Bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia : • Seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet • Wilayah bagian timur dikuasai Uni Soviet • Jerman dibagi ke dalam empat zona pendudukan • Wilayah bagian barat Jerman dikuasai Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis • Uni Soviet membentuk Republik Demokratik Jerman di bagian timur Jawaban terbaik adalah A.

Seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet. Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan ❝Informasi berikut yang tidak tepat terkait wilayah Jerman setelah kalah dalam Perang Dunia II adalah.❞ Adalah A.

Seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet. Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Pandangan Khrushchev yang menonjol terkait hubungan dengan Barat adalah.

dengan jawaban yang sangat akurat.Klik Untuk Melihat Jawaban Apa itu cp.dhafi.link?? Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran.

mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung. Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 12 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SM A ). Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan soal-soal ini. Ini merupakan bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks dari Contoh Soal Sejarah Kelas 12 PG 2 (Bagian 1) Soal-Soal PG ini bisa anda jadikan referensi dalam menghadapi soal Sejarah kelas 12 SM A yang sebenarnya.

Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal Sejarah Kelas 12 PG 2 Beserta Jawabannya (Bagian 2), dimulai dari soal nomor 11 sampai dengan soal nomor 20. 11. Perhatikan informasi berikut 1) Masyarakat Hungaria membubarkan polisi rahasia ala Uni Soviet 2) Masyarakat Hungaria memilih untuk tetap bergabung dalam Pakta Warsawa 3) Upaya menentang pemerintahan komunis Hungaria yang didukung Uni Soviet 4) Masyarakat Hungaria berjanji untuk menyelenggarakan pemilihan umum yang bebas dan demokratis 5) Revolusi yang berlangsung antara 23 Oktober-10 November 1956 gagal menggulingkan pemerintahan komunis Informasi yang tepat terkait Revolusi Hungaria ditunjukkan oleh nomor.

A. 1),2), dan 3) B. 1), 3), dan 5) C. 2), 3), dan 4) D. 2), 3), dan 5) E. 3), 4), dan 5) Jawabannya: B. 1), 3), dan 5) 12. Pemimpin Uni Soviet yang dikenal sebagai tokoh dibalik seluruh proses destalinisasi di Uni Soviet adalah. A. Andrei Kirilenko B. Leonid Brezhnev C. Nikita Khrushchev D. Mikhail Gorbachev E. Vladimir Illich Lenin Jawabannya: C. Nikita Khrushchev 13. Pandangan Khrushchev yang menonjol terkait hubungan dengan Barat adalah. A. Tidak ada perdamaian tanpa perang B.

Kapitalisme akan hancur dengan sendirinya tanpa perang C. Uni Soviet dapat menerima hal-hal positif dari kapitalisme D. Uni Soviet mustahil hidup berdampingan secara damai dengan Barat E. Permusuhan antara kedua negara adidaya akan berakhir dengan perang nuklir Jawabannya: B. Kapitalisme akan hancur dengan sendirinya tanpa perang 14. Informasi berikut yang tidak tepat terkait wilayah Jerman setelah kalah dalam Perang Dunia II adalah. A. Seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet B.

Wilayah bagian timur dikuasai Uni Soviet C. Jerman dibagi ke dalam empat zona pendudukan D. Wilayah bagian barat Jerman dikuasai Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis E. Uni Soviet membentuk Republik Demokratik Jerman di bagian timur Jawabannya: A. Seluruh Kota Berlin dikuasai Uni Soviet 15. Pada tahun 1953, CIA melaksanakan Operasi Ajax untuk menggulingkan Perdana Menteri Iran yang bernama.

yang dituduh “Semakin beralih ke komunisme”. A. Cheddi Jagan B. Fazlollah Zahedi C. Abd al-Karim Qasim D. Mohammed Mossadegh E.

Mohammed Reza Pahlavi Jawabannya: D. Mohammed Mossadegh 16. Perhatikan informasi berikut. 1) Deutsche Mark sebagai valuta baru di Jerman Barat 2) Sekutu Barat memulai kebijakan reformasi ekonomi di Jerman Barat 3) Jerman Timur memasok bahan kebutuhan pokok ke Berlin Barat 4) Stalin mengendalikan penuh seluruh kota Berlin, barat dan timur Dari data di atas, dua peristiwa penting yang melatarbelakangi Blokade Berlin 24 Juni 1948-12 Mei 1949 ditunjukkan oleh nomor.

A. 1) dan 2) B. 1) dan 3) C. 2) dan 3) D. 2) dan 4) E. 3) dan 4) Jawabannya: A. 1) dan 2) 17. Konflik Berlin merupakan bagian dari perang proksi yang dilancarkan Amerika Serikat dan Uni Soviet. Pernyataan di bawah ini yang tepat terkait Konflik Berlin adalah.

A. Hampir 20% penduduk Jerman Barat bermigrasi ke jerman Timur pada tahun 1961 B. Uni Soviet memberikan kebebasan kepada warga Jerman Timur yang ingin bermigrasi ke Jerman Barat C. Stalin enggan mencabut blokade Berlin meski mendapat kecaman dari rakyat Berlin Timur maupun dari dunia internasional D. Amerika Serikat memberlakukan blokade ekonomi terhadap Berlin sebagai reaksi ditetapkannya deutsche mark sebagai mata uang baru E. Uni Soviet mendirikan penghalang kawat berduri pada 13 Agustus 1961 yang konstruksinya diperluas hingga menghasilkan Tembok Berlin Jawabannya: E.

Uni Soviet mendirikan penghalang kawat berduri pada 13 Agustus 1961 yang konstruksinya diperluas hingga menghasilkan Tembok Berlin 18. Peristiwa yang menandai dimulainya perlombaan angkasa antara kedua negara adidaya adalah.

A. Peluncuran Vostok I oleh Uni Soviet B. Peluncuran Sputnik I oleh Uni Soviet C. Peluncuran Explorer I oleh Amerika Serikat D. Peluncuran Apollo 11 di Bulan oleh Amerika Serikat E. Peluncuran rudal balistik antarbenua oleh Uni Soviet Jawabannya: B. Peluncuran Sputnik I oleh Uni Soviet 19. Radio Free Europe/Radio Liberty merupakan radio yang melakukan siaran pada masa Perang Dingin di Jerman dengan tujuan.

A. Menyebarluaskan semangat nasionalisme dalam melawan Amerika Serikat dan Uni Soviet B. Memberitakan kebijakan-kebijakan ekonomi pemerintah Jerman untuk mengatasi krisis C. Mencegah penyebarluasan liberalisme oleh Amerika Serikat D. Memberitakan penemuan-penemuan terbaru Uni Soviet E. Menyebarluaskan pengaruh buruk komunisme Jawabannya: E. Menyebarluaskan pengaruh buruk komunisme 20. Perhatikan informasi berikut 1) Menarik diri dari organisasi NATO 2) Membubarkan polisi rahasia Uni Soviet 3) Menyelenggarakan pemilihan umum secara bebas dan demokratis 4) Menarik diri dari Pakta Warsawa 5) Menjalin hubungan erat dengan Uni Soviet Tindakan pemerintah Hungaria selama Revolusi Hungaria ditunjukkan oleh nomor.

A. 1),2), dan 3) B. 1), 3), dan 5) C. 2), 3), dan 4) D. 2), 3), dan 5) E. 3), 4), dan 5) Jawabannya: C. 2), 3), dan 4) Lanjut ke soal nomor 21 - 30 = Contoh Soal Sejarah Kelas 12 PG 2 (Bagian 3) Page 2 Bagi orang yang meninggal dunia karena membela Agama Islam atau mati syahid maka jenazahnya brainly Jakarta - Hukum mengurus jenazah muslim adalah fardhu kifayah.

Ada empat kewajiban seorang muslim terhadap saudaranya, orang Islam yang meninggal dunia yaitu memandikan, mengafani, mensholatkan dan . Berikut ini adalah kumpulan file download Soal PAS/UAS Tema 5 Kelas 4 SD/MI Semester 1 K13 Terbaru 2019/2020 yang terdiri dari soal PPkn, Bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan SBdP. Semoga kumpulan soal PAS/UAS Tema 5 kelas 4 semester 1 ini dapat dijadikan referensi untuk belajar khususnya adik-adik kelas 4 sebagai bekal menghadapi UAS/PAS (Penilaian Akhir Semester) 1.

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 1. Nilai yang mengajarkan kepada kita untuk menghargai perbedaan pendapat adalah nilai . a. kerja keras b. kejujuran c. toleransi d. disiplin 2. Sikap yang dikembangkan seorang murid untuk memupuk kepahlawanan adalah . a. berjuang demi kepentingan sendiri b. berjuang demi kepentingan keluarga saja c. berjuang tanpa pamrih d. berjuang mencapai prestasi dengan cara curang II.

Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar ! 19. Mau bekerja keras adalah contoh perilaku yang mencerminkan Pancasila sila . 20. Lambang sila kelima Pancasila adalah . III.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 15. Apa yang kamu ketahui tentang kepahlawanan? Jelaskan! Jawab : . . 18. Sebutkan contoh sikap pengamalan sila kelima di masyarakat! Jawab : . . Selengkapnya Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (PPKn) Bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PPKn Soal PAS / UAS Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (Bahasa Indonesia) Berikut ini adalah kutipan soalnya, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 9.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Berikut ini yang termasuk cara menuliskan informasi dari suatu teks adalah . a. membaca naskah asli hanya pada paragraf pertama dan terakhir b. membaca naskah asli dengan saksama c.

membaca naskah asli dengan sekilas d. melihat naskah asli 20. Berikut ini bukan merupakan isi dari tabel Know-Want (tabel KW) adalah . a. hal yang sudah diketahui b.

hal yang ingin diketahui C. hal yang ingin dipelajari d. hal-hal yang tidak penting II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar ! 1. Teks nonfiksi ditulis dengan menggunakan bahasa . 2. Teks yang berisi cerita yang bersifat imajinatif adalah teks .

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 19. Jelaskan tujuan pembuatan teks nonfiksi! Jawab : . . 20. Jelaskan cara mengisi tabel Know-Want (tabel KW) sebagai pembanding informasi!

Jawab : . . Selengkapnya Soal Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (Bahasa Indonesia) Download Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Soal PAS / UAS Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (IPS) Berikut ini adalah kutipan soalnya, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian. I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1. Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kitab . a. Sutasoma b. Negarakertagama c. Sang Hyang Kamahanikam d. Mahabarata 12. Raja Kerajaan Aceh yang terkenal adalah . a. Sultan Ali Mughayat Syah b. Sultan Ali Riayat Syah c.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Sultan Iskandar Muda d. Sultan Agung II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar ! 14. Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang bercorak agama . 17. Kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa adalah .

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 5. Sebutkan raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Kutai! Jawab : . . 18.

Di manakah letak Kerajaan Majapahit? Jawab : . . Selengkapnya Soal Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (IPS) Download Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPS Soal PAS / UAS Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (IPA) Berikut ini adalah kutipan soalnya, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian.

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar ! 1. Peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna disebut . a. dispersi cahaya b. spektrum cahaya c. pemantulan cahaya d. penyerapan cahaya 17. Sinar matahari yang masuk ke ruangan melalui ventilasi udara akan tampak seperti garis-garis lurus. Hal itu menunjukkan bahwa cahaya . a. merambat lurus b. diuraikan c.

dapat menembus benda bening d. dapat dibiaskan II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar ! 8. Alat yang berfungsi untuk menghasilkan gambar atau foto adalah . 20. Pemantulan cahaya yang terjadi karena cahaya mengenai benda yang permukaannya rata disebut . III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar! 19. Berikan tga contoh peristiwa yang menunjukkan bahwa cahaya merambat lurus! Jawab : . . 20. Apa yang kamu ketahui tentang dispersi cahaya?

Jelaskan! Jawab : . . Selengkapnya Soal Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (IPA) Download Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran IPA Soal PAS / UAS Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (SBdP) Berikut ini adalah kutipan soalnya, terdiri dari 20 soal pilihan ganda, 20 soal isian, dan 20 soal uraian. I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

11. Amanda menyanyikan lagu "Rayuan Pulau Kelapa" Lagu "Rayuan Pulau Kelapa" dinyanyikan dengan tempo . a. сеpat b. sedang c. lambat d. sangat cepat 17. Lagu yang bertempo sedang biasanya memiliki sifat . a. gembira dan bersemangat b. gembira dan megah c. syahdu dan khidmat d. romantis dan syahdu II. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang benar !

14. Lagu "Lihat Kebunku" dinyanyikan dengan tempo . 15. Contoh lagu yang menggunakan tempo cepat adalah . III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan uraian yang jelas dan benar!

10. Disebut apakah rangkaian bunyi yang awalnya terdengar lembut yang makin lama makin keras? Jawab : . . 20. Apa definisi dari ketukan? Jawab : . . Selengkapnya Soal Tema 5 Kelas 4 Semester 1 (SBdP) Download Soal Tema 5 Kelas 4 Kurikulum 2013 Mata Pelajaran SBdP Pelajari juga ⇩ Soal PAS / UAS Tema 5 Kelas 4 SD/MI K13 Revisi 2018 Posting Komentar Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

Silahkan tulis komentar Anda. Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Demi kesehatan blog ini, mohon maaf jika ada komentar yang harus saya hapus karena mengandung broken link (biasanya komentar tanpa nama komentator/Unknown/Tidak Diketahui/Profile Not Available).

Jadi . kalau ingin berkomentar gunakan AKUN DENGAN NAMA yaaa. Sekian dan terima kasih :)
Sifat Cahaya – Apakah Grameds suka dengan hal- hal yang terang dan bercahaya? Tepat sekali, bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks adalah hal penting dalam kehidupan manusia yang digunakan dalam kebutuhan aktivitas sehari- hari.

Manusia pasti akan kesulitan jika hidup tidak ada cahaya atau kekurangan cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya penerangan buatan lainnya. Bahkan pada sebagian sektor sangat bergantung dan mengandalkan sifat cahaya. Selain di pelajari dalam materi pelajaran IPA di sekolah, Grameds juga perlu mengenal dan memahami sifat- sifat cahaya dalam fungsinya di kehidupan sehari- hari. Berikut ini penjelasan tentang pengertian dan sifat cahaya yang perlu Grameds simak agar bisa memaksimalkan fungsi cahaya: Daftar Isi • PENGERTIAN CAHAYA • SIFAT- SIFAT CAHAYA • 1.

Dapat Merambat Lurus • 2. Dapat Dipantulkan Atau Refleksi • 3. Dapat Menembus Benda Bening • Anda Mungkin Juga Menyukai • 4. Dapat Mengalami Interferensi • 5. Dapat Dibiaskan Atau Dibelokkan (Refraksi) • 6. Dapat Diuraikan Atau Dispersi • 7. Dapat Mengalami Difraksi Atau Pelenturan • 8. Dapat Mengalami Polarisasi • 9. Dapat Diserap Atau Absorpsi • 10.

Memiliki Energi • 11. Dapat Merambat Tanpa Medium • 12. Bersifat Dualisme • 13. Dapat Dipancarkan Dalam Bentuk Radiasi • 14. Terdiri Dari Berbagai Warna • PERALATAN YANG MEMANFAATKAN SIFAT- SIFAT CAHAYA • Rekomendasi Buku & Artikel • • Buku Terkait • Materi Terkait Fisika PENGERTIAN CAHAYA Cahaya adalah salah satu energi yang memiliki gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380 sampai 750 nm.

Gelombang cahaya tidak membutuhkan medium untuk merambat, itulah sebabnya cahaya tetap dapat merambat meskipun dalam ruang yang hampa.

Contohnya cahaya matahari tetap bisa sampai ke bumi meskipun melewati ruang hampa udara di luar angkasa dalam hitungan waktu 300 juta m/s. Matahari disebut sebagai sumber cahaya karena mampu memancarkan gelombang cahaya. Selain matahari yang menjadi sumber cahaya adalah api, obor, lampu, lilin, dan sebagainya.

Dalam kajian ilmu fisika, gelombang cahaya masuk dalam golongan energi yang bisa berbentuk energi. Dalam hal ini radiasi adalah suatu bentuk yang memancar ke luar dari suatu sumber cahaya namun bukan zat berupa bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks, cair, ataupun gas. Isaac Newton pernah mengungkapkan dalam Hypothesis of Light tahun 1675 bahwa cahaya terdiri dari partikel- partikel halus yang memancar ke semua arah dari titik sumbernya.

Sumber cahaya adalah benda yang bisa menghasilkan cahaya. Berdasarkan sumbernya cahaya kemudian dibagi menjadi dua, yakni cahaya yang berasal dari benda itu sendiri dan cahaya yang memancar dari benda lain akibat pantulan cahaya dari permukaan benda tersebut.

Dari sumber cahaya itulah cahaya kemudian memiliki sifat- sifat yang menjadi karakteristik cahaya sebagai gelombang energi yang dibutuhkan manusia. SIFAT- SIFAT CAHAYA Dalam praktiknya, cahaya sebagai gelombang energi memiliki sifat atau karakteristik yang dapat dijadikan sebagai tujuan dan fungsinya dalam kehidupan sehari- hari.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Sifat cahaya ini memiliki perbedaan dengan bentuk energy lain, seperti bunyi, getaran, dan sebagainya. Berikut ini sifat- sifat cahaya yang perlu Grameds ketahui beserta contohnya dalam aktivitas kehidupan sehari hari: 1. Dapat Merambat Lurus Cahaya dapat merambat lurus jika melewati satu medium perantara yang memiliki partikel yang sama atau setara.

Medium perantara tersebut harus memiliki kerapatan optic yang sama agar cahaya bisa merambat lurus. Fenomena yang bisa membuktikan bahwa cahaya dapat merambat lurus adalah matahari sebagai sumber cahaya terbesar di bumi memiliki pancaran sinar yang lurus.

Hal tersebut terjadi karena adanya perambatan cahaya matahari ke bumi maka terjadi siang dan malam. Selain itu adapun fenomena gerhana matahari dan gerhana bulan yang membuktikan bahwa cahaya dapat merambat lurus. Pada fenomena tersebut sinar matahari dihalangi oleh bulan sehingga membuat sebagian bumi menjadi gelap. Contoh sifat cahaya yang merambat lurus juga bisa Grameds temukan dalam kehidupan sehari- hari yakni pada cahaya senter ke arah depan maka akan memancar lurus sesuai dengan yang kita arahkan senter tersebut.

2. Dapat Dipantulkan Atau Refleksi Cahaya dapat dipantulkan dengan cara terpancarnya kembali cahaya tersebut dari bagian permukaan benda yang terkena cahaya. Sifat pemantulan yang dimiliki cahaya ini dapat dibagi menjadi dua, yakni pemantulan teratur dan pemantulan baur atau difus. Pada proses pemantulan teratur, berkas cahaya akan memantul sejajar, seperti ketika Grameds bermain di siang hari membawa cermin untuk memantulkan cahaya.

Saat mengarahkan cermin ke arah datangnya cahaya maka bisa dipantulkan ke segala arah dari cahaya pantul sinar matahari tersebut. Sedangkan pemantulan baur adalah pemantulan cahaya yang terjadi pada permukaan yang tidak rata. Misalnya pemantulan cahaya pada air, batu, pohon, sepatu, dan aspal. Cermin yang menggunakan sifat refleksi cahaya terbagi menjadi cermin datar, cermin cembung, dan cermin cekung. Rp 90.000 3. Dapat Menembus Benda Bening Benda yang bersifat bening atau transparan bisa ditembus oleh cahaya.

Benda yang memiliki partikel tidak berwarna atau transparan dapat dirambati cahaya dengan mudah. Hal ini bisa terjadi karena benda bening atau transparan mampu meneruskan cahaya. Contohnya pada kaca bening jendela yang tidak bisa menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Kita masih bisa melihat ke luar jendela kaca karena cahaya masih bisa merambat masuk ke luar kaca yang bening dan tertangkap oleh mata kita.

4. Dapat Mengalami Interferensi Cahaya dapat mengalami interferensi, yakni dapat digabungkan dari dua gelombang atau lebih. Cahaya bisa merambat lebih dari satu gelombang karena cahaya termasuk salah satu energi yang kuat.

Contohnya cahaya bisa merambat lewat udara, air, dan padat sekaligus dengan gelombang yang berbeda-beda. 5. Dapat Dibiaskan Atau Dibelokkan (Refraksi) Cahaya dapat dibiaskan ketika cahaya bergerak miring melalui medium yang berbeda kepadatannya, seperti dari udara kemudian bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks air, sehingga cahaya mengalami pembiasan dan pembelokan dalam medium tersebut.

Sifat cahaya yang bisa dibiaskan atau dibelokkan ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai alat optik. Contoh yang bisa Grameds temukan adalah melihat kolam yang tampak dangkal karena airnya yang jernih, padahal kolam tersebut bisa saja memiliki kedalaman.

Selain itu Grameds juga bisa memperhatikan saat berenang dan meletakan sebuah tongkat di dalam bagian air yang terkena cahaya matahari, maka jika dilihat dari atas tongkat tersebut akan terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Lebih sederhana lagi, Grameds bisa membuktikan bahwa cahaya memiliki sifat refraksi atau bisa dibiaskan lewat segelas air bening yang diletak sebuah pensil. Coba perhatikan, pensil akan terlihat patah atau bengkok karena cahaya matahari melewati udara dan air dalam gelas tersebut dan mengalami pembengkokan arah rambat.

6. Dapat Diuraikan Atau Dispersi Cahaya dapat diuraikan atau dispersi secara alami, contohnya seperti yang terjadi pada pelangi. Warna pelangi sebenarnya berasal dari satu warna saja, yakni warna putih dari sinar matahari.

Kemudian warna cahaya matahari tersebut dibiaskan oleh titik air hujan sehingga mengakibatkan warna pelangi menjadi terurai dan menghasilkan berbagai macam warna yang indah. Warna putih matahari menjadi warna cahaya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Cahaya yang bisa diuraikan adalah bentuk pemisahan cahaya yang tampak menjadi cahaya dengan warna- warna berbeda.

Contoh penguraian cahaya selain pelangi adalah sebuah prisma yang disinari oleh cahaya senter maka satu warna cahaya senter akan terurai menjadi berbagai warna jika menembus prisma tersebut. 7. Dapat Mengalami Difraksi Atau Pelenturan Cahaya dapat mengalami difraksi atau pelenturan pada bidang yang sempit. Gelombang cahaya yang mengalami pelenturan karena merambat ke arah cahaya yang melewati celah sempit.

Contoh cahaya yang memiliki sifat difraksi adalah cahaya bisa masuk pada lobang sekecil apapun pada ruangan. Misalnya Grameds masih bisa menemukan cahaya yang masuk ke dalam ruangan meskipun semua sudut sudah tertutup karena cahaya bisa masuk meski pada celah sempit sekalipun.

Pembelokan cahaya yang terdifraksi ini akan membuat daerah gelap dan terang pada ruangan tertentu yang terkena cahaya. 8. Dapat Mengalami Polarisasi Cahaya juga dapat mengalami polarisasi, yakni menyerap sebagian arah getar cahaya sehingga cahaya tersebut dapat kehilangan arah getarnya sebagian.

Cahaya dapat diserahkan atau terpolarisasi dengan merambat ke segala arah secara tegak lurus dengan arah rambat yang dimilikinya. Contohnya cahaya tersebut dapat dikatakan mengalami polarisasi jika hanya merambat di satu arah bidang saja. 9. Dapat Diserap Atau Absorpsi Cahaya dapat diserap saat masuk dalam material transparan. Sebagian energi cahaya akan terdisipasi atau berkurang energy panasnya.

Hal inilah yang menunjukkan bahwa intensitas cahaya akan berkurang atau absorpsi pada material tertentu. Contohnya cahaya akan lebih mudah menembus benda yang transparan dibandingkan menembus benda yang memiliki material lebih padat. 10.

Memiliki Energi Cahaya tentu memiliki energi karena dapat merambat pada gelombang tertentu dan memiliki wujud massa, meskipun bukan wujud zat, yakni bukan padat, cair, dan gas. Hal yang membuktikan bahwa cahaya memiliki bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks adalah sinar matahari yang memiliki panas atau suhu tertentu yang dapat merubah zat tertentu.

Contohnya jika Grameds menjemur baju yang basah di bawah sinar matahari, maka lama kelamaan baju akan kering karena terjadi penguapan air di dalam pakaian karena panas yang muncul dari sinar matahari. Panas yang muncul dari matahri tersebut ditandai pula dengan kemunculan cahaya matahari itu sendiri.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Contoh lain adalah ada pemanfaatan cahaya matahari sebagai tenaga tata surya sebagai energi panas dan listrik yang berasal dari cahaya sinar matahari. 11. Dapat Merambat Tanpa Medium Umunya, gelombang energy tertentu memerlukan medium untuk merambat, seperti energy bunyi yang membutuhkan udara agar bisa merambat dan menghasilkan suara.

Berbeda dengan energy cahaya yang tetap bisa merambat meskipun tidak memiliki medium perantara.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Contohnya sinar matahari yang bisa sampai ke bumi padahal jarak yang sangat jauh dari bumi dan melewati ruang hampa di luar angkasa. Jika Cahaya tidak bisa merambat tanpa medium, maka sinar matahari tidak akan pernah sampai ke bumi. Selain itu Grameds tetap bisa melihat cahaya di ruang kedap udara sekalipun asalkan ada celah untuk cahaya tersebut bisa menyinari ruangan tersebut.

12. Bersifat Dualisme Cahaya memiliki sifat dualisme karena bisa disebut sebagai gelomang sekaligus sebuah partikel tertentu. Cahaya dapat disebut sebagai sebuah gelombang karena cahaya memang memiliki panjang gelombang tertentu. Sedangkan cahaya juga tersusun oleh partikel- partikel tertentu yang membentuknya, meskipun bukan bersifat zat, seperti padat, cair, dan gas.

Cahaya memiliki partikel pernah diungkapkan oleh seorang ilmuwan asal Amerika bernama Arthur Compton yang mengungkapkan bahwa ada tumbukan antara partikel penyusunan cahaya dengan electron tertentu. Sifat dualisme cahaya dapat muncul secara alami atau buatan, yakni sinar matahari dan cahaya yang berasal dari lampu karena listrik, cahaya dari lilin karena api, dan sebagainya.

13. Dapat Dipancarkan Dalam Bentuk Radiasi Cahaya dapat berbentuk radiasi karena memiliki energy yang bisa dipancarkan dalam bentuk gelombang dan kalor tertentu tanpa medium atau perantara sekalipun. Bukti bahwa cahaya bisa berbentuk radiasi adalah cahaya memiliki energi dan bentuk panas. Contohnya Grameds akan terasa panas jika berlama-lama dibawah sinar matahari atau berada disekitar lampuatau laser yang berdaya tinggi. Kita semua ketahui bahwa sinar matahari memiliki radiasi yang juga bisa berdampak buruk bagi kulit manusia, yaksi sinar UV.

14. Terdiri Dari Berbagai Warna Apakah Grameds mengetahui apa warna cahaya matahari? Perlu Grameds ketahui bahwa warna cahaya matahari adalah putih.

Sebenarnya warna cahaya ada berbagai macam yang kemudian disebut dengan cahaya polikromatik. Contoh cahaya yang memiliki sifat berwarna dapat Grameds temukan pada warna pelangi yang merupakan pembiasan dan penguraian cahaya lewat tetesan air hujan di awan. Cahaya yang muncul dari hasil pembiasaan disebut cahaya tunggal. Hasil warna cahaya ini sudah tidak bisa lagi diuraikan atau dibiaskan dan disebut dengan cahaya monokromatik. Contoh warna cahaya bisa Grameds kenali dari warna pelangi, yakni merah, jingga, kuning, biru, hijau, nila, dan ungu.

PERALATAN YANG MEMANFAATKAN SIFAT- SIFAT CAHAYA Berdasarkan pengertian dan sifat cahaya di atas, Grameds bisa menemukan beberapa alat yang sangat mengandalkan fungsi sifat cahaya tersebut untuk menjalankan alatnya, seperti berikut ini: • Periskop adalah salah satu peralatan yang biasa digunakan dalam kapal selam yang fungsinya untuk melihat situasi di atas permukaan laut dalam jarak tertentu, bahkan jarak yang sangat jauh sekalipun.

Alat ini memanfaatkan sifat pemantulan cahaya yang bisa memaksimalkan jarak pandang periskop pada bentangan laut yang sangat luas. • Lensa Kaca Pembesar adalah peralatan yang biasanya digunakan untuk melihat benda- benda kecil, contohnya saat ingin memperbaiki jam tangan. Alat ini terbuat dari lensa cembung yang memanfaatkan sifat pemantulan cahaya atau refleksi cahaya pada objek tertentu.

• Mikroskop adalah peralatan yang biasa digunakan untuk melihat benda- benda yang bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks kecil yang juga menggunakan cermin atau lensa cembung.

Alat ini juga memanfaatkan sifat cahaya yang bisa dipantulkan atau refleksi pada objek tertentu. Mikroskop adalah alat yang sangat penting dalam dunia laboratorium, baik fisika, kimia, sampai kedokteran dan sudah menjadi alat canggih dalam bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks pengetahuan saat ini. • Kamera adalah alat yang mengandalkan lensa dalam fungsinya memotret gambar dan memerlukan fungsi cahaya untuk menghasilkan gambar yang bagus.

Kamera membutuhkan sifat yang dapat merefleksikan cahaya. Nah, itulah penjelasan tentang cahaya, mulai dari pengertian sampai contoh dan peralatan yang memanfaatkan sifat cahaya dalam aktivitas sehari- hari. Apakah Grameds sudah bisa mengenali sifat- sifat cahaya tersebut dalam keseharian?

Grameds pasti akan sering menjumpai fenomena yang menunjukan sifat cahaya di lingkungan sekitar. Hal tersebut menunjukan bahwa manusia sangat bergantung pada energi cahaya untuk aktivitas sehari- hari dan bertahan hidup.

Sebagai fenomena alam sekaligus juga bisa berupa energi buatan manusia, cahaya dapat dikatakan sebagai sumber kehidupan manusia. Grameds bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia. c om untuk memperoleh referensi tentang cahaya. Baik untuk kebutuhan materi pelajaran di sekolah maupun bentuk preventif yang lebih luas.

Materi tentang sifat cahaya bahkan sudah kita pelajari sejak di mata pelajaran IPA bangku sekolah dasar, jadi sekarang sudah tidak alasan lagi tidak mengenal sifat- sifat cahaya. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca tentang cahaya dalam mata pelajaran IPA di SD, SMP, SMP, atau sederajat: Selamat belajar.

#SahabatTanpabatas Rekomendasi Buku & Artikel Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1 • Aplikasi Pendidikan Daftar Aplikasi Pendidikan Bermanfaat • Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara kita • Biologi Biologi adalah ilmu mengenai kehidupan • Ekonomi Ekonomi adalah platform dimana sektor industri melekat diatasnya • Fisika Fisika adalah ilmu mengenai alam • Geografi Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi • Inggris Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan • IPS IPS adalah penyederhanaan dari disiplin ilmu-ilmu sosial • Matematika Matematika adalah ilmu tentang logika • PAI PAI adalah pendidikan mengenai agama Islam • Penjasorkes Penjasorkes adalah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan • PKN PKN adalah pendidikan agar menjadi warga negara yang baik • Sejarah Sejarah adalah ilmu yang mempelajari masa lampau • Seni Budaya Seni budaya adalah keahlian dalam mengekspresikan ide • Sosiologi Sosiologi adalah ilmu yang tentang perilaku sosial • TIK TIK adalah berbagai aspek yang melibatkan teknologi Banyak sekali peristiwa alam yang terjadi di bumi kita seperti tsunami, banjir, gunung meletus, tanah longsor, indahnya pelangi, dan masih banyak yang lainnya.

Nah mengapa dan bagaimana suatu peristiwa tersebut bisa terjadi?

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

ini yang akan kita bahas di contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam ini. Lebih baik kamu baca dulu artikel: Teks Eksplanasi (LENGKAP) yang memuat pembahasan mengenai pengertian, ciri, struktur, kaidah, dan contoh agar lebih mudah memahami pembahasan kali ini.

Beberapa bencana alam yang kami singgung diatas akan kami jelaskan secara terperinci dalam bentuk contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya. Struktur teks eksplanasi ada 3 yaitu: • Pernyataan umum: berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan proses terjadinya/proses keberadaan. • Urutan Sebab Akibat: berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

• Simpulan/Penutup (Interpretasi): berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan. Silahkan langsung simak contoh lengkapnya berikut.

Pernyataan Umum: Tsunami berasal dari bahasa jepang dan terdiri dari 2 suku kata yaitu “ tsu” (pelabuhan) dan “ nami” (gelombang). Para ilmuwan biasa mengartikan dengan sebutan tidal wave (gelombang pasang) atau seismic sea waves (gelombang laut akibat gempa). Tsunami merupakan gelombang laut yang datang secara tiba-tiba dengan kecepatan yang tinggi yang menuju kawasan pantai, disebabkan karena aktivitas gunung berapi atau gempa dibawah laut.

Urutan Sebab-Akibat: Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan maka saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut. Dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami). Tsunami juga terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya.

Tsunami memiliki kecepatan gelombang yang lebih besar daripada gelombang biasa. Bahkan sampai 700km/jam dan hampir sama dengan kecepatan pesawat. Biasanya tinggi gelombang tsunami 50 – 100 meter dan menyebar ke semua arah. Ketinggian tsunami juga dipengaruhi oleh bentuk dan kedalaman pantai. Maka dari itu gempa bumi di dasar laut sangat memungkinkan untuk terjadinya tsunami.

Simpulan/Penutup (interpretasi): Nyatanya, tsunami menjadi salah satu peristiwa alam yang sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan kerusakan besar bahkan bisa merenggut ribuan jiwa sekaligus apabila terjadi secara mendadak.

Maka dari itu kita wajib waspada setiap saat dan menyiapkan diri untuk menghadapi bencana alam tsunami.

Walau tidak semua gempa dan letusan gunung berapi di dasar laut menyebabkan tsunami. Contoh Teks Eksplanasi Pelangi Pernyataan Umum: Pelangi atau bianglala adalah fenomena alam yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi mempunyai berbagai macam warna yang saling sejajar dan tampak di langit, pelangi dianggap juga sebagai gejala optik.

Umumnya pelangi berbentuk busur, dan masing-masing ujungnya mengarah pada titik yang berbeda. Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Tak jarang pelangi juga bisa dilihat di sekitar air terjun yang deras. Urutan Sebab-Akibat: Pelangi muncul karena cahaya membias dan menyimpang menjauhi partikel. Ketika matahari terbenam maka langit akan menjadi merah karena sinar matahari melewati atmosfer yang lebih tebal daripada keadaan matahari di siang hari.

Pelangi juga tidak akan terlihat di malam hari maupun saat mendung, ini menandakan jelas kalau pelangi adalah peristiwa alam karena pembiasan cahaya. Awalnya cahaya matahari melewati tetes hujan lalu dibiaskan/dibelokkan ke tengah tetes hujan sehingga membuat cahaya putih berubah menjadi warna spektrum. Simpulan/Penutup (interpretasi): Pelangi bisa kita lihat saat sedang hujan ketika matahari bersinar dari sisi berlawanan dengan arah kita menghadap.

Sehingga posisi kita harus ada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita. Pernyataan Umum: Contoh teks eksplanasi peristiwa alam berikutnya yaitu Gunung Meletus. Fenomena alam ini terjadi karena adanya endapan magma yang ada di perut bumi dan disemburkan oleh gas dengan kekuatan besar.

Selain tsunami, gunung meletus juga menjadi salah satu bencana alam yang mengerikan dan bisa menyebabkan banyak korban jiwa. Urutan Sebab-Akibat: Bisa dikatakan bahwa nyaris semua gunung berapi berkaitan dengan daerah kegempaan yang aktif, karena berkaitan langsung dengan batas lempeng bumi. Peristiwa alam gunung meletus diawali dengan perubahan tekanan batas lempeng bumi dan perubahan suhu yang drastis. Hal tersebut membuat material batuan disekitarnya meleleh, biasa kita sebut dengan magma atau cairan pijar.

Magma ini akan mengintruksi material disekitarnya melewati rekahan-rekahan menuju permukaan bumi. Advertisement Bahkan di kedalaman yang relatif, suhu yang sangat tinggi bukan hanya mampu melelehkan magma bahkan bisa seluruh material yang berada di dalam perut bumi. Disaat itu juga akan muncul gas yang akan bercampur dengan magma. Magma yang keluar saat gunung meletus terbentuk di kedalaman 60-160 KM dibawah permukaan bumi.

Lalu gas yang bercampur dengan magma tersebut berada dibawah tekanan batuan-batuan padat yang ada disekitar kawah. Sehingga tekanan ini membuat gas dan magma bergerak ke permukaan bumi dan meletus secara bersamaan. Maka terbentuklah lubang utama. Karena nyatanya memang sebagian besar magma dan material vulkanik lain menyembur melalui lubang ini. Ketika semburan telah berhenti, biasanya di bagian puncak gunung akan terbentuk kawah yang menyerupai mangkuk dan lubang utama terletak di dasar kawah tersebut.

Ada dampak negatif dan positif yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Dampak negatif yang paling terlihat yaitu bahayanya terhadap manusia dan makhluk hidup di sekitarnya. Karena mengeluarkan gas beracun, awan panas, debu vulkanik, dan bebatuan yang keluar dari gunung yang meletus.

Setelah erupsi berakhir terdapat kemungkinan terjadi hujan lahar, rusaknya lahan pertanian dan perkebunan. Bahkan sejarah pernah mencatat pernah ada bencana alam letusan gunung berapi yang mengakibatkan tewasnya ribuan orang dan menyebabkan iklim di dunia berubah. Sedangkan dampak positif yang bisa terlihat yaitu lahan bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks daerah gunung berapi menjadi subur, material yang keluar bisa dijadikan sebagai mata pencaharian masyarakat, sumber daya air, wisata alam, dan energi panas bumi.

Simpulan/Penutup (interpretasi): Sehingga hingga sekarang gunung berapi masih menjadi hal yang menyeramkan untuk manusia. Karena luar biasanya gunung berapi sampai bisa mengakibatkan terbentuknya pulau dan danau, bahkan bisa menutupi atmosfer bumi yang menyebabkan perubahan suhu yang ekstrim.

Untuk itu kita perlu memperhatikan Skema peringatan gunung berapi di Indonesia yang diberikan oleh BMKG. Sehingga kita bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengungsi apabila terjadi erupsi gunung berapi di sekitar daerah kita. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir Pernyataan Umum: Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Biasanya banjir datang secara mendadak dan mengalir deras sehingga menghanyutkan benda-benda.

Banjir bisa mengakibatkan beragam masalah seperti ekonomi, sosial, dan merusak sarana prasarana yang ada. Urutan Sebab-Akibat: Kita ketahui bersama mengenai banjir bahwa terdapat beberapa penyebab. Penyebab terjadinya banjir yang pertama karena curah hujan yang tinggi di suatu daerah sehingga air sungai tidak bisa menampung kapasitas air seperti biasanya.

Sampah yang berada di sungai karena dibuang sembarangan oleh manusia juga bisa mengakibatkan banjir karena aliran air sungai menjadi terhalang dan mampet.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya Hutan yang gundul akibat penebangan liar juga berpengaruh terhadap timbulnya banjir. Sebab, akar pohon yang seharusnya berfungsi sebagai penyerap air, tidak ada. Sehingga air tidak terserap dan akan menggenang di daratan. Kita lihat kota besar seperti Jakarta, banyak pemukiman warga yang terdapat di pinggir sungai. Rumah yang berada di bantaran sungai menjadi salah faktor penyebab banjir.

Karena tanah bisa saja longsor dan menutupi sisi sungai. Kemudian, faktor lain penyebab terjadi banjir karena bendungan yang jebol karena lingkungan yang kurang terawat. Dan bendungan yang jebol bisa juga karena faktor hujan sehingga debit air meningkat. Simpulan/Penutup (interpretasi): Dampak yang diakibatkan oleh banjir dibagi menjadi 3, yaitu dampak primer, dampak sekunder, dan dampak tersier (jangka panjang).

• Dampak primer: kerusakan fisik seperti mobil, bangunan, jembatan, jalan raya. • Dampak sekunder: persediaan air, penyakit, pertanian dan kesediaan pangan, transportasi, pepohonan. • Dampak tersier/jangka panjang: ekonomi menjadi sulit karena penurunan jumlah wisatawan, kelangkaan makanan, biaya pembangunan kembali. Sehingga kami mengajak agar kita lebih tertib lagi membuat sampah, jangan sampai membuat sampah di area sungai yang justru bisa mengakibatkan banjir yang efeknya kembali ke diri kita masing-masing.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor Pernyataan Umum: Berpindah ke teks eksplanasi mengenai peristiwa alam berikutnya yaitu tanah longsor. Longsor adalah suatu peristiwa geologi yang timbul karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya gumpalan tanah yang besar atau jatuhnya bebatuan.

Biasanya longsor terjadi karena 2 faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong yaitu faktor yang mempengaruhi kondisi material, sedangkan faktor pemicu yaitu faktor penyebab materi tersebut bergerak. Meski banyak faktor yang menyebabkan terjadinya tanah longsor, tetap penyebab utamanya yaitu “gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam”. Urutan Sebab-Akibat: Negara kita sering mengalami tanah longsor, kebanyakan disebabkan oleh gempa dan juga hujan deras. Gempa menyebabkan pergerakan lempeng bawah bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks sehingga tergeser.

Proses terjadinya longsor yang pertama yaitu meresapnya air hujan kedalam tanah sehingga mempengaruhi beban dalam tanah sehingga akan berada dibatas maksimal dalam mengandung air. Kemudian perubahan tekstur tanah, saat air sudah sampai menembus ke bagian tanah yang kedap air maka tanah akan menjadi licin, sehingga terjadilah pergerakan tanah yang sangat cepat. Permukaan tanah akhirnya mengalami pelapukan, begitu juga struktur lapisan tanah yang ada dibawahnya sampai ke dasar tanah.

Inilah yang menyebabkan tanah bergerak kemudian keluar lereng dan terjadilah tanah longsor. Simpulan/Penutup (interpretasi): Peristiwa alam bencana longsor ini menyebabkan kerugian yang besar, mulai dari kerusakan rumah, putusnya akses kendaraan, hilangnya harta benda, dan korban jiwa.

Karena sangat jarang orang dalam kejadian tanah longsor bisa menyelamatkan diri, itu dikarenakan kecepatan tanah longsor bisa sampai 100km/jam. Seandainya ada korban yang selamat, mungkin dia akan mengalami trauma.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Untuk itu, jika kamu mendengar suara gemuruh didekat tebing/jurang, segeralah lari menjauh ke dataran yang stabil. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Selesai sudah pembahasan Yuksinau.id mengenai 5 contoh teks eksplanasi tentang peristiwa alam beserta strukturnya diatas yaitu tentang banjir, tsunami, gunung meletus, pelangi, dan tanah longsor.

Referensi: gambar dari pixabay.com sahabatnesia.com/contoh-teks-eksplanasi-terlengkap/ eduspensa.id
MENU • Home • SMP • Matematika • Agama • Bahasa Indonesia • Pancasila • Biologi • Kewarganegaraan • IPS • IPA • Penjas • SMA • Matematika • Agama • Bahasa Indonesia • Pancasila • Biologi • Akuntansi • Matematika • Kewarganegaraan • IPA • Fisika • Biologi • Kimia • IPS • Sejarah • Geografi • Ekonomi • Sosiologi • Penjas • SMK • Penjas • S1 • Agama • IMK • Pengantar Teknologi Informasi • Uji Kualitas Perangkat Lunak • Sistem Operasi • E-Bisnis • Database • Pancasila • Kewarganegaraan • Akuntansi • Bahasa Indonesia • S2 • Umum • About Me 1.12.

Sebarkan ini: Cahaya – Pengertian, Pemantulan, Sifat, Sumber Dan Materinya– DosenPendidikan.Com– Cahaya merambat lurks, dapat dipantulkan dan dibiaskan. Menurut para ilmuwan cahaya adalah bentuk energi radiasi yang berupa gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang 4000 A 0 – 7000 A 0. Cepat rambat cahaya diruang hampa 3 x 10 8 m/s. • Dapat dipantulkan jika mengenai dinding penghalang • Dapat di biaskan jika melalui dua medium yang kerapatannya berbeda • Dapat berpadu berinterferensi • Dapat melentur jika melalui celah sempit • Dapat berpapasan dengan gelombang cahaya lain.

Arah rambat cahaya Cahaya merambat ke segala arah dengan arah rambat lurus pada medium yang sama kerapatannya.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Salah satu bukti bahwa cahaya merambat lurus adalah terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan dengan terbentuknya baying-bayang gelap atau inti (umbra) dan baying-bayang tambahan ( penumbra ).

Penumbra terjadi jika sumber cahaya ukurannya lebih besar dari baying-bayang yang terbentuk. Pemantulan Cahaya ( Refleksi ) Jika seberkas cahaya jatuh pada permukaan benda maka akan dipantulkan. Hukum Pemantulan Cahaya : • Sinar datang garis normal dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar • Besarnya sudut datang sama dengan sudut pantul Keterangan : • A – O = sinar datang • O – B = sinar pantul • N = garis normal • O = titik jatuh sinar pada bidang pantul • i = sudut datang • i’= sudut pantul Baca Juga : Akibat Revolusi Bumi Alat untuk membuktikan kebenaran hokum pemantulan cahaya disebut cakram optic / keping optic Jenis-jenis pemantulan cahaya : • Pemantulan teratur adalah pemantulan yang terjadi pada permukaan yang rata ( halus ) dan mengkilap.

Sinar datang sejajar dipantulkan sejajar pula. Contoh pada cermin datar • Pemantulan tidak teratur atau baur atau pemantulan difus adalah pemantulan yang terjadi pada permukaan yang tidak rata ( kasar ). Sinar datang sejar dipantulkan tidak sejajar atau ke segala arah. Pemantulan baur memberikan kesan teduh. Jika tidak ada pemantulan baur sudut-sudut ruangan, dibawah pohon akan gelap gulita. Benda dapat dilihat apabila benda tersebut terkena cahaya dan cahayanya dipantulkan ke mata kita.

Cermin Datar Untuk melukispembentukan bayangan pada cermin datar digunakan hokum pemantulan cahaya, seperti pada contoh gambar berikut : Keterangan : • a = titik benda • a ’ = titik bayangan • S o = jarak benda ke cermin • S i = jarak bayangan ke cermin • h o = tinggi benda • hi = tinggi bayangan Baca Juga : Akibat Rotasi Bumi Sifat-sifat bayangan yang dibentuk cermin datar : • maya • sama tegak • sama besar ( ho = hi ) • jarak benda sama ( So = Si ) • simetris • bertukar sisi Ukuran cermin datar minimum untuk dapat melihat bayangan seluruh tubuh kita adalah setengah dari ukuran tubuh kita.

Dua buah cermin datar yang membentuk sudut, dapat menghasilkan bayangan yang jumlahnya lebih dari satu. Jumlah bayangan yang dibentuk dapat dihitung dengan rumus : Keterangan : • N = jumlah bayangan • α = sudut buka kedua cermin Soal 1. Seberkas cahaya dijatuhkan pada cermin datar dengan sudut 700 terhadap garis normal. Hitung : • Besar sudut pantul • Sudut antara sinar datang dan sinar pantul 2.

Sebuah benda terletak diantara dua buah cermin datar. Hitung jumlah bayangan yang dapat dibentuk jika kedua cermin membentuk sudut : • 150 • 22,50 3. Dua buah cermin datar diatur sehingga menghasilkan 7 bayangan. Hitung sudut yang dibentuk oleh kedua cermin. Baca Juga : Akibat Rotasi Bumi Cermin Cekung Cermin cekung adalah cermin dimana bagian yang memantulkan cahaya permukaannya berupa cekungan.

Cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya, diman sinar-sinar sejajar yang dijatuhkan pada cermin cekung akan dipantulkan sehingga sinar-sinar pantulnya berpotongan pada titik yang disebut titik focus atau titik api ( F ).

Keterangan : • SU = sumbu Utama • O = titik pusat bidang cermin • M = titik pusat kelengkungan cermin • F = titik focus lensa / titik api • O – F = jarak focus ( f ) • O – M = jari-jari kelengkungan cermin ( R ) • Ruang I = O – F • Ruang II = F – M • Ruang III = M – ~ Ada 3 sinar istimewa pada cermin cekung : Berkas sinar datang sejajar sumbu utama, dipantulkan melalui titik fokus Berkas sinar datang melalui titik fokus, dipantulkan sejajr sumbu utama Berkas sinar datang melalui titik pusat kelengkungan cermin, dipantulkan kembali melalui titik itu lagi Hal-hal yang perlu diperhatikan.

• Bayangan maya adalah bayangan yang dibentuk oleh sinar pantul yang menyebar ( divergen ), dapat langsung dilihat oleh mata tetapi tidak dapat ditangkap oleh layar. • Bayangan nyata adalah bayangan yang dibentuk oleh sinar pantul yang mengumpul ( konvergen ), bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks dapat dilihat langsung oleh mata tetapi dapat ditangkap oleh layar.

Pembentukan bayangan pada cermin cekung Untuk melukis bayangan diperlukan dua sinar intimewa • Benda di Ruang I ( S o < F ) Sifat bayangan : • maya • tegak • diperbesar • Benda di Ruang II ( S o < F ) Sifat bayangan : • nyata • terbalik • diperbesar • Benda di Ruang III ( S o < F ) Sifat bayangan : • nyata • terbalik • diperkecil Baca Juga : Hukum Pascal Soal – soal.

Lukislah pembentukan bayangan pada cermin cekung dan bagaimana sifat-sifat bayangannya, jika : • benda berada di titik pusat kelengkungan cermin ( S o = M ) • benda berada di titik focus ( S o = F ) Kegunaan cermin cekung.

• Digunakan sebagai reflektor ( pemantul ) pada alat-alat optic, lampu senter, lampu sepeda motor • Digunakan sebagai kompor matahari Cermin Cembung Cermin cembung adalah cermin dimana bagian yang memantulkan cahaya berbentuk cembung.

Cermin cembung bersifat menyebarkan cahaya, diman sinar-sinar sejajar yang dijatuhkan pada cermin cembung akan dipantulkan sehingga sinar-sinar pantulnya seolah-olah berasal dari titik focu utama ( F ). Keterangan : • SU = sumbu Utama • O = titik pusat bidang cermin • M = titik pusat kelengkungan cermin • F = titik api ( focus ) • O – F = jarak focus ( f ) • O – M = jari-jari kelengkungan cermin ( R ) Pada cermin cembung tidak ada pembagian ruangan Ada 3 sinar istimewa pada cermin cembung : Berkas sinar datang sejajar sumbu utama, dipantulkan seolah-olah berasal dari titik fokus.

Berkas sinar datang seolah-olah menuju titik fokus, dipantulkan seolah olah berasal dari titik fokus Berkas sinar datang seolah-olah menuju titik pusat kelengkungan cermin, dipantulkan kembali Pembentukan bayangan pada cermin cembung Untuk melukis bayangan diperlukan dua sinar intimewa Kegunaan cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari sebagai kaca spion kendaraan bermotor. Rumus-rumus untuk cermin cembung dan cekung : Soal.

• Sebuah benda setinggi 2 cm terletak pada sumbu utama cermin cekung pada jarak 75 cm di depan cermin, bila bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks fokus cermin 25 cm, hitunglah : • jarak bayangan • perbesaran bayangan. • lukis dan sebutkan sifat-sifat bayangan.

• jari-jari cermin • tinggi bayangan • Sebuah benda setinggi 3 cm terletak didepan cembung pada jarak 12 cm. Jika jari-jari kelengkungan cermin 24 cm. Hitung : • jarak bayangan • perbesaran bayangan • Tinggi bayangan • Sifat-sifat bayangan Baca Juga : Gelombang Elektromagnetik Pembiasan Cahaya ( Refraksi ) Pembiasan adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya pada bidang batas antara dua medium yang kerapatannya berbeda.

Atau disebabkan adanya perbedaan kecepatan rambat cahaya antara dua medium. • Hukum Pembiasan Cahaya Menurut Cristian Huggens: cepat rambat cahaya dalam ruang hampa udara dibanding dengan cepat rambat cahaya dalam zat tertentu mempunyai nilai tertentu yang disebut Indeks bias ( n ).

Dirumuskan : Keterangan : • N = indeks bias zat • C = cepat rambat cahaya dalam ruang hampa ( 3 x 10 8 m/s ) • Cn = cepat rambat cahaya dalam medium tertentu ( m/s ) Indeks bias medium ke -1 terhadap medium ke -2 adalah : Besar indeks bias berbagai zat tidak sama, dapat dilihat dari tabel dibawah ini : Soal : • Hitunglah cepat rambat cahaya dalam air, jika indeks bias air 4/3 dan cepat rambat cahaya dalam ruang hampa 3 x 10 8 m/s.

• Indeks bias air dan kaca masing-masing 4/3 dan 3/2. Hitunglah indeks relatif air terhadap kaca ! • Hukum Snellius • Sinar datang garis normal, dan sinar bias terletak dalam suatu bidang datar.

• Perbandingan antara proyeksi sinar datang dengan proyeksi sinar bias yang sama panjangnya pada bidang batas merupakan bilangan tetap yang disebut indeks bias.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

Arah sinar bias : Keterangan gambar : • Sinar jatuh dari zat optik kurang rapat ke zat optik lebih rapat dibiaskan mendekati garis normal • Sinar jatuh dari zat optik lebih rapat ke zat optik kurang rapat dibiaskan menjauhi garis normal.

• Sinar jatuh tegak lurus bidang batas antara 2 medium ( berimpit dengan garis normal ), tidak dibiaskan melainkan diteruskan lurus. Baca Juga : “Bintang” Pengertian & ( Penamaan – Karakteristik – Jenis ) Sudut batas dan Pemantulan Sempurna.

• sudut batas adalah sudut datang sinar dari zat optik lebih rapat menuju zat optik kurang rapat yang menghasilkan sudut bias 90 0. • jika sudut datang melebihi sudut batas maka sinar tidak dibiaskan melainkan dipantulkan sempurna. Contoh pemantulan sempurna dalam kehidupan sehari-hari : • pemantulan sempurna pada permukaan air yang jernih • pemantulan sempurna pada intan • pemantulan sempurna pada prisma kaca sama kaki Pembiasan cahaya pada prisma kaca Jalannya pembiasan cahaya pada prisma kaca dapat dilukis seperti gambar dibawah.

Sudut deviasi adalah sudut yang dibentuk oleh perpanjangan cahaya yang masuk ke prisma dan cahaya yang meninggalkan prisma. Besarnya sudut deviasi dapat dirumuskan : • D = sudut deviasi • i 1 = sudut datang cahaya yang masuk ke prisma • r 2 = sudut bias cahaya yang keluar prisma • β = sudut buka prisma Sudut deviasi minimum terjadi jika berkas cahaya yang masuk ke prisma memotong prisma menjadi segitiga sama kaki. Sudut deviasi minimum dapat dirumuskan : Pembiasan cahaya pada lensa Macam-macam lensa : • lensa cembung / konvek / lensa positif • lensa cekung / konkaf / lensa negative • Lensa Cembung Menurut bentuknya lensa cembung terbagi menjadi tiga macam yaitu : Keterangan gambar : • cembung dua ( bikonvek ) • cembung datar ( plankonvek ) • cembung cekung ( konkaf konvek ) Lensa cembung bersifat mengumpulkan sinar-sinar yang datang padanya.

• Bagian-bagian lensa cembung Keterangan: • SU = sumbu utama • O = titik pusat optik lensa • F = titik focus • 2F = titik pusat kelengkungan lensa • O – F = jarak focus ( f ) • O – 2F= jari-jari kelengkungan lensa • O – F = ruang I • F – 2F = ruang II • F – ~ = ruang III Sinar-sinar istimewa pada lensa cembung Sinar datang sejajar sumbu utama, dibiaskan melalui titik fokus Sinar datang melalui titik fokus, dibiaskan sejajr sumbu utama Sinar datang melalui titik pusat optik, dibiaskan sejajar sumbu utama Pembentukan bayangan pada lensa cembung Untuk melukis pembentukan bayangan pada lensa cembung diperlukan dua sinar istimewa.

• Benda di ruang I ( So < F ) Sifat-sifat bayangan • maya • tegak • diperbesar • Benda di ruang II ( F < So < 2F ) Sifat-sifat bayangan • maya • tegak • diperbesar • Benda di titik pusat kelengkungan lensa ( So = 2F ) Sifat-sifat bayangan • nyata • terbalik • sama besar Soal – soal Lukislah pembentukan bayangan pada lensa cembung dan bagaimana sifat-sifat bayangannya, jika : • benda berada di Ruang III ( S o > 2F ) • benda berada di titik focus ( S o = F ) • Lensa Cekung Menurut bentuknya lensa cekung terbagi menjadi tiga macam yaitu : Keterangan gambar : • cekung dua ( bikonkaf ) • cekung datar ( plankonkaf ) • cekung cembung (konvek konkaf ) Lensa cekung bersifat menyebarkan sinar-sinar yang datang padanya.

Bagian-bagian lensa cekung Keterangan: • SU = sumbu utama • O = titik pusat optik lensa • F = titik focus • 2F = titik pusat kelengkungan lensa • O – F = jarak focus ( f ) • O – 2F= jari-jari kelengkungan lensa Pada lensa cekung tidak ada pembagian ruangan. Sinar-sinar istimewa pada lensa cekung Sinar datang sejajar sumbu utama, dibiaskan seolah-olah berasal dari titik focus utama Sinar datang seolah-olah menuju titik fokus, dibiaskan sejajar sumbu utama Sinar datang menuju pusat optik, tidak dibiaskan melainkan diteruskan lurus Pembentukan bayangan pada lensa cekung Untuk melukis pembentukan bayangan pada lensa cekung diperlukan dua sinar istimewa.

Sifat-sifat bayangan : • maya • tegak • diperkecil Rumus-rumus untuk lensa cembung dan cekung : Soal. • Sebuah benda berada pada jarak 4 cm didepan lensa cembung yang mempunyai jarak focus 12 cm. Jjika tinggi benda 2 cmhitunglah : • jarak bayangan • perbesaran bayangan • tinggi bayangan • sifat-sifat bayangan • Didepan lensa cembung pada jarak 30 cm terdapat benda bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks tingginya 1,5 cm.

Jika jarak focus lensa 15 cm, tentukan : • Jarak bayangan • Tinggi bayangan • perbesaran bayangan • sifat-sifat bayangan • Kekuatan Lensa Kekuatan lensa adalah kemampuan lensa untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya. Satuan kekuatan lensa adalah dioptri ( D ). 1 Dioptri adalah kekuatan lensa yang mempunyai jarak fokus 1 meter Keterangan : • P = Kekuatan lensa ( D ) • f = jarak focus ( m ) Soal • Sebuah lensa mempunyai focus bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks cm, berapa kekuatan lensa tersebut.

• Kekuatan sebuah lensa – 5 D. Tentukan fokusnya Peruraian Cahaya ( Dispersi ) Dispersi yaitu peristiwa terurainya cahaya putih menjadi cahaya yang berwarna-warni, seperti terjadinya pelangi. Pelangi merupakan peristiwa terurainya cahaya matahari oleh butiran-butiran air hujan.

Peristiwa peruraian cahaya ini disebabkan oleh perbedaan indeks bias dari masing-masing cahaya, di mana indeks bias cahaya merah paling kecil, sedangkan cahaya ungu memiliki indeks bias paling besar.

Cahaya putih yang dapat terurai menjadi cahaya yang berwarna-warni disebut cahaya polikromatik sedangkan cahaya tunggal yang tidak bisa diuraikan lagi disebut cahaya monokromatik. Peristiwa dispersi juga terjadi apabila seberkas cahaya putih, misalnya cahaya matahari dilewatkan pada suatu prisma. Cahaya polikromatik jika dilewatkan pada prisma akan terurai menjadi warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Kumpulan cahaya warna tersebut disebut spektrum.

Lebar spektrum yang dihasilkan oleh prisma tergantung pada selisih sudut deviasi antara cahaya ungu dan cahaya merah. Sedikit dibawah cahaya ungu terdapat sinar ultraungu dan sedikit di atas cahaya merah terdapat sinar inframerah. Sekian penjelasan artikel diatas tentang Cahaya – Pengertian, Pemantulan, Sifat, Sumber Dan Materinya semoga bermanfaat bagi pembaca setia kami… Terimakasih… Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Fisika Ditag 8 sifat cahaya, apa yang dimaksud dengan difraksi, apa yang menjadi sumber cahaya, apakah yang dimaksud dengan pembiasan cahaya, bagaimana pembiasan cahaya dapat terjadi, benda bening yang dapat membiaskan cahaya, benda yang menggunakan cermin datar adalah, cahaya adalah brainly, cahaya bila mengenai cermin akan, cahaya dapat terpolarisasi, cahaya fisika, cahaya merambat memerlukan medium, cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, cahaya sifat sifat dan manfaat dan optika, contoh cahaya dapat dipantulkan, contoh penerapan sifat cahaya dalam kehidupan sehari hari, contoh soal optik fisis, contoh soal pemantulan cahaya, contoh soal sifat-sifat cahaya, difraksi franhoufer memiliki ciri berupa, gambar cahaya dapat dibiaskan, gambar sifat cahaya dan penjelasannya, hukum pemantulan cahaya, jelaskan sifat-sifat cahaya, jelaskan yang dimaksud lup atau kaca pembesar, macam macam cermin, makalah cahaya, makalah gelombang cahaya, makalah sifat sifat cahaya, manfaat cahaya dapat dipantulkan, materi cahaya, materi cahaya matahari, materi gelombang cahaya kelas 11 semester 2, materi gelombang cahaya pdf, menentukan fenomena yang sesuai dengan sifat cahaya sebagai gelombang elektromagnetik, menyelidiki arah rambat cahaya, optika fisis adalah, optika fisis pdf, pemantulan cahaya, pemantulan cahaya pada cermin datar bersifat, pembentukan bayangan pada cermin, pengertian cahaya, pengertian cahaya menurut para ahli, pengertian gelombang cahaya, penggabungan dan pemisahan warna pada cahaya, penyusun cahaya, peranan matahari dan nyala api lilin, rumus cahaya, rumus cahaya kelas 8, rumus fisika smk kelas 10, rumus keping sejajar, rumus kerja, rumus pemantulan cahaya pada cermin datar, sebutkan sumber penghasil cahaya, sifat cahaya antara lain, sifat cahaya brainly, sifat cahaya pada cermin, sifat gelombang cahaya, sifat sifat cahaya brainly, sifat sifat cahaya fisika, sifat sifat cahaya kelas 4 sd, sumber cahaya, teori cahaya, tuliskan 2 hukum pemantulan cahaya Navigasi pos • Contoh Teks Editorial • Contoh Teks Laporan Hasil Observasi • Teks Negosiasi • Teks Deskripsi • Contoh Kata Pengantar • Kinemaster Pro • WhatsApp GB • Contoh Diksi • Contoh Teks Eksplanasi • Contoh Teks Berita • Contoh Teks Negosiasi • Contoh Teks Ulasan • Contoh Teks Eksposisi • Alight Motion Pro • Contoh Alat Musik Ritmis • Contoh Alat Musik Melodis • Contoh Teks Cerita Ulang • Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol • Contoh Karangan Eksposisi • Contoh Pamflet • Pameran Seni Rupa • Contoh Seni Rupa Murni • Contoh Paragraf Campuran • Contoh Seni Rupa Terapan • Contoh Karangan Deskripsi • Contoh Paragraf Persuasi • Contoh Paragraf Eksposisi • Contoh Paragraf Narasi • Contoh Karangan Narasi • Teks Prosedur • Contoh Karangan Persuasi • Contoh Karangan Argumentasi • Proposal • Contoh Cerpen • Pantun Nasehat • Cerita Fantasi • Memphisthemusical.Com
4.

bacalah surat dinas berikut, kemudian tulislah unsur-unsur surat dinas tersebut secara urut dari nomor (1) s.d. (10)! organisasi siswa intra sekola … h (osis) smp persada nusantara jalan hati damai, nomor 67 jakarta (021) 77485 (1) (2) 10 november 2020 nomor : 088/osis-n/11/2020 hal : mengikuti turnamen bola basket (3) (4) yth.

ketua osis smp bina bangsa di jakarta (5) dengan hormat, (6) dalam rangka memperingati hari jadi smp persada nusantara, kami akan menyelenggarakan turnamen bola basket tingkat smp se-jakarta.

bacaan tentang peristiwa peruraian cahaya putih menjadi berbagai warna termasuk kategori teks

(7) . (8) demikian surat ini, atas partisipasi saudara, kami berterima kasih. hormat kami, (9) ketua osis, dewangga krisna (10)​

Bacaan Harian




2022 www.videocon.com