Jurusan kuliah untuk anak smk

jurusan kuliah untuk anak smk

Setelah lulus SMK mau lanjut kuliah tapi bingung masuk jurusan apa? Nggak perlu khawatir, berikut ada 10 jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sesuai dengan program keahlianmu di SMK. -- Meskipun pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, ternyata nggak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Namun, kegalauan dalam memilih jurusan menjadi salah satu persoalan yang seringkali mereka hadapi. Nah, berikut ada 10 jurusan yang bisa kamu jadikan referensi saat bingung menentukan jurusan mana yang harus dipilih. Kalau bisa, pilihlah jurusan yang linier dengan keahlian kamu sebelumnya ya.

1. Jurusan Arsitektur Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang kamu pelajari jurusan kuliah untuk anak smk SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini.

Mahasiswa Jurusan Arsitektur (Sumber: dezeen.com) Di Jurusan Arsitektur kamu akan mempelajari mengenai desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Nah, untuk masuk di jurusan ini paling tidak kamu harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.

Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, kamu akan sering berhubungan dengan pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, pengenalan detail dari bagian bangunan, hingga pembuatan desain. Maka dari itu, dibutuhkan skill dan kreativitas yang tinggi agar nantinya kamu bisa merancang setiap bangunan dengan baik dan sesuai permintaan klien.

Baca juga: Arsitektur: Jurusan Nicholas Saputra untuk Kamu yang Suka Rancang Bangunan Gimana tertarik melanjutkan kuliah di jurusan ini? Nggak perlu khawatir, di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa kamu pilih seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Nah, setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, kamu juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor. 2. Jurusan Teknik Mesin Bagi kamu siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin yang setelah lulus ingin melanjutkan kuliah, kamu bisa menjadikan Jurusan Teknik Mesin sebagai jurusan pilihanmu, lho.

Kamu yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini.

Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, kamu juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika. Mechanical Engineering (Sumber: bestcolleges.com) Karena hampir semua hal saat ini berhubungan dengan mesin, sebagai lulusan jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

3. Jurusan Teknik Informatika Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Jurusan kuliah untuk anak smk, buat kamu yang ingin memperdalam bidang ini di dunia perkuliahan, kamu dapat memilih Jurusan kuliah untuk anak smk Teknik Informatika, lho. Baca juga: Bedah Jurusan Komputer: Bedanya Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya kamu dapat di SMK, bisa kamu kembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu akan belajar secara rinci mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemui jurusan ini di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD). Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (Sumber: paretouniversity.com) Dilansir dari Tirto, selama masa pandemi Covid-19, jumlah pelanggan e-commerce mengalami peningkatan hingga 38,3 persen dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut berarti bahwa akan ada banyak e-commerce yang berpotensi menyerap tenaga kerja berlatar jurusan kuliah untuk anak smk pendidikan dari Jurusan Teknik Informatika.

Tak hanya prospek kerja yang menjanjikan di kalangan e-commerce, ternyata lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan perbankan. 4. Jurusan Farmasi Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah kamu bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Di jurusan ini, selain kamu akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, kamu juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat, lho.

Nah, saat kuliah di Jurusan Farmasi kamu tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi kamu juga akan terlibat dalam berbagai praktikum. Praktikum mahasiswa Jurusan Farmasi (Sumber: uph.edu) Nggak melulu bekerja di apotek, sebagai lulusan dari jurusan ini, kamu juga bisa bekerja di jurusan kuliah untuk anak smk Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan.

Gimana banyak banget ‘ kan peluang kerja dari jurusan ini? 5. Jurusan Akuntansi Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa kamu pilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini kamu akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Jadi, basic ilmu akuntansi yang kamu pelajari di SMK bisa kamu perdalam lagi di jurusan ini.

Baca juga: Kupas Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa Jadi Teller Bank? Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi kamu bakalan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S. E). Dengan gelar tersebut, kamu bisa memulai karir sebagai seorang Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Kalau kamu tertarik kuliah di jurusan ini, ada beberapa kampus yang punya Jurusan Akuntansi seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kamu bisa melanjutkan kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di Jurusan Administrasi Perkantoran.

Pada jurusan ini kamu akan belajar tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.

Setelah lulus kamu bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di suatu perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan. Menarik ‘ kan? 7. Jurusan Pariwisata Ingin melanjutkan kuliah di Jurusan Pariwisata karena kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian yang sama? Bisa banget kok. Kamu bisa memperdalam ilmu tersebut dan menggapai impian karirmu di jurusan ini, lho.

Nantinya, kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai bidang pariwisata yang meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. Salah satu keterampilan yang harus kamu punya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting karena nantinya kamu akan bertemu dengan banyak wisatawan dari berbagai negara. Kegiatan mahasiswa Jurusan Pariwisata (Sumber: khazar.org) Lalu setelah lulus dari jurusan ini, gimana sih prospek kerjanya?

Tenang aja. Prospek kerja lulusan Pariwisata sangatlah luas. Kamu bisa menjadi seorang Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel. 8. Jurusan Tata Busana Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, kamu juga akan dibekali dengan keterampilan lain seperti mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat project tentang fashion.

Berbagai keterampilan tersebut bisa menjadi dasar kamu untuk melanjutkan kuliah di jurusan terkait, misalnya Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

Fashion Designer (Sumber: decadirect.org) Menariknya, di jurusan ini kamu juga akan diajari mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi untuk fashion, hingga menggambar model. Sebagai mahasiswa Jurusan Pariwisata, biasanya di akhir semester perkuliahan, kamu akan diberikan tugas untuk mengadakan suatu event fashion show dengan menampilkan baju rancanganmu sendiri.

Lulusan jurusan jurusan kuliah untuk anak smk bisa berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger.

Ada banyak perusahaan dan industri fashion yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi. 9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Apabila kamu lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis dan tertarik mengasah kreativitasmu lebih lanjut, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan S1.

Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen jurusan kuliah untuk anak smk. Terdapat tiga peminatan yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan kemampuanmu, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Baca juga: Kamu Tertarik dengan Industri Kreatif? 7 Jurusan Ini Bisa Kamu Pilih Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI).

Lulusan dari jurusan ini kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer. 10. Jurusan Film dan Televisi Salah satu jurusan kuliah yang bisa kamu pilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi.

Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah kamu peroleh di SMK, kamu juga akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Proses editing (Sumber: filmeditingpro.com) Karena dunia perfilman sekarang lagi happening, maka nggak heran kalau lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan. Kamu bisa mencoba berkarier di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi. Nah, itulah gambaran mengenai beberapa jurusan yang cocok bagi kamu lulusan SMK yang masih bingung mau masuk jurusan apa.

Agar nggak salah pilih, sebaiknya jurusan kuliah tersebut kamu sesuaikan dengan kemampuan dan bidang yang kamu sukai ya. Maka dari itu, yuk siapkan dirimu dari sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi bersama ruangbelajar. Referensi: ‘Jumlah Pelanggan E-Commerce Tercatat Meningkat 38,3% Selama Pandemi’.

[Daring] Tirto.id Tautan: https: //tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP (Diakses: 24 Oktober 2020).

‘Film dan Televisi’ [Daring] ISI Jogja Tautan: https: https: //isi.ac.id/program/seni-media-rekam/jurusan-televisi/ (Diakses: 25 Oktober 2020).

Sumber foto: Foto Mahasiswa Jurusan Arsitektur [Daring]. Tautan: https://www.dezeen.com/2017/02/14/architecture-students-work-hardest-of-all-us-college-majors-nsse-survey/ (Diakses: 26 Oktober 2020) Foto Mechanical Engineering [Daring]. Tautan: bestcolleges.comhttps://www.bestcolleges.com/careers/science-and-engineering/mechanical-engineering/ (Diakses: 26 Oktober 2020) Foto Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika [Daring].

Tautan: https://www.paretouniversity.com/informatic.php (Diakses: 26 Oktober 2020) Foto Praktikum mahasiswa Jurusan Farmasi [Daring]. Tautan: https://www.uph.edu/id/2020/04/29/wujudkan-cita-cita-jadi-ahli-farmasi-melalui-beasiswa-farmasi-uph/ (Diakses: 26 Oktober 2020) Foto Kegiatan mahasiswa Jurusan Pariwisata [Daring]. Tautan: http://khazar.org/en/news/4600 (Diakses: 26 Oktober 2020) Foto Fashion Designer [Daring].

Tautan: https://www.decadirect.org/2015/12/10/what-does-it-mean-to-be-a-fashion-designer/ (Diakses: 26 Oktober 2020) Foto Proses Editing Film [Daring]. Tautan: https://www.filmeditingpro.com/ (Diakses: 26 Oktober 2020) Aku Pintar Masuk • Halaman Utama • Media Sosial Aku Pintar • Layanan Siswa • Layanan Konselor • Layanan Universitas • Layanan Guru • Layanan Sekolah • Tentang Kami • Syarat dan Ketentuan • Kebijakan Privasi • Community Guidelines • Bantuan • Blog • Info Pintar • Cari Kampus • Cari Jurusan • Cari Sekolah • Belajar Pintar Materi SMP, SMA, SMK • Tes Kepribadian • Tes Jurusan Kuliah • Tes Kemampuan • Tes Gaya Belajar • Kursus Pintar • Ruang Pintar • Karir • Bugs Bounty • Beasiswa Pintar • Other Page • Register Expo AkuPintar • Syarat dan Ketentuan Teman Pintar • apkampus-syarat-dan-ketentuan • Pendaftaran Kampus UPH • Blog Pendidikan Universitas yang Menerima Lulusan SMK 2022 • beranda • blog • layanan • layanan siswa • Cari Kampus • Cari Jurusan • Cari Sekolah • Belajar Pintar • Kursus Pintar • Ruang Pintar • Pendaftaran Kampus • selengkapnya • layanan konselor • Ajakan kolaborasi dalam konseling pendidikan anak • selengkapnya • layanan universitas • Anda adalah pihak kampus yang membutuhkan transformasi digital untuk menjaring calon mahasiswa/i?

• selengkapnya • tentang kami • faq • Follow Us • Login Apakah ada universitas yang menerima lulusan SMK? Tentu saja ada, Sobat Pintar. Justru pertanyaan seperti ini terlalu pesimis, loh. Pasalnya, anak SMK itu sebenarnya tak dibatasi untuk masuk kuliah di kampus mana pun. Alih-alih bertanya apakah lulusan SMK bisa kuliah, yuk kita ganti pertanyaannya: apakah kamu mau kuliah setelah lulus SMK, Sobat? Kuliah di Mana setelah Lulus SMK? Photo by Honey Yanibel Minaya Cruz on Unsplash Tentu saja, lulusan SMK bisa kuliah.

Kalau kamu ingin melanjutkan pendidikanmu ke perguruan tinggi, boleh banget, Sobat Pintar. Pada dasarnya anak SMK dan SMA sama-sama bisa lanjut kuliah setelah lulus sekolah. Muncul persoalan adalah ketika kampus yang kalian pilih itu perguruan tinggi negeri. Sebagai anak SMK, seberapa matang persiapanmu untuk lolos di UTBK-SBMPTN? Dalam hal ini, anak SMA lebih unggul karena pelajaran di sekolah selama tiga tahun telah membantu mereka bersiap menghadapi UTBK-SBMPTN.

Sementara itu, kamu yang anak SMK lebih banyak bergumul dengan praktik mata pelajaran produktif. Alih-alih bertanya apakah SMK bisa kuliah, kenapa nggak lebih baik kamu mengalokasikan waktu khusus untuk belajar materi UTBK secara mandiri? Ada banyak PTN yang menerima SMK, kok. Universitas negeri yang menerima lulusan SMK misalnya Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, Universitas Gadjah Mada, UPN Veteran Jawa Timur, UIN Walisongo, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjadjaran, ISI Yogyakarta, Universitas Brawijaya, dan masih banyak lagi pilihan kampus-kampus negeri yang lain.

Selain melalui UTBK-SNMPTN, kamu bisa masuk PTN melalui SNMPTN. Untuk mengetahui universitas yang menerima SNMPTN SMK sekolahmu, Sobat Pintar bisa menanyakannya ke Wali Kelas, guru BK, atau guru favoritmu. Harus banget ya, ikut SNMPTN atau SBMPTN untuk kuliah di PTN? Enggak, Sobat. Kamu bisa mengikuti Seleksi Mandiri di kampus incaranmu masing-masing, termasuk juga di kampus swasta. Jalur Mandiri PTS dan PTN untuk lulusan SMK terbuka lebar untukmu!

Sejauh ini belum ada pembatasan jatah penerimaan SMK di PTN. Yang ada, universitas negeri memiliki daya tampung mahasiswa baru yang terbatas di jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri – bukan asal sekolah calon mahasiswanya. Sementara di universitas swasta, asal sekolah SMK atau SMA calon mahasiswa juga tak menjadi penentu utama. Anak SMK Kuliah Jurusan Apa? Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash Oke, kamu mantap memutuskan jurusan kuliah untuk anak smk lanjut kuliah setelah lulus SMK.

Tapi kamu mau kuliah di jurusan apa nih, Sobat? Sama seperti tempat kuliah, jangan sampai kamu mengajukan pertanyaan yang kurang tepat seperti, "Lulusan SMK bisa kuliah jurusan apa saja?" Kalau ini pertanyaanmu, jawabannya banyak banget, Sobat Pintar. Pasalnya, anak SMK itu bisa kuliah di jurusan apa pun yang mereka inginkan. Kalau kamu mau linear, jurusan kuliah untuk anak SMK tak jauh dari jurusan yang diambilnya selama sekolah.

Misalnya, lulusan TKJ kuliah jurusan apa? Biasanya anak-anak TKJ memilih lanjut kuliah di Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Kalau kamu lulusan Konstruksi Gedung, Sanitasi, dan Perawatan, mungkin kuliah Teknik Sipil bakal membuatmu betah belajar. Begitu pula jika kamu anak Jurusan kuliah untuk anak smk Keperawatan.

Ilmu Keperawatan adalah pilihan yang linear dengan jurusan sekolahmu. Animasi dan Desain Komunikasi Visual bisa menjadi pilihan jurusan kuliah yang linear buat kalian yang sekolah di kedua jurusan tersebut.

jurusan kuliah untuk anak smk

Baru-baru ini dibuka Jurusan Bisnis Digital di beberapa kampus negeri dan swasta, seperti Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, atau Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Jurusan Bisnis Digital adalah pilihan linear jurusan kuliah untuk anak SMK Bisnis Daring dan Pemasaran.

Rekomendasi jurusan kuliah untuk anak SMK selengkapnya bisa dibaca di sini dan di sini. Bagaimana kalau kamu merasa salah jurusan selama di SMK? Misalnya, dari jurusan Tata Boga di SMK, apakah kamu bisa lanjut kuliah di Teknik Informatika? Dengan kata lain, apakah SMK bisa kuliah beda jurusan? Tentu saja bisa, Sobat Pintar. Namun persoalan sebenarnya bukan pada boleh atau tidaknya kuliah beda jurusan. Boleh-boleh saja kok, kamu kuliah di jurusan yang berbeda dari jurusanmu di SMK asalkan Sobat bisa lolos seleksi masuk ke jurusan tersebut – dan bisa lulus kuliahnya, tentu saja.

Psstt. kalau kamu mau alternatif yang lebih jurusan kuliah untuk anak smk, rencanakan dulu penginnya kuliah di jurusan apa, Sobat Pintar. Baru deh, jurusan sekolahmu yang mengikuti. Misalnya, kamu mau kuliah di Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, maka pilihlah jurusan SMK Agribisnis Hasil Pertanian.

jurusan kuliah untuk anak smk

Cara ini memang jarang banget diterapkan sih, makanya masih banyak yang bingung lulusan SMK bisa kuliah jurusan apa saja. Eitts, kamu gitu juga ga, Sobat?
KOMPAS.com jurusan kuliah untuk anak smk Pendidikan yang ditempuh siswa SMA dan SMK tentu berbeda. Siswa SMK dibimbing dengan keterampilan dan siap untuk terjun ke dunia kerja.

Meski setelah lulus bisa langsung bekerja, banyak pula siswa SMK yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Jika kamu tertarik mencoba mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) baik dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN), ada beberapa referensi jurusan yang cocok bagi siswa SMK. Kamu juga bisa memilih jurusan kuliah yang linier dengan keahlian sebelumnya.

Merangkum dari laman Ruang Guru, Jumat (14/1/2022), berikut 10 jurusan yang cocok dan bisa dipilih siswa SMK saat mendaftar di perguruan tinggi. Baca juga: Anak Usaha United Tractors Buka Lowongan Kerja S1, Buruan Daftar 1. Jurusan Arsitektur Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah jurusan Arsitektur.

Saat berada di bangku SMK, kamu sudah mempelajari teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad. Di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa kamu pilih seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, kamu juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor. Baca juga: Dosen UGM Bagikan Tips Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi 2.

Jurusan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin cocok dipilih bagi kamu siswa SMK Program Keahlian Teknik Mesin. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan bidang permesinan sehingga akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. Setelah lulus, kamu bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

Berita Terkait Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 17,9 Juta Perhatikan 10 Ketentuan Unggah Pas Foto Saat Registrasi Akun LTMPT UM Surabaya Beri Beasiswa bagi Fans Persebaya, Cek Infonya Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Deteksi Kerumunan Gunakan CCTV Dosen UGM Bagikan Tips Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Berita Terkait Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 17,9 Juta Perhatikan 10 Ketentuan Unggah Pas Foto Saat Registrasi Akun LTMPT UM Surabaya Beri Beasiswa bagi Fans Persebaya, Cek Infonya Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Deteksi Kerumunan Gunakan CCTV Dosen UGM Bagikan Tips Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi Jurusan kuliah untuk anak SMK ada banyak ragamnya.

Sehingga bagi anak SMK masih dapat dengan leluasa mengambil jurusan kuliah sesuai minat dan bakat. Kini anak SMK sejak sekolah bukan hanya sekedar dapat beorientasi untuk mendapatkan pekerjaan pasca lulus. Tapi juga dapat diorientasikan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi atau perguruan tinggi negeri maupun swasta terbaik. Bagi lulusan SMK bisa memilih jurusan kuliah di PTN /PTS berdasarkan bidang keilmuan yang telah dipelajarinya di bangku Sekolah Menengah Kejuruan.

Bagi anak SMK dalam memilih jurusan kuliah harus dipikirkan secara matang. Mengingat ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk anak SMK dan ada beberapa jurusan kuliah yang tak cocok untuk lulusan SMK. Bagi anda anak SMK yang memilih untuk melanjutkan kuliah maka ada beberapa jurusan kuliah yang tepat bagi anda. Daftar Isi • Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK • Apakah SMK Bisa Kuliah Beda Jurusan • 1.Lintas Jurusan • 2.Jurusan Linear • Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Lulusan SMK • 1.Sesuai Jurusan Sekolah • 2.Prospek Kerja • 3.Yang Memberi Kesempatan Praktek Lebih Besar • 4.Linear atau Lintas Jurusan • Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK • 1.Desain Komunikasi Visual • 2.Teknik Informatika • 3.Farmasi • 4.Tata Busana • 5.Teknik Industri • 6.Jurusan Akuntansi • Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK TKJ • Tips Mengambil Jurusan Kuliah Berbeda dari Jurusan SMK • 1.Belajar Lebih Keras • 2.Menjadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Ada banyak kelebihan dari sekolah di SMK.

Sekolah di SMK jurusan jurusan kuliah untuk anak smk yang dipelajari lebih menjurus dan spesialis ketimbang SMA yang masih umum. Selain itu, sekolah di SMK para murid dipersiapkan memasuki dunia kerja yang menghasilkan uang. Namun bukan berarti lulusan SMK tidak bisa kuliah di perguruan tinggi.

Anak SMK tetap bisa kuliah di perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta dengan mengambil jurusan yang sesuai dengan jurusan maupun yang berbeda jurusan dari waktu sekolah. Di tengah persaingan dunia kerja yang sangat tinggi tak jarang lulusan SMK tidak hanya cukup mengandalkan ijazah. Beberapa perusahaan skala besar memprioritaskan untuk merekrut tenaga kerja lulusan perguruan tinggi. Hal tersebut membuat anak-anak SMK sebagiannya lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi selepas lulus dari sekolah menengah kejuruan.

Saat ini setiap tahun jumlah lulusan SMK tak kalah banyak dengan jumlah lulusan SMA yang ada di Indonesia. Sebagian dari lulusan SMK tersebut memasuki dunia kerja dan sebagian lagi memilih untuk meningkatkan jenjang pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi yakni S1 atau perguruan tinggi. Salah satu pertanyaan yang mungkin menggelitik para anak SMK adalah apakah SMK bisa kuliah beda jurusan? Apakah jurusan kuliah untuk anak SMK TKJ juga harus yang sesuai? Mengingat masih banyak anak-anak SMK tidak bakat dan minat serta bosan terhadap jurusan yang dipilihnya sewaktu duduk di bangku SMK.

Ada banyak alasan dan motivasi anak SMK memilih jurusan baru untuk melanjutkan kuliahnya. Namun yang jadi pertanyaan apakah mereka bisa mengambil jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusannya sewaktu duduk di bangku SMK? Apakah SMK Bisa Kuliah Beda Jurusan Salah satu hal sering ditanyakan oleh mereka yang baru lulus SMK adalah apakah SMK bisa kuliah beda jurusan seperti lulusan SMA ?

Mengingat simpang siurnya jurusan kuliah untuk anak smk mengenai lulusan SMK bisa kuliah beda jurusan atau tidak menjadi topik yang menarik. Sekolah SMK sudah semakin berkembang pesat saat ini. Setiap tahun jumlah SMK senantiasa bertambah di kota maupun pelosok pedesaan. Hal tersebut tak terlepas dari animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap keberadaan sekolah menengah kejuruan.

Para orangtua murid lebih banyak memilih menyekolahkan anak mereka ke SMK ketimbang sekolah SMA yang bersifat umum. 1.Lintas Jurusan Anda bisa memilih lintas jurusan.

Contoh jika sewaktu sekolah di SMK, anda kurang berminat terhadap jurusan sekolah yang diambil. Selanjutnya pada waktu daftar kuliah bisa memilih jurusan baru yang tak ada hubungannya dengan jurusan yang anda ambil sewaktu di SMK. Contohnya jika sewaktu sekolah di SMK anda mengambil jurusan teknik elektro maka ketika daftar dan memilih jurusan SBMPTN, anda dapat memilih kuliah jurusan ekonomi ataupun jurusan agama Islam sesuai minat.

2.Jurusan Jurusan kuliah untuk anak smk Sedangkan untuk contoh jurusan kuliah untuk anak SMK yang bersifat linear adalah mereka yang sekolah di SMK mengambil jurusan akuntansi. Kemudian ketika hendak mendaftar kuliah mengambil jurusan kuliah yang sama yakni kuliah di fakultas akuntansi atau ekonomi.

Setiap jurusan linear ataupun lintas jurusan yang dipilih anak SMK mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau mengambil jurusan linear berarti anak SMK akan semakin pandai terhadap jurusan yang dipilihnya sejak awal dari SMK hingga universitas. Sebaliknya kalau anda lulusan SMK yang mengambil langkah lintas jurusan seperti contoh anda yang merupakan jurusan elektro yang mengambil jurusan kuliah ilmu komunikasi, teknik perminyakan, teknik pertambangan, jurusan agama Islam atau ekonomi dll berarti anda melakukan lintas jurusan atau tidak menjurus kuliahnya.

Akan terasa sia-sia ilmu jurusan yang anda pelajari sewaktu sekolah di SMK kalau anda mengambil jurusan yang berbeda waktu kuliah. Bagi lulusan SMK yang mau masuk ke perguruan tinggi negeri atau swasta dan memilih lintas jurusan maka anda diharuskan melalui beberapa jalur masuk yang telah ditetapkan.

Salah satunya seleksi mandiri. Tips Memilih Jurusan Kuliah Bagi Lulusan SMK Salah satu kelemahan dari anak SMK mengambil jurusan berbeda adalah terkadang mereka tidak mampu mengikuti materi-materi dan mata kuliah jurusannya yang baru. Apalagi jurusan yang baru itu tidak ada sangkut paut sedikitpun dengan jurusannya ketika ia duduk di bangku SMK. Tentu lulusan SMK harus berjuang lebih keras untuk memahami dan mempelajari dari dasar-dasar keilmuan dari jurusan baru yang diambilnya.

Untuk anda yang lulusan SMK maka terkadang bingung untuk menentukan jurusan kuliah. Berikut ini beberapa pertimbangan bagi anda lulusan SMK dalam memilih jurusan, antara lain: 1.Sesuai Jurusan Sekolah Mengambil jurusan kuliah untuk anak SMK bisa berdasarkan jurusan sekolah yang diambil.

Misalkan anda mengambil jurusan teknik mesin sewaktu di SMK maka anda bisa memilih jurusan teknik mesin di perguruan tinggi negeri atau swasta.

Dalam hal ini, anda mengambil jurusan yang linear. 2.Prospek Kerja Anak SMK juga bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan prospek kerja yang cerah dari lulusan jurusan kuliah tersebut. Termasuk jurusan yang bisa memberikan lulusannya gaji yang tinggi.

3.Yang Memberi Kesempatan Praktek Lebih Besar Yang menjadi ciri khas anak SMK adalah lebih banyak praktek dalam proses pembelajaran ketimbang anak SMA. Sehingga jika mau kuliah dan hendak lintas jurusan maka sangat dianjurkan untuk mengambil jurusan kuliah yang lebih banyak memberikan praktek. Supaya anak SMK tidak bosan dengan jurusan kuliah yang dipilihnya. Contoh program S1 Terapan, D4,atau D3. 4.Linear atau Lintas Jurusan Pertimbangan lain yang bisa dipilih oleh anak lulusan SMK adalah mengambil jurusan kuliah yang linear atau lintas jurusan.

Pilihan Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMK Pada dasarnya lulusan SMK bisa kuliah dengan mengambil jurusan kuliah yang berbeda dari yang dipelajarinya waktu di jurusan SMK. Semua itu tergantung kebijakan pihak universitas. Sebab ada sebagian pihak universitas yang membolehkan anak SMK mengambil jurusan kuliah yang berbeda dan ada jurusan kuliah yang tidak memperbolehkan lulusan SMK masuk pada jurusan yang berbeda tersebut. Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang sangat cocok untuk anak SMK, antara lain : 1.Desain Komunikasi Visual Salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk anak lulusan SMK adalah jurusan Desain Komunikasi Visual.

Prospek kerjanya sangat bagus dan bisa bekerja di bagian copywriting,visual branding, tipografi, seni rupa, rumah produksi, agen periklanan, ataupun bekerja di badan pemerintahan yang mengurusi industri kreatif. 2.Teknik Informatika Jurusan kuliah untuk anak SMK berikut adalah jurusan teknik informatika yang mempunyai masa depan yang cerah.

Yang dipelajari pada jurusan teknik informatika adalah kecerdasan buatan, algoritma komputer, bahasa pemograman dll. Prospek kerjanya bisa bekerja di lembaga pemerintahan, perusahaan swasta untuk bekerja sebagai programmer, konsultan ahli IT bergaji terbesar, software engineer dll.

3.Farmasi Jurusan kuliah untuk lulusan SMK selanjutnya adalah Farmasi. Jurusan kuliah bidang kesehatan merupakan pilihan jurusan yang sangat bagus untuk jurusan kuliah untuk anak smk. Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap kesehatan sangat besar pada saat ini. Yang membuat industri obat-obatan semakin tumbuh menguntungkan dan menjamur dimana-mana memberikan peluang kerja bagi siapapun yang memilih jurusan kesehatan seperti farmasi. Bagi anda lulusan SMK farmasi maka anda bisa melanjutkan kuliah pada jurusan kuliah Farmasi dengan program D4, atau S1.

Yang kemudian bisa bekerja sebagai tenaga apoteker, bekerja di laboratorium, atau pun membangun bisnis apotek atau pabrik obat secara mandiri. 4.Tata Busana Pilihan jurusan kuliah untuk anak SMK lainnya adalah jurusan tata busana untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Karena jurusan kuliah tata busana sangat cocok dipilih oleh anak SMK yang berada pada jurusan SMK yang sama. 5.Teknik Industri Teknik industri menjadi jurusan kuliah yang sangat cocok berikutnya bagi anak SMK yang terbiasa dengan praktikum.

6.Jurusan Akuntansi Terakhir, jurusan kuliah yang sangat tepat untuk anak SMK yang memiliki prospek kerja cerah adalah jurusan kuliah akuntansi. Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK TKJ Meskipun lulusan SMK bisa memilih jurusan lain, namun ada beberapa jurusan kuliah yang tidak bisa dimasuki oleh lulusan SMK yaitu jurusan pendidikan kedokteran. Lulusan SMK tidak bisa mengambil jurusan kuliah pendidikan kedokteran karena ilmu yang dipelajari pada fakultas kedokteran sangat berbeda dan membutuhkan penguasaan materi dasar sejak bangku SMA.

Selain itu jurusan kuliah yang berbeda yang tidak bisa dimasuki oleh lulusan SMK adalah jurusan pendidikan kedokteran gigi dan jurusan kebidanan. Selain jurusan itu, lulusan SMK dapat mengambil jurusan yang berbeda dan itu bukanlah hal yang terlarang. Yang penting lulusan sekolah menengah kejuruan tersebut mampu mengikuti mata kuliah secara baik pada jurusan kuliah baru tersebut.

Berikut ini daftar jurusan kuliah untuk anak SMK TKJ yang sangat cocok dan bisa menjadi referensi Anda. • Akuntansi • Marketing/Pemasaran • Jurnalistik • Animasi • Teknik Elektronika • Jurusan Multimedia • Jurusan Ilmu Telekomunikasi • Jurusan Manajemen Informatika • Teknik Informatika • Jurusan Teknik Komputer Tips Mengambil Jurusan Kuliah Berbeda dari Jurusan SMK Pertanyaan awal apakah SMK bisa kuliah beda jurusan tentu sudah terjawab.

Bagi mereka yang lulusan SMK dan mengambil jurusan kuliah baru yang berbeda tentu saja harus lebih bekerja keras mempelajari jurusan ilmu yang diambilnya dari nol. Bagi Anda yang mengambil jurusan kuliah untuk anak SMK yang berbeda juga bisa sukses meraih prestasi atau cumlaude dengan nilai-nilai ujian yang baik.

Syaratnya tentu saja harus mempunyai niat, semangat dan tekad yang sangat kuat untuk bisa berhasil di jurusan baru yang dipilihnya di bangku kuliah. Berikut ini beberapa tips sukses bagi mereka yang lulusan SMK memilih jurusan yang berbeda,antara lain: 1.Belajar Lebih Keras Bagi lulusan SMK yang mengambil jurusan kuliah yang berbeda pastinya harus belajar lebih keras dari anak-anak mahasiswa yang lain karena untuk mengejar ketertinggalan terhadap materi-materi kuliah.

Lulusan SMK tersebut harus benar- benar mempelajari mata pelajaran kuliah yang dipilihnya dari nol dari belum tahu sama sekali. 2.Menjadi Mahasiswa Aktif dan Berprestasi Tips berikutnya bagi lulusan SMK yang memilih jurusan berbeda adalah diharuskan menjadi mahasiswa yang aktif.

Cara ini akan membuat lulusan SMK bisa bersaing dengan lulusan SMA yang telah mempelajari jurusan yang dipilih sebelumnya. Tak ayal beberapa mahasiswa yang berasal dari lulusan SMK yang mengambil jurusan kuliah berbeda bisa berhasil dan berprestasi mengalahkan anak-anak lulusan sma yang satu jurusan.

Bagi lulusan SMK yang memilih jurusan kuliah yang berbeda maka harus menjadi mahasiswa yang lebih aktif. Dalam arti, ia harus lebih aktif dalam mempelajari mata kuliah-mata kuliah dari jurusan yang dipilihnya. Ia harus lebih aktif bertanya kepada dosen atas mata pelajaran yang belum dipahaminya.

Kemudian ia juga mesti meminta bantuan kepada rekan-rekan kuliahnya untuk mengajarkan mata pelajaran di kuliah yang belum dipahami dengan baik. Dengan menjadi mahasiswa yang aktif itu, lulusan SMK yang mengambil jurusan berbeda bisa menjadi mahasiswa berprestasi dengan syarat lebih kerja keras dalam belajar serta rajin belajar sepanjang waktu.

Perlahan nilai-nilai ujian UAS ataupun UTS bisa sangat tinggi. Bahkan kelak ia bisa mencapai status terpandang sebagai mahasiswa berprestasi lulusan cumlaude. Demikianlah program studi dan jurusan kuliah untuk anak SMK.

Meskipun memilih jurusan yang berbeda dari jurusan di SMK memungkinkan namun tidak semua perguan tinggi mengeluarkan aturan yang sama. Sehingga Anda perlu lebih teliti dan selektif dalam memilihnya. Recent Comments • Les Privat on [WEBINAR GRATIS] Persiapan Kuliah Kedokteran dari Dokter Muda • Les Privat on [WEBINAR GRATIS] Persiapan Kuliah Kedokteran dari Dokter Muda • Les Privat on [WEBINAR GRATIS] Persiapan Kuliah Kedokteran dari Dokter Muda • Les Privat on [WEBINAR GRATIS] Persiapan Kuliah Kedokteran dari Dokter Muda • Jihan Fitri Nurkarim on [WEBINAR GRATIS] Persiapan Kuliah Kedokteran dari Dokter Muda
Saat ini banyak lulusan SMK yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh mereka adalah memilih jurusan kuliahnya. Sebetulnya universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan kuliah untuk anak SMK. Banyak jurusan kuliah di banyak universitas Indonesia yang menawarkan program studi untuk berbagai lulusan sekolah, termasuk SMK.

Terlebih jurusan SMK saat ini sangat beragam. Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK Pada kesempatan kali ini, Cecepkocep akan memberikan rekomendasi beberapa jurusan kuliah untuk anak SMK yang bisa kamu pertimbangkan.

Simak penjelasannya di bawah ini ya. 1. Teknik Otomotif Untuk seorang lulusan SMK, tentu tidak akan sulit jika ingin melanjutkan kuliah dengan jurusan teknik otomotif. Terutama untuk kamu yang sekolah di jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Prospek kerjanya setelah lulus memang tergolong sangat bagus mengingat banyak industri yang memerlukan lulusan ini. Kalau kamu ingin memilih jurusan kuliah yang satu ini, ada dua universitas di Indonesia yang bisa kamu pilih.

Kedua universitas itu adalah Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 2. Teknik Elektro Bagi para lulusan SMK, Teknik Elektro menjadi jurusan yang banyak peminatnya ketika ingin melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah.

Karena banyak dari mereka yang ingin memperdalam ilmu yang dipelajari selama di SMK. Sama seperti teknik otomotif, prospek kerja untuk lulusan jurusan Elektro juga cukup cerah. Karena banyak industri dan perusahaan yang ahli di bidang elektro. Ilmu ini tidak hanya bisa kamu aplikasikan di perusahaan saja. Selama masih ada listrik, kamu bisa mengaplikasikan ilmu elektro. Di Indonesia terdapat beberapa universitas terbaik yang menawarkan jurusan Teknik Elektro.

Diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan beberapa politeknik terbaik di Indonesia. 3. Desain Komunikasi Visual (DKV) Kebanyakan lulusan SMK punya skill yang sangat bagus di bidang animasi dan desain. Kalau kamu punya skill tersebut, kamu bisa mempertimbangkan jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual atau DKV. Prospek kerja untuk lulusan DKV juga sangat cerah karena banyak perusahaan yang memerlukanya.

Kamu bisa bekerja di perusahaan Televisi atau media karena perusahaan tersebut memerlukan lulusan ini. Universitas yang menerima lulusan SMK dengan jurusan kuliah DKV ini diantaranya adalah ITS, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Binus University.

4. Multimedia Salah satu jurusan kuliah yang banyak diincar oleh banyak lulusan SMK adalah Multimedia. Karena banyak dari mereka yang sudah punya skill praktik yang baik di bidang multimedia. Kalau kamu ingin memperdalam ilmu multimedia, melanjutkan studi ke bangku kuliah merupakan langkah yang tepat.

Karena ada juga beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan kuliah untuk anak SMK ini. Beberapa universitas yang bisa kamu pertimbangkan adalah Telkom University, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. 5. Akuntansi Jurusan kuliah untuk anak SMK yang selanjutnya bisa kamu pertimbangkan adalah Akuntansi. Basic untuk jurusan kuliah ini sudah kamu pelajari selama di bangku SMK.

Setelah lulus kuliah nanti, kamu bisa bekerja menjadi seorang konsultan pajak, Akuntan, Ahli Keuangan, atau banker. Jurusan ini tentu punya prospek kerja yang cerah karena setiap perusahaan memerlukan seorang akuntan. Beberapa universitas terbaik di Indonesia yang menyediakan jurusan kuliah ini adalah UI, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Padjajaran (UNPAD).

Baca juga: Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja 6. Broadcasting Jurusan kuliah yang banyak peminatnya di kalangan lulusan SMK adalah jurusan Broadcasting. Karena saat ini banyak perusahaan media massa dan telekomunikasi di Indonesia.

Banyak perusahaan tersebut yang memerlukan pekerja dari lulusan Broadcasting. Kalau kamu sudah mempelajari ilmu broadcasting dengan baik baik secara teori maupun praktik, seharusnya kamu tidak akan kesulitan selama kuliah nanti. Karena basic untuk jurusan ini sudah kamu pelajari. Beberapa universitas di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan yaitu UI, UNPAD, dan Universitas Mercu Buana.

7. Tata Boga Jurusan kuliah yang satu ini memang tidak begitu terkenal di kalangan masyarakat. Padahal di beberapa SMK ada yang menyediakan jurusan Tata Boga.

Jadi kalau kamu ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini tentu saja sangat cocok. Prospek kerja untuk lulusan jurusan Tata Boga tentu saja sangat luas. Kamu bisa menjadi seorang wirausahawan dengan jurusan kuliah untuk anak smk bisnis kuliner. Atau kamu bisa menjadi seorang koki terkenal di hotel dan restoran baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa kampus di Indonesia yang menawarkan jurusan Tata Boga ini adalah UM, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

8. Jurusan Farmasi Kalau kamu adalah lulusan SMK Farmasi, melanjutkan kuliah di jurusan Farmasi adalah pilihan yang tepat. Kemampuan dasar untuk kuliah di jurusan Farmasi tentu saja sudah kamu miliki seperti ilmu Kimia dan Biologi.

Setelah lulus kuliah nanti, kamu tidak hanya bekerja di apotek saja karena prospek kerjanya juga cukup luas. Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan instansi kesehatan. Beberapa universitas terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk kuliah di jurusan Farmasi diantaranya UGM, ITB dan UI.

9. Administrasi Perkantoran Jurusan kuliah untuk anak SMK Administrasi Perkantoran ini menjadi jurusan kuliah yang banyak peminatnya. Nantinya kamu akan belajar tentang melakukan perencanaan, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran. Kalau kamu berasal dari SMK dengan jurusan OTKP (Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran) tentu sangat cocok melanjutkan kuliah di jurusan Administrasi Perkantoran.

Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja menjadi sekretaris, General Affairs, Staff Administrasi, maupun staf Legal di banyak perusahaan. Jadi tak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan kuliah yang satu ini. Baca juga: Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Akuntansi 10. Teknik Mesin Kalau kamu adalah lulusan SMK Mesin, melanjutkan studi di jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang tepat. Untuk prospek kerjanya setelah lulus nanti tentu saja sangat cerah.

Banyak perusahaan di Indonesia yang menggunakan mesin untuk memproduksi produk. Sehingga banyak perusahaan di Indonesia yang memerlukan teknisi mesin. 11. Teknik Informatika Tak hanya di kalangan lulusan SMK saja, Teknik Informatika jadi jurusan kuliah untuk anak IPA yang banyak peminatnya. Banyak bidang yang harus kamu pelajari ketika kuliah di jurusan ini, diantaranya teknik komputer dan informatika, teknik telekomunikasi, dan teknik komputer dan jaringan.

Kalau kamu berasal dari SMK dengan jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), kuliah di jurusan Teknik Informatika adalah pilihan yang tepat. Nantinya kamu akan belajar tentang cara membuat software, cara kerjanya, dan pengembangannya. Di Indonesia terdapat beberapa universitas terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Diantaranya adalah UGM, ITS, UNPAD, dan Universitas Brawijaya (UB). Prospek kerja untuk lulusan teknik informatika ini juga sangat luas, terutama selama pandemi.

Dilansir dari Tirto, pelanggan toko online di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setelah lulus nanti kamu bisa bekerja di banyak perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan perbankan.

Kamu juga bisa membuat software sendiri dan memberikan manfaat untuk banyak orang. Baca juga: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi 12. Pariwisata Kalau kamu adalah lulusan SMK di bidang keahlian Pariwisata, kuliah di jurusan yang adalah pilihan yang tepat. Tentu saja untuk kuliah di jurusan ini kamu harus punya kemampuan komunikasi yang baik. Ketika kuliah nanti, kamu akan belajar banyak di bidang pariwisata, diantaranya manajemen tour dan travel, manajemen destinasi wisata, hingga perhotelan.

Untuk prospek kerjanya setelah lulus juga sangat luas. Kamu bisa menjadi seorang tour guide, manajer tempat wisata, pengusaha perjalanan wisata, hingga Concierge Hotel. 13. Tata Busana Kalau kamu adalah lulusan SMK dari jurusan Tata Busana, kamu tentu saja punya keterampilan menjahit yang baik. Tak hanya itu, kamu juga punya kemampuan lain yang baik seperti desain baju, membuat pola, mempelajari jenis bahan, hingga membuat projek di jurusan kuliah untuk anak smk fashion.

Keterampilan dasar jurusan kuliah untuk anak smk sangat pas untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan yang sama. Di bangku kuliah nanti, kamu akan belajar cara pemasaran, manajemen bisnisnya, fotografi untuk fashion, hingga menggambar modelnya.

Setelah lulus nanti kamu bisa berkarir di bidang fashion jurusan kuliah untuk anak smk sebagai fashion designer, fashion photographer, hingga fashion blogger. Banyak juga perusahaan yang membutuhkan lulusan Tata Busana, misalnya Louis Vuitton, Pull & Bear, Zara, dan masih banyak lagi. 14. Teknik Arsitektur Jurusan Teknik Arsitektur sangat cocok untuk kamu lulusan SMK yang berasal dari jurusan Teknik Bangunan. Ilmu yang kamu pelajari di bangku SMK seperti teknik menggambar proyeksi adalah ilmu dasar ketika kuliah di jurusan Teknik Arsitektur.

Saat kuliah nanti, kamu akan lebih banyak bergelut dengan mata pelajaran pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, hingga pembuatan desain. Oleh sebab itu kamu juga memerlukan analisis dan kreativitas yang tinggi jika ingin kuliah di jurusan Arsitektur. Beberapa universitas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan diantaranya adalah UI, UB, dan UNDIP. 15. Film dan Televisi Kalau kamu adalah lulusan SMK jurusan Multimedia, melanjutkan studi di jurusan Film dan Televisi adalah pilihan yang tepat.

Di bangku kuliah kamu akan belajar banyak tentang manajemen produksi televisi, pengarahan acara, tata foto elektronik, dan sebagainya. Industri perfilman sekarang ini tengah happening, tidak heran jika lulusan jurusan Film dan dan Televisi sangat dibutuhkan. Nantinya kamu bisa bekerja di industri perfilman dengan menjadi sutradara, teknisi kamera, talent director, dan sebagainya.

Tentukan Pilihanmu Demikianlah beberapa jurusan kuliah untuk anak SMK yang bisa kamu pertimbangkan. Disarankan untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan jurusan kamu di SMK. Dengan begitu proses kuliah kamu akan lebih lancar.
7 jurusan kuliah ini cocok buat lulusan SMK.

Kenali mata kuliah, prospek kerja, dan seleksi PTN untuk anak SMK. --- “Lulus SMK pengen kuliah deh, tapi bingung jurusan apa. Anak SMK bisa ikut SNMPTN atau UTBK nggak sih?

Pertanyaan tadi mungkin terlintas di pikiran kamu. Banyak siswa SMK yang ingin melanjutkan studi ke universitas daripada bekerja. Tapi masalahnya, jurusan apa yang cocok buat anak SMK? Lebih baik linier atau lintas jurusan? Simak artikel ini sampai habis ya! Tips Memilih Jurusan untuk Siswa SMK 1. Pilih jurusan yang linear Jurusan linear memberikan kesempatan lebih besar bagi kamu yang mendaftar SNMPTN.

Karena sistem penilaian SNMPTN dilihat dari rata-rata nilai rapor. Khusus siswa SMK, terdapat 4 mata pelajaran yang menjadi fokus utama penilaian, yaitu; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Kompetensi Keahlian Jurusan.

Kalau pas SMK kamu ambil Akuntansi, maka sebaiknya mendaftar di jurusan yang sama saat SNMPTN. Sayang, kan, kalau nilai mapel Akuntansi kamu nggak dipakai karena memilih jurusan lain.

2. Pilih jurusan dengan rumpun yang sama " Ah, kayaknya aku nggak pengen kuliah Akuntansi. Gimana dong?" Ya nggak apa-apa sih, tapi jangan terlalu berharap di SNMPTN ya.

jurusan kuliah untuk anak smk

Ingat, SNMPTN itu hanya 1 dari banyaknya jalur seleksi yang bisa kamu coba. Kalau masih berharap, pilih jurusan dengan rumpun yang sama atau mapel yang mirip-mirip. Misalnya Perbankan, Perpajakan, atau Manajemen. 3. Daftar seleksi mandiri vokasi Selain program S1, beberapa kampus negeri juga mempunyai program vokasi atau diploma lewat prestasi rapor. Contoh seleksi mandiri vokasi yaitu PPKB UI, Undangan Seleksi Masuk (USMI) IPB, dan Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi ( PSSB ) Undip.

Baca Juga: Mendingan Kuliah D3 atau S1? 4. Jika lintas jurusan, sisihkan waktu untuk jurusan kuliah untuk anak smk materi UTBK dan Ujian Mandiri Lintas jurusan itu bukan dosa besar, siapapun boleh melakukannya. Jadi, nggak perlu takut diomongin temen sekelas karena pindah jurusan. Cicil materi UTBK dan ujian mandiri sedikit demi sedikit. Kuasai konsep, rumus, dan berlatih soal sampai kamu paham.

5. Pilih jurusan yang banyak prakteknya Anak SMK terbiasa dengan praktek. Nah, biar nggak bosan pas kuliah nanti, kamu disarankan untuk memilih jurusan yang memiliki bobot praktikum lebih banyak dibanding teori.

Jenjang D3, D4 atau S1 Terapan jadi pilihan tepat untuk kamu. Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Anak SMK Kira-kira jurusan kuliah apa aja ya yang cocok buat siswa SMK?

7 jurusan di bawah ini memiliki mata kuliah menarik, prospek kerja menjanjikan, serta banyak prakteknya lho. Pas banget buat anak SMK! 1. DKV Desain Komunikasi Visual (DKV) mempelajari konsep komunikasi dengan menggunakan elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Jurusan kuliah untuk anak smk kuliahnya terdiri dari dasar seni rupa, tipografi, visual branding, hingga copywriting. Lulusan DKV bisa bekerja di ahensi periklanan, production house, atau lembaga pemerintahan seperti BEKRAF. 2. Teknik Informatika Kebayang nggak sih bisa bikin aplikasi sendiri? Yuk, pilih Teknik Informatika! Di dalamnya kamu bakal ketemu mata kuliah bahasa pemrograman, algoritma komputer, serta kecerdasan buatan. Cocok buat anak SMK yang seneng praktek dibanding teori.

Kamu bisa jadi software engineer, konsultan IT, programmer di perusahaan swasta maupun pemerintahan. 3. Farmasi Yup, industri kesehatan lagi berkembang pesat nih. Apalagi sekarang muncul start-up yang menawarkan layanan konsultasi medis dan pembelian obat secara online.

Mata kuliah Farmasi antara lain Farmasetika, Farmakologi, Patofisiologi, serta Informasi Kosmetik & Alat Kesehatan. Kamu bisa bekerja di start-up kesehatan, laboratorium, atau membuka apotek sendiri. Baca Juga: Intip Jurusan yang Banyak Dicari Tahun 2021!

4.

jurusan kuliah untuk anak smk

Tata Busana Selain farmasi, industri fashion turut mengalami peningkatan. Coba deh, ada berapa merek pakaian lokal yang kamu beli atau sekedar follow di Instagram?

Nggak cuma belajar soal teknik produksi, jurusan Tata Busana juga membahas analisis tren, marketing, serta manajemen fashion bisnis. Siap-siap jadi pengusaha local brand! 5. Teknik Jurusan kuliah untuk anak smk Jurusan ini merupakan gabungan dari rumpun teknik dan manajemen. Di dalamnya kamu akan mempelajari Kalkulus, Matematika, Psikologi Industri, Analisis Biaya, sampai Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan Kerja.

Peluang kerjanya luas banget, dari project manager, engineering, quality control serta product analyst. Baca Juga: Prodi Soshum yang Paling Diminati di SBMPTN 2021 6. Akuntansi Punya mimpi buat kerja di Big 4? Big Four merupakan empat KAP (Kantor Akuntan Publik ) terbesar yang memberikan konsultasi pajak dan berbagai layanan manajemen lainnya.

Mereka adalah Deloitte, PwC, EY, dan KPMG. Keempatnya menawarkan gaji dan fasilitas menarik untuk fresh graduate. Untuk bisa bekerja di sana, kamu diharuskan lulus dari program sarjana. Yuk bisa yuk. 7.

jurusan kuliah untuk anak smk

Sekretaris Profesi ini dibutuhkan di semua perusahaan untuk mengatur urusan administrasi. Buat kamu yang lebih senang "duduk di kantor" daripada di lapangan, bisa masuk ke jurusan ini nih.

Nggak hanya ketelitian, kemampuan berkomunikasi dan komputer pun akan dilatih di jurusan D3 atau S1 Sekretaris. --- Lagi cari bimbel online yang gurunya bisa diajak diskusi? Coba deh, ikut trial live teaching Brain Academy Online.

jurusan kuliah untuk anak smk

Gratis loh, dapat diakses lewat laptop atau hp kamu. Kalau ketagihan, jangan lupa daftar buat setahun ya! Referensi: Mata Kuliah DKV [Daring]. Tautan: https://fsrd.itb.ac.id/wp-content/uploads/sites/11/2016/03/Struktur-Kurikulum-2013-Program-Studi-Desain-Komunikasi-Visual.pdf https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-desain-komunikasi-visual Peminatan Akuntansi [Daring]. Tautan: https://www.atmajaya.ac.id/web/InfoFakultas.aspx?gid=info-fakultas&cid=program-studi-akuntansi&ou=ekonomi Mata Kuliah Teknik Informatika [Daring].

Tautan: https://drive.google.com/file/d/1w8VGXhpptcgYJdEmJrYzPIsCatCElwxT/view Mata Kuliah Farmasi [Daring]. Tautan: https://farmasi.univpancasila.ac.id/profile/d3 Mata Kuliah Teknik Industri [Daring]. Tautan: https://www.ie.ui.ac.id/program-akademik/program-sarjana/kurikulum/ Big Four [Daring]. Tautan: https://accurate.id/akuntansi/big-4-kap/7 Jurusan Kuliah Anak SMK Dengan Gaji Besar- Lulusan SMK pada umumnya dianjurkan atau dipersiapkan untuk menjadi pribadi yang siap untuk bekerja. Namun demikian, tentu tidak ada salahnya apabila seorang lulusan SMK kemudian memutuskan untuk berkuliah.

Lagipula, perguruan tinggi swasta maupun negeri juga pada umumnya turut menerima lulusan SMK. Program Studi yang Sesuai untuk Lulusan SMK dan Bergaji Besar Daftar Isi • Program Studi yang Sesuai untuk Lulusan SMK dan Bergaji Besar • 1. Jurusan Akuntansi • 2. Jurusan Terkait Jurusan kuliah untuk anak smk atau Pelayaran • 3. Jurusan Teknik Informatika • 4. Jurusan Pariwisata • 5. Jurusan Administrasi Perkantoran • 6.

Jurusan Farmasi • 7. Jurusan Manajemen Pemasaran pexels.com Asalkan memiliki kesempatan serta biaya, keputusan lulusan SMK untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan tentu pada akhirnya akan berdampak pada besaran gaji yang akan diterima. Namun demikian, perlu diperhatikan juga bahwa jurusan kuliah yang diambil idealnya masih sejalan dengan jurusan yang dipilih ketika SMK.

Kalau kamu adalah lulusan SMK dan mendambakan gaji besar, berikut daftar jurusan kuliah yang bisa kamu ambil. 1. Jurusan Akuntansi pexels.com Apapun bidang usahanya, lulusan jurusan kuliah Akuntansi senantiasa dibutuhkan. Apalagi jika kamu mengambil jurusan Akuntansi semasa bersekolah di jenjang SMK. Tentu akan lebih mudah bagi kamu untuk mengikuti perkuliahan di jurusan yang sama.

Di sisi lain, besaran gaji yang diterima oleh lulusan Akuntansi yang menuntaskan studi di perguruan tinggi tentu lebih besar apabila dibandingkan dengan lulusan SMK di jurusan ini. Untuk meningkatkan nilai jualmu di dunia kerja nantinya, kamu bisa juga mengambil sertifikasi tambahan usai lulus dari jurusan Akuntansi.

Misalnya saja jurusan kuliah untuk anak smk untuk menjadi akuntan professional yang diakomodir oleh lembaga profesi akuntansi di Indonesia. Ada pula sertifikasi yang ditujukan bagi mereka yang tertarik untuk menekuni bidang perpajakan sebagai seorang konsultan pajak.

Meski kamu tetap perlu membayar lebih dan harus belajar mengikuti ujian sertifikasi, kualifikasimu sebagai akuntan professional akan lebih diakui. 2. Jurusan Terkait Kelautan atau Pelayaran pexels.com Sebagaimana kita tahu, Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki kawasan perairan yang amat luas.

Maka tidak heran apabila jurusan kuliah untuk anak smk Indonesia kita dapat menemukan SMK dengan jurusan yang terkait dengan bidang maritim seperti SMK Pelayaran. Tak harus langsung bekerja, lulusan SMK dari jurusan pelayaran tentu dapat pula melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pilihan jurusan kuliah kuliah bagi lulusan SMK Pelayaran pun cukup banyak. Misalnya saja Jurusan Teknologi Kelautan atau Jurusan Teknik Perkapalan. Lagipula, bekerja di bidang pelayaran dikenal menjanjikan gaji besar. Hal ini sepadan dengan tuntutan pekerjaan yang membuat pekerja di bidang pelayaran harus rela mengarungi lautan dalam rentang waktu tertentu dengan segala macam risikonya. Baca Juga : Rincian Biaya Kuliah ISTN 2021/2022 3.

Jurusan Teknik Informatika pexels.com Di era teknologi seperti sekarang ini, industri bisa dibilang cukup membutuhkan pekerja yang memiliki kualifikasi di bidang Teknik Informatika.

Maka wajar apabila terdapat banyak anak SMK di Indonesia yang memilih untuk mengambil jurusan terkait bidang ini. Demi menjawab kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kemampuan di bidang informatika, saat ini anak SMK dari jurusan informatika maupun jurusan lain di bidang serupa memiliki banyak pilihan apabila ingin melanjutkan studi di Jurusan Teknik Informatika.

Beberapa universitas yang memiliki jurusan Teknik Informatika untuk jenjang sarjana di Indonesia diantaranya adalah: • Universitas Telkom • Universitas Esa Unggul • Universitas Sam Ratulangi • Institut Teknologi Nasional Bandung • Universitas Negeri Yogyakarta jurusan kuliah untuk anak smk Universitas Kristen Petra Beberapa contoh perguruan tinggi yang bisa dipilih oleh anak SMK dari jurusan informatika yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil perguruan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Informatika dengan nilai akreditasi A dari BAN-PT.

Selain jenjang sarjana, masih ada pula pilihan jenjan Diploma atau D-IV dengan kualitas yang tak kalah baik. Lulusan dari jurusan Teknik Informatika dapat berprofesi sebagai programmer hingga web desainer. Profesi semacam ini tentu kerap kamu temukan dalam iklan lowongan pekerjaan yang menjanjikan gaji cukup tinggi. 4. Jurusan Pariwisata pexels.com Selain sebagai negara maritim, Indonesi juga dikenal sebagai negara yang memiliki nilai jual di bidang pariwisata.

Sebut saja Pulau Bali sebagai salah satu lokasi wisata yang terkenal hingga ke mancanegara. Ada pula kota-kota serta kawasan lain yang senantiasa menarik wisatawan dengan segala macam keunikan yang dimiliki seperti Yogyakarta.

Industri pariwisata Indonesia bahkan bisa dibilang amat berkontribusi pada pendapatan nasional. Melihat potensi wisata yang dimiliki oleh Indonesia, maka tak heran apabila Jurusan Pariwisata menjadi salah satu jurusan yang cukup menjanjikan.

Anak SMK yang berasal dari Jurusan Pariwisata pun tentu memiliki keunggulan apabila kemudian melanjutkan kuliah di jurusan yang sama. Baca Juga : 15 Daftar Jurusan Kuliah IPA dan Penjelasannya yang Ada di Indonesia 5. Jurusan Administrasi Perkantoran pexels.com Salah satu jurusan kuliah dengan peluang kerja yang cukup menjanjikan adalah Jurusan Administrasi Perkantoran.

Jurusan kuliah ini tentu dapat pula menjadi salah satu pilihan bagi anak SMK yang mendambakan gaji besar. Kisaran gajinya tentu bergantung pada perusahaan yang mempekerjakan.

Berikut daftar perguruan tinggi yang memiliki program studi Administrasi Perkantoran, baik jenjang sarjana maupun diploma. Sebagai tambahan, perguruan tinggi berikut sudah mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT sehingga dapat disebut sebagai perguruan tinggi dengan jurusan Administrasi Perkantoran yang berkualitas. • Universitas Airlangga (D3) • Universitas Indonesia (D3) • Universitas Negeri Malang (S1) • Universitas Negeri Medan (S1) • Universitas Negeri Makassar (S1) • Universitas Sebelas Maret (S1) • Universitas Negeri Yogyakarta (S1) • Universitas Negeri Surabaya (S1) 6.

Jurusan Farmasi pexels.com Tak hanya bergelut dengan obat-obatan, lulusan dari Jurusan Farmasi dapat pula bekerja di bidang kosmetika atau kecantikan. Kalau kamu adalah anak SMK yang berasal dari jurusan Farmasi, keputusanmu untuk mengambil kuliah lanjutan di Jurusan ini tentu berpotensi mendatangkan gaji yang cukup tinggi.

Alasannya tentu karena industri kesehatan serta kecantikan senantiasa membutuhkan tenaga ahli di bidangnya.

jurusan kuliah untuk anak smk

Jika kamu merupakan anak SMK yang tertarik dan memiliki kesempatan untuk berkuliah di Jurusan Farmasi, berikut beberapa profesi yang bisa kamu jalani. • Apoteker • Pegawai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) • Staf Divisi Research and Development di Industri Obat-obatan • Staf BPJS Kesehatan Khusus untuk profesi apoteker, kamu tentu masih perlu mengambil kuliah profesi serta mengikuti ujian sertifikasi.

Namun demikian, usahamu tentu akan terbayar ketika telah memasuki dunia kerja nantinya. Baca Juga : Rincian Biaya Kuliah ISTN 2021/2022 7. Jurusan Manajemen Pemasaran pexels.com Jurusan SMK Pemasaran bisa dibilang merupakan salah satu bidang yang cukup ramai peminat, khususnya di Indonesia.

Sebagian materi yang dipelajari di jurusan ini berkaitan dengan bisnis sehingga amat dibutuhkan oleh dunia kerja. Jika kamu adalah anak SMK pemasaran, melanjutkan pendidikan di jurusan Manajemen Pemasaran bisa jadi salah satu keputusan yang menjanjikan gaji tinggi di masa depan. Dengan berkuliah di jurusan ini, nalurimu dalam pengelolaan bisnis tentu bisa menjadi semakin tajam.

Artinya, tidak hanya bisa menjadi manajer atau karyawan saja, kamu juga sangat berpeluang untuk membangun bisnismu sendiri. Meski membangun bisnis sendiri terbilang cukup berisiko, idealnya kamu akan lebih siap karena sudah mengenal materi bisnis semenjak SMK. Kamu bahkan dapat turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja demi kesejahteraan bersama. Sekian dulu daftar jurusan kuliah anak SMK yang menjanjikan gaji tinggi versi Mamikos. Cari tahu juga beragam informasi bermanfaat dengan membaca artikel di website Mamikos.

Jangan lupa juga untuk download dan install aplikasi Mamikos di smartphone kamu. Baca Juga : 64 Jurusan dan Fakultas di UI Universitas Indonesia dan Penjelasannya Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: Kost Dekat UGM Jogja Kost Dekat UNPAD Jatinangor Kost Dekat UNDIP Semarang Kost Dekat UI Depok Kost Dekat UB Malang Kost Dekat Unnes Semarang Kost Dekat UMY Jogja Kost Dekat UNY Jogja Kost Dekat UNS Solo Kost Dekat ITB Bandung Kost Dekat UMS Solo Kost Dekat ITS Surabaya Kost Dekat Unesa Surabaya Kost Dekat UNAIR Surabaya Kost Dekat UIN Jakarta
JAKARTA - Meskipun pendidikan SMK sebenarnya dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus, ternyata tidak sedikit lulusan SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Simak referensi 10 jurusan kuliah bagi anak SMK yang masih bingung menentukan jurusan. Sama halnya dengan lulusan SMA, jurusan yang bisa dipilih oleh siswa SMK tersedia banyak di perguruan tinggi di Indonesia. Yang perlu diperhatikan adalah, pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat. Selain itu sebaiknya pilihlah jurusan yang linier dengan keahlianmu sebelumnya.

Baca juga: Jurusan Sepi Peminat di SNMPTN dengan Peluang Kerja Tinggi, Tertarik? Melansir dari laman Ruang Guru di ruangguru.com, berikut ini 10 jurusan yang bisa menjadi pertimbangan lulusan SMK dalam memilih jurusan di perguruan tinggi.

1. Jurusan Arsitektur Salah satu jurusan kuliah yang cocok bagi kamu lulusan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan adalah Jurusan Arsitektur. Karena apa yang di pelajari dibangku SMK seperti teknik-teknik menggambar proyeksi secara manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan saat ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini. Jurusan Arsitektur akan mengajari mahasiswanya tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan yang meliputi kekuatan bangunan (firmitas), estetika bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas).

Untuk masuk di jurusan ini paling tidak harus memiliki ketertarikan pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi. Baca juga: Ini Sederet Jurusan Kuliah Termahal, Lulusannya Dijamin Tajir Melintir Beberapa kampus yang membuka jurusan arsitektur di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Prospek karier dari jurusan ini terbuka lebar mulai dari menjadi seorang Arsitektur, bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.
Pendidikan SMK merupakan pendidikan tingkat menengah atas yang dibekali praktik sesuai dengan kompetensinya untuk siap terjun di dunia jurusan kuliah untuk anak smk.

Namun, tidak semua anak SMK ingin terjun ke dunia kerja setelah lulus pendidikan. Sehingga jurusan kuliah untuk anak smk jurusan kuliah terbaik untuk anak SMK sering dipertanyakan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berbicara tentang jurusan kuliahbahasan dari pertanyaan tersebut terlalu luas dan kompleks. Hal tersebut karena umumnya SMK terbagi menjadi berbagai kejuruan pada beberapa bidang. Misalnya SMK bidang kesehatan memiliki kejuruan farmasi, asisten keperawatan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk SMK bidang Teknik bisa mengambil jurusan Teknik otomotif, Teknik elektronika, Teknik gambar bangunan, dan lain-lain.

4. Bisnis Daring dan Pemasaran Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak SMK Teknik SMK bidang Teknik merupakan sekolah kejuruan yang bertujuan untuk menciptakan inovasi, melakukan riset serta mendesain di bidang teknologi dan rekayasa. Pada umumnya ada berbagai jurusan di bidang SMK teknik yaitu Teknik otomotif, Teknik Teknik elektronika, Teknik gambar bangunan, dan lain-lain. Berikut jurusan kuliah yang cocok untuk anak SMKTeknik: 1.

Teknik Sipil Jurusan pertama yang sudah sangat populer dikalangan calon mahasiswa teknik adalah Teknik Sipil. Jurusan Teknik sipil merupakan jurusan di perguruan tinggi yang bisa diambil oleh anak SMK jurusan teknik gambar bangunan. Teknik sipil merupakan jurusan yang fokus utamanya adalah untuk merancang, mendesain serta membangun sebuah gedung, infrastruktur jalan, dan lain sebagainya.

jurusan kuliah untuk anak smk

Nah, jika Anda memiliki ketertarikan di bidang tersebut, maka jurusan teknik sipil sangat cocok untuk Anda ambil untuk mendukung karier Anda ke depannya. 2. Teknik Otomotif Selain jurusan teknik sipil, anak lulusan SMK juga bisa mengambil jurusan teknik otomotif.

Jurusan teknik otomotif merupakan jurusan di perguruan tinggi yang mempelajari tentang cara merancang, membuat, serta mengembangkan peralatan mesin kendaraan darat. Teknik Otomotif adalah salah satu jurusan kuliah terbaik bagu anak SMK, pixabay,com Seperti sepeda motor, mobil, truk dan kendaraan darat lainnya. Jurusan ini juga merupakan cabang Ilmu Teknik mesin yang bisa diambil oleh anak SMK. Terutama yang memiliki kejuruan teknik kendaraan ringan, Teknik sepeda motor serta jurusan lain yang relevan.

3. Teknik Elektronika Teknik elektronika juga merupakan jurusan kuliah terbaik untuk anak SMK teknik instalasi tenaga listrik. Sesuai dengan namanya, jurusan ini sendiri mempelajari mengenai komponen listrik, rangkaian listrik, merancang dan sirkuit elektronika.

Selain itu, jurusan kuliah untuk anak smk ini juga mempelajari tentang sistem perangkat lainnya yang berkaitan dengan papan sirkuit cetak. Untuk Anda yang memiliki minat di bidang pelistrikan, mengambil jurusan elektronika ada solusi yang tepat.

Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak SMK Kesehatan SMK bidang kesehatan merupakan sekolah kejuruan yang berfokus jurusan kuliah untuk anak smk sector kesehatan untuk menciptakan inovasi, melakukan riset di industri kesehatan. Pada umumnya ada berbagai kompetensi keahlian di bidang SMK kesehatan yaitu keperawatan, asisten farmasi, dan kesehatan gigi.

Berikut jurusan kuliah yang cocok untuk anak SMKKesehatan: 1. Ilmu Keperawatan Jurusan ilmu keperawatan merupakan jurusan kuliah terbaik untuk anak SMK Kesehatan yang memiliki kompetensi keahlian keperawatan. Ketika mendengar namanya, pasti sudah terlintas dalam benak Anda mengenai fokus utama dari jurusan ini.

Anak SMK kesehatan bisa mengambil jurusan keperawatan, pixabay.com Ilmu Keperawatan merupakan salah satu jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana merawat keadaan fisik serta mental seseorang menderita suatu penyakit tertentu. Biasanya seorang perawat memiliki kualifikasi pada bidang masing-masing, seperti kualifikasi di rumah sakit, puskesmas dan tempat layanan kesehatan lainnya.

Baca juga: Mengapa Menjadi Bidan Begitu Diminati? Ini Alasannya! 2. Ilmu Farmasi Ilmu farmasi merupakan salah satu jurusan kuliah terbaik untuk anak SMK kesehatan yang memiliki kompetensi keahlian di jurusan farmasi. Farmasi sendiri identik dengan obat-obatan, tentu saja jika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan belajar mengenai ilmu pembuatan obat dari bahan alami maupun sintetik. Bukan hanya membuat saja, seorang apoteker juga bisa melakukan riset penemuan obat untuk penyakit yang baru ditemukan, serta pengembangan teknologi di bidang farmasi.

3. Ilmu Kesehatan Gigi dan Mulut Ilmu tersebut mempelajari tentang pencegahan serta perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut. Ilmu ini bisa diambil oleh anak SMK yang sudah memiliki basic di kompetensi keahlian kesehatan gigi. Meskipun jurusan ini hanya berfokus pada area gigi dan jurusan kuliah untuk anak smk, jurusan ini dibekali dengan ilmu kedokteran dasar.

Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak SMK Bisnis dan Manajemen Pada umumnya ada berbagai kompetensi keahlian di bidang SMK bisnis dan manajemen yaitu bisnis dan pemasaran, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, akuntasi, dan lain-lain. Berikut jurusan kuliah yang cocok untuk anak SMK bisnis dan manajemen, diantaranya yaitu: 1. Manajemen Pemasaran (Marketing) Ilmu manajemen pemasaran di tingkat perguruan tinggi merupakan jurusan kuliah terbaik untuk anak SMKbisnis dan manajemen.

Sesuai dengan namanya jurusan yang satu ini memiliki kompetensi keahlian di bidang pemasaran atau marketing. Ilmu dari jurusan dapat digunakan untuk menganalisa kebutuhan pasar, perilaku dan dinamika konsumen, metode dan media periklanan. Selain itu, Jurusan kuliah untuk anak smk juga ak teori harga, Analisis permintaan dan pemenuhan barang, serta aspek-aspek lain yang berkaitan dengan pemasaran. 2. Akuntasi dan Keuangan Ilmu Akuntasi Dan Keuangan merupakan jurusan yang mempelajari tentang tata pengelolaan keuangan pada suatu perusahan, lembaga dan industri.

Prinsip yang diterapkan dalam jurusan Akuntansi seperti audit, perpajakan, balance, pelaporan keuangan, serta penganggaran keuangan. Akuntansi adalah ilmu yang mudah dipelajari, pixabay.com Jurusan ini merupakan jurusan kuliah terbaik untuk anak SMK bisnis dan manajemen terutama yang memiliki kompetensi keahlian di jurusan Akuntasi. Tidak ada ruginya bila kamu mengambil jurusan ini, sebab seorang akuntan akan terus dibutuhkan seiring perkembangan zaman. 3. Perbankan Syariah Jurusan ini juga merupakan jurusan yang bisa kamu ambil bagi anak SMK bisnis dan manajemen yang memiliki dasar atau kompetensi keahlian di jurusan perbankan.

Jurusan ini sendiri merupakan jurusan yang mempelajari mengenai sistem perbankan yang sesuai dengan ketentuan dan hukum Islam. Ilmu perbankan Syariah di jurusan ini berbeda dengan jurusan perbankan pada umumnya atau konvensional. Seperti yang diketahui, semakin kesini Perbankan Syariah menjadi jurusan kuliah terbaik untuk anak SMK, karena prospek kerja yang menjanjikan ke depannya.

4. Bisnis Daring dan Pemasaran Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan jurusan yang paling banyak diminati oleh anak SMK bisnis dan manajemen. Karena jurusan ini memiliki prospek yang bagus ke depannya sehingga menjadikan jurusan ini sebagai jurusan kuliah terbaik untuk anak SMKBisnis dan Manajemen. Ilmu yang dipelajari di jurusan ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang baik, peluang membaca pasar di dunia bisnis, serta tata pengelolaan bisnis dan pemasaran di bidang konvensional maupun daring atau online.

Itulah berbagai pilihan jurusan kuliah terbaik untuk anak SMKpada bidang Teknik, kesehatan serta bisnis dan manajemen. Meskipun anak SMK dicetak untuk siap di dunia kerja, tidak menutup kemungkinan untuk anak SMK bisa bersaing di dunia pendidikan perguruan tinggi. Semoga bermanfaat! Editted: 21/06/2021 by IDNarmadi.
• Arsitektur dan Pembangunan • Bisnis dan Manajemen • Hukum • Humaniora • Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi • Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan • Ilmu Sosial dan Media • Ilmu Teknik dan Teknologi • Kesehatan dan Kedokteran • Pariwisata, Perjalanan dan Perhotelan • Perawatan Pribadi dan Kebugaran • Pendidikan dan Pelatihan • Pertanian dan Kedokteran Hewan • Psikologi • Seni Kreatif dan Desain • Destinasi studi Kami menggunakan cookies untuk menawarkan Anda pengalaman pengguna yang lebih baik dengan konten yang terpersonalisasi, iklan yang relevan, dan fungsionalitas yang lebih canggih.

Dengan mengizinkan semua cookies, Anda menyetujui penggunaan cookies sesuai kebijakan cookie. Anda dapat mengatur preferensi Anda kapan saja. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah pendidikan menengah yang menyiapkan pelajar untuk langsung bekerja setelah lulus.

Jadi selain belajar teori, praktek juga sangat banyak. Bisa dibilang anak SMK itu ‘ learning by doing’. Biasanya, anak SMK langsung bekerja setelah lulus, tanpa melanjutkan ke bangku kuliah. Tetapi, banyak juga kok yang memutuskan untuk kuliah dulu, baru memasuki dunia karir.

Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat membuat gelar universitas menjadi hal yang sangat penting di masa sekarang ini! Kelebihan dari anak SMK adalah, karena mereka sering praktek, mereka lebih mengenal bidang mereka, memiliki gambaran yang lebih jelas tentang rutinitas dan tempat kerja, sehingga lebih memiliki arah yang jelas sewaktu memilih jurusan kuliah. Jurusan yang dipilih tidak harus jurusan kuliah untuk anak smk dengan jurusan yang diambil semasa SMK. Jika merasa ternyata tidak cocok dengan jurusan yang dipelajari sewaktu SMK dan ingin kuliah jurusan lain juga bisa.

Kira-kira jurusan kuliah apa yang cocok untuk anak SMK? Setidaknya ada 15 pilihan yang bisa dipertimbangkan… 1. Jurusan Administrasi Perkantoran Jurusan Administrasi Pekantoran mempelajari hal-hal administratif seperti surat-menyurat, pengarsipan, hingga tata cara dan etika kerja di kantor. Lulusan dari jurusan Administrasi Perkantoran dapat bekerja di berbagai perusahaan sebagai tenaga administrasi atau sekretaris. Baik di sektor pemerintahan maupun swasta.

Tersedia 1,708 program kuliah Administrasi Perkantoran di luar negeri 2. Jurusan Akuntansi Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan menggiurkan dengan gaji yang menjanjikan. Setiap perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi untuk menghitung rugi laba. Laporan ini selain untuk mengevaluasi kinerja perusahaan juga membantu menentukan strategi masa depan suatu perusahaan.

Apa yang bisa kamu dapatkan dari gelar akuntansi? Baca prospek kerja dan persyaratan mendaftar kuliah jurusan akuntansi Tersedia 2,147 program kuliah jurusan Akuntansi di luar negeri. Bingung memilih universitas? Coba cek 5 universitas dengan jurusan S1 Akuntansi terbaik ! 3. Jurusan Perbankan Hampir mirip dengan Jurusan Akuntansi, Jurusan Perbankan juga akan membekali mahasiswa dengan keahlian hitung-menghitung.

Akan tetapi, jurusan perbankan lebih berkonsentrasi pada kegiatan yang berhubungan dengan bank, seperti perhitungan uang, pembukuan, hingga dokumentasi. Tersedia 170 program kuliah jurusan Perbankan di luar negeri. 4. Jurusan Marketing / Pemasaran Di Jurusan Pemasaran, mahasiswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan, dan membaca peluang di dunia bisnis. Jurusan ini akan mengasah keahlian mahasiswa untuk memasarkan produk/jasa mereka.

Prospek kerjanya tidak terbatas, mereka bisa bekerja di sektor apa saja, karena setiap usaha membutuhkan seorang marketer untuk mempromosikan produk/jasa mereka.

Tersedia 1,756 program kuliah jurusan Pemasaran di luar negeri 5. Jurusan Jurnalistik Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi. Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Setelah informasi yang dibutuhkan telah rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan, baik secara cetak atau digital.

jurusan kuliah untuk anak smk

Untuk dapat menjalankan tugas dengan baik, mereka juga perlu menguasai sisi-sisi teknis seperti menyusun tampilan naskah, memilih atau mengambil foto yang tepat untuk menjadikan bahan tulisan lebih menarik dan lain sebagainya. Lihat apakah jurusan jurnalistik adalah jurusan yang cocok untukmu dan bagaimana prospek kerjanya Tersedia 831 program kuliah jurusan Jurnalistik di luar negeri ​ 6.

Jurusan Animasi Jurusan Animasi adalah bagian dari Film and TV Production yang mempelajari bagaimana cara membuat animasi, mulai dari dasar hingga pembuatan animasi dengan peralatan canggih. Pekerjaan seorang Animator membutuhkan konsentrasi tinggi dan kemampuan untuk menyampaikan ide, pesan dan kesan dalam bentuk animasi, sehingga dibutuhkan rasa antusiasme yang tinggi. Tersedia 39 program kuliah jurusan Animasi di luar negeri 7.

Jurusan Multimedia Jurusan Multimedia belajar tentang pengembangan web, multimedia, permainan/game, hingga produksi sinema dan industri media.

Di era serba digital saat ini, jurusan Multimedia sangat banyak dicari. Sebab hampir semua perangkat digital membutuhkan seorang ahli multimedia. Tersedia 324 program kuliah jurusan Multimedia di luar negeri 8. Tata Busana / Fashion Design Jurusan tata busana atau fashion design tidak hanya mempelajari cara merancang produk fashion, tetapi juga mempelajari bagaimana cara memasarkan produk, cara melihat tren fashion, menciptakan tren fashion, hingga menggunakan teknologi untuk menyelesaikan hasil karya mereka.

Di jurusan Tata Busana atau fashion design, mahasiswa akan dibekali mulai dari cara menggambar, menggunting pola pakaian, memilih bahan hingga membuat pakaian jadi.

Baca juga prospek kerja dan cara mendaftar kuliah jurusan tata busana ke universitas luar negeri. Tersedia 386 program kuliah Tata Busana/Fashion Design di luar negeri 9.

Jurusan Tata Boga / Culinary Jurusan ini memiliki prospek yang sangat luas. Tidak hanya bekerja di restoran atau hotel sebagai juru masak, lulusan dari jurusan Tata Boga atau culinary bahkan bisa berwirausaha dengan kemampuan memasaknya.

Baca juga prospek kerja menggiurkan di bidang kulinerdan profesi ter-hits saat ini – Food Stylist Tersedia 257 program kuliah jurusan Tata Boga di luar negeri 10. Jurusan Perhotelan Jurusan Perhotelan mempelajari standar hotel dan pelayanan hotel. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di hotel bintang 5 sampai yang standar internasional.

Tersedia 575 program kuliah jurusan Perhotelan di luar negeri 11. Jurusan Pariwisata Salah satu alasan mengapa mahasiswa memilih bidang ini karena mereka ingin berpergian ke banyak tempat, apalagi di bayar untuk melakukannya. Bukankah terdengar sangat menyenangkan? Jurusan ini cocok jika kamu tidak menyukai pekerjaan yang terikat rutinitas seperti bekerja di kantor dan berhadapan dengan orang-orang yang sama setiap hari.

Bidang ini membawa klien berbeda-beda yang memerlukan jasa hiburan dan pariwisata. Tersedia 450 program kuliah jurusan Perjalanan & Pariwisata 12. Teknik Otomotif Di Jurusan Teknik Otomotif, mahasiswa akan mengenal berbagai mesin otomotif hingga cara merakit transportasi seperti mobil dan motor.

Dengan keahlian yang mereka pelajari, mereka akan piawai dalam hal merakit maupun modifikasi kendaraan, hingga membuat karya sendiri dan bekerja di jurusan kuliah untuk anak smk otomotif.

Tersedia 367 program kuliah jurusan Teknik Otomotif di luar negeri 13. Teknik Elektronika / Electrical Engineering Berbeda dengan teknik otomotif yang berkonsentrasi ke mesin, teknik elektronika mempelajari hal-hal yang berbau fisika seperti tenaga listrik dan elektromagnetik.

Saat ini, kebutuhan akan teknisi elektronika semakin luas. Mulai dari teknisi telekomunikasi; teknisi rasar, sonar dan navigasi; teknisi frekuensi radio dan microwave; teknisi selular, teknisi jurusan kuliah untuk anak smk system, dan masih banyak lagi.

Tersedia 691 program kuliah jurusan Teknik Elektronika di luar negeri 14. Jurusan Farmasi Di Jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang bahan-bahan kimia hingga peracikan obat. Setelah lulus dapat bekerja sebagai tenaga farmasi di perusahaan obat, apotik dan rumah sakit. Tersedia 445 program kuliah jurusan Farmasi di luar negeri 15. Jurusan Analis Kimia Analis Kimia mempelajari kimia secara mendalam, untuk menghasilkan ataupun meneliti sebuah produk berbahan kimia.

Prospek kerja jurusan Analis Kimia ini begitu cerah karena dibutuhkan di banyak sektor yang berkaitan, seperti farmasi, pertambangan, pertanian, dan sektor industri yang berkaitan dengan kimia. Walau dinamakan analis kimia, jurusan ini juga sedikit banyak melibatkan matematika dan fisika. Jurusan ini cocok jika kamu memiliki passion yang kuat terhadap sains.

Tersedia 18 program kuliah jurusan Analis Kimia di luar negeri 16. Belum Yakin Mau Memilih yang Mana? Kalau kamu mau meneruskan kuliah di luar negeri dari SMK, Hotcourses bisa membantu kamu kalau kamu membutuhkan konsultasi untuk memilih jurusan, universitas, dan lain-lainnya! Caranya mudah sekali, kamu tinggal klik link berikut ini, isi formulir singkatnya, dan tunggu telepon dari kami 😊 ​ BACA JUGA: BINGUNG MILIH IPA, IPS ATAU BAHASA?

CEK PROSPEK KULIAHNYA DULU YUK! Memilih jurusan tentu saja harus berdasarkan minat, karena filosofi pendidikan mengatakan orang akan lebih termotivasi untuk belajar dan berusaha, jika bidang yang dipelajar tersebut sesuai dengan minatnya. Akan tetapi, prospek kerja dari tiap jurusan juga pantas untuk dipertimbangkan. Penelitian yang dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers menyatakan bahwa karena kondisi perekonomian yang membaik, perusahaan akan Sedang mencari jurusan S2 yang bisa membawa perubahan karir yang positif untukmu?

Mungkin kamu bisa mempertimbangkan kuliah MBA di luar negeri. Program MBA dikenal sebagai salah satu program pascasarjana terpopuler di dunia karena memberikan mahasiswanya kesempatan untuk melakukan 3 hal: naik jabatan, meningkatkan gaji, dan berganti industri.

Jurusan MBA juga menyediakan akses ke jejaring alumni yang bisa meningkatkan prospek kerja dan kesempatan kolaborasi. Pertama kalinya hidup di luar negeri, mungkin kita merasa asing dengan lingkungan sekitar, terutama bahasa. Anda bisa saja memperoleh nilai tinggi untuk tes IELTS atau TOEFL, tetapi Anda mungkin belum terbiasa untuk terlibat dalam percakapan dalam Bahasa Inggris. Cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah tinggal di luar negeri.

Semakin banyak Anda bergaul dengan warga asing, semakin cepat perkembangan berbahasa Hotcourses ngobrol-ngobrol dengan Wenting Wang, web editor yang sudah bekerja di Inggris selama tiga tahun, tentang pengalamannya mengikuti tes bahasa Inggris IELTS. “Saya ingin mendaftar untuk program master di Inggris jurusan kuliah untuk anak smk paham bahwa Universitas Inggris menerima IELTS. Karena skor IELTS adalah bukti penting dari kemahiran berbahasa Inggris saat mendaftar sebagai mahasiswa internasional.

Jadi saya mencari tahu lebih lanjut.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak SMK




2022 www.videocon.com