Ciri ciri keracunan kehamilan

ciri ciri keracunan kehamilan

Ada yang perlu diwaspadai juga, jika tekanan darah anda mencapai 135/85 mmHg juga disertai sakit kepala yang berkepanjangan, ulu hati terasa nyeri, kaki anda terlihat lebih bengkak, muncul rasa mual hingga muntah, serta terjadi gangguan pada penglihatan anda yang menjadikan pandangan anda kabur, kondisi itu dapat dikategorikan pada pre-eklamsia berat.

Tanda-tanda hamil yang paling umum Melansir dari Pregnancy Testtidak semua wanita menunjukkan tanda-tanda hamil yang seragam. Ada yang mengalami mual dan muntah tapi tidak merasa kram perut implantasi, atau sebaliknya.

Bahkan, wanita yang sudah pernah hamil mungkin saja mengalami tanda hamil yang berbeda di setiap kehamilannya. Ini terjadi karena tubuh setiap wanita pasti berbeda, sehingga bagaimana mereka bereaksi terhadap perubahan tubuhnya juga akan berbeda. Berikut beberapa ciri-ciri hamil yang paling umum wanita alami. 1. Terlambat menstruasi Terlambat menstruasi adalah tanda pasti hamil yang paling umum istri alami.

Biasanya, ciri-ciri hamil adalah kalau tidak menstruasi setelah 4-5 hari atau lebih sejak tanggal seharusnya. Kalau ada pembuahan, sel telur akan ciri ciri keracunan kehamilan di dinding rahim dan terus berkembang menjadi janin dalam waktu 9 bulan.

Kemudian berkembang menjadi bakal janin. Setelah implantasi, tubuh akan melepaskan hormon HCG yang bertugas menjaga kehamilan. Hormon ini juga yang memberitahu indung telur untuk berhenti memproduksi sel telur baru ketika hamil.

Oleh karenanya, tidak ada sel telur yang luruh menjadi darah haid. Akan tetapi kalau tidak terjadi pembuahan, lapisan dinding rahim akan luruh menjadi menstruasi. Namun, perlu calon ibu pahami bahwa terlambat menstruasi juga bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya ketidakseimbangan hormon. 2. Perubahan payudara dan puting Perubahan payudara termasuk tanda tidak pasti dalam tanda-tanda hamil yang calon ibu rasakan.

Payudara ibu hamil umumnya akan terasa lebih kencang. Bahkan, dalam beberapa kasus, payudara terasa nyeri dan tidak nyaman. Pada minggu-minggu pertama kehamilanpayudara ibu terasa lebih besar, berat, kencang, dan keras dari biasanya. Payudara juga mungkin terasa lebih sensitif dan nyeri, juga menyesakkan.

Selain itu, warna putingnya juga memerah atau areola (area sekitar puting) berubah warna menjadi lebih hitam. Munculnya ciri-ciri hamil ini karena peningkatan jumlah hormon progesteron serta estrogen.

Calon ibu juga akan melihat garis-garis urat pada area di sekitar puting susu. Hormon kehamilan meningkatkan aliran darah menuju area tersebut demi mempersiapkan produksi ASI. Ciri-ciri hamil ini mulai terjadi di usia kehamilan 4-6 minggu, sedangkan perubahan warna puting dan areola mulai sekitar minggu ke-11 kehamilan. 3. Mual dan muntah Salah satu tanda-tanda hamil yang umum dirasakan adalah mual di pagi hari atau morning sickness.

Mual dapat dialami dengan atau tanpa muntah. Dilansir dari American Pregnancy Association (APA), lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami morning sickness. Sebagian wanita hamil akan terus mengalami tanda-tanda hamil ini sampai trimester kedua atau bahkan sampai persiapan melahirkan. Mual dan muntah ciri ciri keracunan kehamilan hamil bisa terjadi sepanjang hari di siang, sore, atau malam hari.

Ciri-ciri hamil ini umumnya baru muncul setelah kehamilan memasuki minggu ke-6, karena peningkatan hormon Beta hCG atau hormon kehamilan.

Ada juga beberapa ibu hamil yang mengalami tanda-tanda hamil ini lebih cepat, yakni di minggu ke-2 atau segera setelah pembuahan terjadi.

Mual dan muntah akan mereda perlahan seiring perkembangan usia kehamilan. 4. Indera penciuman lebih sensitif Menurut studi yang terbitan jurnal Frontiers in Psychologykepekaan hidung untuk mencium bau akan meningkat drastis selama kehamilan. Saat mencium bau tertentu, sebagian ibu hamil muda mengalami tanda-tanda hamil seperti mudah merasa pusing, mual dan muntah, atau bahkan rusak suasana hatinya. Padahal, mereka mungkin tidak merasa terganggu dengan aroma tersebut sebelum hamil.

Kondisi ini juga memengaruhi ibu hamil saat ngidam. Selera makan ibu hamil mungkin berubah karena mencium bau makanan tertentu.

5. Keluar bercak darah (flek) dari vagina Bercak darah sebagai tanda-tanda hamil berbeda dengan darah menstruasi. Bercak darah ciri ciri keracunan kehamilan ciri hamil muda ini disebut perdarahan implantasi. Flek saat hamil ini muncul sebagai efek embrio yang berhasil tertanam pada dinding rahim. Saat embrio menempel, prosesnya bisa membuat dinding rahim terkikis sehingga mengakibatkan keluarnya bercak darah. Perdarahan implantasi muncul hanya berupa 1-2 tetes darah yang berwarna merah muda kekuningan atau kecokelatan.

Flek bisa muncul kapan saja dalam 10-14 hari setelah pembuahan, dan berlangsung selama 1-3 hari. Jika ibu mengalami tanda-tanda hamil ini lebih deras dan banyak, segera periksakan ke dokter. 6. Kram perut Kram perut adalah ciri-ciri hamil juga terjadi akibat proses implantasi embrio. Maka dari itu, tanda-tanda hamil ini biasanya muncul berbarengan dengan flek darah. Untuk membedakan kram perut tanda-tanda hamil dan gejala menstruasi, perhatikan intensitas dan lokasi sakitnya.

Kram perut sebagai tanda-tanda hamil umumnya tidak terlalu sakit, hanya seperti dicubit dan berlangsung singkat. Kram bisa mulai terasa segera setelah ovulasi tapi mereda dalam hitungan jam. Kondisi ini terjadi akibat implantasi embrio juga cenderung terpusat pada satu titik lokasi saja.

Sebagai contoh, jika embrio menempel pada sisi kiri rahim, kram akan lebih terasa pada perut sebelah kiri bukan yang kanan. Jika nyerinya berlangsung lama hingga berhari-hari dan sakitnya terasa menyeluruh, ini kemungkinan besar kram gejala menstruasi.

7. Cepat lemas dan lelah Tubuh yang mudah lelah dan lemah meski tidak habis melakukan sesuatu yang berat bisa jadi tanda-tanda hamil, walau belum pasti. Ibu hamil bisa mengalami kelelahan luar biasa walaupun usia kehamilannya baru 1 minggu. Namun, tidak perlu khawatir karena ciri-ciri hamil ini normal terjadi.

Penyebabnya, hormon progesteron selama masa awal kehamilan dan berhubungan dengan rasa mengatuk. Rasa kantuk tersebut membuat calon ibu jadi lebih cepat lelah dan ingin beristirahat. Selain itu, tubuh wanita akan melemahkan sistem imunnya sejak sebelum implantasi agar embrio dapat melekat dan menetap di rahim. Beristirahat dengan cukup agar tanda-tanda hamil ini tidak membuat ibu hamil terganggu. 8. Perubahan nafsu makan Pada trimester pertama, perubahan nafsu makan mulai terlihat. Sebagian calon ibu mengalami penurunan selera makan mual dan muntah.

Namun sebagian lainnya tidak mengalami morning sickness dan nafsu makannya justru meningkat. Ini adalah kondisi yang wajar terjadi karena janin bertumbuh dalam kandungan.

Berikut beberapa tips untuk mengendalikan rasa lapar saat hamil: • rutin minum agar tidak dehidrasi (12-13 gelas per hari), • konsumsi makanan bernutrisi, • makan sering dalam porsi kecil, dan • selalu stok camilan. Ibu bisa menggabungkan beragam buah dan kacang-kacangan sehingga nutrisi dapat terpenuhi secara optimal selama masa kehamilan. 9. Rambut rontok Menurut American Pregnancy Association, rambut rontok adalah salah satu tanda-tanda hamil yang umum terjadi.

Umumnya ada 40-50 persen wanita hamil yang mengalami rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon. Tak jarang, saat wanita mengalami ciri-ciri hamil ini banyak dari mereka yang memilih memotong rambutnya menjadi pendek. 10. Sakit pinggang Sakit pinggang adalah salah satu tanda-tanda hamil yang umum terjadi. Lokasi nyeri tepatnya berpusat di bagian bawah punggung. Nyeri pinggaung ini bergantung pada usia kehamilan, tidak ada hubungannya dengan kembung, sembelit, atau kram implantasi.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsultasi pada dokter. Bila perlu, dokter akan meresepkan obat untuk meredakan sakit pinggang. Selain itu, jaga posisi tidur ibu hamil di malam hari dengan benar agar mencegah sakit pinggang bertambah parah. 11. Suhu ciri ciri keracunan kehamilan tinggi Suhu tubuh yang tinggi juga bisa menjadi tanda-tanda hamil. Namun yang dimaksud di sini bukan demam melainkan kenaikan suhu internal tubuh saat baru bangun pagi. Suhu tubuh sewaktu bangun pagi disebut dengan Suhu Tubuh Basal (BBT).

Suhu BBT dapat naik setelah ovulasi karena peningkatan progesteron setelah masa ovulasi. Kenaikan suhu tubuh basal yang berlangsung selama 18 hari atau lebih termasuk tanda-tanda hamil paling awal. Sayangnya, ciri-ciri hamil ini tidak selalu pasti menandakan bahwa wanita benar mengandung. 12. Perut kembung Jika rasa mual dan ingin muntah bersamaan dengan sensasi perut kembung, bisa jadi ciri-ciri hamil muda yang patut ibu pertimbangkan. Perut kembung biasanya muncul pada sekitar minggu ke-4 sampai minggu ke-6 usia kehamilan.

Kembung tanda-tanda hamil karena peningkatan hormon progesteron awal kehamilan juga dapat memperlambat sistem pencernaan. Ciri-ciri hamil muda yang kurang umum Meski tanda-tanda hamil yang sudah disebutkan sebelumnya cukup umum dialami wanita, tapi ada juga ciri hamil yang kurang umum, seperti: 1. Sering buang air kecil Sering buang air kecil merupakan tanda awal kehamilan yang paling sering tidak disadari.

Biasanya kondisi ini mulai terjadi sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan. Di awal kehamilan, sering kencing diakibatkan oleh tingginya hormon human chorionic gonadotropin (hCG).

Hormon hCG menyebabkan peningkatan aliran darah ke ginjal sehingga meningkatkan produksi urine. Jika usia kehamilan makin besar, ibu lebih sering pipis karena kandung kemih yang tertekan oleh rahim. Saat hamil, perubahan hormon membuat kandung kemih jadi lebih sensitif sehingga lebih sulit menahan pipis. Refleks, seperti bersin, batuk, atau tertawa juga mungkin dapat membuat ibu ngompol tanpa sadar.

Tidak perlu khawatir, ini adalah tanda-tanda hamil yang wajar terjadi. 2. Sembelit Sembelit atau buang air besar tidak teratur mungkin juga termasuk jadi salah satu tanda-tanda hamil karena kenaikan hormon progesteron. Ketika hormon progesteron tinggi, pergerakan usus jadi lebih lambat.

Ini membuat ibu lebih sulit mengeluarkan feses. Selain sembelitmasalah perut lainnya yang juga muncul sebagai tanda-tanda hamil adalah perut kembung dan begah. Tanda kehamilan ini bisa terjadi pada minggu awal kehamilan, dan bahkan bisa berlanjut sampai beberapa bulan ke depan. 3. Mood swing Selain sering pipis, tanda-tanda hamil yang tidak banyak wanita sadari adalah mood swing. Mood i bu yang sedang hamil muda rentan tidak stabil dan mudah berubah-ubah.

Ciri-ciri hamil muda ini terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan ibu gelisah dan mudah marah. Terkadang, mungkin ceria tapi tak berapa lama kemudian bisa marah atau menangis tersedu-sedu. 4. Sakit kepala Sakit kepala adalah tanda-tanda hamil yang sering sebagian wanita alami. Penyebab sakit kepala adalah peningkatan hormon tiba-tiba dan aliran darah yang membuat ibu mengalami sakit kepala.

Tubuh akan menampung sekitar 50 persen volume darah tambahan saat sedang mengandung. Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari sakit kepala.

Segera lakukan tes jika muncul ciri-ciri hamil Bila merasakan tanda hamil, ada baiknya segera cek dengan test ciri ciri keracunan kehamilan. Alat ini bisa memastikan kehamilan lebih awal dan cukup akurat, sekitar 97-99 persen, tidak hanya dengan melihat tanda yang calon ibu alami. Namun, kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 10 hari setelah telat haid. Gunakan alat sesuai instruksi pada kemasan untuk hasil yang akurat. Waktu paling tepat untuk memastikan kehamilan lewat test pack adalah pagi hari.

Ini ciri ciri keracunan kehamilan hormon hCG berada dalam jumlah yang tinggi pada waktu tersebut. Ibu juga bisa menunggu setidaknya satu hingga dua minggu setelah terlambat haid untuk memastikan positif hamil atau tidak. Tidak hanya mengandalkan test pack atau mengamati tanda-tanda hamil, ibu juga perlu periksa ke dokter untuk memastikannya. Jika positif hamil, buat jadwal untuk periksa kandungan secara rutin dan bicarakan ciri-ciri hamil yang sudah calon ibu alami.

Memiliki kisah dan pengalaman kehamilan yang menarik dan inspiratif? Mari berbagi cerita bersama para orang tua lain di sini. When to Take a Pregnancy Test - Options, Cost and Accuracy. (2020). Retrieved 12 August 2020, from https://www.plannedparenthood.org/learn/pregnancy/pregnancy-tests Cameron, E.

(2014). Pregnancy and olfaction: a review. Frontiers In Psychology, 5. doi: 10.3389/fpsyg.2014.00067 Hair Loss During Pregnancy – American Pregnancy Association. (2012). Retrieved 12 August 2020, from https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/hair-loss-during-pregnancy/ Symptoms of pregnancy: What happens first.

(2020). Retrieved 12 August 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853 Pregnancy Symptoms – Early Signs of Pregnancy.

(2019). Retrieved 12 August 2020, from https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/early-pregnancy-symptoms/
Setiap ibu hamil tentu ingin janin di dalam kandungan terjaga kesehatan dan perkembangannya dengan baik. Namun, pernahkah ibu bertanya, bagaimana tanda bayi sehat dalam kandungan? Apakah ada cara mengetahui janin sehat tanpa perlu ke dokter? Untuk memudahkan, berikut ciri-ciri atau tanda janin sehat selama masa kehamilan.

Ciri-ciri janin sehat selama fase kehamilan Bagi sebagian besar ibu hamil, kehamilan merupakan fase yang penuh tantangan. Ibu akan mengalami mual dan muntah atau morning sicknesskelelahan, pegal-pegal, kaki bengkak, sampai stretch mark yang terbentuk di perut atau paha bagian atas.

Meski terasa berat, para ibu akan tetap menjaga bayi dalam kandungan tetap sehat dan perkembangan janin sesuai dengan usianya. Maka dari itu, penting untuk ibu hamil mengetahui tanda bayi sehat dan normal dalam kandungan. Mengutip Pregnancy, Birth & Babytanda-tanda dan ciri-ciri janin sehat dalam kandungan akan memudahkan ibu hamil dalam mendeteksi masalah, seperti komplikasi kehamilan.

Simak ciri-ciri janin sehat selama fase kehamilan yang perlu ibu hamil ketahui di bawah ini. 1. Mengalami mual dan muntah ( morning sickness) Morning sickness atau emesis gravidarum adalah salah satu tanda hamil yang paling sering ibu alami saat trimester pertama. Dilansir American Pregnancy Associationlebih dari 50 persen wanita hamil mengalami mual dan muntah saat pagi hari.

Lalu, apa hubungannya dengan ciri-ciri atau tanda bayi sehat dalam kandungan? Mengutip Mayo Clinicmual dan muntah selama hamil menjadi tanda peningkatan hormon hCG dalam darah yang tubuh butuhkan untuk kehamilan sehat. Ibu hamil mulai memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG) setelah sperma membuahi sel telur dan menempel pada lapisan rahim. Ibu hamil yang mengalami morning sickness memiliki kadar HCG yang tinggi daripada yang tidak.

Meski begitu, kadar hormon kehamilan yang tinggi tidak selalu berhubungan dengan mual dan muntah. Pasalnya, mual dan muntah juga menjadi tanda kondisi plasenta yang tidak sehat.

2. Berat badan ibu hamil bertambah Apakah ciri ciri keracunan kehamilan cara agar ibu hamil bisa mengetahui tanda dan ciri-ciri janin sehat tanpa perlu ke dokter?Ada, yakni dengan memantau berat badan selama kehamilan. Mengutip Medlineplusrata-rata ibu hamil mengalami kenaikan berat badan 11,5-16 kilogram selama kehamilan. Jika ibu hamil membaginya ke dalam tiga trimester, berarti kenaikan tiap satu trimester sekitar 1-2 kilogram atau 500 gram setiap minggu.

Mengapa berat badan ibu yang bertambah menjadi tanda janin sehat dan normal dalam kandungan? Sebab 1/3 dari kenaikan berat badan selama hamil berfungsi dalam meningkatkan perkembangan janin, seperti plasenta dan cairan ketuban. 3. Perut membesar Tanda atau ciri-ciri janin sehat yang satu ini masih berhubungan dengan kondisi berat badan ibu hamil yang bertambah setiap minggu. Seiring dengan bertambahnya usia janin, tubuhnya di dalam kandungan tentu akan semakin besar.

Otomatis perut ibu hamil akan terlihat besar terutama saat trimester tiga. Ada berbagai faktor yang membuat perut ibu membesar, seperti volume air ketuban, ukuran tubuh bayi, sampai plasenta yang menyalurkan makanan dari ibu ke janin.

4. Merasakan gerakan janin Biasanya, ibu hamil bisa merasakan gerakan janin saat usia kandungan 18 minggu atau hamil 5 bulan. Namun, pergerakannya kadang masih belum terlalu jelas sehingga sulit membedakan dengan gerakan otot perut karena lapar. Gerakan janin menjadi tanda dan ciri bahwa si kecil dalam keadaan sehat di dalam kandungan. Mengutip Pregnancy, Birth & Babyjanin yang bergerak juga menandakan jantung si kecil dalam keadaan sehat.

Pada dasarnya bayi sudah bergerak sejak ia masih hitungan minggu awal, tetapi ukurannya masih sangat kecil jadi belum terasa oleh ibu. Pergerakan bayi semakin terasa saat masuk trimester kedua kehamilan karena tubuhnya semakin besar dan ruang di dalam perut semakin menyempit. Ibu hamil bisa merasakan gerakan janin saat sedang tidur miring ke kiri atau mengusap perut.

Memberi rangsangan dengan sentuhan bisa membuatnya terbangun dan bergerak untuk berkomunikasi dengan ibu dan ayah. Bila ibu tidak merasakan gerakan janin saat usia kehamilan 24 minggu, segera hubungi dokter atau bidan.

ciri ciri keracunan kehamilan

5. Sering buang air kecil Semakin besar usia kehamilan, ibu hamil akan lebih sering buang air kecil karena tubuh si kecil menekan saluran kemih. Mengutip dari Cleveland Clinickandung kemih terletak di bawah rahim. Maka dari itu, saat tubuh bayi membesar akan menekan dan membuat ibu hamil merasa ingin buang air kecil lebih sering. Tidak perlu khawatir, hal ini bersifat sementara dan hilang beberapa minggu setelah bayi lahir. Hindari menahan kencing saat sudah kebelet karena berisiko mengalami infeksi saluran kemih (ISK) saat hamil.

6. Jumlah air ketuban dalam keadaan normal Untuk mengetahui jumlah air ketuban sebagai tanda dan ciri-ciri janin sehat selama kehamilan, ibu hamil perlu konsultasi dengan dokter. Saat melakukan pemeriksaan USG, biasanya dokter akan melakukan pengukuran panjang janin, detak jantung, kondisi fisik, dan jumlah cairan ketuban.

Mengutip dari Medlineplusvolume air ketuban yang normal saat usia kehamilan 34 minggu adalah 800 ml. Sementara itu, volume ketuban saat usia kehamilan 12 minggu sekitar 60 ml, usia kehamilan 16 minggu 175 ml. Dokter akan memeriksa apakah kondisi air ketuban ibu termasuk ke dalam air ketuban sedikit ( oligohidramnion ) atau air ketuban banyak ( polihidramnion ). 7. Detak jantung janin stabil Ibu hamil bisa melihat dan memantau detak jantung janin saat pemeriksaan rutin kandungan setiap bulan.

Detak jantung janin yang stabil adalah salah satu tanda bahwa janin atau bayi di dalam kandungan sedang sehat. Mengutip dari John Hopkins Medicinerata-rata degup jantung janin adalah 110 dan 160 detak per menit. Namun, angka tersebut tidak pasti, bisa berubah-ubah saat janin merespon sesuatu. Sebagai contoh, saat ibu hamil sedang makan atau mendengarkan musik. Denyut jantung janin yang tidak normal menandakan bayi tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Nausea during pregnancy: A good thing?. ciri ciri keracunan kehamilan.

Retrieved 15 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/nausea-during-pregnancy/faq-20057917 Warning signs during pregnancy. (2021). Retrieved 15 March 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/warning-signs-during-pregnancy Encyclopedia, M., & pregnancy, M.

(2021). Managing your weight gain during pregnancy: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 15 March 2021, from https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000603.htm#:~:text=Most%20women%20should%20gain%20somewhere,gain%20depends%20on%20your%20situation. Baby ciri ciri keracunan kehamilan during pregnancy. (2021). Retrieved 15 March 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/baby-movements-during-pregnancy#:~:text=Towards%20the%20end%20of%20your,when%20you%20are%20in%20labour.

Fetal Heart Monitoring. (2021). Retrieved 15 March 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/fetal-heart-monitoring#:~:text=Your%20healthcare%20provider%20may%20do,to%20conditions%20in%20your%20uterus. Kehamilan memang menjadi hal yang paling indah dan menantang untuk semua ibu hamil.

ciri ciri keracunan kehamilan

Terkadang sejak munculnya berbagai tanda kehamilan maka tubuh menunjukkan perubahan yang aneh. Hal paling berat untuk ibu hamil adalah morning sickness sejak masuk trimester pertama. Kemudian masa trimeter kedua menjadi waktu paling menyenangkan dalam kehamilan.

Sementara setelah masuk trimester ketiga maka resiko keracunan kehamilan bisa terjadi dengan cepat. Umumnya kondisi ini terjadi setelah ibu masuk atau melewati usia kehamilan 20 minggu. Informasi tanda kehamilan: • ciri ciri orang hamil • ciri ciri kehamilan 1 minggu setelah berhubungan • tanda awal kehamilan kembar) • gejala hamil anak kembar • ciri ciri hamil anak kembar • tanda awal kehamilan kembar • gejala kehamilan ektopik • gejala kehamilan ektopik belum terganggu • kehamilan ektopik • hamil anggur • tanda-tanda hamil kosong • beda hamil anggur dan hamil diluar kandungan • hamil anggur pada wanita • hamil yang tidak terdeteksi Kondisi keracunan kehamilan bisa menjadi sangat berbahaya ketika terlambat untuk ditangani.

Sehingga ibu mungkin bisa mengalami resiko termasuk kelahiran prematur hingga kematian ibu dan janin. Untuk itu beberapa gejala keracunan kehamilan seperti dibawah ini harus segera diatasi.

• Tekanan darah tinggi Tekanan darah tinggi pada ciri ciri keracunan kehamilan hamil yang terjadi pada akhir kehamilan bisa muncul akibat adanya riwayat tekanan darah tinggi sebelumnya atau tidak sama sekali. Kondisi tekanan darah tinggi digambarkan sebagai sebuah keadaan ketika tekanan darah ciri ciri keracunan kehamilan 140/90 atau lebih tinggi dari angka ini.

Pengukuran tekanan darah bisa dilakukan sebanyak dua kali untuk mengetahui data yang paling valid. Biasanya selama kehamilan maka tekanan darah akan naik sebanyak 15 angka untuk diastolik dan 30 angka atau lebih untuk sistolik. Jika ibu hamil mengalami kondisi ini maka sebaiknya segera mencari perawatan dokter agar segera bisa diatasi. Baca juga: darah tinggi pada ibu hamil – hipertensi dalam kehamilan – cara mencegah hipertensi pada ibu hamil • Ada protein dalam urin Gejala keracunan kehamilan juga sering menyebabkan adanya temuan protein dalam urin.

Kondisi ini menyebabkan adanya sebuah kondisi ketika ginjal bekerja dengan keras untuk menyaring albumin atau protein berlebihan dalam tubuh ibu hamil. Pemeriksaan kadar protein dalam urin ini bisa dilakukan dilaboratorium dengan mengambil sampel dari urin ibu hamil. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya 300 mg / dL protein dalam urin sudah menunjukkan kondisi keracunan kehamilan. Kemudian jika pengulangan pemeriksaan dilakukan dalam waktu 24 jam dan hasilnya mendekati atau lebih tinggi dari jumlah tersebut maka ibu hamil harus mendapatkan perawatan.

Baca juga: sering kencing saat hamil – akibat kelebihan albumin bagi ibu hamil • Kaki bengkak Masalah kaki bengkak saat hamil biasanya dialami oleh ibu hamil yang sudah masuk ke trimester ketiga. Bengkak kaki pada ibu hamil bisa disebabkan ketika ada banyak cairan yang menumpuk pada bagian ini. Akumulasi cairan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain termasuk wajah, mata atau tangan. Jika sudah sangat parah maka ketika bagian tubuh yang bengkak di tekan maka bagian kulit tidak akan kembali dengan cepat.

Lalu pembengkakan berubah menjadi perubahan warna pada bagian kaki atau bagian tubuh lain yang nengkak. Kondisi ini bisa sangat berbahaya karena tubuh ibu hamil menjadi lebih rentan. (baca: bahaya kaki bengkak saat hamil ciri ciri keracunan kehamilan kaki bengkak setelah melahirkan) • Sering sakit kepala Ibu hamil memang sering sakit kepala terutama ketika masuk trimester pertama. Sakit kepala yang muncul pada trimester ketiga adalah gejala keracunan kehamilan yang sangat sering terjadi.

Sakit kepala digambarkan sebagai sebuah kondisi ketika kepala sakit, berputar, nyeri pada salah satu sisi atau migrain dan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Jika ibu hamil sudah mencoba untuk minum obat sakit kepala namun gejala sama sekali tidak berkurang maka ibu harus segera bertemu dokter. Sakit kepala pada ibu hamil bisa menjadi tanda lain dari masalah kehamilan yang lebih berbahaya. Baca juga: • penyebab pusing pada ibu hamil • penyebab sering pusing saat hamil • obat sakit kepala untuk ibu hamil • Ibu lebih gelisah dan sesak nafas Beberapa gejala keracunan kehamilan terkadang juga menyebabkan dada sesak saat hamil, ibu hamil menjadi lebih cemas, bingung, perasaan sedih dan diikuti dengan sesak nafas.

Gejala ini bisa menjadi pertanda adanya depresi dan juga pembentukan cairan dalam paru-paru.

ciri ciri keracunan kehamilan

Kondisi bisa menjadi lebih buruk jika ibu hamil tidak bisa makan dengan baik sehingga terasa nyeri usus. Masalah ini harus segera diatasi sehingga ibu hamil kembali cepat sehat. Namun kondisi ini sebaiknya harus dipantau oleh dokter atau dengan cara mengatasi sesak nafas saat hamil.

Terlebih untuk ibu hamil yang menderita asma atau gangguan pernafasan yang lain. (baca: bahaya batuk bagi ibu hamil – ibu hamil asma) • Hyperreflexia Hyperreflexia adalah sebuah reaksi ketika bagian sistem syaraf ibu hamil memberikan rangsangan yang sangat kuat terhadap sebuah respon. Kondisi ini biasanya akan diperiksa dengan memukul bagian lutut dengan palu karet.

Kemudian kaki ibu hamil bisa bergerak atau memantul ke atas dengan sangat cepat. Jika dibayangkan maka kecepatan gerakan kaki ibu tidak seperti ibu hamil lain yang sehat.

ciri ciri keracunan kehamilan

Respon ini bisa terjadi pada ibu hamil yang sudah mengalami kejang atau belum sama sekali. Biasanya dokter akan memberikan obat yang mengandung magnesium sulfat untuk mengatasi masalah ini. Namun dosis memang harus diperhatikan untuk mengatasi kelebihan dosis. Kelebihan dosis magnesium sulfat bisa menyebabkan respon atau tekanan syaraf yang sangat lambat pada ciri ciri keracunan kehamilan hamil.

• Pandangan mata menjadi kabur Ibu yang mengalami keracunan kehamilan juga bisa mengalami pandangan mata yang kabur. Hal ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada bagian sistem syaraf pusat sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan otak. Gejala lain yang bisa diamati oleh ibu hamil termasuk respon yang sangat lambat terhadap fungsi mata, mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya, adanya pandangan mata yang lebih gelap dan kondisi mata yang kurang sehat.

Tidak ada cara untuk mengatasi ini secara tradisional, sehingga ibu harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan bantuan dokter. (baca: mata bintitan saat hamil – mata minus melahirkan normal) • Kenaikan berat badan Kenaikan berat badan untuk ibu hamil yang terjadi secara tiba-tiba bukan termasuk sebagai gejala obesitas untuk ibu hamil.

Kenaikan berat badan bahkan terlihat sangat tinggi setiap minggu dan ini menjadi gejala keracunan kehamilan. Penyebab kondisi ini adalah adanya kerusakan pada sistem pembuluh darah yang kemudian menyebabkan banyak cairan dalam tubuh ibu hamil.

Artinya bahwa cairan yang seharusnya terbuang menjadi urin melewati penyaringan dalam ginjal tidak berjalan dengan baik. Jika ibu hamil mengalami kondisi ini sebaiknya tidak melakukan diet atau usaha lain untuk menurunkan berat badan. Kondisi ini harus segera mendapatkan perawatan sebelum menjadi lebih parah.

Selain itu kenaikan berat badan juga bisa menyebabkan bayi besar dalam kandungan dan bahaya obesitas bagi ibu hamil. • Sakit perut sisi kanan Ibu hamil memang terkadang mengalami masalah gangguan perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Kondisi ini bisa menjadi lebih parah jika ibu juga terkena keracunan kehamilan. Rasa sakit perut pada ibu hamil karena keracunan akan terpusat pada bagian kanan bawah. Terutama pada bagian sisi sekitar rusuk. Terkadang ibu hamil menganggapnya sebagai gejala maag, sakit flu, masalah pencernaan dan juga ketika bayi banyak bergerak. Namun ini sebenarnya bisa terjadi pada bagian hati sehingga mungkin masalah keracunan kehamilan ini sudah parah.

Baca: bahaya obat maag untuk ibu hamil – obat maag untuk ibu hamil • Nyeri ciri ciri keracunan kehamilan bawah Biasanya ibu hamil memang akan merasa bagian tubuh menjadi tidak nyaman. Kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil yang sering berdiri atau duduk dalam waktu lama. Namun jika rasa sakit selalu terpusat pada bagian punggung bawah maka bisa menjadi ciri keracunan kehamilan. Kondisi ini bisa terjadi akibat otot bagian tubuh menjadi sangat tegang. Namun ketika nyeri berkembang dari bagian punggung ke bagian leher atas dan bergerak ke kanan maka ini menjadi kondisi yang sangat berbahaya.

Ibu harus segera ke dokter untuk mencari tahu penyebab rasa sakit itu ciri ciri keracunan kehamilan jika terkena keracunan kehamilan.

(baca: bahaya ibu hamil angkat beban berat) Informasi melahirkan normal dan caesar: • resiko melahirkan normal setelah caesar • resiko operasi caesar • bahaya operasi caesar • pemulihan rahim pasca caesar • Cara agar melahirkan normal tidak sakit • Cara agar cepat melahirkan • Cara mengejan saat melahirkan • Ciri ciri kontraksi akan melahirkan • Bahaya operasi caesar yang ke 4 kali • Resiko melahirkan normal setelah caesar • Bahaya operasi caesar • Mual dan muntah berlebihan Mual dan muntah biasanya memang dialami ibu hamil terutama saat masuk trimester pertama.

Namun masalah ini biasanya sangat jarang dialami oleh ibu hamil yang sudah masuk trimester kedua dan ketiga. Namun ibu hamil harus menandai jika mual dan muntah ini disebabkan karena kelalahan, masuk angin atau bahkan gangguan fungsi hati. Jika mual dan muntah sama sekali tidak membaik setelah beberapa hari maka ibu harus segera pergi ke dokter. Dalam pemeriksaan dokter biasanya akan menguji kadar protein untuk mencari tahu adanya keracunan kehamilan. Baca: perbedaan mual hamil atau maag – cara mengatasi mual saat hamil muda tanpa obat – penyebab mual saat hamil dan cara mengatasinya • Mengantuk berlebihan Perasaan mengantuk terus menerus menyebabkan tubuh ibu hamil berat untuk digunakan bergerak.

Biasanya ibu hamil cepat ngantuk ketika kelelahan.

ciri ciri keracunan kehamilan

Tapi jika kondisi ini muncul selama trimester ketiga maka bisa menjadi hal yang sangat berbahaya. Mengantuk menjadi pertanda ketika tubuh ibu tidak bisa memberikan respon yang baik terhadap lingkungan. Terlebih jika ibu sudah mengalami tekanan darah tinggi, maka mata akan sulit untuk terbuka dan selalu ingin tidur.

(baca: bahaya tidur pagi bagi ibu hamil – posisi tidur ibu hamil berdasarkan trimester – posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil) • Kulit ibu menjadi gatal Salah satu gejala awal keracunan kehamilan bisa menyebabkan kulit ibu hamil menjadi lebih gatal.

Penyakit ini bisa muncul mulai dari kulit atas tubuh ibu hamil hingga mencapai organ intim. Gejala lain yang bisa terjadi termasuk cemas, sering marah, tidak bisa tidur dengan baik dan depresi.

Namun pengujian oleh dokter tetap diperlukan karena ini bisa menjadi pertanda penyakit diabetes atau alergi sehingga menyebabkan kulit gatal-gatal. (baca: perut gatal saat hamil) • Osteomalacia dan Tetani Osteomalacia adalah sebuah kondisi yang menyebabkan tubuh ibu hamil tidak bisa menyerap kalsium dan fosfor dengan baik. Kondisi ini bisa menyebabkan dampak yang sangat buruk untuk ibu hamil karena bagian tulang ibu menjadi lebih cepat patah.

Kemudian ketika tubuh ibu kekurangan fosfor maka bisa menyebabkan otot ibu menjadi lebih ciri ciri keracunan kehamilan kram. Bagian kaki menjadi sering kram bahkan meskipun tidak digunakan untuk beraktifitas.

Keadaan ini bisa menjadi lebih buruk jika ibu hamil juga kekurangan nutrisi sepanjang kehamilan. (baca: manfaat kalsium bagi ibu hamil) • Kejang dan koma Keracunan kehamilan yang tidak segera mendapatkan perawatan bisa menyebabkan masalah yang sangat berat. Setelah ibu mengalami sakit perut terus menerus lalu diikuti dengan gangguan sistem syaraf pusat maka ibu bisa mengalami kejang.

Kejang menandakan adanya respon yang sangat buruk atau reaksi berlebihan dari otak ke bagian syaraf tubuh yang lain.

Kemudian jika kejang tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan koma. Ini dampak yang sangat serius karena bisa menyebabkan kematian ibu dan bayi. Informasi masalah air ketuban: • air ketuban • penyebab pecah ketuban dini • ciri ciri air ketuban kering • ciri ciri air ketuban pecah merembes • akibat kelebihan air ketuban • bahaya bayi minum air ketuban saat lahir Berbagai gejala keracunan kehamilan memang membutuhkan perawatan khusus. Semua tanda – tanda ini biasanya muncul pada akhir kehamilan.

Karena itu pemeriksaan kehamilan sangat penting dilakukan secara rutin. Dan ini penting untuk mencegah dampak kesehatan yang buruk untuk ibu dan mengetahui perkembangan janin selama dalam kehamilan.
• Artikel Kesehatan Semua hal yang berhubungan dengan informasi kesehatan mulai dari informasi terbaru dunia kesehatan, tips kesehatan, hingga saran-saran untuk menuju hidup lebih sehat. • Kesehatan Wanita • Kesehatan Pria • PENYAKIT A-Z • OBAT A-Z • HERBAL A-Z • FOBIA A-Z • Cari Dokter • Cari Rumah Sakit • KALKULATOR KESEHATAN • Kalkulator BMI • Kalkulator Kalori • Kalkulator Masa Subur (Ovulasi) • Cara Menghitung Usia Kehamilan • Kalkulator Berat Badan Ideal Ibu Hamil • Analisis Gejala Penyakit Masuk/ Daftar Terbit: 10 Januari 2020 - Diperbarui: 27 Desember 2021 Ditulis oleh: Devani Adinda Ciri ciri keracunan kehamilan - Ditinjau oleh: dr.

Jati Satriyo Keracunan kehamilan adalah istilah umum yang digunakan untuk preeklampsia. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan dengan gejala tekanan darah tinggi dan kerusakan pada sistem organ lain pada wanita hamil.

ciri ciri keracunan kehamilan

Ketahui apa itu keracunan kehamilan, penyebab, cara menangani, makanan pencegah keracunan kehamilan, dll. Apa Itu Keracunan Kehamilan? Keracunan kehamilan adalah sebutan umum yang digunakan untuk menjelaskan kondisi preeklampsia dalam kehamilan. Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang umumnya terjadi pada masa akhir kehamilan atau menginjak 20 minggu usia kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan di kaki dan tangan, serta terdapatnya protein di urin wanita hamil.

Gejala preeklampsia juga ditandai dengan kerusakan pada sistem organ lainnya seperti hati dan ginjal yang intensitasnya mulai dari ringan hingga berat. Jika tidak ditangani dengan benar dan cepat, gejala preeklampsia tersebut dapat berakibat fatal dan berisiko kematian pada janin. Apabila Anda didiagnosa preeklampsia, cara paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan segera melahirkan bayi tersebut untuk menghindari Anda dan bayi dari komplikasi kehamilan yang lebih serius.

Pasca melahirkan, ibu dan bayi mungkin membutuhkan perawatan yang intensif selama 1 hingga 6 minggu sesuai dengan kondisinya. Karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui gejala preeklampsia sejak dini dengan berkonsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan perawatan pranatal secara teratur dan membantu Anda untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan lainnya. Gejala Keracunan Kehamilan Keracunan kehamilan kadang tidak memiliki gejala apapun atau tidak dirasakan oleh ibu hamil, namun ciri khas kondisi ini adalah tekanan darah tinggi yang melebihi 140/90 mm Hg.

Tekanan darah tinggi ini dapat terjadi tiba-tiba atau berkembang secara lambat menjelang akhir masa kehamilan. Berikut ini adalah gejala preeklampsia yang paling umum, yaitu: • Tekanan darah tinggi. • Mual dan muntah. • Nyeri di bagian perut atas. • Nyeri di sekitar bawah tulang rusuk di bagian sisi kanan. • Sakit kepala parah. • Terdapat protein dalam urine atau disebut juga dengan proteinuria.

• Mengalami masalah ginjal. • Penurunan output urine. • Nafas terasa pendek karena terdapat cairan di paru-paru. • Gangguan fungsi hati. • Penurunan kadar trombosit. Tanda-tanda keracunan kehamilan lainnya adalah ibu hamil mengalami edema atau pembengkakan di wajah dan tangan yang diikuti dengan berat badan bertambah, namun edema juga umum terjadi pada kehamilan yang sehat dan normal. Karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk memeriksa kandungannya secara teratur agar dapat mengidentifikasi apakah ada komplikasi kehamilan dan kondisi lainnya terkait kesehatan ibu dan bayi.

Faktor Risiko Keracunan Kehamilan Berikut ini faktor yang meningkatkan risiko ibu hamil mengalami keracunan kehamilan, yaitu: • Anda memiliki keluarga dengan riwayat preeklampsia sebelumnya.

• Anda memiliki riwayat hipertensi kronis. • Preeklamsia umumnya terjadi pada kehamilan pertama. • Preeklamsia juga dapat terjadi pada kehamilan kedua atau ketiga dengan pasangan yang sama. • Kehamilan pada wanita berusia lebih dari 40 tahun. • Wanita kulit hitam ciri ciri keracunan kehamilan risiko lebih tinggi terkena preeklampsia daripada ras lain. • Wanita dengan obesitas. • Wanita yang hamil anak kembar dua atau lebih.

• Wanita yang hamil dengan jarak kelahiran yang singkat, atau dua tahun atau lebih dari 10 tahun dari kelahiran anak pertama. • Kondisi ciri ciri keracunan kehamilan tertentu seperti migrain, diabetes tipe 1 atau tipe 2, penyakit ginjal, lupus, dan gumpalan darah. • Bayi dari hasil Fertilisasi in vitro atau bayi tabung. Wanita hamil dengan kondisi-kondisi tersebut memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami keracunan kehamilan. Penyebab Keracunan Kehamilan Ciri ciri keracunan kehamilan meyakini bahwa penyebab preeklampsia melibatkan berbagai macam faktor risiko dan juga kondisi plasenta dari ibu hamil tersebut.

Plasenta adalah organ yang menjadi saluran makan dan darah ke janin. Apabila kondisi plasenta tidak sehat, maka organ ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya hingga mengganggu kondisi janin karena perkembangan abnormal yang meliputi: • Aliran darah ke uterus tidak mencukupi.

• Kerusakan pembuluh darah. • Masalah dengan sistem kekebalan tubuh. • Gen tertentu. Sementara itu, setiap ibu hamil yang mengalami preeklampsia tidak dapat dipastikan penyebabnya namun meliputi semua faktor dan kondisi gen tertentu. Diagnosis Keracunan Kehamilan Anda memiliki preeklampsia setelah mendapatkan diagnosis, meliputi: • Tekanan darah tinggi pada usia kehamilan 20 minggu atau lebih.

• Urine Anda mengandung terlalu banyak protein. • Trombosit dalam darah sedikit. • Cairan di paru-paru. • Sakit kepala parah yang tidak dapat diobati.

• Bahan kimia dalam level tinggi terkait ginjal dalam darah Anda. • Bahan kimia dalam level tinggi terkait hati dalam darah Anda. Dokter akan memastikan diagnosis tersebut dengan pemeriksaan lain, meliputi: • Tes darah untuk memeriksa trombosit Anda untuk mengidentifikasi bahan kimia di ginjal dan hati. • Tes urine untuk mengukur kadar protein. • Tes ultrasonografi (USG). Cara Mengatasi Keracunan Kehamilan Cara mengatasi keracunan kehamilan yang paling efektif adalah dengan segera melakukan proses persalinan apabila memang usia kehamilan sudah cukup dan kondisinya memungkinkan.

Apabila usia kehamilan masih terlalu dini, persalinan bukan jalan terbaik. Dokter akan memberikan pilihan perawatan terbaik untuk ibu hamil yang mengalami preeklampsia. Berikut ini adalah cara mengatasi keracunan kehamilan yang paling direkomendasikan, yaitu: 1.

Obat-Obatan Perawatan preeklampsia dengan obat-obatan, meliputi: • Obat penurun tekanan darah yang aman untuk ibu hamil. • Obat kortikosteroid untuk preeklampsia berat. Obat ini akan meningkatkan fungsi hati dan trombosit. • Obat antikonvulsan untuk mencegah kejang pada preeklampsia berat. • Suntikan steroid untuk membantu perkembangan paru-paru bayi. • Suntikan magnesium sulfat untuk mencegah kejang terkait eklampsia. 2. Pemeriksaan Rutin Apabila Anda memiliki preeklampsia ringan, dokter akan menyarankan Anda untuk beristirahat dan melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memantau detak jantung janin, tekanan darah ibu, dan pemeriksaan lainnya terkait kesehatan ibu dan bayi.

3. Persalinan Persalinan adalah cara terbaik untuk mengatasi kondisi preeklampsia parah bagi bayi yang sudah cukup bulan dan kondisinya memungkinkan untuk segera lahir. Pasca melahirkan, gejala preeklampsia akan hilang dalam 1-6 minggu. Apakah Keracunan Kehamilan Bisa Melahirkan Secara Normal? Ibu hamil yang didiagnosa preeklampsia mungkin dapat melahirkan secara ciri ciri keracunan kehamilan atau pervaginam apabila kondisinya sehat dan aman untuk ibu dan bayi.

Anda mungkin membutuhkan konsultasi serius dengan dokter terkait metode persalinan normal ini. Umumnya, dokter mungkin memutuskan untuk menginduksi persalinan Anda. Apabila usia kehamilan belum cukup untuk proses persalinan, dokter mungkin akan lebih menyarankan proses persalinan secara sesar. Komplikasi Keracunan Kehamilan Selama Persalinan Apabila kondisi tekanan darah tinggi Anda semakin memburuk, ini dapat menimbulkan komplikasi keracunan kehamilan selama persalinan, meliputi: • Pendarahan di otak atau stroke hemoragik.

• Kejang. • Koma. • Sindrom HELLP yaitu gangguan hati dan darah dalam komplikasi kehamilan. Selain itu, preeklampsia dapat berkembang menjadi eklampsia yaitu kondisi saat ciri ciri keracunan kehamilan hamil mengalami ciri ciri keracunan kehamilan. Hal ini meningkatkan risiko bayi yang belum lahir mati lemas dan ibu mengalami stroke, kerusakan otak permanen, hingga kematian. Berdasarkan data dari World Health Organization pada tahun 2005, terdapat sekitar 12% kasus kematian pada ibu hamil terkait tekanan darah tinggi seperti preeklampsia dan eklampsia.

Selain itu, komplikasi preeklampsia juga dialami bayi selama proses persalinan, meliputi: • Gangguan aliran darah dan oksigen di saluran plasenta. • Kondisi solusio plasenta yaitu plasenta terlepas dari uterus terlalu cepat.

• Masalah pernapasan akibat paru-paru tidak berkembang dengan baik. • Kondisi terkait prematuritas. • Risiko kematian. Apabila tidak ditangani dengan tepat dan cepat, kondisi preeklampsia dapat menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal. Cara Mencegah Keracunan Kehamilan Selalu konsultasikan pada dokter semua kondisi Anda selama kehamilan, terutama apabila Anda memiliki faktor risiko keracunan kehamilan. Pemeriksaan kehamilan secara berkala dapat membantu untuk mencegah kemungkinan terburuk dari berbagai komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi.

Berikut ini adalah cara mencegah keracunan kehamilan, yaitu: • Mengontrol berat badan karena obesitas memperbesar risiko preeklampsia. • Olahraga secara teratur. • Tidak ada makanan pencegah keracunan kehamilan, namun penting untuk memerhatikan asupan gizi dan pola makan selama kehamilan.

ciri ciri keracunan kehamilan

• Kontrol tekanan darah dan gula darah Anda. • Melakukan kontrol kehamilan secara teratur sesuai dengan jadwal. • Tidak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Dokter akan menjelaskan pada Anda semua hal yang harus Anda perhatikan demi kesehatan Anda dan bayi saat lahir nanti. Dokter mungkin juga menganjurkan Anda untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan. Itulah pembahasan lengkap tentang keracunan kehamilan atau preeklampsia.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan Anda seputar informasi kehamilan. • Cafasso, Jacquelyn. 2012. Management of Preeclampsia During Delivery. https://www.healthline.com/health/pregnancy/hypertension-induction-delivery-preeclampsia.

(Diakses pada 10 Januari 2020). • MayoClinic. 2018. Preeclampsia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745. (Diakses pada 10 Januari 2020). • WebMD. 2019. Preeclampsia. 2019. https://www.webmd.com/baby/preeclampsia-eclampsia#1. (Diakses pada 10 Januari 2020). Informasi Terbaru • 12 Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan dan Kesehatan • Mata Juling pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya • Hepatitis Akut: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan • 18 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan, Cegah Maag hingga Anemia • Malassezia Folliculitis: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan,
Advertisement Kondisi ini kerap ditandai dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein tinggi pada urine yang biasanya baru terdeteksi saat menjalani pemeriksaan kehamilan.

Jika tak dideteksi dan ditangani sedini mungkin, tentu akan berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin. Gejala keracunan kehamilan Gejala keracunan kehamilan bisa bervariasi pada setiap ibu hamil.

Bahkan terkadang preeklampsia berkembang tanpa gejala apa pun. Selain hipertensi dan proteinuria, ibu hamil yang mengalami keracunan kehamilan dapat merasakan berbagai gejala berikut: • Sakit kepala hebat • Gangguan penglihatan, mata kabur, atau sensitivitas cahaya • Nyeri perut bagian atas atau tepat di bawah tulang rusuk • Mual atau muntah • Jumlah urine berkurang saat kencing • Penurunan kadar trombosit dalam darah • Sesak napas • Pembengkakan pada wajah, tangan, dan kaki Penyebab keracunan ciri ciri keracunan kehamilan belum diketahui secara pasti.

Namun, para ahli menduga bahwa kondisi ini terjadi akibat adanya masalah pada perkembangan plasenta karena gangguan pada pembuluh darah. Saat hamil, pembuluh darah lebih sempit dari ukuran normal dan bereaksi secara berbeda terhadap sinyal hormon. Hal ini menyebabkan aliran darah antara ibu dan bayi menjadi terganggu.

Faktor risiko keracunan kehamilan Meski penyebab pastinya belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko ibu mengalami keracunan kehamilan, yaitu: • Mengandung bayi kembar ciri ciri keracunan kehamilan Hamil di atas usia 35 tahun atau pada masa remaja • Kehamilan pertama • Obesitas • Memiliki riwayat tekanan darah tinggi • Memiliki riwayat diabetes • Memiliki riwayat gangguan ginjal • Memiliki keluarga yang pernah mengalami preeklampsia • Jeda antara kehamilan saat ini dan sebelumnya kurang dari 2 tahun atau lebih dari 10 tahun • Kehamilan dengan bayi tabung Apabila Anda memiliki faktor risiko tersebut, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan agar mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Dokter mungkin akan memberi aspirin dosis rendah yang dimulai setelah trimester pertama untuk mengurangi risiko keracunan kehamilan. Pada sebagian kasus, suplemen kalsium juga mungkin digunakan untuk mencegah keracunan kehamilan.

ciri ciri keracunan kehamilan

Perawatan prenatal sejak dini dan konsisten dapat membantu mendiagnosis preeklampsia lebih cepat dan menghindari komplikasi. Baca Juga • 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Kandungannya • Suntik KB 3 Bulan Tapi Tetap Menstruasi, Normalkah? • Keputihan Saat Hamil: Normal atau Tidak? Mencegah keracunan kehamilan Preeklampsia bisa sangat berbahaya karena dapat mendatangkan komplikasi, seperti masalah perdarahan, solusio plasenta (lepasnya plasenta dari dinding rahim sebelum waktunya), kerusakan hati, gagal ginjal, edema paru, eklampsia, pertumbuhan janin terhambat, kelahiran prematur, dan sindrom HELLP.

Bahkan hingga dapat mengancam jiwa ibu maupun bayi. Meski keracunan kehamilan tak dapat sepenuhnya dicegah, namun ada sejumlah langkah lain yang dapat dilakukan untuk membantu Anda terhindar dari kondisi tersebut, antara lain: • Minum air putih minimal 8 gelas sehari • Menghindari makanan olahan dan yang digoreng-goreng • Tidak mengonsumsi garam tambahan • Berolahraga secara rutin, seperti yoga atau berenang minimal 30 menit setiap hari • Menghindari konsumsi alkohol dan kafein • Tidur dengan cukup • Mengonsumsi suplemen atau obat-obatan yang diresepkan oleh dokter Menjaga kehamilan memang bukan perkara yang mudah, namun ibu dan ciri ciri keracunan kehamilan harus senantiasa sehat ciri ciri keracunan kehamilan kehamilan berjalan lancar hingga waktu melahirkan tiba.

Tentu saja Anda ingin segera bertemu dengan si Kecil, bukan? Sementara, bagi Anda yang masih merencanakan kehamilan, jagalah kesehatan sejak dini. Pastikan berat badan Anda ideal, makan makanan yang sehat, dan rajin berolahraga agar terhindar dari hipertensi maupun masalah kesehatan lain yang dapat memicu keracunan kehamilan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/preeclampsia#complications Diakses pada 16 Juli 2020 Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745 Diakses pada 16 Juli 2020 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/252025#symptoms Diakses pada 16 Juli 2020Bunda.mau tny ttg keracunan kehamilan/preeclampsia.

Ada yang pernah alami ini bund?? Bahayanya apa? Dan cara penanggulanganny bagaimana?? Harap bisa ada yang bantu. Krn kmarin bidan q blg kl q keracunan khamilan.tensiq kmaren tggi bund.awal dtg ke bidan 140/100.disuruh tes urine + hb. Di tensi lg ga brapa lama naik lg jd 150/100. Jjr bund aku takut. liat d mbah google msh lum bs bantu.

Help me please bunda. Apa ini perlu di khawatirkan atau tidak? • Hamil dengan Protein dlm ginjal +1. Bahayakah?? • Minum Sari Kurma dan madu • Air ketuban keruh • melahirkan di usia kandungan 33 minggu krn pre eklampsia • kata ustadz Danu, minta maaf dulu spy bisa sembuh dr kista • [INFO] Tanda Bahaya Saat Hamil • 33weeks dan protein urine +2 • HPHT januari sudah positif (+) merapat yuk.

• Tewas Diduga Keracunan Kehamilan Pemakaian Krim • Bunda Hamil Muda? HATI HATI dengan PANTANGAN MAKANAN Bahaya Ini bun apakah keracunan kehamilan bisa melahirkan normal, cara mengatasi keracunan kehamilan, ciri-ciri keracunan kehamilan, ciri-ciri keracunan pada ibu hamil, ciri-ciri keracunan hamil, ciri-ciri urine berprotein pada ibu hamil 39 minggu, gejala awal keracunan kehamilan, gejala keracunan kehamilan, keracunan kehamilan adalah, keracunan kehamilan berujung koma, mengobati keracunan kehamilan, penyebab keracunan kehamilan pada ibu hamil, tanda keracunan kehamilan, urine berprotein bisa melahirkan normal Bunda.mau tny ttg keracunan kehamilan/preeclampsia.

Ada yang pernah alami ini bund?? Bahayanya apa? Dan cara penanggulanganny bagaimana?? Harap bisa ada yang bantu. Krn kmarin bidan q blg kl q keracunan khamilan.tensiq kmaren tggi bund.awal dtg ke bidan 140/100.disuruh tes urine + hb. Di tensi lg ga brapa lama naik lg jd 150/100. Jjr bund aku takut. liat d mbah google msh lum bs bantu. Help me please bunda.

Apa ini perlu di khawatirkan atau tidak? Bunda erna udh masuk 39 w kan bund? Yg aq tw si kenali tanda awal dr gerakan debay, klo debay msh aktif ya InsyaAllah gpp, Tp klo bunda khawatir mending secar aja bund, krna tensinya tinggi bgd, UK nya udh cukup ini, coba konsultasiin k bidan bunda lg, Bunda erna udh masuk 39 w kan bund?

Yg aq tw si kenali tanda awal dr gerakan debay, klo debay msh aktif ya InsyaAllah gpp, Tp klo bunda khawatir mending secar aja bund, krna tensinya tinggi bgd, UK nya udh cukup ini, coba konsultasiin k bidan bunda lg, iy bund kmaren ciri ciri keracunan kehamilan bdan ktany 39w.padahal kmaren2 darahny mash normal.tp knp kmaren ko tinggi bgt y.ddny c msh bgus gerakanny.djjnya jg bgus.kta bidan suru balik 3hr lg. Y allah.mudah2n bs normal lg y bund.apa krn faktor stress ya??

iy bund kmaren k bdan ktany 39w.padahal kmaren2 darahny mash normal.tp knp kmaren ko tinggi bgt y.ddny c msh bgus gerakanny.djjnya jg bgus.kta bidan suru balik 3hr lg. Y allah.mudah2n bs normal lg y bund.apa krn faktor stress ya?? Mungkin, bisa jadi krna bunda stress makanya tensinya jd naik, Pdhl kmrn2 g prnh tinggi ya bund?

Santai aja bunda erna, kan dkit lg mw ktmu debay, bawa happy aja bund, Tp bidannya bilang bunda udh keracunan kehamilan apa krna tensi tinggi takutnya keracunan kehamilan?? Klo udh keracunan kehamilan mending periksa tiap hari aja bund, Tanda tanda dini preeclampsia termasuk bertambahnya berat badan dgn tiba2, pembengkakan pd muka dan tangan.

Dan meningkatnya tekanan darah. Tanda lainnya yg biasanya timbul kmdian adalah pusing2, sakit kepala yg luar biasa, dan mata berkunang2. Bila penyakit ini parah sekali, penyakit ini bisa menimbulkan kejang2, tidak berfungsinya ginjal dan masalah jantung pd sang ibu, serta bisa berakibat kematian pd bayi.

Preeclampsia yg parah memerlukan perawatan dirumah sakit dan pengobatan utk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Jika bunda terjangkit sebaiknya sering sering konsul dg dokter.

Smga cukup membantu. Dan smga bunda sehat dan lancar persalinannnya.smga dokter juga salah diaknosis. Mungkin, bisa jadi krna bunda stress makanya tensinya jd naik, Pdhl kmrn2 g prnh tinggi ya bund? Santai aja bunda erna, kan dkit lg mw ktmu debay, bawa happy aja bund, Tp bidannya bilang bunda udh keracunan kehamilan apa krna tensi tinggi takutnya keracunan kehamilan?? Klo udh keracunan kehamilan mending periksa tiap hari aja bund, ga sama sx bund.kl tensi slalu 120/80.

Iy x y bund.,soalny di keluarga lg byk masalah finansial gt.mgkn dr situ x y bund. Makanya di suru blik lg hari kamis buat cek lg dah normal tow lum. Bunda lyla.kl masalah pembengkakan.cuma sedikit bengkak di kaki.tp ga byk y bund. Kl bb dr awal hamil 65 skrg k 76.tp btahap bund.ga lgsg drastis.

Kl q liat di google bs menybbkan kematian pda ibu dan bayi. Y allah,semoga ga knp2.amin Kalo aq sarankan sebaikny cesar bun,tp bunda minta pendapat dokter ya bun bgaimana baikny. Krn resiko ny besar bun jika nOrmal. Slma pRoses melahrkan normal bs naik lg tensi nya. Pernah dgar ga suami yg minta istriny d suntik mati, krn istriny stelah melahirkan jd hlang ingatn, yg d tUduhkan trjadi malpraktek,trnyata pd st melahrkan tensiny tingGi.

Temenku jg gt, pas di RS dy ud pembukaan sekian, sudah siap2 ngeden,awalny nOrmal tensinya tiba2 naik drastis, sm dokter d suruh stop mengejan, dan cesar aj. Aplg bunda yg dri awal sdh tensi tingGi. Uk 39 w ud cukup matang unt d lahirkan. Khawatirny kalo bunda nungGu lg ,tensi ny tambah naik. Sy sdh sering crita tntg 2tmen saya yg pRe eklamsi.

Di usia 7bln tensi tingGi, muka,tangan kaki bengkak, d kira kbnyakan makan asin.dy cm periksa d bidan,pdhal bidan ud nyuruh unt cek k dokter lg, 2 hari kmudian,dy pingsan, lalu di cesar, bayi koma keracunan darah ibu ny.dan ibu ny jg koma keracunan darahny sndri, sempat brtahan, tp akhrny bayi meningGal,ibu ny jg.

Kalo sudah terdiagnOsa pRe ekLampsi berat, biasany dokter sgera mengambil tindakan. Karna percuma jg ,janin tdk akn bs brkembg,karna saluran nuTrisi dan oksigen sdh tdk bgus. Jika pRe ekLampsi tdk sgera d tangani, akan fatal menjadi Eklampsi, keadaan eklampSi, ibu sudah,kejang,pingsan dan tdk sadar.brbhaya bgi ibu dan janin.

Ini hanya saran dan masukan,serta brbgi pngalaman krn 2tman sy kena pre eklampsi, dan 1 tman sy tensi tingGi st mw melahirkan nOrmal. Bunda koNsultasi lg dgn dokter, krn dokter lbh tahu tindakan ap yg harus d ambil.

Bukan menakuT2 i ya bun, hanya share,dampak pRe ekLampsi dan tensi tingGi. Karna ad bunda yg menOlak cesar ktka d vonis pre ekLampsi,krn blm tahu resiko ny. Bunda erna Sebaiknya bunda tak usah terlalu merisaukan hal ciri ciri keracunan kehamilan. Karena strees akan memicu tekanan darah.

Yang diperlukan skrg adalah sikap santai dan relaksasi.klu perlu disaat pikiran tegang usahakan utk beristirahat sejenak dgn berbaring kearah kiri utk mensuplai aliran oksigen buat janin. Hindari mknan yg banyak mengandung garam. Bermsg.berpengawet.mulai skrg diet garam yaaa.mungkin bunda terlalu strees krna dah dekat hari kelahiran sehingga mengakibatkan tekanan darah naik.

Jgn berlarut bun.kita ditakdirkan utk melahirkan.pasti Allah udah kasih jalannya.jgn terlalu dibebani dgn pikiran ttg proses melahirksn.aku dulu melahirkan anak pertama juga jauh dr ortu dan keluarga tapi aku bawa santai.toh semua wanita mengalaminya.oke bun. Jadi menurut saya bunda harus berpikir rilek.santai dan tenang.biar nanti mrlahirkan lancar. Buang jauh jauh rasa takutnya.selamat menyambut kelahiran baby.

Sbnrnya aq jg klo di posisi bunda erna pasti pengennya nunggu aja smpe lahiran normal, Takut jg utk secar, Takut, bingung, Tp ngeliat dr pengalaman n share2 bunda2 dsni, lbh baik cek lg ke dokter bunda, Jgn tunggu 3 hri bund, lbh baik lngsng ambil tindakan, 39 w udh mateng koq debaynya, g kurang bulan, lagi males posting nih bund,,, oh bawaannya neg aja,,,, tapi kangen sm bunda2 semuanya,,, ---------- Post added at 09:44 ---------- Previous post was at 09:41 ---------- ikut nimbrung ah,,,,,, iya bund cek ke dokter aja,, kalo di dokter kan alat lebih lengkap dan canggih,, semoga baik2 aja ya bunda erna,,,,,, Kalo memang bs normal pasti pgen normal.

Tp bs d blang ud darurat. Makany d tindak lanjuti k dokter, jgn d bidan lg. Krna tmen q dulu ktka tensi tinggi sm bidan d suruh cek k dokter tp dy g mau, tapi dari keduany ad persamaan, ktka tensi tinggi, tmen q yang A sdang stres krn suaminy trkna kasus d polisi, dan tmen q yg B Stres krn suaminy blm dpt pekerjaan. Artinya hipertensi bukan hanya krna faktor makanan, tp ciri ciri keracunan kehamilan pikiran.

Kurang tdur,kurang istirahat,asap rokok jg memicu hipertensi. Perlu d pantau lbh intens lg, dlm kondisi spt ini. Aplg bunda dlm jangka wktu yg g berapa lm tensi naik dri 140/100 jd 150/100. Ciri ciri keracunan kehamilan d tunda lg unt sgera k dokter kandungan. Bunda nathan. Bund.kl pagi tensinya 120 pas pergi k bidan 140.abs di test urine jd 150.apa krn faktor deg2an y??wkt di rumah aku ga ngerasa pusing bund.pas brangkat naik agkot tiba2 pusing.knp y.aq di ksh obt wt trunin darah.

Bund.tanda + di test urine mksudny apa y?? Trus glukosanya - ?? ---------- Post added at 11:03 ---------- Previous post was at 10:58 ---------- Kalo memang bs normal pasti pgen normal. Tp bs d blang ud darurat. Makany d tindak lanjuti k dokter, jgn d bidan ciri ciri keracunan kehamilan.

Krna tmen q dulu ktka tensi tinggi sm bidan d suruh cek k dokter tp dy g mau, tapi dari keduany ad persamaan, ktka tensi tinggi, tmen q yang A sdang stres krn suaminy trkna kasus d polisi, dan tmen q yg B Stres krn suaminy blm dpt pekerjaan. Artinya hipertensi bukan hanya krna faktor makanan, tp jg pikiran. Kurang tdur,kurang istirahat,asap rokok jg memicu hipertensi. iyaaaa bund.kayanyaaa pkiran iniiii.haduh. Mama mrtua q masuk RS.

Ade suami q jg mao lahiran.minta uangnya semuaaaa k suami,ade suami sekolahny lg brantakan.hadoooh.suami critanya k aq.aq jd ciri ciri keracunan kehamilan pusing.apa krn q mikrin tu semua yaaa???kl cesar.haduh bund.gak tw lg harus gmana.masalahny bukan dr org yg mampu. bkin jampersal kmaren2,di bkin ribet ama yg ngurus,hadeh. ---------- Post added at 11:05 ---------- Previous post was at 11:03 ---------- Bunda erna Sebaiknya bunda tak usah terlalu merisaukan hal ini.

Karena strees akan memicu tekanan darah. Yang diperlukan skrg adalah sikap santai dan relaksasi.klu perlu disaat pikiran tegang usahakan utk beristirahat sejenak dgn berbaring kearah kiri utk mensuplai aliran oksigen buat janin.

Hindari mknan yg banyak mengandung garam. Bermsg.berpengawet.mulai skrg diet garam yaaa.mungkin bunda terlalu strees krna dah dekat hari kelahiran sehingga mengakibatkan tekanan darah naik. Jgn berlarut bun.kita ditakdirkan utk melahirkan.pasti Allah udah kasih jalannya.jgn terlalu dibebani dgn pikiran ttg proses melahirksn.aku dulu melahirkan anak pertama juga jauh dr ortu dan keluarga tapi aku bawa santai.toh semua wanita mengalaminya.oke bun.

Jadi menurut saya bunda harus berpikir rilek.santai dan tenang.biar nanti mrlahirkan lancar. Buang jauh jauh rasa takutnya.selamat menyambut kelahiran baby. q pengen tenang bund.pengen relax ja.makanya hr ni lg males masak,nyuci,apapun.pengennya jalan2. Tp suami krja trus pengen main ndri k rumah temen malah di omelin.bca2 quran di rumah jg msh sumpek bund drumah.

Bunda nathan. Bund.kl pagi tensinya 120 pas pergi k bidan 140.abs di test urine jd 150.apa krn faktor deg2an y??wkt di rumah aku ga ngerasa pusing bund.pas brangkat naik agkot tiba2 pusing.knp y.aq di ksh obt wt trunin darah. Bund.tanda + di test urine mksudny apa y?? Trus glukosanya - ?? ---------- Post added at 11:03 ---------- Previous post was at 10:58 ---------- iyaaaa bund.kayanyaaa pkiran iniiii.haduh.

Mama mrtua q masuk RS. Ade suami q jg mao lahiran.minta uangnya semuaaaa k suami,ade suami sekolahny lg brantakan.hadoooh.suami critanya k aq.aq jd ikutan pusing.apa krn q mikrin tu semua yaaa???kl cesar.haduh bund.gak tw lg harus gmana.masalahny bukan dr org yg mampu.

ciri ciri keracunan kehamilan

bkin jampersal kmaren2,di bkin ribet ama yg ngurus,hadeh. Haduuuh bund, jgn dibawa stress trus, tenangin diri bunda erna, Tkut tensinya tmbh naik nnti, Aq doain semoga ga smpe secar, dan bisa normal dgn selamat, aamiin!! Yg penting bundanya skrng tenang dlu, fkirin baik2 pilihan2 nya, Bunda erna kalo ga salah, urin + protein adl tanda pre eklampsi.

Karna dulu tmen q d nytakan pre eklampsi, test urin ny +2 dan sudah trjdi kebocoran ginjal Glukosa. Kayany unt menguji ap kita diabetes atau tdak. Kalo kita deg2 an, perawat g akan mau mengukur tensi kita bun.

Kita d suruh rileks dulu. ---------- Post added at 11:25 ---------- Previous post was at 11:14 ---------- Waduh bun d tUngGu hasil check up bun. Dokter dan tenaga medis yg pasti lbh tahu kondisi bun. Maaf ya bun bukan nakut2 i lo. Hanya sekedar share, bhwa kita harus waspada bla sudah tensi tinggi.

Aplg terindikasi preeklampsi. Smga sehat2 saja ya bun, bisa nOrmal pula. Jgn lp kabar2 i.
• Preggies • PRA KEHAMILAN • Sebelum Hamil • Rencana Kehamilan • KEHAMILAN • Tentang Janin • Mama Hamil & Kehamilan • Gaya Hidup Masa Hamil • KELAHIRAN • Normal • Sesar • Pasca Persalinan • LI'L ANGELS • Baby • Newborn • Menyusui • Q & A Baby • Beauty & Style • Mama Cantik • Foodism • Trend • Mama's Time • Travel • Ciri ciri keracunan kehamilan • Batita • Balita • Kesehatan • Tumbuh Kembang • Super & Smart Kids • Kids Videos • -TERTAINMENT • Lokal • Asia + Dunia • Momversation • GloryStory • Dunia Mama • Buat Papa Juga • Home Sweet Home • News • Shopaholic • Produk Mama • Produk Bayi & Anak • Spotlight • Bata • -SPIRATION Nakita.id - Moms yang sedang mengandung penting untuk mengetahui ciri-ciri hamil dengan kondisi keracunan makanan.

Banyak ibu hamil yang sulit membedakan antara morning ciri ciri keracunan kehamilan dengan gejala keracunan. Morning sickness merupakan hal biasa. Namun, terkadang mual dan muntah bisa dikarenakan masalah lain, misalnya keracunan makanan. Melansir Web MD, ibu hamil lebih rentan mengalami keracunan karena sistem kekebalan tubuh melemah selama hamil. Sistem kekebalan tubuh yang lemah pada ibu hamil membuatnya lebih sulit melawan kuman.

Keracunan makanan bisa dikarenakan makanan terkontaminasi dengan bakteri, parasit, virus, dan bahan kimia tertentu. Ada beberapa jenis keracunan makanan. Ada keracunan makanan yang umum, berbahaya, hingga sangat berbahaya. Baca Juga: Ciri-ciri Hamil yang Biasa Dirasakan Saat Hamil Anak Pertama, Kenali 5 Tanda Perubahan Tubuh Ini Agar Moms Tak Banyak Khawatir ARTIKEL TERKAIT • Banyak yang Meyakini Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki adalah Urine Ibu Hamil Jadi Berdesis Bila Dites Pakai Baking Soda, Benarkah?

• Ini Deretan Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Diyakini Turun Menurun, Moms Termasuk? • Ini Ciri-ciri Hamil Anak Kembar Laki-laki, Yang Ingin Punya Momongan Wajib Tahu • Kerap Tak DIsadari, Ini Ciri-ciri Hamil yang Unik, Salah Satunya Mimisan • Ciri-ciri Hamil yang Biasa Dirasakan Saat Hamil Anak Pertama, Kenali 5 Tanda Perubahan Tubuh Ini Agar Moms Tak Banyak Khawatir

Cegah Keracunan Kehamilan




2022 www.videocon.com