sensitif.

Rentang Harga: Rp 15.000 – Rp 100.000 Beli Ekstrak Minyak Cengkeh di Sini Baca Juga: Penyebab dan Cara Ampuh Hilangkan Karang Gigi secara Alami Sakit gigi menjadi penyakit yang rentan diderita tidak hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Tetapi dengan menggunakan rekomendasi merk obat sakit gigi terbaik di atas tentunya sakit gigi dapat hilang secara perlahan dan tak lagi mengganggu aktivitas. Yang perlu diingat, meski mengonsumsi obat untuk sakit gigi, kamu juga harus rajin melakukan perawatan gigi dan rutin ke dokter agar masalah tersebut tidak datang lagi di kemudian hari. Temukan obat sakit gigi dan produk kesehatan terjamin dengan penawaran terbaik hanya di Tokopedia!

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!
Berbagai pilihan obat sakit gigi di apotek Kebanyakan obat sakit gigi bisa Anda beli di apotek terdekat tanpa perlu menebus resep dokter.

Namun, sebaiknya tetap konsultasi dulu ke dokter gigi untuk mencari obat mana yang paling pas untuk Anda. Pilihan obat sakit gigi yang dapat ditemui di apotek sebagai berikut.

1. Hidrogen peroksida 3% Hidrogen peroksida adalah antiseptik cair yang sering dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri serta kuman penyebab terjadinya masalah gigi dan gusi termasuk sariawan juga radang gusi. Cukup larutkan hidrogen peroksida dengan air lalu kumur-kumur selama 30 detik. Setelahnya segera buang dan kumur lagi dengan air bersih.

Ingat, cairan hidrogen peroksida harus dilarutkan dulu karena bentuk murninya bisa melukai mulut dan gusi. 2. Paracetamol Paracetamol termasuk obat golongan NSAID ( Obat antiinflamasi nonsteroid). Mengutip hasil studi jurnal Annals of Maxillofacial Surgeryobat ini juga bisa membantu meredakan sakit gigi terutama untuk rasa nyeri yang terjadi setelah cabut gigi.

Paracetamol bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin di otak sehingga mampu menghentikan rasa sakit. Paracetamol juga dapat menurunkan demam dan meringankan sakit kepala yang sering muncul akibat sakit gigi.

Obat ini tersedia di Indonesia dalam berbagai merek seperti Panadol, Biogesic, Sumagesic, Bodrex, dan sebagainya. Obat sakit gigi ngilu dan nyeri paracetamol untuk mengobati sakit gigi, antara lain. • Orang dewasa : 1000 mg tiap 6-8 jam atau 2 tablet 500 mg diminum tiap 4-6 jam. • Anak yang berusia 12 atau lebih : 325-650 mg tiap 4-6 jam atau 1000 mg 3-4 kali sehari. Dosis maksimal harian: 4000 mg/hari • Anak berusia lebih dari 6 bulan hingga 12 tahun : 10-15 mg/kg/ dosis tiap 4-6 jam saat diperlukan dan jangan melebihi 5 dosis dalam 24 jam.

Total dosis maksimal harian: 75 mg/kg/hari tidak melebihi 3750 mg/hari. Namun apabila Anda punya alergi atau masalah serius pada hati, Anda tidak dianjurkan untuk meminum paracetamol ini. Pastikan Anda membaca cara pakainya terlebih dulu pada label kemasan. 3. Ibuprofen Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga tergolong NSAID yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi dan masalah penyerta lainnya.

Namun, hindari minum ibuprofen saat perut kosong karena akan melukai lambung. Ibuprofen sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid diklaim dapat bekerja dengan baik untuk sakit gigi karena mampu mengurangi masalah peradangan. Hal ini umum terjadi ketika terjadi nyeri pada gigi Anda. Ibuprofen merupakan jenis obat generik yang tersedia dalam berbagai merk, seperti BrufenProris, Obat sakit gigi ngilu dan nyeri, Advil, Motrin, dan masih banyak lagi.

Dosis ibuprofen untuk mengatasi sakit gigi sebagai berikut. • Orang dewasa dan remaja : Sekitar 200-400 mg setiap 4-6 jam, tergantung dengan kebutuhan dan rasa sakit yang dirasakan. Batas dosis yang paling tinggi adalah 3200 mg/hari (jika mendapatkannya dari resep).

• Anak di atas 6 bulan : Dosisnya disesuaikan dengan berat badan. Dosis ini biasanya ditentukan oleh dokter, tetapi biasanya 10 mg/kg setiap 6-8 jam sekali atau 40 mg/kg per hari. Pemberian ibuprofen pada anak-anak sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Ibuprofen bisa menimbulkan efek samping ringan hingga berat. Beberapa efek samping ringan dari obat ini meliputi mual, muntah, perut kembung, gugup, sakit kepala, telinga berdenging, dan gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.

Sementara efek samping cukup berat yang perlu diwaspadai adalah nyeri dadasesak napas, feses berwarna hitam/berdarah, urin berwarna gelap, serta obat sakit gigi ngilu dan nyeri dan mata menguning.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Bila rasa sakit sudah hilang, segera hentikan penggunaan obat ini. Sebab, ibuprofen tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Pastikan Anda selalu membaca petunjuk pemakaian obat beserta dosis yang dianjurkan. Jika Anda mengalami efek samping, segera hentikan pemakaian obat ini dan hubungi dokter. 4. Naproxen Naproxen adalah obat pereda nyeri yang juga sering digunakan untuk mengobati sakit gigi. Obat sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis 220 mg.

Contoh merek obat naproxen adalah Xenifar. Dosis obat sakit gigi naproxen sebagai berikut. • Orang dewasa : 550 mg naproxen sodium diminum sekali, diikuti oleh 550 mg naproxen sodium setiap 12 jam, atau 275 mg (naproxen sodium)/250 mg (naproxen) setiap 6-8 jam sesuai kebutuhan. • Anak-anak yang lebih dari 2 tahun : 2,5-10 mg/kg/dosis. Dosis harian maksimum adalah 10 mg/kg, diberikan setiap 8 sampai 12 jam.

Namun, Anda harus mewaspadai efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping umum yang sering kali terjadi jika meminum obat ini adalah sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur. Apabila Anda akan menjalani operasi, termasuk operasi gigi, sebaiknya beritahu dokter kalau Anda akan menggunakan obat ini.

Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter terlebih dulu jika punya riwayat penyakit ginjal dan hati, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang berhubungan dengan penyakit pembuluh darah. 5. Benzocaine Sebenarnya benzocaine adalah obat anestesi lokal yang cara kerjanya adalah dengan memblokir sinyal saraf di tubuh Anda. Ada pula benzocaine topikal yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan sehingga kulit atau permukaan di dalam mulut jadi mati rasa.

Efek samping yang mungkin timbul akibat obat benzocaine antara lain: • Bibir, kuku, dan telapak tangan berubah warna menjadi kebiruan • Urine berwarna gelap • Susah bernapas • Pusing • Sakit kepala • Demam tinggi • Mual • Kulit pucat • Detak jantung cepat • Sakit tenggorokan • Luka yang tidak biasa • Rasa lelah yang tidak biasa • Muntah • Kondisi semakin parah, terjadi iritasi, pembengkakan, atau area mulut berubah kemerahan Tidak semua orang mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum menggunakan jenis obat yang satu ini. Pilihan obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil Setiap ibu hamil yang sakit gigi wajib hukumnya untuk menghindari obat antinyeri NSAID seperti aspirin dan ibuprofen.

American Pregnancy Association pun telah memperingatkan secara global untuk tidak menggunakan obat-obatan ini semasa kehamilan. Penelitian menunjukkan, konsumsi aspirin dan ibuprofen saat hamil terkait dengan risiko bayi cacat lahir, masalah pada organ jantung, dan sistem pencernaan.

Bahkan, penggunaan ibuprofen selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Konsumsi obat-obatan NSAID selama obat sakit gigi ngilu dan nyeri secara umum turut dikaitkan pula dengan penutupan duktus arteriosus (pembuluh dari jantung ke paru-paru), keracunan ginjal pada janin, dan menghambat persalinan.

Berikut obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil. 1. Paracetamol Hampir sama dengan obat lain yang diminum selama masa kehamilan, konsumsi lah paracetamol dengan dosis paling rendah dan hanya dalam waktu yang singkat. 2. Antibiotik Antibiotik bisa menjadi obat sakit gigi yang aman untuk diminum ibu hamil. Sebab, obat jenis ini merupakan hal umum yang diberikan dokter selama masa kehamilan. Berikut beberapa jenis antibiotik yang tergolong aman sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil, seperti: • Penisilin • Eritromisin • Klindamisin Jika sudah diresepkan antibiotik, minum sampai habis sesuai aturan dosis dan jangka waktu yang ditetapkan dokter.

Jangan menambahkan, mengurangi, menghentikan, atau memperlama dosis tanpa sepengetahuan dokter. Obat sakit gigi antibiotik dari resep dokter Jika minum obat sakit gigi biasa tidak ampuh, Anda mungkin bisa mencoba antibiotik untuk mengobati sakit gigi. Namun, antibiotik hanya akan diresepkan dokter jika sakit gigi Anda disebabkan oleh infeksi. Tanda-tanda infeksi pada gigi adalah gusi yang bengkak meradang dan muncul kantong nanah ( abses gigi ). Antibiotik berfungsi mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Secara umum antibiotik bekerja melawan, memperlambat, dan membunuh pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh. Obat ini terbagi menjadi beberapa golongan yang memiliki cara kerja berbeda untuk melawan bakteri penyebab infeksi. Apa saja pilihan antibiotik untuk sakit gigi yang umum diresepkan dokter? 1. Amoxicillin Salah satu antibiotik yang paling sering diresepkan untuk mengobati sakit atau infeksi gigi adalah amoxicillin.

Amoxicillin termasuk dalam kelompok penisilin. Obat ini bekerja membunuh bakteri penyebab infeksi dalam tubuh atau mencegah pertumbuhannya.

Sebelum minum obat ini, beritahu dokter bila Obat sakit gigi ngilu dan nyeri punya alergi terhadap antibiotik jenis penisilin atau obat jenis lain. 2. Metronidazol Metronidazole tergolong dalam kelas antibiotik nitroimidazole yang diresepkan untuk golongan bakteri tertentu.

Obat ini terkadang diberikan dengan antibiotik golongan penisilin untuk mengatasi sakit gigi. Antibiotik untuk sakit gigi ini akan bekerja optimal bila digunakan teratur sesuai anjuran dokter. Oleh sebab itu, minum obat ini di waktu yang sama setiap hari. Bila Anda merasa mual, Anda bisa minum obat ini bersama dengan makanan atau segelas susu. Jangan minum alkohol selama mengonsumsi metronidazol karena dapat menyebabkan masalah pada lambung. 3. Erythromycin Erythromycin (eritromisin) dapat diresepkan dokter bila Anda memiliki alergi terhadap antibiotik golongan penisilin.

Obat ini masuk dalam golongan antibiotik makrolida. Sama seperti obat antibiotik untuk sakit gigi lainnya, eritromisin bekerja melawan dan menghentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut penyebab sakit gigi.

Obat ini sebaiknya diminum sebelum makan karena akan lebih mudah diserap ketika lambung dalam keadaan kosong. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA) atau setara dengan Badan POM di Indonesia. Kategori B ini menunjukan obat ini tidak berisiko pada beberapa penelitian terhadap ibu hamil.

Namun, jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk memastikan keamanan minum obat ini jika Anda sedang hamil atau menyusui. 4. Clindamycin Bila antibiotik golongan penisilin atau eritromisin tidak ampuh untuk mengobati sakit gigi Anda, dokter dapat meresepkan clindamycin. Clindamycin adalah obat yang masuk golongan antibiotik lincomycin. Obat ini sering digunakan untuk mengobati jerawat. Namun, dokter juga dapat meresepkan obat ini untuk mengatasi sakit gigi.

Obat ini tersedia dalam banyak bentuk, seperti kapsul, sirup, gel, dan lotion. Minum obat ini dengan sendok takar yang tersedia dalam boks kemasan bila dokter meresepkan obat ini dalam bentuk sirup. Hindari pakai sendok makan biasa untuk minum obat ini, ya! Hentikan penggunaan obat ini dan segera periksa ke dokter bila Anda mengalami efek samping yang serius seperti diare berdarah, mata atau kulit menguning, kesulitan buang air kecil, dan reaksi alergi yang parah.

5. Azithromycin Jenis antibiotik untuk sakit gigi yang satu ini mempunyai cara kerja yang dapat melawan berbagai macam bakteri sekaligus menghentikan pertumbuhannya. Azithromycin mungkin efektif untuk mengobati beberapa infeksi gigi. Namun, biasanya dokter akan memberikan resep obat jenis ini ketika Anda mempunyai alergi pada antibiotik jenis penisilin serta klindamisin.

Dosis dari setiap azithromycin adalah 500 mg setiap 24 jam dan harus dikonsumsi selama 3 hari berturut-turut. Tidak semua orang butuh antibiotik untuk sakit gigi Anda tak boleh asal minum antibiotik untuk mengatasi sakit gigi. Alih-alih cepat sembuh, penggunaan antibiotik yang tidak tepat justru membuat kondisi Anda semakin memburuk. Penting untuk dipahami bahwa tidak semua masalah gigi dan mulut membutuhkan pengobatan antibiotik.

Umumnya antibiotik dibutuhkan bila: • Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi bakteri, meliputi demam tinggi, pembengkakan, peradangan, hingga muncul abses di bagian gigi yang bermasalah. • Infeksi telah menyebar ke bagian tubuh lain. • Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Entah karena faktor usia atau punya riwayat medis tertentu, misalnya kanker, AIDS/HIV, diabetes, dan lain sebagainya. Pastikan Anda memberi tahu dokter tentang riwayat medis yang Anda miliki.

Salah satunya bila Anda punya riwayat alergi terhadap jenis antibiotik tertentu. Selain itu, beritahu dokter juga perihal obat-obatan yang sedang obat sakit gigi ngilu dan nyeri diminum setiap hari termasuk vitamin, suplemen makanan, obat resep dari dokter, obat bebas, hingga obat herbal. Minumlah obat antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Supaya obat bekerja lebih optimal, minum obat di waktu yang sama setiap harinya. Anda tidak boleh menambahkan atau mengurangi dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Jadi, jangan berhenti minum obat antibiotik meski gejala yang Anda alami sudah hilang atau kondisi Anda mulai membaik. Perlu diketahui, penggunaan antibiotik dengan sembarangan dapat meningkatkan risiko resistensi antibiotik.

Jika sudah begini, penyakit yang Anda alami akan lebih sulit untuk diobati. Bila Anda mengalami keluhan tertentu, segera laporkan ke dokter. Addy, L.

D., & Martin, M. V. (2005). Clindamycin and dentistry. British Dental Journal, 199(1), 23-26. doi:10.1038/sj.bdj.4812535 Alqareer, A., Obat sakit gigi ngilu dan nyeri, A., & Andersson, L. (2006).

The effect of clove and benzocaine versus placebo as topical anesthetics. Journal of Dentistry, 34(10), 747-750.

doi:10.1016/j.jdent.2006.01.009 Benzocaine. Retrieved October 27, 2021, from https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/b/benzocaine Carr, T.

(n.d.). Best drugs for dental pain. Retrieved October 27, 2021, from https://www.consumerreports.org/dental-oral-care/best-drugs-for-dental-pain/ Bhargava, D., Deshpande, A., & Gupta, M. (2014). Analgesic efficacy of acetaminophen for controlling postextraction Dental pain. Annals of Maxillofacial Surgery, 4(2), 176. doi:10.4103/2231-0746.147117 Dar-Odeh, N., Abu-Hammad, Al-Omiri, Khraisat, & Shehabi. (2010). Antibiotic prescribing practices by dentists: A Review.

Therapeutics and Clinical Risk Management, 301. doi:10.2147/tcrm.s9736 Dental, A. (2018). When Are Antibiotics Recommended for a Tooth Infection? - Altima Dental. Retrieved October 27, 2021, from https://www.altimadental.com/when-are-antibiotics-recommended-for-a-tooth-infection/ Â Erythromycin: MedlinePlus Drug Information.

(2020). Retrieved October 27, 2021, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682381.html  Erythromycin: antibiotic to treat chest infections. (2018). Retrieved October 27, 2021, from https://www.nhs.uk/medicines/erythromycin/  Haque, M., Sartelli, M., & Haque, S.

(2019). Dental Infection and Resistance—Global Health Consequences. Dentistry Journal, 7(1), 22. doi: 10.3390/dj7010022 How to Deal with Toothache During Pregnancy. (2015). Retrieved October 27, 2021, from https://www.newhealthadvisor.org/Toothache-During-Pregnancy.html  Sasaki J. (2000). Azithromycin in dentistry and oral surgery.

The Japanese journal of antibiotics, 53 Suppl B, 117–124. Metronidazole: antibiotic to treat bacterial infections. (2018). Retrieved October 27, 2021, from https://www.nhs.uk/medicines/metronidazole/ Oberoi, S. S., Dhingra, C., Sharma, G., & Sardana, D. (2015). Antibiotics in dental practice: how justified are we. International dental journal, 65(1), 4–10.

https://doi.org/10.1111/idj.12146 Pozzi, A., & Gallelli, L. (2011). Pain management for dentists: the role of ibuprofen. Annali di stomatologia, 2(3-4 Suppl), 3–24. Study of Naproxen Capsules to Treat Dental Pain – Full Text View – ClinicalTrials.gov. (2020). Retrieved October 27, 2021, from https://clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT01229228  Tetracycline (Mucous Membrane, Oral Route) Precautions – Mayo Clinic. (2020). Retrieved October 27, 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tetracycline-mucous-membrane-oral-route/precautions/drg-20066322?p=1  Toothache: First aid.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

(2020). Retrieved October 27, 2021, from https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-toothache/basics/art-20056628  Toothache Management and Treatment - Cleveland Clinic. (2020). Retrieved October 27, 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache/management-and-treatment  What antibiotics are safe during pregnancy?. (2020). Retrieved October 27, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/antibiotics-and-pregnancy/faq-20058542 Jakarta - Sakit gigi merupakan gangguan yang menyebalkan, terutama bila terjadi di malam hari.

Nyeri yang ditimbulkan dapat membuat seseorang jadi sulit tidur atau mudah terbangun di tengah malam untuk mencari obat sakit gigi. Namun, tidak semua orang bisa langsung pergi berobat ke dokter gigi di malam hari. Untuk itu ada beberapa cara sementara yang bisa dilakukan demi mengurangi rasa nyeri. Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa contoh obat sakit gigi yang bisa dicoba di rumah: Baca juga: 13 Obat Sakit Gigi Untuk Mengatasi Gigi Berlubang 1.

Obat pereda nyeri Satu cara sederhana yang bisa langsung dicoba adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri (painkiller) yang dijual bebas, seperti misalnya ibuprofen. Obat ini bekerja dengan cara menekan peradangan pada area gigi yang sakit. Jangan lupa untuk selalu membaca dan patuhi aturan pakai obat. 2. Kompres dingin Memakai kompres dingin bisa sedikit membantu meredakan nyeri. Caranya bungkus es dengan kain bersih lalu tempelkan di sisi wajah atau rahang yang sakit selama 15-20 menit.

Kompres dingin akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga nyeri jadi tidak terlalu terasa. Ilustrasi obat sakit gigi Foto: iStock 3. Kumur air garam Garam memiliki sifat antibakteri dan bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi.

Berkumur-kumur dengan campuran air garam disebut dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi di mulut dan membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin tersangkut. Hal ini diharapkan dapat membuat rasa nyeri sedikit berkurang. 4. Teh peppermint Teh peppermint bisa jadi obat sakit gigi karena mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Kandungan mentol di dalamnya juga bisa membantu meredakan nyeri pada area yang sakit.

5. Bantal ekstra Cara sederhana seperti tidur dengan bantal ekstra kadang bisa jadi obat sakit gigi yang ampuh. Prinsipnya adalah posisi kepala yang lebih tinggi akan membuat lebih sedikit darah ada di area gigi yang sakit sehingga nyeri pun akan berkurang.

Berita Terkait • Sakit Gigi Kambuh Saat Puasa? Mungkin Ini Penyebabnya • Tak Harus Batal, Begini Tips Redakan Sakit Gigi Saat Puasa • 4 Obat Sakit Gigi Alami, Ampuh Redakan Nyeri di Gusi • 5 Obat Alami Radang Tenggorokan Akibat Asam Lambung • Cara Mengobati Sakit Gigi di Malam Hari, Alami Tanpa Efek Samping • 6 Obat Sakit Gigi Anak Tradisional, Bantu Redakan Nyeri Si Kecil dengan Cepat • 8 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami, Bisa Coba Nih!

• Gigi Geraham Bungsu Selalu Tumbuh Paling Lambat, Teryata Ini Penyebabnya MOST POPULAR • 1 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 2 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius?

Ini Penjelasan Pakar IDI • 3 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 4 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 5 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja? Psikolog Sarankan Ini • 6 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 7 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • 8 WHO: Angka Kematian Tak Langsung Pasien COVID-19 RI Tertinggi Ketiga di Dunia • 9 Wajib Dicoba!

Ini 4 Posisi yang Bikin Seks Makin Enak • 10 Ssst! Ternyata Ini Lho Alasan Seks Terasa Enak • SELENGKAPNYA
Advertisement Namun, perlu diingat bahwa dalam hal sakit gigi, minum obat hanya akan meredakannya untuk sementara waktu, dan tidak akan menyelesaikan masalah gigi Anda secara tuntas. Setelah nyeri reda dan waktu Anda tersedia, konsultasikanlah kondisi gigi Anda ke dokter gigi, agar perawatan bisa dilakukan dengan efektif.

Jenis obat sakit gigi di apotek yang tidak memerlukan resep dokter Jika bicara jenis obat sakit gigi di apotek, jumlahnya tentu sangat banyak. Hanya saja, tidak semua dapat dibeli dengan bebas.

Obat antibiotik maupun yang masuk dalam golongan kortikosteroid yang sering digunakan dokter, hanya bisa didapatkan dengan resep. Tanpa resep, berikut ini beberapa jenis obat sakit gigi di apotek yang bisa Anda dapatkan. 1. Ibuprofen Ibuprofen merupakan obat yang masuk ke dalam golongan anti-inflamsi non steroid (AINS). Obat ini bekerja dengan cara menekan produksi hormon yang menyebabkan peradangan jaringan dan rasa sakit di tubuh, termasuk gigi. Ibuprofen adalah obat sakit gigi di apotek yang bisa Anda beli tanpa menggunakan resep.

Dalam mengonsumsinya, pastikan Anda mengikuti instruksi yang tertera di kemasan dengan tepat. Dosis pemakaian ibuprofen untuk mengatasi sakit gigi adalah: • Orang dewasa dan remaja: 20 - 400 mg setiap 4 hingga 6 jam.

Batas doses paling tinggi adalah 3200 mg/hari. • Anak di atas 6 bulan: dosis disesuaikan dengan berat badan. Umumnya dosis yang diperlukan adalah 10 mg/kg setiap 6-8 jam sekali atau 40 mg/kg per hari. Konsumsi ibuprofen utnuk anak sebaiknya di bawah pengawasan dokter. Perhatikan juga jika Anda sedang mengonsumsi obat lain.

Ibuprofen dapat menimbulkan interaksi obat apabila dikonsumsi bersamaan dengan aspirin, ACE inhibitor, obat pengencer darah, dan golongan kortikosteroid.

Penggunaan ibuprofen dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi lambung dan kerusakan hati serta ginjal. Risiko timbulnya gangguan jantung juga dapat meningkat pada penggunaan ibuprofen secara berlebihan. 2. Paracetamol Meski lebih terkenal sebagai obat untuk mengobati demam, paracetamol sebenarnya juga dapat digunakan untuk membantu meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Sebab, obat ini bekerja di bagian otak yang bertugas “menerima pesan” rasa nyeri dari jaringan di tubuh, dan mengatur suhu tubuh. Berbeda dari obat golongan AINS, paracetamol tidak dapat meredakan inflamasi atau peradangan jaringan, maupun pembengkakan. Dosis pemakaian paracetamol untuk mengatasi sakit gigi adalah: • Orang dewasa: 1000 mg tiap 6-8 jam atau 2 tablet yang diminum 4-6 jam • Anak yang berusia 12 obat sakit gigi ngilu dan nyeri atau lebih: 325-650 mg tiap 4-6 jam atau 1000 mg 3-4 kali sehari • Anak berusia lebih dari 6 bulan hingga 12 tahun: 10-15 mg tiap 4-6 jam saat diperlulan.

jangan melebihi 5 dosis dalam 24 jam. Dosis maksimal adlah 75 obat sakit gigi ngilu dan nyeri. Obat ini aman untuk dikonsumsi selama Anda tidak berlebihan menggunakannya.

Untuk orang dewasa, dosis maksimal konsumsinya adalah 4.000 mg per hari. Overdosis paracetamol dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan hati. 3. Naproxen Sama seperti ibuprofen, naproxen juga masuk ke dalam golongan AINS dan bekerja dengan cara menekan produksi hormon yang menjadi penyebab rasa nyeri dan obat sakit gigi ngilu dan nyeri peradangan. Konsumsi obat ini harus mengikuti instruksi yang tertera di kemasan. Dosis pemakaian naproxen untuk atasi sakit gigi adalah sebagai berikut: • Orang dewasa: 550 mg naproxen sodium diminum sekali atau setiap 12 jam • Anak-anak yang lebih dari 2 tahun: 2,5 - 10 mg/kg berat badan diberikan setiap 8 hingga 12 jam.

Dosis maksimum adalah 10 mg/kg berat badan. Jika dikonsumsi berlebihan, naproxen dapat meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. Obat ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena berpotensi menimbulkan gangguan pada janin. 4. Aspirin Aspirin atau yang juga dikenal dengan asam asetil salisilat jadi salah satu obat sakit gigi di apotek yang bisa Anda coba. Adalah obat pereda nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi hingga nyeri haid. Dosis pemakaian aspirin untuk mengatasi sakit gigi adalah: • Orang dewasa: 300 mg sehari yang diminum 4-6 jam atau setara 1-2 tablet sehari.

5. Dentasol Salah satu jenis obat sakit gigi yang dijual di apotek lainnya adalah Dentasol. Obat sakit gigi yang satu ini berbentuk krim yang cara menggunakannya dengan mengoleskan langsung ke bagian gigi yang nyeri. Obat ini cocok untuk anak-anak karena tak menimbulkan efek samping berarti. Jangan minum obat antibiotik saat sakit gigi kecuali diresepkan Tidak sedikit orang yang menganggap mengonsumsi antibiotik bisa dilakukan layaknya mengonsumsi obat pereda nyeri.

Padahal, antibiotik hanya boleh digunakan pada saat-saat tertentu dan aturan penggunaanya pun lebih ketat. Mengapa begitu? Sebab, penggunaan antibiotik yang tidak bijak, berlebihan, atau tidak sesuai aturan justru akan membuat bakteri penyebab yang ada di tubuh "belajar" untuk menghindari obat tersebut. Akibatnya, bakteri justru akan semakin kuat dan kebal terhadap antibiotik. Jika sudah begitu, maka dibutuhkan antibiotik dalam dosis yang jauh lebih tinggi untuk membunuh bakteri.

Lama kelamaan, bakteri akan terus belajar dan bahkan sama sekali kebal terhadap antibiotik, bahkan yang dosis tinggi sekalipun. Kondisi ini disebut sebagai resistensi antibiotik dan akan sangat mempersulit seseorang untuk sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Obat sakit gigi di apotek hanya meredakan nyeri sementara Usai minum obat, sakit gigi Anda mungkin akan reda.

Namun, itu bukanlah akhir perawatan untuk gigi yang rusak. Mengapa begitu? Saat gigi Anda sakit, karena berlubang, misalnya. Perawatan yang paling efektif tentu adalah dengan tambal gigi. Gigi bisa berlubang karena adanya infeksi bakteri di gigi Anda.

Bakteri tersebut, lama-kelamaan akan menggerogoti lapisan gigi. Sehingga, lapisan terluar gigi (enamel) rusak dan menyebabkan lapisan dibawahnya yang dinamakan dentin, terbuka. Lapisan dentin sangat sensitif terhadap rangsang nyeri. Apabila Anda hanya minum obat tanpa menambal gigi, lapisan dentin akan tetap terbuka. Sehingga, akar masalah tidak benar-benar terselesaikan dengan baik. Di kemudian hari, gigi Anda akan kembali terasa sakit.

Menggunakan obat memang menjadi bagian penting dari perawatan gigi. Namun, untuk saat-saat yang spesifik. Misalnya, untuk meredakan nyeri setelah menjalani cabut gigi, atau untuk meredakan infeksi bakteri di gusi.

Di luar itu, obat sakit gigi di apotek sebaiknya hanya digunakan sebagai solusi sementara, bagi Anda yang belum sempat ke dokter gigi, atau sakit gigi sudah terasa tidak tertahankan.

Cara lain untuk meredakan sakit gigi sementara Selain mengonsumsi obat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan sakit gigi, seperti: • Menghindari konsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin karena bisa mengaktifkan rangsang nyeri.

• Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau dental floss, untuk menghilangkan sisa makanan yang tersangkut dan menjadi penyebab gigi sakit. • Berkumur dengan air garam. Caranya dengan mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kemudian kumur dan jangan menelannya. • Tidur dengan bantal yang lebih tinggi untuk membantu mengurangi tekanan di gigi yang sakit.

• Mengompres area pipi yang bengkak obat sakit gigi ngilu dan nyeri handuk yang hangat, jika sakit gigi disertai pembengkakan. Kapan harus ke dokter jika obat di apotek tak ampuh atasi sakit gigi? Jika Anda telah mengonsumsi obat sakit gigi di apotek namun rasa sakit tak kunjung sembuh, sebaiknya segera temui dokter agar masalah gigi tersebut bisa teratasi.

Selain rasa sakit yang tak kunjung reda, dikutip dari e-medicine health, beberapa kondisi berikut juga menjadi tanda kapan Anda harus ke dokter saat mengalami sakit gigi. • Jika mengalami nyeri hebat lebih dari dua hari setelah gigi dicabut • Nyeri pada gigi atau wajah hingga mengeluarkan cairan di sekitar gigi • Sakit yang diiringi dengan demam • Nyeri saat membuka mulut, kemungkinan bisa mengalami peradangan sendi temporomandibular (TMJ) • Ruam wajah, bisa menjadi indikasi infeksi yang berkembang • Kesulitan menelan Baca Juga • Deteksi Karies Gigi Sejak Dini dan Ketahui Cara Mengatasinya • Gigi Anak Hitam: Penyebab, Penanganan, dan Pencegahannya • Adakah Cara Agar Gigi Bisa Tumbuh Kembali Meski Copot Saat Dewasa?

Catatan dari SehatQ Penyebab sakit gigi ada beragam. Sehingga, tidak semua obat pereda nyeri cocok untuk kondisi Anda. Pada perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi, dokter akan memilih jenis perawatan yang paling cocok dengan penyakit yang Anda alami.

Saat mengonsumsi obat sakit gigi yang dibeli di apotek, pastikan Anda mengikuti instruksi yang tertera pada kemasan dan pastikan obat tersebut tidak memiliki kandungan yang bisa menimbulkan alergi di tubuh Anda. Jika timbul reaksi alergi, seperti gatal-gatal, sesak napas, dan pembengkakan, segera hentikan konsumsi obat dan periksakan kondisi Anda ke dokter terdekat.

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/otc-dental-pain-relief-1059309 Diakses pada 24 Oktober 2019 WebMD. https://www.webmd.com/drug-medication/features/choosing-an-otc-pain-reliever#1 Diakses pada 24 Oktober 2019 Drugs. https://www.drugs.com/naproxen.html Diakses pada 24 Oktober 2019 Drugs.

https://www.drugs.com/ibuprofen.html Diakses pada 24 Oktober 2019 E-medicine Health. https://www.emedicinehealth.com/toothache/article_em.htm#when_should_someone_seek_medical_care_for_a_toothache Diakses pada 12 Oktober Penyakit 6 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami Rasa sakit saat gigi berlubang dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Jika tidak diobati dengan baik, lama kelamaan rasa sakit gigi berlubang bisa tidak tertahankan. Apa saja bahan-bahan alami untuk meringankan sakit akibat gigi berlubang?
Ada berbagai macam perawatan medis maupun mandiri untuk mengobati gigi ngilu.

Perawatan mandiri biasanya digunakan sebagai obat gigi ngilu yang ringan, sedangkan perawatan medis mungkin diperlukan untuk menangani kondisi gigi ngilu yang lebih berat. Gigi ngilu yang muncul setelah mengonsumsi makanan dan minuman tertentu bisa menjadi tanda gigi sensitif. Kondisi ini bisa terjadi karena penyusutan gusi atau obat sakit gigi ngilu dan nyeri lapisan pelindung gigi (enamel gigi), sehingga membuat makanan dan minuman yang dikonsumsi langsung menyentuh lapisan dentin.

Dentin sendiri memiliki ribuan tabung berukuran sangat kecil yang mengarah ke pusat saraf gigi. Oleh karena itu, saat dentin terbuka, makanan dan minuman yang terlalu panas, dingin, asam, atau manis akan langsung menyentuh saraf, sehingga rasa ngilu pada gigi pun muncul. Selain pengikisan enamel gigi dan penyusutan gusi, gigi ngilu juga bisa disebabkan oleh hal lain, misalnya kondisi gigi berlubang atau patah, serta kebiasaan sehari-hari yang kurang baik, seperti menyikat gigi terlalu kencang atau sering menggertakkan gigi.

Obat Gigi Ngilu yang Bisa Dilakukan di Rumah Solusi untuk gigi ngilu atau gigi sensitif bisa dibagi menjadi dua jenis perawatan, yaitu perawatan mandiri di rumah dan perawatan medis.

Berikut ini adalah beberapa perawatan mandiri yang untuk mengobati gigi ngilu: 1. Menyikat gigi secara rutin Merawat kesehatan gigi dengan menyikat gigi, setidaknya 2 kali sehari dan menggunakan bulu sikat yang lembut, adalah salah satu cara paling mudah untuk mengatasi gigi ngilu.

Namun, Anda perlu menghindari cara menggosok gigi yang terlalu kencang dan kasar guna menghindari terjadinya pengikisan pelindung gigi.

Setelah menyikat gigi, gunakan juga benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. 2. Menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif Guna meredakan gigi ngilu, Anda disarankan menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif setiap kali menyikat gigi.

Pasta gigi jenis ini memiliki formula dan kandungan tertentu yang mengurangi munculnya sensasi ngilu pada gigi. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif secara rutin, setidaknya selama 4 minggu. 3. Batasi makanan dan minuman pemicu gigi ngilu Beberapa jenis makanan dan minuman asam, seperti tomat, lemon, dan minuman bersoda, serta makanan atau minuman yang terlalu manis, dapat menyebabkan lapisan pelindung gigi terkikis, sehingga dentin terbuka dan gigi menjadi sensitif.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Guna mencegah munculnya rasa ngilu pada gigi, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman tersebut. Bila perlu gunakan sedotan saat mengonsumsi minuman manis atau asam untuk mengurangi risiko terkena gigi.

Setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang terasa asam dan mengandung banyak gula, Anda perlu menunggu sekitar 30–60 menit terlebih dulu sebelum menyikat gigi. Pasalnya, zat asam di dalam makanan dan minuman dapat membuat enamel gigi menjadi lunak dan justru mudah terkikis jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsinya. 4. Menggunakan pelindung gigi Kebiasaan menggertakkan atau menggesek gigi secara tidak sadar saat tidur dapat merusak lapisan enamel dan membuat gigi menjadi sensitif.

Jika Anda memiliki kebiasaan ini, cobalah gunakan pelindung gigi saat tidur. Namun, Anda obat sakit gigi ngilu dan nyeri berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat sakit gigi ngilu dan nyeri gigi.

Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan pelindung gigi paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 5. Menghindari pemutihan gigi Berbagai macam cara atau prosedur untuk memutihkan gigi, misalnya bleaching gigi, atau produk pasta gigi yang mengandung pemutih dapat meningkatkan sensitivitas gigi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari pemutihan gigi guna mencegah munculnya sensasi nyeri dan rasa ngilu pada gigi. 6. Membatasi penggunaan obat kumur Cara selanjutnya untuk mengatasi gigi ngilu adalah membatasi penggunaan obat kumur. Hal ini karena kandungan alkohol dan bahan kimia di dalam obat kumur dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif, terlebih jika dentin sudah terbuka.

Bila Anda memang ingin menggunakan obat kumur, pilihlah obat kumur yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride diketahui dapat memperkuat lapisan pelindung gigi, sehingga keluhan gigi ngilu akan mereda.

7. Mencoba obat gigi ngilu berbahan alami Garam merupakan salah satu antiseptik alami yang dapat membantu meredakan peradangan dan rasa ngilu pada gigi sensitif. Untuk mendapatkan manfaat garam yang satu ini, Anda dapat berkumur menggunakan larutan air garam selama 30 detik setiap 2 kali sehari.

Selain larutan garam, berkumur dengan air madu hangat atau mengoleskan kunyit yang sudah dihaluskan ke gigi juga dipercaya berkhasiat untuk mengatasi keluhan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Penanganan Medis untuk Obat Gigi Ngilu Jika perawatan di rumah dirasa kurang efektif untuk mengatasi keluhan gigi ngilu, ada beberapa perawatan medis yang mungkin perlu dilakukan, di antaranya: Mengonsumsi obat pereda nyeri Jika rasa ngilu atau nyeri terlalu tajam, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau asam mefenamat, atau mengoleskan gel anestesi yang mengandung benzocaine pada gusi dan gigi.

Namun, obat pereda nyeri hanya dapat mengatasi keluhan gigi ngilu untuk sementara waktu saja. Obat tersebut juga sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu lama karena dapat menimbulkan efek samping. Selain itu, hindari juga penggunaan obat pereda gigi ngilu pada anak di bawah usia 2 tahun tanpa saran atau persetujuan dokter.

Menjalani prosedur medis Selain merekomendasikan penggunaan pasta gigi khusus gigi sensitif dan perawatan gigi menggunakan fluoride, ada sejumlah prosedur medis lain yang dapat dilakukan oleh dokter gigi untuk mengatasi keluhan gigi ngilu. Prosedur medis yang perlu dilakukan dapat berbeda tergantung pada kondisi gigi ngilu yang Anda alami. Dokter dapat melakukan penambalan gigi untuk melindungi lapisan dentin, melakukan perawatan saluran akar gigi, atau cangkok gusi untuk memperbaiki masalah gusi yang rusak atau menyusut.

Itulah beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan gigi ngilu. Anda dapat mencoba perawatan rumahan terlebih dahulu sebelum menjalani perawatan medis, baik dengan menggunakan obat pereda nyeri maupun mengunjungi dokter gigi. Namun, bila keluhan gigi ngilu tak kunjung mereda meski telah melakukan perawatan rumahan atau menggunakan pereda nyeri sebagai obat gigi ngilu, jangan ragu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi guna mendapatkan penanganan yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami hampir semua kalangan usia.

Tidak hanya terasa ngilu pada saat mengunyah makanan, nyeri gigi juga bisa menimbulkan sakit kepala hingga demam. Selain itu, nyeri sakit gigi juga bisa menganggu aktivitas. Rasa nyeri yang tidak segera reda juga bisa mengakibatkan kesakitan yang berkepanjangan.

Oleh karena itu, sakit gigi perlu segera ditangani dengan cara yang tepat. Pertolongan pertama adalah dengan mengonsumsi obat apotik sakit gigi.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Sakit gigi bisa disebabkan berbagai faktor. Penyebab paling utama yang sering dialami adalah lubang pada gigi. Gigi berlubang menjadi tempat bersarangnya kuman yang terjadilah proses pembusukan.

Sakit gigi juga bisa terjadi karena akar gigi. Selain itu, gigi sensitif juga kerap menyebabkan nyeri yang hebat. Untuk apa saja jenis sakit gigi, sebaiknya jangan menunda untuk segera mengobatinya. Pilih salah satu dari beberapa obat apotik berikut ini untuk meredakan sakit gigi. 1. Paracetamol Paracetamol terkenal sebagi obat untuk menurunkan demam.

Ternyata paracetamol termasuk salah satu obat apotik sakit gigi yang juga dapat meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Paracetamol kerap menjadi rekomendasi pertama untuk mengobati sakit gigi sebab aman dikonsumsi kebanyakan orang dan jarang menimbulkan efek samping.

Tidak seperti asam mefenamat, paracetamol hanya akan menghambat pengiriman rasa nyeri ke otak sehingga yang dirasakan hanya berkurangnya nyeri. Di sisi lain, paracetamol tidak dapat digunakan untuk meringankan peradangan. Paracetamol dapat bekerja lebih maksimal untuk mengobati sakit gigi jika dibarengi dengan aspirin atau obat golongan antiperadangan nonsteroid.

2. Ponstan Ponstan dipercaya sebagai obat apotik sakit gigi yang paling ampuh dan paling sering digunakan oleh banyak orang. Selain untuk mengobati sakit gigi, Ponstan juga dapat digunakan untuk mengobati cidera otot, sakit kepala, nyeri akibat haid bahkan sakit setelah melahirkan.

Obat ini dapat bekerja meredakan obat sakit gigi ngilu dan nyeri dan peradangan sekaligus, sebab kandungan asam mefenamat yang dimilikinya. Setiap satu tablet salut selaput Ponstan mengandung 500mg asam mefenamat. Obat ini bisa dikonsumsi dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun.

3. Ibuprofen Ibuprofen dikenal sebagai obat sakit gigi yang ampuh selain Ponstan. Tidak hanya mengatasi nyeri, Ibuprofen juga bisa digunakan untuk mengurangi demam yang timbul saat terserang sakit gigi. Ibuprofen termasuk kelompok antiinflamasi non-steroid (NSAID). Cara kerja obat ini adalah dengan mengurangi peradangan dengan menghalangi tubuh dalam memproduksi prostaglandin.

Prostaglandin sendiri merupakan zat kimia yang menyebabkan nyeri, demam, serta peradangan. Ibuprofen tidak dapat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong sebab akan melukai lambung.

Serta gunakan anjuran dokter untuk mengonsumsi obat ini. Baca Juga: Ibuprofen Adalah Obat Pereda Nyeri, Dosis Minum, dan Efek Sampingnya 4. ProSAGI Obat apotik sakit gigi selanjutnya adalah ProSAGI.

Obat ini termasuk dalam list obat sakit gigi yang ampuh. ProSAGI diformulasikan dari beragam macam tanaman obat asli Indonesia dan Timur Tengah. Contoh tanaman yang digunakan adalah habbatussauda, sirih, dan propolis. ProSAGI secara tradisional dapat membantu mengurangi nyeri dan mengurangi bengkak pada gigi berlubang. Obat ini diproduksi oleh CV Jogja Natural Herbal dalam bentuk botol tetes sehingga mudah dibawa ke manapun. 5. Dentasol Dentasol dapat dijadikan sebagai alternatif penyembuhan nyeri gigi.

Obat yang berbentuk kaplet serta berbentuk tetes yang mengandung Benzocaine. Selain meredakan nyeri gigi, obat ini juga mampu mengobati peradangan gusi, sariawan, serta masalah pada gigi dan gusi lainnya. Manfaat lain dari Dentasol adalah dapat digunakan untuk mengatasi rasa gatal dan nyeri pada kondisi kulit tertentu.

Seperti luka bakar ringan, gigitan serangga, goresan, dan lainnya. Dentasol memiliki rentan harga yang lumayan murah yaitu Rp.6.600-Rp25.000. 6. Super Green Plus SG Merk obat apotik sakit gigi yang satu ini pasti sudah tidak asing di pendengaran. Super Green Plus SG mampu menyembuhkan rasa nyeri di gigi, akar gigi yang sensitif, gigi berlubang, serta sakit gusi. Obat sakit gigi ini memiliki kandungan bahan herbal seperti habbatussauda, kemuning, vitamin, serta berbagai macam mineral.

Super Green Plus SG ini terkanal dapat menyembuhkan sakit gigi dengan waktu yang kilat, yaitu sekitar satu sampai sepuluh menit saja. Oleh karena itu obat ini kerap dijadikan rujukan pertama saat mulai merasakan nyeri gigi.

7. Hersagi Salah satu obat sakit gigi yang dipercaya manjur adalah Hersagi. Komposisinya terdiri dari oleum menthae, minyak zaitun, dan caryophylli serta bahan tambahan lain membuat obat ini berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, obat yang diproduksi oleh CV Herbal Indo Utama ini juga memiliki sifat antiseptic yang dapat mengobati sakit gigi yang tidak tertahankan serta juga dapat menyegarkan bau mulut akibat gigi berlubang.

Guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan obat sakit gigi Hersagi secara rutin dengan dosis yang sesuai. Baca Juga: Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Gigi Impaksi 8. Aspirin Asam asetil salisilat atau sering disebut aspirin menjadi salah satu obat apotik sakit gigi yang bisa dijajal saat merasakan nyeri gigi. Obat ini memiliki efek mengurangi nyeri, sebagai penurun demam, serta mengatasi peradangan atau sebagai antiinflamasi.

Asipirin tidak disarankan untuk ibu hamil dan anak-anak dibawah usia 12 tahun. Penggunaan Aspirin perlu dikonsultasikan ke dokter dan sesuai dosis yang diberikan dokter supaya manfaat yang didapat juga tepat. Sebab Aspirin memiliki beberapa efek samping yang tidak ringan.

Seperti menimbulkan ruam pada kult, rasa tidak nyaman pada perut, pendarahan pada saluran pencernaan, bahkan gangguan fungsi hati. 9. Naproxen Naproxen termasuk dalam obat apotik sakit gigi golongan AINS serta bekerja dengan cara menekan produksi hormone yang menjadi penyebab rasa nyeri.

Selain itu, Naproxen juga dapat mengatasi peradangan. Penggunaan obat ini harus sesusi dengan instruksi yang ada di kemasan. Jika dosis yang digunakan berlebihan, maka Naproxen dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sama seperti Aspirin, obat ini juga tidak disarankan untuk ibu hamil, sebab berpotensi menyebabkan gangguan pada janin. 10. Dexamethasone Obat ini termasuk dalam golongan kortikosteroid yang biasa diberikan untuk menangani pembengkakan.

Dexamethasone hanya boleh dikunsumsi atas resep dokter dan tidak bisa digunakan secara sembarangan. Dosis penggunaan oat ini disesuaikan dengan usia, kondisi, dan respon pengguna. Penggunaan Dexamethasone dalam jangka panjang tidak bisa dihentikan secara langsung melainkan dengan menurunkan dosis secara bertahap. Obat ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan supaya tidak terjadi sakit maag. 11. Sodium Diklofenak Sodium Diklofenak merupakan obat apotik sakit gigi yang memiliki sifat antiinflamasi yang cukup tinggi sehingga kerap digunakan untuk meredakan nyeri gigi, infeksi gigi, membantu pemulihan pasca operasi gigi, mengobati nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, dan sakit pada pinggang.

Selain itu, obat ini juga lebih efektif dalam proses penyembuan peradangan. Sodium Diklofenak termasuk dalam obat sakit gigi ngilu dan nyeri obat keras sehingga untuk mendapatkannya harus disertai dengan resep dokter.

Sodium Diklofenak juga sering dikenal dengan sebutan natrium diklofenak. Daftar obat apotik sakit gigi bisa menjadi pilihan ketika nyeri gigi datang tiba-tiba.

Penggunaan masing-masing obat harus dengan dosis yang tepat serta mengikuti petunjuk dengan benar. Anda bisa membeli seluruh obat tersebut di Apotik Puji. Apotik Puji adalah apotik terlengkap di Jakarta yang menyediakan layanan obat dan konsultasi apoteker. Anda bisa memesan obat melalui WhatsApp dan tim kami akan mengenatarkan hingga obat sakit gigi ngilu dan nyeri rumah Anda.
Taukah anda penyebab gigi berlubang dan menimbulkan ngilu?

Gigi berlubang disebabkan oleh adanya bakteri yang memakan gula dari sisa – sisa makanan yang kita makan dan tidak segera di bersihkan. Kemudian sisa – sisa makanan itu dimakan dan diolah oleh bakteri menjadi asam. Asam inilah yang merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Selain mengakibatkan gigi berlubang sisa – sisa makanan yang telah diolah oleh bakteri menjadi asam akan menimbulkan tumpukan plak yang menjadi penyebab karang gigi hitam, gigi susu rusak parah pada balita, dan penyebab gigi hitam pada orang dewasa.

Bila kebersihan gigi dan mulut kurang di perhatikan maka lambat laun akan terjadi kerusakan pada gigi, seperti gigi keropos, gigi berlubang bahkan gigi tanggal. Gigi yang berlubang biasanya akan terasa nyeri dan sakit apalagi bila terselip makanan ke dalam lubangnya. Lalu bagaimanakah mengatasinya? Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu • Mengonsumsi Obat Pereda Rasa Sakit Bila gigi berlubang terasa sakit, maka yang terlintas di obat sakit gigi ngilu dan nyeri kita pertama sekali adalah membeli obat pereda rasa sakit.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Obat sakit gigi ngilu dan nyeri banyak obat pereda rasa sakit yang beredar di pasaran, anda dapat menggunakan beberapa obat yang disarankan seperti parasetamol dan aspirin.

Anda dapat juga mencoba obat sakit gigi paling ampuh dan obat gigi goyang di apotik atau obat karang gigi di apotik dan obat sakit gusi bengkak. Jika obat tidak dapat meredakan obat sakit gigi ngilu dan nyeri sakit pada gigi anda, maka sebaiknya anda mencoba beberapa cara lain di bawah ini.

Dengan menggunakan Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu maka anda bisa merasakan sedikit kelegaan karena rasa sakit pasti akan berangsur – angsur menghilang dengan sendirinya.

Maka obat ini sangat cocok bagi anda yang sering merasakan sakit gigi yang linu dengan cepat. • Berkumur Dengan Air Hangat Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu yang alami yaitu Segera berkumur dengan air hangat dapat membuat rileks saraf gigi, namun pastikan dengan hangat yang cukup dan tidak terlalu panas.

• Mengompres Dengan Air Dingin Selain itu Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu bisa anda lakukan dengan Cara lain mengatasinya adalah mengompres pipi dengan air dingin.

Hal ini dilakukan bila terjadi pembengkakan pada gusi. • Berkumur Dengan Air Garam Berkumur dengan air garam di percaya dapat membunuh bakteri yang ada didalam lubang gigi. Hal ini juga sangat mudah untuk dilakukan. • Menggunakan Cuka Sari Apel Celupkan bola kapas kedalam cairan cuka sari apel, lalu tempelkan pada gigi berlubang yang sakit untuk beberapa menit.

Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang merupakan obat alami meredakan sakit gigi. Cuka sari apel dapat menyeimbangkan pH di dalam mulut yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan kerusapan pada gigi. Selain itu cuka sari apel juga memiliki asam asetat dan asam malat yang memurnikan dan mendetoksifikasi gigi yang terinfeksi.

• Minyak Cengkeh dan Minyak Zaitun Gunakan minyak cengkeh dan minyak zaitun untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh bakteri gigi. Kedua jenis minyak ini bermanfaat untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh gigi yang berlubang.

• Menggunakan Teh Celup Menggunakan teh celup dipercaya dapat mengurangi sakit gigi dan mengatasi pembengkakan dan inflamasi pada area gigi yang berlubang.

Caranya celupkan kantung teh celup ke dalam air hangat, kemudian tempelkan kantung teh tersebut pada bagian gigi yang sakit. Tetapi cara ini dapat menyebabkan noda pada gigi jika dilakukan dalam jangka panjang.

• Menggunakan Cabe Rawit Anda dapat menggunakan cabe rawit untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi dengan cara menghaluskan beberapa caberawit yang masih segar, campur dengan cuka sari apel dan sedikit bubuk jahe.

Kemudian aplikasikan kedalam lubang gigi yang sakit. Hal ini disebabkan karena cabe rawit memiliki kandungan capsaicin yang merupakan pereda nyeri alami. • Berkumur Dengan Obat Kumur Peroksida Obat kumur peroksida dapat di gunakan untuk membantu menghilangkan bakteri pada gigi yang menyebabkan inflamasi dan menenangkan syaraf gigi. • Menggunakan Mentimun Ternyata Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu bisa juga menggunakan mentimun yang memiliki banyak kandungan air obat sakit gigi ngilu dan nyeri dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi.

Caranya iris mentimun dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Hal ini disebabkan karena mentimun dapat dijadikan sebagai kompres alami. • Menggunakan Bawang Bombai Selain mentimun, bawang bombai juga dapat membantu meredakan gigi yang sakit.

Caranya iris bawang bombai dan kemudian meletakkannya ke bagian gigi yang sakit. • Menggunakan Minyak Wijen Minyak wijen bermanfaat mengatasi bakteri yang menyerang syaraf gigi. Caranya dengan mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit. • Mengunyah Daun Mint Mengunyah daun mint pada bagian gigi yang sakit juga dapat meredakan sakit gigi dan me-rilekskan syaraf gigi.

• Mengunyah Bawang Putih Mengunyah bawang putih pada gigi yang sakit dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

• Mengunyah Daun Jambu Biji Mengunyah beberapa lembar daun jambu biji juga merupakan salah satu cara yang dapat obat sakit gigi ngilu dan nyeri syaraf gigi yang sakit. Jika semua hal diatas telah anda lakukan namun sakit gigi tak kunjung reda, maka ada baiknya bila anda segera mengunjungi dokter gigi. Kesadaran akan pentingnya menggosok gigi harus ditanamkan sejak dini.

Selain itu mengkonsumsi makanan yang menyehatkan gigi, makanan yang menguatkan gigi, serta menghindari makanan yang dapat merusak gigi,merupakan salah satu cara mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu diatas semoga menambah wawasan dan dapat menjadi alternatif bagi anda sebelum mengunjungi dokter. Demikianlah artikel singkat ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Teruslah ikuti artikel – artikel informatif kami lainnya di halogigi.com.

jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 1 Desember 2020 - Diperbarui: 9 Maret 2022 Ditulis oleh: Rhandy Verizarie - Ditinjau oleh: dr.

Jati Satriyo Obat sakit gigi apa yang ampuh? Seperti yang kita ketahui bahwa sakit gigi adalah penyakit yang mengganggu. Apabila nyeri gigi tidak mendapatkan penanganan serius bisa mengganggu kesehatan rongga mulut secara keseluruhan. Ada berbagai cara mengobati sakit gigi yang bisa digunakan, mulai dari medis hingga yang alami. Cara Mengobati Sakit Gigi Mengalami sakit gigi memang tidak pernah menyenangkan. Rasa nyeri yang sungguh menyiksa mulai dari gigi, gusi, pipi, hingga kepala, ditambah nafsu makan yang menurun drastis, semuanya harus Anda rasakan selama sakit gigi belum sembuh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sakit gigi pada dasarnya bukan penyakit yang berbahaya dan bisa segera diatasi dengan mengonsumsi sejumlah obat sakit gigi di apotikatau bisa juga menggunakan yang alami. Obat Sakit Gigi di Apotik Paling Ampuh Manakala Anda mengalami sakit gigi, ada sejumlah jenis obat sakit gigi yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit gigi yang diderita. Obat-obatan ini dapat Anda jumpai di apotek, namun ada baiknya konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Berikut daftar nama obat sakit gigi di apotik yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 1. Naproxen Naproxen adalah nama obat sakit gigi paling ampuh di apotik berbentuk kaplet yang umum digunakan untuk meredakan gigi sakit akibat adanya lubang pada gigi. Anda dapat menemukan obat jenis Naproxen ini di apotek-apotek terdekat. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan obat Naproxen untuk meredakan sakit gigi, mintalah resep dari dokter terlebih dahulu agar tidak salah dosis.

2. Acetaminophen Ini adalah obat golongan Obat sakit gigi ngilu dan nyeri yang juga dipercaya ampuh mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang. obat gigi ngilu dan nyeri di apotik ini memang diperuntukkan untuk meredakan nyeri, dalam hal ini nyeri gigi.

3. Dentasol Tidak seperti jenis obat sakit gigi apotik lainnya, Dentasol berbentuk krim yang cara menggunakannya dengan mengoleskan langsung ke bagian gigi yang mengalami nyeri atau sakit. Dentasol cocok untuk anak-anak karena relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping berarti.

Dentasol sendiri mengandung: benzokain, setilpiridinium klorida, kamfer, mentol, fenol. 4. Ibuprofen Obat sakit gigi berlubang berikutnya yang cukup sering digunakan adalah Ibuprofen. Ibuprofen yang tersedia dalam bentuk sirup maupun tablet dinilai efektif guna meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Agar mendapat dosis yang tepat, sebaiknya minta resep dokter sebelum menggunakan obat ini. 5. Asam mefenamat Asam mefenamat acap kali dijadikan solusi untuk mengatasi sakit gigi, oleh karena kandungan zat antiinflamasi di dalamnya diklaim efektif meredakan rasa sakit dengan cepat. Guna mendapatkan hasil yang maksimal, konsultasi dengan dokter mengenai dosis yang tepat.

6. Anbesol dan Orajel Anbesol dan Orajel adalah anestesi topikal yang bisa didapatkan dalam bentuk salep, semprotan, atau cair. Obat sakit gigi berlubang di apotik ini bisa digunakan untuk mencegah rasa sakit pada tingkat permukaan lapisan mulut.

Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dari luka superfisial di mulut atau sebelum diberikan anestesi lokal injeksi. Perlu Anda ketahui bahwa Anbesol dan Orajel tidak diperuntukkan pemakaianannya pada anak-anak karena dapat menyebabkan kondisi medis yang serius seperti methemoglobinemia.

Obat Sakit Gigi Alami atau Tradisional Paling Ampuh Selain menggunakan obat dengan bahan kimia, cara mengobati sakit gigi bisa ditambahkan lainnya adalah dengan menggunakan bahan alami. Berikut adalah daftar obat sakit gigi tradisional yang bisa dicoba, di antaranya: 1. Minyak Cengkeh Obat alami untuk sakit gigi yang pertama adalah cengkeh. Cengkeh adalah jenis rempah-rempah yang kerap dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Namun, siapa sangka jika minyak cengkeh ternyata dapat menyembuhkan sakit gigi. Bahkan, khasiat minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi sudah dipercaya sejak lama. Minyak cengkeh mengandung eugenol diklaim sebagai anestesi alami yang ampuh untuk meredakan nyeri pada gigi. Teteskan minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi Anda yang terasa sakit.

2. Garam Obat sakit gigi alami yang dapat dengan mudah dicoba di rumah adalah menggunakan garam. Anda bisa menggunakan medium air yang telah dicampur garam untuk meredakan nyeri pada gigi.

Cara mengobati sakit gigi ini dinilai cukup efektif karena sejatinya, garam mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi. Larutkan garam di dalam satu gelas air putih bersih, kemudian berkumurlah dengan air tersebut secara rutin 2 -3 kali sehari sampai rasa sakitnya hilang. 3. Obat sakit gigi ngilu dan nyeri Baik itu cuka masak atau cuka apel, keduanya merupakan obat sakit gigi yang dipercaya bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Cuka mengandung zat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab sakit gigi.

Sama seperti garam, cara menggunakan cuka untuk meredakan sakit gigi yakni dengan melarutkannya ke dalam satu gelas air, kemudian kumur dengan air tersebut. Anda juga bisa meneteskan cuka pada kapas untuk kemudian ditempelkan ke bagian gigi yang sakit. 4. Jahe Umumnya jahe berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Namun tahukah Anda jika jahe juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi?

Jahe memiliki kandungan zat antibiotik yang efektif untuk mengatasi rasa sakit pada gigi yang disebabkan oleh infeksi kuman maupun bakteri. Tumbuk 1 ruas jahe kemudian tempelkan pada bagian gigi yang mengalami sakit dan tunggu beberapa saat sampai rasa sakitnya menghilang.

5. Daun Jambu Biji Daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat alami. Kandungan analgesik, antimikroba, dan anti-radang pada daun jambu biji menjadi alasan mengapa obat sakit gigi alami yang satu ini bisa meredakan sakit gigi yang dialami, terutama sakit gigi karena gigi berlubang. Tumbuk beberapa helai daun jambu biji, kemudian campurkan dengan air dan rebus sampai mendidih. Setelah itu, kumur-kumur dengan air tersebut secara rutin 2-3 kali sehari sampai sakit gigi benar-benar hilang.

6. Lidah Buaya Gel lidah buaya adalah bahan alami yang telah lama digunakan untuk menyembuhkan luka ringan. Tidak hanya luka, ternyata lidah buaya juga digunakan sebagai obat sakit gigi. Beberapa orang menggunakan gel lidah buaya untuk mengatasi nyeri di gusi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki kualitas antibakteri alami dan dapat menghancurkan kuman yang menyebabkan kerusakan gigi.

7. Bawang Putih Di dalam bawang putih terdapat senyawa yang disebut allicin yaitu senyawa yang memiliki sifat antibakteri yang kuat. Cara penggunaannya, ambil satu siung bawang putih kemudian tumbuk hingga lembut dicampur dengan sedikit garam. Setelah itu langsung oleskan pada gigi yang sakit. 8. Teh Pepermin Minuman ini memiliki sifat yang bisa meredakan sakit gigi. Kandungan mentholnya yang memberi rasa mint juga dikenal sebagai antibakteri.

Jika menggunakan kantong, tempelkan kantong teh basah ke area gigi yang sakit selama beberapa menit. 9. Kompres Dingin Kompres dingin dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda alami. Ketika Anda menggunakan kompres dingin, hal itu menyebabkan pembuluh darah di daerah yang sakit mengerut.

Obat sakit gigi ngilu dan nyeri itu, kompres dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Lakukan cara ini setiap beberapa jam. Nah, itulah informasi mengenai obat sakit gigi yang layak Anda coba.

obat sakit gigi ngilu dan nyeri

Perlu diingat, jika sakit gigi tidak kunjung mereda setelah melakukan hal-hal yang telah dijelaskan di atas, maka segeralah ke dokter gigi.

Selain itu, jangan lupa untuk jaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut menggunakan Sensodyne. Dapatkan diskon dengan beli di Farmaku.com! • Anonim. Comparing Anbesol vs Orajel. https://www.drugs.com/compare/anbesol-vs-orajel. (Diakses pada 7 September 2019). • Anonim. 2018. Risk of serious and potentially fatal blood disorder prompts FDA action on oral over-the-counter benzocaine products used for teething and mouth pain and prescription local anesthetics. https://www.fda.gov/drugs/drug-safety-and-availability/risk-serious-and-potentially-fatal-blood-disorder-prompts-fda-action-oral-over-counter-benzocaine.

(Diakses pada 7 September 2019). • Chonkleton, Emily. 2017. 10 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#salt-water-rinse. (Diakses pada 5 September 2019). • Ponsford, Soccy.

2017. How to treat a toothache at home. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320315. (Diakses pada 5 September 2019). Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,

Kumpulan Obat Sakit Gigi "Paling Ampuh" Khusus Gigi Berlubang, Ngilu, Nyeri dan Gusi Bengkak Sembuh




2022 www.videocon.com