Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Seorang ahli dari Jerman yang bernama Alfred Wagener berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali bahwa semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea. Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan). Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu. Selanjutnya Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara.

Sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut. Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan. Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika. Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut dan menjadi India.

Satu bagian lagi terpecah menjadi dua, yaitu bagian timur terus begerak ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat terus bergerak ke arah selatan. Perkembangan selanjutnya, Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan, Eurasia menjadi Benua Eropa dan Benua Asia. Bagian paling selatan yang bergerak ke selatan menjadi benua Antartika dan bagian dari bagian selatan yang bergerak ke timur laut menjadi Benua Australia.

Teori Wagener disebut juga Teori Pergeseran Benua. Teori ini didasarkan pada fakta-fakta sebagai berikut. · Lekukan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama. · Daratan Tanah Hijau (Greenland) menjauh dari Eropa sejauh +- 36 centimeter setiap tahun. · Tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika menunjukkan persamaan sifat.

· Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrika. 3. Posisi Benua dan Samudera Benua di dunia terdiri dari lima buah, yaitu : Benua Asia dengan luas 44.493.000 km², Benua Amerika dengan luas 42.292.000 km², Benua Afrika dengan luas xxx.970.000 km², Benua Eropa dengan luas 10.245.000 km², Benua Commonwealth of australia dengan luas 8.945.000 km², Benua Antartika (belum dihuni manusia) dengan luas 15.500.000 km².

Samudera di dunia terdiri dari : Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, Samudera Hindia dan Samudera Arktik. Luas masing-masing samudera tersebut sebagai berikut: No.

Samudera Luas (km²) ane Samudera Pasifik 165.385.450 2 Samudera Atlantik 82.440.830 3 Samudera Hindia 73.440.000 4 Samudera Arktik 14.005.030 4. Karakteristik, bentang alam dan penduduk di benua-benua. A. BENUA ASIA Benua Asia terbagi menjadi beberapa kawasan, yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali Barat, dan Asia Tengah. Keadaan Benua Asia: 1) Letak Astronomis : 11º LS – 77 º LU dan 26 ºBT – 169 ºBT two) Letak Geografis : terletak di antara Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Samudera Arktik.

Dan terletak di antara Benua Erofa dan Benua Australia 3) Batas-batas : Sebelah utara : Samudera Arktik (Laut Es Utara) Sebelah timur : Samudera Fasifik dan Papua Nugini Sebelah barat : Benua Eropa dan Afrika Sebelah selatan : Samudera hindia dan Australia iv) Bentang alam a) Pegunungan Pegunungan yang ada di wilayah Asia diantaranya Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Hindukush, Pegunungan Karakourumdan Pegunungan Himalaya yang merupakan pegunungan tertinggi dengan puncak tertingginya yaitu gunung everest yang mencapai ketinggian viii.848 m b) Dataran tinggi/Plato Dataran tinggi yang ada di wilayah asia diantaranya dataran tinggi Tibet di Cina, dataran tinggi Dekan di India, dataran tinggi Mongolia di Mongolia, dan dataran tinggi Bandung di Indonesia.

c) Dataran rendah Dataran rendah wilayah Asia terletak di sekitar sungai Yang Tse Kiang, Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali Ho, dan Si Kiang di Cina, Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra di India, sungai Indus di Republic of india dan Pakistan, Sungai Mekhong, Irawadi, Chao Phraya di Indocina. d) Gurun Gurun di wilayah Asia antara lain Gurun Gobi di perbatasan Cina dan Mongolia, Gurun thar di perbatasan India Pakistan, Gurun Taklamakan di cina, Gurun Nafud dan Gurun Rub Al Khali di Arab Saudi 5) Iklim Iklim yang terdapat di asia antara lain : Iklim darat, terdapat di sekitar Gurun Gobi Iklim mediterania, terdapat di Iran bagian utara, pesisir Laut Tengah, Suriah dan Israel.

Iklim subtropics, terdapat di Asia Timur Iklim tropis/subtropics gurun, terdapat di wilayah Timur Tengah (Arab) Iklim tropis, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Tenggara half dozen) Keadaan Penduduk Ras Penduduk Penduduk Asia terdiri dari beberapa Ras, yaitu : Ras Mongoloid, terdapat di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara Ras Kaukasoid, terdapat di wilayah Asia Selatan bagian utara Ras Campuran Kaukasoid Negroid, terdapat di wilayah Semenanjung Arab 7) Mata Pencaharian Mata pencaharian penduduk Asia sebagian besar adalah bertani, sehingga wilayah ini memiliki 8 negara produsen beras.

Negara-negara tersebut yaitu Cina, India, Indonesia, People’s republic of bangladesh, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Jepang. eight) Negara-negara di Asia 9) Karakteristik Benua Asia : · Benua terluas di dunia · Penyuplai minyak terbesar dunia (Timur Tengah) · Memiliki gunung tertinggi di dunia (Gunung Everest) · Pertumbuhan penduduk di atas 2% per tahun · Tempat lahirnya agama-agama yaitu Islam, Budha, Hindu, Kristen, Kong Hu Cu · Memiliki danau terluas di dunia (Danau Kaspia) · Mempunyai laut terluas di dunia (Laut Cina Selatan) B.

BENUA AMERIKA Benua Amerika terbagi ke dalam tiga wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Keadaan Benua Amerika: 1) Letak Astronomis : Benua Amerika terletak antara 72 º LU – 59 º LS dan antara 26 º BB – 163 º BB 2) Letak Geografis : terletak antara Samudera Arktik dan Antartika serta Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik.

3) Batas : Sebelah utara : Samudera Arktik (Laut Es Utara) Sebelah timur : Samudera Atlantik Sebelah selatan : Selat Drake Sebelah barat : Samudera Pasifik four) Bentang alam Bentang alam Benua Amerika terbagi menjadi tiga relief, yaitu pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah a) Pegunungan Daerah pegunungan terletak di bagian barat.

Di wilayah ini terdapat Pegunungan Alaska, Cascade, Nevada, Rocky, sampai Pegunungan Andes. Puncak tertingginya yaitu gunung Aconcagua (seven.035 g) yang merupakan gunung tertinggi di Amerika. b) Dataran rendah Dataran rendah terdapat di : Amerika Selatan antara lain dataran rendah Parana, Orinoko, dan dataran rendah Amazon. Amerika Tengah tepatnya di semenanjung Yucatan Amerika Utara, yaitu dataran rendah Missisipi c) Dataran tinggi Dataran tinggi yang terkenal adalah Dataran Tinggi Guyana (Amerika Selatan), Dataran Tinggi Meksiko (Amerika Tengah), dan Dataran tinggi Colorado (Amerika Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali 5) Iklim Iklim yang terdapat di Benua Amerika meliputi : Iklim Kontinental/darat, terjadi di wilayah Amerika Serikat bagian timur sampai perbatasan Kanada.

Iklim Kering/Iklim Gurun, terjadi di daerah Gurun Mojave (Amerika Serikat bagian barat) Iklim Stepa, terjadi di wilayah Pegunungan Rocky sampai Kanada (Amerika Utara, dan di Dataran tinggi Brasil Amerika Selatan. half-dozen) Keadaan Penduduk Ras penduduk: Penduduk Benua Amerika terdiri dari beberapa golongan, yaitu : Penduduk asli yaitu bangsa Eskimo dan Indian Penduduk pendatang yang terdiri dari orang negro (10%), Orang Mongol (Jepang dan Cina), orang kulit putih berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali, dan orang campuran (xx%) yang terdiri dari : · Orang Mestis (campuran Indian dan Eropa) · Orang Zambo (campuran Indian dan Negro) · Orang Mulat (campuran antara kulit putih dan Negro) · Orang Creol (campuran antara Spanyol dan Portugis) Agama yang dianut: Penduduk Benua Amerika menganut Agama Kristen Protestan (Amerika Utara), Kristen Katolik (Amerika Tengah) Bahasa yang digunakan: Bahasa yang digunakan penduduk Benua Amerika yaitu : Bahasa inggris digunakan oleh orang-orang Amerika serikat, Kanada, Bahama, Barbados, Guyana, Saint Lucia, St.

Christoper, dan jmaika Bahasa Spanyol digunakan oleh orang-orang Argentina, chili, Kolombia, Kostarika, Kuba, Dominika, Ekuador, El Savador, Venezuela, Peru, Panama, Nikaragua, dan Meksiko Bahasa Portugal digunakan oleh orang-orang Basil 7) Mata Pencaharian Mata pencaharian penduduk Benua Amerika yaitu Pertanian, Peternakan, Perikanan, Pertambangan, dan Perindustrian.

8) Negara-negara di Benua Amerika 9) Karakteristik Benua Amerika · Mempunyai air terjun terbesar di dunia yaitu air terjun Guaria (Brasil) dan air terjun terkenal di dunia yaitu air terjun Niagara (Amerika Serikat) · Menjadi Markas besar PBB (Amerika Serikat) · Tempat lahirnya mata uang internasional (Dolar Amerika Serikat) · Penghasil kopi terbesar dunia (Brasil) · Mempunyai air terjun tertinggi dunia yaitu sungai A.S.

Caroni (Venezuela) · Mempunyai lembah terluas di dunia yaitu Lembah Amazone (Brazil) C. BENUA AFRIKA Benua Afrika terbagi menjadi beberapa kawasan, yaitu Afrika Selatan, Afrika Tengah, Afrika Barat, Afrika Timur. Keadaan Benua Afrika: 1) Letak Astronomis : 38 º LS – 35 º LU dan antara 17 º BB – 51 º BT ii) Letak Geografis : terletak antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia 3) Batas : Sebelah utara : Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah Sebelah Timur : Samudera Hindia Sebelah Barat dan selatan : Samudera Atlantik iv) Bentang alam Bentang alam Benua Afrika dibedakan menjadi empat, yaitu dataran tinggi, lembah retak besar, lembah sungai, dan daerah gurun.

a) Dataran tinggi Dataran tinggi di Afrika terdiri dari : Plalto Afrika Selatan (Afrika Atas) meliputi : Plato Ethiopia dan Plato Danau Tengah (di tengahnya terdapat Danau Victoria) Plato Afrika Barat dan Utara (Afrika Bawah) meliputi : Plato Fuota Djallon, Plato Jos, dan Plato Tassalin Ajer b) Lembah retak besar (Great Rift Valley, terletak) Di lembah ini terdapat rangkaian gunung berapi dan danau-danau Gunung yang terkenal antara lain Gunung Kilimanjaro (five.895 m), Gunung Kenya (five.195 grand), gunung Ruwensori (5.109 yard), dan gunung Elgon (four.321 m) Danau-danau yang terkenal antara lain Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Republic of malaŵi, Danau Turkana c) Lembah sungai Lembah sungai terbesar adalah lembah sungai Zippo, Lembah Sungai Kongo, Lembah Sungai Niger, Lembah Sungai Oranye.

d) Daerah gurun Tiga gurun utama di Afrika yaitu Gurun Sahara, Gurun Kalahari, dan Gurun Namib. 5) Iklim Iklim di wilayah Afrika terdiri dari : · Iklim gurun yang memiliki cirri kelembaban udara sangat rendah, curah hujan sedikit. Iklim ini terdapat di Afrika bagian utara · Iklim mediterania yang memiliki ciri kering pada musim panas dan dingin pada musim hujan. Iklijm ini terdapat di Afrika Selatan, Aljazair, dan Maroko. · Iklim sedang yang hangat memilki cirri pada musim panas terjadi hujan, pada musim dingin udara kering.

Iklim ini terdapat di Afrika bagian Tenggara · Iklim tropis yang memiliki ciri seperti iklim mediterania, tetapi udara tidak kering pada musim dingin. Iklim ini terdapat di afrika bagian selatan · Iklim tropis basah meiliki ciri suhu udara rata-rata dengan kelembaban udara yang tinggi. Iklim ini terdapat di Uganda, Zaire, dan Kenya. 6) Keadaan Penduduk Ras Penduduk : Secara umum penduduk di benua Afrika dikelompokkkan menjadi beberapa ras yaitu : Ras Negro, yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Negro Sudan (tinggal di Afrika bagian barat) dan Negro Bantu (tinggal di afrika sebelah timur dan selatan) Ras Hamit dan Semit (Kulit Putih), banyak tinggal di sebelah utara Gurun Sahara Ras Kulit Putih Eropa, banyak tinggal di Afrika sebelah selatan Agama yang dianut: Agama yang dianut penduduk Afrika antara lain Islam (di wilayah Mesir, Great socialist people’s libyan arab jamahiriya, Tunisia, Sudan, dan Somalia), Kristen dan Katolik (di wilayah Republic of uganda, Republic of liberia, Guinea, Federal democratic republic of ethiopia, dan Tanzania), dan Kepercayaan setempat 7) Mata Pencaharian Penduduk Afrika bermata pencaharian pada pertanian, pertambangan, imndustri, kehutanan, dan perikanan viii) Negara-negara di Afrika: 9) Karakteristik Benua Afrika : · Mempunyai gunung api tertinggi di dunia, yaitu Gunung Kilimanjaro (5.895 m) · Memiliki gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara · Satu-satunya benua yang dilintasi Garis Khatulistiwa · Memiliki piramida sebagai makan raja Mesir · Benua termiskin di dunia · Paling banyak terinveksi HIV · Penduduknya berkulit hitam · Memiliki lembah terluas di dunia, yaitu Lembah Amazone D.

BENUA EROPA Secara umum benua Eropa terbagi ke dalam lima wilayah, yaitu Eropa Utara, Eropa Tengah, Eropa Selatan, Eropa Barat, dan Eropa Timur. Keadaan Benua Eropa: one) Letak Astronomis : 36º LU – 71 º LU dan di antara 9 º30´ BB – 66 ºBT 2) Letak Geografis : terletak di antara Benua Asia, Samudera Atlantik, dan Benua Afrika. iii) Batas : Sebelah barat : Samudera Atlantik Sebelah timur : Benua Asia dan Laut Kaspia Sebelah Utara : Laut Es Utara Sebelah selatan : Laut hitam dan Laut Tengah 4) Bentang Alam Bentang alam Benua Eropa dikelompokkan menjadi empat daerah fisik, yaitu Dataran Rendah, Dataran tinggi, Dataran Tinggi Tengah, dan Daerah Pegunungan Dataran rendah: Dataran ini ketinggiannya rata-rata 150 m.

Bahkan di sebelah utara (sebagian wilayah Belanda) letaknya di bawah permukaan air laut. Dataran tinggi: Dataran ini terdapat di bagian barat dan selatan. Dataran ini sedikit dihuni manusia karena daerahnya berbatu dan bergunung dengan kemiringan yang curam. Dataran tinggi tengah: Dataran ini terletak antara dataran rendah Eropa di bagian utara dengan Pegunungan Alpen Daerah Pegunungan: Daerah ini terletak di sebelah barat daya dan selatan.

Pegunungan yang terkenal adalah : Pegunungan Alpen yang membentang dari Spanyol sampai ke Pegunungan Kaukasus. Gunung-gunung yang terkenal adalah Gunung Albus (5.633 thou), gunung Mont Blanc (4.807 chiliad), gunung Monte Rosa (4.634 m), Gunung Pico de Aneto (3.404 thou), dan gunung Mulhacen (iii.478 1000). five) Iklim Iklim di Benua Eropa dibedakan menjadi lima jenis, yaitu : · Iklim Laut, terdapat di Eropa Barat Laut.

Iklim ini memiliki ciri pada musim panas udaranya tidak begitu panas, pada musim dingin udaranya sejuk dan lembab serta hujan turun sepanjang tahun · Iklim Kontinental, terdapat di Eropa Timur. Iklim ini memiliki ciri pada musim dingin udaranya sangat dingin, pada musim panas udaranya sangat panas · Iklim Mediterania, terdapat di daerah Eropa bagian selatan. Iklim ini memiliki cirri antara lain pada musim dingin udaranya basah dan sejuk dan pada musim panas udaranya kering · Iklim Tundra, terdapat di daerah Eropa bagian tengah.

Iklim ini memiliki cirri pada musim panas kondisi udara dingin, pada musim dingin kondisi udara sangat dingin, hujan terjadi pada musim panas · Iklim Kutub, terdapat di wilayah Eropa Bagian Utara. Iklim ini memilki cirri sejuk dan basah pada musim panas dan sangat dingin pada musim dingin 6) Keadaan Penduduk Ras Penduduk: Berdasarkan rasnya, penduduk Benua Eropa dibedakan atas beberapa kelompok antara lain : Suku Nordik (tinggal di Jerman, Belanda, Swedia, Inggris, Norwegia, dan Belgia).

Cirinya rambut pirang dan kasar Suku Alpen (tinggal di Negara Perancis dan Swiss). Cirinya rambut tebal dan gelap Suku Dinarik (tinggal di Negara Rumania). Cirinya rambut gelap Suku Mediterania (tinggal di Italia, spanyol, dan Portugal). Cirinya bertubuh pendek dan berkulit kekuning-kuningan Suku Slavia (tinggal di Polandia, Republic of bulgaria, Rusia, Ceko, Slovakia, bosnia, Serbia, Montenegro, Slovenia, Kroasia).

Agama yang dianut: Agama yang dianut masyarakat Eropa adalah Katolik Roma dan Kristen Protestan 7) Mata Pencaharian Mata pencaharian penduduk Eropa antara lain dari industri, perdagangan, perikanan, pertanian, kehutanan, pertambangan, pariwisata, dan transportasi. 8) Negara-negara di Benua Eropa ix) Karakteristik Benua Eropa : · Sebagian besar penduduknya berkulit putih · Memiliki daerah depresi yang cukup luas yaitu Alexaner Polder (Belanda) · Tempat tokoh-tokoh penjelajah terkenal · Pertumbuhan penduduknya rata-rata 0,5% – 0,one % · Sebagai pelopor penemuan iptek · Memiliki mata uang yang sama (Euro) · Tempat lahirnya mode dunia (Paris) · Memilki terowongan terpanjang di dunia yaitu Terowongan Simplon (Swiss – Italia) E.

BENUA Australia Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia karena hanya terdiri dari satu Negara tetapi memiliki beberapa Negara bagian. Beberapa Negara bagian di Commonwealth of australia, yaitu : Australia Barat Ibu kotanya Perth Australia Selatan Ibu kotanya Adeleide Queensland Ibu kotanya Brisbane New Southward Wales Ibu kotanya Sidney Victoria Ibu kotanya Melbourne Tasmania Ibu kotanya Hobarth Adapun dua daerah territorial yang langsung di bawah pengawasan pusat yaitu : Australia Utara Ibu kotanya Darwin Canbera yang merupakan territorial khusus dan sekaligus menjadi ibu kota Commonwealth of australia Karakteristik Masing-masing Samudera.

A. SAMUDERA PASIFIK Samudra Pasifik adalah samudra terluas di dunia. Batas-batas Samudra Pasifik · Laut Bering dan Okhots di sebelah utara. · Antartika dan laut Tasmania di sebelah selatan.

· Laut Cina Timur, Laut Pilipina, Laut Sulawesi di sebelah barat. · Benua Amerika di sebelah timur. Samudra Pasifik mempunyai kedalaman rata-rata 4.282. Karakteristik Samudra Pasifik:: · Merupakan samudera terluas di dunia dan memiliki palung laut terdalam di permukaan bumi · Dasar Samudera Pasifik merupakan pusat gempa yang terjadi di Filipina, Jepang, dan pantai barat Amerika · Terdapat arus panas Kurasyiwo dan arus dingin Oyasiwo · Tempat bertemunya garis bujur barat dan timur Fungsi Samudra Pasifik dalam pelayaran adalah menghubungkan negara-negara di Asia-Pasifik dan Amerika.

B. SAMUDERA ATLANTIK Samudra Atlantik membentang dari pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika hingga pantai timur Amerika Utara dan Amerika Latin. Kedalaman rata-rata adalah iii.350 meter.

Batas-batas Samudra Atlantik : · Laut Utara, Laut Norwegia di Eslandia dan Laut Labrador dekat (Pulau Greenland) di sebelah utara; · Antartika di sebelah selatan; · Laut Karibia di kawasan Karibia di sebelah barat; dan · Benua Eropa dan Afrika di sebelah timur. Karakteristik Samudra Atlantik : · Merupakan samudra yang menghubungkan Eropa dan Amerika. · Terdapat Segitiga Bermuda (pantai timur Amerika Serikat dan Kepulauan Bermuda) · tempat di mana kapal dan pesawat terbang hilang secara misterius.

· Sebagian besar wilayah Samudra Atlantik berada di Garis Bujur Barat. Fungsi Samudra Atlantik dalam pelayaran adalah menghubungkan Benua Eropa dengan Benua Amerika, Afrika Barat dan Asia (lewat Tanjung Harapan atau Terusan Suez). C. SAMUDERA HINDIA Samudera Hindia mempunyai kedalaman ratarata 3.811 meter.

Batas-batas Samudra Hindia adalah: · Benua Asia di sebelah utara; · Kutub Selatan di sebelah selatan; · Benua Afrika di sebelah Barat; dan · Benua Australia di sebelah Timur. Karakteristik Samudra Hindia: · Mempunyai banyak pulau yang mengandung vulkanik · Sumber hujan bagi Negara-negara di Asia Tenggara, Asia Selatan, dan bagian timur Benua Afrika · Berada di sebelah bumi bagian selatan · Jarang terjadi badai laut besar Fungsi Samudra Hindia dalam pelayaran adalah menghubungkan negara-negara di Asia, Afrika dan Australia.

D. SAMUDERA ARKTIK/ARTIKA Samudra Arktik terletak di Benua Amerika utara bagian utara, Benua Asia, dan Benua Eropa. Merupakan samudra tersempit. Kedalaman rata-ratanya adalah 5.411 meter. Suhu permukaan Samudra Arktik lebih rendah dibanding samudra-samudra lainnya. Karakteristik Samudra Arktik : · Merupakan samudra paling sempit. · Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibanding samudra-samudra · lainnya karena letaknya paling jauh dari katulistiwa.

· Tidak dilewati garis katulistiwa. · Seluruhnya terdapat di Garis Lintang Utara. 50 A T I H A N A. Pilihan Ganda i. Benua yang dijuluki sebagai benua hitam adalah. a. Asia b. Amerika c. Afrika d. Commonwealth of australia 2.

Benua Asia sebelah utara berbatasan dengan… a. Lautan Fasifik b. Benua Erofa c. Lautan Arktik d. Benua Afrika 3. Manakah urutan Samudera di bawah ini yang benar berdasarkan urutan yang paling besar! a. Atlantik – Pasifik – Hindia – Arktik c. Pasifik – Atlantik – Hindia – Arktik b. Hindia – Pasifik – Atlantik – Arktik d. Arktik – Hindia – Atlantik – Pasifik berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali. Di bawah ini adalah beberapa bukti tentang teoti pergeseran benua, kecuali… a.

Lekukan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama. b. Daratan Tanah Hijau (Greenland) mendekati wilayah Erofa.

c. Tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Commonwealth of australia dan Antartika menunjukkan persamaan sifat. d. Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrika. five. Puncak gunung tertinggi di dunia adalah… a. Everest b. Kaukasus c. Fujiyama d. Karakorum half dozen. Suku bangsa yang mendiami wilayah Asia timur dan Asia Tenggara adalah… a. Kaukasoid b.

Mongoloid c. Negroid d. Nordik 7. Manakah Negara di bawah ini yang terletak di wilayah Asia Selatan! a. Jepang b. Cina c. Mongolia d. Srilanka 8. Di bawah ini adalah beberapa karakteristik Benua Asia, kecuali… a. Benua terluas di dunia c. Penyuplai minyak terbesar dunia (Timur Tengah) b. Pertumbuhan penduduk rendah d. Memilliki danau terluas di dunia (Danau Kaspia) nine. Sungai terpanjang di wilayah Amerika adalah… a. Missisipi b. Niil c. Chao Praya d. Mekong 10.

Suku bangsa campuran antara kulit putih dengan negro adalah… a. mestis b. mulat c. creol d. zambo xi. Manakah di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik benua Amerika!

a. Menjadi Markas besar PBB (Amerika Serikat) c. Tempat lahirnya mata uang internasional b. Penghasil kopi terbesar dunia (Brasil) d. paling banyak terjangkit virus HIV 12.

Benua yang paling banyak terjangkit penyakit AIDS adalah… a. Asia b. Afrika c. Amerika d. Australia 13. Manakah Negara-negara di bawah ini yang banyak memeluk agama Islam! a. Mesir, Libya, Tunisia, Sudan, dan Somalia c. Guenea, Ethiopia, Tunisia, Sudan, dan Somalia b. Mesir, Republic of liberia, Tunisia, Sudan, dan Somalia d. Mesir, Libya, Tunisia, Uganda, dan Somalia fourteen. Di bawah ini adalah beberapa Negara di wilayah Afrika Utara, kecuali.

a. Mesir b. aljazair c. Maroko d. Kamerun 15. Letak Geografis benua Erofa adalah… a. terletak antara benua Afrika dan Asia dan antara Lautan Atlantik dan Arktik b. terletak antara benua Amerika dan Afrika dan antara Lautan Pasifik dan Hindia c. terletak antara benua Asia dan Afrika dan antara Lautan Pasifik dan Arktik d.

terletak antara benua Afrika dan Commonwealth of australia dan antara Lautan Pasifik dan Hindia 16. Suku bangsa di Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali yang memiliki cirri rambut pirang dan kasar adalah… a.

Nordik b. Alpen c. Dinarik d. Mediterania 17. Samudera yang menghubungkan Amerika dan Asia adalah… a. Pasifik b. Hindia c. Arktik d. Atlantik xviii. Wilayah Asia yang merupakan penghasil minyak terbesar di dunia adalah… a. Asia Tenggara b.

Asia Barat c. Asia timur d. Asia Selatan xix. Benua Asia mempunyai Danau terbesar di dunia adalah… a. Danau Aral b. Danau Baikal c. Danau Kaspia d. Danau Toba 20. Piramida banyak terdapat di Negara… a. Mesir b. Iran c. Cina d. Kamboja 21. Pemisahan Benua Asia dan Erofa menjadi benua tersendiri karena factor… a. geografis b. geologis c. budaya d. politis 22. Di benua Erofa terdapat tanah depresi Alexander Binder terdapat di Negara… a.

Belanda b. Belgia c. yunani d. Inggris 23. Negara di Benua Amerika yang menjadi penghasil kopi terbesr di dunia adalah… a. Brazil b. Meksiko c. Kuba d. Jamaika 24. Suku bangsa asli di Australia adalah… a.

aborigin b. Indian c. mestis d. mulat 25. Meskipun daerah kutub selatan belum banyak dihuni, namun tetap dipergunakan sebagai sarana… a. wahana latihan perang c. tempat uji coba nuklir b. tempat penelitian d. wahana kerja sama internasional 26.

Sebagian besar wilayah Samudera Hindia terletak di belahan bumi… a. utara b. selatan c. barat d. timur 27. Daerah segitiga Bermuda terletak di lautan… a. Pasifik b. Atlantik c. Hindia d. Arktik 28. Samudera Hindia merupakan sumber hujan bagi Negara di kawasan… a. Asia b.

Erofa c. Afrika d. Amerika 29. Satu-satunya Samudera yang tidak dilewati garis khatulistiwa adalah… a. Pasifik b. Atlantik c. Hindia d. Arktik thirty. Berikut ini merupakan ciri khas benua, kecuali ….

a. wilayah daratan luas c. di bagian tengah memiliki tipe iklim tersendiri b. terdiri atas banyak Negara d. pengaruh iklim laut tidak mendominasi 31. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan kondisi sosial di Benua Asia adalah …. a. keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras c. memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia b. mayoritas penduduknya memeluk agama nasrani d. mata pencaharian penduduk mengandakan sector pertanian 32. Bentuk wilayah Benua Amerika bersifat superlative yang seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan, kondisi demikian menyebabkan ….

a. Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari c. Benua Amerika memiliki iklim dingin b. sebagian besar wilayahnya tertutup salju d. Benua Amerika memiliki iklim subtropis 33. Secara geografis, daratan Eropa merupakan perpanjangan sebuah Semenanjung di Benua Asia di bagian Barat.

Namun demikian, Eropa juga dianggap sebagai benua tersendiri, karena …. a. Benua Eropa terdiri atas negara-negara maju b. Benua Eropa mayoritas penduduknya berkulit putih c. Benua Eropa memiliki perbedaan yang mencolok pada peradaan maupun peranannya dalam sejarah kuno maupun modern d.

daratan Benua Asia sangat luas sehingga wilayahnya perlu dipecah jadi dua bagian 34. Meskipun wilayah Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata.

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah …. a. keadaan alam dan iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk b. karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata c. pemerintah Commonwealth of australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing yang masuk ke Australia d. mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan 35. Berikut ini adalah negara-negara terkecil di Benua Eropa, kecuali ….

a. Andora b. Vatikan c. Angola d. San Marino 36. Terusan Suez menghubungkan antara …. a. Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik c. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania b. Teluk Persia dengan Laut Mediterania d. Laut Merah dengan Laut Tengah 37. Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan …. a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan c. Kutub Utara berupa cekungan perairan b. daratan Kutub Selatan lebih luas d. Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi 38.

Benua Asia dan Eropa pada dasarnya menyatu, bentang alam pemisah kedua benua tersebut adalah …. a. Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus c. Pegunungan Kaukasus dan Danau Kaspia b. Pegunungan Ural dan Danau Kaspia d. Pegunungan Ural dan Laut Mediterania 39. Benua yang mempunyai batas wilayah Utara dan Selatan hingga menyentuh lingkar kutub adalah …. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Commonwealth of australia d. Benua Amerika twoscore. Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi.

Kondisi tersebut mengakibatkan …. a. sebagian besar negara kawasan Asia Tenggara beriklim continental b. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme c. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana badai siklon d. negara-negara di kawasan Asia Tenggara kaya bahan mineral 41. Kawasan negara-negara Oceania berada terpisah dari benua karena berada di kawasan samudra yaitu tepatnya Samudra ….

a. Pasifik b. Hindia c. Atlantik d. Arktik 42. Wilayah Amerika Selatan di dominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat, bahkan terlebat di dunia. Hal tersebut dikarenakan wilayah Amerika Selatan memiliki karakteristik berikut ini, kecuali …. a. didukung oleh iklim tropis yang lembap c. memiliki curah hujan yang tinggi b. tanah yang subur khususnya di lembah-lembah sungai besar d. memiliki daerah pegunungan yang luas 43.

Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang. Lembah Sungai Nada merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan ….

a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur c. Lembah Sungai Zippo kaya barang tambang b. Lembah Sungai Zero letaknya strategis d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah 44. Benua Amerika memiliki luas 42.188.568, km2, merupakan daerah tujuan dari para migran Eropa. Benua ini ditemukan oleh pelaut Italia yaitu, a. Amerca Davinci b. Amerigo Platini c. Amerigo Vespucci d. Vasco de Gama 45. Benua Amerika dibagi menjadi dua berdasarkan penggolongan regionnya, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan/Latin.

Pembagian tersebut di dasarkan pada: a. Mata pencahariannya c. Penggolongan bangsa yang datang b. Budayanya yaitu berasal dari Inggris dan Spanyol d. Penggolongan teknologinya 46. Amerika Selatan dibatasi oleh beberapa laut dan selat, berikut ini yang bukan merupakan batas dari Amerika Selatan adalah; a.

Sebalah Utara : Laut Karibia dan Samudera Atlantik c. Sebelah Timur : Samudera Atlantik b. Sebelah Selatan : Selat Drake, Samudera Atlantik d. Sebelah Barat : Samudera Hindia 47. Sebelum diberi nama Australia, benua yang ada dibelahan bumi bagian selatan ini oleh orang Eropa dikenal dengan sebutan; a.

Terra Musolini Incognito c. Terra Austrialis Incognito b. Terra Austronesia Incognito d. Terra Australis Incognito 48. Pendudk asli benua Commonwealth of australia hampir mirip dengan penduduk asli Papua, yang dikenal dengan sebutan; a.

Aborigion b. Albiorigion c. Alabnian d. Alborigion 49. Samudera Hindia meliki luas 73.426.500 km2.Posisi Samudera Hindia di kelilingi oleh Benua. Berikut ini Benua yang tidak mengelilingi Samudera Hindia adalah, a. Benua Asia disebelah Utara, c. Benua Australia disebelah Timur, b. Wilayah Arktik d. Benua Afrila disebelah Barat. l. Posisi Samudera Atlantik membentang dari pantai Barat Benua Eropa dan Afrika Hingga pantai Timur Benua Amerika.

Samudera ini dibatasi beberapa laut dan pulau. Berikut ini yang bukan batas dari Samudera Atlantik adalah; a. Alaska b. Laut Utara di Inggris c. Laut Norwegia di Eslandia d. Laut Labrador 51. Titik tertinggi di Asia terdapat pada pegunungan…. a. Ural b. Himalaya c. Gobi d. Kilimanjaro 52. Gunung Etna terdapat di negara …. a. Cina b. Italian republic c. Afrika Selatan d. Venezuela 53. Sebagian besar penduduk Benua Afrika terdiri atas ras ….

a. Mongoloid b. Negroid c. Kaukasoid d. Melayu 54. Lembah Amazon terdapat di wilayah …. a. Amerika Utara b. Amerika Selatan c. Kanada d. Eropa Selatan 55. Bangsa Eskimo umumnya mendiami wilayah…. a. Eropa Barat b. Antartika c. Arktik d. Amerika Utara B. Uraian 1. Jelaskan pengertian benua dan samudera! two. Jelaskan proses terbentuknya benua! 3. Sebutkan lima karakteristik benua Afrika! 4. Sebutkan 5 Negara di Erofa beserta ibu kotanya! 5. Sebutkan karakteristik Samudera Atlantik!

vi. Sebutkan fungsi Samudera Arktik! Benua Amerika Dibagi Menjadi Dua Berdasarkan Penggolongan Regionnya Source: https://acengtegep.blogspot.com/2011/02/ringkasan-materi-bab-3-ips-smp-kelas-ix.html Terbaru • Cara Melihat Nomor Hp Orang Di Messenger • Jenis Sarana Dan Peralatan Budidaya Ternak Kesayangan • Cara Mengukur Penggaris Dari 0 Atau 1 • Cara Membuat Pistol Mainan Dari Botol Bekas • Jurnal Tesis Aplikasi Recording Andriod Peternakan • Cara Menggendong Bayi 2 Bulan Dengan Selendang • Sistem Kemitraan Pada Perusahaan Peternakan Ruminansia • Cara Pasang Elcb 3 Phase Yang Benar • Cara Membuat Lamaran Kerja via Email Pdf Di Hp Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized • [ April 6, 2022 ] Profil Negara Ukraina (Ukraine) Profil Negara • [ March 24, 2022 ] Profil Negara Jerman (Germany) Profil Negara • [ March 20, 2022 ] Negara-negara Anggota G20 (Group of Twenty) Pengetahuan Umum • [ March 11, 2022 ] Profil Negara Rusia (Russia) Profil Negara • [ February 10, 2022 ] Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) Profil Negara 10 Negara Terkecil di Dunia – Negara Terkecil di dunia saat ini adalah Vatikan yang berada di Kota Roma Italia (Benua Eropa) dengan luas wilayah sekitar 0.44 km 2 dan Jumlah Penduduknya hanya sekitar 1.000 jiwa.

Data tersebut merupakan data yang dikutip dari World Factbook tahun 2022. Negara Terkecil kedua di Dunia adalah Monako yang memiliki berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali wilayah 2km 2 dengan jumlah penduduk sebanyak berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali jiwa. Sedangkan di urutan ketiga sebagai negara terkecil di dunia adalah Nauru yang hanya memiliki luas wilayah 21km 2 dengan jumlah penduduk sebanyak 11.448 jiwa.

Semua Negara-negara di dalam daftar 10 Negara Terkecil di Dunia ini memiliki wilayah yang tidak lebih dari 350km 2 atau jauh lebih kecil dari Singapore yang memiliki luas wilayah 697km 2.

Baca juga : Daftar 10 Negara Terbesar di Dunia. 1. Vatikan Ibukota : Vatican City Total Luas Wilayah : 0.44 km2 Jumlah Penduduk : 1.000 jiwa (2019) Lokasi : Benua Eropa 2.

Monako Ibukota : Monako Total Luas Wilayah : 2 km2 Jumlah Penduduk : 31.223 jiwa (2021) Lokasi : Benua Eropa 3. Nauru Ibukota : Nauru Total Luas Wilayah : 21 km2 Jumlah Penduduk : 11.448 jiwa (2021) Lokasi : Ocenia 4.

Tuvalu Ibukota : Funafuti Total Luas Wilayah : 26 km2 Jumlah Penduduk : 11.359 jiwa Lokasi : Ocenia 5. San Marino Ibukota : San Marino Total Luas Wilayah : 61 km2 Jumlah Penduduk : 34.467 jiwa (2021) Lokasi : Benua Eropa 6.

Liechtenstein Ibukota : Vaduz Total Luas Wilayah : 160 km2 Jumlah Penduduk : 39.425 jiwa (2021) Lokasi : Benua Eropa 7. Kepulauan Marshall Ibukota : Majuro Total Luas Wilayah : 181 km2 Jumlah Penduduk : 78.831 jiwa (2021) Lokasi : Ocenia 8. Saint Kitts and Nevis Ibukota : Basseterre Total Luas Wilayah : 261 km2 Jumlah Penduduk : 54.149 jiwa (2021) Lokasi : Benua Amerika 9. Maladewa (Maldives) Ibukota : Victoria Total Luas Wilayah : 298 km2 Jumlah Penduduk : 390.669 jiwa (2021) Lokasi : Benua Asia 10.

Malta Ibukota : Valletta Total Luas Wilayah : 316 km2 Jumlah Penduduk : 460.891 jiwa (2021) Lokasi : Benua Eropa Sumber referensi : Data-data Negara Terkecil di Dunia ini berdasarkan data dari World Factbook Tahun 2022. Diperbaharui pada bulan Januari 2022.
• [ April 6, 2022 ] Profil Negara Ukraina (Ukraine) Profil Negara • [ March 24, 2022 ] Profil Negara Jerman (Germany) Profil Negara • [ March 20, 2022 ] Negara-negara Anggota G20 (Group of Twenty) Pengetahuan Umum • [ March 11, 2022 ] Profil Negara Rusia (Russia) Profil Negara • [ February 10, 2022 ] Profil Negara Amerika Serikat (United States of Amerika) Profil Negara Negara-negara di Benua Eropa beserta Ibukotanya – Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua di Dunia setelah Benua Australia.

Benua Eropa dan Benua Asia pada dasarnya merupakan satu daratan yang biasanya disebut dengan Eurosia. Perbatasan antara Benua Eropa dan Benua Asia terletak pada Pengunungan Ural yang berada di daratan Negara Rusia. Oleh sebab itu, Rusia sering disebut dengan negara yang berada di dua Benua yaitu Benua Eropa dan Benua Asia. Namun wilayah terbesar Rusia masih berada di Benua Asia.

Selain Pengunungan Ural, Laut Kaspia dan Penggunungan Kaukasus juga dijadikan tolak ukur perbatasan Benua Eropa dan Benua Asia. Luas wilayah Benua Eropa adalah 10,18 juta km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 739 juta orang.

Di sebelah Utara benua Eropa adalah Samudera Arktik dan sebelah Baratnya adalah Samudera Atlantik. Sebelah Selatan Benua Eropa adalah Laut Mediterania sedangkan di sebelah Tenggara Benua Eropa terdapat Laut Hitam. Luas Wilayah Benua Eropa : 10.180.000 km2 Jumlah Penduduk Benua Eropa: 738.199.000 jiwa Jumlah Negara di Benua Eropa: 45 Negara berdaulat yang diakui PBB Titik Tertinggi Benua Eropa: Mont Blanc, Perancis/Italia (4.807m) Danau Terbesar di Benua Eropa: Danau Balaton, Hungaria (592km2) Sungai Terpanjang di Benua Eropa: Sungai Volga (3.690km) Bahasa-bahasa di Benua Eropa: Inggris, Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Spanyol, Portugal dan lain-lain.

Daftar Negara-negara di Benua Eropa beserta Ibukotanya Benua Eropa dapat dibagi menjadi beberapa sub-region, yaitu Eropa Timur, Eropa Utara, Eropa Selatan dan Eropa Barat. Berikut ini adalah Negara-negara yang terletak di Benua Eropa beserta Ibukota dan Luas Wilayahnya.

Eropa Timur Berikut ini adalah Negara-negara yang terletak di Eropa Timur : No Nama Negara Ibu kota Luas Wilayah 1 Belarus Minsk 207.600 km 2 2 Bulgaria Sofia 110.879 km 2 3 Republik Ceko Praha 78.867 km 2 4 Hungaria Budapest 93.028 km 2 5 Moldova Chisinau 33.851 km 2 6 Polandia Warsaw 312.685 km 2 7 Rumania Bucharest 238.391 km 2 8 Slowakia Bratislava 49.035 km 2 9 Ukraina Kiev 603.550 km 2 10 Georgia Tbilisi 69.700 km 2 Eropa Selatan Dibawah ini merupakan negara-negara yang terletak di Eropa Selatan.

No Nama Negara Ibu kota Luas Wilayah 1 Albania Tirana 28.748 km 2 2 Andorra Andorra la Vella 468 km 2 3 Bosnia & Herzegovina Sarajevo 51.197 km 2 4 Kroasia Zagreb 56.594 km 2 5 Siprus Nicosia 9.251 km 2 6 Yunani Athena 1.001.450 km 2 7 Vatikan Vatican City 0,44 km 2 8 Italia Roma 301.340 km 2 9 Makedonia Skopje 25.713 km 2 10 Malta Valletta berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali km 2 11 Montenegro Podgorica 13.812 km 2 12 Portugal Lisbon 92.090 km 2 13 San Marino San Marino 61 km 2 14 Serbia Belgrade 77.474 km 2 15 Slovenia Ljubljana 20.273 km 2 16 Spanyol Madrid 505.370 km 2 Eropa Utara Berikut dibawah ini adalah Negara-negara di Eropa Utara beserta Ibukotanya.

No Nama Negara Ibu kota Luas Wilayah 1 Denmark Kopenhagen 43.094 km 2 2 Estonia Tallinn 45.228 km 2 3 Finlandia Helsinki 338.145 km 2 4 Islandia Reykjavik 103.000 km 2 5 Irlandia Dublin 70.273 km 2 6 Latvia Riga 64.589 km 2 7 Lithuania Vilnius 65.300 km 2 8 Norwegia Oslo 323.802 km 2 9 Swedia Stockholm 450.295 km 2 10 Britania Raya (Inggris) London 243.610 km 2 Eropa Barat Berikut ini Negara-negara yang terletak di Eropa bagian Barat beserta Ibukotanya. No Nama Negara Ibu kota Luas Wilayah 1 Austria Wina 83.871 km 2 2 Belgia Brussel 30.528 km 2 3 Perancis Paris 643.801 km 2 4 Jerman Berlin 357.022 km 2 5 Liechtenstein Vaduz 160 km 2 6 Luksemburg Luksemburg 2.586 km 2 7 Monako Monako 2 km 2 8 Belanda Amsterdam & Den Haag 41.543 km 2 9 Swiss Bern 41.277 km 2 Catatan : Rusia dan Turki merupakan negara yang berada di dua Benua yaitu Eropa dan Asia.

Namun sebagian besar wilayah kedua negara tersebut berada di Benua Asia, sehingga dimasukan sebagai Negara yang berada di Benua Asia. Baca juga : Daftar 7 Benua di Dunia Kalau mendengar kalimat "negara di Benua Eropa", yang ada di bayanganmu pasti negara seperti Perancis, Italia, Belanda, atau Jerman. Mereka memang terkenal sebagai tujuan wisatawan di seluruh dunia. Padahal, ada puluhan negara lainnya di benua tersebut.

Beberapa di antaranya mungkin tidak kamu tahu karena wilayahnya kecil sekali sehingga tidak terlalu kelihatan di atlas. Karena tidak terkenal, biasanya wisatawan memilih untuk tidak mengunjungi negara-negara tersebut.

Sayang sekali, padahal justru merekalah yang menawarkan keindahan Eropa yang sesungguhnya. Mulai dari Vatikan hingga Slovenia, 10 negara terkecil di Eropa ini sangat memelihara budaya, situs-situs bersejarah, dan keindahan alam.

Jangan heran jika kamu menemukan bangunan berusia ribuan tahun di sana. Jangan kaget juga jika saking amannya, tidak ada pencopet di negara-negara yang terdaftar di bawah ini! lagazzettaitaliana.com Kalau kamu rajin menonton film atau membaca buku, negara ini pasti sering muncul sebagai tempat yang menyimpan banyak rahasia.

Apalagi jika jalan ceritanya melibatkan Paus, hampir 100 persen nama Vatikan akan disebut-sebut. Negara terkecil di dunia ini memiliki peran besar dalam sejarah. Di sinilah tempat Paus menetap sejak abad ke-14.

Tidak heran jika mereka menyimpan banyak karya seni klasik dan berbagai benda bersejarah di dalam museum mereka. Dari museum inilah mereka mendapatkan devisa negara. Terdapat hampir enam juta pengunjung setiap tahunnya di negara yang keseluruhan wilayahnya dinobatkan sebagai situs warisan budaya UNESCO ini. telegraph.co.uk Meski memiliki bendera yang sama persis dengan negara kita, kondisi Monako dan Indonesia jauh berbeda. Mereka hanya memiliki 38.000 penduduk dan 30 persen di antaranya adalah milyader!

Negara ini juga menjadi tujuan wisata para milyader dunia. Selain pantainya yang indah, para wisatawan berkunjung ke sana untuk bersenang-senang di kasino Monte Carlo yang tersohor. Saat ini, Monako dipimpin oleh Pangeran Albert II, anak dari Grace Kelly, aktris legendaris Amerika Serikat. Konon, ada kutukan yang menimpa keluarga kerajaan Monako yang menyebabkan anggota keluarga mereka meninggal secara tragis.

Namun sepertinya kutukan tersebut tidak mempengaruhi kemampuan mereka untuk menyejahterakan rakyatnya. earthtrekkers.com Negara ini berada di tengah-tengah Italia. Meski begitu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Italia lupa akan eksistensi negara yang berdiri pada tahun 301 Masehi ini.

Padahal, San Marino tidak kalah indah dengan negara tetangganya. Jalanan di sana sangat bersih dan tidak banyak kendaraan bermotor.

Otomatis, kamu tidak akan mengalami kemacetan. Dengan menyusuri jalan, kamu juga bisa melihat-lihat ke dalam toko-toko kecil dan bersantai kafe mungil yang hangat. Bangunan-bangunan kuno masih dipelihara di sini. Memang mereka tidak memiliki kastil, namun terdapat tiga menara untuk memantau situasi kota yang bisa dikunjungi wisatawan.

easyvoyage.co.uk/liechtenstein Ingin merasakan pesta pora di kastil kerajaan dengan orang satu negara seperti di film Frozen? Kamu cukup mengunjungi Liechtenstein di pertengahan bulan Agustus. Setiap tahunnya, pihak kerajaan mengadakan pesta rakyat yang boleh diikuti oleh siapa saja. Bertempat di Kastil Vaduz, ratusan orang berkumpul untuk menonton kembang api dan hiburan lokal sembari menyesap bir dan menikmati makanan lokal. Meski kecil, negara ini sangat kaya dan merupakan negara ketiga dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Pantas saja nyaris tidak ada tindak kriminal di sana. Selain mendapatkan penghasilan dari agrikultur, mereka juga cukup kuat di bidang industri. Faktanya, 40 persen gigi palsu yang beredar di Eropa diproduksi di Liechtenstein! malta.intercontinental.com Bekas jajahan Inggris ini memang memiliki wilayah kecil, namun penduduknya cukup padat, yaitu mencapai 400.000 jiwa. Wilayah negara Malta terdiri dari tiga pulau, yaitu Pulau Malta, Gozo, dan Comino.

Sebagai negara agamis, Malta memiliki 365 gereja dengan 90 persen penduduknya memeluk Katolik Roma. Meski terletak agak jauh dari daratan Eropa, Malta menyumbang banyak situs warisan dunia UNESCO. Bahkan beberapa di antaranya telah berusia 5.000 tahun.

Selain wisata sejarah, Malta memiliki lautan biru sebagai daya tariknya. Pantai-pantainya indah dan salah satu di antaranya memiliki pasir berwarna kemerahan! moveabroadnow.com Berdasarkan penelitian, angka harapan hidup penduduk Andorra mencapai 81 tahun. Tingginya angka harapan hidup menandakan masyarakatnya hidup sejahtera dan bahagia. Bagaimana tidak? Mereka tinggal di pegunungan dan dikelilingi hamparan rumput dan pepohonan, jauh dari kebisingan kota dan polusi.

Lihat saja gambar di atas. Apakah kamu bisa membayangkan dirimu berada di sana sembari melihat biri-biri dan sapi memakan rumput? Secara ekonomi, Andorra tergolong baik. Karena semua orang hidup sejahtera, nyaris tidak ada pencurian dan pencopetan terjadi di sana. Negara yang berbatasan dengan Spanyol dan Prancis ini merupakan negara tertua ke-8 di dunia dan berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh pangeran.

Resort ski adalah tujuan wisata yang sangat populer dan menjadi pemasukan utama negara. wondermondo.com Awalnya, Luksemburg dibangun sebagai benteng perlindungan bernama Lucilinburhuc yang dalam Bahasa Saxon berarti benteng kecil. Lama-kelamaan benteng tersebut berkembang dan meluas.

Hingga saat ini, kamu bisa melihat bagian-bagian benteng dan gerbang-gerbangnya. Sedikit di antaranya bisa kamu lihat di gambar di atas. Dinding yang membentang di sepanjang sungai adalah puing-puing benteng The Bock. Selain keindahan arsitektur, Luksemburg juga menyimpan keindahan alam. Sepertiga dari wilayahnya adalah hutan lebat.

Sebagai negara terkaya di dunia, tidak heran jika 70 persen penduduknya memiliki mobil. Meski begitu, perjalanan dengan menggunakan kereta api juga masih digemari. Mungkin untuk menghindari macet yang sering terjadi di jam berangkat dan pulang kantor. moveabroadnow.com Beragam cerita dan legenda terjadi di negara yang telah memiliki peradaban berabad-abad sebelum Masehi ini.

Konon, Dewi Aphrodite dilahirkan di negara yang memiliki sumur tertua di dunia ini. Untuk menghargai sejarah, mereka memelihara bangunan-bangunan tua seperti tempat pemakaman, benteng, dan istana yang didirikan pada masa sebelum Masehi. Sebuah kota bernama Paphos dinobatkan sebagai situs warisan dunia UNESCO karena bangunan-bangunan kunonya. Selain menyimpan sejarah, Siprus juga menawarkan pemandangan yang indah. Lautan biru bak safir yang mengelilingi negara tersebut nyaris tidak tercemar karena masyarakat setempat tidak gemar berburu ikan.

canj.me/en/montenegro Meski wilayahnya kecil, ternyata negara yang baru merdeka pada tahun 2006 ini memiliki 117 pantai di sepanjang pesisir Adriatic! Selain laut, mereka juga memiliki sungai, danau, dan pegunungan. Berkat kekayaan alam tersebut, Montenegro memiliki beragam jenis flora dan fauna. Dua di antaranya adalah beruang coklat Eurasia dan lumba-lumba.

Berbeda dengan negara kecil lainnya, Montenegro memiliki lima bandara. Ini memudahkan wisatawan luar negeri yang ingin berkunjung. Memang, sejak dulu negara yang 19 persen penduduknya beragama Islam ini cukup populer sebagai tujuan wisata. Bahkan, film James Bond "Casino Royale" bersetting tempat di Montenegro, meski syutingnya dilakukan di Rusia.

slovenia.info Slovenia adalah tempat yang tepat untuk kamu yang gemar mengunggah foto cantik di Instagram. Pertama, negara ini memiliki danau terindah di dunia dengan pulau kecil di tengahnya. Di sana, berdiri sebuah gereja dan museum yang dibangun pada abad ke-15.

Kedua, setiap akhir musim dingin, masyarakat menggelar ritual Kurentovanje di mana mereka menggunakan kostum dan turun ke jalan.

Ketiga, terdapat puluhan kastil cantik yang tersebar di seluruh wilayah negara. Iya, puluhan. Keempat, mereka gemar melakukan perayaan seperti karnaval dan festival yang diadakan hampir sepanjang tahun kecuali saat musim dingin. Terakhir, Slovenia memiliki gua yang masuk ke dalam situs warisan dunia yaitu Gua Skocjan Negara-negara kecil ini ternyata menyimpan lebih banyak keindahan baik yang dibuat oleh alam maupun manusia.

Jika kamu berencana berlibur ke Eropa, jangan lupa masukkan mereka ke dalam itinerary-mu. Siapa tahu kamu kepincut dan malah ingin tinggal di sana! Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • BMKG: Waspada, Suhu Panas Terik Terjadi hingga Pertengahan Mei • 10 Potret Baby Ameena dalam Berbagai Ekspresi, Gemasnya Kebangetan
Microstate biasanya adalah negara berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali independen yang diakui oleh negara-negara yang lebih besar.

Berikut 10 negara kecil di Eropa, seperti dilansir 10 Most Today, Selasa (13/12/2016). Daftar ini tidak termasuk negara yang tidak diakui seperti Cyprus Utara, atau yang diakui sebagian seperti Kosovo. Gibraltar juga tidak masuk daftar mengingat ia masuk ke wilayah kekuasaan Inggris dan bukan negara independen. 1. Vatikan – 0.44 km2 Negara Vatikan berdiri sesuai Perjanjian Lateran pada 1929 antara Paus dan pemerintahan Italia di bawah kekuasaan Mussolini.

Terletak di Roma, negara terkecil di Eropa ini hanya berpenduduk 800 orang. 2. Monako – 2.02 km2 Monako menerima kemerdekaan penuh dari Prancis pada 1860. Terletak di kawasan selatan Prancis, French Riviera, pada perairan Laut Mediterania.

Dengan 35 ribu warga, Monako juga menjadi negara dengan populasi terpadat di dunia. Monako. (Foto: 10 Most Today) 3. San Marino – 61 km2 Republik San Marino merupakan bagian dari Italia dengan populasi sekira 30 ribu orang.

San Marino mengklaim sebagai negara berdaulat tertua di dunia. San Marino meraih kemerdekaan dari Kerajaan Roma pada September 301. Benteng Guaita di San Marino (Foto: 10 Most Today) 4. Liechtenstein – 160 km2 Terletak di antara Swiss dan Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali, Liechtenstein memiliki populasi sekira 35 ribu orang. Liechtenstein merdeka sejak abad ke-19. Vaduz Castle – istana dan tempat tinggal resmi Pangeran Liechtenstein (Foto: 10 Most Today) 5.

Malta – 316 km2 Malta adalah archipelago dengan tujuh pulau di Laut Mediterania dengan populasi di bawah 500 ribu jiwa. Malta meraih kemerdekaan dari Inggris pada 1964 dan kini memusatkan pemerintahan di ibu kota, Valetta.

Ibu Kota Malta, Valetta. (Foto: 10 Most Today) 6. Andorra – 468 km2 Terletak di Pyrenees, antara Prancis dan Spanyol, Andorra merupakan microstate berpenduduk kurang dari 100 ribu jiwa. Andorra meraih kemerdekaan sejak 1278. Ibu Kota Andorra, Andorra la Vella (Foto: 10 Most Today) 7.

Luksemburg – 2,586 km2 Terletak di antara Jerman, Prancis dan Belgia, Luksemburg merdeka sejak 1815. Lepasnya Luksemburg dari Prancis ini ditetapkan dalam Perjanjian Paris. Tercatat, ada kurang dari 500 ribu penduduk di Luksemburg.

Ibu Kota Luksemburg, Luxembourg City. (Foto: 10 Most Today) 8. Cyprus – 9,251 km2 Negeri kepulauan yang merdeka sejak 1960 ini terletak di Mediterania. Berpenduduk sekira satu juta jiwa, Ibu Kota Cyprus terletak di kota terbesarnya, Nicosia.

Cyprus. (Foto: 10 Most Today) 9. Montenegro – 13,812 km2 Negeri kecil Montenegro hanya memiliki empat perbatasan yaitu Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Albania dan Kroasia. Ada 600 ribu penduduk di Montenegro. Bay of Kotor, Montenegro. (Foto: 10 Most Today) 10. Islandia – 103 ribu km2 Islandia dijuluki "tanah api dan es". Hanya ada sekira 300 ribu orang mendiami negara kepulauan ini. Ibu Kota Islandia, Reykjavik. (Foto: 10 Most Today)
Penyebab Terjadinya Gurun di Australia – Australia merupakan benua yang terkecil di dunia.

Australia adalah negara yang berada di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Negara ini hanya memiliki satu negara yaitu Australia. Wilayah dari Australia terdiri dari berbagai bentang alam yang beragam, mulai dari pegunungan hingga gurun pasir. Australia sebagai negara yang maju dan makmur.

Australia menjadi ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Selain itu Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antar bangsa seperti halnya pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan sipil, dan juga hak-hak politik.

Australia adalah anggota dari Perserikatan Bangsa-bangsa, G20 Ekonomi utama, Negara-negara Persemakmuran, ANZUS, AUKUS, Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi, Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik, Forum Kepulauan Pasifik, dan Organisasi Perdagangan Dunia. Seperti dilansir Geoscience Australia, Australia merupakan benua terkering di dunia. Sekitar 35 persen dari total benua ini hanya menerima sedikit hujan. Gurun Australia tersebar di seluruh dataran tinggi barat dan dataran rendah.

Berdasarkan bersumber dari buku berjudul “Geografi Regional Dunia” pada tahun 2020 yang ditulis oleh Sulistinah dan Kuspriyanto, letak Benua Australia berada di sebelah Selatan benua Asia. Secara astronomis benua ini terletak diantara kurang lebih 11°LS-44°LS dan kurang lebih 115°BT-153°BT.

Luas Australia mencapai sekitar 7.682.300 km² atau hanya sekitar 5,2% wilayah daratan dunia. Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (belum termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua), dan pengakuan perluasan Zona Ekonomi Eksklusif seluas 8.148.250 km². Zona ekonomi eksklusif ini tidak termasuk Teritorial Antartika Australia.

Tidak termasuk Pulau Macquarie, Australia terletak di antara 9° LS, dan 44° LS, dan 112° BT, dan 154° BT. Iklim di Australia sangat dipengaruhi oleh arus Samudera, termasuk Dipol Samudra Hindia dan Osilasi El-Niño Selatan yang berkorelasi dengan kekeringan yang berkala dan sistem tekanan rendah tropis bermusim yang menghasilkan siklon di utara Australia. Faktor-faktor yang mengimbas curah hujan yang variatif dari tahun ke tahun. Sebagian besar utara negara ini memiliki iklim hujan musim panas dominan tropis atau monsoon.

Di bawah tiga per empat Australia terletak sebuah gurun atau zona kurang subur. Pojok Barat Daya Australia Barat memiliki iklim Mediterania. Banyak bagian di tenggara (termasuk Tasmania) yang beriklim sedang. Meskipun sebagian besar Australia tidak begitu subur dan bahkan berupa gurun. Tetapi Australia memiliki aneka ragam habitat mulai dari padang rumput beriklim alpen hingga ke hutan hujan tropika, dan diakui sebagai negara megadiversitas. Karena umur benua yang tua, pola cuaca yang sangat variatif, dan keterpencilan geografis, sebagian besar biota Australia adalah unik, dan beraneka ragam.

Kira-kira 85% tumbuhan berbunga, 84% mamalia, lebih daripada 45% burung, dan 89% di dekat pantai, ikan zona iklim sedang endemik. Australia memiliki sejumlah besar reptil negara lain, sebanyak 755 spesies. Hutan di Australia sebagian besar memiliki spesies yang selalu hijau, khususnya eukaliptus di kawasan yang subur, akasia menggantikan mereka di kawasan yang lebih kering, gurun sebagai spesies yang paling dominan.

Di antara fauna Australia adalah monotremata (platipus dan echidna), sejumlah marsupialia, kanguru, koala, wombat, dan burung (emu dan kookaburra).

Australia merupakan rumah bagi banyak binatang yang berbahaya termasuk beberapa ular yang paling mematikan di dunia. Dingo diperkenalkan oleh orang Austronesia yang berdagang dengan penduduk asli Australia kira-kira 3000 Masehi. Banyak spesies tumbuhan, dan hewan menjadi punah segera setelah pendudukan manusia pertama, termasuk megafauna Australia, yang lainnya hilang sejak pendudukan bangsa Eropa, diantaranya Harimau Tasmania.

Rp 85.000 Banyak ekoregion Australia, dan spesies di kawasan itu yang terancam oleh kegiatan manusia, dan spesies binatang atau tumbuhan yang diperkenalkan di Australia. Undang-Undang Federal Tahun 1999 tentang Perlindungan Lingkungan dan Cagar Keanekaragaman Hayati adalah kerangka hukum perlindungan hewan-hewan yang terancam.

Banyak kawasan yang dilindungi telah dibuat menurut “Strategi Nasional untuk Perlindungan Keanekaragaman Hayati Australia” untuk melindungi, dan melestarikan berbagai macam ekosistem yang unik; 65 lahan basah didaftarkan di bawah Konvensi Ramsar, dan 15 Situs Warisan Dunia UNESCO alami telah didirikan.

Australia menduduki peringkat ke-51 dari 163 negara di dunia pada Indeks Kinerja Lingkungan 2010. Makanan Aborigin sangat dipengaruhi oleh kawasan di mana mereka berada. Sebagian besar kelompok kesukuan bergantung pada makanan Paleolitikum sederhana, memburu hewan darat atau ikan, dan mengumpulkan tumbuhan, dan buah-buahan endemik.

Istilah umum bagi flora, dan fauna Australia yang digunakan sebagai sumber makanan adalah makanan semak. Pemukim perdana dari Eropa memperkenalkan makanan Britania ke benua ini dengan banyak jenis yang kini dianggap sebagai makanan lazim orang Australia, didasarkan pada Sunday roast, telah menjadi tradisi yang lestari bagi banyak orang Australia.

Sejak awal abad ke-20, makanan di Australia menjadi semakin dipengaruhi oleh imigran, khususnya dari Eropa Selatan, dan budaya-budaya Asia. Anggur Australia yang dibuat di 60 kawasan produksi yang berbeda, semuanya kira-kira sekitar 160.00 hektare, terutama di selatan, bagian negara yang lebih dingin.

Kawasan anggur di tiap-tiap negara bagian ini menghasilkan gaya, dan varietas anggur yang berbeda-beda yang diuntungkan oleh kebaikan iklim, dan mutu tanah yang berbeda-beda pula. Varietas yang dominan adalah Syrah, Cabernet, Sauvignon, Chardonnay, Merlot, Sémillon, Pinot noir, Riesling dan Sauvignon blanc. Pada tahun 1995, anggur merah Australia, Penfolds Grange, memenangi penghargaan Wine Spectator sebagai Anggur Tahun Ini, kali pertama anggur dari luar Prancis atau California menerima penghargaan tersebut.

Batas-Batas Australia Australia dibatasi dengan batas-batas wilayah sebagai berikut ini: • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Timor (timur Leste) dan laut Arafuru (Indonesia).

• Sebelah Utara berbatasan dengan samudra Pasifik dan laut Tasman. • Sebelah barat dan selatan berbatasan dengan samudra Hindia. Dikutip dari Australian Bureau of statistic (ABS), Australia merupakan benua terkering di dunia dan memiliki wilayah gurun terluas di belahan bumi selatan. Lebih dari sepertiga benua secara efektif merupakan gurun dan lebih dari dua pertiga benua diklasifikasikan sebagai kering atau semi kering.Gurun diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai padang luas yang tandus atau Padang pasir.

Ekonomi Australia Australia menganut sistem berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali pasar dengan PDB per kapita yang tinggi dan angka kemiskinan yang rendah. Dolar Australia adalah satuan mata uang negara ini, termasuk pulau Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), dan Pulau Norfolk, juga negara-negara kepulauan Pasifik yang merdeka, yakni Kiribati, Nauru, dan Tuvalu.

Setelah pada tahun 200y penggabungan Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchanges, kini Bursa Efek Australia menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia. Dengan menempati peringkat ketiga dalam indeks Kebebasan Ekonomi tahun 2010.

Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia, dan juga memiliki PDB per kapita terbesar ke-9 di dunia, lebih tinggi daripada Britania Raya, Jerman, Prancis, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat. Australia juga menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010, dan menduduki peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008.

Semua kota besar di Australia tidak lagi menjadi objek survei kelayak-hunian komparatif dunia, oleh karena telah melampaui syarat yang telah ditentukan; Melbourne mencapai tempat kedua dalam kriteria kota yang paling layak huni di dunia pada tahun 2008 menurut The Economist’, diikuti oleh Perth (ke-4), Adelaide (ke-7), dan Sydney (ke-9) Keseluruhan utang pemerintah di Australia adalah sebesar $ 190 miliar.

Harga rumah di Australia adalah di antara yang termahal, sedangkan beberapa level utang rumah tangga adalah di antara yang terbesar di dunia.

Penguatan ekspor komoditas, melebihi barang-barang manufaktur telah mendukung kenaikan signifikan rasio perdagangan Australia sejak awal abad ini, karena naiknya harga komoditas. Australia memiliki neraca pembayaran yang lebih besar daripada 7% PDB negatif, dan memiliki defisit current account selama lebih daripada 50 tahun.

Rerata pertumbuhan ekonomi tahunan Australia adalah sebesar 3,6% selama 15 tahun, perbandingannya adalah rerata tahunan OECD sebesar 2,5%. Terdapat opini yang berbeda-beda menurut bukti apakah Australia salah satu dari sedikit negara OECD yang terhindar dari kelesuan pada Krisis ekonomi 2008 ataukah tidak. Enam mitra dagang utama Australia mengalami kelesuan ekonomi yang pada gilirannya memengaruhi Australia, dan pertumbuhan ekonomi menghambat negara ini selama beberapa tahun. Pada tahun sekitar 1980-an, Partai Buruh, dipimpin oleh Perdana Menteri Bob Hawke, dan Bendahara Paul Keating, memulai proses pemodernan ekonomi Australia dengan mengambangkan dolar.

Australia pada 1983, dan mengatur sistem keuangan. Sejak tahun 1996 pemerintahan Howard telah melanjutkan proses reformasi ekonomi mikro, termasuk deregulasi sebagian dari pasar tenaga kerja dan penswastaan BUMN, terutama industri telekomunikasi. Reformasi yang cukup dalam sistem pajak tak langsung dicapai pada Juli 2000 dengan diperkenalkannya pajak barang, dan jasa (goods and service tax; GST) sebesar 10% yang sedikit mengurangi ketergantungan terhadap pajak pemasukan pribadi, dan perusahaan yang masih melambangkan sistem pajak Australia.

Perekonomian Australia tidak mengalami resesi sejak awal tahun 1990. Pada Juli 2005, pengangguran masih dalam kisaran 5%. Sektor jasa, termasuk pariwisata, pendidikan dan jasa finansial membentuk 69% dari PDB. Pertanian, dan sumber daya alam hanya membentuk 3%, dan 5% dari PDB, tetapi cukup membantu banyak dalam ekspor Australia. Pasar ekspor Australia terbesar termasuk negara Jepang, Tiongkok, AS, Korea Selatan dan Selandia Baru.

Hal yang menjadi perhatian para ekonomis termasuk defisit anggaran ( current account deficit), dan juga tingkat hutang luar negeri bersih ( net foreign debt) yang tinggi. Pada Januari 2007, angka pengangguran mencapai 10.033.480 penduduk, dengan laju sebesar 5,1%. Angka pengangguran muda (15-24) menaik dari 8,7% sampai 9,7% pada 2008-2009.

Pada dasawarsa lalu, inflasi berada pada kisaran 2–3%, dan suku bunga dasar 5–6%. Ekonomi sektor jasa, termasuk pariwisata, pendidikan, dan jasa keuangan, terhitung sebesar 70% PDB. Kendati pertanian, dan sumber daya alam terhitung hanya 3%, dan 5% PDB (masing-masing), mereka bersumbangsih bagi kinerja ekspor.

Pasar ekspor terbesar Australia adalah Jepang, Tiongkok, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Selandia Baru. Australia adalah pengekspor minuman anggur terbesar ke-4 di dunia, dalam industri yang menyumbang $5,5 miliar per tahun bagi ekonomi nasional. Politik Australia Australia adalah monarki konstitusional dengan pembagian kekuasaan federatif. Pemerintah Australia menganut sistem parlementer dengan Ratu Elizabeth II sebagai puncak kepemimpinannya, yakni sebagai Ratu Australia, suatu peran yang berbeda dengan kedudukannya sebagai ratu bagi Dunia Persemakmuran lainnya.

Ratu menetap di Britania Raya, dan dia diwakili oleh utusan yang menetap di Australia, (Gubernur Jenderal pada level federal, dan oleh Gubernur pada level negara bagian), yang menurut konvensi bertindak menurut nasihat menteri-menterinya.

Otoritas eksekutif tertinggi berada pada Konstitusi Australia, tetapi kekuasaan untuk menjalankannya diserahkan menurut konstitusi kepada Gubernur Jenderal. Pelaksanaan kekuasaan cadangan Gubernur Jenderal di luar permintaan Perdana Menteri adalah pembubaran Pemerintah Whitlam ketika terjadi krisis konstitusional 1975. Di Australia terdapat tiga cabang pemerintahan. Legislatif Parlemen Australia yang terdiri dari Gubernur-Jenderal, Senat, dan Dewan Perwakilan.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Eksekutif; Dewan Eksekutif Federal; prakteknya adalah Gubernur-Jenderal yang dinasehati oleh Perdana Menteri dan Menteri-menteri Negara. Judisial; Mahkamah Agung Australia, dan Pengadilan-pengadilan federal lainnya yang para hakimnya diangkat oleh Gubernur-Jenderal berdasarkan nasihat Dewan. Australia mempunyai parlemen yang bikameral, masing-masing kamarnya adalah Senat, dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Di dalam Senat (majelis tinggi), terdapat 76 senator: yakni dari enam negara bagian masing-masing dikirimkan 12 wakil, sedangkan dari dua teritorial masing-masing dikirimkan dua wakil. DPR (majelis rendah) terdiri dari 150 anggota yang dipilih dari 150 elektoral, artinya dari satu elektoral dikirim hanya satu wakil.

Elektoral (atau disebut juga kursi) dialokasikan ke negara-negara bagian menurut basis populasi, dengan ketentuan tiap-tiap negara bagian asli diberi jaminan untuk memperoleh minimal lima kursi. Pemilihan untuk masing-masing kamar biasanya diselenggarakan setiap tiga tahun sekali secara serempak, para senator memiliki masa jabatan yang tumpang tindih selama enam tahun, kecuali yang berasal dari teritorial, yang masa jabatannya tidak ditetapkan tetapi terikat dengan daur pemilihan majelis rendah; dengan demikian hanya 40 dari 76 kursi di Senat dilibatkan ke dalam pemilihan kecuali jika daur pemilihan diganggu oleh pembubaran kembar.

Ada dua kelompok politik utama yang telah lazim membentuk pemerintahan, di level federal maupun negara bagian: Partai Buruh Australia, dan Koalisi yang merupakan pengelompokan resmi Partai Liberal Australia, dan mitra kecilnya, Partai Nasional Australia.

Anggota-anggota independen, dan beberapa partai kecil, termasuk di antaranya Partai Hijau Australia, dan Partai Demokrat Australia memiliki wakilnya di parlemen Australia, terutama di majelis tinggi. Setelah pemilihan kepemimpinan Partai Buruh Australia, tahun 2010, Julia Gillard menjadi Perdana Menteri perempuan pertama pada bulan Juni 2010.

Pemilihan umum federal diselenggarakan pada 21 Agustus 2010, dan tidak ada partai yang menjadi mayoritas mutlak setelah 50 tahun terakhir. Gillard mampu membentuk pemerintahan Buruh minoritas dengan sokongan dari kaum independen.

Gurun di Australia Pusat Iklim Nasional, Biro Meteorologi Australia, mencatat bahwa di seluruh dunia, terdapat sabuk tekanan tinggi di subtropis berdasarkan garis lintang sekitar 30° (Utara dan Selatan), yang menyebabkan kondisi kering di wilayah dekat garis lintang ini.

Kondisi kering Australia juga terjadi pada aliran timur secara umum ke Utara sabuk bertekanan tinggi ini, kecuali di dekat pantai timur daratan Australia dimana aliran ini mengandung uap air dari samudera Pasifik.

Interior kontinental juga jauh, kesegala arah dari sumber potensial kelembaban.Sebagian besar Australia, tidak ada batas yang tegas antara daerah gersang dan daerah dengan kelembaban yang cukup. Tidak adanya uap air di daerah Australia, menyebabkan daerah menjadi kering. Posisi Australia tersebut itulah yang menjadikan Australia sebagai lokasi utama terjadinya gurun pasir.

Berikut daftar gurun yang berada di Australia. Wilayah gurun yang mendominasi daratan Benua Australia, diperkirakan luasnya sekitar 1.492.000 km2. Di bagian tengah berupa gurun dataran rendah meliputi: • Gurun Great Victoria (Australia Barat, Australia Selatan).

• Gurun Tanami (Australia Barat, Northern Territory) • Gurun Great Sandy (Australia Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali ) • Gurun Gibson (Australia Barat) • Gurun Simpson (Northern Territory, Queensland, Australia Selatan) • Gurun Tirari (Australia Selatan) • Gurun Strzelecki (Australia Selatan, Queensland, New South Wales) Gurun Australia sering digambarkan sebagai tanah abadi.

Selama 30 tahun terakhir, penelitian arkeologi dan sejarah lingkungan kuarter gurun Australia telah mengungkapkan, tidak hanya kekhasan mereka tetapi juga sejarah mereka yang kaya. Karena itu tidak heran jika banyak beragam tumbuhan dan hewan khas yang hanya ada di Australia dan tidak terdapat di bagian tempat lain di dunia.

Apakah Grameds tertarik untuk mendalami tentang negara Australia? Jika iya, Grameds bisa membaca buku sebagai tambahan informasi dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • Lapisan Atmosfer • Struktur Lapisan Bumi • Pengertian Geografi • Konsep Geografi • Air Tanah • Sistem Informasi Geografis (GIS) • Perbedaan Iklim dan Cuaca • Teori Pembentukan Tata Surya • Susunan Tata Surya • Sistem Tata Surya • Urutan Planet Tata Surya • Dampak Revolusi Bumi • Teori Pembentukan Bumi dan Tata Surya • Air Permukaan • Sistem Klasifikasi Iklim • Iklim Matahari • Iklim di Indonesia • Prinsip Ilmu Geografi • Proses Terjadinya Pelangi • Proses Terjadinya Gerhana Bulan • Teori Terjadinya Alam Semesta • Proses Terjadinya Gerhana Matahari • Objek Studi Geografi • Iklim Tropis • Iklim Subtropis • Pengaruh Letak Geografis Indonesia • Lapisan Tanah • Pola Aliran Sungai • Tori Inti Ganda Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah BACA JUGA: • 7 Benua di Dunia, Kamu Harus Tahu Ini!

• Penemu Benua Australia dan Sejarah Singkatnya • Iklim dan Persebaran Vegetasi • Pembagian Klasifikasi Iklim di Dunia • Klasifikasi Iklim Matahari: Wilayah, Ciri-Ciri, Flora, dan Fauna • Iklim Subtropis: Ciri, Flora, Fauna, Negara Subtropis Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1Pegunungan di eropa, yaitu gugusan pegunungan tua di norwegia yang membentang dari utara ke selatan dengan puncak tertinggi gunung galdhopiggen (2.470 m), pegunungan alpen di kawasan mediterania dengan puncak tertinggi di mountain blanc (iv.808 m), pegunungan kaukasus di sebelah selatan dengan puncak tertinggi di gunung elbrus (5.633 one thousand), dan.

Seluruh pegunungan ini berada di benua eropa. Polpette ripiene al sugo Ricette, Polpette, Ricette di Tujuh puncak tertinggi di dunia (the vii summits of the world ) dikenal sebagai puncak tertinggi ditemukan di setiap benua di bumi.

Nama pegunungan tertinggi di benua eropa. Benua eropa dilalui pegunungan lipatan muda mediterania yang bersifat aktif, sehingga jalur pegunungan ini menghalangi masuknya angin laut dari laut mediterania yang banyak berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali hujan di eropa selatan.

Benua eropa terletak di sebelah barat benua asia.bahkan dapat dikatakan bahwa benua eropa adalah semenanjung bagian barat benua asia yang dibatasi oleh rangkaian pegunungan ural.secara geografis, eropa sebenarnya bukanlah suatu benua, namun dari kemajuan budaya dan peranannya yang menonjol, maka eropa dapat berdiri sendiri sebagai suatu.

Gunung ini juga termasuk menjadi gunung tertinggi kawasan pegunungan alpen. Umumnya tanahnya tandus, kecuali di daratan di mana daerah dengan rumput alam, tanah subur dan musim panas yang hangat menyediakan kesempatan untuk berladang.

Rekor gunung tertinggi di eropa dipegang oleh gunung weisshorn yang terletak di swiss. Di pedalaman ada tipe kayu eropa tengah (ek, dan di pegunungan, cemara). Gunung tertinggi di benua eropa adalah pegunungan puncak berapi yang terkenal dan tidak mempunyai kawah apakah kecuali ada nama tts timur brainly utara api aktif barat tertutup es abadi memisahkan asia antara enam mendaki jawaban memiliki paling berbahaya selatan sebutkan utama vesuvius yaitu yg 169 3 v half dozen.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Berikut adalah daftar puncak gunung tertinggi di dunia dari permukaan laut: Gunung ini juga menjadi tempat para pendaki gunung melampiaskan rasa penasarannya. Benua ini terletak di antara benua afrika dan eropa dengan samudra pasifik. Gunung dom yaitu merupakan gunung tertinggi di benua eropa, yang memiliki ketinggian 4. Diantara banyaknya gunung di sana, berikut adalah daftar gunung tertinggi di eropa.

Karena jika kita bicara mengenai gunung tertinggi di dunia, 25 besar didominasi oleh pegunungan himalaya 1). Posisi benua asia ini berada di belahan bumi bagian utara.

Batas antara benua asia dan eropa yakni pegunungan ural yang rendah dan dataran rendah lembah sungai ural. Gunung dom adalah salah satu gunung tertinggi di benua eropa, karena memiliki ketinggian 4. Eropa merupakan sebuah negara dengan bentang alam yang mengagumkan. Batas tersebut berlanjut hingga laus kaspia, pegunungan kaukasus, depresi kuma manych hingga laut hitam, bosporus, laut marmara.

Puncak tertinggi di dunia pertama kali dicapai oleh edmund hillary dan tenzing norgay pada 29 mei 1953. Berikut ini adalah 8 gunung tertinggi di benua eropa. Benua eropa dan afrika dibatasi laut mediterania “laut tengah”.

Asia berada di bagian timur daratan luas ini dan saling berbagi landas benua.ujung paling timur dari eropa adalah pegunungan ural di rusia.perbatasan dengan asia di bagian tenggara tidak dinyatakan secara universal, tetapi umumnya adalah sungai ural.

Memiliki ketinggian sekitar 4.844 meter, ini adalah puncak tertinggi keenam di afrika. Sebut saja, tim indonesia dark-green expediton (ige) kmpa eka citra universitas negeri jakarta yang berhasil menaklukkan puncak gunung tertinggi di benua amerika selatan, aconcagua pada 2014.

Secara geografis, eropa merupakan bagian dari daratan eurasia (eropa dan asia). Populasi penduduk di benua ini pada 2016 tercatat mencapai iv,4 miliar jiwa atau 60 persen penduduk bumi. Gunung dom memiliki keunikan, yaitu saat ingin mendakinya, pendaki akan disuguhkan oleh.

Mountain bakery atau dikenal juga dengan nama kiyanja adalah sebuah gunung yang terdapat di taman nasional pegunungan berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali, uganda. Gunung baker foto past @ultimateexpeditions. Eropa adalah salah satu dari tujuh benua. Sungai ini mengalir di 2 negara yaitu rusia dan republic of kazakhstan. Sungai ural mempunyai panjang aliran sekitar 2.428 km. Gunung ini termasuk dalam gunung tertinggi di pegunungan alpen. Selain pegunungan ural di rusia yang dianggap sebagai pembatas alam benua ini, umumnya sungai ural dan sungai emba juga dijadikan batasan.

Benua eropa adalah sebuah benua yang yang berada antara samudra atlantik di barat, laut arktik di utara, pegunungan ural dan sungai ural di timur, laut kaspia, pegunungan caucasan dan laut hitam di tenggara, dan laut mediterania di selatan.

Barisan pegunungan ini berlanjut ke timur tengah atau asia kecil dengan pegunungan caucasus di perbatasan antara eropa dan asia, taurus dan zagros di turki, hindu kush di afghanistan, kun lun serta himalaya di india dan red china, hingga pegunungan titiwangsa di semenanjung malaya dan bukit barisan di.

Sesuai dengan namanya sumber air dari sungai ural berasal dari pegunungan ural kemudian aliarannya mengarah ke selatan untuk bermuara di laut kaspia atau tepatnya di antara benua eropa di bagian barat dan benua asia di bagian timur. peta benua eropa hd Eropa, Peta dunia, Peta Ternyata Selama Ini Kita Dibohongin Peta Dunia Ini BENUA DAN SAMUDERA (Dengan gambar) Peta dunia, Geografi peta benua eropa hard disk drive Eropa, Peta, Gambar Siomay Dim Sum (DIY kulit siomay) Resep Makanan sehat Pivot di Berita Bola Indonesia Sebuah blog tentang makanan dan proses memasak yang Pivot oleh Jasa Arsitek di Jasa Desain Rumah Bali Desain Nama Bayi Perempuan Cantik dan Artinya Bayi Perempuan Prediksi Pertandingan Paris Saint Germain vs Arsenal, 14 Pin di Oriflame Gold Conference 2014 Cruise to Spain Berikut Adalah Pegunungan Di Benua Eropa Kecuali Pegunungan Source: https://content.co.id/nama-pegunungan-tertinggi-di-benua-eropa-2/ Terbaru • Cara Melihat Nomor Hp Orang Di Messenger • Jenis Sarana Dan Peralatan Budidaya Ternak Kesayangan • Cara Mengukur Penggaris Dari 0 Atau 1 • Cara Membuat Pistol Mainan Dari Botol Bekas • Jurnal Tesis Aplikasi Recording Andriod Peternakan • Cara Menggendong Bayi 2 Bulan Dengan Selendang • Sistem Kemitraan Pada Perusahaan Peternakan Ruminansia • Cara Pasang Elcb 3 Phase Yang Benar • Cara Membuat Lamaran Kerja via Email Pdf Di Hp Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
2 Sekilas Mengenai Vatikan Secara geografis, benuaa Eropa merupakan bagian dari daratan yang lebih besar dikenal sebagai Eurasia, yaitu gabungan antara 2 benua, Eropa dan Asia.

Benua ini dimulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menggambarkan batasan timur Eropa dengan Asia. Sedangkan batasan tenggara dengan Asia tidak tergambarkan secara jelas. Namun yang paling umum adalah Sungai Ural yang merupakan sungai yang terletak di antara Rusia dan Kazakhstan.

Negara Terkecil di Benua Eropa Ada sekitar 48 negara bagian di Eropa, dan di antara ke-48 negara bagian tersebut, Vatikan yang terletak di kawasan Eropa Selatan merupakan negara bagian Eropa yang terkecil, sekaligus merupakan negara terkecil di dunia. Vatikan yang dalam bahasa Italia bernama Civitas Vaticana, dengan nama resmi Negara Kota Vatikan ( Stato della Citta del Vaticano atau Status Civitatis Vaticanae), merupakan sebuah enklaf yang dikelilingi tembok di dalam kota Roma di Italia.

Dengan luas area sekitar 44 hektar, dan populasi sebesar 842 jiwa, Negara Kota Vatikan merupakan negara independen terkecil di dunia, baik area maupun populasinya, yang diakui secara internasional. Vatikan adalah negara yang berbentuk eklesiastik atau monarki-sakerdotal yang diperintah oleh Uskup Roma, yaitu Paus. Para pejabat tertinggi negara ini semuanya adalah klerus Katolik yang berasal dari berbagai negara.

Sejak kembalinya Paus dari Avignon pada tahun 1377, mereka umumnya tinggal di Istana Apostolik di dalam wilayah yang sekarang adalah Kota Vatikan, meskipun terkadang juga tinggal di Istana Quirinal di Roma atau di tempat lainnya. Vatikan merupakan negara kota yang independen yang terbentuk pada tahun 1929 melalui Perjanjian Lateran antara Takhta Suci dan Italia, yang berbicara tentang pendirian negara ini sebagai suatu ciptaan baru, dan bukan sebagai sisa-sisa Negara-negara Kepausan (756-1870) yang jauh lebih besar, yang sebelumnya pernah mencakup banyak bagian tengah Italia.

Menurut perjanjian tersebut, Takhta Suci memiliki “kepemilikan penuh, kekuasaan eksklusif, dan yurisdiksi serta otoritas yang berdaulat” atas Negara Kota Vatikan. PELAJARI: 3 Jenis Gejala Vulkanisme Berdasarkan catatan sejarah, diperkirakan bahwa daerah di kota Roma yang sebelumnya tidak dihuni ini sudah selalu dianggap suci, bahkan sebelum kedatangan agama Kristen. Pada tahun 326 masehi, gereja pertama dibangun di atas tempat yang diperkirakan sebagai makam Santo Petrus. Sejak itu, tempat ini semakin banyak dihuni.

Para Paus yang memiliki peran sekuler mulai memperluas pengaruh mereka pada daerah-daerah sekitar dan melalui negara-negara, Paus memerintah banyak daerah di semenanjung Italia selama lebih dari 1000 tahun hingga pertengahan abad ke-18 ketika seluruh Italia dipersatukan.

Pada saat itu, daerah negara Pausdisita oleh Kerajaan Italia baru didirikan. Lalu pada tahun 1870, dalam gerakan penyatuan Italia, wilayah kekuasaan para pemimpin gereja dimasukkan ke dalam wilayah Italia dan wilayah kekuasaan Paus lebih dikurangi lagi ketika Roma dianeksasi.

Namun gereja katolik Roma tidak menerima hal ini dan timbullah konflik antara gereja dan kerajaan Italia yang akhirnya diselesaikan dengan perjanjian Lateran (Concordat) yang ditandatangani pada 11 Februari 1929 oleh Cardinal Gaspari yang mewakili Paus XI dan Benito Mussolini yang mewakili Raja Victor Emmanuel III.

Isi utama perjanjian ini, yaitu: Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali Negara Vatikan yang berdaulat dan independen di bawah pemerintahan Tahta Suci, status istimewa bagi agama Katolik di Italia, dan ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita ketika negara Italia didirikan. Perjanjian Lateran ini tetap diakui, meskipun setelah perang dunia II sistem kerajaan Italia berakhir dan berubah menjadi negara republik.Pada tahun 1984, perjanjian ini disesuaikan lagi.

PELAJARI: Latar Belakang Perjanjian Tordesillas Istilah Takhta Suci merujuk kepada otoritas, yurisdiksi dan kedaulatan Paus dan para penasehatnya dalam memimpin Gereja Katolik Roma. Takhta Suci mempunyai hak yang sama dengan sebuah negara berdaulat. Sebagai negara berdaulat, Vatikan juga mempunyai hak untuk mengirim dan menerima diplomat. Para diplomat ini membutuhkan Kedutaan Besar yang harus berkedudukan di kota Roma karena tidak ada tempat di Vatikan.

Dengan demikian, ada sebuah situasi paradoksal di mana Italia mempunyai perwakilan di wilayahnya sendiri. Indonesia juga memiliki perwakilan di Takhta Suci.
Contoh Soal Materi tentang Benua dan Samudra Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang paling tepat! 1. Berikut ini merupakan ciri khas benua, kecuali . a. wilayah daratan luas b. di bagian tengah memiliki tipe iklim tersendiri c.

terdiri atas banyak negara d. pengaruh iklim laut tidak mendominasi 2. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan kondisi sosial di Benua Asia adalah . a. keadaan penduduk Asia terdiri atas multiras b. memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia c. mayoritas penduduknya memeluk agama nasrani d.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

mata pencaharian mayoritas penduduk masih mengandakan sektor pertanian 3. Bentuk wilayah Benua Amerika bersifat meridian yang seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara dan Kutub Selatan, kondisi demikian menyebabkan .

a. Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari b.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Benua Amerika memiliki iklim dingin c. sebagian besar wilayahnya tertutup salju d. Benua Amerika memiliki iklim subtropis 4. Berdasarkan kondisi fisik dan ariasi iklimnya, maka kemungkinan jenis flora yang berkembang di benua Afrika bagian utara adalah . a. hutan hujan tropis b. hutan kanifer c. stepa dan kaktus d. lumut dan sejenis tumbuhan tundra lainnya 5.

Perhatikan peta Benua Afrika di samping Negara yang diberi tanda hitam adalah negara . a. Mesir dan Kenya b. Mesir dan Zaire c. Sudan dan Kenya d. Libya dan Ethiopia 6. Secara geografis, daratan Eropa merupakan perpanjangan sebuah Semenanjung di Benua Asia di bagian Barat.

Namun demikian, Eropa juga dianggap sebagai benua tersendiri, karena . a. Benua Eropa terdiri atas negara-negara maju b. Benua Eropa mayoritas penduduknya berkulit putih c. Benua Eropa memiliki perbedaan yang mencolok pada peradaan maupun peranannya dalam sejarah kuno maupun modern d. daratan Benua Asia sangat luas sehingga wilayahnya perlu dipecah jadi dua bagian 7. Meskipun wilayah Australia sangat luas, namun kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata.

Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah . a. keadaan alam dan iklim Australia tidak semua layak dan cocok sebagai tempat tinggal penduduk b. karena persebaran sumber daya alam di Australia tidak merata c. pemerintah Australia menerapkan kebijakan yang sangat ketat bagi imigran asing yang masuk ke Australia d.

mayoritas penduduk Australia cenderung memilih tinggal di daerah perkotaan 8. Gambar di bawah ini adalah salah satu kenampakan alam khas Benua . a. Asia b. Australia c. Afrika d. Amerika 9. Berikut ini adalah negara-negara terkecil di Benua Eropa, kecuali . a. Andora b. Angola c. Vatikan d. San Marino 10. Terusan Suez menghubungkan antara .

a. Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik b. Samudra Hindia dengan Laut Mediterania c. Teluk Persia dengan Laut Mediterania d.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Laut Merah dengan Laut Tengah 11. Kutub Selatan dapat digolongkan sebagai benua, namun Kutub Utara tidak. Hal ini dikarenakan. a. Kutub Utara lebih dingin dari Kutub Selatan b. Kutub Utara berupa cekungan perairan c. daratan Kutub Selatan lebih luas d.

Kutub Utara lebih sulit dieksplorasi 12. Benua Asia dan Eropa pada dasarnya menyatu, bentang alam pemisah kedua benua tersebut adalah . a. Pegunungan Ural dan Pegunungan Kaukasus b. Pegunungan Kaukasus dan Danau Kaspia c. Pegunungan Ural dan Danau Kaspia d. Pegunungan Ural dan Laut Mediterania 13. Benua yang mempunyai batas wilayah Utara dan Selatan hingga menyentuh lingkar kutub adalah .

a. Benua Asia b. Benua Australia c. Benua Afrika d. Benua Amerika 14. Gambar di bawah ini adalah ketampakan alam khas Benua Amerika yang dikenal dengan nama . a. Gurun Atacama b. Lembah Sungai Amazone c. kawasan Gunung Ojos de Salado d.

Grand Canyon 15. Perhatikan pernyataan di bawah ini Berdasarkan tabel di atas yang merupakan bentang alam atau karakteristik kondisi fisik Benua Asia ditunjukkan pada nomor .

a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 1, 4, dan 5 d. 4, 5, dan 6 16. Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi. Kondisi tersebut mengakibatkan . a. sebagian besar negara kawasan Asia Tenggara beriklim kontinental b.

negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana ulkanisme c. negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana badai siklon d. negara-negara di kawasan Asia Tenggara kaya bahan mineral 17. Kawasan negara-negara Oceania berada terpisah dari benua karena berada di kawasan samudra yaitu tepatnya Samudra . a. Pasifik b. Atlantik c. Hindia d. Arktik 18. Wilayah Amerika Selatan di dominasi oleh hutan hujan tropis yang lebat, bahkan terlebat di dunia.

Hal tersebut dikarenakan wilayah Amerika Selatan memiliki karakteristik berikut ini, kecuali . a. didukung oleh iklim tropis yang lembap b. memiliki curah hujan yang tinggi c. tanah yang subur khususnya di lembah-lembah sungai besar d. memiliki daerah pegunungan yang luas 19. Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang. Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan .

a. Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur b. Lembah Sungai Nil kaya barang tambang c. Lembah Sungai Nil letaknya strategis d. Lembah Sungai Nil memiliki sumber daya alam yang melimpah 20. Perhatikan penyataan di bawah ini. Berdasarkan pada tabel di atas yang termasuk kelompok negara-negara yang berada di kawasan Eropa Selatan ditunjukkan pada nomor . a. 1, 2, dan 3 b. 2, 3, dan 4 c. 3, 5, dan 6 d. 4, 5, dan 6 21. Pada awalnya bumi terdiri atas satu benua maha luas yang disebut ….

a. Gondwana b. Laurasia c. Pangea d. Tethys 22. Benua yang seluruh wilayahnya terdapat di belahan bumi bagian selatan adalah Benua .

a. Asia b. Australia c. Afrika d. Eropa 23. Samudra luas yang mengapit wilayah Indonesia adalah samudra . a. PasiÀk dan Atlantik b.

Atlantik dan Hindia c. Atlantik dan Arktik d. Pasifik dan Hindia 24. Benua dengan jumlah penduduk yang paling banyak di dunia, yaitu .

a. Asia b. Amerika c. Eropa d. Afrika 25. Benua yang penduduknya banyak didominasi oleh ras negroid adalah Benua . a. Asia b. Amerika c. Eropa d. Afrika 26. Benua di muka bumi yang menempati posisi pertama dari tingkatan luas wilayahnya, yaitu …. a. Benua Australia b. Benua Asia c. Benua Eropa d. Benua Afrika 27. Pada permukaan bumi terdapat enam lempeng besar benua dengan luas wilayah yang berbeda. Benua yang paling sempit wilayahnya, yaitu ….

a. Benua Asia b. Benua Eropa c. Benua Antartika d. Benua Australia 28. Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah. Negara yang termasuk kawasan Asia Selatan adalah…. a. Mongolia dan Armenia b. Jepang dan Korea Utara c.

Vietnam dan Laos d. India dan Pakistan 29. Perhatikan keterangan berikut. • Palestina • Kuwait • Yaman Negara-negara tersebut termasuk kawasan …. a. Asia Tenggara b. Asia Tengah c. Asia Barat d. Asia Selatan berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali.

Benua yang tertutup salju adalah …. a. Benua Afrika b. Benua Antartika c. Benua Asia d. Benua Eropa 31. Fauna khas Asia Barat adalah … a. panda b. kera dan burung tropik c. rusa d. berang-berang 32. Iglo adalah jenis berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali khas yang sering ditemukan di kawasan …. a. Benua Eropa b. Benua Asia c. Benua Antartika d. Benua Afrika 33. Variasi iklim bergantung posisi dan kondisi wilayah. Benua Asia memiliki variasi iklim yang beragam karena ….

a. bentuk topografinya homogen b. bentang alamnya sangat luas c. luas wilayah Benua Asia yang sangat sempit d. memiliki banyak hutan tropis 34. Nigeria merupakan salah satu negara di Afrika Tengah yang memiliki kondisi iklim …. a. subtropis b. gurun c. kutub d. subtropis 35. Benua dengan luas wilayah terkecil tetapi merupakan satu negara yang terluas di dunia adalah …. a. Benua Afrika b. Benua Eropa c. Benua Australia d. Benua Antartika 36. Tipe iklim di Danau Ontario, Michigan, Huron, Superior, sampai perbatasan wilayah Kanada adalah ….

a. iklim subtropis b. iklim kontinental c. iklim tropis d. iklim kutub 37. Karakteristik kawasan Samudra Pasifik adalah …. a. aman karena jarang ada badai besar b. sering terjadi El Nino dan La Nina c. arus kuroshiwo dan oyashiwo d. dikelilingi empat benua, yaitu Afrika, Asia, Australia, dan Antartika 38. Bentang alam Benua Amerika terbagi atas tiga kawasan utama, yaitu ….

a. Oseania, Amerika Utara, dan Amerika Tengah b. Hawaii, Caribian, dan Amerika Anglo c. Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan d. Amerika Anglo, Amerika latin, dan Hawaii 39. Kawasan dataran rendah paling subur di Benua Amerika terletak di lembah …. a. Sungai Nil b. Teluk Hudson c. Sungai Mississippi d. Sungai Amazon 40.

Denmark, Honduras, Amerika Serikat, Suriname, dan Brasil merupakan negaranegara yang wilayahnya berbatasan langsung dengan …. a. Samudra Pasifik b. Samudra Antartika c.

Samudra Atlantik d. Samudra Hindia 41. Pegunungan Alpen terletak di Benua. a. Asia b. Eropa c. Amerika d. Afrika 42. Kepulauan Tuamoto terkenal sebagai dangerous island.

Hal itu disebabkan oleh. a. sering terjadi tsunami b. tidak aman c. struktur geologinya kompleks d. daerah vulkanisme paling aktif 43.

Pasifik merupakan daerah yang memiliki lingkaran gunung berapi yang dikenal dengan istilah. a. circle of fire b. ring of fire c. mountain ring d. vulcanism area 44. Pegunungan Rocky Mountain terletak di. a. Asia b. Afrika c. Amerika Utara d. Amerika Selatan 45. Negara-negara di bawah ini yang memiliki banyak gunung api adalah. a. Afrika Selatan b. Inggris c. Muangthai d. Jepang 46. Perbedaan relief muka bumi pada peta dapat ditampilkan dengan menggunakan garis.

a. kontur b. isohyet c. isoterm d. isobar 47. Kenampakan alam dapat ditampilkan pada peta dalam bentuk simbol dan perbedaan warna. Untuk menampilkan dataran rendah digunakan warna. a. merah b. kuning c. hijau d. biru 48. Bagian dari daratan yang menjorok ke laut disebut. a. teluk b. tanjung c. delta d. meander 49.

Sebagian besar penduduk yang tinggal di daerah pesisir memiliki mata pancaharian sebagai. a. petani b. nelayan c. pedagang d. pegawai 50. Dasar laut memiliki relief yang bervariasi. Dasar laut yang berupa laut yang sangat dalam, curam, dan sempit disebut.

. a. palung laut b. landas laut c. lubuk laut d. punggung laut 51. Batas paling utara garis lintang 28° LU di kawasan Asia Tenggara terletak di negara. a. Thailand b. Myanmar c. Laos d. Vietnam 52. Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah pantai adalah. a. Kampuchea b. Thailand c. Vietnam d. Laos 53. Pegunungan lipatan muda yang terletak di perbatasan Vietnam dan Laos adalah Pegunungan. a. Arakan Yoma b. Tenasserim c. Titiwangsa d. Annam 54. Filipina beriklim monsun tropis, kecuali wilayah Pulau.

. yang beriklim khatulistiwa. a. Mindanao b. Luzon c. Mindoro d.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Palawan 55. Tanah aluvium yang subur di Delta Irrawady, Chao Phraya, dan Mekong banyak ditanami. a. kelapa b. karet c. teh d. padi 56. Benua yang paling kecil adalah. a. Eropa b. Asia c. Amerika d. Australia 57. Penduduk Afrika terdiri atas berbagai macam ras. Penduduk asli Afrika berasal dari ras.

a. Negroid b. Hamit c. Kaukasoid d. Melayu 58. • Jepang • Mesir • India • Afrika Selatan • Inggris • Nigeria Di antara negara-negara di atas yang terdapat di Benua Afrika adalah. a. 1), 2), dan 3) b. 2), 3), dan 5) c. 2), 4), dan 6) d. 4), 5), dan 6) 59. Samudra Arktik terhubung dengan Samudra Atlantik oleh. . a. Laut Greenland dan Laut Labrador b. Laut Bering dan Laut Tengah c. Laut Tasman dan Laut Koral d. Laut Barents dan Laut Kara 60. Laut menyimpan kekayaan laut yang tiada tara.

Selain itu, panorama dasar laut juga sangat memesona. Potensi tersebut dapat dikembangkan sebagai. a. objek wisata b. areal pertambangan c. lokasi penelitian d. lokasi pemancingan 61. Menurut teori hanyutan benua, dahulu benua di Bumi hanya ada satu yang disebut. a. Eurasia b. Laurasia c. Gondwana d. Pangaea 62. Gondwana terpecah menjadi tiga bagian sebagai berikut, kecuali.

a. Eurasia b. India c. Afrika-Amerika Selatan d. Australia-Antartika 63. Wilayah Siberia di bagian utara Benua Asia memiliki bentang alam berupa. a.

pegunungan b. plato c. dataran rendah d.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

dataran tinggi 64. • Topografi relatif rata. • Sebagian besar wilayahnya berupa plato rendah. • Pada sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai. Kenampakan bentang alam di atas merupakan ciri Benua. a. Amerika Utara b. Australia c. Eropa d. Amerika Selatan 65. Yang termasuk dalam ciri benua adalah.

a. daratan yang luas dengan iklim laut b. wilayah sangat luas dengan tidak ada pengaruh angin laut c. daratan sangat luas dengan tidak ada pengaruh angin laut d. daratan yang iklimnya dipengaruhi angin laut 66. Berdasarkan data geologi, bagian barat Benua Afrika (Teluk Guinea) pernah bergabung dengan. a. bagian timur Benua Amerika Selatan b. bagian timur Benua Amerika Utara c.

bagian barat Benua Amerika Selatan d. bagian barat Benua Amerika Utara 67. Salah satu kenampakan bentang alam di Benua Afrika memiliki ciri sebagai berikut.

• Terletak di bagian timur Benua Afrika. • Membentang mulai dari utara di Jordan Rift Valley sampai di dekat muara Sungai Zambezi. • Terdapat Danau Nyasa, Turkana, Tanganyika, Kiru, Edward, dan Albert. Apakah bentang alam yang dimaksud? a. Lembah Celah Kamerun. b. Lembah Celah Jordan (Jordan Rift Valley). c. Lembah Celah Besar (Great Rift Valley).

d. Lembah Sungai Nil. 68. Cordillera Amerika Utara terdiri atas dua jalur pegunungan yang membentang dari Alaska sampai Meksiko di tepi Samudra Pasifik. Kedua jalur pegunungan ini adalah rangkaian Coast Mountains dan Coast Ranger serta. a. Perisai Kanada b. Pegunungan Appalachia c. Pegunungan Rocky d. Pegunungan Cascade 69. Bagaimana ciri sungai di Benua Amerika Selatan yang bermuara ke Samudra Pasifik? a. Sungainya lebar.

b. Sungainya panjang. c. Sungainya pendek. d. Sungainya berkelok-kelok. 70. Kepulauan, pegunungan, dan Semenanjung Antartika merupakan kenampakan bentang alam di bagian. . Benua Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali.

a. barat b. timur c. utara d. selatan 71. Benua Asia di kelilingi oleh samudera-samudera luas disebelah Utara, Timur, dan Selatan. Secara astronomis benua Asia terletak diantara, a. 20° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU b. 22° BT - 170° BT dan 12° LS - 80° LU c. 22° BT - 160° BT dan 13° LS - 80° LU d. 21° BT - 170° BT dan 11° LS - 80° LU 72.

Dibanding dengan Benua Asia, Benua Afrika memiliki luas yang lebih kecil yaitu 30.250.000 km2, dengan jumlah penduduk 861 juta (tahun 2003), oleh karena itu kepadatan penduduknya mencapai; a.

300 jiwa / km², b. 35 jiwa/ km², c. 38 jiwa/ km², d. 29 jiwa/ km², 73. Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua sesudah Benua Australia.

Benua ini merupakan kelanjutan dari Benua Asia, sehingga dikenal dengan sebutan: a. Eraufirka b. Eraurafisia c. Eurandia d. Eurasia 74. Benua Amerika memiliki luas 42.188.568, km2, merupakan daerah tujuan dari para migran Eropa.

Benua ini ditemukan oleh pelaut Italia yaitu, a. Amerca Davinci b. Amerigo Platini c. Amerigo Vespucci d. Vasco de Gama 75. Benua Amerika dibagi menjadi dua berdasarkan penggolongan regionnya, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan/Latin.

Pembagian tersebut di dasarkan pada: a. Mata pencahariannya b. Penggolongan bangsa yang datang c. Berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali yaitu berasal dari Inggris dan Spanyol d.

Penggolongan teknologinya 76. Amerika Selatan dibatasi oleh beberapa laut dan selat, berikut ini yang bukan merupakan batas dari Amerika Selatan adalah; a. Sebalah Utara : Laut Karibia dan Samudera Atlantik b. Sebelah Timur : Samudera Atlantik c. Sebelah Selatan : Selat Drake, Samudera Atlantik d. Sebelah Barat : Samudera Hindia 77. Sebelum diberi nama Australia, benua yang ada dibelahan bumi bagian selatan ini oleh orang Eropa dikenal dengan sebutan; a.

Terra Musolini Incognito b. Terra Austrialis Incognito c. Terra Austronesia Incognito d. Terra Australis Incognito 78. Pendudk asli benua Australia hampir mirip dengan penduduk asli Papua, yang dikenal dengan sebutan; a. Aborigion b. Albiorigion c. Alabnian d. Alborigion 79. Samudera Hindia meliki luas 73.426.500 km². Posisi Samudera Hindia di kelilingi oleh Benua.

Berikut ini Benua yang tidak mengelilingi Samudera Hindia adalah, a. Benua Asia disebelah Utara, b. Benua Australia disebelah Timur, c. Wilayah Arktik d. Benua Afrila disebelah Barat. 80. Posisi Samudera Atlantik membentang dari pantai Barat Benua Eropa dan Afrika Hingga pantai Timur Benua Amerika. Samudera ini dibatasi beberapa laut dan pulau. Berikut ini yang bukan batas dari Samudera Atlantik adalah; a. Alaska b. Laut Utara di Inggris c.

Laut Norwegia di Eslandia d. Laut Labrador 81. Benua terluas di dunia adalah…. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 82. Benua terbanyak penduduknya adalah…. a. Benua Asia b.

Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 83. Di sebelah utara, benua Asia dibatasi oleh…. a. Samudera Hindia b. Samudra Arktik c. Samudra Pasifik d. Selat Bosporus 84. Yang disebut benua hitam adalah…. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 85. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri benua Australia adalah…. a. sebagai benua tersempit b. sbagai benua paling datar c. sebagai benua paling tandus d.

mayoritas penduduknya berasal dari Belanda 86. Mayoritas penduduknya negara Australia tinggal di daerah…. a. aliran sungai b. pegunungan c. pantai d. pedalaman 87. Di bawah ini yang disebut benua baru adalah…. a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 88.

Penduduk asli negara Amerika Serikat adalah…. a. Aborigin b. Indian c. Hispanik d.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Arya 89. Di antara benua di bawah ini yang rata-rata daratannya paling rendah adalah… a. Benua Asia b. Benua Afrika c. Benua Eropa d. Benua Amerika 90. Di antara negara-negara di bawah ini yang berada di Benua Eropa adalah…. a. Mesir b. Israel c. Mexico d. Polandia 91. Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat atau Asia Timur Tengah antara lain ….

a. Suriah, Israel, dan Irak b. Nepal, Pakistan, dan India c. Mongolia, Cina, dan Kzakistan d. Korea, Jepang, dan Taiwan 92. Batas antara Benua Asia dan Afrika adalah …. a. Laut Kaspia dan laut Hitam b. Pegunungan Ural dan Selat Dardanellia c.

Selat Bering dan Laut Hitam d. Terusan Suez dan Laut Merah 93. Benua yang terletak di belahan bumi selatan adalah. . a. Eropa dan Australia b.

berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali

Afrika dan Amerika c. Australia dan Antartika d. Asia dan Australia 94. Samudra yang tersempit di dunia adalah samudra …. a. Artik b. Hindia c. Atlantik d. Pasifik 95. Kawasan di Asia yang disebut juga anak benua adalah …. a. India b. Jazirah Arab c. Turki d. Indocina 96. Secara astronomis Benua Asia terletak antara ….

a. 60° BT – 157° BT dan 11° LS – 25° LU b. 60° BT – 130° BT dan 11° LS – 25° LU c. 60° BT – 157° BT berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali 11° LS – 38° LU d. 60° BT – 130° BT dan 11° LS – 38° LU 97. Daerah Amerika sebelah utara pada garis 40° LU beriklim ….

a. tropis b. kutub c. laut sedang d. dingin 98. Di tanah tinggi Brazil terdapat sabana yang disebut …. a. ilanos b. campos c. pampas d. tundra 99. Pulau terbesar di dunia adalah …. a. Tanah Hijau b. Madagaskar c. Kalimantan d. Irian 100. Pegunungan yang membatasi Benua Asia dengan Benua Eropa adalah …. a.

Pegunungan Ural b. Pegunungan Kaukasus c. Pegunungan Hindukush d. Pegunungan Karakorum 101. Jarak yang terdekat antara Benua Asia dengan Benua Amerika terdapat di …. a. Laut Jepang b. Selat Gibraltar c. Laut Okhotsk d. Selat Bering 102. Menurut letak astronomisnya, Amerika Serikat dan Kanada termasuk kawasan …. a. Amerika Latin b. Anglo Amerika c. Amerika Barat d. Amerika Utara 103. Di daerah Kutub Selatan tidak ada penghuninya sebab daerahnya …. a. dikelilingi laut b. berbukit-bukit dan tinggi c.

berupa es d. sangat tandus 104. Negara-negara di Afrika yang mayoritas penduduknya beragama Islam terdapat di bagian …. a. selatan b.

tengah c. utara d. barat 105. Sebagian besar bentang alam Eropa terdiri atas …. a. dataran rendah b. dataran tinggi c. bukit-bukit d. pegunungan Contoh Soal Essay Materi Mengenai Benua dan Samudra Kerjakan soal-soal berikut!

1. Jelaskan keterkaitan keadaan alam dengan persebaran dan konsentrasi penduduk di Benua Asia 2. Adakah hubungan antara kondisi fisik Benua Afrika dengan kondisi berikut ini adalah negara-negara terkecil di benua eropa kecuali ekonomi negara-negara tersebut Jelaskan pendapat dan alasan kalian 3. Sebutkan karakteristik Benua Afrika 4. Sebutkan karakteristik Benua Eropa 5. Mengapa wilayah pantai sebelah Barat dan Utara Benua Australia tidak dihuni penduduk.

Jelaskan alasan dan pendapat kalian 6. Bilamanakah suatu daratan disebut sebagai benua dan wilayah perairan disebut sebagai samudra Jelaskan pendapat kalian masing-masing 7. Apa pengaruh bentang alam gurun terhadap ariasi kondisi iklim di Benua Asia 8. Mengapa Benua Amerika memiliki semua jenis iklim matahari Jelaskan pendapat serta alasan kalian 9.

Mengapa Benua Australia dikatakan sebagai benua relatif paling datar dan paling stabil di dunia 10. Mengapa Benua Antrartika tidak dihuni oleh manusia secara permanen? 11. Uraikan perbedaan benua dan samudra. 12. Terangkan karakteristik dari Benua Australia. 13. Mengapa Benua Asia tingkat kepadatan penduduknya tinggi? 14. Terangkanlah kondisi iklim dan penduduk di Benua Afrika. 15. Tuliskan sepuluh negara di Benua Eropa. 16. Mengapa di Benua Antartika tidak ada kehidupan Áora dan fauna?

17. Apa faktor pendorong kemajuan Benua Eropa dalam sektor industri? 18. Berikan penjelasan mengenai karakteristik Samudra Pasifik. 19. Tuliskan lima ciri utama dari Benua Amerika dan Benua Afrika? 20.

Terangkanlah ras-ras penduduk yang terdapat di Benua Amerika. 21. Apakah yang dimaksud dengan interpretasi peta? 22. Bagaimana cara menampilkan perbedaan relief muka bumi pada peta? 23. Gambarkan penampang melintang relief dasar laut! Sebutkan bagian-bagiannya! 24. Sebutkan daerah-daerah berpenduduk padat di kawasan Asia Tenggara! Jelaskan! 25. Mengapa wilayah Indonesia dan Filipina sering terjadi gempa? Kaitkan jawabanmu dengan keadaan bentang alamnya! 26. Jelaskan faktor yang mendorong kegiatan pertanian di kawasan Asia Tenggara!

27. Jelaskan bentang alam dari Benua Asia! 28. Jelaskan peranan samudra dalam siklus hidrologi! 29. Siapakah yang mengemukakan teori apung benua? 30. Sebutkan samudra-samudra yang ada di permukaan bumi ini! 31. Samudera Arktik merupakan samudera tersempit. Samudera ini terletak dimana? 32. Tulikan 3 karakterisitik fenomena alamnya dari Benua Asia!

33. Mengapa Benua Afrika dikenal dengan sebutan benua hitam? 34. Mengapa pula Benua Eropa disebut benua putih? 35. Sebutkan fenomena alam yang menonjol dari karakterisitk Amerika Utara! 36. Karakteristik Samudera Hindia adalah, dikatakan menjadi daerah labil, mengapa demikian? 37. Garis bujur yang dikenal dengan sebutan International Date Laine (IDL) merupakan batas penaggalan Internasional terletak di mana?

38. Sebutkan apa akibat pertumbuhan penduduk yang rendah bagi Jeman! 39. Jelaskan mengapa di pantai Australia bagian timur sangat baik untuk pelabuhan!

40. Mengapa negara Cina dikatakan sebagai negara tirai bambu? 41. Sebutkan 3 ciri-ciri alam benua Afrika! 42. Sebutkan 3 ciri-ciri sosial benua Eropa! 43. Sebutkan 3 kenampakan alam menonjol/penting di benua Amerika!

44. Deskripsikan secara singkat Teori Pergeseran Benua yang dikemukakan oleh Alfred Wagener! 45. Sebutkan 4 negara yang berada di Kawasan Eropa Barat! 46. Sebutkan kenampakan alam di Benua Australia! 47. Sebutkan 3 ras campuran yang ada di Brazil! 48. Sebutkan batas-batas Samudra Hindia! 49. Samudra Arktik mempunyai ciri khusus, sebutkan! 50. Mengapa Samudra Hindia aman bagi pelayaran? 51. Sebutkan serta jelaskan perbedaan dan persamaan Kutub Utara dan Kutub Selatan!

52. Banyaknya ragam bahasa serta dialek di Benua Asia ternyata justru menimbulkan banyak hambatan dalam komunikasi antarkelompok masyarakat.

Mengapa demikian? Berikan alasan yang jelas! 53. Sebutkan negara-negara di Benua Amerika Selatan yang tidak mempunyai pantai dan laut! (Gunakanlah atlasmu!) 54. Mengapa Benua Afrika tidak banyak berperan dalam perdagangan internasional? 55. Mengapa sebagian besar penduduk Benua Eropa memilih untuk tinggal di dataran rendah? 56. Bagaimana proses terbentuknya benua-benua di Bumi menurut teori hanyutan benua?

Jelaskan dengan gambar! 57. Bagaimana dasar kenampakan bentang alam di dasar samudra? Jelaskan! 58. Bagaimana karakteristik wilayah Benua Asia?

Jelaskan! 59. Jelaskan secara singkat tentang negara Singapura! 60. Jelaskan secara singkat tentang negara Rusia!

50 NEGARA TERKECIL DAN TERSEMPIT DI DUNIA




2022 www.videocon.com