Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

dengan cara pemindah bukuan. Jenis jenis sarana penarikan untuk menarik dana yang tertanam direkening giro adalah sebagai beikut: 1. Cek Cek merupakan surat perintah tanpa syarat dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut, untuk membayar sejumlah uang kepada pihak yang disebutkan didalamnya atau kepada pemegang cek tersebut artinya bank harus membayar kepada siapa saja yang membawa cek ke bank yang memelihara rekening nasabah untuk diuangkan sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan baik secara tunai atau secara pemindahbukuan.

Syarat hukum dan penggunaan cek sebagai alat pembayaran giral seperti yang diatur didalam KUHD Dagang Pasal 178 dengan syarat yaitu : a. Pada surat cek tertulis perkataan “CEK” b. Surat cek harus berisi perintah tak bersyarat untuk membayar uang tertentu c. Nama bank yang harus membayar ( tertarik) d. Penyebutan tanggal dan tempat cek dikeluarkan e. Tanda tangan penarik Syarat lain yang dapat ditetapkan oleh bank untuk menarik sejumlah uang yang diinginkan adalah sebagai berikut :  Tersedianya dana  Ada materai yang cukup  Jika ada coretan atau perubahan harus ditanda tangani oleh si pemberi cek  Jumlah uang yang ditulis di angka dengan huruf yang sama  Memperlihatkan masa kadaluarsa cek yaitu 70 hari setelah dikeluarkannya cek tersebut  Tanda tangan atau stempel harus sama dengan di specimen (contoh tanda tangan)  Tidak diblokir pihak berwenang  Resi cek sudah kembali  Endorsment cek benar  Kondisi cek sempurna  Rekening belum ditutup  Dan syarat-syarat lainnya Gambar 2.1 Contoh Cek Bank BCA Pertanyaan Case 1 : Bapak Hartono nasabah Cabang Kebon sirih Jakarta memiliki hubungan bisnis jual beli kelapa sawit dengan Pak Togar yang berdomisili di Medan.

Pada saat melakukan kunjungan ke Medan, sebelum kembali ke Jakarta pada tanggal 28 Juli 2009, Pak Hartono menerbitkan cek atas unjuk dengan nama Pak Togar Manurung sebesar Rp 1,2 miliar untuk pelunasan pembayaranSawit bulan Juni 2009. Gambar 2.2 Gambar Cek Bank Mandiri 2.

Bilyet Giro (BG) Bilyet giro merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank yang memelihara rekening giro nasabah tersebut untuk memindah bukuan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak penerima yang disebutkan namanya pada bank yang sama atau bank lainnya. Pemindah bukuan pada rekening bank yang bersangkutan artinya dipindahkan dari rekening nasabah si pemberi bilyet giro kepada nasabah penerima Bilyet giro tetapi sebaliknya bila dipindah bukukan ke rekening di bank yang lain ,maka harus melalui proses kliring ke bank lain.

Definisi Kliring bank adalah cara atau sarana perhitungan hutang-piutang dalam bentuk surat-surat berharga atau surat dagang dari suatu bank peserta yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia atau pihak lain yang ditunjuk Bagan dibawah adalah penggambaran dari proses kliring cek antar bank.

Berikut adalah penjelasan dari bagan di atas. • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube Instagram Istilah tabungan atau savings tentu sudah tidak asing di telinga.

Namun, apa bisa jelaskan pengertian simpanan tabungan secara gamblang? Apalagi, selama ini definisi tabungan memang kerap disamakan dengan simpanan.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Padahal, tabungan adalah salah satu jenis simpanan di bank. Tabungan merupakan salah satu jenis simpanan yang paling umum dipilih oleh nasabah perbankan. Saat menggunakan tabungan, nasabah akan mendapatkan buku tabungan serta kartu debit.

Dengan kedua benda tersebut, nasabah bisa melakukan transaksi, baik menyetor atau menarik uang. Daftar isi • Pengertian Simpanan Tabungan • Definisi Tabungan • Keuntungan Menabung di Bank • 1. Keamanan • 2. Mendapatkan Benefit Tabungan • 3.

Praktis • 4. Pengelolaan Uang Lebih Terencana • 5. Alternatif Investasi • 6. Bisa Diambil Kapan Saja • 7. Peluang Mendapatkan Hadiah • Syarat Syarat Menabung di Bank • Cara Penarikan Simpanan Tabungan • 1. Buku Tabungan • 2.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Slip Penarikan Tabungan • 3. Kuitansi • 4. Kartu Anjungan Mandiri (ATM) • 3 Metode Perhitungan Bunga di Bank • 1. Metode Saldo Terendah • 2. Metode Saldo Rata Rata • 3. Metode Saldo Harian • Cara Menghitung Bunga Tabungan di Bank Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah Metode Saldo Terendah Pengertian Simpanan Tabungan Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), simpanan tabungan adalah simpanan yang proses penarikannya hanya bisa dilakukan berdasarkan syarat tertentu sesuai kesepakatan.

Akan tetapi, tidak bisa ditarik menggunakan bilyet giro, cek, atau alat lain sejenisnya. Seiring kemajuan teknologi, saat ini simpanan tabungan dapat ditarik secara lebih mudah dan praktis menggunakan ATM dan kartu bank yang diberikan oleh pihak bank, maupun telepon (savings). Di era modern, ada beberapa jenis tabungan yang sudah tidak menggunakan buku tabungan, namun berbasis digital dengan memanfaatkan internet (internet banking dan mobile banking).

Karakteristik lain adalah terdapat setoran awal dengan nominal tertentu di awal pembukaan rekening baru. Besaran setoran ditentukan oleh kebijakan dari masing-masing bank.

Definisi Tabungan Jelaskan pengertian simpanan tabungan? Tabungan adalah simpanan uang milik individu atau badan usaha ke bank dengan syarat-syarat sesuai ketentuan dari pihak bank.

Tabungan tersebut dapat ditarik kapan saja tanpa batas waktu tertentu, termasuk melalui ATM / Anjungan Tunai Mandiri. Tabungan juga bisa diartikan sebagai bagian pendapatan yang tidak digunakan atau dikonsumsi, sebaliknya disimpan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Sementara itu, nasabah akan mendapatkan sejumlah fasilitas, meliputi: • Buku Tabungan • Kartu ATM • Layanan Internet Banking dan Mobile Banking • dan sebagainya Keuntungan Menabung di Bank Menabung uang di bank akan memberikan beberapa manfaat bagi nasabah, diantaranya adalah sebagai berikut: 1.

Keamanan Uang nasabah dijamin lebih aman jika disimpan di bank sehingga minim kehilangan. Selain memiliki sistem keamanan berlapis, bank juga bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga uang tetap bisa diambil meskipun bank mengalami masalah. 2. Mendapatkan Benefit Tabungan Uang yang disimpan di bank akan berkembang karena nasabah mendapatkan suku bunga.

Sedangkan untuk bank syariah, benefit biasanya didapatkan dari sistem bagi hasil sesuai dengan ketentuan aturan yang diberlakukan oleh hukum syariah. 3. Praktis Mengikuti perkembangan zaman, bank menawarkan berbagai kemudahan untuk nasabah, mulai dari menyediakan ragam layanan dan fasilitas perbankan, seperti transaksi digital melalui mobile banking dan internet banking, serta penarikan uang melalui berbagai fasilitas.

4. Pengelolaan Uang Lebih Terencana Tidak dapat dipungkiri, bahwa rajin menabung di bank bisa menjadi alternatif mengelola uang secara lebih baik. Selain itu, nasabah juga menjadi terbiasa menyisihkan uang. Hal ini akan berdampak pada perencanaan keuangan yang lebih baik dan terarah.

5. Alternatif Investasi Ada banyak jenis investasi yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Salah satunya dengan menabung di bank, seperti tabungan jangka panjang, emas, tabunganku, hingga deposito dan reksa dana. Meskipun minim resiko, namun keuntungannya juga tidak terlalu besar. 6. Bisa Diambil Kapan Saja Tidak ada peraturan mengikat bahwa nasabah tidak boleh mengambil uang tabungan.

Hal ini tentu menguntungkan bagi nasabah, mengingat bisa bebas menarik saldo kapan dan dimana saja. Jadi, saat membutuhkan dana mendadak, dapat langsung melakukan penarikan tunai. 7. Peluang Mendapatkan Hadiah Setiap bank memiliki cara dan program masing-masing untuk memanjakan nasabah, termasuk dengan mengadakan program undian berhadiah. Reward yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari barang mewah, seperti mobil, alat elektronik, hingga uang tunai.

Syarat Syarat Menabung di Bank Sebelum memutuskan untuk membuka tabungan di bank pilihan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan nasabah. Di bawah ini adalah syarat-syarat untuk menabung di bank: • Melampirkan bukti identitas diri, seperti E-KTP, Kartu Keluarga, dan berkas dokumen lain. • Melengkapi formulir membuka tabungan di bank. • Mempersiapkan setoran awal dengan nominal sesuai ketentuan.

• Membayar biaya administrasi. Cara Penarikan Simpanan Tabungan Jelaskan pengertian simpanan tabungan? Setelah memahami definisi dan manfaatnya, nasabah juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan penarikan simpanan tabungan di bank.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Di bawah ini adalah beberapa sarana penarikan uang yang bisa dijadikan pilihan: 1. Buku Tabungan Setiap nasabah akan mendapatkan sebuah buku tabungan, yang berisi catatan saldo tabungan, transaksi penyetoran, transaksi penarikan, serta pembebanan lain yang terjadi. 2. Slip Penarikan Tabungan Penarikan sejumlah dana dari rekening tabungan dilakukan menggunakan slip atau formulir.

Dengan slip penarikan, nasabah hanya perlu menuliskan nama, nomor rekening, nominal uang, dan membubuhkan tanda tangan nasabah untuk melakukan penarikan uang. 3. Kuitansi Bukti penarikan yang diterbitkan pihak bank dan memiliki fungsi sama seperti slip. Di kwitansi tertulis nama penarik, jumlah uang, nomor penarik, dan tanda tangan. 4. Kartu Anjungan Mandiri (ATM) ATM adalah sejenis kartu debit yang bisa digunakan oleh nasabah untuk menarik sejumlah uang dari tabungan dari berbagai media, termasuk Automated Teller Machine (ATM).

3 Metode Perhitungan Bunga di Bank Setelah mampu jelaskan pengertian simpanan tabungan, nasabah yang berniat berinvestasi dengan menabung, sebaiknya juga tahu apa saja metode perhitungan bunga yang umum digunakan. Di bawah ini adalah 3 metode perhitungan bunga bank: 1. Metode Saldo Terendah Dilakukan dengan cara menghitung jumlah saldo terendah, yaitu mengalikan bulan laporan dengan suku bunga per tahun, lalu dikalikan jumlah hari di bulan laporan, selanjutnya dibagi dengan total jumlah hari dalam satu tahun.

2. Metode Saldo Rata Rata Bunga dalam satu bulan dihitung berdasarkan pada saldo rata-rata di bulan berjalan. Sedangkan total saldo dihitung dengan menjumlahkan nominal akhir tabungan setiap hari di bulan berjalan, lalu dibagikan jumlah hari yang ada pada bulan tersebut. 3. Metode Saldo Harian Bunga tabungan bulan berjalan dihitung dengan metode, menjumlahkan hasil perhitungan suku bunga per hari. Cara Menghitung Bunga Tabungan di Bank Berdasarkan Metode Saldo Terendah Jelaskan pengertian simpanan tabungan?

Di samping memahami definisi simpanan tabungan, untuk mendapatkan keuntungan dari menabung lebih besar, nasabah juga perlu tahu bagaimana cara menghitung bunga simpanan. Jadi, bisa mengetahui berapa besar bunga yang didapatkan.

Berikut adalah rumus menghitung nilai suku bunga tabungan di bank: Rumus : S X SB x (T/12) S : Saldo terendah S : Rp. 10.000.000 T : Waktu perhitungan bunga (1 bulan) SB : Suku bunga 10% Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah : Rp. 10.000.000 x 10% simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah (1/12) Bunga : Rp.

83.333 Sementara itu, berikut adalah total bunga bersih setelah pajak: Pajak bunga : 15% Pajak : Rp. 83.333 x 15% Pajak : Rp. 12.499 Bunga bersih yang diterima oleh nasabah adalah: Bunga bersih : Rp. 83.333 – Rp. 12.499 Hasil : Rp. 70.834 Setelah paham dan dapat jelaskan pengertian simpanan tabungan, calon nasabah juga harus memilih jenis simpanan tabungan secara tepat. Saat ini, terdapat dua jenis tabungan yang umum dipilih masyarakat Indonesia, yakni tabungan konvensional serta tabungan syariah.

Categories Perbankan Tags Tabungan Post navigation
Berbagiruang.com – Berikut adalah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Perbankan Dasar Tentang Giro Tabungan dan Deposito yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Dengan adanya soal latihan ini semoga bisa sebagai bahan pembelajaran dan latihan sebelum menghadapi ujian.

Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Perbankan Dasar Tentang Giro Tabungan dan Deposito 1. Simpanan masyarakat dalam rupiah atau valuta asing pada bank yang transaksinya (penarikan dan penyetoran) dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, kartu ATM, sarana perintah bayar lainnya dan /atau dengan cara pemindahbukuan disebut simpanan ….

A. Deposito B. Tabungan C. Cek D. Giro * E. tabanas 2. Untuk dapat melakukan penarikan dana atau pembayaran atas suatu transaksi, maka setiap pemilik giro ( giran) akan memperoleh …. A. Bukku tabungan dan kuaitansi B. Kartu debit dan kartu kredit C. Buku cek dan bilyet giro * D. Surat perintah dan memo E. Buku cek dan wesel 3. Rekening yang tidak termasuk dalam golongan rekening atas nama badan, tetapi menggunakan nama dagang masuk dalam golongan rekening ….

A. Peoeangab * B. Atas nama suatu badan C. Tabungan D. Gabungan E. deposito 4. Cek yang dananya tidak tersedia di dalam rekening giro disebut dengan cek …. A. Silang B. Atas unjuk C. Mundur D.

Atas nama E. Kosong * 5. Berikut yang dimaksud dengan tersangkut yang terkait dengan cek adalah …. A. Orang yang diberi hak untuk memperoleh pembayaran, yang namanya tercantum dalam surat cek B.

Orang yang ditunjuk untuk memlberima pembayaran, tanpa menyebutkan namanya dalam surat cek C. Orang yang menggantikan kedudukan pemegang cek dengan jalan endosemen D. Bank yang diberi perintah tanpa syarat untuk membayar sejumlah uang tertentu * E. Orang yang mengeluarkan cek 6. Orang yang diberi hak untuk memperoleh pembayaran, yang namanya tercantum dalam surat cek disebut …. A. Holder * B. Tersangkut C.

Pengganti D. Bearer E. drawer 7. Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat – syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu disebut ….

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

A. Simpanan tabungan * B. Kartu debit C. Saham D. Kartu kredit E. Sertifikat berharga 8. Berikut ini bukan kendala giro bagi bank, yaitu. …. A. Memerlukan waktu dan kemungkinan biaya khusus untuk memelihara nasabah giro agar tidak memindahkan dananya pada bank lain karena kelalaian dalam layanan B.

Sulit dalam memprediksi cash flow karena sangat tergantung dengan lingkup usaha nasabah C. Sulit dalam mengawasi, terutama untuk penarikan melalui kliring yang terkadang dalam jumlah besar sehingga dapat menggangu likuiditas bank D. Jenis dana yang sensitif dan rentan dengan perubahan E. Tidak sulit untuk memprediksi dana yang mengendap * 9.

Surat perintah dari nasabah kepada bank untuk memindah bukukan sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan kepada pihak penerima yang disebutkan namanya pada bank yang sama atau bank lainnya disebut dengan …. A. Tabungan B. Cek C. Deposito D. Bilyet giro * E. Kliring 10. Mutasi yang mengakibatkan terjadi penurunan saldo rekening nasabah yang disebabkan karena adanya penarikan dana dalam rekening giro disebut dengan mutasi.Mutasi yang mengakibatkan terjadi penurunan saldo rekening nasabah yang disebabkan karena adanya penarikan dana dalam rekening giro disebut dengan mutasi ….

A. Pengeluaran B. Jasa C. Debit * D. Kredit E. penarikan BACA JUGA : Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Perbankan Dasar Tentang Jenis dan Kegiatan Bank 11. Bentuk tabungan yang tidak terikat oleh jangka waktu dengan syarat penyetoran dan pengambilan disebut …. A. Taskah B. Giro C. Bilyet D. Tabanas * E. Tabungan ONH 12.

Tabanas yang berlaku bagi berorangan yang dilaksanakan secara sendiri – sendiri oleh penabung yang bersangkutan, yaitu tabanas…. A. SEKOLAH B. PRAMUKA C. UMUM * D. PEMUDA E. PEGAWAI 13. Formulir untuk menarik sejumlah dana dari rekening tabungannya disebut … A. KATU KREDIT B. KUITANSI C. CEK D. BUKU TABUNGAN E. SLIP PENARIKAN * 14.

Berikut ini yang bukan termasuk sarana untuk penarikan simpanan tabungan adalah …. A. KUITANSI B. CEK * C. BUKU TABUNGAN D. SLIP PENARIKAN E. KARTU KREDIT 15.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Simpanan tabungan memiliki beberapa tujuan. Adapun salah satu tujuan adanya tabungan, yaitu ….

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

A. Kepercayaan masyarakat sebagai nasabah bank terhadap bunga bank menjadi berkurang sehingga ekonomi negara menjadi stabil B. Uang yang disisihkan nasabah dari hasil pendapatannya di bank dapat di gunakan untuk cadangan di masa yang akan dating C. Meningkatkan pelayanan kepada para nasabah bank dengan fasilitas penarikan tunai * D. Sebagai alat untuk memudahkan penjualan usaha kecil menengah E. Alat untuk memudahkan komunikasi kerjasama perdagangan antar negara 16.

Imbalan jasa atas pinjaman uang, di mana imbalan jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman atas manfaat ke depan dari uang pinjaman tersebut apabila diinvestasikan disebut …. A. UPAH B. BUNGA * C. SUKU BUNGA D. HIBAH E. GAJI 17. Rekening Dimas pada tanggal 1 Juli 2018 dilakukan pembukaan sebesar Rp4.000.000,00. Maka pencatatan transaksinya adalah ….

A. Kas Rp4.000.000,00 Tabungan – Rekening Tn Dimas Rp4.000.000,00 * B. Rekening antar kantor cabang Rp4.000.000,00 C. Rekening antar kantor Rp4.000.000,00 Kas Rp4.000.000,00 Tabungan rek Ny sinta Rp4.000.000,00 D.

Biaya bunga Tabungan Rp4.000.000,00 E. Tabungan Rek Ny Shinta Rp4.000.000,00 18. Simpanan yang dapat diambil setelah jangka waktu 6 bulan disebut …. A. Deposit * B. Rekening giro C. Obligasi D. Tabungan E. saham 19. Simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu ATM adalah ….

A. Simpanan wesel B. Deposit on call C. Simpanan deposito D. Simpanan tabungan * E. Simpanan giro 20. Simpanan giro dapat ditarik dengan menggunakan … A. Cek * B. Bank draf C. Nota debit D. Buku tabungan E. Nota kontan BACA JUGA : Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Perbankan Dasar Tentang Perbankan di Indonesia dan Uang 21. Pemilik rekening giro dapat mengetahui perputaran saldo gironya setiap bulan melalui…… yang diberikan oleh bank A.

Laporan arus kas B. Laporan saldo C. Rekening koran * D. Bank draf E. Buku tabungan 22. Dibawah ini yang buka termasuk jenis cek yaitu …. A. Cek atas nama B. Cek kontan * C. Cek mundur D. Cek kosong E. Cek atas unjuk 23. Deposito berjangka bukti simpanannya dapat diperdagangkan, serta merupakan surat pengakuan utang dari bank dan lembaga keuangan bukan bank yang dapat diperjualbelikan dalam pasar uang disebut ….

A. Simpanan giro B. Sertifikat deposito * C. Deposito on call D. Saham E. Sempanan tabungan 24. Imbalan jasa atas peminjaman uang, dimana imbalan jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjama atas manfaat ke depan dari uang pinjaman tersebut apabila diinvestasikan disebut … A.

Upah B. Hibah C. Gaji D. Bunga * E. Suku bunga 25.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Untuk dapat melakukan penarikan dana atau pembayaran atas suatu transaksi, maka setiap simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah giro (giran) akan memperoleh … A. Buku tabungan dan kuitansi B. Kartu debit dan kartu kredit C.

Buku cek dan bilyet giro * D. Surat perintah dan memo E. Buku cek dan wesel 26. Berikut yang dimaksud dengan tersangkut yang terkait dengan cek adalah ….

A. Rp350.000,00 B. Rp450.000,00 C. Rp350.000,00 D. Rp375.000,00 E. Rp475.000,00 * 27. Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpanan dengan pihak bank, merupakan pengertian simpanan deposito menurut …. A. UU No. 10 Tahun 1998 * B. UU No. 14 Tahun 1967 C. Kasmir D. Thomas suyatno E. Veithzal rivai 28. Simpanan atas nama (atau pihak ketiga bukan bank) dalam jumlah yang besar adalah pengertian …. A. Deposito on call * B. Bilyet giro C.

Deposito D. negotiable E. Lander of the last resort 29. Dibawah ini yang bukan termasuk hal-hal dalam persyaratan simpanan tabungan adalah ….

A. Bank penyelenggaraan B. Persyaratan penabungan C. Jumlah setoran D. Bunga dan insentif E. Semua jawaban salah * 30. Pemilik giro akan memperoleh buku cek dan bilyet giro sebagai instrumen untuk melakukan penarikan dana atau suatu transaksi, pengertian menurut ….

A. Kasim B. Kasmir * C. karim D. rivai E. veithzal Itu lah Kumpulan Soal Pilihan Ganda dan Kunci Jawaban Perbankan Dasar Tentang Giro Tabungan dan Deposito semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan latihan untuk mengasah materi lebih dalam. Semoga bermanfaat. Pos-pos Terbaru • Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Seni Budaya Tentang Apresiasi Keindahan Seni Rupa Mancanegara • Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Seni Budaya Tentang Apresiasi Seni Budaya Nusantara • Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Seni Budaya Tentang Perkembangan Seni Budaya Nusantara • Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Pengantar Akuntansi Tentang Bisnis dan Kewirausahaan • Kumpulan Soal Pilihan Ganda Berserta Kunci Jawaban Pengantar Akuntansi Tentang Neraca dan pembukuan Apa itu tabungan?

Pengertian tabungan menurut undang-undang perbankan nomor 10 tahun 1998 adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu; Tujuan nasabah menabung di bank adalah sebagai penyisihan sebagian hasil pendapatan nasabah untuk dikumpulkan sebagai cadangan hari depan, serta sebagai alat untuk melakukan transaksi bisnis atau usaha individu / kelompok.

Penyetoran uang ke bank dan penarikan uang dari bank, harus melalui tata aturan penyetoran dan penarikan. Sarana penarikan dilakukan agar nasabah lebih mudah untuk penarikan uang. Dalam praktiknya ada beberapa sarana penarikan yang digunakan, tergantung bank masing-masing, mau menggunakan sarana yang nasabah inginkan. • Buku tabungan adalah Buku yang dipegang oleh nasabah, dimana berisi catatan-catatan saldo tabungan, transaksi penarikan, transaksi penyetoran, dan pembebanan-pembebanan yang mungkin terjadi.

Buku ini digunakan pada saat penarikan sehingga langsung dapat mengurangi atau menambah saldo yang ada pada buku tabungan tersebut.

• Slip Penarikan adalah formulir untuk menarik sejumlah dana dari rekening tabungannya. Di dalam formulir ini nasabah cukup menulis nama, nomor rekening, jumlah uang, serta tanda tangan nasabah untuk menarik sejumlah uang. Formulir penarikan ini disebut juga slip penarikan dan biasanya digunakan bersamaan dengan buku tabungan. • Kuitansi merupakan bukti penarikan yang dikeluarkan oleh bank yang fungsinya sama dengan slip penarikan, dimana tertulis nama penarik, nomor penarik, jumlah uang, dan tanda tangan penarik.

Alat ini juga dapat digunakan secara bersamaan dengan buku tabungan. • Kartu yang Terbuat dari Plastik yaitu sejenis kartu kredit yang terbuat dari plastik yang dapat digunakan untuk menarik sejumlah uang dari tabungannya, baik di bank maupun di Automated Teller Machine (ATM). Manfaat jika seseorang memiliki ATM adalah: tidak perlu membawa uang banyak, dapat digunakan dimana saja dan kapan saja (24 jam), terhindar dari bahaya perampokan, serta meningkatkan prestise seseorang Ketika menabung di bank diperlukan berbagai persyaratan yang tujuannya adalah agar pelayanan yang diberikan kepada para nasabah berjalan dengan baik.

Selain itu juga memberikan keamanan dan kemudahan serta simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah bagi bank maupun nasabah. Pengaturan sendiri oleh maing-masing bank agar tabungan dibuat semenarik mungkin sehingga, nasabah bank tertarik untuk menabung di bank yang mereka inginkan.

• Bank Penyelenggara.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Setiap bank dapat menyelenggarakan tabungan baik bank pemerintah maupun bank swasta dan semua bank umum serta Bank Perkreditan Rakyat (BPR), kecuali bank asing. • Persyaratan Penabung. Untuk syarat-syarat menabung tergantung bank yang bersangkutan. Seperti prosedur yang harus dipenuhi, yaitu jumlah setoran/penarikan, umur penabung, alamat penabung, dan lain-lain • Jumlah setoran.

Baik untuk setoran minimal waktu pertama kali menabung maupun setoran selanjutnya serta jumlah minimal yang harus tersedia di buku tabungan, juga terserah kepada bank penyelenggara. • Pengambilan tabungan merupakan jumlah maksimal yang harus ditarik, yaitu tidak melebihi saldo minimal dan frekuensi penarikan dalam setiap harinya, apakah setiap saat atau setiap hari tergantung bank yang bersangkutan. • Bunga dan insentif. Besarnya bunga tabungan dan cara perhitungan bunga didasarkan pada bunga harian, saldo rata-rata atau saldo terendah diserahkan kepada bank-bank penyelenggara.

Begitu pula dengan insentif baik berupa hadiah, cendramata dan lainnya dengan tujuan untuk menarik nasabah agar menabung. • Penutupan tabungan.

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

Syarat-syarat untuk ditutupnya tabungan oleh bank dapat dilakukan oleh nasabah sendiri atau ditutup oleh bank dengan alasan tertentu.

Salah satu manfaat menabung di Bank adalah kemudahan akses dan transaksi yang dilakukan. Namun jika anda melakukan transaksi melalui bank, maka bisa dipastikan transaksi yang anda lakukan akan aman .’ Beberapa manfaat menabung di bank adalah sebagai berikut : • Aman karena Bank menjamin dana anda tersimpan dengan baik .

simpanan yang penarikannya dapat dilakukan dengan menggunakan slip penarikan dan kartu atm adalah

• Efisien karena Anda tidak memerlukan biaya yang banyak saat menabung di Bank. • Untung karena jika anda menabung dalam jumlah yang besarmaka anda akan mendapatkan bunga dari jumlah tabungan yang anda miliki. • Mudah karena dengan membuka rekening dan menabung di Bankanda sudah selangkah lebih maju dalam hal transaksi keuangan. Karena semuanya akan lebih mudah untuk dilakukan .
Halo Akane, kakak bantu jawab ya:) Jawabannya adalah B.

Penjelasan: Bank merupakan salah satu lembaga jasa keuangan yang memberikan pelayanan jasa baik menghimpun dana simpanan maupun menyalurkan dana. Adapun produk simpanan yang dilakukan oleh bank salah satunya adalah giro. Giro merupakan simpanan yang penarikannya itu bisa dilakukan setiap saat.

Tidak menggunakan kartu ATM atau buku tabungan. Penarikannya menggunakan cek atau bilyet giro. Simpanan giro ini memiliki bunga yang lebih rendah. Dengan demikian, simpanan di bank dan penarikannya dapat dilakukan dengan perantara cekATM, surat perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindah pembukuan di sebut giro.

Jadi, jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah B. Giro. Semoga membantu, have a nice day ya:) Perhatikan data berikut ini : No. Nama barang Harga Kuantitas 2008 2009 2008 2009 1. Beras Rp 4.000,00 Rp 4.500,00 800 unit 1.000 unit 2. Gandum Rp 5.000,00 Rp 6.000,00 500 unit 400 unit 3. Kacang Rp 10.000,00 Rp 12.000,00 500 unit 500 unit 4.

Kedelai Rp 8.000,00 Rp 7.000,00 200 unit 300 unit 5. Jagung Rp 2.500,00 Rp 2.000,00 600 unit 800 unit Diminta Hitunglah besarnya angka indeks dan berilah kesimpulannya : e.

Indeks harga dengan metode Drobisch and Bowley Untuk mengajukan nomor pengukuhan pengusaha kena pajakharus disertai dengan pengumpulan kelengkapan dokumen, contohnya kelengkapan dokumen untuk badan yang merupakan bukti legalitas dari sebuah perusahaan, bukti legalitas diatas adalah.

A. NPWP B. Identitas pemilik C. Akta perusahaan D. Sertifikat perusahaan E. Surat izin usaha rotan merupakan bahan baku dari produk olahan seperti mebel,dan produk-produk kerajinan lainya yang menjadi nilai tambah dalam pendapatan nasional negara kita. pasokan bahan baku rotan dalam negeri membutuhkan jumlah yang sangat besar 62.921 ton dengan perincian 60 % rotan murni dan 40% rotan kombinasi dengan kata lain industri kerajinan di indonesia kekurangan pasokan bahan baku, sementara rotan banyak yang dikirim ke luar negeri.

untuk mengatasi masalah ini kebijakan perdagangan internasional yang tepat adalah…. a. larangan impor b. larangan ekspor c. kuota premi d. subsidi

apa perbedaan giro dan tabungan




2022 www.videocon.com