Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Jakarta - Ibu kota negara Kamboja adalah Phnom Penh. Kamboja merupakan negara yang masuk menjadi anggota Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada 30 April 1999.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Dilansir dari laman resmi negara Kamboja memiliki luas wilayah 181.035 km2. Dari luas tersebut Kamboja dibagi menjadi 25 Provinsi. Sementara bahasa nasional yang dipakai adalah Khmer. Adapun sebaran agama penduduknya terdiri dari 96,4% buddha Theravada, 2,1% Islam, 1,5 % lainnya. Baca juga: Ini Alasan Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam Disebut Negara Agraris Bentuk Pemerintahan Kamboja Bentuk Pemerintahan negara Kamboja adalah Monarkhi Konstitusional di mana kepala negara dipimpin oleh raja dan kelapa pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.

Berdasarkan ketentuan Undang Undang Dasar-nya, Kamboja adalah sebuah negara kerajaan monarki konstitusional dengan sistem trias politica. Posisi Raja di negara Kamboja adalah kepala negara seumur hidup, panglima tertinggi tentara negara, lambang kesatuan dan keabadian negara.

Setelah raja wafat, Komisi Takhta Kerajaan 9 Orang yang terdiri dari perdana menteri, pemimpin kedua faksi Buddhis, ketua dan wakil ketua Senat dan Majelis Nasional akan memilih raja baru dari keturunan raja.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Letak Geografis Kamboja Secara geografis, Kamboja berbatasan dengan Thailand di barat dan utara, Laos di timur laut dan Vietnam di timur dan tenggara. Kenampakan geografis yang menarik di Kamboja ialah adanya dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap.

Gunung tertinggi di Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral yang berketinggian sekitar 1.813 mdpl. Baca juga: Ini Lho Mata Pencaharian Utama Penduduk Kamboja Mata Pencaharian Penduduk Kamboja Kamboja menjadi salah satu negara yang dilalui sungai terbesar di Asia Tenggara, Sungai Mekong.

Meskipun sebagian besar Kamboja berhutan lebat, wilayah dataran rendah tengah ditutupi oleh hamparan sawah, ladang tanaman kering seperti jagung dan tembakau, rerumputan tinggi dan alang-alang, serta daerah berhutan tipis. Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah petani. Mereka mencari nafkah dari sektor pertanian, perikanan dan usaha kecil.

Hanya sebagian kecil dari total populasi yang pernah tinggal di kota yang berpenduduk lebih dari 10.000 jiwa. Selama musim tanam padi, semua anggota keluarga bekerja bersama di ladang. Pekerjaan menanam, memindahkan, dan memanen harus dilakukan dengan cepat.

Petani tidak memiliki akses untuk menggunakan mesin pertanian. Itulah penjelasan tentang ibu kota negara Kamboja lengkap dengan bentuk pemerintahan dan mata pencaharian penduduknya. Simak Video " Eks PM Kamboja Pangeran Norodom Ranariddh Meninggal Dunia" [Gambas:Video 20detik] (faz/erd) Jawaban: Sistem pemerintahan Kamboja Mengutip dari jurnal Politik dan Pemerintahan serta Pelaksanaan Pemilihan Umum di Kerajaan Kamboja (2013) karya M. Budiana, Kamboja memiliki sistem pemerintah berbentuk parlementer.

Segala bentuk administrasi negara Kamboja dilakukan oleh dewan menteri yang dipimpin Perdana Menteri (PM). Penjelasan: SE MOGA MEMBANTU (ㆁωㆁ) Jawaban: Sistem pemerintahan Kamboja Mengutip dari jurnal Politik dan Pemerintahan serta Pelaksanaan Pemilihan Umum di Kerajaan Kamboja (2013) karya M.

Budiana, Kamboja memiliki sistem pemerintah berbentuk parlementer. Segala bentuk administrasi negara Kamboja dilakukan oleh dewan menteri yang dipimpin Perdana Menteri (PM). Penjelasan: Semoga membantu
Negara Kamboja memiliki wilayah perbatasan dengan negara Asia lainnya seperti berbatasan dengan Thailand disebelah Barat, Vietnam disebelah Timur, Laos disebelah Utara dan Teluk Thailand disebelah Selatan.

Kamboja merupakan satu diantara negara lain yang wilayahnya dilewati aliran sungai Mekong yang merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Seperti halnya Indonesia, negara ini hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim kemarau dan musim hujan dengan suhu rata-rata berkisar 21-35 derajat Celcius. Kamboja secara resmi tergabung dalam ASEAN tepat pada 16 Desember 1998 setelah situasi politiknya lebih terkendali. Kamboja merupakan sebuah negara yang telah merdeka sejak November 1953 setelah sebelumnya pernah dijajah Perancis dalam kurun waktu 90 tahun lamanya.

Negara dengan ibu kota Phnom Penh ini merupakan salah satu negara kerajaan yang berada di Asia Tenggara. Dahulunya, Kamboja dikenal sebagai Khmer Republik, Kingdom of Cambodia, State of Cambodia, People Republic of Kampuchea jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Democratic Kampuchea.

Sebenarnya bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah Demokrasi Multipartai. Bentuk bentuk negara pemerintahan ini masih dibawah Monarki Konstitusional, namun negara ini lebih dikenal dengan bentuk pemerintahannya yang berupa Monarki Konstitusional. Apa Itu Monarki Konstitusional? Monarki konstitusional adalah salah satu bentuk-bentuk negara yang masih dalam kategori monarki. Namun perbedaannya adalah monarki yang satu ini berdiri dibawah sistem konstitusional.

Kamboja sebagai salah satu contoh negara kesatuan ini, negara dan masyarakat mengakui bahwa Raja, Ratu atau Kaisar sebagai pimpinan atau kepala negara tersebut. Adapun Raja Kamboja saat ini adalah Raja Norodom Sihamoni yang telah menjabat semenjak 29 Oktober 2004. Kerajaan ini bisa dikatakan sebagai penerus kerajaan sebelumnya, yaitu Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Khmer yang dulunya pernah menguasai daerah semenanjung Indo-China pada abad ke-11 hingga abad ke-14. Ini sangat berbeda dengan monarki konstitusional modern yang menggunakan konsep trias politica atau terkenal dengan sebutan politik tiga serangkai.

Artinya adalah Raja hanya sebagai pemimpin simbolis suatu cabang eksekutif.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Berbeda lagi apabila seorang Raja memiliki kekuasaan pemerintahan secara penuh, maka dapat disebut sebagai monarki absolut atau mutlak sebagai ciri-ciri aristrokasi. Kekuasaan Pemerintah Meskipun bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah kerajaan, namun kekuasaan Raja dibatasi oleh konstitusi yang diberlakukan.

Sesuai dengan konstitusi tahun 1993, Kamboja merupakan negara dengan bentuk kerajaan yang menjalankan sistem politik demokrasi pluralisme, liberal dan ekonomi pasar. Secara umum, Raja akan menduduki jabatan sebagai Kepala Negara namun ia tidak melaksanakan pemerintahan. Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja, pemerintahan akan dipimpin oleh Perdana Menteri dan dibantu oleh menteri lain yang termasuk dalam anggota Dewan Menteri (Council of Minister).

Sistem Parlemen Dikarenakan bentuk negaranya berupa kerajaan maka sistem parlemennya berupa bikameral. Anggota parlemennya terdiri atas : • Dewan Nasional Kamboja – Anggota dewan yang beranggotakan 123 orang yang dan dipilih secara langsung untuk masa jabatan 5 tahun.

Anggota dewan Kamboja ini dipilih langsung oleh Perdana Menteri. • Senat – Anggota parlemen yang menduduki 61 kursi dan terbagi menjadi 3 pilihan, yaitu secara monarki dan dewan nasional untuk masing-masing 2 kursi dan sisanya dipilih melalui parlemen dan perwakilan dari masyarakat untuk masa jabatan 6 tahun yang diadakan di 24 provinsi.

Provinsi yang dimaksud terbagi atas 20 provinsi atau disebut sebagai khett dan 4 kota praja atau krong. Masing-masing daerah terbagi lagi menjadi distrik (srok), kepulauan (koh) dan komunion (khum).

Menariknya adalah terdapat fakta mengejutkan dari negara yang beribukota di Phnom Penh ini, yaitu merupakan salah satu negara yang tingkat korupsinya cukup tinggi di dunia. Polemik Politik Dan Pemerintahan Apabila kita lihat berdasarkan sistem pemerintahannya, sistem pers yang digunakan berupa sistem pres otoriter sesuai dengan asas-asas pers.

Hal ini disebabkan oleh Raja yang menjadi Kepala Negara meskipun pemerintahannya dipimpin langsung oleh PM. Menurut sistem pemerintahan Kamboja yang berupa sistem demokrasi liberal, kekuasaan pada dasarnya berada ditangan Perdana Menteri.

Oleh karena itulah media pasti akan dikuasai dan tentunya mendapatkan pengawasan dari petinggi parlemen. Adapun sistem partai politiknya terdapat 3 partai utama yaitu Partai Sam Rainsi, Funcipec dan Partai Rakyat Kamboja. Partai Rakyat Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja dapat dikatakan sebagai partai paling besar diantara 2 lainnya dan dipimpin oleh PM Hun Sen. Namun pada tahun 2004, Partai Rakyat Kamboja dan Kerajaan Funcipec sepakat bekerjasama untuk membentuk kekuatan baru tepat setelah musyawarah tahunan dilaksanakan.

Bentuk pemerintahan negara Kamboja yang dibatasi konstitusi ini ternyata tetap menimbulkan berbagai macam polemik.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Polemik politik Kamboja era modern berawal dari Partai Penyelamatan Nasional Kamboja atau CNRP yang memperselisihkan hasil pemilu pada tahun 2013 silam. Partai ini menuduh bahwa partai yang dipimpin oleh PM Hun Sen melakukan kecurangan dan CNRP juga menolak untuk menduduki 55 kursi parlemen yang telah dimenangkannya.

Atas tuduhan tersebut terjadilah protes yang sangat besar terhadap pemerintahan sehingga menimbulkan tindak kekerasan terhadap para demonstran oleh pasukan keamanan.

Petugas keamanan kemudian melakukan tindakan evakuasi alun-alun di Phnom Penh tempat dimana demo dipusatkan.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Namun pada Juli 2014, aksi tersebut pada akhirnya berakhir. Berakhirnya aksi ini ditandai dengan bertemunya partai CNRP dengan salah satu pejabat pemerintah dan kemudian mereka menyetujui untuk menduduki kursi parlemen yang telah dimenangkannya. Sejak saat itu juga pemerintah melakukan investigasi terhadap partai CNRP, hingga pada 2015 salah satu pemimpin partai bernama Sam Rainsy yang merupakan anggota parlemen dilucuti atas tuduhan pencemaran nama baik.

Ia kemudian diberikan sanksi untuk tidak dapat mengikuti pemilu dan dilarang kembali ke Kamboja. Pada 2018 silam ketika diadakan pemilu, partai CNRP dianggap sebagai salah satu ancaman serius bagi pemerintah Kamboja, khususnya PM Hun Sen.

Kondisi polemik ini tersebar ke berbagai negara yang menjalin hubungan kerjasama antar negara. Bahkan PBB sempat mengkritik bahwa pemilu di Kamboja dinilai cacat.

Kondisi ini disebabkan karena tindakan hukum yang dijatuhkan kepada CNRP beserta pimpinannya. Atas dasar inilah kemudian negara Amerika dan Uni Eropa kemudian jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja dana bantuan untuk pemilu.

Itulah bentuk pemerintahan negara Kamboja beserta dengan polemik politik yang cukup panas terjadi dalam kurun waktu terakhir. Semoga bermanfaat ! KOMPAS.com - Kamboja merupakan negara penerus Kekaisaran Khmer yang dulunya pernah menguasai seluruh wilayah Semenanjung Indochina di abad ke-11 dan ke-14. Kamboja resmi bergabung menjadi anggota ASEAN pada 30 April 1999.

Lokasi geografis Kamboja berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di sebelah utara, Vietnam di sebelah timur, dan Laut Cina Selatan di bagian selatan. Sedangkan letak astronomis negara ini berada di 10º sampai 15º LU dan 102º sampai 107º BT. Sistem pemerintahan Kamboja Mengutip dari jurnal Politik dan Pemerintahan serta Pelaksanaan Pemilihan Umum di Kerajaan Kamboja (2013) karya M.

Budiana, Kamboja memiliki sistem pemerintah berbentuk parlementer. Segala bentuk administrasi negara Kamboja dilakukan oleh dewan menteri yang dipimpin Perdana Menteri (PM).

Dewan menteri di Kamboja dibentuk setelah pemilu yang diikuti partai politik. Dalam hal ini, seluruh menteri yang tergabung dalam dewan menteri bertanggung jawab kepada PM dan juga National Assembly atau NA (lembaga utama legistlatif di Kamboja). Baca juga: Kamboja, Negara Terakhir yang Masuk ASEAN Menurut Jason Mandryk dalam buku Operation World: Panduan untuk Mendoakan Semua Bangsa di Dunia (2013), Kamboja menganut bentuk negara monarki konstitusional. Namun, pihak kerajaan tidak memberi pengaruh secara langsung dalam kebijakan politiknya.

Artinya raja hanya memegang peranan sebagai kepala negara, sedangkan kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Penduduk di Kamboja Berdasarkan sensus penduduk pada 2020, jumlah penduduk Kamboja diperkirakan mencapai 16,7 juta. Dalam kehidupan sehari-harinya, masyarakat Kamboja menggunakan bahasa Khmer sebagai bahasa utamanya saat berkomunikasi.

Selain itu, bahasa Prancis dan Inggris juga digunakan namun tidak sesering bahasa Khmer. Melansir dari buku Sistem Politik Indochina 1945-1990 (2015) karya Muhammad Resky, sekitar 85 persen penduduk Kamboja berasal dari bangsa Khmer. Sisanya berasal dari suku pedalaman, Vietnam, Tionghoa, Cham, dan lainnya. Sekitar 85 hingga 90 persen masyarakat Kamboja menganut agama Buddha, bahkan agama ini telah menjadi agama nasional sejak abad ke-15. Selain Buddha, masyarakat Kamboja juga ada yang menganut agama Kristen, Islam, dan aliran kepercayaan lainnya.

Baca juga: Sejarah Konflik di Kamboja (1955-1979) Kamboja diperkirakan memiliki tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 1,7 persen tiap tahunnya. Mayoritas penduduk Kamboja bekerja di bidang pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian paling utama yaitu beras. Selain itu berupa umbi-umbian, jagung, dan tembakau. Tak hanya sebagao petani, kegiatan ekonomi lain masyarakat Kamboja adalah pertambangan dan perikanan. Hasil pertambangan berupa besi, tembaga, emas, dan permata.

Nilai-Nilai pada Permainan Tradisional dan Cara Melestarikannya https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/22/131945169/nilai-nilai-pada-permainan-tradisional-dan-cara-melestarikannya https://asset.kompas.com/crops/mexXAmfFXFmYiOLJzfQUquA_KgQ=/0x0:3000x2000/195x98/data/photo/2021/07/22/60f90cd0d12a0.jpg
• Acèh • Адыгабзэ • Afrikaans • Alemannisch • አማርኛ • Pangcah • Aragonés • Ænglisc • العربية • الدارجة • مصرى • অসমীয়া • Asturianu • अवधी • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Basa Bali • Boarisch • Žemaitėška • Bikol Central • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • भोजपुरी • Bislama • বাংলা • བོད་ཡིག • বিষ্ণুপ্রিয়া মণিপুরী • Brezhoneg • Bosanski • ᨅᨔ ᨕᨘᨁᨗ • Буряад • Català • Chavacano de Zamboanga • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Нохчийн • Cebuano • ᏣᎳᎩ • jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja • Qırımtatarca • Čeština • Kaszëbsczi • Чӑвашла • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Zazaki • Dolnoserbski • डोटेली • ދިވެހިބަސް • ཇོང་ཁ • Eʋegbe • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • Estremeñu • فارسی • Fulfulde • Suomi • Võro • Føroyskt • Français • Arpetan • Nordfriisk • Frysk • Gaeilge • Gagauz • 贛語 • Kriyòl gwiyannen • Gàidhlig • Galego • Avañe'ẽ • गोंयची कोंकणी / Gõychi Konknni • 𐌲𐌿𐍄𐌹𐍃𐌺 • ગુજરાતી • Gaelg • Hausa • 客家語/Hak-kâ-ngî • Hawaiʻi • עברית • हिन्दी • Fiji Hindi • Hrvatski • Hornjoserbsce • Kreyòl ayisyen • Magyar • Հայերեն • Interlingua • Interlingue • Iñupiak • Ilokano • Ido • Íslenska • Italiano • 日本語 • Patois • Jawa • ქართული • Qaraqalpaqsha • Адыгэбзэ • Kabɩyɛ • Kongo • Gĩkũyũ • Қазақша • ភាសាខ្មែរ • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Kurdî • Коми • Kernowek • Кыргызча • Latina • Lëtzebuergesch • Lingua Franca Nova • Limburgs • Ligure • Lombard • Lingála • ລາວ • Lietuvių • Latviešu • Madhurâ • मैथिली • Basa Banyumasan • Мокшень • Malagasy • Māori • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • Монгол • ꯃꯤꯇꯩ ꯂꯣꯟ • मराठी • Bahasa Melayu • Malti • Mirandés • မြန်မာဘာသာ • مازِرونی • Dorerin Naoero • Nāhuatl • Napulitano • Plattdüütsch • नेपाली • नेपाल भाषा • Li Niha • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Novial • ߒߞߏ • Diné bizaad • Occitan • Livvinkarjala • Oromoo • ଓଡ଼ିଆ • Ирон • ਪੰਜਾਬੀ • Kapampangan • Papiamentu • Picard • पालि • Norfuk / Pitkern • Polski • Piemontèis • پنجابی • پښتو • Português • Runa Simi • Rumantsch • Română • Armãneashti • Русский • Русиньскый • Ikinyarwanda • Саха тыла • ᱥᱟᱱᱛᱟᱲᱤ • Sardu • Sicilianu • Scots • سنڌي • Davvisámegiella • Srpskohrvatski / српскохрватски • ၽႃႇသႃႇတႆး • සිංහල • Simple English • Slovenčina • سرائیکی • Slovenščina • Gagana Samoa jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Anarâškielâ • ChiShona • Soomaaliga • Shqip • Српски / srpski • SiSwati • Sunda • Svenska • Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja • Ślůnski • Sakizaya • தமிழ் • Tayal • తెలుగు • Tetun • Тоҷикӣ • ไทย • Türkmençe • Tagalog • Tok Pisin • Türkçe • Seediq • Xitsonga • Татарча/tatarça • ChiTumbuka • Удмурт • ئۇيغۇرچە / Uyghurche • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Vèneto • Vepsän kel’ • Tiếng Việt • Volapük • Walon • Winaray • Wolof • 吴语 • Хальмг • მარგალური • ייִדיש • Yorùbá • Vahcuengh • Zeêuws • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 - Per kapita $1,559 [3] Gini (2011) 31,8 [4] sedang IPM (2017) 0,582 [5] sedang · 146 Mata uang Riel (៛) (KHR) dan Dolar Amerika Serikat ($) (USD) Zona waktu KRAT/ ICT ( UTC+07:00) Format tanggal dd/mm/yyyy Lajur kemudi kanan Kode telepon +855 Kode ISO 3166 KH Ranah Internet .kh Kerajaan Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14. Kamboja berbatasan dengan Thailand di sebelah barat, Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Sungai Mekong dan Danau Tonle Sap melintasi negara ini. Menjelang kemerdekaannya, Negara Kesatuan Republik Indonesia banyak membantu negara Kamboja ini. Buku - buku taktik perang karangan perwira militer Indonesia banyak digunakan oleh militer Kamboja.

Oleh karenanya, para calon perwira di militer Kamboja, wajib belajar dan dapat berbahasa Indonesia. Daftar isi • 1 Sejarah • 2 Geografi • 3 Politik • 3.1 Pembagian administratif • 4 Ekonomi • 5 Demografi • 6 Budaya • 7 Lihat pula • 8 Referensi • 9 Pranala luar Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Perkembangan peradaban Kamboja terjadi pada abad 1 Masehi.

Selama abad ke-3,4 dan 5 Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja, negara Funan dan Chenla bersatu untuk membangun daerah Kamboja. Negara-negara ini mempunyai hubungan dekat dengan Cina dan India. Kekuasaan dua negara ini runtuh ketika Kerajaan Khmer dibangun dan berkuasa pada abad ke-9 sampai abad ke-13. Kerajaan Khmer masih bertahan hingga abad ke-15.

Ibu kota Kerajaan Khmer terletak di Angkor, sebuah daerah yang dibangun pada masa kejayaan Khmer. Angkor Wat, yang dibangun juga pada saat itu, menjadi simbol bagi kekuasaan Khmer. Pada tahun 1432, Khmer dikuasai oleh Kerajaan Thai. Dewan Kerajaan Khmer memindahkan ibu kota dari Angkor ke Lovek, di mana Kerajaan mendapat keuntungan besar karena Lovek adalah bandar pelabuhan. Pertahanan Khmer di Lovek akhirnya bisa dikuasai oleh Thai dan Vietnam, dan juga berakibat pada hilangnya sebagian besar daerah Khmer.

Peristiwa ini terjadi pada tahun 1594. Selama 3 abad berikutnya, Khmer dikuasai oleh Raja-raja dari Thai dan Vietnam secara bergilir. Pada tahun 1863, Raja Norodom, yang dilantik oleh Thai, mencari perlindungan kepada Prancis.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Pada tahun 1867, Raja Norodom menandatangani perjanjian dengan pihak Prancis yang isinya memberikan hak kontrol provinsi Battambang dan Siem Reap yang menjadi bagian Thai. Akhirnya, kedua daerah ini diberikan pada Kamboja pada tahun 1906 pada perjanjian perbatasan oleh Prancis dan Thai.

Kamboja dijadikan daerah Protektorat oleh Prancis dari tahun 1863 sampai dengan 1953, sebagai daerah dari Koloni Indochina. Setelah penjajahan Jepang pada 1940-an, akhirnya Kamboja meraih kemerdekaannya dari Prancis pada 9 November 1953. Kamboja menjadi sebuah kerajaan konstitusional dibawah kepemimpinan Raja Norodom Sihanouk. Pada saat Perang Vietnam tahun 1960-an, Kerajaan Kamboja memilih untuk netral. Hal ini tidak dibiarkan oleh petinggi militer, yaitu Jendral Lon Nol dan Pangeran Sirik Matak yang merupakan aliansi pro-AS untuk menyingkirkan Norodom Sihanouk dari kekuasaannya.

Dari Beijing, Norodom Sihanouk memutuskan untuk beraliansi dengan gerombolan Khmer Merah, yang bertujuan untuk menguasai kembali tahtanya yang direbut oleh Lon Nol.

Hal inilah yang memicu perang saudara timbul di Kamboja. Khmer Merah akhirnya menguasai daerah ini pada tahun 1975, dan mengubah format Kerajaan menjadi sebuah Republik Demokratik Kamboja yang dipimpin oleh Pol Pot. Mereka dengan segera memindahkan masyarakat perkotaan ke wilayah pedesaan untuk dipekerjakan di pertanian kolektif. Pemerintah yang baru ini menginginkan hasil pertanian yang sama dengan yang terjadi pada abad 11.

Mereka menolak pengobatan Barat yang berakibat rakyat Kamboja kelaparan dan tidak ada obat sama sekali di Kamboja. Pada November 1978, Vietnam menyerbu RD Kamboja untuk menghentikan genosida besar-besaran yang terjadi di Kamboja. Akhirnya, pada tahun 1989, perdamaian mulai digencarkan antara kedua pihak yang jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja ini di Paris.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

PBB memberi mandat untuk mengadakan gencatan senjata antara pihak Norodom Sihanouk dan Lon Nol. Sekarang, Kamboja mulai berkembang berkat bantuan dari banyak pihak asing setelah perang, walaupun kestabilan negara ini kembali tergoncang setelah sebuah kudeta yang gagal terjadi pada tahun 1997 Geografi [ sunting - sunting sumber ] Kamboja mempunyai area seluas 181.035 km 2.

Berbatasan dengan Thailand di barat dan utara, Laos di timurlaut dan Vietnam di timur dan tenggara. Kenampakan geografis yang menarik di Kamboja ialah adanya dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. Gunung tertinggi di Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral yang berketinggian sekitar 1.813 mdpl.

Politik [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Pembagian administratif Kamboja Kamboja dibagi menjadi 20 provinsi ( khett) and 4 kota praja ( krong). Daerah Kamboja kemudian dibagi menjadi distrik(srok), komunion (khum), distrik besar (khett), and kepulauan(koh).

• Kota Praja (Krong): • Phnom Penh • Sihanoukville (Kampong Som) • Pailin • Kep • Provinsi (Khett): • Banteay Meanchey, Battambang, Kampong Cham, Kampong Cnang, Kampong Speu, Kampong Thom, Kampot, Kandal, Koh Kong, Kratié, Mondulkiri, Oddar Meancheay, Pursat, Preah Vihear, Prey Veng, Ratanakiri, Siem Reap, Stung Treng, Svay Rieng and Takéo • Kepulauan (Koh): • Koh Sess • Koh Pola • Koh Rong • Koh Thass • Koh Treas • Koh Traolach • Koh Tral • Koh Tang Ekonomi [ sunting - sunting sumber ] Artikel utama: Ekonomi Kamboja Perekonomian Kamboja sempat turun pada masa Republik Demokratik berkuasa.

Tapi, pada tahun 1990-an, Kamboja menunjukkan kemajuan ekonomi yang membanggakan. Pendapatan per kapita Kamboja meningkat drastis, namun peningkatan ini tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara - negara lain di kawasan ASEAN. PDB bertumbuh 5.0% pada tahun 2000 dan 6.3 % pada tahun 2001.

Agrikultur masih menjadi andalan utama kehidupan ekonomi masyarakat terutama bagi masyarakat desa, selain itu bidang pariwisata dan tekstil juga menjadi bidang andalan dalam perekonomian di Kamboja. Perlambatan ekonomi pernah terjadi pada jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Krisis Finansial Asia 1997.

Investasi asing dan turisme turun dengan sangat drastis, kekacauan ekonomi mendorong terjadinya kekerasan dan kerusuhan di Kamboja. Demografi [ sunting - sunting sumber ] Angkor Wat, Kamboja Budaya di Kamboja sangatlah dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada.

Di antaranya dengan dibangunnya Angkor Wat. Kamboja juga memiliki atraksi budaya yang lain, seperti, Festival Bonn OmTeuk, yaitu festival balap perahu nasional yang diadakan setiap November. Rakyat Kamboja juga menyukai sepak bola. Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Kantor dan agen pemerintah Kamboja • Komunikasi di Kamboja • Pariwisata di Kamboja • Militer di Kamboja • Transportasi di Kamboja • Hubungan luar negeri Kamboja • Angkor Wat • ASEAN • Daftar kota di Kamboja Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Table: Religious Composition by Country" (PDF).

Pew Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Center. • ^ Cambodian National Institute of Statistics, accessed 6 June 2012. • ^ a b c d "Cambodia".

International Monetary Fund. • ^ "GINI Index". Gini Index. World Bank. Diakses tanggal 29 August 2015. • ^ "Human Development Indices and Indicators: 2018 Statistical update" (PDF). United Nations Development Programme. 15 September 2018 .

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Diakses tanggal 15 September 2018. Pranala luar jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai ព្រះរាជាណាចក្រកម្ពុជា. Wikivoyage memiliki panduan wisata Cambodia.

• http://www.embassy.org/cambodia • Sungai Naf ( Bangladesh, Myanmar) • Tepi Macclesfield ( RRT, RT, Vietnam) • Kepulauan Paracel ( RRT, RT, Vietnam) • Kepulauan Pratas ( RRT, RT) • Sabah ( Malaysia, Filipina) • Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Scarborough ( Filipina, RRT, RT) • Kepulauan Spratly ( Brunei, Malaysia, Filipina, RRT, RT, Vietnam) Gerakan separatis Kategori tersembunyi: • Halaman dengan argumen formatnum non-numerik • Koordinat di Wikidata • Pages using infobox country or infobox former country with the symbol caption or type parameters • Pranala Commons dari Wikidata • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda ISNI • Artikel Wikipedia dengan penanda VIAF • Artikel Wikipedia dengan penanda EMU • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda NKC • Artikel Wikipedia dengan penanda HDS • Artikel Wikipedia dengan penanda MusicBrainz area • Artikel Wikipedia dengan penanda NARA • Artikel Wikipedia dengan penanda TDVİA • Artikel Wikipedia dengan penanda WORLDCATID • Halaman ini terakhir diubah pada 7 Mei 2022, pukul 13.49.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja • Statistik • Pernyataan kuki • •
• Tebar Hikmah Ramadan • Life Hack • Ekonomi • Ekonomi • Bisnis • Finansial • Fiksiana • Fiksiana • Cerpen • Novel • Puisi • Gaya Hidup • Gaya Hidup • Fesyen • Hobi • Karir • Kesehatan • Hiburan • Hiburan • Film • Humor • Media • Musik • Humaniora • Humaniora • Bahasa • Edukasi • Filsafat • Sosbud • Kotak Suara • Analisis • Kandidat • Lyfe • Lyfe • Diary • Entrepreneur • Foodie • Love • Viral • Worklife • Olahraga • Olahraga • Atletik • Balap • Bola • Bulutangkis • E-Sport • Politik • Politik • Birokrasi • Hukum • Keamanan • Pemerintahan • Ruang Kelas • Ruang Kelas • Ilmu Alam & Teknologi • Ilmu Sosbud & Agama • Teknologi • Teknologi • Digital • Lingkungan • Otomotif • Transportasi • Video • Wisata • Wisata • Kuliner • Travel • Pulih Bersama • Pulih Bersama • Indonesia Hi-Tech • Indonesia Lestari • Indonesia Sehat • New World • New World • Cryptocurrency • Metaverse • NFT • Halo Lokal • Halo Lokal • Bandung • Joglosemar • Makassar • Medan • Palembang • Surabaya • SEMUA RUBRIK • TERPOPULER • TERBARU • PILIHAN EDITOR • TOPIK PILIHAN • K-REWARDS • KLASMITING NEW • EVENT Konten Terkait • Mengintip Industri Dirgantara dan Aviasi Rusia • Mengenal Negara-negara dari Ikonnya • Pemerintahan yang Cerdas • Dharma Agama dan Dharma Negara • Kestabilan Pemerintahan hingga Multipartai • Rusia dan Negara-negara Barat, Bolehkan Anda Pakai Dana Perangmu untuk Bantu Negara-negara Miskin?

Kamboja secara resmi bernama Kerajaan Kamboja, sebuah negara di Asia Tenggara dengan luas totalnya adalah 181.035 km2. Jumlah populasi Kamboja lebih dari 14,8 juta jiwa. Agama resmi yang ada di Kamboja adalah Buddha dengan pemeluk sekitar 95% dari total penduduk Kamboja. Ibukota dan kota terbesar Kamboja adalah Phnom Penh. Bentuk negara Kamboja adalah monarki konstitusional demokratik. Berdasarkan konstitusi 1993, Kamboja adalah negara kerajaan yang menganut sistem demokrasi liberal, pluralisme dan ekonomi pasar.

Raja Kamboja menjabat Kepala Negara, tetapi tidak memberikan perintah. Pemerintahan yang menguasai dan yang memberi perintah dipimpin oleh Perdana Menteri dan dibantu oleh para menteri yang tergabung dalam Dewan Menteri.

Jika dilihat dari sistem pemerintahan yang ada di Kamboja, sistem pers yang digunakan adalah sistem pers Otoriter, karena yang menjadi Kepala Negaranya adalah seorang Raja meskipun pemerintahan Kamboja dipimpin oleh Perdana Menteri. Dalam sistem pemerintahan Kamboja Sistem Demokrasi Liberal, semua kekuasaan berada ditangan Perdana Menteri.

Maka sudah pasti media dikuasai dan juga mendapatkan pengawasan dari parlemen tertinggi tersebut. Perekonomian di Kamboja, pendapatan per kapita terus meningkat tetapi termasuk rendah dibandingkan negara lain di sekitarnya. Masyarakat Kamboja kebanyakan bergantung kepada pertanian dan beberapa sektor lainnya.

Agrikultur masih menjadi andalan utama kehidupan ekonomi masyarakat, terutama bagi masyarakat desa. Kamboja termasuk salah satu Negara terkorup di dunia. Melihat dari pendapatan per kapita itu, Negara Kamboja dikhawatirkan belum siap menghadapi AEC (Asean Economy Community) di tahun 2015. Meskipun pada saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) ke 21 yang berlangsung di Phnom Penh, Kamboja sejak 16 November lalu membulatkan tekad sepuluh negara anggota untuk menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Council/AEC) tahun 2015.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Banyak hal yang harus dibenahi di Negara Kamboja. Termasuk memperhatikan kinerja yang ada di Negara Kamboja, memperhatikan masyarakat yang masih banyak kurang diperhatikan oleh pemerintah.Negara Kamboja adalah salah satu negara yang berada di benua Asia tepatnya pada kawasan Asia Tenggara dan satu – satunya di dunia memiliki bendera dengan gambar sebuah gedung yakni Angkor Wat.

Nama Kamboja atau Cambodia berasal dari bahasa Perancis yakni Cambodge, yang kemudian berubah menggunakan bahasa Khamer menjadi Kâmpuchea yang artinya Kelahiran Kambu.

Mendengar kata Kamboja, tidak terlepas dari sejarah kelam yang dilakukan oleh Khamer Merah (Khamer Rough) di tahun 1975 – 1979.

Khamer Merah sendiri merupakan sebuah pasukan yang mendukung Partai Komunis Kampuchea dan telah melakukan kejahatan genosida terhadap seperempat lebih penduduk Kamboja. Karakteristik Negara Kamboja Negara Kamboja adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional dan pernah dijajah oleh Perancis dari tahun 1863 – 1953.

Pemerintahan saat ini merupakan penerus dari Kekaisaran Khamer yang pernah menguasai wilayah Semenanjung Indocina dari abad 11 hingga abad 14.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Negara yang beribu kota di Phnom Penh tersebut, secara astronomis berada jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja antara 10 oLU – 14 oLU dan berada pada 102 oBT – 108 oBT. Dan jika dilihat secara geografis, Kamboja berada berbatasan dengan: • Sisi timur berbatasan dengan: negara Vietnam • Sisi tenggara hingga selatan berbatasan dengan: negara Vietnam dan Teluk Siam • Sisi barat berbatasan dengan: negara Thailand • Sisi utara berbatasan dengan: negara Laos Negara yang mempunyai luas sekitar 181.035 km 2, berbentuk seperti piring dengan bagian tengah terdapat sebuah dataran besar bernama danau Tonle Sap, sedangkan pada bagian tepinya dikelilingi oleh deretan pegunungan di sisi utara (Phanon Dang Reh) dan sisi barat terdapat pegunungan Cardamon.

Danau Tonle Sap mempunyai jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja dari anak sungai Mekong yang meluap pada bulan Mei dan Oktober. Sedangkan saat sungai Mekong di bagian selatan meluap, aliran air akan kembali ke sungai Bassac dan sungai Tonle Sap yang berdampak pada meluasnya permukaan danau Tonle Sap. Penduduk Negara Kamboja Jumlah populasi penduduk Kamboja termasuk yang terkecil kedua di Asia Tenggara yakni sekitar 10 juta jiwa.

Hampir sebagian besar penduduk Kamboja berasal dari etnik Khmer (85%) sedangkan sisanya berasal dari etnik – etnik lain seperti Cham, Vietnam, Tionghoa, dan lainnya. Hampir sebagian besar penduduk Kamboja beragama Buddha Theravada sedangkan agama terbesar lainnya yakni Islam yang dianut oleh etnik Cham dan Melayu, mereka banyak ditemukan di Provinsi Kampong Cham.

Adapun agama lain yakni Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Bahasa resmi negara Kamboja yakni bahasa Khmer dan aksara menggunakan aksara Khmer. Meskipun dalam komunikasi sehari – hari, banyak masyarakat Kamboja yang menggunakan Khmer, Cham dan Prancis. Sistem Perekonomian Dan Kekayaan Alam Negara Kamboja Perekonomian Negara Kamboja terus mengalami peningkatan selama satu dekade terakhir, meskipun pendapatan per kapita masih cukup jauh jika dibandingkan dengan negara – negara lainnya di kawasan Asia Tenggara.

Akan tetapi ekonomi Kamboja pernah mengalami perlambatan ketika terjadi krisis finansial Asia tahun 1997. • Sektor pertanian Pendapatan terbesar negara Kamboja berasal dari sektor pertanian dengan hasil utama yakni padi yang ditanam di sepanjang sungai Mekong dan Danau Tonle Sap. Selain padi hasil pertanian lainnya yakni tebu, tembakau, kedelai, buah-buahan, dan sayuran.

• Sektor perdagangan Negara Kamboja melakukan kegiatan ekspor dengan barang utama berupa karet, lada, kayu, dan beras. Sedangkan barang impor utamanya yakni mesin, obat – obatan, tekstil, pupuk, bahan makanan dan lain sebagainya. • Sektor pariwisata Kamboja memiliki tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan yakni Angkor Wat dan telah terdaftar sebagai keajaiban dunia.

• Sektor Perhubungan Negara Kamboja memiliki bandara internasional Pochentong, jaringan kereta api, serta perahu dayung dan kapal feri. • Sektor perikanan Sektor ini menjadi sektor andalan kedua setelah pertanian sebab banyak petani yang beralih menjadi nelayan saat musim kering tiba.

Hampir sekitar 50% ikan berasal dari Tonselap dan sisanya berasal dari kawasan pinggir laut. Kakayaan alam yang dimiliki Kamboja meliputi tumbuhan dan hewan dengan berbagai macam jenis. Bahkan laju deforestasi yang berada di Kamboja termasuk tertinggi di dunia, serta terdapat 212 mamalia, 850 ikan air tawar, 536 burung, 435 spesies ikan laut, dan 240 jenis reptil.

Dahulu sekitar 70% daratan Kamboja berupa hutan, namun saat ini telah mengalami penurunan hingga mencapai 3,1% atau sekitar 25.000 km persegi hutan telah hilang di tahun 2007.

Saat ini hasil hutan yang diandalkan berupa getah dan lada yang telah diekspor ke berbagai negara. Fakta Menarik Negara Kamboja • Angkor Wat yang menjadi kebanggaan masyarakat Kamboja, merupakan Kuil Buddha Kuno yang berada di pedalaman hutan yang ditemukan oleh penjelajah Perancis bernama Henry Mahout pada abad ke-19. Ankor Wat dibangun oleh Raja Suryawarman II. • Pagoda Silver yang terdapat di Phnom Penh merupakan rumah bagi patung Buddha yang telah didekorasi oleh 9584 berlian dan salah satu berlian memiliki 25 karat.

• Kelahiran di Kamboja termasuk tertinggi yakni tiga kali lebih besar jika dibandingkan dengan kematian. Jumlah bayi laki-laki lebih banyak (40%) daripada bayi perempuan. • Dari tahun 1969 hingga 1973 Amerika Serikat menjatuhkan 550.000 ton bom di Kamboja secara ilegal yang menyebabkan lebih dari satu juga orang meninggal dunia dan terluka akibat bom tersebut. • Pakaian nasional negara Kamboja yakni Sampot. Menurut sejarahnya pakaian ini berasal dari Era Funan. • Sejarah pembantaian Khmer Merah bisa dilihat di Ladang Pembantaian Choeuong Ek.

Ada sekitar lebih dari 8.000 tengkorak yang terpajang di Stupa Memorial. Bahkan untuk mengenang kejadian tersebut bisa melihat Musium Tuol Sleng.
• [ April 6, 2022 ] Profil Negara Ukraina (Ukraine) Profil Negara • [ March 24, 2022 ] Profil Negara Jerman (Germany) Profil Negara • [ March 20, 2022 ] Negara-negara Anggota G20 (Group of Twenty) Pengetahuan Umum • [ March 11, 2022 ] Profil Negara Rusia (Russia) Profil Negara • [ February 10, 2022 ] Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) Profil Negara Profil Negara Kamboja (Cambodia) – Kamboja adalah sebuah negara kerajaan yang terletak di Asia Tenggara.

Negara yang pernah dijajah oleh Perancis selama 90 tahun (1863 – 1953) ini jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja pada tanggal 9 November 1953. Kamboja memiliki luas wilayah sebesar 181,035 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 16.926.984 jiwa di tahun 2020. Mayoritas penduduk Kamboja adalah etnis Khmer (97,6%) yang beragama Buddha (96,9%). Bahasa Khmer merupakan bahasa resmi negara yang memiliki nama lengkap Kerajaan Kamboja ini.

jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja

Seperti nama lengkapnya, Kamboja adalah negara yang menganut sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yang kepala negaranya adalah seorang Raja yaitu Raja Norodom Sihamoni yang menjabat sejak 29 Oktober 2004. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang dijabat oleh Hun Sen sejak 14 Januari 1985. Kerajaan Kamboja ini merupakan penerus dari Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai wilayah semenanjung Indochina pada abad 11 hingga abad 14. Ibukota Kamboja adalah Phnom Penh.

Secara Astronomis, Kerajaan Kamboja berada diantara 10⁰LU – 14⁰LU dan 102⁰BT – 108⁰BT dan berbatasan dengan Thailand disebelah barat dan utara. Disebelah Timur laut, Kamboja berbatasan dengan Laos sedangkan di sebelah utara dan tenggaranya berbatasan dengan Vietnam. Kamboja bersama dengan Vietnam, Laos, Thailand dan Myanmar merupakan negara yang berada di semenanjung Indo-china dan dialiri oleh sungai Mekong yaitu salah satu sungai terpanjang di dunia.

Kamboja memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau dengan rata-rata suhunya sekitar 21°C – 35°C. Baca juga : Profil Negara Thailand. Kamboja merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi di dunia.

Pertumbuhan ekonomi Kamboja mencapai 7% sejak tahun 2011 dan hanya turun sedikit pada tahun 2017 yaitu sekitar 6,9%. Sektor pariwisata, pertanian, perikanan, perhutanan, garment, tekstil dan pertambangan batu pertama merupakan tulang punggung perekonomian Jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja. Pada tahun 2017, Pendapatan Domestik Bruto Kamboja adalah US$ 64,21 miliar dengan pendapatan perkapitanya adalah sebesar US$ 4.000,. Di hubungan luar negeri, Kamboja merupakan negara anggota ASEAN dan PBB serta lembaga-lembaga lainnya yang berada di bawah PBB seperti WHO, UNESCO, FAO, ICAO, ILO, ITU, IAEA, IDA, WTO dan lain-lainnya.

Baca juga : Negara-negara Anggota ASEAN. Profil Negara Kamboja (Cambodia) Berikut dibawah ini adalah profil negara Kamboja (Cambodia). • Nama Lengkap : Kerajaan Kamboja (Kingdom of Cambodia) • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional • Nama Lokal : Preahreacheanachakr Kampuchea • Kepala Negara : Raja Norodom SIHAMONI (sejak 29 Oktober 2004) • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri HUN SEN (sejak 14 Januari 1985) • Ibukota : Phnom Penh • Luas Wilayah : 181,035 km² • Jumlah Penduduk : 16.926.984 jiwa (2020) jelaskan sistem pemerintahan negara kamboja Pertumbuhan Penduduk : 1,4% (2020) • Angka Kelahiran : 21,3 bayi per 1000 penduduk (2020) • Suku Bangsa/Etnis : Khmer 97.6%, Cham 1.2%, Tionghoa 0.1%, Vietnam 0.1%, lain-lain 0.9% (estimasi tahun 2013) • Bahasa Resmi : Bahasa Khmer • Agama : Buddha (resmi) 96.9%, Islam 1.9%, Kristen 0.4%, lain-lain 0.8% (estimasi tahun 2008) • Mata Uang : Riel Kamboja (KHR) • Hari Nasional : 9 November 1953 (Hari Kemerdekaan dari Perancis) • Lagu Kebangsaan : “Nokoreach” (Royal Kingdom) • Kode Domain Internet : .kh • Kode Telepon : 855 • Pendapatan Per Kapita : US$ 4.000,- • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$ 64,21 miliar • Lokasi : Asia Tenggara Lambang Negara dan Bendera Kamboja Pembagian Wilayah Administrasi di Kamboja (Cambodia) Secara Administratif, Kerajaan Kamboja (Kingdom of Cambodia) terbagi atas 24 Provinsi dan 1 munisipalitas.

Berikut ini adalah daftar 24 Provinsi dan 1 Munisipalitas di Kamboja beserta Ibukotanya. No. Provinsi/Munisipalitas Ibukota 1 Munisipalitas Phnom Penh Distrik Chamkarmon 2 Provinsi Banteay Meanchey Serei Saophoan 3 Provinsi Battambang Battambang 4 Provinsi Kampong Cham Kampong Cham 5 Provinsi Kampong Chhnang Kampong Chhang 6 Provinsi Kampong Speu Chbar Mon 7 Provinsi Kampong Thom Stueng Saen 8 Provinsi Kampot Kampot 9 Provinsi Kandal Ta Khmau 10 Provinsi Koh Kong Khemarak Phoumin 11 Provinsi Kep Kep 12 Provinsi Kratié Kratié 13 Provinsi Mondulkiri Senmonorom 14 Provinsi Oddar Meanchey Samraong 15 Provinsi Pailin Pailin 16 Provinsi Preah Sihanouk Sihanoukville 17 Provinsi Preah Vihear Tbeng Meanchey 18 Provinsi Pursat Pursat 19 Provinsi Prey Veng Prey Veng 20 Provinsi Ratanakiri Banlung 21 Provinsi Siem Reap Siem Reap 22 Provinsi Stung Treng Stung Treng 23 Provinsi Svay Rieng Svay Rieng 24 Provinsi Takéo Doun Kaev 25 Provinsi Tboung Khmum Suong Sumber referensi : Data-data Profil Negara Kamboja (Cambodia) dikutip dari World Factbook.

Inilah Macam-macam Bentuk Pemerintahan di Dunia!




2022 www.videocon.com