Tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Apa Tulang Terpanjang yang Dimiliki Manusia? Mungkin banyak orang mengira tulang terpanjang pada tubuh manusia adalah tulang belakang. Namun, sebenarnya, tulang belakang terdiri atas beberapa tulang alias bukan tulang tunggal. Karenanya, tulang terpanjang pada tubuh manusia adalah tulang paha atau femur. Apa Tulang Terpendek yang Dimiliki Manusia? Tulang terpendek pada tubuh manusia adalah tulang sanggurdi, yang berada di bagian dalam telinga.

Disebut sanggurdi, karena tulang itu berbentuk seperti sanggurdi yang digunakan di tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang kuda. Hmm… ada yang mau menambahkan? Tulang yang terberat dan terpanjang pada tubuh manusia adalah tulang … paha (femur). Pendahuluan: Tulang paha atau femur adalah bagian tubuh terbesar dan tulang terkuat pada tubuh manusia.

Tulang ini terletak di paha, yaitu bagian atas kaki. Tulang paha ini menghubungkan tubuh bagian pinggul dan lutut. Pembahasan: Rata-rata femur pria dewasa berdiameter 48 cm dan dengan diameter 2,34 cm, menjadikannya tulang terbesar manusia.

Tulang paha sangat kuat, sehingga mampu menyangga tubuh manusia dan digunakan untuk berjalan hingga berlari. Karena kekuatan ini, biasanya membutuhkan banyak kekuatan untuk baru bisa memecahkannya.

Tulang femur dapat cedera akibat tabrakan kendaraan bermotor, jatuh atau sakita saat olahraga. Pada bagian atas, sendi menghubungkan tulang paha dengan pinggul. Sendiri ini berupa sendi peluru sehingga mampu bergerak dalam arah yang beragam.

Sementara di bagian bawah sendi menghubungkan dengan lutut, yang berbentuk sendi gerak. Pelajari lebih lanjut: Jumlah tulang rusuk manusia adalah.pasang ! brainly.co.id/tugas/11455145 ----------------------------------------------------------------------------------- Kode: 9.4.1 Kelas: IX Mata Pelajaran: Biologi Materi: Bab 1 - Rangka dan Otot Manusia Kata Kunci: Tulang Paha (Femur)
Tulang paha atau femur adalah bagian tubuh terpanjang dan terberat pada tubuh manusia.

Tulang ini terletak di paha, yaitu bagian atas kaki. Tulang paha ini menghubungkan tubuh bagian pinggul dan lutut. Tulang paha sangat kuat, sehingga mampu menyangga tubuh manusia dan digunakan untuk berjalan hingga berlari.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. Sistem kerangka tulang manusia Apa itu sistem kerangka tulang manusia? Pada saat baru lahir, tubuh manusia dibentuk oleh 270 tulang. Namun, seiring dengan perkembangan tubuh, beberapa dari tulang-tulang tersebut menyatu.

Pada saat mencapai usia dewasa, kerangka manusia hanya akan dibentuk oleh 206 tulang saja. Lalu, seperti apa anatomi tulang manusia? Simak penjelasan lengkap mengenai anatomi tulang dan juga sendi pada manusia berikut ini. Fungsi tulang pada manusia Sebelum mempelajari anatomi kerangka tulang manusia, Anda perlu memahami fungsi dari keberadaannya pada tubuh.

Dari kepala hingga jari Anda, tulang berfungsi untuk melindungi sekaligus membentuk tubuh. Tengkorak berfungsi melindungi otak sementara tulang rusuk melindungi organ vital di dada.

Selain itu, terdapat lima fungsi utama lainnya dari tulang manusia, di antaranya adalah: • Pembentuk struktur di dalam tubuh. • Tempat menyimpan mineral dan lipid yang dibutuhkan oleh tubuh. • Tempat memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan elemen darah lainnya.

• Melindungi organ-organ di dalam tubuh. • Memberi kemampuan tubuh untuk bergerak. Bentuk-bentuk kerangka tulang manusia Ada baiknya untuk memahami bentuk-bentuk dari tulang sebelum memahami anatomi kerangka tulang manusia.

Berdasarkan bentuknya, tulang manusia dibagi menjadi lima bentuk, yaitu: sumber: Daydream Anatomy 1. Tulang panjang Tulang panjang memiliki rongga dan bertanggung jawab sebagai penopang kerangka tubuh. Sebagai contoh tulang panjang yaitu tulang paha (femur), tulang betis (fibula), tulang kering (tibia), tulang telapak kaki (metatarsal), dan tulang telapak tangan (metacarpal), jari-jari (phalang), serta tulang yang membentuk lengan yaitu humerus, ulna, dan radius.

2. Tulang pendek Ukurannya kira-kira sepanjang lebar dan berbentuk seperti dadu atau bundar. Tulang ini yang memungkinkan Anda untuk bergerak. Sebagai contoh tulang pendek antara lain adalah tulang yang membentuk pergelangan kaki (tarsal) dan tulang membentuk pergelangan tangan (carpal).

3. Tulang pipih Tulang pipih memiliki ukuran yang sangat tipis, tapi ukuran dan bentuknya sangat bervariasi.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Tulang ini memiliki area permukaan untuk melindungi otot yang terdapat pada tulang tersebut. Sebagai contoh tulang pipih antara lain tulang rusuk (rib), tulang tengkorak (cranial), tulang dada (sternum), dan tulang belikat (scapula). 4. Tulang tidak teratur Tulang tidak teratur memiliki bentuk yang tidak sesuai dengan tulang panjang, pendek, atau pipih. Sebagai contoh tulang ini adalah tulang belakang (vertebrae), tulang sacrum, tulang ekor (coccygeal), serta sebagian tulang yang membentuk wajah seperti tulang baji (sphenoid), tulang pipi (zygomatic), dan tulang ethmoid.

5. Tulang sesamoid Tulang sesamoid adalah tulang yang tertanam di tendon (jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang). Tulang bulat kecil ini umumnya ditemukan di tendon tangan, lutut, dan kaki. Tulang sesamoid berfungsi untuk melindungi tendon dari tekanan pada sendi dan meningkatkan efisiensi sendi. Salah satu contoh tulang ini adalah tempurung lutut (patella). Anatomi tulang manusia Anatomi kerangka tulang manusia dibagi menjadi dua kelompok, yaitu aksial dan apendikular.

Tulang aksial Tulang aksial mencakup semua tulang sepanjang tubuh, termasuk kerangka tengkorak, yang meliputi tulang tengkorak dan kerangka wajah. 1. Tulang tengkorak sumber: Healthiack Tengkorak melindungi bagian terpenting dari seluruh otak.

Tengkorak sebenarnya terdiri dari tulang yang berbeda. Beberapa tulang ini melindungi otak Anda, sementara yang lain membentuk struktur wajah Anda. Tulang tengkorak terdiri dari tulang dahi (frontal), tulang ubun-ubun (parietal), tulang pelipis (temporal), dan tulang pembentuk wajah yaitu tulang pipi, tulang baji, tulang rahang bawah (mandibula), tulang rahang atas (maksila), tulang air mata (lakrimal), dan tulang hidung (nasal).

2. Tulang belakang (v ertebral coloumn) Kerangka tulang belakang manusia memiliki 33 ruas tulang yang terbagi menjadi lima ruas, yaitu 7 tulang leher (cervical), 12 tulang dada (thoracic), 5 tulang punggung bawah (lumbar), 5 tulang sacrum, dan 4 tulang ekor (coccygeal).

Masing-masing ruas tulang tersebut diberi nama berdasarkan huruf pertama dari ruas dan posisinya di sepanjang sumbu atas hingga bawah, kecuali sacrum dan tulang ekor.

Sebagai contoh, tulang dada atau thoracic yang paling atas disebut T1 dan yang paling bawah disebut T12. 3. Tulang rusuk dan tulang dada Anatomi rangka tulang manusia juga meliputi tulang dada (sternum), yaitu tulang tipis berbentuk pisau yang terletak di sepanjang garis tengah tubuh Anda.

Sternum terhubung ke tulang rusuk oleh tulang rawan yang disebut kartilago kosta. Tulang rusuk berguna untuk melindungi jantung, paru-paru, dan hati serta organ lainnya di dalam rongga dada agar tetap aman. Tulang rusuk manusia terdiri dari 12 pasang, yang terdiri dari 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang. Tulang apendikular Sementara itu, anatomi kerangka manusia bagian apendikular mencakup semua tulang yang membentuk tungkai atas, tungkai bawah, bahu, dan panggul dan menghubungkan dengan bagian aksial.

1. Tulang tangan Anatomi tulang pada tangan, terdiri dari tulang lengan atas (humerus), pergelangan tangan (carpal), telapak tangan (metacarpal) dan jari-jari. Setiap lengan melekat pada tulang belikat (scapula) yaitu tulang segitiga besar di sudut tulang bagian atas setiap sisi tulang rusuk. Humerus terletak tepat di atas siku Anda, lalu di bawah siku terdapat dua tulang, yaitu radius dan ulna. Masing-masing berbentuk lebar pada bagian ujung dan tipis pada bagian tengah.

Hal ini untuk memberikan kekuatan ketika bertemu tulang lain. Pada ujung jari-jari dan ulna terdapat delapan tulang kecil yang membentuk pergelangan tangan Anda. Pada telapak tangan terdapat lima tulang. Setiap jari tangan terdiri dari tiga ruas tulang, kecuali jempol hanya terdiri dari dua ruas tulang.

2. Tulang tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang Anatomi tulang kaki akan melekat pada sekelompok tulang panggul, yang berbetuk mangkuk yang menopang tulang belakang. Tulang panggul terdiri dari tulang panggul kanan dan kiri, yang setiap sisinya merupakan perpaduan dari tiga tulang yang besar, pipih dan tidak teratur: ilium, ischium, pubis. 3. Tulang kaki Tulang kaki juga bagian dari anatomi kerangka tulang manusia yang berfungsi untuk menopang berat tubuh sehingga Anda bisa berdiri dan berjalan dengan tegak.

Tulang kaki dimulai dari panggul hingga lutut, dinamakan tulang paha atau femur. Ini adalah tulang terpanjang di tubuh manusia. Tulang paha ini menempel pada tulang panggul. Di lutut, terdapat tulang yang berbentuk segitiga yang disebut patella, atau tempurung tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang. Tulang ini yang melindungi sendi lutut. Di bawah lutut terdapat dua tulang kaki lainnya yaitu tibia atau dikenal dengan tulang kering dan fibula atau tulang betis.

Sama seperti tiga tulang di lengan Anda, ketiga tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang di kaki memiliki ujung yang lebih lebar daripada di tengah untuk memberi kekuatan ketika bertemu tulang lain. Sementara tulang pergelangan kaki (metatarsal) sedikit berbeda dari pergelangan tangan. Pada bagian pergelangan kaki terdapat tulang talus, yang melekat pada tulang betis dan membentuk pergelangan kaki, lalu di bawah tulang talus terdapat tumit, yang tersambung dengan enam tulang lainnya.

Pada tulang telapak kaki (tarsal) terdapat lima tulang panjang yang menghubungkan ke jari-jari kaki. Setiap jari kaki memiliki tiga tulang kecil, kecuali jempol hanya memiliki dua tulang. Hubungan kerangka tulang dengan sendi Setelah mengetahui anatomi kerangka tulang manusia, Anda perlu memahami hubungan tulang dengan sendi di dalam tubuh manusia.

Menurut Standfort Children’s Health, sendi merupakan tempat bertemunya dua atau lebih tulang di dalam tubuh. Oleh karena itu, sendi sangat berkaitan erat dengan kerangka tulang manusia. Sebagian besar sendi bersifat mobile atau bisa digerakkan, sehingga tulang pun juga semakin mudah melakukan pergerakan.

Persendian terdiri dari: 1.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Tulang rawan ( cartilage) Meski disebut tulang rawan, bagian dari sendi ini adalah jaringan yang menutupi atau melapisi sendi. Tulang rawan ini dapat membantu mengurangi pergesekan yang terjadi akibat pergerakan di dalam sendi.

2. Membran sinovial ( synovial membrane) Bagian dari sendi ini melapisi kapsul sendi. Selain itu, membran sinovial ini mengeluarkan cairan berwarna bening yang berbentuk sedikit kental dan lengket bernama cairan sinovial di sekitar persendian yang berfungsi sebagai pelumas sendi. 3. Ligamen ( ligaments) Ligamen adalah jaringan berserat tapi bersifat elastis dan berfungsi sebagai jaringan penghubung yang terdapat di sekitar persendian untuk mendukung sekaligus membatasi pergerakan sendi.

Ligamen bertugas untuk menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya. 4. Tendon ( tendons) Hampir mirip dengan ligamen, tendon berada pada sisi-sisi sendi dan melekat pada otot yang mengontrol pergerakan dari sendi.

Tendon berfungsi untuk menghubungjan otot dengan tulang. 5. Bursa Sementara itu, bagian dari sendi ini adalah kantung berisi cairan yang terdapat di antara tulang-tulang, ligamen, tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang struktur lainnya. Fungsi dari kantung cairan ini untuk mengurangi gesekan yang terdapat di dalam sendi. 6. Meniskus Sebenarnya, meniskus termasuk jenis tulang rawan. Namun, tulang rawan yang satu ini berbentuk seperti huruf C yang berfungsi sebagai bantalan yang terdapat pada persendian lutut.

Gangguan kesehatan pada tulang dan sendi Gangguan kesehatan yang menyerang tulang Berikut ini adalah macam-macam penyakit atau kelainan yang memengaruhi kerangka tulang manusia. Di antaranya: 1. Osteoporosis Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang pada tingkatan parahnya menyebabkan patah tulang. Osteoporosis paling sering terjadi pada tulang panggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.

Osteoporosis dapat dialami oleh baik wanita maupun laki-laki. Namun, wanita yang sudah berusia lanjut dan sudah mengalami menopause memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya. Penggunaan obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat mencegah progres dari penyakit ini, dan menguatkan tulang yang mulai rapuh. 2. Patah tulang Masalah pada kerangka manusia juga bisa terjadi jika ada tulang yang patah.

Biasanya, kondisi ini terjadi akibat jatuh, kecelakaan kendaraan, atau cedera karena olahraga. Tingkat keparahannya pun beragam. Jika tidak terlalu parah, mungkin tulang Anda hanya mengalami keretakan. Namun, pada tingkatan yang sudah parah, misalnya pada kecelakaan mobil, tulang Anda mungkin patah dan membutuhkan perawatan medis segera.

3. Kelainan tulang belakang Ada pula kelainan pada tulang belakang yang menjadi salah satu masalah kerangka manusia. Beberapa jenis kelainan tulang belakang antara lain, kifosis (tulang belakang melengkung berlebihan ke depan), lordosis (ruas tulang belakang bagian bawah melengkung ke dalam berlebihan), dan skoliosis (tulang belakang melengkung ke samping).

Ada pula spondylolisthesis, yaitu kelainan tulang belakang yang terjadi akibat pergeseran tulang ke bawah sehingga menekan saraf dan menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Lalu, spondylosis adalah masalah pada tulang belakang yang terjadi sebagai bagian dari proses penuaan. 4. Osteopenia Osteopenia adalah masalah kerangka manusia akibat penurunan kepadatang tulang. Hal ini membuat tulang menjadi semakin rapuh. Jika tidak segera ditangani, osteopenia bisa menyebabkan osteoporosis. 5. Osteomalacia Osteomalasia adalah masalah kesehatan tulang yang menyebabkan tulang tidak dapat mengeras.

Hal ini membuat tulang menjadi lebih rentan untuk bengkok, bahkan patah. Hal ini biasanya disebabkan oleh tubuh kekurangan vitamin D. 6. Penyakit paget tulang Penyakit paget tulang memiliki ciri-ciri tulang di bagian tubuh tertentu menjadi lebih besar dan lebih tebal.

Penyakit ini dapat mengganggu proses daur ulang jaringan tulang baru. Anda akan semakin berisiko mengalami gangguan tulang yang satu ini seiring dengan bertambahnya usia.

Penyakit ini juga bisa terjadi secara turun-temurun, sehingga risikonya ikut meningkat jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit paget tulang. 7. Osteopetrosis Osteopetrosis mengarah kepada kumpulan gangguan tulang yang terjadi secara turun-temurun.

Hal ini ditandai dengan kenaikan massa tulang dan pertumbuhan tulang yang abnormal. 8. Achondroplasia Achondroplasia merupakan gangguan pertumbuhan tulang yang ditandai dengan masalah tubuh kerdil ( dwarfism). Hal ini juga menyebabkan pergerakan siku menjadi terbatas, ukuran kepala menjadi lebih besar dari ukuran normal, hingga jari-jari berukuran kecil.

9. Osteogenesis imperfecta Osteogenesis imperfecta (OI) adalah sekelompok gangguan langka yang dapat menyerang jaringan ikat. Artinya, hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. 10. Osteomyelitis Osteomyelitis adalah infeksi tulang.

Infeksi ini bisa tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang hingga ke tulang karena penyebaran dari jaringan tubuh atau aliran darah. Namun, infeksi bisa berasal dari tulang itu sendiri jika ada luka yang membuat tulang terkontaminasi dengan kuman. Masalah kesehatan yang menyerang sendi Selain masalah kesehatan tulang yang menyerang kerangka tulang manusia, ada pula yang menyerang persendian. Di antaranya: 1. Arthritis Arthritis merupakan radang sendi yang terbagi ke dalam beberapa jenis.

Osteoarthritis, rheumatoid arthritis, asam urat, psoriasis arthritis, ankylosing spondylitis, septic arthritis, dan juveline idiopathic arthritis merupakan jenis-jenis arthritis yang perlu Anda ketahui. 2. Bursitis Bursitis adalah peradangan pada bursae, yaitu salah satu bagian dari sendi berupa kantung yang berisi pelumas.

Kantung ini bisa ditemukan pada bahu, siku, pinggul, lutut, dan kaki. 3. Tendinitis Tendinitis ini menyerang tendon, di mana jaringan serat yang menghubungkan otot dengan tulang ini mengalami peradangan yang terjadi akibat cedera yang seringnya terjadi secara tiba-tiba.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

4. Cedera tendon Cedera tendon terjadi karena jaringan tendon yang robek akibat terlalu sering digunakan atau bagian dari proses penuaan. 5. Tennis elbow Tennis elbow terjadi saat tendon di area siku terlalu sering digunakan, khususnya karena pergerakan yang berulang di pergelangan tangan dan lengan.

6. Carpal tunnel syndrome Kondisi ini menyerang area pergelangan tangan hingga telapak tangan yang menyebabkan rasa sakit, mati rasa, dan nyeri. Carpal tunnel syndrome bisa terjadi apabila Anda mengalami radang sendi di sekitar pergelangan tangan yang menyerang saraf median. Health Encyclopedia. Retrieved 28 September 2020, from https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=P00044 Anatomy of a Joint.

Retrieved 28 September 2020, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anatomy-of-a-joint-85-P00044 Anatomy of the Bone. Retrieved 28 September 2020, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/anatomy-of-the-bone Musculoskeletal System: Normal Function & Structure.

Retrieved 28 September 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12254-musculoskeletal-system-normal-structure–function Busy Bones. Retrieved 28 September 2020, from https://askabiologist.asu.edu/bone-anatomy Tennis Elbow. Retrieved 1 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tennis-elbow/symptoms-causes/syc-20351987 Tendon Injury. Retrieved 1 October 2020, from https://www.uofmhealth.org/health-library/uh2113 Osteomyelitis.

Retrieved 1 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteomyelitis/symptoms-causes/syc-20375913 Achondroplasia. Retrieved 1 October 2020, from https://rarediseases.info.nih.gov/diseases/8173/achondroplasia Osteopetrosis. Retrieved 1 October 2020, from https://rarediseases.info.nih.gov/diseases/4155/osteopetrosis Fractures. Retrieved 1 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-fractures/basics/art-20056641 Osteoporosis.

Retrieved 1 October 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteoporosis/symptoms-causes/syc-20351968
Nama-nama Tulang Manusia dan Fugnsinya – Apa jadinya jika manusia tidak memiliki tulang? Pastinya, manusia itu tidak akan bisa bergerak. Hal ini dikarenakan tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang merupakan salah satu organ penting yang ada pada manusia yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh.

Selain itu, tulang memiliki sumsum tulang, sumsum tulang bisa menghasilkan sel-sel darah baru yang amat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Pada dasarnya, tulang bukan hanya berfungsi sebagai penggerak anggota tubuh dan penghasil sel-sel darah baru saja. Tulang juga mempunyai fungsi yang sangat penting, yaitu menjaga atau melindungi organ-organ tubuh yang penting, salah satu bagian tubuh yang dilindungi oleh tulang adalah otak.

Pernahkah kamu berpikir, bagaimana jadinya kalau otak tidak dilindungi oleh tulang? Tulang-tulang yang ada pada manusia sangatlah beragam dan memiliki namanya masing-masing. Bahkan, setiap nama tulang selalu memiliki fungsi yang berbeda-beda juga. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenal nama-nama tulang pada manusia. Ingin tahu lebih jelas nama-nama tulang pada manusia dan fungsinya? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi • Pengertian Tulang • Nama-Nama Tulang • 1. Tulang Tengkorak • Anda Mungkin Juga Menyukai • • A. Tulang Kepala • a) Tulang Parietal (Tulang Ubun-Ubun) • b) Tulang Frontal (Tulang Dahi) • c) Tulang Oksipital (Tulang Kepala Belakang) • d) Tulang Temporal (Tulang Pelipis) • e) Tulang Etmoid (Tulang Tapis) • f) Tulang Sphenoid (Tulang Baji) • B.

Tulang Wajah • a) Tulang Rahang Atas • b) Tulang Rahang Bawah • c) Tulang Pipi • d) Tulang Hidung • e) Tulang Lakrimal • f) Tulang Palatina • 2. Tulang Selangka • 3. Tulang Lengan Atas • 4. Tulang Belikat • 5. Tulang Rusuk • 6. Tulang Punggung • 7. Tulang Panggul • 8. Tulang Pengumpil • 9. Tulang Dada • 10. Tulang Hasta • 11. Tulang Jari • 12. Tulang Paha • 13.

Tulang Betis • 14. Tulang Tempurung Lutut • 15. Tulang Kering • Kesimpulan Pengertian Tulang Tulang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti rangka atau bagian rangka tubuh manusia atau hewan. Secara sederhana, tulang dapat diartikan sebagai rangka tubuh manusia yang tersusun dari jaringan-jaringan yang sangat keras.

Pada dasarnya tulang pada manusia memiliki struktur yang hampir sama walaupun ukuran dan bentuk tulang manusia sangatlah beragam. Bagaimana tulang pada manusia bisa terbentuk? Tulang pada manusia tersusun atau terbentuk dari kalsium dan fosforus. Kandungan kalsium yang ada pada tulang manusia berkisar 99%.

Sedangkan kandungan fosforus pada tulang manusia sebanyak 90% dari jumlah fosforus dalam tubuh. Banyaknya kalsium pada tulang menandakan bahwa tulang itu kuat dan keras. Oleh karena itu, jika kamu mendengar ada seseorang yang memiliki tulang yang keropos atau mudah patah, maka bisa dipastikan bahwa kalsium pada tulang tersebut sangatlah kurang.

Sementara itu, adanya kandungan fosforus pada tulang membuktikan bahwa tulang sangat membutuhkan kandungan mineral. Kandungan mineral ini sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kerasnya tulang.

Bukan hanya kalsium dan fosforus saja yang menjadi pembentuk tulang, serat-serat kolagen juga menjadi pembentuk tulang manusia. Serat-serat kolagen ini sangat berfungsi untuk memberikan kelenturan pada tulang. Rp 43.000 1. Tulang Tengkorak Tulang tengkorak adalah tulang pembentuk kepala. Singkatnya di bagian kepala kita terdapat organ-organ penting yang harus dilindungi oleh tulang. Dinamakan tulang tengkorak karena tulang ini berbentuk seperti kepala tengkorak atau membentuk seperti wajah.

Fungsi utama tulang tengkorak adalah melindungi atau menjaga otak dan organ-organ vital manusia yang berada di wajah dari benturan yang sangat bahaya. Selain itu, tulang tengkorak memiliki fungsi lain yaitu membentuk struktur wajah. Tulang tengkorak terbentuk dari beberapa bagian yang dimana setiap bagian itu dibagi menjadi dua golongan, yaitu tulang kepala tulang wajah. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan tentang dua golongan tulang tengkorak tersebut.

A. Tulang Kepala a) Tulang Parietal (Tulang Ubun-Ubun) Posisi tulang parietal ini terletak pada kedua sisi kepala atau berada tepat di belakang tulang dahi. Biasanya tulang ini disebut dengan tulang ubun-ubun dan tulang ini berjumlah dua buah.

b) Tulang Frontal (Tulang Dahi) Tulang frontal atau dikenal dengan tulang dahi terletak pada pada bagian depan wajah. Tulang dahi ini mempunyai bentuk pipih serta fungsi dari tulang ini untuk melindungi otak dan membentuk struktur kepala yang terdiri dari rongga hidung, mata, dan lain-lain.

c) Tulang Oksipital (Tulang Kepala Belakang) Sama seperti tulang dahi, bentuk tulang oksipital ini pipih. Tulang oksipital ini disebut juga dengan nama tulang kepala belakang. Oleh karena itu, letak dari tulang ini berada di bagian belakang tulang tengkorak. Saraf tulang belakang agar terhubung ke tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang melalui lubang yang ada pada tulang kepala belakang.

Fungsi dari tulang kepala belakang adalah melindungi bagian otak yang berhubungan penglihatan. Selain itu, tulang ini mempunya peran yang sangat penting terutama dalam mengatur pergerakan dan keseimbangan tubuh. d) Tulang Temporal (Tulang Pelipis) Tulang temporal atau tulang pelipis ini berjumlah dua.

Letak dari tulang pelipis ini berada di sebelah kiri dan kanan tulang tengkorak atau lebih tepatnya tepat berada di bawah tulang ubun-ubun. Membantu untuk menopang struktur tengkorak, melindungi otak, dan melindungi membran-membran yang ada disekitarnya merupakan fungsi dari tulang temporal atau tulang pelipis ini.

Jika kamu sedang mengunyah atau menelan makanan, maka pada saat itu, tulang pelipis membantu untuk menggerakkan otot-otot tersebut. e) Tulang Etmoid (Tulang Tapis) Letak dari tulang etmoid berada pada depan tulang sphenoid. Tulang etmoid ini disebut juga dengan tulang tapis.

Adapun fungsi dari tulang etmoid ini membantu untuk membentuk struktur rongga hidung. Tulang etmoid mempunyai rongga yang bernama rongga sinus. Fungsi dari rongga sinus untuk memproduksi atau menghasilkan lendir. Lendir ini juga sangat berfungsi untuk menangkap atau menghadang hadirnya alergen yang berbahaya.

f) Tulang Sphenoid (Tulang Baji) Tulang terakhir yang ada pada tulang wajah adalah tulang sphenoid atau tulang baji.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Fungsi utama dari tulang sphenoid ini adalah melindungi atau menjaga struktur saraf dan otak yang berada di bagian wajah. B. Tulang Wajah Bagian tulang tengkorak berikutnya adalah tulang wajah. Tulang wajah ini terdiri dari beberapa tulang. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini. a) Tulang Rahang Atas Tulang rahang atas mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan piramida yang menyatu pada bagian tengah.

Selain itu, tulang ini juga memisahkan mulut dengan rongga hidung. Tulang rahang memiliki fungsi, seperti tempat tumbuhnya gigi atas, pembentukan wajah, dan yang terakhir berfungsi untuk membantu terjadinya berbicara dan mengunyah makanan. b) Tulang Rahang Bawah Tulang rahang bawah mempunyai dua bagian atau bentuk.

Pertama, berbentuk melengkung horizontal dan kedua, berbentuk melengkung vertikal. Kedua bagian tersebut saling berhubungan di kedua sisi tubuh. Fungsi dari tulang rahang bawah ini hampir sama dengan fungsi tulang rahang atas, yaitu tempat tumbuhnya gigi bawah, pembentukan wajah bagian bawah, dan memudahkan mulut untuk bergerak. c) Tulang Pipi Tulang pipi terdiri dari dua sisi yang terletak pada bagian bawah kedua mata. Tulang ini memiliki bentuk serupa persegi panjang dan bagian depannya sedikit lebih tebal.

Menyatukan tulang wajah. Adapun fungsi dari tulang pipi, yaitu menopang struktur wajah dan melindungi mata. d) Tulang Hidung Tulang hidung berada di antara tulang dahi dan tulang rahang atas atau lebih tepatnya terletak pada bagian tengah wajah.

Sama dengan namanya, maka fungsi tulang ini adalah menjaga bentuk hidung dan mengikat atau memperkuat tulang rawan yang ada pada hidung. e) Tulang Lakrimal f) Tulang Palatina Tulang palatina mempunyai bentuk yang hampir mirip atau sama dengan huruf “L” serta letak dari tulang ini ada di bagian bawah tulang tengkorak.

Fungsi dari tulang palatina, di antaranya sebagai rumah dari saraf palatine serta pemberi sinyal pada tubuh ketika gigi dan mulut sedang merasa sakit. 2. Tulang Selangka Tulang selangka terletak pada bagian atas tulang rusuk pertama. Tulang selangka bisa dikatakan sebagai satu-satunya tulang yang ada pada manusia yang memiliki bentuk memanjang horizontal.

Tulang selangka mempunyai dua fungsi, pertama berfungsi untuk membuat lengan menjadi mudah bergerak leluasa. Kedua, melanjutkan goyangan atau gerakan dari anggota gerak pada bagian tubuh atas ke kerangka tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang (aksial).

3. Tulang Lengan Atas Tulang lengan disebut juga dengan tulang humerus. Sama dengan namanya, maka tulang ini juga terletak pada bagian lengan atas atau lebih tepatnya berada di antara sendi bahu dan sendi siku. Beberapa fungsi tulang lengan atas, seperti menghubungkan sendi putar di bagian bahu, mengangkat dan menurunkan tangan, membantu untuk memberikan gerakan pada sendi bahu, dan lain-lain. 4. Tulang Belikat Tulang belikat mempunyai bentuk yang menyerupai segitiga serta terletak pada bagian bahu.

Tulang ini sebagai penghubung tulang selangkangan atau klavikula dengan tulang lengan atas atau humerus. Tulang belikat mempunyai beberapa fungsi di antaranya sebagai tempat penghubung dari sendi bahu, sendi sternoklavikularis, dan sendi acromioclavicular; Menjaga suplai darah pada lengan dan menjaga bahu secara keseluruhan supaya selalu stabil; Sebagai tempat merekatnya otot dan tendon, seperti supraspinatus, infraspinatus, latissimus dorsi, dan bisep; Sebagai penghubung tulang-tulang yang ada di bahu, mulai dari tulang dada, tulang leher, dan tulang belikat.

5. Tulang Rusuk Tulang rusuk adalah tulang yang berbentuk panjang dan pipih serta memiliki tujuh pasang yang menempel pada tulang dada. Ketujuh tulang rusuk tersebut dikenal dengan sebutan tulang rusuk sejati. Dengan kata lain, tulang rusuk ini terletak pada bagian tengah dada. Pada dasarnya, tulang rusuk mempunyai tingkat kelenturan yang cukup baik. Kelenturan pada tulang rusuk ini berfungsi untuk membantu proses pernapasan dan menjaga atau melindungi organ-organ vital yang ada pada dada dari benturan.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Oleh karena itu, tulang rusuk ini harus dijaga dengan baik-baik supaya organ-organ vital pada dada tetap terlindungi. 6. Tulang Punggung Tulang punggung memiliki nama lain yaitu tulang belakang. Tulang belakang ini tersusun dari berbagai macam tulang-tulang kecil yang terdiri dari dasar tulang tengkorak dan tulang panggul. Tulang punggung ini terletak pada bagian belakang tubuh. Tulang punggung berfungsi sebagai penopang kepala, bahu, dan beberapa bagian tubuh manusia lainnya supaya dapat berdiri tegak.

Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai pelindung saraf-saraf yang ada di tulang punggung. Sebenarnya, tulang punggung harus dijaga dengan baik oleh setiap orang karena pada bagian tulang punggung terdapat banyak sekali organ-organ tubuh yang vital. Dengan menjaga tulang punggung ini, maka kamu akan terhindar dari gangguan-gangguan yang terjadi pada tulang punggung. 7. Tulang Panggul Pada dasarnya tulang panggul yang ada pada laki-laki dan perempuan sedikit berbeda.

Oleh karena itu, ketika laki-laki atau perempuan terjadi masalah pada tulang panggul penanganan yang berbeda juga. Tulang panggul itu sendiri memiliki tiga bagian, yakni tulang pinggul, tulang ekor, dan tulang sakrum. Letak dari tulang panggul berada pada bagian bawah perut atau lebih tepatnya berada di antara kedua tulang pinggul. Sedangkan fungsi dari tulang panggul adalah menopang atau menyangga organ-organ sistem pencernaan dan reproduksi. Bukan hanya itu, tulang panggul berfungsi sebagai penghubung tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah.

Baca juga : • Sistem Rangka pada Manusia • Gangguan dalam Sistem Rangka Manusia 8. Tulang Pengumpil Pergelangan tangan dan siku merupakan letak dari tulang pengumpil. Interosseous ligament atau jaringan yang memiliki serat sangat tebal ini bisa dikatakan sebagai jaringan yang menyambungkan tulang pengumpil dengan tulang-tulang lainnya.

Beberapa fungsi dari tulang pengumpil di antaranya; Berfungsi sebagai penggerak pada lengan atau membantu lengan mengangkat benda atau beban ke atas; Berfungsi sebagai perekat otot-otot yang di lengan; Berfungsi untuk menyusun kerangka yang ada di lengan bagian bawah; dan lain-lain. 9. Tulang Dada Tulang dada memiliki sebutan lain yaitu sternum. Tulang dada merupakan salah satu tulang yang harus dijaga dengan baik karena melindungi organ-organ vital terutama yang ada di bagian dada, seperti paru-paru dan jantung.

Bagaimana jadinya jika di dalam tubuh kita tidak ada tulang dada? Tulang dada terletak pada bagian tengah dada. Selain melindungi organ-organ vital, tulang dada juga berfungsi sebagai pembentuk kerangka tubuh, membantu sistem pernapasan, dan melekatkan otot dengan tulang.

10. Tulang Hasta Tulang hasta atau disebut juga dengan tulang lengan. Penyebutan tulang lengan ini karena posisi atau tulang hasta ini berada di lengan manusia, lebih tepatnya terletak pada bagian lengan bawah tangan manusia.

Tulang ini bisa dikatakan sebagai tulang penghubung antara lengan atas dan pergelangan tangan. Tulang hasta memiliki fungsi utama dalam organ tubuh manusia khususnya pada bagian tangan manusia. Dengan kata lain, tulang ini sangat berperan penting dalam pergerakan yang terjadi pada tangan. 11. Tulang Jari Seperti yang kita ketahui bahwa manusia memiliki tangan dan kaki yang dimana kedua bagian tubuh itu memiliki jari.

Di dalam jari-jari itu terdapat tulang yang membuat jari-jari lebih kuat dan keras. Tulang jari ini mempunyai fungsi, seperti sebagai tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang anggota jari-jari, sebagai penghubung sendi-sendi yang berada di jari-jari, dan membentuk struktur jari-jari.

12. Tulang Paha Tulang terpanjang yang ada pada manusia adalah tulang paha karena tulang ini menghubungkan bagian pinggul hingga bagian lutut manusia. Selain itu, tulang paha termasuk ke dalam penggerak anggota tubuh manusia serta tulang ini bisa digolongkan ke dalam tulang pipa. Sama seperti namanya, tulang ini terletak pada bagian paha manusia. Adapun fungsi dari tulang paha, seperti alat penggerak tubuh manusia terutama bagian bahwa, tempat melekatnya otot-otot besar, dan tempat penghasil sel darah merah.

13. Tulang Betis Tulang betis ini berada di dekat tulang kering. Tulang ini merupakan tulang yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari karena dengan tulang ini sebagai penggerak bagian bawah tubuh manusia.

Tulang betis mempunyai beberapa fungsi, seperti sebagai pelindung kaki supaya kuat dan tidak mudah cedera, sebagai penstabil kaki, menopang berat badan, sebagai penyeimbang tubuh dan peyokong atau pendukung tulang kering. 14. Tulang Tempurung Lutut Tulang tempurung terletak di antara tulang kering dan tulang paha. Panjang dari tulang ini berkisar 5 centimeter.

Tendon yang ada pada tulang tempurung lutut berfungsi sebagai pelindung atau pembungkus tulang ini serta menyambungkan tulang kering otot paha yang tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang di bawah sendi lutut. Tulang tempurung mempunyai fungsi utama, yaitu menghubungkan tulang kering dengan otot paha bagian depan.

Selain itu, tulang ini juga menjaga persendian lutut supaya befungsi dengan baik. 15. Tulang Kering Tulang kering ini bisa dikatakan sebagai salah satu tulang terbesar yang ada di bagian kaki.

Tulang ini terletak pada bagian bawah lutut serta tulang ini mempunyai sebutan lain yaitu tulang kuat karena beban yang harus ditopang oleh tulang ini sangat berat.

Tulang kering berfungsi sebagai penyangga otot-otot yang ada di bagian kaki, dan berfungsi menyambungkan pergelangan kaki dengan bagian tempurung lutut. Oleh karena itu, harus dijaga dengan baik-baik supaya anggota tubuh bagian bawah bisa bergerak dengan maksimal. Baca juga artikel terkait “Nama-nama Tulang pada Manusia” : • Sistem Pernapasan Manusia • Biokimia dan Biomolekul • Sistem Gerak Pada Manusia • jaringan Pada Tumbuhan • Sistem Peredaran Darah Besar • Sistem Peredaran Darah kecil • Sel • Sistem Hormon • Teori Evolusi • Materi Genetik • Bioteknologi • Evolusi • Reproduksi Sel • Hereditas Kesimpulan Pada dasarnya tulang-tulang manusia sangatlah vital dan harus diperhatikan secara khusus.

Setiap tulang manusia sudah memiliki fungsinya masing-masing.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Kita sebagai manusia harus menjaga tulang-tulang yang ada di dalam tubuh supaya tidak ada cedera atau luka yang bisa menyebabkan tulang tidak berfungsi dengan baik.

Jadi, sudahkah kamu merawat dan menjaga tulang-tulang yang ada di dalam tubuh?

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 127 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 22 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 10 • Manajemen 29 • Marketing 19 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
• LEBIH TINGGI DARI BUS.?!

8 Manusia Raksasa Tertinggi yang Pernah Hidup di Dunia!!! Dharmendra Singh adalah manusia tertinggi yang berasal dari India, yang katanya tingginya saja melebihi bus. Penasaran juga gak sama manusia giant . Tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang Now • Ada Dari Indonesia.

10 Manusia Aneh Dari Asia Yang Hebohkan Dunia Ini adalah kejadian aneh yang menimpa manusia-manusia di Asia. Kabarnya sempat menggemparkan karena mendapat liputan luas dari media massa .

Watch Now • Raksasa5 Makhluk Terbesar Di dunia yang Pernah Tertangkap Manusia Di dunia ini, banyak sekali hal yang masih menjadi misteri. Bahkan, hewan yang ada di planet ini juga masih banyak misteri nya yang belum terungkap.

Watch Now • YA TUHAN GAK TEGA LIHATNYA, Tinggal Tangan Dan Kaki.! Manusia Paling Kurus Di Dunia Gak usah munafik deh, pasti banyak di antara kalian yang berharap bisa memiliki tubuh langsing dan tak sedikit juga yang bersedia melakukan apapun supaya . Watch Now • HAMPIR 1 TON.!!

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

5 MANUSIA TERGEMUK DAN TERBESAR DI DUNIA Kelebihan berat badan atau Obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak yang terakumulasi dalam tubuh yang bisa membuat seseorang .

Watch Now • 10 Anak Spesial yang Terlahir dengan Keunikan Berbeda dari Anak Normal Padahal semua Anak yang Terlahir Dalam Keadaan Dianggap unik ini spesial dalam caranya masing-masing. Simak ulasan Daftar Populer dalam video ini. Watch Now • 9 Manusia Terberat di Dunia 9 Manusia Terberat di Dunia.

Watch Now • 8 Rekor Dunia Aneh Dan Nyeleneh. Semua Orang Bisa Lakukan?! SALAM HANSUWAN Bukan hal keren saja yang bisa masuk rekor dunia, namun hal aneh dan nyeleneh pun bisa masuk buku rekor dunia. Berikut rekor dunia . Watch Now • 5 DINOSAURUS TERBESAR YANG PERNAH HIDUP DI BUMI Dinosaurus PALING BESAR yang pernah menjejak kaki nya dBumi lebih panjang dari kolam renang, lebih tinggi dari gedung berlantai lima, dan lebih berat .

Watch Now • Seberapa Besar kah Paus Biru itu ? paus biru atau blue whale diyakini merupakan hewan terbesar saat ini yang belum punah. tapi apakah benar paus biru itu hewan terbesar saat ini? mari kita . Watch Now • Ya TUHAN. Sampai Sulit Bergerak!

5 Manusia Memiliki Rekor Tergemuk di Dunia 5 manusia ini Memiliki Rekor Tergemuk di Dunia =============================================== Menjadi gemuk adalah sesuatu hal yang . Watch Now • INILAH 8 MANUSIA TERKECIL DI DUNIA LEBIH PENDEK DARI KURCACI Mempunyai kekurangan bukan halangan untuk menjadi istimewa, dan orang-orang ini membuktikannya, mereka tidak memiliki tinggi tubuh seperti kebanyakan .

Watch Now • Ada Dari indonesia, 5 Manusia Raksasa DiDunia nyata yang benar ada Beberapa cerita atau pun kisah tentang makhluk raksasa, sering kita dengar sedari kita kecil, tapi banyak yang kedengaran nya tidak masuk akal. Ada cerita . Watch Now • 5 Ular Raksasa Terbesar Di Dunia Yang Pernah Tertangkap Manusia Ular adalah salah satu hewan yang masuk ke dalam kelompok hewan reptil atau bahasa ilmiah nya Squamata yang bertubuh panjang dan tidak mempunyai . Watch Now • 7 Ular Terbesar Didunia Yang Pernah Ditemukan Ular merupakan salah satu reptil yang cukup akrab di telinga manusia, bahkan banyak dari pencinta reptil yang memeliharanya.

Dari jenis ular yang tidak . Watch Now • REKOR TIDAK TERPECAHKAN! Manusia dengan anggota tubuh paling besar dan panjang ini adalah sebuah rekor yang sudah lama dan sampai saat ini belum ada yang bisa mengalahkanya subhanalloh. Watch Now • ▼ 2019 (75) • ▼ September (75) • Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Pria Untuk Dil. tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang Resep Ikan Bandeng Tanpa Tulang • Resep Bandeng Presto Tulang Lunak • Penyusun Tulang Rawan • Jumlah Tulang Rusuk Laki Laki • Nama Tulang Dan Jenisnya • Contoh Tulang Daun Menyirip • Proses Pertumbuhan Tulang Pipa • Proses Penyambungan Tulang • Tabel Perbedaan Tulang Rawan Dan Tulang Keras • Macam Macam Tulang Pipa • Macam Macam Tulang Berdasarkan Bentuknya • Macam Macam Fraktur Tulang • Lirik Tulang Rusuk • Sumber Sejarah Kerajaan Tulang Bawang • Khasiat Tulang Unta • Khasiat Tulang Rusuk Ikan Duyung • Khasiat Tulang Kukang • Khasiat Tulang Ikan Duyung • Khasiat Tulang Duyung • Anatomi Tulang Wajah • Saluran Havers Pada Tulang • Keteladanan Abu Bakar Assidiq • Anatomi Tulang Pedis • Anatomi Tulang Panggul • Lirik Lagu Forgotten Hidup Adalah Kutukan • Lirik Jika Teringat Tentang Dikau • Bentuk Tulang Daun Teratai • Kerajaan Tulang Bawang Dan Kota Kapur • Bentuk Tulang Daun Sirsak • Bentuk Tulang Daun Sirih • Bentuk Tulang Daun Sejajar • Bentuk Tulang Daun Pisang • Bentuk Tulang Daun Pepaya • Bentuk Tulang Daun Padi • Bentuk Tulang Daun Menyirip • Bentuk Tulang Daun Menjari • Mengapa Ris Tidak Bertahan Lama • Bentuk Tulang Daun Mangga • Bentuk Tulang Daun Kangkung • Bentuk Tulang Daun Jagung • Bentuk Tulang Daun Bunga Mawar • Letak Tulang Tapis • Pola Kamisol Tulang • Alat Tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang Dari Tulang Binatang Atau Tanduk Rusa • Cara Memijat Tulang Ekor • Cerita Rakyat Toraja Tulang Didi' • Bagian Bagian Tulang Panggul • Tulang Yang Terberat Dan Terpanjang Pada Tubuh Man.

• Tulang Tulang Penyusun Tengkorak • Cara Membuat Kuah Bakso Tanpa Tulang Sapi • Cdr Fortos Untuk Patah Tulang • Cat Tembok Warna Putih Tulang • Cara Melemaskan Otot Setelah Patah Tulang • Traksi Tulang Adalah • Cara Pembidaian Pada Patah Tulang • Dokter Tulang Yang Bagus Di Rs Siaga • Kebaya Warna Putih Tulang • 206 Tulang Manusia Beserta Gambarnya • 206 Nama Tulang Manusia • Manfaat Tulang Duyung • 10 Macam Tulang Penyusun Sistem Rangka Manusia • Askep Tumor Tulang • Mandok Hata Tulang Rorobot • Askep Tb Tulang • Rongga Pada Tulang Punggung Berisi • Gambar Tulang Tak Beraturan • Gambar Tulang Panggul • Gambar Tulang Daun Menyirip • Kunci Jawaban Buku Penjaskes Kelas 8 Kurikulum 2013 • Askep Kanker Tulang • Perbedaan Tulang Rawan Pada Anak Anak Dan Orang De.

• Resep Tulang Babi • Gambar Jaringan Tulang Sejati • Sistem Havers Pada TulangFungsi tulang paha dalam anatomi tubuh manusia, sangatlah penting.

Sebagai tulang terbesar dan terkuat dalam tubuh, paha memiliki tanggung jawab yang besar. Apalagi, tulang paha adalah satu-satunya tulang yang berada di dalam kaki bagian atas. Tanpanya, banyak hal yang tidak bisa dilakukan. Berikut adalah penjelasan mengenai anatomi, fungsi, hingga gangguan pada tulang paha.

Anatomi tulang paha Gambar anatomi tulang paha atau femur Tulang paha atau tulang femur termasuk tulang yang berbentuk panjang (pipa) dan tergolong sebagai tulang yang sangat kokoh dan tidak mudah patah.

Mengutip dari Verywell Health, tulang femur memanjang dari pinggul ke lutut. Biasanya, tulang paha memiliki panjang sekitar 48 sentimeter (cm) dan berat 283 gram, pada pria dewasa. 2. Trokanter Di bawah kepala tulang femur, adalah leher dan trokanter sebagai perpanjangan kaki atau pinggul.

Trokanter melekat pada tendon yang terhubung ke gluteus minimus dan otot gluteus medius.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Otot ini berfungsi untuk membantu berjalan dan berlari. 3. Trokanter small Trokantor minor atau lesser trokanter berada di dasar leher femur. Ini adalah bagian atau anatomi tulang paha yang menempel pada sepasang otot untuk mengangkat kaki depan. Di bawahnya terdapat tuberositas gluteal. 4. Batang tulang paha Selanjutnya, ada pula tubuh tulang paha ( shaft) yang terhubung dengan patella (tutup lutut), tulang tungkai bawah, tibia, dan fibula.

Ujung distal tulang paha ini memiliki pelana yang letaknya berada di atas fibia. Di dalam tubuh tulang paha atau femur terdapat rongga meduler yang berisi sumsum tulang. Lalu, di ujung tulang paha adalah area tulang kompak yang padat. Sekitar tulang kompak adalah tulang spons, yang memiliki banyak rongga kecil tersebar di seluruh bagian.

Fungsi tulang paha Selain dikenal besar dan kokoh, tulang femur juga menjadi tulang terpanjang di dalam tubuh manusia. Berikut adalah fungsi tulang paha yang sangat dibutuhkan manusia untuk beraktivitas.

1. Menopang tubuh Sebagai tulang terkuat dan terkokoh di dalam tubuh manusia, fungsi tulang paha sangatlah vital, yaitu menopang badan dan menjaga keseimbangan tubuh. Sebagai contoh, membantu menopang saat Anda sedang membawa beban berat sehingga keseimbangan tetap terjaga.

Hal ini karena, tulang paha bisa menahan berat sampai 30 kali lipat dari berat badan tubuh manusia. Tidak heran kalau tulang paha disebut sebagai tulang terbesar dan terkuat, dalam tubuh. Itulah sebabnya, tulang femur tidak mudah patah. Kalaupun patah, penyebabnya adalah hal-hal seperti kecelakaan mobil atau jatuh dari ketinggian. Setidaknya, dibutuhkan waktu sekitar 3-half-dozen bulan, agar tulang paha bisa pulih dari patah tulang.

ii. Membantu pergerakan Letaknya yang strategis, membuat fungsi tulang paha sangatlah beragam. Salah satunya adalah menciptakan artikulasi dan kemampuan untuk berlari, berjalan, hingga berdiri. Bagian paling atas tulang paha tersambung ke bagian sendi pinggul yang bermanfaat agar kaki dapat bergerak ke segala arah.

iii. Tulang utama di bagian kaki Tidak hanya besar dan kokoh, tulang paha juga menjadi tulang tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang yang berfungsi menjadi tumpuan dari segala tulang kaki. Sebab, bagian distal (bawah) tulang paha, menjadi lokasi melekatnya segala tulang kaki, mulai dari lutut hingga ke bagian kaki paling bawah 4.

Tempat pembuatan sel darah merah Rongga meduler yang ada di bagian tulang paha, adalah tempat penyimpanan dan pembuatan sel darah merah. Di dalam rongga medular itu, terdapat sumsum tulang, yang mengandung dua jenis sel punca, yakni hemopoietik (penghasil sel darah) dan stromal (penghasil lemak). 5. Tempat melekatnya lutut Bagian paling bawah tulang paha (distal), adalah tempat melekatnya patella (tempurung lutut).

Di bagian bawah tulang paha, terdapat kondilus lateral, yang berfungsi membuat lutut untuk bergerak dengan bebas. Kondisi yang menyebabkan kerusakan fungsi tulang paha Walaupun disebut sebagai tulang terkuat, bukan berarti tulang paha merupakan tulang yang sempurna.

Sebab, tulang paha juga bisa mengalami cedera dan kehilangan fungsinya pada kondisi tertentu, seperti: ane.

Patah tulang paha Patah tulang paha adalah kondisi paling umum yang bisa merusak fungsi tulang paha. Walaupun sulit patah, tetapi hal tersebut mungkin terjadi. Ini karena ada bagian-bagian tulang paha yang sangat rentan, seperti leher tulang paha. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang paha juga bisa menurun. 2. Dislokasi panggul Di saat bagian atas tulang paha tertarik dari acetabulum (soket terpasangnya kepala tulang paha), maka dislokasi panggul bisa terjadi.

Namun, hal ini sangat sulit didiagnosis, jika dilihat dengan kasat mata.

tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang

Sebab, dislokasi panggul seringkali disalahartikan sebagai patah tulang paha. Biasanya, dokter akan langsung merekomendasikan penggunaan sinar ten-ray, untuk mengetahuinya secara pasti. three. Perthes Perthes adalah penyakit yang biasanya dialami oleh anak kecil. Penyakit yang berdampak pada sendi panggul ini, sengat langka terjadi. Kondisi ini akan mengakibatkan penurunan aliran darah ke tulang paha. Jika hal itu sampai terjadi, osteonekrosis (kematian sel dan jaringan tulang) tak lagi bisa dihindari.

four. Anteversi femoral Anteversi femoral adalah kondisi yang membuat tulang paha terputar. Biasanya, hal ini terjadi pada anak-anak. Dalam kebanyakan kasus, anteversi femoral bisa sembuh dengan sendirinya.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai fungsi tulang paha? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play. Tulang Yang Terberat Dan Terpanjang Pada Tubuh Manusia Adalah Tulang Source: https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-fungsi-tulang-paha-si-tulang-terbesar-dalam-tubuh-manusia Terbaru • Manajemen Lahan Peternakan Menggunakan Perkebunan Kelapa Sawit • Cara Melihat Profil Wa Yang Di Privasi • Doa Mewujudkan Benda Gaib Ke Alam Nyata • Cara Buat Pakan Ternak Dari Batang Pisang • Cara Mengetahui Orang Yang Melihat Twitter Kita Selain Tweepsect • Cara Membuat Akun Trap Di Lord Mobile • Pengembagan Wilayah Agribisnis Peternakan Ayam Potong • Taplak Meja Dari Kain Perca Tanpa Mesin Jahit • Syarat Materi Penelitian Ternak Sapi Potong Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
• Anatomi manusia adalah dan bentuk tulang dan otot pada manusia • Tulang tulang badan dengan tulang anggota gerak atas dihubungkan oleh • Fungsi sistem rangka antara lain melindungi organ internal pada tubuh manusia tulang • Tulang pada kaki dan tulang pada tangan merupakan bagian dari rangka • Negara di kawasan asia tenggara yang memiliki garis pantai terpanjang adalah • Organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh adalah • Karang penghalang terbesar dan terpanjang di dunia terdapat di benua • Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan pada tulang • Kelainan pada tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan disebut • Nama tulang yang ditunjuk oleh huruf x pada gambar disamping adalah tulang • Gangguan pada tulang belakang dengan tulang belakang membengkok ke kiri dan ke kanan disebut • Kerusakan pada tulang yang terberat dan terpanjang manusia adalah tulang sehingga sebagian tulang mati dan mengering disebut • Antara tulang yang satu dan tulang yang lain dihubungkan oleh • Antara tulang yang satu dan tulang yang lainnya dihubungkan oleh • Dalam tubuh dan sel kelamin terdapat autosom dan kromosom seks pada ovum manusia terdapat • Dalam sel tubuh dan sel kelamin terdapat autosom dan kromosom seks pada ovum manusia terdapat • Perbandingan ukuran tubuh atau letak bagian tubuh manusia dalam menggambar disebut • Tulang yang termasuk pada kelompok tulang belakang yaitu • Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang disebut • Persendian yang menghubungkan tulang aksis dan tulang atlas disebut sendi

PENELITIAN TULANG EKOR (SULBI) & KEBENARAN HADIS RASULULLAH MUHAMMAD SAW




2022 www.videocon.com