Cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Jawaban: Puisi adalah karya sastra Indonesia yang terikat dengan berbagai unsur pembangunnya mulai dari rima, larik, bait, citraan, majas, diksi, dan lain sebagainya. Pembahasan Sebagai sebuah karya sastra, puisi harus dibawakan cara membaca puisi yang tepat dilihat dari tepat dan baik agar pesan dan intinya dapat tersampaikan dengan baik pula kepada masyarakat.

Berikut kakak sajikan cara membaca puisi yang baik. 1.Intonasi yang jelas ketika membaca puisi 2.Mimik yang digunakan tepat sesuai dengan isi puisi 3.Menggunakan bahasa tubuh yang tepat ketika membaca puisi 4.Menggunakan irama Pelajari lebih lanjut Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang puisi: brainly.co.id/tugas/2072217 Detil jawaban Kelas: VIII Mata pelajaran: Bahasa Indonesia Bab: Bab 1 - Sastra Kode kategori: 8.1.1 Kata kunci: cara membaca puisi yang tepat dilihat dari I penguni 1 Pengurang asil timbangan Siu dan Dayu.

o paling berat? Lauban Merjumlahkan bilangan dengan cara cara membaca puisi yang tepat dilihat dari 1. Kenakan penjumlahan bersusun pan … jang berikut d Kamu sudah bel Ayo, ingat amb 32 paling ringan? ang paling ringan. 12 ang paling berat C41 26 1 Perhatikan conte Mula-mula ada Sebanyak 5 bun Banyak burung Daun-daun di pa Banyak daun di Ayo, temukan ta dengan Orang Tua 2. Kerjakan penjumlahan bersusun pendek berikut 38 41 21 24 25 22 34 1 mbuat alat ukur tidak baku.

Subtema 2 Keme b 51 26 55 31 23 61 13 62 22 74 25 75 22 Mula-mula ad Sebanyak 51 Banyak teluryang paling satu sampai 1 sampai 100 mulai dari ABB a b b b gendut cantik ku ucap syukur kepadamu sebab Kau baik Tuhan kasih setiamu yang kau berikan tulus dan tak bercela hanya padamu Tuhan kasih setiamu ​ Website Ini Dalam Lindungan Allah SWT Dan Berbagi Ilmu merupakan blog yang membahas seputar pendidikan, bisnis, teknologi dan berbagai informasi edukatif lainnya.

Dengan Tagline Berbagi Ilmu, diharapkan setiap postingan yang ada di website tersebut dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda serta mampu memberikan pencerahan. Cara Membaca Puisi Yang Baik Dan Benar_ Puisi merupakan sebuah karya sastra berwujud tulisan yang didalamnya terkandung irama, rima, ritma, dan lirik setiap baitnya yang indah.

Umumnya pengertian puisi tersebut juga mengungkapkan perasaan penyair yang dikemas dengan bahasa imajinatif untuk menambahkan kualitas estetis pada makna semantis. Karya sastra puisi mempunyai berbagai pengertian atau definisi. Ada bermacam definisi yang dikemukakan oleh para ahli yang sala satunya yaitu, Herman J.

Waluyo yang menyatakan bahwa, puisi yaitu suatu karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan si penyair dengan cara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dalam pengonsentrasikan sebuah struktur fisik dan batinnya. Dari tahun 90an sampi sekarang ini baca puisi sangat sering diperlomabakan dari berbagai ajang, terbukti dalam lomba baca puisi banyak sekali yang antusias untuk membaca puisi dan juga termasuk ajang yang di nanti – nanti terutama bagi penyuka seni sastra.

Dalam membaca puisi bilah ingin dikatakan berhasil, tidak hanya dengan kata - kata atau penulisanya yang baik dan menarik, tetapi bagaimana cara pembaca bisa menarik dan mampu membuat pendengar benar – benar merasakan ruh dari puisi tersebut. Maka dari itu untuk membaca puisi diperlukan latihan dan mengetahui tentang cara – cara bagaimana membaca puisi yang baik dan benar.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

7 Cara Membaca Puisi Yang Baik Dan Benar. 1. Kejelasan dalam artikulasi dan intonasi yang tepat Artikulasi adalah cara pengucapan suatu kata atau kalimat yang dilakukan dengan jelas oleh mulut artinya suara kita dalam membaca suatu puisi harus jelas, misalnya dalam huru – huruf fokal harus jelas sehingga puisi akan terdengar diaudiens dengan baik. Cara membaca puisi yang tepat dilihat dari Intonasi sendiri yaitu, tinggi rendahnya nada pada kalimat yang memberikan penekanan pada kata – kata tertentu, seperti penakanan nada, penekanan dinamik serta penekanan tempo yang tepat.

Jadi dalam membaca puisi artikulasi dan intonasi haru tepat agar kalimat puisi yang kita baca menjadi lebih jelas sehingga terdengar begitu nyata ditelinga para pendengar. 2. Ketepatan Ekspresi Atau Mimik Ekspresi adalah suatu penjiwaan terhadap perasaan kita pada saat sedang membaca puisi, sedangkan mimik sendiri adalah raut cara membaca puisi yang tepat dilihat dari atau gerak muka yang menggambarkan isi dalam puisi.

Keduanya sangat berperang penting dan termasuk unsur pendungkung pada saat membawakan sebuah karya puisi. Semuah pembaca dituntut untuk bisa dapat menyesuaikan ekspresi dan mimik wajah terhadap isi yang tekandung dalam puisi tersebut.

Pada saat puisi yang dibawa mempunyai tema atau menceritakan suasan yang sedih makan anda harus memperlihatkan ekspresi dan mimik yang sedih, begitupun sebaliknya jika puisi yang dibawakan memiliki tema gembira maka yang harus diperlihatkan mimik wajah yang gembira atau senang. Semuahnya bisa disesuaikan tergantung isi yang terkandung dalam puisi. Kedengaranya memang mudah tapi hal ini butuh latihan berkali – kali, untuk bisa dipahami karena hal ini sangat berperang pentig pada saat membaca puisi apa lagi pada saat didepan umum arau diajang perlombaan.

3. Menggunakan Gerak Tubuh Yang Tepat Gerak tubuh juga tidak kalah penting sperti ekspresi dan mimik wajah yang telah dibahas sebelumnya. Saat membaca puisi gerak tubuh harus sesuai dengan irama, suasana pada saat membaca puisi. Contohya itu seperti, ketika isi dalam puisi menceritakan tentang perjuangan maka gerak tubuh harus kelihatan tegas, tegak sperti mengkepak telapak tangan dan telihat seperti sosok pemimpin. Sehingga penonton atau pendengar bisa terbawa suasana pada saat anda sedang membaca puisi.

Maka dari itu gerak tubuh harus dipikirkan terlebih dahulu sebelum memulai membaca puisi, agar bisa tampil sempurnah dan berhasil. 4. Menguasai Arena Panggung Selanjutnya adalah menguasai panggung, guna menghilangkan terjadinya demam panggung. Demam panggung disini maksudya ialah ketika anda sedang membaca puisi anda tidak dapat menguasai keadaan panggung, bisa menyebabkan loss kontrol atau tidak bisa berkata – kata dan hanya bisa diam pada saat didepan umum, maupun pada saat didepan kelas.

Tentu itu sangat berbahaya, dan bisa membuat anda terlihat malu. Untuk itu diperlukan latihan supaya tidak terjadi hal demikian. Caranya agar anda bisa menguasai panggung, sering – seringlah latihan didepan teman – teman kalau diadakan didalam kelas tapi klau seandainya didepan umum atau didepan orang banyak, maka sesering mungkin latihan baca puisi ditempat terbuka. Agar anda bisa terbiasa dan bisa menguasai panggung dengan baik, serta mengantisipasi terjadinya demam panggung, maka yakin dan percaya anda akan berhasil dalam membacakan puisi dengan benar dan baik.

5. Kelancaran Dan Kecepatan Dalam Membaca Puisi. Kelancaran dan kecepatan sangat berpengaruh dalam pendengaran pada saat menikmati puisi yang dibawakan oleh pembaca puisi.

Kedua hal ini harus benar – benar dipelajari dan dicermati dengan baik agar pendengar dapat menikmati puisi yang didengar.

Kelancaran dalam membaca puisi tidak lepas dari latihan, karena hanya dengan latihan anda bisa mendapatkan kelancaran dengan baik. Selain kelancaran, kecepatan juga harus diperhatikan pada saat membaca puisi, apabila kecepatan membaca puisi secara terburu – buru maka pendengar akan sulit memahahi isi puisi dan jika terlalu lambat juga akan membuat pendengar malas sertah jenuh.

Maka dari itu perhatikan kelancaran dan kecepatan dalam membaca puisi. 6. Mengatur Pernapasan Diperlukan juga dalam membaca puisi ialah mengatur nafas anda. Nafas yang dimaksud disini ialah cara anda mengtur nafas panjang, pendek dan datar pada saat membaca puisi.

Karena napas ada kaitanya dengan nada atau vokal pada saat membaca puisi. ketika dapat mengatur pernafasan dengan baik maka vocal yang keluar atau suara yang keluar akan terdengan jelas .

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Selain itu pernafasan juga digunakan untuk situasi dalam isi yang terkandung dalam puisi. seperti ketika isi kandungan dalam puisi berceritah tentang kesedihan maka disitu nafas harus kendengara terengah - engah seakan – akan anda merasa tersiksa dan terbebani. Jadi disini pernapasan dugunakan sesui dengan puisi yang akan anda gunakan.

7. Memahami Makna Puisi. Yang terakhir adalah memahami makna puisi. membaca puisi jangan hanya sekedar baca tapi harus memahami makna dari isi puisi tersebut. Walaupun anda menguasai ekspresi, mimik, vokal, artikulasi dan intonasi yang baik, tapi anda tidak memahami makna dari isi puisi, maka anda belum bisa dikatakan sempurnah dala membaca puisi.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Sudah kita ketahui bahwa dalam sebuah puisi memiliki makna berlapis dan bersifat subjektif. Makna berlapis ini maksudya adalah setiap puisi dalam satu katanya, kemungkinan memiliki makna cara membaca puisi yang tepat dilihat dari jauh dari makna yang sebenarnya.

Untuk itu diperlukan anda memahami makna suatu puisi dengan cara menganalisis makna dari suatu puisi itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menganalisis puisi, seperti anda harus mengetahui latar belakang dari penulis dan pada saat puisi itu diciptakan. Karena memahami puisi adalah kunci utama meraih cara membaca puisi yang tepat dilihat dari dalam membacakan dalam sebuah puisi.

Demikian 7 cara agar anda bisa membaca puisi dengan baik dan benar di berbagai pentas atau diberbagai ajang perlombaan. Semoga bermanfaat dan penulis beharap kita bisa bersama - sama terus membudidayakan puisi karena itu termasuk dari sastra negeri kita.
β€’ #RAMADAN β€’ #COVID-19 β€’ Community β€’ Pregnancy β€’ Getting Pregnant β€’ First Trimester ( 1 - 13 weeks ) β€’ Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) β€’ Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) β€’ Birth β€’ Baby β€’ 0-6 months β€’ 7-12 months β€’ Kid β€’ 1-3 years old β€’ 4-5 years old β€’ Big Kid β€’ 6-9 years old β€’ 10-12 years old β€’ Life β€’ Relationship β€’ Health and Lifestyle β€’ Home and Living β€’ Fashion and Beauty β€’ ξ—ƒ Hari ini (23/7/2021), Kemendikbudristek membuat acara untuk memperingati Hari Anak Nasional (HAN) secara virtual.

Mereka membuat begitu banyak kegiatan untuk mewadahi kreativitas anak dalam acara ini. Salah satu kegiatannya adalah β€œbaca puisi” yang masuk dalam sesi Panggung Anak Indonesia Merdeka. Tahun lalu, Kementerian PPPA juga mengadakan lomba menulis dan membaca puisi untuk memperingati HAN. Karya yang terpilih bahkan dibacakan langsung di acara puncaknya (23/7/2020). Puisi tampaknya manjadi karya sastra yang mendapat banyak perhatian. Kenapa ya, Ma? Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra yang memiliki irama, rima, serta penyusunan larik dan bait sebagai unsur yang penting.

Unsur-unsur tersebut membentuk suatu keindahan yang menjadi daya tariknya. Terlebih lagi jika dibacakan dengan tepat.

Tak hanya indah, proses dalam kegiatan membaca puisi dapat bermanfaat untuk membentuk karakter anak melalui penyerapan nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Anak juga dapat belajar mengekspresikan diri melalui kata-kata. Selain itu, anak pun bisa belajar mendalami emosi dengan kegiatan membaca puisi, Ma. Ternyata, kegiatan membaca puisi bagi anak itu banyak manfaatnya ya, Ma? Nah, Mama juga bisa lho mendukung anak belajar membaca puisi. Untuk melakukannya, Mama bisa simak dan praktikkan 9 cara membaca puisi yang benar, berikut telah Popmama.com rangkum.

Freepik/Racool_studio Seperti yang kita tahu, puisi biasanya tidak mengungkapkan sesuatu dengan gamblang atau memiliki alur cerita yang jelas seperti prosa.

Puisi juga sering menggunakan kata-kata puitis. Karena hal ini, puisi dikenal sebagai teks yang memiliki makna berlapis. Sifatnya pun subjektif. Maka dari itu, anak mama perlu memahami dulu makna puisi yang akan dibacakannya.

Jika ia membacakannya tanpa tahu maknanya, ia akan sulit menyalurkan perasaan yang terkandung dalam puisi tersebut dengan tepat.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Jika sudah begitu, puisi akan terasa hambar dan pesannya akan kurang tersampaikan kepada pendengar, Ma. Untuk itu, pertama-tama, anak mama perlu memahami makna dan suasana dalam puisi yang akan dibacakannya terlebih dahulu.

Biasanya, puisi untuk anak SD ditulis dengan sederhana, tidak perlu analisis yang rumit untuk memahami maknanya. Mama bisa membantu anak untuk memahami pesan yang ingin disampaikan dan kira-kira ada cerita apa di balik puisi tersebut. Memahami makna dan suasana dalam puisi akan membantunya menentukan intonasi, tekanan, penjedaan, mimik, dan gestur nanti. Freepik/drobotdean Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa.

Dalam membaca puisi, pelafalan yang baik itu penting, Ma. Pengucapan huruf β€œa, i, u, e, o” harus jelas. Pelafalan yang baik dihasilkan dari bentuk bibir yang tepat ketika mengucapkannya. Nah, anak mama bisa berlatih untuk mendapatkan pelafalan yang baik. Mama bisa membantunya berlatih posisi lidah dan gigi serta bentuk bibir yang tepat ketika mengucapkan huruf per huruf sampai pelafalannya jelas. Freepik/pikisuperstar Intonasi merupakan perubahan nada ketika berbicara.

Lebih detailnya, intonasi adalah penyajian tinggi-rendahnya nada atau irama dalam kalimat. Dalam pembacaan puisi, tinggi-rendahnya nada atau irama itu penting. Intonasi yang tepat berperan dalam penyampaian perasaan dan maksud yang terdapat dalam puisi kepada pendengar. Freepik/jcomp Sebelum membacakan puisi, anak mama bisa memberikan tanda jeda terlebih dahulu pada naskah puisinya agar lebih indah dan tepat.

Tanda jeda dalam kegiatan membaca puisi ada 3 macam, yaitu: β€’ / (garis miring satu) merupakan tanda untuk berhenti sejenak.

Biasanya tanda ini diberikan di tengah baris atau ada tanda koma. β€’ // (garis miring dua) merupakan tanda untuk berhenti agak lama. Biasanya tanda ini diberikan ketika ada tanda koma di akhir baris atau ganti baris.

β€’ /// (garis miring tiga) merupakan tanda untuk berhenti lama sekali. Biasanya tanda ini diberikan di akhir baris terakhir atau akhir dari puisi.

Cara membaca puisi yang tepat dilihat dari Mimik merupakan ekspresi atau raut wajah yang sesuai dengan emosi yang terkandung dalam puisi yang dibacakan.

Biasanya, mimik menjadi salah satu tolok ukur apakah sang pembaca puisi menghayati puisinya atau tidak. Misalnya, puisi yang berisi perjuangan dapat diekspresikan dengan mimik yang tegas. Sedangkan puisi yang berisi kehilangan dapat diekspresikan dengan mimik sedih.

Freepik/master1305 Gestur merupakan gerak-gerik tubuh. Untuk pembacaan puisi, anak mama tak perlu terlalu sering memberikan gestur untuk menggambarkan kata-katanya. Gestur diperlukan sebagai pendukung saja. Artinya, lakukanlah jika memang sesuai dengan puisinya. Kalau dipaksakan, bisa terkesan overacting dan jadi kurang indah, Ma. Freepik/master1305 Latihan yang cukup akan meningkatkan kepercayaan diri pada anak ketika tampil.

Kepercayaan diri dibutuhkan saat tampil untuk memberikan hasil yang sesuai dengan usaha yang telah anak mama kerahkan. Kalau anak mama mulai menunjukkan tanda-tanda tidak percaya diri sebelum tampil atau rekaman membacakan puisi, cobalah untuk menenangkannya, Ma. Yakinkan bahwa ia bisa melakukannya dengan baik karena ia sudah berusaha keras. Katakan juga bahwa Mama bangga padanya untuk seluruh usaha yang telah ia lakukan.

Itulah 9 cara membaca puisi dengan benar yang perlu anak pelajari, Ma. Membaca puisi dengan penghayatan memang tidak mudah. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun sulit melakukannya. Namun, jika dipelajari dengan sungguh-sungguh dan diarahkan dengan baik, perlahan-lahan anak mama pasti bisa melakukannya. Selain itu, anak mama juga akan mendapat manfaatnya.

Semangat mempraktikkannya ya, Ma! Baca juga: β€’ Makna Tema Hari Anak Nasional 2021, "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" β€’ Rayakan Hari Anak Nasional, Popmama Hadirkan 'Sehari Bersama Idolaku' β€’ Memperingati Hari Anak Nasional, Ajak si Kecil Lakukan Kegiatan Ini β˜… Ujian Semester 1 Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 Cara membaca puisi yang tepat dilihat dari …. a. ekspresi – intonasi – pelafalan b. ekspresi – tema – pesan c.

ekspresi – pelafalan – tema d. ekspresi – tema – alur e. ekspresi – intonasi – alur Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Bahasa Indonesia SMA Kelas 10 Perhatikan penggalan teks hikayat berikut!

Jikalau anak kami sesekalipun apabila salah, kami salahkan juga. Janganlah nahkoda sangka lagi yang demikian cara membaca puisi yang tepat dilihat dari. Maka katanya kepada perempuan itu. β€œTatkala dahulu istri siapa engkau ini.” Maka, sahut perempuan itu, β€œYa, Tuan Hakim! Bahwasanya hamba istri nahkoda.” Isi yang dapat dipahami dari kalimat pertama penggalan teks tersebut adalah… A. Anak sendiri tidak mungkin dididik menjadi salah.

B. Kesalahan anak sendiri tentu karena kesalahan orang tuanya. C. Kesalahan orang tua akan menurun kepada anak sendiri. D. Jika anak sendiri salah, orang tuanya pun akan menyalahkan pula.

Materi Latihan Soal Lainnya: β€’ PTS Penjaskes PJOK SMP Kelas 8 β€’ IPA SD MI Kelas 6 β€’ Teks Editorial - Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 β€’ PTS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 β€’ BAB 1 - PAI SD Kelas 1 β€’ UTS Penjas PJOK SMA Kelas 11 β€’ Ulangan Harian Penjas PJOK SMP Kelas 8 β€’ Bahasa Jawa Semester 2 Genap SMP Kelas 8 β€’ Tes Bahasa Korea β€’ Remedial Tema 4 SD Kelas 5 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Tips : Jika halaman ini selalu menampilkan soal yang sama secara beruntun, maka pastikan kamu mengoreksi soal terlebih dahulu dengan menekan tombol "Koreksi" diatas. Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan β€’ Hubungi Kami β€’ Kirim Soal β€’ Privacy Policy β€’ β€’
wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang.

Untuk membuat artikel ini, 9 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Ada 7 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 14.866 kali. Membaca puisi adalah tentang menyampaikan bagaimana puisi itu memengaruhi Anda secara pribadi, sehingga Anda bisa menambahkan penafsiran Anda sendiri di atas si penulis (bila Anda tidak menulisnya sendiri). Berikut adalah petunjuk untuk setiap langkah membaca puisi, dari memilih gaya yang sesuai dengan puisi hingga cara untuk tetap tenang di panggung. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c6\/Perform-Poetry-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c6\/Perform-Poetry-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ketahui aturannya.

Apabila Anda akan menghadiri perlombaan puisi, mengerjakan tugas kelas, atau mengikuti kompetisi pembacaan puisi, Anda harus membaca semua peraturan dengan saksama. Mungkin Anda diminta memilih satu atau beberapa puisi dari periode waktu tertentu, atau puisi yang berhubungan dengan topik tertntu. Sering kali, Anda akan diminta membacakan puisi dalam rentang waktu tertentu.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/67\/Perform-Poetry-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/67\/Perform-Poetry-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pilih puisi yang Anda nikmati.

Membaca puisi memungkinkan Anda menunjukkan pada audiens bagaimana puisi tersebut memengaruhi emosi dan gagasan Anda. Cobalah menemukan cara membaca puisi yang tepat dilihat dari yang dalam beberapa cara membuat Anda bereaksi, dan yang ingin Anda bagi dengan orang lain.

Kecuali Anda berpartisipasi dalam pembacaan puisi dengan tema spesifik, Anda bisa memilih jenis puisi apa saja: konyol, dramatis, serius, atau sederhana. Jangan mencoba memilih puisi terkenal atau serius bila Anda tidak menikmatinya; semua jenis puisi dapat ditampilkan. β€’ Jika Anda tidak tahu puisi yang Anda sukai, cari koleksi puisi di perpustakaan, atau cari puisi dari media daring mengenai topik yang Anda nikmati. β€’ Apabila Anda ingin menulis puisi sendiri, Anda bisa menemukan saran dalam artikel wikiHow berjudul Cara Menulis Puisi.

β€’ Apabila Anda akan tampil untuk kompetisi pembacaan puisi, baca peraturannya untuk mengetahui apakah Anda akan dinilai berdasarkan puisi yang dipilih. Dalam beberapa kompetisi, Anda akan mendapat nilai lebih karena memilih puisi dengan ide kompleks, perubahan dalam emosi, dan variasi gaya. [1] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/17\/Perform-Poetry-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/17\/Perform-Poetry-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari cara mengucapkan dan memahami cara membaca puisi yang tepat dilihat dari sulit.

Jika Anda tidak yakin bagaimana melafalkan semua kata-kata dalam puisi, cari video pembacaan puisi tersebut dan dengarkan dengan hati-hati. Anda juga dapat mencari "cara melafalkan ___ " dan biasanya menemukan penjelasan tertulis atau video.

Carilah definisi kata-kata yang tidak Anda yakini 100%. Puisi kerap merujuk kepada dua makna dari kata yang sama, jadi mengetahui definisi baru dapat mengajari Anda penafsiran yang sama sekali baru dari suatu baris.

β€’ Jika puisi Anda ditulis dalam dialek nonstandar, atau ditulis lebih dari 100 tahun yang lalu, banyak kata-katanya dilafalkan berbeda dari panduan pelafalan modern. Cobalah menemukan video pembacaan puisi tersebut, atau puisi yang ditulis oleh penulis yang sama. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/67\/Perform-Poetry-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/67\/Perform-Poetry-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Dengarkan video atau rekaman audio orang membaca puisi (opsional).

Tidak masalah bila Anda mencari aktor terkenal membaca Shakespeare atau orang biasa yang merekam puisi mereka sendiri. Akan menolong bila puisi yang dibacakan itu adalah yang Anda pilih, atau memiliki gaya yang serupa (keras dan dramatis, deskripsi realistis, dsb.).

Anda harus bisa mengatakan dalam satu menit apakah Anda menyukai pembacaan puisi tersebut. Teruslah mencari sampai Anda menemukan seseorang yang Anda sukai, dan pelajari yang mereka rekam. Pikirkan alasan Anda menyukai puisi tersebut, dan tuliskan jawaban untuk pertanyaan itu sehingga Anda mengikuti contoh baiknya. β€’ Apakah Anda menikmati puisi yang dibaca dengan perlahan dan stabil, atau pertunjukan yang cepat dan melambat untuk menekankan perasaan yang berbeda?

β€’ Apakah Anda menyukai penampil yang melebih-lebihkan nada suara dan gerakan dramatis, atau yang terdengar lebih natural dan realistis? β€’ Ini sangat bermanfaat apabila Anda ingin menjadi lebih baik dalam pembacaan puisi. Sering mendengarkan orang yang Anda kagumi akan mengajari Anda bagaimana memperbaiki kemampuan.

[2] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/4c\/Perform-Poetry-Step-5.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-5.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/4c\/Perform-Poetry-Step-5.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-5.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat catatan secara langsung untuk menandai bagaimana Anda akan membacakannya.

Cetak atau tulis paling tidak satu salinan puisi Anda itu. Langsung buat catatan untuk mengetahui kapan harus berhenti, melambat, membuat gerakan, atau mengubah nada suara. [3] X Teliti sumber Ini disebut menandai puisi, dan mungkin Anda harus bereksperimen dengan berbagai gaya berbeda sebelum menemukan yang Anda suka.

Tebaklah apa yang mungkin terdengar paling baik, kemudian bacakan dengan suara keras untuk mengetahui apakah Anda benar. β€’ Jika Anda mendengarkan contoh puisi lain, Anda harus memiliki beberapa gagasan bagaimana Anda ingin mengubah kecepatan, jeda, atau mengubah nada suara.

β€’ Tidak ada satu cara untuk menulis catatan ini. Gunakan simbol atau kata-kata apa pun yang masuk akal bagi Anda, atau soroti kata-kata yang ingin Anda tekankan. β€’ Pikirkan apa yang sesuai dengan puisi tersebut. Puisi dramatis seperti The Jabberwocky dapat ditampilkan dengan gerakan tubuh dan perubahan ekspresi wajah yang ekstrem. Puisi tentang pemandangan padang rumput yang tenang dapat dibaca perlahan-lahan dengan suara tenang. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/61\/Perform-Poetry-Step-6.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-6.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/61\/Perform-Poetry-Step-6.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-6.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Latihlah membaca puisi lebih pelan dari yang Anda inginkan.

Ketika berada di depan banyak orang, mudah bagi saraf dan adrenalin untuk membuat Anda menambah kecepatan.

[4] X Teliti sumber Bahkan untuk puisi yang ingin Anda baca dengan cepat, latihlah memulai dengan agak pelan, kemudian tambah kecepatan ketika sudah lebih menarik atau tegang. (Memang lebih jarang, puisi akan mulai dengan bersemangat kemudian melambat, dalam hal ini Anda dapat berlatih memperlambat kecepatan.) Ambil jeda bila kedengarannya alami sehingga pembacaan puisi terdengar lebih halus. β€’ Jangan mengambil jeda di akhir setiap baris, kecuali bila Anda benar-benar berpikir cara itu akan terdengar lebih baik.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Bila puisi Anda memiliki tanda baca, tunda jeda panjang untuk akhir kalimat, dan jeda yang lebih pendek untuk koma, tanda dalam kurung, dan tanda baca lain. [5] X Teliti sumber β€’ Atur waktu bila ada batasan berapa lama puisi dapat dibacakan. Umumnya, pembacaan puisi hanya memerlukan beberapa menit. Jika penampilan Anda berlangsung terlalu lama, cobalah memilih satu atau dua bait puisi yang bisa berdiri sendiri, atau pilih puisi yang berbeda.

Jangan coba membaca super cepat untuk memenuhi batas waktu; itu tidak akan terdengar enak. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f9\/Perform-Poetry-Step-7.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-7.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f9\/Perform-Poetry-Step-7.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-7.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Fokus pada kata-kata lebih daripada akting.

Bahkan puisi dramatis pun harus lebih banyak mengenai puisi itu sendiri, bukan gerak tubuh dan suara yang dibuat. Anda bisa melebih-lebihkan dari kehidupan normal jika berpikir cara itu cocok dengan gaya puisi, tetapi jangan mengalihkan perhatian orang dari makna kata-kata yang sebenarnya. β€’ Cobalah mengucapkan setiap kata dengan jelas. Jangan "menelan" akhir kalimat Anda, sehingga membuatnya tidak jelas atau tak terdengar. β€’ Jika Anda tidak yakin gerakan apa yang pantas, jagalah agar siku Anda bebas dekat sisi tubuh dan letakkan satu tangan di atas tangan lain, di depan tubuh Anda.

Dari posisi ini Anda dapat membuat gerakan kecil yang tampak alami, atau diam tanpa terlihat terlalu kaku. [6] X Teliti sumber β€’ Sesekali, Anda bisa melanggar aturan ini. Bila Anda tampil di depan anak-anak kecil, mereka senang dengan gerakan dan suara yang dibesar-besarkan.

Beberapa puisi eksperimental mungkin menginstruksikan Anda untuk membuat suara tidak masuk akal atau memasukkan aksi tidak biasa dalam penampilan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cd\/Perform-Poetry-Step-8.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-8.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cd\/Perform-Poetry-Step-8.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-8.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Latihan, latihan, latihan.

Begitu Anda memutuskan kapan ingin mengambil jeda dan gerakan apa yang akan dibuat, Anda masih perlu latihan beberapa kali jika ingin memberi usaha terbaik pada penampilan. Cobalah menghafalkan puisi meskipun tidak diharuskan, karena Anda akan lebih terdengar percaya diri dan tampak lebih alami bila tidak membaca dari selembar kertas.

β€’ Berlatih di depan cermin adalah cara yang baik untuk mendapatkan gagasan seperti apa perspektif audiens. Anda juga dapat merekam video penampilan Anda dan kemudian melihatnya untuk mendapatkan ide apa yang terlihat alami dan apa yang tidak berhasil. β€’ Berlatih di depan audiens yang bersahabat kalau bisa. Satu atau dua orang sudah akan membantu Anda mengadaptasi gagasan tampil di depan publik.

Minta nasihat dari mereka setelahnya dan cobalah mempertimbangkan setiap saran, meskipun ternyata nanti Anda tidak mengikutinya. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/03\/Perform-Poetry-Step-9.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-9.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/03\/Perform-Poetry-Step-9.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-9.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kenakan pakaian yang bagus tetapi nyaman.

Kenakan pakaian yang senang Anda pakai, tetapi usahakan untuk tetap rapi dan bersih. Anda juga harus memerhatikan kebersihan pribadi. Tujuannya adalah tetap nyaman dan rileks, tetapi juga memberikan penampilan yang siap dan percaya diri kepada audiens.

β€’ Jika Anda berada di perlombaan puisi atau tempat lain dengan cahaya ditujukan pada penampil atau orang-orang mengambil foto, hindari mengenakan warna putih. Cahaya terang pada pakaian putih menyulitkan Anda melihat dengan jelas.

[7] X Teliti sumber {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0b\/Perform-Poetry-Step-10.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-10.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0b\/Perform-Poetry-Step-10.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-10.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari cara mengatasi demam panggung. Kebanyakan orang menjadi gugup sebelum tampil, jadi miliki rencana untuk mengatasinya.

Banyak latihan akan membuat Anda lebih percaya diri, tetapi ada juga beberapa cara untuk membuat Anda tenang sebelum tampil: β€’ Pergi ke suatu tempat sepi dan menenangkan. Bila Anda tahu cara membaca puisi yang tepat dilihat dari meditasi atau ingin mempelajari bagaimana melakukannya, cobalah. Kalau tidak, cobalah duduk diam dan melihat sekeliling Anda alih-alih memikirkan pertunjukan tersebut. β€’ Makan dan minum sebagaimana yang Anda lakukan pada hari biasa.

Makanlah makanan yang familier, dan minumlah minuman mengandung kafeina hanya bila itu merupakan kebiasaan Anda sehari-hari. Cukup minum air putih tepat sebelum tampil untuk menghindari tenggorokan kering.

[8] X Teliti sumber β€’ Tenangkan diri Anda tepat sebelum tampil dengan meregangkan otot, berjalan-jalan, dan bersenandung sedikit untuk mengendurkan suara. β€’ Ambil beberapa napas dalam sebelum mulai tampil. [9] X Teliti sumber Ini akan memperbaiki suara dan juga menenangkan saraf Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c3\/Perform-Poetry-Step-11.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-11.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c3\/Perform-Poetry-Step-11.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-11.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berdiri tegak.

Postur yang baik memiliki banyak manfaat selama tampil. Selain membuat Anda terlihat percaya diri dan siap di depan audiens, berdiri tegak akan membantu Anda bicara lebih keras dan lebih jelas, sehingga semua orang dapat mendengar Anda.

[10] X Teliti sumber www.poetryoutloud.org/poems-and-performance/tips-on-reciting {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/0d\/Perform-Poetry-Step-12.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-12.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/0d\/Perform-Poetry-Step-12.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-12.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat kontak mata dengan audiens.

Ketika tampil, Anda harus memandang mata audiens. Sering-sering bergerak di antara mereka, alih-alih menatap satu orang untuk waktu yang terlalu lama, berhentilah cukup lama untuk menatap mata mereka.

Ini akan mendapatkan perhatian audiens dan membuat penampilan Anda tampak lebih alami. [11] X Teliti sumber β€’ Jika Anda berada di kompetisi, jangan hanya fokus pada juri jika ada orang lain yang hadir. Beri perhatian kepada seluruh audiens, dan buat juga kontak mata dengan audiens yang bukan juri. [12] X Teliti sumber www.poetryoutloud.org/poems-and-performance/tips-on-reciting {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f0\/Perform-Poetry-Step-13.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-13.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f0\/Perform-Poetry-Step-13.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-13.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Buat suara Anda terdengar oleh semua audiens.

Ada cara membaca puisi yang tepat dilihat dari cara untuk membuat suara Anda terdengar lebih keras dan jelas tanpa harus berteriak. Angkat dagu Anda sedikit, bahu ditarik ke belakang, dan punggung lurus. Cobalah bicara dari suara rendah di dada, bukan di mulut dan tenggorokan.

β€’ Melafalkan setiap kata dengan jelas juga dapat membantu audiens memahami Anda. β€’ Ambil napas dalam selama tampil sehingga Anda tidak kehabisan udara. [13] X Teliti sumber β€’ Bawa segelas air ke panggung untuk menyegarkan suara Anda jika pembacaan puisi lebih lama dari satu atau dua menit. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/fc\/Perform-Poetry-Step-14.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-14.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/fc\/Perform-Poetry-Step-14.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-14.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Pelajari cara bicara dengan mikrofon (jika dipakai).

Jauhkan mikrofon beberapa sentimeter (sekitar lima senti) dari mulut Anda dan agak di bawahnya. Anda harus bicara di atas mikrofon, tidak langsung ke dalamnya. [14] X Teliti sumber Sebelum Anda mulai tampil, tes volumenya dengan memperkenalkan diri atau bertanya apakah audiens dapat mendengar Anda. β€’ Jika Anda memakai mikrofon yang ditempelkan di bagian depan kemeja atau kerah, Anda tidak perlu bicara tepat ke arahnya.

Bicaralah seolah Anda bicara kepada kelompok kecil. Jangan memutar kepala terlalu jauh atau terlalu cepat, atau mikrofon akan terlepas.

β€’ Jika Anda memiliki masalah dengan mikrofon, mintalah bantuan dari orang yang mengurus audio cara membaca puisi yang tepat dilihat dari orang yang bertanggung jawab pada acara.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Penampil tidak perlu membereskan masalah sistem peralatan suara. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e7\/Perform-Poetry-Step-15.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-15.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e7\/Perform-Poetry-Step-15.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-15.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c3\/Perform-Poetry-Step-16.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-16.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c3\/Perform-Poetry-Step-16.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-16.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"
<\/div>"} Jika Anda membuat kesalahan cara membaca puisi yang tepat dilihat dari lebih besar, berhentilah sebentar dan ulang satu atau dua baris terakhir itu.

Audiens akan memerhatikan atau menjadi bingung, jadi jangan mencoba mengelabui mereka dengan bergegas melewati bagian itu. [15] X Teliti sumber Anda tidak perlu bereaksi berlebihan: cukup berhenti sebentar dan kembali ke awal baris, atau di mana pun yang menurut Anda paling masuk akal. β€’ "Kesalahan yang lebih besar" termasuk mengucapkan baris yang tidak pada urutannya, melupakan baris berikutnya, atau cukup mengacaukan kata-kata sehingga makna atau iramanya terpengaruh.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/a\/a4\/Perform-Poetry-Step-17.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-17.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/a\/a4\/Perform-Poetry-Step-17.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-17.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Ambil napas dalam dan mulai dari awal jika Anda benar-benar lupa baris berikutnya.

Terkadang, kecemasan Anda sendiri akan menghalangi ingatan. Jika Anda sudah mundur beberapa baris dan tetap tidak bisa mengingat bagaimana kelanjutannya, kembalilah ke awal.

Irama dari membacakan baris yang Anda hafal biasanya membawa ke bagian yang tadinya Anda kira terlupakan. β€’ Khususnya untuk puisi yang panjang, mundurlah sampai beberapa bait, atau sekitar 10 baris. β€’ Simpan salinan puisi tersebut di saku Anda untuk berjaga-jaga bila Anda tetap tidak bisa mengingat baris berikutnya.

β€’ Jika Anda tidak membawa salinan dan masih tidak bisa mengingat baris berikutnya, lompati ke baris yang Anda tahu. Jika Anda lupa seluruh sisa puisi tersebut, ucapkan terima kasih kepada audiens dengan tenang seolah Anda sudah mencapai akhir puisi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/4\/44\/Perform-Poetry-Step-18.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-18.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/4\/44\/Perform-Poetry-Step-18.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-18.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Jika seseorang mencoba bicara pada Anda di tengah-tengah puisi, berhentilah sampai gangguan tersebut ditangani.

Audiens di pembacaan puisi datang untuk mendengarkan penampilan satu orang, bukan perdebatan.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Siapa pun yang mencoba menginterupsi Anda harus ditangani dengan cepat oleh audies atau penanggung jawab. β€’ Tergantung jarak Anda dengan awal puisi, Anda bisa mulai dari awal atau hanya mundur sampai permulaan yang alami beberapa baris sebelumnya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/e\/e1\/Perform-Poetry-Step-19.jpg\/v4-460px-Perform-Poetry-Step-19.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/e\/e1\/Perform-Poetry-Step-19.jpg\/v4-728px-Perform-Poetry-Step-19.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Sadari bahwa kesalahan bukanlah bencana besar seperti yang Anda pikirkan. Membuat kesalahan di panggung sebenarnya dapat menjadikan Anda penampil yang lebih percaya diri dalam jangka panjang.

[16] X Teliti sumber Ketakukan mengacaukan penampilan hampir selalu lebih buruk dari yang sebenarnya terjadi. Tinjaulah kembali setelah Anda tenang dan sadari bahwa orang-orang akan melupakan insiden tersebut lebih cepat dari yang Anda kira.

β€’ Γ’β€ β€˜ www.poetryoutloud.org/poems-and-performance/tips-on-reciting β€’ Γ’β€ β€˜ http://www.powerpoetry.org/actions/5-tips-spoken-word β€’ Γ’β€ β€˜ www.poetryoutloud.org/poems-and-performance/tips-on-reciting β€’ Γ’β€ β€˜ http://ekabhumi.com/writing/73-tips-for-poetry-slams?start=3 β€’ Γ’β€ β€˜ http://www.dummies.com/how-to/content/hints-for-speaking-into-a-microphone.html β€’ Γ’β€ β€˜ http://christopherwitt.com/recovering-after-making-a-mistake-during-a-speech/ β€’ Γ’β€ β€˜ http://christopherwitt.com/recovering-after-making-a-mistake-during-a-speech/
Bindonline.com – Bagaimana cara membaca puisi yang tepat untuk membuat orang lain tertarik mendengarnya?

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Puisi merupakan salah karya sastra yang populer. Seseorang menulis puisi biasanya bertujuan untuk mengungkapkan ide, perasaan, atau suasana hatinya. Dia ingin menyampaikan dengan cara yang tidak biasa. Salah satunya melalui puisi. Dalam membaca puisi, kamu tidak bisa membaca naskahnya sebagaimana ketika membaca tulisan biasa. Ada beberapa hal penting yang harus menjadi perhatianmu ketika ingin membaca puisi.

Tujuannya agar puisi yang kamu bacakan tersebut menarik orang untuk mendengarnya. Cara Membaca Puisi yang Benar dan Menarik Ada beberapa cara yang dapat kamu coba agar puisi yang kamu baca tersebut membuat orang lain tertarik mendengarnya.

Melalui cara ini, apa yang kamu sampaikan melalui puisi akan tersampaikan kepada pendengar sehingga mereka memahami pesan apa yang kamu coba kirimkan kepada mereka. 1. Memahami Makna serta Suasana dalam Puisi Cara pertama dan dasar ketika membaca puisi adalah kamu harus paham apa makna yang terkandung di dalam puisimu.

Setiap puisi pasti memiliki makna tersendiri karena tujuan pembuatan puisi adalah untuk menyampaikan perasaan atau idemu kepada orang lain melalui kata-kata yang puitis. Hal yang sama ketika menulis puisi, kamu juga harus paham tentang seperti apa makna yang akan kamu sampaikan melalui puisi tersebut.

cara membaca puisi yang tepat dilihat dari

Kami menyarankan agar kamu tidak mencoba membaca puisi sementara kamu belum memahami maknanya. Apalagi ketika kamu sedang ada lomba puisi dan tetap memaksakan membaca puisi yang maknanya belum kamu ketahui. Pasti orang yang melakukan analisis puisi melalui caramu menyampaikannya akan menganggap bahwa puisimu hambar. Pesan yang kamu sampaikan pun menjadi kurang berkesan dan tidak sampai di telinga para pendengar.

Selain itu, kamu juga perlu memahami suasana yang terkandung di dalam puisi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa membaca puisi tersebut secara baik.

Pesan yang coba kamu kirimkan pun akan sampai ke para audiens. Jadi, memahami makna dan suasana yang ada di dalam puisi merupakan hal yang penting. 2. Pelafalaran atau Pengucapan yang Baik Di dalam membaca puisi, pelafalan menjadi salah satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan.

Misalnya pengucapan untuk huruf vokal β€œa, i, u, e, o” pastikan harus jelas. Pelafalan yang benar berasal dari bentuk dan posisi bibir yang sesuai pada saat kamu melafalkannya. Maka dari itu, sebelum membaca puisi maka pastikan kamu bisa mengucapkan setiap kata secara benar. Kamu bisa mencobanya dengan latihan mengucapkan huruf vokal secara benar. Cara ini memang sangat sederhana namun akan memberikan dampak pada puisi yang kamu baca.

3. Perhatikan Intonasi Sama halnya ketika membaca teks drama, di dalam membaca puisi juga harus memperhatikan intonasi. Intonasi adalah perubahan nada pada saat berbicara. Di dalam membaca puisi, kamu harus tahu kapan nadanmu harus tinggi dan kapan waktunya menggunakan nada rendah atau datar. Intonasi juga menjadi bagian yang penting karena akan berpengaruh terhadap minat audiens apakah ingin mendengarkan puisimu atau tidak.

Selain itu, dengan intonasi yang baik juga maka pesan atau makna yang terkandung di dalam puisi tersebut bisa kamu sampaikan dengan baik kepada para pendengar. Dengan begitu, mereka akan cara membaca puisi yang tepat dilihat dari makna yang terkandung di dalam puisi. 4. Perhatikan Penekanan Kata Cara membaca puisi yang keempat adalah dengan memperhatikan penekanan kata. Penekanan kata ini berkaitan dengan kapan kamu harus keas dan kapan harus lembut pada kata-kata tertentu.

Sangat penting untuk memperhatikan penekanan kata ini untuk membuat puisimu lebih menarik. Jadi, kamu bisa memberikan penekanan pada kata-kata yang memang dianggap penting dan perlu kamu tegaskan.

Jadi, orang yang mendengar puisimu pun tahu apa yang coba kamu sampaikan. 5. Perhatikan Waktu Jeda Selain beberapa hal di atas, cara lainnya yang penting kamu perhatikan ketika membaca puisi adalah memperhatikan waktu jeda pada puisimu tersebut. Sebagai latihan, kamu bisa memasukkan tanda jeda pada naskah agar kamu lebih mudah memahami kapan waktunya jeda.

Setidaknya ada tiga tanda jeda yang bisa kamu masukkan, yaitu: β€’ Garis miring satu atau /, menandakan bahwa kamu harus berhenti sejenak. Tanda ini kamu berikan pada tengah baris β€’ Garis miring dua atau //, tanda ini kamu gunakan untuk memberikan jeda agak lama.

Biasanya tanda tersebut dipakai ketika terdapat tanda koma pada akhir barus maupun ketika ganti baris β€’ Garis miring tiga atau ///, tanda ini kamu gunakan untuk memberikan jeda yang lama sekali. Biasanya tanda tersebut kamu pakai ketika ada di cara membaca puisi yang tepat dilihat dari terakhir maupun akhir dari puisi yang kamu baca Setelah kamu memasukkan tanda jeda tersebut pada puisimu, sekarang wakutnya untuk latihan. Kamu tinggal memposisikan di mana kamu harus jeda dan seberapa lama jeda tersebut.

Dengan begitu, puisi yang kamu baca akan lebih menarik. 6. Menggunakan Mimik Wajah yang Sesuai Cara membaca puisi yang benar bukan hanya tentang apa yang kamu ucapkan. Ini berkaitan juga dengan bagaimana caramu mengekspresikannya melalui mimik wajah.

Raut wajah penyair akan menggambarkan makna yang terkandung di dalam puisi tersebut. Maka dari itu, kamu harus menggunakan mimik wajah yang sesuai dengan makna yang terkandung dalam puisi. Mimik wajah juga akan menjadi salah satu faktor untuk menentukan apakah pembaca atau penyair menghayati puisi yang sedang dia baca atau tidak. Misalnya kamu membaca puisi tentang perjuangan.

Kamu harus mengekspresikannya dengan mimik wajah yang tegas. Sementara puisi tentang kehilangan harus kamu ekspresikan dengan mimik wajah yang sedih. Dengan begitu, apa yang coba kamu sampaikan benar-benar sampai ke para audiens.

7. Gerakan Tubuh yang Sesuai Gerakan tubuh ketika membaca puisi juga menjadi faktor yang tidak kalah penting. Jika kamu berlatih puisi, jangan hanya berfokus pada isi atau pengucapan puisimu tersebut. Pastikan kamu juga belajar bagaimana menggunakan gestur tubuh yang pas ketika membaca puisi. Meskipun gestur ini hanya berperan sebagai pendukung, namun kamu tetap perlu melakukannya.

Namun ingat jangan sampai terlalu berlebihan alias overacting. Kesannya nanti malah kamu terlalu fokus pada gestur atau malah gesturmu salah dan tidak sesuai dengan puisi yang kamu baca. 8. Hafalkan Puisi Cara membaca puisi yang juga tidak kalah penting yaitu pastikan kamu menghafal puisi yang kamu baca. Sebenarnya tidak ada masalah ketika kamu membaca puisi cara membaca puisi yang tepat dilihat dari membawa teks.

Namun akan lebih baik jika kamu menghafal puisi tersebut dan siap tampil di depan tanpa membawa teks. Untuk hal yang satu ini memerlukan waktu yang tidak sebentar. Namun dengan latihan secara konsisten, pasti kamu bisa tampil ke depan tanpa membawa teks.

Selain itu, pastikan kamu memiliki rasa percaya diri agar apa yang sudah kamu hafalkan tersebut tidak helang seketika karena demam panggung.

MELATIH INTONASI




2022 www.videocon.com