Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Jawaban: 3 detik Penjelasan: Pelanggaran 3 Second Violation Sesuai dengan namanya, pelanggaran yang satu ini ada kaitannya dengan lama waktu 3 detik yang dilanggar oleh pemain berada dalam daerah tembakan bebas.

Jika pemain berada dalam daerah tersebut lebih dari waktu 3 detik yang disediakan, maka pemain akan diberikan peringatan pelanggaran dengan kerugian tembakan untuk lawan main. maaf kalau salah Peraturan dalam permainan bola basket adalah informasi yang menarik untuk diketahui bagi anda yang penasaran mengenai olahraga bola basket.

Bola basket adalah satu lagi jenis olahraga yang cukup populer di masyarakat Indonesia.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Seperti diketahui, mulai dari kanak-kanak hingga orang dewasa banyak yang menjadi olahraga bola basket sebagai olahraga rekreasi untuk menghilangkan penat. Memang bermain bola basket di masyarakat Indonesia sudah cukup lama dikenalkan.

Sejak dari tingkat sekolah, kurikulum mata pelajaran olahraga selalu memasukkan materi olahraga bola basket sebagai salah satu olahraga yang harus diketahui oleh siswa. Artikel Terkait: β€’ Teknik Dasar Bola Basket β€’ Teknik Dasar Bola Voli β€’ Sepak Takraw Sejarah – Aturan dan Teknik Dasarnya β€’ Macam-macam Olahraga di Rumah untuk Wanita Siswa di segala usia mempelajari bola basket sejak dini, namun tahukah mereka apa saja peraturan dalam permainan bola basket?

Tidak banyak yang mengetahui macam-macam peraturan yang diatur dalam suatu pertandingan bola basket. Kebanyakan hanya tahu melakukan olahraga, tanpa tahu apakah yang dilakukannya sudah sesuai dengan peraturan ataukah belum. Lalu dari manakah seseorang bisa mengetahui macam-macam peraturan dalam permainan bola basket?

Peraturan Permainan Bola Basket Seluruh peraturan yang dirumuskan untuk melaksanakan suatu permainan basket tercantum dalam buku panduan permainan bola basket. Buku ini dirumuskan oleh FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) yang merupakan penjamin bahwa setiap pelaksanaan pertandingan bola basket harus berdasarkan panduan yang satu ini.

Bagi anda yang penasaran bagaimana dapat memiliki buku panduan ini, tenang saja karena anda dapat memilikinya tanpa biaya apapun (gratis). Anda dapat mengunduh buku panduan pada link website resmi FIBA.com. Buku tersebut cukup tebal, sekitar 86 halaman namun tetap menarik untuk anda pencinta basket tentunya.

Informasi serta peraturan terbaru dalam dunia basket dapat anda temukan dalam buku panduan terebut. Namun, bagi anda yang tidak memiliki waktu membaca buku yang cukup tebal kali ini akan dibahas secara singkat gambaran mengenai berbagai peraturan permainan bola basket yang dimuat dalam buku terbitan FIBA tersebut. Simak penjelasan lengkapnya di bagian selanjutnya. Peraturan Dasar dalam Permainan Bola Basket Seperti dijelaskan sebelumnya, ada banyak aspek yang perlu diatur untuk menjamin pertandingan bola basket sesuai dengan yang diharapkan dan terlaksana adil dan jujur.

Peraturan tersebut mencakup banyak hal yang mungkin cukup repot jika anda harus cari tahu satu per satu. Berikut ini informasi lengkap mengenai peraturan dalam permainan bola basket yang perlu anda ketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat! 1. Peraturan Mengenai Lebar Lapangan Permainan Hal mendasar yang perlu diketahui dalam permainan bola basket tentunya adalah mengenai lebar lapangan bola basket. Tahukah anda berapa ukuran dari lapangan bola basket yang selama anda nikmati lewat televisi pertandingannya?

Jika anda belum mengetahuinya, maka mulailah untuk mengetahuinya dari sekarang. Lapangan bola basket memiliki dua ukuran standar yang umumnya digunakan. Ukuran lapangan yang pertama dirumuskan oleh National Basketball Association (NBA). Biasanya ukuran yang dirumuskan oleh NBA ini lebih banyak digunakan dalam pertandingan bola basket di liga Amerika. Besar lapangan basket tersebut antara lain adalah panjang sebesar 2,85 meter dan lebarnya sebesar 15 meter.

Berbeda memang ukuran dari NBA ini dengan ukuran lapangan dari FIBA. Fiba merumuskan ukuran standar lapangan bola basket yang sedikit lebih kecil yaitu panjangnya 26 meter dan lebarnya 14 meter.

Kebanyakan ukuran lapangan bola basket FIBA inilah yang digunakan pada pertandingan skala internasional. Artikel Terkait : β€’ Macam macam Alat Olahraga Fitness β€’ Olahraga Polo Air β€’ Macam macam Olahraga Bela Diri β€’ Sejarah Olahraga Balap Sepeda di Indonesia 2. Peraturan Mengenai Jumlah Pemain dalam Permainan Selanjutnya, peraturan dalam permainan bola basket yang perlu anda ketahui adalah berapakah jumlah pemain dalam permainan.

Pastinya minimal satu kali anda pernah menghitung ada berapa pemain dalam satu tim bukan? Sebanyak 5 orang atlet akan ikut bermain dari satu tim untuk pertandingan bola basket.

Lalu berapakah jumlah cadangan yang diperbolehkan pada pertandingan ini? Pelatih diperbolehkan menyediakan sejumlah 5 orang cadangan dengan skenario terparah ada 5 atlet utama yang harus digantikan secara keseluruhan fungsinya. Selain pemain dalam tim, anda pasti akan menemukan keberadaan wasit tentunya.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Wasit pada pertandingan bola basket memiliki jumlah 2 orang. Wasit yang pertama atau wasit 1 memiliki nama panggilang Referee, sedangkan untuk wasit yang kedua atau wasit 2 disebut dengan nama Umpire. 3. Peraturan Mengenai Lama Waktu Permainan Pertandingan bola basket sama seperti pertandingan olahraga lain tentunya memiliki lama waktu permainan. Lama waktu permainan bola basket ada dua juga jenisnya. Seperti diketahui olahraga bola basket ini sangat populer di Amerika Serikat sehingga kebanyakan peraturan untuk bola basket di Amerika di atur oleh NBA dan bukan FIBA.

Berdasarkan aturan FIBA lama waktu permainan bola basket adalah 4 x 10 menit. Sedangkan menurut aturan dari NBA, aturan lama waktu permainan adalah 4 x 12 menit. Setiap sesi jeda antar babak, akan diberikan waktu istirahat yaitu selama 10 menit. Oleh sebab itu, pertandingan bola basket rata-rata akan berjalan selama 80 menit hingga 90 menit tergantungan kondisi dari pertandingan itu sendiri. Jika terjadi skor sama hingga detik terakhir, maka akan diadakan perpanjangan waktu sampai ada selisih skor yang dibutuhkan.

4. Peraturan Mengenai Pelanggaran 3 Second Violation Tahukah anda ada aturan pelanggaran bernama 3 second violation dalam permainan bola basket? Sesuai dengan namanya, pelanggaran yang satu ini ada kaitannya dengan lama waktu 3 detik yang dilanggar oleh pemain berada dalam daerah tembakan bebas. Jika pemain berada dalam daerah tersebut lebih dari waktu 3 detik yang disediakan, maka pemain akan diberikan peringatan pelanggaran dengan kerugian tembakan untuk lawan main.

Pernahkah anda sebelumnya melihat pemain bola basket yang anda saksikan mendapatkan peringatan pelanggaran, padahal anda tidak melihat ada sesuatu terjadi? Nah, mungkin saja saat itu pemain tersebut berada pada daerah tembakan bebas yang membuatnya menjadi terkena pelanggaran. Oleh sebab itu, pemain bola basket harus memperhatikan posisinya dan terus fokus dalam melakukan pergerakan. Jangan sampai anda terkena pelanggaran karena kelalaian anda berada pada daerah tembakan bebas selama lebih dari 3 detik.

5. Peraturan Mengenai Pelanggaran Back Ball atau Back Court Selanjutnya peraturan dalam permainan bola basket yang kurang banyak diketahui adalah peraturan dengan nama back ball atau back court.

Peraturan ini menjelaskan suatu keadaan pelanggaran yang ditujukan dengan nama yang sama seperti disebutkan di atas. Pelanggaran ini ditujukan pada pemain yang membawa bola basket yang dikendalikannya ke daerah pertahanan, melalui garis tengah. Keadaan ini menunjukkan bahwa pemain telah melanggar peraturan bahwa membawa bola ke daerah pertahanan tidak boleh melalui garis tengah.

Informasi yang satu ini pasti belum banyak diketahui oleh anda para penikmat bola basket bukan? Karena itu ketahuilah informasinya dan hindari pelanggarannya di kemudian hari. Jika anda lebih berhati-hati dalam melakukan pembawaan bola ini, maka tentunya ada lebih banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan poin tim anda. 6. Peraturan Mengenai Pelanggaran Traveling atau Walking Ada lagi pelanggaran yang diatur dalam peraturan dinamakan dengan Traveling atau Walking.

Jenis pelanggaran ini terjadi karena pemain membawa bola basket tanpa mendriblle pada jarak perpindahan lebih dari dua langkah. Secara tidak langsung sama saja pemain sedang membawa bola tanpa mengikuti aturan khas dari bola basket yaitu dribble. Hal ini tidak dibolehkan diberikan keringanan, karena apalah bedanya bola basket dengan olahraga lain jika dribble tidak dilakukan.

Anda boleh membawa bola sewaktu-waktu dalam permainan, namun jarak maksimalnya adalah dua langkah. Itulah juga sebabnya dalam gerakan lay up hanya dua angka yang diperbolehkan untuk diambil sebelum menshot bola ke ring tim lawan anda.

Semoga dengan mengetahui ini semakin banyak atlet dan pecinta bola basket yang sadar akan keberadaan peraturan ini. 7. Peraturan Mengenai Pelanggaran Double Satu lagi peraturan dalam permainan bola basket yang anda perlu ketahui adalah terkait pelanggaran double.

Pelanggaran jenis ini terjadi akibat dari pemain yang kembali mendriblle bola setelah sebelumnya sudah berhenti melakukan dribble bola. Karena kembali mendribble, maka pelanggaran ini dikenal sebagai double dribble, atau dribble saja. Anda yang mencintai ataupun pelaku olahraga bola basket secara rutin pasti mengetahui aturan mendasar yang satu ini.

Bagaimana anda tidak boleh mendribble bola kembali, setelah anda berhenti mendribblenya sebelumnya. Itulah juga mengapa olahraga bola basket dianggap sebagai olahraga yang membutuhkan tingkat fokus yang tinggi.

Demikianlah diharapkan agar pemain bola basket dapat mengurangi pelanggaran dribble ini dengan melatih gerak refleksnya. Sehingga, tidak lagi pemain mudah mengoper bola dan mendribbel double. Artikel Terkait : β€’ Macam Macam Olahraga Sederhana yang dapat dilakukan di Rumah β€’ Olahraga Tolak Peluru – sejarah-gaya dan tekniknya β€’ Macam macam Gaya dalam Lempar Lembing β€’ Sejarah dan Teknik dalam Lempar Cakram 8.

Peraturan Mengenai Pelanggaran Shot Clock Violation Peraturan dalam permainan bola basket lainnya dinamakan sebagai shot clock violation. Jenis pelanggaran yang satu ini ditujukan pada pemain yang melakukan penyerangan dengan lama waktu lebih dari 24 detik sebelum bola berhasil menyentuh ring. Hal ii tidak diperbolehkan, karena menurut aturan dasar permainan bola basket waktu penyerangan maksimal hanya 24 detik.

Jadi sebelum jangka waktu 24 detik habis, bola sudah harus menyentuh ring (baik masuk atapun tidak). Setelah bola menyentuh ring, shot clock akan kembali ke penunjuk angka 24 detik. Jika bola kembali dipegang oleh tim yang menyerang untuk kedua kalinya, maka shotclock berubah menjadi 14 detik. Demikianlah peraturan mengenai lama waktu menyerang diatur dalam permainan bola basket. Hal ini penting untuk diperhatikan oleh pemain, agar tidak menyusun serangan yang terlalu rumit dan lebih dari waktu 24 detik.

9. Peraturan Mengenai Pelanggaran 8 Second Violation Selain itu, terdapat juga peraturan yang mengatur berapa lama waktu membawa bola di daerah pertahanan yang tidak akan dikenai pelanggaran. Setiap tim pastinya memiliki daerah pertahanan yang harus dijaga agar lawan tidak memasuki dan melempar bola ke ring daerah pertahanan anda.

Pertahanan ini kemudian juga dapat diwujudkan dengan mengambil bola pada daerah pertahanan. Sayangnya, ada batas waktu standar berapa lama waktu anda dapat mempertahankan bola di daerah anda sendiri. Sekitar 8 detik lamanya, waktu yang anda punya untuk membawa bola di daerah pertahanan anda.

Lebih dari itu anda akan terkena pelanggaran yang berakibat pada lemparan bebas menyerang anda. Jadi pastikanlah untuk menjaga bola tetap aktif bergerak tidak selalu ada di daerah pertahanan anda. 10. Peraturan Mengenai Pelanggaran Jumping Hal lain yang perlu anda ketahui dalam pertandingan bola basket adalah bagaimana anda melalukan lompatan ( jumping) tanpa pelanggaran.

Pasti anda cukup heran karena ada lompatan atau tembakan yang tergolong sebagai pelanggaran. Lompatan untuk melakukan tembakan ini dapat dinyatakan pelanggaran jika termasuk dalam suatu kondisi. Apakah kondisi tersebut? Kondisi tersebut adalah ketika pemain melompat untuk tembakan, namun mendadak turun dari lompatan tidak jadi melakukan tembakan. Keadaan ini adalah pelanggaran yang sangat sering dilakukan oleh pemula.

Cara untuk menghindarinya adalah dengan membiasakan diri untuk melakukan tembakan langsung saat melompat. Jika anda belum terbiasa, maka lakukanlah latihan terus menerus. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk memperhatikan hal-hal kecil namun krusial seperti hal jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan ini. 11. Peraturan Mengenai Pelanggaran Offensive Foul Peraturan lain yang diatur dalam permainan bola basket berkaitan dengan pelanggaran yang bersifat kasar dan membahayakan (ofensif).

Apa yang menyebabkan seseorang melakukan pelanggaran ofensif ini? Umumnya dalam suatu pertandingan, memang tensi dan keinginan untuk menjadi yang terbaik sangatlah tinggi.

Keadaan ini membuat apapun yang lawan lakukan, secara tidak langsung seperti memprovokasi anda untuk melawan.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Jika sudah terpancing emosi, maka pertikaian seringkali tidak dapat dihentikan. Oleh karena dibutuhkan suatu peraturan di mana antar pemain tidak boleh saling memprovokasi. Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan ketika ada orang lain yang menarik anda untuk bertikai, artinya pemain tersebut telah melakukan pelanggaran offensive foul dengan cara melakukan illlegal pick pada lawan anda.

Itulah sebabnya anda harus benar-benar berhati-hati dan melaksanakannya. 12. Peraturan Mengenai Pelanggaran Personal Foul Ada lagi pelanggaran yang dapat dilakukan antar lawan main. Pelanggaran ini dikenal dengan nama personal foul. Artinya seorang pemain melanggar pemain lainnya dengan berbagai cara. Ada beberapa gerakan yang tergolong mempertahankan daerah pertahanan, namun seringkali berujung pada pelanggaran.

Gerakan ini antara lain adalah hold (menahan), push (mendorong), reaching (menarik), dan ilegal blocking (menghalangi secara ilegal). Berbagai keadaan tersebut jika dilakukan 5 kali oleh pemain yang sama, maka akan berakibat pemain dikeluarkan dari pertandingan dan tidak dapat melakukannya lagi. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pemain bola basket untuk mengetahui apa dan bagaimana pertandingan yang baik dapat dilakukan.

Hal ini erat kaitannya dengan menjaga pertandingan berlangsung dengan aman tanpa menyebabkan suatu pertikaian. 13. Peraturan Mengenai Pelanggaran Technical Foul Dalam permainan bola basket tentu perlu juga diatur mengenai pelanggaran di luar jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan dan teknik, namun berkaitan dengan nilai dan etika yang berlaku.

Hal ini misalnya terjadi ketika pemain melakukan protes atas keputusan wasit secara berlebihan, hingga membahayakan wasit dan keberadaannya. Walau tidak sampai membahayakan wasit, namun ungkapan kasar kepada wasit pun tidak bisa diabaikan begitu saja.

Seorang pemain yang mengumpat kepada pemain lain, penonton, ataupun wasit akan diberikan peringatan pelanggaran technical foul. Artinya pemain telah melanggarr hal-hal teknis seperti menjaga pertandingan aman dan tidak menyakiti orang lain dengan tindakannya.

Berbagai pelanggaran ini dapat dijatuhkan hukuman terbesa yaitu dikeluarkan dari pertandingan yang sedang berlangsung. Pengusutan lebih lanjut oleh FIBA pun mungkin saja menskors pemain hingga beberapa waktu lamanya, sebelum kembali bermain lagi.

14. Peraturan Mengenai Pelanggaran Unsportsmanlike Foul Ada juga jenis pelanggaran yang sangat tidak etis yang kemudian diketahui memang memiliki niat buruk untuk menyakiti lawan. Pelanggaran tanpa niat buruk dan dengan niat buruk akan dapat terlihat dengan mudah. Misalnya ketika ada seorang pemain yang sengaja mengarahkan tangannya untuk memukul wajah lawan, merupakan pertahanan dengan niat menciderai. Jika tidak ada niat menciderai, pertahanan dapat dilakukan dengan berbagai cara yang mungkin dan tidak terlalu berbahaya.

Jika sampai ada yang menjadi korban dalam suatu pelanggaran tidak etis ini, maka pelanggar disebut telah melakukan unsportmanlike foul. Jenis pelanggaran ini biasanya akan menghasilkan lemparan bebas pada korban, sebanyak dua kali. Jika terjadi di poin-poin genting, maka keadaan ini dapat memutarbalik keadaan dalam waktu yang sangat singkat.

15. Peraturan Mengenai Pelanggaran Team Foul Jika dalam satu babak pertandingan ( quarter) satu tim melakukan lebih dari 5 kali pelanggaran personal, maka tim kemudian dinyatakan telah melakukan pelanggaran tim. Pelanggaran ini akan menghadiahkan ke pada lawan lemparan bebas kelima dan keenam hingga quarter terus berjalan. Setelah satu quarter selesai, maka pelanggaran tim akan menjadi nol kembali.

Artikel Terkait: β€’ Macam-macam Gaya dalam Lompat Jauh β€’ Jenis Permainan Olahraga untuk Anak SD β€’ Macam macam Gaya Lompat Tinggi β€’ Macam macam Lari dalam Olahraga Atletik Itulah tadi informasi mengenai berbagai peraturan dalam permainan bola basket yang perlu untuk anda ketahui.

Diharapkan dengan mengetahui mengenai berbagai peraturan dalam permainan bola basket ini anda dapat menjadi lebih tertarik untuk mempelajarinya. Tidak perlu lagi hanya menikmatinya melalui televisi, tetapi juga mewujudkan mimpi anda menjadi atlet basket profesional. Semoga beruntung dan selamat belajar mengenai macam-macam peraturan dalam permainan bola basket.
Contoh Soal PAS Ganjil PENJASORKES Kelas IX 2020/2021 Lengkap dengan Jawabannya. Berikut ini adalah contoh soal Penilaian Akhir Semester ganjil mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga kelas 9 SMP/MTs.

Silahkan digunakan untuk belajar. Usahakan tidak melihat kunci jawaban. Jika sudah mentok tidak bisa menjawab, baru lihat kunci jawabannya. Selamat belajar. Kunci jawaban berada dibawah seluruh soal. Baca juga: β€’ Contoh Soal PAS Ganjil PAIBP Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil Penjasorkes Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil IPA Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil IPS Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil PPKn Kelas 9 dan Jawabannya I.

Jawablah soal-soal berikut ini dengan memilih huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang benar dan tepat! 1. Dalam sebuah pertandingan sepak bola, tugas dan tanggung jawab pemain sesuai dengan posisi masing-masing.

Tugas pemain bertahan adalah menjaga daerah pertahanan agar tidak mudah ditembus lawan, tugas pemain penjaga gawang adalah menjaga gawang agar tidak bisa dibobol oleh lawan, adapun membobol gawang lawan adalah tugas utama dari.

A. Pemain gelandang B. Pemain tengah C. Pemain penyerang D. Pemain cadangan 2. Berikut ini adalah istilah-istilah dalam permainan sepak bola : - Kick of – throw in – goal kick – corner kick – free kick – off side – passing – pivot – Manakah yang bukan istilah dalam permainan sepak bola.

A. Kick of, throw in, goal kick B. Corner kick, free kick, off side C. Goal kick. Free kick, passing D. Off side, throw in, pivot 3. Jika dalam suatu kejuaraan sepak bola dengan menggunakan sistem kompetisi, nilai yang diperoleh setiap tim jika berhasil mengalahkan tim lawan adalah 3 (tiga), dan tim yang kalah mendapatkan nilai 0 (nol), berapakah nilai yang diperoleh tim jika imbang (draw).

A. Satu B. Dua C. Tiga D. Empat 4. Perhatikan gambar berikut ini! Gambar di atas merupakan bola yang dipakai untuk permainan bola besar. Manakah bola yang dipakai untuk olahraga permainan sepak bola. A. 1 C. 3 B. 2 D. 4 5. Pemain penyerang berada lebih belakang posisinya dari pemain bertahan lawan saat bola akan dioper, adalah perngertian dari .

wasit akan menghentikan permainan, kemudian memulai lagi dengan cara . A. Out side, memulai lagi dengan free kick di tempat kejadian untuk tim bertahan B. In side, memulai lagi dengan free kick di tempat kejadian untuk tim bertahan C. On side, memulai lagi dengan free kick di tempat kejadian untuk tim bertahan D.

Of side, memulai kembali dengan free kick di tempat kejadian untuk tim bertahan 6. Tugas seorang wasit 1 dalam sebuah pertandingan bola voli diantaranya yaitu memimpin pertandingan, menghentikan dan memulai kembali permainan. Adapun salah satu tugas seorang wasit 2 adalah. A. Memberi sinyal ke wasit 1 jika terjadi salah posisi pemain B. Memberi sinyal ke wasit 1 jika terjadi bola keluar C. Memberi sinyal ke wasit 1 jika terjadi bola masuk D. Memberi sinyal ke wasit 1 jika terjadi keributan 7.

Permainan bola basket pertama kali diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891, permainan bola voli pertama kali diciptakan oleh William George Morgan pada tahun 1985. Kedua olahraga permainan ini diciptakan dalam satu sekolah yaitu YMCA (Young Men’s Christian Association). Sebelum menjadi nama bola voli, apakah nama olahraga permainan ini pada awal diciptakan . A. Soft ball B. Mintonette C.

Base ball D. Badminton 8. Perhatikan berbagai teknik olahraga permainan di bawah ini: Yang merupakan teknik dasar permainan bola voli adalah.

1. Service 5. Dribling 2. Shoting 6. Passing 3. Smash 7. Blocking 4. Controlling 8. Lob A. 1, 2, 4 B. 3, 7, 8 C. 2, 5, 6 D.

1, 3, 7 9. Dalam permainan bola voli agar tim bisa memenangkan pertandingan tentunya harus bagus dalam menyerang dan bertahan, menyerang dilakukan bisa dengan cara service atau smash keras ke daerah atau pemain lawan yang dianggap paling lemah, serta ketika bertahan harus bagus dalam membendung (blocking) dan menjaga pertahan dengan baik.

Berapakah jumlah maksimal pemain yang boleh melakukan blocking. A. 1 pemain B. 2 pemain C. 3 pemain D. 4 pemain 10. Pemain yang bertugas untuk menerima bola pertama dalam permainan bola voli adalah libero, adapun yang mengatur penyerangan kapan memberi umpan ke pemain untuk melakukan smash adalah tugas dari pemain . A. Tosser B. Blocker C. Spiker D. servicer 11. Permainan bola basket merupakan permainan menarik jika kita tahu serta paham tentang aturan bermainnya, karena selain ada gerakan-gerakan atraktif juga skor yang dihasilkan cenderung banyak bahkan untuk tingkat internasional dalam satu pertandingan tiap tim ada yang mencapai angka ratusan.

Skor tertinggi saat memasukan bola ke ring lawan adalah saat tembakannya dilakukan dari luar daerah pertahanan lawan, tembakan tersebut bernilai . poin. A. 1 poin B. 3 poin C. 2 poin D. 4 poin 12. Drible atau menggiring bola adalah salah satu teknik dalam permainan bola basket yang memiliki tujuan untuk melewati hadangan lawan serta untuk mendekati target. Berikut adalah gerakan drible dalam permainan bola basket yang benar .

A. Drible sambil berlari dengan satu tangan, tiap langkah satu pantulan bola B. Melakukan drible dengan menggunakan dua tangan, sambil berlari tiap langkah satu pantulan bola C. Membawa bola sambil berlari, tanpa memantulkan bola D. Melakukan drible dengan menggunakan satu tangan kemudian berhenti diam, kemudian drible lagi. 13. Di bawah ini adalah teknik dasar permainan bola basket, kecuali . A. Drible, chest pass, jump shot B. Over head pass, shot, drible C.

Bound pass, pivot, lay up shot D. Step over, nutmeg, heading 14. Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan. A. 1 detik B. 5 detik C. 3 detik D. 7 detik 15. Di suatu pertandingan bola basket salah seorang pemain sedang melakukan dribling yang tidak benar, maka wasit akan menghentikan permainan serta memulai lagi dengan cara .

A. Tembakan bebas untuk tim lawan B. Lemparan ke dalam diambil garis samping lapangan yang paling dekat oleh tim lawan C. Tembakan bebas di tempat kejadian pelanggaran D. Lemparan ke dalam oleh pemain yang melakukan pelanggaran 16.

Perhatikan tabel berikut ini! 21. Tugas seorang pitcher (pelambung) adalah sebagai pengumpan bagi pemukul, bola yang dilempar idealnya paling tinggi sejajar dengan bahu dan paling rendah setinggi lutut pemukul. Adapun pelambung (pitcher) dalam olahraga sofball ini dilakukan oleh . A. Diri sendiri B. Pemain satu tim C. Pemain lawan D. wasit 22. Perhatikan gambar berikut ini! Manakah gambar lapangan softball .

A. 1 C. 3 B. 2 D. 4 23. Manakah yang merupakan istilah – istilah dalam olahraga soft ball . Menendang – memukul – pelambung – menangkap – pitcher – catcher – short stop – first base man – second base man – third base man – melempar – mendorong – berguling – smash – blocking – sliding – lob – guling perut.

A. Menangkap, memukul, mendorong B. Melempar, menendang, berguling C. Pithcer, catcher, memukul D. First base man, second base man, smash 24. Permainan sepak bola, bola basket dibatasi oleh waktu bermain. Permainan bola voli, bulutangkis dibatasi oleh point.

Jika dalam permainan soft ball satu tim melakukan pukulan satu kali serta bertahan satu kali biasanya disebut satu . A. Inning B. Menyerang, bertahan C. Strike D. Defend, offensive 25. Atletik merupakan olahraga tertua yang dipertandingkan, atletik biasa disebut basic sport atau mother of sport karena atletik mempertandingkan gerak – gerak dasar manusia yaitu .

A. tolak peluru, lempar cakrammemanah B. lempar lembing, lontar martil, merangkak C. Jalan, lari lompat, lempar D. Lompat tinggi, lompat jauh, berenang 26. Berdasarkan jarak yang diperlombakan nomor lari dibagi menjadi tiga yaitu . A. Dekat, tanggung, jauh B. Pendek, menengah, jauh C. Lari santai, lari menengah, lari jauh D. Jogging, running, speed 27. Teknik start dalam perlombaan lari jarak pendek adalah menggunakan start jongkok, sedangkan untuk lari jarak jauh menggunakan start .

A. Berdiri B. Guling C. Melayang D. lompat 28. Untuk nomor lari jarak menengah, jarak yang dilombakan antara lain . A. 1500 m B. 10000 m C.

400 m D. 100 m 30. Posisi badan yang membuat pelari semakin cepat yaitu . A. Menunduk B. Condong ke depan C. Tegak D. membungkuk 31.

Ketika menerima tongkat estafet, maka penerima harus menjulurkan tangannya ke arah . A. Samping kiri B. Belakang C. Depan D. Samping kanan 32. Cara pemindahan tongkat estafet yang si penerima tongkat tanpa menoleh ke belakang dinamakan cara .

A. Non visual B. Visual C. Non blind D. blind 33. Induk organisasi pencak silat nasional adalah . A. PSI B. PSSI C. PESILAT D. IPSI 34. Empat aspek yang terkandung dalam pencak silat sebagai berikut, kecuali . A. Olahraga B. Keraguan C. Kesenian D. Bela diri 35. Pencak silat memiliki berbagai teknik dasar, adapun yang bukan termasuk teknik dasar pencak silat adalah .

A. Jatuhan B. Tendangan C. Tangkisan D. pukulan 36. Di bawah ini yang termasuk dalam sikap seorang pesilat dalam menghadapi lawan yaitu . A. Menghormati lawan B.

menyerah C. menyerang dengan kasar, membabi buta D. memprovokasi lawan 37. Program latihan fisik harus direncanakan dengan baik dan sistematis serta ditujukan untuk . A. meningkatkan pertumbuhan badan B. meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fungsional organ tubuh C. pencegahan terhadap wabah penyakit D.

menanggulangi serangan penyakit 38. Di bawah ini merupakan bentuk – bentuk latihan kelincahan (agility) kecuali . A. shuttle run B. lari bolak balik C. Zig zag run D. Lari naik turun tangga 39.

Gerakannya dimulai posisi badan terlungkup, kaki rapat dan kedua tangan berpasangan di belakang kepala kemudian angkat badan dengan dada tidak menyentuh ke lantai, merupakan gerakan dari .

A. push up B. Sit up C. Back up D. Pull up 40. Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara teraturakan membantu seseorang mengurangi resiko penyakit . A. HIV AIDS B. Jantung C. Liver D. Paru - paru II. URAIAN 41. Perhatikan cerita berikut ! Dalam suatu permainan sepak bola antara Tim A melawan Tim B. Ada salah satu penyerang tim A sedang menggiring bola di daerah penalti lawan, karena ada hadangan lawan dan tidak ada teman, maka dia memutuskan menembak langsung ke arah gawang lawan.

Saat bola tersebut melayang ternyata bola menyentuh tangan salah satu pemain bertahan tim B kemudian bola berbelok arah dan tidak masuk. Dari kejadian tersebut keputusan apa yang sebaiknya diberikan wasit ?

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Apabila keputusan wasit jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan sesuai dengan apa yang kita harapkan, bagaimana sebaiknya sikap kita ? 42. Dalam perlombaan Atletik lari estafet, cara penerimaan tongkat ada dua cara yaitu cara visual dan non visual. Menurut anda manakah yang lebih mudah dilakukan? Jelaskan alasannya! 43. Perhatikan tabel berikut ini!

Tabel di atas adalah papan skor dalam sebuah pertandingan bulu tangkis tingkat internasional. a. Mengapa pertandingan dimainkan sampai set ke tiga? Jelaskan alasannya! b. Mengapa di set ke tiga skor Jonathan Christie sampai 24? Jelaskan alasannya! 44. Sebutkan 4 (empat) aspek yang terkandung dalam pencak silat ! 45. Jelaskan pengertian kebugaran jasmani !

KUNCI JAWABAN PENJASORKES KELAS IX PAS 2020/2021 I. PILHAN GANDA 1. C 11. B 21. C 31. B 2. D 12. A 22. B 32. A 3. A 13. D 23. C 33. D 4. C 14. C 24. A 34. B 5. D 15. B 25. C 35. A 6. A 16. A 26. B 36. A 7. B 17. C 27. A 37. B 8. D 18. C 28. A 38.

B 9. C 19. D 29. B 39. C 10. A 20. C 30. B 40. B II. URAIAN 41. wasit seharusnya memberikan hukuman tendangan penalti untuk tim A. Jika wasit tidak sesuai keputusannya dengan apa yang kita inginkan, kita hargai dan tetap melanjutkan pertandingan. 42. Yang paling mudah adalah yang visual, karena kita bisa melihat posisi teman kita yang akan memberikan tongkat ke kita. 43. Karena terjadi skor set yang sama, maka pertandingkan dilanjutkan set ke tiga.

Jika terjadi skor 21 – 21 pertandingan belum selesai sampai selisih 2 poin. 44. Aspek pencak silat : a. Kepribadian luhur b. Bela diri c.

Seni budaya d. Olahraga 45. kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktifitas jasmani secara terus menerus tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Baca juga: β€’ Contoh Soal PAS Ganjil PAIBP Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil Penjasorkes Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil IPA Kelas 9 dan Jawabannya β€’ Contoh Soal PAS Ganjil IPS Kelas 9 dan Jawabannya KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Filipina beraksi saat melawan pebasket Indonesia dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019).

Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com - Di dalam pertandingan bola basket terdapat istilah pelanggaran yang dibedakan menjadi dua yaitu foul dan violation.

Foul adalah pelanggaran langsung terhadap pemain lain (lawan). Contoh foul adalah blocking foul dan flagrant foul. Sementara itu, violation adalah pelanggaran yang lebih condong ke peraturan permainan bola basket. Contoh violation dalam permainan bola basket adalah travelling dan goaltending.

Baca juga: Macam-macam Pelanggaran atau Foul dalam Bola Basket Dalam sebuah pertandingan bola basket juga sering muncul istilah three seconds violation atau 3 seconds violation.

Adapun, three seconds violation termasuk dalam jenis violation dalam bola basket. Lantas apa arti three seconds violation? Pengertian Three Seconds Violation Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan three seconds violation.

Baca juga: Jenis-jenis Penalti dalam Balapan MotoGP Jadi, 3 seconds violation terjadi ketika ada pemain yang lalai melakukan gerakan di paint area selama tiga detik. Paint area adalah wilayah lapangan bola basket yang berada di antara baseline (garis out) dan free throw line atau garis lemparan bebas. Baik saat offense atau defense, pemain yang berdiri di paint area harus aktif bergerak.

Jika pemain tersebut tidak bergerak selama 3 detik, akan dianggap sebagai pelanggaran. Hukuman untuk pelanggaran three seconds violation adalah lemparan ke dalam atau free throw.
Pelanggaran dalam bola basket ( foul) merupakan hal yang harus dihindari, ini untuk memastikan permainan berjalan dengan sportif. Ada beberapa pelanggaran atau kesalahan dalam permainan bola basket yang perlu pahami oleh setiap pemain bola basket sehingga masing-masing pemain atau tim tidak dapat bermain seenaknya.

Daftar isi: β€’ Pelanggaran dalam Bola Basket β€’ Kesalahan dalam Bola Basket β€’ Jenis-Jenis Pelanggaran (Foul) Bola Basket β€’ 1. Personal Foul β€’ 2.

Team Foul β€’ 3. Technical Foul β€’ 4. Offensive Foul β€’ 5. Blocking Foul β€’ 6. Flagrant Foul β€’ 7. Travelling Foul β€’ 8. Three Seconds Violation β€’ 9. Back Court Violation β€’ 10. Foul Out β€’ 11. 24 Seconds Violation β€’ 12. Offensive 3 Second β€’ 13. Defensive 3 Second β€’ 14. Shot Clock Violation β€’ 15. 8 Seconds Violation β€’ 16. Double Dribble β€’ 17. Pushing Foul β€’ 18. Jumping Foul β€’ 19. Carrying The Ball β€’ 20. Illegal Screen Pelanggaran dalam Bola Basket β€’ Foul: Melanggar pemain lawan dengan meraih atau posisi pertahanan yang salah β€’ Travelling: Menggiring bola 3 langkah saat berlari atau berjalan β€’ Foul Ofensif: Memukul lawan yang berada di posisi yang tepat ketika kita melakukan pick illegal β€’ Foul Out: Kondisi dimana pemain telah membuat 5 pelanggaran reguler (FIBA), 6 kali pelanggaran (NBA), atau melakukan pelanggaran teknis 2 kali dalam 1 pertandingan.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Pemain yang melakukan pelanggaran harus keluar dari putaran pertandingan β€’ Double Dribble: Pelanggaran dimana bola berada dalam kondisi mati, maka kamu kembali untuk menggiring bola β€’ Three Seconds Violation: Pelanggaran yang diberikan saat pemain berada di zona bebas selama 3 detik β€’ Offensive 3 Second: Pelanggaran ketika diam di pos atau area tim lawan selama 3 detik di pertahanan lawan β€’ Defensive 3 Second: Pelanggaran ketika diam di area tim selama 3 detik saat lawan menyerang.

Kemudian, lawan dibolehkan melakukan 1 lemparan ke dalam β€’ 24 Second Violation: Pemain tim A tidak menembak/lay-up/ dunk ke ring lawan melewati batas waktu 24 detik. Bola kemudian pindah ke tim B β€’ 8 Second Violation: Pemain tim A tidak keluar dari posisi pertahanan selama 8 detik setelah bola dipegang pemain tim A lain yang melakukan pelanggaran di area tim B.

β€’ Back Ball/Back Court: Pelanggaran karena pemain membawa bola kembali ke area defensif setelah melewati garis tengah β€’ Blocking Foul: Sebuah pelanggaran atas kekerasan saat memblokir lawan β€’ Team Foul: Pelanggaran dalam satu tim per putaran. Jika ada 5 poin maka akan diberikan lemparan bebas pada lawan β€’ Personal Foul: Pelanggaran individu maksimal 4 kali pelanggaran, jika 5 kali maka akan dikeluarkan β€’ Jumping: Pelanggaran ketika pemain akan membuat tembakan sambil melakukan lompatan tetapi kemudian tidak melakukan tembakan β€’ Shot Clock Violation: Pelanggaran saat menyerang lebih dari 24 detik (NBA) atau 30 detik (FIBA) sebelum bola menyentuh ring.

Baca juga: Jumlah Pemain Bola Basket dalam Satu Regu Kesalahan dalam Bola Basket β€’ Illegal use hand: kesalahan yang dibuat oleh pemain karena memukul salah satu tubuh lawan β€’ Blocking: memblokir lawan dengan memblokir pergerakan lawan β€’ Elbow: pelanggaran karena menyikut lawan β€’ Holding: menarik lawan dengan maksud menguasai bola dari lawan β€’ Pushing: mendorong lawan dengan maksud menyambar bola atau melukai lawan β€’ Charging: kesalahan yang dilakukan untuk memukul lawan yang mempertahankan posisinya β€’ Double foul: situasi di mana dua pemain lawan saling membuat kesalahan masing-masing pada saat yang bersamaan β€’ Technical foul: pelanggaran aturan main yang berhubungan dengan teknis seperti seseorang memprotes wasit secara terus-menerus, tidak menghormati wasit, mengeluarkan kata-kata kotor, dan lainnya.

Peraturan dalam permainan bola basket diberlakukan agar setiap regu bermain dengan sportif sehingga permainan berjalan dengan menarik. Setiap regu yang melakukan kesalahan atau pelanggaran akan menerima hukuman, ini bisa menjadi faktor terjadinya kekalahan. Bermain bola basket tidak sekedar belajar tentang teknik dasar bola basket, lebih dari itu memahami dan mematuhi peraturan permainan juga penting.

Berikut beberapa jenis pelanggaran dalam permainan bola basket, penjelasan singkat, dan hukumannya yang wajib diketahui oleh setiap pemain. 1. Personal Foul Pelanggaran perseorangan adalah pelanggaran yang paling umum dan sering terjadi dalam sebuah pertandingan. Di NBA, tiap pemain memiliki jatah maksimal melakukan personal foul sebanyak lima kali, jika terjadi pelanggaran ke-6 maka sang pemain akan dikeluarkan dari pertandingan tersebut ( foul out).

Hukuman dari personal foul adalah lemparan kedalam, free throw, dan foul out. 2. Team Foul Free throw Pelanggaran tim adalah jenis pelanggaran yang dilakukan secara kumulatif oleh satu tim. Contohnya jika 5 pemain tim A melakukan masing-masing satu pelanggaran, maka total team foul yang dihitung adalah 5 kali team foul. Hukuman dari team foul ini bersifat perkuarter, jika team foul yang dikumpulkan kurang dari 5 kali di satu kuarter, maka hukumannya adalah lemparan kedalam.

Sedangkan jika sudah 5 kali maka akan berupa free throw. Namun syarat ini tak berlaku untuk beberapa kategori team foul lain seperti shooting foul & blocking foul. 3. Technical Foul Pelanggaran teknikal ini merupakan salah satu jenis pelanggaran jenis berat dalam permainan basket. Biasanya pelanggaran ini terjadi karena sang pemain mengeluarkan kata-kata kasar kepada official pertandingan, melakukan gerakan yang berlebihan, bermain tak semestinya, dan memicu perkelahian antar pemain.

Selain pemain, pelanggaran ini juga berlaku untuk pelatih dan official tim. Hukuman dari Technical foul adalah jika dua kali mendapatkan jenis pelanggaran ini maka akan langsung dikeluarkan dari pertandingan ( Ejected), serta hadiah free throw untuk lawan. Hukuman dari offensive foul adalah perpindahan bola ( turnover).

5. Blocking Foul Yakni pelanggaran yang terjadi karena pemain dengan sengaja menghentikan pemain lawan dengan cara menutup gerakan secara tiba-tiba yang membuat pemain lawan kehilangan keseimbangan untuk melakukan shooting.

Hukuman dari blocking foul adalah free throw. 6. Flagrant Foul Yakni jenis pelanggaran yang tidak etis, yakni karena pemain dengan sengaja ingin mencederai pemain lawan atau melakukan pukulan pada tubuh lawan saat sama-sama berduel.

Pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran jenis berat dan bisa mendapatkan skorsing. Hukuman dari flagrant foul adalah free throw, technical foul, foul out, hingga skorsing.

7. Travelling Foul Travelling Foul adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain yang melakukan 2 langkah lebih tanpa jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan dribble. Pelanggaran jenis ini sangat umum terjadi di level junior. Sedangkan di kompetisi NBA, pelanggaran ini biasanya terjadi jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan pemain yang kebingungan mencari ruang tembak sehingga melakukan step back yang berlebihan.

Hukuman dari pelanggaran Travelling Foul ini adalah perpindahan bola (turnover). 8. Three Seconds Violation Adalah jenis pelanggaran yang diakibatkan kelalaian pemain untuk melakukan gerakan di paint area selama 3 detik. Jadi baik saat defense maupun offense, pemain yang berdiri di area ini harus aktif melakukan gerakan, atau jika selama 3 detik tak bergerak maka terjadi pelanggaran.

Hukuman untuk pelanggaran Three Seconds Violation adalah lemparan ke dalam atau free throw. 9. Back Court Violation Adalah pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan dribble bola kembali ke wilayah pertahanan setelah melewati garis tengah lapangan. Hukuman dari pelanggaran Back Court Violation adalah perpindahan bola (turnover) 10. Foul Out Adalah hukuman untuk pemain yang telah menerima 6 kali personal foul dalam satu pertandingan sehingga sang pemain tersebut tak bisa melanjutkan pertandingan di sisa waktu pertandingan.

11. 24 Seconds Violation Yakni pelanggaran yang diberikan karena tim tak mampu memanfaatkan batas waktu 24 detik untuk melakukan possesion yang berujung pada shooting, dunk, atau lay up untuk menambah angka. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover) 12. Offensive 3 Second Yakni pelanggaran karena pemain diam selama 3 detik lebih di paint area lawan. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover) 13.

Defensive 3 Second Yakni pelanggaran yang diberikan karena pemain diam atau tak melakukan gerakan selama 3 detik di paint area defense pada saat lawan melakukan offense. Hukuman dari pelanggaran ini adalah 1 kali freethrow 14. Shot Clock Violation Yakni pelanggaran saat pemain melakukan shoot tepat sepersekian detik setelah waktu 24 detik habis.

Biasanya jika bola masuk maka poin tak dihitung sebagai angka tambahan. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover) 15. 8 Seconds Violation Yakni pelanggaran yang disebabkan pemain melakukan dribble di wilayah sendiri melebihi 8 detik.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover) 16. Double Dribble Yakni pelanggaran yang dilakukan oleh pemain karena melakukan dribble kembali setelah memutuskan berhenti untuk men dribble bola.

Dari momen ini pemain harus melakukan passing atau shooting ke ring lawan. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (Turnover). 17. Pushing Foul Yakni pelanggaran yang terjadi karena mendorong musuh yang mengakibatkan pemain musuh tak seimbang atau jatuh. Hukuman pelanggaran pushing adalah perpindahan bola ( turnover) 18. Jumping Foul Jumping Foul adalah pelanggaran yang terjadi karena pemain yang hendak melakukan Jump shoot membatalkannya, padahal sudah posisi pemain melompat.

Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover). 19. Carrying The Ball Yakni kesalahan yang terjadi karena sang pemain melakukan gerakan dribble memutar bola. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover) 20.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Illegal Screen Illegal Screen adalah pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan posisi screen dalam permainan pick and roll namun tidak dalam posisi benar atau bahkan melanggar pemain lawan. Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola ( turnover).
Permainan bola basket hanya akan ada atau berlangsung jika ada peraturan bola basket yang jelas, dan tentu saja ada kontestan yang mau saling mengadu kebolehan atau bertanding.

Kontestan yang dimaksud bisa satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, empat lawan empat atau satu lawan dua, dua lawan tiga dan tiga lawan empat.

Tetapi untuk permainan bola basket sebuah pertandingan yang umum adalah lima lawan lima. Lima orang dalam setiap kelompok disebut tim. Jadi setiap tim yang diizinkan bertanding di lapangan, masing-masing hanya terdiri dari lima orang. Aturan dasar pada permainan bola basket adalah sebagai berikut: β€’ Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.

β€’ Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju). β€’ Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola.

Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa. β€’ Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.

β€’ Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul, atau menjegal pemain lawan dengan cara bagaimanapun. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua akan diberi sanksi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan.

Pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan. β€’ Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju), melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4, serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5. β€’ Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan).

β€’ Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang, dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang, maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol.

β€’ Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola, maka wasitlah yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. Pelempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam genggamannya. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut, maka kepemilikan bola akan berpindah.

Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran. β€’ Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut.

Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5. β€’ Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu.

Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi. β€’ Waktu pertandingan adalah 4 quarter masing-masing 10 menit β€’ Pihak yang berhasil memasukkan bola ke ring terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.

Berikut di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai peraturan bola basket yang diakui dan menjadi standar internasional dalam pertandingan resmi. β€’ Peraturan Bola Basket β€’ 1. Pemain Bola Basket β€’ 2. Pemain Pengganti (Cadangan) β€’ 3. Bermain dalam Tim β€’ 4. Waktu Permainan Bola Basket β€’ 5. Aturan Time Out Bola Basket β€’ 6. Aturan Jump Ball β€’ 7. Setelah Mencetak Angka β€’ 8.

Bola Keluar β€’ 9. Pelanggaran dalam Bola Basket β€’ 10. Aturan Tiga Detik, Tiga Puluh Detik dan Bola Masuk β€’ 11. Mencetak Angka β€’ 12. Perwasitan Bola Basket Peraturan Bola Basket 1.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Pemain Bola Basket Pemain Bola Basket Sebuah tim basket terdiri dari 10 – 12 pemain, tetapi hanya 5 orang yang dibolehkan berada dalam lapangan saat pertandingan berlangsung. Sedangkan yang lainnya duduk di bangku cadangan di pinggir lapangan.

Kelima pemain harus memiliki kualifikasi atau kemampuan berlaga di posisi guard, centre dan forward. Posisi guard atau play maker (penjaga atau pengatur serangan) haruslah seseorang yang memiliki kecepatan terbaik di dalam tim. Yaitu cepat dalam mendribel, cepat dan tajam dalam mengoper bola untuk mengatur serangan.

Guard tidak mesti tinggi postur tubuhnya, tapi haruslah seorang yang mampu membuat peluang untuk mencetak angka. Tugasnya adalah mengatur serangan bila berada di daerah pertahanan lawan. Dan mengatur pengawalan/penjagaan di daerah pertahanannya. Posisi centre (pemain tengah-belakang) selalu berada di area bawah ring.

Ia haruslah seorang pemain yang paling tinggi di antara semua pemain. Tugas utamanya adalah mencetak angka sebanyak-banyaknya, menghadang atau menghambat pemain lawan mencetak angka.

Pemain bola basket yang bertugas sebagai penyerang dinamakan forward. Posisi forward (pemain depan) selalu berada di sisi kiri dan kanan ring. Berarti ada dua pemain di posisi ini. Mereka haruslah pemain yang paling cepat dan tepat dalam mengoper bola. Mereka juga haruslah penembak/pencetak angka yang terhebat dari timnya.

Tugasnya adalah melakukan gerakan manuver untuk masuk ke jantung pertahanan lawan dan mencetak angka. Selain itu, mereka juga bertugas merayah bola pantulan bila bola hanya mengenai papan dan tidak terjadi angka.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Mereka haruslah perayah bola terbaik dalam tim. Apapun posisinya, semua pemain basket wajib memiliki keterampilan menyerang dan bertahan yang baik.

Semua pemain harus mampu menembak dengan akurat, mendribel dengan cepat, mengoper bola dengan cepat dan tepat sasaran, serta kemampuan menangkap bola yang baik (lengket dan dikuasai penuh). Mereka harus mampu membangun kerja sama tim yang baik dengan berperan aktif di posisi masing-masing atau saling mengisi posisi yang sedang kosong. Singkatnya, mereka harus mampu menguasai seluruh lapangan selama pertandingan atau permainan semaksimal mungkin. Itulah tim terbaik. 2.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Pemain Pengganti (Cadangan) Jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan cadangan tim basket Setiap pemain yang sedang berlaga di lapangan dapat diganti kapan saja oleh pelatih sesuai keinginan dan kebutuhan. Syaratnya, penggantian pemain dilakukan ketika bola mati (tidak sedang dimainkan), dan jam pengatur pertandingan sedang berhenti.

Tidak ada pembatasan jumlah pemain yang mau menggantikan dan digantikan setiap kali dalam proses penggantian. Atau berapa kali seorang pemain boleh menggantikan pemain lainnya. 3. Bermain dalam Tim Cara para pemain bola basket ( guard, forward dan centre) mengorganisasi diri/bekerja sama dalam tim sangat tergantung pada keterampilan mereka masing-masing. Kemampuan individu dalam suatu tim akan mempengaruhi kekuatan atau kelemahan posisi tertentu. Dua formasi yang biasa diterapkan dalam permainan basket adalah 2 – 1 – 2 (dua guard, satu centre, dua forward) atau 1 – 2 – 2 (satu guard, dua centre dan dua forward).

4. Waktu Permainan Bola Basket Waktu Permainan Bola Basket Suatu permainan atau pertandingan basket terdiri dari dua babak. Lamanya waktu bermain bola basket adalah 20 menit masing-masing babak dengan diselingi istirahat selama 10 menit. Jam pengatur waktu pertandingan akan berhenti setiap kali wasit meniup peluit. Ini biasa disebut bermain dengan waktu bersih. Tapi sekarang, sering diterapkan empat babak pertandingan selama antara 10 sampai 12 menit setiap babak dengan istirahat lima menit.

Ada juga yang menerapkan waktu β€œkotor.” Artinya waktu terus berjalan walau wasit meniup peluit. Biasanya karena alasan keterbatasan waktu dan/atau banyaknya tim yang akan bertanding. 5. Aturan Time Out Bola Basket Time Out Bola Basket Time out dalam permainan bola basket dilakukan karena alasan-alasan berikut: a. Pelatih ingin menyampaikan perubahan taktik pada pemainnya. b. Ingin mengganti sejumlah pemain c.

Hanya sekadar untuk memberi sedikit istirahat bagi timnya. Tujuan dari time out adalah agar timnya sedapat mungkin mencetak angka lebih banyak dengan cara mengubah irama bermainnya. Time out boleh dilakukan paling banyak dua kali di setiap babak. Bila terjadi tambahan waktu karena kedudukan angka sama, maka hanya boleh satu kali untuk setiap babak. 6. Aturan Jump Ball Jump Ball Pertandingan basket selalu dimulai dari lingkaran tengah.

Yaitu dua pemain yang mewakili tim masing-masing berdiri berhadapan di dalam lingkaran yang dibatasi oleh garis tengah. Kemudian wasit melempar bola ke udara di antara kedua pemain tadi. Mereka akan melompat dan menjangkau bola lalu menepisnya ke arah temannya (bola tidak boleh ditangkap, bukan juga dipukul).

Ini disebut jump ball. Pemain lainnya harus berada di luar lingkaran sampai bola disentuh atau ditepis salah seorang pemain yang di tengah lingkaran tadi. Jump ball juga digunakan untuk memulai kembali suatu pertandingan bila ada dua pemain yang sama-sama saling menguasai atau mempertahankan bola.

Dua-duanya memegang bola dan tidak melepaskannya. 7. Setelah Mencetak Angka Mencetak Angka Apabila tim tertentu berhasil mencetak angka, maka seorang pemain dari tim bertahan (yang kemasukan bola) harus melempar atau mengoper bola dari belakang garis akhir (garis yang sejajar dengan papan pantul). Yang perlu diperhatikan adalah ketika angka tercetak (bola masuk jaring), wasit tidak perlu meniup peluit.

8. Bola Keluar Bola Keluar Jika bola basket melampaui salah satu garis batas lapangan dan menyentuh lantai atau benda tertentu di luar lapangan maka bola mati, tidak bisa terus dimainkan.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Tim yang anggotanya terakhir menyentuh bola akan kehilangan kesempatan untuk memainkannya. Sebaliknya pemain lawan yang akan memulainya dengan cara mengoper dari luar garis tempat di mana bola keluar (tempat yang terdekat dengan keluarnya bola). 9. Pelanggaran dalam Bola Basket Pelanggaran dalam Bola Basket Ketika terjadi suatu pelanggaran ( traveling, foult, double dirbble, dll.), maka tim yang melakukan pelanggaran akan kehilangan momen menyerang.

Artinya, tim lawan yang akan menguasai bola yaitu dengan cara mengoper dari luar garis yang terdekat dengan tempat terjadinya pelanggaran tersebut. 10. Aturan Tiga Detik, Tiga Puluh Detik dan Bola Masuk Memasukkan bola ke ring basket Dalam permainan basket tidak ada offside seperti dalam permainan sepak bola.

Jadi ada kesempatan dan keuntungan besar bagi para pemain yang berpostur tinggi. Mereka bisa menunggu di bawah ring lawan untuk terus menerus mencetak angka. Untuk mencegah ini, aturan tiga detik diberlakukan. Yaitu, seorang pemain tidak dibolehkan berdiri atau menunggu di keyhole (area kotak di bawah ring) lebih dari tiga detik. Selain itu, tim yang sedang menguasai bola harus menembakkan bola (mencoba mencetak angka) dalam waktu tiga puluh detik.

Bila tidak, wasit akan menyatakan pelanggaran tiga puluh detik dengan meniup peluit. Dengan kata lain, jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan tim tidak diperkenankan menguasai bola lebih dari tiga puluh detik tanpa penyelesaian akhir (menembak).

Kemudian, bila bola telah melayang ke arah ring dan masuk, tidak boleh dihalangi atau didorong keluar. Juga ketika bola belum masuk tapi sudah di permukaan ring, tidak boleh ditepis keluar.

Itu telah menjadi hak penembak untuk membuat/menambah angka. 11. Mencetak Angka Three point Bola Basket Sebuah tembakan ke dalam jaring lawan bisa bernilai satu, dua atau tiga poin/angka, tergantung dari mana angka tersebut dibuat (bola ditembakkan).

Tembakan yang bernilai satu angka atau poin biasanya berasal dari tembakan hukuman. Tembakan hukuman selalu dilakukan dari balik garis tembakan hukuman/penalti yang terdapat dalam lingkaran di depan ring/papan. Sedangkan yang bernilai dua diperoleh kalau tembakan dilakukan dari dalam lingkaran tiga angka (yang berbentuk setengah lingkaran di sekitar ring) sepanjang permainan.

Dan yang bernilai tiga diperoleh ketika seorang pemain berhasil menembakkan bola ke jaring dari luar garis three point (tiga angka). Angkanya ditentukan oleh posisi kaki penembak. Bila saat menembak posisi kakinya di luar garis setengah lingkaran (tiga angka) akan bernilai tiga.

Tetapi bila posisi kaki berada di atas garis atau di dalam garis, maka hanya bernilai dua. Dan yang paling penting dari semuanya adalah bola harus masuk jaring baru boleh dihitung angka atau nilainya. 12. Perwasitan Bola Basket Perwasitan Bola Basket Untuk permainan basket yang dilakukan bukan dalam suatu pertandingan resmi, cukup dibutuhkan seorang wasit saja.

Tetapi dalam pertandingan-pertandingan resmi, dibutuhkan dua orang wasit yang dalam permainan basket dikenal dengan sebutan referee dan umpire dan beberapa petugas lainnya.

Wasit yang memimpin bertanggung jawab penuh dalam mengontrol jalannya pertandingan. Dia mengontrol dengan cara meniup peluit sebagai tanda permainan berhenti dan/atau memberi hukuman. Keputusan wasit terhadap sesuatu yang terjadi di dalam lapangan adalah mutlak.

Tidak dapat diganggu gugat. Bahkan bila nekad memprotes, dia (tim yang melakukan protes) akan mendapat denda. Dendanya berupa membayar sejumlah uang sesuai kesepakatan awal sebelum seluruh rangkaian pertandingan dilaksanakan. Dia juga menyetujui hasil akhir sebuah pertandingan dengan menandatangani lembar catatan angka. Selain wasit utama atau referee, ada juga seorang wasit lain yang dikenal dengan umpire (wasit kedua). Kedua-duanya memiliki kedudukan dan kuasa yang sama.

Posisi berdirinya saja yang berbeda yaitu yang satu di depan dan yang lainnya di belakang para pemain saat bertanding. Wasit yang berada di depan pemain disebut referee, sedangkan yang berada di belakang disebut umpire. Mereka berdua bisa saling bertukar posisi atau kedudukan.

jika dalam sebuah pertandingan bola basket seorang pemain penyerang berada di daerah pertahanan lawan tanpa memegang bola akan dikenakan peraturan

Selain posisi berdiri, juga pelanggaran atau kejadian yang terdekat dengannya. Maksudnya, bila satu di antara keduanya lebih dahulu meniup peluit dan menyatakan ada pelanggaran berarti pada saat itu ia adalah referee dan yang lainnya umpire. Begitu seterusnya secara bergantian selama dan sampai berakhir suatu pertandingan. Dalam suatu pertandingan basket yang resmi, diperlukan pula petugas-petugas lain di samping wasit.

Petugas-petugas yang dimaksud adalah: Pertama, seorang pencatat. Yang dicatat adalah angka yang dibuat setiap pemain, pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pemain, time out, tembakan hukuman yang berhasil, maupun yang gagal.

Demikian pula halnya dengan pemain pengganti. Maka, setiap ada pemain yang mau menggantikan harus terlebih dahulu melapor agar nomor kostumnya dicatat oleh petugas tadi. Kedua, pengontrol waktu. Tugasnya adalah mengontrol penunjuk waktu pertandingan yaitu dengan memberhentikan atau mematikan dan menjalankan atau menghidupkan kembali jika terjadi pelanggaran, time out dan lain-lain selama pertandingan. Pencatat angka dan pengontrol waktu dalam permainan basket disebut table officials (petugas meja).

Pembahasan soal matematika lemparan parabola pemain bola basket




2022 www.videocon.com