Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

★ SMA Kelas 10 / Integrasi Nasional - PPKn SMA Kelas 10 Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan … A. Ancaman B. Tantangan C. Hambatan D. Gangguan E. Dorongan Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: UTS (MID) Geografi SMA Kelas XI Semester I Berikut ini merupakan interval usia produkif adalah ….

a. 25 tahun ke atas b. 17 tahun ke atas c. 21 tahun ke atas d. 15-64 tahun e. 15-45 tahun Materi Latihan Soal Lainnya: • Penilaian Akhir Semester Bahasa Mandarin SMP Kelas 8 • PAT Bahasa Indonesia Tema 8 SD Kelas 4 • PAS Sains Semester 1 Ganjil SD Kelas 5 • UTS PAI SMA Kelas 10 • Senam Irama - Penjaskes PJOK SMP Kelas 8 • Tema 5 Subtema 3 SD Kelas 4 • PAS Fisika Semester 1 Ganjil SMA Kelas 10 • Aksara Jawa - Bahasa Jawa SMA Kelas 10 • Ulangan Harian IPA SD Kelas 6 • PAS Prakarya Semester 1 Ganjil SMP Kelas 8 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • Follow us: Facebook • Instagram • Twitter ★ SMA Kelas 10 / Integrasi Nasional - PPKn SMA Kelas 10 Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan … A.

Ancaman B. Tantangan C. Hambatan D. Gangguan E. Dorongan Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Negosiasi & Debat - Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Cermati pernyataan berikut. Saya tidak setuju bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya. Sebaliknya, ponsel sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Pengguna ponsel yang tidak bertanggung jawablah yang menyebabkan ponsel dapat membahayakan kehidupan mereka sendiri dan orang lain. Dalam struktur debat, pernyataan tersebut tergolong dalam bagian… A. pengantar B. argumen C. simpulan D. penutup Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia. Materi Latihan Soal Lainnya: • Organisme Makhluk Hidup - IPA SMP Kelas 7 • Penerapan Radio dan Televisi (PRTV) SMK Kelas 12 • Komunikasi Daring - TIK SMK Kelas 10 • PTS 1 - Matematika SD Kelas 6 • PAT Tema 6 SD Kelas 4 • Shalat Tarawih dan Tadarus Al-Quran - PAI Pelajaran 9 SD Kelas 5 • PTS PPKn Semester 1 Ganjil SD Kelas 5 • Perang Dunia 1 (PD 1) - Sejarah SMA Kelas 11 • Satuan Berat - Matematika SD Kelas 3 • Ulangan PAI Semester 2 Genap MI Kelas 4 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •
50 Soal Pilihan Ganda + Jawabannya PPKn Kelas 10 Bab 5 Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan Contoh Soal Pilihan Ganda lengkap dengan jawabannya mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas X Bab 5 yang membahas tentang Integrasi Nasional dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

4. Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia yang menganut semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua, sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Agar kebhinekaan itu tidak menimbulkan disintegrasi bangsa maka diperlukan sikap dan perilaku yaitu ….

Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia yang menganut semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua, sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Agar kebhinekaan itu tidak menimbulkan disintegrasi bangsa maka diperlukan sikap dan perilaku yaitu menghargai perbedaan sebagai suatu rahmat dari Tuhan YME 5.

Integrasi menunjuk pada proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Integrasi biasanya mengandalkan adanya satu masyarakat suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis secara etnis majemuk dan setiap kelompok masyarakat memiliki bahasa dan sifat-sifat kebudayaan yang berbeda.

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat (1): “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”, dan Ayat (2): “Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara dimaksud ayat 1 diselenggarakan melalui: 15. Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan baik dari dalam maupun dari luar yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu Negara, serta juga dapat berbahaya bagi keselamatan bangsa dan warga Negara.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Bentuk ancaman terhadap Negara ada beberapa macam, salah satunya yaitu ancaman di bidang militer. Yang termasuk ancaman dibidang militer yaitu. Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan baik dari dalam maupun dari luar yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu Negara, serta juga dapat berbahaya bagi keselamatan bangsa dan warga Negara.

Bentuk ancaman terhadap Negara ada beberapa macam, salah satunya yaitu ancaman dibidang militer.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Yang termasuk ancaman dibidang militer yaitu Agresi, spionase, dan sabotase. 23. Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia yang menganut semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua, sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional.

Agar kebhinekaan itu tidak menimbulkan disintegrasi bangsa maka diperlukan sikap dan perilaku yaitu …. 38. Ancaman merupakan setiap usaha atau kegiatan baik dari dalam maupun dari luar yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan dan keutuhan wilayah suatu Negara, serta juga dapat berbahaya bagi keselamatan bangsa dan warga Negara. Bentuk ancaman terhadap Negara ada beberapa macam, salah satunya yaitu ancaman di bidang militer.

Yang termasuk ancaman dibidang militer yaitu. 45. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat besar baik dari kebudayaan ataupun wilayahnya.

Hal ini membawa dampak positif karena kita bisa memanfaatkan kekayaan alam secara bijak atau mengelola budaya-budaya yang melimpah untuk kesejahteraan rakyat.

Selain dampak positif, juga menimbulkan masalah yang baru, diantaranya terdapat karakter yang berbeda-beda antar suku bangsa sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa Indonesia. 49. Wilayah Indonesia yang luas dan subur merupakan karunia dari Tuhan YME yang wajib kita syukuri dan kita pertahankan keutuhannya untuk kemakmuran dan kebahagiaan bangsa Indonesia, sebagai Negara kesatuan kita tidak pernah luput dari ancaman yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Contoh kasus yang pernah terjadi di Indonesia dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa berlatar belakang paham komunis adalah …. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan ancaman. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Pasal 0 Ayat (1) dan (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara yang dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dengan komponen utama, yaitu?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.
Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan?

• Ancaman • Tantangan • Hambatan • Gangguan • Dorongan Jawaban yang benar adalah: A. Ancaman. Dilansir dari Ensiklopedia, suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan Ancaman.

Baca juga: Pemberian penghargaan pada PPPK dapat berupa, kecuali? Pembahasan dan Penjelasan Menurut saya jawaban A. Ancaman adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google. Menurut saya jawaban B.

Tantangan adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali. Baca juga: Salah satu persyaratan menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik S1/D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persyaratan wajib yang diharuskan undang-undang tapi sudah aktif mengajar, maka yang anda lakukan adalah?

Menurut saya jawaban C. Hambatan adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain. Menurut saya jawaban D. Gangguan adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Dorongan adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain. Baca juga: Keluarnya Indonesia dari keanggotaan PBB di masa Demokrasi Terpimpin, dilatarbelakangi oleh? Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah A.

Ancaman. Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah. Kategori Referensi Recent Posts • Naskahproklamasi dirumuskan dan ditulis di rumah? • Apa bunyi sila kedua ? • Prosesyang mencakup prosedur Penanganan Kecelakaan adalah? • Indische Vereniging (Perhimpunan Indonesia) merupakan perkumpulan Mahasiswa Indonesia di Belanda yang bersifat? • Agar aspirasi semua lapisan masyarakat dapat tersalurkan dalam berbangsa dan bernegara, dibentuklah lembaga legislatif yang dipilih rakyat melalui pemilihan umum.

Pranata yang mengatur sistem ini yaitu?
★ Integrasi Nasional - PPKn SMA Kelas 10 Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan … A. Ancaman B. Tantangan C. Hambatan D. Gangguan E. Dorongan Pilih jawaban suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah?

klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Hak Asasi Manusia (HAM) - PKn SMA Kelas 11 Negara Indonesia sebagai anggota PBB memiliki tanggung jawab moral untuk ….

A. memboikot berbagai barang dari negara-negara bekas penjajah B. membantu negara-negara terjajah C. mendukung perjuangan negara-negara yang masih dijajah D.

mengingatkan negara-negara bekas penjajah E. mengakui dan menghormati Piagam HAM sedunia Materi Latihan Soal Lainnya: • UH IPA SD Kelas 4 • MID / UTS Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis SMA Kelas 11 • Matematika Semester 1 Ganjil SD Kelas 5 • Ulangan Akidah Akhlak MI Kelas 3 • Tangga Nada - Seni Budaya SD Kelas 5 • Ulangan Penjaskes PJOK Semester 2 Genap SD Kelas 6 • Logika - Matematika SD Kelas 6 • Tematik Tema 1 Subtema 2 - SD Kelas 6 • Aqidah Ahlak MI Kelas 6 • Tema 9 Subtema 3 SD Kelas 6 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu dengan menekan tombol "Koreksi" diatas.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • •Soal Pilihan Ganda 1. Pada dasarnya konsep integrasi nasional secara politis mengandung arti ….

a. Proses menyelaraskan unsur-unsur negara sehingga mencapai satu kesatuan b. Proses penyatuan berbagai budaya daerah menuju kesatuan kebudayaan nasional c.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Proses menyerasikan unsur-unsur sosial politik dalam kesatuan wilayah nasional d. Penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional e. Proses penyesuaian suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis antara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan 2.

Faktor di bawah ini yang bukan merupakan faktor pendorong tercapainya integrasi nasional adalah…. a. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia b. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah c. Adanya jiwa dan semangat gotong royong, solidaritas, dan toleransi keagamaan yang kuat d.

Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia e. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika 3. Faktor di bawah ini yang merupakan faktor pendukung tercapainya integrasi nasional adalah …. a. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa Indonesia b. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah c.

Adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa, bahasa, dan tanah air Indonesia d. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia e. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal ika 4. Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan sikap saling menghargai.

Oleh karena itu, diperlukan adanya …. a. Komitmen persatuan bangsa dalam keberagaman b. Komitmen untuk membangun daerahnya masing-masing c. Komitmen untuk mensejahterakan rakyat di daerah tertinggal d. Komitmen untuk memajukan daerahnya dalam bingkai persatuan e. Komitmen persatuan antara sesama umat seagama dan semangat ukhuwah 5.

Persatuan dalam keberagaman harus dipahami oleh setiap warga masyarakat agar dapat mewujudkan hal-hal berikut ini, kecuali …. a. Pembangunan berjalan lancar b. Pergaulan antarsesama yang lebih akrab c. Kehidupan yang serasi, selaras, dan seimbang d. Perbedaan yang ada tidak menjadi sumber masalah e. Terbentuknya satu masyarakat yang sama ras, agama, suku, dan bahasa 6. Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal itu karena ….

a. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang toleran b. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam c. Bangsa Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal ika d. Pengalaman sejarah bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa barat selama 350 tahun e. Dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk akan menjadi kokoh dan kuat 7.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Momentum yang merupakan konsensus nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang resmi dan berdaulat adalah ….

a. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 b. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 c. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945 d. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945 e. Dimasukkannya Burung Garuda sebagai Lambang Negara Republik Indonesia 8.

Pada dasarnya integrasi nasional ini sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Integrasi juga meliputi aspek vertikal dan horisontal. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh … a.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

John Locke b. Myron Weiner c. Howard Wriggins d. Nazaruddin Sjamsuddin e. J. Soedjati Djiwandono 9. Syarat di bawah ini adalah syarat keberhasilan suatu integrasi pada suatu negara, kecuali … a. Nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial b. Norma-norma dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial. c. Adanya konsensus nasional dalam rangka kepemimpinan nasional yang otoritarian d.

Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan satu dengan lainnya e. Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai- nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman 10. Peraturan di bawah ini merupakan pernyataan yang menunjukkan hubungan antara integrasi nasional dan pelanggaran hak dan kewajiban ….

a. Pelanggaran haknya orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya b. Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan akan menjalankan haknya c.

Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan kewajibannya. d. Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya e.

Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi, sehingga orang yang kewajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan kewajibannya 11. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai integrasi nasional dapat dilakukan dengan cara …. a. menjaga keselarasan antarbudaya b. menjaga keselarasan antar kelompok masyarakat tertentu c. menjaga keserasian antara masyarakat dan pemerintah yang berkuasa d.

menjaga keserasian antar internal budaya dalam kelompok masyarakat tertentu e. menjaga keserasian dan keselarasan antar penganut agama dalam kelompok masyarakat 12. Selain ancaman dalam bidang militer, sebagai bangsa yang majemuk kita harus mewaspadai adanya ancaman di bidang ekonomi dalam arti negara beserta aparatur negara bersifat dominan dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara, yang dikenal dengan ….

a. Sistem etatisme b. Sistem monopoli c. Sistem oligopoli d. Sistem markantilisme e. Sistem free fight liberalism 13. Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan …. a. Ancaman b. Tantangan c. Hambatan d. Gangguan e. Dorongan 14. Pasal 30 Ayat (1) dan (2) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara yang dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, dengan komponen utama, yaitu ….

a. Masyarakat b. TNI dan Polri c.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Tentara Nasional Indonesia d. Kepolisian Republik Indonesia e. Pertahanan Sipil 15. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, Ayat 2, menyebutkan bahwa keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui beberapa program, kecuali ….

a. pendidikan kewarganegaraan b. pelatihan dasar kemiliteran c. pengabdian sesuai dengan profesi d. sistem pertahananan dan keamanan rakyat semesta e. pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib 16.

Pada hakikatnya kebhinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan. Dikatakan sebagai sebuah potensi, karena …. a. mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang amat sempit b. membuat penduduk Indonesia berbeda pendapat yang lepas kendali c.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

dapat menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi nasional d. dapat menjadi ledakan yang akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa e.

memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya 17. Posisi negara Indonesia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek kebudayaan dunia adalah ….

a. terletak antara ideologi komunisme di utara dan liberalisme di selatan b. berada di antara kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan c. berada di antara daerah berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di selatan d. berada di antara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan e.

berada di antara demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan 18. Posisi negara Indonesia dilewati garis khatulistiwa, diapit oleh dua benua dan dua samudera, jika ditinjau dari aspek demokrasi, demokrasi Pancasila berada di antara ….

a. kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan b. sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan c. daerah berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di selatan d. demokrasi rakyat di utara (Asia daratan bagian utara) dan demokrasi liberal di selatan e. sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat, selatan, dan timur 19. Pemberontakan bersenjata melawan pemerintah Indonesia yang sah merupakan bentuk ancaman militer yang dapat merongrong ….

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

a. kewibawaan negara b. kerukunan antar umat beragama c. keselamatan masyarakat pedesaan d. keselamatan masyarakat perkotaan e. kehormatan pemimpin partai politik 20.

Tempat di bawah ini adalah tempat yang harus dilindungi dari aksi sabotase, yaitu…. a. objek-objek vital nasional dan instalasi strategis b. daerah yang menjadi pusat hiburan masyarakat c. daerah wisata pantai Ancol dan pantai laut selatan d. objek-objek wisata pegunungan dan agro industri e. objek-objek hiburan nasional yang menjadi ikon daerah 21. Gangguan keamanan laut yang mengganggu dan mengancam aspek ekonomi nasional, yaitu….

a. Terorisme b. Illegal logging c.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Illegal fishing d. Global warming e. White coral crime 22. Ancaman yang berdimensi politik yang bersumber dari dalam negeri dalam bentuk pola perjuangan tidak bersenjata dan sering ditempuh untuk menarik simpati masyarakat adalah ….

a. memobilisasi masyarakat untuk mendatangi kantor pemerintahan b. menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah c. pengerahan massa untuk menolak hasil pilkada yang dianggap tidak netral d. menolak salah satu pasangan calon pemenang pemilu yang ditetapkan KPU e.

menggalang dukungan masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan calon 23. Pengaruh negatif globalisasi sosial budaya yang dapat menjadi ancaman kedaulatan Indonesia khususnya dalam bidang sosial budaya, yaitu …. a. Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar b. sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang c. cepat atau lambat perekonomian negara kita akan dikuasai oleh pihak asing d. memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, dan kesetiakawanan sosial e.

timbulnya kesenjangan sosial yang tajam sebagai akibat persaingan bebas 24.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Ancaman dari luar timbul sebagai akibat dari pengaruh negatif globalisasi, di antaranya suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis gaya hidup di mana kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi dan membuat manusia suka memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dinamakan … a.

liberalisme b. hedonisme c. westernisasi d. konsumerisme e. indivudualisme 25. Dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya dalam bentuk meniru model pakaian yang biasa dipakai orang-orang barat yang sebenarnya bertentangan dengan nilai dan norma-norma yang berlaku misalnya memakai rok mini, lelaki memakai anting-anting disebut ….

a. liberalisme b. hedonisme c. westernisasi d. konsumerisme e. individualisme 26. Dalam sistem pertahanan dan keamanan negara yang bersifat semesta bercirikan kerakyatan adalah….

a. seluruh sumber daya nasional didayagunakan bagi upaya pertahanan b. seluruh sumber daya manusia dan alam didayagunakan bagi upaya pertahanan c. orientasi pertahanan dan keamanan negara diabdikan oleh dan untuk kepentingan seluruh rakyat d.

kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar sesuai dengan kondisi geografis sebagai negara kepulauan e. kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia 27. Sistem pertahanan dan keamanan negara di mana gelar kekuatan pertahanan dilaksanakan secara menyebar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, sesuai dengan kondisi geografis sebagai negara kepulauan adalah ciri dari … a.

Kerakyatan b. Kesemestaan c. Kewilayahan d. Sishankamrata e. Alutsista Negara 28. Hal yang bukan merupakan strategi dalam mengatasi ancaman di bidang politik adalah…. a. Mengembangkan demokrasi politik b. Mengaktifhan masyarakat sipil dalam arena politik c.

Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik d. Meningkatkan daya beli masyarakat melalui program Jaringan Pengaman Sosial e. Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa 29.

Sistem ekonomi kerakyatan merupakan senjata ampuh untuk melumpuhkan ancaman di bidang ekonomi dan memperkuat kemandirian bangsa. Untuk mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan dengan….

a. Mengembangkan demokrasi politik b. Mengaktifhan masyarakat sipil dalam arena politik c. Mengadakan reformasi lembaga-lembaga politik d. perekonomian yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat e. Memperkuat kepercayaan rakyat dengan cara menegakkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa 30. Pancasila dapat dijadikan sarana dalam menghadapi pengaruh dari luar yang dapat membahayakan kelangsungan hidup sosial budaya, bangsa Indonesia, dalam bentuk…. a. Wahana pengintegrasian seluruh unsur kebudayaan nasional dan kebudayaan yang berasal dari luar b.

suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis, dinamakan

Filter terhadap budaya negatif yang akan masuk dan menyesuaikannya dengan sendi-sendi budaya nasional c. Sarana untuk memadukan dan menyatukan seluruh unsur budaya luar yang masuk yang menguntungkan negara d.

Penyaring terhadap budaya-budaya yang menguntungkan secara ekonomi dan berdampak pada ekonomi rakyat e.

Pemersatu budaya luar yang masuk dengan budaya nasional yang bersifat dinamis dan memperkaya kebudayaan nasional. • Juli 2021 21 • Juni 2021 30 • Mei 2021 29 • April 2021 32 • Maret 2021 8 • Februari 2021 1 • Januari 2021 193 • Desember 2020 614 • November 2020 616 • Oktober 2020 213 • Agustus 2020 14 • Juli 2020 1 • Juni 2020 145 • Mei 2020 73 • April 2020 3 • Maret 2020 192 • Februari 2020 64 • Januari 2020 45 • Desember 2019 8 • November 2019 23 • Oktober 2019 70 • September 2019 58 • Agustus 2019 18 • Juli 2019 29 • Juni 2019 16 • Mei 2019 6 Tampilkan selengkapnya Tampilkan lebih sedikit
Suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional ,criminal serta politik disebut ….?

• Ancaman • Tantangan • Hambatan • Gangguan • Perseteruan Jawaban yang benar adalah: A. Ancaman. Dilansir dari Ensiklopedia, suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan suatu usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui tindak kriminal dan politis konsepsional ,criminal serta politik disebut ….

Ancaman. Baca juga: Sebagaisumber sejarah kejayaan kerajaan Tarumanegara dibuktikan dengan adanyan berapa prasasti? Pembahasan dan Penjelasan Menurut saya jawaban A. Ancaman adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google. Menurut saya jawaban B. Tantangan adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Baca juga: The following text is for questions 19 to 21.Each chewable tablet contains:Rifampicin 75 mg, Isoniazid 50 mg and Pyrazinamide 150 gr The text above talks about? Menurut saya jawaban C. Hambatan adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain. Menurut saya jawaban D. Gangguan adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. Perseteruan adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain. Baca juga: Sub kompetensi kepribadian yang mantap dan stabil memiliki indikator esensial di bawah ini, kecuali yang bukan?

Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah A. Ancaman. Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah. Kategori Referensi Recent Posts • Di benua Asia ada beberapa negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia antara lain? • Berikut data laporan laba/rugi rental mobil dan sepeda motor Aji. Pendapatan sewa Rp 12.500.000,00 Pendapatan jasa Rp 12.000.000,00 Beban asuransi Rp 4.700.000,00 Beban gaji Rp 4.400.000,00 Beban perlengkapan Rp 1.500.000,00 Beban Listrik dan telepon Rp 550.000,00 Beban sewa Rp 5.000.000,00 Modal awal Rp 35.000.000,00 Prive Rp 1.200.000,00 Berdasarkan data tersebut rental mobil dan sepeda motor Aji memperoleh laba?

• Memastikan bahwa proses pengajuan perlengkapan kerja telah dilakukan dengan benar, sesuai dengan kebijakan perusahaan dan dengan pengendalian yang memadai merupakan tujuan prosedur kerja dari?

• Di Indonesia masih banyak terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga, terutama terhadap kaum perempuan dan anak-anak Faktor kelemahan strukturalnya adalah? • Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia kecil yang menghasilkan keputusan dengan nama?

Soal Jawab PAT/UAS PPKn Kelas 10




2022 www.videocon.com