Harga operasi caesar eracs

harga operasi caesar eracs

TRIBUNHEALTH.COM - Salah satu metode persalinan yang menjadi alternatif bagi seorang ibu yang tidak dapat melakukan persalinan normal adalah caesar. Persalinan caesar ialah proses melahirkan bayi yang dilakukan dengan cara operasi dengan menyayat bagian perut hingga rahim sang ibu.

Sayatan tersebut merupakan jalan untuk bayi keluar dari rahim seorang ibu yang biasanya operasi ceasar dilakukan sekitar minggu 39 kehamilan. Banyak seorang ibu yang mengkhawatirkan tentang persalinan caesar karena rasa sakit yang akan ia rasakan setelah persalinan.

Namun tidak perlu khawatir karena terdapat satu metode yang digunakan untuk operasi caesar yang tidak menimbulkan rasa sakit setelah persalinan yaitu metode ERACS.

harga operasi caesar eracs

ERACS atau Enhanced Recovery After Cesarean Surgery merupakan metode operasi caesar dengan pendekatan khusus untuk mengoptimalkan kesehatan ibu dan mempersingkat masa penyembuhan setelah persalinan. Baca juga: Menganal ERACS Metode Persalinan yang Dapat Mempercepat Masa Pemulihan, Simak Penjelasan dr. Kondang Ilustrasi ibu hamil (Pixabay.com) Baca juga: dr. Kondang Usodo, Sp.OG Bagikan Sejumlah Tips untuk Ibu Hamil Guna Mencegah Kelahiran Prematur Lantas berapa kali persalinan caesar dengan metode ERACS ini boleh dilakukan?

Dilansir TribunHealth.com, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Kondang Usodo, Sp.OG memberikan penjelasan dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

dr. Kondang Usodo menyebutkan, persalinan dengan metode ERACS dapat dilakukan berkali-kali bahkan empat kali hingga lima kali. Namun hal ini harus memperhatikan beberapa aspek, seperti memperhatikan kondisi ibu dan harga operasi caesar eracs sejak awal, merawat ibu hamil dan janin dengan baik, dan dokter harus memiliki awareness yang lebih tinggi terhadap pasien.

Baca juga: dr. Kondang Usodo Paparkan Sejumlah Syarat Bagi Ibu Hamil yang Hendak Melakukan Persalinan Normal Aspek tersebut harus diperhatikan dan dijaga dengan baik sejak awal kehamilan agar dapat menghindari segala kemungkinan yang tidak diinginkan.

"Ada yang mengatakan bahwa caesar hanya boleh dilakukan tiga kali, memang benar, namun bagi saya tidak ada batasan berapa kali dalam persalinan ERACS ini," terang dr.

harga operasi caesar eracs

Kondang. "Bahkan ada beberapa pasien saya yang melakukan operasi caesar untuk anak keempat dan kelimanya dan tidak ada keluhan dan masalah sama sekali karena operasi caesar dengan metode ERACS tidak menimbulkan rasa sakit." Baca juga: dr.

harga operasi caesar eracs

Kondang Usodo Ungkapkan Dua Syarat yang Dapat Mengurangi Rasa Sakit Saat Melakukan Persalinan Ilustrasi ibu hamil (pixabay.com) Baca juga: Pentingnya Memahami Pregnancy Plan dan Birth Plan Sebelum Kehamilan, Begini Ulasan dr. Kondang dr. Kondang menuturkan, banyak ibu hamil yang takut dan khawatir akan kehamilan dan persalinan, namun sebaiknya tidak perlu khawatir dan takut akan hal tersebut.

Karena saat awal kehamilan hingga persalinan ibu hamil didampingi oleh seorang dokter kandungan yang apabila ada keluhan dan masalah dapat diselesaikan dan mencari jalan keluar dengan baik. Yang paling utama adalah tumbuh kembang janin bagus, janin sehat, seorang ibu sehat, asupan nutrisinya tercukupi, sehingga tidak perlu khawatir akan hal lainnya.

Ketenangan pikiran dan kenyamanan seorang ibu hamil adalah hal yang paling utama, sehingga saat melakukan persalinan dapat dilakukan dengan nyaman dan setelah melahirkan seorang ibu bisa merawat bayinya dengan baik. "Memang hamil dan melahirkan itu adalah harga operasi caesar eracs tantangan bagi seorang ibu dan dokter kandungan, namun tenang saja karena semua itu bisa diatasi oleh dokter kandungan," tuturnya.

Penjelasan ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr.

harga operasi caesar eracs

Kondang Usodo, Sp.OG dalam tayangan YouTube Tribun Jabar Video pada 13 April 2022. Baca berita lain seputar kesehatan di sini (Tribunhealth.com/IR) TRIBUNHEALTH.COM - Menjelang masa persalinan, sangat umum terjadi bila ibu hamil merasa khawatir. Salah satu hal yang dikhawatirkan pada momen menjelang persalinan ialah adanya rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya akan terjadi pasca proses persalinan sesar.

Baca juga: 3 Jenis Anemia yang Bisa Terjadi selama Kehamilan, Berisiko Sebabkan Cacar Lahir jika Tak Ditangani Namun rupanya kini, rasa nyeri tersebut dapat diantisipasi dengan bantuan dokter. Metode yang tengah banyak diminati oleh para ibu hamil yang hendak melakukan operasi sesar adalah ERACS.

harga operasi caesar eracs

ERACS adalah singkatan dari Enhanced Recovery After Cesarean Surgery. Ilustrasi pemeriksaan ibu hamil oleh dokter kandungan (kompas.com) Karena melakukan metode ERACS, selang beberapa jam ibu yang baru saja menjalani operasi sesar bisa langsung berjalan.

harga operasi caesar eracs

Menurut dr. Kondang Usada, Sp. OG, persalinan sesar yang memanfaatkan metode ERACS bisa dilakukan berulangkali pada seorang ibu hamil. Meskipun banyak informasi yang menyebutkan bahwa sesar hanya bisa dilakukan 3 kali saja. Baca juga: Adakah Cara Alami untuk Mengobati Keputihan Berlebih saat Hamil?

harga operasi caesar eracs

Dokter Yuniar Pramulasari Menjawab "Banyak yang mengatakan sesar hanya boleh dilakukan 3 kali saja, namun bagi saya tidak ada batasan," ungkapnya dilansir Tribunhealth.com dari tayangan YouTube Tribun Jabar Video.

Namun tentu saja, pernyataan ini tidak bisa asal diterima begitu saja.

harga operasi caesar eracs

Meskipun menurut Kondang, operasi sesar bisa dilakukan berulangkali, namun tetap saja dengan ketentuan ibu harus mendapatkan pengawalan dengan baik. Ilustrasi operasi caesar (jabar.tribunnews.com) "Asal dikawal, ditreatment dengan baik, dan awarenes dengan pasien tinggi," tegas Kondang.

harga operasi caesar eracs

Dengan begitu, akan menghindari segala kemungkinan risiko yang akan terjadi. Hal ini pun sudah terbukti dengan berbagai pasien yang telah ditangani oleh Kondang.

harga operasi caesar eracs

Baca juga: Apakah Aman untuk Hamil Lagi Jika Punya Riwayat Kuretase dan Caesar? Simak Penjelasan Berikut Bahkan, ia mengatakan pernah menangani pasien dengan operasi sesar sebanyak 5 kali.

"Pasien saya anak keempat atau kelima, operasi sesar semua." "Nggak ada masalah dan tidak ada keluhan sama sekali, karena operasinya tidak sakit," ucap Kondang.

harga operasi caesar eracs

ilustrasi konsultasi dengan dokter (pixabay.com) Menurutnya yang perlu diperhatikan adalah kondisi bayi pasca 1000 hari kelahiran. Dalam proses pengasuhan bayi dianggap lebih sulit daripada proses kehamilan dan persalinan.

harga operasi caesar eracs

Baca juga: Dok, Apakah Ada Makanan yang Membuat Kandungan Lemah dan Harus Dihindari Saat Hamil Muda?

Selamat Datang Anakku




2022 www.videocon.com