Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

Contoh Soal Sistem Reproduksi dan Pembahasan beserta Jawaban – Reproductive system – Sistem reproduksi manusia biasanya melibatkan fertilisasi internal dengan hubungan seksual. Dalam proses reproduksi, laki-laki memasukkan penis ke dalam vagina dan berejakulasi semen yang mengandung sperma. Sebagian kecil dari sperma melewati leher rahim ke dalam rahim, kemudian ke saluran telur untuk pembuahan ovum.

Laki-laki Sistem reproduksi laki-laki adalah serangkaian organ yang terletak di luar tubuh dan di sekitar panggul seorang laki-laki yang berkontribusi terhadap proses reproduksi. Fungsi utama langsung dari sistem reproduksi laki-laki adalah untuk menghasilkan sperma untuk fertilisasi ovum.

Perempuan Sistem reproduksi wanita adalah serangkaian organ yang terletak di dalam tubuh dan di sekitar panggul perempuan, yang bertugas terhadap proses reproduksi. Sistem reproduksi wanita terdiri dari tiga bagian utama: • vulva • rahim • ovarium Simak Juga materi : Sistem Reproduksi Manusia – Pengertian, Organ, Siklus dan Kelainannya 1 – 10 Contoh Soal Sistem Reproduksi dan Jawaban 1.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

Berikut ini adalah saluran reproduksi pada pria secara urut. a. testis, vas deferens, epididimis, uretra, penis b. testis, epididimis, vas deferens, uretra, penis c.

testis, uretra, vas deferens, epididimis, penis d. testis, epididimis, uretra, vas deferens, penis Jawaban : B Pembahasan : Saluran reproduksi pada pria apabila diurut dari bagian dalam hingga bagian terluar adalah TESTIS > EPIDIDIMIS > VAS DEFERENS > URETRA > PENIS.

Oleh sebab itu maka jawaban yang benar untuk soal ini adalah B. Testis, epididimis, vas deferens, uretra, penis. 2. Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium disebut. a. menstruasi b. fertilisasi c. ovipar d. ovulasi Jawaban : D Pembahasan : Pada masa pubertas, ovum yang sudah matang akan dilepaskan dari sel folikel dan dikeluarkan dari ovarium. Proses pelepasan dari ovarium disebut ovulasi.

Perhatikan gambar di bawah ini untuk nomor 3 dan 4 ! 3. Oviduk dan uterus berturut-turut ditunjukkan oleh gambar nomor. .

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

. a. 1 dan 2 b. 1 dan 3 c. 2 dan 3 d. 2 dan 4 Jawaban : D Pembahasan : Oviduk ditunjukkan oleh gambar nomor 2 Uterus ditunjukkan oleh gambar nomor 4 Sehingga jawaban untuk soal ini adalah D. 2 dan 4 4. Tempat terjadinya fertilisasi ditunjukkan oleh gambar nomor. a. 1 b. 3 c. 2 d. 4 Jawaban : C Pembahasan : Tempat terjadinya fertilisasi ditunjukkan oleh nomor 2.

Nomor 2 adalah tuba fallopi atau oviduk sebagai tempat bertemuanya sel sperma dan ovum. Embrio perkembangan dari zigot akan menempel pada nomor 4. Nomor 4 adalah uterus/rahim. Embrio akan menempel pada bagia endometrium rahim dan berkembang menjadi janin. Keterangan gambar no 1 adalah fimbriae, o 3 adalah ovarium, dan no 5 adalah serviks.

5. Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. Saluran ini berfungsi untuk. a. saluran sperma dan urine b. penghasil sperma dan hormon c. penghasil sperma dan urine d. saluran sperma dari testis ke kantong sperma Jawaban : A Pembahasan : Uretra berfungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual.

Pada pria, berfungsi juga dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani. Simak Juga : Soal Sistem Pertahanan Tubuh 6. Masa pubertas ditandai dengan dihasilkan dan dikeluarkannya. a. sperma oleh pria atau sel telur oleh wanita b. testosteron oleh testis dan estrogen oleh ovarium c. testosteron dan FSH d. FSH dan LH Jawaban : A Pembahasan : Untuk pria, dapat dikatakan telah mencapai masa pubertas apabila sudah memproduksi sel sperma dan mengeluarkannya sebagai bentuk pubertas.

sel sperma ini akan matang di dalam saluran epididimis dengan bantuan hormon testosteron yang bertindak langsung dalam pembuatan dan pematangan sel sperma. Untuk wanita, dapat dikatakan telah mencapai masa pubertas apabila sudah mampu memproduksi sel telur atau ovum dan mengeluarkannya dalam proses yang disebut menstruasi.

7. Selaput pembungkus embrio salah satunya adalah amnion yang mempunyai fungsi. a. melindungi ibu dan janin b. pertukaran zat antara ibu dan janin c. melindungi embrio dari benturan d. memberi makanan dan O2 pada embrio Jawaban : C Pembahasan : Membran embrio terdiri atas kantong kuning telur, amnion, korion, dan alantois.

Amnion merupakan cairan tempat embrio mengapung dan berfungsi sebagai pelindung embrio dari goncangan dan benturan. 8. Penghubung antara ibu dan embrio adalah. a. plasenta b.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

amnion c. khorion d. yolk Jawaban : A Pembahasan : Plasenta adalah organ yang tumbuh di dalam rahim selama kehamilan dan menghubungkan jalur pasokan darah dari ibu dan bayi. Plasenta memiliki empat fungsi : Berfungsi mengirimkan gizi dan oksigen dari darah ibu pada janin. Membawa karbondioksida dan sisa-sisa pembuangan janin kembali ke darah ibu. Membentuk penahanan untuk infeksi dan obat-obatan tertentu. Mengeluarkan hormon, terutama human chorionic gonadotrophin (HCG), progesteron dan oestrogen 9.

Selain menghasilkan sel sperma, testis juga berfungsi sebagai tempat pembentukan hormon …. a. insulin b. estrogen c. progesteron d. testesteron Jawaban : D Pembahasan : Testosteron adalah hormon yang penting untuk laki-laki. insulin dibentuk di pankreas estrogen dan progresteron dibentuk pada kelamin perempuan 10.

Seorang wanita sudah tidak produktif untuk bereproduksi yang ditandai dengan tidak mengalami menstruasi disebut …. a. oogenis b. permatogenesis c. ovulasi d. menopause Jawaban : D Pembahasan : Wanita mengalami menstruasi secara periodik yakni sebulan sekali. Pada saat wanita sudah tak lagi bisa melepaskan ovum maka siklus mensturasi yang periodik ini menjadi tak lagi teratur sampai kemudian berhenti sama sekali.

Masa tersebutlah yang kemudian dikenal dengan istilah MENOPOUSE. 11 – 25 Contoh Soal Sistem Reproduksi dan Pembahasan 11. Penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus adalah …. a. sifilis b. gonore c. AIDS d. herpes genetalis Jawaban : C Organ reproduksi adalah salah satu organ yang sangat penting bagi wanita dan laki-laki karena berperan dalam proses reproduksi untuk menghasilkan keturunannya.

Namun, organ-organ reproduksi juga dapat terkena penyakit seperti organ tubuh lainnya. HIV ( human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrome).

AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya. 12. Berikut adalah penyakit yang dapat mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. . a. AIDS b. herpes c. gonore d. sifilis Jawaban : A Pembahasan : Penyakit yang mengakibatkan penurunan sistem kekebalan tubuh seseorang adalah AIDS, penyebabnya virus HIV.

13. Bakteri penyebab penyakit sifilis adalah. a. Neisseria gonorrhoeae b. Trypanosoma gambiense c. Treponema pallidium d. Eschericia coli Jawaban : C Pembahasan : Sifilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum. Rute utama penularannya melalui kontak seksual; infeksi ini juga dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan atau saat kelahiran, yang menyebabkan terjadinya sifilis kongenital.

14. Pernyataan berikut adalah usaha untuk mencegah penularan virus HIV, kecuali. a. menggunakan jarum suntik yang steril dan sekali pakai b. peralatan operasi harus steril c. tidak perlu melakukan donor darah d. memeriksa darah sebelum melakukan transfusi darah Jawaban : C Pembahasan : Yang bukan merupakan usaha untuk mencegah penularan virus HIV adalah tidak perlu nelakukan donor darah (C).

15. Pada kembar identik …. a. satu ovum dibuahi dua sperma b. dua ovum dibuahi dua spermah c. satu ovum dibuahi satu sperma d. dua ovum dibuahi satu sperma Jawaban : A Pembahasan : Yang benar adalah Opsi A satu ovum dibuahi dua sperma kalau Opsi B itu disebut kembar tidak identik, sedangkan Opsi C itu tidak kembar sedangkan Opsi D itu mustahil.

Lihat Juga : Soal Fotosintesis 16. Sperma yang matang disimpan dalam … a. tubulus seminiferus b. uretra c. epididimis d. vas deferens e. saluran prostat Jawaban : C Pembahasan : Sperma di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk matang disimpan dalam Epididimis setelah sebelumnya proses pembentukan sperma terjadi pada Tubulus seminiferus yang terdapat didalam Testis.

Epididimis merupakan bagian yang terletak setelah testis.hasil spermatogenesis yang berupa Spermatozoa akan disimpan sementara didalam Epididimis sebelum dikeluarkan dari tubuh melalui saluran sperma dan keluar lewat uretra.urutan jalannya sel sperma dari bagian sistem reproduksi laki-laki adalah testis – Epididimis – vas deferens – uretra. 17. Alat reproduksi wanita terdiri atas: • (1) vagina • (2) ovarium • (3) tuba fallopii • (4) uterus Jalannya sel telur sejak dibentuk sampai menjadi embrio secara berurutan dimulai dari … a.

2, 3, 4 b. 2, 4, 3 c. 2, 1, 4 d. 3, 1, 4 e. 1, 2, 4 Jawaban : A Pembahasan : Ketika ovum telah matang, ovum dikeluarkan dari ovarium menuju uterus. Proses pelepasan ovum dari ovarium disebut ovulasi. Dalam perjalanannya ke uterus, jika ovum bertemu dengan sperma di tuba Fallopi (saluran telur), ovum akan dibuahi oleh sperma.

Proses pembuahan ovum oleh sperma disebut fertilisasi. 18. Implantasi merupakan penanaman … ke dalam endometrium uterus. a. zigot b.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

gastrula c. blastula d. morula e. janin Jawaban : A Pembahasan : Implatansi adalah proses penempelan zigot ke dalam dinding endometrium rahim/uterus. Setelah proses pembuahan terjadi maka zigot akan terus membelah dan bergerak menuruni tuba fallopi menuju ke uterus.

Setelah sampai di uterus maka zigot akam melakukan implantasi pada dinding rahim, setelah melakukan implantasi maka zigot akan tumbuh lebih cepat dan berkembang menjadi embrio. 19. Pengaruh kerja pil kontrasepsi oral yaitu … a. mencegah terjadinya haid b. mencegah pematangan sel telur c. mematikan sperma yang masuk ke dalam rahim d. menambah daya tahan tubuh e. mengurangi jumlah sel telur dalam ovarium Jawaban : B Pembahasan : Pil kontrasepsi oral atau pil KB adalah obat-obatan yang mencegah kehamilan.

Pil KB adalah pil yang mengandung hormon estrogen dan progestin atau progestin saja. Pil KB ini akan menghambat pelepasan hormon LH dan FSH dari kelenjar hipofisis di otak. Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk ini akan mengakibatkan sperma susah menembus ovum karena rahim dilapisi lendir. Pada beberapa wanita, pil KB ini juga mengakibatkan pelepasan ovum terhambat. 20. Hormon yang aktif paling awal pada proses menstruasi seorang wanita dewasa adalah … a.

estrogen b. progesteron c. gonadotrophin d. FSH e. LH Jawaban : B Pembahasan : Hormon progesteron berperan dalam menjaga penebalan endometrium jika ada implantasi zigot. Namun, saat tidak ada ovum dibuahi maka penebalan endometrium tidak lagi diperlukan.

Saat endometrium luruh, kadar progeseron turun dan terjadi menstruasi. 21. Anak laki-laki yang telah mengalami pubertas mengalami perubahan suara dan bentuk tubuh. Perubahan ini dipengaruhi oleh hormon …. a. testoteron b. progesteron c. adrenalin d. tiroksin e. somatotropin Jawaban : A Pembahasan : Hormon tiroksin adalah hormon yang memberi pengaruh terhadap metabolisme tubuh Hormon adrenalin adalah hormon yang memengaruhi tekanan emosional seseorang seperti stress Hormon somatotropin merupakan hormon pemacu pertumbuhan tulang dan sel serta katabolisme karbohidrat Hormon progesteron terdapat pada wanita.

22. Ovulasi dirangsang oleh hormon … a. FSH b. LH c. oksitosin d. relaksin e. estrogen Jawaban : E Pembahasan : Estrogen (atau oestrogen) adalah sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita. Walaupun terdapat baik dalam tubuh pria maupun wanita, kandungannya jauh lebih tinggi dalam tubuh wanita usia subur. 23. Membran yang melindungi embrio dalam rahim terhadap goncangan adalah … a. amnion b. korion c. alantois d. sakus vitelinus e.

amnion dan allantois Jawaban : A Pembahasan : Amnion atau air ketuban berfungsi sebagai pelindung yang akan menahan janin dari trauma akibat benturan. Melindungi dan mencegah tali pusat dari kekeringan, yang dapat menyebabkannya mengerut sehingga menghambat penyaluran oksigen melalui darah ibu ke janin. 24. Berikut ini adalah hormon yang berpengaruh terhadap kontraksi uterus, kecuali … a. oksitosin b. prostaglandin c.

relaksin d. estrogen e. progesterone Jawaban : C Pembahasan Soal sistem reproduksi : Karena relaksin merupakan hormon yang tidak berpegaruh terhadap kontraksi uterus 25. Gangguan yang terjadi pada sistem reproduksi pria yang disebabkan oleh virus herpes adalah … a. uretritis b. prostatitis c.

epididimitis d. orkitis e. hipogonadisme Jawaban Soal sistem reproduksi : A Pembahasan : Uretritis merupakan peradangan uretra dengan gejala rasa gatal pada alat kelamin pria dan ingin sering buang air kecil. Uretritis disebabkan oleh organisme Chlamydia trachomatis, Ureplasma urealyticum, atau virus herpes. https://jejaringkimia.web.id Sudah selesai membaca dan berlatih soal ini ? Ayo lihat dulu Daftar Soal Biologilainnya Semua manusia itu pintar. Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar.

pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi. Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi. baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar. Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar.

Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus. b. testosteron oleh testis dan estrogen oleh ovarium c. testosteron dan FSH d. FSH dan LH e. Ovarium dan FSH 13. Kelainan pada saluran reproduksi dinamakan endometeiosis apabila ada …. 14. Kromosom yang menentukan jenis kelamin bayi dinamakan … 15.

Selaput pembungkus embrio salah satunya adalah amnion yang mempunyai fungsi. . .

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

. 16. Penghubung antara ibu dan embrio adalah. 17. Berikut ini data alat reproduksi wanita : 1) Vulva 2) Infundibulum 3) Vagina 4) Uterus di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk Ovarium 6) Tuba faloppi Berdasarkan data tersebut, maka urutan jalannya sel telur sampai pembuahan dan embrio yaitu …. 18. Pada makhluk hidup, cara perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui perkawinan dinamakan perkembangbiakan secara… 19.

Selain menghasilkan sel sperma, testis juga berfungsi sebagai tempat pembentukan hormon …. • Company About Us Scholarships Sitemap Q&A Archive Standardized Tests Education Summit • Get Course Hero iOS Android Chrome Extension Educators Tutors • Careers Leadership Careers Campus Rep Program • Help Contact Us FAQ Feedback • Legal Copyright Policy Academic Integrity Our Honor Code Privacy Policy Terms of Use Attributions • Connect with Us College Life Facebook Twitter LinkedIn YouTube Instagram
★ SMA Kelas 11 / Ujian Tengah Semester 2 Genap MID UTS Biologi SMA Kelas 11 Di dalam p*nis terdapat saluran yang disebut uretra.

Saluran ini berfungsi untuk…. a. saluran sperma dan enzim b. saluran sperma dan hormon c. saluran sperma dan urine d. saluran sperma dan testis e.

penghasil sperma dan enzim Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar Preview soal lainnya: Ujian Tengah Semester 2 Genap (UTS / MID) IPS SD / MI Kelas 3 Berdasarkan jenis barang yang dijual pada gambar di atas adalah.

. a. Jenis pasar sayuran b. Jenis pasar ikan c. Jenis pasar buah-buahan d. Jenis pasar induk Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk Latihan Soal Lainnya: • Peluang - Matematika SMA Kelas 12 • PAS Penjaskes PJOK SD Kelas 6 • Sejarah Peminatan SMA Kelas 12 IPS • UTS PPKn SMA Kelas 12 • PTS Tema 1 PPKn SD Kelas 5 • Perumusan dan Pengesahan Dasar Negara - PPKn SMP Kelas 7 • IPA Tema 9 SD Kelas 5 • PTS 1 Bahasa Inggris SD Kelas 5 • Organisme Makhluk Hidup - IPA SMP Kelas 7 • PTS PAI Semester 2 Genap SD Kelas 1 Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia.

Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum. Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan • Hubungi Kami • Kirim Soal • Privacy Policy • Follow us: Facebook • Instagram • Twitter Jawaban: Uretra merupakan saluran yang berfungsi sebagai pengeluaran urine dan sperma (Opsi A) Penjelasan: Saluran - saluran Reproduksi Pada Laki - laki antara lain sebagai berikut : • Epididimis ; Merupakan tempat pematangan sel sperma.

• Vas Deferens ; Sebagai saluran sperma yang sudah matang dari epididimis menuju Vesikula seminalis (Kantong Sperma) • Saluran Ejakulasi ; Menyalurkan sperma matang dari Vesikula Seminalis menuju Uretra. • Uretara ; Saluran akhir tempat keluarnya sperma, dan juga saluran urine.

Pelajari materi Lebih Lanjut Pada : • Materi Tentang Alat Reproduksi pada Laki - laki : brainly.co.id/tugas/16793670 #BelajarBersamaBrainly 1. teori perkembangan kognitif jean piaget merupakan salah satu pilar konseptual dan menjadi dasar proses pendidikan anak usia sekolah. jean piaget me … mbagi perkembangan kognitif menjadi 4 tahap perkembangan yaitu sensorimotorik, praoperasional, operasi konkret, operasi formal.

berdasarkan tahap perkembangan kognitif jean piaget, pada tahap manakah perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar? dan coba anda uraikan karakteristiknya!
Mengenal lebih jauh tentang organ reproduksi laki-laki yang normal serta fungsinya, dapat membantu Anda mengantisipasi kelainan di organ-organ tersebut, seperti hipogonadisme.

Organ reproduksi laki-laki bagian eksternal Organ reproduksi laki-laki sebenarnya terdiri dari bagian eksternal dan internal. Mungkin selama ini Anda baru mengenal bagian eksternalnya. Namun sebenarnya, bagian internal juga memiliki peran yang penting untuk tubuh seorang pria. • Akar atau basis. Bagian ini menempel pada dinding perut bagian bawah.

• Batang penis • Kepala penis. Bagian ini ditutupi oleh lapisan kulit, yang akan dihilangkan saat menjalani sunat. Pada ujung kepala penis, terdapat lubang kecil yang merupakan bukaan dari saluran kemih. Bagian ini nantinya akan menjadi tempat keluar dari semen dan urine. Pada penis juga terdapat ujung-ujung saraf yang sensitif terhadap rangsangan. two. Skrotum Skrotum merupakan bagian yang terlihat berbentuk seperti kantung.

Letaknya berada di belakang penis, di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk merupakan tempat dari testikel, yang biasa disebut dengan testis. Pada skrotum juga terdapat banyak saraf dan pembuluh darah. Organ ini pun berperan untuk mengatur suhu testis. Agar testis dapat memproduksi sperma dengan baik, maka organ tersebut harus memiliki suhu yang sedikit lebih rendah, dibandingkan suhu tubuh.

3. Testis Organ berbentuk oval dengan ukuran sebesar biji zaitun ini terletak di dalam skrotum. Pada umumnya, setiap pria masing-masing memiliki dua testis. Testis berfungsi untuk menghasilkan testosteron, yang merupakan hormon seks pada pria. Selain itu, organ ini juga berfungsi untuk memproduksi sperma. 4. Epididimis Epididimis merupakan saluran panjang, yang terletak di belakang testis. Organ ini berfungsi untuk membawa dan menyimpan sel sperma yang telah diproduksi di testis.

Selain itu, organ ini juga berfungsi untuk mematangkan sperma yang dibentuk oleh testis. Setelah matang, sperma baru dapat melakukan tugasnya dalam membuahi sel telur. 6 Organ reproduksi laki-laki bagian internal Organ reproduksi laki-laki bagian internal juga disebut sebagai organ aksesori.

Ada enam organ yang masuk ke dalam kelompok ini, yaitu: 1. Vas deferens Organ ini merupakan saluran panjang dan tebal, mulai dari epididimis hingga ke rongga panggul. Organ ini terletak di belakang kandung kemih. Vas deferens berfungsi mengantar sperma matang ke uretra, sebagai persiapan ejakulasi. 2. Vesikula seminalis Vesikula seminalis merupakan organ berbentuk kantung yang menempel pada vas deferens, di dekat bagian dasar kandung kemih. Organ ini berguna dalam memproduksi cairan, sebagai pemberi energi sperma untuk bergerak.

3. Saluran ejakulasi Saluran ini terbentuk dari gabungan vas deferens dan vesikula seminalis. 4. Saluran kemih Organ ini disebut juga sebagai uretra, dan berfungsi untuk membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh. 5. Kelenjar prostat Kelenjar prostat terletak pada bagian bawah kandung kemih, di depan rektum atau anus. Kelenjar ini berfungsi menambahkan cairan yang membantu sperma, saat terjadi ejakulasi, dan membantu menjaga sperma tetap sehat.

6. Kelenjar bulbourethral Disebut juga sebagai kelenjar cowper, organ ini berfungsi untuk memproduksi cairan yang melicinkan saluran kemih. Selain itu, organ ini juga membantu menetralisir keasaman di saluran kemih, yang terbentuk akibat sisa urine. Fungsi organ reproduksi pria dimulai saat masa puber Peran utama dari semua organ yang telah disebutkan di atas adalah untuk bekerjasama memproduksi dan mengeluarkan semen ke sistem reproduksi wanita, saat melakukan hubungan seksual.

Namun, fungsi ini tidak langsung berjalan begitu saja. Saat bayi baru lahir, semua organ reproduksi tersebut sudah terbentuk. Namun, fungsi reproduksi baru akan berjalan saat seorang laki-laki memasuki masa pubertas. Saat masa puber dimulai, kelenjar pituitari akan mulai memproduksi hormon yang dapat menstimulasi testis untuk menghasilkan testosteron. Sebutan lain dari testosteron adalah hormon seks pada pria. Lebih jauh tentang peran hormon reproduksi pria Hormon bisa disebut sebagai bahan bakar bagi organ reproduksi pria.

Tanpa hormon, fungsi organ-organ tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Ada tiga hormon utama yang memiliki peran penting untuk organ reproduksi manusia, yaitu: • Follicle stimulating hormone (FSH) • Luteinizing hormone (LH) • Testosteron FSH dan LH adalah dua hormon yang diproduksi di kelenjar pituitari. FSH berperan penting dalam proses produksi sperman di tubuh. Sementara itu, LH berperan dalam produksi testosterone, yang juga diperlukan dalam proses pembentukan sperma. Produksi testosteron juga lah yang menyebabkan berbagai perubahan fisik pada laki-laki yang sedang puber, seperti: • Membesarnya skrotum dan testis • Membesarnya penis, vesikula seminalis, kelenjar prostat • Tumbuhnya rambut di area genital dan ketiak • Suara yang semakin berat • Bertambahnya tinggi badan Terbukti, bukan?

Ternyata, organ reproduksi laki-laki tidak hanya sebatas yang dapat terlihat. Organ-organ ini sangatlah penting bagi kesehatan, sehingga, jagalah kesehatannya sebaik mungkin. Organ Reproduksi Pria Yang Berfungsi Dalam Mematangkan Sperma Adalah Brainly Source: https://rsud.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/kenali-organ-reproduksi-laki-laki-dan-fungsinya-69 Terbaru • Nama Kepala Dinas Peternakan Provinsi Di Yogyakarta • Cara Memindahkan Foto Dari Cd Ke Hp • How to Hack Cctv Camera Using Cmd Pdf • Lingkungan Ternak Ayam Cocok Gak Buat Rumah Tinggal • Cara Membuat Hiasan Pintu Kamar Dari Kardus • Seluk Beluk Usaha Bisnis Ternak Lobster • Panduan Ht Baofeng Uv 82 Bahasa Indonesia • Jelaskan Cara Mengubah Interval Nada D Mayor • Pembagian Kerja Dan Beban Kerja Di Perusahaan Peternakan Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
Pada ujung penis pria terdapat sebuah lubang kecil yang merupakan muara dari saluran kencing, saluran kencing inilah yang dinamakan uretra.

Bentuknya seperti pipa kecil dengan panjang sekitar 15 sampai 25 cm, lebih panjang daripada uretra wanita. Uretra menempel pada kandung kemih di salah satu ujungnya, menembus prostat, dan berujung pada penis. Pada pria selain menjadi saluran keluarnya air seni, uretra juga berfungsi sebagai saluran keluarnya semen. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.Hallo Adik, kakak bantu jawab yaa Jawaban yang tepat adalah A.

Pada ujung penis pria terdapat sebuah lubang kecil yang merupakan muara dari saluran kencing, saluran kencing inilah yang dinamakan uretra. Bentuknya seperti pipa kecil dengan panjang sekitar 15 sampai 25 cm, lebih panjang daripada uretra wanita. Uretra menempel pada kandung kemih di salah satu ujungnya, menembus prostat, dan berujung pada penis. Pada pria selain menjadi saluran keluarnya air seni (urine), uretra juga berfungsi sebagai saluran keluarnya sperma pada saat ejakulasi.

Semoga membantu! 1. Tanaman berbatang tinggi homozigot disilangkan dengan tanaman berbatang rendah homozigot. Jika tanaman berbatang tinggi dominan terhadap tanaman berbatang rendah. Tentukan : A. Keturunan Pertama (F1) dari persilangan keduanya B. Keturunan Kedua (F2), jika keturuan pertama (F1) saling disilangkan C. Jumlah tanaman berbatang rendah, jika keturunan kedua (F2) menghasilkan sebanyak 16 kacang bioteknologi pangan adalah bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah. a. pemanfaatan kedelai untuk membuat tahu b. pemanfaatan bakteri untuk pengomposan c. menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi d. pemanfaatan bakteri untuk membuat asam cuka
1. Selama kehamilan,ovarium tidak akan membentuk folikel Graaf yang baru karena…. A. FSH mencegah pembentukan progesteron B. progesteron mencegah pembentukan FSH C.

FSH mencegah pembentukan estrogen D. progesteron mencegah pembentukan estrogen E. estrogen mencegah pembentukan progesteron 2. Fertilisasi eksternal berlangsung pada hewan … A. salamander B. tikus C. platypus D. trenggiling E. buaya 3. Pada manusia fertilisasi biasanya terjadi di… A. Serviks B. Endomentrium C. Vagina D. Saluran telur E.

Ovarium 4. Urutan yang benar yang dilalui oleh sperma pada alat reproduksi jantan adalah sebagai berikut … Pertenogenesis adalah . A. cara memperbanyak diri dengan regenerasi B. sel telur berkembang menjadi individu normal tanpa didahului pembuahan C.

pertumbuhan sel telur yang cepat setelah terjadi pembuahan D. terjadinya individu baru tanpa melalui stadium telur E. larva yang dapat menghasilkan keturunan 7. Pendewasaan sperma pada manusia berlangsung di … A.

testis B. epididimis C. tubulus seminiferus D. vas deferens E. vesikula seminalis 8. Urutan perkembangan sel telur yang telah dibuahi adalah sebagai berikut … A. mencegah terjadinya haid B. mencegah pematangan telur C. memetikan sperma yang masuk ke dalam rahim D. menambah daya tahan tubuh E. mengurangi jumlah sel telur 10. Lebah hasil partogenesis berjenis kelamin .

A. betina yang berautosom haploid B. betina yang berautosom diploid C. jantan yang berautosom haploid D. jantan yang berautosom diploid E. betina yang mandul 11. Konjugasi yang terjadi pada paramecium berhubungan dengan … A. reproduksi seksual B. metabolisme C. pertumbuhan sel D. reproduksi aseksual E. gametogenesis 12. Dari proses oogenesis dihasilkan A. satu ovum dan satu polosit B.

satu ovum dan dua polosit C. satu ovum dan tiga polosit D. dua ovum dan tigas polosit E. tiga ovum dan satu polosit\ 13.

Folikel telur yang telah ditinggalkan ovum akan mensekresikan hormone . A. estrogen B, androgen C, progesterone D. testosterone E. aldosteron 14. Mamalia ada yang ovipar dan ada yang vivipar. Pada kelompok yang vivipar, embrio berkembang di dalam rahim induknya. Perkembangan ini berlangsung karena embrio dapat memperoleh zat makanan dari induknya melalui . A. dinding usus B. kelenjar susu C. amnion D. plasenta E. ureter 15. Amnion pada mamalia berfungsi untuk melindungi embrio ini . 1. goncangan 2.

gesekan 3. kekeringan 4. bahaya keracunan Jawaban yang sesuai adalah. A. 1,3,2 B. 2,1 C. 1,3 D. 1,4,3 E. 1,2,3 16. Hormon estrogen dihasilkan oleh 1. sel-sel folikel 2. endomentrium 3. korpus luteum 4. hipofisis jawab : B 17. Yang berperan pada siklus reproduksi normal pada wanita adalah . 1. ovarium 2. uterus 3. glandula pituitaria 4. oviduk 18. Ovulasi yang berlangsung pada ovarium seorang wanita merupakan proses penting yang memungkinkan terjadinya fertilisasi.

SEBAB Ovulasi memungkinkan tersedianya sejumlah besar sel telur yang masak secara bersamaan untuk siap dibuahi. 19. Gonosom hanya terdapat dalam sel kelamin. SEBAB Gonosom adalah sel kelamin. 20. Secara kimia atau hormonal ovulasi dapat dicegah dengan pemberian kombinasi estrogen dan progesteron dalam kadar yang tepat. SEBAB Estrogen dan progesteron dapat menghambat produksi FSH maupun LH oleh kelenjar hipofisis. 21. Pada mamalia ovulasi terjadi setelah kopulasi SEBAB Pada mamalia kopulasi merangsang terjadinya ovulasi 22.

Berikut yang mana bukan hormone yang terdapat pada laki-laki … A. Progesteron B. Testosteron C. LH (Luteinizing Hormone) D. FSH (Follicle Stimulating Hormone) E. Estrogen 23. Tempat penyimpanan sementara sperma adalah A.Vas deferens B. Saluran ejakulasi C.

Uretra D. Vesikula seminalis E. Epididimis Jawaban E. Vas deferens adalah saluran sperma, sakuran ejakulasi adalah saluran pendek yang menghubungkan kantung semen dengan uretra, uretra adalah saluran akhir reproduksi di dalam penis, vesikula seminalis adalah kantung semen. 24. Spermatozoa dihasilkan oleh testis dan sebelum dikeluarkan akan ditampung di dalam kantung sperma (vesikula seminalis).

Saluran yang menghubungkan testis dengan kantung testis adalah … A. prostate dan epididimis B. epididimis dan vas deferens C. epididimis dan uretra D. vas deferens dan uretra E. uretra dan prostat 25. Semen terdiri dari . A. sperma B. sekresi prostat C. sekresi vesikula seminalis D. sekresi Cowper E.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk jawaban benar 26. Anak laki-laki mengalami pubertas mengalami perubahan suara dan bentuk tubuh. Perubahan ini dipengaruhi oleh hormon . A. testosteron B. progesteron C. adrenalin D. tiroksin E. somatotropin 27. Pada alat kelamin terdapat 2 saluran yaitu saluran reproduksi dan saluran ekskresi (uretra).

Pernyataan yang benar tentang kedua saluran di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk adalah . A. pada wanita keduanya terpisah, pada pria keduanya menjadi satu B. pada wanita keduanya menjadi satu, pada pria keduanya terpisah C.

pada bagian organ reproduksi dalam wanita keduanya terpisah, tetapi pada organ luar keduanya menjadi satu D. pada bagian organ reproduksi dalam wanita keduanya menjadi satu, tetapi pada organ luar keduanya terpisah E. pada bagian organ reproduksi luar pria keduanya terpisah, tetapi pada organ dalam keduanya menjadi satu. 28. Wanita dewasa umumnya akan mengalami menstruasi secara periodik yang ditandai dengan keluarnya darah dari vagina.

Yang terjadi pada saat menstruasi adalah . A. lepasnya ovum dari ovarium B. pertemuan antara sel sperma dan sel telur C. luruhnya ovarium setelah ovulasi D. luruhnya dinding endomentrium karena tidak ada fertilisasi E. sisa hormon yang diproduksi tetapi tidak terpakai 29. Pembentukan ovum sampai terbentuknya ovum yang matang terjadi melalui pembelahan meiosis yang terjadi dalam dua tahap, yaitu meiosis I dan meiosis II.

Pembelahan meiosis II di ovarium tidak berlangsung sampai selesai. Kelanjutan proses meiosis II dipengaruhi oleh adanya . A. hormon estrogen B. hormon progesteron C. hormon LH D. hormon FSH E. tidak adanya fertilisasi 30. Jumlah rata-rata ovum yang dihasilkan dari ovarium wanita yang tidak hamil setiap tahunnya adalah .

A. 6 B. 12 C. 24 D. 52 E. 64 31. Ovulasi dirangsang oleh hormon . A. FSH B. LH C. Oksitosin D. relaksin E. estrogen 32. Hubungan estrogen dengan proses ovulasi adalah . A. merangsang hipofisis untuk mensekresikan FSH yang akan menyebabkan folikel pecah B. merangsang hipofisis untuk mensekresikan LH yang menyebabkan folikel pecah C. merangsang folikel untuk menghasilkan LH dan FSH sehingga folikel tumbuh D.

merangsang folikel untuk menghasilkan progesterone yang tinggi sehingga folikel pecah E. menyebabkan corpus luteum menghasilkan progesterone yang akan menyebabkan folikel pecah 33. Perhatikan gambar dibawah ini Salah satu hormone yang dihasilkan corpus luteum adalah … A.

oksitosin B. FSH C. LH D. progesterone E. prolaktin 34. Hormon seks tidak diproduksi di … A. hipofisis B. ovarium C. kelenjar prostate D. testis E. folikel de Graaf 35. Proses hormonal yang akan mendorong terjadinya ovulasi adalah sebagai berikut : • penghambatan produksi FSH • peningkatan kadar estrogen • pelepasan LH • pelepasan oosit sekunder Urutan proses yang benar adalah . A. 1,2,3,4 B, 1,3,4,2 C, 2,3,1,4 D. 2,4,3,1 E. 2,1,3,4 36. Setelah terjadin ovulasi maka akan terjadi proses yang menyebabkan dinding endomentrium menebal.

Proses yang tidak benar berkaitan dengan penebalan endomentrium adalah . A. karena ovulasi maka akan terbentuk folikel de Graaf B. folikel de Graaf akan berubah menjadi corpus luteum C. penurunan produksi estrogen D. peningkatan produksi progesteron oleh folikel de Graaf E. tumbuh pembuluh-pembuluh darah pada endomentrium 37. Syarat terjadi proses seperti pada gambar bila terjadi fertilisasi. Pernyataan yang benar berkaitan dengan fertilisasi adalah . A. penempelan zigot pada dinding tuba falopi B.

penempelan embrio pada endomentrium C. pertemuan sperma dan telur pada tuba falopi D. pertemuan sperma dan telur pada vagina E. pertemuan sperma dan telur pada endomentrium 38. Hormon-hormon yang diproduksi oleh ovarium dan mempengaruhi terjadinya menstruasi adalah … A. LH dan FSH B.

estrogen dan FSH C. estrogen dan progesteron D. progesteron dan LH E. progesteron dan oksitosin 39. Alat reproduksi wanita terdiri dari • vagina • ovarium • oviduk • uterus Jalannya ovum sejak dibentuk sampai menjadi embrio secara berurutan dimulai dari .

A. 2,3,4 B. 2,4,3 C. 2,1,4 D. 3,1,4 R. 1,2,4 40. Implantasi merupakan penamaan . ke dalam endomentrium uterus. A. zigot B. gastrula C. blastosit D. morula E. janin 41. Hormon yang mempengaruhi penebalan dinding uterus hingga siap untuk kehamilan adalah . A. progesterone B.

estrogen C. oksitosin D. prostagladin E. relaksin 42. Organ dibawah ini terdapat dalam sistem reproduksi wanita.

1. ovarium 2. serviks 3. tuba falopi 4. fimbrae 5. uterus Organ yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan janin adalah nomor .

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

A.5 B.4 C.3 D.2 E.1 43. Berikut ini adalah hormon yang berpengaruh terhadap kontraksi uterus kecuali . A. oksitosin B. prostaglandin C. relaksin D. estrogen E. progesteron 44. Membran yang melindungi embrio dalam rahim terhadap goncangan adalah . A. amnion B. korion C. alantois D. sakus vitelinus E. amnion dan alantois 45.Berikut adalah alat reproduksi yang ada pada mamalia, kecuali .

A. testis B. ovarium C. vas deferens D. vagina E. kloaka 46. Berikut adalah reproduksi aseksual yang dilakukan oleh invertebrata, kecuali .

A. fragmentasi B. pertunasan C. partenogenesis D. konjugasi E. pembelahan tubuh 47. Reproduksi aseksual dengan pertunasan dilakukan oleh organisme . A. hydrilla B. planaria C. taenia D. hydra E. Turbinaria 48. Penyatuan sel sperma dan sel telur yang terjadi di luar tubuh betina dinamakan . A. hamil B. fertilisasi eksternal C. fertilisasi internal D. fertilisasi E. Vivipar 49. Proses kawin antar katak betina dan katak jantan dinamakan .

Note • Pada dasarnya makhluk hidup melakukan reproduksi adalah untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. • Disini akan dijelaskan sistem reproduksi dan organ-organ reproduksi pada manusia dan hewan, serta sistem reproduksi pada tumbuhan.

Sistem Reproduksi pada Manusia terdiri dari: Sistem reproduksi pada pria, meliputi: Organ reproduksi dalam: • Testis: berbentuk oval, jumlahnya sepasang dan terletak dalam skrotum atau kantung pelir. Testis terdapat di bagian bawah tubuh, di sebelah kanan dan kiri, dimana dibatasi oleh suatu sekat yang terdiri jaringan ikat dan otot polos.

Fungsi testis adalah menghasilkan sperma. • Epididimis: Saluran yang berkelok-kelokterdapat dalam testis ke arah luar skrotum, yang fungsinya adalah tempat menyimpan sperma sementara sebelum sperma akan melewati vas deferens. • Vas deferens: Saluran lurus yang mengarah ke atas, merupakan lanjutan epididimis. Tidak menempel pada testis dan ujung saluran tersebut ada di dalam kelenjar prostat. Berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis ke kantung semen atau vesikula seminalis.

• Uretra: merupakan saluran akhir alat reproduksi yang terdapat dalam penis. Berfungsi sebagai saluran kelamin dari kantung semen dan saluran yang membuang urin dari kantung kemih. • Kelenjar asesoris: Merupakan kelenjar yang menghasilkan berbagai getah kelamin yang akan ditambahkan kepada sperma, diamana getah-getah kelamin ini berfungsi umtuk mempertahankan hidup sperma dan pergerakan sperma.

Kelenjar ini terdiri atas: • Vesikula seminalis: Kelenjar berlekuk-lekuk yang terdapat di bagian belakang kantung kemih. Fungsinya adalah menghasilkan makanan bagi sperma. • Kelenjar prostat: melingkari bagian atas uretra dan berada di bawah kantung kemih.

Fungsinya menghasilkan getah yang mengandung kolesterol, garam, dan fosfolipid dimana berguna untuk kehidupan sperma.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

• Kelenjar Cowper: Kelenjar yang salurannya menuju uretra. Fungsinya menghasilkan getah yang bersifat basa. Organ Reproduksi Luar: • Penis: Terdiri dari 3 rongga. 2 rongga di bagian atas penis disebut korpus kavernosa yang merupakan jaringan spons. Sedangkan 1 rongga di bagian bawah yang membungkus uretra disebut korpus spongiosum dimana rongga ini juga merupakan jaringan spons.

• Skrotum: Kantung yang berisi testis, berjumlah sepasang dan masing-masing dibatasi oleh sekat berupa jaringan ikat dan otot polos yang dikenal dengan otot dartos yang berfungsi untuk mengendur dam mengerutkan skrotum. Selain otot dartos terdapat juga otot kremaster yang fungsinya mengatur suhu agar stabil untuk pembentukan sperma. Mengapa penis menjadi tegang apabila mendapat rangsangan?

• Jawab: Karena terdapat jaringan erektil yang mengandung pembuluh darah sehingga apabila ada rangsangan rongga tersebut akan terisi penuh oleh darah sehingga mengembang mengakibatkan penis menjadi tegang. • Spermatogenesis: Proses pembentukan sel yang melalui proses pembelahan, dan diferensiasi sel. Terjadi di tubulus seminiferus. • Proses spermatogenesis: spermatogonia yang bersifat haploid berkumpul di tepi membrane epitel germinal.

Lalu membelah secara mitosis. • Setelah beberapakali membelah akhirnya sel ini menjadi spermatosit primer yang bersifat diploid. • Lalu spermatosit primer membelah secara meiosis membentuk 2 buah spermatosit sekunder yang bersifat haploid.

• Kemudian membelah lagi secara meiosis membentuk 4 buah spermatid. Lalu spermatid berdiferensiasi menjadi sperma. Hormon pada pria: • Testosteron: Diekskresi oleh sel-sel Leydig. Berperan dalam pembentukan sperma yaitu pada pembelahan secara meiosis untuk membentuk spermatosit sekunder.

• LH: Diekkskresi oleh kelenjar hipofisis anterior yang berfungsi menstimulasi sel-sel Leydig untuk menhasilkan testosterone. • FSH: Berfungsi untuk menstimulasi sel-sel sertoli. Tanpa hormone ini spermiasi takkan terjadi. • Estrogen: Dibentuk oleh sel-sel sertoli. Berfungsi untuk pematangan sperma. Hormon Pertumbuhan: Diperlukan untuk metabolism testis.

Sistem Reproduksi Wanita: Organ Reproduksi Dalam: • Oviduk: Saluran telur. Pangkalnya berbentuk corong yang disebut infundibulum.

Pada infundiblum terdapat jumbai-jumbai fimbrae yang berfungsi menangkap ovum yang dilepaskan oleh ovarium, lalu masuk ke oviduk. Oviduk berfungsi untuk menyalurkan ovum dari ovarium ke uterus. • Uterus: Kantung peranakan. Berfungsi sebagai tempat perkembangan zygot. Terdiri dari beberapa lapisan otot polos dan lapisan endometrium. • Vagina: Saluran akhir dari saluran organ reproduksi bagian dalam.

Memiliki dindingberlipat-lipat berupa selaput berlendir, di tengahnya ada lapisan otot dan bagian paling dalam terdapat jaringan ikat berserat. Organ reproduksi bagian luar: • Vulva: Celah paling luar dari organ kelamin wanita. • Mons pubis: Daerah terluar dari vulva yang banyak mengandung jaringan lemak. • Labium mayor: lipatan seperti bibir besar yang berjumlah sepasang yang terdapat di bawah mons pubis.

• Labium minor: Bibir kecil yang terdapat di dalam labium mayor. • Klitoris: gabungan antara labium mayor dengan labium minor, mengandung korpus kavernosa yang terdapat banyak pembuluh darah dan syaraf-syaraf perasa. • Himen: Selaput mukosa yang banyak mengandung pembuluh darah. Oogenesis • Oogenesis: Proses pembentukan ovum di dalam ovarium.

• Di dalamnya terdapat sel indung telur (oogonium) lalu memperbanyak diri dengan cara mitosis menjadi oosit primer. • Oosit primer membelah secara meiosis, menghasilkan 2 sel yang berbeda ukurannya. • Sel yang lebih kecil, yaitu badan polar pertama membelah lebih lambat, membentuk 2 badan polar.

• Sel yang lebih besar yaitu oosit sekunder, melakukan pembelahan meiosis kedua yang menghasilkan ovum tunggal dan badan polar kedua.

• Ovum berukuran lebih besar dari badan polar kedua. Siklus Menstruasi • Siklus Menstruasi: Menstruasi merupakan pendarahan yang terjadi secara periodic dan memiliki siklus. • Ada satu peristiwa yang sangat penting dalam siklus menstruasi, yaitu ovulasi yaitu pelepasan ovum. • Ovum yang tidak dibuahi oleh sperma akan keluar dari rahim disertai dengan pendarahan kecil berupa luruhnya lapisan paling luar dinding rahim.

• Fase menstruasi: Terjadi saat ovum tidak dibuahi oleh sperma sehingga produksi hormin estrogen dan progestron akan dihentikan menyebabkan ovum lepas dari dinding rahim. Lepasnya ovum dari dinding rahim menyebabkan dinding rahim yang mengandung pembuluh darah robek dan terkelupas, maka terjadilah pendarahan kecil.

Pendarahan tersebut terjadi selama kurang lebih lima hari. • Fase pra-ovulasi: Merupakan akhir dari siklus menstruasi dimana hipotalamus mengeluarkan hormone gonadotropin, dan hormone gonadotropin ini merangsang hipofisis untuk mengeluarkan FSH.

FSH merangsang pembentukan folikel primer di sekitar ovum sampai ovum itu matang (folikel de Graaf). Selama bertumbuh, folikel juga melepaskan hormone estrogen dimana estrogen menyebabkan pembentukan kembali di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk penyusun dinding rahim. Selain itu peningkatan pembentukan hormone estrogen juga merangsang serviks untuk mengeluarkan lendir yang bersifat basa unuk mendukung lingkungan hidup sperma.

• Fase ovulasi: Pada saat ini terjadi peningkatan hormone estrogen dimana menghambat pelepasan FSH dari hiposifis.

Penurunan konsentrasi FSH menyebabkan hiposfisis melepaskan LH yang merangsang pelepasan oosit sekunder dari folikel de Graaf.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

Inilah ovulasi yaitu saat dimana terjadi pelepasan oosit sekunder yang siap untuk dibuahi oleh sperma. Umumnya ovulasi terjadi pada hari ke 14. • Fase pasca ovulasi: Folikel de graaf akan mengerut dan berubah menjadi korpus luteum karena pengaruh LH dan FSH. Korpus luteum tetap menghasilkan hormone estrogen dan progesteron namun tak sebanyak folikel de graaf. • Pada intinya progesterone mendukung estrogen dalam menumbuhkan pembuluh-pembuluh darah pada endometrium serta merangsang sekresi lendir pada vagina, pembentukan kelenjar susu yaitu untuk menyiapkan penanaman zygot pada uterus bila terjadi pembuahan.

Fase ini pada umumnya terjadi pada hari ke 15. Apabila ovum tidak dibuahi pada hari ke 26 sehingga akan berubah menjadi korpus albikan yang memiliki kemampuan menghasilkan estrogen dan progesterone yang rendah sehingga kadar dari kedua hormone tersebut rendah yang membuat FSH dan LH kembali diproduksi yang menyebabkan terjadinya siklus menstruasi lagi. Fertilisasi • Fertilisasi: Merupakan proses dimana oosit sekunder yang dibuahi oleh sperma.

• Namun sebelumnya sperma harus menembus lapisan-lapisan oosit sekunder yaitu korona radiate, lalu zona pelusida. • Untuk itu sperma membutuhkan senyawa yang membantunya untuk menembus lapisan-lapisan pada oosit sekunder.

• Senyawa tersebut ada pada akrosom sperma yaitu hialuronidase yang dapat melarutkan lapisan pada korona radiata, akrosin yang dapat melarutkan glikoprotein pada zona pelusida, antifertilizin merupakan antigen pada oosit sekunder yang membuat sperma dapat melekat pada oosit sekunder. • Selain itu oosit sekunder juga mengeluarkan senyawa yang disebut fertilizing yang berfungsi membuat pergerakan sperma menjadi lebih cepat, menarik sperma secara kemotaksis positif, mengumpulkan sperma di sekeliling oosit sekunder.

• Saat sperma masuk ke dalam oosit sekunder, zona pelusida menghasilkan senyawa yang membuat sperma lain tidak bisa menembus oosit sekunder. • Lalu ekor sperma berdegenerasi dan nukleusnya membesar lalu nucleus sperma berfusi dengan nucleus ovum lalu terbentuklah zigot. Pregnancy • Kehamilan: Zigot yang membelah terus menerus(morula), bergerak ke uterus karena zigot memeang akan tertanam di uterus. • Morula lalu akan terus membelah sampai membentuk blastosit.

• Sel-sel bag. luar blastosit (trofoblas) merupakan sel-sel yang akan membantu penanaman blastosit pada uterus. • Pada intinya sel-sel trofoblas tersebut berfungsi dalam pembentukan membrane kehamilan yang berfungsi untuk proses transportasi, respirasi, ekskresi serta proses-proses penting lainnya bagi embrio dalam kandungan. Membran kehamilan tersebut antara lain yang merupakan sel-sel bagian luar dari blastosit: • Sakus vitelinus: Membran berbentuk kantung yang dibentuk dari perluasan lapisan endoderm.

Merupakan tempat pembentukan sel-sel dan pembuluh-pembuluh darah pertama embrio, berekasi dengan trofoblas membentuk korion. • Korion: Membran terluar yang tumbuh melingkupi embrio. Korion membentuk jonjot yang berisi pembuluh darah embrio yang berhubungan dengan pembuluh darah embrio. Lalu korion dengan jaringan endometrium uterus akan membentuk plasenta yang merupakan organ yang memberikan nutrisi bagi embrio.

• Amnion: Membran yang langsung melingkupi embrio. Embrio ada dalam suatu ruang yang berisi cairan amnion yang dihasilkan dari membrane amnion. Cairan ini berfungsi untuk menjaga embrio agar dapat bergerak denagn bebas serta melindungi embrio dari guncangan-guncangan serta perubahan suhu.

• Alantois: membrane yang membentuk tali pusar dimana tali pusar tersebut menghubungkan embrio dengan plasenta pada endometrium ibunya. Dalam alantois terdapat pembuluh-pembuluh darah yang berfungsi untuk mengantarkan sari-sari makanan di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk oksigen kepada embrio serta merupakan saluran pembuangan metabolism dari embrio yang nantinya akan dibuang oleh ibu berupa urea serta karbondioksida. • Sel-sel bagian dalam blastosit akan berkembang menjadi bakal embrio yang terdapat ectoderm(lapisan luar) dimana permukaannya melekuk ke dalam sehingga membentuk lapisan mesoderm(tengah) serta terdapat juga endoderm ( lapisan dalam).

Ketiga lapisan tersebut akan berkembang menjadi berbagai organ pada minggu keempat sampai kedelapan. • Ektoderm: berdefrensiasi menjadi saraf, mata, kulit, dan hidung • Mesoderm: berdefrensiasi menjadi tulang, otot, jantung, pembuluh darah, ginjal, limpa, dan kelenjar kelamin. • Endoderm: berdefrensiasi menjadi jaringan-jaringan yang berkaitan dengan sistem pencernaan dan pernapasan. • Masa janin (fetus) adalah masa dimana terjadi penyempurnaan berbagai orang dan pertumbuhan tubuh yang pesat pada janin.

Persalinan • Persalinan: Proses kelahiran bayi diamana uterus menjadi lebih peka sampai akhirnya berkontraksi hingga bayi lahir. • Peningkatan kepekaan dan aktivitas uterus dipengaruhi oleh beberapa hormone yaitu estrogen yang berfungsi untuk kontraksi uterus, oksitosin yang berfungsi juga untuk kontraksi uterus, prostaglandin yang berfungsi untuk meningkatkan intensitas kontraksi uterus, serta relaksin yang berfungsi untuk melunakkan serviks dan melonggarkan tulang panggul agar persalinan mudah.

Laktasi (menyusui) di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk Laktasi: Yaitu produksi air susu yang berasal dari kelenjar susu atau payudara ibu. • Sebelum kehamilan, payudara hanya terdiri dari jaringan lemak serta kelenjar susu dan saluran-saluran kelenjar yang belum berkembang. • Namun pada masa kehamilan, kelenjar susu mulai dirancang oleh mammotropin yang merupakan hormin yang dihasilkan dari hipofisis ibu dan plasenta janin. • Selain itu dihasilkannya sejumlah besar estrogen dan progestron yang membuat saluran-saluran kelenjar payudara tubuh dan bercabang dan membuat kelenjar payudara dan jaringan lemak juga membesar.

progestron dan estrogen pada dasarnya berfungsi untuk mencegah sekresi dari air susu.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

• Keuntungan bagi bayi apabila diberikan ASI oleh ibunya yaitu terpenuhunya kebutuhan gizi, selain itu ASI juga terkandung antibodi yang memberikan perlindungan alami bagi bayi, selain itu dapat meningkatkan IQ anak, dan yang terpenting adalah terbentuknya ikatan emosional yang kuat antara ibu dan anaknya.

• Sedangkan keuntungan pemberian ASI kepada bayinya bagi sang ibu yaitu membantu mengurangi berat badan yang vertambah saat kehamilan, merangsang uterus untuk kembali pada bentuknya yang semula, dan menekan ovulasi, sehingga ibu yang menyusui jarang hamil kembali.

Gangguan pada sistem reproduksi manusia: Pada wanita: • Gangguan menstruasi: amenore primer yaitu tidak terjadinya menstruasi hingga usia 17 tahun, sedangkan amenore sekunder yaitu tidak terjadinya menstruasi selama 3-6 bulan atau lebih. • Kanker vagina: Kemungkinan penyebabnya adalah iritasi yang disebabkan oleh virus. • Kanker serviks: keadaan dimana sel-sel abnormal tumbuh di seluruh lapisan epitel serviks.

• Kanker ovarium: Berupa rasa berat pada panggul, perubahan fungsi saluran pencernaan, atau pendarahan vagina yang abnormal. • Endometriosis: keadaan dimana jaringan endometrium tumbuh di skitar oviduk.

uterus, atau malah di paru-paru. Dapat menyebabkan sulit terjadinya kehamilan. • Infeksi vagina: berupa keputihan disertai dengan rasa gatal yang disebabkan oleh infeksi, jamur, atau bakteri.

Pada pria: • Hipogonadisme: penurunan fungsi testis yang disebabkan oleh gangguan interaksi hormone. • Kriptorkidisme: kegagalan dari satu atau kedua testis untuk turun dari ringga abdomen ke dalam skrotum pada waktu bayi. • Uretritis: peradangan daerah uretra dengan gejlaa rasa gatal dan ingin buang air kecil terus. Disebabkan oleh organisme. • Prostatitis: peradangan prostat yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun bukan bakteri.

• Epididimitis: infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi pria oleh E.coli dll. • Orkitis: peradangan pada testis yang disebabkan oleh virus parotitis, apabila terjadi pada pria dewasa dapat menyebabkan kemandulan. Kesehatan organ reproduksi: Pada wanita: • Membersihkan mulut vagina bagian luar setelah buang air dengan air hangat dan sabun dengan kadar soda rendah.

• Biasakan hanya menggunakan obat-obatan antiseptic untuk daerah kewanitaan hanya 2 kali semunggu yaitu pada saat pertengahan menstruasi saja. • Vagina yang setelah dibersihkan dengan air, harus dikeringkan agar tidak ada jamur yang tumbuh. • Menggunakan selana yang berbahan katun agar mudah menyerap keringat sehingga tidak lembap. • Tidak membubuhi bedak pada daerah kewanitaan karena dapat menyebabkan kanker. • Menghentikan kebiasaan menahan membuang air kecil karena tetesan urin menumbuhkan di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra.

saluran ini berfungsi untuk. Pada pria: • Melakukan pemeriksaan organ reproduksi secara rutin. • Tidak menggunakan celana terlalu ketat yang dapat menyebabkan penis kepanasan. • Mengurangi kebiasaan mandi dengan air panas karena sperma hidup I lingkungan yang sejuk.

• Menjalankan pola hidup sehat. • Menghindari penyakit seksual yang menular. • Hindari rokok dan minuman beralkohol. TRY AGAIN 1. Berikut organ reproduksi • oviduk/tuba falopi • skotrum • vas deferens • uterus • kantong semen • kelenjar prostat • ovarium • testis Yang merupakan organ reproduksi pada perempuan adalah. a. 1,2,7 b. 1,4,7 c. 1,5,6 d. 1,4,8 2. Organ-organ reproduksi pada laki-laki adalah. a. 2,3,5,6,8 b. 1,3,4,7,8 c. 4,5,6,7,8 d. 3,4,5,6,8 3. Gambar reproduksi wanita Bagian yang ditunjuk oleh no 2 adalah.

a. rahim b. oviduk/tuba falopi c. ovarium d. serviks 5. Jumlahnya sepasang kiri dan kanan, berfungsi menghasilkan sel telur yang sudah matang dan menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. a. rahim b. oviduk/tuba falopi c. ovarium d. vagina 6. Peristiwa seperti di bawah ini terjadi di. a. vagina b. ovarium c. rahim d. oviduk/tuba falopi 7. Berikut pernyataan yang benar tentang KB alami adalah. a. wanita=KB vasektomi, pria=KB tubektomi b.

wanita=KB andalan wanita, pria=KB andalan pria c. wanita=KB tubektomi, pria=KB vasektomi d. wanita=KB wanitomi, pria=KB pritomi 8. Bagian yang ditunjuk oleh huruf z adalah a. uretra b. testis c. kelenjar cowpery d. kantong semen 9. Bagian yang berfungsi untuk menghasilkan lendir sebagai cairan pelicin dan menambah dan menambah cairan pada semen adalah. a. penis b. kelenjar cowpery c. kantong semen d. kelenjar prostat 10. Kelenjar prostat terdapat pada bagian.

a. diatas penis b. di bawah tubulus recti c. bagian ujung saluran uretra d. pangkal saluran uretra TRY AGAIN 1. Proses pembentukan gamet di dalam alat reproduksi disebut. A. spermatozoid B. oogenesis C. gametogenesis D. sporulasi Jawaban : C 2. Proses pembentukan sel sperma pada testis adalah. A. spermatozoid B. oogenesis C. spermatogenesis D. sporulasi Jawaban : C 3. Pematangan sperma di testis terjadi di. A. dermis B. epidermis C. spinalis D.

epidedermis Jawaban : C 4. Penghasil sel sperma pada alat reproduksi pria adalah. A. testis B. ovarium C. vas deferens D. uterus Jawaban : A 5. Penghasil ovum pada alat reproduksi di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk adalah. A. testis B. ovarium C. vas deferens D. uterus Jawaban : B 6.

di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk

Memasukkan sel sperma kedalam tubuh wanita melalui. A. prostat B. tuba falopi C. penis D. vagina Jawaban : C 7. Tempat masuknya penis saat perkawinan adalah . A. prostat B. tuba falopi C. penis D. vagina Jawaban : D 8. Peristiwa pelepasan sel telur dari ovarium disebut. A. ovulasi B. fertilisasi C. polinasi D. implantasi Jawaban : A 9. Peristiwa penempelan zigot pada dinding rahim, disebut. . A. ovulasi B. fertilisasi C. polinasi D. implantasi Jawaban : D 10. Organ yang berfungsi untuk pertukaran zat maupun gas antara ibu dengan embrio adalah.

A. tali pusar B. plasenta C. amnion D. oviduk Jawaban : B 11. Panjang embrio sekitar 6 cm, kepala lebih besar dari badannya, mata, telinga, hidung, jari, mulai terbentuk dan mengalami perkembangan.

hal ini ciri embrio manusia pada. A. 10 minggu B. 8 minggu C. 4 minggu D. 32 minggu jawaban : A 12. Luka penis atau vagina, membahayakan jantung dan otak penderita. ditularkan dari ibu ke fetusnya merupakan ciri-ciri penyakit kelamin. A. sipilis B. gonore C. herpes D. AIDS Jawaban : B 13. Penyakit AIDS disebabkan oleh virus. A. ARN B. ADN C. HIV D. RBNA Jawaban : C 14. Virus HIV menyerang. . A. eritrosit B. leukosit C. trombosit D.

getah bening Jawaban : B 15. Orang dengan HIV/AIDS dengan istilah. A. HIV negatif B. ODHA C. pneumonia D. sel T Jawaban : C 16. Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. Saluran ini berfungsi untuk. . A. saluran sperma dan urine B. penghasil sperma dan hormon C.

penghasil sperma dan uurine D. saluran sperma dari testis ke kantong sperma Jawaban : A 17. Masa pubertas ditandai dengan dihasilkannya dan dikeluarkannya. A. sperma oleh individu jantan atau sel telur oleh individu betina B. testosteron oleh testis dan estrogen oleh ovarium C. testosteron dan FSH D. FSH dan LH Jawaban : A 18. Selaput pembungkus embrio salah satunya adalah amnionyang mempunyai fungsi.

. A. melindungi ibu dan janin B. pertukaran zat antara ibu dan janin C. melindungi embrio dari benturan D. memberi makanan dan O2 pada embrio Jawaban : C 19. Penghubung antara ibu dan embrio adalah. A. plasenta B. amnoin C. korion D. yolk Jawaban : A 20.

Berikut ini yang bukan termasuk organ reproduksi pada pria adalah. A. testis B. tuba falopi C. vas deferens D. penis jawaban : B "MIGUNANI TUMRAP ING LIYAN" MELAYANI INFORMASI BIOLOGI SEBANYAK BANYAKNYA UNTUK TINGKAT SMA, SMP YANG AKAN MENGHADAPI ULANGAN HARIANULANGAN BLOK ,ULANGAN UMUM, UJIAN NASIONALDAN TEST PERGURUAN TINGGI ATAUPUN TUGAS TUGAS YANG BERHUBUNGAN DENGAN BIOLOGI.

TIDAK PERLU PAKAI PASWORDPAKAI YANG ANEH ANEH .POKOKNYA INGIN PINTER SEGERA DOWNLOAD GRATIS HEHEHEHE "HOPEFULLY USEFUL".isharmanto bojonegoro • ► 2022 (7) • ► April (2) • ► February (1) • ► January (4) • ► 2021 (66) • ► December (5) • ► October (1) • ► September (3) • ► August (15) • ► July (11) • ► June (14) • ► May (3) • ► April (5) • ► March (2) • ► February (6) • ► January (1) • ► 2020 (45) • ► December (3) • ► November (3) • ► October (4) • ► September (9) • ► August (5) • ► July (3) • ► June (11) • ► May (2) • ► April (3) • ► March (1) • ► February (1) • ► 2019 (81) • ► December (8) • ► November (4) • ► October (1) • ► September (5) • ► July (1) • ► June (6) • ► May (3) • ► April (3) • ► March (7) • ► February (36) • ► January (7) • ► 2018 (54) • ► December (6) • ► November (8) • ► October (5) • ► September (6) • ► August (1) • ► July (2) • ► June (5) • ► May (3) • ► April (2) • ► March (4) • ► February (10) • ► January (2) • ► 2017 (144) • ► December (4) • ► November (5) • ► October (9) • ► September (16) • ► August (15) • ► July (5) • ► June (24) • ► May (17) • ► April (6) • ► March (6) • ► February (9) • ► January (28) • ► 2016 (338) • ► December (67) • ► November (45) • ► October (35) • ► September (27) • ► August (9) • ► July (7) • ► June (38) • ► May (8) • ► April (24) • ► March (35) • ► February (25) • ► January (18) • ► 2015 (392) • ► December (41) • ► November (37) • ► October (52) • ► September (24) • ► August (15) • ► July (40) • ► June (56) • ► May (20) • ► April (19) • ► March (25) • ► February (29) • ► January (34) • di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra.

saluran ini berfungsi untuk 2014 (378) • ► December (38) • ► November (35) • ► October (47) • ► September (62) • ► August (10) • ► July (9) • ► June (21) • ► May (18) • ► April (7) • ► March (58) • ► February (35) • ► January (38) • ► 2013 (295) • ► December (96) • ► November (28) • ► October (35) • ► September (42) • ► August (4) • ► July (7) • ► June (6) • ► May (11) • ► April (11) • ► March (21) • ► February (16) • ► January (18) • ► 2012 (374) • ► December (36) • ► November (39) • ► October (28) • ► September (13) • ► August (33) • ► July (53) • ► June (35) • ► May (28) • ► April (20) • ► March (35) • ► February (19) • ► January (35) • ▼ 2011 (403) • ► December (63) • ► November (30) • ► October (34) • ► September (18) • ► August (16) • ► July (15) • ► June (44) • ► May (28) • ► April (37) • ► March (34) • ▼ February (42) • TEST ARTHROPODA • PRE TEST CACING (VERMES) • TEST CACING (VERMES) • BANK SOAL BIOLOGI (EXTRACT BIOLOGICAL) • SOAL SIMULASI SAKTI UN 2011 ( X ) • TEST AWAL PROTOZOA • TEST BIOTEKNOLOGI 1 • SOAL LUMUT AND PAKU • TEST AWAL VIRUS • TEST AWAL GENETIKA • PRE TEST PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN • PASCA TEST VIRUS • TEST SISTEM INDERA • TEST KINGDOM PLANTAE 01 • TEST SYSTEM Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra.

saluran ini berfungsi untuk • TEST SYSTEM REPRODUKSI • MIKROBIA PATOGEN DILUAR BAKTERI • BAKTERI MERUGIKAN • PAKU SUPLIR - ADIANTUM • FRESH UN 2011- NEW • KANKER DARAH PUTIH - LEUKEMIA • KITAB KUNING APA ITU • TENGKORAK - CRANIUM - FACIAL • MALAIKAT TURUN KE BUMI • TEST EVOLUSI • TEST VIRUS • EVOLUSI ITU ADA • POLYGAMI SESUNGGUHNYA • SOAL EKOLOGI SMP 9 • SOAL EKOLOGI SMP 9 • DEMOGRAFI - KEPENDUDUKAN 9 • UN IPA SMP 3 • UN SMP 2 • UN SMP • MASIH SEPUTAR SOAL UN 2011 • BOJONEGORO - ANGLING DARMO • MAU INI • ALKALOID • TUHAN APA HANYA DI TEMPAT TERTENTU ?

• TIDAK SEKEDAR TAHU PRODUK BIOTEKNOLOGI • APLIKASI HARDY - WEINBERG • SKL BIOLOGI 2011 DENGAN 40 INDIKATOR SOAL • ► January (42) • ► 2010 (668) • ► December (46) • ► November (51) • ► October (35) • ► September (39) • ► August (35) • ► July (58) • ► June (35) • ► May (51) • ► April (41) • ► March (91) • ► February (77) • ► January (109) • ► 2009 (232) • ► Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra.

saluran ini berfungsi untuk (138) • ► November (66) • ► October (4) • ► September (18) • ► July (1) • ► April (4) • ► March (1) • ► 2008 (1) • ► October (1)
tirto.id - Organ reproduksi pada manusia adalah sekumpulan organ yang berfungsi sebagai sistem reproduksi. Walau sudah dimiliki sejak janin, namun organ tersebut baru benar-benar berkemampuan untuk melakukan reproduksi setelah memasuki masa pubertas yakni usia 9-15 tahun.

Pada pria, organ reproduksinya terbagi menjadi dua bagian yakni organ internal dan organ eksternal. Merujuk pada laman emodul.kemdikbud.go.id berikut penjelasannya: Organ eksternal (luar) Organ reproduksi yang berada di bagian luar tubuh pria atau eksternal terdiri penis, skrotum (kantong zakar), dan testis.

1. Penis Bagian dari alat reproduksi ini terdiri atas 3 bagian yakni akar, badan, dan glans penis. Penis berfungsi dalam persetubuhan atau kopulasi, untuk saluran mengeluarkan urine, dan saluran mengeluarkan semen. Terdapat tiga jaringan erektil silindris yang berongga dan banyak pembuluh darah, yang menjadi bagian dalam penis.

Pembuluh darah tersebut bernama korpus kavernosa dan korpus spongiosum yang membungkus saluran uretra. Sperma keluar melalui uretra saat ejakulasi.

Rongga-rongga jaringan erektil dapat terisi penuh dengan darah jika pria mengalami rangsang seksual. Kondisi tersebut dikenal sebagai ereksi, yakni kala penis tegang akibat terpompanya darah ke pembuluh darah di dalamnya. Saat pria memasuki masa puber, pada kulit akar penis akan tumbuh rambut. Pada glans atau bagian ujung penis terdapat banyak syaraf.

Komposisi cairan semen adalah 90% air dan 5 % sperma yang mengandung 50-120 juta sel sperma/mL. 2. Skrotum. Bagian ini kerap disebut sebagai pelir, jumlahnya sepasang yang dipisahkan oleh septum internal.

Di dalam skrotum ada 2 buah testis. Ada otot dartos dan otot kremaster yang berfungsi menggerakkan skrotum untuk mengerut dan mengendur (otot dartos) jika suhu dingin atau panas. Otot kremaster mengatur suhu testis agar lebih rendah dari suhu tubuh. Suhu testis harus lebih rendah 3 derajat celsius dari suhu sekitarnya demi proses spermatogenesis atau pembentukan sperma yang sehat. 3. Testis Di testis ini proses produksi sperma (spermatogenesis) berlangsung. Sel yang bekerja dalam pembentukan sperma disebut sel tubulus seminiferus.

Jumlah normal produksi adalah sekira 100 juta setiap hari. Mengutip Modul Guru Keperawatan SMK Pada testis juga dihasilkan hormon reproduksi testosteron oleh sel Leydig. Testosteron berpengaruh besar bagi perkembangan kelamin sekunder pria seperti sikap kelaki-lakian, penampilan dan kejantanan tubuh. Ciri-ciri kelamin sekunder pria: - Suara yang membesar - Tumbuhnya kumis, jenggot, serta rambut pada bagian tertentu - Bentuk dada yang bidang.

Organ internal Organ reproduksi di dalam tubuh pria adalah saluran pengeluaran (saluran reproduksi). Saluran reproduksi pada pria terdiri dari saluran epididimis, saluran vas deferens, saluran ejakulasi, dan saluran uretra. - Saluran Epididimis panjangnya sekira 4-6 meter dan menjadi penghubung antara testis dengan vas deferens. Sperma disimpan sekira 2 pekan di sini hingga proses pematangan sampai jadi dewasa dan siap membuahi.

- Saluran Vas Deferens menjadi tempat penampungan sperma setelah matang di epididimis. Caranya, otot dinding saluran epididimis berkontraksi saat ereksi dan membuat sperma terdorong ke vas deferens. - Saluran Ejakulasi (duktus ejakulatoris) adalah tempat sperma dari vas deferens, mengalir ke saluran pemancaran yang disebut duktus ejakulatoris.

Ejakulasi adalah kondisi penis yang menegang, agar dapat menyalurkan semen ke organ reproduksi wanita. - Saluran Uretra berfungsi 2 yakni mengeluarkan cairan sperma dan mengeluarkan urine.
Soal No. 1) Berikut ini adalah saluran reproduksi pada pria secara urut…. a. testis, vas deferens, epididimis, uretra, penis b. testis, epididimis, vas deferens, uretra, penis c. testis, uretra, vas deferens, epididimis, penis d.

testis, epididimis, uretra, vas deferens, penis Jawaban B. Saluran reproduksi pada pria apabila diurut dari bagian dalam hingga bagian terluar adalah TESTIS > EPIDIDIMIS > VAS DEFERENS > URETRA > PENIS. Oleh sebab itu maka jawaban yang benar untuk soal ini adalah B. Testis, epididimis, vas deferens, uretra, penis. Soal No 2) Peristiwa pelepasan ovum dari ovarium disebut…. a. menstruasi b. fertilisasi c. ovipar d. ovulasi Jawaban D Pada masa pubertas, ovum yang sudah matang akan dilepaskan dari sel folikel dan dikeluarkan dari ovarium.

Proses pelepasan dari ovarium disebut ovulasi. Soal No. 3) Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. Saluran ini berfungsi untuk….

a. saluran sperma dan urine b. penghasil sperma dan hormon c. penghasil sperma dan urine d. saluran sperma dari testis ke kantong sperma Jawaban A Uretra berfungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual.

Pada pria, berfungsi juga dalam sistem reproduksi sebagai saluran pengeluaran air mani. Simak Juga : Di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk Sistem Pertahanan Tubuh Soal No 4) Masa pubertas ditandai dengan dihasilkan dan dikeluarkannya…. a. sperma oleh pria atau sel telur oleh wanita b. testosteron oleh testis dan estrogen oleh ovarium c. testosteron dan FSH d. FSH dan LH Jawaban A Untuk pria, dapat dikatakan telah mencapai masa pubertas apabila sudah memproduksi sel sperma dan mengeluarkannya sebagai bentuk pubertas.

sel sperma ini akan matang di dalam saluran epididimis dengan bantuan hormon testosteron yang bertindak langsung dalam pembuatan dan pematangan sel sperma. Untuk wanita, dapat dikatakan telah mencapai masa pubertas apabila sudah mampu memproduksi sel telur atau ovum dan mengeluarkannya dalam proses yg disebut menstruasi.

Soal No. 5) Selaput pembungkus embrio salah satunya adalah amnion yang mempunyai fungsi…. a. melindungi ibu dan janin b. pertukaran zat antara ibu dan janin c. melindungi embrio dari benturan d. memberi makanan dan O2 pada embrio Jawaban C. Soal No. 6) Penghubung antara ibu dan embrio adalah…. a. plasenta b. amnion c. khorion d. yolk Jawaban A Soal No. 7) Selain menghasilkan sel sperma, testis juga berfungsi sebagai tempat pembentukan hormon ….

a. insulin b. estrogen c. progesteron d. testesteron Jawaban D. Testosteron adalah hormon yang penting untuk laki-laki. insulin dibentuk di pankreas estrogen dan progresteron dibentuk pada kelamin perempuan Soal No. 8) Seorang wanita sudah tidak produktif untuk bereproduksi yang ditandai dengan tidak mengalami menstruasi disebut ….

a. oogenis b. permatogenesis c. ovulasi d. menopause Jawaban D Wanita mengalami menstruasi secara periodik yakni sebulan sekali. Pada saat wanita sudah tak lagi bisa melepaskan ovum maka siklus mensturasi yang periodik ini menjadi tak lagi teratur sampai kemudian berhenti sama sekali. Masa tersebutlah yang kemudian dikenal dengan istilah MENOPOUSE. Soal No. 9) Pernyataan di bawah ini berkaitan dengan masa reproduksi pada perempuan, kecuali ….

a. menstruasi terjadi karena tidak terjadi peristiwa pembuahan b. kadar progesteron tinggi pada rahim menghambat menstruasi c. perempuan hamil memiliki payudara nampak lebih mengembang karena pengaruh progesteron dan estrogen d.

kadar progesteron menurun, menstruasi terjadi kembali e. pada saat hamil menstruasi terjadi secara tidak teratur Jawaban E Soal No.

10) Pada akhir spermatogenesis dari satu sel induk sperma akan dihasilkan …. a. satu sel pengiring dan 3 spermatozoa b. satu spermatozoa c. dua spermatozoa dan sepasang sel pengiring d. dua spermatozoa e. empat spermatozoa Jawaban E. – spermatogenesis adalah proses pembentukan sel spermatozoa, dari satu sel induk sperma dihasilkan empat spermatozoa yang fungsional. – oogenesis adalah proses pembentukan sel telur, dari satu sel induk oogonis akan dihasilkan satu sel ovum yang fungsional dan 3 sel polosit.

Soal No. 11) Hormon yang aktif paling awal pada proses menstruasi seorang perempuan dewasa adalah …. a. estrogen b. progesteron c.

gonadotropin d. FSH e. LH Jawaban B. Pada awal menstruasi terjadi fase proliferasi. Pada fase ini terjadi penurunan kadar hormon progesteron secara mendadak. Hal ini akan menyebabkan kontraksi dinding uterus yang akibatnya suplai darah ke endometrium berhenti sehingga seluruh dinding uterus meluruh. Soal No. 12) Zat-zat berikut ini yang tidak terkandung di dalam ASI adalah….

a. Karbohidrat b. Protein c. Urea d. Lemak e. Taurin Jawaban C. Soal No. 13) Setelah dibentuk di tubulus seminifemus, kemudian sperma akan disimpan di tempat penyimpanan yang dinamakan….

a. Skrotum b. Vas deferens c. testis d. Epididimis e. Uretra Jawaban D Soal No. 14) Selain menghasilkan ovum, ovarium juga dapat menghasilkan… a. hormon insulin dan hormon testoteron b.

hormon testosteron dan hormon esteron c. hormon progesteron dan hormon esteron d. hormon insuliin dan hormon esteron e. hormon prolaktin dan hormon progesteron Jawaban C Soal No. 15) Pada organ reproduksi pria, urutan jalur yang dilalui sperma yaitu… a. Testis > uretra > vas diferens > vesikula seminalis b. Testis > vas diferens > vesika seminalis > uretra c.

Testis > vesika seminalis > vas diferens, uretra d. Testis > vas diferens > uretra > vesika seminalis e. Testis > vesika seminalis > vas diferens > ureter Jawaban B.

Soal No. 16) Hormon HCG mempunyai fungsi untuk… a. Merangsang proses kehamilan b. Merangsang corpus luteum agar menghasilkan progesteron dan estrogen c. Memberi nutrisi pada janin d. Merangsang pengeluaran air susu e. Merangsang terjadinya ovulasi Jawaban B. Soal No. 17) Jenis hormon yang merangsang pembentukan ASI yaitu… a. Insulin b.

Estrogen c. Prolaktin d. Progesteron e. Testoteron Jawaban D. Soal No. 18) Sel yang mempunyai kromosom haploid (n) pada spermatogenesis yaitu… a. spermatid dan spermatisit pimer b. spermatid dan spermatogonium c. spermatogenium dan spermatosit sekunder d. spermatid spermatosit dan sekunder e.

spematosit primer di dalam penis terdapat saluran yang disebut uretra. saluran ini berfungsi untuk sekunder Jawaban E

C A Urogenital System part 2




2022 www.videocon.com