Penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Assalamu'alaikum teman-teman. Semoga selalu sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan soal latihan sebagai persiapan ulangan harian untuk kelas 9 atau kelas 3 SMP/ MTs, mata pelajaran IPS pada BAB 1 tentang Interaksi Keruangan Negara-Negara Asia dan Benua lainnya. Soal latihan ini terdiri dari 40 soal. Upayakan menjawab terlebih dahulu soal-soal di bawah ini, baru setelah itu kamu bisa mencocokkan jawabanmu dengan kunci jawaban atau pembahasan soalnya.

Link ke pembahasan soal ada di penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata ya. Semoga beruntung. Langsung saja monggo dipelajari. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. Pada awalnya nama benua di bumi hanya ada satu yang disebut . a. Eurasia b. Laurasia c. Gondwana d. Pangaea 2. Wilayah Benua Asia yang beriklim sangat kering terletak di . a. Wilayah Arktik b. Laut Aral c. Pegunungan Hindu Kush d. Basin Tarim 3.

Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi. Kondisi tersebut mengakibatkan . a. negara-negara di kawasan Asia Tenggara kaya bahan mineral b. sebagian besar negara kawasan Asia Tenggara beriklim kontinenatal c. negara-negara di kawasan Penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme d. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana siklon 4. Benua berikut yang memiliki topografi relatif rata adalah .

a. Benua Asia b. Benua Australia c. Benua Afrika d. Benua Amerika 5. Kawasan Benua Asia yang tidak mengandalkan pertanian sebagai salah satu komoditas ekonomi penting adalah . a. Asia Timur b. Asia Tenggara c. Asia Tengah d. Asia Barat 6. Wilayah Benua Asia yang hanya memiliki 2 musim, yaitu kering dan basah adalah . a. Asia Tengah dan Asia Timur b. Asia Tenggara dan Asia Selatan c. Asia Tengah dan Asia Selatan d. Asia Timur dan Asia Tenggara 7. Salah satu negara maju yang ada di Benua Asia adalah Jepang.

Faktor yang menjadikan negara ini menjadi negara maju adalah . a. angka harapan hidup tinggi b. angka mortalitas rendah c. kegiatan ekonomi berfokus pada pertanian d. angka pertumbuhan penduduk tinggi 8. Samudra yang terletak di Kutub Utara adalah Samudra . a. Hindia b. Arktik c. Atlantik d. Pasifik 9. Samudra yang terletak di antara Benua Afrika, Asia, dan Australia dinamakan . a. Pasifik b. Atlantik c. Arktik d.

Hindia 10. Tidak penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata warga di Benua Asia adalah keturunan ras Mongoloid dan Negroid. Ada juga orang Asia yang berkulit putih. Orang Asia tersebut tinggal di kawasan . a. Asia Utara b. Asia Tengah c. Asia Barat d. Asia Selatan 11. Perhatikan karakteristik benua berikut! (1) Benua dengan penduduk terbesar di dunia. (2) Pegunungan menjadi batas dengan benua di sebelah Barat.

(3) Benua terluas di dunia. (4) Seluruh batas wilayahnya dengan benua lain adalah samudra. (5) Wilayahnya tidak dilalui garis khatulistiwa. Dari karakteristik tersebut yang menjadi ciri-ciri umum Benua Asia adalah . a. (1), (3), dan (5) b. (1), (2), dan (3) c. (2), (4), dan (5) d. (3), (4), dan (5) 12. Karakteristik Benua Australia ialah . a. bagian tengah adalah daerah dataran tinggi dan gurun b.

di bagiann selatan adalah daerah dataran rendah yang membujur dari Teluk Kapentaria c. bagian timur terdapat pegunungan yang membujur dari utara ke selatan yang dinamakan great dividing range d.

pada pantai timur Australia terdapat karang penghalang terbesat di dunia 13. Negara yang paling maju sektor industriya di Benua Afrika adalah . a. Mesir b. Maroko c. Kamerun d. Afrika Selatan 14. Gurun pasir Gobi terletak di kawasan . a. Asia Barat b. Asia Timur c. Asia Utara d. Asia Selatan 15. Benua yang penduduknya didominasi oleh ras Negroid adalah .

a. Afrika b. Eropa c. Amerika d. Asia 16. Benua yang menurut sejarah geologinya tidak pernah mengalami letusan gunung berapi adalah benua. a. Amerika b. Asia c. Afrika d. Australia 17. Wilayah Siberia di bagia utara Benua Asia memiliki bentang alam berupa. a. pegunungan b. plato c. dataran rendah d. dataran tinggi 18. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan kondisi sosial di Benua Asia adalah . a. keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras b. memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia c.

mayoritas penduduknya memeluk agama Nasrani d. mata pencaharian mayoritas penduduk masih mengandalkan sektor pertanian 19. Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan .

a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan b. Kutub Utara berupa cekungan perairan c. daratan Kutub Selatan lebih luas d. Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi 20. Salah satu dataran tinggi di Eropa adalah dataran tinggi Skotlandia yang terletak di negara . a. Prancis b. Norwegia c. Inggris d. Jerman 21. Cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya disebut . a.

interaksi sosial b. interaksi antarruang c. konektivitas d. kesenjangan sosial 22. Negara yang memiliki ciri-ciri, pertanian tradisional merupakan faktor produksi primer, industri belum berkembang, dan sebagainya dinamakan . a. negara maju b. negara berkembang c.

negara utara d. negara selatan 23. Benua Asia dan Amerika memiliki hutan hujan yang lebat dan tumbuh sepanjang tahun. Hutan tersebut menjadi paru-paru dunia. Pertumbuhan hutan hujan tersebut didukung oleh iklim . a. tropis b. subtropis c. gurun d. dingin 24. Penduduk asli benua Australia hampir mirip dengan penduduk asli Papua, yang dikenal dengan sebutan . a. Aborigin b. Albiorigion c. Albanian d. Alborigion 25.

Di tanah tinggi Brasil terdapat sabana yang disebut. a. ilanos b. campos c. pampas d. tundra 26. Negara maju meskipun teknologinya sudah canggih tetap mempunyai masalah. Masalah yang dihadapi negara maju adalah . a. kurangnya tenaga kerja b. rendahnya pendapatan per kapita c. tingginya tingkat pengangguran d. angka kematian cukup tinggi 27. Gunung yang melatarbelakangi ibu kota Jepang adalah Gunung . a. Kilimanjaro b. Alpen c. Everest d. Fuji 28. Meskipun wilayah Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata.

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah . a. keadaan alam penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk b.

karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata c. pemerintah Australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing yang masuk ke Australia d. mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan 29. Berikut ini yang bukan negara terkecil di Benua Eropa adalah . a. Andora b. Angola c. Vatikan d. San Marino 30.

Keberadaan gurun di Australia terjadi karena . a. Australia merupakan benua berusia tua b. Australia merupakan pusat tekanan udara rendah saat angin muson c. Australia terletak pada wilayah turunnya massa udara d. Australia dikelilingi oleh lautan yang arusnya hangat 31. Berikut ini jenis satwa yang mampu hidup di Benua Antartika adalah . a. sapi b. penguin c. macan d. kambing 32. Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang.

Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan . a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur b. Lembah Sungai Nil kaya barang tambang c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah 33.

Berikut tidak termasuk bentang alam yang merupakan keistimewaan Benua Amerika adalah . a. Benua Amerika merupakan benua yang berbentuk meridian (memanjang dari utara-selatan) b.

Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi, yaitu air terjun Angel (1.000 m) di Venezuela c. Benua Amerika memiliki air terjun dengan debit air terbesar di dunia, yaitu air terjun Niagara d. Benua Amerika memiliki gunung api aktif tertinggi, yaitu Gunung Ojos de Salado (6.908 m) 34. Di bawah ini yang bukan menjadi dampak adanya interaksi desa dan kota adalah .

a. banyak berkembangnya media massa b. makin beragamnya orientasi mata pencaharian c. makin menurun hasil produktivitas pertanian d. makin majunya sarana transportasi 35.

Contoh dampak ketergantungan negara berkembang terhadap negar maju, antara lain . a. bersedia melepaskan ikatan kolonialisme ekonomi b. peminjaman modal tak dapat diperpanjang c. tidak dapat membayar utang yang menumpuk d. secara berkala memperpanjang transaksi peminjaman modal 36.

Negara di kawasan Timur Tengah didominasi oleh lahan kering dan tandus, sehingga sulit dijadikan sebagai lahan pertanian.

Namun, negara-negara di kawasan ini cenderung memiliki pendapatan yang tinggi, seperti Arab Saudi dan Yordania. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah . a. banyak mengembangkan tenaga nuklir b. kegiatan wisata gurun c. kaya akan sumber daya alam migas d. peternakan hewan unta 37. Perhatikan karakteristik berikut ini! 1) Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibandingkan samudra-samudra yang lain. 2) Seluruh wilayah berada di Garis Lintang Utara.

3) Satu-satunya samudra yang tidak dilalui garis khatulistiwa. 4) Samudra yang tidak ada batasan-batasannya. Pernyataan-pernyataan di atas merupakan karakteristik dari Samudra .

a. Atlantik b. Arktik c. Hindia d. Pasifik 38. Pegunungan yang membatasi Benua Asia dengan Eropa adalah . a. Pegunungan Ural b. Pegunungan Andes c. Pegunungan Himalaya d. Pegunungan Mediterania 39. Benua Asia memiliki banyak wilayah dataran tinggi. Dataran tinggi terluas dan tertinggi yang ada di Benua Asia adalah .

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

a. Dataran Tinggi Tibet b. Dataran Tinggi Dekkan c. Dataran Tinggi Mongolia d. Dataran Tinggi Anatolli 40. Perhatikan peta Benua Afrika di bawah ini! 21. Benua yang terletak di belahan bumi selatan adalah . a. Eropa dan Australia b.

Afrika dan Amerika c. Australia dan Antartika d. Asia dan Australia Jawaban : c. Australia dan Antartika 22. Daerah Amerika sebelah utara pada garis 40 LU beriklim . a.

tropis b. sub tropis c. sedang d. dingin Jawaban : d. dingin 23. Penduduk asli negara Amerika Serikat adalah . a. Aborigin b. Indian c. Hispanik d. Arya Jawaban : b. Indian 24. Benua di bawah ini yang tidak memiliki gurun adalah . a. Asia b. Afrika c. Amerika d. Eropa Jawaban : d. Eropa 25. Mayoritas penduduk negara Australia tinggal di daerah .

a. aliran sungai b. pegunungan c. pantai d. pedalaman Jawaban : c. pantai 26. Bangsa Eskimo umumnya mendalami wilayah . a. Eropa Barat b. Arktik c. Antartika d.

Amerika Utara Jawaban : d. Amerika Utara 27. Lembah Amazon terdapat di wilayah . a. Amerika Utara b. Amerika Selatan c. Kanada d. Eropa Selatan Jawaban : b. Amerika Selatan 28.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Negara maju selalu diidentikkan dengan negara . a. industri b. kehutanan c. agraris d. maritim Jawaban : a. industri 29. Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang. Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal dikarenakan . a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur b. Lembah Sungai Nil kaya bahan tambang c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah Jawaban : a.

Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur 30. Perhatikan karakteristik berikut ini! • Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibandingkan samudra-samudra yang lain • Seluruh wilayah berada di Garis Lintang Utara • Satu-satunya samudra yang tidak dilalui garis khatulistiwa • Samudra yang tidak ada batasnya Pernyataan-pernyataan di atas merupakan karakteristik dari Samudra .

a. Atlantik b. Arktik c. Hindia d. Pasifik Jawaban : b. Arktik <-- Soal sebelumnya (Part 2) Soal selanjutnya (Part 4) -->
• Beranda • Sastra • seni visual • Sejarah & Budaya • Geografi • Masalah • literatur • Inggris • Sains, Teknologi, Matematika • Ilmu • Ilmu Komputer • Hewan & Nature • Ilmu Sosial • matematika • sumber • Untuk Pendidik • Untuk Siswa dan Orang Tua • Untuk Dewasa Pembelajar • Bahasa • Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua • Jerman • Perancis • Spanyol • Italia • Rusia • Jepang • jeruk keprok • Apakah Afrika kelebihan penduduk?

Jawaban dari sebagian besar ukuran adalah tidak. Pada pertengahan 2015, benua secara keseluruhan hanya memiliki 40 orang per mil persegi. Asia, sebagai perbandingan, memiliki 142 orang per mil persegi; Eropa Utara memiliki 60. Para kritikus juga menunjuk pada seberapa sedikit sumber daya yang dikonsumsi penduduk Afrika dibandingkan dengan banyak negara Barat dan Amerika Serikat pada khususnya. Lalu mengapa begitu banyak organisasi dan pemerintah khawatir tentang pertumbuhan populasi Afrika?

Distribusi Sangat Tidak Merata Seperti banyak hal lainnya, salah satu masalah diskusi tentang masalah populasi Afrika adalah orang-orang mengutip fakta tentang benua yang sangat beragam. Sebuah studi tahun 2010 menunjukkan bahwa 90% populasi Afrika terkonsentrasi di 21% daratan. Sebagian besar dari 90% itu tinggal di kota-kota perkotaan yang padat dan negara-negara padat penduduk, seperti Rwandayang memiliki kepadatan penduduk 471 orang per mil persegi.

Negara-negara kepulauan Mauritius dan Mayotte jauh lebih tinggi dibandingkan dengan masing-masing 627 dan 640. Artinya, 10% populasi Afrika lainnya tersebar di 79% daratan Afrika yang tersisa. Tentu saja, tidak semua 79% itu cocok atau diinginkan untuk huni. Sahara, misalnya, mencakup jutaan hektar, dan kurangnya air serta suhu yang ekstrim membuat sebagian besar darinya tidak dapat dihuni, yang merupakan bagian dari mengapa Sahara Barat memiliki dua orang per mil persegi, dan Libya dan Mauritania memiliki 4 orang per mil persegi.

mil. Di bagian selatan benua, Namibia dan Botswana, yang berbagi gurun Kalahari, juga memiliki populasi yang sangat rendah di wilayah mereka. Penduduk Pedesaan Rendah Bahkan populasi yang rendah mungkin merupakan overpopulasi di lingkungan gurun dengan sumber daya yang langka, tetapi banyak orang di Afrika yang berada di daerah dengan populasi rendah hidup di lingkungan yang lebih moderat. Mereka adalah para petani pedesaan, dan kepadatan penduduk mereka juga sangat rendah.

Ketika virus Zika menyebar dengan cepat ke seluruh Amerika Selatan dan dikaitkan dengan cacat lahir yang parah, banyak yang bertanya mengapa efek yang sama belum ditemukan di Afrika, tempat virus Zika telah lama menjadi endemik.

Para peneliti masih menyelidiki pertanyaan tersebut, tetapi satu jawaban potensial adalah bahwa nyamuk yang membawanya di Amerika Selatan lebih menyukai daerah perkotaan, sedangkan nyamuk Afrika. vektor lazim di daerah pedesaan. Bahkan jika virus Zika di Afrika telah menghasilkan peningkatan signifikan pada mikrosefali cacat lahir, mungkin tidak terdeteksi di distrik pedesaan Afrika karena kepadatan populasi yang rendah berarti sangat sedikit bayi yang lahir di daerah ini dibandingkan dengan kota-kota padat penduduk di Amerika Selatan.

Bahkan kenaikan signifikan dalam persentase anak yang lahir di mikrosefali di daerah pedesaan akan menghasilkan terlalu sedikit kasus untuk menarik perhatian. Pertumbuhan Pesat, Infrastruktur Tegang Namun, kekhawatiran sebenarnya bukanlah kepadatan populasi Afrika, tetapi fakta bahwa Afrika memiliki populasi yang tumbuh paling cepat di tujuh benua. Pada tahun 2014 pertumbuhan penduduk sebesar 2,6%, dan persentase penduduk di bawah 15 tahun tertinggi (41%).

Dan pertumbuhan ini terlihat paling jelas di wilayah yang paling padat penduduknya. Pertumbuhan pesat membebani infrastruktur perkotaan negara-negara Afrika - transportasi, perumahan, dan layanan publik mereka - yang di banyak kota sudah kekurangan dana dan kelebihan kapasitas. Perubahan iklim Kekhawatiran lainnya adalah dampak pertumbuhan ini terhadap sumber daya.

Orang Afrika saat ini mengkonsumsi sumber daya jauh lebih sedikit daripada negara-negara Barat, tetapi perkembangan dapat mengubahnya. Lebih tepatnya, pertumbuhan populasi Afrika dan ketergantungannya pada pertanian dan kayu memperparah masalah erosi tanah yang sangat besar yang dihadapi banyak negara.

Penggurunan dan perubahan iklim juga diperkirakan akan meningkat dan mereka memperparah masalah manajemen pangan yang diciptakan oleh urbanisasi dan pertumbuhan penduduk yang cepat. Contoh Soal Materi tentang Benua dan Samudra Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat! 1. Berikut ini merupakan ciri khas benua, kecuali . a. wilayah daratan luas b.

di bagian tengah memiliki tipe iklim tersendiri c. terdiri atas banyak negara d. pengaruh iklim laut tidak mendominasi 2. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan kondisi sosial di Benua Asia adalah .

a. keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras b. memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia c. mayoritas penduduknya memeluk agama nasrani d. mata pencaharian mayoritas penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata masih mengandakan sektor pertanian 3. Bentuk wilayah Benua Amerika bersifat meridian yang seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan, kondisi demikian menyebabkan . a. Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata.

Benua Amerika memiliki iklim dingin c. sebagian besar wilayahnya tertutup salju d. Benua Amerika memiliki iklim subtropis 4.

Berdasarkan kondisi fisik dan ariasi iklimnya, maka kemungkinan jenis flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara adalah . a. hutan hujan tropis b. hutan kanifer c. stepa dan kaktus d. lumut dan sejenis tumbuhan tundra lainnya 5. Perhatikan peta Benua Afrika di samping Negara yang diberi tanda hitam adalah negara . a. Mesir dan Kenya b. Mesir dan Zaire c.

Sudan dan Kenya d. Libya dan Ethiopia 6. Secara geografis, daratan Eropa merupakan perpanjangan sebuah Semenanjung di Benua Asia di bagian Barat.

Namun demikian, Eropa juga dianggap sebagai benua tersendiri, karena . a. Benua Eropa terdiri atas negara-negara maju b. Benua Eropa mayoritas penduduknya berkulit putih c. Benua Eropa memiliki perbedaan yang mencolok pada peradaan maupun peranannya dalam sejarah kuno maupun modern d.

daratan Benua Asia sangat luas sehingga wilayahnya perlu dipecah jadi dua bagian 7. Meskipun wilayah Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata.

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah . a. keadaan alam dan iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk b. karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata c.

pemerintah Australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing yang masuk ke Australia d. mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan 8.

Gambar di bawah ini adalah salah satu kenampakan alam khas Benua . a. Asia b. Australia c. Afrika d. Amerika 9. Berikut ini adalah negara-negara terkecil di Benua Eropa, kecuali . a. Andora b. Angola c.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Vatikan d. San Marino 10. Terusan Suez menghubungkan antara . a. Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik b. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania c. Teluk Persia dengan Laut Mediterania d. Laut Merah dengan Laut Tengah 11. Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan. a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan b. Kutub Utara berupa cekungan perairan c.

daratan Kutub Selatan lebih luas d. Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi 12. Benua Asia dan Eropa pada dasarnya menyatu, bentang alam pemisah kedua benua tersebut adalah . a. Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus b. Pegunungan Kaukasus dan Danau Kaspia c. Pegunungan Ural dan Danau Kaspia d.

Pegunungan Ural dan Laut Mediterania 13. Benua yang mempunyai batas wilayah Utara dan Selatan hingga menyentuh lingkar kutub adalah . a. Benua Asia b. Benua Australia c. Benua Afrika d. Benua Amerika 14. Gambar di bawah ini adalah ketampakan alam khas Benua Amerika yang dikenal dengan nama . a. Gurun Atacama b. Lembah Sungai Amazone c. kawasan Gunung Ojos de Salado d. Grand Canyon 15. Perhatikan pernyataan di bawah ini Berdasarkan tabel di atas yang merupakan bentang alam atau karakteristik kondisi fisik Benua Asia ditunjukkan pada nomor .

a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 1, 4, dan 5 d. 4, 5, dan 6 16. Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi.

Kondisi tersebut mengakibatkan . a. sebagian besar negara kawasan Asia Tenggara beriklim kontinental b. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana ulkanisme c. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana badai siklon d. negara-negara di kawasan Asia Tenggara kaya bahan mineral 17. Kawasan negara-negara Oceania berada terpisah dari benua karena berada di kawasan samudra yaitu tepatnya Samudra .

a. Pasifik b. Atlantik c. Hindia d. Arktik 18. Wilayah Amerika Selatan di dominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat, bahkan terlebat di dunia. Hal tersebut dikarenakan wilayah Amerika Selatan memiliki karakteristik berikut ini, kecuali .

a. didukung oleh iklim tropis yang lembap b. memiliki curah hujan yang tinggi c. tanah yang subur khususnya di lembah-lembah sungai besar d. memiliki daerah pegunungan yang luas 19. Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang.

Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan . a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur b. Lembah Sungai Nil kaya barang tambang c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah 20. Perhatikan penyataan di bawah ini. Berdasarkan pada tabel di atas yang termasuk kelompok negara-negara yang berada di kawasan Eropa Selatan ditunjukkan pada nomor .

a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 3, 5, dan 6 d. 4, 5, dan 6 21. Pada awalnya bumi terdiri atas satu benua maha luas yang disebut …. a. Gondwana b. Laurasia c. Pangea d. Tethys 22. Benua yang seluruh wilayahnya terdapat di belahan bumi bagian selatan adalah Benua . a. Asia b. Australia c. Afrika d. Eropa 23. Samudra luas yang mengapit wilayah Indonesia adalah samudra . a. PasiÀk dan Atlantik b. Atlantik dan Hindia c. Atlantik dan Arktik d. Penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata dan Hindia 24.

Benua dengan jumlah penduduk yang paling banyak di dunia, yaitu . a. Asia b. Amerika c. Eropa d. Afrika 25. Benua yang penduduknya banyak didominasi oleh ras negroid adalah Benua . a. Asia b. Amerika c. Eropa d. Afrika 26. Benua penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata muka bumi yang menempati posisi pertama dari tingkatan luas wilayahnya, yaitu …. a. Benua Australia b. Benua Asia c. Benua Eropa d.

Benua Afrika 27. Pada permukaan bumi terdapat enam lempeng besar benua dengan luas wilayah yang berbeda. Benua yang paling sempit wilayahnya, yaitu …. a. Benua Asia b. Benua Eropa c. Benua Antartika d. Benua Australia 28. Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah. Negara yang termasuk kawasan Asia Selatan adalah…. a. Mongolia dan Armenia b. Jepang dan Korea Utara c. Vietnam dan Laos d.

India dan Pakistan 29. Perhatikan keterangan berikut. • Palestina • Kuwait • Yaman Negara-negara tersebut termasuk kawasan …. a. Asia Tenggara b. Asia Tengah c. Asia Barat d. Asia Selatan 30. Benua yang tertutup salju adalah …. a. Benua Afrika b. Benua Antartika c. Benua Asia d. Benua Eropa 31. Fauna khas Asia Barat adalah … a. panda b. kera dan burung tropik c. rusa d.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

berang-berang 32. Iglo adalah jenis rumah khas yang sering ditemukan di kawasan …. a. Benua Eropa b. Benua Asia c. Benua Antartika d. Benua Afrika 33. Variasi iklim bergantung posisi dan kondisi wilayah.

Benua Asia memiliki variasi iklim yang beragam karena …. a. bentuk topografinya homogen b. bentang alamnya sangat luas c. luas wilayah Benua Asia yang sangat sempit d. memiliki penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata hutan tropis 34. Nigeria merupakan salah satu negara di Afrika Tengah yang memiliki kondisi iklim …. a. subtropis b. gurun c. kutub d. subtropis 35. Benua dengan luas wilayah terkecil tetapi merupakan satu negara yang terluas di dunia adalah ….

a. Benua Afrika b. Benua Eropa c. Benua Australia d. Benua Antartika 36. Tipe iklim di Danau Ontario, Michigan, Huron, Superior, sampai perbatasan wilayah Kanada adalah ….

a. iklim subtropis b. iklim kontinental c. iklim tropis d. iklim kutub 37. Karakteristik kawasan Samudra Pasifik adalah …. a. aman karena jarang ada badai besar b. sering terjadi El Nino dan La Nina c. arus kuroshiwo dan oyashiwo d. dikelilingi empat benua, yaitu Afrika, Asia, Australia, dan Antartika 38.

Bentang alam Benua Amerika terbagi atas tiga kawasan utama, yaitu …. a. Oseania, Amerika Utara, dan Amerika Tengah b. Hawaii, Caribian, dan Amerika Anglo c. Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan d. Amerika Anglo, Amerika latin, dan Hawaii 39. Kawasan dataran rendah paling subur di Benua Amerika terletak di lembah …. a. Sungai Nil b. Teluk Hudson c. Sungai Mississippi d. Sungai Amazon 40. Denmark, Honduras, Amerika Serikat, Suriname, dan Brasil merupakan negaranegara yang wilayahnya berbatasan langsung dengan ….

a. Samudra Pasifik b. Samudra Antartika c. Samudra Atlantik d. Samudra Hindia 41. Pegunungan Alpen terletak di Benua. a. Asia b. Eropa c. Amerika d. Afrika 42. Kepulauan Tuamoto terkenal sebagai dangerous island. Hal itu disebabkan oleh. a. sering terjadi tsunami b. tidak aman c. struktur geologinya kompleks d. daerah vulkanisme paling aktif 43. Pasifik merupakan daerah yang memiliki lingkaran gunung berapi yang dikenal dengan istilah. a. circle of fire b. ring of fire c.

mountain ring d. vulcanism area 44. Pegunungan Rocky Mountain terletak di. a. Asia b. Afrika c. Amerika Utara d. Amerika Selatan 45. Negara-negara di bawah ini yang memiliki banyak gunung api adalah. a. Afrika Selatan b. Inggris c. Muangthai d. Jepang 46.

Perbedaan relief muka bumi pada peta dapat ditampilkan dengan menggunakan garis. a. kontur b. isohyet c. isoterm d. isobar 47. Kenampakan alam dapat ditampilkan pada peta dalam bentuk simbol dan perbedaan warna. Untuk menampilkan dataran rendah digunakan warna.

a. merah b. kuning c. hijau d. biru 48. Bagian dari daratan yang menjorok ke laut disebut. a. teluk b. tanjung c. delta d. meander 49. Sebagian besar penduduk yang tinggal di daerah pesisir memiliki mata pancaharian sebagai. a. petani b. nelayan c. pedagang d. pegawai 50. Dasar laut memiliki relief yang bervariasi. Dasar laut yang berupa laut yang sangat dalam, curam, dan sempit disebut. . a. palung laut b. landas laut c.

lubuk laut d. punggung penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata 51. Batas paling utara garis lintang 28° LU di kawasan Asia Tenggara terletak di negara. a. Thailand b. Myanmar c. Laos d. Vietnam 52. Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah pantai adalah. a. Kampuchea b. Thailand c. Vietnam d. Laos 53. Pegunungan lipatan muda yang terletak di perbatasan Vietnam dan Laos adalah Pegunungan.

a. Arakan Yoma b. Tenasserim c. Titiwangsa d. Annam 54. Filipina beriklim monsun tropis, kecuali wilayah Pulau. . yang beriklim khatulistiwa. a. Mindanao b. Luzon c. Mindoro d.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Palawan 55. Tanah aluvium yang subur di Delta Irrawady, Chao Phraya, dan Mekong banyak ditanami. . .

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

. a. kelapa b. karet c. teh d. padi 56. Benua yang paling kecil adalah. a. Eropa b. Asia c. Amerika d. Australia 57. Penduduk Afrika terdiri atas berbagai macam ras. Penduduk asli Afrika berasal dari ras. a. Negroid b. Hamit c. Kaukasoid d. Melayu 58. • Jepang • Mesir • India • Afrika Selatan • Inggris • Nigeria Di antara negara-negara di atas yang terdapat di Benua Afrika adalah.

a. 1), 2), dan 3) b. 2), 3), dan 5) c. 2), 4), dan 6) d. 4), 5), dan 6) 59. Samudra Arktik terhubung dengan Samudra Atlantik oleh. . a. Laut Greenland dan Laut Labrador b.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Laut Bering dan Laut Tengah c. Laut Tasman dan Laut Koral d. Laut Barents dan Laut Kara 60. Laut menyimpan kekayaan laut yang tiada tara. Selain itu, panorama dasar laut juga sangat memesona. Potensi tersebut dapat dikembangkan sebagai. a. objek wisata b. areal pertambangan c. lokasi penelitian d.

lokasi pemancingan 61. Menurut teori hanyutan benua, dahulu benua di Bumi hanya ada satu yang disebut. a. Eurasia b. Laurasia c. Gondwana d. Pangaea 62. Gondwana terpecah menjadi tiga bagian sebagai berikut, kecuali. a. Eurasia b. India c. Afrika-Amerika Selatan d. Australia-Antartika 63. Wilayah Siberia di bagian utara Benua Asia memiliki bentang alam berupa.

a. pegunungan b. plato c. dataran rendah d. dataran tinggi 64. • Topografi relatif rata. • Sebagian besar wilayahnya berupa plato rendah. • Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai.

Kenampakan bentang alam di atas merupakan ciri Benua. a. Amerika Utara b. Australia c. Eropa d. Amerika Selatan 65. Yang termasuk dalam ciri benua adalah .

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

. . a. daratan yang luas dengan iklim laut b. wilayah sangat luas dengan tidak ada pengaruh angin laut c. daratan sangat luas dengan tidak ada pengaruh angin laut d.

daratan yang iklimnya dipengaruhi angin laut 66. Berdasarkan data geologi, bagian barat Benua Afrika (Teluk Guinea) pernah bergabung dengan. a. bagian timur Benua Amerika Selatan b. bagian timur Benua Amerika Utara c. bagian barat Benua Amerika Selatan d.

bagian barat Benua Amerika Utara 67. Salah satu kenampakan bentang alam di Benua Afrika memiliki ciri sebagai berikut. • Terletak di bagian timur Benua Afrika. • Membentang mulai dari utara di Jordan Rift Valley sampai di dekat muara Sungai Zambezi. • Terdapat Danau Nyasa, Turkana, Tanganyika, Kiru, Edward, dan Albert. Apakah bentang alam yang dimaksud? a. Lembah Celah Kamerun. b. Lembah Celah Jordan (Jordan Rift Valley).

c. Lembah Celah Besar (Great Rift Valley). d. Lembah Sungai Nil. 68. Cordillera Amerika Utara terdiri atas dua jalur pegunungan yang membentang dari Alaska sampai Meksiko di tepi Samudra Pasifik. Kedua jalur pegunungan ini adalah rangkaian Coast Mountains dan Coast Ranger serta. a. Perisai Kanada b. Pegunungan Appalachia c.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Pegunungan Rocky d. Pegunungan Cascade 69. Bagaimana ciri sungai di Benua Amerika Selatan yang bermuara ke Samudra Pasifik? a. Sungainya lebar. b. Sungainya panjang. c. Sungainya pendek.

d. Sungainya berkelok-kelok. 70. Kepulauan, pegunungan, dan Semenanjung Antartika merupakan kenampakan bentang alam di bagian. . Benua Antartika. a. barat b. timur c. utara d. selatan 71. Benua Asia di kelilingi oleh samudera-samudera luas disebelah Utara, Timur, dan Selatan. Secara astronomis benua Asia terletak diantara, a.

20° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU b. 22° BT - 170° BT dan 12° LS - 80° LU c. 22° BT - 160° BT dan 13° LS - 80° LU d. 21° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU 72. Dibanding dengan Benua Asia, Benua Afrika memiliki luas yang lebih kecil yaitu 30.250.000 km2, dengan jumlah penduduk 861 juta (tahun 2003), oleh karena itu kepadatan penduduknya mencapai; a. 300 jiwa / km², b. 35 jiwa/ km², c. 38 jiwa/ km², d. 29 jiwa/ km², 73.

Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua sesudah Benua Australia. Benua ini merupakan kelanjutan dari Benua Asia, sehingga dikenal dengan sebutan: a. Eraufirka b. Eraurafisia c. Eurandia d. Eurasia 74. Benua Amerika memiliki luas 42.188.568, km2, merupakan daerah tujuan dari para migran Eropa. Benua ini ditemukan oleh pelaut Italia yaitu, a.

Amerca Davinci b. Amerigo Platini c. Amerigo Vespucci d. Vasco de Gama 75. Benua Amerika dibagi menjadi dua berdasarkan penggolongan regionnya, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan/Latin. Pembagian tersebut di dasarkan pada: a. Mata pencahariannya b.

Penggolongan bangsa yang datang c. Budayanya yaitu berasal dari Inggris dan Spanyol d. Penggolongan teknologinya 76. Amerika Selatan dibatasi oleh beberapa laut dan selat, berikut ini yang bukan merupakan batas dari Amerika Selatan adalah; a.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Sebalah Utara : Laut Karibia dan Samudera Atlantik b. Sebelah Timur : Samudera Atlantik c. Sebelah Selatan : Selat Drake, Samudera Atlantik d. Sebelah Barat : Samudera Hindia 77. Sebelum diberi nama Australia, benua yang ada dibelahan bumi bagian selatan ini oleh orang Eropa dikenal dengan sebutan; a.

Terra Musolini Incognito b. Terra Austrialis Incognito c. Terra Austronesia Incognito d. Terra Australis Penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata 78. Pendudk asli benua Australia hampir mirip dengan penduduk asli Papua, yang dikenal dengan sebutan; a. Aborigion b. Albiorigion c. Alabnian d. Alborigion 79. Samudera Hindia meliki luas 73.426.500 km². Posisi Samudera Hindia di kelilingi oleh Benua. Berikut ini Benua yang tidak mengelilingi Samudera Hindia adalah, a.

Benua Asia disebelah Utara, b. Benua Australia disebelah Timur, c. Wilayah Arktik d. Benua Afrila disebelah Barat. 80. Posisi Samudera Atlantik membentang dari pantai Barat Benua Eropa dan Afrika Hingga pantai Timur Benua Amerika. Samudera ini dibatasi beberapa laut dan pulau. Berikut ini yang bukan batas dari Samudera Atlantik adalah; a.

Alaska b. Laut Utara di Inggris c. Laut Norwegia di Eslandia d. Laut Labrador 81. Benua terluas di dunia adalah…. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 82. Benua terbanyak penduduknya adalah…. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 83. Di sebelah utara, benua Asia dibatasi oleh…. a. Samudera Hindia b. Samudra Arktik c.

Samudra Pasifik d. Selat Bosporus 84. Yang disebut benua hitam adalah…. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 85. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri benua Australia adalah…. a. sebagai benua tersempit b. sbagai benua paling datar c. sebagai benua paling tandus d. mayoritas penduduknya berasal dari Belanda 86. Mayoritas penduduknya negara Australia tinggal di daerah…. a. aliran sungai b. pegunungan c. pantai d. pedalaman 87. Di bawah ini yang disebut benua baru adalah….

a. Benua Penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 88. Penduduk asli negara Amerika Serikat adalah…. a. Aborigin b. Indian c. Hispanik d. Arya 89. Di antara benua di bawah ini yang rata-rata daratannya paling rendah adalah… a.

Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 90. Di antara negara-negara di bawah ini yang berada di Benua Eropa adalah…. a. Mesir b. Israel c. Mexico d. Polandia 91. Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat atau Asia Timur Tengah antara lain …. a. Suriah, Israel, dan Irak b. Nepal, Pakistan, dan India c. Mongolia, Cina, dan Kzakistan d. Korea, Jepang, dan Taiwan 92.

Batas antara Benua Asia dan Afrika adalah …. a. Laut Kaspia dan laut Hitam b. Pegunungan Ural dan Selat Dardanellia c. Selat Bering dan Laut Hitam d. Terusan Suez dan Laut Merah 93. Benua yang terletak di belahan bumi selatan adalah.

. a. Eropa dan Australia b. Afrika dan Amerika c. Australia dan Antartika d. Asia dan Australia 94. Samudra yang tersempit di dunia adalah samudra …. a. Artik b. Hindia c. Atlantik d. Pasifik 95. Kawasan di Asia yang disebut juga anak benua adalah …. a. India b. Jazirah Arab c. Turki d. Indocina 96. Secara astronomis Benua Asia terletak antara …. a. 60° BT – 157° BT dan 11° LS – 25° LU b.

60° BT – 130° BT dan 11° LS – 25° LU c. 60° BT – 157° BT dan 11° LS – 38° LU d. 60° BT – 130° BT dan 11° LS – 38° LU 97. Daerah Amerika sebelah utara pada garis 40° LU beriklim …. a. tropis b. kutub c. laut sedang d. dingin 98. Di tanah tinggi Brazil terdapat sabana yang disebut …. a. ilanos b. campos c. pampas d. tundra 99.

Pulau terbesar di dunia adalah …. a. Tanah Hijau b. Madagaskar c. Kalimantan d. Irian 100. Pegunungan yang membatasi Benua Asia dengan Benua Eropa adalah …. a. Pegunungan Ural b. Pegunungan Kaukasus c. Pegunungan Hindukush d. Pegunungan Karakorum 101. Jarak yang terdekat antara Benua Asia dengan Benua Amerika terdapat di ….

a. Laut Jepang b. Selat Gibraltar c. Laut Okhotsk d. Selat Bering 102. Menurut letak astronomisnya, Amerika Serikat dan Kanada termasuk kawasan …. a.

Amerika Latin b. Anglo Amerika c. Amerika Barat d. Amerika Utara 103. Di daerah Kutub Selatan tidak ada penghuninya sebab daerahnya …. a. dikelilingi laut b. berbukit-bukit dan tinggi c. berupa es d. sangat tandus 104. Negara-negara di Afrika yang mayoritas penduduknya beragama Islam terdapat di bagian …. a. selatan b. tengah c. utara d. barat 105. Sebagian besar bentang alam Eropa terdiri atas …. a. dataran rendah b.

dataran tinggi c. bukit-bukit d. pegunungan Contoh Soal Essay Materi Mengenai Benua dan Samudra Kerjakan soal-soal berikut! 1. Jelaskan keterkaitan keadaan alam dengan persebaran dan konsentrasi penduduk di Benua Asia 2. Adakah hubungan antara kondisi fisik Benua Afrika dengan kondisi sosial ekonomi negara-negara tersebut Jelaskan pendapat dan alasan kalian 3. Sebutkan karakteristik Benua Afrika 4. Sebutkan karakteristik Benua Eropa 5.

Mengapa wilayah pantai sebelah Barat dan Utara Benua Australia tidak dihuni penduduk. Jelaskan alasan dan pendapat kalian 6. Bilamanakah suatu daratan disebut sebagai benua dan wilayah perairan disebut sebagai samudra Jelaskan pendapat kalian masing-masing 7. Apa pengaruh bentang alam gurun terhadap ariasi kondisi iklim di Benua Asia 8. Mengapa Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari Jelaskan pendapat serta alasan kalian 9.

Mengapa Benua Australia dikatakan sebagai benua relatif paling datar dan paling stabil di dunia 10. Mengapa Benua Antrartika tidak dihuni oleh manusia secara permanen?

11. Uraikan perbedaan benua dan samudra. 12. Terangkan karakteristik dari Benua Australia. 13. Mengapa Benua Asia tingkat kepadatan penduduknya tinggi? 14. Terangkanlah kondisi iklim dan penduduk di Benua Afrika. 15. Tuliskan sepuluh negara di Benua Eropa. 16. Mengapa di Benua Antartika tidak ada kehidupan Áora dan fauna?

17. Apa faktor pendorong kemajuan Benua Eropa dalam sektor industri? 18.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

Berikan penjelasan mengenai karakteristik Samudra Pasifik. 19. Tuliskan lima ciri utama dari Benua Amerika dan Benua Afrika? 20. Terangkanlah ras-ras penduduk yang terdapat di Benua Amerika. 21. Apakah yang dimaksud dengan interpretasi peta? 22. Bagaimana cara menampilkan perbedaan relief muka bumi pada peta? 23. Gambarkan penampang melintang relief dasar laut!

Sebutkan bagian-bagiannya! 24. Sebutkan daerah-daerah berpenduduk padat di kawasan Asia Tenggara! Jelaskan! 25. Mengapa wilayah Indonesia dan Filipina sering terjadi gempa? Kaitkan jawabanmu dengan keadaan bentang alamnya! 26. Jelaskan faktor yang mendorong kegiatan pertanian di kawasan Asia Tenggara!

27. Jelaskan bentang alam dari Benua Asia! 28. Jelaskan peranan samudra dalam siklus hidrologi! 29. Siapakah yang mengemukakan teori apung benua? 30. Sebutkan samudra-samudra yang ada di permukaan bumi ini! 31. Samudera Arktik merupakan samudera tersempit. Samudera ini terletak dimana? 32. Tulikan 3 karakterisitik fenomena alamnya dari Benua Asia! 33. Mengapa Benua Afrika dikenal dengan sebutan benua hitam? 34.

Mengapa pula Benua Eropa disebut benua putih? 35. Sebutkan fenomena alam yang menonjol dari karakterisitk Amerika Utara! 36. Karakteristik Samudera Hindia adalah, dikatakan menjadi daerah labil, mengapa demikian? 37. Garis bujur yang dikenal dengan sebutan International Date Laine (IDL) merupakan batas penaggalan Internasional terletak di mana? 38. Sebutkan apa akibat pertumbuhan penduduk yang rendah bagi Jeman! 39. Jelaskan mengapa di pantai Australia bagian timur sangat baik untuk pelabuhan!

40. Mengapa negara Cina dikatakan sebagai negara tirai bambu? 41. Sebutkan 3 ciri-ciri alam benua Afrika! 42. Sebutkan 3 ciri-ciri sosial benua Eropa! penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata. Sebutkan 3 kenampakan alam menonjol/penting di benua Amerika! 44. Deskripsikan secara singkat Teori Pergeseran Benua yang dikemukakan oleh Alfred Wagener! 45. Sebutkan 4 negara yang berada di Kawasan Eropa Barat!

46. Sebutkan kenampakan alam di Benua Australia! 47. Sebutkan 3 ras campuran yang ada di Brazil! 48. Sebutkan batas-batas Samudra Hindia! 49. Samudra Arktik mempunyai ciri khusus, sebutkan! 50. Mengapa Samudra Hindia aman bagi pelayaran? 51. Sebutkan serta jelaskan perbedaan dan persamaan Kutub Utara dan Kutub Selatan! 52. Banyaknya ragam bahasa serta dialek di Benua Asia ternyata justru menimbulkan banyak hambatan dalam komunikasi antarkelompok masyarakat.

Mengapa demikian? Berikan alasan yang jelas! 53. Sebutkan negara-negara di Benua Amerika Selatan yang tidak mempunyai pantai dan laut! (Gunakanlah atlasmu!) 54. Mengapa Benua Afrika tidak banyak berperan dalam perdagangan internasional? 55. Mengapa sebagian besar penduduk Benua Eropa memilih untuk tinggal di dataran rendah? 56. Bagaimana proses terbentuknya benua-benua di Bumi menurut teori hanyutan benua?

Jelaskan dengan gambar! 57. Bagaimana dasar kenampakan bentang alam di dasar samudra? Jelaskan! 58. Bagaimana karakteristik wilayah Benua Asia? Jelaskan! 59. Jelaskan secara singkat tentang negara Singapura! 60. Jelaskan secara singkat tentang negara Rusia!
Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang.

Penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan . a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur b.

Lembah Sungai Nil kaya barang tambang c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah 1. menurut john luwis gillin dan john philip gillin pengertian perubahan sosial menurut john luwis gillin dan john philip gillin adalah perubahan yang … terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.apa kelebihan dan kelemaan dari setiap pakar 19.

secara astronomis, letak indonesia berada antara . * 4 points a. 6 derajat ls – 11 derajat lu dan 95 derajat bt – 141 derajat bt b. 6 derajat l … u – 11 derajat ls dan 95 derajat bt – 141 derajat bt c. 6 derajat lu – 11 derajat ls dan 95 derajat bt – 141 derajat bb d. 6 derajat lu – 11 derajat lu dan 95 derajat bb – 141 derajat bb 23. adanya mea memberika dampak bagi kehidupan negara-negara yang ada di asean.

bagi negara yang belum siap menghadapi adanya mea maka salah satu damp … ak yang mungkin terjadi adalah meningkatnya angka pengangguran. upaya yang bisa dilakukan oleh indonesia untuk mencegah dampak buruk yang di timbulkan oleh adanya mea adalah .
Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang.

Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan? • Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur • Lembah Sungai Nil kaya barang tambang • Lembah Sungai Nil letaknya strategis • Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah • Semua jawaban benar Jawaban: D. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah Dilansir dari Encyclopedia Britannica, penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang.

penyebaran penduduk di afrika sangat tidak merata

lembah sungai nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan lembah sungai nil memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Perhatikan pernyataan di samping Berdasarkan pada tabel di samping yang termasuk kelompok negara-negara yang berada di kawasan Eropa Selatan Ditunjukkan pada nomor?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

KETEMU TEMAN INDONESIA DI KANTOR IMIGRASI AFRIKA




2022 www.videocon.com