Contoh hasil industri rumah tangga adalah

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Industri rumah tangga atau home industry memang termasuk ke dalam skala usaha mikro. Meskipun begitu, industri ini telah menghidupi sangat banyak sekali keluarga dan juga berkontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebelum terjun ke industri ini, ketahui pengertian dan berbagai contohnya! Apa Itu Industri Rumah Tangga? Industri rumah tangga adalah aktivitas produksi yang dilakukan di rumah perorangan dan bukan di pabrik.

Umumnya bisnis ini masuk ke dalam skala mikro sehingga masuk juga ke dalam kategori UMKM. Umumnya industri ini menggunakan alat yang tidak terlalu rumit dalam proses produksinya dan biasanya hanya terdiri dari 1-4 orang.

Tentunya ada banyak bisnis dalam industri ini dan bisa menjadi salah satu pilihan bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar. Contoh Industri Rumah Tangga untuk Bisnis Ingin mencoba bisnis dalam industri ini? Berikut beberapa ide bisnis yang bisa dicoba: 1. Konveksi Contoh yang pertama adalah bisnis konveksi yang hadir untuk memenuhi kebutuhan sandang. Perlu diketahui juga bahwa skala bisnis konveksi ini beragam.

Tidak sedikit para penjahit contoh hasil industri rumah tangga adalah memulai bisnis konveksi home industry. 2. Jasa Laundry Selanjutnya adalah bisnis jasa yang bisa dilaksanakan di rumah, yaitu laundry. Bisnis satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena permintaannya di masyarakat juga cukup tinggi.

Laundry umumnya dikenakan tarif kiloan, contoh hasil industri rumah tangga adalah ada juga yang satuan untuk jenis pakaian tertentu. Pakaian yang rumit proses mencucinya seperti jas dan gaun pengantin biasanya dihitung dengan tarif satuan.

3. Kusen Pintu dan Jendela Kusen pintu dan jendela yang umumnya terbuat dari kayu ini juga biasanya diproduksi di bisnis rumahan. Meskipun kini sudah banyak yang menggunakan material lain seperti baja ringan dan alumunium, tapi pencinta pintu dan jendela kayu juga masih banyak. Selain itu, pintu berbahan dasar kayu juga dianggap lebih awet, tapi tentunya ini juga bergantung dengan jenis kayu yang digunakan. 4. Mebel atau Furnitur Selain diolah menjadi pintu dan jendela, kayu juga bisa diolah menjadi mebel atau furnitur.

Harga mebel yang terbuat dari kayu memiliki harga yang variatif, bergantung jenis kayu yang digunakan. Semakin bagus kayunya maka akan semakin mahal karena harga biasanya menentukan ketahanan dari kayu tersebut. Produk yang dibuat meliputi meja, kursi, lemari, dan masih banyak lagi. 5. Servis Elektronik Contoh industri rumah tangga selanjutnya kembali ke bidang jasa. Memang alat elektronik yang rusak sebaiknya tidak langsung dibuang, tapi lebih baik dibawa ke tempat servis agar diketahui kondisi pastinya.

Jasa servis elektronik ini membantu masyarakat agar tidak boros dalam penggunaan alat elektronik karena seperti yang kita ketahui harga alat elektronik juga bisa dikatakan tidak murah.

6. Jual Tahu dan Tempe Tahu dan tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang hingga kini popularitasnya masih sangat tinggi di masyarakat. Makanan yang terbuat dari kedelai ini juga umum diproduksi di industri rumahan. Biasanya produsen tahu juga memproduksi tempe karena keduanya memiliki bahan baku yang sama, tapi ada juga yang fokus hanya pada salah satunya.

Baca Juga: 17 Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Untung Besar 7. Suvenir Suvenir ini ada banyak sekali jenisnya. Umumnya suvenir dijual di daerah wisata sebagai oleh-oleh. Ada juga suvenir yang dibuat khusus untuk acara pernikahan. Biasanya suvenir acara pernikahan ini berganti-ganti jenisnya mengikuti tren, namun beberapa yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah seperti totebag, pouch, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.

8. Sepatu Produsen sepatu juga banyak yang masuk kategori industri rumah tangga, terutama jenis sepatu kulit. Dulunya kebanyakan sepatu terbuat dari kulit hewan, yang paling umum adalah sapi.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Saat ini banyak juga yang lebih berminat pada kulit sintetis. Alasannya bukan karena kulit sintetis lebih murah harganya, tapi karena dianggap lebih ramah terhadap hewan. 9. Tas Produk selanjutnya yang juga bisa diproduksi di rumah adalah tas. Sama seperti bisnis sepatu, tas juga banyak yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis. Bahan lain yang populer untuk dijadikan tas adalah kanvas dan polyester.

Kualitas tas yang diproduksi dari industri rumahan juga tidak kalah dengan hasil contoh hasil industri rumah tangga adalah besar, bahkan terlihat lebih eksklusif dan dibuat dengan penuh ketelitian. 10. Jasa Fotografi Bisnis selanjutnya juga merupakan bisnis jasa rumahan. Jasa fotografi ini ada beberapa jenis, ada yang fokus untuk dokumentasi acara tertentu, pre-wedding, foto bayi, hingga foto produk.

Jika ingin fokus untuk bekerja di rumah, jasa foto produk bisa jadi pilihan yang paling tepat. Pilihan produknya juga bisa difokuskan pada kategori tertentu saja seperti produk fashion, makanan, atau produk perawatan kulit. 11. Aneka Keripik Keripik adalah salah satu makanan kecil yang sangat populer di Indonesia.

Jenisnya juga sangat banyak, mulai dari keripik singkong, talas, usus, bayam, tempe, dan masih banyak lagi. Keripik ini juga proses pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga bisa diproduksi di rumah.

Penjualannya juga kini semakin mudah karena bisa ditawarkan secara online. 12. Daur Ulang Sampah Daur ulang adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membantu pelestarian lingkungan. Produk hasil daur ulang sendiri bisa menjadi berbagai barang yang berguna.

Contohnya daur ulang plastik yang bisa menghasilkan tas, vas bunga, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Daur ulang kertas bisa untuk memproduksi kertas lagi. 13. Pupuk Kandang dan Kompos Pupuk kandang dibuat dari kotoran hewan, sedangkan kompos terbuat dari sampah organik. Keduanya bisa dibuat di industri rumahan. Kegunaan pupuk ini tentunya untuk membuat tanaman lebih subur. Melihat semakin banyaknya orang memiliki hobi memelihara tanaman, bisnis satu ini bisa jadi bisnis yang potensial.

14. Sabun Sejak dulu juga banyak ditemukan produksi sabun dalam bentuk industri rumah tangga. Kualitasnya pun tidak kalah dengan merek terkenal yang diproduksi di pabrik. Jenis sabunnya dapat beragam seperti sabun untuk tubuh, sabun pencuci piring, hingga deterjen.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

15. Perhiasan Handmade Perhiasan seperti kalung, gelang, dan cincin handmade juga termasuk ke dalam industri rumahan. Memang bukan hanya perhiasan emas saja yang bernilai, yang berbahan lain pun seperti kayu bisa berharga mahal.

Apalagi jika proses pembuatannya cukup rumit. 16. Salon atau Cukur Rambut Bisnis seperti salon skalanya berbeda-beda, ada juga salon rumahan yang termasuk ke dalam bisnis mikro. Salon yang praktiknya di rumah ini memang biasanya hanya melayani perawatan yang sederhana, misalnya perawatan rambut saja yang meliputi potong rambut, creambath, pewarnaan rambut, dan masih banyak lagi. 17. Jasa Cuci Motor Membuka jasa cuci motor di rumah juga bisa dilakukan.

Motor memang merupakan salah satu kendaraan yang paling umum digunakan di Indonesia sehingga bisnis satu ini tentunya tidak akan pernah sepi pelanggan. Alat yang digunakan untuk cuci motor juga cukup sederhanya. 18. Usaha Percetakan Usaha percetakan atau digital printing juga bisa dilakukan di rumah. Bisnis ini bisa dijalani oleh 1-4 orang, yang salah satunya tentu saja merupakan desainer grafis. Perlu diketahui juga bahwa jasa digital printing ini juga sudah banyak ditawarkan di pasar online.

Ada yang melayani percetakan saja dan ada juga yang sekaligus menawarkan jasa desain. 19. Ternak Beternak tidak harus selalu membutuhkan lahan yang luas. Bahkan sudah banyak keluarga yang memanfaatkan lahan yang ada di rumah untuk beternak. Hewan yang bisa diternak ini beragam, mulai dari kambing, unggas, hingga ikan. Jika memang lahan begitu sempit, sebaiknya pilih ternak ikan dengan media drum atau ember.

Hindari ternak hewan yang ukuranya besar seperti sapi apabila tidak punya lahan yang mencukupi. 20. Frozen Food Berbagai makanan kini dibuat dalam bentuk frozen. Selain agar dapat disimpan lama, frozen foodini juga jadi lebih mudah untuk dijual secara online.

Produksi makanan frozen sendiri bisa dimulai dari home industry. Tentunya ketika ingin menjalani bisnis ini, perlu diperhatikan juga perizinan dari BPOM dan sertifikasi halalnya agar makanan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

21. Tanaman Hias Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sekarang makin banyak orang yang tertarik dengan tanaman hias. Jika kamu termasuk salah satunya, mengapa tidak mencoba budi daya tanaman hias untuk dijual.

Kesulitan budi daya tanaman hias ini dapat berbeda-beda. Semakin sulit, biasanya harganya juga akan semakin mahal. Bisa dilakukan di lahan terbatas seperti halaman rumah, bisnis ini juga termasuk ke dalam industri rumah tangga.

22. Kain Batik Contoh home industry selanjutnya adalah kain batik. Kain khas Indonesia ini banyak diproduksi di rumah, terutama jenis batik yang masih dibuat secara tradisional. Faktanya batik tulis bisa memiliki harga yang lebih mahal daripada batik cetak dari pabrik karena lebih eksklusif dan pembuatannya membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. 23. Kain Tenun Selain batik, kain kebanggaan Indonesia lainnya adalah kain tenun.

Sama halnya seperti batik, kain tenun yang dibuat secara tradisional juga harganya bisa jauh contoh hasil industri rumah tangga adalah tinggi.

Selembar kain bisa dihargai jutaan rupiah karena memang pembuatannya juga yang bisa makan waktu hingga beberapa minggu.

24. Olahan Susu Produk olahan susu adalah seperti yogurt dan keju. Meskipun keduanya bukan merupakan khas Indonesia, tapi tak dapat dipungkiri bahwa kedua produk ini dikonsumsi oleh masyarakat luas. Biasanya home industry keju dan yogurt ini berlokasi tidak jauh dengan peternakan sapi.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Sekian informasi tentang pengertian dan contoh industri rumah tangga. Tidak ada salahnya memulai bisnis dari rumah dan dimulai dari skala kecil lebih dulu.

Bisnis seperti ini pun juga bisa menguntungkan asalkan dijalani dengan penuh keseriusan. Ingin bisnis rumahan kamu semakin berkembang? Yuk tawarkan produkmu melalui website toko online. Buat website bisnis kamu di TokoTalk dengan gratis! Tinggal daftar dan upload katalog, kamu bisa langsung jualan. Mutia Isni Rahayu Mutia memulai karier sebagai SEO Content Writer sejak tahun 2017.

Ia telah menulis untuk berbagai media online yang topiknya terdiri dari fashion, beauty, lifestyle, kesehatan, bisnis, dan karier. Selain memiliki ketertarikan di bidang kepenulisan dan SEO, Mutia juga tengah merintis contoh hasil industri rumah tangga adalah sendiri.

riniisparwati.com – Kumpulan Contoh Industri Rumah Tangga Beserta Penjelasannya. Industri rumah tangga atau home industry adalah contoh industri kecil yang biasanya memiliki karyawan tidak banyak, bahkan bisa jadi dikerjakan sendiri oleh si pemilik.

Bahkan dari yang saya baca, pengertian industri rumah tangga adalah industri yang memiliki jumlah tenaga kerja 1-4 orang. Daftar Isi Artikel • Ciri-ciri Industri Rumah Tangga • 1.

Modal yang terbatas • 2. Tenaga kerja biasanya berasal dari anggota keluarga atau orang terdekat • 3. Produknya biasanya satu jenis • Kumpulan Contoh Industri Rumah Tangga • 1. Industri rumah tangga pembuatan tempe • 2. Pengolahan tahu, contoh industri rumah tangga pangan • 3. Contoh industri rumah tangga sandang: usaha konveksi • 4. Contoh home industri yang memanfaatkan sumber daya alam • 5. Contoh industri berbahan baku kulit hewan • 6. Contoh industri jasa: photography • 7.

Industri rumah tangga jasa laundry • 8. Industri rumah tangga di pedesaan: pembuatan keripik pisang • 9. Hasil industri rumah tangga: aneka macam gorengan • 10. Contoh industri rumahan: pertukangan kayu • 11. Home industri ibu rumah tangga: daur ulang sampah • 12.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Home industri untuk pemula: beternak • 13. Industri kecil: pupuk kandang • 14. Jualan online • 15. Jasa cuci motor • 16.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Service barang-barang elektronik • 17. Usaha industri kreatif: desain digital • Kesimpulan Ciri-ciri Industri Rumah Tangga Beberapa ciri dari industri rumah tangga di antaranya: 1. Modal yang terbatas Home industri memiliki modal yang terbatas karena biasanya pemilik modal adalah pemilik usaha sendiri. Home industri biasanya berbentuk perusahaan pribadi atau usaha pribadi. Berbeda dengan CV yang modalnya berasal dari dua orang, atau PT yang modalnya berasal dari para pemegang saham, tentu modal home industri lebih kecil contoh hasil industri rumah tangga adalah terbatas.

2. Tenaga contoh hasil industri rumah tangga adalah biasanya berasal dari anggota keluarga atau orang terdekat Pekerja di industri rumah tangga juga biasanya berupa anggota keluarganya seperti anak, menantu, kakak, adik, atau orang tua. Atau bisa juga tetangga terdekat dari rumah. Yang jelas, tidak ada proses rekrutmen pegawai seperti di perusahaan-perusahaan atau kantor.

3. Produknya biasanya satu jenis Produk dari home industri juga biasanya tidak variatif, hanya satu dua jenis. Tidak terlalu banyak macamnya.

Ada yang berubah jasa, pangan, sandang, pemanfaatan sumber daya alam, pengolahan bahan kulit hewan, dan sebagainya. Baca juga: Jenis Pekerjaan Di Dataran Tinggi. Kumpulan Contoh Industri Rumah Tangga kumpulan contoh home industri Berikut ini kumpulan contoh home industri baik di pedesaan maupun di perkotaan yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuka usaha: 1.

Industri rumah tangga pembuatan tempe Contoh industri rumah tangga pangan yang pertama adalah industri pengolahan kedelai menjadi tempe. Di pedesaan dan perkotaan, banyak industri rumahan seperti ini.

Ada yang menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya, dan kalau di perkotaan kebanyakan sudah berganti menjadi plastik. Industri tempe biasanya berbentuk industri rumahan dengan tenaga kerja terbatas. Bisa jadi, hanya satu orang saja.

Baca juga: Jenis Pekerjaan Di Sungai. 2. Pengolahan tahu, contoh industri rumah tangga pangan Home industri pangan yang kedua contohnya adalah pengolahan tahu. Sama-sama berbahan kedelai seperti tempe, tapi hasil produknya cukup berbeda. Tahu dan tempe adalah dua makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Karena jumlah karyawannya yang sedikit, maka industri tahu bisa masuk ke dalam kategori home industri. Baca juga: Jenis Pekerjaan di Pantai. 3. Contoh industri rumah tangga sandang: usaha konveksi Rumah tangga juga dapat membuat usaha konveksi untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat.

Usaha konveksi juga dibutuhkan saat ada event pilkada dan pilpres. Usaha ini biasanya memiliki karyawan sedikit. Industri ini termasuk dalam industri di bidang jasa.

4. Contoh home industri yang memanfaatkan sumber daya alam Home industri juga bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia. Misalkan saja, industri anyaman bambu, rotan, dan sebagainya. Kekayaan sumber daya alam diolah sedemikian rupa dengan bahan-bahan yang ada, terutama untuk souvenir dan oleh-oleh. Usaha ini sangat cocok di daerah yang kaya akan pariwisata seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, Dan Malang.

Baca juga: Jenis Pekerjaan di Perkotaan. 5. Contoh industri berbahan baku kulit hewan Home industri juga bisa memanfaatkan kulit hewan untuk kerajinan dan bahan sandang. Contohnya: usaha pembuatan sepatu skala kecil ala home industri, usaha pembuatan tas, dompet, jaket kulit, atau kerupuk kulit seperti di rumah makan padang. Ada banyak contoh hasil produk dari kulit hewan. Baca juga: Pekerjaan Lulusan Kimia.

6. Contoh industri jasa: photography Jasa fotografi bisa juga menjadi peluang usaha bagi rumah tangga. Untuk acara pernikahan, wisuda, ulang tahun, atau wisata, industri rumah tangga ini bisa berjalan.

Industri fotografi tidak membutuhkan pegawai yang banyak juga. Cocok buat home industri. 7. Industri rumah tangga jasa laundry Contoh usaha rumah tangga lainnya dalam bidang jasa adalah usaha laundry. Karwayan laundry bisa antara 1-4 orang. Modalnya pun tidak terlalu besar sehingga bisa dilakukan oleh rumah tangga. Baca juga: Peluang Usaha Di Desa.

8. Industri rumah tangga di pedesaan: pembuatan keripik pisang Home industri bisa memanfaatkan hasil alam di daerahnya. Misalkan, jika pedesaan punya hasil pisang banyak, bisa membuat industri keripik pisang. Keripik ini bisa bervariasi rasanya, seperti rasa coklat, mocca, stroberi, durian, dan sebagainya.

Seperti yang dilakukan di Lampung. Keripik pisang adalah salah satu oleh-oleh khas Lampung. 9. Hasil industri rumah tangga: aneka macam gorengan Untuk orang-orang yang tinggal dekat pasar, bisa membuka usaha rumahan berupa aneka macam gorengan dan kue-kue. Karena lokasi yang strategis maka usaha ini cocok dilakukan. Usaha ini juga bisa berkembang ke penyediaan snack untuk acara rapat kantor, pertemuan, dan acara hajatan. 10. Contoh industri rumahan: pertukangan kayu Usaha tukang kayu dengan membuat pintu, lemari, jendela, dan tempat tidur, dan bahan-bahan lain berbahan kayu biasa dilakukan oleh home industri.

Memanfaatkan sumber daya alam berupa kayu yang melimpah, dan juga pesanan dari orang yang sedang membuat atau merehab rumah, industri ini masih terus berjalan hingga sekarang. Tidak semua orang bisa melakukan usaha pertukangan kayu ini. Ini salah satu faktor yang menjadikan industri tukang kayu masih jalan, karena tidak terlalu banyak saingan.

11. Home industri ibu rumah tangga: daur ulang sampah Daur ulang sampah juga bisa menjadi peluang usaha rumah tangga. Misalkan, memanfaatkan koran untuk membuat kerajinan seperti tas, dompet, dan bahan-bahan kerajinan lainnya. Atau pemanfaatan sampah plastik untuk membuat kerajinan tas. Botol-botol bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat vas bunga. Banyak ide-ide yang bisa digali, apalagi banyak tutorialnya via youtube.

12. Home industri untuk pemula: beternak Untuk pemula yang mau memulai home industri, bisa memulai dengan usaha beternak.

Misalkan beternak sapi, kambing etawa, ayam, bebek, atau lele. Asalkan tekun dan mau belajar dari orang-orang yang sudah sukses sebelumnya, maka home industri ini bisa sukses. 13. Industri kecil: pupuk kandang Untuk anda yang memiliki industri ternak, bisa memanfaatkan kotorannya untuk usaha penyediaan pupuk kandang. Jadi, tidak hanya ternaknya saja yang bisa diambil manfaatnya. Limbah kotorannya juga bisa menjadi pupuk yang bisa anda jual.

14. Jualan online Rumah tangga juga bisa memulai usaha jualan online baik lewat ecommerce, facebook, instagram, media sosial, atau lewat toko online pribadi. Jualan online bisa dilakukan oleh home industri. Tidak perlu karyawan terlalu banyak. 15. Jasa cuci motor Usaha rumahan ini juga tidak butuh modal banyak, tidak butuh karyawan banyak juga.

Bisa 1-4 orang karyawan saja. Dengan banyaknya kendaraan bermotor saat ini, jasa cuci motor banyak juga dicari. Saya pun biasanya nyuci motor di tukang steam. 16. Service barang-barang elektronik Untuk anda yang punya keahlian service barang elektronik, anda bisa membuka jasa ini.

Anda bisa beriklan di facebook, instagram, atau di olx secara gratis. Makin luasnya penggunaan internet, makin memudahkan anda untuk promosi jasa anda. 17. Usaha industri kreatif: desain digital Dengan memanfaat laptop atau komputer, dan anda termasuk orang yang kreatif, anda bisa membuat usaha desain seperti contoh hasil industri rumah tangga adalah logo.

Anda bisa memanfaatkan fiverr atau situs freelance lainnya utnuk promosi jasa anda. Anda bisa membentuk usaha 4 orang untuk bekerja sama.

Kesimpulan Ada banyak ide usaha rumah tangga yang bisa anda geluti. Bisa di bidang pertanian, perkebunan, perdagangan, dan sebagainya. Termasuk memanfaatkan barang-barang bekas. Itulah kumpulan contoh industri rumah tangga beserta penjelasannya. Baca juga: Struktur Lamaran Pekerjaan. Search for: Categories • Akulaku • Bahasa Arab • Bahasa Inggris • Bandung • Belanja Online • Bisnis • Excel • Fisika • Instagram • IPA • Jakarta • Jasa Pengiriman • Kartu Tri • Kesehatan • Komputer • Kuliner • Lampung • Lazada • Otomotif • Pendidikan • Perbankan • Pertanian • Serba Serbi • Shopee • Tekno • Tiket • Tokopedia • Wisata • Word
5 Contoh Industri Rumah Tangga – Industri atau yang biasa disebut dengan home industri adalah suatu kegiatan usaha untuk mengolah bahan baku menjadi barang jadi sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Banyak yang berpendapat bahwa industri rumahtangga sejak beberapa tahun ini mengalami peningkatan. Dan hal tersebut diramalkan akan dapat terus mengalami perubahan di bidang ekonomi.

Selain faktor kesejahteraan, peningkatan bidang usaha industri rumahtangga juga didukung dengan banyaknya bantuan pinjaman modal baik dari pemerintahan maupun dari pihak swasta. Peminjaman dana dari bank sekarang dirasa lebih mudah seiring digalakkan program pemberdayaan usaha kecil dan menengah oleh pemerintahan pusat maupun daerah.

Agar semakin jelas untuk mendapatkan bahan inspirasi untuk memulai membuka usaha, berikut ini merupakan 5 contoh industri rumah tangga yang biasa dikerjakan para pelaku usaha. • Pembuatan tempe Tempe merupakan makanan khas asli Indonesia. Selain untuk lauk sehari-hari, tempe juga biasanya digunakan sebagai oleh-oleh di kala bepergian. Tempe juga bisa dikembangkan menjadi bentuk lain seperti, kerupuk tempe, tempe kering, dll.

• Pembuatan tahu Seperti hal nya tempe, tahu juga berposisi sama seperti tahu. Di daerah Kediri, tahu seperti sudah menjadi ikon khusus kota ini. Sehingga potensi untuk dijadikan buah tangan akan terus ada. Selain itu tahu juga merupakan lauk yang digemari. • Pembuatan furniture Meskipun istilah “furniture” agak membawa persepsi kita akan industri mebel yang berskala besar, namun furniture sendiri bisa dijadikan sebagai pekerjaan sejenis industri rumahtangga.

Industri semacam ini biasanya terdapat di daerah Jepara. Mayoritas penduduk di sana sangat ahli dalam bidang olah kau, seperti ukir, pahat, pembuatan mebel, dan perabot sehari-hari. Nah jika tertarik anda bisa belajar mengenai seluk beluk furniture rumah tangga di sana. • Pembuatan kue Kue merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat kita.

Tidak hanya ketika ada hajatan atau saat hari raya tertentu. Selain pada momen-momen khusus, kebutuhan kue sudah menjadi jajan camilan bagi masyarakat. Hal ini adalah peluang bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha industri rumahtangga. • Pembuatan suvenir Kebutuhan suvenir tidak akan ada matinya, meskipun juga pasti ada pasang surut. Barang-barang suvenir yang bisa dibuat misalnya boneka, gantungan kunci, rangkaian bunga hias, topi, dan parcel.

Selain 5 contoh industri rumah tangga tersebut, sebenarnya masih banyak inspirasi ide-ide lain yang bisa dijadikan sebagai bahan usaha industri rumahtangga, misalnya jasa laundry, pembuatan krupuk, pengolahan kain perca, pengolahan kertas bekas menjadi hiasan, daur ulang sampah, aneka macam gorengan, dan lain-lain.

Itu semua tergantung seberapa jeli anda dalam melihat potensi dan peluang yang ada di sekitar kehidupan anda. Jadi tinggal seberapa jeli anda dalam membaca sesuatu, selain itu juga perlu niat yang contoh hasil industri rumah tangga adalah untuk memulai membuka usaha industri rumahtangga.

Demikian sedikit ulasan dan contoh industri rumahtangga. Semoga dapat membantu dan bisa memberikan inspirasi bagi para pembaca.

Artikel Lainnya : • 5 Jenis Industri Kreatif Kenali apa itu industri rumah tangga dalam artikel berikut ini. Di masa pandemi saat ini, banyak kaum muda yang memulai berbisnis dengan industri rumah tangga.

Contoh hasil industri rumah tangga adalah, dalam usaha ini Anda tak perlu mengeluarkan banyak modal untuk memulai, serta tidak ada batasan usia. Dengan bisnis sederhana ini, diharapkan akan mengubah mindset kaum muda bahwa bekerja haruslah di sebuah perusahaan maupun institusi. Oleh karena itu, dalam ulasan kali ini akan membahas tentang pengertian hingga contoh industri rumah tangga yang dapat Anda coba. Simak yuk!Pengertian Industri Rumah Tangga Apakah industri rumah tangga itu?

Industri rumah tangga adalah jenis kegiatan usaha berskala kecil yang pada umumnya sering ditemukan pada daerah perkampungan dan sekitar rumah di dalam wilayah kota maupun pedesaan. Selain itu, industri rumahan juga dapat diartikan sebagai penggerak utama dalam pembangunan ekonomi dengan nilai pendapatan bersih mencapai Rp200 juta – Rp1 miliar per tahunnya yang dihasilkan oleh warga negara Indonesia. Biasanya, kegiatan penjualan barang yang dilakukan oleh pelaku usaha industri rumah tangga adalah dengan cara menitipkan produk dagangannya pada warung dan minimarket terdekat di sekitar tempat usaha.Ciri-Ciri Industri Rumah Tangga Pada dasarnya, setiap jenis usaha memiliki beberapa ciri tertentu yang menjadi karakteristik dari usaha tersebut.

Berikut ini ciri-ciri industri rumah tangga untuk Anda ketahui. Produk Tidak Mudah BerubahSalah satu ciri khas dari industri rumah tangga adalah memiliki produk yang tidak mudah berubah. Berarti, dalam kegiatan usaha tersebut cenderung mempertahankan dan tidak bergonta-ganti produk sejak awal berdiri. Lokasi Usaha MenetapUmumnya, lokasi usaha dari industri rumah tangga adalah menetap atau tidak sering berpindah.

Pasalnya, kebanyakan pemilik usaha mendirikan pabrik di lokasi yang sama dengan kota asalnya, sehingga proses pemantauan pun akan lebih mudah. Sistem Manajemen Keuangan Masih SederhanaPada umumnya, bisnis industri rumahan belum memiliki sistem manajemen atau pengelolaan keuangan secara profesional. Sebab, pelaku usaha beranggapan bahwa belum terlalu penting untuk mencatat keuangan secara rinci, serta belum adanya seseorang yang ahli dalam pembukuan keuangan.

Pinjaman Modal dari BankMeminjam modal dari bank menjadi salah satu contoh hasil industri rumah tangga adalah khas dari industri rumahan sebelum memulai usaha. Namun, sebagai peminjam tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu kegiatan usaha harus balik modal agar dapat melakukan pelunasan pinjaman. Pemilik Usaha Memiliki Pengalaman WirausahaSelanjutnya, ciri khas dari industri rumah tangga adalah pemilik usaha sudah berpengalaman dalam bidang wirausaha.

Dengan begitu, Ia dapat mengembangkan bisnis dengan strategi marketing yang baik.Manfaat Industri Rumah Tangga Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan bagi pemilik usaha maupun negara dari pelaksanaan industri rumahan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.Terciptanya Suatu Jasa Di industri rumahan, usaha pelayanan memang sangat bermanfaat bagi sebagian orang. Misalnya,bisnis laundry yang memberikan jasa untuk memudahkan pekerjaan konsumen dalam mencuci pakaian.Terjadi Peredaran Uang Dalam Perekonomian Industri rumahan juga dapat membantu menaikan perekonomian negara.

Pasalnya, dengan menjamurnya bisnis di tengah masyarakat, peredaran uang pun akan terjadi secara terus-menerus dan nantinya akan meningkatkan nilai pendapatan negara.Syarat dan Perizinan Produk Industri Rumah Tangga Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha industri rumahan, khususnya untuk produk pangan. Pasalnya, perusahan harus memiliki izin Produksi Pangan Industri dalam Rumah Tangga (PIRT) sebagai jaminan bahwa produk tersebut sudah memenuhi standar yang berlaku.

Berdasarkan Peraturan BPOM No. 22 Tahun 2018 perihal Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri dalam Rumah Tangga (SPP-IRT), bahwa surat izin akan diberikan pada pelaku usaha yang telah memenuhi persyaratan. Diantaranya sebagai berikut.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Memiliki sertifikat tentang penyuluhan keamanan pangan. Hasil pemeriksaan sarana produksi pangan telah memenuhi syarat. Label pangan telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan Cara Pengajuan untuk Mengurus Izin PIRT Membuat surat pengajuan permohonan SPP-IRT di kantor walikota. Pengecekan dokumen dan kelengkapan surat yang meliputi formulir Permohonan SPP-IRT. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota akan merekomendasikan SPP-IRT tersebut kepada Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu di kantor walikota.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu akan mengeluarkan SPP-IRT kepada pemilik usaha yang telah memenuhi syarat.Contoh Industri Rumah Tangga Contoh hasil industri rumah contoh hasil industri rumah tangga adalah adalah beberapa produk barang maupun jasa yang dihasilkan dari kegiatan usaha rumahan.

Diantaranya sebagai contoh hasil industri rumah tangga adalah. Usaha KonveksiUsaha konveksi adalah salah satu contoh industri rumahan untuk memenuhi kebutuhan pakaian sehari-hari. Maka dari itu, usaha konveksi ini menjadi salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya karena selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Bisnis LaundryBisnis laundry termasuk ke dalam industri rumahan karena pada jenis usaha ini tidak dibutuhkan banyak karyawan, bahkan hanya 2-4 orang saja. Selain itu, besaran modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar, sehingga dapat dilakukan oleh pemula. Pembuatan Tempe dan KeripikContoh industri rumahan selanjutnya yang dapat Anda coba di rumah adalah bisnis pembuatan tempe dan keripik. Bisnis produksi tempe dibuat dengan menggunakan kedelai sebagai bahan baku. Selain tempe, produksi keripik juga menjadi salah satu hasil industri rumahan.

Umumnya, kegiatan usaha ini dilakukan di wilayah pedesaan. Dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar rumah, Anda dapat mengubahnya menjadi cemilan keripik yang enak. PeternakanSaat ini, peternakan menjadi contoh industri rumahan yang banyak diminati oleh pebisnis pemula. Hal ini disebabkan karena peternakan dapat dilakukan dimana saja dan perawatannya pun cukup mudah. Beberapa contoh hewan ternak diantaranya, ayam, lele, sapi, dan lainnya.

Kerajinan TanganDalam usaha produksi kerajinan tangan, Anda dapat memanfaatkan bahan baku yang berasal dari alam seperti bambu dan rotan, maupun berasal dari makhluk hidup seperti kulit hewan. Nantinya, bahan baku tersebut akan diolah menjadi benda pakai, contohnya jaket kulit, dompet, anyaman bambu, hingga tas rotan. Itu dia pembahasan mengenai industri rumah tangga serta beberapa contohnya.

Usaha ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang kesulitan dalam ekonomi atau menambah keuntungan di rumah. Jika tertarik, Sobat OCBC bisa segera memulainya dengan mengajukan Kredit Modal Kerja dari OCBC NISP untuk membantu kelancaran usaha Anda.Baca Juga:10 Ide Kerja dari Rumah, Menguntungkan dan Mengasah Kreativitas10+ Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Untung di Tahun Ini!10 Peluang Usaha Rumahan 2021 Modal Kecil Tapi Untung Besar
Industri adalah usaha pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi untuk mendapatkan keuntungan.

Industry dalam mata pencaharian menggunakan keterampilan, ketekunan kerja dan penggunaan alat pengolahan hasil bumi. Salah satu jenis industry yang berdasarkan tenaga kerja adalah industry rumah tangga yang biasanya dari keluarga secara turun temurun yang terdiri dari satu sampai empat tenaga kerja. Contoh industry rumah tangga adalah industry pembuatan tahu tempe yang menggunakan bahan baku kedelai.

Dalam membuat tahu tempe kedelai yang digunakan harus memenuhi syarat mutu yang berkualitas salah satunya adalah bebas dari serangan hama dan penyakit. Saat ini sebagian besar kedelai yang digunakan adalah hasil impor. Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu Negara ke Negara lain secara legal.

Impor biasanya dilakukan karena kurangnya bahan baku yang dibutuhkan dari Negara penerima, kurangnya lahan untuk mengolah bahan baku tersebut, dan karena ketidak tentuan cuacanya saat ini.

Tapi banyak pengusaha yang lebih memilih kedelai local dibandingkan dengan kedelai impor karena kedelai local punya aroma yang kuat bagus dan sedap, harganya lebih murah, tidak mudah basi, warnanya lebih cerah, rasanya sedap dan gurih serta tidak rusak bila diiris dibandingkan dengan kedelai impor.

• ► 2015 (6) • ► Juli (3) • ► Maret (3) • ► 2014 (5) • ► Juni (1) • ► Mei (2) • ► April (1) • ► Maret (1) • ► 2013 (20) • ► November (2) • ► Oktober (3) • ► Juni (1) • ► Mei (11) • ► Januari (3) • ▼ 2012 (15) • ► Desember (3) • ► November (3) • ► Oktober (3) • ► Juni (1) • ► April (3) • ▼ Maret (2) • Industri Rumah Tangga • Sistem Perekonomian Indonesia
Industri rumah tangga atau home industry memang termasuk ke dalam skala usaha mikro.

Meskipun begitu, industri ini telah menghidupi sangat banyak sekali keluarga dan juga berkontribusi besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebelum terjun ke industri ini, ketahui pengertian dan berbagai contohnya!Apa Itu Industri Rumah Tangga?

Industri rumah tangga adalah aktivitas produksi yang dilakukan di rumah perorangan dan bukan di pabrik. Umumnya bisnis ini masuk ke dalam skala mikro sehingga masuk juga ke dalam kategori UMKM. Umumnya industri ini menggunakan alat yang tidak terlalu rumit dalam proses produksinya dan biasanya hanya terdiri dari 1-4 orang. Tentunya ada banyak bisnis dalam industri ini dan bisa menjadi salah satu pilihan bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar.Contoh Industri Rumah Tangga untuk Bisnis Ingin mencoba contoh hasil industri rumah tangga adalah dalam industri ini?

Berikut beberapa ide bisnis yang bisa dicoba:1. Konveksi Contoh yang pertama adalah bisnis konveksi yang hadir untuk memenuhi kebutuhan sandang. Perlu diketahui juga bahwa skala bisnis konveksi ini beragam. Tidak sedikit para penjahit yang memulai bisnis konveksi home industry.

2. Jasa Laundry Selanjutnya adalah bisnis jasa yang bisa dilaksanakan di rumah, yaitu laundry. Bisnis satu ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena permintaannya di masyarakat juga cukup tinggi.

Laundry umumnya dikenakan tarif kiloan, tapi ada juga yang satuan untuk jenis pakaian tertentu. Pakaian yang rumit proses mencucinya seperti jas dan gaun pengantin biasanya dihitung dengan tarif satuan.3.

Kusen Pintu dan Jendela Kusen pintu dan jendela yang umumnya terbuat dari kayu ini juga biasanya diproduksi di bisnis rumahan. Meskipun kini sudah banyak yang menggunakan material lain seperti baja ringan dan alumunium, tapi pencinta pintu dan jendela kayu juga masih banyak. Selain itu, pintu berbahan dasar kayu juga dianggap lebih awet, tapi tentunya ini juga bergantung dengan jenis kayu yang digunakan.4. Mebel atau Furnitur Selain diolah menjadi pintu dan jendela, kayu juga bisa diolah menjadi mebel atau furnitur.

Harga mebel yang terbuat dari kayu memiliki harga yang variatif, bergantung jenis kayu yang digunakan. Semakin bagus kayunya maka akan semakin mahal karena harga biasanya menentukan ketahanan dari kayu tersebut. Produk yang dibuat meliputi meja, kursi, lemari, dan masih banyak lagi.5. Servis Elektronik Contoh industri rumah tangga selanjutnya kembali ke bidang jasa. Memang alat elektronik yang rusak sebaiknya tidak langsung dibuang, tapi lebih baik dibawa ke tempat servis agar diketahui kondisi pastinya.

Jasa servis elektronik ini membantu masyarakat agar tidak boros dalam penggunaan alat elektronik karena seperti yang kita ketahui harga alat elektronik juga bisa dikatakan tidak murah.6. Jual Tahu dan Tempe Tahu dan tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia yang hingga kini popularitasnya masih sangat tinggi di masyarakat. Makanan yang terbuat dari kedelai ini juga umum diproduksi di industri rumahan. Biasanya produsen tahu juga contoh hasil industri rumah tangga adalah tempe karena keduanya memiliki bahan baku yang sama, tapi ada juga yang fokus hanya pada salah satunya.

Baca Juga: 17 Usaha Rumahan Modal Kecil yang Bisa Untung Besar7. Suvenir Suvenir ini ada banyak sekali jenisnya. Umumnya suvenir dijual di daerah wisata sebagai oleh-oleh. Ada juga suvenir yang dibuat khusus untuk acara pernikahan. Biasanya suvenir acara pernikahan ini berganti-ganti jenisnya mengikuti tren, namun beberapa yang tidak pernah ketinggalan zaman adalah seperti totebag, pouch, gantungan kunci, dan masih banyak lagi.8.

Sepatu Produsen sepatu juga banyak yang masuk kategori industri rumah tangga, terutama jenis sepatu kulit. Dulunya kebanyakan sepatu terbuat dari kulit hewan, yang paling umum adalah sapi. Saat ini banyak juga yang lebih berminat pada kulit sintetis. Alasannya bukan karena kulit sintetis lebih murah harganya, tapi karena dianggap lebih ramah terhadap hewan.9.

Tas Produk selanjutnya yang juga bisa diproduksi di rumah adalah tas. Sama seperti bisnis sepatu, tas juga banyak yang terbuat dari kulit asli maupun sintetis. Bahan lain yang populer untuk dijadikan tas adalah kanvas dan polyester. Kualitas tas yang diproduksi dari industri rumahan juga tidak kalah dengan hasil pabrik besar, bahkan terlihat lebih eksklusif dan dibuat dengan penuh ketelitian.10.

Jasa Fotografi Bisnis selanjutnya juga merupakan bisnis jasa rumahan. Jasa fotografi ini ada beberapa jenis, ada yang fokus untuk dokumentasi acara tertentu, pre-wedding, foto bayi, hingga foto produk. Jika ingin fokus untuk bekerja di rumah, jasa foto produk bisa jadi pilihan yang paling tepat. Pilihan produknya juga bisa difokuskan pada kategori tertentu saja seperti produk fashion, makanan, atau produk perawatan kulit.11.

Aneka Keripik Keripik adalah salah satu makanan kecil yang sangat populer di Indonesia. Jenisnya juga sangat banyak, mulai dari keripik singkong, talas, usus, bayam, tempe, dan masih banyak lagi.

Keripik ini juga proses pembuatannya tidak terlalu rumit sehingga bisa diproduksi di rumah. Penjualannya juga kini semakin mudah karena bisa ditawarkan secara online.12. Daur Ulang Sampah Daur ulang adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk membantu pelestarian lingkungan.

Produk hasil daur contoh hasil industri rumah tangga adalah sendiri bisa menjadi berbagai barang yang berguna. Contohnya daur ulang plastik yang bisa menghasilkan tas, vas bunga, hiasan dinding, dan masih banyak lagi. Daur ulang kertas bisa untuk memproduksi kertas lagi.13. Pupuk Kandang dan Kompos Pupuk kandang dibuat dari kotoran hewan, sedangkan kompos terbuat dari sampah organik.

Keduanya bisa dibuat di industri rumahan. Kegunaan pupuk ini tentunya untuk membuat tanaman lebih subur. Melihat semakin banyaknya orang memiliki hobi memelihara tanaman, bisnis satu ini bisa jadi bisnis yang potensial.14. Sabun Sejak dulu juga banyak ditemukan produksi sabun dalam bentuk industri rumah tangga. Kualitasnya pun tidak kalah dengan merek terkenal yang diproduksi di pabrik. Jenis sabunnya dapat beragam seperti sabun untuk tubuh, sabun pencuci piring, hingga deterjen.15. Perhiasan Handmade Perhiasan seperti kalung, gelang, dan cincin handmade juga termasuk ke dalam industri rumahan.

Memang bukan hanya perhiasan emas saja yang bernilai, yang berbahan lain pun seperti kayu bisa berharga mahal. Apalagi jika proses pembuatannya cukup rumit. 16. Salon atau Cukur Rambut Bisnis seperti salon skalanya berbeda-beda, ada juga salon rumahan yang termasuk ke dalam bisnis mikro. Salon yang praktiknya di rumah ini memang biasanya hanya melayani perawatan yang sederhana, misalnya perawatan rambut saja yang meliputi potong rambut, creambath, pewarnaan rambut, dan masih banyak lagi.17.

Jasa Cuci Motor Membuka jasa cuci motor di rumah juga bisa dilakukan. Motor memang merupakan salah satu kendaraan yang paling umum digunakan di Indonesia sehingga bisnis satu ini tentunya tidak akan pernah sepi pelanggan.

Alat yang digunakan untuk cuci motor juga cukup sederhanya.18. Usaha Percetakan Usaha percetakan atau digital printing juga bisa dilakukan di rumah. Bisnis ini bisa dijalani oleh 1-4 orang, yang salah satunya tentu saja merupakan desainer grafis. Perlu diketahui juga bahwa jasa digital printing ini juga sudah banyak ditawarkan di pasar online.

Ada yang melayani percetakan saja dan ada juga yang sekaligus menawarkan jasa desain.19. Ternak Beternak tidak harus selalu membutuhkan lahan yang luas. Bahkan sudah banyak keluarga yang memanfaatkan lahan yang ada di rumah untuk beternak. Contoh hasil industri rumah tangga adalah yang bisa diternak ini beragam, mulai dari kambing, unggas, hingga ikan. Jika memang lahan begitu sempit, sebaiknya pilih ternak ikan dengan media drum atau ember.

Hindari ternak hewan yang ukuranya besar seperti sapi apabila tidak punya lahan yang mencukupi.20. Frozen Food Berbagai makanan kini dibuat dalam bentuk frozen. Selain agar dapat disimpan lama, frozen food ini juga jadi lebih mudah untuk dijual secara online. Produksi makanan frozen sendiri bisa dimulai dari home industry. Tentunya ketika ingin menjalani bisnis ini, perlu diperhatikan juga perizinan dari BPOM dan sertifikasi halalnya agar makanan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.21.

Tanaman Hias Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sekarang makin banyak orang yang tertarik dengan tanaman hias. Jika kamu termasuk salah satunya, mengapa tidak mencoba budi daya tanaman hias untuk dijual. Kesulitan budi daya tanaman hias ini dapat berbeda-beda.

Semakin sulit, biasanya harganya juga akan semakin mahal. Bisa dilakukan di lahan terbatas seperti halaman rumah, bisnis ini juga termasuk ke dalam industri rumah tangga.22. Kain Batik Contoh home industry selanjutnya adalah kain batik.

Kain khas Indonesia ini banyak diproduksi di rumah, terutama jenis batik yang masih dibuat secara tradisional. Faktanya batik tulis bisa memiliki harga yang lebih mahal daripada batik cetak dari pabrik karena lebih eksklusif dan pembuatannya membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi.23. Kain Tenun• Ciri-ciri Industri Rumah Tangga • 1. Modal yang terbatas • 2. Tenaga kerja biasanya berasal dari anggota keluarga atau orang terdekat • 3. Produknya biasanya satu jenis • Kumpulan Contoh Industri Rumah Tangga • i.

Industri rumah tangga pembuatan tempe • 2. Pengolahan tahu, contoh industri rumah tangga pangan • 3. Contoh industri rumah tangga sandang: usaha konveksi • 4. Contoh home industri yang memanfaatkan sumber daya alam • five. Contoh industri berbahan baku kulit hewan • 6. Contoh industri jasa: photography • 7. Industri rumah tangga jasa laundry • viii.

Industri rumah tangga di pedesaan: pembuatan keripik pisang • 9. Hasil industri rumah tangga: aneka macam gorengan • ten. Contoh industri rumahan: pertukangan kayu • 11.

Domicile industri ibu rumah tangga: daur ulang sampah • 12. Home industri untuk pemula: beternak • 13. Industri kecil: pupuk kandang • 14. Jualan online • 15. Jasa cuci motor • 16. Service barang-barang elektronik • 17. Usaha industri kreatif: desain digital • Kesimpulan Ciri-ciri Industri Rumah Tangga Beberapa ciri dari industri rumah tangga di antaranya: 1.

Modal yang terbatas Home industri memiliki modal yang terbatas karena biasanya pemilik modal adalah pemilik usaha sendiri.

Domicile industri biasanya berbentuk perusahaan pribadi atau usaha pribadi. Berbeda dengan CV yang modalnya berasal dari dua orang, atau PT yang modalnya berasal dari para pemegang saham, tentu modal abode industri lebih kecil dan terbatas. 2. Tenaga kerja biasanya berasal dari anggota keluarga atau orang terdekat Pekerja di industri rumah tangga juga biasanya berupa anggota keluarganya seperti anak, menantu, kakak, adik, atau orang tua. Atau bisa juga tetangga terdekat dari rumah.

Yang jelas, tidak ada proses rekrutmen pegawai seperti di perusahaan-perusahaan atau kantor. three. Produknya biasanya satu jenis Produk dari home industri juga biasanya tidak variatif, hanya satu dua jenis. Tidak terlalu banyak macamnya. Ada yang berubah jasa, pangan, sandang, pemanfaatan sumber daya alam, pengolahan bahan kulit hewan, dan sebagainya. Baca juga: Jenis Pekerjaan Di Dataran Tinggi.

Kumpulan Contoh Industri Rumah Tangga kumpulan contoh home industri Berikut ini kumpulan contoh home industri baik di pedesaan maupun di perkotaan contoh hasil industri rumah tangga adalah bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuka usaha: 1.

Industri rumah tangga pembuatan tempe Contoh industri rumah tangga pangan yang pertama adalah industri pengolahan kedelai menjadi tempe.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

Di pedesaan dan perkotaan, banyak industri rumahan seperti ini. Ada yang menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya, dan kalau di perkotaan kebanyakan sudah berganti menjadi plastik. Industri tempe biasanya berbentuk industri rumahan dengan tenaga kerja terbatas. Bisa jadi, hanya satu orang saja. Baca juga: Jenis Pekerjaan Di Sungai. 2. Pengolahan tahu, contoh industri rumah tangga pangan Home industri pangan yang kedua contohnya adalah pengolahan tahu. Sama-sama berbahan kedelai seperti tempe, tapi hasil produknya cukup berbeda.

Tahu dan tempe adalah dua makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Karena jumlah karyawannya yang sedikit, maka industri tahu bisa masuk ke dalam kategori dwelling industri.

Baca juga: Jenis Pekerjaan di Pantai. 3. Contoh industri contoh hasil industri rumah tangga adalah tangga sandang: usaha konveksi Rumah tangga juga dapat membuat usaha konveksi untuk memenuhi kebutuhan sandang masyarakat. Usaha konveksi juga dibutuhkan saat ada outcome pilkada dan pilpres. Usaha ini biasanya memiliki karyawan sedikit. Industri ini termasuk dalam industri di bidang jasa. 4. Contoh home industri yang memanfaatkan sumber daya alam Home industri juga bisa memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

Misalkan saja, industri anyaman bambu, rotan, dan sebagainya. Kekayaan sumber daya alam diolah sedemikian rupa dengan bahan-bahan yang ada, terutama untuk souvenir dan oleh-oleh.

Usaha ini sangat cocok di daerah yang kaya akan pariwisata seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, Dan Malang. Baca juga: Jenis Pekerjaan di Perkotaan. 5. Contoh industri berbahan baku kulit hewan Home industri juga bisa memanfaatkan kulit hewan untuk kerajinan dan bahan sandang.

Contohnya: usaha pembuatan sepatu skala kecil ala dwelling industri, usaha pembuatan tas, dompet, jaket kulit, atau kerupuk kulit seperti di rumah makan padang. Ada banyak contoh hasil produk dari kulit hewan. Baca juga: Pekerjaan Lulusan Kimia. half dozen. Contoh industri jasa: photography Jasa fotografi bisa juga menjadi peluang usaha bagi rumah tangga.

Untuk acara pernikahan, wisuda, ulang tahun, atau wisata, industri rumah tangga ini bisa berjalan. Industri fotografi tidak membutuhkan pegawai yang banyak juga. Cocok buat home industri. 7. Industri rumah tangga jasa laundry Contoh usaha rumah tangga lainnya dalam bidang jasa adalah usaha laundry.

Karwayan laundry bisa antara 1-iv orang. Modalnya pun tidak terlalu besar sehingga bisa dilakukan oleh rumah tangga. Baca juga: Peluang Usaha Di Desa. 8. Industri rumah tangga di pedesaan: pembuatan keripik pisang Home industri bisa memanfaatkan hasil alam di daerahnya. Misalkan, jika pedesaan punya hasil pisang banyak, bisa membuat industri keripik pisang. Keripik ini bisa bervariasi rasanya, seperti rasa coklat, mocca, stroberi, durian, dan sebagainya.

Seperti yang dilakukan di Lampung. Keripik pisang adalah salah satu oleh-oleh khas Lampung. 9. Hasil industri rumah tangga: aneka macam gorengan Untuk orang-orang yang tinggal dekat pasar, bisa membuka usaha rumahan berupa aneka macam gorengan dan kue-kue.

Karena lokasi yang strategis maka usaha ini cocok dilakukan. Usaha ini juga bisa berkembang ke penyediaan snack untuk acara rapat kantor, pertemuan, dan acara hajatan. 10. Contoh industri rumahan: pertukangan kayu Usaha tukang kayu dengan membuat pintu, lemari, jendela, dan tempat tidur, dan bahan-bahan lain berbahan kayu biasa dilakukan oleh dwelling house industri. Memanfaatkan sumber daya alam berupa kayu yang melimpah, dan juga pesanan dari orang yang sedang membuat atau merehab rumah, industri ini masih terus berjalan hingga sekarang.

Tidak semua orang bisa melakukan usaha pertukangan kayu ini. Ini salah satu faktor yang menjadikan industri tukang kayu masih jalan, karena tidak terlalu banyak saingan. 11. Home industri ibu rumah tangga: daur ulang sampah Daur ulang sampah juga bisa menjadi peluang usaha rumah tangga.

Misalkan, memanfaatkan koran untuk membuat kerajinan seperti tas, dompet, dan bahan-bahan kerajinan lainnya. Atau pemanfaatan sampah plastik untuk membuat kerajinan tas. Botol-botol bekas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat vas bunga. Banyak ide-ide yang bisa digali, apalagi banyak tutorialnya via youtube.

12. Habitation industri untuk pemula: beternak Untuk pemula yang mau memulai home industri, bisa memulai dengan usaha beternak. Misalkan beternak sapi, kambing etawa, ayam, bebek, atau lele. Asalkan tekun dan mau belajar dari orang-orang yang sudah sukses sebelumnya, maka home industri ini bisa sukses. 13. Industri kecil: pupuk kandang Untuk anda yang memiliki industri ternak, bisa memanfaatkan kotorannya untuk usaha penyediaan pupuk kandang.

Jadi, tidak hanya ternaknya saja yang bisa diambil manfaatnya. Limbah kotorannya juga bisa menjadi pupuk yang bisa anda jual. 14. Jualan online Rumah tangga juga bisa memulai usaha jualan online baik lewat ecommerce, facebook, instagram, media sosial, atau lewat toko online pribadi. Jualan online bisa dilakukan oleh domicile industri. Tidak perlu karyawan terlalu banyak.

15. Jasa cuci motor Usaha rumahan ini juga tidak butuh modal banyak, tidak butuh karyawan banyak juga. Bisa 1-4 orang karyawan saja. Dengan banyaknya kendaraan bermotor saat ini, jasa cuci motor banyak juga dicari. Saya pun biasanya nyuci motor di tukang steam. 16. Service barang-barang elektronik Untuk anda yang punya keahlian service barang elektronik, anda bisa membuka jasa ini. Anda bisa beriklan di facebook, instagram, atau di olx secara costless. Makin luasnya penggunaan contoh hasil industri rumah tangga adalah, makin memudahkan anda untuk promosi jasa anda.

17. Usaha industri kreatif: desain digital Dengan memanfaat laptop atau komputer, dan anda termasuk orang yang kreatif, anda bisa membuat usaha desain seperti desain logo. Anda bisa memanfaatkan fiverr atau situs freelance lainnya utnuk promosi jasa anda.

Anda bisa membentuk usaha 4 orang untuk bekerja sama. Kesimpulan Ada banyak ide usaha rumah tangga yang bisa anda geluti. Bisa di bidang pertanian, perkebunan, perdagangan, dan sebagainya. Termasuk memanfaatkan contoh hasil industri rumah tangga adalah bekas. Itulah kumpulan contoh industri rumah tangga beserta penjelasannya. Baca juga: Struktur Lamaran Pekerjaan. Jelaskan Dan Berilah Contoh Industri Rumah Tangga Source: https://riniisparwati.com/contoh-industri-rumah-tangga/ Terbaru • Cara Mengganti Foto Profil Fb Tanpa Like • Penanganan Limbah Produksi Pakan Ternak Unggas Pdf • Cara Memasang Lampu Tumblr Di Dinding Kamar Tanpa Paku • Menurunkan Tegangan 24 Volt Ke 12 Volt Dengan Resistor • Contoh hasil industri rumah tangga adalah Gambar Klipping Budi Daya Ternak Hias • Cara Mengatasi Kartu Sim Ditolak Di Hp Nokia • Lima Cara Mengungkapkan Terima Kasih Kepada Orang Tua • Daftar Harga Timbangan Ternak Sapi 2018 Di Surabaya • Cara Membuat Pohon Cemara Dari Kertas Origami Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
MENU • Beranda • Sosiologi • Sosiologi Hukum • Sosiologi Klasik • Sosiologi Pedesaan • Sosiologi Perkotaan • Sosiologi Pendidikan • Sosiologi Politik • Sosiologi Menurut Para Ahli • Sosiologi Agama • Kajian Sosiologi • Sosiologi Umum • Sosiologi Perguruan Tinggi • Sosiologi SMA • Tokoh Sosiologi • Globalisasi • Penelitian Sosial • Lainnya • Antropologi • Ekonomi • Masyarakat dan Penduduk • Sosial • Karya Tulis • Budaya • Contact Us • Disclaimer • Privacy Policy • Perkembangan zaman yang semakin maju saat ini telah mengubah beberapa kehidupan mulai dari arti pendidikan, bidang ekonomi, dan lain sebagainya.

Semakin pesatnya perkembangan zaman disaat ini, pada akhirnya membuat banyak individu harus melakukan sebuah makna inovasi atau kreatifitas dalam berbagai usaha yang dilakukannya. Tujuannya yaitu agar segala usaha yang sedang dirintis bisa bersaing dengan dunia bisnis yang lainnya. Bahkan hingga sekarang ini usaha-usaha mikro, kecil, menengah, dan besar juga semakin banyak. Salah satu bentuk usaha yang cukup mudah dilakukan oleh individu untuk memulai suatu bisnis atau usaha adalah industri rumah tangga.

Pada saat ini home industry menjadi salah satu bisnis yang banyak peminatnya, bahkan aneka produk yang dijual juga bermacam-macam. Sehingga hal tersebut bisa mempermudah konsumen yang membutuhkan barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Daftar Isi • Industri Rumah Tangga • Contoh Industri Rumah Tangga • Usaha pembuatan tempe • Bisnis dan usaha konveksi • Jasa photography • Jasa laundry • Bisnis pembuatan keripik • Bisnis aneka macam gorengan • Pertukangan kayu • Daur ulang sampah • Peternakan • Usaha pupuk kandang • Jualan online • Jasa cuci motor • Service barang-barang elektronik • Usaha desain digital • Industri dari bahan baku kulit hewan • Industri dari berbagai sumber daya alam • Usaha pengolahan tahu • Pembuatan furniture • Industri Sabun • Bisnis air minum • Pembuatan Batu Akik • Tanaman Hias • Sebarkan ini: • Posting terkait: Industri Rumah Tangga Industri rumah tangga yang dalam bahasa asing disebut dengan istilah home industry.

Arti kata home adalah rumah, kampung halaman, atau tempat tinggal. Sedangkan yang dimaksud dengan industry ialah suatu usaha barang atau jasa dan sebuah kerajinan.

Secara singkat arti home industry atau industri rumah tangga adalah rumah usaha produk barang atau jasa dalam skala yang kecil. Industri rumah tangga lebih sering dikatakan sebagai perusahaan kecil, karena pada kegiatan ekonomi pada bisnis ini dipusatkan di rumah. Selain itu, industri rumah tangga juga termasuk jenis wirausaha yang cukup mudah untuk dilakukan, karena adanya beberapa kelebihan salah satunya yaitu tidak memerlukan modal yang begitu besar.

Contoh Industri Rumah Tangga Industri rumah tangga memiliki beberapa contoh yang bisa dipelajari yaitu; • Usaha pembuatan tempe Salah satu contoh industri rumah tangga yang pertama adalah bisnis pembuatan tempe yang dilakukan dirumah.

Dimana bisnis ini merupakan salah satu enis industri yang melakukan pengolahan kedelai hingga menjadi tempe. Biasanya jenis usaha semacam ini hanya membutuhkan beberapa karyawan saja dan tidak terlalu banyak, oleh karena itu disebut pula sebagai salah satu contoh industri rumah tangga.

• Bisnis dan usaha konveksi Usaha konveksi merupakan salah satu jenis industri rumah tangga yang bisa memenuhi kebutuhan sandang masyarakat. Oleh karena itu usaha konveksi ini termasuk salah satu jenis usaha yang selalu dicari masyarakat dan akan terus dibutuhkan. • Jasa photography Perlu anda ketahui bahwa jasa fotografi termasuk salah satu jenis industri rumah tangga karena jasa fotografi ini bisa hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja dalam keluarga itu sendiri. Selain itu bisnis ini cukup memberikan peluang yang baik karena bisa mengabadikan beberapa moment atau kenangan yang penting bagi acara-acara penting seseorang mulai dari wisuda, pernikahan, ulang tahun, atau wisata, dan lain-lain.

• Jasa laundry Laundry termasuk contoh industri rumah tangga karena pada bisnis ini tidak membutuhkan karwayan yang terlalu banyak yaitu hanya sekitar 2 sampai dengan 4 orang saja. Selain itu modal untuk usaha yang satu ini juga tidak terlalu besar sehingga bisa dilakukan oleh rumah tangga.

• Bisnis pembuatan keripik Jenis usaha ini biasanya dapat dilakukan di rumah tangga pedesaan, yaitu dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada disekitarnya. Bahkan jenis keripik yang dibuatnya juga bisa divariasikan dengan berbagai jenis rasa mulai dari gurih, manis, pedas, coklat, dan lain-lain. • Bisnis aneka macam gorengan Jenis usaha yang satu ini umumnya juga tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak cukup 1 sampai dengan 2 orang saja.

Biasanya penjual gorengan ini juga tinggal dekat pasar, sehingga bisa sekaligus membuka usaha rumahan berupa aneka macam gorengan maupun kue-kue yang lainnya. • Pertukangan kayu Usaha pertukangan kayu ini termasuk jenis industri rumah tangga, karena bisnis ini bisa dilakukan di rumah dengan kemampuan yang dimiliki pemilik rumah atau anggota keluarga itu sendiri.

Umumnya jasa tukang kayu ini digunakan dalam hal pembuatan pintu, lemari, jendela, tempat tidur, dan barang-barang yang lainnya. • Daur ulang sampah Bagi sebagain orang yang kreatif dan dapat mengambil peluang dari setiap kondisi yang ada disekitarnya, maka jenis usaha ini bisa dilakukan.

Usaha daur ulang sampah ini bisa menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang memanfaatkan barang-barang bekas menjadi produk yang bermanfaat. Salah satu contohnya yaitu memanfaatkan koran menjadi dompet, tas dan lain- lain. • Peternakan Usaha ternak juga termasuk industri rumah tangga, karena bisnis ini umumnya bisa dengan mudah dilakukan dirumah dan dirintis oleh anggota keluarga itu sendiri.

Contoh usaha ternak ini yaitu ternak ayam, kambing, sapi, bebek, lele dan lain sebagainya. • Usaha pupuk kandang Usaha contoh hasil industri rumah tangga adalah berhubungan secara langsung dengan usaha ternak. Bagi seseorang yang sudah melakukan usaha ternak maka bisa memanfaatkan kotorannya untuk dijadikan sebagai pupuk kandang. Sehingga hasil dari pengolahan kotoran hewan itu tadi bisa dijual kembali dan menghasilkan keuntungan.

• Jualan online Contoh industri rumah tangga yang berikutnya yaitu bisnis online yaitu menjual beragam produk mulai dari baju, tas, makanan dan lain sebagainya melalui sosial media. Salah satunya yaitu bisa melalui ecommerce, instagram, shopee, facebook, dan media sosial lainnya. • Jasa cuci motor Usaha ini termasuk usaha rumahan yang hanya membutuhkan sedikit tenaga kerja. Sehingga jasa cuci motor ini menjadi salah satu peluang yang cukup baik untuk membangun industri dalam rumah tangga. Apalagi jika membukannya di berbagai tempat strategis seperti di wilayah sekolah atau Kampus.

• Service barang-barang elektronik Seseorang yang memiliki kemampuan dalam bidang elektronik juga bisa memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk membuka usaha service barang-barang elektronik. Sehingga kemampuan yang anda miliki ini bisa memberikan keuntungan yang cukup baik pada keuangan keluarga anda. • Usaha desain digital Industri rumah tangga yang satu ini merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak dalam dunia digital dan kreatifitas. Selain itu usaha ini juga tidak perlu membutuhkan banyak modal yaitu hanya dengan laptop atau komputer saja.

• Industri dari bahan baku kulit hewan Usaha yang satu ini contohnya yaitu membuat produk-produk dari bahan baku kulit seperti usaha pembuatan tas, jaket kulit, dompet, dan lain sebagainya.

Tetapi yang perlu dihindari manakala hewan tersebut dilindungi haruslah diataati, jangan semata-mata karena bisnis menghilangkan habitat aslinya. • Industri dari berbagai sumber daya alam Usaha ini biasanya memanfaatkan sumber daya alam diantaranya seperti anyaman bambu, rotan, dan sebagainya.

Tentusaja sumber daya alam yang dimaksudkan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui keberadaannya sehingga tidak mengcancam keberlangsungan makhluk hidup. • Usaha pengolahan tahu Contoh industri rumah tangga ini pada umumnya berasal dari bahan kedelai yang menghasilkan tempe dan tahu. Tempe dan tahu termasuk bahan makanan yang sering dicari oleh masyarakat, sehingga usaha ini cukup menjanjikan.

• Pembuatan furniture Usaha atau bisnis furniture merupakan salah satu contoh industri rumah tangga yang mampu menghasilkan barang-barang seperti rak buku, meja, kursi, dan lain-lain. Sehingga peluang furniture ini cukup baik, apalagi jikalau mampu memanfaatkan barang-barang bekas. • Industri Sabun Beberapa orang rumahan yang kreatif juga bisa membuat usaha yang satu ini. Industri sabun termasuk usaha yang cukup menarik dan tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya.

Sehingga usaha ini bisa dicoba bagi seseorang yang ingin memulai berbisnis dari rumah. • Bisnis air minum Contoh industri rumah tangga yang terakhir adalah usaha air minum. Dimana dalam bisnis ini sangat baik dan selalu dicari banyak orang. Karena setiap orang selalu membutuhkan air untuk memenuhi arti kebutuhan hidup dirinya sendiri.

• Pembuatan Batu Akik Pembuatan batu akik sebagai pernak pernik ataupun hiasan menjadi salah satu produk dalam industri rumah tangga. Apalagi dikala-kala tertentu produk ini sangat digemari oleh berbagai pihak yang melakukan koleksi atas batu-batu akik.

contoh hasil industri rumah tangga adalah

• Tanaman Hias Salah satu contoh nyata daripada home industry dalam bidang pertanian ialah memperjual belikan tanaman hias untuk mempercantik sekaligus menghias rumah agar terlihat rapih. Maka tak khayal banyak para Ibu Rumah Tangga sampai anak-anakpun gemar dengan hasil tanaman hias. Sebenarnya banyak sekali dalam bisnis industri rumah tangga ini, tetapi yang pasti ada beberapa ciri yang cukup terkenal diantaranya seperti; • Membutuhkan modal yang tidak begitu besar • Tenaga kerja atau pegawai bisa diambil dari kalangan keluarga sendiri • Pemilik industri biasanya ialah kepala rumah tangga atau anggota contoh hasil industri rumah tangga adalah sendiri Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa industri rumah tangga atau home industry adalah sebuah bisnis, usaha, atau industri yang mana dalam kegiatan ekonominya menggunakan tenaga kerja kurang dari empat orang.

Kemudian didirikannya industri rumah tangga ini tentunya ada tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk memperoleh laba atau keuntungan usaha yang sedang dirintisnya. Oleh karena itu dalam prinsip industri rumah tangga ini juga menerapkan prinsip ekonomi yaitu berupa pengorbanan yang seminimal mungkin untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.

Selain itu, industri rumah tangga juga bertujuan agar kegiatan ekonomi dalam skala kecil tetap berjalan stabil dan bisa memberikan kontribusi secara langsung dalam dunia bisnis. Itulah tadi artikel yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai contoh industri rumah tangga ( home industry) yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya. Posting terkait: • 15 Manfaat Kerjasama dalam Kehidupan Sehari-hari • 7 Contoh Fasilitas Kesehatan di Masyarakat dalam Keseharian • 21 Contoh Nasionalisme dan Patriotisme di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat Posting contoh hasil industri rumah tangga adalah Ekonomi, Kehidupan Sehari-Hari Ditag ciri industri rumah tangga, contoh home industry, contoh industri rumah tangga, home industry, home industry adalah, industri rumah tangga, industri rumah tangga adalah, pengertian industri rumah tangga, produk industri rumah tangga Navigasi pos Kategori • Antropologi • Budaya • Ekonomi • Geografi • Globalisasi • Kajian Sosiologi • Karya Tulis • Kategori Tingkatan • Kehidupan Sehari-Hari • Lainnya • Masyarakat dan Penduduk • Penelitian Sosial • Sejarah • Sosial • Sosiologi • Sosiologi Agama • Sosiologi Hukum • Sosiologi Keluarga • Sosiologi Klasik • Sosiologi Menurut Para Ahli • Sosiologi Pedesaan • Sosiologi Pendidikan • Sosiologi Perguruan Tinggi • Sosiologi Perkotaan • Sosiologi Politik • Sosiologi SMA • Sosiologi Umum • Teori Sosiologi • Tokoh Sosiologi

Lihat Ini Industri Kecil di Desa




2022 www.videocon.com