Manihot utilissima adalah nama latin dari

manihot utilissima adalah nama latin dari

Klasifikasi Manihot utilisima (Ubi kayu, Singkong). a. Kingdom: Plantae. b. Divisio : Spermatophyta. c. Sub divisio : Angiospermae. d. Classic : Dicotyledoneae e. Ordo : Euphorbiales f. Familia : Euphorbiaceae g. Genus : Manihot h. Species : Manihot utilisima Nama umum • Indonesi : Ubi kayu, singkong • Aceh : ubi kayee • Minangkabau : ubi parancih • Jakarta : ubi singkung • Manado : batata kayu • Ambon : bistungkel • Sunda : huwi dangdeur • Jawa : tela pohung • Madura : tela balandha • Bali : sabrang sawi • Gorontalo : kasubi • Makassar : lame kayu • Bugis : lame aju • Ternate, Tidore : kasibi d.

Bunga Bunga tanaman singkong berumah satu dengan penyerbukan silang sehingga jarang berbuah. e. Umbi Umbi yang terbentuk merupakan akar yang menggelembung dan berfungsi sebagai tempat penampung makanan cadangan. Terima kasih atas kunjungannya di blog Menara Ilmu semoga artikel tentang Klasifikasi Manihot utilisima (Ubi kayu, Singkong) bermanfaat untuk anda.

Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini. Buah Apa Ini Di 2020 Sayuran Buah Tanaman Manihot utilissima adalah nama latin dari singkong ini. Nama latin singkong. 3222020 Morfologi Tanaman Singkong 1. Singkong pertama kali ditemukan di wilayah Amerika Serikat lalu dikembangkan di Brazil.

10292018 Tanaman singkong memiliki nama latin Manihot esculente yang berasal dari famili Euphorbiaceae. Singkong memiliki nama latin manihot esculenta adalah tanaman jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata memiliki garis ditengah sekitar 2 sampai 3 cm dan panjang 50 sampai 80 cm tergantung dari jenis varietas singkong yang dibudidayakan. Pengertian Pohon Singkong Pengertian Pohon Singkong Tanaman pohon singkong Manihot utilissima atau disebut juga ubi kayu adalah salah satu Cari untuk.

5142020 Selain mengetahui nama manihot utilissima adalah nama latin dari singkong Anda juga harus tahu bahwa singkong memiliki kandungan berupa mineral serta efek farmakologis yang dapat dijadikan sebagai antioksidan mengatasi noda bekas jerawat dan bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka.

Nama Latin Singkong berikut ini beberapa tips singkong dan informasinya yang membahas mengenai nama latin tersebut dengan berbagai kumpulan tips artikel lain yang berhubungan dengan singkong nama latin tersebut dengan mudah dapat kita temukan pada umumnya sebagai singkong dimana merupakan salahsatu yang dapat memberikan berbagai nama latin dan tutorial.

9292019 Manfaat Singkong dan Cara Pengolahannya Panduan Lengkap Singkong dengan nama latin disebut Manihot esculenta merupakan tanaman jenis umbi akar atau manihot utilissima adalah nama latin dari yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 45-85 cm tergantung dari jenis singkong yang ditanamDaging singkongnya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Nama Latin Kandung Manfaat Produknya Singkong posted.

Nah zat karbohidrat itu terdapat dibagian akar ubi kayu karena menyimpan sumber makanan. Setiap hari kita makan tahu atau tempe yang bahan bakunya dari kedelai.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Singkong dikenal juga dengan nama ketela pohon atau ubi kayu. Manfaat yang dimiliki oleh singkong cukup banyak diantaranya mengandung zat karbohidrat untuk alternatif makanan pokok. Tanaman Pohon Singkong. 8172020 Nama latin singkong adalah manihot utilissima. Untuk mengunduh File Gunakan tombol download dibawah ini. 2202011 Daftar nama tumbuhan tanaman dan nama latin ini sebagai kumpulan nama tumbuhan flora yang dilengkapi dengan manihot utilissima adalah nama latin dari latin ilmiah.

12 Tujuan Untuk mengetahui bagian-bagian sel gabus pada tanaman singkong. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 21 Singkong Manihot utilissima Singkong merupakan salah satu makanan pokok orang Indonesia selain nasi atau padi. Tepung tapioka sering disebut dengan tepung singkong atau tepung kanji. Di beberapa daerah singkong Manihot utilissima dikenal dengan berbagai nama seperti ubi kayee Aceh kasapen Sunda tela pohong Jawa tela belada Madura lame kayu Makassar pangala Papua dan lain-lain. Pengertian Pohon Singkong Tanaman pohon singkong Manihot utilissima atau disebut juga ubi kayu adalah salah satu tanaman dikotil yang berasal dari negara Amerika Selatan yang sangat mudah untuk dibudidayakan dan banyak mempunyai manfaat bagi kehidupan sehari-hariHampir semua masyarakat mempunyai pohon singkong dilingkungan.

622020 Pengertian Pohon Singkong. Contoh yang selanjutnya adalah singkong ataupun ubi kayu.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Singkong merupakan salah satu jenis umbi-umbian atau tanaman perdu tahunan tropika dan subtropika. Singkong memiliki nama latin yaitu Manihot utilissima dari suku Euphorbiaceae Wikipedia 2016.

Kini daun singkong sudah tumbuh dan dikembangkan di hampir semua wilayah termasuk Indonesia. Tidak hanya ikan yang hidup di air dangkal ikan laut dalam juga ada dalam tulisan ini yang lebih majalah hewan tekankan dalam bahsan kali ini pembaca bukan hanya sekedar tau nama nama ikan laut akan tetapi baik nama ikan dalam bahasa inggris dan nama latin ikan laut juga daftar isi. Bunga sepatu kita memeliharanya di.

Punya Nama Lain Tepung tapioka yang dibuat dari singkong ini punya beberapa nama sebutan lain. Seratusan nama tanaman lengkap dengan nama latinnya saya susun sebagai daftar. Batang dari tanaman singkong ini bisa tumbuh sekitar 2 sampai 3 cm. Oleh admin Diposting pada 2 Juni 2020. Pada sel tumbhan disebelah luar mEmbran sel terdapat dinding sel yang relatif tebal Gabriel1988.

Berbagai tepung olahan ada yang bahan bakunya dari singkong. Daftar dalam artikel ini merupakan permintaan keponakan saya yang menanyakan nama tumbuhan beserta nama latinnya. Dari pada susah nulis. Penggunaan bahan organik dalam perawatan kecantikan kulit saat ini semakin banyak diminati. 12162014 Kesempatan kali ini saya akan mengupas nama latin kedelai nama latin singkong dan nama latin bunga sepatuDari ketiga jenis tumbuhan tersebut erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari.

Pada daging umbinya memiliki warna putih atau kekuning-kuninganubi kayu atau yang lebih sering disebut dengan Singkong. Manfaat Singkong Dan Daun Singkong Untuk Kesehatan Daun Tanaman Asli Kesehatan Pin On Edible Garden Portalmadura Com Singkong Atau Ketela Pohon Dengan Nama Latin Manihot Esculenta Merupakan Makanan Pokok Penghasil Karbohidrat Daun Makan Siang Gulai Makanan Resep Ubu Goreng Keju Keju Nampan Aneka Kue Leaves Of Tinospora Crispa L Http Longevitysupplementsreviews Org Singkong Memiliki Beberapa Nama Seperti Ketela Pohon Atau Umbi Kayu Pohon Kebun Sayuran Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Menanam Daun Tanaman Pin Oleh Sumiatimlg Di Herbal Health Obat Alami Tanaman Obat Kesehatan Alami Kenanga Tanaman Perdu Bunga Singkong Tanaman Menanam Kebun Nama Ilmiah Musa Acuminata Asal Sumatra Iklim Ideal Dataran Rendah Sinar Matahari Sepanjang Hari Kebutuhan Air S Ornamen Taman Tanaman Taman Vertikal Lokio Nama Ilmiah Allium Schoenoprasum Adalah Spesies Yang Dapat Dimakan Dari Genus Allium Kerabat Dekat Mereka Terma Kesehatan Rambut Kesehatan Bawang Merah Cassava A Reliable Staple For Subtropical Gardeners Grow It Blog Mother Earth News Plants Food Forest Garden Growing Food Golden Langkawi Melon Is A Superior Melon Variety This Delicious Fruit Is Originated From Langkawi Malaysia The Flesh Texture Of Melon Plants Harvest Farm Sesbania Grandiflora Alba Seeds In 2020 Herbal Leaves Medicinal Plants Planting Herbs Apakah Kalian Tahu Apa Itu Ketela Pohon Bagaimana Kalau Singkong Pasti Kebanyakan Dari Kalian Menjawab Tahu Apa Itu Singko Tanaman Sistem Pencernaan Makanan Kandungan Dan Manfaat Singkong Peternak Super Marga Tiga Pohon Perdu Tanaman Singkong Kesehatan Makanan Daging Gambar Buah Ketela Pohon Singkong Buah Gambar Nutrisi
Kesempatan kali ini saya akan mengupas nama latin kedelai, nama latin singkong, dan nama latin bunga sepatu.

Dari ketiga jenis tumbuhan tersebut erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari. Setiap hari kita makan tahu atau tempe yang bahan bakunya dari kedelai. Berbagai tepung olahan ada yang bahan bakunya dari singkong. Bunga sepatu kita memeliharanya di depan rumah sebagai tanaman hias. Namalatin singkong adalah Manihot utilissima.Tanaman yang satu ini yaitu singkong sangat mudah kita jumpai.

Pemerintah juga sekarang mencanangkan agar banyak mengkonsumsi singkong sebagai pengganti beras. Singkong juga mampu tumbuh di daerah pegunungan dan dataran rendah. Mari kita kenali manfaat singkong bagi kehidupan kita. Tahukah anda Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Singkong? Tanaman singkong mempunyai nama ilmiah yaitu Manihot utillissima ini merupakan salah satu dari tanaman yang bisa tumbuh di berbagai daerah.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Singkong Tanaman singkong atau Manihot esculenta yang sering Anda sebut sebagai singkong dan juga ketela pohon.

Tanaman ini merupakan tumbuhan perdu tahunan tropika serta subtropika. Singkong ini Anda kenal sebagai sebuah makan pokok yang berguna sebagai sebuah sumber karbohidrat nomor 3 setelah padi dan juga jagung.

Pada Tanaman singkong yang banyak sekali dimanfaatkan yaitu bagian umbinya. Manihot utilissima adalah nama latin dari ini dijadikan sebagai sebuah sumber karbohidrat. Singkong ini merupakan Tanaman umbi – umbian yang mempunyai cadangan makanan yang banyak didalam umbinya tersebut. Singkong ini mengandung banyak sekali kalori yaitu sekitar 121 kalori tiap sekitar 100 gram. Selain mengandung karbohidrat, maka singkong ini juga mengandung akan kalsium, protein, vitamin C, vitamin B1, fosfor, zat besi serta juga lemak.

Namun, protein pada umbi singkong ini hanya sedikit, karena protein yang banyak tersebut terdapat pada daun singkong. Daun singkong ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, serta juga protein yang kadarnya akan lebih banyak daripada di bagian umbi singkong. Daun singkong ini kebanyakan banyak dijadikan masakan sayur. Namun, daun singkong serta juga umbinya singkong mengandung asam sianida (HCN).

Asam sianida yang terdapat pada singkong memang bersifat racun, namun singkong tetap tidak beracun jika memang masaknya benar – benar matang serta juga dimasak dengan cara yang lebih benar serta dengan suhu tinggi.

Racun sianida ini bisa hilang ketika telah terkena suhu tinggi. Walaupun mengandung asam sianida, tapi singkong juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya yaitu bisa menyehatkan jantung serta mengendalikan darah dan menambah darah. Selain itu, singkong juga bisa Anda gunakan untuk penyembuhan penyakit yaitu rematik, sakit kepala, dan demam.

Bisa juga untuk diare, cacingan, beri-beri, luka bernanah serta bisa menambah stamina. Tanaman singkong ini merupakan tanaman yang sangat cocok untuk ditanam dalam sebuah lahan yang gembur. Tanaman singkong juga sangat mudah untuk bisa dibudidayakan.

Bahkan singkong ini banyak sekali ditemui di pedesaan dengan sebuah kondisi lahan yang sangat kritis. Bagi tanaman lain sangat tidak mungkin untuk bisa tumbuh dengan kondisi tanah seperti tersebut. Singkong ini merupakan tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat serta bagian dari tanaman singkong yang bisa dikonsumsi selain umbinya yaitu bagian daun singkong. Selain itu, singkong ini juga bisa untuk dimanfaatkan sebagai sebuah bahan dasar olahan makanan misalnya seperti getuk, tiwul dan yang lainnya.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam sebuah olahan makanan, maka singkong bisa digunakan sebagai bahan baku industri rumah manihot utilissima adalah nama latin dari misalnya untuk sebuah bahan dasar tepung tapioka. Singkong itu sendiri mempunayi nama yang berbeda-beda untuk masing-masing tempat dimana manihot utilissima adalah nama latin dari tersebut ditanam.

Klasifikasi Tanaman Singkong • Kingdom : Plantae (tumbuhan) • Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan yang memiliki bunga) • Kelas : Magnoliopsida (tumbuhan dengan biji berkeping dua) • Ordo / bangsa : Euphorbiales • Familia / suku : Euphorbiaceae • Genus / manihot utilissima adalah nama latin dari : Manihot • Species / jenis : Manihot esculenta Crantz Morfologi Tanaman Singkong 1.

Batang Manihot utillissima atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan nama singkong ini mempunyai batang yang berbentuk bulat panjang, berbuku-buku, berkayu serta tumbuh dengan cara memanjang. Batang dari tanaman singkong ini bisa tumbuh sekitar 2 sampai 3 cm. Selain itu untuk ukuran batang tanaman singkong ini berbeda-beda tergantung dari varietas atau jenisnya, misalnya besar serta mempunyai batang yang berwarna kecoklatan.

2. Umbi Umbi yang dihasilkan oleh tanaman singkong ini mempunyai bentuk panjang dengan berat umbinya sekitar 500 gram dan bahkan beratnya tersebut bisa lebih. Umbi dari tanaman singkong mempunyai warna coklat keputih-putihan dengan kulit yang terlihat sangat tipis. 3. Daun Tanaman singkong mempunyai daun yang berbentuk seperti 5 jari dan juga berbentuk lonjong yang mempunyai garis pada setiap manihot utilissima adalah nama latin dari dengan tepi yang terlihat rata.

Sedangkan pada bagian ujung dari daun tanaman singkong tersebut terlihat seperti cukup sangat tajam. Daun singkong mempunyai warna hijau tua dan ada juga daun yang mempunyai warna agak kekuningan. Singkong merupakan salah satu dari tanaman yang umbinya bisa dikonsumsi. Apabila Anda lihat dari kandungan yang ada terdapat di dalam singkong, maka tanaman ini mempunyai gizi yang cukup sangat tinggi.

Tanaman yang berasal di Sumatera ini dikenal dengan nama ubi kayu dan juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu untuk mengatasi berbagai macam penyakit rematik. Cara untuk mengobatinya hanya dengan mengambil 5 lembar dari daun singkong, kapur sirih, serta 15 gram jahe merah. Kesimpulan Singkong merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae dengan nama latin Manihot esculenta Crantz. Tanaman singkong sering dijadikan makanan pokok karena mengandung karbohidrat yang tinggi, selain itu tanaman ini juga mengandung vitamin dan juga mineral.

Tanaman singkong berasal dari Sumatera dan memiliki nama lain ubi kayu. Singkong memiliki batang berbentuk bulat dan berbuku-buku, tanaman singkong menghasilkan umbi berwarna coklat, daun singkon berbentuk menjari dan lonjong. Inilah klasifikasi dan morfologi tanaman singkong yang bisa Anda ketahui. Budidaya tanaman ini cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sudah mengetahui ilmu dasar dari tanaman singkong ini maka budidayanya akan semakin mudah. Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Singkong Tinggalkan Balasan Batalkan balasan Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ruas yang wajib ditandai * Komentar Simpan nama, email, dan situs web saya pada peramban ini untuk komentar saya berikutnya. Beritahu saya akan tindak lanjut komentar melalui surel. Beritahu saya akan tulisan baru melalui surel.
Tumbuhan memiliki banyak jenis yang bisa dikategorikan dalam berbagai kelas, salah satunya adalah pembagian yang berdasarkan jenis keping biji yang ada di dalamnya.

Untuk pembagian yang satu ini, tumbuhan dibagi menjadi dua yaitu dikotil dan monokotil. Pertama adalah tumbuhan dikotil. Tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan yang mempunyai biji dengan jenis keping dua, dan keping ini pun bisa dilihat dengan menggunakan mata telanjang. Namun, tidak semua tumbuhan dikotil memiliki biji keping dua yang mudah terlihat, ada beberapa yang harus dibelah terlebih dahulu untuk mengetahui keping ganda yang ada di dalamnya.

Sedangkan untuk tumbuhan monokotil sangat berbeda dengan tumbuhan dikotil, yaitu hanya memiliki keping tunggal untuk biji yang ada di dalamnya. Sehingga jenis tumbuhan ini merupakan kebalikan dari tumbuhan monokotil. Di dalam kehidupan manusia pun ada banyak tumbuhan dikotil maupun monokotil yang bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Contoh untuk tumbuhan dikotil yaitu tumbuhan yang memiliki suku jambu-jambuan atau yang dalam bahasa latin lebih akrab disebut myrtaceae.

Sesuai dengan sukunya, contoh dari tumbuhan ini adalah seperti tumbuhan jambu air, jambu biji, maupun jambu monyet atau berbagai jambu lainnya. selain suku jambu pun masih ada banyak suku tumbuhan yang memiliki jenis biji dikotil, seperti suku mangga, suku polong-polongan dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk contoh tumbuhan monokotil yaitu bisa dilihat dari berbagai suku pula, salah satunya adalah suku rumput-rumputan seperti manihot utilissima adalah nama latin dari padi, gandum, maupun berbagai tumbuhan sejenis lain seperti jagung. Tumbuhan Monokotil Selain suku rumput-rumputan, suku lain yang termasuk dalam kelas monokotil adalah suku tumbuhan anggrek yang terdiri atas berbagai macam jenis anggrek baik di Indonesia maupun di negara lain.

Selain keping biji di dalamnya, tumbuhan dikotil dan monokotil memiliki ciri khas lain yang bisa dilihat dari tulang daunnya, jumlah kelopak yang terdapat pada bunganya, bahkan hingga bentuk akarnya pun masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri yang semakin memudahkan manusia untuk mempelajarinya.

Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latinnya – tumbuhan dikotil ialah tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua. Yang menjadi cirri utama dari tumbuhan dikotil ialah mempunyai biji berkeping belah, mempunyai akar tunggang serta memiliki batang bercabang. Sejumlah contoh tumbuhan dikotil seperti karet, cabai, mangga, kapas, cengkeh serta lainnya.

Pada umumnya ada 2 tipe tumbuhan berbunga ialah tumbuhan berbiji tunggal atau (monokotil) dengan tumbuhan berbiji dua atau (dikotil).

Pada tumbuhan dikotil mempunyai biji berkeping dua. Pada sistem taksonomi, tanaman berkeping dua dimasukkan pada tipe takson kelas Magnoliopsida. Umumnya yang masuk pada tumbuhan dikotil ialah jenis getah-getahan, kapas kapasan, kacang-kacangan, jambu-jambuan serta terong-terongan. Sebelum mempelajari Contoh Tumbuhan Dikotil Beserta Nama Latinnya, kita pelajari dulu cirri cirinya. Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil Tumbuhan dikotil mempunyai ciri berakar tunggang dan tulang daunnya menyirip atau menjari.

Batang bercabang-cabang, berkambium, tidak beruas-ruas, bagian bunga berjumlah 2, 4, 5, atau kelipatannya. Magnoliopsida merupakan tumbuhan dikotil yang memiliki biji berkeping dua.

Dibawah ini ciri-ciri serta karakteristik tumbuhan dikotil dari segi fisik maupun karakteristik lainnya. • Memiliki biji berkeping dua • Memiliki akar tunggang • Tak mempunyai tudung akar • Mempunyai daun yang melebar • Memiliki tulang daun bentuk menjari / menyirip • Bunganya tersusun atas kelopak bunga, benang sari serta mahkota berjumlah kelipatan dari 2, 4 ataupun 5.

• Batang dikotil banyak yang bercabang serta berkambium • Berkas pengakut pada batang dikotil tersusun memiliki bentuk lingkaran • Berkas pengangkutnya berkolateral terbuka pada tumbuhan dikotil.

Salah satu contoh klasik dari tumbuhan dikotil adalah pohon magnolia. Pohon-pohon ini tumbuh di banyak tempat di Amerika Serikat bagian selatan.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Bahkan, itu adalah pohon negara bagian Mississippi. Mereka diklasifikasikan sebagai dikotil karena mereka berkecambah bentuk di bawah tanah dengan dua kotiledon. Ikatan pembuluh mereka diatur dalam lingkaran, dan bunga mereka memiliki kelopak dan sepal dalam kelompok empat. Di masa lalu, banyak orang menggunakan minyak jarak sebagai pengobatan untuk penyakit.

Minyak ini diekstrak dari tumbuhan kacang kastor. Sementara kita tahu sekarang itu bukan ide yang baik untuk menggunakan minyak ini sebagai obat, tumbuhan ini masih digunakan secara luas di kebun untuk mencegah tikus dan sebagai tumbuhan hias. Castor tumbuhan kacang adalah dikotil sejati dengan memiliki dua kotiledon besar yang muncul dari tanah.

Mereka juga memiliki akar yang tumbuh dari pusat radikal, dan jaringan mereka diatur dalam lingkaran. Tumbuhan dikotil lain yang Anda mungkin akrab dengan mencakup kopi, kapas, impatien, kacang, labu, dan tumbuhan kedelai.

Setelah tahu apa saja cirri cirinya, sekarang tinggal mempelajari apa saja contoh tumbuhan dikotil. Kentang Tumbuhan dikotil yang pertama adalah kentang. Solanum Tuberosum L adalah nama latin dari kentang. Kentang juga dikenal menjadi makanan pokok untuk negara-negara yang ada di benua Eropa. Sedangkan Di negara Indonesia, kentang juga banyak dikonsumsi masyarakat. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil setelah mengkonsumsi kentang. Salah satunya ialah sebagai sumber vitamin B & C.

Tak hanya itu saja, terdapat kandungan serat pada kentang maupun protein yang baik bagi tubuh. Banyak yang menjadikan kentang ini untuk camilan ringan disebabkan makanan ini mengandung rendah lemak.

Singkong Contoh yang selanjutnya adalah singkong manihot utilissima adalah nama latin dari ubi kayu. Manihot utilissima adalah nama latin dari singkong ini. Manfaat yang dimiliki oleh singkong cukup banyak diantaranya mengandung zat karbohidrat untuk alternatif makanan pokok. Nah, zat karbohidrat itu terdapat dibagian akar ubi kayu karena menyimpan sumber makanan.

Pemanfaatan daun singkong bisa dijadikan sayur hijau. Bukan hanya mengandung banyak serat, daun singkong juga mempunyai kandungan berupa asam amino yang tinggi. Karet Contoh tumbuhan dikotil yang berikutnya adalah karet. Hevea braziliensis adalah nama latin dari tumbuhan karet.

Karet adalah pohon yang menghasilkan getah lateks. Negara Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal penghasil karet terbesar di dunia. Manfaat karet banyak sekali seperti untuk bahan manihot utilissima adalah nama latin dari membuat ban serta berbagai benda bahan karet lain yang di sektor ke industri.

Sedangkan batang karet bisa dipakai untuk bahan bangunan. Tumbuhan Kapas Tanaman kapas juga termasuk tumbuhan dikotil. Sedangkan nama latinnya ialah Gossypium sp. Umumnya tumbuhan tersebut hidup di wilayah tropika serta subtropik layaknya di Indonesia.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Bulu tumbuhan kapas berwarna putih serta banyak dibudidayakan. Manfaat kapas ialah untuk bahan dasar pembuatan benang serta kain. Kapas juga banyak diolah untuk produk produk tertentu khususnya untuk sandang dan juga pakaian.

Fungsi lain dari kapas ialah untuk membersihkan wajah dan juga pembalut luka pada kulit. Cabai Cabe merah ialah tanaman dikotil lainnya. Nama latin dari cabe merah ialah Capsicum sp. Rasa pedas pada masakan bisa dihasilkan dari cabe ini.

Banyak masyarakat menggunakan cabai untuk bumbu masak. Sedangkan manfaat cabai lainnya ialah untuk kebutuhan pengobatan tradisional, melancarkan metabolisme tubuh, mencegah terserangnya darah tinggi dan bisa menyembuhkan infeksi.

Putri Malu Tumbuhan putri malu juga sebagai tumbuhan dikotil yang ke enam. Mimosa pudica adalah nama latin tumbuhan ini. Keunikan tumbuhan ini ialah ketika daunnya disentuh bisa langsung menutup. Ada banyak manfaat yang bisa di ambil dari tanaman putri malu ini. Diantaranya dapat mengatasi penyakit bronkitis, menyembuhkan insomnia akut serta menurunkan demam.

Tomat Tumbuhan dikotil berikutnya adalah tomat. Bernama latin Solanum Lycopersicum. Tanaman ini juga merupakan keluarga Slanaceae. Ada banyak kandungan vitamin pada Tomat yang bisa kita manfaatkan. Seperti kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi. Sedangkan tomat juga bisa menyehatkan jantung, kandungan antioksidannya dapat mencegah penyakit kanker serta mengatasi sembelit.

Buah tomat sangat baik untuk ibu hamil serta bisa menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Contoh Tumbuhan Dikotil lainnya 1. Citrus (jeruk) 2. Vitis vinivera (anggur) 3. Arachis hypogaea (kacang tanah) 4. Phyllanthus acidus (cermai) 5. Mangifera indica (mangga) 6. Codiaeum variegatum (Puring) 7. Syzygium aqueum (jambu air) 8. Glycine soja (kacang kedelai) 9. Delonix regia (bunga flamboyant) 10.

Nicotiana tabacum (tembakau) 11. C. frutescens (cabai rawit) 12. Chrysanthemum (bunga seruni) 13. Psidium guajava (jambu biji) manihot utilissima adalah nama latin dari. Theobroma cacao (kakao) 15.

Swietenia mahagony jaca (pohon mahoni) 16. Syzygium aromaticum (cengkeh) 17. Plameria acuminata) (kamboja) 18. Senna siamea (johar) 19.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Fragaria daltoniana (strawberi) 20. Annona squamosa (srikaya) 21. Manilkara zapota (sawo) 22. Parkia speciosa (petai) 23.

Gnetum gnemon (melinjo) 24. Nephelium lappaceum (rambutan) 25. Solanum melongena (terong) 26. Helianthus annuus (bunga matahari) 27. Citrus aurantifolia (jeruk nipis) 28. Vigna sinensis (kacang panjang) 29. Solanum nigrum (leunca) 30.

Solanum torvum (takokak) 31. Datura metei (kecubung) 32. Albizia chinensis (pohon albasia) 33. Jatropha curcas (jarak pagar)
• Afrikaans • العربية • مصرى • Asturianu • Azərbaycanca • Basa Bali • Bikol Central • Беларуская • Български • Bislama • Banjar • Bamanankan • বাংলা • Català • Cebuano • Čeština • Kaszëbsczi • Dansk • Dagbanli • Deutsch • Thuɔŋjäŋ • Dolnoserbski • Eʋegbe • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Nordfriisk • Gaeilge • Galego • Avañe'ẽ • ગુજરાતી • Hausa • עברית • हिन्दी • Hrvatski • Hornjoserbsce • Kreyòl ayisyen • Magyar • Ilokano • Ido • Íslenska • Italiano • 日本語 • Jawa • Kongo • Gĩkũyũ • ಕನ್ನಡ • 한국어 • Latina • Lingála • Lietuvių • Latviešu • Madhurâ • Malagasy • Minangkabau • മലയാളം • Bahasa Melayu • မြန်မာဘာသာ • Nāhuatl • Li Niha • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Chi-Chewa • Occitan • Polski • Português • Runa Simi • Română • Русский • Scots • Sängö • Srpskohrvatski / српскохрватски • Simple Manihot utilissima adalah nama latin dari • Slovenčina • Slovenščina • ChiShona • Shqip • Српски / srpski • Sunda • Svenska • Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • ไทย • Tagalog • Lea faka-Tonga • Türkçe • Reo tahiti • Українська • اردو • Tiếng Việt • Winaray • 吴语 • ייִדיש • Yorùbá • Vahcuengh manihot utilissima adalah nama latin dari 中文 • Bân-lâm-gú • 粵語 Data Sumber dari singkong, tapioka dan Oloyti (en) Tumbuhan Jenis buah kapsul Taksonomi Divisi Tracheophyta Upadivisi Spermatophytina Klad Angiospermae Klad mesangiosperms Klad eudicots Klad core eudicots Klad superrosids Klad rosids Klad fabids Ordo Malpighiales Famili Euphorbiaceae Genus Manihot Spesies Manihot esculenta Crantz Daftar isi • 1 Deskripsi • 2 Sejarah dan pengaruh ekonomi • 2.1 Sejarah budidaya dan penyebarannya • 2.2 Di Hindia Belanda • 3 Pengolahan • 4 Penggunaan • 5 Kadar gizi • 6 Varietas tanaman singkong • 7 Etimologi dan sinonim • 8 Produksi sedunia • 9 Lihat pula • 10 Referensi • 10.1 Referensi umum • 10.2 Referensi khusus • 11 Daftar pustaka • 12 Pranala luar Deskripsi [ sunting - sunting sumber ] Perdu bisa mencapai hingga 7 meter dengan cabang agak jarang.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/ kultivar.

Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat me racun bagi manusia. [1] Umbi dari ubi kayu merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru manihot utilissima adalah nama latin dari pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina. [ butuh rujukan] Sejarah dan pengaruh ekonomi [ sunting - sunting sumber ] Buah ubi kayu varietas tertentu.

Sejarah budidaya dan penyebarannya [ sunting - sunting sumber ] Manihot esculenta pertama kali dikenal di Amerika Selatan kemudian dikembangkan pada masa prasejarah di Brasil dan Paraguay, sejak kurang lebih 10 ribu tahun yang lalu. Bentuk-bentuk modern dari spesies yang telah dibudidayakan dapat ditemukan bertumbuh liar di Brasil selatan. Meskipun spesies Manihot yang liar ada banyak, semua kultivar M. esculenta dapat dibudidayakan. Walaupun demikian, bukti-bukti arkeologis budidaya singkong justru banyak ditemukan di kebudayaan Indian Maya, tepatnya di Meksiko dan El Salvador.

Produksi singkong dunia diperkirakan mencapai 192 juta ton pada tahun 2004. Nigeria menempati urutan pertama dengan 52,4 juta ton, disusul Brasil dengan 25,4 juta ton. Indonesia menempati posisi ketiga dengan 24,1 juta ton, diikuti Thailand dengan 21,9 juta ton ( FAO, 2004 [2]) Sebagian besar produksi dihasilkan di Afrika 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Kepulauan Karibia.

Di Hindia Belanda [ manihot utilissima adalah nama latin dari - sunting sumber ] Bagian ini membutuhkan rujukan tambahan agar kualitasnya dapat dipastikan. Mohon bantu kami mengembangkan artikel ini dengan cara menambahkan rujukan ke sumber tepercaya. Pernyataan tak bersumber bisa saja dipertentangkan dan dihapus. Cari sumber: "Ubi kayu" – berita · surat kabar · buku · cendekiawan · JSTOR ( Pelajari cara dan kapan saatnya untuk menghapus pesan templat ini) Singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia (waktu itu Hindia Belanda) pada sekitar tahun 1810, [3] setelah sebelumnya diperkenalkan orang Portugis pada abad ke-16 dari Brasil.

Menurut Haryono Rinardi dalam Politik Singkong Zaman Kolonial, singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekitar abad ke-16. Tanaman ini dapat dipanen sesuai kebutuhan. “Sifat itulah yang menyebabkan tanaman ubi kayu sering kali disebut sebagai gudang persediaan di bawah tanah,” tulis Haryono.

[ butuh rujukan] Butuh waktu lama singkong menyebar ke daerah lain, terutama ke Pulau Jawa.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Diperkirakan singkong kali pertama diperkenalkan di suatu kabupaten di Jawa Timur pada 1852. “Bupatinya sebagai seorang pegawai negeri harus memberikan contoh dan manihot utilissima adalah nama latin dari sebagai pelopor. Kalau tidak, rakyat tidak akan memercayainya sama sekali,” tulis Pieter Creutzberg dan J.T.M. van Laanen dalam Sejarah Statistik Ekonomi Indonesia. [ butuh rujukan] Namun hingga 1876, sebagaimana dicatat H.J. van Swieten, kontrolir di Trenggalek, dalam buku De Zoete Cassave ( Jatropha janipha) yang terbit 1875, singkong kurang dikenal atau tidak ada sama sekali di beberapa bagian Pulau Jawa, tetapi ditanam besar-besaran di bagian lain.

“Bagaimanapun juga, singkong saat ini mempunyai arti yang lebih besar dalam susunan makanan penduduk dibandingkan dengan setengah abad yang lalu,” tulisnya, sebagaimana dikutip Creutzberg dan van Laanen. Sampai sekitar tahun 1875, konsumsi singkong di Jawa masih rendah. Baru pada permulaan abad ke-20, konsumsinya meningkat pesat. Pembudidayaannya juga meluas. Terlebih rakyat diminta memperluas tanaman singkong mereka. [ butuh rujukan] Peningkatan penanaman singkong sejalan dengan pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat.

Ditambah lagi produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. “Singkong khususnya menjadi sumber pangan tambahan yang disukai,” tulis Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto dalam Sejarah Nasional Indonesia V. Hingga saat ini, singkong telah menjadi salah satu bahan pangan yang utama, tidak saja di Indonesia tetapi juga di dunia.

Di Indonesia, singkong merupakan makanan pokok ketiga setelah padi-padian dan jagung. [ butuh rujukan] Pabrik Tapioka Kedung Kawung Cikalahang milik firma Goan Goan & Co, Cirebon, Jawa Barat (tahun tidak diketahui) Hindia Belanda pernah menjadi salah satu pengekspor dan penghasil tepung tapioka terbesar di dunia.

Di Jawa banyak sekali didirikan pabrik-pabrik pengolahan singkong untuk dijadikan tepung tapioka. Seperti dalam buku Handbook of the Netherlands East Indies, pada tahun 1928 tercatat 21,9% produksi tapioka diekspor ke Amerika Serikat, 16,7% ke Inggris, 8,4% ke Jepang, lalu 7% dikirim ke Belanda, Jerman, Belgia, Denmark dan Norwegia.

Biasanya tepung olahan singkong tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku lem dan permen karet, industri tekstil dan furniture. [ butuh rujukan] Sampeu [ butuh rujukan] dan Singkong adalah nama lokal di kawasan Jawa Barat untuk tanaman ini. Nama "ubi kayu" dan "ketela pohon" dipakai dalam bahasa Melayu secara luas. Nama " ketela" secara etimologi berasal dari kata dalam bahasa Portugis " castilla" (dibaca " kastiya"), karena tanaman ini dibawa oleh orang Portugis dan Castilla ( Spanyol).

[ butuh rujukan] Pengolahan [ sunting - sunting sumber ] Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis.

Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun. [ butuh rujukan] Dari pati umbi ini dibuat tepung tapioka ( kanji). Penggunaan [ sunting - sunting sumber manihot utilissima adalah nama latin dari Singkong kupas Dimasak dengan berbagai cara, singkong banyak digunakan pada berbagai macam masakan.

Direbus untuk menggantikan kentang, dan pelengkap masakan. Tepung singkong dapat digunakan untuk mengganti tepung gandum, cocok untuk pengidap alergi gluten. Kadar gizi [ sunting - sunting sumber ] Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi: [4] • Kalori 121 kal • Air 62,50 gram • Fosfor 40,00 gram • Karbohidrat 34,00 gram • Kalsium 33,00 miligram • Vitamin C 30,00 miligram • Protein 1,20 gram • Besi 0,70 miligram • Lemak 0,30 gram • Vitamin B1 0,01 miligram Sedangkan daun singkong yang banyak dijadikan sayuran pada masakan Sunda dan masakan Padang memiliki nutrisi sebagia berikut: [5] Nutrisi Satuan Kadar Protein gram 6.8 Kalsium mg 165 Fosfor mg 54 Besi mg 2.0 Vitamin A IU 11000 Vitamin C mg 275 Varietas tanaman singkong [ sunting - sunting sumber ] Tanaman singkong disebut manis atau beracun, tergantung kandungan asam hydrocyanic dalam akarnya, yang umum diakui mengandung kurang dari 50 miligram asam hydrocyanic per kilogram bahan segar.

Saat ini tersedia 10 varietas ubi kayu di pasaran. Kesepuluh varietas tersebut dikelompokkan menjadi dua, yakni kelompok varietas ubi kayu untuk pangan dan untuk industri. Varietas untuk pangan adalah • N1 Mekarmanik • Adira 1 • Malang 1 • Malang 2 • Darul Hidayah. Sedangkan untuk ubi industri adalah • N1 Mekarmanik • Adira 2 • Adira 4 • Malang 4 • Malang 6 • UJ 5 • UJ 3. Varietas untuk pangan mempunyai tekstur umbi yang pulen dengan kadar HCN < 50 miligram per kilogram dan mempunyai rasa tidak pahit.

Sedangkan ubi jalar untuk industri mempunyai kadar patin atau kadar bahan kering sekitar 0,6 gram per kilogram Beberapa varietas unggul singkong yang telah dilepas oleh Kementrian Pertanian antara lain Adira 1, Adira 2, Adira 4, Malang 1, Malang 2, Darul Hidayah, Malang 4 maupun Malang 6. Etimologi dan sinonim [ sunting - sunting sumber ] Singkong adalah nama lokal di kawasan Jawa Barat untuk tanaman ini. Nama "ubi kayu" dan "ketela pohon" dipakai dalam bahasa Melayu secara luas.

Nama "ketela" secara etimologi berasal dari kata "castilla" (dibaca "kastilya"), karena tanaman ini dibawa oleh orang Portugis dan Castilla (Spanyol). [ butuh rujukan] Dalam bahasa lokal, bahasa Jawa menyebutnya pohung, bahasa Sangihe bungkahe, bahasa Tolitoli dan Gorontalo kasubi, dan bahasa Sunda sampeu.

[ butuh rujukan] Sementara dalam bahasa Rejang, tanaman ini dikenal sebagai ubai. [6] Produksi sedunia [ sunting - sunting sumber ] Produksi singkong dunia (2008) [7] Posisi Negara Banyaknya Ton 1 Nigeria 52.403.500 2 Brasil 25.441.700 3 Indonesia 24.009.600 4 Thailand 21.912.400 5 Republik Demokratik Kongo 15.569.100 6 Angola 14.333.500 7 Ghana 14.240.900 8 Vietnam 9.875.500 9 India 8.076.000 10 Mozambik 6.267.160 Dunia Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Arracacha • Kentang • Peuyeum • Singkong keju • Tape • Tapioka Referensi [ sunting - sunting sumber ] Referensi umum [ sunting - sunting sumber ] • FAO, June 2003 cassava market assessment Diarsipkan 2007-11-24 di Wayback Machine., 2003 • Cereda, M.P.

and Mattos, M.C.Y. (1996). "Linamarin - The Toxic Compound of Cassava". Journal of Venomous Animals and Toxins (online) 2 (1), 6-12; ISSN 0104-7930 [1] Referensi khusus [ sunting - sunting sumber ] • ^ "Senyawa HCN pada Ubi Kayu". Balitkabi (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-29. • ^ FAO. 2004. Global Cassava Market Study, Rome • ^ Payer, M.

HBI weltweit. 5.3. Zur Geschichte Indonesiens. Edisi 1997-03-18. Diakses 18 Mei 2007 • ^ kadar gizi • ^ Wied Harry Apriadji (2007). Makan Enak Untuk Sehat, Bahagia, dan Awet Muda. Gramedia. hlm. 65. ISBN 9792231315. • ^ Ikram, Sutjiatiningsih, Dalip, & Soejanto 1993, hlm. 58. • ^ "Statistik [[FAO]] resmi, baca di 14 Maret 2010". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-23. Diakses tanggal 2010-03-14. Daftar pustaka [ sunting - sunting sumber ] • Ikram, M.; Manihot utilissima adalah nama latin dari, Sri; Dalip, Achmaddin; Soejanto, Soejanto (1993).

Sejarah Pengaruh Pelita terhadap Masyarakat Pedesaan di Bengkulu. Jakarta: Departemen Pedidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. hlm. 58 .

manihot utilissima adalah nama latin dari

Diakses tanggal 7 Desember 2021. Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Manihot esculenta. • (Inggris) Cassava - Purdue University Horticulture Diarsipkan 2003-03-26 di Wayback Machine. • (Inggris) Cassava Pests: From Crisis to Control • (Inggris) GM cassava plants that have reduced cyanogens Diarsipkan 2014-01-08 di Wayback Machine.

• (Inggris) Global Cassava Development Strategy Diarsipkan 2017-12-03 di Wayback Machine. • (Inggris) The Case for Cassava • Ilmu Pengetahuan Singkong Diarsipkan 2015-07-08 di Wayback Machine. • Asal Mula Singkong • Akar Sejarah Singkong, Majalah Historia Diarsipkan 2014-12-27 di Wayback Machine.

• Wikidata: Q83124 • Wikispecies: Manihot esculenta • AoFP: 1813 • APDB: 107507 • APNI: 116740 • Ecocrop: 1420 • EoL: 1154718 • EPPO: MANES • FNA: 200012596 • FoC: 200012596 • GBIF: 3060998 • GRIN: 431678 • iNaturalist: 165138 • IPA: 14128 • IPNI: 351790-1 • IRMNG: 11022519 • ITIS: 503688 • MoBotPF: 280113 • NCBI: 3983 • NZOR: fff73974-a377-4d3e-9bbe-a7e09d99e78e • PfaF: Manihot esculenta • Plant List: kew-119804 • PLANTS: MAES • POWO: urn:lsid:ipni.org:names:351790-1 • SANBI: 589-1 • Tropicos: 12800237 • WCSP: 119804 • WFO: wfo-0000235507 Kategori tersembunyi: • CS1 sumber berbahasa Inggris (en) • Halaman dengan label Wikidata belum diterjemahkan • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan Januari 2022 • Artikel yang membutuhkan referensi tambahan Januari 2022 • Semua artikel yang membutuhkan referensi tambahan • Templat webarchive tautan wayback • Pranala Commons ada di Wikidata • Taxonbar dengan 25–29 ID takson • Halaman ini terakhir diubah pada 3 Januari 2022, pukul 09.17.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Manihot utilissima adalah nama latin dari ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •• العربية • مصرى • Bikol Central • Català • Cebuano • Čeština • Deutsch • Dolnoserbski • English • Español • Eesti • Français • Nordfriisk • Hrvatski • Hornjoserbsce • Kreyòl ayisyen • Italiano • ქართული • Lietuvių • മലയാളം • Polski • Português • Русский • Svenska • Türkçe • Українська • Tiếng Việt • Winaray • Yorùbá • 中文 Mill.

Species • Manihot brasiliensis • Manihot esculenta - cassava, manioc • Manihot glaziovi • Manihot grahamii et al. Manihot merupakan genus tumbuhan dari keluarga Euphorbiaceae, yang terdiri dari 98 spesies. Tumbuhan ini ditemukan di daerah beriklim tropis hangat, dan Amerika. Anggota yang paling dikenal dari genus ini adalah ubi kayu ( Manihot esculenta). • Wikidata: Q149056 • Wikispecies: Manihot • APDB: 192392 • APNI: 84254 • BioLib: 61932 • EPPO: 1MANG • FoC: 119615 • GBIF: 3060685 • GRIN: 7234 • iNaturalist: 156788 • IPNI: 15623-1 • IRMNG: 1311777 • ITIS: 28345 • NCBI: 3982 • NZOR: ead53208-605d-49d1-8d5e-a0682f4fdcac • PLANTS: MANIH • POWO: urn:lsid:ipni.org:names:327701-2 • Tropicos: 40013252 • uBio: 5873109 • WFO: wfo-4000023040 • Halaman ini terakhir diubah pada 21 Januari 2022, pukul 04.14.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Singkong (Manihot esculenta Crantz) Daerah Asal dan Penyebaran Singkong (Manihot esculenta Crantz) merupakan tanaman perdu.Penyebaran tanaman singkong di Nusantara terjadi pada sekitar tahun 1914-1918, yaitu saat terjadi kekurangan atau sulit pangan.Tanaman singkong dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian sampai dengan 2.500 m dari permukaan laut.Demikian pesatnya tanaman singkong berkembang di daerah tropis sehingga singkong dijadikan sebagai bahan makanan pokok ketiga setelah padi dan jagung.Pada daerah yang kekurangan pangan tanaman ini merupakan makanan pengganti (substistusi) serta dapat pula dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama.Adapun sentra produksi singkong di Nusantara adalah Jawa, Lampung, dan NTT (Sunarto, 2002).Umumnya tanaman ini dibudidayakan oleh manusia terutama adalah untuk diambil umbinya, sehingga segala upaya yang selama ini dilakukan adalah untuk mempertinggi produksinya.

Taksonomi dan Morfologi Dalam sistematika (taksonomi) tanaman singkong/ketela pohon diklasifikasikan sebagai berikut Kingdom Plantae (tumbuh- tumbuhan), Divisio Spermatophyta (tumbuhan berbiji), Subdivisio Angiospermae (biji tertutup), Kelas Dicotyledonae (biji berkeping dua), Ordo Euphorbiales, Famili Euphorbiaceae, Sub Famili Manihotae, Genus Manihot, dan Species Manihot esculenta Crants ( Suprapti, 2005 ).

Singkong/ketela pohon mempunyai banyak nama daerah seperti ketela, keutila, ubi kayee (Aceh), ubi parancih (Minangkabau), ubi singkung (Jakarta), batata kayu (Manado), bistugkel (Sunda), bolet, kasawe, kaspa, kaspe, ketela budin, katela jendral, katela kaspe, katela mantri, katela marikan, katela menyog, katela poung, katela prasman, katela sabekong, katela samunah, katela tapah, katela cengkol, telo pohung (Jawa), blandong, manggala menyok, puhung, pohog, sabhrang balandha, sawe, sawi, tela balandha, tengsag (Madura), kesawi, ketela kayu, sabrang sawi (Bali), kasubi (Gorontalo), lame kayyu (Makasar), lame aju (Bugis), kasibi (Ternate, Tidore) (Purwono, 2009).

Jenis Singkong Singkong yang sering dijumpai memiliki rasa yang manis, namun selain itu juga ada yang berasa pahit. Biasanya singkong dengan kadar sianida tinggi memiliki rasa yang pahit. Dari dasar itulah secara lokal singkong dibagi menjadi singkong pahit dan singkong manis (Koswara, 2004).

Beberapa varietas singkong yang dikeluarkan pemerintah berupa varietas unggul yang dilepas tahun 1978 yang memiliki rasa enak dan kualitas rebus yang baik, seperti : Adira-1, Malang-1, dan Darul Hidayah. Sisanya, termasuk Adira-4 yang dilepas tahun 1987 dan sampai sekarang masih cukup luas ditanam petani namun memiliki rasa pahit. Selain itu, yang dilepas terakhir yaitu : Malang-4 dan Malang-6. Juga varietas UJ-3 dan UJ-5 yang dilepas kemudian (Roja, 2009).

Pemanfaatan singkong dikelompokkan menjadi dua, yaitu sebagai bahan baku tapioka (tepung manihot utilissima adalah nama latin dari atau gaplek) dan sebagai pangan langsung. Singkong sebagai pangan langsung harus memenuhi syarat utama, yaitu tidak mengandung racun sianida (≥ 50 mg per kg umbi basah). Sementara itu, singkong untuk bahan baku industri tidak disyaratkan adanya kandungan protein maupun ambang batas sianida, tapi yang diutamakan adalah kandungan karbohidrat yang tinggi (Muchtadi dkk., 1992).

Dari 16 varietas unggul singkong yang telah dilepas Departemen Pertanian hingga saat ini, Adira-4, Malang-4, Malang-6, UJ-3, dan UJ-5 memiliki karakter manihot utilissima adalah nama latin dari sesuai dengan kriteria tersebut.

Sifat penting dari keempat varietas ini adalah : (1) Daun tidak cepat gugur; (2) Adaptif pada tanah ber-pH tinggi dan rendah; (3) Adaptif pada kondisi populasi tinggi sehingga dapat menekan pertumbuhan gulma; dan (4) Dapat dikembangkan pada pola tumpang sari (Wargiono, dkk., 2006). Varietas Unggul Singkong yang Sesuai untuk Bahan Baku Industri Beserta Karakteristiknya Varietas Tahun Dilepas Karakteristik Umur (bln) Hasil Umbi (t/ha) Kadar pati (%bb) Kadar HCN (mg/kg) Keterangan Adira 2 1978 8-12 22 41* 124.0 -Pahit -Sesuai untuk bahan baku industri -Cukup tahan tungu merah (Tetranichubi maculatus) -Tahan penyakit layu Pseudomonas solanacearum Adira 4 1978 10 35 20-22 68.0 -Pahit -Sesuai untuk bahan baku industri -Cukup tahan tungu merah (Tetranichubi maculatus) -Tahan penyakit layu Manihot utilissima adalah nama latin dari solanacearum dan Xanthomonas manihotis UJ-3 2000 8-10 20-35 20-27 >100.0 -Pahit -Sesuai untuk bahan baku industri -Agak tahan bakteri hawar daun ( Cassava Bacterial Blight) UJ-5 2000 9-10 25-38 19-30 >100.0 -Pahit -Sesuai untuk bahan baku industri -Agak tahan CBB (Cassava bacterial Blight) Malang 4 2001 9 39,7 25-32 >100.0 -Pahit -Sesuai untuk bahan baku industri -Cukup tahan tungu merah (Tetranichubi maculatus) -Adaptif terhadap hara sub-optimal Malang 6 2001 9 36,4 25-32 >100.0 -Pahit -Sesuai untuk bahan baku industri -Cukup tahan tungu merah (Tetranichubi maculatus) -Adaptif terhadap hara sub-optimal Sumber :Puslitbangtan (1993); Wargiono, dkk.

(2006); Balitkabi (2004); Balitkabi (2005). Komposisi Kimia Singkong merupakan salah satu sumber pangan yang berkarbohidrat tinggi.Karbohidrat dalam singkong didominasi oleh pati.Pada daerah yang kekurangan pangan tanaman ini merupakan makanan pengganti (substistusi) serta dapat pula dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama (Sunarto, 2002).

Jenis polisakarida yang menyusun umbi singkong antara lain pati, seluosa, dan hemiselulosa (Winarno, 2004). Komposisi kimia dapat dilihat seperti pada tabel berikut: Tabel Komposisi Kimia Singkong Komponen Komposisi Singkong Segar (%) (a) Tepung Singkong (%) (b) Air 57.00 8.65 Abu 2.46 2.55 Lemak – 6.54 Protein – 1.81 Karbohidrat (by difference) 85.86 80.45 • Pati 74.81 62.54 • Serat kasar 11.05 2.69 v Selulosa – 0.36 v Hemiselulosa – 1.88 v Lignin – 0.02 Sumber : (a) Susmiati (2010), (b) Arnata (2009) Karbohidrat yang terkandung dalam singkong terdiri dari serat kasar dan pati.Serat kasar terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin yang berfungsi sebagai penguat tekstur.

Komponen karbohidrat merupakan bahan baku utama yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan etanol (Winarno, 1992). Singkong mengandung banyak manfaat untuk kebutuhan tubuh.Selain mengandung karbohidrat, singkong juga mengandung protein, vitamin, zat besi, kalsium, dan fosfor.Kandungan zat besi yang tinggi terdapat pada kulit dibandingkan dalam umbi.Sianida dikelompokkan sebagai senyawa racun dan merupakan faktor pembatas dalam pemanfaatan tanaman singkong (Akinfala et al., 2002).Kandungan gizi singkong dapat dilihat dalam Tabel berikut: Tabel Kandungan Gizi dalam Tiap 100 g Singkong No Unsur Gizi Singkong Putih Singkong Kuning 1 Kalori (kal) 146.00 157.00 2 Protein (g) 1.20 0.80 3 Lemak (g) 0.30 0.30 4 Karbohirat (g) 34.70 37.90 5 Kalsium (mg) 33.00 33.00 6 Fosfor (mg) 40.00 40.00 7 Zat Besi (mg) 0.70 0.70 8 Vitamin A (SI) 0 385.0 9 Vitamin B1 (mg) 0.06 0.06 10 Vitamin C (mg) 30.0 30.0 11 Air (g) 62.50 60.00 12 Bagian dapat dimakan (%) 75.00 75.00 Sumber : Direktorat Gizi, Depkes R.I.,1981 (Sunarto, 2002) Selain kandungan gizi di atas, singkong juga mengandung racun yang dalam jumlah besar cukup berbahaya.Racun singkong yang selama ini dikenal adalah Asam biru atau Asam sianida (HCN).Baik daun maupun umbinya mengandung suatu glikosida sianogen, artinya suatu ikatan organik yang dapat menghasilkan HCN yang bersifat sangat toksik (Sosrosoedirdjo, 1993).

Besarnya racun dalam singkong setiap varietas tidak konstan dan dapat berubah. Hal ini disebabkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu antara lain : keadaan iklim, keadaan tanah, cara pemupukan dan cara budidayanya (Sosrosoedirdjo, 1993).

Archives • January 2017 • November 2016 • October 2016 • September 2016 • August 2016 • July 2016 • June 2016 • May 2016 • April 2016 • March 2016 • February 2016 • January 2016 • December 2015 • November 2015 • October 2015 • September 2015 • August 2015 • July 2015 • June 2015 • May 2015 • April 2015 • March 2015 • November 2011
5 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Ubi Kayu Manihot utilissima Pohl.

2.1.1 Sistematika Tumbuhan Menurut Tjitrosoepomo 1996 klasifikasi tumbuhan singkong Manihot utilissima secara sistematik adalah sebagai berikut: Kingdom : Plantae Divisi : Spermatophyta Sub divisi : Angiospermae Kelas : Dicotyledoneae Ordo : Euphorbiales Famili : Euphorbiaceae Genus : Manihot Spesies : Manihot utilissima Pohl.

2.1.2 Nama Daerah Ubi kayu mempunyai banyak nama, yaitu ketela, keutila, ubi kayee Aceh, ubi parancih Minangkabau, ubi singkung Jakarta, batata kayu Manado, bistungkel Ambon, huwi dangdeur Sunda, tela pohung Jawa, tela balandha Madura, sabrang sawi Bali, kasubi Gorontalo, lame kayu Makassar, lame aju Bugis, kasibi Ternate, Tidore Purwono, 2009.

2.1.3 Deskripsi Tumbuhan Singkong Manihot utilissima adalah tanaman dikotil. Merupakan tanaman semak belukar tahunan, ubi kayu tumbuh sekitar 1-4 m dengan daun besar yang menjari dengan 5-9 belahan lembar daun.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Daunnya yang bertangkai panjang bersifat cepat luruh yang berumur paling lama hanya beberapa bulan. Batangnya memiliki Universitas Sumatera Utara 6 pola percabangan yang khas, yang keragamannya bergantung pada kultivar. Pada tanaman yang diperbanyak secara vegetatif, akar serabut tumbuh dari dasar lurus. Umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan Sudarma, 2013. Singkong memiliki umbi atau akar pohon yang panjang dengan diameter dan tinggi batang yang beagam tergantung dari varietasnya.

Di Indonesia, umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran Agoes, 2010. 2.1.4 Kandungan kimia Singkong segar mempunyai komposisi kimia terdiri dari kadar air sekitar 60, pati 35, serat kasar 2,5, kadar lemak 0,5 dan kadar abu 1, meskipun merupakan sumber karbohidrat dan serat makanan, namun sedikit kandungan zat gizi seperti protein Litbang, 2011. Tabel 2.1 Komposisi Kimia Singkong per 100 gram bahan No.

Komponen Kadar per 100 g 1. Kalori 146 kkal 2. Protein 0,8 g 3. Lemak 0,3 g 4. Karbohidrat 34,7 g 5. Air 62,5 g 6. Kalsium 33 mg 7. Fosfor 40 mg 8. Zat besi 0,7 mg 9. Asam Askorbat 30 mg 10.

manihot utilissima adalah nama latin dari

Thiamin 0,06 mg 11. Bagian yang dapat dimakan 75 Sumber : Departemen Kesehatan 1992. 2.2 Pati Parts » Isolasi Pati dari Ubi Kayu (Manihot utilissima Pohl.) yang Memenuhi Standar Farmakope Indonesia » Larutan Iodum 0,005 M Larutan Etanol 70 vv Larutan Etanol 80 vv Larutan Fenolftalein 0,1 bv Larutan NaOH 0,1 N Larutan H Larutan KOH 3 bv Media Nutrient Agar Media Potato Dextrose Agar » Lokasi Penelitian Jenis Penelitian Alat-alat Bahan Penyiapan Sampel » Pemeriksaan Karakteristik Pati .1 Pemeriksaan Pemerian » Hasil Identifikasi Sampel Hasil Rendemen » Hasil Pemeriksaan Karakteristik Pati » Ubi Kayu Manihot utilissima Pohl.

.1 Sistematika Tumbuhan Show more

Luar Biasa !!! Manfaat Singkong Rebus Atasi Asam Lambung Naik




2022 www.videocon.com