Obat alami radang tenggorokan

obat alami radang tenggorokan

KOMPAS.com - Untuk pertolongan pertama mengobati radang tenggorokan di rumah, beberapa orang mengandalkan cara alami yang minim efek samping dan praktis. Seperti diketahui, masalah kesehatan ini kerap membuat pengidapnya merasa tidak nyaman karena tenggorokan jadi sakit, gatal, atau tak nyaman saat menelan makanan dan minuman. Berikut beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami, pantangan, obat alami radang tenggorokan kapan perlu berobat ke dokter.

Baca juga: 7 Obat Radang Tenggorokan Alami Cara mengobati radang tenggorokan secara alami Ada beberapa cara sederhana yang bisa diterapkan di rumah untuk membantu mengobati radang tenggorokan secara alami. Berikut beberapa di antaranya: • Minum banyak cairan Dilansir dari Mayo Clinic, saat radang tenggorokan kambuh, upayakan untuk menjaga tenggorokan tetap lembap dengan banyak minum cairan.

Cairan membantu membersihkan selaput lendir, sehingga sirkulasi tenggorokan jadi lancar. Dengan sirkulasi lancar, infeksi sekunder seperti sinus bisa dicegah Anda bisa minum obat alami radang tenggorokan putih, kuah sup, minuman hangat seperti wedang jahe, atau seduhan lemon hangat.

Minuman yang hangat cenderung menenangkan bagian belakang tenggorokan. Namun, ada juga orang yang lebih cocok dengan minuman dingin. Pilih yang paling pas buat Anda. • Kumur dengan larutan air garam Dilansir dari Cleveland Clinic, berkumur dengan larutan air garam juga bisa membantu mengobati radang tenggorokan secara alami.

Caranya cukup mudah. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan larutan tersebut, tapi jangan ditelan. Ulangi rutinitas ini setiap tiga jam sekali. Jakarta - Radang tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Sakit ini tentu sangat mengganggu aktivitas seseorang sehingga harus segera diobati agar sembuh. Penyakit radang tenggorokan terjadi karena adanya infeksi dalam tenggorokan dan bisa menular.

Penularan bisa terjadi karena aktivitas yang melibatkan air liur. Baca juga: Hayo Minum Es Terus! Hati-hati Dampak Kesehatan Ini Bisa Terjadi Pada Kamu Obat radang tenggorokan: 1. Kumur Air Garam Obat radang tenggorokan yang pertama bisa dengan kumur-kumur air garam.

Cara ini cukup mudah dilakukan karena cukup mencampur air yang telah dilarutkan dengan satu sendok teh garam. Kumur-kumur dengan air tersebut hingga merasa lebih baik. Air garam diketahui bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bengkak pada tenggorokan. 2. Minum Air Jahe Obat radang tenggorokan herbal yang lainnya adalah air jahe. Air tersebut bisa dicampur dengan madu dan teh untuk menambah khasiat. Rasa hangat yang dibuat jahe dapat membuat tenggorokan menjadi lebih enak. 3. Makan Bawang Putih Bawang putih juga bisa menjadi obat radang tenggorokan.

Walaupun berbentuk kecil, bawang putih memiliki kandungan seperti allicin hingga vitamin untuk membunuh bakteri penyebab radang. 4. Mandi Air Hangat Mandi menggunakan air hangat bisa jadi obat sakit tenggorokan dan batuk. Air hangat bisa masuk ke dalam pori-pori dan memberikan efek nyaman kepada pasien yang sedang sakit.

obat alami radang tenggorokan

5. Minum Air Putih Memperbanyak minum air putih juga sangat dibutuhkan. Air putih bisa memenuhi cairan dalam tubuh obat alami radang tenggorokan berkurang di kala sakit dengan begitu tubuh akan fit seperti sedia kala. 6. Kumur Air Kunyit Obat radang tenggorokan akut juga bisa diatasi dengan air kunyit. Caranya cukup mudah, campurkan 1/2 sendok kunyit dan 1/2 sendok teh garam dalam dan kumur hingga beberapa kali.

Baca juga: 4 Penyakit Infeksi yang Bisa Menular Lewat Ciuman 7. Minum Jus Lemon Buah lemon mengandung astringent yang dapat mengatasi pembengkakan pada radang tenggorokan. Cukup campurkan satu sendok jus lemon ke dalam air hangat dan minum hingga badan merasa lebih baik. 8. Makan Sop Ayam Sop ayam bisa menjadi obat radang tenggorokan anak. Selain untuk mengisi tenaga, sop ayam mengandung vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga radang tenggorokan bisa sembuh.

9. Kumur Cuka Apel Obat radang tenggorokan yang terakhir dengan kumur cuka apel. Campurkan satu cuka sari apel dengan dua sendok teh garam dengan satu gelas air.

Kumur-kumur hingga tubuh merasa lebih baik. Simak Video " Obat Covid Remdesivir Disetujui untuk Anak obat alami radang tenggorokan Bawah 12 Tahun" [Gambas:Video 20detik] (pay/erd) Berita Terkait • Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu! • Mengenal Cacar Monyet: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan • Apa Itu Flu: Gejala, Penyebab, Komplikasi, dan Cara Pencegahannya • Mengenal COVID-19: Gejala, Komplikasi, Penularan, dan Cara Pencegahannya • Militer Brasil Borong 35 Ribu Pil Obat Kuat Viagra, Buat Apa Nih?

• Mengenal Antasida: Dosis, Efek Samping, dan Cara Penggunaan • OCD atau Obsessive-Compulsive Disorder: Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya • Gawat! Obat Kuat Berdosis 60 Kali Lipat dari Normal Ditarik di Singapura MOST POPULAR • 1 4 Anak RI Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Status Vaksin COVID-nya • 2 Anak di Jatim Meninggal Diduga karena Hepatitis Misterius, Ini Gejala Awalnya • 3 Caisar Diduga Nyabu Saat Live TikTok, Begini Ciri-ciri Pemakai Sabu • 4 Ciri-ciri Hepatitis Akut pada Anak, Orangtua Wajib Tahu!

• 5 Hepatitis Misterius Menyerang Anak Usia Berapa Sih? Dokter Ungkap Faktanya • 6 Pemerintah Pastikan Biaya Perawatan Pasien Hepatitis Ditanggung BPJS Kesehatan • 7 Kemenkes Buka Suara Kasus Anak Jatim Meninggal Diduga Hepatitis Misterius • 8 Eks Bos WHO Bicara soal Potensi Hepatitis 'Misterius' Jadi Pandemi • 9 Nasib PPKM RI Diumumkan Hari Ini, Begini Riwayat COVID-19 Sepekan Terakhir • 10 Hasil Kolonoskopi Diungkap, Begini Kondisi Raja Salman Usai Masuk RS • SELENGKAPNYA
Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering diderita banyak orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Penyebab radang tenggorokan dapat diakibatkan infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, GERD ataupun tumor. Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, obat radang tenggorokan yang paling sering digunakan adalah Dexamethasone. Selain menggunakan antibiotik, Anda juga dapat menggunakan obat sakit tenggorokan alami seperti dari obat dari tumbuh-tumbuhan.

Alternatif obat radang tenggorokan alami biasanya digunakan oleh mereka yang takut minum obat-obatan yang sifatnya kimiawi, atau terdapat kontraindikasi karena memiliki penyakit tertentu misalnya gangguan fungsi hati, dan lain sebagainya sehingga tidak diperbolehkan minum obat radang tenggorokan tertentu misalnya parasetamol. Obat tradisional untuk radang tenggorokan tergolong relatif aman dan alami, dalam arti perawatan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan umumnya ada di rumah.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan 1. Berkumur air garam Beberapa studi membuktikan berkumur air hangat dicampur garam beberapa kali sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak dan bakteri. Cara membuat larutan air garam: • Sediakan satu gelas air hangat (250 ml), kemudian tambahkan 1 sendok teh garam dapur. Aduk sampai rata. • Kumur selama 30-60 detik dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan.

• Secara perlahan semburkan udara dari tenggorokan sehingga berbunyi "grok, grok" seperti orang ngorok. Hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran napas. • Lakukan 3 kali dalam sehari. 2. Perbanyak minum Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting, apalagi saat sedang sakit, khususnya radang tenggorokan. Minum yang cukup sehingga air kencing anda berwarna kuning jernih atau bening.

Hal ini akan membuat selaput mukosa pada tenggorokan dan sekitarnya selalu lembab serta lebih mudah melawan bakteri dan iritan. Selain itu membuat tubuh mampu melawan gejala flu, batuk, atau demam yang mungkin menyertai. 3. Minum teh Segelas teh hangat dapat meredakan rasa tak nyaman akibat radang tenggorokan dengan cepat.

Teh dipercaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi. Teh boleh dicampur dengan lemon dan madu. Di mana semuanya bagus untuk mengobati radang tenggorokan. 4. Sup ayam Sup ayam adalah makanan biasa, namun sup ayam ternyata memiliki manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, obat alami radang tenggorokan kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki bersifat anti peradangan sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan.

Selain itu, kita ketahui bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan, oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan nutrisi pun bisa tercukupi dan membuat daya tahan tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi tadang tenggorokan. 5. Madu Madu terbukti memiliki sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit saluran pernafasan bawah. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu, bukanlah sesuatu yang baru jika madu digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.

Campurkan 1 sendok makan madu dalam air hangat kemudian minum selagi hangat. Tidak hanya menenangkan tenggorokan, ini akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi. 6. Air lemon Tahukah Anda jika lemon mengandung astringent yang bisa mengempiskan obat alami radang tenggorokan pada jaringan tenggorokan sehingga bisa mematikan bakteri penyebab iritasi. Cara membuat air perasan lemon juga sangat mudah, Anda tinggal campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat lalu kumur dalam beberapa detik.

Maka bisa mengobati radang tenggorokan yang sedang menyerang. 7. Gunakan cuka apel Jika Anda sudah tidak tahan dengan sakit radang tenggorokan, maka Anda bisa mencoba kumur menggunakan cuka apel dicampur dengan garam. Cara membuat cuka apel sebagai obat radang tenggorokan sangatlah mudah, Anda tinggal mengambil 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam, kemudian campur dengan air hangat agar bisa dipakai untuk berkumur.

obat alami radang tenggorokan

8. Mandi Pakai Air Hangat Jika Anda biasa mandi pakai air dingin, maka saat sedang sakit radang tenggorokan, Anda bisa mengganti kebiasaan mandi dengan air hangat. Mengapa air hangat bisa jadi obat radang tenggorokan?

Sebab uap yang dihasilkan oleh air hangat saat Anda mandi dapat meringankan sakit tenggorokan.

obat alami radang tenggorokan

Dengan begitu Anda tidak perlu bingung mencari obat radang tenggorokan, bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan baru. Obat radang tenggorokan alami tersebut memang cukup manjur.

obat alami radang tenggorokan

Namun jika radang tenggorokan semakin parah dan diikuti tanda-tanda berikut sebaiknya berobat ke dokter: • Susah bernapas obat alami radang tenggorokan Susah menelan • Air liur berlebihan, karena tak dapat menelan • Radang tenggorokan yang parah atau berlangsung lebih lama dari seminggu • Kesulitan membuka mulut • Nyeri sendi • Sakit telinga • Ruam pada kulit • Demam tinggi lebih dari 38,3 °C • Darah dalam air liur atau dahak • Radang tenggorokan sering berulang • Terdapat benjolan di leher • Suara serak lebih dari 2 minggu Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app • HOME • NEWS • Politik dan Hukum • Ekonomi • Humaniora • Megapolitan • Nusantara • Internasional • Olahraga • VIEWS • Editorial • Podium • Opini • Kolom Pakar • Sketsa • FOTO • VIDEO • INFOGRAFIS • WEEKEND • SEPAK BOLA • SAJAK KOFE • OTOMOTIF • TEKNOLOGI • RAMADAN • LAINNYA • Live Streaming • Media Guru • Telecommunication Update OBAT radang tenggorokan penting untuk mencegah infeksi berlanjut pada area kerongkongan Anda.

Umumnya, mereka yang menderita radang tenggorokan akan merasa sakit saata menelan atau mengalami demam sehingga mereka sulit makan. Radang tenggorokan atau dalam bahasa medis disebut faringitis biasanya sembuh sendiri dalam seminggu tanpa menyebabkan kerusakan. Ada beberapa Obat radang tenggorokan yang bisa didapat di apotek antara lain: 1. Ibuprofen Ibuprofen obat alami radang tenggorokan golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID).

Obat anti peradangan ini memang tepat digunkan bagi penderita radang, khususnya di tenggorokan. Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi substansi alami tubuh yang menyebabkan peradangan. Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi bengkak, nyeri, atau demam. Jika Anda mengalami radang pada tenggorokan, konsultasikan dengan dokter mengenai terapi non-obat dan/atau menggunakan obat lain untuk mengobati nyeri Anda.

Baca juga: Obat Ivermectin Hanya untuk Pasien Covid Dalam Uji Klinis 2. Aspirin Kedua, Aspirin. Obat jenis ini merupakan bentuk olahan senyawa salisin yang terdapat dalam banyak tumbuhan. Senyawa ini memiliki beberapa fungsi, sesuai dosisnya. Pada dasarnya, kandungan aspirin juga banyak terdapat pada obat radang tenggorokannyang banyak dijual dengan berbagai merk di pasaran.

Aspirin bekerja menghambat enzim yang memproduksi dan mengatur kerja prostaglandin, sebuah senyawa dalam tubuh yang diproduksi saat terjadi peradangan.

Jadi, semua hal yang melibatkan prostaglandin dapat dicegah oleh aspirin. 3. Methylprednisolone Ketiga, Methylprednisolone. Obat radang tenggorokan yang satu ini, adalah jenis obat steroid yang menekan sistem kekebalan tubuh (immunosupresan) yang berguna untuk mengurangi gejala peradangan (inflamasi) seperi pembengkakan, nyeri, dan ruam.

Pada umumnya, obat ini digunakan untuk meredakan nyeri dan gejala alergi, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi penyakit lainnya seperti asma, penyakit chron, ulseratif kolitis, serta jenis-jenis kanker tertentu. Baca juga: Obat Radang Sendi Tunjukkan Harapan Bagi Pasien Covid-19 Kritis 4.

obat alami radang tenggorokan

Naproxen Keempat, Naproxen. Obat jenis ini adalah obat radang tenggorokan dengan fungsi untuk mengurangi rasa sakit nyeri ketika Anda menelan makanan ke dalam perut. Naproxen juga ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID). Naproxen bekerja dengan menghambat produksi zat tertentu yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

(OL-15)
Radang tenggorokan bisa diatasi dengan ramuan herbal yang berbahan obat alami radang tenggorokan daun sirih. Kamu pasti sudah tidak asing lagi, daun sirih memang terkenal sebagai obat herbal dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.28 Des 2021 Daun apa yg bisa menyembuhkan radang tenggorokan? Kemudian tanaman obat radang tenggorokan yang bisa kamu konsumsi ialah daun sirih. Menurut laman klikdokter.com, di dalam sirih ada zat yang berfungsi sebagai antibakteri.

Juga kandungan di dalamnya bermanfaat untuk meredam batuk karena radang tenggorokan.9 Des 2021 Apa ramuan radang tenggorokan? • Air garam. Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam.

• Madu. Madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan, baik dicampur dengan teh atau diminum langsung. • 3. Bawang putih. • 4. Sup hangat. • Teh hangat. • 6. Licorice. Bagaimana cara agar radang tenggorokan cepat sembuh?

obat alami radang tenggorokan

• Perbanyak Minum Air Putih dan Istirahat. Obat alami terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan adalah memperbanyak minum air putih dan istirahat. • Kumur Air Garam. • Mengonsumsi Madu. • Mandi Air Hangat. Apakah daun sirih bisa menyembuhkan radang? Daun herbal ini juga dipercaya bisa meredakan berbagai gangguan kesehatan mulut lainnya termasuk radang tenggorokan karena memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, dan alkaloid yang berperan sebagai anti radang.18 Agu 2021 Apakah daun sirih bisa untuk mengobati radang tenggorokan?

Manfaat air rebusan daun sirih untuk kesehatan juga bisa bantu meredakan radang tenggorokan. Air rebusan daun sirih mengandung antioksidan yang bisa bekerja sebagai antibakteri.30 Jul 2020 Apa manfaat daun sirih jika diminum? Fakta pertama terkait manfaat daun sirih yaitu, daun ini mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh.

Kandungannya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh. Selain itu, daun sirih juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit.25 Nov 2021
Jangan ketergantungan obat kimia, obat alami radang tenggorokan dari bahan-bahan herbal berikut ini terbukti ampuh! Radang tenggorokan, penyakit yang menyerang segala usia. Sakit tenggorokan bisa disebabkan dari infeksi bakteri, virus, maupun tegangnya lipatan vokal kita.

Batuk dan rasa gatal ini mungkin membuat kamu tidak nyaman, bahkan hingga mengganggu tidur di malam hari. Atau seringkali juga akan terasa sakit setiap kali kamu menelan makanan, jika kondisinya sudah cukup parah. Nah, kalau Toppers merasa sedikit tidak enak di tenggorokan sebaiknya langsung saja coba obat-obat natural di bawah ini yang aman dan ampuh. Jangan ditunggu sampai sudah parah ya! Promo produk wajib punya untuk cegah virus corona! Baca Juga: Rekomendasi Obat Batuk Paling Ampuh, Batuk Berdahak dan Kering Tuntas!

1. Air Garam Mungkin kamu bingung kenapa air garam? Air garam ini salah satu ramuan natural yang terbukti paling gampang dan ampuh! Air garam berfungsi seperti magnet dalam air yang menangkap dan membunuh bakteri kuman dan virus.

Selain itu, kumur dengan air garam bisa melembabkan tenggorokan yang kering. Cara mengobati radang tenggorokan dengan air garam: • Campur 1 sendok makan (sdm) garam dengan 1 cangkir air hangat.

obat alami radang tenggorokan Kumur selama 30 detik setiap 1 jam, lalu buang. 2. Peppermint Peppermint mengandung menthol yang digunakan sebagai obat alami sejak jaman dulu. Bahan peppermint memiliki khasiat anti-inflamasi, antibakteri, dan membantu meredakan dahak. Obat radang tenggorokan alami ini dikonsumsi dengan menggunakan peppermint oil dan dicampur dengan minuman hangat.

obat alami radang tenggorokan

Cara mengobati radang tenggorokan dengan peppermint: • Teh: Buat teh celup kesukaanmu dan campurkan dengan 1-2 tetes peppermint oil. • Minuman: Campur lemon, 1 tetes peppermint oil, 2 sendok teh (sdt) madu dan 1 gelas air hangat. Racikan ini disarankan diminum paling tidak 2 kali sehari. Medikasi peppermint tidak direkomendasikan untuk anak-anak atau bagi yang memiliki asam lambung tinggi atau mengonsumsi obat diabetes dan obat tekanan darah.

3. Madu Madu memiliki enzim glucoseoxidase yang berfungsi sebagai anti-bakteri dan antiseptik. Madu juga menyelimuti bagian radang tenggorokan yang kering dan gatal sehingga membuat kamu merasa lebih nyaman. Kamu bisa konsumsi langsung 1-2 sdm madu atau campurkan dengan teh, air hangat, atau susu hangat. Madu Manuka sering digunakan untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Madu khusus ini memiliki kadar nutrisi 4 kali lebih banyak dari madu biasa. Madu Manuka juga kaya akan antioksidan dan properti anti-bakteri, sehingga digunakan khusus untuk membantu strep throat.

Penting diingat, jangan memberikan madu untuk anak dibawah usia 1 tahun karena madu memiliki bakteri khusus yang tidak baik untuk anak dalam usia tersebut. 4. Marshmallow Kabar gembira bagi yang suka makanan manis! Marshmallow, makanan yang lembut, empuk, dan meleleh di mulut ini bisa digunakan untuk meredakan sakit tenggorokan.

Sebenarnya, marshmallow didapatkan dari tanaman dan sudah digunakan ratusan tahun lalu untuk mengatasi sakit flu. Tanaman ini sama sekali tidak berbentuk seperti marshmallow yang dijual di toko-toko biasanya.

Tapi, berdasarkan penelitian, marshmallow zaman sekarang juga bisa digunakan karena adanya lapisan gelatin yang dapat menyejukkan tenggorokan panas dan gatal. 5. Bawang Putih Mungkin mulut Toppers bakal bau seharian setelah mengonsumsi ini. Tapi sebenarnya bawang putih adalah salah satu makanan paling ampuh untuk membasmi bakteri di tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan dengan bawang putih: • Ambil dan kelupas 3-4 siung bawang putih dan hancurkan sampai berbentuk pasta.

• Tunggu 10-15 menit supaya pasta bisa bereaksi dengan oksigen di udara dan teroksidasi untuk menghasilkan allicin. • Makan pasta bawang putih dengan atau tanpa satu gelas air hangat. • Ulangi 2-3 kali per hari. Jaga kesehatan setiap hari dengan madu murni terbaik di sini! Baca Juga: Menu Minuman Sehat, Segar dan Kaya Manfaat bagi Tubuh 6. Cuka Apel Cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) merupakan produk antibakteri natural.

Tingkat keasaman cuka apel dapat membantu obat alami radang tenggorokan dahak pada tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Sekitar 80% merasa lebih baik setelah mencoba pengobatan ini loh! Berikut cara-cara untuk menggunakan cuka apel sebagai obat alami: • Teguk langsung tanpa dilarutkan dengan air.

Kamu hanya perlu meneguk cuka apel sedikit saja setiap 30 menit. Pastikan minum banyak air setelah meneguk. • Kumur dengan cuka apel setiap hari. Jangan lupa setelah obat alami radang tenggorokan kumur dengan air untuk menghilangkan asam di gigi.

Disarankan untuk tidak menggosok gigi 30 menit setelah mengkumur dengan cuka apel. • Larutkan 2 sdm cuka apel dalam air.

obat alami radang tenggorokan

Lalu kumur. Ulangi 1-2 kali setiap jam. • Campurkan 1 gelas air hangat, 1 sdm madu, dan cuka apel. Minum selagi masih hangat. 7. Cabai Cayenne Cabai cayenne atau cayenne pepper cocok untuk obat alami radang tenggorokan yang suka makanan pedas. Cabai ini memiliki unsur aktif bernama capsaicin yang efektif sebagai obat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Kamu akan merasa jauh lebih baik karena cabai ini akan meredakan pembengkakan dan menghilangkan infeksi.

• Campur ¼ gelas air panas dan 2 sdm cabai cayenne. Bisa ditambah dengan 1 sdm garam untuk ramuan yang lebih efektif. • Aduk selama 60 detik. • Kumur selama 10 detik lalu buang. 8. Teh Chamomile Teh herbal chamomile merupakan salah satu teh populer bagi para penggemar teh.

Teh ini memiliki properti antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa merangsang perbaikan jaringan yang rusak. Selain diminum, kamu juga bisa menghirup uap teh chamomile saat masih panas. Uap ini akan sangat membantu melembabkan tenggorokan yang kering dan gatal. 9. Lemon Jeruk lemon memiliki asam yang berperan untuk menangkal radang tenggorokan dan membunuh virus dan bakteri. Buah ini juga kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Sangat sehat untuk diminum sehari-hari! Selain itu, lemon juga merangsang produksi air liur yang menjaga kelembaban obat alami radang tenggorokan. Cara memanfaat kan lemon untuk obat alami radang tenggorokan: • Campur ½ jus lemon dan campur dengan air untuk dijadikan minuman 10.

Es Batu Seperti efek air panas, es batu juga bisa menenangkan iritasi dari radang tenggorokan karena rasanya yang dingin. Selain itu, menghisap es batu bisa menghidrasi tenggorokan yang kering. Makanan lainnya seperti es krim juga bisa meredakan penyakit ini. Jangan berikan es batu kepada anak-anak ya karena adanya resiko tersedak. Temani pagi dan antap camilan sore secara lebih nikmat dengan teh oolong berkualitas di sini!

Baca Juga: Napas Segar dan Mulut Sehat dengan Rekomendasi Obat Kumur Terbaik 11. Humidifier Sakit tenggorokan dengan rasa gatal bisa jadi karena ruangan udara kamu yang kering. Alat humidifier ini sangat ampuh untuk melembabkan udara kering di ruangan dan membuat tidur Toppers lebih nyenyak.

Pastikan bersihkan humidifier kamu dan masukkan air bersih setiap hari untuk menghindari pertumbuhan bakteri. 12. Tidur Cukup Tidur yang cukup sangat penting dalam proses penyembuhan radang tenggorokan. Disarankan untuk tidur sekitar 7-9 jam setiap malam.

Tapi harus diingat, selain jumlah waktu, kualitas tidur juga mempengaruhi kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit radang tenggorokan. Hal sehari-hari seperti stress dapat menurunkan kualitas tidur Toppers. Selain itu, batuk dan rasa gatal saat terkena radang tenggorokan bisa membuat kamu sulit tidur. Untuk masalah itu, Toppers bisa mencoba obat-obat alami di atas sebelum tidur untuk meredakan iritasi.

13. Air Kunyit Sumber Gambar: Pixabay Rempah ini merupakan memiliki kandungan antioksidan sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius salah satunya sebagai cara mengatasi radang tenggorokan. Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik.

Ulangi beberapa kali dalam sehari. 14. Permen Pelega Tenggorokan Sumber Gambar: Pixabay Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan.

Ketiga bahan ini mengandung properti anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang bisa mendorong proses penyembuhan. 15. Mandi dengan Air Hangat Sumber Gambar: Pixabay Menghirup udara lembap dapat membantu meringankan pembengkakan akibat radang tenggorokan, sekaligus juga mengatasi hidung mampet.

Tarik napas dalam-dalam ketika mandi dan terus ulangi selama beberapa saat untuk meringankan radang tenggorokan. Baca Juga: Sariawan Menganggu? Atasi dengan Merk Obat Sariawan Paling Ampuh Nah, itu dia bebereapa cara alami yang bisa kamu coba sebagai obat radang tenggorokan alami. Selain itu, Toppers juga bisa menggunakan bahan-bahan herbal tersebut untuk pencegahan.

Jauhi juga makanan yang terlalu berminyak dan saus tidak sehat ya! Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini! Penulis: Benedicta Clarissa TukimanSakit tenggorokan bisa Anda obati dengan sejumlah cara.

Tujuannya adalah untuk meredakan keluhan yang Anda rasakan, terlebih lagi jika keluhan ini sudah mengganggu aktivitas. Untuk mengetahui cara atau obat apa saja yang ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan, simak ulasan berikut ini! Gejala umum radang tenggorokan adalah kesulitan menelan atau berbicara, serta rasa sakit, gatal, dan kering di daerah tenggorokan.

Selain itu, kondisi ini juga bisa disertai dengan demam, batuk, dan flu. Berbagai Macam Obat Sakit Tenggorokan Umumnya, radang tenggorokan disebabkan oleh virus dan akan mereda dengan sendirinya obat alami radang tenggorokan 5–7 hari.

Namun, untuk mempercepat pemulihan dan meringankan gejalanya, Anda dapat menggunakan obat sakit tenggorokan, baik yang alami maupun yang medis.

Pilihan obat sakit tenggorokan alami Ada beberapa macam obat sakit tenggorokan alami yang dianggap ampuh untuk meredakan atau mengatasi sakit tenggorokan, di antaranya: • Madu Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi madu saat sakit tenggorokan bisa meredakan gejala lebih cepat tanpa menyebabkan efek samping.

obat alami radang tenggorokan

Cukup campurkan 2 sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh dan minumlah sesuai kebutuhan. • Air garam Berkumur dengan air garam adalah cara yang efektif untuk membunuh bakteri, meringankan bengkak dan rasa sakit, serta mengurangi lendir. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat dan berkumurlah setiap tenggorokan terasa tidak nyaman.

• Jus lemon Lemon dapat meredakan rasa sakit dan mencairkan lendir yang kental dan membuat tenggorokan tidak nyaman. Selain itu, lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat mendukung kerja sistem imun untuk melawan penyebab sakit tenggorokan.

Anda dapat memanfaatkan lemon sebagai obat sakit tenggorokan dengan meminum 1 gelas air atau teh hangat dengan satu sendok teh perasan air lemon.

obat alami radang tenggorokan

• Bubuk cabai Cabai mengandung capsaicin yang memiliki sifat pereda nyeri. Anda bisa memanfaatkan kandungan ini sebagai obat sakit tenggorokan dengan berkumur menggunakan 1 gelas air hangat yang dicampur dengan madu dan sedikit taburan cabai.

• Pelembap udara (humidifier) Kondisi tenggorokan yang kering dapat membuat sakit tenggorokan semakin parah. Anda bisa memperbaiki kondisi ini dengan menggunakan pelembap udara saat sedang sakit tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan 1–2 sendok makan balsam gosok ke air yang digunakan dalam humidifier untuk melegakan pernapasan. Selain itu, berbagai macam teh juga bisa Anda gunakan sebagai obat sakit tenggorokan.

Teh herbal, seperti teh peppermint, teh chamomile, teh hijau, atau teh cengkeh, diketahui dapat mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan melawan bakteri yang bisa memperparah sakit tenggorokan.

Namun jika cara sederhana tersebut belum bisa mengobati sakit tenggorokan, Anda bisa menggunakan obat-obatan medis yang dapat dibeli bebas di berbagai apotek. Obat sakit tenggorokan medis Selain dengan obat alami radang tenggorokan alami di atas, obat sakit tenggorokan yang bisa dibeli bebas di apotek, di antaranya: • Paracetamol Selain dapat menurunkan demam, paracetamol juga bermanfaat dalam meredakan nyeri akibat peradangan, termasuk peradangan pada sakit tenggorokan.

• Aspirin Obat ini juga bisa meredakan rasa sakit tenggorokan. Namun, aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak dan remaja karena berpotensi menyebabkan sindrom Reye. • Ibuprofen Ibuprofen dapat membantu mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

Namun, hindari menggunakan ibuprofen jika sakit tenggorokan disertai dengan demam dan batuk kering. Selain obat-obat di atas, Anda juga bisa menggunakan semprotan tenggorokan yang mengandung antiseptik atau bahan pendingin seperti mentol. Rasa dingin dari mentol bisa menekan peradangan dan menyamankan tenggorokan walaupun hanya sesaat. Upaya Mencegah Sakit Tenggorokan Karena penyebab paling umumnya adalah infeksi virus, Anda bisa tertular radang tenggorokan dari orang lain.

Untuk mencegah radang tenggorokan, perhatikan langkah-langkah berikut ini: • Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi sakit tenggorokan. • Cuci tangan secara rutin. • Hindari kontak langsung dengan tisu, sapu tangan, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Selain itu, menjaga kesehatan secara menyeluruh, misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, mencukupi kebutuhan air minum, dan berolahraga secara rutin, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan Anda dari radang tenggorokan. Kebanyakan radang tenggorokan memang tidak berbahaya, namun sering kali kondisi ini bisa mengganggu kenyamanan penderitanya.

Oleh sebab itu, obat sakit tenggorokan seperti di atas bisa Anda obat alami radang tenggorokan untuk mengurangi keluhan. Apabila radang tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam 1 minggu, periksakan diri Anda ke dokter karena bisa jadi penyebabnya adalah infeksi bakteri dan membutuhkan obat antibiotik. Walaupun jarang, rasa sakit pada tenggorokan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius, misalnya difteri.

Jika gejala Anda semakin parah, seperti kesulitan bernapas, demam tinggi, atau leher menjadi kaku, segera cari pertolongan ke klinik atau IGD di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.
Sakit tenggorokan sering kali menganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Untuk mengatasinya, ada beberapa macam obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah adanya peradangan di tenggorokan.

Anda bisa mengatasi sakit tenggorkan dengan sejumlah pengobatan alami. Bahkan, beberapa jenis pengobatan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan ini mungkin sudah Anda kenal sejak lama. Beragam Obat Alami Sakit Tenggorokan Berikut adalah beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda coba di rumah: 1. Air garam Salah satu obat alami sakit tenggorokan yang sangat mudah dibuat adalah air garam. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, dan aduk hingga tercampur secara merata.

Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu muntahkan air garam itu. Sebuah studi mengungkap bahwa berkumur dengan air garam bisa mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dan demam.

Berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. Perlu diingat, jangan memakai terlalu banyak garam dan jangan ditelan. 2. Madu Madu telah lama dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan, baik dicampur dengan teh atau diminum langsung. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) mengonfirmasi bahwa madu juga efektif dalam meredakan batuk.

Efektivitas madu juga didukung oleh studi lain yang menyebut bahwa madu merupakan penyembuh luka yang efektif. Oleh sebab itu, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan. 3. Bawang putih Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan adalah bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan yang optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya. Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat obat alami radang tenggorokan, antijamur, sekaligus antivirus. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika tidak sanggup untuk memakannya mentah-mentah, cobalah untuk dicampurkan dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus.

Namun, allicin akan lebih efektif jika dikunyah dalam kondisi mentah. 4. Sup hangat Jangan pernah menganggap bahwa makanan yang enak tidak bisa dijadikan obat. Faktanya, sup hangat dengan kaldu ayam atau daging bisa dijadikan sebagai obat alami sakit tenggorokan, karena makanan hangat yang satu ini dapat membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering.

Sup saat sakit tergolong mudah dan nikmat, mengingat makanan ini mudah ditelan meskipun tenggorokan sakit. Dengan mengonsumsi makanan yang mudah dikonsumsi seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat terpenuhi, sekaligus mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi. 5. Teh hangat Teh hangat juga bisa dijadikan salah satu obat alami sakit tenggorokan. Mengonsumsi teh hangat dari jenis apa pun, entah herbal atau nonherbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Salah satu alasannya adalah karena teh mengandung antioksidan yang diprediksi mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mampu membantu menangkal infeksi. Agar efeknya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh. 6. Licorice Obat alami sakit tenggorokan yang satu ini dikenal juga dengan sebutan akar manis. Licorice bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan membantu mengencerkan lender, sehingga dapat melegakan saluran pernapasan. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mencampurkan akar manis ke dalam teh hangat.

Namun perlu diingat, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan licorice sebagai obat alami sakit tenggorokan karena dikhawatirkan dapat berdampak pada bayi. Selain menggunakan berbagai obat alami sakit tenggorokan yang disebutkan di atas, hal yang tidak boleh dilupakan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya adalah berhenti merokok, sebab merokok dapat menyebabkan tenggorokan kering, iritasi, dan meradang sehingga sakit tenggorokan lebih susah sembuh.

Istirahat cukup juga bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh akan lebih efektif melawan virus atau bakteri penyebab penyakit saat Anda sedang tidur.

Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter jika sakit tenggorokan Anda tak kunjung hilang. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai.

Obat Radang Tenggorokan / Amandel Alami tanpa Operasi (Tonsilitis)




2022 www.videocon.com