Surat yusuf ayat 68

surat yusuf ayat 68

وَلَمَّا دَخَلُوا مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُمْ مَا كَانَ يُغْنِي عَنْهُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا حَاجَةً فِي نَفْسِ يَعْقُوبَ surat yusuf ayat 68 ۚ وَإِنَّهُ لَذُو عِلْمٍ لِمَا عَلَّمْنَاهُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka, maka (cara yang mereka lakukan itu) tiadalah melepaskan mereka sedikitpun dari takdir Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya.

Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. Ingin rezeki berlimpah dengan berkah?

Ketahui rahasianya dengan Klik disini! Allah berfirman: (Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan oleh ayah mereka) yaitu masuk secara berpencar-pencar (maka hal itu tidak dapat melepaskan diri mereka dari Allah) yakni dari kepastian-Nya (barang) huruf min di sini adalah zaidah (sedikit pun akan tetapi itu hanya) tetapi hal itu hanyalah (suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditunaikannya) yaitu bermaksud untuk menghindarkan mereka dari kesialan karena terdorong oleh rasa sayang (dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan karena Kami telah mengajarkan kepadanya) disebabkan Kami telah mengajarkan kepadanya (akan tetapi kebanyakan manusia) mereka adalah orang-orang kafir (tiada mengetahui.) ilham Allah yang dianugerahkan kepada orang-orang pilihan-Nya.

Mereka menerima pesan ayah mereka, dan mereka pun masuk Mesir melalui pintu yang berbeda-beda. Hal itu bukan untuk menghindari bahaya yang telah digariskan oleh Allah, sebab Ya'qûb surat yusuf ayat 68 persis akan hal itu dengan ilmu yang diajarkan Allah.

surat yusuf ayat 68

Tetapi, pesan Ya'qûb tersebut sebenarnya adalah untuk dirinya sendiri, yaitu keharuan seorang ayah kepada anak-anaknya, sebagaimana diungkapkan di dalam surat yusuf ayat 68 ini. Tapi sebagian besar umat manusia tidak memiliki ilmu seperti ilmu Ya'qûb, maka mereka menyerahkan seluruh perkara dirinya kepada Allah dan berlaku hati-hati. Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikit pun keputusan Allah, (tetapi itu) hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya.

Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. ( QS. [12] Yusuf : 68) Petunjuk yang diberikan Nabi Yakub dilaksanakan dengan baik oleh anak-anaknya. Dan ketika mereka masuk ke negeri Mesir sesuai dengan perintah ayah mereka, maka sesungguhnya masuk Mesir dengan cara berpencar tidak dapat menolak sedikit pun keputusan dan takdir Allah. Itu semua hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya sendiri.

Hal itu menunjukkan betapa dia mengharapkan keselamatan bagi anak-anaknya dalam menempuh perjalanan jauh itu. Dan sesungguhnya dia (Nabi Yakub) mempunyai pengetahuan tentang itu karena Kami telah mengajarkan banyak hal kepadanya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui bahwa apa yang dilakukan Nabi Yakub adalah hal yang benar.

2 Tafsir Lengkap Kemenag Tatkala putra-putra Nabi Yakub itu masuk ke istana Yusuf di Mesir sesuai dengan yang diperintahkannya, yaitu masuk dari pintu gerbang yang berlainan, cara yang mereka lakukan itu tidak dapat melepaskan mereka sedikit pun dari ketentuan Allah.

Ini hanya keinginan Nabi Yakub yang harus dilaksanakan agar Yusuf dapat bertemu dengan Bunyamin empat mata, karena keduanya akan membuat perencanaan dan tindakan yang bijak-sana. Ini menunjukkan bahwa Nabi Yakub telah diberi ilmu pengetahuan dengan wahyu Allah swt, namun kebanyakan manusia tidak mengetahui, termasuk anak-anaknya sendiri. 3 Tafsir Ibnu Katsir Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah, kepada-Nyalah aku bertawakal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakal berserah diri.

Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka, maka (cara yang mereka lakukan itu) tiadalah melepaskan mereka sedikit pun dari takdir Allah, tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya’qub yang telah ditetapkannya.

Menurut banyak ulama tafsir, Ya'qub melakukan hal itu untuk meng­hindarkan anak-anaknya dari terkena penyakit 'ain. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Qatadah dan As-Sauri mengatakan, makna yang dimaksud ialah sesungguhnya Ya'qub adalah orang yang mengamalkan ilmunya. Menurut Ibnu Jarir, sesungguhnya Ya'qub mempunyai pengetahuan karena Kami telah mengajarkan kepadanya.

Akan tetapi, kebanyakan manusia tiada mengetahui. #Catatan : ".kebanyakan manusia tidak mengetahui" Bagaimana nabi Yakub mampu menjaga keseimbangan antara kepercayaan kepada Allah dan mengambil langkah-langkah pencegahan. Ini adalah karena Allah memberi karunia kepada beliau berupa ilmu pengetahuan.

Itulah sebabnya kenapa beliau mengambil semua tindakan yang masuk akal, dari pemikiran yang mendalam dan pengalaman beliau. Beliau memperingatkan kepada anak-anaknya dengan apa yang telah mereka lakukan pada saudara mereka Yusuf agar mereka tidak berani mengulanginya lagi pada Benjamin. Beliau mengambil sumpah dari mereka dengan nama Allah bahwa mereka akan benar-benar menjaga keselamatan saudara mereka. Kemudian beliau menasihati mereka agar senantiasa waspada terhadap situasi politik yang berbahaya dan agar memasuki ibukota dari pintu gerbang yang berbeda sehingga tidak menimbulkan kecurigaan.

Singkatnya, secara manusiawi, beliau mengambil semua tindakan pencegahan untuk menghindari setiap risiko yang mungkin terjadi. Di sisi lain, beliau sadar bahwa tindakan pencegahan yang dilakukan manusia tidak bisa mencegah kehendak Allah.

Dan bahwa perlindungan yang sebenarnya adalah perlindungan Allah, dan bahwa seseorang tidak boleh hanya bergantung pada tindakan pencegahan tetapi semua tergatung kehendak Allah. Jelas bahwa hanya orang yang memiliki ilmu yang dapat menjaga keseimbangan tersebut dalam kata dan perbuatan, yang tahu jenis usaha apa yang dituntut dari kemampuannya manusia yang diberikan oleh Allah untuk menemukan solusi dari masalah-masalah duniawi, juga menyadari bahwa Allah berkuasa untuk membuat mereka sukses atau gagal.

Ini adalah apa yang kebanyakan orang tidak mengerti. Beberapa dari mereka hanya mengandalkan usaha mereka dan langkah-langkah mereka dan membuang kepercayaan pada Allah, sementara ada orang lain yang hanya pasra kepada Allah semata dan tidak melakukan usaha apapun untuk memecahkan masalah mereka.

diringkas dari http://www.tafheem.net/ 4 Tafsir Al-Jalalain Allah berfirman: (Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan oleh ayah mereka) yaitu masuk secara berpencar-pencar (maka hal itu tidak dapat melepaskan diri mereka dari Allah) yakni dari kepastian-Nya (barang) huruf surat yusuf ayat 68 di sini adalah zaidah (sedikit pun akan tetapi itu hanya) tetapi hal itu hanyalah (suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditunaikannya) yaitu bermaksud untuk menghindarkan mereka dari kesialan karena terdorong oleh rasa sayang (dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan karena Kami telah mengajarkan kepadanya) disebabkan Kami telah mengajarkan kepadanya (akan tetapi kebanyakan manusia) mereka adalah orang-orang kafir (tiada mengetahui.) ilham Allah yang dianugerahkan kepada orang-orang pilihan-Nya.

5 Tafsir Quraish Shihab (Al-Misbah) Mereka menerima pesan ayah mereka, dan mereka pun masuk Mesir melalui pintu yang berbeda-beda.

Hal itu bukan untuk menghindari bahaya yang telah digariskan oleh Allah, sebab Ya'qûb tahu persis akan hal itu dengan ilmu yang diajarkan Allah. Tetapi, pesan Ya'qûb tersebut sebenarnya adalah untuk dirinya sendiri, yaitu keharuan seorang ayah kepada anak-anaknya, sebagaimana diungkapkan di dalam pesan ini. Tapi sebagian besar umat manusia tidak memiliki ilmu seperti ilmu Ya'qûb, maka mereka menyerahkan seluruh perkara dirinya kepada Allah dan berlaku hati-hati.
Sahih International And when they entered from where their father had ordered them, it did not avail them against Allah at all except [it surat yusuf ayat 68 a need within the soul of Jacob, which he satisfied.

And indeed, he was a possessor of knowledge because of what We had taught him, but most of the people do not know. Abul Ala Maududi And it so happened that when they entered the city (by many gates) as their father had directed them, this precautionary measure proved ineffective against Allah’s will.

surat yusuf ayat 68

There was an uneasiness in Jacob’s soul which he so tried to remove. Surely he was possessed of knowledge owing to the knowledge that We bestowed upon him.

But most people do not know the truth of the matter. Dr. Ghali And as soon as they entered from where their father commanded them, in no way did it avail them anything whatever with Allah, except (that it was) a need in Yaaq‍ûb’s (Jacob’s) self that he (so) accomplished.

And surely he was indeed an owner of a knowledge for what We taught him; but most of mankind do surat yusuf ayat 68 know. Ala-Maududi (12:68) And it so happened that when they entered the city (by many gates) as their father had directed them, this precautionary measure proved ineffective against Allah’s will.

There was an uneasiness in Jacob’s soul which he so tried to remove. Surely he was possessed of knowledge owing to the knowledge that We bestowed upon him. But most people do not know the truth of the matter. [54] 54. “Most of mankind do not know” how Prophet Jacob was able to hold the balance between trust in Allah and adoption of precautionary measures.

surat yusuf ayat 68

This was because Allah had favored him with the real knowledge. That was why he took all those measures which were dictated by common sense, deep thinking and experience. He admonished them for their ill treatment with their brother Joseph so that they should not dare repeat it in the case of Benjamin. He took a solemn pledge from them in the name of Allah that they would take good care of the safety of surat yusuf ayat 68 step brother.

Then he advised them to be on their guard against the dangerous political situation and to enter the capital by different gates so as not to give cause for alarm and suspicion. In short, as far as it was humanly possible, he took all the precautionary measures to avoid every possible risk. On the other hand, he always kept this thing in view and expressed it that no human precautionary measure could avert the enforcement of Allah’s will. And that the real protection was Allah’s protection, and that one should not rely on the precautionary measures but on the favor of Allah.

Obviously only that person who has the real knowledge can keep such a balance in surat yusuf ayat 68 words and deeds, who knows what kind of efforts are demanded of his human faculties bestowed by Allah for the solution of worldly problems, who also realizes that it is Allah alone Who has the power to make them a success or a failure.

This is what most people do not understand. Some of them rely merely on their efforts and measures and discard trust in Allah, while there are others who rely merely on trust in Allah and do not adopt any practical measure to solve their problem.

surat yusuf ayat 68

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14 .

surat yusuf ayat 68

15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. 39. 40. 41. 42. 43. 44. 45. 46 .

surat yusuf ayat 68

47. 48. 49. 50. 51. 52. 53. 54. 55. 56. 57. 58. 59. 60. 61. 62. 63. 64. 65. 66. 67. 68. 69. 70. 71. 72. 73. 74. 75. 76. 77. 78. 79. 80. 81. 82. 83. 84. 85. 86. 87. 88. 89. 90. 91. 92. 93. 94 .

surat yusuf ayat 68

95. 96. 97. 98. 99. 100. 101. 102. 103. 104. 105. 106. 107. 108. 109. 110. 111 Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikit pun keputusan Allah, (tetapi itu) hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya. Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Petunjuk yang diberikan Nabi Yakub dilaksanakan dengan baik oleh anak-anaknya. Dan ketika mereka masuk ke negeri Mesir sesuai dengan perintah ayah mereka, maka sesungguhnya masuk Mesir dengan cara berpencar tidak dapat menolak sedikit pun keputusan dan takdir Allah. Itu semua hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya sendiri. Hal itu menunjukkan betapa dia mengharapkan keselamatan bagi anak-anaknya dalam menempuh perjalanan jauh itu.

Dan sesungguhnya dia (Nabi Yakub) mempunyai pengetahuan tentang itu karena Kami telah mengajarkan banyak hal kepadanya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui bahwa apa yang dilakukan Nabi Yakub adalah hal yang benar. Tatkala putra-putra Nabi Yakub itu masuk ke istana Yusuf di Mesir sesuai dengan yang diperintahkannya, yaitu masuk dari pintu gerbang yang berlainan, cara yang mereka lakukan itu tidak dapat melepaskan mereka sedikit pun dari ketentuan Allah.

Ini hanya keinginan Nabi Yakub yang harus dilaksanakan agar Yusuf dapat bertemu dengan Bunyamin empat mata, karena keduanya akan membuat perencanaan dan tindakan yang bijak-sana. Ini menunjukkan bahwa Nabi Yakub telah diberi ilmu pengetahuan dengan wahyu Allah swt, namun kebanyakan manusia surat yusuf ayat 68 mengetahui, termasuk anak-anaknya sendiri.

Keterangan mengenai QS. Yusuf Surat Yusuf ini terdiri atas 111 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah karena diturunkan di Mekah sebelum hijrah. Surat ini dinamakan surat Yusuf adalah karena titik berat dari isinya mengenai riwayat Nabi Yusuf a.s.

Riwayat tersebut salah satu di antara cerita-cerita ghaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w. sebagai mukjizat bagi beliau, sedang beliau sebelum diturunkan surat ini tidak mengetahuinya.

Menurut riwayat Al Baihaqi dalam kitab Ad Dalail bahwa segolongan orang Yahudi masuk agama Islam sesudah mereka mendengar cerita Yusuf a.s. ini, karena sesuai dengan cerita-cerita yang mereka ketahui. Dari cerita Yusuf a.s. ini, Nabi Muhammad s.a.w. mengambil pelajaran-pelajaran yang banyak dan merupakan penghibur terhadap beliau dalam menjalankan tugasnya. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bertanya kepada para sahabat: Tahukah kalian, siapakah orang yang bangkrut itu?

Para sahabat menjawab: Menurut kami, orang yang bangkrut diantara kami adalah orang yang tidak surat yusuf ayat 68 uang dan harta kekayaan. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya umatku yang bangkrut adalah orang yang pada hari kiamat datang dengan shalat, puasa, dan zakat, tetapi ia selalu mencaci-maki, menuduh, dan makan harta orang lain serta membunuh dan menyakiti orang lain.

Setelah itu, pahalanya diambil untuk diberikan kepada setiap orang dari mereka hingga pahalanya habis, sementara tuntutan mereka banyak yang belum terpenuhi. Selanjutnya, sebagian dosa dari setiap orang dari mereka diambil untuk dibebankan kepada orang tersebut, hingga akhirnya ia dilemparkan ke neraka. (HR. Muslim No. 4678) ARTIKEL LAINNYA • Surat Yusuf Ayat 15-16: Ini Doa Nabi Yusuf Saat Dimasukkan ke Sumur • Qustul Hindi, Obat Herbal Covid-19 yang Bersumber dari Hadis Nabi • Ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis Bicara tentang Sabar Pada Saat Kena Musibah • 13 Adab Pernikahan Menurut Hadits Nabi • Surat Yusuf Ayat 34: Kekuatan Doa Sebagai Senjata Orang Beriman • Inilah Sahabat Nabi yang Wajahnya Menyerupai Malaikat Jibril • Surat Yusuf Ayat 19-20: Nabi Yusuf Dijual dengan Harga Murah, Ini Sebabnya • Hadis-hadis Tentang Doa Mustajab • Surat Yasin Ayat 69-70: Al-Quran Bukan Syair Karangan Nabi Muhammad SAW • 40 Surat yusuf ayat 68 Keutamaan Al-Quran (3) • more
وَلَمَّا دَخَلُوا۟ مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُم مَّا كَانَ يُغْنِى عَنْهُم مِّنَ ٱللَّهِ مِن شَىْءٍ إِلَّا حَاجَةً فِى نَفْسِ يَعْقُوبَ قَضَىٰهَا ۚ وَإِنَّهُۥ لَذُو عِلْمٍ لِّمَا عَلَّمْنَٰهُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ Arab-Latin: Wa lammā dakhalụ min ḥaiṡu amarahum abụhum, mā kāna yugnī 'an-hum minallāhi min syai`in illā ḥājatan fī nafsi ya'qụba qaḍāhā, wa innahụ lażụ 'ilmil limā 'allamnāhu wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn Artinya: Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka, maka (cara yang mereka lakukan itu) tiadalah melepaskan mereka sedikitpun dari takdir Allah, akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya'qub yang telah ditetapkannya.

Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya.

surat yusuf ayat 68

Akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui. « Yusuf 67 ✵ Yusuf 69 » Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah?

Klik di sini untuk mendapatkan Tafsir Surat Yusuf Ayat 68 (Terjemah Arti) Paragraf di atas merupakan Surat Yusuf Ayat 68 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasi aneka ragam penafsiran dari kalangan ulama tafsir mengenai makna surat Yusuf ayat 68, di antaranya sebagaimana tertera: Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Surat yusuf ayat 68 Saudi Arabia Dan ketika mereka memasuki beberapa pintu-pintu yang berbeda-beda, sebagaimana yang diperintahkan oleh ayah mereka, hal itu tidak untuk menolak ketetapan Allah pada mereka, akan tetapi merupakan bentuk kasih sayang kepada Ya’qub terhadap mereka agar mereka tidak terkena oleh serangan ‘ain.

Dan sesungguhnya Ya’qub benar-benar seorang yang berilmu agung dengan urusan agamanya yang Allah ajarkan kepadanya dalam bentuk wahyu. Akan tetapi, kebanyakan manusia tidak mengetahui perkara-perkara dan urusan-urusan secara detail, dan ilmu yang di ketahui oleh Ya’qub berupa perkara-perkara agama.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram) 68.

surat yusuf ayat 68

Kemudian mereka pergi bersama saudara kandung Yusuf. Tatkala mereka masuk dari beberapa pintu yang berbeda seperti yang diperintahkan oleh ayah mereka, ternyata tindakan mereka untuk masuk dari beberapa pintu yang berbeda itu sama sekali tidak menghindarkan mereka dari apa yang telah ditetapkan oleh Allah untuk mereka.

Sesungguhnya itu tidak lebih dari kasih sayang Ya'qūb kepada anak-anaknya yang dia ungkapkan dan dia pesankan kepada mereka. Sedangkan dia tahu bahwasanya tidak ada keputusan lain yang berlaku selain keputusan Allah. Sedangkan dia mengetahui apa yang Kami ajarkan kepadanya tentang keharusan beriman kepada takdir dan keharusan melakukan ikhtiar.

Akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui hal itu. Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof.

Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah 68. Ketika mereka surat yusuf ayat 68 di negeri Mesir, mereka masuk melalui pintu yang berbeda-beda sebagaimana yang diwasiatkan ayah mereka, akan tetapi itu tidak berarti di hadapan ketetapan Allah, sebab wasiat itu berdasarkan rasa sayang pada diri Ya’qub semata, dia berwasiat seperti itu agar mereka tidak menarik perhatian.

Sungguh Ya’qub memiliki ilmu yang luas dan pemahaman agama karena Kami mengajarkannya melalui wahyu, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui hal itu dan tidak mengetahui keistimewaan yang Allah berikan kepada para nabi-Nya. Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah?

Klik di sini untuk mendapatkan Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah 68. وَلَمَّا دَخَلُوا۟ مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُم (Dan tatkala mereka masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka) Yakni dengan masuk dari pintu-pintu gerbang yang berbeda-beda, dan tidak masuk dari satu pintu bersama-sama. مَّا كَانَ يُغْنِى عَنْهُم(tiadalah melepaskan mereka) Siasat itu. مِّنَ اللهِ(dari takdir Allah) Yakni dari ketentuan-Nya.

مِن شَىْءٍ(sedikitpun) Dari segala apa yang telah ditakdirkan Allah kepada mereka, dan Allah telah mentakdirkan Nabi Yusuf untuk dapat mengambil Bunyamin dari saudara-saudaranya sebagaimana yang akan disebutkan.

إِلَّا حَاجَةً فِى نَفْسِ يَعْقُوبَ(akan tetapi itu hanya suatu keinginan pada diri Ya’qub) Yakni terdapat dalam diri Nabi Ya’qub suatu keinginan, surat yusuf ayat 68 rasa peduli dan harapannya agar anak-anaknya senantiasa berada dalam keselamatan. قَضَىٰهَا ۚ( yang telah ditetapkannya) Yakni yang ditunjukkan oleh Ya’qub kepada mereka, dan ia mewasiati mereka akan senantiasa berhati-hati.

Pendapat lain mengatakan bahwa terlintas dalam fikiran Nabi Ya’qub jika sang raja melihat mereka saling berkumpul sedangkan mereka semua memiliki ketampanan dan sifat-sifat kejantanan maka sang raja akan merasa iri dan dengki kepada mereka.

Atau kerena Ya’qub takut dari keburukan mereka. وَإِنَّهُۥ لَذُو عِلْمٍ لِّمَا عَلَّمْنٰهُ(Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya) Yakni pengetahuan tentang keharusan untuk berikhtiyar, berhati-hati, dan bertawakkal kepada Allah.

وَلٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ (Akan tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui) Seperti pengetahuan yang dimiliki oleh Ya’kub. Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr.

Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah 68. Dan ketika anak-anak Ya’kub masuk melalui pintu yang berbeda-beda, maka cara masuk tersebut tidak berpengaruh sedikitpun terhadap ketentuan Allah atas mereka.

Sesungguhnya Allah SWT telah mentakdirkan Yusuf untuk membawa adiknya, Benyamin, bukan untuk menambah penderitaan namun untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, yaitu rasa surat yusuf ayat 68 sayang dan penjagaannya terhadap mereka. Dia menampakkan dan menasehati mereka dengan hal itu. Sungguh mereka telah menunaikan nasehat itu, namun takdir Allah itu lebih tinggi di atas segala rencana.

Sesungguhnya Ya’kub telah mengetahui apa yang telah Kami ajarkan kepadanya, di antaranya adalah bahwa kewaspadaan itu tidak bisa mencegah takdir, dan rencana itu tidak memberikan kemahdharatan kecuali dengan izin Allah, namun kebanyakan manusia, yaitu orang-orang kafir tidak mengetahui rahasia takdir.

Sesungguhnya berserah diri dan bersandar kepada Allah itu itu tidak surat yusuf ayat 68 mencegah terjadinya sesuatu dengan berbagai sebab dan tidak mencegah terjadinya suatu kewaspadaan dan kehati-hatian itu. Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah Ketika mereka masuk dari arah yang sesuai dengan perintah ayahnya, (hal itu) tidak dapat mencegah} mencegah {sedikit pun keputusan Allah, melainkan hanya suatu keinginan pada diri Ya‘qub yang telah dipenuhinya} dia tunaikan dan berwasiat kepada mereka tentang hal itu.

Sesungguhnya dia} sesungguhnya Ya’kub {benar-benar mempunyai pengetahuan karena Kami telah mengajarkan kepadanya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di surat yusuf ayat 68 untuk mendapatkan Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H 68. “Dan tatkala”, mereka pergi dan “masuk menurut yang diperintahkan ayah mereka, maka itu” yaitu cara yang mereka tempuh itu, “tiadalah melepaskan mereka sedikit pun dari takdir Allah, akan tetapi itu hanyalaha suatu keinginan pada diri Ya’qub yang telah ditetapkannya”, itu merupakan dorongan rasa sayang dan cinta kepada anak-anaknya.

Dengan itu, telah tercapai unsur ketentraman hati padanya dan menuntaskan apa yang ada di pikiran beliau. Pesan tersebut bukan karena kedangkalan ilmu belliau. Karena, beliau adalah salah satu rasul yang mulia, dan orang alim yang Rabbani.

Karena itu, Allah berbicara tentang belaliau, “Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan”, maksudnya benar-benar memiliki ilmu yang agung “karena Kami telah mengajarkan kepadanya”, karena Kami mengajarkan ilmu kepadanya, bukan atas daya dan kekuatannya sendiri sehingga berhasil mengetahuinya.

Akan tetapi, dengan karunia dan pengajaran Allah (baginya) “akan tetapi, kebanyakan manusia tiada mengetahui” muara-muara permasalahan dan urusan-urusan yang pelik.

Demikian juga para ahli ilmu, di antara mereka samar terhadap berbagai ilmu, hukum, dan pelengkapnya. Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi Makna kata : (إِلَّا حَاجَةٗ فِي نَفۡسِ يَعۡقُوبَ) illaa haajatan fii nafsi ya’quub : pencegahan dari ‘ain karena rasa kasih sayang terhadap mereka.

Makna ayat : Masih mengisahkan tentang saudara-saudara Yusuf. Tatkala mereka berjanji, jika mereka sampai negeri Mesir agar mereka tidak masuk dari satu pintu, tapi masuk dari pintu yang berbeda-beda, dikhawatirkan mereka terkena penyakit ‘ain. Setelah sampai mereka pun melakukan pesan ayah mereka. Allah ta’ala berfirman tentang mereka : (وَلَمَّا دَخَلُواْ مِنۡ حَيۡثُ أَمَرَهُمۡ أَبُوهُم مَّا كَانَ يُغۡنِي عَنۡهُم) “Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka dari pintu yang berbeda-beda) (مِّنَ ٱللَّهِ) tidak dapat menolak keputusan Allah (مِن شَيۡءٍ إِلَّا حَاجَةٗ) hanya suatu keinginan (فِي نَفۡسِ يَعۡقُوبَ) dari pada Ya’kub, khawatir mereka terserang ‘ain (قَضَىٰهَاۚ) yang ingin ia lakukan, tidak lebih.

Dan firman-Nya : (وَإِنَّهُۥ لَذُو عِلۡمٖ لِّمَا عَلَّمۡنَٰهُ) “Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya” Pujian kepada Ya’kub karena ia adalah seorang yang berilmu lagi beramal berdasarkan apa yang telah Kami ajarkan. Dan firman-Nya : (وَلَٰكِنَّ أَكۡثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعۡلَمُونَ) Sebagaimana yang Allah azza wa jalla kabarkan bahwa kebanyakan manusia tidak mengetahui tentang Allah, sifat-sifat-Nya, kesempurnaan-Nya, segala sesuatu yang Dia cintai dan murkai, serta jalan-jalan menuju ridha dan cinta-Nya, serta perkara-perkara yang Dia haramkan.

Inilah isi dari ayat 68. Pelajaran dari ayat : • Keutamaan ilmu dan orang yang berilmu. • Kenyataan bahwa banyak dari manusia tidak mengetahui apa-apa. Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I Surat Yusuf ayat 68: Yaitu keinginan untuk menolak penyakit ‘ain karena rasa sayang kepada anak-anaknya.

Akibat dari suatu perkara serta perkara-perkara halus. Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 68 Petunjuk yang diberikan nabi yakub dilaksanakan dengan baik oleh anak-anaknya. Dan ketika mereka masuk ke negeri mesir sesuai dengan perintah ayah mereka, maka sesungguhnya masuk mesir dengan cara berpencar tidak dapat menolak sedikit pun keputusan dan takdir Allah.

Itu semua hanya suatu keinginan pada diri yakub yang telah ditetapkannya sendiri. Hal itu menunjukkan betapa dia mengharapkan keselamatan bagi anak-anaknya dalam menempuh perjalanan jauh itu. Dan sesungguhnya dia (nabi yakub) mempunyai pengetahuan tentang itu karena kami telah mengajarkan banyak hal kepadanya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui bahwa apa yang dilakukan nabi yakub adalah hal yang benar.

Usai masuk dengan berpencar melalui pintu-pintu gerbang yang berbeda, sampailah saudara-saudara nabi yusuf ke tempatnya. Dan ketika mereka masuk ke tempat yusuf, dia pun menempatkan tiap dua orang dari mereka dalam satu kamar, sementara dia menempatkan saudaranya (bunyamin) di tempatnya sendiri.

Ketika nabi yusuf berada di kamar bersama bunyamin, dia (yusuf ) berkata, sesungguhnya aku adalah saudara kandung-Mu. Jangan engkau bersedih hati terhadap apa yang telah mereka kerjakan terhadap kita berdua. Ingin pahala jariyah dan bonus buku Rahasia Rezeki Berlimpah? Klik di sini untuk mendapatkan Demikian beberapa penjelasan dari banyak mufassir mengenai isi dan arti surat Yusuf ayat 68 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk kita semua.

Bantu dakwah kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com. TafsirWeb Updates • al-Insyirah • ‘Abasa • Al-Mujadalah 11 • al-Ma’un • an-Naba • al-Mulk • Yasin • Al-Isra 1 • al-Baqarah • al-‘Ashr • al-Fil • Luqman 13 • Ali ‘Imran 159 • Al-Baqarah 153 • Al-Jumu’ah 9 • Ar-Ra’d 11 • Al-Ma’idah 3 • Al-Isra 23 • al-Balad • Luqman 14
وَلَمَّا دَخَلُوا مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُمْ مَا كَانَ يُغْنِي عَنْهُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا حَاجَةً فِي نَفْسِ يَعْقُوبَ قَضَاهَا ۚ وَإِنَّهُ لَذُو عِلْمٍ لِمَا عَلَّمْنَاهُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ And when they entered from where their father had ordered them, it did not avail them against Allah at all except [it was] a need within the soul of Jacob, which he satisfied.

And indeed, he was a possessor of knowledge because of what We had taught him, but most of the people do not know.

Ingin rezeki berlimpah dengan berkah? Ketahui rahasianya dengan Klik disini! وَقَالَ يبَنِىَّ لاَ تَدْخُلُواْ مِن بَابٍ وَاحِدٍ وَادْخُلُواْ مِنْ أَبْوَابٍ مُّتَفَرِّقَةٍ وَمَآ أُغْنِى عَنكُمْ مِّنَ اللَّهِ مِن شَىْءٍ إِنِ الْحُكْمُ إِلاَّ للَّهِ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَعَلَيْهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُتَوَكِّلُونَ - وَلَمَّا دَخَلُواْ مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُم مَّا كَانَ يُغْنِى عَنْهُمْ مِّنَ اللَّهِ مِن شَىْءٍ إِلاَّ حَاجَةً فِى نَفْسِ يَعْقُوبَ قَضَاهَا وَإِنَّهُ لَذُو عِلْمٍ لِّمَا عَلَّمْنَاهُ وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ (67.

And he said: "O my sons! Do not enter by one gate, but enter by different gates, and I cannot avail you against Allah at all.

Verily, the decision rests only with Allah. In Him, I put my trust and let all those that trust, put their trust in Him.'') (68. And when they entered according to their father's advice, it did not avail them in the least against (the will of) Allah; it was but a need of Ya qub's inner self which he discharged.

And verily, he was endowed with knowledge because We had taught surat yusuf ayat 68, but most men know not.) Ya`qub orders His Children to enter Egypt from Different Gates Allah says that Ya`qub, peace be upon him, ordered his children, when he sent Binyamin with them to Egypt, to enter from different gates rather than all of them entering from one gate. Ibn `Abbas, Muhammad bin Ka`b, Mujahid, Ad-Dahhak Qatadah, As-Suddi and several others said that he feared the evil eye for them, because they were handsome and looked beautiful and graceful.

He feared that people might direct the evil eye at them, because the evil eye truly harms, by Allah's decree, and brings down the mighty warrior-rider from his horse. He next said, l وَمَآ أُغْنِى عَنكُمْ مِّنَ اللَّهِ مِن شَىْءٍ (and I cannot avail you against Allah at all.) this precaution will not resist Allah's decision and appointed decree. Verily, whatever Allah wills, cannot be resisted or stopped, إِنِ الْحُكْمُ إِلاَّ للَّهِ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَعَلَيْهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُتَوَكِّلُونَوَلَمَّا دَخَلُواْ مِنْ حَيْثُ أَمَرَهُمْ أَبُوهُم مَّا كَانَ يُغْنِى عَنْهُمْ مِّنَ اللَّهِ مِن شَىْءٍ إِلاَّ حَاجَةً فِى نَفْسِ يَعْقُوبَ قَضَاهَا ("Verily, the decision rests only with Allah.

In Him, I put my trust and let all those that trust, put their trust in Him.'' And when they entered according to their father's advice, it did not avail them in the least against (the will of) Allah; it was but a need of Ya`qub's inner self which he discharged.

), as a precaution against the evil eye, وَإِنَّهُ لَذُو عِلْمٍ لِّمَا عَلَّمْنَاهُ (And verily, he was endowed with knowledge because We had taught him,) he had knowledge that he implemented, according to Qatadah and Ath-Thawri. Ibn Jarir said that this part of the Ayah means, he has knowledge that We taught him, وَلَـكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ يَعْلَمُونَ (but most men know not.)QS.

Yusuf Ayat 68 • وَلَمَّا دَخَلُوْا مِنْ حَيْثُ اَمَرَهُمْ اَبُوْهُمْۗ مَا كَانَ يُغْنِيْ عَنْهُمْ مِّنَ اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍ اِلَّا حَاجَةً فِيْ نَفْسِ يَعْقُوْبَ قَضٰىهَاۗ وَاِنَّهٗ لَذُوْ عِلْمٍ لِّمَا عَلَّمْنٰهُ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ ࣖ 68. Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikit pun keputusan Allah, (tetapi itu) hanya suatu keinginan pada diri Yakub yang telah ditetapkannya.

Dan sesungguhnya dia mempunyai pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. • Share • Copy Copy

Dzikir 100x Surat Yusuf Ayat 4. Memperlancar usaha, Jodoh, Wajah Bersinar, Meluluhkan hati, dll




2022 www.videocon.com