Ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket. Cara menangkap bola pada permainan bola basket: • Bola diterima dengan telapak tangan terbuka lebar dan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan yang rileks.

• Ketika bola telah berada di telapak tangan, rentangkan tangan selebar mungkin dan kemudian bola ditarik ke arah badan. Dalam permainan basket, bola dioperkan dari satu pemain ke pemain yang lain, dalam kondisi yang seperti ini pemain harus mengetahui teknik ketika menangkap bola basket yang baik dan benar yang sesuai dalam aturan yang terdapat dalam olahraga basket.

• Cara Menangkap Bola Basket dengan Baik dan Benar • a. Cara menangkap bola basket di atas kepala • b. Cara menangkap bola basket di depan dada • Teknik Dasar Menangkap Bola Basket • 1.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Persiapan awal • 2. Gerakan inti • 3. Gerakan akhir • Ketentuan Menangkap Bola dalam Permainan Bola Basket • Pola Latihan Menangkap Bola Basket Cara Menangkap Bola Basket dengan Baik dan Benar dickssportinggoods.com Bola dijemput oleh telapak tangan dengan menggunakan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan rileks atau santai.

Ketika bola masuk di antara kedua telapak tangan, maka jari tangan segera melekat ke bola lalu ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola ( catching ball) terdiri atas dua macam, yaitu cara menangkap bola basket di atas kepala dan juga cara menangkap bola basket di depan dada.

Teknik dasar menangkap bola basket tidak terlepas dari teknik dasar dalam mengoper bola basket. Menurut Imam Sadikun (1992: 90 ) teknik menangkap bola dalam permainan bola basket adalah sebagai berikut: • Sikap kaki berdiri kuat dengan dua tangan yang lurus ke depan serta kedua telapak tangan menghadap ke depan dan jari-jari tangan terbuka (kedua ibu jari tangan saling mendekat).

• Sesudah bola menyentuh ujung jari dan telapak tangan, maka bawalah bola tersebut ke dada dan tahanlah dengan mencengkeram bola yaitu, semua telapak tangan dan juga permukaan jari-jarinya menempel dengan bola di samping kanan dan kiri.

• Kemudian kuasai bola dengan baik sambil menunggu gerakan berikutnya ( melempar, menggiring atau menembak). Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan.

Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Menangkap bola ( catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada. a. Cara menangkap bola basket di atas kepala • Berdiri, dengan pandangan yang mengarah pada datangnya bola. • Tangkap bola dengan menggunakan kedua tangan di atas kepala. • Usahakan agar kedua jari-jari tangan di buka dan rileks ketika menangkap bola.

b. Cara menangkap bola basket di depan dada • Berdiri, pandangan mengarah pada datangnya bola. • Menangkap bola dengan menggunakan kedua tangan di depan dada. • Usahakan agar kedua jari-jari tangan dibuka dan rileks ketika menangkap bola. Teknik Dasar Menangkap Bola Basket Setelah sudah terbiasa dalam memegang bola, Anda bisa melatih beberapa teknik dasar lainnya, yaitu teknik melempar bola, teknik untuk menggiring bola, dan teknik cara melakukan shooting.

Selain, teknik dasar di atas ada salah satu teknik dasar yang harus dikuasai, namun terkadang diabaikan yaitu teknik menangkap bola dalam permainan bola basket. Teknik ini meskipun terbilang cukup mudah, namun juga ada langkah-langkah tersendiri agar tangkapan bola baik dan tidak terlepas ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera tangan. Karena jika sampai terlepas atau tidak tertangkap bisa menyebabkan bola dikuasai oleh tim lawan.

Berikut adalah beberapa langkah cara menangkap bola basket. 1. Persiapan awal Dalam melakukan teknik menangkap bola dalam permainan bola basket hasil umpan dari rekan satu tim, memang terbilang lebih mudah daripada merebut bola dari hasil rebound dimana bola pantulan hasil shooting yang gagal terkadang sulit ditebak. Dan untuk cara menangkap bola juga bermacam-macam tekniknya.

Namun, persiapan awal memang sangat dibutuhkan dalam menerima dan menangkap bola. Anda bisa berdiri dan melangkahkan kaki menuju arah datangnya bola.

Tangan kedepan untuk menyongsong bola yang sedang dilempar ke arah Anda. dan siapkan telapak tangan menghadap arah dari mana bola berasal. Dan pastikan ketika menangkap bola, berat badan menumpu pada kaki depan. 2. Gerakan inti Setelah melangkah ke arah bola dan bola menyentuh telapak tangan. Kaki depan sebagai tumpuan bisa ditarik ke belakang. Agak tekan pada bola agar bola tidak terlepas dan tarik lengan hingga bola berada di hadapan Anda.

3.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Gerakan akhir Setelah bola berada di tangan, condongkan badan sedikit kedepan. Usahakan untuk berat ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera menumpu pada kaki yang berada di bagian belakang. Dan pastikan bola berada di depan badan untuk selanjutnya Anda bisa men drible bolanya, atau Anda bisa oper lagi kepada teman satu tim Anda. Karena dalam peraturan bola basket ada batas waktu tertentu untuk memegang bola. Ketentuan Menangkap Bola dalam Permainan Bola Basket Ketika bola sudah berada di tangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menangkap bola basket di antaranya adalah: • Ketika menerima bola, harus mengamati datangnya bola dan bisa memprediksi arah dan waktu yang pas untuk melakukan persiapan awal dalam menangkap bola, dan pastikan bola sudah dalam penguasaanmu.

• Ketika menangkap bola, usahakan untuk menjemput bola hasil umpan dari lawan, atau hasil dari r ebounding. Yaitu dengan gerakan jari dan tangan yang rileks dan lentur. • Kecepatan bola saat diumpan cukup bervariasi, jadi ketika bola dengan kecepatan tinggi, jangan melawan arah gerakan bola.

Hal ini akan malah membuat bola lebih mudah terlepas. Jadi usahakan untuk mengikuti arah gerakan bola, atau ketika bola berada di telapak tangan, anda bisa menarik tangan anda ke belakang untuk meredam kecepatan bola. Pola Latihan Menangkap Bola Basket Teknik menangkap bola basket bukanlah hal yang sulit dilakukan, namun anda juga tidak bisa mengabaikanya karena teknik menangkap bola basket merupakan teknik dasar yang selalu digunakan dalam permainan basket.

Untuk bisa dan fasih dalam menangkap bola, Anda bisa selalu berlatih untuk menangkap bola dengan berbagai metode yang bisa dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu melatih kekuatan otot tangan,kaki dan juga pinggang dengan beberapa Latihan fisik untuk pemain basket paling tepat untuk memperkuat tubuh.

Berikut adalah salah satu pola latihan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan menangkap bola dalam permainan bola basket: • Latihan ini bisa dilakukan sendiri dengan hanya membutuhkan bola basket dan sebuah tembok yang digunakan sebagai pemantul. • Berdiri dengan jarak sekitar 3 meter dan menghadap ke dinding dan bersiaplah untuk melempar dengan memantulkannya ke dinding.

• Lihat bola hasil pantulan yang menuju ke Anda dan tangkap dengan melakukan gerakan sesuai dengan teknik dasar menangkap bola basket yang dijelaskan di atas. Setelah menangkap, kencangkan tangan dengan menariknya ke dada dengan siku sedikit ditarik.

• Lakukan beberapa lemparan dengan memantulkannya ke dinding hingga berhasil menangkap lima kali berturut-turut tanpa meraba-raba. • Lakukan variasi dengan melempar dengan arah lebih tinggi,lebih rendah serta dengan tenaga lemparan yang juga bervariasi. Sehingga bola yang memantul pun juga bervariasi. • Lakukan beberapa lemparan seperti pada nomor lima, hingga berhasil menangkap lima kali berturut-turut tanpa meraba-raba.

• Kombinasikan dengan lemparan dengan sudut yang berbeda, dan bisa melakukan dengan sedikit gerakan melangkah ataupun berlari. • Jika sudah mahir dengan latihan menangkap bola basket dari jarak 3.5 meter, Anda bisa memperpendek jarak menjadi 2.5 meter.

• Lakukan berkali-kali agar kemampuan berkembang dan teruslah bergerak ke dinding, dan lakukan beberapa kombinasi latihan agar kemampuan menangkap bola basket semakin baik. Sofia belum mahir berenang. la kesusahan mengapungkan badannya di air.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Ayahnya memberi nasihat untuk Sofia. Nasihat yang mungkin diberikan oleh Ayah S … ofia adalah . a. percikkanlah air ke seluruh tubuhmu b. berenanglah dengan didampingi orang tua C. lain kali lakukan pemanasan sebelum berenang d. pakailah alat bantu berupa pelampung​
satu kaki? 2 Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat!

1. Bagaimana cara melompat dengan Jawab:. Sebutkan manfaat gerakan dalam per … mainan arung jeram! Jawab:. 3. Bagaimana cara menirukan gerakan pohon kelapa? Jawab:.

4. Apa yang harus dilakukan pemain yang bertugas sebagai jala di permainan jala ikan? Jawab:. 5. Tuliskan langkah-langkah melakukan Jawab:. kegiatan melatih daya tahan kaki! !​ Cara sederhana untuk bermain adalah dengan pemain dibagi menjadi 2 tim / grup, satu mendapat giliran jaga, dan yang lain mendapat giliran untuk memukul. Tentu saja, beberapa pos yang telah ditandai oleh kutub disediakan, di mana pemain yang menyerang (memiliki giliran untuk memukul) tidak boleh “dipukuli” atau dilempar dengan bola.

Pemain secara bergantian akan memukul bola yang sedang dilewati atau diberikan oleh salah satu pemain yang berjaga-jaga. Para pemain yang berjaga di tanah mencoba menangkap pukulan dari para pemain yang menyerang.

Ketika bola dipukul, penyerang kemudian berlari ke pos berikutnya, atau “kembali ke rumah” yang dibatasi oleh garis. Jika seorang pemain yang berlari menuju pos atau pulang bahkan “dikalahkan”, maka dinyatakan jika dia sudah mati dan kedua tim berubah satu sama lain. Awalnya tim penyerang berubah menjadi tim penjaga, dan sebaliknya. Sementara itu, penyerang yang berhasil pulang mendapat satu poin. Tim yang berhasil mendapatkan atau mengumpulkan angka terbanyak di akhir pertandingan, dinyatakan sebagai pemenang.

Permainan itu sendiri menggunakan gerak dasar berlari, memukul bola dengan tongkat, menangkap dan melempar. Dalam permainan bisbol, itu terdiri dari 2 pangkalan dengan jarak minimum 20 meter. Kerjasama Dalam Permainan Bola Kasti Mengalahkan Tim • Setiap pemain diberikan hak untuk memukul sekali, kecuali jika pemain terakhir memiliki hak untuk memukul hingga 3 kali • Setelah memukul, kita harus meletakkan alat yang kita gunakan di ruang dayung.

Jika dayung ditempatkan di luar, maka pemain tidak akan mendapatkan skor, kecuali jika pemain segera mengembalikannya ke ruang dayung • Pukulan akan dinyatakan benar jika bola berhasil melewati garis, tidak jatuh ke ruang bebas, dan juga tidak mengenai tongkat Pasukan Penjaga Tim penjaga memiliki tugas, termasuk yang berikut: Matikan permainan lawan dengan melemparkan bola ke arah kelelawar atau menangkap bola bisbol yang langsung mengenai tim pemukul Ruang bebas terbakar.

Yaitu membakar dengan menempati ruang kosong jika kosong Pendorong Booster memiliki tugas, dianataranya sebagai berikut: • Sebuah. Memantulkan bola sesuai dengan yang diminta oleh pemukul • Jika bola yang telah dipantulkan oleh penjaga tidak cocok dengan apa yang diminta adonan, maka tongkat tidak dapat memukulnya. Jika ini terjadi 3 kali berturut-turut, dayung harus berlari dengan bebas ke tiang stop pertama Tempat Substitusi Pergantian tempat antara tim pemukul dan juga tim penjaga terjadi jika: • Salah satu pemain di regu pemukul terkena bola • Bola yang mengenai pemukulnya ditangkap langsung oleh tim lawan 3 kali berturut-turut • Kelelawar dilepaskan saat melakukan pukulan Cara Mendapatkan Nilai • Pemain yang telah berhasil memukul bola, kemudian berlari ke halte I, II, III, dan juga ruang kosong secara bertahap, akan mendapatkan nilai 1 • Pemain yang telah berhasil berlari melewati tiang penghenti dan kembali ke ruang bebas karena pukulan mereka sendiri akan mendapat skor 2 • Tim penjaga berhasil menangkap bola secara langsung yang telah mengenai pemukul, itu akan mendapatkan nilai 1 • Tim yang berhasil mendapatkan skor tertinggi dinyatakan sebagai pemenang Aturan Dalam Pertandingan Kasti • Castles Field Game.

Bidang ini berukuran persegi panjang: • Panjangnya sekitar 60 hingga 70 meter • Dengan lebar 30 meter • Dan ada 3 kamar yang bertengger • Sementara ada 1 ruang kosong Peralatan Game Kastil • Sebuah. Pengocok: terbuat dari kayu yang kuat • Ball Castles: terbuat dari karet yang ditutup dengan benang Pertarun Untuk Para Memain Kasti • Jumlah pemain.

Jumlah pemain dalam permainan baseball di masing-masing tim terdiri dari 12 orang, salah satunya adalah kapten. Setiap pemain harus mengenakan nomor dada dari 1 hingga 2 • Waktu bermain • Saat pertandingan baseball dibagi menjadi 2 babak. Setiap putaran diberikan 20-30 menit. Antara putaran diberikan istirahat sekitar 15 menit • Wasit. Pertandingan bisbol dipimpin oleh seorang wasit dibantu oleh 3 penjaga garis dan juga pencatat waktu Teknik Dasar Permainan Kasti Lantas, bagaimana teknik dasar game ini dilakukan?

Berikut ini adalah teknik dasar dan gambaran lengkapnya. Teknik Melambungkan Bola Kasti Dalam permainan baseball banyak teknik, teknik yang harus dipelajari, sehingga kita bisa bermain baseball dengan benar dan profesional. Salah satu teknik permainan baseball adalah dengan memantulkan bola. Memantulkan bola dalam permainan bisbol adalah tugas penjaga, bola memantul ke arah dayung dengan ayunan ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera bawah menggunakan satu tangan.

Jadi dalam proses ini penjaga harus bisa memantulkan bola ke bawah dan ke atas yang harus sesuai dengan permintaan pemain yang akan melakukan pukulan. Bagi Anda yang ingin mempraktikkan teknik melompat bola pada pertandingan bisbol, Bacaan Sekolah berikut akan membagikan teknik melompat bola untuk pertandingan bisbol.

Cara melempar bola ke dalam game bola kastil: • Pertama, bola dipegang menggunakan tangan kanan • Tubuh menghadap teman yang akan dipukul • Kemudian melangkahkan kaki kanan Anda satu langkah ke depan • Langkah keempat adalah mengayunkan bola menggunakan tangan kanan Anda • Langkah terakhir adalah melempar bola ke depan sesuai permintaan pemukul Cara Memukul Bola Kasti Pukul Bola Memukul bola adalah salah satu teknik dasar permainan bisbol dan juga teknik dasar lapangan tenis.

Teknik ini adalah teknik yang harus dikuasai oleh semua pemain baseball. Pemain dapat memukul bola dengan beberapa cara. Sekarang hal yang perlu diingat adalah bagaimana cara memukul bola sejauh mungkin dan bagaimana cara agar tidak tertangkap oleh tim penjaga.

Di sini kami akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara memegang tongkat baseball yang tepat, berikut caranya: • Posisikan kaki dan coba buka selebar bahu • Pegang tongkat bisbol dengan tangan kanan Anda • Anda bisa mengayunkan kebasti kebasti ke atas ke bahu • Anda dapat menggunakan tangan kiri untuk memberi sinyal pada pelempar.

• Perhatikan di mana bola mengarah dan mengenai dengan cepat dan sekeras mungkin, metode ini sebenarnya hampir sama dengan memegang raket bulutangkis Memukul Bola Perut Teknik memukul bola adalah teknik dasar dalam pertandingan baseball, yang bertujuan membuat bola melambung tinggi dan jauh sehingga tidak mudah dijangkau oleh tim penjaga.

• Posisikan kaki kanan Anda di belakang dan kaki kiri Anda di depan • Tangan yang memegang kelelawar Anda disimpan agak miring 45 derajat • Arahkan pandangan Anda ke bola dan perhatikan arah bola • Mulai ayunkan pukulan Anda ke sisi kiri atas dan pukul dengan sekuat tenaga.

Memukul bola secara horizontal Anda juga harus menguasai teknik memukul bola secara horizontal, karena bola horizontal biasanya menyulitkan tim penjaga yang memiliki postur tinggi. Selain itu, terkadang bola horizontal akan lebih cepat dari bola perut.

Berikut cara memukul bola secara horizontal. • Posisikan kaki kanan Anda tepat di belakang dan kaki kiri Anda di posisi depan • Tempatkan dayung Anda sehingga bisa sejajar dengan bahu Anda • Posisikan tangan kiri Anda lurus untuk mendapatkan bola secara horizontal • Arahkan mata Anda ke tempat bola datang • Dan ayunkan dayung secara horizontal dan tekan sekuat mungkin dan secepat mungkin. Memukul Bola dengan Cara Merendah Teknik memukul ini juga sangat penting bagi Anda untuk melakukan quasi.

Karena teknik ini juga bertujuan untuk memantulkan bola ke tanah dengan cepat, sehingga para penjaga tertipu dan kesulitan menangkap dan menebak arah bola. Sekarang pertimbangkan cara berikut: • Posisikan nelayan Anda di ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera, dan juga kaki kiri Anda di depan • Letakkan pemukul bisbol Anda ke arah bagian belakang atas.

• Arahkan arah Anda ke mana bola mengarah atau kanan • Ayunkan tongkat bisbol Anda dari atas ke bawah dan pukullah dengan keras semampu Anda sehingga pantulannya keras dan melesat ke arah yang tidak pasti.

Cara Memukul Bola Kasti Pukul Bola Memukul bola adalah salah satu teknik dasar permainan bisbol dan juga teknik dasar lapangan tenis. Teknik ini adalah ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera yang harus dikuasai oleh semua pemain baseball. Pemain dapat memukul bola dengan beberapa cara.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Sekarang hal yang perlu diingat adalah bagaimana cara memukul bola sejauh mungkin dan bagaimana cara agar tidak tertangkap oleh tim penjaga. Di sini kami akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara memegang tongkat baseball yang tepat, berikut caranya: • Posisikan kaki dan coba buka selebar bahu • Pegang tongkat bisbol dengan tangan kanan Anda • Anda bisa mengayunkan kebasti kebasti ke atas ke bahu • Anda dapat menggunakan tangan kiri untuk memberi sinyal pada pelempar.

• Perhatikan di mana bola mengarah dan mengenai dengan cepat dan sekeras mungkin, metode ini sebenarnya hampir sama dengan memegang raket bulutangkis Memukul Bola Perut Teknik memukul bola adalah teknik dasar dalam pertandingan baseball, yang bertujuan membuat bola melambung tinggi dan jauh sehingga tidak mudah dijangkau oleh tim penjaga.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

• Posisikan kaki kanan Anda di belakang dan kaki kiri Anda di depan • Tangan yang memegang kelelawar Anda disimpan agak miring 45 derajat • Arahkan pandangan Anda ke bola dan perhatikan arah bola • Mulai ayunkan pukulan Anda ke sisi kiri atas dan pukul dengan sekuat tenaga.

Memukul bola secara horizontal Anda juga harus menguasai teknik memukul bola secara horizontal, karena bola horizontal biasanya menyulitkan tim penjaga yang memiliki postur tinggi.

Selain itu, terkadang bola horizontal akan lebih cepat dari bola perut. Berikut cara memukul bola secara horizontal. • Posisikan kaki kanan Anda tepat di belakang dan kaki kiri Anda di posisi depan • Tempatkan dayung Anda sehingga bisa sejajar dengan bahu Anda • Posisikan tangan kiri Anda lurus untuk mendapatkan bola secara horizontal ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera Arahkan mata Anda ke tempat bola datang • Dan ayunkan dayung secara horizontal dan tekan sekuat mungkin dan secepat mungkin.

Memukul Bola dengan Cara Merendah Teknik memukul ini juga sangat penting bagi Anda untuk melakukan quasi. Karena teknik ini juga bertujuan untuk memantulkan bola ke tanah dengan cepat, sehingga para penjaga tertipu dan kesulitan menangkap dan menebak arah bola. Sekarang pertimbangkan cara berikut: • Posisikan nelayan Anda di belakang, dan juga kaki kiri Anda di depan • Letakkan pemukul bisbol Anda ke arah bagian belakang atas. • Arahkan arah Anda ke mana bola mengarah atau kanan • Ayunkan tongkat bisbol Anda dari atas ke bawah dan pukullah dengan keras semampu Anda sehingga pantulannya keras dan melesat ke arah yang tidak pasti.

Cara Menangkap Bola Perut Teknik dasar yang harus dikuasai selanjutnya adalah menangkap bola. Teknik ini juga dilakukan dan sangat diperlukan saat Anda bermain baseball.

Apalagi Anda sebagai tim yang berjaga-jaga benar-benar membutuhkan keterampilan menangkap bola. Bola yang akan ditangkap bisa horizontal, memantul, atau sepanjang tanah. Sekarang untuk yang pertama kami akan menyediakan cara untuk menangkap bola perut. • Jaga tubuh Anda berdiri dan kaki kanan Anda di depan • Arahkan pandangan Anda ke arah bola datang • Posisikan tangan Anda menghadap siku dan posisikan sedikit ditekuk • Jaga jari-jari tangan Anda dalam kondisi lemah dan renggang • Kemudian tangkap dengan tenang sehingga bola tidak jatuh kembali.

Cara Menangkap Bola Horisontal Metode ini bertujuan untuk menangkap bola yang diberikan oleh pemukul dengan teknik memukul bola secara horizontal, karena jika tidak terkontrol situasi ini dapat dimanfaatkan oleh tim penyerang atau pemukul. Sekarang lihat cara di bawah ini • Pertama, posisikan tubuh dengan berdiri dan kaki kanan di depan. • Arahkan pandangan Anda ke arah bola datang.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

• Posisikan tangan menghadap siku dengan kondisi agak bengkok. • Coba jari – jari lemas dan renggang • Kemudian tangkap bola yang datang dengan tenang sehingga bola tidak jatuh kembali ke tanah lagi. Cara menangkap bola yang meregangkan atau memantul di tanah Metode ini juga sangat wajib untuk dikendalikan, karena tidak sedikit pemain baseball yang menggunakan teknik ini, terkadang terpantul di tanah terkadang juga jejak di tanah.

Lihatlah cara berikut. • Posisikan tubuh Anda sedikit ditekuk dengan kaki sejajar • Putar pandangan Anda ke arah bola datang • Posisikan lutut kanan Anda menyentuh tanah dan kaki kiri sedikit ditekuk • Tangkap bola dengan tenang sehingga tidak kembali jatuh.

Dengan menggunakan teknik dasar di atas akan meningkatkan kemampuan Anda dan membuat Anda menjadi tak terkalahkan dan mampu mengalahkan semua lawan. Dengan begitu Anda bisa memenangkan kejuaraan tenis dan menjadi orang terkenal seperti pemain bulutangkis terbaik dunia yang juga terkenal dan mendapat bayaran tinggi.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Anda ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera berlatih perlahan dan tidak memaksakan diri karena jika Anda bersikeras dengan kondisi Anda, Anda bisa cedera oleh cedera olahraga apa pun. Demikian Pembahasan kita pada kali ini di edmodo.id tentang Pada Teknik Menangkap Bola Dilakukan Oleh. Nantikan Artikel Menaraik Lainya, tetap bersama kami. Terimaksih Semoga Membawa Manfaat. “Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” Baca Juga : • Induk Organisasi Kasti • Sofbol • Pengertian Rounders • Tujuan Utama Permainan Bola Kasti Postingan Terbaru • Arti Mimpi Tentang Banjir • Zaman Praaksara • Diferensiasi Sosial • Arti Mimpi Menangkap Belut • Alat Optik • Caping Penghasil Uang • Radiasi Benda Hitam • FGD Adalah • Jenis Jenis Patung • Konsolidasi Adalah • Jurnal Penjualan • Arti Mimpi Tentang Sapi • Arti Mimpi Melihat Pantai • Arti Mimpi Melihat Badai • Kapak Corong
Proses penangkapan bola dalam olahraga softball dilakukan untuk menerima bola yang datang dari teman satu tim saat dilangsungkannya permainan.

Penangkapan bola ini dilakukan dengan salah satu alat perlengkapan softball yang bernama sarung atau glove yang memiliki ukuran lebih besar daripada saru tangan pada umumnya.

Penangkapan bola dilakukan sesaat setelah bola tersebut berhasil dipukul oleh salah satu pemukul dari tim lawan yang membuat bola harus ditangkap oleh tim yang berjaga. Sebelum melanjutkan membaca, penting untuk mengetahui perbedaan baseball dan softball agar tidak keliru.

Pada dasarnya ada tiga cara utama untuk menangkap bola dalam olahraga softball seperti pada aturan permainan softball, antara lain teknik penangkapan bola lurus, teknik penangkapan bola bergulir atau yang biasa disebut dengan ground ball dan teknik penangkapan fly ball atau bola lambung.

Berikut ini adalam penjelasan secara padat dan terperinci mengenai 3 teknik menangkap bola softball dan penjelasannya yang biasa dilakukan oleh pemain penjaga base atau lapangan dan catcher, termasuk juga pitcher.

1. Teknik menangkap bola lurus Urutan dari cara menangkap bola softball lurus adalah sebagai berikut: • Pada posisi tubuh berdiri, tekuk kaki sehingga menjadi sedikit bengkok ke bawah dan arahkan glove ke depan pelempar.

• Gerakkan tubuh menuju arah datangnya bola. • Segera tangkap bola dengan glove yang terpasang dan tarik menuju arah badan agar bola yang telah tertangkap tidak memantul ke arah luar. • Segera setelah bola tertangkap, tangan yang lain kemudian memegang bola dengan sigap agar dengan cepat bola dapat dilempar ke sasaran lain setelah bola ditangkap seperti pada cara melempar bola softball. Badan yang kaku dan tidak luwes adalah salah satu faktor dari kegagalan menangkap bola lurus pada pertandingan softball.

Selain itu arah ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera yang tidak tertuju pada bola dan koordinasi kedua tangan yang lemah dan tidak seirama juga dapat menghambat keberhasilan menangkap bola lurus.

2. Teknik menangkap bola bergulir (Ground ball) Memiliki perbedaan yang mendasar dengan menangkap bola lurus, penangkapan bola bergulir diperlukan inisiatif pemain untuk menjemput bola, tidak menunggu datangnya bola. Urutan menangkap bola softball rendah atau bola bergulir adalah sebagai berikut: • Sikap berdiri siaga dengan penuh konsentrasi dan buka kaki dengan posisi agak melebar. • Letakkan kedua lengan di bagian depan badan dengan posisi siap menangkap bola. • Arahkan pandangan lurus menuju datangnya bola.

• Jemput bola saat mulai mendekat dengan merendahkan kedua lutut atau bungkukkan badan sekitar 90⁰ untuk menangkap bola pelan. Jika bola yang datang cepat, lakukan sikap jongkok dengan posisi satu lutut menumpu tanah.

• Setelah itu rendahkan kedua tangan dan julurkan di bagian depan kaki kiri (atau kaki yang berada di depan) sampai glove mengarah pada bola. • Saat bola sudah masuk ke area glove segera tutup dengan tangan lain yang tidak bekerja. • Untuk mengakhiri teknik ini, pegang bola dengan tangan yang tidak menggunakan glove. Letakkan atau tumpu berat badan pada kaki kiri (atau kaki yang berada di depan) dan kembali pada sikap jaga dengan bola yang juga siap dilempar ke arah sasaran.

Adapun beberapa kesalahan yang dapat terjadi dilakukan oleh pamain sehingga menyebabkan kegagalan menangkap bola bergulir adalah tidak fokusnya pandangan menuju arah tempat datangnya bola.

Selain itu posisi badan yang tidak terlalu membungkuk, kedua telapak tangan yang terlalu rapat dan harmonisasi ritme kedua tangan yang kurang saat menyambut datangnya bola juga dapat menjadi penyebab ground ball gagal ditangkap. 3.

Teknik menangkap bola lambung (Fly ball) Urutan dari teknik penangkapan fly ball atau bola yang dipukul lawan secara lambung adalah sebagai berikut: • Saat melakukan penangkapan, gerakkan tangan lurus ke arah bola yang berada tetap di bagian depan atas kepala.

• Sesaat setelah bola telah tertangkap, segera tarik lengan dan glove ke arah badan yang lain agar bola tidak terlepas dari genggaman. • Melakukan persiapan melempar bola ke sasaran lain dengan memegang bola di tangan kanan.

Selain ketiga teknik di atas, ada beberapa cara tertentu yang perlu dilakukan oleh seorang catcher untuk melakukan menangkap bola softball, di antaranya: • Mengambil posisi awalan jongkok. • Menggunakan glove khusus untuk catcher pada tangan kiri dengan posisi tangan adalah menghadap ke depan dengan menjemput bola yang telah dilempar oleh pitcher. • Jika bola tertangkat, maka sesaat setelah itu gunakan tangan lain untuk membungkus bola agar tidak terlepas dari genggaman. Selain teknik tangkapan, pemain softball juga perlu memahami teknik memegang bola yang baik secara tepat agar tiap pemain dapat menguasai bola dan tidak mudah melepas bola yang ada dalam genggaman.

Ada 3 teknik dasar tentang cara memegang bola pada olahraga softball dan kilasan mengenai ketiga teknik tersebut antara lain adalah: • Memegang bola dengan 2 jari Teknik ini digunakan secara khusu untuk pemain yang memiliki tangan besar dan jari panjang sehingga teknik memegang dengan dua jari ini lebih disarankan untuk kenyamanan pemain.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Cara yang perlu dilakukan untuk mempraktekkan teknik tersebut adalah dengan meletakkan jari telunjuk dan jari tengah tepat di bagian atas bola. Cara ini tidak dianjurkan untuk pemain dengan karakteristik tangan yang tidak panjang ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera besar karena akan membuat bola semakin mudah terjatuh karena pegangan yang tidak pas. • Memegang bola dengan 3 jari Jika seorang pemain tidak memiliki tangan besar dan jari panjang maka akan lebih baik menggunakan teknik memegang bola dengan 3 jari.

Posisi jari untuk teknik tersebut adalah menempatkan salah satu jari dari ketiga pilihan jari telunjuk, jari tengah atau jari kelingking di bagian atas bola. Kemudian dua jari lain, yaitu ibu jari dan jari kelingking, digunakan sebagai penyangga di bagian bawah bola. Cara ini cocok untuk pemain yang memiliki jari pendek dan tangan yang kecil agar bola dapat dipegang dengan nyaman dan tidak mudah jatuh. • Memegang bola dengan 4 jari Cara memegang bola dengan kekuatan hampir dari semua jari sangat disarankan untuk pemain softball yang masih pemula.

Hal ini ditujukan agar metode ini dapat dipraktekkan oleh semua pemain yang memang memiliki ciri atau karakter fisik tangan yang berbeda dan agar bola tidak mudah terlepas dari genggaman. Itulah tadi 3 teknik menangkap bola softball dan penjelasannya serta gambar untuk mempraktekkan gerakan dengan baik dan benar. Untuk menjaga ritme permainan yang baik, selain berlatih menangkap bola juga diperlukan teknik memukul dalam permainan softball dan teknik dasar softball yang lain agar hasil yang didapatkan juga makin optimal.

Selamat berlatih dan salam olahraga!
Menangkap bola merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket. Cara menangkap bola pada permainan bola basket: • Bola diterima dengan telapak tangan terbuka lebar dan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan yang rileks.

• Ketika bola telah berada di telapak tangan, rentangkan tangan selebar mungkin dan kemudian bola ditarik ke arah badan. Dalam permainan basket, bola dioperkan dari satu pemain ke pemain yang lain, dalam kondisi yang seperti ini pemain harus mengetahui teknik ketika menangkap bola basket yang baik dan benar yang sesuai dalam aturan yang terdapat dalam olahraga handbasket.

Penjelasan cara menangkap bola dalam permainan bola basket juga bisa dipelajari lewat video berikut yang bisa langsung dipraktikkan. • Cara Menangkap Bola Basket dengan Baik dan Benar • a. Cara menangkap bola basket di atas kepala • b. Cara menangkap bola basket di depan dada • Teknik Dasar Ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera Bola Basket • i.

Persiapan awal • two. Gerakan inti • three. Gerakan akhir • Ketentuan Menangkap Bola dalam Permainan Bola Handbasket • Pola Latihan Menangkap Bola Basket Cara Menangkap Bola Basket dengan Baik dan Benar dickssportinggoods.com Bola dijemput oleh telapak tangan dengan menggunakan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan rileks atau santai.

Ketika bola masuk di antara kedua telapak tangan, maka jari tangan segera melekat ke bola lalu ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola ( catching brawl) terdiri atas dua macam, yaitu cara menangkap bola basket di atas kepala dan juga cara menangkap bola handbasket di depan dada. Teknik dasar menangkap bola handbasket tidak terlepas dari teknik dasar dalam mengoper bola handbasket. Menurut Imam Sadikun (1992: xc ) teknik menangkap bola dalam permainan bola handbasket adalah sebagai berikut: • Sikap kaki berdiri kuat dengan dua tangan yang lurus ke depan serta kedua telapak tangan menghadap ke depan dan jari-jari tangan terbuka (kedua ibu jari tangan saling mendekat).

• Sesudah bola menyentuh ujung jari dan telapak tangan, maka bawalah bola tersebut ke dada dan tahanlah dengan mencengkeram bola yaitu, semua telapak tangan dan juga permukaan jari-jarinya menempel dengan bola di samping kanan dan kiri. • Kemudian kuasai bola dengan baik sambil menunggu gerakan berikutnya (melempar, menggiring atau menembak). Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan.

Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Menangkap bola ( catching brawl) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada. a. Cara menangkap bola handbasket di atas kepala • Berdiri, dengan pandangan yang mengarah pada datangnya bola. • Tangkap bola dengan menggunakan kedua tangan di atas kepala. • Usahakan agar kedua jari-jari tangan di buka dan rileks ketika menangkap bola. b. Cara menangkap bola handbasket di depan dada • Berdiri, pandangan mengarah pada datangnya bola.

• Menangkap bola dengan menggunakan kedua tangan di depan dada. • Usahakan agar kedua jari-jari tangan dibuka dan rileks ketika menangkap bola. Teknik Dasar Menangkap Bola Basket Setelah sudah terbiasa dalam memegang bola, Anda bisa melatih beberapa teknik dasar lainnya, yaitu teknik melempar bola, teknik untuk menggiring bola, dan teknik cara melakukan shooting. Selain, teknik dasar di atas ada salah satu teknik dasar yang harus dikuasai, namun terkadang diabaikan yaitu teknik menangkap bola dalam permainan bola basket.

Teknik ini meskipun terbilang cukup mudah, namun juga ada langkah-langkah tersendiri agar tangkapan bola baik dan tidak terlepas dari tangan. Karena jika sampai terlepas atau tidak tertangkap bisa menyebabkan bola dikuasai oleh tim lawan. Berikut adalah beberapa langkah cara menangkap bola handbasket.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

one. Persiapan awal Dalam melakukan teknik menangkap bola dalam permainan ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera handbasket hasil umpan dari rekan satu tim, memang terbilang lebih mudah daripada merebut bola dari hasil rebound dimana bola pantulan hasil shooting yang gagal terkadang sulit ditebak.

Dan untuk cara menangkap bola juga bermacam-macam tekniknya. Namun, persiapan awal memang sangat dibutuhkan dalam menerima dan menangkap bola. Anda bisa berdiri dan melangkahkan kaki menuju arah datangnya bola.

Tangan kedepan untuk menyongsong bola yang sedang dilempar ke arah Anda. dan siapkan telapak tangan menghadap arah dari mana bola berasal.

Dan pastikan ketika menangkap bola, berat badan menumpu pada kaki depan. 2. Gerakan inti Setelah melangkah ke arah bola dan bola menyentuh telapak tangan. Kaki depan sebagai tumpuan bisa ditarik ke belakang.

Agak tekan pada bola agar bola tidak terlepas dan tarik lengan hingga bola berada di hadapan Anda. iii. Gerakan akhir Setelah bola berada di tangan, condongkan badan sedikit kedepan. Usahakan untuk berat badan menumpu pada kaki yang berada di bagian belakang.

Dan pastikan bola berada di depan badan untuk selanjutnya Anda bisa men drible bolanya, atau Anda bisa oper lagi kepada teman satu tim Anda. Karena dalam peraturan bola handbasket ada batas waktu tertentu untuk memegang bola. Ketentuan Menangkap Bola dalam Permainan Bola Handbasket Ketika bola sudah berada di tangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menangkap bola basket di antaranya adalah: • Ketika menerima bola, harus mengamati datangnya bola dan bisa memprediksi arah dan waktu yang pas untuk melakukan persiapan awal dalam menangkap bola, dan pastikan bola sudah dalam penguasaanmu.

• Ketika menangkap bola, usahakan untuk menjemput bola hasil umpan dari lawan, atau hasil dari r ebounding. Yaitu dengan gerakan jari dan tangan yang rileks dan lentur. • Kecepatan bola saat diumpan cukup bervariasi, jadi ketika bola dengan kecepatan tinggi, jangan melawan arah gerakan bola. Hal ini akan malah membuat bola lebih mudah terlepas. Jadi usahakan untuk mengikuti arah gerakan bola, atau ketika bola berada di telapak tangan, anda bisa menarik tangan anda ke belakang untuk meredam kecepatan bola.

Pola Latihan Menangkap Bola Handbasket Teknik menangkap bola basket bukanlah hal yang sulit dilakukan, namun anda juga tidak bisa mengabaikanya karena teknik menangkap bola basket merupakan teknik dasar yang selalu digunakan dalam permainan basket.

Untuk bisa dan fasih dalam menangkap bola, Anda bisa selalu berlatih untuk menangkap bola dengan berbagai metode yang bisa dilakukan.

ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera

Selain itu, Anda juga perlu melatih kekuatan otot tangan,kaki dan juga pinggang dengan beberapa Latihan fisik untuk pemain basket paling tepat untuk memperkuat tubuh. Berikut adalah salah satu pola latihan yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan menangkap bola dalam permainan bola basket: • Latihan ini bisa dilakukan sendiri dengan hanya membutuhkan bola handbasket dan sebuah tembok yang digunakan sebagai pemantul.

• Berdiri dengan jarak sekitar iii meter dan menghadap ke dinding dan bersiaplah untuk melempar dengan memantulkannya ke dinding. • Lihat bola hasil pantulan yang menuju ke Anda dan tangkap dengan melakukan gerakan sesuai dengan teknik dasar menangkap bola basket yang dijelaskan di atas. Setelah menangkap, kencangkan tangan dengan menariknya ke dada dengan siku sedikit ditarik.

• Lakukan beberapa lemparan dengan memantulkannya ke dinding hingga berhasil menangkap lima kali berturut-turut tanpa meraba-raba. • Lakukan variasi dengan melempar dengan arah lebih tinggi,lebih rendah serta dengan tenaga lemparan yang juga bervariasi.

Sehingga bola yang memantul pun juga bervariasi. • Lakukan beberapa lemparan seperti pada nomor lima, hingga berhasil menangkap lima kali berturut-turut tanpa meraba-raba. • Kombinasikan dengan lemparan dengan sudut yang berbeda, dan bisa melakukan dengan sedikit gerakan melangkah ataupun berlari. • Jika sudah mahir dengan latihan menangkap bola basket dari jarak three.five meter, Anda bisa memperpendek jarak menjadi two.5 meter.

• Lakukan berkali-kali agar kemampuan berkembang dan teruslah bergerak ke dinding, dan lakukan beberapa kombinasi ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera agar kemampuan menangkap bola handbasket semakin baik. Pada Saat Menangkap Bola Melambung Kedua Tangan Berada Di Source: https://asriportal.com/arah-gerakan-tangan-yang-benar-saat-menangkap-bola-basket-adalah/ Terbaru • Sistem Kemitraan Pada Perusahaan Peternakan Ruminansia • Cara Pasang Elcb 3 Phase Yang Benar • Cara Membuat Lamaran Kerja via Email Pdf Di Hp • Ketersediaan Air Dan Listrik Untuk Usaha Peternakan Menurut • Cara Membuat Kartu Undangan Dari Kertas Karton • Cara Membuat Pesawat Dari Stik Es Krim • Jurnal Saintek Peternakan Dan Perikanan Unsulbar • Cara Menyambung Kabel Listrik 3 Ke 2 • Jual Kandang Ternak Burung Perkutut Yogyakarta Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • UncategorizedMerdeka.com - Di Indonesia, permainan softball saat ini mulai sedikit populer.

Namun siapa sangka, ternyata permainan ini awalnya hanya cadangan dari permainan baseball saja. Pencipta permainan ini adalah seorang laki-laki bernama George Hancock yang berasal dari Amerika. Sama seperti permainan olahraga lainnya, permainan softball juga memiliki strateginya sendiri. Lalu, apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk bisa menangkap bola?

Setiap pemain softball harus punya keahlian untuk menangkap bola, mulai dari menangkap bola melambung, tangkapan bola lurus, sampai tangkapan bola menggelinding. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan penjaga ketika menangkap bola: • Penjaga harus tahu kemana gerakan yang akan dilakukan dari si pemukul bola.

• Penjaga harus bisa segera menempatkan diri ke arah bola bergerak. Artinya, penjaga harus jeli melihat bola. • Penjaga harus bisa mengoper bola ke teman yang akan mematikan pelari dengan cepat. Selain 3 poin diatas, penangkap bola juga harus menguasai teknik yang tepat untuk bisa menangkap bola. Beberapa caranya adalah: BACA JUGA: Pentingnya Kepedulian Terhadap Lingkungan, Ketahui Penerapannya Faktor Internal dan Eksternal Pelanggaran HAM, Berikut Penjelasannya • Bola harus dan wajib ditangkap pakai tangan kiri.

Biasanya, tangan kirilah yang menggunakan glove, sedangkan tangan kanan menutup bola supaya nggak lepas dari tangan. • Bola yang datang dan sudah ditangkap diserang lagi menuju ke arah depan terbuka.

Setelah itu, bola dilemparkan ke depan menggunakan tangan kanan agar bisa mematikan si pemukul bola. Nah, sekarang ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera sudah tahu tentang apa saja yang harus dilakukan agar bisa menangkap bola dengan baik. Bab ini penting untuk kamu pelajari karena bisa bermanfaat kalau kamu bermain softball dan menjadi regu penjaga.

Tertarik untuk bisa mempelajari bab ini secara lebih lanjut kan? Selamat belajar. [iwe] 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 3 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah 4 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 5 Potret Carissa Putri Bersama 2 Putranya yang Ganteng-ganteng Banget Liburan ke Bali Selengkapnya
KOMPAS.com - Menangkap bola dalam permainan softball merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai.

Menangkap bola adalah suatu usaha yang dilakukan oleh pemain untuk dapat menguasai bola dengan bantuan sarung tangan atau glove dari hasil pukulan atau lemparan teman. Dalam permainan softball, penangkap atau catcher adalah sebutan untuk anggota tim bertahan yang berjongkok di belakang pemukul ( batter) dengan tugas menangkap bola yang dilempar oleh pitcher tetapi tidak dipukul oleh batter.

Teknik menangkap bola dalam permainan softball tidak semudah yang dibayangkan. Sehingga perlu latihan secara rutin dan intensitas tinggi. Latihan menangkap bola dan melemparkannya ke sasaran yang bergerak dilakukan secara berpasangan. Baca juga: Peraturan Permainan Softball Sebab, teknik ini membutuhkan ketangkasan dan membutuhkan reaksi yang cepat. Lalu, bagaimana teknik menangkap bola dalam permainan softball? Mengutip dari buku Softball dan Baseball (Teori dan dan Praktik), 2019, karya Dr. Anggi Setia Lengkana, M.Pd dan Rana Gustian Nugraha, M.Pd, berikut tiga teknik menangkap bola dalam permainan softball: 1.

Menangkap bola lurus Jari tangan terbuka dari posisi satu tangan seperti mulut buaya yang terbuka merupakan bagian dari teknik menangkap bola lurus. Untuk menangkap bola lurus, berikut hal-hal yang harus diperhatikan: Baca juga: Jenis-jenis Teknik Pukulan dalam Softball • Bersikap siap dengan kedua kaki dibuka (kuda-kuda), dengan cara memegang glove di depan dada, lalu tangan dijulurkan ke depan agak ditekuk. • Ketika bola datang, gerakkan kaki bertumpu ke depan jika bola datang dari arah depan, ke samping kiri atau kanan.

• Lihatlah bola sampai benar-benar tertangkap dan masuk pada kantong glove, tidak telapak tangan atau jari. • Tangkap bola dengan bantuan tangan satu dengan cara menutup glove ketika bola telah masuk pada kantong glove. • Pada saat menangkap bola, agar bola tidak memantul maka yang harus dilakukan adalah meredam tangkapan bola dari lemparan dengan cara menarik tangan atau glove ke arah badan.

Adapun, berbagai posisi glove saat menangkap bola hasil pukulan atau lemparan teman disesuaikan dengan datangnya arah bola. Berikut petunjuk saat menangkap bola yang disesuaikan dengan arah bola: Baca juga: Perbasasi: Induk Olahraga Baseball dan Softball Indonesia • Jika datangnya bola lebih di atas dari pinggang, maka arahkan glove saat menangkap bola ketika menangkap bola supaya bola tidak jatuh maka segera posisi jari ke atas dengan glove terbuka. • Jika datangnya bola lebih rendah dari pinggang, maka arahkan glove saat menangkap bola dengan posisi jari menengah ke bawah dengan tangan kanan membantu menyelamatkan bola.

• Jika posisi datanganya bola lemparan berada di samping badan di sebelah kanan badan, maka arahkan glove ke kanan dengan mengarahkan ibu jari berada di bawah. • Kemudian, jika posisi datanganya bola di samping depan sebelah kiri, maka arahkan glove dengan ibu jari mengarah ke atas dan jari-jari mengarah ke bawah. 2. Menangkap bola bergulir ( ground ball) Menangkap bola bergulir dalam permainan softball adalah menangkap bola yang bergerak menyusur atau mengelinding di tanah dari hasil pukulan atau lemparan.

Untuk dapat menangkap bola bergulir dapat dilakukan dengan menghampiri datangnya bola atau menunggu bola di tempat. Berikut cara menangkap bola bergulir: Baca juga: Nama-nama Pemain dalam Softball dan Tugasnya • Bersiap dengan posisi menerima bola. • Pandangan mata tertuju pada arah lemparan atau pukulan bola.

• Ketika bola datang, songsonglah bola dengan berlari. Setelah bola dekat letakkan lutut bertumpu pada tanah, kaki yang satu sebagai kaki tolakan untuk berdiri. Lalu letakkan punggung glove di tanah menghadap bola, tangan yang kanan bersiap membantu menjaga bola yang telah masuk di glove agar tidak mental ke luar.

• Bola tertangkap berada antara kedua kaki. • Setelah bola masuk di glove, segera berdiri bertumpu kaki kanan, kaki kiri melangkah untuk melempar bola. 3. Menangkap bola melambung ( fly ball) Teknik menangkap bola lambung disebut juga fly ball, adalah suatu usaha untuk menguasai bola dengan glove jika bola datang dari atas kepala atau melambung, baik hasil pukulan atau lemparan dari teman.

Berikut cara menangkap bola melambung softball: Baca juga: Istilah-istilah dalam Softball • Bersiap pada posisi menerima bola. • Konsentrasikan pandangan mata dari arah pukulan atau lemparan bola. • Ketika bola datang posisi glove ada di depan atas kepala, pandangan tetap pada bola. • Pastikan bola diterima pada sarung glove.

Setelah bola masuk atau tertangkap, tariklah lengan dan glove ke arah badan untuk meredam bola, kemudian tutuplah dengan tangan yang lain agar bola tidak terlepas. Link Live Streaming MotoGP Doha 2021 Hari Ini, Start Terburuk Rossi https://www.kompas.com/motogp/read/2021/04/04/14000038/link-live-streaming-motogp-doha-2021-hari-ini-start-terburuk-rossi https://asset.kompas.com/crops/P938vikY72Wp6SfL-07DycHpKcs=/0x0:799x533/195x98/data/photo/2021/03/29/6061f2a35162a.jpg

Aturan Baru Ya? 10 Kiper Yang Menangkap Bola di Luar Kotak Pinalti ( Kiper Handball )




2022 www.videocon.com