Ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Setiap warga negara tentu saja menginginkan yang namanya kedamaian dan kententraman. Siapa yang tidak ingin memiliki negara yang aman-aman saja tanpa ancaman? Semua warga tentu saja menginginkan hal yang seperti itu. Namun rupanya berbagai macam faktor bisa mendalangi adanya berbagai macam ancaman. Berbagai macam faktor bisa memicu terjadinya ancaman kepada beberapa aspek yang ada di sebuah negara. Bagi sebuah negara, politik sendiri merupakan salah satu hal yang paling berharga.

Tanpa adanya politik mungkin negara akan sulit untuk bisa berdiri, oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai informasi penting terkait contoh ancaman politik yang bisa saja menyerang Bangsa Indonesia dari luar maupun dalam negeri. Berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda : Ancaman politik dari dalam negeri Yang pertama kita akan membahas mengenai ancaman politik yang bisa berasal dari dalam negeri.

Karena ancaman itu asalnya tidak hanya dari luar saja, namun ancaman politik juga bisa datang dari dalam negeri sekalipun.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Sebelumnya ketahuilah juga mengenai contoh ancaman non militer.Berikut ini adalah beberapa contoh ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang bisa Anda pahami : • Korupsi Ancaman pertama yang berasal dari dalam negeri sendiri itu adalah korupsi, korupsi merupakan salah satu ancaman yang berasal dari dalam negeri sendiri. Seperti yang kita ketahui jika di Indonesia sendiri masih banyak apra pejabatnya yang memang menyalahgunakan kekuasaan mereka hanya demi mencari keuntungan semata untuk pribadi dengan cara korupsi.

Korupsi yang mereka lakukan ini sangatlah merugikan bangsa, yang pertama karena itu adalah uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk membangun infrastruktur negara namun karena uang itu mereka ambil tentu saja pembangunan yang ada di Indonesia menjadi sedikit terhambat bukan? Karena dana yang seharusnya digunakan untuk membangun telah diambil oleh pejabat yang seharusnya mengurus.

Hal seperti korupsi ini bisa menghambat kemajuan bangsa dan juga bisa merugikan negara dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu sampai sekarang masyarakat berharap banyak supaya pejabat dan pemerintah lebih mementingkan bangsa daripada kemauan mereka sehingga negara Indonesia bisa menjadi negara yang lebih maju dan bisa bersaing dengan negara lainnya. contoh ancaman terhadap nkri ini juga ada berbagai macam jenisnya.

• Konflik SARA yang dikaitkan dengan politik Seperti yang kita tahu jika di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam suku, ras dan juga agama. Indoenesia merupakan salah satu negara yang bhineka tunggal ika sehingga banyak sekali budaya yang berbeda.

Namun yang ironis di Indonesia sampai saat ini banyak sekali konflik yang tercipta akibat adanya perbedaan agama dan suku yang didalangi oleh bidang politik. Tidak usah kita sebutkan pasti Anda sudah tahu kasus yang terjadi di tahun 2017 lalu, banyak sekali konflik seperti itu yang dilatari dengan bidang politik. Ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor sangat disayangkan adalah adanya beberapa pihak yang memanfaatkan perbedaan SARA itu sebagai perang dalam dunia politik, menjatuhkan satu sama lain.

Tentu saja ancaman politik dari dalam negeri yang satu ini bisa menimbulkan beberapa bahaya dan resiko yang sangat merugikan bagi Bangsa Indoensia. Selain politik di Indonesia yang akan terguncang, persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia ini bisa menjadi pecah akibat adanya konflik SARA. Ancaman dari dalam negeri seperti konflik SARA yang dilatari dengan politik ini bisa mengakibatkan kondisi Indonesia menjadi tidak kondusif dan bisa menjadikan Indonesia sebagai sorotan negara lainnya.

Semoga saja tidak ada lagi konflik seperti ini. • Penurunan paksa pemerintahan Masalah atau ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang selanjutnya adalah penurunan paksa pemerintahan. Di Indoensia sendiri pernah ada kasus besar-besaran di mana warga berusaha menurunkan presiden Soeharto pada masa itu kondisi Indonesia menjadi tidak kondusif dalam berbagai bidang misalnya saja yang terkena imbasnya adalah ekonomi.

Belajar dari pengalaman beberapa tahun silam, bisa dibilang kejadian penurunan paksa suatu pemerintahan itu merupakan salah satu ancaman politik yang bisa terjadi di dalam negeri. Mengapa itu menjadi sebuah ancaman politik? Karena jika suatu pemerintahan itu diturunkan maka bisa saja banyak sekali dampak yang ditimbulkan bagi warga masyarakat. Misalnya saja imbasnya dari penurunan itu adalah krisis ekonomi yang melanda, sistem pemerintahan yang semrawut, bahkan mungkin akan banyak kerusuhan terjadi dimana-mana.

Salah satu ancaman politik ini memang bisa menjadi keresahan bagi masyarakat. • Isu-isu politik Ancaman politik yang keempat dan bisa berpotensi menggoyahkan masyarakat adalah isu-isu politik. Isu-isu politik ini beragam sekali jenisnya, ada yang mencuat ketika pemilu terjadi sehingga memecah beberapa kubu politik, isu-isu politik mengenai pejabat dan pemerintahan tertentu, dan masih banyak lagi. Isu politik yang muncul itu biasanya akan mencuat disertai dengan beberapa aksi seperti demo yang dilakukan oleh masyarakat.

Hal-hal seperti isu politik yang mungkin tidaklah jelas simpang siurnya ini mungkin akan memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indoenesia. Sehingga bisa dianggap sebagai salah satu ancaman politik yang akan membahayakan pemerintah dan juga masyarakatnya. Jika mungkin ada isu politik lagi sebagai masyarakat yang bijak sebaiknya kita tidak terlalu ikut campur dan tidak usah terlalu emosi. Selain itu jangan menjadi seorang provokator karena itu bisa membuat keadaan menjadi semakin memanas dan juga memperkeruh keadaan politik.

• Pelanggaran HAM Mungkin Anda belum tahu banyak mengenai infromasi yang satu ini, namun masyarakat internasional atau masyarakat dunia itu melihat sebuah negara itu melalui politik sebuah negara yang mencakup HAM, demokrasi, lingkungan hidup negara itu, dan juga penyelanggaraan sistem pemerintahan yang bersih dan transparan.

Oleh karena itu HAM juga menjadi salah satu instrumen yang penting di Indonesia karena HAM merupakan hak yang melekat pada setiap ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor negara dan sifatnya adalah mutlak. HAM merupakan salah satu instrumen yang wajib dalam politik dan harus sangat dihargai dan dijunjung tinggi.

Sehingga jika terjadi pelanggaran HAM di sebuah negara maka itu juga bisa menjadi ancaman karena HAM sendiri merupakan salah satu pandangan dari politik, jika dilanggar maka tentu saja politik di negara itu bisa terganggu karena adanya pelanggaran HAM yang tentu saja perlu diawasi dan diselesaikan. Ketahuilah juga mengenai jenis-jenis pelanggaran HAM.

Ancaman politik dari luar negeri Tadi diatas kita sudah membahas beberapa macam ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang selanjutnya kita akan membahas berbagai macam ancaman yang berasal dari luar negeri yang berada di bidang politik. Sehingga sebaga warga negara Indonesia kita bisa tahu apa saja yang menjadi ancaman politik dan tidak. Berikut ini adalah informasi mengenai ancaman politik dari luar negeri yang bisa kita pahami dan kenali : • Terorisme Salah satu ancaman yang sangat berbahaya dan bisa menganggu bangsa adalah terorisme, sebenarnya terorisme ini juga banyak yang berasal dari dalam negeri sendiri.

Namun baru-baru ini yang menjadi populer dan mengkhawatirkan negara-negara di dunia adalah kelompok terorsime dari luar negeri yaitu ISIS dan semacamnya. Terorisme seperti itu banyak mengambil warga asli Indonesia dan menjadikannya sebagai anggota, tentu saja terorisme ini sangatlah meresahkan negara sehingga sangat perlu segera diberantas.

Terorsime yang terjadi ini bisa menyebabkan ketidakstabilan sebuah negara, bisa mengguncang ekonomi dan juga kondisi sosial budaya masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

Cara mencegah radikaslime dan terorisme juga harus kita ketahui supaya Indonesia terhindar dari masalah terorisme • Negara lain yang ikut ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor masalah internal Indonesia Masalah atau ancaman pada bidang politik yang kedua ini asalnya dari luar negeri, ancaman politik itu tak lain tak bukan adalah jika negara lain ikut campur dengan masalah internal yang dialami Indonesia sendiri. Misalnya saja seperti urusan hak asasi manusia yang ada di Indonesia, pemilihan umum, maupun masalah hukum yang seharusnya menjadi permasalah Indonesia dan harusnya disselesaikan sendiri oleh pemerintah Indonesia yang berwenang.

Pendapat dari negara lain itu sedikit banyak mungkin bisa mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan. Jika dampaknya baik bagi Indonesia mugnkin tidaklah masalah, namun jika ternayta keputusan yang diambil itu tidaklah sesuai dengan ideologi pancasila yang ada maka bisa saja membahayakan Indonesia sendiri. Bahkan mungkin bisa menjerumuskan dan memecah belah Bangsa Indonesia. Menghindari ancaman politik Sebagai warga Indonesia kita juga bisa mencegah atau meminimalisir ancaman politik itu sehingga kestabilan Indonesia tercapai dan kondisi Indonesia akan tetap kondusif.

Karena itu kali ini kami akan membagikan beberapa cara untuk menghindari ancaman politik yang ada di negara kita. Berikut ini adalah tipsnya untuk Anda!

• Jangan sampai jadi provokator, jika ada masalah seperti misalnya isu politik atau konflik yang berbau SARA maka sebagai warga yang baik kita berusaha untuk menjungjung toleransi dan bisa menjadi masyarakat yang bijak. Jangan sampai menjadi salah satu provokator yang membuat masyarakat atau kubu tertentu menjadi semakin panas dan emosi.

Jadilah bijak karena jika maish bersikap seperti provokator maka mungkin tak akan ada kata stabil dan aman. • Cara kedua adalah selalu ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor masyarakat yang taat akan hukum di Indonenesia. Jangan sampai kita melanggar hukum-hukum dan terutama hukum HAM. Seperti yang sudah dikatakan di atas jika salah satu ancaman politik dari dalam negeri adalah terjadinya banyak pelanggaran HAM.

Oleh karena itu sebagai warga Indonesia sebaiknya kita segera memperhatikan hukum yang ada. Itu dia beberapa informasi penting mengenai contoh ancaman politik baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk yang terakhir ketahuilah juga mengenai sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang satu dan utuh.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua! Pertanyaan Salah satu ancaman dalam bidang politik adalah blokade politik. Pernyataan berikut yang menunjukkan blokade politik adalah.   A. Timor Timur memilih melepaskan diri dari Indonesia pada masa pemerinahan B.J. Habibie   B. Belanda berupaya menekan Indonesia agar tidak bekerja sama dengan negara lain   C. Australia menyadap telepon milik beberapa pejabat Indonesia   D. Isu serbuan tenaga kerja asing ke industri dalam negeri   E. G30 S PKI berupaya merubah ideologi negara Hello Risma W, Kak Fariz bantu jawab ya.

Jawaban yang benar adalah B. Belanda berupaya menekan Indonesia agar tidak bekerja sama dengan negara lain. Yuk simak pembahasan berikut. Blokade politik merupakan suatu tindakan penutupan atau pemutusan hubungan politik yang dilakukan suatu negara terhadap negara lainnya.

Blokade politik ini sangat merugikan karena negara yang melakukan blokade akan memutuskan semua hubungan dengan negara yang diblokade. Salah satu pernyataan yang menunjukkan blokade politik adalah Belanda berupaya menekan Indonesia agar tidak bekerja sama dengan negara lain.

Dengan demikian, pernyataan yang menunjukkan blokade politik adalah Belanda berupaya menekan Indonesia agar tidak bekerja sama dengan negara lain (pilihan B). Semoga membantu ya.
Ancaman di bidang politik bisa berasal dari dalam dan luar negeri.

Berikut beberapa ancaman terhadap NKRI di bidang politik. Korupsi. Terorisme, Negara lain yang ikut campur urusan dlm negeri negara lain, Penurunan paksa pemerintahan, Pelanggaran HAM. Yang termasuk ancaman di bdang politik yang berasal dari dalam negeri dtujukan pada nomor? • 1,2 dan 3 • 1,4 dan 5 • 2,3 dan 5 • 3, 4 dan 5 • Semua jawaban benar Jawaban: B.

1,4 dan 5 Dilansir dari Encyclopedia Britannica, ancaman di bidang politik bisa berasal dari dalam dan luar negeri.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

berikut beberapa ancaman terhadap nkri di bidang politik. korupsi. terorisme, negara lain yang ikut campur urusan dlm negeri negara lain, penurunan paksa pemerintahan, pelanggaran ham. yang termasuk ancaman di bdang politik yang berasal dari dalam negeri dtujukan pada nomor 1,4 dan 5.

Daftar Isi • Ancaman Politik Dari Dalam Negeri • Ancaman Politik Dari Luar Negeri • Cara Menghindari Ancaman Politik Ancaman Politik Dari Dalam Negeri Ancaman politik yang mengancam keutuhan Bangsa Indonesia ini datang dari dalam Negeri. Ancaman politik dari dalam Negeri datang dari beberapa oknum-oknum yang menggunakan strategi politik yang licik untuk mencapai kepentingan pribadi.

Contoh ancaman di bidang politik yang datang dari dalam Negeri ini diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme Ancaman politik dari dalam Negeri ini adalah tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Ya, tindakan tersebut merupakan tindakan kriminal yang mana seseorang menggunakan wewenang politik untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan melakukan tindakan KKN.

Jadi, tindakan KKN ini tentu saja menjadi ancaman politik karena dapat menyebabkan kerugian bagi Negara dari segi finansial. 2. Isu SARA Yang Dihubungkan Dengan Masalah Politik Bukan menjadi rahasia lagi apabila Indonesia tengah mengalami demonstrasi besar-besaran akibat merebaknya isu SARA yang kemudian dihubungkan dengan masalah politik sehingga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk mencapai kepentingan dari golongan tertentu.

Salah satu contoh ancaman di bidang politik dari isu SARA ini adalah adanya ujaran kebencian yang di Kota Malang, Semarang, dan juga Surabaya. Akar masalah dari kasus tersebut adalah seseorang yang berujar kurang sopan terhadap mahasiswa asal Papua. Namun, Karena adanya isu SARA yang dihubungkan dengan masalah politik kemudian terjadilah kerusuhan di Provinsi Papua yang berlanjut terhadap aksi pemukulan dan pembacokan hingga jatuhnya korban jiwa.

Hal ini lantas dijadikan sebagai bahan oleh beberapa oknum yang menginginkan Papua merdeka sehingga mereka akan mengadukan Indonesia pada PBB terkait adanya pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Indonesia. Hal inilah yang menjadikan isu SARA sebagai masalah politik yang kemudian ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor masalah serius dan harus diselesaikan dan dikendalikan oleh pemerintah.

Sebab isu SARA ini menjadi salah satu ancaman politik yang serius. 3. Makar Atau Kudeta Ancaman politik dari dalam Negeri selanjutnya adalah makar atau kudeta.

Ya, makar atau kudeta ini adalah upaya untuk menggulingkan kekuasaan dari pemerintahan yang sah guna mendapatkan kepentingan tertentu. Untuk itu, sesuai dengan Undang-Undang, makar dan kudeta ini adalah tindakan melawan hukum dan dapat dikenakan pasal pidana kurungan. Ancaman Politik Dari Luar Negeri Selain datang dari dalam Negeri, Beberapa ancaman-ancaman politik ini juga datang dari luar Negeri yang tentu saja memiliki tingkat bahaya yang juga sama tingginya dengan ancaman politik dari dalam Negeri.

Untuk itu inilah beberapa ancaman politik dari luar Negeri diantaranya adalah : 1. Tindakan Terorisme Tindakan-tindakan terorisme ini memang menjadi salah satu ancaman politik dari luar Negeri. Memang, baru-baru ini banyak teroris yang tertangkan sebelum melaksanakan aksi jihad dengan cara meledakkan bom pada diri sendiri.

Akan tetapi paham-paham radikal tersebut datang dari luar negeri dan kemudian Indonesia menjadi target akan tindak terorisme dengan tujuan untuk beberapa hal mulai dari mengganti ideologi Indonesia. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa tindakan radikal dan juga tindak terorisme yang menyerang Indonesia ini dilatarbelakangi oleh adanya ancaman politik yang berasal dari luar negeri. 2. Negara Lain Terlalu Ikut Campur Urusan Negara Ancaman selanjutnya adalah adanya campur tangan Negara lain dalam berbagai urusan-urusan internal negeri ini.

Adanya campur tangan dari Negara lain ini tentu saja sangat berbahaya karena dapat merongrong kedaulatan Bangsa Indonesia karena tentu saja Negara lain memiliki kepentingan tersendiri dibalik campur tangannya tersebut. Oleh sebab itu Negara lain tentu saja dilarang untuk ikut terlibat dalam urusan yang menyangkut internal bangsa. Bukan tidak mungkin Negara lain terlalu jauh mencampuri urusan Negara dapat menyebabkan timbulnya hasutan untuk memecah belah hingga menimbulkan konflik vertikal yang menyebabkan perang saudara.

Guna menjaga marwah dan kedaulatan Negara, maka dalam Ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor Dasar (UUD 1945) telah diatur bahwa Negara berhak menentukan nasib dan urusan bangsa secara individu tanpa adanya campur tangan dari pihak asing tanpa terkecuali. Untuk itu dapat dikatakan bahwa campur tangan dari Negara lain adalah ancaman politik bagi Indonesia.

Cara Menghindari Ancaman Politik 1. Jangan Menyebarkan Berita Bohong Yang Berisikan Isu SARA Cara menghindari ancaman politik yang pertama adalah jangan menyebarkan berita bohong (hoax) yang berisikan tentang isu SARA. Sebab, berita bohong atau hoax yang berisikan tentang isu SARA ini mudah untuk menyulut amarah seseorang dan kemudian menyebabkan gesekan sehingga timbul perpecahan seperti yang terjadi di Provinsi Papua. 2. Taat Akan Hukum Yang Berlaku di Indonesia Cara menghindari ancaman politik yang kedua adalah dengan mentaati hukum yang berlaku di Indonesia.

Ya, langkah ini dapat dijadikan sebagai langkah antisipatif untuk kalian yang ingin melakukan ancaman politik seperti melakukan tindak pidana korupsi hingga mengedarkan narkoba di Indonesia. Sebab, tindakan tersebut adalah tindakan melawan hukum yang dapat diancam kurungan pidana badan sesuai dengan jenis tindak kriminal yang tengah kamu lakukan guys. 3. Mengabaikan Usulan Dari Negara Lain Yang Mengandung Unsur Negatif Kita harus memfilter beberapa usulan yang diusulkan oleh Negara lain terkait permasalah dalam ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Sebaiknya abaikan usulan dari Negara lain yang mengandung ancaman politik sehingga usulan tersebut tidak dapat merusak Bangsa Indonesia dari segi politik. Ancaman politik ini merupakan ancaman yang cukup serius dan dapat merusak tatanan perdamaian di dalam Negeri. Untuk itu, perlu cara terjitu untuk ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor sekaligus mengatasi berbagai ancaman politik yang datang dari dalam maupun luar Negeri.
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATKapal Coast Guard China-5202 dan Coast Guard China-5403 membayangi KRI Usman Harun-359 saat melaksanakan patroli mendekati kapal nelayan pukat China yang melakukan penangkapan ikan di ZEE Indonesia Utara Pulau Natuna, Sabtu (11/1/2020).

Dalam patroli tersebut KRI Usman Harun-359 bersama KRI Jhon Lie-358 dan KRI Karel Satsuitubun-356 melakukan patroli dan bertemu enam kapal Coast Guard China, satu kapal pengawas perikanan China, dan 49 kapal nelayan pukat asing. KOMPAS.com - Keutuhan atau integrasi nasional harus dijaga dari berbagai ancaman.

Salah satu ancaman terhadap integrasi nasional adalah ancaman terhadap integrasi di bidang politik. Tahukah kamu apa saja ancaman terhadap integrasi politik?

Bagaimana dengan contoh ancaman bidang politik di Indonesia? Simak penjelasan berikut ini! Ancaman integrasi politik dari luar negeri Dari luar negeri, ancaman di bidang politik dilakukan oleh negara lain dengan melakukan tekanan politik terhadap Indonesia.

Bentuk ancaman nonmiliter berdimensi politik antara lain intimidasi, provokasi atau blokade politik. Ancaman tersebut seringnya digunakan oleh pihak-pihak dari luar untuk menekan suatu negara yang lebih lemah. Negara yang berdaulat harus bisa mengelola negaranya sendiri tanpa campur tangan negara lain. Contohnya, setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia masih berusaha dikuasai oleh Belanda.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Belanda melakukan serangan, blokade ekonomi, hingga membebani utang ke Indonesia. Contoh ancaman politik dari luar negeri lainnya yakni selama Perang Dingin, Amerika Serikat selalu mencampuri urusan negara lain termasuk Indonesia. Di Indonesia, diperkirakan di masa depan masih ada potensi bentuk ancaman integrasi nasional berdimensi politik dari luar negeri. Untuk menghadapi ancaman integrasi politik di Indonesia yang bersumber dari luar negeri, diperlukan peran dari fungsi pertahanan nonmiliter.

Baca juga: Jenis-jenis Ancaman Terhadap Integrasi Nasional Ancaman integrasi politik dari dalam negeri Ancaman berdimensi politik yang bersumber dari dalam negeri dapat berupa penggunaan kekuatan seperti pengerahan massa. Pengerahan massa bisa memiliki agenda kudeta atau menumbangkan suatu pemerintahan yang berkuasa, atau menggalang kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Contohnya politik berdasarkan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) serta politik identitas yang sangat menguat pada Pilpres 2014 dan Pilkada DKI 2017. Diskriminasi SARA dan identitas dimanfaatkan untuk keuntungan politik semata.

Padahal, politik SARA mengancam keutuhan keluarga, masyarakat, dan negara. Bentuk ancaman integrasi bidang politik yang lain adalah separatisme yang timbul dari dalam negeri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, separatisme adalah paham atau gerakan untuk memisahkan diri (mendirikan negara sendiri). Separatisme bisa menempuh pola perjuangan politik tanpa senjata dan perjuangan bersenjata. Baca juga: Ancaman Integrasi Nasional Bidang Politik Pola perjuangan politik tanpa senjata sering ditempuh untuk menarik simpati masyarakat internasional.

Maka dari itu, separatisme sulit dihadapi dengan menggunakan kekuatan militer. Contohnya Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) yang ingin mendirikan Negara Islam Indonesia sejak masa kemerdekaan.

Di era setelah Reformasi, ada Hizbut Tahrir, gerakan yang ingin menjadikan Indonesia negara Islam atau khilafah. Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akhirnya dibubarkan karena dianggap mengancam keutuhan NKRI. Banyak pihak yang khawatir jika radikalisme dan ekstremisme dibiarkan, Indonesia akan porak poranda seperti halnya Afghanistan dan Suriah yang dikuasai kelompok Islam radikal.

Dengan demikian, ancaman di bidang politik memiliki tingkat risiko yang besar. Sebab mengancam kedaulatan, keutuhan dan keselamatan bangsa.
Ancaman di bidang politik merupakan contoh ancaman terhadap integrasi nasional yang akan terus dihadapi bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, proklamasi ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor Indonesia pada 17 Agustus 1945 bukanlah titik akhir perjuangan bangsa. Sebab selalu ada potensi ancaman yang membahayakan keberlangsungan dan perkembangan negara Indonesia. Mengutip dari Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Kelas X karya Tolib dan Nuryadi (2017: 224), ancaman terhadap NKRI merupakan setiap upaya dan tindakan dari dalam dan luar negeri yang dinilai dapat membahayakan keselamatan, keamanan, kedaulatan, keutuhan wilayah, dan kepentingan nasional dalam berbagai aspek kehidupan.

Ancaman nonmiliter di bidang politik dapat bersumber dari luar maupun dalam negeri. Mengutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan oleh Yusnawan Lubis dan Mohammad Sodeli, ancaman dari luar dilakukan oleh suatu negara dengan melakukan tekanan politik terhadap Indonesia.

Misalnya, intimidasi, provokasi, dan blokade politik. Mengutip jurnal Memahami Ancaman Negara Non-Militer dan Strategi Menghadapinya Melalui Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran PPKN di Sekolah tulisan Muhamad Hari Purnomo Hadi, tindakan makar atau kudeta adalah penggunaan kekuatan berupa pengerahan massa untuk menumbangkan suatu pemerintahan yang berkuasa. Ha itu bisa juga dipahami sebagai penggalangan kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah.

Pendekatan ke luar diarahkan untuk mengerahkan strategi dan upaya diplomasi. Hal ini dapat dilakukan melalui peningkatan peran instrumen kebijakan luar negeri dalam membangun kerja sama dan rasa saling percaya dengan negara lain sebagai strategi untuk mencegah atau mengurangi potensi konflik antar negara.

Pendekatan ke luar dilakukan dengan cara sebagai berikut: Hal ini dapat dilakukan melalui penciptaan, pengembangan, dan peningkatan kondisi domestik yang semakin stabil dan stabil. Hal ini disertai upaya untuk meningkatkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sehat dan kuat. Selain itu juga dibarengi dengan penguatan dan peningkatan kehidupan bermasyarakat. Politik luar negeri dikembangkan untuk berperan dalam memperkuat ASEAN melalui hubungan yang harmonis.

Kinerja politik luar negeri Indonesia harus mampu membangun hubungan dan kerja sama yang menjamin kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Hal ini ditandai dengan tidak adanya campur tangan asing, terutama jaminan tidak akan ada agresi terhadap wilayah kedaulatan Indonesia.Sebagai negara yang terkenal dengan kekayaan alam dan budayanya tentu Indonesia menjadi incaran banyak negara.

Negara-negara tersebut ingin menguasai bangsa dan negara Indonesia.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Sebagai generasi yang kini dapat menikmati kemerdekaan, sudah menjadi tugas dan kewajiban kita untuk menghadapi dan mengatasi segala kemungkinan yang dapat terjadi berkaitan dengan upaya mempertahankan kemerdekaan. Sebagai generasi muda, globalisasi membawa pengaruh yang sangat kuat. Padahal globalisasi bis amenjadi sarana masuknya kebudayaan luar yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Jadi, bisa dikatakan bahwa globalisasi bisa berpotensi sebagai ancaman. Nah, selain ancaman militer, ada pula ancaman nonmiliter yang juga mengancam keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Meskipun tidak berupa fisik dan tidak terlihat nyata, ancaman nonmiliter sama berbahayanya dengan ancaman militer. Daftar Isi • Ancaman Nonmiliter • 1.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Ancaman di Bidang Politik • Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Politik • 2. Ancaman di Bidang Ideologi • Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Ideologi • 3. Ancaman di Bidang Ekonomi • Contoh Ancaman di Bidang Ekonomi • Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Ekonomi • 4. Ancaman di Bidang Sosial-Budaya • Contoh Ancaman di Bidang Sosial-Budaya • Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Sosial-Budaya • 5.

Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan • Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Ancaman Nonmiliter Ancaman nonmiliter adalah ancaman yang menggunakan faktor-faktor nonmiliter yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Ancaman nonmiliter tidak berbentuk fisik dan tidak telrihat.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Ancaman nonmiliter dapat berdimensi ideologi, politik, sosial budaya, teknologi dan informasi, serta keselamatan umum. Ancaman nonmiliter disebut juga ancaman nirmiliter. Ancaman di Bidang Ekonomi (Image by detik.com) Salah satu faktor penyebab ancaman nonmiliter di berbagai bidang adalah pengaruh negatif dari globalisasi.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Globalisasi menghilangkan sekat atau batas pergaulan antarbangsa yang disadari ataupun tidak disadari telah memberikan dampak negatif yang kemudian menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara.

Contoh ancaman nonmiliter seperti pengaruh gaya hidup ( lifestyle) kebarat-baratan, sudah tidak mencintai budaya sendiri, tidak menggunakan produk dalam negeri, dan sebagainya. 1. Ancaman di Bidang Politik Politik adalah hal vital dalam sebuah negara karena terkait dengan cara penyelenggaraan kehidupan negara. Ancaman bidang politik dapat membahayakan kelangsungan kehidupan negara tersebut. Ancaman politik yang berasal dari luar merupakan berbagai tindakan suatu negara yang berfungsi memberikan tekanan politik terhadap negara lain.

Hal tersbut dapat berupa intimidasi atau blokade politik. Adapun ancaman politik yang berasal dari dalam negeri biasanya berupa penggunaan kekuatan atau pengaruh untuk mengerahkan massa untuk melemahkan atau bahkan menumbangkan kekuasaan pemerintah. Dapat juga melalui gerakan separatisme. Sebagai bentuk ancaman politik, separatisme dapat menempuh pola perjuangan politik tanpa senjata dan perjuangan senjata.

Pola perjuangan tidak bersenjata sering ditempuh untuk menarik simpati masyarakat internasional. Oleh karena itu, separatisme sulit dihadapi menggunakan kekuatan ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor. Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Politik Berikut contoh upaya penyelesaian terhadap ancaman di bidang politik. • Pelaksanaan tugas dan wewenang lembaga negara dengan baik.

• Menyelaraskan antara hak dan kewajiban warga negara dengan baik. • Mengutamakan kepentingan dan kehendak rakyat. • Menegakkan kehidupan negara yang demokratis. • Melaksanakan hubungan kerja sama politik dengan negara lain yang bersih dan sehat. 2. Ancaman di Bidang Ideologi Ancaman bidang ideologi adalah ancaman yang tertuju ideologi bangsa. Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Pancasila mengandung nilai-nilai yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun, dengan bergulirnya globalisasi dan canggihnya media komunikasi dan transportasi, maka hal tersebut akan mengancam keberadaan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, sebagai warga negara yang baik kita berkewajiban untuk menjaga dan mempertahankan eksistensi Pancasila.

Adanya berbagai paham ideologi lain tetap menjadi ancaman bagi bangsa Indonesia. Apalagi dengan adanya globalisasi yang dengan mudahnya membawa pengaruh dari satu negara ke negara lain. Saat ini, kehidupan masyarakat Indonesia khususnya ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor masyarakat dunia pada umumnya cenderung mengarah pada kehidupan liberal yang menekankan aspek kebebasan individual.

Hal ini merupakan akibat dari era globalisasi. Globalisasi seakan menyakinkan kepada masyarakat dunia bahwa liberalisme dapat membawa ke arah kemajuan dan kemakmuran. Sedikit banyak hal ini mempengaruhi pikiran masyarakat Indonesia untuk tertarik pada ideologi tersbeut. Akan tetapi, pada umumnya pengaruh yang diambil justru yang bernilai negatif, misalnya dalam gaya hidup yang diliputi kemewahan, budaya konsumtif, serta pergaulan bebas.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Ideologi Apabila hal ini tidak segera ditindaklanjuti, akan menjadi ancaman besar bagi bangsa dan negara Indonesia. Berikut contoh upaya penyelesaian terhadap ancaman di bidang ideologi. • Menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini. • Mengajarkan sikap nasionalisme dan patriotisme. • Mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di semua lingkungan kehidupan. • Menumbuhkan rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia. • Meningkatkan rasa kesetiaan ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor bangsa dan negara Indonesia.

3. Ancaman di Bidang Ekonomi Keanekaragaman budaya dan alam yang dimiliki Indonesia apabila dapat kita maksimalkan tentu dapat bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa kita sendiri. Namun, seiring dengan globalisasi, persaiangan dalam dunia perdagangan tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri.

Globalisasi memudahkan barang-barang dari luar masuk dan bersaing ketat dengan produk-produk karya anak bangsa. Harga yang lebih murah dapat menjadi alasan beralihnya konsumen terhadap barang dari luar. Hal ini tentu menjadi ancaman tersendiri bagi bangsa kita. Contoh Ancaman di Bidang Ekonomi Ancaman di bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia antara lain sebagai berikut.

• Masuknya barang-barang produksi luar negeri yang mengancam keberadaan barang-barang lokal. • Kemudahan bangsa asing menanamkan modalnya di Indonesia membuat perekonomian Indonesia semakin dikuasai bangsa asing.

• Persaingan bebas akan memunculkan pihak yang kalah dan pihak yang menang. Pihak yang menang seolah dapat melenggang dengan berbagai keuntungan, sedangkan pihak yang kalah akan terus merasa tertindas.

• Sektor perekonomian yang bersubsidi semakin berkurang, koperasi juga sulit berkembang, angka pengangguran dan kemiskinan semakin bertambah. • Prospek perekonomian jangka panjang memburuk. Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Ekonomi Berikut contoh upaya penyelesaian terhadap ancaman di bidang ekonomi. • Penciptaan lapangan pekerjaan yang memadai. • Mewujudkan persaingan yang sehat antarpelaku ekonomi.

• Pemberian subsidi yang memadai dan merata. • Menciptakan iklim usaha yang kondusif. • Mengutamakan pengadaan barang-barang produksi dalam negeri daripada barang-barang impor. 4. Ancaman di Bidang Sosial-Budaya Seperti halnya bentuk ancaman yang lain, ancaman sosial budaya juga bisa berasal dari dalam maupun dari luar. Contoh ancaman di bidang sosial budaya yang datang dari dalam adalah sebagai berikut.

• Isu kemiskinan. • Keterbelakangan. • Kebodohan. • Ketidakailan. Contoh Ancaman di Bidang Sosial-Budaya Adapun ancaman dari luar timbul sebagai akibat dari pengaruh negatif globalisasi, antara lain sebagai berikut. • Munculnya ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor hidup konsumtif dan selalu mengonsumsi barang-barang dari luar negeri. • Munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi.

Hal ini membuat manusia suka memaksa diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadi tersebut, meskipun harus melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat.

• Adanya sikap individualism, yaitu sikap selalu mementingkan diri sendiri serta memandang orang lain tidak ada dan tidak bermakna. • Munculnya gejala westernisasi, yaitu gaya hidup yang selalu berorientasi kepada budaya Barat tanpa diseleksi terlebih dahulu. • Semakin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.

• Semakin lunturnya nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Sosial-Budaya Berikut contoh penyelesaian terhadap ancaman di bidang sosial budaya. • Mengembangkan potensi kebudayaan daerah dan mempromosikannya ke luar negeri.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

• Meningkatkan penguasaan iptek. • Meningkat penguasaan skill individu. • Penanaman nilai agama yang kuat sejak dini.

ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor

• Membudayakan berbagai kegiatan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan, misalnya gotong royong, membentuk kelompok belajar, menggalang dana untuk membantu sesama, dan berbagai kegiatan lain. 5. Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Pertahanan dan keamanan negara secara resmi diatur dalam UUD 1945 pasal 30.

Pada ayat (1) berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan”. Berdasarkan bunyi ayat tersebut, telah jelas bahwa pemerintahan menyelenggarakan upaya pertahanan dan keamanan negara dan setiap warga negara wajib terlibat untuk merealisasikannya. Proses mewujudkan pertahanan dan keamanan suatu negara bukan hal yang mudah untuk direalisasikan, terutama dengan adanya globalisasi yang juga membuat metode kejahatan semakin berkembang.

Konflik sara yang terus berembus dan seringnya terjadi aksi teror bersenjata seolah merongrong kehidupan masyarakat. Ancaman bidang pertahanan dan keamanan harus mendapat perhatian khusus, karena dengan lemahnya penanganan akan membuat wibawa serta harga diri bangsa dan negara Indonesia turun di mata internasional. Contoh Penyelesaian Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan Berikut contoh upaya penyelesaian terhadap ancaman di bidang pertahanan dan keamanan.

• Melakuka pencegahan dengan cara membangun hubungan yang baik dengan semua negara. • Meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan dengan berbagai negara. • Melibatkan seluruh komponen rakyat dalam meningkatkan pertahanan dan keamanan negara. • Penguatan TNI dan Polri sebagai kekuatan utama sistem pertahanan dan keamanan. • Penanaman pentingnya Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai ancaman nonmiliter di bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, ideologi, dan bidang pertahanan dan keamanan, beserta penyebab dan contoh penyelesaian.

Demikian artikel tentang ancaman terhadap kedaulatan bangsa, dan semoga bermanfaat.
Ancaman terhadap politik ditunjukkan dengan ikut campurnya negara lain dalam urusan dalam negeri Indonesia.

Apakah contohnya? • masalah hak asasi manusia, hukum, pemilihan umum, dan sebagainya • masalah ekspor impor barang-barang kebutuhan sehari-hari • masalah pengiriman tenaga kerja dua belah pihak antara Indonesia dengan negara lain • masalah hubungan diplomatik dengan negara lain • Semua jawaban benar Berdasar pada opsi di atas, Kunci Jawabnya adalah A.

masalah hak asasi manusia, hukum, pemilihan umum, dan sebagainya 1786 Orang Sepakat dengan Jawaban dari Pendidikangratis.com Dilansir dari Ensiklopedia, Ancaman terhadap politik ditunjukkan dengan ikut campurnya negara lain dalam urusan dalam negeri Indonesia.

Apakah contohnya masalah hak asasi manusia, hukum, pemilihan umum, dan sebagainya. Team Pendidikangratis.com sudah melakukan pencarian di berbagai sumber media online untuk menjawab pertanyaan diatas. Beberapa sumber media yang dipakai sebagai referensi seperti, blog, ensiklopedia, artikel, jurnal yang ada di internet.

sehingga ditemukanlah jawaban yang tepat yaitu A. masalah hak asasi manusia, hukum, pemilihan umum, dan sebagainya Itulah Penjelasan mengenai Ancaman terhadap politik ditunjukkan dengan ikut campurnya negara lain dalam urusan dalam negeri Indonesia. Apakah contohnya? semoga dapat membantu teman-teman semua. Kemudian kami menyarankan untuk membaca juga pertanyaan Ancaman terhadap politik ditunjukkan dengan ikut campurnya negara lain dalam urusan dalam negeri Indonesia.

Apakah contohnya? Beserta kunci jawaban dan pembahasan lengkapnya. Jika Masih ada Pertanyaan kalian bisa juga untuk ancaman dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor bertanya di box comment dibawah yah - Pendidikangratis.com

ANCAMAN BIDANG POLITIK




2022 www.videocon.com