Ilmu administrasi bisnis kerja apa

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga jadi salah satu jurusan Soshum favorit anak IPS loh. Sebelum masuk, lihat dulu mata kuliah, keketatan, dan peluang karirnya di sini! --- Hai, Brainies! Udah tahu belum 5 jurusan Soshum yang paling diminati di UTBK 2021 kemarin?

Salah satunya jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga. Meskipun penyebutan di setiap PTN berbeda, tetapi yang dipelajari tetap sama kok. Nggak usah bingung ya. Buat kamu yang tertarik ke jurusan ini, kita bahas dulu yuk mata kuliah, prospek karir dan keketatan jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga di beberapa universitas. Baca artikelnya sampai habis, oke? Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Ilmu administrasi bisnis kerja apa Belajar apa sih di jurusan ini?

Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga diperuntukkan bagi kamu yang ingin mengenal cara mengelola bisnis perusahaan. Belajar menganalisis biaya, pemasaran, sumber daya manusia (SDM), hingga dunia e-commerce. Baca Juga: Tips Belajar Efektif Anak IPA dan IPS Semester 1 dan 2 Pada semester awal, mahasiswa Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) akan bertemu dengan mata kuliah dasar.

Contohnya: Pengantar Bisnis, Pengantar Ekonomi, Azas-Azas Manajemen, Akuntansi I, Bahasa Inggris, Statistik dan Teori Organisasi. Udah kebayang belum? Semester 3 dan 4 Naik ke semester tengah, mata kuliah Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) pun semakin mendalam.

Beberapa di antaranya merupakan topik lanjutan dari semester 1 dan 2. Aku kasih bocorannya ya. Ada Organisasi Manajemen Bisnis, Akuntansi Biaya, Manajemen SDM, Pengantar Pemasaran, Investasi & Portofolio, Sosiologi Industri, serta Perilaku Konsumen.

Semester 5 dan 6 Masuk ke semester selanjutnya, kamu mulai belajar Metode Penelitian Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen. Keduanya membahas proses pengolahan data yang berguna untuk menemukan masalah dan membuat kebijakan perusahaan. Selain itu, ada pula matkul Statistika Bisnis, Etika Bisnis, Riset Operasi, Analisis Pasar, dan Strategi Kelayakan.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Di semester 5 dan 6, mahasiswa juga bebas mengambil mata kuliah yang mereka suka ilmu administrasi bisnis kerja apa peminatan. Matkulnya seru-seru lho! Kayak Manajemen Keuangan Internasional, Manajemen UMKM, Advertising, Strategic Marketing, Digital Marketing dan E-Commerce, Business Intelligence, hingga Industri Kreatif Pariwisata. Semester 7 dan 8 Tibalah kita di penghujung masa kuliah. Waktu kamu akan lebih banyak dihabiskan di luar kampus. Ada matkul magang ( internship), seminar proposal, dan skripsi.

Ini saatnya kamu mengaplikasikan teori ke dunia nyata. Jangan takut, learning by doing kuncinya. Prospek Karir Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) Belajarnya 'kan macem-macem tuh, pas lulus kerja apa ya?

Peluang kerja anak Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga luas kok. Bisa berkarir di BUMN, start-up, perusahaan swasta atau membuka usaha sendiri. Berikut contoh profesi lulusan Administrasi Bisnis (Niaga): • Staf Administrasi • Staf Marketing • Staf HRD • Konsultan Bisnis • Management Trainee • Corporate Strategy Specialist • Entrepreneur Baca Juga: Kumpulan Istilah di Dunia Perkuliahan, Maba Wajib Tahu! Kampus dengan Jurusan Administrasi Bisnis (Administrasi Niaga) Udah mantap pilih jurusan ini?

Kamu bisa memilih satu di antara perguruan tinggi negeri (PTN) di gambar berikut! Ada kampus pilihan kamu nggak? --- Sekian pembahasan mengenai jurusan Administrasi Bisnis atau Administrasi Niaga. Semoga bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan kuliah ya. Sambil menunggu penerimaan mahasiswa baru, tingkatkan pengetahuan kamu lewat live teaching Brain Academy Online. Gurunya super sabar dan bikin cepat paham!

Referensi: Mata Kuliah Administrasi Bisnis [Daring]. Tautan: http://sap.ui.ac.id/main/period/07.03.09.01/20081 https://fia.ub.ac.id/prodibisnis/pendidikan/pedoman-akademik https://admbisnis.fisip.undip.ac.id/akademik/kurikulum/struktur-kurikulum/ (diakses 16 Agustus 2021) Ilmu administrasi bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam ketatnya persaingan bisnis dewasa ini.

Mungkin ada di antara kamu yang belum mengetahui apa itu administrasi bisnis, berikut penjelasannya. Administrasi bisnis atau sering disebut dengan administrasi niaga adalah suatu bidang studi khusus yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga produksi. Baca Juga: Tertarik Profesi Administrasi Perkantoran? Simak di Sini! Selain operasional bisnis, ilmu tentang cara menciptakan produk baru pun dibahas di jurusan ini. Jika kamu mengambil jurusan administrasi bisnis, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti ilmu: • keuangan bisnis • sumber daya manusia • operasi bisnis • teori dan perilaku organisasi • manajemen kepemimpinan • kewirausahaan • ilmu pemasaran • perencanaan bisnis • teori pengambilan keputusan Tertarik dengan bidang studi ini?

Bagaimana dengan prospek kariernya? Di artikel ini, Glints akan memberitahu kamu prospek karier dari jurusan ini. Yuk, ketahui di bawah ini! © Freepik.com Salah satu prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf administrasi dari sebuah perusahaan. Posisi staf administrasi dalam perusahaan sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tugas yang dikerjakan oleh staf administrasi.

Tugas pertama yaitu filing atau rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat ilmu administrasi bisnis kerja apa aset perusahaan.

Selain itu, staf administrasi bertanggung jawab membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan seperti surat domisili, surat perpanjangan kontrak, dan surat pembelian. Lulusan administrasi bisnis yang bekerja menjadi staf administrasi juga melakukan penjadwalan perusahaan yang bersifat universal, seperti mengatur meeting dengan beberapa klien sekaligus untuk efisiensi waktu.

Tertarik dengan prospek kerja sebagai staf administrasi? Cek lowongan pekerjaannya di sini ! 2. Manajemen perusahaan Lulusan administrasi bisnis memiliki kompetensi yang cukup lengkap. Salah satu kompetensi tersebut adalah di bidang manajemen. Pengertian manajemen perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian, dan mengarahkan perusahaan.

Seorang manajer harus bisa mengambil ilmu administrasi bisnis kerja apa, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, serta mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan training. Selain itu manajer harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

Jika kamu adalah lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan. Kamu bisa melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar. Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki saja.

Kamu akan didorong untuk mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu. Setelah membaca deskripsi pekerjaannya, apakah kamu merasa sanggup berkarier di bidang ini? Jika iya, kamu bisa langsung mampir ke Glints dan melihat ribuan lowongan pekerjaan manajemen perusahaan yang ada di sana.

3. Staf sumber daya manusia Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis adalah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerjanya.

Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan. Jika kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, serta mampu mengembangkan orang lain. Memenuhi semua kriteria tersebut? Langsung lihat lowongan pekerjaannya di siniyuk! 4. Staf pemasaran © Freepik.com Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis adalah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing.

Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat mungkin untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan. Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran adalah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran.

Baca Juga: 8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi untuk menjadi manajer. Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif. Di tengah tren internet marketing saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat. Dengan prospek yang cukup menjanjikan ke depannya, apakah kamu tertarik untuk menggeluti karier di bidang pemasaran?

Jika iya, kamu bisa langsung cek lowongan pekerjaan sebagai staf marketing di Glints.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

5. Entrepreneur Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga membangun ilmu administrasi bisnis kerja apa sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis ilmu administrasi bisnis kerja apa.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu, kamu harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan rintangan.

6. Konsultan bisnis Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis. Konsultan adalah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, namun tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan.

Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri. Untuk kamu yang ingin menjadi konsultan bisnis in-housecek lowongan pekerjaannya di Glints, yuk! 7. Dosen © Freepik.com Apabila kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen adalah profesi yang tepat untukmu.

Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni. Ilmu administrasi bisnis kerja apa dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk memiliki pendidikan S2 atau S3. Selain mengajar para mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti. Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional atau internasional.

8. Analis Keuangan © Unsplash.com Menurut Colorado Technical University, menjalani karier sebagai analis keuangan pun bisa kamu jalani setelah kamu menyelesaikan studi di jurusan ini. Sebagai seorang analis keuangan, kamu akan mengambil data mengenai laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan, dan membuat rekomendasi keuangan.

Seorang analis keuangan pun akan memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil perusahaan.

Analis keuangan biasanya terbagi menjadi dua kategori, buy-side analyst dan sell-side analyst. Seorang buy-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan yang mengurus uang pensiun dan perusahaan reksa dana, serta melakukan penelitian untuk memberi rekomendasi pada pihak manajemen. Sedangkan sell-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan pialang saham dan merekomendasikan seseorang untuk menjual atau membeli suatu saham.

9. Market research analyst © Freepik.com Lulusan administrasi bisnis pun bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market research analyst membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens mereka, apa produk yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan produknya. Mereka pun membuat survey untuk memahami target yang mereka teliti, dan melatih pewawancara bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan survey.

Setelah itu mereka akan menganalisis hasil dari penelitian tersebut dan melaporkannya pada pihak manajemen. 10. Akuntan © Freepik.com Menurut Otto Beisheim School of Management, lulusan administrasi bisnis pun dapat bekerja di bidang akuntansi. Meskipun kamu harus mengambil beberapa pelatihan terlebih dahulu, tapi kamu bisa memiliki keuntungan dari ilmu yang dipelajari semasa kuliahmu.

Kamu bisa membuat sistem indikator performa perusahaan seperti return of sales, return of investment, produktivitas, dan likuiditas perusahaan dan menghitungnya. Selain itu, kamu pun bisa menganalisis titik kelemahan dalam sebuah bisnis dan memberi rekomendasi untuk memperbaikinya. Baca Juga: Siapa Bilang Staf Administrasi adalah Pekerjaan Mudah? Ini Faktanya Demikian 10 alternatif prospek kerja bagi para lulusan administrasi bisnis. Jika kamu adalah seorang yang memilki ketertarikan dalam bidang pengurusan dokumen, namun tidak ingin terjebak hanya mengurus dokumen saja, program studi administrasi bisnis bisa jadi cocok untukmu.

• What jobs can I expect after a Bachelor’s in business administration? • What Can I Do With a Business Administration Degree? • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Ilmu administrasi bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam ketatnya persaingan bisnis dewasa ini.

Mungkin ada di antara kamu yang belum mengetahui apa itu administrasi bisnis, berikut penjelasannya. Administrasi bisnis atau sering disebut dengan administrasi niaga adalah suatu bidang studi khusus yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga produksi. Baca Juga: Tertarik Profesi Administrasi Perkantoran? Simak di Sini! Selain operasional bisnis, ilmu tentang cara menciptakan produk baru pun dibahas di jurusan ini. Jika kamu mengambil jurusan administrasi bisnis, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti ilmu: • keuangan bisnis • sumber daya manusia • operasi bisnis • teori dan perilaku organisasi • manajemen kepemimpinan • kewirausahaan • ilmu pemasaran • perencanaan bisnis • teori pengambilan keputusan Tertarik dengan bidang studi ini?

Bagaimana dengan prospek kariernya? Di artikel ini, Glints akan memberitahu kamu prospek karier dari jurusan ini. Yuk, ketahui di bawah ini! © Freepik.com Salah satu prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf administrasi dari sebuah perusahaan.

Posisi staf administrasi dalam perusahaan sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tugas yang dikerjakan oleh staf administrasi. Tugas pertama yaitu filing atau rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat berharga aset perusahaan. Selain itu, staf administrasi bertanggung jawab membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan seperti surat domisili, surat perpanjangan kontrak, dan surat pembelian.

Lulusan administrasi bisnis yang bekerja menjadi staf administrasi juga melakukan penjadwalan perusahaan yang bersifat universal, seperti mengatur meeting dengan beberapa klien sekaligus untuk efisiensi waktu. Tertarik dengan prospek kerja sebagai staf administrasi?

Cek lowongan pekerjaannya di sini ! 2. Manajemen perusahaan Lulusan administrasi bisnis memiliki kompetensi yang cukup lengkap. Salah satu kompetensi tersebut adalah di bidang manajemen.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Pengertian manajemen perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian, dan mengarahkan perusahaan. Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, serta mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan training. Selain itu manajer harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

Jika kamu adalah lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan. Kamu bisa melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar.

Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki saja. Kamu akan didorong untuk mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu. Setelah membaca deskripsi pekerjaannya, apakah kamu merasa sanggup berkarier di bidang ini?

Jika iya, kamu bisa langsung mampir ke Glints dan melihat ribuan lowongan pekerjaan manajemen perusahaan yang ada di sana. 3. Staf sumber daya manusia Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis adalah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerjanya.

Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan. Jika kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, serta mampu mengembangkan orang lain.

Memenuhi semua kriteria tersebut? Langsung lihat lowongan pekerjaannya di siniyuk! 4. Staf pemasaran © Freepik.com Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis adalah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing. Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat ilmu administrasi bisnis kerja apa untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan. Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi.

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran adalah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran. Baca Juga: 8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi untuk menjadi manajer.

Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif.

Di tengah tren internet marketing saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

Dengan prospek yang cukup menjanjikan ke depannya, apakah kamu tertarik untuk menggeluti karier di bidang pemasaran? Jika iya, kamu bisa langsung cek lowongan pekerjaan sebagai staf marketing di Glints. 5. Entrepreneur Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga membangun usahanya sendiri.

Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu, kamu harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan rintangan. 6. Konsultan bisnis Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis.

Konsultan adalah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, namun tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan.

Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

Untuk kamu yang ingin menjadi konsultan bisnis in-housecek lowongan pekerjaannya di Glints, yuk! 7. Dosen © Freepik.com Apabila kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen adalah profesi yang tepat untukmu. Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni. Maka dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk memiliki pendidikan S2 atau S3.

Selain mengajar para mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti. Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional atau internasional.

8. Analis Keuangan © Unsplash.com Menurut Colorado Technical University, menjalani karier sebagai analis keuangan pun bisa kamu jalani setelah kamu menyelesaikan studi di jurusan ini. Sebagai seorang analis keuangan, kamu akan mengambil data mengenai laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan, dan membuat rekomendasi keuangan. Seorang analis keuangan pun akan memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil perusahaan.

Analis keuangan biasanya terbagi menjadi dua kategori, buy-side analyst dan sell-side analyst. Seorang buy-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan yang mengurus uang pensiun dan perusahaan reksa dana, serta melakukan penelitian untuk memberi rekomendasi pada pihak manajemen. Sedangkan sell-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan pialang saham dan merekomendasikan seseorang untuk menjual atau membeli suatu saham.

9. Market research analyst © Freepik.com Lulusan administrasi bisnis pun bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market research analyst membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens mereka, apa produk yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan produknya. Mereka pun membuat survey untuk memahami target yang mereka teliti, dan melatih pewawancara bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan survey.

Setelah itu mereka akan menganalisis hasil dari penelitian tersebut dan melaporkannya pada pihak manajemen. 10. Akuntan © Freepik.com Menurut Otto Beisheim School of Management, lulusan administrasi bisnis pun dapat bekerja di bidang akuntansi.

Meskipun kamu harus mengambil beberapa pelatihan terlebih dahulu, tapi kamu bisa memiliki keuntungan dari ilmu yang dipelajari semasa kuliahmu.

Kamu bisa membuat sistem indikator performa perusahaan seperti return of sales, return of investment, produktivitas, dan likuiditas perusahaan dan menghitungnya. Selain itu, kamu pun bisa menganalisis titik kelemahan dalam sebuah bisnis dan memberi rekomendasi untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Siapa Bilang Staf Administrasi adalah Pekerjaan Mudah? Ini Faktanya Demikian 10 alternatif prospek kerja bagi para lulusan administrasi bisnis.

Jika kamu adalah seorang yang memilki ketertarikan dalam bidang pengurusan dokumen, namun tidak ingin terjebak hanya mengurus dokumen saja, program studi administrasi bisnis bisa jadi cocok untukmu. • What jobs can I expect after a Bachelor’s in business administration?

• What Can I Do With a Business Administration Degree? • Blog • Bidang Profesi • Marketing • Tech & Data • Media & Communications • Business Dev & Sales • Product • Design • Tips Karier • Mengawali Karier • Dunia Kerja • Konten Eksklusif • Artikel Expert • Panduan • Laporan • Dari Glints • Panduan Komunitas & Konten • Campaign Berlangsung • Kabar Produk • Kabar Glints • Lowongan Kerja • Glints ExpertClass • Glints Community untuk perusahaan Ilmu administrasi bisnis merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat diperlukan dalam ketatnya persaingan bisnis dewasa ini.

Mungkin ada di antara kamu yang belum mengetahui apa itu administrasi bisnis, berikut penjelasannya. Administrasi bisnis atau sering disebut dengan administrasi niaga adalah suatu bidang studi khusus yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan.

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), hingga produksi. Baca Juga: Tertarik Profesi Administrasi Perkantoran? Simak di Sini! Selain operasional bisnis, ilmu tentang cara menciptakan produk baru pun dibahas di jurusan ini. Jika kamu mengambil jurusan administrasi bisnis, kamu akan mempelajari mata kuliah seperti ilmu: • keuangan bisnis • sumber daya manusia • operasi bisnis • teori dan perilaku organisasi • manajemen kepemimpinan • kewirausahaan • ilmu pemasaran • perencanaan bisnis • teori pengambilan keputusan Tertarik dengan bidang studi ini?

Bagaimana dengan prospek kariernya? Di artikel ini, Glints akan memberitahu kamu prospek karier dari jurusan ini. Yuk, ketahui di bawah ini! © Freepik.com Salah satu prospek kerja seorang lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf administrasi dari sebuah perusahaan. Posisi staf administrasi dalam perusahaan sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tugas yang dikerjakan oleh staf administrasi.

Tugas pertama yaitu filing atau rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat berharga aset perusahaan. Selain itu, staf administrasi bertanggung jawab membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan seperti surat domisili, surat perpanjangan kontrak, dan surat pembelian.

Lulusan administrasi bisnis yang bekerja menjadi staf administrasi juga melakukan penjadwalan perusahaan yang bersifat universal, seperti mengatur meeting dengan beberapa klien sekaligus untuk efisiensi waktu. Tertarik dengan prospek kerja sebagai staf administrasi? Cek lowongan pekerjaannya di sini ! ilmu administrasi bisnis kerja apa.

Manajemen perusahaan Lulusan administrasi bisnis memiliki kompetensi yang cukup lengkap. Salah satu kompetensi tersebut adalah di bidang manajemen.

Pengertian manajemen perusahaan adalah proses memimpin, pengadministrasian, dan mengarahkan perusahaan. Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, serta mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan training. Selain itu manajer harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

Jika kamu adalah lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan. Kamu bisa melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar. Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki saja.

Kamu akan didorong untuk mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu. Setelah membaca deskripsi pekerjaannya, apakah kamu merasa sanggup berkarier di bidang ini? Jika iya, kamu bisa langsung mampir ke Glints dan melihat ribuan lowongan pekerjaan manajemen perusahaan yang ada di sana.

3. Staf sumber daya manusia Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis adalah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerjanya. Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

Jika kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan ilmu administrasi bisnis kerja apa orang lain, serta mampu mengembangkan orang lain. Memenuhi semua kriteria tersebut?

Langsung lihat lowongan pekerjaannya di siniyuk! 4. Staf pemasaran © Freepik.com Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis adalah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing. Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis ilmu administrasi bisnis kerja apa mungkin untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu ilmu administrasi bisnis kerja apa.

Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran adalah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran. Baca Juga: 8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi untuk menjadi manajer.

Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif.

Di tengah tren internet marketing saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat.

Dengan prospek yang cukup menjanjikan ke depannya, apakah kamu tertarik untuk menggeluti karier di bidang pemasaran? Jika iya, kamu bisa langsung cek lowongan pekerjaan sebagai staf marketing di Glints.

5. Entrepreneur Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, ilmu administrasi bisnis kerja apa, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu, kamu harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan rintangan.

6. Konsultan bisnis Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis. Konsultan adalah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, namun tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan. Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal.

Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri. Untuk kamu yang ingin menjadi konsultan bisnis in-housecek lowongan pekerjaannya di Glints, yuk!

7. Dosen © Freepik.com Apabila kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen adalah profesi yang tepat untukmu.

Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni. Maka dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk memiliki pendidikan S2 atau S3. Selain mengajar para mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti.

Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional atau internasional. 8. Analis Keuangan © Unsplash.com Menurut Colorado Technical University, menjalani karier sebagai analis keuangan pun bisa kamu jalani setelah kamu menyelesaikan studi di jurusan ini. Sebagai seorang analis keuangan, kamu akan mengambil data mengenai laporan pendapatan perusahaan, membangun model keuangan, dan membuat rekomendasi keuangan.

Seorang analis keuangan pun akan memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil perusahaan.

Analis keuangan biasanya terbagi menjadi dua kategori, buy-side analyst dan sell-side analyst. Seorang buy-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan yang mengurus uang pensiun dan perusahaan reksa dana, serta melakukan penelitian untuk memberi rekomendasi pada pihak manajemen.

Sedangkan sell-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan pialang saham dan merekomendasikan seseorang untuk menjual atau membeli suatu saham.

9. Market research analyst © Freepik.com Lulusan administrasi bisnis pun bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market research analyst membantu perusahaan untuk memahami siapa pasar dan audiens mereka, apa produk yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan produknya. Mereka pun membuat survey untuk memahami target yang mereka teliti, dan melatih pewawancara bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan survey.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Setelah itu mereka akan menganalisis hasil dari penelitian tersebut dan melaporkannya pada pihak manajemen.

10. Akuntan © Freepik.com Menurut Otto Beisheim School of Management, lulusan administrasi bisnis pun dapat bekerja ilmu administrasi bisnis kerja apa bidang akuntansi.

Meskipun kamu harus mengambil beberapa pelatihan terlebih dahulu, tapi kamu bisa memiliki keuntungan dari ilmu yang dipelajari semasa kuliahmu. Kamu bisa membuat sistem indikator performa perusahaan seperti return of sales, return of investment, produktivitas, dan likuiditas perusahaan dan menghitungnya.

Selain itu, kamu pun bisa menganalisis titik kelemahan dalam sebuah bisnis dan memberi rekomendasi untuk memperbaikinya. Baca Juga: Siapa Bilang Staf Administrasi adalah Pekerjaan Mudah? Ini Faktanya Demikian 10 alternatif prospek kerja bagi para lulusan administrasi bisnis. Jika kamu adalah seorang yang memilki ketertarikan dalam bidang pengurusan dokumen, namun tidak ingin terjebak hanya mengurus dokumen saja, program studi administrasi bisnis bisa jadi cocok untukmu.

• What jobs can I expect after a Bachelor’s in business administration? • What Can I Do With a Business Administration Degree?
4.6/5 - (24 votes) • Memilih jurusan kuliah memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat Kamu memilih jurusan kuliah salah satunya ialah peluang kerja dari jurusan yang akan Kamu pilih. Sebagai referensi, berikut ialah beberapa peluang atau prospek kerja administrasi bisnis dan perkiraan gajinya : 1. Staf HRD Daftar Isi Artikel • 1. Staf HRD • 2. Konsultan Bisnis • 3. Staf Pemasaran • 4. Manajemen Perusahaan • 5. Dosen • 6. Pebisnis • 7. Staf Administrasi • 8. PNS • 9. Guru • 10. Pegawai Bank • 11. Manajemen Perusahaan • 12. Staf Pemasaran • 13.

Entrepreneur • 14. Konsultan Bisnis • 15. Dosen • Sebarkan ini: • Posting terkait: HRD (human resource development) ialah bagian dari perusahaan yang bertugas merekrut sumber daya manusia untuk bekerja di perusahaan. Lulusan dari jurusan administrasi bisnis dapat berkesempatan ilmu administrasi bisnis kerja apa sebagai staf HRD dengan jumlah gaji bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juataan.

2. Konsultan Bisnis Lulusan jurusan administrasi bisnis berkesempatan bekerja sebagai konsultan bisnis di sebuah perusahaan. Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan sebagai konsultan bisnis mulai dari Rp 5 juta hingga 7 jutaa. 3. Staf Pemasaran Kamu juga berkesempatan untuk bekerja sebagai staf pemasaran di sebuah perusahaan. Di jurusan administrasi bisnis, Kamu akan belajar mengenai imu marketing.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Sebagai staf pemasaran, besar gaji yang bisa Kamu peroleh bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta. 4.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Manajemen Perusahaan Sebagai lulusan dari jurusan administrasi bisnis, Kamu dapat bekerja di bidang manajemen perusahaan. Besar gaji yang didapat bisa bervariasi mulai dari Rp 5 juta dan juga bisa terus bertambah sesuai pengalaman dan kredibilitas perusahaan kamu. 5. Dosen Setelah ilmu administrasi bisnis kerja apa sarjana dari jurusan administrasi bisnis Kamu bisa berkesempaan melanjutkan kuliah S2.

Setelah menyelesaikan program master di bidang ini Kamu dapat langsung bekerja sebagai dosen. Gaji dosen sangat bervariasi mulai 5 juta, tergantung pada pengalamanmu.

6. Pebisnis Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Kamu tentu mempunyai bekal pengetahuan yang cukup di dunia bisnis. Kamu dapat menggunakan bekal ilmu tersebut untuk membangun bisnismu sendiri. Besarnya penghasilan sebagai pebisnis tentu sangat beragam dapat mencapai angka yang sangat tinggi. 7. Staf Administrasi Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis, Kamu berpeluang besar untuk bekerja sebagai staf administrasi di sebuah perusahaan.

Besarnya gaji yang bisa Kamu dapatkan bisa mulai dari Rp 3 juta hingga 5 juta dan bisa meningkat sesuai dengan pengalaman. 8. PNS Kamu pun bisa mendaftar kan diri sebagai PNS setelah selesai sekolah sarjana jurusan administrasi bisnis.

Sebagai PNS, Kamu akan mendapatkan gaji yang stabil dan juga bisa terus meningkat.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

9. Guru Sebagai lulusan jurusan administrasi bisnis Kamu juga dapat menjadi guru di SMK untuk jurusan akuntansi dan administrasi. Gaji yang Kamu dapat bisa mulai dari Rp 3 juta dan bisa terus meningkat. 10. Pegawai Bank Kamu dapat bekerja di bank setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis. Sebagai pegawai bank, gaji yang Kamu bisa juga bisa mencapai angka yang besar mulai dari Rp 5 juta rupiah bahkan hingga belasan juta rupiah. 11. Manajemen Perusahaan Lulusan administrasi bisnis mempunyai kompetensi yang cukup lengkap.

Salah satu kompetensi tersebut ialah di bidang manajemen. Pengertian manajemen perusahaan merupakan proses memimpin, pengadministrasian, dan juga mengarahkan perusahaan. Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi dan melakukan delegasi, juga mengembangkan orang lain dengan penilaian, saran, dan juga training. Selain itu manajer harus dapat melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya.

apabila kamu merupakan lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan, kamu dapat melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar. Dalam program ini kamu sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang kamu miliki.

Kamu akan didorong guna mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu. Posisi lain di perusahaan yang biasa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis ialah staf sumber daya manusia.

Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) merupakan bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab dalam sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru sampai kontrak kerjanya. Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan juga menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

apabiila kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja di bagian HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun hubungan dengan orang lain, dan juga mampu mengembangkan orang lain. 12. Staf Pemasaran Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis ialah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing. Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat mungkin sekali untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan.

Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi untuk meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran ialah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu ilmu administrasi bisnis kerja apa pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran.

Tidak hanya berkutat pada masalah administrasi saja, seorang lulusan administrasi bisnis yang bekerja di divisi pemasaran juga sangat berpotensi sekali untuk menjadi manajer. Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan juga mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan juga proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Manajer pemasaran juga dituntut agar mampu berpikir kreatif. Di tengah tren internet marketing di saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh sebab itu, ilmu administrasi bisnis kerja apa sangat dibutuhkan sekali untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata masyarakat. 13. Entrepreneur Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, akuntansi, manajemen, ketenagakerjaan, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan juga mengelola bisnis sendiri.

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus mempunyai kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu juga, kamu harus mempunyai kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti mempunyai banyak sekali halangan dan rintangan. 14. Konsultan Bisnis Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga dapat menjadi konsultan bisnis.

Konsultan ialah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, akan tetapi tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan. Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan juga konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi / suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

15. Dosen jika kamu lulus dari jurusan administrasi bisnis, tapi masih ingin terus belajar dan juga mencintai ilmu tersebut, mungkin dosen merupakan profesi yang tepat untukmu. Untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus mempunyai keahlian dan pengetahuan yang mumpuni.

Maka dari itu, tidak jarang universitas yang mensyaratkan para dosennya untuk mempunyai pendidikan S2 atau S3. Selain mengajar, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti.

Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional ataupun internasional.

Baca Juga : • √ 16 Prospek Kerja Teknik Lingkungan • √ 18 Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya • √ Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan • √ 26 Prospek Kerja Sistem Informasi dan Gaji • √ 16 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat • √ 16 Prospek Kerja Agribisnis : Gaji, S1, D3 demikianlah artikel dari passinggrade.co.id mengenai √ 15 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Beserta Gajinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda smuanya. Posting terkait: • 16 Prospek Kerja Agribisnis • Prospek Kerja Teknik Ilmu administrasi bisnis kerja apa dan Gajinya • 14 Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya Posting pada PROSPEK KERJA Ditag gaji lulusan administrasi bisnis, jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus ips, jurusan kuliah yang paling dibutuhkan didunia kerja, jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan, jurusan yang prospek kerjanya bagus untuk wanita, lowongan kerja jurusan administrasi bisnis, materi administrasi bisnis, materi kuliah administrasi bisnis semester 1, Navigasi Halaman, prospek kerja administrasi bisnis d3, prospek kerja administrasi bisnis terapan, prospek kerja administrasi negara, prospek kerja ilmu komunikasi, prospek kerja jurusan mipa, prospek kerja manajemen, universitas yang ada jurusan administrasi bisnis Post Terbaru • Program Kerja Osis • 16 Prospek Kerja Agribisnis • √ Larutan Non Elektrolit : Pengertian, Contoh dan Penjelasannya • Motto OSIS • Prospek Kerja Teknik Industri dan Gajinya • Sinopsis Novel Dia Adalah Kakakku • Sinopsis Novel Sepotong Hati yang Baru • Sinopsis Novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah • Sinopsis Novel Sunset Bersama Rosie • Sinopsis Novel Selamat Tinggal Jurusan kuliah merupakan hal yang sangat penting untuk ditelaah lagi sebelum benar-benar memilih dan mempelajarinya selama empat tahun kedepan.

Jurusan yang dipilih haruslah sesuai dengan kemampuan, minat dan juga prospek pekerjaan yang diinginkan. Salah satu jurusan kuliah yang kini prospek kerjanya sangat luas dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan adalah administrasi bisnis. Jurusan administrasi bisnis dapat memberikan Anda banyak kajian mengenai berbagai kebijakan di dalam sektor bisnis, publik, fiskal ataupun yang sesuai dengan fokus studi Anda. ilmu-ilmu ini tentunya kini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan sehingga prospek kerja administrasi bisnis pun sangat besar peluangnya.

Namun, apa yang dimaksud dengan administrasi bisnis itu sendiri dan apa saja fokus yang dipelajari dengan mendalam di dalam jurusan ini? Simak lebih lanjut artikel dari LinovHR ini! Apa Itu Ilmu Administrasi Bisnis? Jurusan ilmu administrasi bisnis adalah program studi yang fokus pada aspek perencanaan dan pengendalian suatu instansi negeri maupun swasta dengan tujuan akhir yang sudah ditetapkan.

Jurusan ini juga biasa dikenal sebagai administrasi niaga yang mempelajari segala hal ilmu administrasi bisnis kerja apa berhubungan dengan kegiatan operasional bisnis dan juga perusahaan yang meliputi marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia hingga kegiatan produksi.

Tidak hanya itu, jurusan ini pun juga biasanya mempelajari mengenai penciptaan produk baru. Dengan memilih jurusan ini, Anda akan dipastikan mendapatkan berbagai keahlian tertentu yang kini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Contoh keahlian yang bisa Anda dapatkan dari jurusan administrasi bisnis adalah kemampuan manajerial, analisis, berpikir strategis, kemampuan komunikasi, mengelola organisasi hingga perhitungan atau matematika.

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini juga sangat banyak dan pastinya dapat memberikan Anda banyak pengetahuan seputar bisnis dan administrasi perusahaan, contohnya adalah seperti asas-asas manajemen, kebijakan dan strategi pemasaran, kebijakan dan strategi Sumber Daya Manusia, akuntansi, manajemen pemasaran strategis, teknik penyusunan rencana bisnis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan mempelajari jurusan ini, Anda akan secara otomatis terbentuk menjadi individu yang teliti, tekun, detil, terstruktur, rasional dan juga bisa bekerjasama dalam tim. Soft skill ini tentunya sangat dibutuhkan bagi para fresh graduate untuk melamar pekerjaan. Baca Juga: Apa Saja Tugas dan Besaran Gaji Helper Gudang? Kampus yang Menyediakan Jurusan Administrasi Bisnis Kini, banyak kampus yang membuka jurusan administrasi bisnis namun beberapa universitas ini merupakan universitas terbaik dalam memfasilitasi jurusan administrasi niaga atau administrasi bisnis.

Beberapa diantaranya adalah: • Universitas Brawijaya yang berada di Malang • Universitas Diponegoro yang terletak di Semarang • Universitas Lampung atau UNILA di Lampung • Universitas Katolik Atma Jaya di Jakarta • Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang berada di Bandung, dan masih banyak lagi universitas lainnya yang membuka jurusan ini.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sangat banyak prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan administrasi bisnis sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai jenjang karir seperti apa yang bisa diambil apabila Anda memilih untuk mempelajari jurusan yang satu ini.

Berikut adalah beberapa prospek kerja yang bisa didapatkan dari jurusan ini: Staf Administrasi Prospek kerja pertama yang bisa didapatkan oleh lulusan administrasi bisnis adalah staff administrasi sebuah perusahaan.

Posisi ini memiliki berbagai tugas seperti rekapitulasi surat-surat, mulai dari surat transaksi hingga surat berharga seperti ilmu administrasi bisnis kerja apa perusahaan. Tidak hanya itu, staf administrasi juga memiliki tanggung jawab untuk membuat surat-surat resmi yang diminta atau dibutuhkan perusahaan.

Manajemen Perusahaan Prospek kerja kedua yang bisa didapatkan dari lulusan jurusan administrasi niaga atau bisnis adalah manajemen perusahaan yang memiliki tugas untuk memimpin, mengadministrasi dan juga memberikan arahan untuk perusahaan. Tidak hanya itu, manajer juga perlu memiliki kemampuan perencanaan mengenai aktivitas perusahaan kedepannya. Jika Anda mengisi posisi ini maka Anda dapat melamar posisi management trainee apabila Anda merupakan seorang fresh graduate.

J ika Anda bergabung di sebuah perusahaan dengan posisi ini maka Anda dapat mempelajari mengenai keseluruhan perusahaan sebelum ditentukan posisi apa yang cocok dengan Anda Konsultan Bisnis Ilmu administrasi bisnis kerja apa jurusan ini pastinya dapat memberikan Anda berbagai ilmu di dalam bidang bisnis sehingga Anda pun juga bisa memiliki prospek kerja untuk menjadi seorang konsultan bisnis.

Konsultan sendiri merupakan seseorang yang dipercayai untuk memberikan nasihat mengenai berbagai hal di dalam bidang bisnis, baik itu konsultan internal maupun eksternal.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Perbedaan internal dan eksternal hanyalah tempat dimana ia bekerja, apakah di perusahaan sendiri atau untuk menjadi konsultan di perusahaan lain. Analis Keuangan Memiliki prospek kerja sebagai analis keuangan juga merupakan prospek kerja lainnya yang bisa didapatkan oleh seorang lulusan administrasi bisnis. Sebagai seorang analis keuangan maka Anda akan memiliki tanggung jawab dalam mengambil data-data laporan pendapatan perusahaan hingga rekomendasi keuangan. Seorang analis keuangan juga dapat memiliki pemahaman dalam hal sektor bisnis atau industri tertentu sehingga dapat memberikan pendapat atau saran mengenai perihal keuangan di dalam perusahaan.

Akuntan Tidak hanya analis keuangan, Anda yang memiliki ijazah administrasi bisnis juga bisa memiliki prospek kerja untuk menjadi seorang akuntan. Meskipun diharuskan untuk melakukan berbagai pelatihan, Anda pastinya sudah memiliki ilmu mendasar mengenai hal ini di masa kuliah. Dengan menjadi seorang akuntan, Anda dapat membuat sistem indikator performa keuangan di dalam perusahaan.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengambil jurusan ilmu administrasi bisnis ? Mengingat prospeknya yang cukup luas dan fleksibel, tentu tak heran jika jurusan ini banyak diminati. Semoga ulasan singkat di atas bisa membantu!

Salah satu pekerjaan yang terdapat pada bidang penjualan adalah sales representative. Pada dasarnya, menjadi seorang sales representative sama seperti pekerjaan sales lainnya yaitu melakukan atau meningkatkan penjualan yang ada di dalam sebuah perusahaan. Meski begitu, terdapat beberapa perbedaan pada setiap pekerjaan tersebut.

Maka dari itu. Kemampuan lunak atau yang dikenal soft skill adalah salah satu jenis kemampuan yang sangat penting untuk tetap harus dikembangkan. Apalagi, jika Anda yang sedang mencari pekerjaan akan selalu ditanya serta diuji kemampuan soft skill ini. Sementara itu, banyak orang yang hanya masih berfokus pada pengembangan.
Prospek kerja administrasi bisnis yang beragam menjadikan jurusan ini banyak diincar calon mahasiswa di Indonesia, apalagi di kalangan para mahasiswa baru jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Tak hanya itu, program studi administrasi bisnis juga ilmu administrasi bisnis kerja apa diincar para pelajar di Indonesia mengingat sudah banyak universitas-universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan satu ini. Lulusan dengan gelar Sarjana Administrasi Bisnis (S.B.A) ini bisa bekerja di berbagai posisi penting di perusahaan. Apa saja sih?

Prospek kerja lulusan administrasi bisnis Wajar saja kalau kamu bingung saat lulus kuliah mau bekerja sebagai apa. Mungkin salah satu penyebab itu semua adalah pilihan karir yang terlalu banyak atau malah sedikit.

Tapi tak perlu khawatir soal karir, sebab prospek kerja administrasi bisnis ini termasuk banyak. Ini dia daftar lowongan kerja jurusan administrasi bisnis: 1. Staf administrasi Salah satu prospek kerja administrasi bisnis yang paling banyak dicari adalah staf administrasi perusahaan. Beberapa posisi staf administrasi di antaranya staf administrasi umum, perpajakan, dan gudang.

Tugas seorang staf administrasi di antaranya adalah merekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, dan surat ilmu administrasi bisnis kerja apa aset perusahaan. Besarnya gaji yang bisa kamu dapat sebagai lulusan administrasi bisnis sebagai seorang staf administrasi berkisar antara Rp3 – Rp5 juta dan bisa meningkat sesuai pengalaman.

2.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Manajemen perusahaan atau Manajer Salah satu kompetensi yang dimiliki seorang lulusan administrasi bisnis adalah bidang manajemen dengan fokus kepemimpinan, pengadministrasian, dan pengarahan perusahaan. Maka dari itu, seorang manajer harus mampu mengambil keputusan, pandai berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, memberikan saran, dan mengadakan pelatihan.

Kamu bisa melamar program management trainee (MT) untuk bisa menjadi manajer perusahaan. Program MT biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar.

Gaji manajer biasanya dimulai dari Rp5 juta per bulannya. 3. Staf Sumber Daya Manusia (SDM) Lulusan administrasi bisnis bisa menjadi staf sumber daya manusia di perusahaan atau human resource development (HRD). Para staf HRD ini bertanggung jawab dalam hal SDM seperti persiapan perekrutan pegawai baru dan memetakan serta menyaring SDM perusahaan.

Jika kamu lulusan administrasi bisnis dan berminat jadi staf HRD, kamu harus menguasai kompetensi seperti kerja sama tim, ilmu administrasi bisnis kerja apa komunikasi, hubungan dengan orang lain, dan mampu mengembangkan orang lain. Staf HRD mendapatkan gaji yang bervariasi setiap bulannya yaitu antara Rp3 – Rp5 juta. 4. Staf pemasaran Lulusan administrasi bisnis mempunyai peluang yang sangat lebar untuk menjadi staf pemasaran di suatu perusahaan.

Staf pemasaran bertugas meningkatkan penjualan produk barang atau jasa dengan melakukan promosi dan membantu manajer pemasaran memenuhi fungsi divisi pemasaran. Staf pemasaran sangat berpotensi untuk menjadi manajer dengan tugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek.

Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif. Di tengah tren internet marketing saat ini, staf pemasaran dituntut untuk kreatif agar bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness di mata konsumen. Staf pemasaran atau marketing yang memiliki pengalaman kurang dari 5 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp3 juta per bulan. Berbeda dengan Staf marketing yang sudah berpengalaman, gaji mereka dimulai dari Rp5 juta perbulannya.

5. Entrepreneur atau pebisnis Lulusan administrasi bisnis bisa memanfaatkan ilmu yang telah dipelajari saat kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran untuk diaplikasikan dalam membangun dan mengelola bisnis. Sebagai entrepreneur, kamu dituntut menjadi kreatif dalam ilmu administrasi bisnis kerja apa ide bisnis sehingga mampu bersaing dengan usaha-usaha lain.

Selain itu, kamu harus gigih mengelola bisnis mengingat pasti akan banyak halangan dan rintangan ke depan. 6. Konsultan bisnis Dengan menjadi konsultan bisnis, kamu akan dipercaya untuk memberikan nasihat kepada klien mengenai berbagai aspek bisnis tanpa memberikan kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan. Konsultan bisnis terbagi menjadi dua kategori, yaitu ilmu administrasi bisnis kerja apa internal dan konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma konsultan tersendiri.

Tahukah kamu berapa gaji seorang konsultan bisnis? Mereka mendapatkan gaji rata-rata perbulannya sekitar Rp5 juta. 7. Dosen Untuk menjadi dosen, kamu harus menyelesaikan pendidikan S-2 atau S-3 dengan jurusan yang linear dengan ilmu administrasi bisnis. Profesi ini sangat tepat buat kamu yang masih haus ilmu dan ingin membaginya kepada orang lain. Selain mengajar mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti yang biasanya diterbitkan menjadi karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal.

Pendapatan dosen administrasi bisnis bisa dibilang besar, karena pada dasarnya dosen memiliki gaji pokok Rp5 – Rp7 juta per bulan. Oh iya, perlu diketahui bahwa ada perbedaan gaji antara dosen negeri dan swasta. 8. PNS Banyak formasi CPNS untuk lulusan administrasi bisnis, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Banyak keuntungan jika kamu menjadi PNS karena gaji yang stabil dan bisa terus meningkat serta tunjangan yang beragam. Agar tahu besaran gajinya, jangan lupa lihat tabel gaji PNS 2021 golongan I sampai golongan IV. 9. Guru Lulusan administrasi bisnis bisa juga menjadi guru di SMK untuk jurusan akuntansi atau administrasi. Gaji yang bakal kamu dapatkan bisa mulai dari Rp3 juta per bulannya. Status pekerjaan, honorer atau swastajuga memengaruhi besaran gaji yang diterima.

10. Pegawai Bank Bekerja di bank masih jadi pilihan pekerjaan banyak orang sampai sekarang. Tidak hanya lulusan ekonomi atau perbankan saja, lulusan administrasi juga bisa berkarir menjadi pegawai bank dengan gaji mulai dari Rp5 – Rp 10 juta. Pengetahuan dan keahlian yang harus dimiliki lulusan administrasi bisnis Dari daftar prospek kerja yang sudah disebutkan, berikut ringkasan keahlian yang setidaknya dimiliki oleh lulusan administrasi bisnis.

Dengan kemampuan itu, bukan tidak mungkin, karir seorang lulusan administrasi bisnis bisa berkembang dan meningkatkan pendapatan. • Kemampuan manajerial • Kemampuan melakukan analisis • Kemampuan berpikir strategis • Kemampuan komunikasi • Kemampuan problem solving • Kemampuan negosiasi • Kemampuan mengelola organisasi • Pemahaman matematika • Kemampuan berpikir kreatif Mata kuliah jurusan administrasi bisnis Melihat peluang dan prospek kerja lulusan administrasi bisnis yang beragam, sebenarnya apa saja materi administrasi bisnis yang dipelajari saat di bangku kuliah?

• Keuangan Bisnis • Sumber Daya Manusia • Operasi Bisnis • Teori Dan Perilaku Organisasi • Manajemen Kepemimpinan • Kewirausahaan • Ilmu Pemasaran • Perencanaan Bisnis • Teori Pengambilan Keputusan Kampus dengan jurusan administrasi bisnis Bagi kamu yang penasaran kampus mana saja yang punya jurusan administrasi, ini dia beberapa di antaranya.

• Telkom University • Universitas Brawijaya • Universitas Indonesia • Universitas Diponegoro • Universitas Padjadjaran • Universitas Sumatera Utara • Universitas Katolik Parahyangan • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya • Politeknik Negeri Jakarta • Politeknik Negeri Semarang • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta • Universitas Lampung • Politeknik Negeri Ujung Pandang • Politeknik Negeri Bandung • Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang • Universitas Malikussaleh • Universitas Mulawarman • Universitas Sahid Jakarta • Politeknik Negeri Bali • Universitas Merdeka Malang Kampus di atas menyediakan jurusan administrasi bisnis yang mungkin saja bisa dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang baru mau kuliah.

Dengan daftar prospek kerja administrasi bisnis di atas, apakah kamu tertarik menjadi salah satunya? Jangan bingung memilih karir terbaik untuk masa depan, sesuaikan saja dengan passion dan kemampuan yang dipunya.

Kalau punya pertanyaan, konsultasikan saja di Tanya Lifepal ! Pertanyaan seputar prospek kerja administrasi bisnis Copyright © 2022 Lifepal.

Bekerjasama dengan © 1992 PT Anugrah Atma Adiguna adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-018/KMK.17/1992 dan anggota APPARINDO 60-2001/APPARINDO/2019.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

Semua ulasan yang tertulis termasuk rating dilakukan oleh rekan pialang kami. Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru namun dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan / institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial Anda.
Di jurusan Administrasi Bisnis, kamu akan mempelajari segala aktivitas bisnis seperti keuangan, pemasaran, produksi, hingga pengelolaan SDM.

Bukan cuma bagaimana cara menjalankan bisnis, kamu juga diajarkan untuk menciptakan produk sendiri. Sesua dengan jurusannya, mata kuliah yang dipelajari gak akan jauh dari marketing ilmu administrasi bisnis kerja apa, international marketing, sampai sales management.

Karena para alumni diharapkan bisa juga menjadi seorang pemimpin, makanya di jurusan ini juga diajarkan perilaku berorganisasi, kepemimpinan, dan juga wirausaha. Mata Kuliah Di jurusan Administrasi Bisnis, mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain adalah: • Kebijakan dan Strategi SDM • Kebijakan dan Strategi Pemasaran • Dasar-dasar Organisasi • Matematika Bisnis • Azas-azas Manajemen • Ketenagakerjaan dan Hubungan industrial • Psikologi Industri • Manajemen Risiko dan Asuransi • Sistem Informasi Manajemen • Komunikasi Keorganisasian • Manajemen Pemasaran Strategis • Hukum Bisnis • Perpajakan • Psikologi Umum • Akuntansi • Pemasaran Teknologi Tinggi • Hak Perlindungan Konsumen • Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial • Teknik Penyusunan Rencana Bisnis • Strategi dan Manajemen Perusahaan Multinasional • Perilaku Konsumen • Organisasi Multilateral • Manajemen Perusahaan Industrial Prospek Kerja Administrasi Bisnis Prospek kerja jurusan Administrasi Bisnis antara lain adalah: • Pramuniaga • Broker Real Estate • Pemeriksa Pajak • Staff Legal • Pengajar Bisnis • Agen Penjualan Properti • Perencana Bisnis Berkelanjutan • Manajer Produksi Industri • Manajer Kontrol Kualitas Sistem • Manajer Asosiasi Properti Pramuniaga Gaji Rata-Rata: 3 - 5 Juta Merupakan ilmu administrasi bisnis kerja apa yang bertugas melayani para pembeli atau konsumen di suatu tempat bisnis seperti pusat perbelanjaan atau toko.

Biasanya, pramuniaga akan memberikan arahan kepada pelanggan untuk menentukan produk atau jasa yang sesuai kebutuhan pelanggan. Tugas lain dari pramuniaga misalnya adalah mengatur display rak toko, menjaga kebersihan dan kerapihan tempat bisnis, menyambut pelanggan, melayani dan menjawab ketika pelanggan ingin menanyakan fitur-fitur produk/jasa. Broker Real Estate Gaji Rata-Rata: 3 - 6 Juta Merupakan orang yang bekerja sebagai perantara antara penjual dan pembeli properti atau real estate.

Biasanya, broker real estate bekerja di bawah naungan perusahaan real estate dan mendapatkan komisi tambahan apabila properti yang ditawarkan bisa laku atau terjual. Tugas broker real estate adalah menawarkan properti, bertemu pembeli, serta turut membantu agar pembeli mudah mendapatkan pinjaman dana atau KPR dari bank/lembaga keuangan.

Pemeriksa Pajak Gaji Rata-Rata: 4 - 5 Juta Merupakan orang yang diberi kewenangan khusus oleh Dirjen Pajak untuk memeriksa kelengkapan dokumen perpajakan. Biasanya, Pemeriksa Pajak merupakan Pegawai Negeri Sipil Dirjen Pajak atau tenaga ahli yang ditunjuk Dirjen Pajak untuk melakukan pemeriksaan pajak terhadap badan usaha maupun individu. Tugas-tugas pemeriksa pajak antara lain adalah memeriksa kelengkapan pembukuan keuangan, mengakses data atau dokumen keuangan di komputer, memeriksa buku transaksi keuangan (pemasukan dan pengeluaran), dan lainnya.

Pengajar Bisnis Gaji Rata-Rata: 1 - 4 Juta Merupakan orang yang bekerja memberikan ilmu pengetahuan bisnis kepada siswa didiknya. Pengajar bisnis dapat memberikan pelajaran mengenai akuntansi, finansial, sumber daya manusia, hubungan industrial, ilmu administrasi bisnis kerja apa, dan manajemen operasi.

Tugas-tugas pengajar bisnis yaitu memberikan materi bisnis, membimbing siswa didik secara teori dan praktikum tentang bisnisnya, mengedukasi atau menjadi penasihat bisnis jika diminta klien. Agen Penjualan Properti Gaji Rata-Rata: 4 - 6.3 Juta Merupakan orang yang bekerja menangani urusan penjualan tanah atau bangunan (properti).

Agen penjualan properti bertindak sebagai konsultan yang memberikan masukan dan saran bagi klien agar klien merasa yakin dan cocok membeli properti sesuai ekspektasi. Tugas-tugasnya menjelaskan properti, menawarkan properti, membuat surat perjanjian properti, bertemu klien, dan lainnya.

Gaji Ilmu administrasi bisnis kerja apa seorang lulusan administrasi bisnis di Indonesia rata-rata berkisar antara 3 - 6 Juta, tentunya sangat bervariasi berdasarkan jabatan, pengalaman, serta wilayahnya. Di level manajer, rata-rata gajinya bisa mencapai 10 Juta ke atas lho.

Sedangkan untuk beberapa profesi yang disebutkan di atas, rata-rata gajinya bisa kamu lihat di bawah nama profesinya. Universitas Jika kamu ingin kuliah di jurusan Administrasi Bisnis, kamu bisa mendaftar ke perguruan tinggi berikut ini: • Universitas Brawijaya Malang • Universitas Indonesia Depok • Universitas Diponegoro Semarang • Universitas Sumatera Utara Lampung • UPN Veteran Yogyakarta Yogyakarta • Universitas Lampung Lampung • Universitas Mulawarman Samarinda • Universitas Padjadjaran Bandung FAQ Apa itu Administrasi Bisnis?

Administrasi Bisnis merupakan jurusan yang mempelajari segala aktivitas bisnis seperti keuangan, pemasaran, produksi, hingga pengelolaan SDM. Lulusan Administrasi Bisnis kerja apa? Seorang lulusan administrasi bisnis bisa bekerja menjadi Broker Real Estate, Manajer Produksi Industri, Staff Legal, dll. Selengkapnya bisa kamu lihat pada daftar profesi di atas.

Berapa gaji lulusan Administrasi Bisnis? Gaji seorang lulusan administrasi bisnis rata-rata berkisar antara 3 - 6 Juta rupiah per bulannya (untuk level awal), namun tentunya tergantung pada banyak faktor, seperti kebijakan instansi/perusahaan, pengalaman, jabatan, dll. Mengapa harus pilih Administrasi Bisnis? Lulusan administrasi bisnis sangat dibutuhkan di industri, terutama yang berhubungan dengan keuangan dan perbankan.

Lulusan administrasi bisnis juga dapat berkarier di berbagai perusahaan swasta ataupun instansi pemerintahan. Di mana tempat kuliah Administrasi Bisnis? Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan administrasi bisnis antara lain adalah UB, UI, UNDIP, dll.

Selengkapnya bisa kamu lihat pada daftar universitas di atas.Siapa nih yang tertarik untuk kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis? Jurusan yang satu ini selalu menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa lho ! Karena memiliki prospek kerja yang luas hingga materi kuliah yang aplikatif, maka nggak heran kalau jurusan ini nggak pernah sepi peminat.

Salah satu kampus ternama yang menyelenggarakan perkuliahan untuk Jurusan Administrasi Bisnis adalah IPMI International Business School melalui program Bachelor of Business Administration. Di kampus ini kamu akan belajar banyak hal terkait dengan administrasi bisnis. Kamu juga bisa mendalami bidang-bidang tertentu yang masih menjadi bagian keilmuan administrasi dan bisnis, sehingga setelah lulus nanti kamu nggak hanya memiliki kemampuan administrasi bisnis secara umum tapi juga spesialisasi tertentu.

Keren! Pengen Kerja di Perusahaan Internasional? Awali Langkahmu dengan Kuliah di IPMI Hal-hal yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Bisnis Nah, supaya lebih dekat dengan Jurusan Administrasi Bisnis di IPMI, yuk intip apa saja yang akan Quipperian pelajari jika kuliah di jurusan ini.

1. Belajar marketing Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis akan belajar mengenai marketing atau pemasaran. Marketing memang nggak bisa dipisahkan dari dunia bisnis. Beberapa mata kuliah terkait dengan bidang marketing yang akan kamu pelajari antara lain Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran), International Marketing (Pemasaran Internasional), Community Marketing hingga Sales Management (Manajemen Penjualan).

Semua itu tentunya penting banget di dunia bisnis karena sangat bersinggungan dengan berbagai macam sektor. Untuk pengajarnya sendiri, kamu nggak perlu khawatir karena IPMI melibatkan banyak dosen praktisi yang mampu memberikan gambaran terkini tentang mata kuliah yang diampunya. Di bidang marketing, ada Leonnard Ong yang telah berpengalaman lebih dari 22 tahun ilmu administrasi bisnis kerja apa berbagai perusahaan terkemuka seperti Astra International TSO, AIG Indonesia, Shell Indonesia, UOB Indonesia.

Beliau mengajar beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan marketing yaitu Introduction to Marketing serta Consumer Behavior & Service Marketing.

2. Belajar kewirausahaan Belajar Administrasi Bisnis ternyata nggak melulu akan mengarahkanmu menjadi karyawan kantoran lho Quipperian. Di IPMI International Business School, mahasiswa juga diajak untuk mendalami ilmu kewirausahaan.

Jadi, apa saja mata kuliah terkait kewirausahaan yang akan dipelajari di Jurusan Administrasi Bisnis IPMI? Salah satunya mata kuliah Leadership (Kepemimpinan)yang akan mengajakmu belajar bagaimana memimpin sebuah tim atau bahkan sebuah perusahaan. Selain bidang marketing, Leonnard Ong juga mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan kewirausahaan yakni Entrepreneurship & Innovation (Kewirausahaan dan Inovasi).

Melalui mata kuliah ini, kamu akan diajak selalu kreatif dalam mengembangkan produk dan usahamu.

ilmu administrasi bisnis kerja apa

3. Belajar manajemen Bidang yang satu ini diperlukan di semua sektor, oleh karena itu penting untuk mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis juga mengerti tentang manajemen. Bidang keilmuan ini diperlukan untuk pengelolaan bisnis mulai dari unit usaha kecil hingga perusahaan multi nasional, bahkan para wirausaha juga perlu membekali diri dengan ilmu manajemen lho !

Ada berbagai mata kuliah terkait ilmu administrasi bisnis kerja apa manajemen yang akan Quipperian temukan jika kuliah di Jurusan Administrasi IPMI antara lain International Human Resources Management dan Organizational Behaviour yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia. Nah, untuk mata kuliah yang terkait dengan manajemen bisnis antara lain Strategic Management. Ketiga mata kuliah tersebut punya sosok pengajar yang juga keren yaitu Dr. Risa Bhinekawati.

Beliau merupakan pendiri dan pemilik PT Bhineka Belitung Lestari sekaligus Peneliti Senior di Presisi Indonesia. Beliau telah memiliki lebih dari 23 tahun pengalaman di bidang profesional termasuk memimpin beberapa organisasi. Mau kan belajar bersama beliau? 3. Belajar bisnis Quipperian, tau nggak sih, saat Quipperian masuk ke dunia bisnis, ada banyak banget aspek yang berkaitan mulai dari hukum hingga teknologi. Nah, di Jurusan Administrasi Bisnis IPMI, kamu akan mempelajari semua itu.

Keren kan? Mata kuliah seperti Operation & Supply Management (Operasional dan Pengadaan) dan Project Management akan sangat diperlukan untuk praktik bisnis di kemudian hari. Untuk yang ingin go internationalIPMI juga membekalimu dengan mata kuliah International Business (Bisnis Internasional). Pengetahuan bisnismu akan diperkuat melalui mata kuliah yang berkaitan dengan hukum di dunia bisnis. Selain itu, sebagai pebisnis andal kamu juga nggak boleh ketinggalan informasi apalagi di era teknologi seperti sekarang, dan IPMI akan membekalimu mata kuliah yang berkaitan dengan e-commerce.

4. Belajar keuangan Jurusan Administrasi Bisnis kok belajar keuangan? Jangan salah Quipperian, pengetahuan mengenai keuangan atau finansial juga memiliki peran penting dalam ilmu administrasi bisnis kerja apa bisnis lho ! Saat terjun langsung ke dunia bisnis nanti, kamu akan bertemu dengan hal-hal yang terkait dengan investasi, manajemen keuangan, akuntansi hingga ekonomi makro dan mikro.

Penasaran sama mata kuliahnya? Akuntansi Finansial, Akuntansi Manajemen, Manajemen Keuangan, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Manajemen Investasi hingga Manajemen Risiko Keuangan adalah sebagian mata kuliah yang akan kamu pelajari di Jurusan Administrasi yang ada di IPMI. Salah satu dosen yang akan kamu jumpai adalah Profesor Roy H.M Sembel yang merupakan pakar ekonomi keuangan, mantap banget kan?

Pengalaman beliau nggak main-main nih Quipperian. Selain pernah memimpin berbagai lembaga keuangan beliau juga pernah berkiprah di PT Bank Niaga Tbk, McKinsey and Company serta ABN AMRO Bank di Amsterdam, Belanda.

Di IPMI sendiri Prof. Roy mengajar beberapa mata kuliah di beberapa bidang sekaligus termasuk keuangan. Beliau mengajar mata kuliah antara lain International Finance dan Financial Risk Management. 5. Belajar pasar Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis juga akan belajar soal pasar.

Tenang aja Quipperian, belajar pasar ini bukan berarti kamu harus belajar di pasar tradisional ya. Di sini kamu akan belajar membaca dan menyiapkan pasar. Seperti apa sih maksudnya? Jadi, kamu akan diajak untuk mengenal prospek bisnis global, memahami nilai hingga etika bisnis. Kamu juga akan dipersiapkan untuk masuk ke pasar global dengan bekal sertifikasi profesi sesuai dengan bidang konsentrasi yang kamu pilih.

6. Belajar riset Riset juga merupakan salah satu bidang yang dipelajari di Jurusan Administrasi Bisnis. Kemampuan merancang dan membuat riset sangat diperlukan baik dari sisi akademik maupun praktis nantinya. Secara teknis, kemampuan melakukan riset akan diasah melalui mata kuliah Academic Writing (Penulisan Akademis) dan Metodologi Penelitian.

Kemampuan riset kamu akan diperkuat melalui mata kuliah Statistika Bisnis hingga membuat proyek-proyek yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Pengen Kerja di Perusahaan Internasional? Awali Langkahmu dengan Kuliah di IPMI Wah, ternyata ada banyak banget yang harus dipelajari jika kamu menjadi mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis ( Bachelor of Business Administration ) di IPMI.

Meski begitu, percaya deh materi-materi yang akan kamu pelajari merupakan materi yang benar-benar diperlukan saat memasuki dunia kerja dan dunia bisnis nantinya. Selain yang telah disebutkan, IPMI masih memiliki banyak dosen praktisi yang memiliki pengalaman dan latar belakang yang beragam. Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan dan keilmuan serta materi-materi yang diajarkan kepada mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis di IPMI. Bagaimana Quipperan?

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi di IPMI International Business School maka ada baiknya kamu segera mempersiapkan diri dan melakukan pendaftaran. Kampus IPMI telah membuka pendaftaran program undergraduate sejak 28 September 2019 lalu, jadi jangan sampai ketinggalan ya! Untuk mengetahui info kampus terlengkap dan berkualitas, cek di campus.quipper.com Prodi Hubungan Internasional: Belajar Apa Saja dan Bagaimana. April 30, 2022 10 Rekomendasi Jurusan Tata Boga di Kampus Negeri.

April 28, 2022 8 Kampus Negeri dan Swasta untuk Belajar Perhotelan. April 28, 2022 Universitas Islam Makassar, Kampus Islami di Wilayah Timur. April 23, 2022 Adaptasi Dunia Event di Tengah Pandemi: Pelajari Ilmunya. April 23, 2022 Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Masuk Jurusan Sastra. April 14, 2022
• Home • Best Seller • Best Seller Novel • Novel Romantis • Buku Nama Anak • Buku Psikologi • Buku Quotes • Pelajaran • Akuntansi • Bahasa Inggris • Biologi • Fisika • Sejarah Islam • Update • Terbaru • Literasi • Review Buku • Pendidikan • Direktori Universitas • Jurusan Kuliah • Profesi • Promo • Search • Menu • Facebook • Instagram • Mail • Youtube Daftar Isi • Daftar Isi • Apa Itu Jurusan Administrasi Bisnis • Kenapa Jurusan Administrasi Bisnis • Keahlian Jurusan Administrasi Bisnis • Kebutuhan Lulusan Administrasi Bisnis Di Dunia Kerja • Perkuliahan & Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis • • Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis • Karakter Siswa yang Sesuai di Jurusan Administrasi Bisnis • Universitas Terbaik Jurusan Administrasi Bisnis • Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis • MANAJEMEN PERUSAHAAN • SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) • STAFF PEMASARAN • MANAJER PEMASARAN • ENTERRENEUR • KONSULTAN BISNIS • DOSEN • Pertanyaan Umum Yang Sering Ditanyakan • Apakah kuliah di jurusan administrasi bisnis terasa membosankan?

• Apakah kuliah di jurusan administrasi bisnis hanya berguna bagi yang ingin menjadi seorang enterpreneur?

• Apa gelar yang didapat oleh lulusan Administrasi Bisnis? Daftar Isi Jurusan Administrasi Bisnis akan mengajakmu mempelajari kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Mulai dari pemasaran ( marketing), pengelolaan keuangan, personalia (SDM), operasi bisnis, kepemimpinan, kewirausahaan, perencanaan, simulasi bisnis serta ilmu pendukung lainnya.

Tak hanya menjalankan bisnis, kamu juga akan belajar bagaimana caranya menciptakan produk hingga ke valuenya, sebelum akhirnya kamu pasarkan nantinya. Tak hanya itu berkuliah di Jurusan ini juga akan membantumu memahami pengelolaan perkantoran dengan baik (secara fisik maupun organisasi). Misalnya saja dengan optimalisasi sarana hingga ke pengelolaan informasi agar dapat menjadi daya tarik lebih dari bisnis tersebut.

Jurusan Administrasi Bisnis akan membuatmu bangga karena memang diminati oleh banyak orang dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Lulusannya dapat menjadi seorang entrepreneur yang mampu ilmu administrasi bisnis kerja apa, menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Selain itu para lulusan dapat diterima di berbagai perusahaan swasta nasional dan multinasional maupun perusahaan negara, serta dapat menjadi seorang peneliti bisnis, pendidik (dosen di berbagai universitas terkemuka) dan trainer perusahaan, serta dapat menjadi konsultan bisnis milik sendiri maupun bekerja di berbagai konsultan bisnis terkemuka. Lulusan Administrasi Bisnis juga dapat bekerja di lembaga pemerintahan khususnya yang terkait ilmu administrasi bisnis kerja apa Pemerintahan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian dan dinas lain yang relevan. Jurusan ini sangat cocok untukmu yang merasa berbisnis sebagai panggilan hidup. • Dengan ruang lingkup dan ragam bisnis yang sangat luas memungkinkan lulusan Administrasi Bisnis untuk bergabung di berbagai instansi dan perusahaan, baik perusahaan swasta nasional, multinasional maupun perusahaan milik Negara seperti Pemerintahan Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian dan dinas lain yang relevan • Lulusan jurusan Administrasi Bisnis berkesempatan bekerja sebagai konsultan bisnis di sebuah perusahaan.

Bukan tanpa alasan mengapa pekerjaan ini sangat diinginkan, pasalnya menjadi konsultan bisnis memiliki pendapatan yang cukup menggiurkan. • Karena ilmu administrasi sangat luas, sehingga para lulusan jurusan ini bisa meniti karir apapun di sebuah ilmu administrasi bisnis kerja apa, termasuk menjadi seorang staff Sumber Daya Manusia (SDM) atau biasa di sebut staf HRD.

• Pekerjaan Jurusan Administrasi Bisnis yang paling menyenangkan adalah menjadi seorang enterpreneur. Pasalnya, setelah lulus kamu tidak hanya bisa bekerja di perusahaan, akan tetapi juga bisa membangun usahamu sendiri.

Dengan bekal ilmu yang kamu dapatkan di bangku kuliah, seperti komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, hingga pemasaran. Materi perkuliahan di jurusan administrasi bisnis meliputi berbagai fungsi dalam aktivitas bisnis, antara lain pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia.

Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang operasi bisnis, teori dan perilaku organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, perencanaan dan simulasi bisnis, serta teori pengambilan keputusan. Sementara itu kamu tetap akan dibekali dasar-dasar pengetahuan untuk mendukung studi administrasi bisnismu, misalnya dasar akuntansi, bahasa Inggris bisnis, matematika bisnis, statistika, hingga pengantar TI.

Jurusan administrasi bisnis sangat cocok untukmu yang tekun, teliti, ilmu administrasi bisnis kerja apa melakukan analisis maupun riset, dan mampu bekerja sama dalam tim. Apalagi nantinya kamu akan sering berfokus pada perencanaan dan aktivitas bisnis ilmu administrasi bisnis kerja apa detail.

Berikut ini adalah mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Administrasi Bisnis, : • Azas-azas Manajemen • Matematika Bisnis • Dasar-dasar Organisasi • Kebijakan & Strategi Pemasaran • Kebijakan & Strategi SDM • Komunikasi Keorganisasian • Sistem Informasi Manajemen • Manajemen Risiko dan Asuransi • Psikologi Industri • Ketenagakerjaan dan Hubungan industrial • Akuntansi • Psikologi Umum • Perpajakan • Hukum Bisnis • Manajemen Pemasaran Strategis • Strategi dan Manajemen Perusahaan Multinasional • Teknik Penyusunan Rencana Bisnis • Ketenagakerjaan dan Hubungan Industria • Hak Perlindungan Konsumen • Pemasaran Teknologi Tinggi • Manajemen Perusahaan Industrial • Organisasi Multilateral • Perilaku Konsumen Berikut ini adalah list universitas terbaik (terakreditasi A oleh BAN-PT) untuk jurusan Administrasi Bisnis di Indonesia : • Universitas Brawijaya (UB), Malang • Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang • Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung • Universitas Sumatera Utara ilmu administrasi bisnis kerja apa, Medan • Universitas Pasundan (UNPAS), Bandung • Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta • Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Surabaya • Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung • Universitas Telkom, Bandung • Universitas Lampung (UNILA), Lampung Kuliah di jurusan ini akan membuatmu siap menjadi entrepreneur atau perintis dan pemilik usaha maupun adbispreneur atau intrapreneur (seorang profesional dengan kemampuan mengelola bisnis sesuai dengan kebijakan perusahaan).

Tak hanya itu seorang lulusan Administrasi Bisnis juga dapat bekerja di bidang sumber daya manusia, pemasaran, peneliti, hingga pendidik (dosen di berbagai universitas terkemuka).

Tak heran program studi Administrasi Bisnis menjadi salah satu program studi favorit, sebab lulusannya memang menjadi incaran banyak industri, khususnya industri keuangan dan perbankan. Berikut ini gambaran lebih lengkap profesi lulusan Administrasi Bisnis: MANAJEMEN PERUSAHAAN Seorang manajer harus bisa mengambil keputusan, berkomunikasi, memberi motivasi, melakukan delegasi, serta mengembangkan kemampuan orang lain dengan melakukan penilaian, saran, dan training.

Selain itu manajer juga harus bisa melakukan perencanaan matang mengenai berbagai aktivitas perusahaan serta mengawasi keberjalanannya. Jika kamu adalah lulusan administrasi bisnis dan ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan, kamu dapat melamar di program management trainee yang biasanya diadakan perusahaan-perusahaan besar. SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) Staf sumber daya manusia atau HRD adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga ke kontrak kerjanya.

Jika kamu seorang lulusan administrasi bisnis dan berminat untuk bekerja sebagai HRD, kamu harus bisa menguasai kompetensi seperti teamwork, komunikasi, membangun komunikasi yang baik dengan orang lain, serta mampu mendorong orang lain untuk mengembangkan kemampuannya.

STAFF PEMASARAN Divisi pemasaran dalam perusahaan berfungsi meningkatkan penjualan produk barang atau jasanya dengan menggunakan berbagai cara promosi. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan administrasi bisnis di divisi pemasaran adalah melaksanakan tugas sehari-hari dalam bidang administrasi dalam membantu manajer pemasaran memenuhi fungsinya. MANAJER PEMASARAN Manajer pemasaran bertugas melakukan wawancara, merekrut, dan mengatur para staf pemasaran, membuat berbagai program dan proyek untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Manajer pemasaran juga dituntut untuk mampu berpikir kreatif. ENTERRENEUR Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri.

KONSULTAN BISNIS Konsultan adalah seorang yang dipercaya memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien. Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal.

Perbedaannya terletak pada di mana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri. DOSEN Bagimu yang masih ingin terus belajar, menjadi dosen adalah profesi yang tepat. Selain mengajar para mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang digeluti. Penelitian tersebut biasanya menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal baik nasional maupun internasional.

Review Jurusan Administrasi Bisnis / Administrasi Niaga! Bedah Jurusan Kuliah Sampai Gajinya!




2022 www.videocon.com