Cara menata rumah kecil agar terlihat luas

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Cikarang Griya Pratama – Rumah Anda memiliki ukuran yang cukup kecil? Dan, Anda cukup bingung dalam menentukan cara yang diterapkan untuk menatanya? Tentu tidak perlu khawatir sebab rumah berukuran kecil memiliki beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menata rumah tersebut menjadi lebih rapi dan indah.

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menata sebuah rumah berukuran kecil agar terkesan lebih rapi cara menata rumah kecil agar terlihat luas nyaman untuk ditempati. Berikut ini akan dijelaskan cara – cara yang dapat dilakukan tersebut dengan detail untuk Anda terapkan, terkhususnya bagi Anda yang memiliki rumah beruran kecil tersebut dan kerap kebingungan menatanya.

Contents • 1 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi Agar Terlihat Lebih Luas • 1.1 Pilih Cat atau Wallpaper Minimalis • 1.2 Gunakan Perabotan Multifungsi • 1.3 Minimalisir Sekat dalam Rumah • 1.4 Rutin Membereskan Rumah • 1.5 Gunakan Box untuk Menyimpan Barang • 1.6 Sesuaikan Ukuran Perabotan dengan Rumah • 1.7 Maksimalkan Penggunaan Klem Kabel • 1.8 Menyimpan Barang dalam Barang • 1.9 Maksimalkan Penyimpanan Vertikal • 1.10 Manfaatkan Pintu Sebagai Tempat Penyimpanan • 2 Kesimpulan Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi Agar Terlihat Lebih Luas Seperti yang telah disebutkan sebelumnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menata sebuah rumah kecil agar rapi tampaknya dan nyaman untuk dihuni.

Adapun cara – cara yang dapat dilakukan untuk menata rumah kecil sederhana tersebut adalah sebagai berikut : Pilih Cat atau Wallpaper Minimalis Cara pertama yang dapat Anda terapkan untuk menata rumah kecil Anda menjadi lebih rapi dan cantik adalah memilih cat atau wallpaper dinding minimalis.

Warna minimalis tentu saja bisa Anda sesuaikan dengan selera atau trend saat ini. Baca Juga : Warna Cat Rumah Minimalis Populer & Terbaik untuk Menghiasi Rumah Anda !

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Gunakan Perabotan Multifungsi Sebab space atau daerah di rumah Anda yang tergolong sempit, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan perabotan mutifungsi. Seperti lemari multifungsi, kulkas multifungsi, dan berbagai perabotan multifungsi lainnya.

Perabotan multifungsi tersebut – pun secara otomatis akan memangkas biaya rumah tangga Anda, terutama dalam penggunaan listrik. Minimalisir Sekat dalam Rumah Minimalisir Sekat dalam Rumah merupakan cara yang paling tepat Anda lakukan untuk menghilangi rasa sesak di ruangan yang sempit.

Usahakan lapangkan area rumah Anda, jangan sampai terlalu banyak sekat justru menambah sempit dan mengurangi space di rumah Anda.

Rutin Membereskan Rumah Membereskan rumah secara rutin haruslah diterapkan agar rumah Anda yang sempit tersebut tidak mengalami penumpukan kotoran atau barang tak terpakai cara menata rumah kecil agar terlihat luas justru membuat area rumah Anda semakin sempit. Lakukan pemberesan rumah minimal 2 minggu sekali untuk menghindari penumpukan tersebut. Gunakan Box untuk Menyimpan Barang Dalam melakukan penyimpanan barang sangat disarankan penggunaan box.

Sebab, box bisa dijadikan sebagai perabotan multi fungsi yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa barang sekaligus, di satu tempat.

Sesuaikan Ukuran Perabotan dengan Rumah Bukan hanya menggunakan perabotan multifungsi, dalam memilih perabotan tersebut tentu Anda harus menyesuaikan ukuran yang dimiliki tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan sisa space untuk menyimpan barang lainnya. Maksimalkan Penggunaan Klem Kabel Klem kabel dapat digunakan untuk meminimalisir dalam penumpukan penggunaan kabel. Dimana, tentu saja dalam satu rumah tangga penggunaan kabel untuk alat elektronik kerap digunakan maka manfaatkanlah klem kabel. Menyimpan Barang dalam Barang Pemanfaatan box tersebut atau pemanfaatan kotak – kotak lainnya, atau bahkan pemanfaatan tas ransel bisa dijadikan sebagai cara meminimalisir kesempitan rumah.

Teknik ini dikenal dengan menyimpan barang dalam barang. Maksimalkan Penyimpanan Vertikal Dalam menentukan penyusunan penyimpanan, terapkan arah vertical untuk membuat semua penyimpanan terasa fit atau pas.

Sehingga, semua area terpenuhi dengan baik tanpa ada area atau space yang tertinggal. Manfaatkan Pintu Sebagai Tempat Penyimpanan Pintu tentu bisa Anda jadikan sebagai tempat penyimpanan, dimana pintu bisa Anda buatkan sebagai gantungan untuk menyimpan tas atau menggantung baju.

Selain itu, Anda bisa pula menyimpan bandana atau aksesoris gantung lainnya pada pintu. Baca : Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Lebih Nyaman & Sejuk Kesimpulan Kesepuluh cara di atas dapat Anda terapkan untuk menata rumah kecil agar terlihat lebih rapi dan luas. Tentu, Anda bisa menerapkan kesepuluhnya untuk hasil yang lebih baik atau memilih beberapanya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan begitu, rumah kecil Anda akan terasa lapang dan menenangkan hati! Related Posts: • Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Mudah - Paham 100% • Cara Menjaga Kebersihan Rumah Agar Lebih Nyaman & Sejuk • Cara Menjual Tanah Kavling Agar Cara menata rumah kecil agar terlihat luas Mudah Terjual • Rumah Kopel : Pengertian Kelebihan, Kekurangan & Tips… • Tips Agar Permohonan KPR Subsidi Disetujui • Tips Mudah untuk Membeli Tanah Kavling Agar Tidak Tertipu • Cara Cek Sertifikat Rumah Dengan Cara Ofline & Online • Take Over KPR : Pengertian & Cara Over Kredit Rumah Dengan… Nah, bagi Anda yang kesulitan menata rumah dengan ukuran mungil, tim Rumah.com memiliki 10 cara menata rumah kecil biar rapi yang bisa diterapkan: • Gunakan Perabotan Multifungsi • Minimalisir Sekat dalam Rumah • Maksimalkan Penyimpanan Vertikal • Pilih Cat atau Wallpaper Minimalis • Gunakan Box untuk Menyimpan Barang • Sesuaikan Ukuran Perabotan dengan Rumah • Manfaatkan Pintu Sebagai Tempat Penyimpanan • Maksimalkan Penggunaan Klem Kabel • Menyimpang Barang dalam Barang • Rutin Membereskan Rumah Masalah utama yang sering dihadapi dalam menata rumah kecil adalah ruangan terlihat sempit dan berantakan akibat banyaknya perabotan.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan perabotan dengan fungsi ganda atau multifungsi seperti meja makan yang dapat dilipat setelah selesai digunakan sehingga tidak memakan tempat. Dapur sering kali menjadi tempat dengan banyak perabotan yang menghabiskan space dalam rumah. Untuk mengakali sekaligus cara menata rumah kecil biar rapi, Anda dapat menggunakan rak tinggi dengan banyak sekat atau laci.

Setelah itu susun bumbu dapur dan peralatan memasak sesuai jenisnya dan dapat diurutkan berdasarkan benda yang paling sering digunakan. Agar rumah kecil tidak terlihat semakin sempit, pilihlah warna-warna minimalis seperti putih, abu-abu, pastel, dan krem yang dapat memberikan kesan ruangan lebih luas.

Cara menata rumah kecil biar rapi ini akan memberikan kesan lega pada ruangan. Bahkan, warna krem yang dipadukan dengan perabotan kayu dapat menimbulkan kesan hangat dan nyaman, lho. Sebaliknya, hindari penggunaan wallpaper dengan motif besar dan aneka warna yang terlalu mencolok. Wallpaper dengan terlalu banyak warna yang menabrak furnitur ruang dapat menimbulkan kesan berantakan dan sempit. Alternatifnya, Anda dapat memilih motif sederhana atau garis vertikal dan horizontal untuk kesan ruangan lebih tinggi dan lebar.

5. Gunakan Box untuk Menyimpan Barang Kesalahan menata rumah kecil yang sering tidak disadari pemilik adalah membeli perabotan besar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan. Sebagai contoh, jika ukuran ruang tamu tidak terlalu besar, hindari membeli sofa dengan tiga dudukan. Anda dapat memilih ukuran sofa yang lebih kecil sehingga masih tersisa tempat untuk meletakkan barang lainnya.
Memiliki rumah dengan ukuran yang kecil tidak selalu identik dengan kesan sempit dan tidak nyaman.

Tips untuk mendesain rumah kecil agar terlihat luas kuncinya adalah pemilihan furnitur yang simple dengan penataan yang rapi. Hal ini sesuai dengan prinsip rumah bergaya minimalis yang lebih mengutamakan fungsi dan mengusung konsep less is more.

Menggunakan furnitur yang multifungsi juga menjadi salah satu solusi yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan kapasitas ruangan yang ada.

Untuk membantu anda, berikut ini adalah 7 cara menata rumah kecil suaya terlihat luas yang bisa langsung anda terapkan di rumah anda! 1. Ruang tamu luas dengan partisi multifungsi 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 1 Ruangan pertama adalah ruang tamu yang mengusung konsep open plan yang menjadikan keseluruhan terasa lebih lega.

Terdapat berbagai cara untuk menyiasati cara menata rumah kecil agar terlihat luas lahan yang sempit, salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas partisi ruangan. Partisi ruangan memiliki fungsi utama untuk memisahkan kedua ruangan agar memiliki fungsi yang jelas.

Nah untuk memaksimalkan potensi ruangan, anda bisa memilih model partisi multifungsi, sehingga selain memisahkan anda pun dapat memaksimalkan kapasitas penyimpanan yang tersedia. 2. Ruang keluarga konsep lesehan 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 2 Penataan furniture menjadi kunci utama untuk menghadirkan kesan rumah kecil supaya terlihat luas.

Inspirasi ruang keluarga yang terletak disebelah ruang tamu berikut ini mengusung konsep lesehan, sehingga keseluruhan ruangan pun tampil lebih lega. Konsep lesehan atau tanpa menggunakan sofa saat ini mulai populer dan sering digunakan pada hunian minimalis. Karena dinilai fungsional dan tentunya penuh dengan kenyamanan. Caranya mudah anda bisa menggunakan karpet bulu lengkap dengan cushion untuk suasana ruangan yang lebih cozy. 3. Kamar tidur minimalis dengan jendela Baca Juga : Desain dan Denah Rumah Terbaru Ukuran 9 x 12 m dengan 3 Kamar Tidur, 2 Toilet dan Mushola Dalam Rumah Yang Elegan 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 3 Kamar tidur merupakan salah ruangan yang memiliki privasi dan menjadi ruangan yang paling sering untuk anda tempati.

Oleh karena itu, anda harus mendesain kamar tidur sebaik dan senyaman mungkin untuk mdendapatkan kenyamann yang maksimal. Untuk menciptakan refleksi visual ruangan yang lebih luas, pemilik mendesain interior dinding dengan nuansa warna yang berbeda. Selain lebih lega juga tampilan ruangan terlihat lebih stylish.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

4. Ruangan dengan konsep open plan 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 4 Mengusung konsep open plan, dengan menggabungkan lebih dari satu ruangan selain membantu anda dalam memaksimalkan kapasitas ruangan juga menghemat ruangan yang tersedia.

Dapur konsep semi outdoor ini dibuat cantik dengan taman minimalis yang berada didekatnya. Sehingga tentunya akan menghadirkan pengalaman proses memasak yang lebih menyenangkan. Ruangan yang terletak di bagian belakang rumah ini juga terlihat terang sepanjang hari karena penggunaan atap transparan. 5. Ruang cuci jemur yang rapi 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 5 Karena sudah memasuki musim hujan, inspirasi ruang jemur yang berkonsep indoor saat ini sedang menjadi tren.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Selain lebih aman, anda pun tidak perlu khawatir saat hujan turun. Ruang cuci jemur ini dibuat berada di sudut ruangan sehingga tetap terlihat lega meski berukuran mnimalis. Untuk membantu menghemat space ruang, anda bisa memiliki model jemuran lipat yang menempel pada dinding. Jemuran ini berukuran cukup besar, sehingga cukup muat banyak pakaian. Kunci utama untuk mendesain ruang cuci adalah, anda harus memastikan ruangan mendapatkan pencahayaan secara maksima.

6. Kamar mandi monokrom 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 6 Perpaduan warna hitam dan putih tidak pernah gagal menjadikan keseluruhan tampilan interior menjadi lebih elegan dan modern. Dominasi kamar mandi dengan interior putih juga memberikan kesan tampilan kamar mandi yang lebih bersih dan luas. Furnitur di kamar mandi ini juga tidak banyak hanya ember yang diletakkan di sudut ruangan, sehingga ruangan pun terlihat lebih lapang. Baca Juga : Kiat Membuat Teras Rumah Kecil Minimalis 7.

Dapur semi terbuka 7 cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 7 Konsep dapur terbuka menjadi tren yang banyak di terapkan di rumah bergaya minimalis.

Apalagi rumah dengan ukuran minimalis, konsep semi terbuka membantu menjadikan kesan ruangan yang lebih luas. Dapur ini didesain sederhana dengan model meja dapur letter L dengan bentuk memanjang sesuai dengan ketersediaan lahan.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Meja dapur letter L memang sering digunakan untuk menyiasati ruangan kecil agar lebih fungsional. Sedangkan untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan anda bisa memanfaatkan kolong meja dapur, jangan lupa untuk menambahkan tirai dapur untuk tampilan yang lebih rapi.

Sumber: helloshabby.com Memiliki rumah dengan ukuran yang kecil tidak selalu identik dengan kesan sempit dan tidak nyaman. Tips untuk mendesain rumah kecil agar terlihat luas kuncinya adalah pemilihan furnitur yang simple dengan penataan yang rapi. Hal ini sesuai dengan prinsip rumah bergaya minimalis yang lebih mengutamakan fungsi dan mengusung konsep less is more. Menggunakan furnitur yang multifungsi juga menjadi salah satu solusi yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan kapasitas ruangan yang ada.

Untuk membantu anda, berikut ini adalah 7 cara menata rumah kecil suaya terlihat luas yang bisa langsung anda terapkan di rumah anda! 1.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Ruang tamu luas dengan partisi multifungsi 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 1 Ruangan pertama adalah ruang tamu yang mengusung konsep open plan yang menjadikan keseluruhan terasa lebih lega. Terdapat berbagai cara untuk menyiasati ukuran lahan yang sempit, salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas partisi ruangan. Partisi ruangan memiliki fungsi utama untuk memisahkan kedua ruangan agar memiliki fungsi yang jelas.

Nah untuk memaksimalkan potensi ruangan, anda bisa memilih model partisi multifungsi, sehingga selain memisahkan anda pun dapat memaksimalkan kapasitas penyimpanan yang tersedia. 2. Ruang keluarga konsep lesehan 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 2 Penataan furniture menjadi kunci utama untuk menghadirkan kesan rumah kecil supaya terlihat luas. Inspirasi ruang keluarga yang terletak disebelah ruang tamu berikut ini mengusung konsep lesehan, sehingga keseluruhan ruangan pun tampil lebih lega.

Konsep lesehan atau tanpa menggunakan sofa saat ini mulai populer dan sering digunakan pada hunian minimalis. Karena dinilai fungsional dan tentunya penuh dengan kenyamanan.

Caranya mudah anda bisa menggunakan karpet bulu lengkap dengan cushion untuk suasana ruangan yang lebih cozy. 3. Kamar tidur minimalis dengan jendela Baca Juga : Kumpulan Inspirasi Desain Tangga Untuk Rumah Kecilmu 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 3 Kamar tidur merupakan salah ruangan yang memiliki privasi dan menjadi ruangan yang paling sering untuk anda tempati.

Oleh karena itu, anda harus mendesain kamar tidur sebaik dan senyaman mungkin untuk mdendapatkan kenyamann yang maksimal. Untuk menciptakan refleksi visual ruangan yang lebih luas, pemilik mendesain interior dinding dengan nuansa warna yang berbeda. Selain lebih lega juga tampilan ruangan terlihat lebih stylish.

4. Ruangan dengan konsep open plan 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 4 Mengusung cara menata rumah kecil agar terlihat luas open plan, dengan menggabungkan lebih dari satu ruangan selain membantu anda dalam memaksimalkan kapasitas ruangan juga menghemat ruangan yang tersedia.

Dapur konsep semi outdoor ini dibuat cantik dengan taman minimalis yang berada didekatnya. Sehingga tentunya akan menghadirkan pengalaman proses memasak yang lebih menyenangkan.

Ruangan yang terletak di bagian belakang rumah ini juga terlihat terang sepanjang hari karena penggunaan atap transparan. 5. Ruang cuci jemur yang rapi 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 5 Karena sudah memasuki musim hujan, inspirasi ruang jemur yang berkonsep indoor saat ini sedang menjadi tren.

Selain lebih aman, anda pun tidak perlu khawatir saat hujan turun. Ruang cuci jemur ini dibuat berada di sudut ruangan sehingga tetap terlihat lega meski berukuran mnimalis. Untuk membantu menghemat space ruang, anda bisa memiliki model jemuran lipat yang menempel pada dinding. Jemuran ini berukuran cukup besar, sehingga cukup muat banyak pakaian. Kunci utama untuk mendesain ruang cuci adalah, anda harus memastikan ruangan mendapatkan pencahayaan secara maksima.

6. Kamar mandi monokrom 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 6 Perpaduan warna hitam dan putih tidak pernah gagal menjadikan keseluruhan tampilan interior menjadi lebih elegan dan modern.

Dominasi kamar mandi dengan interior putih juga memberikan kesan tampilan kamar mandi yang lebih bersih dan luas. Furnitur di kamar mandi ini juga tidak banyak hanya ember yang diletakkan di sudut ruangan, sehingga ruangan pun terlihat lebih lapang.

Baca Juga : Kiat Membuat Teras Rumah Kecil Minimalis 7. Dapur semi terbuka 7 ide cara menata rumah kecil supaya terlihat luas 7 Konsep dapur terbuka menjadi tren yang banyak di terapkan di rumah bergaya minimalis. Apalagi rumah dengan ukuran minimalis, konsep semi terbuka membantu menjadikan kesan ruangan yang lebih luas. Dapur ini didesain sederhana dengan model meja dapur letter L dengan bentuk memanjang sesuai dengan ketersediaan lahan.

Meja dapur letter L memang sering digunakan untuk menyiasati ruangan kecil agar lebih fungsional. Sedangkan untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan anda bisa memanfaatkan kolong meja dapur, jangan lupa untuk menambahkan tirai dapur untuk tampilan yang lebih rapi. Sumber: helloshabby.com
NOVA.id - Memiliki rumah yang luas dan lega adalah idaman setiap orang. Namun, mahalnya harga rumah membuat seseorang harus puas memiliki rumah dengan ukuran yang sempit. Apabila tidak ditata dengan baik, rumah pun akan terlihat semakin sempit dan sumpek.

Agar rumah terlihat luas dan lega, ini dia beberapa trik yang bisa kita coba dilansir dari laman idea.grid.id. 1. Pasang cermin berukuran besar Pasanglah cermin berukuran besar di salah satu sisi di rumah kita. Dengan memasang cermin yang sangat besar, kita akan melihat pantulan ruangan yang membuat rumah terlihat luas dan lega.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Pilih cat dengan warna cerah Cobalah untuk mengaplikasikan cat berwarna cerah! Itu akan membuat rumah terlihat lega. Bisa juga dengan memilih cat berwarna putih karena warna ini merupakan warna netral dan dapat menyatu dengan segala warna perabotan dan alat elektronik yang kita miliki. Baca Juga: Bukan Sekedar Tren, Plafon Rumah Tinggi Punya Manfaat Penting Ini ARTIKEL TERKAIT • Begini Cara Merawat Rambut Beruban agar Tetap Berkilau ala Nadya.

• Pamer Rambut Beruban, Nadya Hutagalung Blak-blakan Akui Senang. • Arya Saloka Mati-Matian Kembali Bangun Imej, Peramal Ini Justru. • Lebaran Bersama dengan Mantan Suami, Sarita Abdul Mukti Didoakan. • Disebut Cari Perhatian oleh Netizen Gegara Salat di Jalanan.
Begini Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Luas ?Foto: homemodel Gagasan menjalani hidup sederhana dengan sedikit barang terdengar menarik bagi banyak orang, apalagi jika Anda bisa menerapkannya di rumah kecil tercinta.

Namun, sering kali menata barang di rumah berukuran kecil jauh lebih rumit dibandingkan rumah berukuran besar. Bahkan salah memilih ukuran furnitur, warna cat dinding, hingga pernak-pernik lainnya akan membuat rumah menjadi semakin sempit. Lantas, bagaimana cara menata rumah kecil biar rapi dan nyaman untuk ditinggali?

Berikut beberapa tips pengorganisasian terbaik yang bisa Anda coba. Karena tema artikel ini menata hunian dengan ukuran yang kecil, maka kami berikan cara penataan hunian pada sejumlah ruangan, seperti ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Cara Simpel Menata Ruang Keluarga Ganti Jendela Kuno dengan Jendela Kaca yang Besar Foto: housebeutiful Di beberapa denah rumah sederhana seperti tipe 21 sampai tipe 60, ruang tamu dan ruang keluarga dibuat tanpa sekat, atau menyatu dengan penerapan open space.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan ruang lebih luas meskipun ukurannya yang terbatas. Cara lain yang bisa membuat ruang keluarga jadi lebih lega, ialah mengganti jendela kecil Anda dengan ukuran yang lebih besar.

Peranan jendela sangat penting untuk menyuplai cahaya matahari masuk lebih banyak, serta membuat area tersebut jadi terang. Selain itu, jendela menjadi salah satu ventilasi alami yang akan menghasilkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Agar hunian tidak pengap, tambahkan beberapa tanaman indoor yang akan mempercantik hunian sekaligus menyaring udara segar.

Kedua cara di atas bisa Anda dapatkan pada salah satu rumah dijual di Bandung, yakni kawasan perumahan My Home Arcamanik. Pilih Karpet Berukuran Sedang Foto: precisionchem-dry Jika Anda ingin menata ruang keluarga kecil dengan tema tertentu, maka karpet bisa memengaruhi tampilan keseluruhan ruangan. Untuk tema minimalis, karpet yang digunakan harusnya memiliki warna netral, berukuran sedang, serta mudah dibersihkan. Pastikan Ukuran Sofa Sesuai Foto: haru-small-sofa-bed Bagi Anda yang ingin memasang sofa di area keluarga, sebaiknya jangan asal beli.

Ada baiknya untuk tahu jenis sofa apa yang cocok di ruangan tersebut. Atau, Anda bisa pula mendekorasi ruang tamu tanpa sofa. Selain tampak berbeda, cara ini dapat menjadi alternatif dalam menyiasati minimnya ketersediaan ruang.

Beberapa jenis sofa yang dianjurkan untuk hunian sederhana, yakni sofa modular, sofa desain minimalis dan ramping, sofa tempat tidur, hingga sofa berbentuk ‘L’. Kemudian untuk ukurannya, harus menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Banyak pemilik rumah yang melewatkan cara tersebut karena lebih mementingkan desainnya. Atau, Anda juga bisa memesan sofa custom yang ukuran dan desainnya bisa disesuaikan, seperti halnya unit perumahan di Bali Resort Extension dan Metland Cibitung.

Memasang TV di Dinding Foto: tlcinteriors Dibandingkan harus membeli kabinet khusus untuk meletakkan TV dengan ukuran yang besar, alangkah baiknya posisi TV dibuat menempel ke dinding. Anda bisa memasang bracket yang berfungsi sebagai penopang TV. Tentu saja, hal ini akan membuat ruang keluarga memiliki banyak space untuk meletakan barang penting lainnya. Cara Menata Kamar Tidur agar Lebih Lapang Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum meninggalkan kamar tidur adalah merapikan tempat tidur.

Kelihatannya seperti tip sederhana, tetapi meluangkan waktu beberapa menit untuk merapikan selimut Anda benar-benar meningkatkan kualitas ruangan. Anda dapat cara menata rumah kecil agar terlihat luas seluruh ruangan di rumah, jika Anda memulainya dengan satu tugas sederhana – merapikan tempat tidur! Baca juga: 13 Tips Menata Kamar Sempit agar Terlihat Lebih Luas dan Nyaman Lemari Pakaian Terbuka jadi Pilihan Terbaik Foto: decoist Menambahkan lemari ke dalam kamar sempit bisa dibilang butuh pertimbangan yang matang.

Kenapa? Lemari besar yang tertutup memang bisa menampung banyak pakaian, tapi kekurangannya akan sangat terasa pada ukuran kamar yang semakin sempit cara menata rumah kecil agar terlihat luas terasa menyesakkan. Alternatifnya Anda bisa menggunakan lemari pakaian terbuka.

Supaya pakaian tetap rapi, Anda bisa mengelompokkan pakaian tersebut berdasarkan warna, seberapa sering penggunaan, maupun bahannya. Lalu, pastikan Anda tidak menumpuk pakaian yang sudah digunakan di sudut kamar.

Selain menimbulkan bau, pastinya mengganggu pemandangan. Lihat saja unit rumah di Neo Casa Karawang, berkat desain interiornya yang ringkas ruangan tampak lebih rapi dan nyaman. Singkirkan Barang yang Tidak Digunakan Foto: thespurasce Ada satu hal lagi yang membuat kamar berantakan, yakni membiarkan barang-barang yang tidak digunakan terletak di sembarang tempat. Apabila Anda memiliki pakaian yang sudah sempit, buku yang tak terpakai hingga boneka lusuh tak terawat, sebaiknya sumbangkan saja!

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Cara Merapikan Kamar Mandi Rapikan Perlengkapan Mandi Foto: regalrum Membeli rak sabun bisa jadi solusi untuk membuat kamar mandi tetap rapi. Pilihlah rak yang memiliki tiga tingkatan, kemudian letakkan peralatan mandi sesuai kegunaan.

Jika Anda memiliki kabinet khusus, tentu saja ini sangat membantu karena ruang penyimpanan lebih banyak. Biasakan untuk meletakkan sabun, sampo, hingga sikat gigi ke tempat seharusnya. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali. Pasang Ventilasi atau Exhaust Fan Foto: renonation Kamar mandi yang baik adalah kamar mandi yang di dalamnya memiliki ventilasi, bisa berupa jendela zig-zag atau dengan exhaust fan. Fungsi jendela maupun exhaust adalah mendorong udara segar masuk ke kamar mandi Anda, serta menghilangkan bau apek dan jamur.

Penataan Dapur Rumah Kecil Rapikan Area Meja Kompor dan Meja Makan Foto: loveproperty Luangkan beberapa menit untuk merapikan meja setelah Anda sarapan. Langsung cuci semua piring agar tidak menumpuk dan menyebabkan bau tidak sedap. Kemudian bereskan semua peralatan masak kembali ke tempat semula, bersihkan noda minyak, air, dan cipratan bumbu di area kompor dan dinding.

Jika Anda tipe orang yang suka kebersihan dan ingin semua peralatan masak hingga bumbu tidak terlihat, penggunaan kitchen set dengan banyak penyimpanan bisa jadi solusinya. Penerapan kitchen set sudah banyak ditemukan di berbagai perumahan, salah satunya di Lumihous Legenda Wisata. Bedanya kitchen set di Lumihous memadukan dua tipe penyimpanan, yakni penyimpanan tertutup dan terbuka. Kelompokkan Bahan Makanan Foto: pinterest Kesalahan yang sering terjadi ketika Anda selesai memasakan, ialah tidak meletakkan kembali semua bumbu atau bahan masakan ke cara menata rumah kecil agar terlihat luas seharusnya.

Lalu, Anda juga harus paham mengenai bahan makanan seperti apa yang boleh disimpan di kulkas dan yang tidak. Bukan hanya membuat tampilan dapur jadi lebih rapi, ini juga berguna untuk menjaga semua bahan makanan bertahan lama.

Itu dia tips dan cara menata rumah kecil biar rapi, nyaman, dan terlihat lebih lapang. Buat Anda yang sedang cari rumah idaman, temukan berbagai pilihan menariknya di menu perumahan baru Rumah123. Selamat mencoba! Baca juga: Ide Menata Rumah Type 36 - Nyaman di Ruang Terbatas Author: Dyah Siwi TridyaCara menata rumah kecil agar terlihat lebih luas membutuhkan tips-tips tertentu untuk mewujudkannya. Saat anda melakukan suatu persiapan perancangan rumah kecil sebaiknya juga dipikirkan matang-matang mengenai hal ini.

Pertimbangannya adalah bahwa hal ini akan dapat berpengaruh terhadap faktor kenyamanan setiap orang yang akan menempati hunian tersebut. Ada beberapa tips yang dapat dicoba didalam menentukan cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Tips dan trik ini akan dibutuhkan apabila anda mempunyai permasalahan hunian yang tidak terlalu besar luasannya. Selain dapat membantu anda didalam perencanaan awal suatu bangunan, tips dan trik ini juga dapat diaplikasikan bagi anda yang hanya ingin merubah suasana ruangan agar terlihat lebih luas saat anda sudah menempatinya.

Sebagai patokan perhitungan yang biasa dipakai dalam dunia real estate, ruang gerak setiap manusia ideal membutuhkan 10 m² atau sama dengan 3×3 m², sebagai tempat tinggalnya. Perhitungan tersebut diambil berdasarkan skala aktifitas manusia pada saat bergerak, pada saat melakukan kegiatan dan pada saat vakum atau tidak bergerak. Silakan disimak untuk tips dan trik berikut ini untuk dapat dijadikan bahan inspirasi anda, sebagai bagian dari cara menata rumah kecil agar terlihat luas.

Baca juga: Tips Memilih Furniture 1. Gunakan Warna –Warna Terang Atau Muda Warna –warna pada interior ruang yang digunakan sebaiknya selalu mengacu pada warna-warna terang, warna-warna netral atau warna-warna muda pastel. Efek dari warna terang terhadap ruangan yang sempit akan memberikan kesan yang lebih luas dan lapang.

Sementara warna-warna gelap akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih kecil dan sempit. Aplikasi dari warna-warna terang ini dapat diterapkan pada semua unsur ruangan seperti dinding, jendela, ceiling, lantai dan interior ruangan. Interior ruangan yang dapat dipakai sebagai pendukung contoh dekorasi adalah: • Sofa • Meja • Lukisan • Tirai • Bantal-bantal • Karpet • Dll Anda dapat juga menggunakan warna-warna terang yang mempunyai pola seperti wallpaper dengan warna dasar netral.

Jika ada sedikit percikan warna-warna tua pada wallpaper tetap dapat digunakan asalkan warna tersebut bukan warna yang dominan. Baca juga: Tips Memilih Gorden 2. Penggunaan Furniture Ruangan Dengan Ukuran Besar Tidak ada salahnya menggunakan furniture dengan ukuran yang besar pada ruang keluarga anda, selama warna yang dipilih masih dalam jenis warna-warna cerah.

Mengingat fungsi dari suatu ruang keluarga merupakan tempat bertemunya seluruh personil keluarga, justru penggunaan furniture dengan ukuran kecil akan sangat sia-sia cara menata rumah kecil agar terlihat luas tidak dapat memenuhi kebutuhan fungsinya. Sebagai cara menata rumah kecil agar terlihat luas, yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan pemakaian furniture tersebut dengan ukuran ruangnya. Jika pemakaian sofa lengkap dirasa terlalu besar, jumlah sofa bisa dikurangi, dan diganti dengan pemakaian karpet dengan assesori berupa bantal-bantal sebagai tempat berkumpul tambahan tanpa merubah fungsi ruangan tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Keramik 3. Aplikasikan Cermin Ukuran Besar Pada Ruangan Tips yang cukup popular untuk digunakan oleh sebagian orang adalah menggunakan trik cermin ukuran besar yang diletakkan pada sudut strategis didalam ruangan. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan yang kecil. Jika memungkinkan, anda dapat meletakannya pada posisi berseberangan dengan jendela yang menghadap ke pemandangan luar. Cara ini akan memberikan ilusi seolah-olah ruangan mempunya dua sisi jendela, yang pastinya efek ruangan menjadi terasa lebih luas.

Pilihlan jenis cermin yang mempunyai warna senada dengan ruangan, dan dapat dipastikan juga model cermin yang dipilih agar disesuaikan dengan konsep interiornya.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Jika konsep interior anda menggunakan klasik, sebaiknya pilih cermin dengan desain vintage. Tetapi jika konsep interior anda adalah moderen, pilihlan cermin dengan bentuk minimalis dan lebih sederhana. Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Rumah 4. Furniture Yang Dapat Bersifat Multifungsi Salah satu permasalahan yang biasa ditemukan pada rumah yang berukuran kecil adalah tidak mempunyai tempat penyimpanan barang yang cukup.

Anda dapat berkreasi dengan membuat desain furniture anda agar dapat dibuat multi fungsi peruntukannya. Sebagai contoh adalah: • Pada tempat tidur dapat dibuat semacam lemari tambahan dibagian bawahnya sebagai tempat penyimpanan selimut, bed cover dan sebagainya.

• Dibagian atas lemari pakaian, dapat dibuatkan semacam rak atau ruang tambahan sebagai tempat penyimpanan koper atau travelling bag. • Jika anda membutuhkan tempat penyimpanan sepatu, pakailah salah satu sudut yang tidak terlalu terlihat untuk dapat dibangun semacam rak ataupun lemari cara menata rumah kecil agar terlihat luas dengan hiasan cermin agar terlihat lebih indah bentuknya. Baca juga: Cara Membuat Taman di Rumah 5. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Sekat Ruangan Dalam desain Arsitektur moderen di jaman ini, hampir tidak ada lagi perancang yang menggunakan sistim sekat masif pada ruangan yang kecil.

Selain akan semakin membatasi ruang gerak yang sudah sempit, dinding sebagai pembatas ruangan juga dapat dikatakan sangat ketinggalan jaman. Sekat ruangan dapat digantikan dengan bentuk elemen lain yang dapat berfungsi sebagai bagian dari interior ruang. Contohnya: • Pembatas berbahan kayu, anyaman ataupun bambu cara menata rumah kecil agar terlihat luas sekaligus dapat berfungsi sebagai hiasan pot bunga.

• Gunakan karpet dengan perbedaan warna untuk membedakan fungsi masing-masing ruangan. • Perbedaan ketinggian lantai ataupun ceiling, juga dapat digunakan sebagai solusi untuk membedakan fungsi ruangan.

Baca juga: Tips Membuat Rumah Minimalis Modern 6. Pergunakan Unsur Elemen Interior Yang Mempunyai Bentuk Ramping Sangat penting untuk memastikan bahwa anda akan menggunakan elemen interior anda dengan bentuk-bentuk yang ramping sebagai salah satu cara menata rumah kecil agar terlihat luas.

Contoh nya adalah: • Furniture ruangan seperti sofa, meja, kursi dan lainnya mempunyai kaki-kaki berbentuk panjang dan bukan bulat atau bentuk lain • Lemari-lemari ruangan sebaiknya mempunyai bentuk-bentuk yang ramping dan memanjang.

Hindari penggunaan asessori berbentuk tebal, bulat dan bentuk-bantuk lain. • Begitupun pada furniture lainnya usahakan mempunyai konsep yang sama. Bentuk-bentuk ramping pada ruangan anda akan memberikan efek ringan dan luas, sementara bentuk lain akan memberikan efek berat dan sempit pada ruangan. Baca juga: Cara Memasang Kusen Aluminium 7. Buatlah Desain Jendela Dengan Dan Pintu Dengan Ukuran Besar Desain jendela dan Pintu dengan ukuran besar selain akan mengoptimalkan pencahayaan alami kedalam ruangan, efeknya lainnya juga akan memberikan ilusi ruangan yang terang dan akan membuatnya terlihat lebih besar.

Gunakan juga elemen kaca bening pada jendela ataupun pintu, untuk menghindari kesan sempit dan pengab pada ruangan. Dengan ukuran jendela dan pintu-pintu besar ini pun akan memberikan keuntungan pada sirkulasi udara pada ruangan yang dapat menjadi maksimal pergantiannya.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Baca juga: Cara Menata Rumah Minimalis 8. Jangan Menggunakan Detail Elemen Interior Yang Berlebihan Saat menerapkan detail elemen interior yang akan digunakan, pilihlah secukupnya saja dan jangan berlebihan. Contohnya: • Hindari pemasangan tirai yang berumbai-rumbai.Karena akan memberikan efek penuh pada ruangan. • Sebaiknya menggunakan pelapis meja dengan desain sederhana terbuat dari bahan yang ringan.

Jangan menggunakan pelapis meja dari bahan tebal atau dengan motif yang terlalu ramai. Baca juga: Warna Cat Rumah Ruang Keluarga 9. Penempatan Furniture Yang Tidak Dirapatkan Pada Dinding Merapatkan furniture anda pada dinding akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas didalam cara menata rumah kecil agar terlihat luas, anda dapat menempatkan furniture beberapa sentimeter dari dinding untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih luas. Baca juga: Cara Membuat Kusen Kayu Jati 10. Jangan Gunakan Ornamen-Ornamen Perabot Yang Terlalu Banyak Sebagai pelengkap interior anda, dapat menggunakan ornamen-ornamen perabot untuk lebih mempercantik ruangan anda.

Hanya saja, hindari menggunakannya dengan jumlah yang terlalu banyak dan dengan ukuran dan bentuk-bentuk yang besar. Pemakaian lukisan dengan desain sederhana dan warna-warna terang serta kontras dimungkinkan untuk dilakukan dengan cara menggantungnya di dinding. Baca juga: Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit 11. Aturlah Rak Buku Anda Dalam Keadaan Teratur Dan Rapi Kelompokkan dan aturlah buku-buku anda secara teratur dan rapi dengan posisi vertikal dan horizontal pada setiap bagian raknya.

Kesan minimalis yang tercipta akan menjadikan ruangan anda terlihat lebih luas dan moderen. Baca juga: Cara Membuat Gorden 12. Pasang Penempatan TV Pada Dinding Tempatkan TV dengan cara menggantungnya pada dinding. Cara ini akan membantu mengurangi pemakaian lantai sebagai tempat penempatan barang, sehingga ruangan terhindar dari kesan penuh dan sesak. Baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis 13.

Pakailah Corak Garis-Garis Memanjang Pada Ruangan Cara menata rumah kecil agar terlihat luas diantaranya dengan menerapkan corak garis-garis memanjang pada beberapa elemen interior seperti: • Karpet • Tirai/gorden • Pelapis meja • Hiasan dinding Baca juga: Cara Membuat Jendela Bersekat Enam 14. Perhatikan Keseimbangan Dan Keselarasan Ruangan Metode ini dapat diterapkan dengan melihat tema dan warna dari setiap ruangan. Usahakan selalu konsisten menggunakan warna dan tema yang sama disetiap ruangan.

Hindari penggunaan warna dan konsep yang berbeda-beda disetiap ruangan, karena hanya akan membuat ruangan kehilangan identitas dari segi fungsi, dan dapat menyebabkan ruangan terlihat penuh atau sempit karena penerapan konsep warna yang tidak sesuai dengan tema dan fungsinya.

Baca juga: Jenis Jenis Grill Rumah 15. Gunakan Pencahayaan Lampu Mengarah Ke Ceiling Salah satu yang dapat mengubah ambiens ruangan terasa lebih besar adalah dengan menggunakan pencahayaan buatan. Posisikan beberapa lampu di titik-titik pojok ruangan dengan mengarahkan cahaya lampu ke ceiling agar cahaya ruangan pada ceiling menjadi lebih terang.

Hal ini akan memberikan kamuflase untuk menciptakan ruangan seperti lebih tinggi. Baca juga: Desain Rumah Minimalis Memiliki hunian yang kecil bukan berarti akan membuat anda seperti tinggal didalam sangkar burung.

Anda hanya perlu sedikit mengandalkan kreativitas, imaginasi dan mendekorasikannya secara seksama didalam mendapatkan cara menata rumah kecil agar terlihat lebih luas. Dengan cara ini anda bisa mengupayakan untuk merubah hunian anda yang sempit menjadi hunian yang nyaman dan terasa cukup luas untuk dihuni.

Selamat berkreasi….!
• #RAMADAN • #COVID-19 • Cara menata rumah kecil agar terlihat luas • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Mendekorasi ruang berukuran kecil sepertinya menjadi tantangan tersendiri.

Apalagi jika jumlah anggota keluarga di rumah terbilang banyak, otomatis barang-barang yang ada pun menjadi bertambah.

Untuk mengatasi hal ini, Mama tentunya harus pintar-pintar memilih furnitur dan mengatur letak penempatannya tanpa membuat ruangan terlihat sesak. Nah Ma, penasaran bagaimana cara membuat ruangan sempit agar terlihat lebih luas? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya. Disimak dengan baik tipsnya! verabana.com Saat Mama berkunjung ke toko baju atau rumah makan yang berukuran kecil, biasanya para pemilik toko menempatkan cermin untuk membuat ruangan lebih lega.

Nah, cara ini juga bisa diterapkan di rumah. Mama bisa menempatkan cermin di dinding ruang tamu atau di area pintu lemari kamar.

cara menata rumah kecil agar terlihat luas

Gantung beberapa cermin berukuran sedang bersebelahan. Kreasikan bingkai cermin dengan warna seragam untuk mempercantik dekorasi ruangan. Cara ini dapat membuat rumah terlihat dua kali lebih luas dari ukuran aslinya. Pexels/Pixabay Sebaiknya Mama tak perlu memasang pintu untuk memberi sekat antara ruang satu dengan ruang lainnya.

Namun yang dimaksud pintu di sini bukanlah pintu utama rumah menuju teras, pintu kamar tidur dan pintu kamar mandi. Misalnya jika ruang keluarga dan ruang makan dipisahkan dengan pintu, Mama menggantinya dengan sekat ruangan saja. Pexels/Vecislavas Popa Dengan menggunakan furnitur multifungsi, Mama dapat menghemat ruang di rumah.

Misalnya di ruang tamu, Mama menempatkan beberapa majalah di lemari kecil. Sebaiknya Mama ganti meja kecil tersebut dengan kabinet TV yang memiliki banyak laci.

Sementara untuk di kamar tidur, Pilihlah ranjang yang dengan banyak laci untuk menyimpan barang-barang. Selain itu ganti lemari pakaian Mama dengan pintu geser, agar tidak menghabiskan ruang ketika membuka pintu. Freepik/nuktd Kombinasi warna yang tepat dapat cara menata rumah kecil agar terlihat luas ilusi ruang. Mama mungkin sering mendengar bahwa pemilihan warna cat yang cerah membuat ruangan di rumah kecil terkesan lebih luas dan lapang.

Gunakanlah warna-warna netral untuk cat dinding dan furnitur di rumah. Misalnya saja, warna putih, krem atau pastel. pexels/andrea-davis Seseorang yang memakai baju dengan pola strip atau garis-garis vertikal dapat membuat ia terlihat lebih tinggi. Sebaliknya pola garis horizontal akan membuat mereka terlihat lebar. Ilusi mata ini juga berlaku pada tampilan di rumah. Jika ingin ruangan terlihat lebih panjang atau lebih.

Aplikasikan lantai kayu atau lantai vinyl berpola vertikal untuk memberikan kesan ruangan lebih panjang dan pola garis horizontal untuk ruangan yang lebar. Freepik Jendela besar dapat membuat ruangan mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup banyak. Hal ini bisa memberikan kesan luas, terang dan terbuka di rumah berukuran kecil. Tambahkan tirai dan gorden yang besar juga dengan begitu plafon akan tampak lebih tinggi. Ini dapat memberikan kesan rumah yang terlihat lebih luas secara vertikal.

Pexels/ATBO Jika ruang keluarga di rumah terbilang sempit, sebaiknya Mama menempelkan barang elektronik seperti TV di dinding. Selain itu, Mama juga bisa memasang floating cabinet untuk meletakkan DVD dan speakernya. Nah Ma, itulah beberapa tips dan trik untuk menyiasati ruang sempit agar terlihat lega. Semoga bisa menjadi inspirasi! Baca juga: • 6 Tips Membuat Kamar Tidur yang Kecil Menjadi Lebih Luas • 7 Kesalahan dalam Penataan Furnitur yang Bikin Rumah Jadi Sempit • 7 Tips dan Trik Membuat Kamar Mandi Sempit Terlihat Lebih Luas

Tips Menyiasati Rumah Kecil Agar Terlihat Luas




2022 www.videocon.com