Doa mau pergi naik kendaraan

doa mau pergi naik kendaraan

Saat melakukan perjalanan sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memanjatkan doa perjalanan. Agar saat perjalanan kita diberi keselamatan dan perjalanan kita menjadi barokah. Bukan hanya mencari keselamatan dan perlindungan, doa kita panjatkan agar kita selalu mengingat Allah dimanapun kita berada. Sudah umum bagi manusia melakukan mobilitas atau berpergian dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Baik menggunakan kendaraan maupun tidak dengan jarak yang dekat maupun jauh. Tujuan dari manusia melakukan perjalanan pun berbeda-beda pada masing-masing individu. Selama perjalanan atau berpergian kita tidak tahu hal seperti apa yang akan terjadi. Tentunya kita berharap agar kita sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Untuk itu kita harus bersiap diri dengan mempersiapkan keberangkatan dengan baik termasuk membaca doa perjalanan. Umat muslim yang bertakwa tentu tidak boleh lupa untuk selalu mengingat Allah.

Membaca doa selama berpergian kita sama saja meminta ridha Allah SWT atas hal yang hendak kita laksanakan. Insya Allah kita akan diberi kelancaran saat perjalanan.

Doa Perjalanan Rangkaian doa perjalanan terdiri atas beberapa doa, berikut ini serangkaian doa yang bisa dibaca saat melakukan perjalanan: 1. Doa Keluar Rumah Sebelum pergi sesaat setelah keluar dari rumah, alangkah baiknya jika membaca doa keluar rumah. بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه “Bismillaahi Tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah .” Artinya: “ Dengan menyebut asma Allah aku menyerahkan diri pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain (milik) Allah.” 2.

Doa Menuju Embarkasi (Bandara, Pelabuhan, Stasiun, atau Terminal) Berpergian menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat, kapal, kereta, maupun bis bisa membaca doa untuk menuju ke tempat anda akan menaiki kendaraan, berikut doanya: بِباسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلى اللَّهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةََ إِلاَّ بِاللَّهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ. 3. Doa Berpergian Jauh Bila anda akan berpergian jauh dengan jarak tempuh yang lama dan melelahkan, bacalah doa berikut ini: اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ Artinya: “ Ya Allah mudahkanlah kami (dalam) berpergian ini dan dekatkanlah kejauhannya, Ya (Tuhanku) Allah yang menemani dalam berpergian dan Engkau pula yang melindungi keluarga (ku).” 4.

Doa Naik Kendaraan Berdo’a sebelum bepergian sangatlah penting agar selama perjalanan senantiasa dijaga oleh Allah dari hal-hal yang membahayakan keselamatan kita. Oleh karena doa mau pergi naik kendaraan, hendaknya membaca do’a terlebih dahulu sebelum melakukan bepergian. Dibawah ini adalah cuplikan dari bacaan beserta artinya yang sudah kami sebagaimana berikut: Doa Sebelum Naik Kendaraan Darat Beserta Artinya Saat menaiki kendaraan dan sebelum kendaraan melaju alangkah baiknya untuk membaca doa berikut ini: بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا ومُرْسَاهَا، إنَّ ربّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قََدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا doa mau pergi naik kendaraan Artinya: “ Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya di hari kiamat dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari yang mereka Persekutukan.

Berbagai jenis kendaraan seringkali kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tetaplah senantiasa berdoa meskipun hanya naik sepeda ontel 😀 Doa Sebelum Naik Kendaraan Laut Beserta Artinya بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim Artinya :” Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” Doa Naik Kendaraan Udara Belum kami ketahui secara pasti bagaimana bacaan doa naik kendaraan udara.

Namun berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ternyata bacaannya sama dengan doa naik kendaraan laut. 5. Doa Di Dalam Kendaraan Saat berada di dalam kendaraan dan kendaraan yang anda naiki mulai bergerak, bacalah doa berikut ini: سُبْحَانَ الَّذي سَخَّرَ لَنا هَذَا وَما كُنَّا لَهُ مُقْرِنينَ، وَإِنَّا إلَى رَبِّنَا لَمُنْقََلِبُونَ. اللَّهُمَّ إنَّا نَسألُكَ فِي سفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنْ العَمَلِ ما تَرْضَى اللَّهُمَّ إني أعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وكآبَةِ المَنْظَرِ، وَسُوءِ المُنْقَلَبِ في المَالِ والأهْلِ وَالوَلَدِ.

“Subhaanalladzii sakhkhorolanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muq riniinna wa innaa ilaa rabbanaa lamunqolibuun” Diteruskan, “Allahumma innaanasaluka fii safarinaa hadzaal birru wat taqwaa wa min ‘amali maa tardhoo” Lanjutkan dengan kalimat terakhir, “Allahumma innii a’uudzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil manzhori wa suuilmunqolabi fiil maali wal ahli wal waladi ” 6.

Doa Ketika Singgah Di Suatu Tempat (Transit) أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ “a’uudzubikalimaatillahit tammaati min doa mau pergi naik kendaraan maa kholaq” Artinya: “ aku berlindung kepada dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan mahluk-Nya.

7. Doa Ketika Sampai Di Tujuan Setelah tiba di tempat tujuan hendaknya membaca doa berikut ini: اللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْألُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرّ مَا فِيهَا. Artinya: “ Ya Allah aku mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya.

Itulah serangkaian doa perjalanan yang bisa dibaca agar selamat selama perjalanan hingga ke tujuan. Doa-doa diatas diambil dari doa untuk melakukan perjalanan haji, tetapi umum juga untuk dipakai sebagai doa perjalanan sehari-hari.

doa mau pergi naik kendaraan

Semoga bermanfaat. Related posts: • Hukum Forex Trading (Jual Beli Valuta Asing) Menurut Islam • 6 Investasi Syariah Online yang Bisa Dicoba Pebisnis Muda • Perbedaan Bank Syariah dan Konvensional dalam Pandangan Islam • Perbedaan Ekonomi Islam dan Konvensional [LENGKAP] • Pengertian Bunga Bank dan Hukumnya dalam Islam • Menabung Emas Di Pegadaian (Penjelasan Menurut Islam) Sebelum mudik atau melakukan safar (perjalanan jauh) pasti kita akan mempersiapkan banyak hal.

Namun jangan sampai lupa membaca doa saat naik kendaraan atau berpergian. Apapun tujuan kita, baik untuk pergi kerja, pergi mudik untuk silaturahmi bersama keluarga jauh, semuanya harus dimulai dengan doa. Supaya perjalanan kita diberkahi Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka sebaiknya mengamalkan doa naik kendaraan berikut ini.

Manfaat Membaca Doa Saat Naik Mobil/Motor Doa Naik Kendaraan (Arab, Latin, dan Terjemahan) Doa saat naik kendaraan ini bisa kamu amalkan baik saat naik mobil, motor, atau kendaraan umum seperti pesawat atau kereta api.

Saat naik kendaraan umum atau pribadi, seorang muslim harusnya membaca doa berikut: بِسْمِ اللَّهِ Bismillah (3x) Dengan menyebut nama Allah (3x) الحَمْدُ للِه Alhamdulillah Segala puji bagi Allah. سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ SUBHAANALLADZII SAKH-KHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIIN. WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUN-QOLIBUUN. Mahasuci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami.

(QS. Az Zukhruf: 13-14). Setelah membaca doa naik kendaraan di atas, kemudian dilanjut dengan membaca doa berikut, الحَمْدُ للِه Alhamdulillah (3x) Segala puji bagi Allah. (3x) الله أَكْبَر Allahu akbar (3x) Allah Maha Besar. (3x) سُبْحَانَكَ إِنِّى قَدْ ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ Subhaanaka innii qod zholamtu nafsii, faghfirlii fa-innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri maka ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau. (HR. At Doa mau pergi naik kendaraan no. 3446) Dalil Berdoa Saat Berkendara Doa saat naik kendaraan di atas bisa diamalkan baik saat melakukan perjalanan jauh (mudik) atau hanya berangkat kerja.

Kemanapun kamu pergi, awali dengan doa. Doa di atas sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam karena beliau pernah mencontohkannya. Dalil doa naik kendaraan ini diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, ia berkata: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اسْتَوَى عَلَى بَعِيرِهِ خَارِجًا إِلَى سَفَرٍ، كَبَّرَ ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: «سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika naik ke untanya untuk pergi safar, beliau bertakbir 3x kemudian mengucapkan: “Subhaanalladzi sakhkhoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin.

Wa innaa ila robbinaa lamunqolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fi safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardhoa. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘annaa bu’dahu.

Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.” (Artinya: Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah kami memohon kebaikan dan ketaqwaan dalam safar kami dan keridhaan dalam amalan kami.

Ya Allah mudahkanlah safar kami ini. Lipatlah jauhnya jarak safar ini. Ya Allah Engkaulah yang menyertai kami dalam safar ini, dan pengganti yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan safar ini, dari pemandangan yang menyedihkan, serta dari tempat kembali yang buruk baik dalam perkara harta dan perkara keluarga).

(HR. Muslim no. 1342). Kamu bisa memilih doa mana yang ingin diamalkan, yang pertama atau kedua. Kedua doa diambil dari ayat Al Quran dan digabungkan dengan sunnah nabi. Akan lebih baik jika kamu bisa mengamalkan keduanya atau berganti-ganti. BACA JUGA Doa Ziarah Kubur Sesuai Hadits Shahih Manfaat Membaca Doa Saat Naik Mobil/Motor Dengan membaca doa, semua kegiatan dan perjalanan kita akan diberkahi oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga akan bernilai pahala.

Selain itu, jika kamu hendak melakukan perjalanan jauh atau mudik, membaca doa naik kendaraan ini bisa membantu terkabulnya doa dengan cepat.

Seperti dijelaskan di hadits Rasulullah bahwa, ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَالْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ Tiga doa yang tidak diragukan lagi terkabulnya yaitu doa seorang musafir, doa orang yang terzholimi, dan doa orang tua kepada anaknya. (HR. Ahmad no. 434).
Doa perjalanan jauh berbunyi “Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl ” dan masih banyak lagi dalam artikel ini.

Dengan membaca doa ini, insyaAllah perjalanan yang kamu lalui akan menjadi lebih nyaman, tenang dan mendapatkan keselamatan dari Allah. Tujuan dari perjalanan seseorang pun beragam. Perjalanan bertemu keluarga, kerabat, maupun teman atau perjalanan menempuh pendidikan, kerja, dan kegiatan lainnya.

Oleh karena itu sudah selayaknya untuk menyertakan doa ketika hendak melakukan perjalanan ke suatu tempat. Dengan berdoa ketika hendak melakukan perjalanan, kita memohon kepada Doa mau pergi naik kendaraan SWT atas keselamatan dan keberkahan sepanjang perjalanan. Berikut beberapa doa perjalanan yang dapat diamalkan ketika hendak bepergian. Daftar Isi • Doa Keluar Rumah • Doa Naik Kendaraan • Doa Ketika Naik Kendaraan Laut/Udara • Doa Perjalanan atau Bepergian Jauh • Doa Ketika Memasuki Suatu Wilayah • Doa Ketika Singgah ke Suatu Tempat • Doa Ketika Sampai Tujuan Doa Keluar Rumah Rumah merupakan tempat pergi dan kembali ketika bepergian.

Sehingga, kita dianjurkan untuk membaca doa mau pergi naik kendaraan keluar rumah ketika hendak bepergian.

Berikut bacaan doa keluar rumah. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَ حَولَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِا للهِ “Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah” Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”. Doa Naik Kendaraan Ketika kita hendak bepergian, kita seringkali menggunakan bermacam moda transportasi.

Jika hendak bepergian menggunakan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil, berikut doa naik kendaraan yang dapat diamalkan. سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِ نِيْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ “Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.” Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah doa mau pergi naik kendaraan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).” Selain doa naik kendaraan seperti yang tertulis diatas, berikut terdapat alternatif doa naik kendaraan yang dapat diamalkan ketika hendak bepergian dengan kendaraan.

بِسْمِ اللهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ. سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ. الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ Doa mau pergi naik kendaraan juga: Kumpulan Doa Doa Islam (Lengkap) - Beserta Arti dan Maknanya “Bismillahal’hamdulillah.

Sub’haanalladzii sakhoro lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ila rabbinaa lamunngqolibuun… al’hamdulillaah, al’hamdulillaah, al’hamdulillaah, allaahuakbar, allaahuakbar, allaahuakbar.

Sub’haanakallaahumma innii dzholamtu nafsii faghfirlii, fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa annta” Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Segala puji bagi Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah, Maha besar Engkau ya Allah… Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku, maka ampunilah aku.

Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” Doa Ketika Naik Kendaraan Laut/Udara Jika biasanya ketika bepergian kita sering menggunakan transportasi darat, pada kondisi tertentu kita bepergian menggunakan moda transportasi laut seperti kapal atau moda transportasi udara seperti helikopter maupun pesawat.

Berikut doa naik kendaraan laut/udara yang dapat diamalkan ketika hendak melakukan perjalanan.

doa mau pergi naik kendaraan

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ “Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa inna rabbi laghafuurur rahiim” Artinya: “Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Doa Perjalanan atau Bepergian Jauh Jika pada suatu waktu terdapat urusan penting di tempat nan jauh, maka sudah seharusnya kita akan melakukan perjalanan jauh.

Karena bepergian jauh seringkali menimbulkan perasaan cemas dan takut. Berikut doa bepergian jauh yang dapat diamalkan sehingga dapat mengusir perasaan cemas dan takut dengan memohon perlindungan dari Allah SWT.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ “ Allaahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘annaa bu’dahu allaahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl” Artinya : “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya.

Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”. Doa Ketika Memasuki Suatu Wilayah Perjalanan seringkali membawa kita melewati satu per satu tempat yang berbeda untuk menuju suatu tempat.

Melewati suatu tempat sudah selayaknya kita harus tunduk akan peraturan dan hukum yang berlaku di tempat tersebut. Baca juga: Qonaah: Pengertian dan Dalil tentang Qonaah beserta Penerapannya Untuk menghindari kejadian yang tidak doa mau pergi naik kendaraan ketika memasuki suatu wilayah, maka hendaknya membaca doa ketika memasuki suatu wilayah. Membaca doa ketika memasuki suatu wilayah dapat berupa sebagai bentuk sopan santun terhadap penghuni wilayah tersebut.

Berikut bacaan doa ketika memasuki suatu wilayah yang dapat diamalkan. اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا Artinya: “Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya.

Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih).

doa mau pergi naik kendaraan

Doa Ketika Singgah ke Suatu Tempat Seperti kisah para musafir (seseorang yang melakukan perjalanan jauh), seseorang yang bepergian biasanya menghentikan perjalanan mereka dengan singgah sementara di suatu tempat. Hal doa mau pergi naik kendaraan dilakukan dalam rangka istirahat, mencari makan maupun sekedar singgah. Berikut doa yang dapat diamalkan ketika singgah di suatu tempat.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ “A’uudzu bikalimaatillaahittaammaati min-syarri maa kholaq” Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya” (HR.

Muslim). Doa Ketika Sampai Tujuan Segala sesuatu pasti mempunyai tujuan. Begitu dengan bepergian, seseorang pasti mempunyai tujuan mereka masing-masing mengapa melakukan perjalanan. Berikut doa yang dapat diamalkan ketika telah sampai tujuan dalam perjalanan. اَلْحَمْدُللهِ الَّذِيْ سَلَّمَنِيْ وَالَّذِيْ آوَانِيْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِيْ “Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii” Artinya: “Segala puji milik Alloh yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.” Demikian beberapa doa perjalanan dan bepergian yang dapat diamalkan ketika hendak melakukan perjalanan, semoga bermanfaat!

Referensi: • ajaranislam.com • Rumaysho.com • umma.ic tirto.id - Islam mengatur seluruh lini kehidupan umatnya, termasuk juga tata cara bepergian. Bepergian atau yang disebut juga ‘safar’ atau ‘rihlah’, adalah melakukan perjalanan doa mau pergi naik kendaraan luar rumah dengan jarak tertentu ke tempat atau wilayah lain. Jadi tidak semua aktifitas keluar rumah disebut safar, karena ada batasan jarak yang membedakannya. Merujuk laman MUI jarak minimal sehingga bepergian bisa dikategorikan sebagai safar menurut pandangan ulama ada perbedaan pendapat.

Namun pendapat yang banyak dipakai adalah jarak minimal safar: 4 barid = 16 farsakh = 48 mil = 85 km. Itu merupakan pendapat dari Ibnu Umar, Ibnu Abbas, al-Hasan al-Bashri, az-Zuhri, Malik, Ahmad, dan asy-Syafi’i.

Mengapa penting untuk mengetahui jarak safar yang dilakukan? Karena terkait dengan ketentuan hukum fiqh syariah dan syarat diperbolehkannya melakukan jama’ salat fardu atau ruksos qasar (menyingkat sholat dari 4 rakaat menjadi 2 rakaat). Juga diperbolehkannya untuk tidak berpuasa wajib jika sedang melakukan safar, dan mengganti puasa tersebut di hari lainnya.

Salah satu dalil yang melandasi pendapat tersebut di atas adalah hadis Nabi Saw yakni beliau bersabda: “Wahai penduduk Makkah, janganlah kalian meng-qashar shalat (dalam perjalanan) kurang dari empat barid dari Makkah ke Asfan.” (HR.

ad-Daraquthni dan al-Baihaqi). Juga dalil dari hadis berikut ini: Abdullah bin Umar, dia berkata, “Aku telah menemani Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, beliau tidak pernah menambah lebih dari dua rakaat dalam safar.

doa mau pergi naik kendaraan

Demikian pula aku menemani Doa mau pergi naik kendaraan Bakr, Umar, dan Utsman seperti itu.” (Muttafaqun alaih, lafaz ini adalah lafaz al-Bukhari). Doa mau pergi naik kendaraan Doa Saat Hendak Bepergian Berdoa sebelum melakukan segala aktifitas adalah bagian dari ibadah. Dengan doa, maka ada harapan penjagaan dari Allah Subhanahu wata’ala yang diberikan untuk kita, bahwa safar yang dilakukan akan selamat dan terhindar dari marabahaya dan keburukan lainnya.

Rasulullah Muhammad Salallahu ‘alaihi wassalam mengajarkan doa sebelum bepergian yang dapat dilafalkan umat muslim seperti dilansir laman halalmui.org di bawah ini: Doa keluar rumah Dari Anas bin Malik, Rasulullah Saw bersabda: ”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa: “Bismillaahi tawakkaltu ‘alallahi laa haula walaa quwwata illaa billah (dengan menyebut nama Allah, yang tidak ada daya tidak ada kekuatan kecuali atas izin Allah),” Maka dikatakan kepadanya, ‘Kamu akan diberi petunjuk, kamu akan dicukupi kebutuhannya, dan kamu akan dilindungi’.

Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi (oleh Allah).'” (HR. Abu Dawud, dan At-Tirmidzi). Doa safar / bepergian Kemudian bisa disambung dengan doa sebelum safar berikut ini seperti dilansir laman nu.or.id: Latinnya: “Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadza wathwi ‘annaa bu’dhahu, allahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fii-ahl”.

Artinya: “Ya Allah mudahkanlah kami saat bepergian ini, dan dekatkanlah jaraknya yang jauh. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan engkau pula yang melindungi keluarga.” Doa naik kendaraan Dalam bersafar, di zaman Rasulullah Muhammad Salallahu ‘alaihi wassallam kendaraan yang dipergunakan adalah onta dan kuda, juga keledai selain tentu saja berjalan kaki. Saat menaiki kendaraan tersebut, ada doa yang diajarkan oleh Rasulullah untuk kita ikuti.

Walau saat ini kendaraan yang dipakai adalah mobil, sepeda motor, bus dan pesawat, namun doanya sama seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dahulu yakni: سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ Latinnya: “Subhaanalladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqrininiin. Wa innaa ilaa Robbinaa lamun-qolibuun.” Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” Adab Bepergian Terdapat beberapa adab dalam bepergian yang sebaiknya selalu diperhatikan yakni: 1. Sholat sunnah dua rakaat dengan niat sholat shafar. 2. Tetapkan tujuan untuk melakukan hal yang baik (bekerja, rihlah, mencari ilmu atau ibadah, dll) karena diperjalanan bisa terjadi berbagai hal yang mengubah niat.

3. Setelah sampai di tujuan dengan selamat, ucapkan syukur atas karunia Allah. 4. Tidak meninggalkan sholat di kala sedang safar, namun diperbolehkan melakukan jama’ qoshor.
Jakarta - Doa naik kendaraansesuai sunnah dapat diamalkan saat kita hendak berpergian menggunakan kendaraan laut, darat, maupun transportasi udara.

Doa tersebut dibaca dengan harapan mendapat perlindungan dari Allah SWT selama perjalanan hingga selamat sampai tujuan. Beberapa doa mau pergi naik kendaraan naik kendaraan telah dicontohkan oleh para nabi.

Salah satunya ada doa yang dipanjatkan oleh Nabi Nuh saat mengendarai kapalnya sebagaimana dikisahkan dalam surat Hud ayat 41, وَقَالَ اَرْكَبُوا فِيهَا بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ Baca juga: Doa Ketika Ada Petir dan Hujan, Bisa Dibaca Agar Jadi Berkah Doa mau pergi naik kendaraan ayat di atas, doa tersebut dapat dilafalkan saat hendak menaiki kendaraan laut.

Berikut ini detikEdu merangkum kumpulan doa naik kendaraan yang dapat diamalkan saat hendak naik kendaraan laut, kendaraan darat, atau pun kendaraan udara seperti pesawat. Kumpulan Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunah dan Artinya 1. Doa Naik Kendaraan Laut بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ Bacaan latin: Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim Artinya: "Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh.

Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR Imam Nawawi). 2. Doa Naik Kendaraan Darat بِاسْمِ اللَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ { سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ } (3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ (3x) اللَّهُ أَكْبَرُ سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ Bacaan latin: Bismillah Alhamdulillah (Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin.

Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun), Alhamdulillah (3x), Allaahu akbar (3x), Subhanaka inni zhalamtu nafsi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illaa anta Artinya: "Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

3. Doa Naik Transportasi Udara (Pesawat) للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ Bacaan latin: Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar.

doa mau pergi naik kendaraan

Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas'aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal 'amal maa tardho, allahumma hawwin 'alaina safarona hadza wa athwi 'annaa bu'dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a'udzubika min wa'tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridloi. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga.

doa mau pergi naik kendaraan

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga," Setelah sampai di tempat tujuan, umat muslim juga bisa melafalkan doa berikut ini, اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ Bacaan latin: Alhamdulillahil-ladzii salamanii wal-ladzii aawanii wal-ladzii jama'as-syamlabii Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dan telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku," Atau membaca doa, آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ Bacaan latin: Aayibuuna taaibuuna 'aaiduuna lirabbina haamiduuna Artinya: "Kami tiba, kami bertobat, kami menyembah, dan hanya kepada Rabbi-lah kami memuji," (HR At Tirmidzi No.

3362). Selain berdoa, sunnah dalam perjalanan juga dapat dilakukan dengan berdzikir untuk mengingat Allah. Selain menambah pahala hal itu untuk melindungi kita dari godaan setan. Baca juga: Doa Anti Galau, Malas, Terlilit Utang Seperti Dijelaskan Ustaz Adi Hidayat Hal ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar.

doa mau pergi naik kendaraan

Saat itu, pasukan muslim harus melalui medan yang tinggi dan Rasulullah mengajak mereka untuk berdzikir. Berikut haditsnya, Artinya: "Adalah Rasulullah SAW dan pasukannya apabila naik ke tempat tinggi mereka bertakbir. Jika turun mereka bertasbih." (HR Abu Daud). Jangan lupa baca amalkan doa naik kendaraansesuai sunah di atas ya, detikers! Lebih baik lagi kalau kamu bisa menghafal doa-doa di atas. Simak Video " Doa Keluar Rumah dan Naik Kendaraan Agar dalam Lindungan Allah" [Gambas:Video 20detik] (rah/row)
Baca juga: Doa Sepanjang Perjalanan Imam Nawawi mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra terkait doa berkendaraan.

Orang yang berkendara dianjurkan untuk membaca sejumlah doa berikut: 1. Bismillah. 2. Kemudian membaca doa berikut: الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami.

doa mau pergi naik kendaraan

Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.” 3. Alhamdulillāh (3 kali).

4. Allāhu akbar (3 kali). 5. Kemudian membaca doa berikut: سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Artinya, “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku.

doa mau pergi naik kendaraan

Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.” Demikian kelengkapan doa berkendaraan. (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 188). Baca juga: Doa Naik Kendaraan Laut atau Berlayar Tetapi umumnya orang menyingkat doa berkendaraan dengan membaca nomor 1 (basmalah) atau nomor 1 (basmalah) dan nomor 2 ( Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna).

Wallahu a’lam. (Alhafiz Kurniawan)Menu • HOME • RAMADHAN • Kabar Ramadhan • Puasa Nabi • Tips Puasa • Kuliner • Fiqih Ramadhan • Hikmah Ramadhan • Video • Infografis • NEWS • Politik • Hukum • Pendidikan • Umum • News Analysis • UMM • UBSI • Telko Highlight • NUSANTARA • Jabodetabek • banten • Jawa Barat • Jawa Tengah & DIY • Jawa Timur • kalimantan • Sulawesi • Sumatra • Bali Nusa Tenggara • Papua Maluku • KHAZANAH • Indonesia • Dunia • Filantropi • Hikmah • Mualaf • Rumah Zakat • Sang Pencerah • Ihram • Alquran Digital • ISLAM DIGEST • Nabi Muhammad • Muslimah • Kisah • Fatwa • Mozaik • INTERNASIONAL • Timur tengah • Palestina • Eropa • Amerika • Asia • Afrika • Jejak Waktu • Australia Plus • DW • EKONOMI • Digital • Syariah • Bisnis • Finansial • Migas • pertanian • Global • Energi • REPUBLIKBOLA • Klasemen • Bola Nasional • Liga Inggris • Liga Spanyol • Liga Italia • Liga Dunia doa mau pergi naik kendaraan Internasional • Free kick • Arena • Sea Games 2021 • SEAGAMES 2021 • Berita • Histori • Pernik • Profil • LEISURE • Gaya Hidup • travelling • kuliner • Parenting • Health • Senggang • Republikopi • tips • TEKNOLOGI • Internet • elektronika • gadget • aplikasi • fun science & math • review • sains • tips • KOLOM • Resonansi • Analisis • Fokus • Selarung • Sastra • konsultasi • Kalam • INFOGRAFIS • Breaking • sport • tips • komik • karikatur • agama • JURNAL-HAJI • video • haji-umrah • journey • halal • tips • ihrampedia • REPUBLIKA TV • ENGLISH • General • National • Economy • Speak Out • KONSULTASI • keuangan • fikih muamalah • agama islam • zakat • IN PICTURES • Nasional • Jabodetabek • Internasional • Olahraga • Rana • PILKADA 2020 • berita pilkada • foto pilkada • video pilkada • KPU Bawaslu • SASTRA • cerpen • syair • resensi-buku • RETIZEN • Info Warga • video warga • teh anget • INDEKS doa mau pergi naik kendaraan LAINNYA • In pictures • infografis • Pilkada 2020 • Sastra • Retizen • indeks Baca Juga • 3 Ucapan • Bacaan Lengkap Doa Keluar Rumah • Pahala Berdoa Saat Gembira Dilansir di buku Dzikir dan Doa Penting Sehari-Hari oleh Al Habib Al Alamah Umar bin Hafizh, berikut ini doa naik kendaraan agar selalu dalam perlindungan Allah SWT.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ ”Subhaanalladzi sakhkhara lanaa hadza wamaa kunnaa lahuu muqriniin wainnaa ilaa rabbina lamunaqlibuun.” Artinya: "Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat),"
Jakarta, IDN Times - Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Karena itu, selain memastikan kendaraan sehat, kewaspadaan pengendara juga sangat penting. Sebab, menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 61 persen kecelakaan di jalan akibat faktor manusia. Bisa karena kelalaian atau karakter agresif pengemudi. So, untuk menghindari kecelakaan di jalan, berkendaralah dengan santuy dan kalem. Pastikan juga motor atau mobil atau sepedamu dalam kondisi prima. Selain itu, jangan lupa mengucapkan doa bepergian sebelum memulai perjalanan.

doa mau pergi naik kendaraan

Sebab di atas segalanya ada Tuhan yang menentukan. Doa bepergian juga penting diucapkan untuk membuat kita tetap membumi selama dalam perjalanan. Nah, doa mau pergi naik kendaraan doa bepergian yang bisa kamu baca sebelum memulai perjalanan bagi yang muslim agar perjalanan aman dan hati tenang! Baca Juga: Memohon Kemudahan dan Kelancaran, 5 Doa Ini Wajib Dipanjatkan Royal Enfield/Istimewa Saat ke luar rumah sebelum naik kendaraan, sangat disarankan untuk membaca doa.

Berikut doa saat hendak ke luar rumah yang bisa kamu baca: Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.” Membaca doanya dengan khusyuk ya, jangan sambil mengunyah makanan. Oya, lafaz doa tersebut bukan kalimat sembarangan, loh.

Sebab ada hadisnya. “ Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah”, doa mau pergi naik kendaraan dikatakan kepadanya: Kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.” (HR. Tirmidzi). Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks • 7 Rekomendasi Mobil Baru, Harga Mulai Rp100 Jutaan • 5 Langkah Menangani Mesin Mobil Overheat • 5 Hal yang Penting Dikerjakan sebelum Meninggalkan Motor buat Mudik “ Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu.

Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.” Artinya: “ Ya Allah, mudahkan lah kami dalam bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”. Kalau kamu mau, kamu juga bisa melafazkan zikir sepanjang perjalanan. Sebab zikir itu selain bisa membuat hati tentang, juga bisa lebih mendekatkan dirimu kepada Tuhan, lho.

Baca Juga: Begini Doa dan Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Royal Enfield/Istimewa Jika perjalananmu harus melewati daerah yang menakutkan atau menyeramkan, mungkin karena banyak begal atau cerita hantu, kamu bisa membaca doa berikut: “ Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya.

Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” Doa tersebut dipetik dari hadis riwayat HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi.

Royal Enfield/Istimewa Setelah tiba di tujuan dengan selamat dan tanpa kekurangan apa pun, jangan lupa untuk kembali mengingat Tuhan dengan berdoa: " Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun". Artinya: "Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami." Oya, berdoa itu gak hanya berarti permintaan, tapi juga bentuk rasa syukur kita terhadap semua pemberian-Nya.

doa mau pergi naik kendaraan

Baca Juga: Ada Kerabat yang Menikah, Panjatkan Doa-doa Baik Ini! Berita Terpopuler • Hamas Mulai Bangkit, Menkeu Israel: Ini Semua Kesalahan Netanyahu • 10 Fakta Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia yang Baru Membeli Twitter • 10 Potret Liburan Ayu Ting Ting dan Keluarga ke Jogja, Ayah Rozak Hits • 10 Momen Nagita Slavina Masak Makan Malam buat Teman-teman Artisnya • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Menawan Arlova, Anak Bungsu Andre Taulany, Beranjak Remaja • Libur Lebaran Usai, Jakarta Kembali Terapkan Ganjil Genap Hari Ini • 10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannya • 10 Potret Alternatif Pengganti Sarung Ini Bikin Geleng-geleng Kepala




2022 www.videocon.com