Cara bikin jenang grendul jawa

cara bikin jenang grendul jawa

Jenang grendul merupakan makanan yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Berbahan dasar tepung ketan membuat jenang grendul memiliki kandungan karbohidrat yang mengenyangkan. Penyajianya bisa berupa bola-bola, lalu disiram dengan santan dan gula. Kombinasi ketiga bahan tersebut menghasilkan tekstur yang lembut dan legit dengan rasa segar. Jenang grendul juga dikenal dengan bubur candil atau bobanya Indonesia.

Dalam resep ini, kamu akan mengetahui cara membuat jenang grendul yang lembut dan legit. Cocok dijadikan alternatif menu sarapan, lho. ilustrasi tepung (Unsplash.com/Immo Wegmann) Bahan utama: cara bikin jenang grendul jawa 250 gram ketan • 150 ml air hangat • 1 sdm kapur sirih Bahan bubur: • 50 gram tepung ketang • 2 sdm tepung maizena • 250 gram gula merah • 50 gram gula putih • 750 ml air Bahan kuah santan: • 1 butir kelapa • 1/4 sdt garam • 2 sdt tepung maizena • 1/4 sdt vanili • 2 lembar daun pandan Bahan pelengkap: • Kuah santan ilustrasi santan (instagram.com/dapursistanana) Kamu perlu menyiapkan satu setengah butir kelapa untuk mendapatkan 750 ml santan.

Sebelum memarut, kamu harus mengupas kulit kelapa agar santan yang dihasilkan berwarna putih seperti susu. Jika sudah, tambahkan 750 ml air, lalu peras beberapa kali sampai sari kelapa tak tersisa. Setelah itu, kamu bisa segera memprosesnya. Campur santan bersama tepung maizena, garam, dan vanili bubuk. Sebelum api dinyalakan, lebih baik kamu mengaduknya terlebih dahulu. ilustrasi adonan (Pexels.com/Skitterphoto) Sambil menunggu kuah santan dingin, kamu bisa memasak jenangnya.

Siapkan wadah untuk menguleni tepung ketannya agar bisa dibentuk menjadi bulat-bulat. Setelah siap, tuangkan semua tepung ketan yang sudah disiapkan, lalu campur satu sendok kapur sirih. Jangan diaduk dulu, kamu harus menambahkan air agar bisa diaduk. Setelah semuanya ada di wadah, kamu bisa menguleninya sampai kalis dan menjadi bulat bulat ukuran sedang.

Lakukan perlahan dan konsisten dengan tangan. Baca Juga: Resep Jenang Saren, Dessert Legit Khas Solo yang Rasanya Menggiurkan ilustrasi adonan direbus (instagram.com/cookingwithhel) Jika adonan tepung ketang bisa dibentuk, kamu bisa langsung merebusnya bersama air gula. Siapkan panci berukuran besar, tuangkan 750 air, gula pasir, daun pandan, dan gula merah.

Biarkan beberapa saat sampai semua bahan yang ada di panci tercampur rata. Kalau sudah mendidih, kamu bisa memasukan adonan yang sudah dibentuk ke dalamnya. Tidak perlu diaduk karena bisa mengakibatkan adonan hancur, biarkan saja sampai adonan tersebut mengapung dengan sendirinya. ilustrasi jenang grendul (instagram.com/cookingwithhel) Setelah adonan tepung ketan terlihat mengapung, itu tandanya kamu bisa langsung memasukkan larutan tepung ketan dan maizena. Aduk terus sampai kuahnya mengental.

Jika sudah, kamu bisa mematikan kompor. Setelah itu, sajikan jenang grendul. Penyajiannya bisa disesuaikan dengan selera. Untuk menghidangkannya bisa menggunakan mangkuk. Tuangkan jenang grendulnya ke dalam mangkuk, lalu siram dengan kuah santan yang sudah kamu buat di awal.

Orang Jawa biasanya menyantap jenang grendul untuk sarapan. Kamu juga bisa mengikutinya dengan membuat jenang grendul sendiri melalui resep di atas. Tekstur kenyal dan legitnya menggoyang lidah banget, deh! Baca Juga: 5 Tempat Makan Jenang di Yogyakarta, Nikmatnya Bikin Nostalgia Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • Kamu Workaholic?

Waspadai 7 Tanda Kamu Terlalu Keras ke Diri Sendiri • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • Menko Muhadjir: Biaya Pasien Hepatitis Akut Ditanggung BPJS Kesehatan • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan Resep jenang grendul yang enak dan lezat itu gampang banget lho bikinnya.

Makanan khas yang katanya dari Solo atau Jogja ini bisa kamu coba sendiri di rumah. Jenang grendul ini ada juga yang menyebutnya bubur candil lho. Cara membuatnya simple dan nggak ribet. Buat kamu yang ada di Jawa Timur, Madura, dan daerah lainnya, cobain deh bikin ini. Kalau pengen resep dari NCC, bisa juga sih. Jenang grendul ini cocok banget deh buat jajanan di rumah. Untuk acara yang sederhana ataupun spesial juga bisa menggunakan menu ini lho.

Isi Artikel • Bahan Grendul • Bahan Kuah Gula Merah • Bahan Kuah Santan • Cara Membuat Jenang Grendul Bahan Grendul • 300 gram tepung ketan • 240 ml air hangat • 1/2 sendok teh garam Bahan Kuah Gula Merah • 900 ml air • 250 gula merah yang sudah disisir (diserut) • 3 lembar daun pandan yang diikat simpul • 3 sendok makan tepung sagu yang dilarutkan dengan 3 sendok makan air • 1/2 sendok teh garam Bahan Kuah Santan • 300 ml santan yang didapat dari 1/2 butir kelapa • 1 lembar daun pandan • 1/4 sendok teh garam Cara Membuat Jenang Grendul • Pertama, kita akan membuat grendul atau candil terlebih dahulu.

• Campurkan tepung ketan dan garam, lalu aduk. • Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, aduk sampai menggumpal dan tercampur rata. • Rebus air, gula merah, daun pandan, dan garam. Aduk terus sampai mendidih, lalu saring.

• Masak lagi kuah gula merah, masukkan grendul yang sudah dibuat, masak sampai cara bikin jenang grendul jawa terapung.

• Setelah grendul terapung, masukkan tepung sagu atau kanji, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup. • Kalau sudah matang, angkat dan sisihkan. • Buat kuah santan, campurkan, santan, daun pandan, dan garam. • Rebus sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Masak sampai mendidih ya. • Susun jenang grendul ke dalam mangkuk, tuang kuah santan di atasnya. • Jadi deh, jenang grendul sudah siap untuk disantap. Sebenarnya, kamu bisa kok mengganti bahan tepung ketan dan tepung berasnya.

Kamu bisa coba memakai ubi jalar, jagung, labu kuning, singkong, ubi ungu, dan jenis ubi lainnya. Resep di atas ini cocok buat kamu yang memang ingin membuat jenang grendul tanpa air kapur ya. Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti bubur sumsum, mutiara, atau bubur lainnya sebagai pelengkap lho. Resep jenang grendul di atas mudah bukan membuatnya? Kamu bisa membuat masakan yang simple seperti di atas untuk momen spesial lho. Selamat mencoba 🙂
Resep Jenang Grendul Khas Jogja – Grendul merupakan nama yang diberikan untuk olahan jenang, yang diambil karena buburnya berasal dari gula merah serta ada bola-bola kecilnya.

Bisa membayangkan sendiri bagaimana bentuknya, bukan? Sebutan lain dari jenang ini adalah bubur candil. Untuk mencicipi rasanya yang nikmat, Anda dapat datang langsung ke Jogja karena di sana terdapat berbagai warung yang menjualnya.

Namun, biasanya jenang grendul ini dijual oleh ibu-ibu dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Akan tetapi, kalau Anda tidak sempat pergi cara bikin jenang grendul jawa sana, silahkan membuatnya sendiri dengan menggunakan resep jenang grendul khas Jogja yang berciri khas tersebut.

Jenang Grendul Khas Jogja Cara membuatnya dengan resep jenang grendul khas Jogja tidak sulit. Perhatikan saja step-stepnya yang ada!

Bahan Jenang Grendul: • ¼ kg tepung ketan • 400 ml air biasa • 225 ml air hangat • 150 gram gula merah, disisir • 2 lembar daun pandan • 2 sendok teh air kapur sirih • Garam secukupnya Bahan Kuah Jenang Grendul: • 1 lembar daun pandan • 125 ml santan kental • Garam secukupnya Cara Membuat: • Persiapkan semua alat dan bahan yang akan dipergunakan untuk mengolahnya • Kemudian campurkan 200 gram tepung ketan bersama air kapur sirih dan garam • Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil juga diuleni pada adonan tersebut hingga dapat dipulung • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat sebesar kelereng.

Sisihkan • Buat adonan candil dengan memasak gula merah dan daun pandan beserta air sampai mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk-aduknya sampai tercampur rata • Masukkan bulatan tepung ketan tadi ke dalamnya dan biarkan matang serta terapung seperti ketika membuat klepon • Campurkan sisa tepung ketan tadi, yaitu 50 gram dengan sedikit air. Tambahkan ke dalam adonan candil dan masak menggunakan api sedang sampai mengental.

Tetap aduk-aduk dan didihkan sebentar. Angkat. • Lalu buat kuah dengan mencampurkan semua bahan, lalu rebus sampai mendidih dengan diaduk-aduk. Angkat. • Ambil mangkuk saji, tuangkan bubur candil secukupnya kemudian tuangi atasnya dengan santan.

• Sajian siap dihidangkan dan dinikmati Sekedar tips dari resep jenang grendul khas Jogja saja, supaya kotoran gula merah tidak terbawa dalam bubur tersebut, saring terlebih dahulu sebelum bulatan tepung ketan dimasukkan. Selanjutnya, kapan dan dimana Anda akan menyantap jenang grendul itu terserah Anda.

Sebab, mau dimakan dimana dan kapan saja, jenang dengan resep jenang grendul khas Jogja ini akan tetap enak dan berciri khas. Baca Juga : Resep Membuat Jenang Gempol Khas Jogja Itulah tadi cara membuat makanan khas Jawa Tengah, yaitu resep jenang grendul khas Jogja.

Semoga Anda bisa menjadikannya panduan yang benar-benar gampang untuk menyajikan bubur tersebut. Salam koki! • TAGs: • doa pagi setelah salat subuh • Caymi Studnicka • biaya hidup • dzikir pendek setiap hari • Ghost Rider: Spirit of Vengeance • Bella Esmeralda • Zayden Kai Callisto • mas Bian • Wedding Agreement • George Perez • rekrutmenbersama.fhcibumn.id • Kenjeran Park • Park Jun • Vera Nanda Putri • Liang • Charn Janwatchkal • surat yang wajib dibaca setelah sholat • dzikir minta pertolongan Allah SWT • bedcover • action figure Sedangkan jenang adalah sebutan orang Jawa Tengah yang berarti bubur.

Rasanya yang manis dan gurih membuat makanan ini sangat dicari para pecinta kuliner. Makanan ini sangat cocok disantap ketika malam hari. Apalagi disajikan dalam keadaan yang mansih panas. Penasaran gimana cara membuat jenang grendul ini? Simak penjelasan berikut, seperti yang dilansir TribunStyle.com dari akun YouTube Yuk Kita Masak.
Berikut Cara Membuat Jenang Grendul yang Lembut dan Legit Berikut Cara Membuat Jenang Grendul yang Lembut dan Legit – Salah satu makanan ringan berupa jenang yang berbentuk bulat-bulat kecil yang sering disebut Jenang Grendul atau bubur Candil atau biji salak lebih lembut dan empuk.

Dinamai grendul karena candilnya dibuat bentuk bulat kecil seperti bola-bola bakso yang diberi areh. Areh adalah kuah yang terbuat cara bikin jenang grendul jawa santan, garam dan daun pandan, sedangkan untuk pemanisnya diberi gula aren dan gula pasir. Jenang grendul merupakan makanan yang berasal dari Cilacap, Jawa Tengah. Berbahan dasar tepung ketan membuat jenang grendul memiliki kandungan karbohidrat yang mengenyangkan.

Penyajianya bisa berupa bola-bola, lalu disiram dengan santan dan gula. Kombinasi ketiga bahan tersebut menghasilkan tekstur yang lembut dan legit dengan rasa segar. Jenang grendul juga dikenal dengan bubur candil atau bobanya Indonesia. Dalam resep ini, kamu akan mengetahui cara membuat jenang grendul yang lembut dan legit.

cara bikin jenang grendul jawa

Cocok dijadikan alternatif menu sarapan, lho. Bahan utama: • 250 gram ketan • 150 ml air hangat • 1 sdm kapur sirih Bahan bubur: • 50 gram tepung ketang • 2 sdm tepung maizena • 250 gram gula merah • 50 gram gula putih • 750 ml air Bahan kuah santan: • 1 butir kelapa • 1/4 sdt garam • 2 sdt tepung maizena • 1/4 sdt vanili • 2 lembar daun pandan Bahan pelengkap: • Kuah santan Kamu perlu menyiapkan satu setengah butir kelapa untuk mendapatkan 750 ml santan.

Sebelum memarut, kamu harus mengupas kulit kelapa agar santan yang dihasilkan berwarna putih seperti susu. Jika sudah, tambahkan 750 ml air, lalu peras beberapa kali sampai sari kelapa tak tersisa. Setelah itu, kamu bisa segera memprosesnya. Campur santan bersama tepung maizena, garam, dan vanili bubuk. Sebelum api dinyalakan, lebih baik kamu mengaduknya terlebih dahulu.

Jika semua bahan tercampur rata, kamu bisa masukkan daun pandan yang diikat, lalu nyalakan api sedang. Aduk beberapa saat sampai santan mengental dan mendidih. Sambil menunggu kuah santan dingin, kamu bisa memasak jenangnya. Siapkan wadah untuk menguleni tepung ketannya agar bisa dibentuk menjadi bulat-bulat. Setelah siap, tuangkan semua tepung ketan yang cara bikin jenang grendul jawa disiapkan, lalu campur satu sendok kapur sirih. Jangan diaduk dulu, kamu harus menambahkan air agar bisa diaduk.

Setelah semuanya ada di wadah, kamu bisa menguleninya sampai kalis dan menjadi bulat bulat ukuran sedang. Lakukan perlahan dan konsisten dengan tangan. Jika adonan tepung ketang bisa dibentuk, kamu bisa langsung merebusnya bersama air gula.

Siapkan panci berukuran besar, tuangkan 750 air, gula pasir, daun pandan, dan gula merah. Biarkan beberapa saat sampai semua bahan yang ada di panci tercampur rata. Kalau sudah mendidih, kamu bisa memasukan adonan yang sudah dibentuk ke dalamnya.

cara bikin jenang grendul jawa

Tidak perlu diaduk karena bisa mengakibatkan adonan hancur, biarkan saja sampai adonan tersebut mengapung dengan sendirinya. Setelah adonan tepung ketan terlihat mengapung, itu tandanya kamu bisa langsung memasukkan larutan tepung ketan dan maizena.

Aduk terus sampai kuahnya mengental. Jika sudah, kamu bisa mematikan kompor. Setelah itu, sajikan jenang grendul. Penyajiannya bisa disesuaikan dengan selera. Untuk menghidangkannya bisa menggunakan mangkuk. Tuangkan jenang grendulnya ke dalam mangkuk, lalu siram dengan kuah santan yang sudah kamu buat di awal. Orang Jawa biasanya menyantap jenang grendul untuk sarapan. Kamu juga bisa mengikutinya dengan membuat jenang grendul sendiri melalui resep di atas.

Tekstur kenyal dan legitnya menggoyang lidah banget, deh! Jenang ini bisa dibuat dari bahan adonan dasar tepung beras atau tepung ketan, tepung ubi jalar atau ubi ungu, ubi kuning, ubi merah, ubi putih, dan singkong ubi kayu atau jagung manis untuk jenang jagung.

cara bikin jenang grendul jawa

Bahan adonan dasar jenang grendul ini yaitu tepung kanji/tapioka, walaupun ada yang membuatnya dengan tepung beras dan tepung ketan agar empuk dan lembut, kemudian makanan ini bisa dicampur atau dikombinasikan pada umumnya dengan ketela singkong, ubi ungu/ubi madu kuning, dan aneka kreasi lainnya. • ← Lima Rekomendasi Minuman yang Nikmat Ketika Dicampur Serai • Beragam Minuman Unik yang Sempat Viral Sepanjang Tahun 2021 →
KOMPAS.com - Jenang gredul atau biasa dikenal bubur candil banyak dijual di pasar tradisional di Jawa Tengah maupun Yogyakarta.

Sajian ini umumnya disantap dengan siraman kuah santan yang gurih. Tak jarang, banyak yang menikmatinya untuk menu sarapan. Jika tertarik untuk membuatnya, kamu bisa menyontek resep jenang grendul dari buku "Sajian Istimewa Nusantara Aneka Kolak, Es dan Bubur" oleh Raditha Hapsari terbitan Galang Press Media Utama berikut.

Baca juga: • Resep Bubur Candil Tepung Ketan Hitam, Siram Saus Santan • Resep Jenang Gempol Khas Yogyakarta, Bisa untuk Sarapan Resep jenang grendul ini memakai campuran tepung ketan dan tepung beras, sehingga hasilnya lebih kenyal dan lembut. Resep jenang grendul Bahan • 200 gram tepung ketan • 50 gram tepung beras • 200 ml gula jawa, serut • 700 ml air Bahan kuah santan • 500 ml santan • 1/2 sdt garam • 1 lembar daun pandan Baca juga: 3 Beda Biji Salak dengan Candil yang Sering Dikira Sama Cara cara bikin jenang grendul jawa jenang grendul SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi bubur biji salak atau candil, sajian untuk buka puasa.

1. Campur tepung ketan, tepung beras, dan gula jawa serut, uleni sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. Lakukan sampai adonan kalis. Sebagai catatan, sisakan sedikit tepungnya untuk campuran jenangnya nanti. 2. Bentuk adonan menjadi bulatan kelereng.

Sisihkan.Cara Membuat Jenang Grendul. Cara membuat jenang grendul, resep jenang grendul solo, jenang grendul, resep kue dari tepung gaplek, resep bubur grendul, aneka olahan dari tepung gaplek, resep cenil singkong, bubur grendul, tweet.

Bentuk bulat bulat kecil lakukan hingag semua adonan tepung terbentuk bulat, sisihkan. Resep Jenang Grendul Dan Cara Membuat - Bacaresepdulu.com from www.bacaresepdulu.com Di bulan ramadhan ini, tak sedikit penjual takjil yang menjajakan berbagai macam makanan ringan dan minuman segar untuk dijadikan menu berbuka puasa. Diawali dengan menyuwir ayam yang telah direbus. Dalam artikel kali ini merdeka.com akan membagikan resep dan cara membuat jenang dari aneka bahan yang bisa anda praktikkan.

Download Gambar Source: www.youtube.com Cara bikin jenang grendul jawa air, gula merah, dan daun pandan hingga mendidih, masukkan bulatan tepung ketan ke. Campurkan tepung ketan dan garam, lalu aduk. Cara membuat jenang grendul : Pertama, kita akan membuat grendul atau candil terlebih dahulu.

Download Gambar Source: cookpad.com Diawali dengan menyuwir ayam yang telah direbus. Lihat juga cara membuat jenang grendul singkong. Halo sahabat dapur bunda di vidio x ini bunda mau share cara membuat jenang candil dan bahanya adalah 10 sdm tepung.

Jenang adalah salah satu makanan tradisional khas indonesia yang masih ada hingga sekarang. Download Gambar Source: www.bacaresepdulu.com Campur 100 gram tepung ketan, 100 gram tepung beras.

cara bikin jenang grendul jawa

Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dipulung. Buat pencinta masakan bersantan, kamu bisa mengolah bayam menjadi hiding berkuah yang gurih.

Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan dapat di pulung. Download Gambar Source: resepjajanan.netlify.app Cara membuat bubur pati ganyong asli.

Taruh tepung ketan dalam wadah, lalu tambahkan dengan sedikit garam dan air kapur sirih lalu aduk hingga rata. Buat pencinta masakan bersantan, kamu bisa mengolah bayam menjadi hiding berkuah yang gurih.

Campur 100 gram tepung ketan, 100 gram tepung beras. Download Gambar Source: www.youtube.com Campurkan tepung ketan dan garam lalu aduk. Rebus air, gula merah, daun pandan, dan garam. Taruh tepung ketan cara bikin jenang grendul jawa wadah, lalu tambahkan dengan sedikit garam dan air kapur sirih lalu aduk hingga rata.

Cara membuat jenang grendul : Download Gambar Source: resep-hidangan.web.app Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dipulung. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan dapat di pulung.

Bentuk bulat bulat kecil lakukan hingag semua adonan tepung terbentuk bulat, sisihkan. Diawali dengan menyuwir ayam yang telah direbus. Download Gambar Source: bumbubundadini.web.app Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan dapat di pulung. Buat pencinta masakan bersantan, kamu bisa mengolah bayam menjadi hiding berkuah yang gurih. Didihkan air lalu masukkan mutiara sagu dan daun pandan diaduk terus hingga mutiara transparan.

Bentuk bulat bulat kecil lakukan hingag semua adonan tepung terbentuk bulat, sisihkan. Download Gambar Source: cookpad.com Rebus air, gula merah, daun pandan, dan garam. Cara membuat jenang grendul : Cara membuat jenang grendul : Cara membuat jenang grendul : Download Gambar Source: bubur.netlify.app Masak air, gula merah, dan daun pandan hingga mendidih, masukkan bulatan tepung ketan ke.

Hi bundaingin menyajikan makanan penutup yang manis nan legit. Campurkan tepung ketan dan garam, lalu aduk. Jenang grendul adalah salah satu makanan tradisional indonesia. Download Gambar Source: mamakoki.vercel.app Berikut cara membuat jenang grendul yang lembut dan legit.

Masak air, gula merah, dan daun pandan hingga mendidih, masukkan bulatan tepung ketan ke. Cara membuat bubur pati ganyong asli. Di yogyakarta sendiri, jajanan pasar kerap kali menjadi salah satu pilihan makanan untuk berbuka puasa. Download Gambar Source: www.resepenakbgt.com Campur 100 gram tepung ketan dan 100 gram tepung beras. Berikut cara membuat jenang grendul yang lembut dan legit.

140 resep jenang ubi jalar ala rumahan yang sederhana dan lezat dari komunitas memasak terbesar dunia! Cara membuat jenang grendul : Download Gambar Source: cookandrecipe.com Masak bahan seperti santan, gula merah, pandan, dan garam lalu saring, tuangkan pada tepung beras dan ketan, aduk hingga rata.

Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dipulung. Cocok dijadikan alternatif menu sarapan, lho. Halo sahabat dapur bunda di vidio x ini bunda mau share cara membuat jenang candil dan bahanya adalah 10 sdm tepung. Sebagai Catatan, Sisakan Sedikit Tepungnya Untuk Campuran Jenangnya. Cara membuat jenang grendul : Cara membuat jenang grendul : Aneka resep jenang rumahan sederhana yang enak bisa kamu simak bahan dan tips memasaknya disini.

Tuangi Air Hangat Sedikit Demi Sedikit Sambil Diuleni Hingga Adonan Dapat Dipulung. Di yogyakarta sendiri, jajanan pasar kerap kali menjadi salah satu pilihan makanan cara bikin jenang grendul jawa berbuka puasa. Aduk terus sampai mendidih, lalu saring.

Jenang grendul juga dikenal dengan bubur candil atau bobanya indonesia. Masak Bahan Seperti Santan, Gula Merah, Pandan, Dan Garam Lalu Saring, Tuangkan Pada Tepung Beras Dan Ketan, Aduk Hingga Rata.

Makanan sedap dan lembut ini sering kali disebut bersama jenang grendul di jawa tengah. Buat pencinta masakan bersantan, kamu bisa mengolah bayam menjadi hiding berkuah yang gurih. 140 resep jenang ubi jalar ala rumahan yang sederhana dan lezat dari komunitas memasak terbesar dunia! Lihat Juga Cara Membuat Jenang Grendul Singkong. Campurkan tepung ketan dan garam lalu aduk. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan dapat dipulung. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga kalis dan dapat di pulung.
Table of Contents • Jenang • Sejarah Jenang • Apa sih, Jenang itu ?

• Jenang Dalam Tradisi Jawa • Jenang cara bikin jenang grendul jawa Dodol • Jenis – Jenis Jenang • 1. Jenang Abrit Petak • 2. Jenang Lang • 3. Jenang Saloko • 4. Jenang Manggul • 5. Jenang Suran • 6. Jenang Timbul • 7. Jenang Grendul • 8. Jenang Sumsum • 9. Jenang Lahan • 10. Jenang Pati • 11.

cara bikin jenang grendul jawa

Jenang Kolep • 12. Jenang Ngangrang • 13. Jenang Taming • 14. Jenang Lemu Mawi Sambel Goreng • 15. Jenang Koloh • 16. Jenang Katul • 17.

Jenang Warni Empat • Cara Membuat Jenang • 1. Cara Membuat Jenang Rangrang • Bahan-Bahan : • Bahan Kuah Santan : • Cara Membuat Jenang Rangrang : • 2. Cara Membuat Jenang Ketan Hitam • Bahan Jenang : • Bahan Saus Santan : • Cara Membuat Jenang Ketan Hitam : • 3. Cara Membuat Jenang Grendul • Bahan-Bahan : • Cara Membuat Jenang Grendul : • 4.

Cara Membuat Jenang Sumsum • Bahan-Bahan : • Bahan Saus Gula Merah : • Cara Membuat Jenang Sumsum : • 5. Cara Membuat Jenang Mutiara • Bahan-Bahan : • Bahan Saus Santan : • Cara Membuat Jenang Mutiara : • 6. Cara Membuat Jenang Candil • Bahan Bola-Bola : • Bahan-Bahan : • Bahan Saus Santan : • Cara Membuat Jenang Candil : • Note : Jenang Jenang di kalangan masyarakat Jawa khususnya di wilayah Surakarta sudah melekat dari zaman kerajaan hindu-budha dan era walisongo hingga sekarang.

Makanan tradisional khas penduduk Jawa yang terbuat dari beras putih dan beras ketan. Makanan ini kerap hadir sebagai pelengkap di berbagai acara penting seperti hajatan pernikahan, selamatan ibu hamil, selamatan cara bikin jenang grendul jawa yang baru lahir dan masih banyak lagi berbagai acara adat maupun keagamaan. Segala macam acara adat maupun keagamaan tersebut tidak pernah lepas dari kehadiran makanan ini, makanan ini diyakini muncul dari kreativitas masyarakat setempat.

Jenang bukanlah sekedar makanan tradisional yang khas digemari oleh penduduk Jawa. Lebih dari itu, ternyata makanan ini memiliki filosofis dan simbol-simbol yang diyakini oleh masyarakat di daerah Jawa.

cara bikin jenang grendul jawa

Cara bikin jenang grendul jawa sebagai rasa syukur dan terimakasih kepada-Nya, makanan ini juga dijadikan sebagai simbol doa, persatuan, harapan, dan semangat masyarakat Jawa. Jenis-jenis simbol antar jenang satu dengan lainnya berbeda-beda mengingat ada banyak jenisnya yang terkenal di Pulau Jawa. Sejarah Jenang Eksistensi makanan manis ini di kalangan masyarakat Jawa memang sudah mulai luntur khususnya di kota-kota besar.

Namun, di wilayah Surakarta yang masih terdapat kerajaan yang sudah ada dari zaman Hindu-Budha, makanan ini sangat melekat pada setiap acara yang diadakan oleh masyarakat. Makanan yang berbahan dasar tepung beras dan tepung ketan ini sering hadir dalam acara hajatan dan selamatan seperti, pernikahan, selamatan ibu hamil, selamatan bayi baru lahir, dan masih banyak lagi. Berbagai jenis jenang yang cukup terkenal memiliki makna yang berbeda-beda. Contoh seperti Sum-sum, Ketan Hitam, Procot, masih banyak lagi yang lainya dan memiliki filosofi yang khusus.

Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya, makanan ini menjadi sebuah simbol doa, harapan, persatuan, dan semangat masyarakat. Masing-masing dari setiap jenisnya juga menjadi simbol yang berbeda pada setiap acara. Sejarawan dari Universitas Sanata Dharma, Bapak Heri Priyatmoko menemukan dalam Serat Lubdaka karya dari Empu Tanakung. “Penulis dari kitab Serat Lubdaka ini hidup di Zaman Kerajaan Kediri atau di sekitar abad XII,” kata Bapak Heri Priyatmoko. Masakan yang berupa jenang atau bubur telah tercatat didalam kitab itu.

Kitab kuno yang lebih lengkap dalam menulis tentang makanan adalah Kitab Serat Tatacara yang ditulis Ki Padmasusastra pada sekitar tahun 1893. Menurut Bapak Heri, kitab itu mendokumentasikan tentang jenis jenang, bahan hingga penggunaannya di dalam tradisi masyarakat.

Sedangkan sejarawan dari Universitas Sebelas Cara bikin jenang grendul jawa, Tundjung Sutirto mengatakan ada hal yang menarik pada penyajian makanan manis berbentuk bubur dalam budaya Jawa.

“Jenang selalu disajikan dalam acara upacara maupun selamatan,” kata dia. Sangat jarang makanan di sajikan dalam upacara kematian maupun peringatan kematian di Jawa. Oleh karena itu, Tundjung menyimpulkan makanan ini sebagai simbol sebuah kehidupan.

Apa sih, Jenang itu ?

cara bikin jenang grendul jawa

Dalam KBBI jenang adalah bubur ketan atau bisa juga disebut dodol. Di cara bikin jenang grendul jawa daerah di Jawa Tengah seperti Solo dan Yogyakarta jenang adalah penyebutan untuk bubur dan sejenisnya. Menurut pakar kuliner, yaitu Bondan Winarno menyatakan bahwa penyebutan jenang maupun dodol sama saja. Tapi dia lebih cenderung menyebut jenang yang bubur dengan sebutan bubur saja. Menurut Heri Priyatmoko, seorang sejarawan, mengatakan bahwa bubur yang di keraskan adalah dodol.

Jenang Dalam Tradisi Jawa Jenang bukan lah makanan sembarangan bagi masyarakat Jawa. Makanan yang satu ini memiliki arti penting yang seringkali hadir dalam tradisi-tradisi yang berkaitan dengan siklus kehidupan orang Jawa. Masyarakat Jawa memaknainya sebagai simbol tolak balak, sehingga hidangan ini sakral dalam artian wajib disajikan, tidak sekedar hidangan pelengkap dalam acara slametan.

Berbagai jenis jajanan yang kita ketahui memiliki makna yang berbeda-beda. Sum-sum, Ketan, Procot, dan masih banyak lagi memiliki filosofi yang khusus.

cara bikin jenang grendul jawa

Selain sebagai bentuk rasa syukur kepada-Nya, makanan ini menjadi sebuah simbol doa, harapan, persatuan, dan semangat masyarakat. Masing-masing dari setiap jenisnya juga menjadi simbol yang berbeda pada setiap acara. Makanan ini ada dalam banyak acara, misalnya pada acara selamatan untuk ibu hamil akan dilengkapi jenang procotan. Begitu juga pada saat memberi nama kepada bayi yang baru lahir maka dibuat jenang sepasaran. Pada acara selametan / syukuran saat setelah melakukan hajat pernikahan makanan ini ada dengan harapan agar pengantin dan seluruh panitia selalu diberikan kesehatan, mendapat berkah dan kekuatan, akan dilengkapi jenang sungsum.

Eksistensi makanan tradisional ini di kalangan masyarakat memang sudah mulai luntur khususnya di kota-kota besar. Tetapi, pada masyarakat di daerah Jawa khusunya Kabupaten Malang memiliki adat pembuatan Jenang Ketan ketika hajatan seperti Nikahan maupun Khitan. Jenang Ketan adalah salah satu makanan khas yang unik dan tidak akan hilang tempat di masyarakat, dalam artian makanan ini pasti dibuat ketika musim hajatan. Kabupaten Malang merupakan pelopor dan salah satu daerah yang mempertahankan adat pembuatan makanan ini.

Makanan yang satu ini tergolong sebagai jajanan mewah karena termasuk jajanan yang mahal. Cara bikin jenang grendul jawa bahan makanan sudah bisa dilihat cara bikin jenang grendul jawa jajanan ini istimewa, adapun bahan-bahannya yakni beras ketan, gula merah dan santan.

Baca juga Resep Jenang Ketan. Jenang dan Dodol Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, jenang sering disebut juga dodol. Namun sebenarnya tekstur Jenang lebih lembek dari pada Dodol, lebih basah berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Jenang diiris sesuai permintaan pembeli. Sedangkan Dodol lebih kering (kesat), dipotong dengan ukuran 2 cm×1 cm×3 cm.

Pembungkus dodol bisanya berupa plastik atau kertas roti, dan dijual dalam jumlah banyak atau besar di dalam kardus. Jenis – Jenis Jenang Jenang makanan tradisional ini memiliki banyak sekali macamnya, makanan tradisional ini banyak di gemari dan banyak di buat saat acara – acara pada budaya jawa. Solo menjadi kota yang banyak memiliki aneka ragam jenang, di sana jajanan ini sangat terkenal dan banyak yang menyukainya.

Di kota Solo bahkan mengadakan festival jenang untuk memeriahkan hari jadi kota Solo yang ke-269dalam festival tersebut terdapat banyak jenis makan ini. Di bawah ini beberapa macam yang terkenal dan memiliki makna filosofis. 1. Jenang Abrit Petak Dengan warna merah dan putih merepresentasikan penciptaan/asal-usul manusia laki-laki dan perempuan.

2. Jenang Lang Maknanya yaitu selalu melihat sesuatu dengan sudut pandang yang luas, namun tetap fokus dengan apa yang menjadi tujuan. 3. Jenang Saloko Maknanya kesucian itu milik Allah. Manusia harus selalu mewaspadai nafsu dalam dirinya, berani mengoreksin dan memperbaiki diri sebagai jalan untuk bisa mengenal Allah.

4. Jenang Manggul Maknanya adalah manusia harus menjunjung tinggi kebaikan leluhur yang telah mewariskan segala pengetahuan. 5. Jenang Suran Maknanya waktu itu terbatas, manusia seharusnya ingat masa lalu dan memperbaiki masa depan. 6. Jenang Timbul Mempunyai makna harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Manusia harus ingat Allah dan selalu berdoa untuk mewujudkan harapannya menjadi kenyataan. 7. Jenang Grendul Memiliki makna tentang kehidupan yang seperti roda berputar, kadang di atas kadang di bawah.

8. Jenang Sumsum Memiliki makna dalam diri manusia melekat sifat kelemahan dan kekuatan. 9. Jenang Lahan Memiliki makna agar manusia melepaskan semua nafsu negatif, iri, dengki, sombong dan sebagainya di hadapan Allah.

10. Jenang Pati maknanya melebur nafsu dan pasrah kepada Allah. 11. Jenang Kolep Maknanya manusia sebagai mahkluk sosial selalu dihadapkan pada perbedaan. Menghormati dan menghargai perbedaan menjadi nilai yang penting dalam kehidupan sehari-hari. 12.

cara bikin jenang grendul jawa

Jenang Ngangrang Maknanya bahwa manusia seharusnya belajar mengontrol emosi kemarahannya agar kekuatan yang ada pada dirinya bisa bermanfaat untuk sesama. 13. Jenang Taming Maknanya belajar menjaga kekuatan dengan berdoa kepada Allah dan mengenali serta memahami kelemahan diri sendiri.

14. Jenang Lemu Mawi Sambel Goreng Maknanya manusia agar tak lemah membangun semangat baru dalam kehidupan.

15. Jenang Koloh Memiliki makna bahwa kesempurnaan cara bikin jenang grendul jawa tujuan hakiki kehidupan manusia, yang sering dilalaikan dalam kesibukan kehidupan sehari-hari.

16. Jenang Katul Maknanya kita hidup tak bisa berdiri sendiri karena selalu membutuhkan orang lain. 17. Jenang Warni Empat Maknanya simbul nafsu yang melekat pada diri manusia. Warna merah simbol amarah.

Putih diartikan Muthamainah, kuning artinya aluamah dan hijau maknanya sufiyah (nafsu yang selalu ingin memiliki duniawi. Cara Membuat Jenang Membuat jenang dikenal cukup rumit dan panjang dalam proses pengolahannya. Sama seperti dengan membuat dodol, resep dan pembuatan jenang pun hapir-hampir mirip dengan resep dan cara membuat dodol. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin untuk anda coba buat di rumah. Jika anda berniat membuat jenang di rumah dengan jumlah produksi yang banyak, menggunakan mesin pengaduk dodol ini sangat di rekomendasikan.

Pada umumnya alat pengaduk dodol itu juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya. Dengan menggunakan mesin ini dapat membantu mempermudah dan menghemat tenaga untuk membuat jajanan ini dengan jumlah produksi yang banyak. Jika kalian berminat membuat Jenang, berikut ini saya paparkan beberapa Resep dan Cara Membuat Jenang yang bisa langsung cara bikin jenang grendul jawa coba di rumah.

1. Cara Membuat Jenang Rangrang Bahan-Bahan : • 100 gram beras ketan putih, cuci bersih dan tiriskan • 1250 ml air santan kelapa • 1 sdt garam • 2 lembar daun pandan, potong-potong • 120 gram gula aren, disisir halus Bahan Kuah Santan : • 300 ml cara bikin jenang grendul jawa kental • 1 lembar daun pandang, simpulkan • sejumput garam Cara Membuat Jenang Rangrang : • Tuang beras ketan dalam panci, masukkan setengah bagian air santan, tambahkan garam, dan daun pandan.

Gunakan api sedang, masak sampai mendidih dengan terus diaduk pelan hingga meletup-letup. • Masukkan sisa air santan, aduk sampai kental. • Masukkan gula aren, aduk dengan api kecil sampai gula larut dan tercampur rata. Setelah bubur mengental, matikan api. • Untuk membuat kuahnya, didihkan semua bahan kuah santan dengan api kecil.

• Sajikan dalam mangkuk dengan kuah santan, aduk rata. 2. Cara Membuat Jenang Ketan Hitam Bahan Jenang : • 1 liter ketan hitam yang sudah direndam selama 3 jam • Gula sesuai selera • 2 lembar daun Pandan • Garam secukupnya • Air secukupnya Bahan Saus Santan : • 65 ml Santan • 100 ml air • 2 lembar daun pandan • Garam secukupnya Cara Membuat Jenang Ketan Hitam : • Masukkan semua bahan adonan jenang ke dalam panci, masak hingga mendidih dengan api sedang selama 5 menit.

• Setelah 5 menit, matikan kompor dan diamkan selama 30 menit dengan panci tertutup. • Lanjutkan dengan memasak selama 7 menit hingga matang. • Masaklah dengan panci terpisah semua bahan untuk saus santan hingga kental. • Taruh Jenang ketan hitam pada wadah lalu disiram dengan saus santan dan siap untuk disajikan.

3. Cara Membuat Jenang Grendul Bahan-Bahan : • 250 gram tepung ketan • 150 gram tepung beras • 300 mL santan • 300 gram gula merah • 2 lembar daun pandan • 1 sdt garam • 50 mL air Cara Membuat Jenang Grendul : • Campurkan 50 gram tepung ketan, 25 gram tepung beras, dan 50 ml air. • Buat bulatan-bulatan dengan ukuran sekali suap, sisihkan. • Campur 100 gram tepung ketan dan 100 gram tepung beras.

• Masak bahan seperti santan, gula merah, pandan, dan garam lalu saring, tuangkan pada tepung beras dan ketan, aduk hingga rata. • Persiapkan wajan anti lengket, masukan adonan kedalam wajan, masak hingga adonan setengah matang. • Sementara memasak adonan, masak air dan rebus bulatan-bulatan tepung ketan hingga matang dan mengapung, angkat dan tiriskan. • Masukkan bola-bola ketan yang sudah matang ke dalam adonan jenang yang sedang di masak, aduk kembali masak hingga matang sempurna.

cara bikin jenang grendul jawa

• makanan siap disajikan 4. Cara Membuat Jenang Sumsum Bahan-Bahan : • 5 sdm tepung beras • 65 ml santan kelapa • garam secukupnya • air secukupnya • 1 lembar daun pandan Bahan Saus Gula Merah : • 200 gram gula merah • Gula pasir secukupnya • Garam secukupnya • 1 lembar daun pandan • Air secukupnya Cara Membuat Jenang Sumsum : • Campur semua bahan untuk bubur sumsum ke dalam panci • Aduk bahan yang ada di panci • Letakkan panci di atas kompor, nyalakan dengan api sedang • Aduk secara perlahan hingga ada letupan pada bubur, jika sudah kental matikan kompor • Bahan untuk saus gula merah dimasukkan semua • Masak di atas api sedang hingga mendidih, untuk air menyesuaikan kekentalan saus • Jenang sumsum dengan saus gula merah siap dihidangkan 5.

Cara Membuat Jenang Mutiara Bahan-Bahan : • 100 gram sagu mutiara • 1,7 liter air • 2 lembar daun pandan • Gula pasir sesuai selera Bahan Saus Santan : • 65 ml santan • 100 ml air • 2 lembar daun pandan • Garam secukupnya Cara Membuat Jenang Mutiara : • Didihkan air lalu masukkan mutiara sagu dan daun pandan, diaduk terus hingga mutiara transparan. • Setelah matang masukkan gula pasir sesuai selera sambil diaduk.

• Campur semua bahan saus santan dan masak hingga kental. • Jenang mutiara siap disajikan dengan siraman saus santan. 6. Cara Membuat Jenang Candil Bahan Bola-Bola : • 250 gram tepung ketan • 1/2 sdt garam • Air secukupnya, hingga adonan dapat dibentuk bola Bahan-Bahan : • 200 gram gula merah • 1 liter air • 2 lembar daun pandan • 1 sdm tepung ketan yang dilarutkan dengan air • 1 sdm tepung beras yang dilarutkan dengan air Bahan Saus Santan : • 65 ml Santan • 100 ml air • 2 lembar daun pandan • Garam secukupnya Cara Membuat Jenang Candil : • Buat bola-bola dengan mencampurkan seluruh bahan bola-bola, lalu dibentuk bulat menyerupai kelereng • Masak gula merah dengan air dan 2 lembar daun pandan sampai mendidih, setelah itu saring • Kemudian masukkan kembali adonan bola, tunggu hingga bola berubah warna dan mengapung • Masukkan adonan cairan tepung ketan dan tepung beras, masak dan aduk hingga adonan meletup – letup • Untuk saus santan, panaskan santan, daun pandan, dan garam hingga mengental • Sajikan dengan saus santan Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Membuat Jenang yang bisa kami berikan untuk Anda.

Mungkin bisa Anda gunakan referensi ini untuk memulai usaha atau untuk Cara bikin jenang grendul jawa coba praktikan sendiri dirumah. Note : Hai Sobat jika kalian ingin memanfaatkan peluang usaha makanan ini dengan optimal, maka sangat cara bikin jenang grendul jawa untuk menggunakan mesin pengaduk dodol aneka bahan guna kuantitas dan kualitas produksi yang maksimal.

Karena pada umumnya alat pengaduk dodol itu juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk jenang, selai, wajik, dan masakan lainnya.

cara bikin jenang grendul jawa

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Sobat Jangan lupa untuk share atau bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman mu ya !. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Baca juga berbagai macam artikel yang menarik dan inspiratif lainya pada website ini ! This entry was posted in Artikel Proses, Jajanan, Resep and tagged cara membuat jenang, cara membuat jenang basah, cara membuat jenang beras ketan, cara membuat jenang dodol, cara membuat jenang grendul, cara membuat jenang ketan legit, cara membuat jenang kudus, cara membuat jenang kukus, cara membuat jenang ponorogo, cara membuat jenang sumsum, cara membuat jenang sumsum putih.

cara bikin jenang grendul jawa

• Industri • Industri 1 • Alat Pengikat Kardus • Alat Pres Plastik • Blender Serbaguna • Box Dryer • Grinder Kopi • Mesin Bubut Kayu • Mesin Carton Sealer • Mesin Coding • Mesin Daur Ulang Kertas Cara bikin jenang grendul jawa • Mesin Evaporator Vakum • Industri 2 • Mesin Filling Cup • Mesin Gula Semut • Mesin Induksi Sealer • Mesin Jahe • Mesin Label • Mesin Laminasi • Mesin Pemecah Batu • Mesin Pencacah Pelepah Sawit • Mesin Pengepakan • Mesin Pengiris Obat Herbal • Industri 3 • Mesin Pengisi Cairan • Mesin Pengolahan Bambu • Mesin Pengolahan Batako • Mesin Pengolahan Jamur • Mesin Penutup Botol • Mesin Potong Batu Gunung • Mesin Skin Packager • Mesin Takoyaki • Mesin Vacuum Drying • Mesin Peleleh Plastik • Industri 4 • Solar Dryer Dome • Mesin Porang • Kelapa • Mesin Pengolah Sabut Kelapa • Mesin Pengolahan Air Kelapa • Mesin Pengolahan Daging Kelapa • Mesin Pengolahan Tempurung Kelapa • Makanan • Makanan 1 • Alat Pemanggang Listrik • Alat Pengukus Makanan • Burner Kebab • Cetakan Crepes Listrik • Deep Fryer • Mesin Gas Griddle • Mesin Giling Bumbu Dapur • Mesin Oven Pengering Makan • Mesin Parut Multifungsi • Mesin Pembuat Wafel • Makanan 2 • Mesin Penepung • Mesin Penepung Bumbu • Mesin Pengaduk Bumbu Kering • Mesin Pengaduk Dodol • Mesin Pengolah Buah Dan Sayur • Mesin Pengolahan Daging • Mesin Pengolahan Ikan • Mesin Pengolahan Mie • Mesin Pengolahan Tempe • Mesin Peniris Minyak • Makanan 3 • Mesin Perajang Keripik Pisang • Mesin Popcorn • Mesin Vacuum Frying • Rice Cooker Besar • Roti Dan Kue • Showcase • Minuman • Alat Peras Jeruk • Dispenser Jus • Mesin Es • Mesin Kopi Otomatis • Mesin Pembuat Jus • Mesin Peras Tebu • Mesin Susu Kedelai • Termos Air Panas • Limbah • Mesin Pencuci Limbah Plastik • Mesin Pengolahan Limbah Organik • Mesin Press Hidrolis • Perikanan • Mesin Pengolahan Pakan Ikan • Mesin Pengolahan Rumput Laut • Perkebunan • Perkebunan 1 • Alat Pembelah Durian • Mesin Destilasi Minyak Atsiri • Mesin Pengolahan Cengkeh • Mesin Pengolahan Kakao • Mesin Pengolahan Kayu • Mesin Pengolahan Kemiri • Mesin Pengolahan Kopi • Mesin Pengolahan Lada • Mesin Pengolahan Mete • Mesin Pengolahan Pala • Perkebunan 2 • Mesin Pengolahan Sagu • Oven Cara bikin jenang grendul jawa Rempah Rempah • Pertanian • Mesin Pengolah Bawang • Mesin Pengolahan Jagung • Mesin Pengolahan Kacang Tanah • Mesin Pengolahan Kedelai • Mesin Pengolahan Padi • Mesin Pengolahan Singkong • Mesin Pengolahan Tembakau • Peternakan • Mesin Pembuat Pakan Ayam • Mesin Pembuat Pelet • Mesin Pencabut Bulu Ayam • Mesin Pencacah Rumput • Mesin Pengaduk Pakan Ternak • Mesin Press Pakan Ternak Polar • Masuk • Subscribe •

Bubur Candil Sumsum Pandan Mutiara




2022 www.videocon.com