Ide pokok paragraf adalah

ide pokok paragraf adalah

Dalam dunia tulis menulis dan membaca, kita akan mengenal atau mempelajari apa yang dimaksud dengan rangkaian kalimat, paragrafide pokok dan gagasan utama. Dalam membaca terdapat terdapat beberapa paragraf yang memiliki ide pokok dan ide penjelas.

Ide pokok atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Dikutip dari buku berjudul Bahasa Indonesia 1 karya Sri Sutarni dan Sukardi (2008: 45), setiap paragraf ide pokok paragraf adalah teks bacaan mengandung ide pokok.

Ide pokok umumnya dituangkan dalam kaalimat utama. Ide pokok terdapat di beberapa tempat, yaitu pada awal paragraf, pertengahan paragraf dan akhir paragraf ataupun pada awal dan akhir paragraf. Ide pokok dapat menentukan arah dan kesimpulan paragraf.

Oleh sebab itu dengan membaca paragraf dan kemudian menyimpulkan, maka akan ditemukan di mana ide pokok berada. Menggunakan metode ini dilakukan apabila sudah terbiasa dengan bacaan. Apabila belum terbiasa, maka akan cukup ide pokok paragraf adalah membedakan antara mana ide pokok dan mana penjelas. Terlalu memikirkan masalah akan membuat kamu semakin sedih. Selain itu, alangkah lebih baik untuk fokus untuk menyelesaikan. Tidak perlu menggerutu yang berlebihan. Tetap semangat dan mintalah bantuan kepada orang terpercaya jika diperlukan.

Itulah beberapa cara mengatasi kesedihan karena terlalu banyak masalah. Dalam menentukan ide pokok maka harus mengetahu kalimat utama. Untuk mengetahu kalimat utama adalah dengan membaca paragraf yang ada, baik sebagian maupun keseluruhan bacaan. Akan tetapi lebih baik membaca seluruh paragraf yang ada agar tidak kehilangan informasi yang ada dalam paragraf. Namun apabila sudah mahir dan terbiasa, maka membaca sebagian dapat menyingkat waktu dalam pengerjaannya.

Jakarta - Dalam sebuah paragraf, kehadiran ide pokok sangat lah penting guna memberikan informasi kepada pembaca. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud ide pokok paragraf dan seperti apa contohnya? Paragraf adalah bagian dari wacana atau karangan yang mengandung ide pokok. Biasanya, paragraf terdiri dari kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas yang saling berhubungan mendukung ide pokok. Baca juga: Struktur Teks Prosedur: Contoh, Pengertian, dan Ciri ciri Lengkapnya Ide Pokok Paragraf: • Pengertian Ide Pokok Ide pokok paragraf adalah inti atau pokok permasalahan yang terdapat pada sebuah paragraf.

Ide pokok juga dikenal dengan nama gagasan utama dan menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Biasanya, ide pokok atau gagasan utama berada pada kalimat utama suatu paragraf.

Adapun, kalimat utama suatu paragraf biasanya dapat ditemukan di bagian awal (paragraf deduktif) atau di bagian akhir (paragraf induktif). • Cara Menentukan Ide Pokok Untuk menentukan ide pokok paragraf dalam suatu bacaan, seseorang harus melihat ke dalam tiga hal, (1) menemukan ide pokok dari tiap paragraf, (2) menjawab pertanyaan tentang isi bacaan dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami, dan (3) membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat secara runtut.

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ketahui Kedudukan, Makna dan Fungsinya • Contoh Ide Paragraf Dikutip dari buku 'KISI-KISI TERBARU UN+USBN SMP/MTS 2018' karya Tim Edu Penguin contoh ide paragraf sebagai berikut (1) Hutan tropis yang kaya dengan keragaman menjadi ide pokok paragraf adalah penghidupan di Indonesia.

(2) Puluhan juta masyarakat Indonesia mengandalkan hidup dan mata pencahariannya dari hutan. (3) Mereka mengumpulkan berbagai jenis hasil hutan. (4) Mereka juga bekerja di sektor industri pengolahan kayu dari hasil hutan.

Indonesia menjadi pusat perhatian dunia karena melakukan perusakan sumber daya alam yang semena-mena di negeri ini. "Keajaiban ekonomi" Indonesia pada 1980-an dan 1980 ternyata sebagian terjadi dengan menghancurkan lingkungan dan pelanggaran hak dan tradisi masyarakat Lolak.

Pembalakan ilegal sudah berlangsung secara terang-terangan dalam volume yang sangat besar selama bertahun-tahun dan diyakini telah merusak hutan seluas 10 juta hektar. Adapun, ide pokok paragraf tersebut adalah 'Sekarang Indonesia menjadi pusat perhatian dunia'.

Sebab, ide pokok biasanya terdapat di awal atau di akhir paragraf. ide pokok terdapat pada kalimat topik atau kalimat utama. Sehingga ide pokok paragraf kedua adalah 'Sekarang Indonesia menjadi pusat perhatian dunia." (pay/erd)
Bagaimana cara menentukan ide pokok di dalam sebuah paragraf? Yuk, cari tau lewat artikel ini! -- Baru delapan detik sejak orang itu menduduki kursi yang terlalu keras itu. Hening.

Sebelah tangan menopang dagu. Matanya berkedip beberapa kali. Wajahnya menunjukkan ekspresi bingung. Di depannya, ada laptop yang menunjukkan artikel mengenai SBMPTN. Dia scroll mouse. Wajahnya ke layar, tapi pandangannya tidak fokus. Tangan kanannya kini menggenggam gelas. Menuangnya ke tenggorokan yang sebenarnya tidak haus itu. Tumit kakinya mengetuk-ngetuk lantai. Tangannya pindah lagi ke sisi kanan meja. Sedikit di belakang mouse. Matanya terpejam. Di kepalanya terdengar beat lagu favoritnya belakangan ini.

Tangannya bekerjasama dengan kaki, membuat sebuah irama. Dia membuka mata. Tangannya meraih handphone. Lalu dengan secepat kilat membuka Instagram. Pupil matanya kini terbuka lebar. Dia menekan layar handphone-nya dua kali.

Memunculkan tanda love di atas foto seseorang. Dia diam di sana. Sampai satu jam lebih. Meninggalkan laptop dan artikel yang baru ia baca dua paragraf itu. Orang itu, bisa jadi siapa saja.

ide pokok paragraf adalah

Bisa jadi teman sekelas kamu. Atau bisa jadi kamu sendiri. Ya, kita seringkali tidak fokus ketika dihadapkan pada sebuah artikel atau bacaan.

Entah kenapa tangan kita ingin bergerak mengambil sesuatu. Pikiran kita ke mana-mana. Dan hasilnya, artikel tadi tidak terbaca dengan baik. Microsoft bahkan membuat penelitian tentang fokus, atau yang lebih dikenal dengan attention span ini. Hasilnya, rentang fokus kita pada suatu hal, saat ini hanya berkisar selama 8 detik. Ini jauh turun sejak tahun 2000 yang mencapai 12 detik. Bahkan, kita tidak lebih fokus dari ikan mas koki yang rentang fokusnya mencapai 9 detik.

Baca juga: Pengertian Kalimat Efektif, Syarat, dan Contohnya Ketidakfokusan ini, ditambah penyajian berita saat ini yang cenderung umpan klik ( clickbait), tentu akan menambah kegagapan kita dalam menanggapi suatu artikel atau bacaan.

Kasarnya, udah kitanya nggak fokus dan “malas” baca, eh artikelnya nggak nyambung judul sama isinya. Oleh karena itu, diperlukan kemampuan untuk menemukan ide pokok dari suatu artikel atau bacaan. Supaya apa? Supaya kita tahu sebenarnya apa, sih, inti dari artikel itu? Apa gagasan utama atau ide pokoknya? Supaya selesai baca, nggak main share di grup Whatsapp sambil bilang, “ADA ANAK DIKUTUK JADI IKAN PARI KARENA DURHAKA!” Pengertian Ide Pokok dalam Paragraf Well, sebelumnya, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud ide pokok?

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Makanya, nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, kalimat utama ≠ kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir. Cara Menemukan Ide Pokok dalam Paragraf Sebenarnya untuk menemukan ide pokok dalam paragraf itu ngga sulit-sulit amat kok.

Asal kamu tahu aja caranya. Nah, berikut akan dikasih tau nih cara menemukan ide pokok paragraf adalah pokok dalam paragraf. 1. Baca Seluruh Paragraf dengan Cermat Kamu perlu dengan cermat dalam membaca sebuah paragraf. Berkonsentrasilah dengan baik. 2. Cermati Kalimat Pertama Hingga Akhir Paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat harus kamu cermati ketika membacanya. Jangan sampai ada yang terlewat kalimat dalam paragraf tersebut sampai kamu lupa membacanya.

3. Baca Tiap Kalimatnya Dalam suatu paragraf, ide pokok bisa terletak di awal, di akhir, atau di awal dan akhir paragraf. Kembali lagi, pastikan tidak ada kalimat yang terlewat ya. 4. Tandai Ide Pokok Setelah menemukan ide pokok di paragraf tersebut, langsung kamu tandai. Hal ini untuk meminimalisir lupa yang bisa saja terjadi. 5. Tandai Info Penting Jika ada info penting dalam paragraf tersebut, tidak ada salahnya untuk menandai.

Biasanya akan ditanyakan dalam soal-soal di nomor selanjutnya yang menggunakan paragraf yang sama. Baca juga: Membahas Paragraf: Ciri, Unsur, dan Syarat Oke, setelah mengetahui kelima langkah untuk menemukan ide pokok, kita akan langsung praktik ya. Coba perhatikan paragraf berikut: Orang yang akan pensiun tidak perlu ide pokok paragraf adalah. Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi ide pokok paragraf adalah mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai.

Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Pada paragraf di atas, ide pokoknya adalah pada kalimat pertama. Yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”. Kenapa? Kalau kita analisis kalimat-kalimat lain, fungsi mereka hanya sebagai penjelas dari kalimat utama (kalimat pertama).

ide pokok paragraf adalah

Misalnya, pada kalimat ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini mengacu kepada kalimat utama. Tugas dari kalimat ini adalah memberikan “alasan” dari ide pokok paragraf adalah orang yang pension tidak perlu stres.” Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Struktur Teks Editorial Sekarang kita coba contoh lainnya ya: Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarkat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Pada paragraf ini, ide pokoknya adalah “Bencana banjir menimbulkan berbagai penyakit” Ada yang tahu kenapa? Ya, seperti yang bisa kita lihat di atas, kalimat lain dalam paragraf ini hanya “menjelaskan” penyakit-penyakitnya. Pada kalimat dua, misalnya. Kalimat tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Di sisi lain, kalimat terakhir menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut. Jadi, sudah mulai bisa menemukan ide pokok? Gimana, sudah paham kan tentang 5 langkah menentukan ide pokok dalam paragraf dengan mudah?

Mulai sekarang, coba terapkan langkah-langkah ini dan cari ide pokok dari bacaanmu ya. Kalau kamu ingin memelajari materi seperti ini dengan lebih dalam sambil menonton video animasi, lengkap dengan infografik dan latihan soal, tonton aja ide pokok paragraf adalah ruangbelajar! Referensi: Darmawati, Uti dan Y. Budiarti. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Muatan Nasional.

Jakarta: Intan Pariwara. Artikel diperbarui 4 Januari 2022. Jakarta - Ide pokok paragraf adalah pokok permasalahan dalam paragraf yang bersifat tersurat atau perlu pemaknaan. Menemukan ide pokok dalam suatu paragraf yang harus dilihat adalah penempatan kalimatnya. Ide pokok paragraf dapat ditempatkan di awal, di akhir, maupun di tengah. Ide pokok paragraf dapat dilihat berdasarkan pola penalaran. Berikut 5 jenis ide pokok paragraf berdasarkan pola penalaran Penjelasan dikutip dalam buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia Kemdikbud.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Teks Deskripsi?

ide pokok paragraf adalah

Ini Penjelasan Lengkapnya 1. Paragraf Deduktif Ide pokok paragraf deduktif terletak pada awal paragraf dan diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas untuk mendukung ide pokok. Ide pokok tersebut biasanya berupa pernyataan umum yang dikemas dalam kalimat topik. Kemudian kalimat topik tersebut diikuti oleh kalimat penjelas guna memperjelas informasi pada kalimat topik. Contoh: Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian.

Tenaga kerja yang pandai adalah tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya mampu menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan agar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian adalah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur. 2. Paragraf Induktif Ide pokok paragraf induktif terletak pada akhir paragraf.

Biasanya paragraf induktif diawali dengan penyebutan peristiwa khusus terlebih dahulu dan kemudian kesimpulan terletak pada akhir kalimat. Biasanya ide pokok paragraf induktif menggunakan kalimat konjungsi seperti jadi, akhirnya, akibatnya, oleh karena itu, maka dari itu, berdasarkan uraian di atas, dan dengan demikian.

Contoh: Salju yang turun dari langit memberikan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan cantik dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dinginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang beriklim subtropis dan sedang ini. Inilah musim dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.

3. Paragraf Deduktif - Induktif Paragraf jenis ini memiliki ide pokok di awal dan di akhir paragraf. Walaupun memiliki dua kalimat topik bukan berarti ide pokoknya ada dua. Adanya dua kalimat topik itu hanya merupakan bentuk pengulangan gagasan utama untuk mempertegas informasi. Contoh: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingginya kolesterol merupakan faktor risiko yang paling besar yang menyebabkan seseorang terserang penyakit jantung koroner.

Hampir 80% penderita jantung koroner di Eropa disebabkan kadar kolesterol dalam tubuh yang tinggi. Bahkan, di Amerika hampir 90% penderita jantung koroner disebabkan penderita makan makanan yang berkadar kolesterol tinggi. Begitu juga di Asia, sebagian besar penderita jantung koroner disebabkan oleh pola makan yang banyak mengandung kolesterol.

Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. 4. Paragraf Ineratif Paragraf ineratif merupakan paragraf yang memiliki ide pokok di tengah-tengah paragraf.

Biasanya paragraf ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas terlebih dahulu kemudian diikuti ide pokok dan dilanjutkan kembali dengan kalimat penjelas.

Kalimat penjelas setelah ide pokok berfungsi untuk menguatkan atau mempertegas informasi. Contoh: Gunung Sinabung di Sumatera Utara meletus. Belum reda letusan Gunung Sinabung, Gunung Kelud di Jawa Timur juga meletus. Selain gunung berapi yang meletus itu, banjir terjadi di beberapa daerah. Ibu kota Jakarta, seperti tahun-tahun sebelumnya, dilanda banjir. NTT yang sering mengalami kekeringan juga dilanda banjir.

Indonesia memang sedang ditimpa banyak musibah dan bencana. Bencana-bencana tersebut menelan korban, baik harta maupun jiwa. Padi di sawah-sawah yang siap panen menjadi gagal panen. Ide pokok paragraf adalah mayur yang banyak ditanam dan dihasilkan di lereng-lereng gunung juga hancur sehingga harga di pasar menjadi melambung.

5. Ide Pokok Menyebar Paragraf dengan jenis ide pokok paragraf adalah pokok menyebar tidak memiliki kalimat utama. Hal ini dikarenakan pikiran utamanya terletak pada seluruh paragraf atau tersirat pada kalimat-kalimatnya. Contoh: Matahari belum tinggi benar. Embun masih tampak berkilauan. Warna bunga menjadi sangat indah diterpa sinar matahari. Tampak kupu-kupu dengan berbagai warna terbang dari bunga yang satu ke bunga yang lain. Angin pun semilir terasa menyejukkan hati.

Jadi, detikers ide pokok paragraf adalah paham dengan jenis ide pokok paragraf hingga cara menentukannya?
Contoh ide pokok yang paling mudah Kita temukan adalah dari buku, novel, artikel, hingga berita. Keempat hal tersebut pada dasarnya dibangun dengan berbagai ide pokok di setiap paragrafnya. Misalnya, ketika Kamu membaca sebuah berita, Kamu akan mendapatkan bagian terpenting dari setiap paragraf. Bagian terpenting tersebut biasa disebut dengan istilah ide pokok atau sering kali juga dikatakan sebagai gagasan utama.

ide pokok paragraf adalah

Mempelajari dan memahami ide pokok pada dasarnya adalah hal yang susah susah gampang. Dalam menentukan ide pokok dari paragraf, Kamu perlu membaca sekaligus mencermati setiap kalimat dari paragraf. Selain itu, soal tentang contoh ide pokok juga sering keluar pada saat UTBK, terlebih lagi soal TPS Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU). Oleh karena itu, pemahaman tentang ide pokok sangatlah ide pokok paragraf adalah bagi Kamu. Artikel ini akan menjelaskan kepada Kamu tentang contoh ide pokok beserta cara menentukan ide pokok dari suatu paragraf.

Namun, sebelum membahas tentang contoh ide pokok, ada baiknya untuk mengulas kembali mengenai apa pengertian dari ide pokok atau gagasan utama. Berikut ini adalah pembahasan tentang contoh ide pokok yang sudah berhasil Gramedia ringkas.

Yuk, simak pembahasan tentang ide pokok berikut ini, ya Daftar Isi • A. Pengertian Ide Pokok • B. Ciri-Ciri Ide Pokok • Anda Mungkin Juga Menyukai • C. Cara Menentukan Ide Pokok • 1.

Baca Seluruh Paragraf Dengan Cermat • 2. Cermati Kalimat Pertama Hingga Akhir • 3. Bacalah Setiap Kalimat • 4. Menandai Ide Pokok dalam Kalimat Utama • 5. Tandai Informasi Penting dalam Paragraf • D. Contoh Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Paragraf • E. Contoh Soal Ide Pokok Paragraf • 1. Contoh Soal 1 • 2. Contoh Soal 2 • 3. Contoh Soal 3 • 4. Contoh Soal 4 • 5. Contoh Soal 5 • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Kategori Ilmu Bahasa Indonesia • Materi Terkait A.

Pengertian Ide Pokok Secara garis besar, ide pokok pada dasarnya dapat dipahami sebagai ide atau gagasan yang menjadi pokok pengembangan suatu paragraf. Hal ini yang membuat banyak orang juga menyebut ide pokok dengan gagasan utama. Ide pokok biasanya berada di kalimat utama dari suatu paragraf. Selain itu, dalam setiap paragraf akan memiliki satu ide pokok saja. Keberadaan ide pokok dalam sebuah paragraf akan sangat membantu pembaca dalam memahami dan juga menentukan pokok pikiran yang ingin disampaikan oleh penulis.

Tidak hanya itu, ide pokok akan sangat membantu penulis untuk melakukan pengembangan tulisannya. Keberadaan kalimat penjelas dalam sebuah paragraf menjadi cara penulis dalam mengembangkan gagasannya. Hal lain yang perlu diperhatikan dari ide pokok atau gagasan utama yaitu, kalimat utama tidak selalu terletak pada kalimat pertama.

Bentuk paragraf yang beragam mengakibatkan kalimat utama bisa berada di kalimat pertama, kalimat terakhir, bahkan juga dapat berada di kalimat pertama dan terakhir. B. Ciri-Ciri Ide Pokok Setelah mengetahui tentang pengertian ide pokok beserta fungsinya, pada bagian ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri ide pokok yang perlu diperhatikan. Ciri-ciri ide pokok berikut ini akan sangat membantu Kamu dalam menentukan ide pokok pada saat membaca contoh soal ide pokok.

Beberapa ciri-ciri ide pokok, diantaranya yaitu: Rp 59.000 3. Ide pokok mempunyai kalimat penjelas atau kalimat pendukung dari kalimat utamanya.

4. Kalimat penjelas atau kalimat pendukung disampaikan secara lebih khusus atau ide pokok paragraf adalah. C. Cara Menentukan Ide Pokok Setelah mengetahui tentang pengertian serta ciri dari ide pokok, berikut ini adalah cara menentukan ide pokok dalam paragraf. Cara menentukan ide pokok sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja Kamu perlu fokus dan teliti pada saat membaca setiap paragrafnya.

Nah, berikut adalah cara lengkap yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok paragraf adalah pokok dalam paragraf. 1. Baca Seluruh Paragraf Dengan Cermat Cara pertama yang dapat Kamu lakukan untuk menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan membaca paragraf secara cermat dan teliti.

Namun, apabila Kamu sedang mengerjakan sebuah soal, alangkah baiknya Kamu membaca terlebih dahulu pertanyaan atau perintah dari soal tersebut. Hal itu dapat membuat Kamu lebih efektif pada saat membaca dan menentukan ide pokok dari sebuah paragraf. Apabila pertanyaan atau perintah dari soal mengharuskan Kamu untuk menentukan ide pokok dari keseluruhan teks. Setelah itu, Kamu baru bisa membaca teks secara teliti sesuai dengan kebutuhan dalam menjawab soal tersebut.

Ketika membaca setiap paragraf dalam sebuah teks secara teliti pada dasarnya agar memudahkan Kamu dalam menentukan kalimat utama sekaligus kalimat penjelas dengan efektif dan efisien. 2. Cermati Kalimat Pertama Hingga Akhir Cara kedua yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan mencermati kalimat pertama sampai kalimat terakhir.

Paragraf sendiri biasanya memiliki susunan kalimat yang terdiri dari beberapa kalimat yang perlu Kamu cermati pada saat membacanya. Hal ini dilakukan agar Kamu dapat meminimalisir kalimat dalam paragraf yang terlewat atau bisa juga lupa untuk dibaca. 3. Bacalah Setiap Ide pokok paragraf adalah Cara ketiga yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan membaca setiap kalimatnya.

Dalam beberapa contoh paragraf yang ada, ide pokok biasanya terletak di awal, di akhir, atau bisa juga berada di awal dan akhir dari suatu paragraf.

ide pokok paragraf adalah

Dengan membaca secara cermat dan teliti keseluruhan teks, maka akan dapat mencegah adanya kalimat yang terlewat. 4. Menandai Ide Pokok dalam Kalimat Utama Cara ketiga yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dari suatu paragraf adalah dengan menandai ide pokok. Ide pokok kerap kali berada dalam kalimat utama. Kalimat utama sendiri dapat dipahami sebagai kalimat yang memuat deskripsi atau mewakili isi dari keseluruhan paragraf.

ide pokok paragraf adalah

Selain itu, kalimat utama terdiri dari pernyataan umum yang rinci dan ditelai serta diikuti dengan kalimat yang lain. Salah satu tanda kalimat yang memiliki ide pokok yaitu kalimat yang tidak memuat kata acuan seperti itu, tersebut, dan akhiran -nya. Kalimat utama lebih sering menggunakan kata kunci, mulai dari seperti adalah, intinya, jadi, yang terpenting, pada prinsipnya, sebagai kesimpulannya, dengan demikian, dan lain sebagainya.

5. Tandai Informasi Penting dalam Paragraf Cara terakhir yang dapat Kamu lakukan dalam menentukan ide pokok dalam suatu paragraf adalah dengan menandai informasi penting dalam paragraf. Informasi penting dari suatu paragraf pada dasarnya mengandung tentang kata kunci. Misalnya saja, pada kalimat utama “Sampah bisa saja mengakibatkan banyak masalah dan penyakit untuk masyarakat yang berada di sekitarnya”.

Berdasarkan analisis informasi penting dari kalimat utama tersebut, yaitu sampah yang bisa mengakibatkan munculnya banyak masalah. Informasi ini bisa jadi hal penting bagi Kamu pada saat akan menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Oleh karena itu, Kamu diharuskan untuk mencocokkan pilihan jawaban yang paling ide pokok paragraf adalah dengan informasi tersebut.

D. Contoh Cara Menentukan Ide Pokok Dalam Paragraf Setelah memahami tentang pengertian, ciri dan kelima cara untuk menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Berikut ini akan disajikan contoh untuk menentukan ide pokok dalam paragraf, diantaranya yaitu: Silakan perhatikan terlebih dahulu paragraf berikut: Orang yang akan pensiun tidak perlu stres.

Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres. Pada paragraf tersebut, ide pokoknya terletak di dalam kalimat pertama.

Ide pokok dari paragraf di atas yaitu “Tidak perlu stres saat menghadapi pensiun”. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap kalimat lainnya. Selain kalimat pertama atau kalimat kedua dan seterusnya pada dasarnya memiliki fungsi sebagai kalimat penjelas kalimat utama (kalimat pertama).

Hal itu dapat dilihat pada contoh berikut, yakni pada kalimat, ”Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai”. Kalimat ini memiliki peran untuk merujuk pada kalimat utama atau dapat dikatakan untuk memberikan “alasan” mengenai pertanyaan “Mengapa orang yang pensiun tidak perlu stres.” Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur.

Paragraf ini pada dasarnya memiliki ide pokok pada kalimat pertamanya, yaitu “Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit”.

Jika Kamu sudah membaca dengan cermat dan teliti paragraf tersebut, Kamu pasti dapat melihat bahwa kalimat kedua dan seterusnya hanya memiliki fungsi untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tentang penyakit dari bencana banjir lumpur. Kalimat selanjutnya lebih menyajikan informasi secara khusus, sehingga tidak menunjukkan tanda sebagai ide pokok.

Misalnya saja, pada kalimat kedua dari paragraf tersebut berisi contoh dari penyakit yang ditimbulkan. Selain itu, kalimat terakhir pada paragraf juga menjelaskan penyebab dari munculnya penyakit tersebut, tidak menjelaskan secara umum penyebabnya. E. Contoh Ide pokok paragraf adalah Ide Pokok Paragraf Setelah Kamu dapat memahami contoh analisis ide pokok dalam suatu paragraf, berikut ini adalah contoh soal ide pokok yang bisa Kamu gunakan untuk berlatih.

1. Contoh Soal 1 Teks paragraf contoh mencari ide pokok dikutip dari ‘Pasti TOP Sukses Ujian SD/MI 2016’ terbitan Penerbit Duta Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya Daur ulang adalah kegiatan mengolah kembali barang-barang yang tidak terpakai menjadi karya yang baru. Barang bekas yang dapat didaur ulang, di antaranya botol minuman, koran, dan kain perca. Daur ulang dilakukan untuk mencegah banyaknya barang yang dibuang percuma. Banyak manfaat dari kegiatan mendaur ulang barang bekas, salah satunya bisa meningkatkan pendapatan.

Barang-barang kerajinan tangan hasil daur ulang bisa kita jual. Selain itu, kegiatan daur ulang barang bekas bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat untuk anak-anak. Barang bekas yang bisa didaur ulang oleh anak-anak, misalnya koran bekas.

ide pokok paragraf adalah

Cara mendaur ulang koran bekas cukup mudah, yaitu dengan merendam kertas koran bekas yang sudah disobek ke dalam ember berisi air selama sehari semalam. Kemudian, koran tersebut diblender dan diaduk dengan lem. Hasil daur ulang koran tersebut dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi. Kain-kain sisa atau kain perca bisa dibuat menjadi boneka atau tempat penyimpanan serbaguna. Berbagai cara pembuatan boneka dari kain perca dapat dicari melalui internet.

Kamu tidak akan kesulitan untuk membuat barang-barang dari kain perca tersebut. Dikutip dari Koran Berani, 6 November 2015, dengan pengubahan 1. Ide pokok paragraf ketiga dalam teks ‘Menyulap Barang Bekas Jadi Hasil Karya’ adalah… A.

manfaat daur ulang koran bekas B. manfaat daur ulang kain perca C. cara daur ulang barang bekas D. mengumpulkan kain perca Jawaban B Pembahasan: Ide pokok paragraf ketiga dalam teks tersebut terdapat pada kalimat pertama.

Kalimat pertama menjelaskan manfaat kain perca bisa digunakan untuk membuat boneka atau tempat penyimpanan serbaguna. 2. Contoh Soal 2 Teks paragraf dikutip dari buku ‘Kumpulan Soal dan Pembahasan Ujian Saringan Masuk STAN 2009’ terbitan Kawan Ide pokok paragraf adalah Fokus sopir dalam kendaraan yang sedang melaju adalah melihat ke depan melalui kaca depan, bukan pada kaca spion.

Fokus pada kaca spion akan memengaruhi laju kendaraan dan bukan tidak mungkin berakibat kecelakaan. Penggunaan kaca spion pun hanya sewaktu-waktu dan setiap kali penggunaannya hanya untuk sekejap, tidak untuk berlama-lama (Kompas, 9 Juli 2007) 2. Ide pokok paragraf di atas adalah A. tugas utama sopir adalah melihat kaca depan B. penggunaan kaca spion cukup sewaktu-waktu C. pengaruh kaca spion terhadap laju kendaraan dan kecelakaan D. sopir harus melihat ke depan Jawaban A Pembahasan: Ide pokok paragraf adalah pokok pembicaraan atau pokok permasalahan.

Ide pokok bersifat umum dan dijelaskan oleh ide-ide penjelas yang bersifat khusus. 3. Contoh Soal 3 Teks paragraf dikutip dari buku ‘Pasti TOP Sukses Ujian SD/MI 2014’ terbitan Penerbit Duta Ruas Jalan Tol Jakarta – Merak Tidak Nyaman Sebagai pengguna Jalan Tol Jakarta – Merak, Banten khususnya ruas Cikupa-Cilegon, saya benar-benar merasakan ketidaknyamanan. Setia hari ada saja bagian jalan yang diperbaiki, lalu separuh jalan ditutup. Akibatnya, jalan macet dan antrean panjang.

Bagi yang pergi dengan ketepatan waktu tinggi, jangan harap bisa tepat waktu. Untuk arah Cilegon-Cikupa, saat ini ada tujuh titik lokasi yang ruas jalannya diperbaiki. Panjang perbaikan bervariasi, antara 1 sampai 2 kilometer, yaitu di Kilometer 74, Kilometer 65, Kilometer 56, Kilometer 51, Kilometer 49, Kilometer 44, dan Kilometer 31. Jalan tol memang perlu diperbaiki agar pengguna tol menjadi nyaman, aman, tanpa hambatan.

Tetapi, masalahnya perbaikan itu seperti tak kunjung selesai. Dalam dua tahun terakhir ada saja ruas tol yang diperbaiki. Kadang-kadang yang diperbaiki sekitar 100 meter, tetapi jalan yang ditutup lebih dari 0,5 kilometer. Lucunya lai, jalan yang sudah diperbaiki beberapa bulan kemudian retak-retak lagi. Mungkinkan perbaikan jalan tol diatur sedemikian rupa agar kemacetan tidak sekaligus terjadi di banyak titik?

Sebagai pengguna jalan tol yang telah membayar mahal, tentu berharap dengan menggunakan jalan tol, perjalanan menjadi lancar.

3. Ide pokok paragraf kedua dalam bacaan tersebut adalah… A. jumlah jalan yang rusak B. arah jalan yang diperbaiki C. lokasi ruas jalan yang rusak D. panjang jalan yang diperbaiki Jawaban C 4. Contoh Soal 4 Bahan bakar minyak memiliki berbagai kegunaan. Sepeda motor menggunakan bahan bakar pertalite.

Kendaraan bermesin diesel menggunakan bahan bakar solar. Ide pokok paragraf adalah terbang menggunakan avtur sebagai bahan bakar. Ibu rumah tangga menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor minyak. 4. Ide pokok paragraf tersebut adalah …. A. kegunaan bahan bakar minyak B.

berbagai jenis kendaraan C. bahan bakar rumah tangga D. manfaat pertalite dan minyak tanah Kunci jawaban: A 5. Contoh Soal 5 Kecelakaan lalu lintas di jalan raya disebabkan oleh berbagai hal. Ide pokok paragraf adalah pemakai ide pokok paragraf adalah raya tidak menaati peraturan lalu lintas.

Misalnya kebut-kebutan, melanggar lampu rambu-rambu lalu lintas, dan mau menang sendiri. Selain itu, banyak kendaraan yang tidak dilengkapi spion. Jika semua pemakai jalan raya taat peraturan, maka kecelakaan lalu lintas dapat berkurang. 5. Ide pokok paragraf tersebut adalah …. A. ketaatan berlalu lintas di jalan raya B. kesadaran berlalu lintas di jalan raya C. penyebab kecelakaan di jalan raya D. mengurangi kecelakaan di jalan raya Kunci jawaban: C Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1
Pengertian Ide Pokok – Sebuah tulisan pasti memiliki ide pokok atau gagasan utama di dalamnya.

Hal itu berguna untuk menentukan kearah mana kalimat akan berlangsung. Ide pokok adalah suatu hal yang harus ada di dalam sebuah tulisan. Akan tetapi, ternyata untuk mengetahui ide pokok tidalah mudah. Artikel ini akan menjelaskan mengenai ide pokok. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi serta cara menemukan ide pokok. Daftar Isi • Pengertian Ide Pokok • Ciri-ciri Ide Pokok • 1.

ide pokok paragraf adalah

Keberadaan ide pokok tidak berbelit • 2. Ide pokok dinyatakan secara jelas • 3. Bersifat umum • Anda Mungkin Juga Menyukai • 4. Memiliki kalimat pendukung • 5. Fungsi Ide Pokok • Cara Menemukan Ide Pokok • 1. Membaca seluruh paragraf • 2. Membaca setiap kalimat • 3. Memisahkan kalimat utama • 4. Menandai informasi-informasi penting • 5. Kalimat penjelas adalah pendukung • 6. Menyimpulkan isi paragraf • 7. Menandai ide pokok • Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • • Kategori Ilmu Bahasa Indonesia • Materi Terkait Pengertian Ide Pokok Writer writing on paper sheet vector illustration, flat cartoon person hands with pen on working table with text, workplace top view, desktop with writing letter, journalist author wokspace Ide adalah rancangan yang tersusun di dalam, pikiran, dapat juga disebut sebagai gagasan.

Ide pokok adalah sebuah ide yang disampaikan oleh penulis dalam sebuah pokok bahasan di dalam paragraf.

ide pokok paragraf adalah

Ide pokok juga memiliki nama lain. Diantaranya adalah gagasan pokok, gagasan utama atau pikiran utama. Ide pokok adalah hal yang penting di dalam suatu paragraf. Ide pokok akan memberikan informasi penting untuk para pembaca. Selain itu, ide pokok juga akan membantu penulis untuk mengembangkan sebuah alur tulisan. Ide pokok akan didukung oleh gagasan penjelas. Di dalam sebuah kalimat, biasanya hanya ditemukan satu ide pokok. Ide pokok tersebut terletak pada awal kalimat.

Namun ada sesuatu yang perlu diingat oleh pembaca, yaitu kalimat pertama tidak sama dengan kalimat utama. Kalimat pertama dapat berada pada awal paragraf, ini disebut sebagai paragraf deduktif. Jika terletak di akhir paragraf, maka dinamakan paragraf induktif. Ketika berada di awal atau di akhir paragraf maka disebut paragraf campuran. design about paper and pencil icons Sebuah karya Marchella Praserda Katika, dalam jurnal “Kemampuan Menentukan Ide Pokok dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara” yang dibuat tahun 2018, menjelaskan bahwa ide pokok memiliki beberapa ciri-ciri.

Berikut adalah ciri-ciri ide pokok: 1. Keberadaan ide pokok tidak berbelit Keberadaan dari ide pokok di dalam sebuah paragraf tidak boleh berbelit-belit.

Artinya, makna dari ide pokok tidak boleh sempit. Akan tetapi, tidak juga terlalu luas. Hal ini berfungsi supaya pembaca dapat mudah untuk menangkap apa ide pokok tersebut. Selain itu, ini juga akan membantu pembaca untuk mudah dalam memahaminya.

2. Ide pokok dinyatakan secara jelas Selain tidak berbelit, sebuah ide pokok juga harus ditulis atau digambarkan dengan jelas oleh si penulis. Ide pokok paragraf adalah ini menyangkut segi letaknya. Selain itu, apa yang akan disampaikan atau inti dari gagasan tersebut juga harus dinyatakan dengan jelas. Rp 45.000 3. Bersifat umum Sebuah ide pokok harus mengandung suatu hal yang bersifat umum.

Hal ini nantinya akan dikerucutkan lagi. Artinya bahwa suatu ide pokok kemudian akan bisa dijelaskan dan dijabarkan lagi. Penjabaran tersebut akan lebih spesifik pada kalimat-kalimat berikutnya. 4. Memiliki kalimat pendukung Sebuah ide pokok tidak lantas berdiri sendiri di dalam suatu paragraf. Ide pokok harus memiliki kalimat pendukung, atau sebuah ide yang jelas.

ide pokok paragraf adalah

Kalimat pendukung tersebut berguna untuk memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dari ide pokok sebelumnya. Sehingga paragraph akan menjadi padu dan mudah dimengerti. 5. Fungsi Ide Pokok Adanya ide pokok dalam sebuah paragraf juga memiliki fungsi. Seperti untuk memudahkan pembaca mengetahui inti atau pokok bahasan dalam suatu paragraf yang dibaca. Hal itu berguna supaya inti dari apa yang disampaikan dalam paragraf dapat tersampaikan.

Melalui identifikasi ide pokok, pembaca dapat mengetahui ide pokok dari suatu paragraf yang dibaca tersebut. A newspaper on a desk with the headline Whats new Meskipun hanya dengan membaca, ide pokok paragraf adalah tetapi mencari ide pokok tidak semudah yang terlihat.

Hal mudah yang bisa dilakukan pertama untuk menentukan ide pokok adalah dengan melihat jenis dari paragraf yang dibaca. Menentukan suatu ide pokok dalam sebuah paragraf adalah hal yang membutuhkan ketelitian. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencari ide pokok dalam sebuah paragraf: 1. Membaca seluruh paragraf Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca keseluruhan dari paragraph tersebut.

Caranya dengan berkonsentrasi dengan cermat ketika membaca. Bacalah sekaligus certi kata demi kata yang ada di dalam paragraf tersebut. Selain itu, bacalah dengan teliti setiap informasi yang ada.

Langkah ini dapat membantu kamu untuk menentukan ide pokok. Sehingga kamu bisa membedakan yang mana ide pokok atau yang mana kalimat penjelas dalam paragraf tersebut. 2. Membaca setiap kalimat Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menentukan ide pokok adalah dengan membaca serta memahami kalimat. Setiap kalimat yang ada di dalam suatu tulisan atau bacaan perlu untuk dipahami.

Hal tersebut dilakukan karena setiap paragraf terdiri dari beberapa ide pokok. Selain itu, setiap ide pokok bisa terletak dimana saja.

Bisa terletak di bagian awal, bagian akhir ataupun pada pada keduanya. Sehingga ide pokok paragraf adalah untuk membaca sekaligus memahami setiap kalimat yang ada. 3. Memisahkan kalimat utama Cara selanjutnya yaitu dengan memisahkan kalimat utama dari kalimat penjelas. Bedakanlah antara kalimat utama dengan kalimat penjelas yang ada di dalam sebuah paragraf. Kalimat utama di dalam sebuah paragraf biasanya akan diikuti atau diawali oleh kalimat-kalimat penjelas.

Pada hal ini, kamu harus bisa membedakan antara kalimat penjelas dan kalimat utama. Caranya adalah dengan melihat ciri-ciri diantara keduanya. Kalimat penjelas adalah sebuah kalimat yang berisikan bukti, contoh atau sebuah rincian khusus.

Jika kamu sudah bisa membedakan diantara keduanya, kamu akan mendapat ide pokok pada paragraf tersebut dengan mudah. 4. Menandai informasi-informasi penting Cara keempat yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan tanda-tanda pada informasi penting.

Informasi penting tersebut dapat berada di setiap kalimat atau paragraf. Kamu bisa menandai beberapa kata yang kamu curigai bahwa itu adalah informasi penting dan menarik. Ketika informasi penting berada pada dua kalimat atau lebih, coba seleksilah.

Kemudian pertimbangkan kembali kalimat-kalimat tersebut. Melalui cara keempat ini, kamu bisa menemukan ide pokok dengan mudah dan benar. 5. Kalimat penjelas adalah pendukung Cara selanjutnya adalah cara kelima. Cara ini dilakukan dengan mengenali kalimat penjelas dalam sebuah paragraf yang bersifat sebagai pendukung.

Dalam tahap ini, ketika kamu masih mengalami kesulitan, kamu bisa memperhatikan penggunaan dari kata-kata yang berulang. Hal itu dikarenakan umumnya penggunaan kata yang berulang memiliki fungsi sebagai penjelas.

Kata berulang akan menjelaskan kalimat sebelumnya atau sesudahnya. Kamu bisa memilih kalimat penjelas ini dan mencobanya ketika kalimat tersebut berdiri sendiri. Ketika kalimat penjelas itu berdiri sendiri, maka kalimat itu tidak bisa diperuntukan sebagai ide pokok.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan car aini untuk membedakan ide pokok paragraf adalah penjelas. Sehingga akan menemukan ide pokok dari paragraf tersebut. 6. Menyimpulkan isi paragraf Cara keenam yang bisa dilakukan adalah dengan menarik kesimpulan. Simpulkanlah isi dari sebuah paragraf tersebut.

Hal itu akan berguna untuk membantu mencari dan menentukan sebuah ide pokok. Sehingga hal ini akan memberikan kamu kemudahan.

7. Menandai ide pokok Cara menentukan ide pokok yang ketujuh adalah dengan menandainya. Tandailah ide pokok pada setiap paragraf dari suatu tulisan secara menyeluruh. Kamu bisa melakukan ini dengan menggabungkan bagian awal dan akhir dari kalimat di paragraf tersebut.

Ide pokok ini umumnya disebut dengan ide pokok campuran. Kamu bisa menentukan ide pokok campuran yang dilihat dari kalimat awal yang bisa saja bersifat kalimat utama. sedangkan pada akhir kalimat, cobalah untuk menyimpulkan paragraf. Kamu bisa langsung memberikan tanda-tanda khusus. Hal tersebut berguna saat membaca paragraf berikutnya. Rekomendasi Buku & Artikel Terkait • Pengertian Proposal • Pengertian Pokok Pikiran • Pengertian Debat • Pengertian dan Contoh Kalimat Ajakan • Pengertian Pidato • Pengertian Teks Fantasi • Pengertian Teks Deskriptif • Pengertian Ide Pokok • Pengertian Majas • Pengertian Bahasa Sansekerta • Pengertian Peribahasa • Pengertian Kalimat Perintah • Pengertian Kalimat Efektif • Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif • Pengertian Antonim dan Sinonim • Macam-macam Majas • Cara Menemukan Gagasan Pokok • Cara Menentukan Ide Pokok • Cara Membuat Kesimpulan • Cara Mencari Kalimat Utama Itulah beberapa informasi mengenai ide pokok.

Temukan informasi-informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds. Kategori • Administrasi 5 • Agama Islam 126 • Akuntansi 37 • Bahasa Indonesia 95 • Bahasa Inggris 59 • Bahasa Jawa 1 • Biografi 31 • Biologi 101 • Blog 23 • Business 20 • CPNS 8 • Desain 14 • Design / Branding 2 • Ekonomi 152 • Environment 10 • Event 15 • Feature 12 • Fisika 30 • Food 3 • Geografi 62 • Hubungan Internasional 9 • Hukum 20 • IPA 82 • Kesehatan 18 • Kesenian 10 • Kewirausahaan 9 • Kimia 19 • Komunikasi 5 • Kuliah 21 • Lifestyle 9 • Manajemen 29 • Marketing 17 • Matematika 20 • Music 9 • Opini 3 • Pendidikan 35 • Pendidikan Jasmani 32 • Penelitian 5 • Pkn 69 • Politik Ekonomi 15 • Profesi 12 • Psikologi 31 • Sains dan Teknologi 30 • Sastra 32 • SBMPTN 1 • Sejarah 84 • Sosial Budaya 98 • Sosiologi 53 • Statistik 6 • Technology 26 • Teori 6 • Tips dan Trik 57 • Tokoh 59 • Uncategorized 31 • UTBK 1Secara garis besar, sebuah paragraf terbentuk atas dua unsur utama, yakni ide pokok dan ide penjelas.

Kedua unsur ini memiliki definisi yang berbeda dan akan berperan untuk dapat saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Hal inilah yang membuat sebuah paragraf bisa lebih mudah dibaca dan dipahami oleh para pembaca. Jika tidak ada kedua unsur tersebut, pembaca akan merasa kesulitan untuk memahami apa maksud dari paragraf yang akan. Hal ini bisa mengakibatkan kesalahan informasi yang diterima. Pengertian Ide Ide pokok paragraf adalah Ide Pokok Adalah Ide yang dijadikan sebagai bagian pokok dari pengembangan paragraf.

Biasanya ide ini terdapat pada bagian kalimat utama. Ide jenis pokok memiliki sebutan lain atau lebih dikenal dengan nama gagasan pokok atau gagasan utama. Dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide jenis pokok.

Kalimat utama merupakan bagian pokok yang membahas tentang inti dari pembahasan yang ada pada paragraf. Untuk menekannya arti dan memberikan penjelasan yang baik kepada pembaca, kalimat penjelas akan mengarah pada pemahaman kalimat utama. Dengan begitu, pembaca bisa menarik kesimpulan dengan baik dan tepat.

Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kualitas informasi yang bisa didapatkan oleh para pembaca. Ide Pokok Paragraf Ide Pokok Paragraf Adalah Topik pembicaraan atau inti pembahasan dari sebuah paragraf yang umumnya diletakkan pada bagian kalimat utama.

Kalimat ini juga sering disebut sebagai gagasan utama atau pokok karena mengacu pada inti dari pembahasan. Selain itu, setelah kalimat utama akan terdapat beberapa kalimat penjelas yang digunakan untuk menjabarkan maksud dan arti pokok pembahasan dalam sebuah paragraf.

Fungsi dan Ciri-Ciri Ide pokok Fungsi utama dari ide jenis ini adalah memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai pembahasan yang dituliskan pada sebuah paragraf.

Dengan begitu, pembaca bisa lebih mudah memahami isi dan maksud dari paragraf tersebut. Dengan mengidentifikasi ide utama yang ada di dalam sebuah paragraf, pembaca bisa langsung memahami inti pembahasannya dengan baik. Berikut ciri-ciri gagasan utama dalam sebuah paragraf: • Dilengkapi atau memiliki kalimat penjelas yang digunakan sebagai atribut pendukung untuk menguatkan arti dari inti pembahasan.

• Terdapat beberapa kalimat yang mendukung setelahnya, bisa berupa penjelasan maupun alasan. • Biasanya terdapat pada inti paragraf sehingga bisa dikatakan sebagai pusat pembahasan. Istilah Lain Ide Pokok Untuk bisa lebih mudah memahami tentang konsep ide pokok, kebanyakan orang menyebutnya dengan istilah yang berbeda.

Pada dasarnya, istilah lain yang dideskripsikan memiliki arti yang sama. Sehingga jika diperjelas, pengertian gagasan utama sama dengan ide jenis pokok yang jika didefinisikan secara luas merupakan inti dari sebuah bacaan.

Begitu juga jika ditanyakan tentang gagasan pokok, jawabannya adalah sama yaitu inti dari sebuah bacaan. Apa saja istilah lainnya? Simaklah informasi berikut: • Tema • Kesimpulan • Gagasan pokok • Pokok masalah • Inti masalah • Masalah utama • Topik • Gagasan utama ide pokok paragraf adalah Pokok pikiran • Pikiran utama • Inti paragraf Cara Menentukan Ide Pokok Untuk bisa menemukan gagasan utama yang terkandung dalam suatu paragraf sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu memperhatikan caranya sebagai berikut: 1.

Baca Keseluruhan Paragraf dengan Teliti Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca paragraf dengan cermat dan konsentrasi. 2. Cermati Setiap Kalimat dari Awal Hingga Akhir Dalam setiap paragraf tentu akan terdiri dari beberapa kalimat.

Cobalah untuk mencermatinya sejak awal, jangan sampai ada kalimat yang dilewatkan. 3. Teliti Penjabaran pada Setiap Kalimat Teliti setiap kalimat yang dijabarkan dalam sebuah paragraf, gagasan utama umumnya terletak pada kalimat utama dan kalimat tersebut bisa saja terletak di awal, akhir, maupun tengah paragraf. 4. Tandai Inti Pembahasan yang Dimaksud Berikan tanda ketika Anda menemukan kalimat yang mungkin akan menjadi gagasan utama paragraf, agar bisa membandingkannya dengan lebih mudah nanti.

5. Tandai Jika Terdapat Info Penting Tandai informasi penting yang dijabarkan pada paragraf agar bisa memahami inti utama yang terkandung dalam paragraf. Baca Juga : Pengertian, Ciri, dan Struktur Recount Text beserta Contohnya Pengertian, Fungsi, Penggunaan Dan Contoh Dari Huruf Kapital Contoh Ide Pokok Agar lebih memahami cara menentukan inti pembahasan dari sebuah paragraf, Anda bisa menyimak contohnya sebagai berikut: Ide Pokok dalam Paragraf Deduktif Banjir bisa dikatakan fenomena yang biasa terjadi di Jakarta, hal ini terjadi akibat adanya beberapa faktor.

Sungai yang telah dibangun serta irigasi air tidak lagi dapat berfungsi dengan baik. Belum lagi pendangkalan serta proses normalisasi sungai sangat sulit untuk dilakukan. Kurangnya rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan masih dianggap kurang karena budaya membuang sampah ide pokok paragraf adalah limbah di sungai masih sering dilakukan. Pembangunan jalan, gedung dan bangunan lainnya yang terlalu banyak menyebabkan air tanah sulit menyerap.

Sedikitnya pepohonan yang tumbuh di area ibu kota membuat penghijauan menjadi berkurang, sehingga mengurangi keseimbangan alam menjadi terganggu dan menyebabkan banjir. Gagasan utama: Penyebab yang menjadi masalah banjir di Jakarta Kalimat utama: Banjir merupakan fenomena yang dianggap biasa dan sering terjadi di Jakarta, hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor. Kalimat penjelas : (dalam paragraf ini terdapat 4 kalimat penjelas) • • Rasa peduli masyarakat dianggap masih sangat kurang terhadap lingkungan seperti masih membuang sampah sembarangan atau membuang limbah di sungai.

• Sungai serta saluran irigasi yang ada tidak dapat berfungsi dengan baik. • Sulitnya melakukan proses normalisasi sungai. • Proyek pembangunan jalan, gedung maupun bangunan lainnya membuat tanah menjadi sulit menyerap air.

• Penanaman pohon hijau mulai berkurang sehingga menyebabkan keseimbangan alam terganggu dan menyebabkan banjir.

ide pokok paragraf adalah

Baca Juga : Hukum Archimedes, Bunyi, Rumus, dan Penerapannya Gagasan Utama Gagasan utama merupakan inti atau pokok pembahasan dari sebuah paragraf. Dengan kata lain, kalimat ini bisa dijadikan sebagai dasar sebuah ide pokok paragraf adalah atau pengembangan yang ada pada sebuah paragraf. Kalimat ini bisa terletak pada awal, akhir, maupun campuran akhir dan awal. Gagasan utama mengandung topik inti permasalahan dan penjelas. Gagasan Pokok Gagasan pokok menjadi inti dan isi dari sebuah paragraf. Meskipun begitu, kalimat ini tidak bisa berdiri sendiri dan membutuhkan kalimat penjelasan untuk menegaskannya.

Dengan adanya gagasan pendukung, maka paragraf menjadi utuh dan mudah dipahami. Gagasan utama biasanya adalah kalimat umum. Hanya terdapat satu gagasan pokok dalam setiap paragraf. Kalimat ini mengandung inti pembahasan yang dibicarakan dalam sebuah paragraf. Pertanyaan dan Jawaban Ide utama dari sebuah paragraf disebut Ide pokok. Inti pembahasan dari suatu teks disebut Ide pokok paragraf. Gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf disebut Gagasan utama.

Apa yang dimaksud ide pokok? Merupakan inti dari pokok pembahasan dalam pengembangan sebuah paragraf. Dalam setiap paragraf hanya terdapat satu ide pokok. Gagasan pokok paragraf biasanya terdapat dalam Kalimat utama. Bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf? Anda bisa menentukan ide pokok dari sebuah paragraf dengan cara membacanya terlebih dahulu secara keseluruhan dan mendetail, tandai info penting yang terkandung dalam paragraf, tandai ide pokok yang ada pada kalimat utama kemudian tariklah kesimpulan dari hasil pengamatan tersebut.

Informasi yang telah disampaikan di atas dapat sahabat daftarpustaka.org gunakan sebagai ilmu tambahan dalam berbahasa Indonesia. Apalagi untuk mereka yang masih duduk di bangku sekolah, karena materi ini pastinya menjadi hal utama yang disampaikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Apa itu ide pokok paragraf ?

Ide pokok atau gagasan utama dalam paragraf adalah topik inti pembahasan dari suatu paragraf. Di samping ide pokok, ada juga kalimat penjelas yang berfungsi untuk menjelaskan gagasan dari ide pokok tersebut. Ide pokok paragraf bisa berada di awal maupun di akhir. Paragraf yang ide pokoknya terdapat di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Sedangkan paragraf yang ide pokoknya terdapat di akhir paragraf disebut paragraf induktif.

Di samping itu, ada juga paragraf campuran yang mengandung ide pokok paragraf di awal dan di akhirnya. Ilustrasi ide pokok ide pokok paragraf adalah (Dok. Zenius) 4 Ide Pokok Paragraf dan Contoh Soalnya Paragraf Deduktif Sederhananya, pada paragraf deduktif ide pokok kalimat tersebut terletak pada awal tulisan. Karena disampaikan di awal, alur tulisannya pun menjadi khusus – umum. Maksudnya, hal-hal yang sifatnya inti disampaikan terlebih dahulu sebelum kemudian dimasukkan hal-hal yang sifatnya mendukung.

Lebih jelasnya, coba simak contoh soal ide pokok paragraf dalam teks berikut. Ada berbagai macam sistem pemerintahan di dunia ini. Di antaranya adalah monarki, republik, hingga parlementer. Sistem pemerintahan monarki dipimpin oleh seorang raja ide pokok paragraf adalah ratu. Pergantian pemimpin biasanya terjadi saat raja atau ratu mangkat. Negara yang menganut sistem monarki contohnya adalah Arab Saudi.

ide pokok paragraf adalah

Negara yang menganut sistem pemerintahan republik dipimpin oleh seorang presiden. Pergantian pemimpinnya diatur oleh konstitusi. Contoh dari negara republik adalah Indonesia yang dipimpin presiden dan diadakan pemilihan umum setiap 5 tahun sekali untuk mengganti presiden.

Sedangkan negara dengan sistem pemerintahan parlementer dipimpin oleh seorang Perdana Menteri tetapi juga bisa seorang presiden, tergantung konstitusi negara bersangkutan.

Beberapa negara yang menganut sistem tersebut adalah India, Australia, dan Afrika Selatan. Kalimat yang diberi warna merah adalah inti dari tulisan tersebut. Ide pokok paragraf tersebut adalah kalimat yang berada di awal tulisan. Berarti, tulisan tersebut merupakan paragraf deduktif. Paragraf Induktif Apabila deduktif menyajikan ide di awal atau pembukaan tulisan, sebaliknya dengan induktif. Paragraf induktif menampilkan ide pokoknya di akhir tulisan. Karena letak idenya ada di akhir, alurnya pun menjadi umum ke khusus.

Tulisan diawali oleh hal-hal yang bersifat umum dan setelahnya baru masuk ke inti persoalan. Coba simak tulisan di bawah ini. Setelah terjadi gempa dahsyat beberapa bulan yang lalu, warga RW 07 Kelurahan Indonesia Berduka masih tinggal di tenda pengungsian. Hal ini membuat para warga mulai merasa resah karena warga di RW lain sudah mulai tinggal di perumahan yang disediakan oleh pemerintah.

Terlebih lagi, kondisi tenda pengungsian sebenarnya tidak begitu layak huni. Sanitasinya buruk dan akses menuju air bersih sangatlah jauh di mana warga harus menempuh jarak 3 kilometer untuk sampai di mata air terdekat. Melihat keadaan yang demikian, pemerintah seharusnya tidak melupakan nasib warga RW 07 meski telah mencukupi hak-hak warga RW lain.

Nah, dalam tulisan di atas ide pokok paragraf tersebut adalah kalimat yang terletak di akhir paragraf. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tulisan tersebut bisa masuk sebagai paragraf induktif. Paragraf Campuran Sebagaimana namanya, paragraf ini merupakan perpaduan antara induktif dan deduktif.

Pada paragraf campuran ide pokok berada di awal dan akhir tulisan. Alurnya pun menjadi khusus ke umum lalu ke khusus lagi. Korupsi adalah hal yang membahayakan bagi kesejahteraan masyarakat dan sudah selayaknya kita marah. Bagaimana tidak, coba hitung jumlah belanja Anda dalam sepekan terakhir. Anggaplah pengeluaran Anda berada pada angka 500 ribu rupiah.

Uang sebesar itu ternyata tidak semuanya berubah menjadi barang atau jasa. Ada sekian persen dari uang tersebut yang berubah menjadi pajak seperti pajak penambahan nilai misalnya, anggaplah sebesar 20 ribu rupiah. Anda bukanlah satu-satunya rakyat Indonesia. Di luar sana ada jutaan rakyat lain yang juga berbelanja dengan nilai berbeda-beda. Dari belanja merekalah negara memperoleh salah satu sumber keuangannya.

Nah, uang pajak tersebut ternyata disalahgunakan oleh seorang oknum untuk berlibur ke Jepang bersama keluarganya.

Tindakan tersebut merupakan tindakan korupsi yang pastinya melanggar hukum. Dengan keadaan yang demikian, bukankah seharusnya Anda merasa marah kepada koruptor tersebut? Paragraf Deskriptif Selain di awal atau di akhir paragraf, ada juga paragraf yang ide pokok paragraf adalah pokoknya diletakkan di semua bagian paragraf. Jika ide pokok yang ingin disampaikan ada di seluruh paragraf, paragraf itu disebut paragraf deskriptif.

Oke, itu dia tadi gue bahas soal macam-macam paragraf beserta ide pokok paragraf masing-masing. Sobat Zenius masih butuh pembahasan materi soal Bahasa Indonesia yang lainnya? Elo bisa klik link ini ya. Atau elo bisa juga cari-cari materi melalui link iniada pembahasan soal teks observasi, teks eksposisi, sampai teks negosiasi.

Sampai jumpa di artikel lainnya, ya! Baca Juga Artikel dari Zenius Lainnnya Materi Bahasa Indonesia Tentang Gagasan Utama Ide pokok paragraf adalah Bahasa Indonesia Tentang Teks Ceramah Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Argumentasi Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Eksplanasi Materi Bahasa Indonesia Tentang Teks Deskripsi

Ide Pokok Paragraf dan Kesimpulan




2022 www.videocon.com