Jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Contents • 1 Pengertian Teks Prosedur, Tujuan, Macam, Ciri dan Contohnya • 1.1 1. Pengertian dari teks prosedur • 1.2 2. Tujuan dari suatu teks prosedur • 1.3 3. Ciri-ciri teks prosedur • 1.4 4. Macam-macam teks prosedur • 1.4.1 a.

Teks prosedur sederhana • 1.4.2 b. Teks prosedur kompleks • 1.4.3 c. Teks prosedur protokol • 1.5 5. Macam-macam kalimat yang terdapat pada teks prosedur • 1.5.1 a. Kalimat imperatif • 1.5.2 b. Kalimat deklaratif • 1.5.3 c. Kalimat interogatif • 1.6 6. Contoh teks prosedur • 1.7 Share this: Pengertian Teks ProsedurTujuan, Macam, Ciri dan Contohnya Teks Prosedur – Teks merupakan uraian kalimat atau kata yang dibuat dengan suatu tujuan tertentu.

Ada beragam jenis teks yang bisa kita pelajari, salah satunya yaitu mengenai teks prosedur. Mungkin masih banyak yang belum paham, apa itu teks prosedur dan apa saja manfaatnya. Berikut ini kita bahas lebih lanjut mengenai pengertian dari teks prosedur, lengkap dengan tujuan, macam, ciri dan contohnya.

1. Pengertian dari teks prosedur Teks prosedur merupakan suatu jenis teks yang di dalamnya terdapat langkah atau cara-cara yang harus dilakukan demi tercapainya tujuan tertentu. Tentunya dengan tujuan yang baik, atau mengenai suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Yang dimana penyajian dari teks prosedur itu sendiri, dibuat dengan cara yang berurutan dan rapi. 2. Tujuan dari suatu teks prosedur Bagaimana dengan tujuannya? Salah satu jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

dibuatnya teks prosedur yaitu untuk membantu setiap orang yang membaca akan melakukan sesuatu atau kegiatan, untuk memahami langkah dan cara yang tepat yang harus dilakukan. Teks prosedur ini juga bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang baik dan tepat. 3. Ciri-ciri teks prosedur Secara umum ada beberapa ciri dari pembuatan teks prosedur ini, yang diantaranya yaitu sebagai berikut : • Biasanya dibuat dengan menggunakan pola kalimat yang berisi atau bernada perintah.

Atau kata lainnya yaitu imperatif. • Dapat menggunakan kata kerja yang bersifat aktif. • Dapat menggunakan kata penghubung atau konjungsi, yang kegunaannya yaitu untuk membuat suatu kegiatan menjadi lebih berurutan. • Menggunakan keterangan yang jelas, yang dibuat dengan cara membuat rincian waktu, tempat, dan cara-cara yang tepat tapi juga harus akurat.

Baca Juga : Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Tujuan Dan Jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? Kebahasaan Lengkap 4. Macam-macam teks prosedur Selain ciri dari teks prosedur, ada juga beberapa macam teks prosedur yang dapat digunakan. Diantaranya yaitu : a.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Teks prosedur sederhana Teks prosedur sederhana adalah jenis teks prosedur yang dibuat hanya dengan beberapa langkah saja. Misalnya prosedur dalam menggunakan setrikaan. b. Teks prosedur kompleks Teks prosedur kompleks adalah jenis prosedur yang terdiri dari banyak tahapan, yang dibagi kembali menggunakan sub-sub tahapan agar lebih lengkap.

Contohnya yaitu prosedur kompleks mengenai jika seseorang terkena tilang. c. Teks prosedur protokol Teks prosedur protokol adalah jenis prosedur yang setiap langkahnya tidak rumit, tapi juga tidak harus ketat pembuatannya.

Sehingga isinya lebih mudah dipahami oleh pembaca. 5. Macam-macam kalimat yang terdapat pada teks prosedur Jenis-jenis kalimat yang biasa terdapat pada teks prosedur diantaranya yaitu : a. Kalimat imperatif yang dimana di dalam kalimat tersebut terkandung sebuah perintah. Manfaat dari kalimat imperatif ini adalah untuk meminta atau bahkan melarang setiap orang dalam melakukan sesuatu, misalnya sesuatu yang salah atau memang tidak diperbolehkan.

b. Kalimat deklaratif merupakan jenis kalimat yang di dalamnya terdapat suatu pernyataan. Fungsi atau kegunaan dari kalimat deklaratif ini adalah agar dapat memberi informasi atau berita mengenai suatu hal. c. Kalimat interogatif adalah jenis kalimat yang di dalamnya terdapat pertanyaan. Fungsi dari kalimat interogatif ini adalah, untuk meminta informasi tentang suatu hal tertentu.

6. Contoh teks prosedur Mari kita bahas lebih lanjut mengenai contoh dari teks prosedur itu sendiri. Diantaranya yaitu, Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anda Terkena Tilang : Seperti yang kita ketahui bahwa di negara ini sekarang sudah banyak orang yang menggunakan kendaraan bermotor.

Namun setiap pengendara memiliki aturan tertentu saat menggunakan kendaraan tersebut. misalnya jika seorang pengendara melakukan pelanggaran, maka pihak yang berwajib pun berhal untuk menilang pengendara tersebut. berikut ini adalah hal yang harus dilakukan pengendara, saat terkena tilang. Atau saat diberi surat bukti penilangan.

Diantaranya sebagai berikut : • Kenali petugas yang memeriksa. Sebaiknya anda mengenali nama petugas tersebut dan apa pangkat yang dimilikinya, yang biasanya terdapat pada seragam petugas tersebut. petugas itu berkewajiban dalam menunjukkan tanda pengenalnya. Sehingga anda bisa bertindak jika petugas tersebut melakukan hal-hal yang di luar prosedur yang ada. Jika di perjalanan anda diberhentikan oleh seseorang yang mengaku polisi dan berpakaian preman, sebaiknya tidak usah berhenti.

• Pahami kesalahan apa yang anda lakukan Setelah anda diberhentikan oleh petugas yang berwenang, anda boleh bertanya apa kesalahan yang anda lakukan dalam berkendara. Lengkap dengan terkena pasal berapa, dan berapa jumlah denda yang harus anda bayar.

Polisi akan menjelaskan dengan detail pada anda, agar anda tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari. Alasan anda melakukan kesalahan serta jumlah dendanya, tentu harus sesuai dengan aturan hukum yang ada.

• Memastikan bahwa tuduhan pelanggaran yang ditujukan pada anda memang sudah tepat Setelah polisi memberi tahu pelanggaran atau kesalahan apa saja yang anda lakukan saat berkendara, sebaiknya pastikan kembali apakah hal itu sudah tepat. Misalnya polisi tersebut menyebutkan bahwa anda tidak boleh belok ke kiri, karena memang terdapat tanda dilarang belok kiri.

Pastikan kembali bahwa tanda tersebut memang ada, bukan hanya karangan saja. • Sebaiknya tidak menyerahkan STNK begitu saja Pihak berwenang atau polisi tidak berhak menyita atau mengambil STNK kendaraan anda begitu saja. Kecuali jika kendaraan yang anda pakai merupakan hasil tindak kriminal, pelanggaran yang anda lakukan dapat mengakibatkan kematian, pengendara tidak dapat menunjukan SIM dan lain sebagainya.

• Boleh menerima atau menolak tuduhan Setiap pengendara memiliki 2 alternatif atas tuduhan atau pelanggaran yang dilakukan. Yaitu dengan menerima atau bahkan menolak tuduhan tersebut. jika anda bersedia menerima tuduhan, maka anda diharuskan membayar denda ke Bank dengan menggunakan surat tilang berwarna biru.

Anda juga harus menandatangai surat tilang tersebut. surat atau kendaraan yang ditahan dapat diambil jika anda memperlihatkan bukti pembayaran denda. Sebaliknya jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? anda menolak tuduhan, maka anda bisa mengucapkannya dengan sopan. Kemudian anda akan diberi surat tilang berwarna merah, yang merupakan undangan untuk sidang.

Penentuan sidang biasanya akan dilakukan dalam 5-12 hari berikutnya. Jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? atau kendaraan yang disita, akan dapat diambil jika sudah ada keputusan dari hakim. Baca Juga : Kebahasaan Teks Narasi : Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis Dan Contohnya Lengkap Contoh kedua dari suatu teks prosedur yaitu, Cara Membuat Botol Kaca. Diantaranya yaitu sebagai berikut : • Kaca yang akan digunakan untuk botol dapat dibuat dari pasir, batu gamping ataupun abu soda.

Lalu lakukan hal-hal berikut ini : • Campur ketiga bahan yang telah disiapkan. • Boleh juga menambahkan beberapa pecahan kaca.

• Kemudian panaskan campuran tersebut di dalam tungku, dengan menggunakan suhu yang sangat tinggi. • Lalu mulai memproduksi adonan pecahan kaca. • Campuran adonan tersebut akan dibentuk menjadi botol dengan menggunakan cetakan. • Untuk memperkuat botol kaca tersebut, maka panaskan kembali botol, setelah itu dinginkan. • Botol siap digunakan. Demikianlah artikel yang berisi tentang teks prosedur : Pengertian, Tujuan, Macam, Ciri Dan Contoh Lengkap. Semoga isi dari artikel ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, dan menambah ilmu serta pengetahuan.

Baca Juga : • Teks Proklamasi Asli Kemerdekaan Indonesia • Pengertian Lapisan Atmosfer Bumi dan Strukturnya Lengkap Recent Posts • Sinopsis : Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuatnya Lengkap • Pengertian Statistik : Fungsi, Tujuan Dan Jenisnya Lengkap • Pengertian Proses Produksi : Karakteristik, Faktor Yang Mempengaruhi Dan Jenisnya Lengkap • Contoh Kebijakan Fiskal : Pengertian, Jenis, Tujuan Lengkap • Sekretaris : Pengertian, Fungsi, Peran Tujuan, Dan Tugasnya Dalam Organisasi Lengkap terimakasih banyak.

• Cermatilah kalimat-kalimat acak berikut!1) Hal itu karena Pulau Komodo dihuni oleh hewan langka.2) Dengan luas 399 km², pulau tersebut dihuni lebih da … ri 13.000 ekor komodo.3) Keberadaan hewan langka itu menjadi pemicu wisatawan lokal/asing berkunjung.4) Pulau Komodo menjadi salah satu dari keajaiban dunia.5) Sampai kini Pulau Komodo tetap menarik untuk dijadikan tempat tujuan wisata.Susunlah kalimat-kalimat tersebut agar menjadi logis!

2. Bacalah teks berikut! Hingga saat ini masyarakat masih mengeluhkan kelangkaan minyak goreng satu harga yang dibanderol Rp14.000,00 per liter. Banya … k masyarakat yang belum mendapatkan bagian, padahal program ini sudah berlangsung seminggu.

Langkanya minyak goreng Rp14.000,00 per liter di pasar lantaran adanya pembelian yang berlebihan akibat kepanikan (panic buying) dari masyarakat. Pihak produsen minyak goreng sudah cukup dalam memproduksi dan mengedarkan minyak goreng. Hanya saja, adanya panic buying membuat stok minyak goreng tetap terasa kurang.

Tujuan penulisan teks tersebut adalah . A. memberitahukan bahwa stok minyak goreng sudah mencukupi di pasaran B. menyampaikan keluhan masyarakat akibat mahalnya harga minyak goreng & menginformasikan kelangkaan minyak goreng di pasaran akibat panic buying D. mengajak masyarakat sebagai konsumen untuk tidak melakukan panic buying​ 2.

Bacalah teks berikut! Hingga saat ini masyarakat masih mengeluhkan kelangkaan minyak goreng satu harga yang dibanderol Rp14.000,00 per liter. Banya … k masyarakat yang belum mendapatkan bagian, padahal program ini sudah berlangsung seminggu. Langkanya minyak goreng Rp14.000,00 per liter di pasar lantaran adanya pembelian yang berlebihan akibat kepanikan (panic buying) dari masyarakat.

Pihak produsen minyak goreng sudah cukup dalam memproduksi dan mengedarkan minyak goreng. Hanya saja, adanya panic buying membuat stok minyak goreng tetap terasa kurang. Tujuan penulisan teks tersebut adalah . A. memberitahukan bahwa stok minyak goreng sudah mencukupi di pasaran B. menyampaikan keluhan masyarakat akibat mahalnya harga minyak goreng & menginformasikan kelangkaan minyak goreng di pasaran akibat panic buying D.

mengajak masyarakat sebagai konsumen untuk tidak melakukan panic buying​
Selamat datang di Dosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan.

Kali ini PakDosen akan membahas tentang Teks Prosedur? Mungkin anda pernah mendengar kata Teks Prosedur? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang pengertian, ciri, struktur, kaidah, macam, tujuan, manfaat, kerangka, langkah dan contoh. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan. Ciri-Ciri Teks Prosedur Berikut ini terdapat beberapa mengenai ciri ciri teks prosedur, yakni sebagai berikut: • Menerapkan bentuk kalimat imperatif maupun kalimat perintah • Menerapkan istilah kerja aktif • Menerapkan istilah perantara untuk menyusun aktivitas • Menerapkan istilah penjelasan untuk menerangkan aturan, lokasi dan periode yang teliti Struktur Teks Prosedur Berikut ini terdapat beberapa mengenai struktur teks prosedur, yakni sebagai jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Baca Lainnya : Pengertian Domisili • Bagian Material Bagian material teks prosedur mengandung tentang materi, fasilitas serta material yang diperlukan.

Tetapi tidak semua teks prosedur terkandung bagian ini. Pada umumnya penerapan bagian material terkandung pada teks prosedur mengenai penyusunan suatu hal misalnya makanan dan sebagainya.

• Bagian Prosedur Bagian ini mengandung perihal prosedur yang patut dilalui untuk memperoleh hasil sebanding dengan tujuan teks prosedur. Pada bagian ini setiap prosedur patut dikaidahkan dengan urut tidak boleh secara random. Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Berikut ini terdapat beberapa mengenai kaidah kebahasaan teks prosedur, yakni sebagai berikut: 1. Kata Temporal Pada teks prosedur akan banyak didapatkan kata temporal yang menunjukkan periode aktivitas yang siap dan berupa kronologis misalnya seterusnya, sesudah itu, berikut, selepas itu, dan lebih jauh.

2. Kata Kerja Imperatif Dalam teks prosedur juga akan banyak didapatkan kata kerja imperatif dan pantangan yang wajib patuh dalam penerapan teks prosedur. 3. Kata Verba Material dan Tingkah Laku Kata verba material ialah sesuatu yang membentuk pada aktivitas jasmani misalnya memotong pepaya, memotong sayur dan lain-lainya. Sementara verba tingkah laku ialah aktivitas yang dikaidahkan dengan menerapkan per-nyataan.

Macam-Macam Teks Prosedur Berikut ini terdapat beberapa mengenai macam macam teks prosedur, yakni sebagai berikut: • Teks Prosedur Sederhana Teks prosedur sederhana ialah teks yang dapat mempersiapkan langkah yang dapat menjalani dengan dua maupun tiga prosedur saja.

Contohnya ialah dengan cara menjalankan setrika listrik, cara menyalakan televisi, cara membuka pesan melalui handphone dan lain-lainya. • Teks Prosedur Protokol Teks protokol adalah ialah teks prosedur yang prosedur kerjanya tidak sangat erat pada teks protokol yang bisa diubah.

Prosedur tersebut tidak harus dikaidahkan secara teratur karena tidak saling berangkaian, walau teratur prosedur bisa diganti tujuan yang diminta konsisten dapat terlaksanakan. Contohnya ialah cara memasak sayur sop. Baca Lainnya : Juru Bicara • Teks Prosedur Kompleks Teks Prosedur Kompleks jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

teks prosedur yang terjadi atas banyak prosedur dan prosedur-prosedur tersebut bersusun dengan prosedur pada setiap prosedurnya.Contohnya ialah cara menghidupkan laptop yang benar. Tujuan Teks Prosedur Tujuan teks prosedur ialah untuk mendukung mengaji atau mustamik menguasai dengan jalan apa cara melaksanakan atau memproduksi sesuatu dengan akurat atau dengan tujuan pencatatan teks prosedur yakni untuk mendapatkan hasil akhir.

Manfaat Teks Prosedur Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teks prosedur yaitu: • Untuk membantu mengetahui cara-cara melakukan aktivitas tertentu • Untuk menggunakan suatu alat dengan benar • Untuk membantu pembaca atau pendengar untuk memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat • Memberi petunjuk mengenai cara-cara melakukan sesuatu dgn urutan yang tepat Kerangka Teks Prosedur Berikut ini adalah kerangka teks prosedur yaitu: • Menerima apa adanya • Mengenali kekurangan dan kelebihan diri • Bertanya tentang kekurangan dan kelebihan diri • Keyakinan pada diri sendiri • Selalu bersyukur • Bersyukur menambah kebahagiaan • Banyak tersenyum secara tulus • Senyum membawa kebahagiaan Langkah-Langkah Menyusun Teks Prosedur • Menentukan prosedur yang akan disusun • Mencari data yang seakurat mungkin • Setelah memunyai data, pelajari data tersebut • Lakukan analisis terhadap produr yang telah dibuat berdasarkan data yang diperolah • Setelah dianalisis, praktikkanlah kembali untuk memantapkan apakah cara yang baru sudah benar-benar baik dan efisien • Jika sudah tepat dan logis, prosedur tersebut ditulis ke teks prosedur Contoh Teks Prosedur Berikut ini adalah contoh dari teks prosedur yaitu: Cara Mematikan Komputer Yang Benar Setelah sebelumnya kita membahas cara untuk menghidupkan komputer yang benar sekarang kita akan membahas bagaimana cara untuk mematikan komputer yang benar.

Di bawah ini akan dibagi menjadi dua bagian, pada bagian pertama akan dibahas tentang cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7 setelah itu pada bagian kedua kita akan membahas bagai mana cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows 8. Baca Lainnya : Menoupouse adalah Untuk cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar adalah sebagai jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? • Klik menu “START” yang berada pada pojok kiri bawah layar.

• Lalu klik “shutdown”. • Lalu Pilih “OK”. • Tunggu hingga komputer mati. • Setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus. Untuk cara mematikan komputer pada windows 8 yang benar adalah sebagai berikut: • Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.

• Pilih, setelah itu klik setting. • Klik power, setelah itu klik shutdown. • Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati. • Setelah itu matikan stabilier dan cabut kabel arus listrik. Demikian Penjelasan Materi Tentang Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah, Macam, Tujuan, Manfaat, Kerangka, Langkah dan ContohSemoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Sebarkan ini: • Facebook • Twit • WhatsApp Posting pada SMA Ditag 5 manfaat teks prosedur, adverbia dalam bahasa indonesia juga disebut, apa saja bagian dari teks prosedur, apa tujuan utama teks prosedur, apa yang dimaksud teks jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? sederhana, aspek kebahasaan teks prosedur, bagaimana cara membaca petunjuk, berdasarkan isinya apakah fungsi teks prosedur itu cara menghidupkan komputer, buatlah contoh teks prosedur sederhana, ciri ciri teks prosedur kompleks, ciri teks prosedur dari segi isi, ciri umum teks prosedur, contoh artikel teks prosedur, contoh kalimat perintah pada teks prosedur, contoh soal struktur teks prosedur, contoh teks prosedur, contoh teks prosedur beserta analisisnya, contoh teks prosedur lengkap dengan strukturnya, fungsi judul dalam teks prosedur, fungsi teks eksplanasi, fungsi teks prosedur, fungsi teks prosedur berdasarkan isinya, fungsi teks prosedur kiat berwawancara kerja, hal apakah yang dijelaskan pada jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

prosedur, isi teks prosedur, jelaskan aspek kebahasaan dalam teks prosedur, jelaskan cara menginformasikan teks prosedur, jelaskan ciri-ciri kebahasaan teks eksplanasi, jelaskan jenis jenis teks prosedur, jelaskan kaidah kebahasaan teks prosedur, jelaskan pengertian teks prosedur kompleks, jelaskan struktur teks prosedur, jelaskan yang dimaksud teks prosedur kompleks, kaidah kebahasaan teks prosedur brainly, kaidah teks prosedur, karakteristik teks prosedur, karakteristik umum teks prosedur, kata kerja imperatif pada teks prosedur, kemukakan sebuah contoh jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

prosedur dan fungsi teks tersebut bagi anda, langkah langkah teks prosedur, manfaat teks prosedur, materi lengkap teks eksplanasi, materi teks eksplanasi, materi teks prosedur kelas 11, mengapa teks prosedur diperlukan, mengapa teks prosedur sangat penting, pengertian dan struktur teks eksplanasi, pengertian teks eksplanasi, pengertian teks prosedur brainly, pengertian teks prosedur kompleks, pengertian teks prosedur protokol, perbedaan teks prosedur dengan teks lainnya, sebutkan 4 fungsi teks prosedur, sebutkan ciri-ciri teks prosedur, sebutkan jenis teks prosedur, sebutkan unsur kebahasaan teks prosedur, struktur teks prosedur, struktur teks prosedur brainly, struktur teks prosedur dan pengertiannya, teks prosedur ada tiga macam yaitu, teks prosedur disusun berdasarkan, teks prosedur menjelaskan tentang apa, teks prosedur termasuk karangan, tujuan teks prosedur, tuliskan fungsi teks, tuliskan macam-macam teks prosedur, unsur teks prosedur, unsur unsur teks prosedur, verba ada dua yaitu, verba berimbuhan yang dibentuk dari verba Pos-pos Terbaru • Penyimpangan Sosial • Komunikasi Bisnis • Lembaga Keuangan • ISP adalah • Laut Adalah • Akhlak Adalah • Peramalan Adalah • Sedimentasi adalah • Sel Elektrolisis • Higgs domino mod apk speeder tanpa iklan • Dataran adalah • Good Governance • Kenakalan Remaja • Siklus Krebs • Norma Kesopanan Pengertian teks prosedur – Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi cara-cara untuk membuat atau melakukan suatu hal, yang dijelaskan menurut metode langkah per langkah secara runtut dan detail.

Tujuan teks prosedur adalah memberi informasi terkait jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? tertentu. Adanya teks prosedur cukup penting untuk memberi informasi dan penjelasan mengenai langkah-langkah melakukan sesuatu. Dalam sebuah produk, teks prosedur juga berperan penting untuk menjelaskan penggunaan produk tersebut bagi konsumen. Secara umum teks prosedur dibagi menjadi 3 jenis, yakni teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur protokol.

Teks prosedur sederhana tidak membutuhkan banyak langkah, sementara teks prosedur kompleks membutuhkan banyak langkah dan waktu. Adapun teks prosedur protokol tidak terlalu rumit dan mudah dipahami. Contoh teks prosedur misalnya menjelaskan cara membuat kopi, cara membuat nasi goreng, cara mendaftar ke universitas, cara menggunakan DVD player, cara mengedit video dengan baik, cara membuat laporan hasil penelitian, dan sebagainya. (baca juga pengertian teks deskripsi) Pengertian Teks Prosedur Berikut akan dijelaskan apa itu pengertian teks prosedur menurut para ahli, menurut KBBI serta arti dan definisinya secara umum.

Arti Teks Prosedur Menurut KBBI Pengertian teks prosedur menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah teks yang menjelaskan tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas atau metode langkah demi langkah secara pasti dalam memecahkan suatu masalah.

Definisi Teks Prosedur Secara Umum Pengertian teks prosedur secara umum adalah teks yang berisi tata cara untuk membuat atau melakukan sesuatu hal secara berurutan dengan terstruktur langkah demi langkah untuk menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli Di bawah ini akan dijelaskan beberapa pengertian dan definisi teks prosedur menurut pendapat dan teori para ahli. Menurut Ismail Masya (1994) Pengertian teks prosedur menurut Ismail Masya adalah teks yang menjelskan rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.

Menurut Muhammad Ali (2000) Definisi teks prosedur menurut pendapat dari Muhammad Ali merupakan sebuah teks yang menjelaskan tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan tertentu. Menurut Ida Nuraida (2008) Arti teks prosedur adalah teks yang menjelaskan urutan langkah-langkah dimana pekerjaan tersebut dilakukan, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

Menurut Mulyadi (2001) Pengertian teks prosedur adalah teks yang menjelaskan urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu departemen atau lebih, yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

Fungsi dan Tujuan Jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? Prosedur Tujuan teks prosedur yang utama adalah untuk memberi informasi dan penjelasan terkait langkah-langkah melakukan sesuatu. Berikut merupakan beberapa fungsi dan tujuan teks prosedur selengkapnya.

• Memberi informasi untuk membuat atau melakukan dengan metode dan langkah-langkahnya sesuatu secara urut dan detail.

• Memudahkan pembaca untuk mengetahui cara melakukan sesuatu. • Menjelaskan mengenai tujuan melakukan suatu kegiatan dan cara termudah untuk melakukannya. • Memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat dan akurat serta memperoleh hasil yang maksimal.

• Membagikan ilmu terkait cara membuat atau melakukan suatu aktivitas tertentu kepada pembaca. Ciri-Ciri Teks Prosedur Layaknya jenis-jenis teks lain, teks prosedur juga memiliki ciri-ciri dan karakteristik tertentu. Berikut ini merupakan ciri-ciri teks prosedur selengkapnya. • Berisikan langkah-langkah dan metode tertentu. • Disusun secara informatif dan jelas.

• Penjelasan langkah-langkah disusun secara rinci dan detail. • Teks prosedur bersifat objektif. • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan. • Menggunakan syarat atau pilihan.

• Teks prosedur bersifat universal. • Teks prosedur bersifat aktual dan akurat. • Teks prosedur bersifat logis. • Menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah. • Menggunakan kalimat penghubung. Struktur Teks Prosedur Ada beberapa struktur teks prosedur ayang disusun dari awal sampai akhir.

Berikut merupakan strukturstruktur teks prosedur dan penjelasannya lengkap. • Judul, yakni berisi judul utama teks prosedur tentang langkah-langkah apa yang akan dijelaskan. • Tujuan, yakni menjelaskan latar belakang dan kalimat pengantar mengenai langkah-langkah yang akan dibahas. • Bahan dan peralatan, yakni rincian mengenai bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam aktivitas yang akan dibhas.

• Langkah-langkah, yakni tahapan proses teks prosedur yang dijelaskan secara rinci dan berurutan dari awal hingga akhir. Macam-Macam Teks Prosedur Secara umum terdapat 3 jenis-jenis teks prosedur, yakni teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks, dan teks prosedur protokol.

Berikut merupakan macam-macam teks prosedur dan penjelasannya. 1. Teks Prosedur Sederhana Teks prosedur sederhana merupakan jenis teks prosedur yang tidak membutuhkan banyak langkah dan waktu. Artinya teks prosedur sangat simple dan mudah diingat-ingat, bahkan hanya membutuhkan 2 atau 3 langkah saja. Contoh teks prosedur sederhana adalah cara mematikan lampu, cara menggunakan kipas angin, dan sebagainya. 2. Teks Prosedur Kompleks Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks prosedur yang membutuhkan banyak langkah dan memakan banyak waktu.

Jenis teks prosedur ini harus melewati serangkaian langkah demi langkah yang cukup rumit dan kompleks. Contoh teks prosedur kompleks adalah cara mendaftar CPNS, cara melakukan install ulang komputer, dan sebagainya. 3. Teks Prosedur Protokol Teks prosedur protokol merupakan jenis teks prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu rumit. Jenis teks prosedur protokol ini pun dapat dengan mudah dipahami oleh tiap orang karena step by step nya yang tidak terlalu kompleks.

Contoh teks prosedur protokol adalah cara membuat kopi, cara memasak telur, dan sebagainya. Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Sebagai salah satu jenis teks, tentu juga ada kaidah kebahasaan yang khas pada teks prosedur ini.

Berikut ini merupakan kaidah kebahasaan teks prosedur selengkapnya. • Kalimat imperatif atau perintah, yang berfungsi untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. • Kalimat deklaratif atau pernyataan, yang berfungsi untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu. • Kalimat interogatif atau pertanyaan, yang berfungsi untuk meminta informasi tentang sesuatu. • Konjungsi temporal tau kata penghubung, yang berfungsi menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis.

• Verba material, yang mengacu pada tindakan fisik atau aktivitas pekerjaan yang harus dilakukan. • Verba tingkah laku, yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan.

• Partisipan manusia, merupakan semua manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut. • Bilangan penanda, yang berfungsi sebagai penanda urutan secara kronologis kegiatan. Nah itulah referensi pengertian teks prosedur secara umum beserta arti dan definisinya menurut para ahli Dijelaskan juga apa saja fungsi dan tujuan teks prosedur, ciri-ciri dan struktur teks prosedur, macam-macam teks prosedur, serta kaidah kebahasaan teks prosedur dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Artikel Terbaru • 50+ Contoh Tumbuhan Monokotil Beserta Nama Latinnya [Lengkap] • 30+ Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Pengertiannya • 4+ Fungsi Sosiologi Bagi Masyarakat Beserta Peran dan Manfaatnya • Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) Menurut Para Ahli & Secara Umum • 8+ Unsur Intrinsik Novel Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap] Artikel Pilihan
Teks prosedur adalah teks yang menjelaskan cara melakukan aktivitas tertentu.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Tujuannya adalah memberikan petunjuk dalam melakukan sesuatu dengan urutan langkah-langkah yang benar. Dengan demikian, tujuan teks prosedur adalah untuk menunjukkan atau menjelaskan bagaimana cara mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang saling berurutan dan memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah-langkah atau perintah dari isi teks.
Kelas: 11 Topik: Teks Prosedur Hai Marhaen L. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?.

Teks prosedur berkenaan dengan tahapan tentang cara melakukan, cara menggunakan, cara membuat, dan cara memainkan. Dengan demikian, tujuan dibuatnya tahapan dalam sebuah teks prosedur agar pembaca tahu bagaimana proses yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, baik tentang cara melakukan, cara menggunakan, cara membuat, dan cara memainkan.

19. Bacalah penggalan teks drama berikut kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya!Tamu : “Assalamualaikum!” (dua orang teman Heni yaitu Siska dan Ika berdiri di luar)Heni : “Waalaikumsalam.

Mari masuk tean-teman!” (sambil membuka pintu)Siska : “Sedang apa Hen? Kamu baik-baik saja kan?”Ika : “Iya, kamu rindu kepadamu, lama tidak bertemu!”Heni : “Ya, beginilah pekerjaanku, teman-teman.

Saya harus membantu ibu membuat kue”.Ibu Heni: “Eeh, ada teman-temannya Heni.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Mari, silakan duduk. Kami senang kalian mau menengok kami”.Ika : “Maaf bu, kedatangan kami untuk menyampaikan surat dari kepala jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?. Kata beliau, Heni diminta masuk sekolah lagi. Semua biaya sekolah akan dibantu. Lagi pula Heni mendapat biaya pendidikan dari pemerintah daerah”.Heni : “Terima kasih, teman-teman.” (menerima surat ika, tampak air matanya berlinang-linang.)Ibu Heni: “Terima kasih, Nak.

Persahabatan kalian memang tulus.”Anak-anak: “Sama-sama, Bu. Kami senang bisa saling membantu.” Tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut yaitu ….

* 5 points a. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak. b. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni c. Siska, Ika, Heni, Jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? Heni, kepala sekolah d. Siska, Ika, Heni, Ibu Heni, anak-anak e. Tamu, Siska, Ika, Heni, Ibu Heni Perhatikan teks eksplanasi berikut ini! Banjir di Jakarta (1)Jakarta merupakan ibu kota dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. (2)Jakarta sebagai ibu kota pun tak lepas dari permasalahan, baik itu permasalahan sosial maupun permasalahan yang berkenaan dengan lingkungan.

(3)Salah satu permasalahan lingkungan yang sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di ibu kota Indonesia ini adalah permasalahan banjir. (4)Banjir seolah-olah telah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Jakarta. (5)Jakarta sering kali di landa banjir karena ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab hal tersebut terjadi, salah satunya adalah faktor kurangnya kawasan resapan air.

(6) Ibu kota negara Indonesia ini seperti yang telah diketahui, daerahnya dipenuhi dengan gedung-gedung tinggi. (7)Hal ini karena memang Jakarta dijadikan sebagai pusat perekonomian dan bisnis. (8)Oleh karena itu, adanya kondisi tersebut membuat lahan atau kawasan resapan air menjadi berkurang dan ketika hujan datang dengan intensitas yang tinggi mengakibatkan banjir.

(9)Tak hanya itu, penyebab dari banjir di Jakarta ini juga terjadi lantaran masyarakat masih membuang sampah sembarangan ke sungai. (10)Masyarakat banyak sekali yang belum teredukasi untuk membuang sampah pada tempatnya dan mereka juga belum banyak memahami mengenai sistem daur ulang sampah.

(11)Oleh karena itu, banyak sekali sampah yang dibuang ke sungai oleh masyarakat. (12) Hal ini akan menyebabkan banjir ketika curah hujan sedang tinggi. (13)Banjir Jakarta ini tentu saja memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan masyarakatnya. (14)Adanya bencana banjir ini sehingga membuat ratusan orang harus mengungsi dan parahnya ratusan orang meninggal dunia. (15)Banjir di Jakarta ini juga mengakibatkan muncul penyakit seperti diare dan lain-lain.

(16)Masyarakat pun juga akhirnya tidak dapat beraktivitas seperti biasanya.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

(17)Banjir di Jakarta ini dampaknya sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat Jakarta dan bencana alam ini harus segera diatasi. (18)Menghentikan bencana yang seolah-olah telah menjadi agenda tahunan ini perlu sebuah usaha yang serius dari pihak pemerintah dan juga masyarakat. (19)Masyarakat harus ikut andil dalam mengatasi bencana banjir tak berkesudahan ini.

(20) Masyarakat harus memiliki kesadaran terhadap lingkungan agar permasalahan ini pun dapat terselesaikan. 5. Tentukan ciri-ciri umum teks eksplanasi!Liputan6.com, Jakarta Tujuan teks prosedur sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Teks prosedur termasuk teks yang sering ditemukan. Jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

saja resep masakan, cara mengoperasikan sesuatu, atau langkah-langkah dalam DIY, semua termasuk contoh dari tujuan teks prosedur. Tujuan teks prosedur bisa mempermudah pekerjaan seseorang. Tujuan teks prosedur memberi penjelasan terkait sebuah cara melakukan sesuatu. Tujuan teks prosedur berhubungan dengan perilaku manusia.

Orang-orang dari segala usia menggunakan teks prosedur untuk mempelajari keterampilan baru, melakukan eksperimen sains, memberikan pertolongan pertama, membangun, memasak, bermain game, membuat kerajinan, atau meningkatkan kemampuan mereka. Tujuan teks prosedur ditujukan oleh semua orang yang membutuhkannya. Berikut tujuan teks prosedur, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(19/5/2021). Mengenal teks prosedur Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Alexandra Teks prosedur adalah teks yang memaparkan langkah-langkah kegiatan atau berbagai tahapan untuk melakukan atau menghasilkan sesuatu.

Teks prosedur menginstruksikan audiens tentang cara menyelesaikan tugas tertentu. Umumnya ini kemudian dibagi menjadi dua kategori, bagaimana membuat sesuatu dan bagaimana melakukan sesuatu.

Fungsi dari teks prosedur adalah untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dilakukan secara lengkap melalui serangkaian langkah. Tujuan teks prosedur Ilustrasi Belajar Bahasa Credit: pexels.com/Khloe Tujuan teks prosedur adalah untuk jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

serangkaian informasi atau pedoman sehingga orang dapat melakukan tugas secara efisien dengan cara yang aman, efisien dan efektif. Tujuan dari teks prosedural adalah untuk memberikan informasi atau arahan berurutan. Secara komunikatif, tujuan teks prosedur adalah mendeskripsikan bagaimana sesuatu dibuat melalui serangkaian tindakan atau langkah. Informasi tersebut disajikan dalam urutan peristiwa yang logis, yang dipecah menjadi langkah-langkah kecil yang berurutan.

Contoh paling umum dari teks prosedural adalah resep. Isi teks prosedur Lanjutkan membaca Beberapa penulis membagikan tip yang akan membantu proses berjalan lebih lancar.

Teks biasanya menyertakan satu atau lebih foto, ilustrasi, atau diagram untuk membantu pembaca memvisualisasikan, atau melihat, bagaimana melakukan langkah-langkahnya. Orang dapat menemukan teks prosedural di buku, majalah, surat kabar, pamflet, instruksi yang disertakan dengan pembelian, dan di Internet.

Ciri-ciri teks prosedur ilustrasi membaca buku (iStockphoto) - Memaparkan tujuan, langkah-langkah dan penutup. - Menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah.

- Menggunakan kalimat penghubung untuk mengaitkan konteks dari awal sampai akhir.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

- Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung. - Menggunakan kalimat saran dan larangan. - Menggunakan kriteria atau batasan tertentu. - Menggunakan kata keterangan. - Berisi informasi. - Berisi langkah yang terperinci - Disusun secara sistematis dan dijelaskan secara detail. - Berisi informasi yang bersifat objektif. - Terdapat bilangan urutan atau angka yang menunjukan urutan (langkah) prosedur. - Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa selalu siram-i benih setiap hari, masuk-kan bakso tersebut ke air mendidih.

Jenis-jenis teks prosedur Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Melanie Teks prosedur sederhana Teks prosedur sederhana adalah teks yang berisi dua atau tiga langkah petunjuk saja. Teks ini merupakan teks singkat dan hanya menyajikan bagian jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? dianggap benar-benar pentingn saja. Bagian teks paling awal biasanya tidak disajikan. Contohnya tata cara atau petunjuk mengoperasikan setrika.

Teks Prosedur Kompleks Teks prosedur kompleks terdiri dari berbagai langkah dan jenjang pada tahapannya. Bahkan, sering terdapat sub-langkah untuk memperjelas petunjuk atau arahan. Selain itu, petunjuk disajikan sangat detail sehingga lebih mudah dipahami dan langsung diikuti. Struktur teks prosedur kompleks yang pertama adalah bagian tujuan yang berisi penjelasan maksud dari pembuatan teks prosedur tersebut atau capaian hasil akhir setelah menjalankan langkah-langkah kegiatan dalam panduan.

Kedua, bagian langkah-langkah yang berisi tata cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan yang telah dijelaskan sebelumnya. Teks Prosedur Protokol Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya sederhana dan mudah dipahami.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Contohnya dalam pembuatan sup, orang yang memasak bebas memilih apakah akan memotong kentang atau wortel terlebih dahulu, karena nantinya bahan-bahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kuah sup secara bersamaan.

Contoh teks prosedur Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Piho Resep Resep adalah teks universal. Resep merupakan teks prosedur yang paling banyak ditemui.

Resep memaparkan cara memasak sesuatu, lengkap dengan bahan dan tips memasaknya. Petunjuk Arah Petunjuk arah memberi arahan bagaimana cara seseorang mencapai suatu tempat. Instruksi yang sangat spesifik termasuk nama dan judul lokasi. Bahasa formal diperlukan dan penambahan peta akan membuat instruksi lebih mudah dimengerti. Instruksi Instruksi memaparkan bagaimana seseorang melakukan sesuatu.

Contohnya seperti instruksi olahraga yang benar, atau instruksi parkir kendaraan di suatu tempat.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Aturan untuk game Teks prosedur juga bisa ditemukan dalam permainan game. Ini menunjukkan bagaimana cara memainkan game tersebut. Buku Manual Buku manual termasuk teks prosedur yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Buku manual biasanya menjelaskan bagaimana cara mengoperasikan sesuatu.

Manual juga bisa berisi apakah ada peringatan yang perlu diwaspadai saat menggunakan alat tersebut. Merdeka.com - Merdeka.com - Polisi bergerak cepat melakukan penyelidikan terkait insiden ambrolnya papan seluncuran kolam renang Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya, Sabtu (7/5) siang.

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

Sejumlah saksi pun dimintai keterangan terkait dengan insiden yang menyebabkan 9 orang anak-anak itu terluka lantaran terjatuh dari ketinggian 10 meter. Penyelidikan terhadap insiden itu dibenarkan oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Anton Elfrino Trisanto. Ia menyatakan, Subdit Reskrim Polres Pelabuhan Tanjun Merdeka.com - Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menutup sementara pasar hewan di empat kabupaten yang menjadi lokasi ditemukannya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, yakni Mojokerto, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan.

"Hasil rapat koordinasi memutuskan berbagai upaya pencegahan agar penyakit tak menyebar, salah satunya penutupan pasar hewan," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (7/5).

jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

PMK merupakan penyakit hewan akut yang me
Untuk membuat teks prosedur yang baik, jenis kalimat jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? digunakan harus berupa kalimat perintah. Penulis harus mampu menyusun langkah atau tahapan yang mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, penting juga untuk menambahkan gambar pada teks prosedur agar pembaca lebih mudah memahami langkah atau tahapan yang dijelaskan.
Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Macam dan Contoh Teks Prosedur Struktur teks prosedur ialah teks yang isinya tentang langkah-langkah ataupun tahap-tahap dalam melakukan suatu hal dari mulai melakukan kegiatan tertentu atau membuat hal tertentu yang di sajikan dengan berurutan.

Untuk itu, anda harus tahu bagaimana sebenarnya struktur teks prosedur. Tujuan Teks Prosedur Teks prosedur memiliki tujuan tertentu yang harus dicapai. Tujuan utama dari teks prosedur adalah membantu pembacanya atau pendengar untuk memahami tentang bagaimana cara melakukan ataupun membuat sesuatu secara tepat. Bisa di katakana juga tujuan ditulisnya teks prosedur ialah guna memperoleh hasil akhir yang baik.

Ciri-Ciri Teks Prosedur Didalam teks prosedur juga memiliki cirri cirri diantaranya: • Didalamnya menggunakan pola kalimat perintah atau kalimat imperative. • Memakai kata kerja aktif • Memakai konjungsi/ kata penghubung dalam mengurutkan kegiatan ataupun cara. • Memakai kata keterangan dalam menyatakan cara, waktu dan tempat secara akurat. Struktur Teks Prosedur Kompleks Dalam pembuatan teks prosesdur memiliki 3 struktur penting yang harus ada diantaranya: 1. Bagian Tujuan Pada bagian tujuan teks prosedur ini dapat berisi tentang tujuan pembuatan teks prosedur atau hasil akhir yang hendak dicapai bila sudah melakukan beberapa tahapan dalam teks prosedur itu.

2. Bagian Material Selanjutnya ada pada bagian material dari teks prosedur yang isinya terkait bahan, alat, ataupun material yang diperlukan. Namun tak semua teks prosedur ada bagian satu ini. Umumnya pemakaian bagian material ada dalam teks prosedur yang membahas tentang pembuatan tertentu seperti pembuatan resep makanan ataupun lainnya.

3. Bagian Langkah-Langkah Yang ketiga ada bagian langkah langkah yang isinya tentang langkah langkah yang perlu di lalui agar memperoleh hasil yang sesuai terhadap tujuan dari teks prosedur. Di bagian ini, setiap tahapnya juga harus dilakukan secara urut tidak boleh dilakukan secara acak.

Baca Juga : Pengertian Paragraf Klasifikasi, Ciri Dan Contohnya Lengkap Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Sama halnya dengan jenis teks lainnya, pada teks prosedur juga mempunyai kaidah kebahasaan tersendiri.

Kaidah kebahasaan yang dimaksud diantaranya: a. Konjungsi temporal didalam jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? prosedur juga banyak ditemukan adanya kata konjungsi temporal ataupun kata penghubung menyatakan waktu kegiatan dan bersifat kronologis contohnya seperti kata penghubung selanjutnya, berikutnya, lalu, kemudian, serta setelah itu.

b. Kata kerja imperatif Pada teks prosedur juga banyak ditemukan adanya kalimat imperatif ataupun kalimat perintah serta larangan yang perlu ditaati untuk pelaksanaan hal yang di tulis pada teks prosedur.

c. Verba material dan tingkah laku Yang dimaksud verba material ialah sesuatu yang focus pada tindakan fisik misalnya memotong wortel, menghaluskan bumbu maupun lainnya. Sementara verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan menggunakan suatu ungkapan. d. Partisipan manusia Pada partisipan manusia ini, hanya manusia yang menjalankan dalam acuan teks prosedur yang ditulis. – Ada bilangan sebagai penanda dan urutan teks prosedur.

– Ada kalimat introgatif ataupun kalimat yang berisi pertanyaan. – Ada kalimat deklaratif ataupun kalimat yang berisi pernyataan. Macam-Macam Kalimat Dalam Teks Prosedur Ada 3 jenis kalimat yang terdapat dalam teks prosedur diantaranya: 1. Kalimat Imperatif Yang pertama adalah kalimat Imperatif. Dalam kalimat ini berisikan perintah yang berfungsi meminta dan juga melarang agar seseorang tidak melakukan hal tersebut.

2. Kalimat Deklaratif Selanjutnya ada Kalimat Deklaratif yakni kalimat yang berisikan tentang pernyataan dan kalimat ini berfungsi guna memberi informasi ataupun berita tentang sesuatu. 3. Kalimat Interogatif Yang ketiga ada Kalimat Interogatif yang merupakan sebuah kalimat yang berisikan tentang pertanyaan dan berguna untuk meminta informasi terkait sesuatu hal.

Baca Juga : Slogan :Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Macam dan Contoh Slogan Terlengkap Macam-Macam Teks Prosedur Dan Contohnya Ada beberapa jenis teks prosedur diantaranya teks prosedur sederhana, teks protocol dan teks prosedur kompleks. 1. Teks Prosedur Sederhana Jenis teks yang pertama adalah teks prosedur sederhana yakni teks yang Cuma menyajikan prosedur dan Cuma ditempuh dengan 2 atau hanya 3 langkah saja.

Contoh dari prosedur teks sederhana ialah cara menggunakan setrika listrik, kemudian cara mematikan televisi, maupun cara mengirim pesan lewat handphone. Dalam teks prosedur tersebut terdapat langkah awal sebagai syarat langkah berikutnya. Sehingga 2-3 langkah sederhana itu tak dapat berubah urutan.

2. Teks Prosedur Protokol Jenis teks prosedur yang kedua adalah teks protocol. Yakni jenis teks prosedur dengan jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur? kerjanya tak terlalu ketat ataupun langkah kerjanya bisa dirubah.

Sehingga langkah langkahnya tak harus dilakukan dengan urut sebab tak saling berkaitan. Walaupun urutannya dirubah, tapi tujuannya tetap harus terpenuhi dengan baik. Dibawah ini ada contoh dari prosedur protocol. Cara Memasak Mie Instan : Yang pertama, didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan mie instan didalam air tersebut.

Kemudian, masukkan di wadah beda bumbu mie instan. Setelah mie instan matang, tuangkan didalam wadah yang berisikan bumbu mie tersebut. Kemudian aduk dan hidangkan selagi hangat. 3. Teks Prosedur Kompleks Yang ketiga ada teks Prosedur Kompleks. Yakni teks prosedur yang didalamnya terdapat banyak sekali langkah langkahnya dan berjenjang dengan ada pula sublangkah disetiap langkahnya.

Berikut ini contoh teks prosedur kompleks. Cara Mematikan Komputer : Berikut ini ada dua cara mematikan computer secara benar. Cara pertama adalah cara mematikan computer yang menggunakan system operasi windows XP, windows 7 dan Vista. Kemudian untuk cara yang kedua adalah cara mematikan komputer pada windows 8. Langsung saja simak langkahnya dibawah ini. Baca Juga : Teks Eksplanasi : Pengertian, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya Terlengkap Cara Mematikan Komputer Windows XP, Vista, Dan Windows 7 Secara Benar: • Langkah pertama klik menu “START” di pojok kiri bagian bawah monitor.

• Kemudian klik “shutdown”. • Setelah itu klik “OK”. • Tunggulah sampai computer mati. • Sesudah computer mati, anda harus matikan stabilizer. Yakni tekan tombol power dan cabut kabel listrik guna memutuskan arus. • Nah computer anda sudah berhasil dimatikan. Yang Kedua Adalah Cara Mematikan Komputer Beroperasi Windows 8 Secara Benar: • Langkah pertama arahkan cursor ke arah pojok kanan bawah.

• Kemudian pilih, dan klik setting. • Tekan ikon power, kemudian klik shutdown. • Tunggulah sampai komputer benar-benar mati. • Kemudian matikan stabilier lalu cabut kabel untuk memutuskan arus listrik.

• Nah, computer sudah berhasil di matikan dengan benar. Itulah pembahasan terkait struktur teks prosedur dan pengertian, tujuan, ciri, kaidah kebahasaan, jenis dan contoh dari teks prosedur terlengkap“. Semoga bermanfaat. • Pengertian Artikel Menurut Ahli, Ciri, Jenis dan Cara Menulis Artikel Lengkap • Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Senam Terlengkap Share this: • • • • • Posted in B.INDONESIA Tagged ciri ciri teks prosedur, contoh teks prosedur brainly, contoh teks prosedur cara membuat nasi goreng, contoh teks prosedur doc, contoh teks prosedur membuat minuman, contoh teks prosedur protokol, contoh teks prosedur protokol brainly, contoh jelaskan tujuan dibuatnya sebuah teks prosedur?

prosedur protokol membuat kopi, contoh teks prosedur sederhana, contoh teks prosedur tentang komputer, fungsi teks prosedur, isi teks prosedur, kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks, karakteristik umum teks prosedur, langkah langkah teks prosedur, macam macam kalimat dalam teks prosedur, macam macam teks prosedur, macam macam teks prosedur dan contohnya, manfaat teks prosedur, mengapa teks prosedur sangat penting, pengertian teks eksplanasi, pengertian teks prosedur, pengertian teks prosedur kompleks, pengertian teks prosedur protokol, pengertian teks prosedur sederhana, sebutkan jenis teks prosedur, struktur teks prosedur, struktur teks prosedur kompleks, struktur teks prosedur sederhana, teks prosedur, teks prosedur bahasa inggris, teks prosedur cara membuat nasi goreng, teks prosedur makanan dan minuman, Teks Prosedur Pengertian Tujuan Ciri Struktur Kaidah Kebahasaan Macam dan Contoh Teks Prosedur Paling Lengkap, teks prosedur sederhana, tujuan teks prosedur Post navigation Recent Posts • Cara Membuat Jaring-jaring Prisma dan Limas Segitiga, Segi Empat dan Segi Lima Beserta Contohnya • Suhu dan Kalor : Pengertian, Rumus dan daftar kalor jenisnya Lengkap • Pengertian Himpunan Bagian dan Contoh Soalnya “Paling Lengkap” • Pengertian Norma Sosial dan Contohnya “Paling Lengkap” • Rumus Lengkap Pertumbuhan Penduduk (Alami, Migrasi, Total)

KD 3.5 Mengidentifikasi Teks Prosedur




2022 www.videocon.com