Gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Gerak ayunan lengan dalam senam irama terdiri dari ayunan satu lengan dan dua lengan.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Nah pada materi sebelumnya, kamu telah mempelajari gerak dasar langkah kaki. Selain gerak langkah kaki, ada gerak dasar ayunan lengan. Gerakan ayunan lengan dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.

Apa sajakah gerak ayunan lengan dalam senam irama? Bagaimana cara melakukannya? Sebelum mengetahui jawabannya, lakukan kegiatan berikut. Dalam senam irama, alat, dapat diayunkan atau dilempar.

Ayunan dapat dilakukan dengan alat atau tanpa alat. Ayunan lengan bertujuan menyeimbangkan dan menyelaraskan badan saat bergerak. Bagaimana ayunan lengan dalam senam irama? Berikut ini penjelasan kedua gerak ayunan lengan pada senam irama : 1. Gerak Ayunan Satu Lengan Bagaimana melakukan ayunan satu lengan? Ayunan satu lengan dapat dilakukan ke depan dan belakang serta dari depan ke samping. Gambar kiri (ayunan ke depan dan belakang), kanan (depan ke samping) a. Ayunan Satu Lengan ke Depan dan Belakang Bagaimana gerak ayunan satu lengan ke depan dan belakang?

Amati gerakan ayunan lengan seperti diatas! Gerakan diawali dengan posisi berdiri tegak. Luruskan kedua lengan ke depan. Ayunkan lengan kiri ke belakang. Ayunkan lengan kiri kembali ke depan. Kemudian, ayunkan lengan kanan ke belakang.

Ikuti gerakan mengayunkan lengan kanan kembali ke depan. b. Ayunan Satu Lengan dari Depan ke Samping Amatilah gerak ayunan lengan seperti gambar diatas!

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Bagaimana gerak ayunan satu lengan dari depan ke samping? Bandingkan gerak ayunan seperti gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh gambar tersebut. Diskusikan bersama temanmu, kemudian komunikasikan kepada teman dan guru secara santun. 2. Gerak Ayunan Dua Lengan Bagaimana cara melakukan gerakan ayunan dua lengan? Ayunan dua lengan dilakukan ke depan, belakang, dan samping. Gerakan ini juga dapat diikuti dengan gerakan kaki.

Gambar Kiri (depan dan belakang), Kanan (lengan ke samping) a. Ayunan Dua Lengan ke Depan dan Belakang Amatilah gerak ayunan dua lengan seperti gambar diatas! Rumuskan langkah-langkahnya bersama temanmu. Kemukakan hasilnya kepada temanmu. Gerak ayunan dua lengan ke depan dan belakang diawali dengan posisi berdiri tegak. Kedua lengan lurus ke depan. Kemudian, kedua lengan diayunkan ke belakang diikuti gerakan lutut ditekuk sedikit.

Kedua lengan ke depan diayunkan diikuti gerakan lutut ditekuk sedikit. Lakukan gerakan berulang-ulang. b. Ayunan Dua Lengan ke Samping Bagaimana langkah-langkah gerak ayunan dua lengan ke samping? Carilah sumber bacaan untuk mengetahui langkah-langkahnya. Diskusikan informasi yang kamu peroleh bersama temanmu.

Kemukakan hasil diskusi kepada guru secara santun. Amati gerak ayunan lengan seperti gambar diatas! Apa yang ada di benakmu terkait gambar tersebut? Diskusikan bersama temanmu, kemudian komunikasikan kepada guru secara santun.

Praktikkan gerak ayunan dua lengan ke depan dan belakang bersama temanmu.Amati gerakan temanmu. Bandingkan gerakanmu dan gerakan temanmu. Jelaskan hasil pengamatanmu kepada teman dan gurumu secara santun.

Nah itulah penjelasan mengenai Gerak Ayunan Lengan dalam Senam Irama. Baca juga materi selanjutnya : Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan atau materi sebelumnya : Gerak Langkah Kaki dalam Senam Irama Pos-pos Terbaru • Amatilah Gambar Berikut Selanjutnya Tuliskan Pendapatmu Mengenai Gambar Halaman 134 Sampai 135 • 3 Sikap Persatuan dan Kesatuan yang Pernah Kamu Lakukan Saat di Sekolah, di Rumah, dan di Masyarakat • Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 133 134 135 136 137 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia • Coba Renungkan Tentang Kegunaan Benda-benda atau Materi yang Berada di Sekitar Kamu • Nama Zat Unsur Senyawa Air, Tembaga, Gula, Perak, Garam, Hidrogen KOMPAS.com - Senam irama adalah gerakan yang dilakukan dengan latar musik sebagai pengiringnya.

Senam irama memiliki unsur-unsur yang harus dikuasai, seperti ketepatan, keseimbangan, dan lainnya. Senam irama bisa dilakukan perseorangan atau kelompok. Gerakan pada senam irama memiliki koreografi yang memiliki tema akrobatik, balet, maupun tari modern.

Berdasarkan situs resmi kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat empat gerakan dasar ayunan lengan dan tangan pada senam irama atau gerak berirama.

Berikut penjelasannya: Gerak ayunan satu lengan dari belakang ke depan Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan satu lengan dari belakang: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan. • Lengan kiri diayunkan ke belakang. Pandangan mata mengikuti gerak lengan kiri.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Posisi tangan kanan tetap lurus ke depan. • Lengan kiri kembali ke posisi semula (lurus ke depan). • Lengan kanan diayunkan ke belakang. Pandangan mata mengikuti gerak lengan kanan. Posisi tangan kiri tetap lurus ke depan. • Lengan kanan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). Baca juga: Rangkaian Gerak Guling Depan dan Guling Belakang dalam Senam Lantai Gerak ayunan dua tangan dari belakang ke depan Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan dua tangan dari belakang ke depan: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan.

Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

• Dua tangan diayunkan ke belakang di samping kiri. Pandangan mata mengikuti gerak kedua tangan. • Dua tangan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). • Dua tangan diayunkan ke belakang di samping kanan. Pandangan mata mengikuti gerak kedua tangan. • Dua tangan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). Gerak ayunan tangan secara silang Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan secara silang: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan.

Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan lurus ke samping.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

• Kedua tangan ditekuk dan disilangkan di depan dada. Pandangan tetap fokus ke depan. • Kedua tangan direntangkan kembali ke samping. Baca juga: Rangkaian Gerak Kayang dan Sikap Lilin dalam Senam Lantai Gerak ayunan satu lengan melingkar di atas kepala Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan satu lengan melingkar: • Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan.

Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. • Kedua tangan direntangkan lurus ke depan. • Lengan kanan diayunkan secara melingkar di atas kepala. Posisi badan meliuk ke arah belakang mengikuti gerak ayunan lengan.

• Kaki kanan dimajukan ke depan. Posisinya berada di depan kaki kiri. • Posisi tangan kanan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). • Lengan kiri diayunkan secara melingkar di atas kepala. Posisi badan meliuk ke arah belakang mengikuti gerak ayunan lengan. • Kaki kiri dimajukan ke depan. Posisinya berada di depan kaki kanan.
Senam irama merupakan bentuk-bentuk gerakan senam yang diikuti dengan irama.

Irama yang mengiringi berupa musik, tepukan tangan, hitungan, atau ketukan yang diberikan oleh pemberi aba-aba. Tekanan dalam senam irama ada pada irama, fleksibilitas, kontinuitas gerak, dan irama pengiringnya.

Keempat hal tersebut dapat dukungan dengan melakukan latihan-latihan senam irama secara teratur dan disiplin. Latihan senam irama yang baik dilakukan secara bersama-sama sehingga akan terlihat gerakan yang kompak dan serasi. Latihan-latihan pada tahap awal berupa teknik-teknik dasar senam irama.

Gerakan Senam Irama antara lain gerak langkah kaki, gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh tangan, serta kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan tangan.

Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut ini. Lakukan gerakan-gerakan jalan di tempat kemudian melangkah ke samping, ke depan, ke belakang, dan serong berulang-ulang hingga tercipta koordinasi gerak yang baik. A. Gerakan Melangkahkan Kaki Gerakan-gerakan langkah kaki meliputi: 1. Jalan di Tempat Melangkah Pelaksanaannya: a. Sikap awal berdiri tegak, kedua tangan di pinggang. b. Hitungan 1–2 = Langkahkan kaki kiri ke depan di muka kaki kanan.

Tumit selalu diangkat dengan tumpuan di atas ujung kaki. c. Hitungan 3–4 = Langkahkan kaki kanan ke depan kaki kiri dan rapatkan. Tumit selalu diangkat dengan tumpuan di atas ujung kaki. Setiap langkah selalu gerakan mengeper dan pemindahan berat badan. Pelaksanaannya: - Berdiri kedua kaki dibuka selebar bahu. - Kedua tangan ditekuk di depan dada. - Hitungan 1–2 = Ayunkan tangan kiri ke kiri 2× hitungan.

- Hitungan 3–4 = Kembali tangan kiri ditekuk. - Hitungan 5–6 = Ayunkan tangan kanan ke kanan 2× hitungan. - Hitungan 7–8 = Kembali tangan kanan ditekuk di depan dada.

- Lakukan gerakan ini bergantian 2×8 hitungan. Pelaksanaannya: - Berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. - Kedua tangan di samping badan. - Hitungan 1–3 = Ayun kedua lengan ke atas 3× hitungan. - Hitungan 4 = Kembali ke sikap awal. - Hitungan 5–7 = Ayun lagi kedua lengan ke atas. - Hitungan 8 = Kembali ke sikap awal.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

- Lakukan berulang-ulang 2×8 hitungan. Pelaksanaannya: a. Berdiri. b. Kedua tangan diluruskan ke depan. c. Hitungan 1–3 = Ayun kedua tangan ke samping kiri 3× hitungan.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

d. Hitungan 4 = Kedua tangan kembali ke posisi semula. e. Hitungan 5–7 = Ayun kedua tangan ke samping kanan 3× hitungan. f. Hitungan 8 = Kedua tangan kembali gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh posisi semula. g. Lakukan gerakan mengayun kedua lengan ke kiri dan ke kanan 2×8 hitungan. Nilai yang didapat dari gerakan melangkah dan mengayun adalah: a.

Nilai disiplin Bergerak secara berulang-ulang mengikuti perintah, (aba-aba), kecepatan antara gerak dan irama. b. Nilai estetika toleransi - Gerakan langkah kaki dan ayunan lengan secara perlahan mengikuti irama/musik.

- Gerakan langkah kaki dan ayunan lengan dilakukan secara lemah, lembut, serasi, dan harmonis. c. Nilai keluwesan Gerakan langkah kaki dan ayunan lengan yang diiringi musik secara berulang-ulang menghasilkan gerakan yang luwes/gemulai. C. Melangkah dan Mengayun Gerakan ini merupakan gabungan antara gerakan melangkahkan kaki dan mengayun lengan yang diiringi irama. Tujuannya: - Merangkaikan gerakan secara harmonis. - Menampilkan gerakan yang indah. Pelaksanaannya: a. Sikap aural berdiri tegak, kedua tangan di samping badan.

b. Hitungan 1–3 = Kaki kiri melangkahkan serong ke depan diikuti gerakan engayun kedua tangan ke belakang 3× hitungan. c. Hitungan 4 = Kembali ke sikap berdiri tegak, kedua kaki rapat kedua tangan di samping badan. d. Hitungan 5–7 = Kaki kanan melangkah serong kanan lutut ditekuk, diikuti ayunan kedua lengan ke atas belakang 3× hitungan.

e. Hitungan 8 = Kembali ke sikap semula. f. Lakukan bergantian 2×8 hitungan. 2. Melangkah dan Mengayun Kedua Lengan ke Samping Rangkaian senam irama tanpa alat melangkah dan mengayun disertai iringan irama. Sehingga menciptakan nilai-nilai. a. Kedisiplinan - Mengikuti gerakan melangkah dan mengayun dengan serasi dan harmonis. - Ketepatan gerakan dengan irama. b. Estetika - Gerakan menjadi indah dan menarik.

- Terciptanya gerakan seni. c. Toleransi - Gerakan mengikuti kelompok. - Kebersamaan. (Pernjasorkes Sodikin ) KOMPAS.com - Ayunan lengan merupakan salah satu bentuk gerakan dalam senam irama. Apa tujuan ayunan lengan dalam senam irama?

Senam irama atau gerak berirama menjadi aktivitas olahraga pilihan banyak orang lantaran mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya mahal. Senam irama pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kebugaran jasmani. Dikutip dari buku Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012) karya Moh Nor El Ibrahim, pengertian senam irama adalah aktivitas menggerakkan tubuh yang dilakukan dengan mengikuti irama musik.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Baca juga: Alat-alat yang Digunakan dalam Senam Irama Dalam pelaksanaannya, senam irama diiringi oleh musik bertempo sedang hingga cepat dengan gerakan-gerakannya mengikuti alunan musik tersebut. Senam irama sendiri memiliki tiga fase gerakan yaitu pemanasan, inti, dan pendinginan atau gerak penutup. Ayunan lengan termasuk dalam gerakan inti senam irama.

Ayunan lengan dalam senam irama bertujuan untuk memperindah gerakan dan juga sebagai bentuk harmonisasi antara gerakan dan irama musik.

Selain itu, tujuan ayunan lengan dalam senam irama adalah untuk melatih kekuatan otot tangan. Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Footstance atau Footwork dalam Senam Irama? Jenis-jenis Ayunan Lengan dalam Senam Irama Jenis-jenis gerakan ayunan lengan atau arms movement dalam senam irama adalah sebagai berikut.

16 Besar Liga Champions, Kelemahan Liverpool yang Bisa Dieksploitasi Inter Milan https://bola.kompas.com/read/2022/02/14/15200038/16-besar-liga-champions-kelemahan-liverpool-yang-bisa-dieksploitasi-inter-milan https://asset.kompas.com/crops/FUUzhZBQV4xzNYoRZQ8XDplfs5Q=/84x0:628x362/195x98/data/photo/2021/11/27/61a260841e1b6.jpg
tirto.id - Senam irama merupakan salah satu pilihan olahraga yang mudah dilakukan.

Dalam senam irama, gerakan badan bisa dipadu dengan alat atau tanpa alat tambahan. Beberapa alat tambahan yang digunakan dalam senam irama adalah simpai, bola, topi, pita, dan lain sebagainya.

Senam irama merupakan gerakan senam yang dikerjakan bersama irama musik. Senam ini disebut pula aktivitas gerak berirama. Senam irama dengan senam biasa tidak memiliki perbedaan, kecuali pada sisi penambahan irama atau ritme. Mengutip buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII (2014) terbitan Kemdikbud, senam irama menjadi cabang dari olahraga senam dengan ciri-ciri mudah diikuti; tidak memerlukan biaya mahal; diiringi musik atau nyanyian; dapat diikuti banyak peserta; dan memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dalam senam irama, ada beberapa tekanan yang perlu diperhatikan. Penekanan gerakan difokuskan pada irama, kelenturan tubuh, dan kontinuitas gerakan. Beberapa gerakan dalam senam irama adalah gerak langkah kaki, gerakan ayunan lengan, sertaa gerakan variasi langkah kaki dengan ayunan lengan. Berikut penjelasan mengenai cara melakukan salah satu dari jenis gerakan senam irama tersebut, yakni ayunan lengan.

Cara Melakukan Gerakan Ayunan Lengan Berdasarkan buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan karya Sujarwadi dan Dwi Sarjiyanto (Kemdikbud 2010), gerak ayunan tangan atau ayunan lengan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu gerakan yang melibatkan satu lengan dan dua lengan.

Adapun teknik gerakan ayunan lengan dalam senam irama dan cara melakukannya adalah sebagai berikut. 1.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Ayunan satu lengan depan-belakang • Dalam posisi berdiri tegak, kedua lengan lurus ke depan • Saat hitungan 1, ayunkan lengan kiri ke belakang sambil lutut mengeper.

• Saat hitungan 2, ayunkan kembali lengan kiri ke depan dengan lutut mengeper. • Saat hitungan 3 dan 4, gantian lengan kanan yang bergerak seperti lengan kiri pada hitungan 1 dan 2. 2. Ayunan satu lengan ke depan, silang di muka badan • Posisikan tubuh berdiri tegak dan kedua lengan ke bawah menyilang di muka badan • Saat hitungan 1, ayun dan luruskan lengan kiri ke arah atas sembari lutut mengeper. • Saat hitungan 2, ayun dan luruskan lengan kanan ke atas dengan lutut mengeper • Saat hitungan 3 ayun lengan kiri ke bawah • Saat hitungan 4 ayun lengan kanan ke bawah • Lalu, dilanjutkan dengan membentuk silang di kedua lengan sembari lutut mengeper.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

3. Ayunan satu lengan dari terlentang ke samping • Ambil posisi tegak dan kedua tangan direntangkan ke samping • Di hitungan 1, ayunkan lengan kanan ke kiri disertai memindahkan berat badan ke sebelah kiri.

• Di hitungan 2, ayun lengan kanan kembali gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh kanan dengan berat badang tetap di kiri. • Di hitungan 3, ayun lengan kiri ke kanan dengan memindahkan berat badan ke sebelah kanan. • Di hitungan 4, ayun lengan kiri kembali ke kiri dan berat badan tetap di kanan. • Lalu, terapkan gerakan tersebut secara berulang.

4. Ayunan satu lengan dari terlentang ke depan • Ambil posisi badan tegak dan kedua lengan direntangkan ke samping. • Di hitungan 1, ayun lengan kiri ke depan arah bawah.

• Di hitungan 2, ayun kembali lengan kiri ke samping kiri yang diikuti pemindahan berat badan ke kiri. • Di hitungan 3 dan 4, gerakan seperti hitungan 1 dan 2 yang dilakukan oleh lengan kanan. • Lakukan gerakan secara berulang. 5. Ayunan satu lengan ke samping dengan memindahkan berat badan • Ambil sikap berdiri tegak dan ayunkan kedua lengan samping kanan.

• Di hitungan 1, ayunkan lengan kiri ke arah kiri sehingga posisi tangan terlentang. • Di hitungan 2, ayunkan lengan kanan ke kiri sembari memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper. • Di hitungan 3, ayunkan lagi lengan kanan ke kanan dan posisi tangan terlentang. • Di hitungan 4, ayunkan lengan kiri ke kanan sembari memindahkan berat badan ke kanan disertai kedua lutut mengeper.

• Kemudian, lakukan secara berulang.
Merdeka.com - Pernahkah kamu melakukan senam irama? Senam irama adalah sebuah gerakan yang diikuti dengan nada atau irama tertentu seperti tepukan tangan atau yang lainnya. Senam irama ini bisa dilakukan dengan simpai atau tanpa alat. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan dalam senam irama menggunakan alat, misalnya saja gerakan mengayun dan melenting. Tentu saja, ada beberapa cara yang harus dilakukan dengan berurutan.

Nah, sekarang kita akan membahas tentang mengayun depan, mengayun belakang dan ballet point. Simak caranya berikut ini: • Letakkan kedua lengan di samping dengan posisi mendatar, sedangkan pegang simpai di tangan kanan. Buka kaki dan taruh berat badan di kaki sebelah kanan. • Ayunkan simpai ke bawah depan badan sebelah kiri dengan tangan kanan menghadap ke depan. Tangkap simpai dengan tangan kiri dan pindahkan berat badan ke sebelah kiri.

Lentingkan badan dan ayunkan simpai ke atas kepala sebelah kirimu. Setelah itu, badanmu akan kembali ke posisi semula.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Gerakan mengayun ini juga ada yang diarahkan ke belakang loh. Berikut ini caranya: • Berdirilah dengan kaki yang rapat dengan simpai ada di tangan kanan di sebelah badan. Tangan diarahkan ke dalam.

• Ayunkan simpai ke depan dan ke belakang dengan tangan yang bergantian.

gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh

Berikut ini cara melakukan senam irama simpai ballet point: • Berdirilah dengan kaki kiri ada di depan, tangan di dalam dan simpai di tangan sebelah kanan. • Bengkokkan kaki kanan sambil membungkuk dan ayunkan simpai ke belakang. Ganti ke tangan kiri dan ayunkan ke depan. Lakukan berulang-ulang. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang tiga macam gerakan dalam senam irama menggunakan simpai. 1 4 Cara Mudah untuk Mengawali Hari dengan Lebih Bugar dan Bertenaga 2 Oplas Dinilai Berhasil, 5 Potret Lucinta Luna di Malaysia Dipuji Bak Boneka Barbie 3 Cantik dan Menggemaskan Salima Anak Wishnutama & Gista Putri Liburan di Luar Negeri 4 Selamat!

Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua, Wajah Sang Bayi Bikin Penasaran 5 Cantik Klasik Khas Sageuk, 10 Aktris Korea Ini Jadi Sering Main Drama Sejarah SelengkapnyaBobo.id - Dalam senam irama atau senam ritmik, seluruh tubuh bergerak berulang mengikuti irama musik, nyanyian, atau hitungan. Anggota tubuh yang bergerak, meliputi kepala, lengan, togok, dan kaki.

Senam irama sendiri, dapat dilakukan dengan alat, maupun tanpa alat. Contoh alat yang sering digunakan dalam senam irama adalah tongkat, bola, pita, topi, dan simpai. Untuk menjalankan senam irama, kita harus mengusai dulu gerakan-gerakannya. Salah satu gerakannya adalah gerak ayunan lengan. Baca Juga: Macam-Macam Gerakan Langkah Kaki dalam Senam Irama Lengkap, Beserta Istilah dan Cara Melakukannya Berikut ini adalah macam-macam contoh gerakan ayunan lengan dalam senam irama.

A. Ayunan Satu Lengan Kita mulai dari gerakan ayunan satu lengan. 1. Ayunan Satu Lengan ke Depan dan Belakang Cara melakukan ayunan satu lengan ke depan dan belakang: a. Sikap Awal Sikap awal berdiri tegak. Lalu melangkah dengan kedua lengan lurus ke depan. b. Hitungan Satu Ayunkan lengan kiri ke belakang, diikuti kedua lutut mengeper. c. Hitungan Dua Ayunkan lagi tangan kiri ke depan. d. Hitungan Tiga dan Empat Lakukan hal yang sama seperti hitungan satu dan dua, tapi dilakukan gerakan mengayun lengan pada senam irama dilakukan pada posisi tubuh tangan kanan.

Baca Juga: Lebih Sehat bagi Tubuh, Ini Daftar Bahan Makanan yang Bisa Jadi Pengganti Nasi ARTIKEL TERKAIT • Ketahui tentang Kekompakan dalam Tayangan Sahabat Pelangi: Senam Irama di Video Ini • Contoh Gerakan Lokomotor dalam Senam Irama, Ada Apa Saja, ya? • Gerakan Non Lokomotor dalam Senam Irama, Apa Saja Contohnya, ya? Cari Tahu Bersama, yuk! • Mulai dari Berguling Hingga Meroda, Ketahui Macam-Macam Gerakan Senam Ketangkasan

Variasi dan Kombinasi Langkah dan Ayunan Lengan - Aktivitas Gerak Berirama - PJOK kelas 6 -PJJ PJOK




2022 www.videocon.com