Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

1. Macam-macam jaringan diklasifikasikan menjadi. . a. jaringan transmisi dan koneksi b. jaringan transmisi dan transformasi c. jaringan transmisi dan jarak d. jaringan jarak dan transformasi e. jaringan lokal dan internasional 2.

Penggunaan jaringan untuk skala jaringan yang lebih besar dapat menggunakan teknologi transmisi. . a. Broadcast b. LAN c.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

Jarak d. Point to point e. Point to group 3. Jaringan yang terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang seringkali harus memiliki banyak route dikarenakan jarak disebut dengan jaringan. . a. Broadcast b. LAN c. Jarak d. Point to point e. Point to group 4. Jaringan yang mempunyai area jaringan yang luas menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi disebut jaringan.

. a. Lokal Area Network b. Metropolitan Area Network c. Wide Area Network d. Internet e. Transmisi 5. Jarak antarprocessor atau antarkomputer untuk Lokal Area Network dengan letak processor di tempat yang sama dalam satu gedung adalah.

. a. 10 m b. 100 m c. 1 km d. 10 km e. 100 km 6. Jarinagan yang mencangkup geografis dengan luas area yang mampu menjangkau batas provinsi sampai negara yang ada di belahan bumi disebut dengan jaringan. . a. DP b. TSS c. Local Area Network d. Metropolitan Area Network e. Wide Area Network 7. Topologi yang hanya memiliki satu komputer sebagai sentral dengan setiap komputer dalam jaringan dihubungkan ke komputer server secara langsung atau melalui hub adalah topologi.

. a. Mesh b. Star c. Tree d. Bus e. Ring 8. Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah. . a. Mesh b. Star c. Tree d. Bus e. Ring 9. Dalam komunikasi data jaringan dibutuhkan penerjemah atau interpreter yang disebut dengan. . a. Protokol b. ISO c. OSI d. Net e. Ring 10. Protokol yang menggunakan metode akses yang disebut dengan CSMA/CA adalah protokol.

. a. Ethernet b. Localtalk c. Token Ring d. FDDI e.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

ATM 11. Protokol yang mendukung transmisi data dalam bentuk gambar, video, dan audio adalah. . a. Ethernet b. Localtalk c.

Token Ring d. FDDI e. ATM 12. Topologi yang sesuai bila menggunakan protocol FDDI adalah. . a. Bus b. Star c. Tree d. Dual Ring e. Mesh 13. Kabel yang digunakan untuk protocol FDDI adalah kabel. . a. Twisted Pair b. Koaksial c.

Serat optik d. Twisted Fair; Serat optik e. Twisted Pair; Koaksial 14. Jaringan nirkabel memiliki kelemahan sebagai berikut, kecuali. . a. mobilitas b. kecepatan installasi c. fleksibilitas tempat d. delay yang sangat besar e. kemampuan jangkauan 15. Keunggulan jaringan nirkabel adalah. . a. kecepatan installasi b. transmisi data hanya 1 – 2 Mbps c.

biaya peralatan mahal d. keterbatasan spektrum e. sinyalnya terputus-putus 16. Perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan atau menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client adalah. . a. NIC b. HUB c.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

Kabel d. Router e. Bridge 17. Pemasangan kabel dalam pin konektor RJ-45 yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya adalah menggunakan cara.

. a. Straight Cable b. Crossover Cable c. Over Cable d. Line Cable e. Through Cable 18. Perangkat yang berfungsi sebagai penguat sinyal dalam jaringan adalah. . a. HUB b. Bridge c. Router d. NIC e. Repeater 19. Perangkat yang berfungsi untuk membagi sebuah jaringan menjadi dua buah jaringan adalah. . a. HUB b. Bridge c. Router d. NIC e. Konektor 20. Perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan transmisi antara jaringan LAN dengan internet adalah. . a. HUB b.

Bridge c. Router d. NICe. Konektor Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus. Join Me On: Facebook - Twitter - Google Plus :: Thank you for visiting ! :: Berikut ini soal dan kunci jawaban dari materi topologi jaringan yang bisa anda baca baik-baik.

Soal-soal dibawah ini dimuat dari berbagai pembahasan, mulai dari cara merancang topologi jaringan yang baik, lalu masuk ke macam-macam topologi jaringan dan masih banyak lagi. Setiap jawaban dari soal bisa anda lihat pada bagian bawah yang sudah topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah sediakan.

soal dan kunci jawaban topologi jaringan tik 1.Topologi yang hanya mempunyai satu computer sebagai sentral dengan setiap computer dalam jaringan dihubungkan ke computer server secara eksklusif atau melalui hub yakni topologi … a.Mesh b.Star c.Tree d.Bus 2.Topologi yang dipakai baik dalam membentuk jaringan maupun yang dipakai untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda yakni … a.Mesh b.Star c.Tree d.Bus 3.Di bawah ini merupakan jenis-jenis topologi, kecuali ….

a.Topologi bus b.Topologi ring c.Topologi mesh d.Topologi transmisi 4.Pengertian topologi jaringan komputer adalah a.Suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. b.Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.

c.Setiap node berkomunikasi eksklusif dengan konsentrator d.Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan ibarat lingkaran. 5.Yang bukan jenis topologi adalah a.Topologi BUS b.Topologi Star c.Topologi Ring d.Topologi Moon 6.Jenis topologi bus memakai connector berjenis a.BNC tipe T b.Cross c.Straight d.Hub 7.Topologi LAN yang paling sedikit memakai kabel penghubung: a.Ring b.Tree c.Star d.Bus 8.Pada Star Topologi, dipakai : a.Repeater b.Hub c.Terminator d.Amplifer 9.Keuntungan Topologi BUS adalah a.Topologi yang sederhana b.Cukup gampang untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan c.Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka computer tersebut tidak akan menciptakan mati seluruh jaringan d.Dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.

10.Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua, yaitu a.Topologi secara fisik dan topologi secara Bus b.Topologi secara fisik dan topologi secara logika c.Topologi secara logika dan Bus d.Topologi secara fisik, topologi secara logika dan Bus kunci jawaban 1.b.

Star 2.c. Tree 3.d. Topologi transmisi 4.a. Suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. 5.d. Topologi Moon 6.a. BNC tipe T 7.c. Star 8.b. Hub 9.a. Topologi yang sederhana 10.b. Topologi secara fisik dan topologi secara logika
1.

Macam-macam jaringan diklasifikasikan menjadi. . a. jaringan transmisi dan koneksi b. jaringan transmisi dan transformasi c. jaringan transmisi dan jarak d. jaringan jarak dan transformasi e. jaringan lokal dan internasional Jawaban: C 2. Penggunaan jaringan untuk skala jaringan yang lebih besar dapat menggunakan teknologi transmisi. . a. Broadcast b. LAN c. Jarak d. Point to point e. Point to group Jawaban: D 3.

Jaringan yang terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang seringkali harus memiliki banyak route dikarenakan jarak disebut dengan jaringan.

. a. Broadcast b. LAN c. Jarak d. Point to point e. Point to group Jawaban: D 4. Jaringan yang mempunyai area jaringan yang luas menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi disebut jaringan. . a. Lokal Area Network b. Metropolitan Area Network c. Wide Area Network d. Internet e. Transmisi Jawaban: B 5. Jarak antarprocessor atau antarkomputer untuk Lokal Area Network dengan letak processor di tempat yang sama dalam satu gedung adalah.

. a. 10 m b. 100 m c. 1 km d. 10 km e. 100 km Jawaban: B 6. Jarinagan yang mencangkup geografis dengan luas area yang mampu menjangkau batas provinsi sampai negara yang ada di belahan bumi disebut dengan jaringan. . a. DP b. TSS c. Local Area Network d. Metropolitan Area Network e. Wide Area Network Jawaban: E 7.

Topologi yang hanya memiliki satu komputer sebagai sentral dengan setiap komputer dalam jaringan dihubungkan ke komputer server secara langsung atau melalui hub adalah topologi. . a. Mesh b. Star c. Tree d. Bus e. Ring Jawaban: B 8. Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah.

. a. Mesh b. Star c. Tree d. Bus e. Ring Jawaban: C 9. Dalam komunikasi data jaringan dibutuhkan penerjemah atau interpreter yang disebut dengan. . a.

Protokol b. ISO c. OSI d. Net e. Ring Jawaban: A 10. Protokol yang menggunakan metode akses yang disebut dengan CSMA/CA adalah protokol. . a. Ethernet b. Localtalk c. Token Ring d. FDDI e. ATM Jawaban: B 11. Protokol yang mendukung transmisi data dalam bentuk gambar, video, dan audio adalah.

. a. Ethernet b. Localtalk c. Token Ring d. FDDI e. ATM Jawaban: E 12. Topologi yang sesuai bila menggunakan protocol FDDI adalah. . a. Bus b. Star c. Tree d. Dual Ring e. Mesh Jawaban: D 13. Kabel yang digunakan untuk protocol FDDI adalah kabel.

. a. Twisted Pair b. Koaksial c. Serat optik d. Twisted Fair; Serat optik e. Twisted Pair; Koaksial Jawaban: C 14. Jaringan nirkabel memiliki kelemahan sebagai berikut, kecuali. . a. mobilitas b. kecepatan installasi c. fleksibilitas tempat d. delay yang sangat besar e. kemampuan jangkauan Jawaban: A 15. Keunggulan jaringan nirkabel adalah.

. a.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

kecepatan installasi b. transmisi data hanya 1 – 2 Mbps c. biaya peralatan mahal d. keterbatasan spektrum e. sinyalnya terputus-putus Jawaban: A 16. Perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan atau menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client adalah. . a. NIC b. HUB c.

Kabel d. Router e. Bridge Jawaban: B 17. Pemasangan kabel dalam pin konektor RJ-45 yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya adalah menggunakan cara .

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

. a. Straight Cable b. Crossover Cable c. Over Cable d. Line Cable e. Through Cable Jawaban: B 18.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

Perangkat yang berfungsi sebagai penguat sinyal dalam jaringan adalah. . a. HUB b. Bridge c. Router d. NIC e. Repeater Jawaban: E 19. Perangkat yang berfungsi untuk membagi sebuah jaringan menjadi dua buah jaringan adalah. . a. HUB b. Bridge c. Router d. NIC e. Konektor Jawaban: B 20.

Dibawah ini merupakan warna pada kabel UTP, kecuali. A. Orange B. Putih C. Hijau D. Hitam E. Biru 21.Panjang Host id pada kelas A A. 8 bit B. 16 bit C. 24 bit D. 64 bit E. 32 bit 22. Panjang Net ID pada kelas B A. 8 bit B. 16 bit C. 24 bit D. 64 bit E. 32 bit 23. IP Address 193.24.44.2 termasuk dalam IP Address kelas. A. a B. b C.

C D. d E. e 24. Kepanjangan dari PAN adalah. A. Port Area Network B. Personal Area Network C. Partisi Area Network D. Protocol Area Network E. Proses Area Network 25. Di bawah ini merupakan jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan area,Kecuali. A. PAN B. LAN C. MAN Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah. WAN E. semua jawaban salah 26.

Jenis jaringan komputer yang cakupan areanya paling kecil adalah. A. MAN B. LAN C. PAN D. WAN E. Peer to peer 27. Jenis jaringan komputer yang cakupan areanya sangat luas bisa satu dunia yaitu.

A. WAN B. MAN C. LAN D. PAN E. Peer to peer 28. Ada berapa lapisan model referensi Osi. A. 5 B. 6 C. 7 D. 8 E. 9 29. 255.255.0.0 merupakan subnet mask kelas. A. a B. b C. c D. d E. e 30. Ada berapa lapisan referensi DARPA. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 31. Jenis jaringan komputer yang Cakupan daerahnya dalam satu gedung/perkatoran saja disebut. A. PAN B. LAN C. MAN D. WAN E.

semua jawaban salah 32. Suatu jaringan komputer yang setiap komputer dapat menjadi server sekaligus sebagai client disebut. A. Client Server B.

Peer to peer C. Hybrid Network D. LAN E. MAN 33. Urutan lapisan OSI mulai dari layer satu adalah. A. Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data Link, Physical B. Application, Presentation, Transport, Session, Network, Data Link, Physical C. Application, Presentation, Session, Network, Transport, Data Link, Physical D.

Physical, Data Link, Network, Transport, Session, Presentation, Application E. Physical, Data Link, Transport, Network, Session, Presentation, Application 34. Jenis jaringan komputer dimana server melayani permintaan client adalah. A. Peer to Peer B. Client Server C. Intranet D. Internet E. Workstation 35. Topologi yang berbentuk lingkaran disebut.

A. Topologi Bus B. Topologi Ring C. Topologi Star D. Topologi Mesh E. Topologi Tree 36. Topologi yang merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus sebagai backbone, disebut. A. Topologi Bus B.

Topologi Ring C. Topologi Star D. Topologi Mesh E. Topologi Tree 37. Topologi jaringan komputer yang tersusun rapi seperti antrian merupakan pengertian.

A. Topologi Bus B. Topologi Ring C. Topologi Star D. Topologi Mesh E. Topologi Tree 38. Berikut ini merupakan kekurangan topologi mesh adalah. A. Fault Tolerance B. Terjaminnya kapasitas channel komunitas karena memiliki hubungan yang berlebih C. Membutuhkan banyak kabel sehingga mudah mengalami gangguan D. Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot E. Mampu menampung banyak pengguna yang aktif 39.

IP Address 221.46.4.5 termasuk dalam IP Address kelas. A. a B. b C. C D. d E. e 40. Berikut merupakan kekurangan topologi bus, kecuali. A. Memerlukan terminator untuk kedua ujung backbone B. Sulit untuk menambah jaringan C. Kecepatan rata-rata transfer informasi untuk setiap perangkat sangat lambat D. Biaya instalasi sangat murah E. Jika backbone atau node nya bermasalah, rangkaian tidak dapat berfungsi Daftar Isi : β€’ Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer β€’ Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer β€’ Sebarkan ini: β€’ Posting terkait: Pengertian Dan Macam Macam Topologi Jaringan Komputer ilmupengetahuan.co.id – Topologi jaringan adalah suatu cara untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terhubung/terkoneksi satu sama lain.

Definisi lain dari topologi jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lain dan membentuk sebuah jaringan. Penggunaan topologi jaringan ini didasarkan pada kecepatan mengakses data, biaya, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan tersebut.

Topologi jaringan komputer memiliki perbedaan dari berbagai segi, contohnya perbedaan kecepatan pengiriman suatu data, kemudahan dalam proses maintenance, serta biaya pembuatan. Setiap jenis topologi jaringan komputermemiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer 1. Topologi Bus Topologi bus merupakan topologi yang menggunakan kabel tunggal untuk media transmisi atau kabel pusat tempat dimana seluruh client dan server dihubungkan.

Sebelum menentukan topologi ini untuk membangan sebuah jaringan komputer sebaiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan topologi dari topologi ini. Kelebihan: – Biaya instalasi yang sangat murah karena hanya menggunakan sedikit kabel. – Penambahan client/workstation baru dapat dilakukan dengan sangat mudah. – Topologi ini sederhana dan mudah di aplikasikan. Kekurangan: – Jika salah satu kabel pada topologi jaringan bus bermasalah atau putus, dapat mengganggu komputer workstation/client lain.

– Proses mengirim dan menerima data kurang efisien, biasanya terjadi tabrakan data pada topologi bus. – Topologi yang jadul dan sulit untuk dikembangkan. 2. Topologi Star Topologi star (bintang) merupakan salah satu bentuk topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch / hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lainnya. Kelebihan: – Jika salah satu komputer mengalami masalah, jaringan di topologi ini tetap berjalan dan tidak mempengaruhi komputer yang lainnya. – Sifatnya fleksibel.

– Tingkat keamanan cukup baik daripada topologi bus. – Kemudahan mendeteksi masalah sangat mudah jika terjadi kerusakan pada jaringan tersebut. Kekurangan: – Apabila switch / hub sebagai titik pusat mengalami suatu masalah, maka semua komputer yang terhubung pada topologi ini akan mengalami masalah.

– Cukup membutuhkan banyak kabel, jadi biaya yang dikeluarkan bisa dibilang cukup mahal. -Jaringan sangat tergantung pada terminal pusat. 3. Topologi Ring Topologi ring atau biasa di sebut topologi cincin merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam rangkaian melingkar, bentuknya hampir sama dengan cincin. Topologi ini biasanhya hanya menggunakan LAN card untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lain.

Kelebihan: – Memiliki performa lebih baik daripada topologi bus. – Mudah untuk diimplementasikan. – Konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru sangatlah mudah. – Biaya instalasi tergolong murah.

Kekurangan: – Kinerja komunikasi topologi ini dinilai dari banyaknya titik atau node. – Troubleshooting cukup rumit. – Jika salah satu koneksi terputus, maka koneksi yang lain juga terputus.

– Pada topologi ini biasanya terjadi tabrakan data. 4. Topologi Mesh Topologi mesh merupakan topologi yang cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami suatu masalah.

Kelebihan: – Jalur pengiriman data yang digunakan sangatlah banyak, anda tidak perlu khawatir akan adanya tabrakan data. – Bandwidth yang cukup besar. – Keamanan pada topologi ini sangat baik. Kekurangan: – Proses instalasi jaringan pada topologi ini cukup rumit.

– Butuh banyak kabel. – Biaya instalasi yang sangat mahal, karena membutuhkan banyak kabel. 5. Topologi Peer to Peer Topologi peer to peer yaitu topologi yang sangat sederhana karena hanya menggunakan 2 buah komputer untuk bisa saling terhubung. Pada topologi peer to peer biasanya menggunakan satu kabel yang menghubungkan antar computer satu dengan computer lain untuk melakukan proses pertukaran data. Kelebihan: – Biaya yang dibutuhkan cukup murah. – Setiap komputer dapat berperan sebagai server maupun client.

– Instalasi jaringan pada topologi ini cukup mudah. Kekurangan: – Keamanan topologi ini sangat rentan. – Sangat sulit untuk dikembangkan.

– Pada topologi ini sistem keamanan dikonfigurasi oleh masing-masing pengguna. – Troubleshooting jaringan bisa dibilang sangat rumit. 6. Topologi Linier Topologi linier biasa juga disebut topologi bus beruntut. Pada topologi ini biasanya menggunakan satu kabel utama untuk menghubungkan setiap titik sambungan pada komputer.

Kelebihan: – Mudah untuk dilakukan pengembangan. – Hanya membutuhkan sedikit kabel. – Tidak memperlukan kendali pusat. – Tata letak pada rangkaian topologi ini cukup sederhana. Kekurangan: – Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah kepadatan lalu lintas yang tinggi.

– Pada topologi ini keamanan data kurang baik. 7. Topologi Tree Topologi tree atau biasa di sebut topologi pohon merupakan topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.

Kelebihan: – Data terpusat dan tersusun secara hirarki, membuat manajemen data lebih baik dan sangat mudah. – Mudah dikembangkan menjadi jaringan yang luas. Kekurangan: – Jika komputer yang menduduki tingkatan tertinggi mengalami suatu masalah, maka komputer yang terdapat dibawahnya juga ikut bermasalah.

– Kinerja jaringan lambat. – Menggunakan banyak kabel dan kabel terbawah merupakan pusat dari topologi ini. 8. Topologi Hybrid Topologi hybrid yaitu topologi gabungan antara beberapa topologi yang berbeda. Saat dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung satu sama lain, pada saat itulah gabungan topologi tersebut membentuk topologi hybrid.

Kelebihan: – Topologi ini fleksibel. – Penambahan koneksi lain cukup mudah. Kekurangan: – Pengelolaan pada topologi jaringan ini sulit. – Biaya pembangunan topologi ini juga terbilang mahal. – Instalasi dan konfigurasi jaringan pada topologi ini rumit, karena terdapat topologi yang berbeda-beda. Baca Juga: – Pengertian, Fungsi Dan Jenis Jaringan Komputer [Lengkap] – 4 Cara Download Video Di Youtube Dengan Cepat [100% Work] – Jaringan : Cara Sharing File Atau Folder Pada Windows – Cara Setting Komputer/Laptop Windows 7 / 8 Agar Tidak Sleep Posting terkait: β€’ [Lengkap] Pengertian Perangkat Input dan Output Pada Komputer β€’ 10 Aplikasi Webcam Untuk Laptop/Komputer Gartis Terbaik & Terbaru 2017 β€’ [Lengkap] Pengertian, Fungsi Sound Card dan Jenis-jenis Sound Card Posting pada Jaringan, Umum Ditag gambar topologi jaringan, kelebihan dan kekurangan topologi jaringan, macam macam topologi jaringan beserta kelebihan dan kekurangannya, makalah topologi jaringan, topologi bus, topologi extended star, topologi jaringan star Navigasi pos Pos-pos Terbaru β€’ [Work 100%] Cara mudah Download Buku di Google Book Gratis dan Cepat Tanpa Ribet β€’ [Lengkap] Pengertian Perangkat Input dan Output Pada Komputer β€’ 10 Aplikasi Webcam Untuk Laptop/Komputer Gartis Terbaik & Terbaru 2017 β€’ [Lengkap] Pengertian, Fungsi Sound Card dan Jenis-jenis Sound Card β€’ Rekayasa Perangkat Lunak - Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup, Metode dan Tahapan β€’ Pengertian Grafika Komputer, Sejarah, Aplikasi, Model Dasar β€’ [lengkap] Urutan Tingkatan dan Jenis-jenis Processor Intel β€’ Cara Masuk Safe mode pada Windows 7 dengan Mudah β€’ Cara Mengatasi Local Disk C Penuh β€’ Pengertian Domain, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
none
Ketika kita membangun sebuah jaringan komputer, topologi jaringan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dengan serius.

Bukan tanpa alasan, hubungan geometris antar berbagai unsur dasar penyusun jaringan (link, node, dan station) harus sesuai dengan kebutuhan agar setiap komputer dalam satu jaringan dapat terkoneksi dengan baik.

Daftar isi β€’ Pengertian Topologi Jaringan β€’ Pengertian Topologi Jaringan Menurut Para Ahli β€’ 1. Zymon Machajewski β€’ 2. Jafar Noor Yudianto β€’ 3. Umi Proboyekti β€’ 4. Abdul Kadil β€’ 5. Izaas El Said β€’ 6. Budhi Irawan β€’ 7.

Kristanto β€’ Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya β€’ 1. Topologi Ring β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring β€’ 2. Topologi Bus β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus β€’ 3. Topologi Star β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star β€’ 4. Topologi Mesh β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh β€’ 5.

Topologi Tree β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree β€’ 6. Topologi Peer to Peer β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Peer to Peer β€’ 7. Topologi Linier β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Linier β€’ 8. Topologi Hybrid β€’ Kelebihan dan Kekurangan Topologi Hybrid Pengertian Topologi Jaringan Secara sederhana, pengertian topologi jaringan komputer adalah metode atau cara yang digunakan agar dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.

Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel ataupun tanpa kabel ( nirkabel).

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

Pada pelaksanaannya, ada beberapa macam topologi pada suatu jaringan komputer yang digunakan sesuai dengan skala jaringan, tujuan, biaya, dan penggunanya. Beberapa macam topologi tersebut adalah topologi ring, topologi bus, topologi star, topologi mesh, dan topologi tree. Masing-masing jenis topologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga dalam penggunaannya harus benar-benar memperhatikan peruntukkannya. Pengertian Topologi Jaringan Menurut Para Ahli Beberapa ilmu di bidang teknologi informasi (baca: Pengertian Teknologi Informasi) pernah menjelaskan tentang pengertian topologi dalam jaringan komputer tersebut, diantaranya adalah: 1.

Zymon Machajewski Menurut Zymon Machajewski pengertian topologi jaringan adalah seperangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan satu dengan lainnya dengan tujuan utama, yakni untuk saling berbagi sumberdaya. Internet adalah salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer.

2. Jafar Noor Yudianto Menurut Jafar Noor Yudianto pengertian topologi jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas sebuah beberapa komputer yang didesain untuk bisa saling berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan bisa mengakses informasi (peramban web). 3. Umi Proboyekti Menurut Umi Proboyekti pengertian topologi jaringan adalah suatu sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melakukan tugasnya.

Contoh, dua buah komputer dapat dikatakan terhubung jika keduanya bisa saling bertukar informasi. Bentuk koneksi tersebut bisa melalui: kawat tembaga, fiber optik, gelombang mikro, satelit komunikasi. 4. Abdul Kadil Menurut Abdul Kadil pengertian topologi jaringan adalah suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data.

5. Izaas El Said Menurut Izaas El Said definisi tempat jaringan komputer adalah sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, agar bisa saling berbagi informasi dan juga sumber daya yang dimilikinya.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

6. Budhi Irawan Menurut Budhi Irawan pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 7. Kristanto Menurut Kristanto pengertian topologi jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain, dengan memakai satu protokol komunikasi sehingga semua komputer yang saling terhubung tersebut bisa berbagi informasi, program, sumber daya dan juga bisa saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, misalnya printer, harddisk, lain-lain.

Baca juga: Pengertian Proxy Server Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer Beserta Gambarnya Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa macam topologi jaringan komputer yang sering digunakan. Berikut ini adalah penjelasan macam-macam topologi jaringan komputer beserta gambarnya, serta penjelasan kelebihan dan kekurangannya: 1.

Topologi Ring Topologi ring atau sering disebut dengan topologi cincin merupakan suatu topologi jaringan yang dipakai untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya dalam sebuah rangkaian yang berbentuk melingkar seperti cincin. Jenis topologi jaringan ini umumnya hanya menggunakan LAN card agar masing-masing komputer terkoneksi. Gambar Topologi Ring Jenis topologi ini paling banyak digunakan di lingkungan perkantoran atau perusahaan. Secara umum, topologi ring memiliki karakteristik khusus, yaitu menggunakan kabel tipe UTP dan Patch Cable yang membentuk jaringan seperti lingkaran dan terdiri dari beberapa node yang disusun secara seri.

Adapun cara kerja topologi jaringan ring adalah sebagai berikut: β€’ Masing-masing node pada sentral terdapat penguat sinyal di kedua sisinya.

Dengan begitu, maka setiap perangkat akan saling menguatkan sinyal. β€’ Proses penerimaan dan penerusan sinyal dibantu oleh sebuah token. Alat bernama token ini juga berfungsi sebagai pengantar data ketika dibutuhkan oleh sebuah node. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring Kelebihan Topologi Ring: β€’ Biaya untuk instalasinya cenderung murah β€’ Performa koneksi cukup baik β€’ Proses instalasi dan konfigurasi cukup mudah β€’ Implementasinya mudah dilakukan Kekurangan Topologi Ring: β€’ Jika terjadi masalah, troubleshooting jaringan ini terhitung rumit β€’ Pada jaringan ini tabrakan arus data sangat rentan terjadi β€’ Koneksi pada jaringan akan terputus jika salah satu koneksi bermasalah Selengkapnya baca: Topologi Ring 2.

Topologi Bus Topologi bus adalah topologi jaringan yang lebih sederhana. Pada umumnya topologi jaringan ini dilakukan pada installasi jaringan berbasis kabel coaxial. Topologi ini memakai kabel coaxial pada sepanjang node client dan konektor. Jenis konektor yang digunakan adalah Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah, Terminator, dan TBNC.

Gambar Topologi Bus Jenis topologi ini biasanya digunakan untuk jaringan komputer perusahaan dengan skala kecil. Karakteristik khusus topologi bus yaitu penggunaan kabel tunggal yang terbentang di sepanjang jaringan dan berfungsi sebagai kabel utama ( backbone). Adapun cara kerja topologi bus adalah sebagai berikut: β€’ Setiap perangkat komputer terhubung dengan kabel utama (backbone) dimana masing-masing komputer dapat saling berkirim dan menerima paket data.

β€’ Proses pengiriman paket data antar komputer hanya dapat dilakukan ketika kabel utama dalam keadaan bebas dimana komputer lain sedang tidak melakukan pertukaran data.

β€’ Pengiriman data dari suatu komputer ke komputer lainnya dilakukan dengan menggunakan sinyal yang tersebar di kabel jaringan. Hanya komputer dengan IP atau alamat MAC yang sama dengan yang dituju yang akan menerima sinyal. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Bus Kelebihan Topologi Bus: β€’ Kemudahan dalam penambahan client atau workstation baru β€’ Mudah digunakan dan sangat sederhana β€’ Biaya instalasi murah karena kabel yang digunakan sedikit Kekurangan Topologi Bus: β€’ Sering terjadi tabrakan arus data β€’ Proses pengiriman dan penerimaan data kurang efisien β€’ Topologi bus yang lama sulit untuk dikembangkan β€’ Jika ada masalah pada kabel, misalnya terputus, maka komputer workstation akan terganggu.

Selengkapnya baca: Pengertian Topologi Bus 3. Topologi Star Topologi star atau disebut juga dengan topologi bintang adalah topologi jaringan berbentuk bintang dimana pada umumnya memakai hub atau switch untuk koneksi antar client. Topologi jaringan komputer ini paling sering digunakan saat ini karena memiliki banyak kelebihan. Gambar Topologi Star Jenis topologi ini juga cukup banyak digunakan di perkantoran atau perusahaan dengan skala kecil dan menengah.

Karaktersitik khusus dari topologi star adalah adanya satu jaringan yang berfungsi sebagai pusat segala aktivitas, dimana setiap komputer host memiliki kabel tersendiri yang terkoneksi langsung dengan perangkat pusat hub dengan sistem point-to-point. Adapun cara kerja topologi star adalah sebagai berikut: β€’ Beberapa jaringan komputer terhubung dengan pusat (hub atau switch) dimana jaringan pusat tersebut berfungsi sebagai server sentral.

β€’ Perangkat pusat hub atau switch akan menyimpan daftar Content Addressable Memory (CAM) pada memorinya. CAM akan menyimpan semua alamat perangkat komputer yang terhubung dengan switch. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star Kelebihan Topologi Star: β€’ Jaringan topologi ini tetap berjalan baik walaupun salah satu komputer client bermasalah β€’ Tingkat keamanan data pada topologi ini cukup baik β€’ User lebih mudah mendeteksi masalah pada jaringan β€’ Lebih fleksibel Kekurangan Topologi Star: β€’ Topologi ini terhitung mahal karena menggunakan cukup banyak kabel β€’ Seluruh komputer dalam jaringan ini akan bermasalah jika hub atau switch mengalami masalah β€’ Topologi star sangat tergantung pada terminal pusat.

Baca juga: Pengertian Topologi Star 4. Topologi Mesh Topologi jaringan mesh (jala) adalah suatu topologi jaringan dimana setiap perangkat komputer saling terhubung secara langsung ( dedicated link). Topologi mesh biasanya digunakan untuk rute yang banyak dengan menggunakan kabel tunggal sehingga proses pengiriman data menjadi lebih cepat tanpa melalui hub atau switch. Gambar Topologi Mesh Jenis topologi jaringan komputer ini biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki perangkat komputer sedikit.

Pada topologi ini, koneksi antar komputer terhubung secara langsung sehingga meningkatkan kecepatan proses transfer data karena tidak ada perantara. Adapun cara kerja topologi mesh adalah sebagai berikut: β€’ Setiap node dalam jaringan komputer terhubung secara langsung ke node yang dituju dengan menggunakan kabel.

β€’ Proses transfer data antar perangkat komputer berlangsung lebih cepat karena terhubung langsung dengan menggunakan kabel. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh Kelebihan Topologi Mesh: β€’ Bandwidth limit nya cukup besar β€’ Security data pada topologi ini sangat baik β€’ Tidak terjadi tabrakan arus data karena jalur pengiriman data sangat banyak Kekurangan Topologi Mesh: β€’ Kabel yang dibutuhkan jumlahnya banyak β€’ Biaya installasi topologi mesh sangat mahal karena menggunakan banyak kabel β€’ Installasinya sangat rumit Baca juga: Pengertian Topologi Mesh 5.

Topologi Tree Topologi tree atau topologi pohon adalah hasil penggabungan dari topologi bus dan topologi star. Topologi jaringan berbentuk tree pada umumnya dipakai untuk interkoneksi antara hirarki dengan pusat yang berbeda-beda.

Gambar Topologi Tree Jenis topologi jaringan ini memiliki karakteristik khusus, yaitu adanya kabel utama sebagai penghubung beberapa hub pada jaringan star, memiliki hierarki, dan memiliki hub sebagai server pusat yang mengatur arus data. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Tree Kelebihan Topologi Tree: β€’ Dapat dan mudah dikembangkan menjadi topologi topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah yang lebih luas β€’ Susunan topologi ini terpusat secara hirarki sehingga pengaturan data menjadi lebih mudah Kekurangan Topologi Tree: β€’ Topologi tree memiliki kinerja jaringan yang lambat β€’ Penggunaan kabel yang sangat banyak sehingga biaya installasinya mahal β€’ Kabel backbone merupakan sentral dari topologi ini β€’ Bila komputer bagian atas bermasalah, maka komputer bagian bawah juga akan bermasalah Baca juga: Topologi Tree 6.

Topologi Peer to Peer Topologi peer to peer adalah bentuk jaringan komputer yang sangat sederhana karena hanya menghubungkan 2 komputer dengan menggunakan sebuah kabel.

Pada umumnya topologi peer to peer memakai satu kabel saja untuk menghubungkan kedua komputer agar bisa saling berbagai data. Gambar Topologi Peer to Peer Jenis topologi yang satu ini adalah yang paling sederhana karena hanya menghubungkan dua buah perangkat komputer tanpa adanya server khusus.

Dalam hal ini, masing-masing komputer dalam jaringan ini dapat berfungsi sebagai server ataupun client secara bergantian. Kelebihan dan Kekurangan Topologi Peer to Peer Kelebihan Topologi Peer to Peer: β€’ Biaya installasi sangat murah β€’ Proses installasi mudah β€’ Setiap komputer dapat berperan sebagai server atau client Kekurangan Topologi Peer to Peer: β€’ Topologi ini sangat sulit dikembangkan β€’ Security dalam topologi ini sering bermasalah β€’ Proses troubleshooting termasuk rumit Baca juga: Pengertian Topologi Peer to Peer 7.

Topologi Linier Topologi linier atau sering disebut dengan topologi bus berurut atau topologi runtut. Topologi ini umumnya hanya memakai satu kabel utama sebagai konektor masing-masing titik sambungan pada setiap komputer.

Gambar Topologi Linier Karakteristik khusus pada jenis topologi ini adalah penggunaan konektor BNC dan kabel RJ 58 dimana skema jaringannya mirip seperti topologi bus.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Linier Kelebihan Topologi Linier: β€’ Mudah dikembangkan β€’ Penggunaan kabel sedikit β€’ Tata letak topologi linier sederhana dan mudah β€’ Topologi ini tidak membutuhkan kendali sentral Kekurangan Topologi Liner: β€’ Kepadatan trafik data cukup tinggi β€’ Security data tidak terjamin Baca juga: Pengertian Topologi Linier 8. Topologi Hybrid Topologi Hybrid adalah gabungan dari beberapa topologi yang berbeda dan membentuk jaringan baru.

Dengan kata lain, jika ada dua atau lebih topologi yang berbeda terhubung dalam satu jaringan maka topologi jaringan tersebut akan membentuk topologi hybrid. Gambar Topologi Hybrid Umumnya, jenis topologi ini digunakan ketika suatu perusahaan diambil alih oleh perusahaan lainnya sehingga jaringan komputer di dalam perusahan tersebut mengalami perubahan dengan membentuk jaringan baru.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Hybrid Kelebihan Topologi Hybrid: β€’ Topologi ini sifatnya fleksibel β€’ Penambahan koneksi lain pada topologi ini menjadi sangat mudah Kekurangan Topologi Hybrid: β€’ Proses installasi dan pengaturannya cukup rumit β€’ Manajemen pada topologi hybrid sangat sulit dilakukan β€’ Biaya untuk membuat topologi ini cukup mahal Baca juga: Pengertian Topologi HybridKunci Jawaban: β€’ b.

Star β€’ c. Tree β€’ d. Topologi transmisi β€’ a. Suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. β€’ d. Topologi Moon β€’ a. BNC tipe T β€’ c. Star β€’ b. Hub β€’ a. Topologi yang sederhana β€’ b. Topologi secara fisik dan topologi secara logika β€’ c.

Jumlah terminal terbatas, tergantung dari port yang ada pada hub. β€’ d. Lay out kabel kompleks β€’ d. Dual Ring
Topologi jaringan bisa dikatakan sebagai suatu konsep yang digambarkan dan digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, konsep ini disusun berdasarkan hubungan geometris antara bagian penyusun jaringan, seperti node, link dan station. Intinya, sebuah topologi jaringan sangatlah penting sekali jika anda ingin membangun jaringan untuk beberapa komputer, gambaran tersebut biasanya digambar secara kompleks kemana saja alur jaringan tersebut berkomunikasi.

Materi tentang topologi jaringan biasanya akan anda pelajari dalam mata pelajaran tik atau komputer, yang biasanya ada di jenjang smp, sma, ataupun smk bahkan untuk mahasiswa juga tersedia. Ada banyak hal yang anda pelajari dalam materi topologi jaringan, mulai dari macam-macam topologi jaringan, cara kerja dari topologi jaringan, bagaimana merancang topologi jaringan yang biak dan benar dan masih banyak lagi. Biasanya materi ini juga dilakukan secara praktek yang awalnya dilakukan dengan menggunakan bantuan softawre seperti yang populer yaitu cisco packet tracer.

Nah, untuk lebih memahami materi topologi jaringan, tentunya anda harus belajar tersebut dan banyak menambah ilmu, salah satunya dengan mengerjakan pertanyaan yang berhubungan dengan materi tersebut.

Mau itu soal dalam bentuk pilihan ganda ataupun soal essay, seperti beberapa kumpulan contoh soal topologi jaringan dan jawabannya yang bisa anda baca dan pahami berikut ini.

Setiap soal dan jawaban dibawah ini bisa anda download secara lengkap dalam bentuk pdf atau dokumen melalui link download yang sudah kami sediakan. soal topologi jaringan bagian 1 1. Topologi yang hanya memiliki satu computer sebagai sentral dengan setiap computer dalam jaringan dihubungkan ke computer server secara langsung atau melalui hub adalah topologi … a.

Mesh b. Star c. Tree d. Bus 2. Topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah … a. Mesh b. Star c. Tree d. Bus 3. Di bawah ini merupakan jenis-jenis topologi, kecuali ….

a. Topologi bus b. Topologi ring c. Topologi mesh d. Topologi transmisi 4. Pengertian topologi jaringan komputer adalah a. Suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. b. Node – node dihubungkan secara serial sepanjang kabel, dan pada kedua ujung kabel ditutup dengan terminator.

c. Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator d. Node-node dihubungkan secara serial di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan seperti lingkaran. 5. Yang bukan jenis topologi adalah a. Topologi BUS b. Topologi Star c.

Topologi Ring d. Topologi Moon 6. Jenis topologi bus menggunakan connector berjenis a. BNC tipe T b. Cross c. Straight d. Hub 7. Topologi LAN yang paling sedikit menggunakan kabel penghubung: a. Ring b. Tree c. Star d. Bus 8. Pada Star Topologi, digunakan : a.

Repeater b. Hub c. Terminator d. Amplifer 9. Keuntungan Topologi BUS adalah a. Topologi yang sederhana b. Cukup mudah untuk mengubah dan menambah komputer ke dalam jaringan c. Apabila satu komputer yang mengalami kerusakan dalam jaringan maka computer tersebut tidak akan membuat mati seluruh jaringan d. Dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda. 10. Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua, yaitu a. Topologi secara fisik dan topologi secara Bus b.

Topologi secara fisik dan topologi secara logika c. Topologi secara logika dan Bus d. Topologi secara fisik, topologi secara logika dan Bus soal topologi jaringan bagian 2 1. (HSDPA) adalah singkatan dari … a. High-Speed Downlink Packet Access b.High-Speed Detect Packet Access c.

High-Speed Download Packet Access d. Hyper-Speed Downlink Packet Access e. Hyper-Speed Download Packet Access 2.

topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah

Konfigurasi sambungan ke topologi yang digunakan baik dalam membentuk jaringan maupun yang digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan tingkat hirarki yang berbeda adalah secara garis besar adalah … a.

Internet – modem – komputer b. Modem – komputer – internet c. Router – modem – internet d. Komputer – modem – router e. Komputer – modem – internet 3.

Berikut ini adalah game yang dimainkan dengan memanfaatkan teknologi jaringan, kecuali … a. Sims City b.Pet society c. Point blank d. Ragnarok e. Farm Ville 4. Semua file disimpan atau di copy ke dua, tiga, atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan, sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan merupakan salah satu manfaat jaringan komputer yang disebut dngan … a.

Resources sharing b. Menghemat kabel c. Realibilitas tinggi d. Save sharing e. Menghemat uang 5. Pemakaian secara bersama-sama program aplikasi dan dat yang yang tersimpan pada server disebut … a. Koneksi b.

Networking c. Resources sharing d. Network acess e. Information sharing 6. Teknologi jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas dan perusahaan pada tahun… a.

Tahun 1948 b. Tahun 1958 c. Tahun 1968 d. Tahun 1978 e. Tahun 1988 7. Pada tahun 1970 dikenal konsep jaringan dengan nama … a. Distributed processing b.Time sharing system c. Local Area Network d. Metropolitan Area Network e. Internet 8. Macam-macam jaringan diklasifikasi menjadi … a. Jaringan transmisi dan koneksi b. Jaringan transmisi dan transformasi c. Jaringan transmisi dan jarak d. Jaringan jarak dan transformasi e.

Jaringan local dan internasional 9. Penggunaan jaringan untuk skala jaringan yang lebih besar dapat menggunakan teknologi transmisi … a.

Broadcast b. LAN c. Jarak d. Point to point e. Point to group 10. Jaringan yang terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang seringkali harus memiliki banyak route dikarenakan jarak disebut dengan jaringan … a. Broadcast b. LAN c.

Jarak d. Point to point e. Point to group 11. Jaringan yang mempunyai area jaringan yang luas menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi disebut dengan … a. Local area network b. Metropolitan area network c.

Wide area network d. Internet e. Transmisi 12. Jarak antarprocessor atau antarkomputer untuk Local Area Network dengan letak processor di tempat yang sama dalam satu gedung adalah …. a. 10 m b. 100 m c. 1 km d. 10 km e. 100 km 13. Alamat yang dikenal dan dapat diakses oleh jaringan lain disebut alamat … a. Client b. Jaringan c. Web d. Internet e. IP 14. Jaringan yang mencakup daerah geografis yang luas, mencakup sebuah negara atau benua disebut … a. LAN b. WAN c. MAN d. Internet e.

WLAN 15. Gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan yang meliputi server, workstation, hub dan pengkabelannya disebut … a. Internet working b. Protokol c. Topologi jaringan d.

Workstation e. Sistem operasi jaringan soal topologi jaringan bagian 3 1.Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua, yaitu a.Topologi secara fisik dan topologi secara Bus b.Topologi secara fisik dan topologi secara logika c.Topologi secara logika dan Bus d.Topologi secara fisik, topologi secara logika dan Bus 2.Yang bukan jenis topologi adalah a.Topologi BUS b.Topologi Star c.Topologi Ring d.Topologi Moon 3. Jenis topologi bus menggunakan connector berjenis a.BNC tipe T b.Cross c.Straight d.Hub 4.

Topologi LAN yang paling sedikit menggunakan kabel penghubung: a.Ring b. Tree c.Star d. Bus 5.Yang termasuk dalam topologi LAN adalah a.Bus b.Tree c.Ring d.Benar Semua 6.Jaringan computer yang ruang lingkupnya kecil adalah a.MAN b.LAN c.WAN d.Semua Benar 7.Jaringan computer yang ruang lingkupnya mencakup antar Negara adalah a.MAN b.LAN c.WAN d.Semua Benar 8.Pada Star Topologi, digunakan : a.Repeater b.Hub c.Terminator d.Amplifer 9.Untuk menghubungkan LAN dengan jaringan lain, diperlukan perangkat sebagai berikut.Kecuali a.Router b.Bridge c.Gate Way d.Back bone 10.Suatu system komunikasi yang sederhan terdiri dari: a.Sumber – Aplifier – Tujuan b.Sumber – Media Transmisi – Tujuan c.Sumber – Repeater – Tujuan d.Sumber – Media Transmisi - Repeater kunci jawaban berikut ini kunci jawaban dari soal-soal topologi jaringan diatas, silahkan baca dan pahami dengan baik untuk lebih mudah dalam memahami materi ini.

Anda bisa mendownload soal dan jawaban melalui link download yang sudah kami sediakan. KUNCI JAWABAN / PEMBAHASAN / DOWNLOAD

Topologi Jaringan Hirarki Network pada Digital Library




2022 www.videocon.com