Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

🙂 Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom; spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet adalah salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Dalam spreadsheet, ruang yang terus item data yang disebut sel. Setiap sel yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 …) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya. J spreadsheet umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis.

Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item label sebagai sepenuhnya sebagai database dan biasanya tidak menawarkan kemampuan untuk query database. Secara umum, spreadsheet adalah lebih sederhana dari program database program.

Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom; spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet adalah salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Dalam spreadsheet, ruang yang terus item data yang disebut sel.

Setiap sel yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 .) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya. J spreadsheet umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item label sebagai sepenuhnya sebagai database dan biasanya tidak menawarkan kemampuan untuk query database. Secara umum, spreadsheet adalah lebih sederhana dari program database program. Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc (untuk "terlihat kalkulator").

Lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 adalah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse. Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer. INSTRUKTUR Jeffri Hunter, CCNA, CCAI M.

Tarmizi, CCNA, CCAI Oki Helfiska Tengku Khairil Ahsyar Muhammad Addinillah BLOG TEMAN Abdul Hadi Rasyad Andre Molen Fadhil Fajar Maulana Franiko Rendy Giry Aditya Hasmini Ismail Abdullah Muhammad Amin M.Ridho Ardnis Rayono Panjunan Robby Saputra Rizki Ananda Rizki Rahmatullah Wahyu Saputra Yudi Prasetyo Yogi Ade Saputra Yogi Algofiki
PENGERTIAN SPREADSHEET Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom; spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet adalah salah satu program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program paling populer digunakan pada komputer pribadi. Dalam spreadsheet, ruang yang terus item data yang disebut sel. Setiap sel yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 …) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya.

J spreadsheet umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item label sebagai sepenuhnya sebagai database dan biasanya tidak menawarkan kemampuan untuk query database.

Secara umum, spreadsheet adalah lebih sederhana dari program database program. Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc (untuk “terlihat kalkulator”). Lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 adalah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse.

Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yangpaling populer. Search Recent Posts • agama islam – iman kepada malaikat • IPA – Komponen abiotik dan biotik • Buku Besar • Jurnal – pengertian jurnal dan macam macam jurnal • Laporan keuangan – pengertian laporan keuangan Archives • February 2013 Categories • Uncategorized Meta • Register • Log in • Entries feed • Comments feed • WordPress.com Karakter Suatu karakter (byte) adalah sebuah huruf atau angka atau karakter khusus, sebagai contoh: A,B,&,%,2,dll adalah contoh karakter tunggal.

gabungan beberapa bit akan membentuk sebuah karakter. bit dan byte merupakan dasar untuk menyajikan data baik data yang akan diproses, dikomunikasikan jarak jauh, atau disimpan dalam sebuah database. Komputer banyak berhubungan dengan bit dan byte namun user database, seperti Anda, akan banyak berhubungan dengan Field, record, dan file. Dalam spreadsheet, ruang yang terus item data yang disebut sel. Setiap sel yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 .) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya.

J spreadsheet umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item label sebagai sepenuhnya sebagai database dan biasanya tidak menawarkan kemampuan untuk query database.

Secara umum, spreadsheet adalah lebih sederhana dari program database program. Menghitung karakter di dalam sel Bila Anda ingin menghitung karakter di dalam sel, gunakan fungsi LEN. Fungsi tersebut menghitung huruf, angka, karakter dan semua spasi. Misalnya, panjang dari "It's 98 degrees today, so I'll go swimming" (tidak termasuk tanda kutip) adalah 42 karakter—31 huruf, 2 angka, 8 spasi, satu tanda koma, dan 2 tanda apostrof.
konsep dasar MS.EXCEL Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom; spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet adalah salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Dalam spreadsheet, ruang yang terus item data yang disebut sel. Setiap sel yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 .) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya.

J spreadsheet umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item label sebagai sepenuhnya sebagai database dan biasanya tidak menawarkan kemampuan untuk query database.

Secara umum, spreadsheet adalah lebih sederhana dari program database program. Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc (untuk "terlihat kalkulator").

Lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 adalah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse. Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer.
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah mempelajari JOB ini, diharapkan: • Dapat menjelaskan pengertian MYOB • Dapat menjelaskan langkah-langkah memulai program MYOB • Dapat mengerjakan backup data MYOB B.

URAIAN MATERI • Pengertian MYOB Accounting MYOB merupakan kepanjangan dari Mind Your Own Bussiness, yang berarti bagaimana cara kita untuk mengelola transaksi keuangan kita sendiri.

Secara umum fungsi dari MYOB sama dengan program akuntansi lainnya, yaitu mengerjakan siklus akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan serta laporan lain yang disediakan oleh MYOB Accounting.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

• Membuka Program MYOB Program MYOB dapat langsung dibuka melalui desktop komputer Anda apabila telah terinstal sebelumnya dengan benar. Caranya adalah dengan mengklik double atau tekan Enter pada icon MYOB seperti gambar berikut : Setelah ikon MYOB diklik ganda atau di enter, maka akan muncul tampilan awal MYOB seperti berikut : Keterangan : • Open : Membuka Data Perusahaan yang telah dibuat sebelumnya • Create : Membuat Data baru perusahaan • Explore : Melihat contoh data perusahaan yang telah disediakan oleh MYOB • What’s New : Melihat informasi tentang fasilitas baru yang disediakan MYOB • Exit : Keluar dari program MYOB • Membuka Data Perusahaan Yang Sudah Ada ( Open) Untuk membuka data perusahaan yang telah dibuat sebelumnya, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut : • Klik OPEN.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut, klik tanda panah pada kotak Look in untuk mencari lokasi penyimpanan file. Kemudian Klik nama file nya, lalu klik Open.

• Pilih Opsi yang ketiga, kemudian klik Continue • Klik Ok – No • Membuat Data Baru Perusahaan ( Create) Untuk memulai data baru klik Create, kemudian klik Next. • Melihat Contoh Data Perusahaan ( Explore) MYOB menyediakan contoh data perusahaan yang telah selesai dibuat. Klik Explore, kemudian klik Ok. Maka akan tampil contoh data perusahaan yang disediakan MYOB 17. • Menutup Program MYOB ( Exit) Untuk menutup program MYOB klik Exit.

• Backup Data • Membuat Backup Data Backup data adalah kegiatan menyimpan file data dalam bentuk ZIP dan meletakkannya di folder BACKUP. Tujuan dari backup data adalah untuk mengantisipasi terjadinya masalah mengenai keamanan dan kehilangan data, agar file memiliki cadangan apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan atau kehilangan data yang telah dibuat dalam MYOB. Jadi apabila data atau file perusahaan tiba-tiba rusak atau hilang, maka pengguna tidak perlu mengentri/memasukkan data dari awal lagi.

Backup data dilakukan apabila pengguna ingin meninggalkan atau menutup program MYOB. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan BackUp Data : • Klik File – Backup • Kemudian muncul kotak dialog seperti berikut : Pilih “Check Company File For Errors Pilih “Backup company file only” • Klik tombol Continue.

Setelah itu, biarkan proses berjalan beberapa saat sampai muncul tampilan direktori penyimpanan data. • Pilihlah media penyimpanan yang akan digunakan melalui kotak Save In, misalnya akan disimpan pada Flash disk atau CD atau media penyimpanan lainnya.

Contoh berikut adalah menyimpan atau membackup data ke dalam Flashdisk. • Kemudian Ubah nama file, selanjutnya Klik Save. • Tunggu proses selesai, maka data Anda telah di backup ke flashdisk.

• Memanggil Kembali Data Backup ( Restore) Restore adalah kegiatan memanggil kembali data yang tersimpan dalam bentuk ZIP yang merupakan hasil backup. Sesuai dengan fungsi backup data yaitu mengantisipasi kerusakan atau kehilangan data, maka apabila terjadi hal tersebut kita dapat membuka file backup data kita dalam bentuk ZIP. Adapun langkah-langkah restore sebagai berikut : • Klik File – Restore • Kemudian Klik No • Setelah itu, muncul kotak dialog untuk mencari lokasi penyimanan file backup data yang telah dibuat.

Klik tanda panah pada kolom Look in. Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program klik file backup yang dimaksud, lalu klik Open. • MYOB akan mengkonfirmasi penyimpanan ulang file backup tersebut. Pilih lokasi penyimpanan dan nama file yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian klik Save. • Tunggu hingga proses backup data selesai. Untuk menguasai Excel, tentunya tidak mungkin jika kita tidak memahami kumpulan rumus (formula) yang terdapat pada Excel.

Kami coba membantu Anda memahami apa yang dinamakan rumus, komponennya, bagaimana memasukkan rumus, disertai beberapa link contoh untuk penggunaan yang mudah. Jika bukan halaman ini yang Anda cari tetapi ingin belajar Excel dari awal, silahkan kunjungi halaman Rumus atau formula adalah suatu gabungan dari beberapa elemen yang akan menghasilkan suatu nilai kembalian. Elemen-elemen tersebut adalah : • fungsi • operator • referensi cell • nilai konstan berupa angka atau teks Contoh rumus dan hubungan dari tiap elemen tersebut ditunjukkan dengan ilustrasi berikut.

Penulisan Rumus pada Excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan ( = ) Gambar Animasi : Memasukkan Rumus di Cell Daftar Operator yang Dapat Digunakan Selain fungsi, banyak juga yang menanyakan bagaimana penggunaan operator seperti tanda +, - *, /, dan lain-lain.

Berikut adalah kategori dan daftar operator yang ada pada Microsoft Excel 2007 dan keterangan untuk membantu menjelaskan penggunaannya : • Operator Aritmatika • + (tanda plus) : digunakan untuk menjumlahkan dua nilai. • – (tanda minus) : digunakan untuk mengurangi dua nilai, atau digunakan sebagai tanda negasi pada suatu angka konstanta. • * (tanda bintang) : digunakan untuk mengalikan dua nilai. • / (tanda garis miring) : digunakan untuk membagi suatu nilai dengan nilai lainnya.

• % (tanda persen) : digunakan untuk merepresentasikan nilai persentase. • ^ (tanda sisipan) : digunakan sebagai tanda pangkat. • Operator Perbandingan Nilai • = (tanda sama dengan) : menunjukkan apakah nilai yang satu sama dengan nilai lainnya. • > (tanda lebih besar) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar dengan nilai lainnya. • < (tanda lebih kecil) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil dengan nilai lainnya. • >= (tanda lebih besar sama dengan) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar atau sama dengan nilai lainnya.

• <= (tanda lebih kecil sama dengan) : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil atau sama dengan nilai lainnya. • <> (tanda lebih kecil dan lebih besar) : menunjukkan ketidaksamaan antara dua nilai. • Operator Penggabungan Teks • & (tanda dan / ampersand) : digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih teks.

• Operator Referensi • : (tanda titik dua) : operator range (rentang nilai) yang mengambil dua referensi sel sebagai awal dan akhir rentang nilai. •(tanda koma) : operator union yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih referensi menjadi satu referensi sel.

• (tanda spasi) : operator irisan yang digunakan untuk menghasilkan perpotongan dari dua referensi atau lebih menjadi satu referensi sel. Contoh 5. Contoh Penggunaan Operator Referensi (dibantu dengan fungsi SUM) Demikian para pengunjung BelajarExcel.info, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Update: Oya rekan-rekan pengunjung, kita juga memiliki ruang diskusi di Facebook yang sangat aktif. Jika berminat untuk diskusi dan sharing lebih lanjut join yuk di sini Terima kasih ya.

Jenis data dalam Microsoft Excel Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program data value pada excel bisa dibagi lagi dalam beberapa jenis, antara lain: • Bilangan bulat Integer) • Bilangan desimal (Decimal) • Bilangan pecahan (Fraction) • Tipe data notasi ilmiah (Scientific Notation) • Tipe data persen (Percent) • Tipe data mata uang (Currency) • Nilai logika TRUE dan FALSE (Logical) Jenis data yang lain adalah Data Label Bagaimana pengertian data label atau data teks?

Jenis data label sering juga disebut sebagai data Character, String atau Teks. Tipe Data Label pada excel adalah jenis data yang tersusun oleh kumpulan karakter huruf (A-Z/a-z), angka(0-9) atau karakter simbol(!,@,#, dll.). Ciri utama jenis data label atau data teks pada Microsoft Office excel yang tidak dapat dioperasikan oleh operator matematika dalam excel. Jadi, tidak bisa ditambah, dikurang, dikali atau dibagi.

Data label biasanya digunakan sebagai bagian dari deskripsi sebuah informasi. Misalnya digunakan untuk menunjukkan nama, header sebuah tabel, atau deskripsi-deskripsi lainnya.

Data label atau teks tidak bisa kita gunakan dalam operasi perhitungan aritmatika misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Ciri lain dari tipe data label adalah secara default jika kita masukkan ke dalam sel maka data jenis ini akan ditampilkan rata kiri ( align left).

Untuk mengetahui sebuah sel berisi jenis data teks atau bukan bisa kita test dengan fungsi ISTEXT yang sudah disediakan oleh excel.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Tipe Data Value Apa pengertian data value? Tipe data value disebut juga sebagai data numerik atau angka yakni data pada sel excel yang karakter penyusun utamanya berupa nilai angka 0-9. Ciri utama tipe data value adalah dapat digunakan dalam operasi perhitungan aritmatika misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Ditulis oleh hary2209 Agustus 28, 2020 Agustus 28, 2020 Diposkan pada Uncategorized Tulis komentar pada Jenis Data Yang Lain Jenis-jenis Data Dalam Excel Pengertian Data Data dalam program aplikasi pegolah angka merupakan informasi baik berupa tulisan, angka, symbol, dan informasi lainnya yang memungkinkan untuk di entri kedalam program aplikasi pengolah angka, dalam hal ini Microsoft Excel.

2. Jenis –Jenis Data Dalam microsoft excel data dibagi menjadi empat. a. Data Angka (numeric) Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, - =, $, dan (…). Contoh : 20000, +20000, -20000, = 20000, $20000, (20000). b. Data Teks/Label Data teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata.

Data ini tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-z), kemudian bias diikuti karakter selain data angka dan alpha numeric (gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks dan angka terletak pada perataan teksnya.

Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan. c. Data Tanggal (date) Data tanggal hanya berlaku untuk jenis tanggal yang menggunakan pemisah garis miring (/) atau menggunakan tanda minus (-) sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dan tahun.

Misalnya, 5/4/1974 bisa saja berarti 5 April 1974 atau 4 Mei 1974, tergantung format regional yang berlaku dalam excel. Secara default berlaku format bulan/tanggal/tahun.

Namun, apabila anda menulis data dengan pemisah minus, misal 5-apr-1974, sudah pasti tanggal tersebut 5 april 1974. Bila ditulis 5-4-1974, akan berubah menjadi 4/5/1974. d. Data Waktu (date) Data waktu biasanya ditampilkan dalam bentuk jam. Sistem waktu yang digunakan adalah 12 jam sehingga pada akhir pengetikan waktu ditambajkan huruf a untuk AM dan PM. Misalnya 10:30 pagi maka pengetikannya 10:30 a, sedangkan 10:30 malam diketik 10:30 PM atau diketik dengan format 24 jam, yaitu 22:30 3.

Karakter Data Karakter data adalah karakter yang berhubungan dengan simbol, angka dan huruf. Nilai-nilai yang termasuk karakter adalah : – Karakter huruf : ‘a’.’z’, ‘A’.’Z’ – Karakter angka : ‘0’.’9′ – Karakter tanda baca : titik, koma, titik koma, titik dua – Karakter khusus : $, %, #, @ dan sebagainya.

4. Sumber Data Sumber data pada Microsoft Excel daat dibedakan menjadi dua (2) yatu data mentah dan data hasil pengolahan. 1. Data mentah Data mentah adalah data yang Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program masukkan ke dalam lembar kerja Microsoft Excel. Disebut mentah karena data tersebut belum diolah.

Data mentah dapat berupa teks maupun angka (data numerik). Data jenis ini dapat langsung diketikkan pada sel yang dikehendaki. 2. Data hasil pengolahan disebut pula sebagai data formula (hasil perhitungan).

Data hasil pengolahan yaitu data yang dihasilkan oleh perhitungan komputer. Data formula diperoleh setelah kita mengetikkan rumus tertentu di dalam sel. Penulisan rumus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).

Misalnya di dalam sel G3 diketikkan rumus = C4 * D4 (dapat pula Anda mengetikkan tanpa spasi, yaitu = C4*D4). Artinya, data dalam sel G3 tersebut merupakan hasil perkalian antara sel C4 dengan D4.

Hasil yang ditampilkan dalam sel G3 adalah hasil perkalian C4 dan D4. Jika salah satu dari sel sumber (C4 atau D4) nilainya berubah maka sel G3 pun ikut berubah.

TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR/ TIDAK TERSTRUKTUR MATERI PEMBELAJARAN II Soal Pengetahuan 1. Jelaskan pengertian data! 2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis data! 3. Jelaskan karakter data! 4. Jelaskan sumber data! TUGAS MANDIRI TERSTRUKTUR/ TIDAK TERSTRUKTUR MATERI PEMBELAJARAN II Soal Ketrampilan (Praktik) 1. Siapkan data yang terdiri dari beberapa karakter (minimal 5 karakter) dengan jenis data sebagai berikut!

a. Data angka b. Data Teks c. Data tanggal d. Data waktu 2. Perhatikan data berikut ini! 3. Dari hasil entri data pada soal no. 2 silahkan masing – masing karakter data diproses dan diolah dengan menyesuaiakan jenis datanya sehingga tampilannya seperti berikut!

Ditulis oleh hary2209 Agustus 13, 2020 Agustus 13, 2020 Diposkan pada Uncategorized Tulis komentar pada Jenis-jenis Data Dalam Excel Pengertian dan Fungsi Spreadsheet Pengertian Spreadsheet ( Pengolah Angka ) – Untuk hal ini sejarah spreadsheet, VisiCalc merupakan aplikasi lembar kerja (spreadsheet) pertama untuk PC.

Yang dianggap sebagai aplikasi yang mengubah anggapan bahwa komputer mikro hanyalah hobi bagi penggemar fanatik komputer menjadi tool bisnis. Menurut beberapa sumber dalam jangka waktu enam tahun, VisiCalc telah terjual sebanyak lebih dari 700,000 salinan.

Yang dibuat oleh Dan Bricklin dengan arahan dari Bob Frankston, yang dihasilkan oleh perusahaan yang mereka bentuk, Software Arts dan didistribusikan oleh Personal Software pada tahun 1979 “belakangan diberi nama VisiCorp” untuk jajaran komputer Apple II, mengubah kompter Apple yang dianggap mainan hobi menjadi sebuah tool pembantu perhitungan keuangan serius untuk keperluan bisnis.

Kala itu kebanyakan komputer mikro tidak memiliki banyak media penyimpanan dan kemampuan display. Aplikasi lembar kerja yang tidak memerlukan kemampuan display hebat ataupun penyimpanan media, sangat cocok untuk teknologi komputer mikro saat itu. Banyak yang beranggapan hal inilah yang memotivasi IBM untuk memasuki pasar PC. Segera setelah versi untuk Apple II dirilis, VisiCalc juga dirilis untuk jajaran Atari 8-bit, Commodore PET, TRS-80 dan IBM PC.

Menurut Bricklin, ia terinspirasi setelah menyaksikan seorang profesor di Harvard Business School membuat model finansial di papan tulis.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Ketika profesor tersebut menemukan sebuah kesalahan atau ingin mengubah sebuah parameter, ia harus menghapus dan menulis ulang sejumlah rumus secara berurutan dalam sebuah tabel, membuat Bricklin berpikir bahwa ia dapat membuat ulang proses tersebut dalam sebuah komputer menggunakan sebuah “lembar kerja elektronik” untuk melihat hasil dari sejumlah rumus yang ada. Pengertian Spreadsheet secara Umum Spreadsheet ialah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom.

Selain itu Spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulater fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Spreadsheet merupakan salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Pengolah angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya, jika salah satu nilai dirubah maka nilai yang lain juga perlu dirubah.

Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Untuk fungsi spreadsheet ialah untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji dan lain sebagainya. Spreadsheet memiliki ruang item data yang dinamakan dengan “sel” dalam setiap sel yang berlabel, disesuaikan penempatannya contohnya A1, A2, A3 dan seterusnya. Hal itu mungkin mempunyai referensi yang absolut atau relatif ke sel yang berada di sekitarnya.

Diketahui spreadsheet pada umumnya dirancang dengan menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet pada umumnya menyediakan suatu kemampuan dalam memberikan gambaran hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item yang berlabel sebagai sepenuhnya sebagai databes dan umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk query database, pada umumnya spreadsheet ialah lebih sederhana dari program database.

Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc “untuk “terlihat kalkulator”, lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 ialah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse. Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer.

Fungsi Atau Manfaat Pengolah Angka “Spreadsheet” Tahukah kalian kegunaan pengolah angka “spreadsheet”, pada dasarnya kegunaan atau fungsi dari spreadsheet ialah untuk memudahkan dalam mengelolah setiap angka. Hal itu tidaklah salah, namun apa hal itu fungsi dari spreadsheet?? adapun fungsi dari pengolah angka “spreadsheet” antara lain: • Pembuatan lembar kerja. • Membantu pekerjaan di bidang ilmiah.

• Membantu pekerjaan di bidang perencanaan. • Pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data “basis data” dan grafik. • Pembuatan tabel data. • Pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database dan lain-lain.

• Membantu di bidang bisnis. • Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic. Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Spreadsheet ( Pengolah Angka ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Ditulis oleh hary2209 Agustus program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program, 2020 Diposkan pada Uncategorized Tulis komentar pada Pengertian dan Fungsi Spreadsheet Cara Install MYOB V 18 ED Install MYOB v18ED Install MYOB v18 – MYOB ( Minding Your Own Business) adalah suatu paket program komputer akuntansi yang dibuat secara terpadu.

Program ini dapat dibuat oleh perusahaan pembuat software : Data Tech Software Pty. Ltd. Austrlia. MYOB ini dapat digunakan untuk pembukuan berbagai jenis usaha baik usaha besar maupun usaha kecil. Program ini digunakan untuk pembukuan secara lengkap, cepat dan akurat seperti pemasukan daftar akun, pengaturan (setup), mengelola bank, pelanggan, pemasok, produk sampai pada pembuatan laporan keuangan ; neraca, laba rugi dan sebagainya b) berbagai keunggulan dibandingkan dengan sofware sejenis diantaranya : 1.

Mudah digunakan (user friendly), mudah dimengerti oleh orang awam yang tidakmempunyai pengetahuan yang mendalam tentang komputer dan akutansi serta sangat mudah dioperasikan dan dapat diterapkan pada berbagai jenis usaha. 2. Pembuatan laporan keuangan secara otomatis, lengkap dan akura, terdiri dari berbagai jenis laporan keuangan secara otomatis meliputi : neraca saldo, neraca, laporan laba/rugi, laporan pembelian dan penjualan, daftra umur piutang, jumlah transaksi, persediaan barang dan sebagainya sesuai dengan standar akutansi keuang 3.

Kemampuan untuk menampilkan data secara cepat dan mudah dilengkapidengan fasilitas untuk menampilkan data secara cepat dan mudah pada layar komputer atau dicetak ke print. 4. Sistem sekuriti yang memadai dilengkapi dengan security memadai berupa password yang bisa ditentukan dalam beberapa level.

5. Laporan keuangan dapat diaktifkan dengan microsoft excel dan microsoft word. Laporan keuangan komparasi, menyajikan laporan keuangan komparasi baik neraca, laporan laba atau rugi maupun penjualan dengan data historis bulan lalu atau tahun sebelumnya.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Aplikasi MYOB sekarang tinggal bagaimana cara menginstall program tersebut dalam komputer atau laptop kita. Berikut langkah langkah install MYOB : • Pilih software aplikasi MYOB 2. langkah selanjutnya klik dua kali akan muncul kotak dialog berupa Preparing to install….

3. Klik next untuk melanjutkan…akan muncul lagi kotak dialog seperti berikut… 4. Kemudian dilanjutkan next lagi…muncul “Licence Agreement”, yaitu perjanjian persetujuan 5. Setelah next mucul kotak dialog “Install Type”….pilih aja Typical, klik next lagi 6.

l angkah selanjutnya next muncul kotak dialog ” Select Program Folder”…berupa dimana kita akan menyimpan program tersebut lalu muncul tampilan….Removing Applications 8. Setelah selesai akan muncul kotak dialog seperti berikut…klik finish MYOB v18 telah terinstall. me-restart dahulu komputer atau laptop tersebut Satu catatan penting untuk kita, jangan pernah menginstall aplikasi sambil melakukan aktivitas lain pada komputer atau laptop….misal sambil mendengarkan lagu lewat winamp, sambil facebook an, twitteran atau lain nya pada komputer atau laptop yang sedang menginstall aplikasi karena ini bisa mengganggu proses install tersebut dan memperlambat proses install.

menghapus aplikasi MYOB v18 langkah berikutnya menghapus atau istilah yg lebih keren un-install program : 1. Langkah awal Klik star pada Menu Star Bar > pilih Control Panel 2. Pilih Programs and Features 3. Langkah selanjutnya itu pilih MYOB v18 > pilih uninstall dengan cara klik kanan atau dengan cara pilih uninstall atau change yang tersedia….klik ok 4.

Pilih Remove untuk Uninstall > klik next 6. Setelah proses selesai…klik finish Proses Uninstall pun telah selesai. Demikian artikel Cara Install MYOBsemoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai dasar penggunaan Software MYOB dan dapat bermanfaat. Terima kasih Ditulis oleh hary2209 Agustus 4, 2020 Diposkan pada Uncategorized Tulis komentar pada Cara Install MYOB V 18 ED Materi Pelajaran Paket Program Pengolah Angka/Spreadhseet Kurikulum 2013 Revisi Pada kurikulum 2013 ini mata pelajaran Paket Pengolahan Angka (spreadsheet) juga masih akan hadir menemani keseharian belajar anak akuntansi.

Untuk sekilas memahami materi yang akan didapatkan pada mata pelajara Spreadsheet ini, berikut ini dapat dilihat materi apa saja yang terangkum dalam kurikulum 2013. Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program Materi pelajaran Program Pengolahan Angka/Spreadsheet ini diolah dari silabus kurikulum 2013 revisi untuk Bisnis dan Manajemen. Pada Spreadsheet program yang digunakan adalah MS. Excel dan sejenisnya, maka sangat disarankan bagi bapak/ibu pengajar akuntansi di SMK untuk menguasai MS Excel.

Berikut materi Spreadsheet Untuk Kelas X Semester I dan II Semester 1 • Standar Operasional Prosedur (SOP) Paket Program pengolahan Angka/Spreadsheet (2 Jp) • Pengertian, jenis, dan fungsi program paket Program Pengolahan Angka/Spreadsheet (2 Jp) • Sumber Data (2 Jp) • Data (2 Jp) • Cell (2 Jp) • Jenis dan Funsi rumus matematika (4 Jp) • Jenis dan Fungsi rumus statistik (16 Jp) • Jenis dan Fungsi Date Time (24 Jp) • Jenis dan Fungsi Grafik (12 Jp) • Jenis dan fungsi rumus semi absolut, absolut dan logika (14 Jp) Semester 2 • Bagan Alir Siklus Akuntansi (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Jurnal Transaksi (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Buku Besar (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Buku Besar Pembantu (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Neraca Lajur (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Neraca (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Laba Rugi (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Laporan perubahan Modal (14 Jp) • Teknik Membuat Aplikasi Laporan lainnya yang relevan (14 Jp) Ditulis oleh hary2209 Juli 24, 2020 Diposkan pada Uncategorized Tulis komentar pada Materi Pelajaran Paket Program Pengolah Angka/Spreadhseet Kurikulum 2013 Revisi Pengantar Akuntansi Banyak kita jumpai buku-buku maupun tulisan tentang pengantar akuntansi ini.

baik dari pengertian, kegunaan maupun proses akuntansinya sendiri. Yang akan saya tulis di sini adalah akuntansi untuk pelajar smk, apa saja yang di perlukan dengan bahasa bebas dan mudah di mengerti tentunya.

secara sederhana akuntansi itu artinya menghitung, baik itu menghitung penerimaan, menghitung pengeluaran maupun menghitung laba atau rugi. Dalam rumus perhitungan seperti ini hanya di perlukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan maupun perkalian.

Tidak perlu yang rumit-rumit. Kebanyakan para siswa tidak suka pelajaran akuntansi karena ada hitung menghitung yang susah. Padahal tidah ada yang susah lho. Ayo mulai belajar Ditulis oleh hary2209 Juli 22, 2020 Diposkan pada Uncategorized Tulis komentar pada Pengantar AkuntansiPengertian Spreadsheet ( Pengolah Angka ) – Untuk hal ini sejarah spreadsheet, VisiCalc merupakan aplikasi lembar kerja (spreadsheet) pertama untuk PC.

Yang dianggap sebagai aplikasi yang mengubah anggapan bahwa komputer mikro hanyalah hobi bagi penggemar fanatik komputer menjadi tool bisnis. Menurut beberapa sumber dalam jangka waktu enam tahun, VisiCalc telah terjual sebanyak lebih dari 700,000 salinan. Yang dibuat oleh Dan Bricklin dengan arahan dari Bob Frankston, yang dihasilkan oleh perusahaan yang mereka bentuk, Software Arts dan didistribusikan oleh Personal Software pada tahun 1979 “belakangan diberi nama VisiCorp” untuk jajaran komputer Apple II, mengubah kompter Apple yang dianggap mainan hobi menjadi sebuah tool pembantu perhitungan keuangan serius untuk keperluan bisnis.

Kala itu kebanyakan komputer mikro tidak memiliki banyak media penyimpanan dan kemampuan display. Aplikasi lembar kerja yang tidak memerlukan kemampuan display hebat ataupun penyimpanan media, sangat cocok untuk teknologi komputer mikro saat itu.

Banyak yang beranggapan hal inilah yang memotivasi IBM untuk memasuki pasar PC. Segera setelah versi untuk Apple II dirilis, VisiCalc juga dirilis untuk jajaran Atari 8-bit, Commodore PET, TRS-80 dan IBM PC. Menurut Bricklin, ia terinspirasi setelah menyaksikan seorang profesor di Harvard Business School membuat model finansial di papan tulis. Ketika profesor tersebut menemukan sebuah kesalahan atau ingin mengubah sebuah parameter, ia harus menghapus dan menulis ulang sejumlah rumus secara berurutan dalam sebuah tabel, membuat Bricklin berpikir bahwa ia dapat membuat ulang proses tersebut dalam sebuah komputer menggunakan sebuah “lembar kerja elektronik” untuk melihat hasil dari sejumlah rumus yang ada.

Daftar Isi • 1 Pengertian Spreadsheet Secara Umum • 1.1 Macam Spreadsheet ( Pengolah Angka ) • 1.1.1 Pengolah Angka “Spreadsheet” Microsoft Excel • 1.1.2 Pengolahan Angka “Spreadsheet” Lotus 123 • 1.1.3 Pengolah Angka “Spreadsheet” Open Office Calc • 1.1.4 Pengolah Angka “Spreadsheet” Abacus • 1.1.5 Pengolah Angka “Spreadsheet” GNOME Office – Gnumeric • 1.2 Fungsi Atau Manfaat Pengolah Angka “Spreadsheet” Baca Juga : Processor : Pengertian Dan Fungsi Dan Bagiannya Pengertian Spreadsheet Secara Umum Spreadsheet ialah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom.

Selain itu Spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulater fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom. Spreadsheet merupakan salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi.

Pengolah angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya, jika salah satu nilai dirubah maka nilai yang lain juga perlu dirubah. Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik.

Untuk fungsi spreadsheet ialah untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji dan lain sebagainya. Spreadsheet memiliki ruang item data yang dinamakan dengan “sel” dalam setiap sel yang berlabel, disesuaikan penempatannya contohnya A1, A2, A3 dan seterusnya.

Hal itu mungkin mempunyai referensi yang absolut atau relatif ke sel yang berada di sekitarnya. Diketahui spreadsheet pada umumnya dirancang dengan menampung data numerik dan string teks singkat.

Spreadsheet pada umumnya menyediakan suatu kemampuan dalam memberikan gambaran hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item yang berlabel sebagai sepenuhnya sebagai databes dan umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk query database, pada umumnya spreadsheet ialah lebih sederhana dari program database.

Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc “untuk “terlihat kalkulator”, lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 ialah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse.

Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer. Macam Spreadsheet ( Pengolah Angka ) Sekedar diketahui ada banyak contoh program sebagai system aplikasi pengolah angka “spreadsheet” yang banyak digunakan.

Bahkan aplikasi pengolah angka tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda walaupun secara umum sebagai pengolah angka “spreadsheet”. Hal itu dapat diketahui dari jenis-jenis spreadsheet “pengolah angka”, adapun program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program spreadsheet antara lain: Pengolah Angka “Spreadsheet” Microsoft Excel Tentu kalian telah mengetahui program, Microsoft Excel ialah program aplikasi dengan lembar kerja spreadsheet yang diciptakan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang berada dalam sistem operasi Microsoft Window dan Mac OS.

Diketahui Microsoft Excel sebagai jenis pengolah angka atau spreadsheet mempunyai fitur kalkulasi yang populer digunakan hingga saat ini. Bahkan program ini telah merambah ke dunia smartphone atau android yang dapat diunduh di Play Store secara gratis. Pengolahan Angka “Spreadsheet” Lotus 123 Lotus 123 ialah sebuah aplikasi pengolah angka yang diterbitkan oleh IBM, Lotus 123 dikeluarkan bersamaan atau ada dalam satu paket bersama-sama aplikasi office lainnya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.

Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja dibawah kendali sistem operasi DOS. Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengan hadirnya software Lotus 123 for windows, program ini melejit atau populer digunakan di era tahun 80-an. Pengolah Angka “Spreadsheet” Open Office Calc Open Office Calc ialah sebuah aplikasi pengolah angka “spreadsheet” yang memiliki sifat dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja atau dikena “open source”, open office calc ialah program spreadsheet yang berfungsi untuk membuat daftar memelihara record dan menganalisa data.

Selain itu aplikasi spreadsheet open office calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data dan menempilkan hasil dalam bentuk grafik. Baca Juga : Flowchart : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Dan Simbolnya Dokumen open office calc disebut spreadsheet, pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets yaitu sheet1, sheet2, sheet3 dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada, model tampilan open office calc hampir mirip dengan program Microsoft Excel.

Pengolah Angka “Spreadsheet” Abacus Abacus ialah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira. Pengolah Angka “Spreadsheet” GNOME Office – Gnumeric Gnumeric ialah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarha dari GNOME Office, Gnumeric bersifat open source.

Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly dimana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar. Fungsi Atau Manfaat Pengolah Angka “Spreadsheet” Tahukah kalian kegunaan pengolah angka “spreadsheet”, pada dasarnya kegunaan atau fungsi dari spreadsheet ialah untuk memudahkan dalam mengelolah setiap angka.

Hal itu tidaklah salah, namun apa hal itu fungsi dari spreadsheet?? adapun fungsi dari pengolah angka “spreadsheet” antara lain: • Pembuatan lembar kerja. • Membantu pekerjaan di bidang ilmiah. • Membantu pekerjaan di bidang perencanaan. • Pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data “basis data” dan grafik. • Pembuatan tabel data. • Pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database dan lain-lain. • Membantu di bidang bisnis.

• Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic. Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Spreadsheet ( Pengolah Angka ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya, sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

🙂 🙂 🙂 Posted in Komputer Tagged best excel templates, contoh aplikasi pengolah kata, contoh program pengolah angka, contoh program spreadsheet, contoh software pengolah data, excel spreadsheet download, excel spreadsheet examples, excel spreadsheet templates, excel spreadsheet tutorial, excel templates for business, free excel spreadsheet, fungsi database, fungsi formula bar, fungsi microsoft excel, fungsi spreadsheet, how to create an excel spreadsheet for dummies, jelaskan langkah langkah memulai program pengolah angka, jelaskan langkah langkah memulai program pengolah angka/spreadsheet, jenis spreadsheet, manfaat aplikasi pengolah angka, pengertian database, pengertian spreadsheet, perbedaan spreadsheet dan excel, spreadsheet excel Post navigation Recent Posts • Narkoba : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Jenis – Faktor – Tanda Gejala – Akibat – Dampak • Komunikasi : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Fungsi – Jenis – Syarat – Unsur • Kewirausahaan : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Fungsi – Ciri – Tujuan – Manfaat • Pajak : Pengertian Secara Umum, Undang-Undang Dan Menurut Para Ahli Serta Unsur – Ciri – Perspektif – Fungsi – Jenis – Manfaat • Sistem : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program – Ciri – Elemen – Jenis • Negara : Pengertian Secara Umum, Menurut Para Ahli & Empat Sudut Serta Unsur – Fungsi – Sifat – Tujuan – Asal Mula – Bentuk • Organisasi : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Ciri – Unsur – Tujuan – Manfaat – Bentuk • Hukum : Pengertian Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Serta Tujuan – Jenis – Contoh – Macam Pembagiannya • Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Aceh Lengkap • Suku Ternate : Sejarah, Mata Pencaharian, Bahasa Serta Agama
Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom; spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom.

Spreadsheet adalah salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Dalam spreadsheet, ruang yang terus item data yang disebut sel. Setiap sel yang berlabel sesuai dengan penempatan (misalnya, A1, A2, A3 .) dan mungkin memiliki referensi absolut atau relatif ke sel di sekitarnya. J spreadsheet umumnya dirancang untuk menampung data numerik dan string teks singkat. Spreadsheet biasanya menyediakan kemampuan untuk menggambarkan hubungan data grafis.

Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item label sebagai sepenuhnya sebagai database dan biasanya tidak menawarkan kemampuan untuk query database. Secara umum, spreadsheet adalah lebih sederhana dari program database program. Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc (untuk "terlihat kalkulator").

Lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel. Sedangkan Lotus 1-2-3 adalah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer. • ▼ 2013 (27) • ▼ Mei (27) • Sekilas Tentang HTML • Bahasa Pemrograman PHP • Tip dan Trik Membuat Desain Web dan Website • Dasar Jaringan Komputer • Cara Memperbaiki Kerusakan-Kerusakan Pada Komputer • Instalasi Software • Merakit Komputer • Ilmu Dasar Komputer • Google SketchUp • AutoCAD • Macromedia Flash • Editing Video Menggunakan Ulead Video Studio • Photoshop • CorelDRAW • CorelDRAW • Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer • PERENCANAAN DAN MANAJEMEN RITEL • Memahami Objek pada Visual Basic • Memahami Objek pada Visual Basic • Makalah Pembuatan Program Dengan Menggunakan Foxpro • Artikel Visual Basic • Algoritma dan Pemrograman • Database Managemen System • Software Presentasi • PENGERTIAN SPREADSHEET • Pengertian Aplikasi Pengolah Kata (word processor) • Pengertian dan Perintah Dos (Disk Operating Sistem)
• Home • Tentang Kami • Pengertian • artikel ekonomi • Artikel Biologi • Pendidikan kewarganegaraan ( PKN ) • Artikel Agama • sejarah • Bahasa Indonesia • Artikel Sosiologi • Artikel Seni • Kontak Kami • Privacy Policy • Covid-19 Home » Teknologi Komunikasi dan Informasi » Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & Contoh Spreadsheet Apa itu Spreadsheet?.

Pembahasan ini atau kata ini cukup baru terdengar di telinga penulis.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Selain itu, informasi ini tak ayal membuat penulis untuk mencari ke berbagai sumber buku, pdf dan juga di berbagai website. Hal itu selain memberikan sumber yang valid kepada khalayak, juga untuk memberikan wacana yang luas akan pandangan para ahli ataupun sejumlah penulis terkait Spreadsheet. Kedudukan pencarian akan informasi Spreadsheet menduduki informasi yang banyak di cari oleh masyarakat.

Hal itu membuat informasi ini bertengger di posisi di Google sebanyak 9900 pencaharian. Penulis pun mencari tahu dan ternyata hanya sedikit yang memberikan informasi atau yang menuliskan mengenai Spreadsheet di sejumlah website. Itupun Spreadsheet yang dibahas hanyalah berupa ringkasan yang cukup membosangkan jika melihat situs tersebut. Beruntung dengan proses pencarian informasi yang diterima penulis dengan berbagai situs luar negeri akhirnya mampu memndapatkan beberapa informasi mengenai Spreadsheet.

Perlu diketahui bahwa pencarian terbanyak akan Spreadsheet menyoal akan definisinya. Definisi Spreadsheet banyak dicari oleh masyarakat. Entah itu mungkin dari pelajar atau masyarakat umum. Betapa tidak, untuk membahas sesuatu hal yang pertama kali diketahui adalah definisi atau pengertiannya. Seperti halnya dengan Spreadsheet. Hal demikian juga dialami oleh penulis.

Penulis terbawa dengan pengingatan kembali akan sejumlah mata pelajaran yang penulis pernah alami. Ternyata, mendapatkan informasi akan Spreadsheet atau pengolah angka tidak susah. Bahkan tanpa menggunakan referensi yang tidak begitu akurat, akan mampu membuat teman-teman untuk merangkai akan pengertian spreadsheet. Namun, pada informasi kali ini, penulis menggabungkan akan sejumlah referensi terkait dengan pdf, buku, jurnal, dan website dengan pikiran penulis.

Untuk mengharga jasa-jasa penulis, bukan pahlawan. Kami harapkan untuk mencantumkan sumber anda mendapatkan informasi ini. Pasalnya, sangat tidak mudah mendapatkan informasi ini.

Jadi kami harapkan sebagai warga negara yang baik dan pencarian informasi yang baik untuk mencantumkan sumbernya. Jadilah warga yang mencintai hak cipta setiap orang dan setiap kerja kerasnya. Daftar Isi • 1 Pengertian Spreadsheet: Apa itu Spreadsheet? • 2 Macam-Macam Jenis Spreadsheet atau Pengolah Angka • 2.1 1. Pengolah Angka (Spreadsheet) Microsoft Excel • 2.2 2.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Pengolah Angka (Spreadsheet) Lotus 123 • 2.3 3. Pengolah Angka (Spreadsheet) Open Office Calc • 2.4 5. Pengolah Angka (Spreadsheet) GNOME Office – Gnumeric • 3 Fungsi atau Manfaat Pengolah Angka (Spreadsheet) Pengertian Spreadsheet: Apa itu Spreadsheet? Spreadsheet adalah lembaran kertas yang menunjukkan akuntansi atau data lain dalam baris dan kolom.

program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program

Selain itu, Spreadsheet juga merupakan aplikasi komputer program yang simulates fisik spreadsheet oleh menangkap, menampilkan, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris dan kolom. Spreadsheet merupakan salah satu yang paling populer digunakan pada komputer pribadi. Pengolah Angka atau spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisi dengan nilai yang lainnya.

Jika salah satu nilai dirubah, maka nilai yang lain juga perlu dirubah. Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Untuk Fungsi Spreadsheet adalah untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji, dan lain sebagainya.

Spreadsheet memiliki ruang item data yang dinamakan dengan ‘Sel’. Dalam setiap sel yang berlabel, disesuaikan penempatannya contohnya A1,A2, A3 dan seterusnya. Hal itu, mungkin mempunyai referensi yang absolut atau relatif ke sel yang berada di sekitarnya. Diketahui, Spreadsheet pada umumnya dirancang dengan menampung data numerik dan string teks singkat.

Spreadsheet pada umumnya menyediakan suatu kemampuan dalam memberikan gambaran hubungan data grafis. Spreadsheet umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk struktur dan data item yang berlabel sebagai sepenuhnya sebagai databes dan umumnya tidak menawarkan kemampuan untuk query databese.

Pada umumnya, spreadhseet adalah lebih sederhana dari program database. Daniel Bricklin dan Bob Frankston menciptakan aplikasi spreadsheet pertama, VisiCalc (untuk “terlihat kalkulator”). Lotus 1-2-3 datang berikutnya, diikuti oleh Microsoft Excel.

Sedangkan Lotus 1-2-3 adalah yang pertama untuk memperkenalkan nama dan sel macro, Microsoft Excel menerapkan antarmuka pengguna grafis dan kemampuan untuk menunjuk dan klik menggunakan mouse.

Ada banyak aplikasi spreadsheet di pasar hari ini, namun Lotus 1-2-3 dan Microsoft Excel terus menjadi yang paling populer. Macam-Macam Jenis Spreadsheet atau Pengolah Angka Sekedar diketahui, ada banyak contoh program sebagai system aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang banyak digunakan.

Bahkan aplikasi pengolah angka tersebut memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda walaupun secara umum sebagai pengolah angka (spreadsheet).

Hal itu dapat diketahui dari jenis-jenis program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program (pengolah angka). Adapun jenis-jenis spreadsheet antara lain: 1. Pengolah Angka (Spreadsheet) Microsoft Excel Tentu anda telah mengetahui program ini. Microsoft Excel adalah program aplikasi dengan lembar kerja spreadsheet yang diciptakan dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang berada dalam sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Diketahui, Microsoft Exel sebagai jenis Pengolah Angka atau Spreadsheet mempunyai fitur kalkulasi yang populer digunakan hingga saat ini. Bahkan program ini telah merambah ke dunia smartphone atau android yang dapat diunduh di Play Store secara gratis.

2. Pengolah Angka (Spreadsheet) Lotus 123 Lotus 123 adalah sebuah aplikasi pengolah angka yang diterbitkan oleh IBM. Lotus 123 dikeluarkan bersamaan atau ada dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite. Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows.

Program ini melejit atau populer digunakan di era tahun 80-an. 3. Pengolah Angka (Spreadsheet) Open Office Calc OpenOffice Calc adalah sebuah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang memiliki sifat dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja atau dikena “O pen source”. Open Office Calc adalah program spreadsheet yang berfungsi untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data.

Selain itu, aplikasi spreadsheet Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik.

Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Program yang umumnya dirancang untuk menampung string teks singkat dan data numerik disebut program saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada.

Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel. 4. Pengolah Angka (Spreadsheet) Abacus Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira. 5. Pengolah Angka (Spreadsheet) GNOME Office – Gnumeric Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office.

Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar. Fungsi atau Manfaat Pengolah Angka (Spreadsheet) Tahukah anda kegunaan Pengolah Angka (Spreadsheet)?. Pada dasarnya kegunaan atau fungsi dari Spreadsheet adalah untuk memudahkan dalam mengelolah setiap angka. Hal itu tidaklah salah, namun apa hal itu fungsi dari Spreadsheet?. Adapun fungsi dari pengolah angka (spreadsheet) antara lain: • P embuatan lembar kerja • Membantu pekerjaan di bidang ilmiah • Membantu pekerjaan di bidang perencanaan • P engelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik • Pembuatan tabel data • Pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan lain-lain • Membantu di bidang bisnis • Membantu pekerjaan di bidang pembuatan statistic Demikianlah informasi mengenai Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & Contoh Spreadsheet.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan membuka cakrawala berpikir kita. Ilustrasi: Pengertian Spreadsheet (Pengolah Angka), Fungsi/Kegunaan, Jenis & Contoh Spreadsheet Selain itu, dapat membantu tugas-tugas anda.

Ingat, jangan lupa untuk mencantumkan sumber dari informasi ini demi menghargai karya penulis dan menambah motivasi penulis agar tetap berkarya bersama artikelsiana.com. Salam Siana. Terima Kasih Teman-Teman. Recent Posts • Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli • Pengertian Kronologi, Fungsi, dan Contoh Kronologi Dalam Sejarah • Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi • Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi • Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur

Penjelasan program matlab mengenai pengenalan huruf Aksara Jawa




2022 www.videocon.com