Cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Ibu sedang mencari cara mengencerkan dahak pada anak? Di kala anak batuk berdahak, ia kerap akan lebih rewel karena tenggorokannya tidak nyaman. Batuk berdahak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Batuk terjadi saat saluran pernapasan anak iritasi sehingga muncul produksi lendir atau dahak.

Ketika mengalami batuk berdahak, anak mengalami gejala pengikut lainnya seperti sesak napas, demam, sakit tenggorokan, sakit dada, hidung tersumbat, serta kehilangan nafsu makan. Batuk berdahak biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu dua minggu. Namun sayangnya, batuk berdahak dapat bertahan lebih lama bagi sebagian anak. Ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak. Cara mengencerkan dahak pada anak Anak batuk berdahak atau sering disebut juga common cold biasanya akan sembuh dengan sendirinya tergantung dengan daya tahan tubuhnya.

Ibu bisa mencoba cara mengencerkan dahak secara alami ini sebelum menggunakan obat dan memeriksakan anak ke dokter. 1. Telungkupkan anak Salah satu cara mengencerkan dahak pada anak dengan cara menelungkupkan anak.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Setelah anak ditelungkupi, tepuk-tepuk punggungnya dengan pelan saat ia batuk. Pastikan Ibu menepuk dengan cara yang benar, sebagai contoh menepuk dengan posisi tangan membentuk seperti cangkang. Cara ini aman dilakukan pada bayi asal dilakukan secara benar dan hati-hati. 2. Mengkonsumsi banyak cairan Anak batuk berdahak harus banyak mengkonsumsi cairan. Ini merupakan cara mengencerkan dahak secara alami yang membuat dahak menjadi lebih encer dan mudah terbuang.

Jika bayi berusia di bawah 6 bulan, Sering-sering lah beri ia Cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun sehingga cairan yang masuk lebih banyak. Jika bayi sudah berusia di atas 6 bulan, Ibu dapat memberi ASI atau air putih untuk menambah asupan cairannya.

3. Minum air lemon hangat Minum air lemon hangat merupakan cara mengencerkan dahak secara alami pada anak. Jika anak rentan memiliki gangguan pencernaan, jangan terlalu banyak minum air lemon hangat.

Seperti rempah-rempah lainnya, lemon mengandung zat-zat yang dapat membantu mengurangi produksi dahak berlebih saat anak batuk.

Lemon juga dapat mengeluarkan dahak yang membandel. 4. Berkumur dengan air garam yang hangat Jika batuk berdahak pada anak tidak kunjung hilang, Mintalah anak untuk berkumur dengan air garam hangat karena ini adalah cara mengencerkan dahak pada anak.

Tentunya cara ini hanya bisa dicoba jika anak sudah dapat berkumur sendiri. Dahak di dalam paru-paru dan tenggorokan dapat dikeluarkan dengan cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun berkumur-kumur dengan air garam hangat. Campurkanlah air hangat dengan ½ sendok teh garam dengan segelas air hangat. 5. Gunakan daun sirih Ternyata daun sirih bisa digunakan sebagai cara mengencerkan dahak pada anak loh!

Caranya, kukus beberapa lembar daun sirih. Setelah itu balurkan pada dada anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih terlebih dahulu agar dia merasa hangat. Jika sudah, letakkan lembaran daun sirih ke dada anak selama beberapa menit. Diharapkan cara ini dapat mengencerkan dahak pada anak secara efektif.

6. Berikan madu Madu telah terbukti memiliki kandungan zat yang bersifat antivirus dan bakteri. Dengan begitu, madu menjadi salah satu cara mengencerkan dahak pada anak. Tapi Ibu harus ingat, anak berusia di bawah satu tahun tidak disarankan untuk mengkonsumsi madu karena dikhawatirkan terdapat parasit yang dapat membahayakan anak.

7. Manfaatkan rempah-rempah Ibu dapat menggunakan rempah-rempah yang ada di dapur sebagai salah satu cara mengencerkan dahak pada anak.

Rempah-rempah yang bisa Ibu manfaat berupa jahe, ginseng, bawang putih, dan lain sebagainya. Di dalam rempah-rempah tersebut terdapat kandungan zat-zat yang dapat membunuh virus atau bakteri yang menyebabkan produksi dahak. Ibu dapat memberikan rempah-rempah tersebut dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan ataupun minuman anak. 8. Hangatkan tubuh anak Cara mengencerkan dahak pada anak lainnya adalah dengan cara menghangatkan tubuh anak karena dahak akan lebih mudah keluar.

Cobalah ajak anak untuk mandi atau berendam air hangat sebentar agar suhu tubuhnya juga lebih hangat dan dahak lebih mudah dikeluarkan.

9. Uap Cara mengencerkan dahak pada anak lainnya yang juga cukup ampuh dengan cara menggunakan uap. Caranya, sediakan air hangat di dalam baskom. Campurkan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya ke dalam air hangat tersebut. Dekatkan posisi anak dengan baskom tersebut dan mintalah ia untuk menghirup uap yang ada di dalam baskom.

Uap tersebut akan membantu dahak anak lebih encer sehingga lebih mudah untuk keluar. Selain itu Ibu dapat menggunakan alat nebulizer untuk mengencerkan dahak pada anak jika memiliki alatnya. Alat tersebut terdiri dari kompresor yang dapat merubah cairan campuran obat menjadi uap sehingga dahak anak bisa lebih encer. Jika beragam cara alami sudah dicoba dan anak belum kunjung membaik, Ibu dapat memberikan obat batuk berdahak seperti ekspektoran kepada anak.

Harus diingat bahwa obat bebas tanpa resep dokter tidak disarankan diberikan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Sebaiknya pemberian obat dikonsultasikan dulu kepada dokter. Meski batuk berdahak merupakan gejala yang sangat umum pada anak-anak, Ibu harus tetap waspada karena batuk berdahak bisa mengacu pada penyakit yang lebih berat seperti radang paru-paru (pneumonia), bronkiolitis, sinusitis, dan asma.

Penulis: Zeneth Thobarony Editor: Dwi Ratih Artikel Terkait • Cuddling dengan Pasangan, Cara Ampuh Redakan Stress • Muncul Jerawat Setelah Melahirkan? Ini 6 Cara Mengatasinya! • 7 Cara Mengatasi Alergi Dingin yang Bisa Dilakukan Di Rumah • Ini Dia Proses Pembentukan Oogenesis pada Tubuh Manusia! • Bagaimana Cara Menjaga Agar Suhu Tubuh Normal? Artikel Terkini • Komunitas Ibu Punya Mimpi Meriahkan Hari Kartini dengan Festival Mimpi Ibu 2022 • 6 Cara Meregulasi Perasaan Ibu Bekerja Atau Ibu Rumah Tangga • Ini Penyebab Munculnya Pilihan Ibu Bekerja Atau Mengurus Anak • Mitos dan Fakta Seputar Arti Mimpi Melahirkan Saat Hamil • Daftar Lengkap Rekomendasi Susu Formula Hypoallergenic Terbaik 2022 Situs ini berisi informasi umum yang ditujukan sebagai sumber pengetahuan.

Apabila Anda ada masalah mengenai kesehatan Anda atau anak anda, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional media lainnya. Silakan membaca Syarat & Ketentuan situs kami sebelum menggunakan situs kami.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Dengan menggunakan situs kami, kamu setuju dengan Syarat & Ketentuan situs kami. • #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Dahak seringkali menjadi masalah yang mengganggu saluran pernapasan anak.

Ini bisa disebabkan oleh flu atau batuk berdahak yang umum terjadi pada anak-anak. Dahak merupakan lendir dalam tenggorokan yang diproduksi oleh paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Dalam kondisi tertentu, kelembapan udara yang rendah atau ruangan yang kering, kurang asupan cairan, hingga dampak pengobatan, juga bisa menyebabkan terjadinya batuk berdahak pada balita.

Ketika dahak mulai menyebabkannya sulit bernapas sehingga membuat balita rewel, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan. Berikut Popmama.com telah merangkum cara mengeluarkan dahak anak balit yang aman, berikut ini! Freepik Ruangan yang hangat dan beruap dapat membantu mengencerkan lendir yang kental dan memudahkan anak untuk bernapas. Cobalah memandikan anak dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian keluarkan anak dari bak mandi, nyalakan pancuran ke pengaturan terpanas, dan tutup pintunya.

Biarkan uap memenuhi ruangan sambil duduk bersama anak. Namun pastikan ruangan tidak boleh terlalu panas atau beruap, yang dapat menyebabkan anak sulit bernapas.

Freepik/rawpixel.com Humidifier, terutama yang berkabut dingin, menjaga kelembapan udara dan seperti yang telah disebutkan di atas, udara yang kering bisa menyebabkan batuk berdahak pada balita. Humidifier dapat membantu meringankan batuk berdahak dan dapat mengurangi hidung dan tenggorokan yang tersumbat, terutama di malam hari. Untuk menggunakannya, cobalah letakkan pelembap udara di kamar anak. Pastikan anak tidak sendirian dengan pelembap udara dan tidak memperlakukannya sebagai mainan.

Selain itu jaga agar pelembap tetap bersih, karena jamur dapat dengan mudah tumbuh di tempat yang cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun. health.clevelandclinic.org Semprotan hidung saline dapat membantu menenangkan hidung yang teriritasi. Mereka juga dapat membantu melonggarkan dahak yang kental.

Sebagian besar apotek juga menjual semprotan hidung saline. Atau Mama juga bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dapur dengan satu gelas air hangat.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Untuk menggunakannya, semprotkan dengan lembut ke hidung anak. Untuk lebih melegakan, coba semprot hidung lalu hisap hidung dengan spuit bulb. Mama mungkin juga menemukan bahwa semprotan hidung saline menawarkan lebih banyak kelegaan setelah si Kecil menghabiskan waktu di ruangan yang beruap dan setelah mandi air hangat.

Wikihow.com Balita yang usianya tiga tahun ke bawah mungkin lebih berjuang dalam mengatasi dahak di tenggorokannya. Ketika ini terjadi Mama dapat menggunakan alat sedot atau bulb suction/ syringe untuk balita.

Alat ini dapat membantu membersihkan hidung dan tenggorokan anak dengan lembut. Penyedotan sendiri adalah proses mengeluarkan lendir dan cairan dari hidung, mulut atau belakang tenggorokan dengan spuit bulb atau kateter (tabung fleksibel tipis). Sebelum memulai, jelaskan apa yang akan Mama lakukan, dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti anak. Selain itu, Mama mungkin juga harus membedong anak untuk mencegah goyangan saat proses penyedotan. Dilansir dari Children's Minnesota, sebagian besar penyedotan dapat dilakukan dengan cara ini.

Mama dapat menggunakan metode ini sesering yang diperlukan: • Cuci tangan • Jepit atau peras dengan jari bagian ujung bulb suction sampai mengecil. • Masukkan perlahan ujungnya ke salah satu sisi mulut balita (saku pipi saja). Jangan menyedot bagian belakang mulut. • Keluarkan alat dari hidung atau mulut dan peras lagi ke dalam tisu untuk mengeluarkan lendir.

• Setelah digunakan, cuci alat dengan air sabun panas, peras beberapa kali. Peras dalam air panas jernih untuk membilasnya. • Cuci tangan Mama dengan sabun. Jika anak menolak atau mengatakan pengisapan sakit, coba pengobatan lain. Freepik/Timolina Selain memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan, sup ayam lebih dari sekadar obat tradisional. Makanan ini juga dapat mengurangi dahak dengan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian yang dilansir dari Science Direct, menunjukkan bahwa sup ayam dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas, yang dapat mengurangi gejala hidung tersumbat.

Selain itu, sup ayam dapat membantu anak tetap terhidrasi dan mendorong mereka untuk terus makan saat merasa tidak enak badan. Freepik.com/freepik Selain dari makanan seperti sup ayam, air dan cairan lain dapat membantu mengencerkan dahak, sehingga memudahkan anak untuk batuk. Cairan juga dapat membantu mencegah dehidrasi jika anak demam. Tawarkan anak banyak air saat ia sakit. Si Kecil mungkin lebih suka minum dari cangkir yang menampilkan karakter yang ia sukai atau dari sedotan meliuk-liuk yang menarik perhatiannya.

Freepik/Pvproduction Tenggorokan yang tersumbat akibat dahak sering memburuk di malam hari. Salah satu alasannya adalah dahak tidak dapat mengalir dengan mudah saat seseorang berbaring. Beberapa anak mungkin juga merasa haus di malam hari jika mereka sesak dan tidur dengan mulut terbuka. Ketika ini terjadi, Mama mungkin perlu menambahkan beberapa bantal, agar meninggikan posisi kepala anak untuk meringankan gejala tersumbat.

Jika ini tak membantu, Mama juga dapat meminta anak untuk tidur di posisi yang lebih tegak di kursi malas. Freepik/Lifeforstock Orangtua yang merokok, tidak boleh merokok di sekitar anak-anak, dan tidak boleh membawa anak mengunjungi tempat-tempat yang mungkin ada asapnya.

Meski sulit dikendalikan, polusi udara bisa berdampak signifikan bagi kesehatan anak. Menurut American Lung Association, anak-anak yang tinggal di daerah dengan udara yang lebih bersih menunjukkan gejala pernapasan yang lebih sedikit, seperti dahak, hidung tersumbat, dan batuk. Nah itulah beberapa cara mengeluarkan dahak yang aman pada anak balita.

Mama dapat bereksperimen dengan beberapa cara di atas sampai menemukan sesuatu yang berhasil dan anak mau mencobanya. Konsultasikan dengan dokter anak untuk saran lebih lanjut tentang pengobatan rumahan yang dapat meringankan gejala spesifik yang dialami anak. Baca juga: • Kenapa Anak Mudah Tertular Batuk dan Pilek? • 9 Cara Menyembuhkan Batuk dan Pilek pada Anak Secara Alami • Bolehkah Anak Balita Mandi saat Pilek?
Melihat si kecil terus menerus batuk, Parents tentu saja merasa terenyuh bukan?

Batuk memang sangat menyiksa, terlebih lagi jika disertai dengan dahak berlebih. Agar si kecil lebih nyaman, tidak ada salahnya jika mengetahui bagaimana cara mengeluarkan dahak anak.

Batuk berdahak umumnya terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Dikutip dari lama AloDokter, biasanya batuk berdahak dikarenakan adanya infeksi oleh virus atau bakteri.

Saat saluran pernapasan terinfeksi, misalnya saat sedang flu, tubuh akan memproduksi lebih banyak lendir. Sebenarnya batuk ini bertujuan untuk mengeluarkan lendir tersebut.

Penangangan batuk berdahak tentu saja akan berbeda karena harus dilihat apa yang menyebabkan batuk tersebut. mengeluarkan dahak anak Sebagai pemanis alami, ternyata madu bisa membantu mengeluarkan dahak dan mengobati batuk si kecil. Hal ini bahkan susah melewati proses penelitian pada 2007 terkait efektivitas bahan alami ini. Para peneliti membuktikan bahwa madu bisa membantu meredakan batuk.

Hasil studi di Amerika memperlihatkan madu bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk lebih baik ketimbang obat alami lainnya, atau obat batuk yang mengandung ekstrak madu. Memang, efektifitas madu ini akan terasa cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun diberikan pada anak-anak ketimbang orang dewasa.

Hal ini disampaikan Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General, ia pun yang mengatakan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan.

Namun pemberian madu ini tidak cocok diberikan anak di bawah usia 1 tahun karena berisiko mengalami risiko botulisme. 2. Minyak esensial Mengaplikasikan beberapa minyak esesnial juga bisa membantu mengeluarkan dahak pada si kecil. Beberapa minyak esensial diketahui dapat meringankan pernapasan, secara tak langsung mendorong lendir keluar di dada.

Beberapa jenisnya bahkan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan, seperti: • Kemangi • Kulit kayu manis • Kayu putih • Serai • Permen • Rosemary • Tea tree • Thyme • Oregano Minyak-minyak ini dapat dihirup langsung dari botol, digunakan dalam diffuser, atau ditambahkan ke air panas untuk dihirup uapnya.

Sebelum tidur, Parents juga bisa mengoleskannya pada dada si kecil agar pernapasannya menjadi lebih lega. 3. Teh fenugreek dan teh hijau 4. Air garam Tahukah Parents bahwa berkumur air garam pun bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan? Berkumur dengan campuran garam dan air hangat dapat menghilangkan dahak dan lendir dari belakang tenggorokan dan meredakan gejalanya.

Tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu aduk sampai garam larut. Ulangilah beberapa kali sehari sesuai kebutuhan. 5. Makanan dan jamu Selain beberapa bahan yang sudah disebutkan di atas, ada juga jenis-jenis makanan yang bisa digunakan untuk meredakan batuk, pilek, dan mengurangi penumpukan lendir. Apa saja? • Bawang putih • Jahe • Lemon • Rempah-rempah, seperti cabai rawit dan jenis cabai lainnya Penelitian menunjukkan bahwa beberapa bahan berikut dapat membantu mengobati virus pernapasan yang bisa juga menyebabkan lendir berlebih, seperti : • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan • #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Tenggorokan berdahak tentu membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, sebab sering kali hal ini membuat pernapasan menjadi sedikit terganggu.

Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi dan anak-anak usia balita. Akibatnya, anak yang alami batuk berdahak akan jauh lebih rewel dari biasanya karena pernapsan yang terganggu.

Batuk berdahak sendiri terjadi lantaran dalam tenggorokan kita terdapat lendir yang diproduksi oleh paru-paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pada kondisi tertentu, kelembapan udara yang rendah atau ruangan yang kering, kurang minum atau kurang cairan, hingga dampak pengobatan juga menjadi pengaruh terjadinya batuk berdahak. Ketika dahak yang terus menumpuk membuat si Kecil rewel karena sulit cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun, jangan buru-buru panik ya, Ma. Yuk, coba cara mengeluarkan dahak pada anak dengan alami dan efektif yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Kapha.ru Jika berkumur dengan air garam identik dengan penyembuhan untuk sariawan atau sakit tenggorokan, namun ternyata berkumur air garam juga dapat membantu mengeluarkan dahak lho!

Dengan berkumur air garam yang hangat, maka akan membantu mengencerkan serta mengeluarkan dahak yang anak rasakan. Mama bisa menyiapkan air hangat dengan 1/2 atau 3/4 sendok teh garam yang bisa diberikan si Kecil untuk berkumur. Freepik Saat anak batuk dan tenggorokannya terasa mengganjal, Mama bisa mencukupi kebutuhan cairannya agar tetap terdehidrasi dan membantu melegakan tenggorokan.

Mama juga bisa memberikan minuman hangat seperti air putih hangat atau air perasan lemon hangat. Selain minuman, Mama juga bisa memberikan makanan berkuah hangat seperti halnya sup ayam. Pastikan untuk selalu mencukupi cairan tubuhnya agar tidak membuat tengorokan anak semakin kering ya, Ma! Freepik/bearfotos Tak hanya mengonsumsi makanan dan cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun hangat, mandi air hangat juga bisa membantu meredakan tenggorokan dan mengeluarkan dahak anak, Ma.

Mama bisa meminta anak untuk menghirup uap hangat yang keluar dari air hangat, ini akan membantu mengencerkan lendir yang kental di tenggorokan dan membantu mengelurkan dahak yang mengganjal. Pixabay.com/asundermeier Ruangan yang lembap juga membantu anak dapat bernapas lebih baik dan melegakan tenggorokannya. Mama bisa memanfaatkan alat pelembap ruangan ( humidifier) yang banyak dijual di toko terdekat atau secara online. Humidifier sendiri memiliki fungsi untuk mempertahankan tingkat kelembapan udara di dalam ruangan.Tak heran apabila humidifier kerap digunakan sebagai salah satu langkah untuk melegakan saluran pernapasan, termasuk cara mengeluarkan dahak pada anak-anak.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Mama bisa meletakan dan menghidupkan humidifier di kamar tidur si Kecil untuk membuat tidurnya lebih nyaman. Pastikan juga untuk rutin membersihkan humidifier dan mengganti airnya agar debu tidak menumpuk pada alat ini ya, Ma. Pixabay/Mareefe Bukan hal baru jika minyak kayu putih digunakan sebagai obat-obatan alami. Mama bisa memanfaatkan minyak kayu putih yang dapat membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan si Kecil.

Caranya dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian dada dan leher si Kecil, ini akan membuatnya merasa hangat dan pernapsannya menjadi teratur.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Selain dioleskan, Mama juga bisa menjadikannya sebagai alat hirup. Jika tak punya humidifier, Mama bisa melakukan uap alami dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Pexels/Ksenia Chernaya Minuman herbal juga bisa menjadi pilihan ketika anak alami batuh berdahak. Berbagai bahan herbal bisa Mama berikan seperti minuman dari seduhan lemon atau air jahe yang bisa membantu mengeluarkan dahak. Namun jika ingin memberikan minuman herbal pada anak, pastikan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan anak terlebih dahulu ya, Ma. Nah, itu dia cara alami dan efektif yang bisa Mama coba di rumah ketika anak alami batuk berdahak.

Jika cara di atas masih belum membantu mengeluarkan dahak si Kecil, ada baiknya segera periksakan kondisinya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut ya, Ma. Semoga bermanfaat! Baca juga: • Inilah 7 Cara Mengatasi Batuk pada Anak Secara Alami • Kenapa Anak Mudah Tertular Batuk dan Pilek? • Sebabkan Epilepsi, Ketahui 5 Fakta Mengenai Batuk Rejan pada Anak!
Banyak hal yang harus Bunda pelajari dan ketahui saat Si Kecil sudah hadir di dalam keluarga, termasuk dalam cara perawatan praktis yang bisa Bunda lakukan dalam menangani situasi dan kondisi tertentu, salah satunya termasuk cara menghilangkan lendir baik pada bayi baru lahir ataupun yang berusia beberapa bulan saat ia terserang batuk pilek.

Dikutip dari WebMD, dahak pada Si Kecil umumnya jarang disebabkan oleh kasus yang serius, akan tetapi keberadaan dahak atau lendir ini bisa membuat nafasnya kurang nyaman sehingga membuat Si Kecil lebih rewel. Virus flu ataupun penyebab dahak lain cenderung lebih mudah menyerang Si Kecil yang masih bayi ataupun kanak-kanak karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum terlalu kuat. Apalagi di tengah cuaca yang tidak menentu ini, Si Kecil juga bisa lebih rentan mengalami batuk ataupun pilek.

Ketika terjangkit, Si Kecil belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri, sehingga masih membutuhkan bantuan Bunda untuk membantu menghilangkan dahaknya. Penyebab Terbentuknya Dahak pada Si Kecil Dahak merupakan lendir yang dikeluarkan oleh tubuh atas refleks akibat gangguan di saluran pernapasan atas.

Selain batuk maupun pilek, dahak juga bisa dipicu oleh reaksi alergi. Selain nafasnya menjadi tidak nyaman, Si Kecil juga bisa mengalami kesulitan saat melakukan gerakan menelan. Walau bukan masalah serius, namun tentu saja bila dibiarkan berlarut, bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan Si Kecil. Berikut merupakan beberapa kondisi yang bisa membuat Si Kecil berdahak : • Flu dan Pilek Salah satu penyebab paling umum Si Kecil terkena batuk berdahak adalah akibat paparan virus atau bakteri yang menyebabkan batuk dan pilek.

Biasanya Si Kecil akan mulai menunjukan gejala seperti batuk berdahak, tenggorokannya mulai sakit, hidung akan menjadi tersumbat, mengalami sakit kepala, badan atau otot terasa nyeri, hingga mengalami demam ringan. • Menghirup Polutan Bila Si Kecil tidak sengaja menghirup polutan seperti asap rokok, udara kotor, bahan kimia, ataupun iritan lainnya, ini bisa memicu batuk berdahak yang tentu saja akan mengganggu saluran pernapasan sehingga menimbulkan dahak berlebih.

Selain itu, hal ini bisa menimbulkan gejala lain seperti batuk terus menerus atau sesak napas. Dalam beberapa kasus, dahak atau lendir yang ada di sistem pernapasan Si Kecil bisa menjadi indikasi penyakit serius. Bila Bunda tidak yakin, sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter sedini mungkin. • Penyakit Asma Asma memang jarang ditemukan terjadi pada Si Kecil yang masih berusia di bawah 2 tahun. Tapi, hal ini bisa saja terjadi apalagi kalau Bunda atau pasangan memiliki riwayat keluarga yang memiliki asma.

Ketika terjangkit, Si Kecil akan mengalami penyempitan saluran pernapasan yang bisa mengakibatkan batuk berdahak, pilek, hidung tersumbat, ataupun mata gatal dan berair. Akan tetapi, bila Si Kecil belum mendapatkan diagnosa asma, kondisi yang ia alami mungkin saja merupakan penyakit saluran udara cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun.

Sebaiknya segera bawa Si Kecil ke dokter untuk segera diperiksakan guna mengetahui diagnosis yang lebih lanjut. • Batuk Rejan Adanya infeksi bakteri bisa membuat saluran pernapasan serta paru-paru meradang disebut juga dengan batuk rejan.

Kondisi ini bisa membuat Si Kecil mengalami batuk yang hebat dalam waktu yang panjang. Gejalanya adalah batuk berdahak, bersin, hidung tersumbat, batuk panjang selama 20 hingga 30 detik tanpa henti, mengalami demam, bahkan dalam beberapa kasus, bayi akan mengeluarkan dahak yang kental dengan cara muntah. Saat mengalami batuk rejan, baiknya Bunda segera membawanya ke dokter sesegera mungkin, penyakit ini cukup berbahaya terutama pada Si Kecil yang masih berusia di bawah 1 tahun.

• Bronkiolitis Penyebab batuk berdahak lain adalah bronkiolitis, yang biasanya muncul usai flu biasa. Penyakit ini sendiri umum terjadi saat cuaca dingin dengan gejala demam ringan disertai hilangnya nafsu makan. Bila Si Kecil kedapatan kesulitan bernapas, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Cara Mengeluarkan Dahak atau Lendir pada Bayi Cara mengeluarkan dahak pada Si Kecil memang tidak selalu mudah, namun Bunda pasti tidak tega melihat Si Kecil mengalami kesulitan bernapas atau makan selama masih ada dahak di sistem pernapasannya.

Berikut cara-cara yang bisa Bunda lakukan guna mengeluarkan lendir dari Si Kecil • Menggunakan Nebulizer Salah satu upaya mengeluarkan dahak pada Si Kecil yang paling sering dijumpai adalah dengan menggunakan terapi uap (nebulisasi) caranya adalah dengan memanfaatkan bantuan terapi obat pengencer dahak pada bayi berwujud uap. Penggunaan nebulizer ini sendiri bisa Bunda lakukan di rumah sakit atau di rumah.

Meski bisa dilakukan secara mandiri, tetap lakukan sesuai dengan petunjuk dari dokter ya, Bunda. Dan perhatikan obat apa yang digunakan untuk mengatasi lendir Si Kecil. • Menggunakan Uap Metode lain untuk mengeluarkan dahak pada Si Kecil adalah dengan menggunakan uap panas.

Cara ini bekerja mirip dengan metode penguapan menggunakan nebulizer. Hanya saja bedanya, cara uap panas ini tidak menggunakan obat kimia. Langkahnya pun cukup mudah, pertama, sediakan baskom yang diisi air hangat, sebagai opsi, Bunda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom. Posisikan Si Kecil dalam posisi tengkurap dengan kepala yang lebih rendah dari tubuh.

Letakkan baskom di dekat Si Kecil namun, hati-hati agar Si Kecil tidak mudah untuk menjangkau baskom dengan tangan. Cara ini akan membuatnya lebih mudah untuk menghirup uap yang dihasilkan. Metode mengeluarkan dahak ini mirip dengan terapi uap yang berguna untuk mengencerkan dahak dan sekaligus melegakan pernapasannya.

Saat pernapasan dan saluran hidung yang lebih lega disertai dahak yang lebih encer, tentunya akan lebih mudah bagi Bunda membantu Si Kecil mengeluarkan lendir. Selama proses penguapan ini berlangsung, Bunda bisa menepuk-nepuk pelan punggungnya untuk membantu mendorong dahak di saluran pernapasannya, sehingga lendir yang sudah encer menjadi lebih mudah untuk dikeluarkan • Menepuk Punggung Cara mengeluarkan dahak Si Kecil juga bisa dilakukan dengan menepuk punggungnya saja.

Pertama, posisikan Si Kecil dalam keadaan tengkurap. Lalu tepuk punggung kanan dan kiri Si Kecil perlahan. Letakkan Si Kecil pada posisi miring ke kiri ataupun ke kanan. Tepuk lagi bagian dada samping Si Kecil dengan lembut. Bila dahak atau lendir dalam tubuh Si Kecil terbilang banyak, biasanya usai ditepuk dada serta punggung sampingnya, Si Kecil bisa memuntahkan dahak.

Atau bisa saja dahak tersebut sudah mengencer, luruh, kemudian masuk ke dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, dahak bisa terbuang melalui feses. Perlu diingat bahwa cara ini sebaiknya dilakukan sebelum Bunda menyusui Si Kecil untuk menghindari Si Kecil memuntahkan kembali susu atau ASI yang sudah ia konsumsi. • Menggunakan Daun Sirih Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi adalah dengan menggunakan daun sirih yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.

Daun sirih dalam keadaan hangat usai dipanaskan harus ditempel ke dada dan punggung Si Kecil. Biarkan hangat dari daun sirih membantu mengencerkan dahak Si Kecil yang kemudian akan keluar melalui kotoran.

• Menghangatkan Tubuh Si Kecil Dahak yang mengental di area saluran pernapasan Si Kecil bisa membuat Si Kecil menjadi gelisah dan rewel, terutama saat ia ingin tidur atau waktunya makan.

Penumpukan dahak ini bisa membuatnya kesulitan menelan dan bernapas, inilah alasan mengapa Si Kecil kerap menjadi rewel. Bunda bisa mencoba memakaikan Si Kecil baju hangat dan mengoleskan minyak telon agar hawa panas yang dihasilkan tubuh Si Kecil bisa membantu proses pengenceran dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Buat juga kondisi ruangan agar tetap hangat, bersih, dan steril dari debu untuk mencegah penumpukan dahaknya. • Posisi Tidur Cara mengeluarkan dahak pada Si Kecil yang bisa Bunda coba adalah dengan menidurkan Si Kecil dalam posisi yang berbeda.

Jika biasanya Si Kecil tidur dengan posisi kepala sejajar dengan badan, maka coba rubah dengan memberikan alas bantal di bawah kepala Si Kecil agar posisi kepalanya lebih tinggi. Posisi tersebut bisa membantu Si Kecil mengatasi hidung tersumbat dan membantu proses pengeluaran dahak di saluran pernapasannya. Tak hanya itu, Bunda bisa memposisikan Si Kecil secara tengkurap untuk membantu mengeluarkan dahaknya. Namun, pastikan ketika tengkurap saluran pernapasan Si Kecil tidak terhalang sehingga ia bisa tetap bernapas dengan lega.

• Menjemur di Bawah Sinar Matahari Salah satu cara mengeluarkan dahak pada bayi yang baru lahir atau berusia 1-3 bulan adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sinar hangat matahari dari jam 8 pagi hingga 9 pagi disinyalir bisa memberikan dampak yang baik cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun kesehatan pernapasan dan tulang Si Kecil Hangatnya sinar mentari akan segera terserap ke tubuh Si Kecil dan membantu pengenceran dahak di saluran pernapasannya.

Hal ini bisa memudahkan Bunda dalam mengeluarkan dahak. Caranya, cukup dengan menjemur Si Kecil di bawah sinar matahari sekitar pukul 7-8 pagi selama 10 menit saja. Tepuk pelan punggung Si Kecil dengan lembut. Dahak yang tidak keluar melalui tenggorokan, biasanya tertelan dan akan dikeluarkan bersama dengan feses maupun urin. Melansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), saat menjemur Si Kecil, sebaiknya Bunda tetap memakaikan baju, topi, dan tabir surya khusus untuk bayi selama proses menjemur.

• Konsumsi Banyak Cairan Dahak merupakan lendir yang terletak di dalam tenggorokan. Dahak ini bisa juga dikeluarkan dengan mengonsumsi banyak cairan loh, Bunda. Berikanlah Si Kecil ASI ataupun air hangat bila ia sudah mengonsumsi makanan lain selain ASI. Untuk Si Kecil yang berusia di bawah 6 bulan, tentunya pemberian ASI sangatlah disarankan karena ASI merupakan obat yang efektif untuk membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh Si Kecil.

Sementara untuk Si Kecil yang berusia 6 bulan, Bunda tetap bisa memberikan ASI, menu makanan berkuah, ataupun air hangat. Pemberian ASI serta air hangat ini dinilai cukup ampuh dalam membantu mengeluarkan dahak pada Si Kecil. Namun, bila karena satu hal dan lainnya Bunda tidak bisa memberikan ASI, pastikan untuk memilih susu formula yang aman dan dapat menunjang kesehatan Si Kecil ya Bunda Sementara, bagi Si Kecil yang memiliki alergi susu sapi, Bunda bisa tetap memenuhi kebutuhan gizinya dengan memberikan susu formula pertumbuhan yaitu Morinaga Chil Kid Soya MoriCare Triple Bifidus, yang merupakan Susu Formula pertumbuhan usia 1-3 Tahun diformulasikan oleh Morinaga Research Center JAPAN.

100% Isolat Protein Soya berkualitas dilengkapi Probiotik Triple Bifidus, Prebiotik FOS, vitamin C, D, E, Zinc, AA/DHA, Omega 3 & 6, Kolin, dan tinggi protein yang baik untuk bantu daya tahan tubuh, mendukung kecerdasan dan Tumbuh Kembang Optimal anak yang alergi susu sapi.

• Menggunakan Humidifier Bunda pasti sudah familiar dengan alat pelembab ruangan atau yang biasa disebut humidifier. Sesuai dengan namanya, humidifier ini berfungsi untuk menjaga tingkat kelembaban udara di dalam ruangan. Banyak yang menggunakannya bersamaan dengan essential oil untuk melegakan saluran pernapasan sekaligus mengeluarkan dahak.

Bunda bisa mencoba cara untuk mengeluarkan lendir pada Si Kecil dengan cara yang disebutkan di atas. Akan cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun, bila setelah dicoba hal tersebut tidak membuahkan hasil yang diharapkan, sebaiknya Bunda segera berkonsultasi dengan dokter. Si Kecil kemungkinan butuh diperiksa dengan seksama agar penyebab penumpukan dahak bisa diketahui dan diobati dengan cepat. Kalbe Nutritionals patuh terhadap seluruh peraturan yang berlaku di Indonesia, secara khusus Peraturan Pemerintah (PP) No.

33 tahun 2012 mengenai ASI Eksklusif; Peraturan Menteri Kesehatan No. 39 tahun 2013 mengenai Susu Formula Bayi dan Produk Bayi Lainnya; serta Peraturan Menteri Kesehatan No. 58 tahun 2016 mengenai Sponsorship bagi Tenaga Kesehatan sebagai peraturan pelaksana cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun Kode WHO di Indonesia. Pilihan makanan dan nutrisi bagi bayi dan anak merupakan tantangan yang kompleks dan perlu mempertimbangkan berbagai macam faktor, termasuk sosial-ekonomi, lingkungan dan budaya.

Diperlukan pendidikan yang berkelanjutan untuk memastikan pengetahuan yang memadai mengenai kecukupan nutrisi dan nutrisi yang sehat.
Apakah anak sedang batuk berdahak?

Bila iya, cobalah beberapa cara mengencerkan dahak pada anak ini sebelum membawanya ke dokter. Batuk berdahak pada anak Kondisi batuk berdahak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Batuk ini terjadi ketika saluran pernafasan anak iritasi sehingga menyebabkan lendir atau dahak. Saat mengalami batuk berdahak, anak biasanya akan mengalami gejala pengikut lainnya seperti sesak nafas, demam, sakit dada, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau berair, dan kehilangan selera makan.

Umumnya, batuk berdahak dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu dua minggu. Namun sayangnya, beberapa anak dapat mengalami batuk berdahak lebih lama. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas anak sehari-hari. Artikel terkait: 4 Cara menyembuhkan batuk berdahak pada anak tanpa minum obat 9 Cara mengencerkan dahak pada anak Sebelum memeriksakan anak ke dokter, tak ada salahnya bila Parents mencoba beberapa cara mengencerkan dahak pada anak secara alami berikut ini: 1.

Telungkupkan anak Menelungkupkan anak dapat menjadi salah satu cara alami untuk mengencerkan dahak pada anak. Setelah menelungkupkan anak, tepuk-tepuk punggung anak dengan pelan saat dia batuk.

Cara ini juga aman dilakukan pada bayi selama Anda melakukannya dengan pelan dan hati-hati. Artikel terkait: 4 Cara sederhana mengeluarkan dahak pada bayi, bisa dicoba di rumah! 2. Mengonsumsi banyak cairan Saat ada batuk berdahak, pastikan dia mengonsumsi cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun cairan.

Dengan begitu, dahak menjadi lebih encer dan dapat mudah terbuang. Bila anak masih di bawah 6 bulan, maka beri dia ASI yang lebih banyak dari sebelumnya. Bila anak sudah di atas 6 bulan, Anda bisa memberinya ASI atau air putih untuk memenuhi cairannya.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

3. Berkumur dengan air garam hangat Bila batuk berdahak anak tidak kunjung hilang. Mintalah dia untuk berkumur dengan air garam hangat. Dahak di dalam paru-paru dan tenggorokan bisa dikeluarkan dengan cara berkumur-kumur. Anda bisa menyiapkan air garam hangat dengan mencampurkan 1/2 sdt garam dengan segelas air hangat.

Artikel terkait: Tak terduga, ini 6 manfaat merendam kaki dengan air garam untuk tubuh 4. Gunakan daun sirih Siapa sangka bila daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk berdahak pada anak.

Caranya, kukus beberapa lembar daun sirih. Setelah itu, balurkan pada dada anak dengan minyak telon atau minyak kayu putih terlebih dahulu agar dia merasa hangat. Jika sudah, letakan lembaran daun sirih ke dada anak beberapa menit. Hal ini bisa mengencerkan dahak anak sehingga mudah dibuang. 5.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Minum air lemon hangat Berikan anak minuman air lemon hangat saat dia batuk berdahak. Namun jangan terlalu banyak agar dia tidak mengalami gangguan pencernaan. Seperti rempah-rempah lainnya, lemon mengandung zat-zat yang bisa membantu mengurang produksi dahak berlebih saat anak batuk. Lemon juga bisa membantu mengeluarkan dahak yang membandel. 6. Berikan madu Madu telah terbukti memiliki kandungan zat yang bersifat antivirus dan antibakteri, Dengan begitu, madu bisa menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi dahak pada anak.

Namun perlu diingat bahwa anak di bawah usia 1 tahun tidak disarankan untuk mengonsumsi madu. Sebab dikhawatirkan adanya parasit yang justru dapat membahayakan anak.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

7. Uap Anda bisa mencoba mengeluarkan dahak pada anak dengan uap. Caranya, sediakan air hangat di dalam baskom. Setelah itu, campurkan minyak kayu putih atau minyak telon secukupnya ke dalam air hangat tersebut. Dekatkan posisi anak dengan baskom tersebut dan mintalah dia untuk menghirup uap yang ada di dalam baskom. Uap tersebut bisa membuat dahak menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

8. Hangatkan tubuhnya Jangan sampai Salah, Ini Cara Meredakan Batuk dan Flu pada Anak yang Efektif Dahak akan mudah keluar ketika tubuh anak hangat. Oleh karena itu, cobalah ajak anak mandi atau berendam sebentar di dalam air hangat agar tubuhnya ikut hangat dan dahaknya mudah dikeluarkan. 9. Manfaatkan rempah-rempah Anda dapat memanfaatkan rempah-rempah yang ada di dapur untuk mengeluarkan dahak pada anak.

Adapun rempah-rempah yang bisa digunakan ialah jahe, ginseng, bawang putih, dan lain sebagainya. Di dalam rempah-rempah tersebut tedapat kandungan zat-zat yang mampu membunuh virus atau bakteri yang menyebabkan dahak.

Anda bisa memberikan rempah-rempah tersebut dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan atau minuman anak. *** Selamat mencoba Bun! Referensi: Alo Dokter, Dokter Sehat Baca juga id.theasianparent.com/obat-alami-batuk-berdahak/?utm_medium=web&utm_source=search&utm_campaign=elastic • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag KesehatanBatuk berdahak pada anak bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Meski kondisi ini umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu 2 minggu, Anda bisa membantu meringankan batuk berdahak pada anak dengan terapi tanpa obat dan tanpa harus ke cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun. Batuk berdahak pada anak terjadi ketika saluran pernapasannya mengalami iritasi atau infeksi.

Tubuh anak merespons iritasi dan infeksi ini dengan menghasilkan lebih banyak lendir atau dahak. Setelah itu, melalui refleks yang dikirimkan otak, tubuh akan mengeluarkan iritan, bakteri, dan dahak di saluran pernapasan melalui batuk. Cara Alami Meringankan Batuk Berdahak pada Anak Berikut ini adalah beberapa cara alami meringankan batuk berdahak pada anak yang bisa Anda lakukan di rumah: 1.

C ukupi kebutuhan cairan Beri Si Kecil minum atau asupan cairan, misalnya dari sup ayam, yang banyak guna mencegah dehidrasi dan membantu mengencerkan dahak. Konsumsi air hangat dapat membantu meredakan batuk yang terus-menerus dan menyebabkan dada tidak nyaman. 2. Berikan madu Menurut penelitian, madu dipercaya dapat meredakan batuk berdahak pada anak dan membantunya tidur nyenyak. Anda bisa mencampur madu ke dalam teh hangat. Namun ingat, jangan berikan madu pada bayi berusia di bawah 12 bulan karena bisa menyebabkan botulisme.

3. H indar kan anak dari polusi udara Jauhkan Si Kecil dari paparan asap, terutama asap rokok yang dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk berdahak pada anak semakin parah. Selain itu, paparan asap rokok juga meningkatkan risiko infeksi saluran pernapasan pada anak, seperti bronkitis atau pneumonia.

4. Teteskan air garam Bila Si Kecil sulit tidur dan kesulitan bernapas akibat batuk berdahak, Anda bisa meneteskan air garam ke hidungnya.

Cara ini dapat membantu membersihkan lendir di hidung, sehingga ia bisa lebih mudah bernapas. Larutkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat, kemudian teteskan 2–3 tetes larutan ke masing-masing lubang hidung. 5. Sanggah kepala anak saat ia tidur Tidur telentang atau miring dapat menyebabkan lendir menumpuk di tenggorokan. Hal ini akan memicu batuk berdahak pada anak.

Untuk menghindari ini, cobalah untuk mengatur bantal Si Kecil menjadi sedikit lebih tinggi, agar ia bisa tidur nyenyak. Bila beragam cara meringankan batuk berdahak pada anak secara alami kurang efektif, tidak masalah untuk memberikan obat batuk berdahak khusus anak, seperti ekspektoran yang bisa mengencerkan dahak.

Perlu diingat bahwa obat bebas tanpa resep dokter tidak disarankan diberikan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Pemberian obat apa pun untuk anak-anak sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Kendati batuk adalah gejala yang sangat umum pada anak-anak, Anda tetap harus waspada, karena batuk berdahak pada anak bisa juga disebabkan oleh penyakit yang lebih berat, misalnya radang paru-paru ( pneumonia), bronkiolitis, sinusitis, dan asma. Waspadalah bila batuk berdahak pada anak tidak kunjung sembuh setelah 2 minggu, atau bila batuk disertai dengan demam tinggi, sesak napas, bibir dan kuku membiru, penurunan berat badan, dahak berwarna kuning, cokelat, atau disertai darah.

Segera periksakan Si Kecil ke dokter untuk mendapat pengobatan yang tepat.
Bagaimana cara menghilangkan dahak pada anak? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dahak anak dengan cara yang mudah dan memakai bahan-bahan yang ada di rumah Anda. Berikut cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda lakukan: 1. Berikan madu Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya madu punya banyak manfaat cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun kegunaan, salah satunya adalah untuk menghilangkan dahak.

Bahkan para ahli menyatakan bila madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak ketimbang dengan dekongestan (obat penghilang dahak). Semakin gelap warna madunya, maka semakin banyak antioksidan di dalamnya dan dapat semakin efektif untuk menyembuhkan gejala yang dirasakan si anak.

Berikan anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan Anak. Anda dapat memberikan anak madu sebanyak empat sampai lima kali per hari dengan dosis yang dihitung berdasarkan berat badan anak saat itu.

cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun

Namun, apabila anak Anda masih di bawah 2 tahun, sebaiknya jangan berikan madu dan segera periksakan ke dokter. 2. Konsumsi air putih yang cukup Air putih salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk.

Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat Anda andalkan. Selain bisa menghilangkan dahak pada anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi.

Coba berikan anak Anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut. 3. Minum jus lemon Meskipun rasanya yang asam, jus lemon ampuh untuk menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan si anak. Tidak perlu memberikan jus lemon terlalu banyak pada anak, cukup satu sendok teh per tiga jam sekali. Pastikan anak Anda minum air putih yang cukup setelah mengonsumsi jus lemon, sebab jus lemon dapat mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.

4. Mandi dengan air hangat Salah satu cara untuk membantu menghilangkan dahak pada anak yaitu dengan memandikan anak dengan air yang hangat. Hal ini dapatmembantu melegakan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk. Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan seperti, cara mengeluarkan dahak pada anak 2 tahun aliran darah, membersihkan kuman penyakit lebih ampuh, dan meringankan gejala pilek.

Lalu apakah ada obat yang bisa menghilangkan dahak pada anak? Jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak yang menumpuk adalah dekongestan. Dekongestan ini dapat Anda dapatkan di apotek terdekat di sekitar Anda.

Namun, hati-hati dengan pemberian obat jenis ini pada anak Anda. Jika Anda salah dalam memberikan obat pada anak, anak justru bisa mengalami keracunan. Davis, B. and Davis, B. (2011). What Can a Child Take to Break Up Phlegm in the Throat?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/521020-what-can-a-child-take-to-break-up-phlegm-in-the-throat/ Â [Accessed 27 Apr.

2017]. Howell, N. and Howell, N. (2011). How to Treat an 11 Month Old’s Cold. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/495200-how-to-treat-an-11-month-olds-cold/  [Accessed 27 Apr. 2017]. Healthline. (2017). 7 Ways to Get Rid of Phlegm: Home Remedies, Antibiotics, and More. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-phlegm  [Accessed 27 Apr.

2017]. Fda.gov. (2017). Use Caution When Giving Cough and Cold Products to Kids. [online] Available at: https://www.fda.gov/drugs/resourcesforyou/specialfeatures/ucm263948.htm  [Accessed 27 Apr. 2017].

Tips Mudah Mengeluarkan Dahak Pada Balita




2022 www.videocon.com