Antigen di stasiun gambir buka jam berapa

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mewajibkan penumpang kereta api jarak jauh dan pesawat untuk memiliki surat keterangan hasil negatif rapid test antigen apabila ingin bepergian pada libur Natal dan Tahun Baru. Kebijakan ini merujuk pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2020 yang berlaku sejak 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Kebijakan tersebut berdampak terhadap tingginya permintaan rapid test antigen di bandara maupun stasiun. Baca juga: Ada Rapid Test Antigen Gratis untuk Pengemudi di Pos Operasi Lilin Tangerang Bahkan sempat terjadi antrean calon penumpang yang ingin melakukan rapid test antigen di Shelter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (20/12/2020) hingga Selasa (22/12/2020).

Sementara itu, sejumlah penumpang di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen juga harus antre selama tiga jam untuk melakukan rapid test antigen. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk rapid test antigen di bandara dan stasiun? Rapid Test Antigen di Stasiun Hanya 15 Menit Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, rapid test antigen di stasiun hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit saat kondisi normal.

Namun, penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan tes menyebabkan proses rapid test berjalan lebih lama dibanding hari-hari normal.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

"Kalau normal misalnya saya datang langsung proses bayar ke kasir, ambil alat tes, saya dites, saya nunggu hasil, itu hanya 15 sampai 20 menitan," kata Eva saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Berita Terkait Ikut Rapid Test Antigen, 109 Calon Penumpang di Stasiun Senen dan Gambir Positif Covid-19 Ada Rapid Test Antigen Gratis untuk Pengemudi di Pos Operasi Lilin Tangerang Polisi Rapid Test Antigen Acak ke Pengendara Mobil di Rest Area Km 57 Tol Japek Pengunjung Objek Wisata di Kota Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen atau PCR Berita Terkait Ikut Rapid Test Antigen, 109 Calon Penumpang di Stasiun Senen dan Gambir Positif Covid-19 Ada Rapid Test Antigen Gratis untuk Pengemudi di Pos Operasi Lilin Tangerang Polisi Rapid Test Antigen Acak ke Pengendara Mobil di Rest Area Km 57 Tol Japek Pengunjung Objek Wisata di Kota Bogor Wajib Tunjukkan Hasil Rapid Test Antigen atau PCR Dapat Info dari Pacar Pelaku, Polisi Temukan dan Tembak Mati Asril, Tahanan yang Kabur Jebol Sel https://regional.kompas.com/read/2020/12/24/06385731/dapat-info-dari-pacar-pelaku-polisi-temukan-dan-tembak-mati-asril-tahanan https://asset.kompas.com/crops/3p-UxV_W6UtCjSm74OjvuXJ1j3s=/0x0:780x390/195x98/data/photo/2013/09/05/2230247Ilustrasi-Tembak780x390.jpg Liputan6.com, Jakarta - Kepala Humas PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyatakan terdapat lima stasiun yang melayani rapid test antigen dengan tarif Rp 45 ribu.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Layanan tersebut hanya dikhususkan untuk pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang telah memiliki tiket KA atau kode booking yang telah terbayar lunas. "PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta kembali menghimbau kepada calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang akan memanfaatkan layanan Rapid Test Antigen di stasiun untuk memperhitungkan waktu dan jam layanan di masing-masing stasiun," kata Eva di Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Dia mengatakan, masa berlaku hasil negatif rapid tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Hal tersebut sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 97 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 2 November 2021. "Bagi pelanggan KA yang membawa hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen dari luar stasiun antigen di stasiun gambir buka jam berapa naik KA Jarak Jauh yang masih berlaku tetap akan diterima pada saat boarding," jelas dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri bila tidak ada urusan mendesak. Kata dia, hal tersebut untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19 varian baru atau omricon. "Kita imbau tadi, enggak dulu libur ke luar luar negeri dulu deh, biar enggak bawa penyakit ke dalam negeri ini," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (13/12/2021).

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Menurut dia, banyak tempat liburan atau wisata di Indonesia yang dapat dikunjungi. Luhut juga telah meminta tempat wisata membuka hotel ataupun penginapan. "Masih banyak tempat-tempat liburan di republik ini yang masih bisa kita kunjungi. Dan itu kita sudah minta agar hotel-hotel semua pada dibuka, perjalanan kita berusaha bangun," jelas dia.
KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih menyediakan layanan tes antigen untuk calon penumpang yang hendak menggunakan kereta api dalam perjalanan jarak-jauh.

Pasalnya, selama PPKM Darurat persyaratan berpergian menggunakan kereta api wajib menunjukan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mengatakan, untuk pelayanan tes antigen saat ini sudah bisa dilakukan di 83 stasiun di Indonesia. Namun terkait jadwal operasionalnya, Joni mengatakan, hal itu berberbeda-beda di tiap stasiun.

"Pelayanan antigen berbeda-beda di tiap-tiap stasiun, ini tentu dikarenakan jam operasional kereta dan frekuensi perjalanan kereta tiap stasiun berbeda," ujar Joni saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (27/11/2021). Joni menjelaskan, calon penumpang yang tidak melampirkan surat keterangan negatif antigen tidak diperbolehkan menggunakan moda transportasi KA. "Jika misalkan yang bersangkutan tidak memiliki surat keterangan negatif antigen tentu tidak diperkenankan menggunakan kereta," lanjut dia.

Baca juga: Aturan Baru KAI soal Pengembalian Biaya Tiket Jadwal layanan antigen di stasiun di 16 kota Berikut jadwal layanan antigen di stasiun di 16 kota di Indonesia. 1. Stasiun Kiaracondong, Bandung Buka setiap hari, pukul 09.00-23.00 WIB (antrean kondisional). Lokasinya di parkir Utara Stasiun Kiaracondong.

2. Stasiun Tugu, Yogyakarta Buka setiap hari, pukul 06.00 - 21.00 WIB (Antrean Kondisional) posisinya di ruang tunggu Stasiun Sebelah Selatan. 3. Stasiun Kebumen Buka setiap hari, pukul 08.00 - 16.00 WIB (antrean kondisional). Posisinya berada di dekat pintu masuk parkiran stasiun. 4. Stasiun Surabaya Pasar Turi Buka setiap hari, pukul 07.00-22.00 WIB (Antrean Kondisional). Lokasinya di Ruang Tunggu Keberangkatan KA Ekonomi.

Berita Terkait Tips Mengolah Kentang Goreng Crunchy ala Kafe Bantuan yang Masih Disalurkan Desember 2021, Apa Saja? Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat Avianca Boeing 747-200 di Madrid, Spanyol, 183 Orang Tewas 6 Fakta Varian Covid-19 Omicron B.1.1.529 yang Disebut Lebih Menular INFOGRAFIK: Mengenal Varian Corona B.1.1.529 Omicron Berita Terkait Tips Mengolah Kentang Goreng Crunchy ala Kafe Bantuan yang Masih Disalurkan Desember 2021, Apa Saja?

Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat Avianca Boeing 747-200 di Madrid, Spanyol, 183 Orang Tewas 6 Fakta Varian Covid-19 Omicron B.1.1.529 yang Disebut Lebih Menular INFOGRAFIK: Mengenal Varian Corona B.1.1.529 Omicron Liputan6.com, Jakarta Bagi calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang akan memanfaatkan layanan Rapid Test Antigen di stasiun untuk memperhitungkan waktu dan jam layanan di masing-masing stasiun.

PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 5 stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani Rapid Test Antigen dengan harga Rp45.000. Layanan tes di stasiun tersebut dikhususkan bagi pelanggan KAJJ yang telah memiliki tiket KA atau kode booking yang telah terbayar lunas. Berikut daftar 5 stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang menyediakan layanan Rapid Test Antigen: - Stasiun Gambir: 06.00 sd 21.00 WIB - Stasiun Pasarsenen: 05.30 sd 21.00 WIB - Stasiun Bekasi: 09.00 sd 18.00 WIB - Stasiun Karawang: 08.30 sd 17.30 WIB - Stasiun Cikampek: 09.30 sd 18.30 WIB Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, menjelaskan, masa berlaku hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Hal tersebut sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 97 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 2 November 2021. "Bagi pelanggan KA yang membawa hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen dari luar stasiun untuk naik KA Jarak Jauh yang masih berlaku tetap akan diterima pada saat boarding," kata Eva, Kamis (16/12/2021).

Sementara bagi pengguna yang sudah memiliki tiket namun pada saat melakukan pemeriksaan memiliki hasil positif maka tidak diperkenan kan melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100 persen. * Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan. Selama menggunakan layanan KAI, pelanggan wajib mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.

Pelanggan juga harus dalam kondisi antigen di stasiun gambir buka jam berapa (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

KAI senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA.
KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia ( KAI) kembali menambah jumlah stasiun di Pulau Jawa dan Sumatera yang melayani rapid test antigen. Hingga Jumat (22/1/2021), ada 46 stasiun yang menyediakan layanan ini.

"Per 22 Januari 2021, kami telah menyediakan 46 antigen di stasiun gambir buka jam berapa yang melayani rapid test antigen seharga Rp 105.000," kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Panduan Naik KRL Jogja-Solo, dari Cara Bayar hingga Larangannya Joni mengingatkan, jika ingin melakukan rapid test antigen di stasiun, pelanggan harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode pemesanan tiket yang sudah dibayarkan.

Calon penumpang juga diimbau untuk melakukan rapid test antigen sebelum tanggal keberangkatan. Seperti diketahui, hasil rapid test antigen berlaku selama 3 hari. Baca juga: Catat, Ini Cara Menghitung Masa Berlaku Hasil Rapid Antigen dan PCR untuk Syarat Perjalanan Kereta Sekarang, #SahabatKAI makin mudah menemukan stasiun-stasiun dengan layanan Rapid Test Antigen.

Sampai saat ini, sudah ada 45 stasiun KA di Jawa dan Sumatra yang dilengkapi layanan Rapid Antigen, dengan tarif terjangkau: Rp. 105.000,- pic.twitter.com/jU4iyfbJVp — Kereta Api Indonesia (@KAI121) January 21, 2021 Baca juga: Ramai di Media Sosial, Apakah Rapid Test Antigen Harus di Stasiun? Ini Penjelasan KAI Berikut ini daftar 46 stasiun yang melayani rapid test antigen sampai dengan 22 Januari 2021 beserta dengan jam pelayanannya: Daerah Operasi 1 1.

Stasiun Gambir • Jam pelayanan: Pukul 06.30-19.30 WIB 2. Stasiun Pasarsenen • Jam pelayanan: Pukul 06.30-19.30 WIB Daerah Operasi 2 3. Stasiun Bandung • Jam pelayanan: Pukul 07.00-19.00 WIB 4.

Stasiun Kiaracondong • Jam pelayanan: Pukul 07.00-23.00 WIB 5. Stasiun Tasikmalaya • Jam pelayanan: Pukul 08.00-17.00 WIB 6. Stasiun Banjar • Jam pelayanan: Pukul 08.00-16.00 WIB Baca juga: 6 Daerah yang Terapkan Wajib Dokumen Rapid Test Antigen, Mana Saja? Daerah Operasi 3 7. Stasiun Cirebon • Jam pelayanan: Pukul 08.00-17.00 WIB 8. Stasiun Cirebon Prujakan • Jam pelayanan: Pukul 07.00-17.30 WIB 9.

Stasiun Jatibarang • Jam pelayanan: Pukul 08.00-16.00 WIB Daerah Operasi 4 10. Stasiun Semarang Poncol • Jam pelayanan: Pukul 06.00-19.00 WIB 11.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Stasiun Semarang Tawang • Jam pelayanan: Pukul 06.00-19.00 WIB 12. Stasiun Tegal • Jam pelayanan: Pukul 07.00-19.00 WIB 13.

Stasiun Pekalongan • Jam pelayanan: Pukul 08.00-16.00 WIB 14. Stasiun Cepu • Jam pelayanan: Pukul 08.00-16.00 WIB Baca juga: Ramai Warganet Pertanyakan soal Rapid Test Antigen, Ini Penjelasan KAI Daerah Operasi 5 15.

Stasiun Purwokerto • Jam pelayanan: 06.00-17.00 WIB 16. Stasiun Kebumen • Jam pelayanan: 10.00-16.00 WIB 17. Stasiun Kutoarjo • Jam pelayanan: 08.00-18.00 WIB 18. Stasiun Kroya • Jam pelayanan: 08.00-16.00 WIB Daerah Operasi 6 19. Stasiun Yogyakarta • Jam pelayanan: Pukul 07.00-20.30 WIB 20.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Stasiun Lempuyangan • Jam pelayanan: Pukul 07.00-20.30 WIB 21. Stasiun Solo Balapan • Jam pelayanan: Pukul 07.00-20.00 WIB 22.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Stasiun Purwosari • Jam pelayanan: Pukul 07.00-17.00 WIB 23. Stasiun Klaten • Jam pelayanan: Pukul 07.00-17.00 WIB Baca juga: Penumpang KRL Kini Wajib Pakai Baju Lengan Panjang, Memangnya Efektif? Daerah Operasi 7 24. Stasiun Madiun • Jam pelayanan: Pukul 06.00-18.00 WIB 25.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Stasiun Blitar • Jam pelayanan: Pukul 08.00-17.00 WIB 26. Stasiun Jombang • Jam pelayanan: Pukul 07.00-16.00 WIB 27. Stasiun Kediri • Jam pelayanan: Pukul 07.00-19.00 WIB 28. Stasiun Kertosono • Jam pelayanan: Pukul 07.30-18.00 WIB 29. Stasiun Tukungagung • Jam pelayanan: Pukul 08.00-19.00 WIB Daerah Operasi 8 30. Stasiun Mojokerto • Jam pelayanan: Pukul 07.00-18.00 WIB 31.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Stasiun Surabaya Gubeng • Jam pelayanan: Pukul 07.00-18.00 WIB 32. Stasiun Surabaya pasarturi • Jam pelayanan: Pukul 07.00-18.00 WIB 33. Stasiun Malang • Jam pelayanan: Pukul 07.00-16.00 WIB 34.

Stasiun Sidoarjo • Jam pelayanan: Pukul 07.00-16.00 WIB Baca juga: Luhut Minta Penumpang Kereta Api Lakukan Rapid Test Antigen, Ini Tanggapan PT KAI Daerah Operasi 9 35. Stasiun Jember • Jam pelayanan: Pukul 06.00-15.00 WIB 36.

Stasiun Ketapang • Jam pelayanan: Pukul 06.00-15.00 WIB Divisi Regional 3 37. Stasiun Kertapati • Jam pelayanan: Pukul 06.30-11.00 WIB 38. Stasiun Lahat • Jam pelayanan: Pukul 09.00-14.30 WIB 39. Stasiun Lubuk Linggau • Jam pelayanan: Pukul 07.30-12.00 WIB 40. Stasiun Muara Enim • Jam pelayanan: Pukul 10.00-15.00 WIB 41. Stasiun Prabumulih • Jam pelayanan: Pukul 08.00-15.00 WIB 42.

Stasiun Tebing Tinggi • Jam pelayanan: Pukul 08.30-13.30 WIB Divisi Regional 4 43. Stasiun Tanjungkarang • Jam pelayanan: Pukul 05.30-11.00 WIB 44. Stasiun Kotabumi • Jam pelayanan: Pukul 08.00-14.00 WIB 45. Stasiun Martapura • Jam pelayanan: Pukul 09.00-15.00 WIB 46.

Stasiun Baturaja • Jam pelayanan: Pukul 09.00-15.00 Antigen di stasiun gambir buka jam berapa Baca juga: Daftar 108 Daerah Berstatus Zona Merah Covid-19 di Indonesia, Jawa Tengah Masih Tertinggi Tanggapan KAI terkait diperpanjangnya PPKM Joni juga menyampaikan tanggapan KAI terkait diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Pihaknya menyampaikan, KAI konsisten mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 termasuk pada moda transportasi kereta api. "KAI selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik saat di stasiun maupun selama dalam perjalanan untuk menjadikan kereta api sebagai transportasi yang aman, nyaman, selamat dan sehat sampai tujuan," terang Joni.

Diberitakan sebelumnya, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera diharuskan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil nonreaktif Rapid Test Antigen sebagai syarat untuk naik Kereta Api. Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub Nomor 4 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: 4 Daerah Berikut Laporkan Penuhnya Ruang Perawatan Pasien Covid-19, Mana Saja? Pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau hasil nonreaktif Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

antigen di stasiun gambir buka jam berapa

Adapun syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan dengan usia di bawah 12 Tahun. Pelanggan KA Jarak Jauh harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut, memakai face shield, dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.

Para pelanggan juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung selama perjalanan. Bagi pelanggan KA yang perjalanannya kurang dari 2 jam tidak diperkenankan untuk makan dan minum, terkecuali antigen di stasiun gambir buka jam berapa individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Baca juga: Sering Dikeluhkan, Ini Alasan Mengapa Tes Swab Mahal Berita Terkait Ramai soal Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka pada Januari 2021, Benarkah?

Pencairan BLT UMKM 2020 Disebut Maksimal Akhir Januari 2021, Ini Cara Cek e-Form BRI. Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia 4 Bantuan Pemerintah yang Sudah Cair, Apa Saja? Selain BLT Gaji Guru Honorer, Ini Sederet Bantuan Pemerintah bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Berita Terkait Ramai soal Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka pada Januari 2021, Benarkah?

Pencairan BLT UMKM 2020 Disebut Maksimal Akhir Januari 2021, Ini Cara Cek e-Form BRI. Simak 3 Gejala Baru Covid-19, dari Anosmia hingga Parosmia 4 Bantuan Pemerintah yang Sudah Cair, Apa Saja? Selain BLT Gaji Guru Honorer, Ini Sederet Bantuan Pemerintah bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Mengintip Spesifikasi Maung Antigen di stasiun gambir buka jam berapa Versi Sipil yang Akan Dijual Mulai Rp 600 Jutaan https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/22/170500065/mengintip-spesifikasi-maung-pindad-versi-sipil-yang-akan-dijual-mulai-rp https://asset.kompas.com/crops/VWKoQNx9ODA16wzSNJDmphjXbzE=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2020/07/22/5f18228cda7fa.jpg
Tesla Ungkap Kesepakatan Nikel dengan Induk Vale Indonesia (INCO) Efek Minyak Goreng dan Pertamax, BPS Catat Inflasi April 2021 Meroket 3,47 Persen IHSG Sesi I Sempat Tinggalkan 6.900, Asing Jual Saham Rp1,6 Triliun Mesin-Mesin Pertumbuhan Pulih, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01 Persen di Kuartal I/2022 LIVE : Harga emas masih terkapar (12:20 WIB) LIVE : Rupiah turun 77 poin (12:17 WIB) LIVE : IHSG lesu sesi I (11:30 WIB) Bisnis.com, JAKARTA - Stasiun Gambir dan Pasar Senen mulai hari ini, 23 Desember 2021 melayani pemeriksaan RT-PCR dengan tarif Rp195.000.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan layanan ini disediakan guna memudahkan calon penumpang memenuhi syarat perjalanan Kereta Api (KA) khususnya anak di bawah 12 tahun selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). "Pemeriksaan RT-PCR di stasiun mulai beroperasi pada Kamis 23 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022," ujar Eva, Kamis (23/12/2021).

Bagi pelanggan anak di bawah 12 tahun yang ingin memanfaatkan layanan tersebut, ujarnya, cukup menunjukkan tiket atau kode booking yang telah terbayar lunas. "Daop 1 Jakarta menghimbau para pelanggan yang akan menggunakan layanan RT-PCR di stasiun agar memperhitungkan waktu antara pengambilan sampel PCR dan jadwal keberangkatan KA, sebab hasil RT-PCR paling cepat 12 jam dari pengambilan sampel. Hasil test akan diinfokan melalui email atau WhatsApp yang telah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi," terang Eva.

Sebagai informasi, sesuai ketentuan SE Kemenhub No. 112/2021, terdapat sejumlah ketentuan khusus untuk pengguna jasa yang akan berangkat pada periode 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022. Dalam edaran tersebut, dikatakan bahwa calon penumpang usia di bawah 12 tahun wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam dan harus didampingi orang tua. Sementara bagi calon penumpang usia 12 - 17 tahun, wajib menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama. Jika belum dapat divaksin dikarenakan alasan medis, dapat menyertakan surat keterangan dari dokter spesialis atau dokter rumah sakit pemerintah sebagai pengganti vaksin.

Selain itu, yang bersangkutan harus menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan. Terakhir, untuk calon penumpang usia di atas 17 tahun, wajib vaksin dosis lengkap (vaksinasi dosis kedua). Jika belum lengkap maupun dikarenakan alasan medis, maka tidak dapat melakukan perjalanan.

Pelaku perjalanan usia 17 tahun ke atas ini juga wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan. Terpopuler • Menhub Imbau Pemudik Tunda Perjalanan Arus Balik Hari Ini • Mesin-Mesin Pertumbuhan Pulih, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01 Persen di Kuartal I/2022 • Negara G7 Sepakat Blokir Impor Minyak dari Rusia • Wabah Penyakit Serang Ternak di Jawa Timur, Ini Rekomendasi untuk Pemerintah • Kenaikan PDB Indonesia Tarik Minat Investor Asing di Sektor PropertiJakarta - Layanan rapid test antigen di Stasiun Gambir sudah dibuka.

Pada jam pelayanan siang ini, antrean rapid test antigen mulai mengular alias panjang. Dari pantauan detikcom, Senin (21/12/2020), layanan rapid test pada jam pagi yang dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 11.30 WIB masih tampak sepi.

Namun, di jam pelayanan siang, antrean calon penumpang yang hendak melakukan rapid test antigen mulai panjang sejak pukul 12.20 WIB. Padahal, loket baru dibuka pukul 12.30 WIB setelah istirahat siang. Saking ramainya, tidak ada satu kursi tunggu yang kosong. Beberapa calon penumpang bahkan duduk di beton pembatas jalan. Baca juga: Layanan Rapid Test Antigen di Stasiun Sudah Buka, Biaya Rp 105.000 Syarat wajib melampirkan hasil tes diagnosa virus Corona (COVID-19) jenis rapid test antigen untuk penumpang KA memang baru berlaku besok, Selasa 22 Desember 2020.

Akan tetapi, pelayanannya sudah dibuka hari ini untuk melayani calon penumpang yang ingin melakukan tes untuk perjalanan besok. Dikarenakan antrean yang panjang, petugas mengarahkan calon penumpang KA untuk membuat dua baris antrean.

HARGA dan LOKASI RAPID TES ANTIGEN di STASIUN KERETA API GAMBIR




2022 www.videocon.com