Obat herbal asam lambung

obat herbal asam lambung

Jakarta - Ada banyak bahan herbal di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai obat lambung. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung, atau makanan dan cairan naik kembali dari lambung ke kerongkongan.

GERD merupakan masalah kesehatan yang mampu terjadi di segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa yang lebih tua. Orang dengan penyakit asma memiliki risiko lebih tinggi terkena GERD.

Serangan asma dapat menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah menjadi rileks, memungkinkan isi lambung mengalir kembali, atau refluks, ke kerongkongan. Baca juga: 12 Obat Tradisional Asam Lambung yang Mudah Ditemukan di Dapur Setiap orang pasti obat herbal asam lambung mengalami penyakit lambung. Itu dapat diketahui ketika sedang bersendawa ada rasa asam di mulut atau mulas pada perut.

Namun, jika gejala ini mulai muncul, jangan takut. Ada bahan-bahan herbal yang memiliki manfaat sebagai obat lambung. Deretan Obat Lambung Dari Bahan-Bahan Herbal Menurut ahli gizi Anshul Jaibharat dari New Delhi seperti yang dikutip NDTV, ada 5 obat herbal yang bisa mengatasi asam lambung.

1. Daun Kemangi Obat lambung yang pertama adalah daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan yang mampu menenangkan penyakit asam lambung.

Saat gas pertama muncul, konsumsi beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air, kemudian biarkan mendidih selama beberapa menit.

obat herbal asam lambung

Aroma dari daun kemangi bisa kita hirup untuk menenangkan sistem cerna. 2. Adas Obat lambung yang selanjutnya adalah adas. Setelah makan, minum teh adas dapat menjadi cara untuk mengatasi asam lambung.

Adas obat herbal asam lambung manfaat yang baik bagi sistem pencernaan. Minyak pada biji adas dapat berguna untuk membantu gangguan pencernaan dan kembung. 3. Kayu Manis Rebusan kayu manis dapat berfungsi sebagai antasid organik untuk penyakit asam lambung sekaligus dapat menenangkan perut dengan meningkatkan penyerapan dan pencernaan.

Meminum teh kayu manis mampu menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan. 4. Gula Merah Obat lambung yang berikutnya adalah gula merah. Karena kandungan magnesium yang tinggi, gula merah sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekuatan usus. Gula merah juga dapat membantu dan membuat sistem pencernaan lebih bersifat basa untuk mengurangi keasaman lambung.

Kita hanya perlu menghisap sepotong kecil gula merah untuk mendapatkan segudang manfaatnya. 5. Cengkeh Obat lambung herbal yang terakhir adalah cengkeh. Selama berabad-abad, cengkeh memainkan peranan penting sebagai bahan-bahan obat tradisional, terutama untuk mengatasi masalah pencernaan. Cengkeh memiliki sifat karminatif yang dapat mencegah pembentukan gas di sistem pencernaan. Caranya bisa langsung makan cengkeh yang dihancurkan dan dicampur dengan kapulaga untuk mengobati penyakit asam lambung.

Berita Terkait • Idap Asam Lambung, Boleh atau Tidak Minum Air Hangat? Ini Kata Dokter • Bolehkah Asam Lambung Minum Air Hangat? Dokter Ungkap Faktanya • Bagaimana Cara Mengatasi Begah Usai Buka Puasa? Ini Saran Dokter • 5 Gejala Utama GERD yang Paling Umum, Awas! Bisa Picu Peradangan • 4 Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung, Bye-bye Nyeri Perut! • Maag Mendadak Kambuh saat Puasa di Siang Hari, Harus Bagaimana? • Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung Naik dan Pencegahannya Sebelum Terlambat!

• Apakah Boleh Tidur Setelah Sahur? Dari Sisi Medis, Ini Jawabannya MOST POPULAR • 1 Hepatitis Akut 'Misterius' Menular Lewat Pernapasan dan Pencernaan, Begini Mencegahnya • 2 Dijalani Raja Salman, Apa Itu Kolonoskopi yang Bisa Deteksi Kanker Usus Besar? • 3 Benarkah Long COVID 'Biang Kerok' Hepatitis Misterius? Ini Penjelasan Pakar IDI • 4 Masih Misterius, IDAI Ungkap Kemungkinan Cara Penularan Hepatitis Akut • 5 Tips Curi-curi Waktu untuk Bercinta di Pagi Hari • 6 Post Holiday Blues Bikin Tak Semangat Bekerja?

Psikolog Sarankan Ini • 7 Perlengkapan Main Sepatu Roda, Penting agar Tetap Aman Saat Meluncur • 8 5 Tips Foreplay yang Bikin Seks Makin Panas • 9 WHO: Angka Kematian Tak Langsung Pasien COVID-19 RI Tertinggi Ketiga di Dunia • 10 Wajib Dicoba! Ini 4 Posisi yang Bikin Seks Makin Enak • SELENGKAPNYA Obat maag alami paling ampuh.

Efektif bantu redakan sakit asam lambung dengan andalkan tumbuhan dan racikan tradisional. Maag merupakan penyakit yang obat herbal asam lambung oleh banyak orang. Penyebab penyakit ini muncul juga banyak, tetapi yang paling umum adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Seperti pola makan yang tidak teratur, merokok dan minum minuman beralkohol secara berlebihan, stres dan gangguan autoimun.

Selain itu, ada pula penyebab sakit maag karena infeksi dari bakteri di lambung. Jika sudah parah, maag akan terasa sangat menyakitkan dan juga memberi sensasi panas di perut saat kambuh. Selain terapkan gaya hidup sehat, serta atur pola dan konsumsi menu makanan sehat.

Kamu bisa manfaatkan obat maag alami dari bahan herbal. Simak lebih lanjut untuk mengetahui obat maag alami dari berbagai macam bahan yang baik dan ampuh untuk mengobati maag kamu! Obat Maag Alami/Herbal Tradisional Paling Ampuh 1. Madu dan Lemon Madu memiliki kandungan alami yang dapat membunuh bakteri jahat, anti-inflamasi, dan juga kaya akan antioksidan.

Sedangkan lemon, meskipun bersifat asam, ia mampu melindungi lambung. Jika dicampurkan dengan air dan sesuai dosis yang dianjurkan, lemon dapat menyeimbangkan kandungan asam klorida dalam lapisan lambung yang dapat menyebabkan luka atau peradangan dengan memicup produksi mucus.

Awali harimu dengan mengkonsumsi honey-lemon shot setiap pagi, dalam keadaan perut kosong. Dosisnya adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok teh lemon, dan air hangat.

Apabila rutin diminum, kamu akan merasakan perbedaan pada lambung dan juga metabolisme badan secara keseluruhan. Beli Madu Murni di Sini 2. Oatmeal Sumber Gambar: Pixabay Biasa digunakan untuk makanan diet, oatmeal merupakan biji-bijian sehat kaya akan serat dan mineral yang dapat mengatur pencernaan dengan baik, serta kadar alkalinya dapat mengatasi peradangan di lambung. Konsumsi oatmeal obat herbal asam lambung pagi sebagai sarapan.

Kamu bisa melarutkan oatmeal menggunakan air atau susu, lalu menambahkan buah-buahan seperti pisang, apel, dan buah-buah lain yang tidak bersifat asam.

Beli Oatmeal Berkualitas di Sini 3. Jus Air Kentang Jus air kentang dapat digunakan untuk mengobati maag secara alami karena kandungan garam alkalinya. Garam alkali dalam air kentang akan bereaksi dengan asam lambung yang berlebih dalam lambung dan juga mengurangi peradangan lapisan lambung. Kupas 2 kentang, lalu cuci sampai bersih.

Ketika sudah bersih, parut dan peras air jus dari hasil parutan. Tuangkan sampai setengah gelas lalu campur dengan air hangat, setelah itu minum ± 30 menit sebelum makan. Kamu bisa minum campuran jus air kentang ini dua kali sehari. Beli Kentang Segar di Sini 4.

Yogurt Sumber Gambar: Hindustian Times Yogurt merupakan probiotik yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Probiotik dapat menyembuhkan luka atau iritasi dalam lambung dan juga memberantas bakteri penyebab maag. Kamu bisa mengkonsumsi yogurt setiap hari dan agar tidak bosan, campurkan dengan bermacam-macam snack seperti oatmeal, buah-buahan, atau granola bar.

Selain mengobati maag, pencernaan juga akan jadi lebih lancar. Beli Yogurt Murni di Sini 5. Sari Lidah Buaya Sumber Gambar: Globo Surf Selain baik digunakan untuk skin care, ternyata cairan lidah buaya juga manjur untuk mengobati maag. Karena kandungannya yang dapat meredakan iritasi di lambung, pembengkakkan lapisan lambung, dan juga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Saran penyajian jus lidah buaya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar (langsung dari tanamannya) dengan satu gelas air putih. Obat maag alami dari tumbuhan ini dapat diminum dalam dosis 1-2 gelas setiap harinya. Beli Sari Lidah Buaya Segar di Sini 6. Air Rebusan Kunyit Sumber Gambar: Alternav Kunyit mengandung curcumin, yang merupakan kandungan anti inflamasi, anti jamur, dan antibakterial.

Kandungan ini dapat menenangkan mukosa obat herbal asam lambung lambung dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan oleh maag. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, atau bisa juga dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan air. Untuk mendapat hasil yang maksimal, obat herbal asam lambung air kunyit setiap hari atau setidaknya satu kali setiap dua hari.

Beli Kunyit Segar di Sini 7. Teh Hijau Sumber Gambar: FirstCry Parenting Kandungan antioksidan yang melimpah dalam teh hijau dapat melindungi lapisan lambung dan juga mengurangi gejala-gejala maag seperti mual, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain. Larutkan teh hijau dalam air hangat, lalu tambahkan madu sebagai pemanis alami.

obat herbal asam lambung

Jika mengkonsumsi teh hijau secara rutin, kamu bisa mengobati maag akut atau bahkan kolik. Beli Teh Hijau Asli di Sini 8. Air Kelapa Sumber Gambar: Dr. Axe Baik air kelapa hijau atau minyak kelapa dapat menyembuhkan maag.

Air kelapa memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi rasa panas dan melindungi lapisan lambung ketika maag sedang kambuh. Sedangkan minyak kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres pada lapisan lambung karena maag. Kamu bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari. Selain menyegarkan, peradangan karena maag juga akan sembuh secara perlahan. Untuk minyak kelapa, disarankan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 sendok teh setiap harinya—bisa secara langsung atau dengan dicampurkan ke makananmu.

Beli Air Kelapa Segar di Sini 9. Jahe Sumber Gambar: Medical News Today Olahan jahe sangat bermanfaat untuk penderita maag akut, karena kandungan obat herbal asam lambung dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dari bakteri yang menyebabkan maag. Saran cara konsumsi jahe adalah dengan menggigitnya selama beberapa menit, lalu tenguk air dan telan jahe yang sudah digigit hancur. Jika tidak sanggup menahan rasa panas jahe ketika digigit, kamu bisa membuat air jahe. Caranya, yaitu dengan mencampurkan bubuk jahe, garam batu, dan asafoetida ke dalam segelas air hangat.

Untuk hasil terbaik, kamu bisa mengkonsumsi air jahe setiap pagi sebelum memulai hari. Beli Jahe Segar di Sini 10. Nanas Sumber Gambar: Medical News Today Nanas memang dikenal sebagai buah yang asam, tetapi jika sudah benar-benar matang, buah ini justru bisa mengobati maag kamu secara alami.

obat herbal asam lambung

Kandungan enzim pencernaan dalam nanas dapat membantu proses pencernaan protein tanpa membuat iritasi, dan sifatnya yang basa dapat mencegah peningkatan asam dalam lambung. Konsumsi nanas setiap hari baik secara langsung ataupun dijadikan jus, bisa juga dicampur dengan makanan lain yang baik untuk maag seperti yogurt dan madu.

Perlu diingat bahwa untuk penderita maag, nanas yang dikonsumsi harus benar-benar matang ya, Toppers. Beli Buah Nanas Segar di Sini 11. Akar Manis Sumber Gambar: Lifepack Kamu bisa gunakan akar manis atau licorice sebagai obat sakit maag alami untuk meredakan gejala sakit maag dan radang lambung. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa akar manis dapat meningkatkan sekresi lambung dan menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Walaupun begitu, kamu juga tetap perlu berhati-hati saat mengonsumsinya.

Pasalnya, setiap tubuh orang memberikan reaksi yang berbeda saat memakai obat tradisional. Beli Akar Manis Asli di Sini 12. Daun Mint Sumber Gambar: Pixabay Umumnya, daun mint sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan.

Namun kini, kandungan daun mint juga bisa digunakan untuk meredakan gejala lambung, seperti sakit maag. Daun mint membantu merilekskan otot perut yang sakit akibat perut kembung, dengan mendorong keluar gas pada lambung. Perlu diketahui, pemakaian daun mint tidak direkomendasikan untuk penderita GERD.

Beli Daun Mint Segar di Sini 13. Daun Kemangi Sumber Gambar: Sahabat Dapur Daun kemangi dikenal sebagai pelengkap pada lalapan, sehingga tak banyak orang tahu jika kemangi juga bisa digunakan sebagai obat maag alami. Sifat karminatif, antibakteri, dan antiinflamasi pada daun kemangi dapat digunakan untuk meredakan kejang pada saluran usus yang menjadi penyebab perut kembung. Kamu bisa konsumsi daun kemangi menjadi teh atau memasukkannya ke dalam masakan.

Namun, pastikan konsumsi secara perlahan dalam porsi cukup agar terhindar dari sakit perut. Beli Daun Kemangi Segar di Sini 14. Kurma Sumber Gambar: Freepik Selain dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, ternyata kurma juga bermanfaat untuk meredakan maag.

Kurma bersifat basa, sehingga mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung. Maka dari itu, pengidap maag atau tukak lambung disarankan untuk memakan kurma tiap pagi untuk menetralisir cairan lambung.

Beli Adas Murni di Sini Baca Juga: • Obat Sakit Maag Terbaik yang Bisa Kamu Temukan di Apotek • Makanan untuk Penderita Maag yang Bantu Penyembuhan • Pantangan Makanan yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Maag Itu dia, obat maag alami tumbuhan dan bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Jika memiliki maag akut, sebelum menggunakan pengobatan tradisional dengan bahan-bahan di atas lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan kondisi perut masing-masing orang berbeda, maka penanganannya juga berbeda pula. Dengan penanganan tepat, tentu proses penyembuhan juga akan berjalan lancar. Yang terpenting, jangan lupa selalu terapkan gaya hidup sehat, pola makan teratur, rutin berolahraga, dan hindari semua pantangan saat maag ya, Toppers! Atasi maag dengan madu pilihan di sini!
Tak sedikit orang yang percaya bahwa bahan-bahan alami dapat mengatasi penyakit asam lambung naik atau penyakit GERD ( gastroesophageal reflux disease).

Namun tidak semua bahan pangan tersebut pasti efektif dan aman. Sehingga, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter saat mengeluhkan gejala GERD dan ingin coba mengobatinya dengan bahan-bahan alami.

Perubahan gaya hidup juga dibutuhkan agar kinerja obat herbal asam lambung naik bisa optimal. Advertisement Obat GERD atau asam lambung naik yang aman Teh kamomil termasuk salah satu obat herbal asam lambung naik Terdapat beberapa alasan yang membuat orang beralih ke pengobatan herbal. Ada yang memang ingin menghindari atau membatasi paparan bahan kimia, ada pula yang merasa gejalanya tak membaik dengan konsumsi obat-obatan konvensional sehingga ingin mencoba obat herbal. Jika Anda sudah mendapat lampu hijau dari dokter untuk menggunakan bahan-bahan alami, mari simak 5 pilihan obat herbal penyakit GERD atau asam lambung naik di bawah ini: 1.

Chamomile Tanaman chamomile telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya asam lambung. Kandungan antiperadangan dan antimikroba di dalamnya dinilai dapat meredakan rasa tak nyaman pada kerongkongan (esofagus). Kamomil juga dapat membantu dalam meringankan stres. Seperti diketahui, stres merupakan kondisi yang sering memicu terjadinya kenaikan asam lambung.

Dengan rutin minum teh kamomil, tingkat stres bisa menurun sehingga mampu mengendalikan gejala penyakit GERD. Meski begitu, tetap ada syarat yang Anda penuhi. Misalnya, Anda tidak dianjurkan untuk minum teh chamomile jika sedang menggunakan obat antikoagulan (seperti warfarin). Ibu hamil dan menyusui juga perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kamomil dalam bentuk apapun. 2.

Licorice Licorice, atau dikenal juga sebagai akar manis, bisa menjadi salah satu obat herbal GERD yang aman. Licorice tersedia dalam berbagai bentuk, dari teh, permen isap, dan banyak lagi. Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Namun deglycyrrhizinated licorice (DGL) merupakan bentuk yang lebih disarankan oleh para praktisi medis.

Pasalnya, DGL bisa dikonsumsi jangka panjang dan memiliki interaksi obat yang lebih sedikit. Cara kerja DGL adalah dengan meningkatkan produksi lendir, sehingga dapat melindungi lambung maupun kerongkongan dari asam lambung. 3. Akar tanaman marshmallow ( Althaea) Marshmallow di sini bukanlah camilan putih lembut yang sering dijual di toko-toko. Yang dimaksud adalah akar tanaman marshallow yang menjadi asal mula produk tersebut.

Zaman dulu, camilan marshmallow dibuat dari tanaman bernama sama. Ekstrak dari bagian akar tanaman ini bisa menjadi alternatif obat asam lambung naik yang Anda alami. Sebagian kekuatan akar marshmallow terletak pada lendir yang dikandungnya.

Obat herbal asam lambung meredakan gejala asam lambung naik, Anda bisa mengonsumsi 2-5 militer ekstrak marshmallow berbentuk cair sebanyak tiga kali sehari. Perlu diperhatikan bahwa akar marshmallow bisa menimbulkan ketidaknyaman pada perut dan pusing.

Jadi konsumsilah secara bertahap dan dimulai dari dosis paling rendah untuk mengurangi risiko efek samping. Pastikan pula Anda telah mendapat izin dokter untuk mengonsumsi obat herbal asam lambung naik ini. Pasalnya, bahan ini dapat berinteraksi dengan lithium dan obat-obatan diabetes. Karena itu, penderita diabetes tidak disarankan untuk menggunakan akar marshmallow.

Demikian pula bagi Anda yang sedang hamil dan menyusui, serta akan menjalani operasi dalam waktu dekat. Jika ingin menggunakan slippery elm demi atasi gejala GERD, pastikan bentuk yang cocok untuk Anda 4.

Slippery elm Slippery elm atau elm licin adalah pohon yang berasal dari Amerika Utara. Bagian dalam kulitnya sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami. Bagian tersebut mengandung lendir yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan di saluran pencernaan. Dengan ini, slippery elm bisa menjadi obat herbal asam lambung naik yang efektif. Kini slippery elm tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari kapsul, bubuk, dan permen pelega tenggorokan. Namun tidak semua produk memiliki cara penggunaan yang sama.

Jadi pastikan Anda membaca petunjuk pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Jika tak yakin dengan dosisnya, berkonsultasilah dengan dokter. Penting diketahui bahwa slippery elm dapat memperlambat penyerapan nutrisi atau obat herbal asam lambung tertentu.

Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mengonsumsi suplemen atau obat dalam waktu dua jam setelah mengonsumsi tanaman ini.  5. Baking soda Karena bersifat basa, baking soda dapat menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Anda bisa mengonsumsi baking soda dalam bentuk obat bebas atau resep, ikutilah petunjuk penggunaan pada kemasan. Catat pula bahwa para ahli tidak menyarankan penggunaan baking soda dalam jangka panjang. Obat herbal asam lambung ini hanya diperbolehkan untuk mengatasi gejala asam lambung naik yang berlangsung kurang dari dua minggu.

Obat herbal asam lambung, mengonsumsinya secara terus-menerus dapat membuat kadar basa terlalu tinggi dalam tubuh. Seperti obat herbal asam lambung naik lainnya, baking soda dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain. Untuk menghindarinya, informasikan mengenai obat-obatan yang tengah Anda konsumsi saat berkonsultasi dengan dokter. 6. Kayu manis Kayu manis dapat bertindak sebagai antasida alami untuk mengatasi keasaman pada lambung dan dapat memberikan efek menenangkan pada lambung, obat herbal asam lambung meningkatkan proses pencernaan.

Sebab, kayu manis mengandung berbagai nutrisi dan komponen yang bisa mengatasi asam lambung secara alami. Namun ingat, berkonsultasilah ke dokter sebelum mengonsumsi kayu manis untuk obati asam lambung. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya efek samping. 7. Jahe Menurut seorang dokter, jahe dapat menyehatkan sistem pencernaan dan dapat mencegah peradangan pada organ tubuh. Untuk mengatasi asam lambung, kunyahlah satu helai potongan jahe atau menjadikannya jus.

Jika ingin cara yang lebih mudah lagi, masukkan saja potongan jahe ke dalam air hangat, dan tunggu hingga keduanya menyatu. Bagaimana dengan cuka apel untuk asam lambung? Konsumsi cuka apel tidak disarankan bagi pengidap penyakit GERD dan heartburn tingkat menengah dan parah Ada banyak sekali klaim bahwa konsumsi cuka apel efektif untuk mengatasi asam lambung. Keasaman dari cuka ini dikatakan mampu membantu dalam mengurangi refluks.

Padahal, belum ada penelitian yang mempelajari efek cuka apel terhadap refluks asam dan nyeri ulu hati ( heartburn). Faktanya, pada beberapa orang, cuka apel dapat memperparah kondisi nyeri ulu hati. Selain itu, jika esofagus Anda sudah mengalami iritasi, mengonsumsi cuka apel justru bisa membuatnya makin terasa tidak nyaman. Walau demikian, cuka apel masih bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit GERD ringan. Anda cukup mencampurkan satu sendok teh hingga satu sendok makan cuka apel ke dalam segelas air.

Konsumsilah sebelum atau sesudah makan untuk membantu dalam mengurangi keluhan asam lambung naik. Namun, hindari minum cuka apel apabila GERD dan heartburn yang diderita termasuk kategori parah.  Terapkan juga tips mencegah dan menangani asam lambung naik ini Menjaga agar berat badan tetap ideal bisa menjadi langkah efektif untuk kurangi gejala GERD Anda juga perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk menangani GERD.

Tanpa perbaikan ini, obat herbal asam lambung naik yang Anda konsumsi akan menjadi sia-sia. Berikut ini sederet perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan: • Singkirkan makanan dan hindari minum minuman yang dapat memicu kenaikan kadar asam lambung • Jaga berat badan agar tetap pada batas angka ideal • Makan secara perlahan • Jangan langsung berbaring setelah makan • Naikkan posisi kepala saat tidur berbaring agar lebih tinggi dari perut • Tidur miring ke sebelah kiri • Hindari pakaian yang ketat di bagian perut • Berhenti merokok • Kurangi stres Baca Juga • Manfaat Clover Honey, Madu yang Manis dan Menyehatkan • Mengenal Proton Pump Inhibitor, Obat untuk Penyakit Asam Lambung Naik • Menilik Khasiat Daun Sidaguri untuk Atasi Gangguan Kesehatan Dengan pengobatan yang tepat serta perubahan gaya hidup, gejala asam lambung naik akan lebih mudah untuk dikendalikan.

obat herbal asam lambung

Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi obat herbal asam lambung. Dokter akan membantu Anda dalam menentukan jenis obat herbal asam lambung naik yang cocok untuk Anda. Pasalnya, obat herbal bisa saja berinteraksi dengan obat-obat lain yang sedang Anda gunakan.

obat herbal asam lambung

Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/chamomile-tea-acid-reflux Diakses pada 14 Januari 2020 Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/dgl-for-acid-reflux Diakses pada 14 Januari 2020 Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/marshmallow-root Diakses pada 14 Januari 2020 Healthline.

https://www.healthline.com/health/digestive-health/slippery-elm-for-acid-reflux Diakses pada 14 Januari 2020 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314932.php Diakses pada 14 Januari 2020 Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324034.php Diakses pada 14 Januari 2020 Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/remedies-for-heartburn-relief-89992 Diakses pada 14 Januari 2020 Food NDTV. https://food.ndtv.com/health/12-amazing-home-remedies-for-acidity-1449021 Diakses pada 27 Agustus 2020 Hidup Sehat Sederet Potensi Manfaat Beras Kencur untuk Wajah yang Patut Diperhitungkan Ada beberapa potensi manfaat beras kencur untuk wajah berdasarkan kandungannya, antara lain menjaga kesehatan obat herbal asam lambung penampilan kulit, mencegah dan mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, hingga mengatasi efek buruk sinar UV.

Hidup Sehat 19 Manfaat Sereh untuk Kesehatan, Bumbu Dapur dengan Khasiat Herbal Manfaat sereh yang layak Anda coba antara lain untuk menurunkan koleseterol, mencegah kanker, mengontrol gula darah, mengencangkan kulit, hingga, mengobati sakit perut karena diare. Namun ingat, tetap ada efek samping yang perlu diwaspadai. • Home • Tentang Kami • Pengertian • artikel ekonomi • Artikel Biologi • Pendidikan kewarganegaraan ( PKN ) • Artikel Agama • sejarah • Bahasa Indonesia • Artikel Sosiologi • Artikel Seni • Kontak Kami • Privacy Policy • Covid-19 Home » Uncategorized » 20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter 20 Obat Asam Lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter- Penyakit asam lambung/maag atau gastritis merupakan penyakit lambung banyak ditemukan di masyarakat.

Hampir setiap orang pernah memiliki atau menderita penyakit asam lambung. Penyakit maag dapat terjadi karena kelebihan asam lambung, sehingga lama kelamaan dinding lambung tak kuat menahan asam lambung dan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu dengan biasanya gejala-gejala yang timbulkan penyakit asam lambung adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman waktu menelan, dan rasa sakit di waktu menelan.

Adapun gejala tambahan seperti serangan asma yang frekuen, suara serak, mual dan muntah, batuk lama rekfakter dan nyeri di dada dan sering sendawa (Abdullah, 2008). Maag atau asam lambung, umumnya sering terjadi pada golongan darah O. Peradangan terjadi di selaput lendir (mukosa) lambung (gatritis) atau luka mukosa lambung (gastric ulcer) yang istilah obat herbal asam lambung lambung ( ulcuc pepticum).

Lambung dengan keadaan sakit terdapat borok-borok pada mukosa lambung. Borok tersebut terjadi karena tidak seimbangnya sekresi asam lambung-pepsin dan mukus yaitu produk kelenjar pada mukosa lambung yang berperan sebagai benteng di lapisan mukosa lambung karena lambung berada di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati), maka pengidap asam obat herbal asam lambung akan mengeluhkan sakit dibagian tersebut (Abdullah, 2008).

Asam lambung/maag disebabkan oleh penyakit lambung dari zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya zat kimia Histamin dan Anti Inflamasi non steroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur yang menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang sifatnya asam dengan perut kosong, minum-minuman beralkohol, dan mengisap rook berlebihan.

Dan juga infeksi karena bakteri Helicobacter pylory yang menyerang sub mukosa lambung. Asam lambung dapat disembuhkan bedasarkan berbagai uraian penyebab asam lambung diatas, penyembuhan dengan meneralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi di selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Obatnya adalah dengan antasid, anti-histamin, anti-kolinergik, demulcent (dapat mengurangi iritasi lokal di obat herbal asam lambung lambung, dan secara fisik dapat melindungi sel-sel dibawahnya terhadap kontak dengan iritan dari luar).

Sedangkan sakit asam lambung karena infeksi bakteri H. Pylory adalah pengobatan dengan antibiotika dengan tentu saja memperbaiki pola makan. Maag atau asam lambung bukan tanpa gejala/ciri-ciri/ atau tanda-tanda, namun tanda-tanda gejala penyakit asam lambung biasanya akan berasa tidak nyaman, mual, kembung, nafsu makan berkurang, uluhati, Suatu kasus ciri-ciri maag akan terasa menusuk pada bagian belakang dan dimalam hari akan terasa nyeri sempat datang dan pergi misalnya setelah makan sedikit, rasa nyeri hilang tapi sebentar kambuh lagi.

Maag juga menyebabkan luka di kerongkongan, diringi panas membakar naik, mulut pahit dan sering bersendawa. dan masih banyak lagi. Adapun penyebab dari asam lambung/maag dapat terjadi karena zat eksternal dan internal.

Zat eksternal adalah zat dari luar tubuh menyebabkan korosif atau iritasi lambung. Sedangkan untuk zat internal adalah pengeluaran zat asam lambung berlebihan dan tidak teratur.

Penyebab-penyebab asam lambung/maag adalah sebagai beriut. 2. Penyebab Zat Internal • Sering makan makanan asam, pedas termasuk lada • Kebiasaan makan yang tidak teratur • Kondisi psikologis stres mental dan frustasi Tanda dan Gejala Asam Lambung/Maag • Hilangnya nafsu makan • Mual dan muntah • Kehilangan berat badan drastic • Sering disertai perih/kembung diuluh hati • Rasa perih dapat lebih baik atau lebih buruk ketika makan • Perut terasa penuh pada bagian atas setelah makan Cara Pencegahan Timbulnya Penyakit Asam Lambung/Maag • Makan teratur • Hindari alkohol dan rokok • Olahraga teratur • Istirahat yang cukup • Menghindari makanan iritasi lambung misalnya makanan asam pedas, asam dan berbumbu Obat-obatan gangguan lambung dapat kita jumpai dengan bebas di warung-warung dan apotik yang sifatnya menurunkan keasaman cairan di lambung dengan menaikkan pH, untuk sementara sakit hilang.

Namun kesembuhan karena lambung masih lemah akibat erosi dan belum seimbangnya produksi kelenjar-kelenjar lambung. Sedangkan untuk tumbuhan obat digunakan untuk mengatasi gangguan dan mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar lambung dan pencernaan secara umum sehingga alangkah lebih baiknya anda menggunakan tanaman-tanaman obat yang memang memiliki fungsi dalam penyembuhan asam lambung seperti yang anda lihat dibawah ini.

Andong dengan rasa manis, hambar, dan sifatnya menyejukkan. Andong dapat menjadi obat herbal dalam menyembuhkan asam lambung karena kandungannya dan banyak digunakan dalam menyejukkan darah, menghentikan pendarahan dan menghilangkan bengkak karena memar (antiswelling). Adapun cara membuat obat herbal asam lambung ini adalah dengan mencuci bersih 15-30 g daun andon kering atua 6-10 akar andong kering. Rebus bahan dengan obat herbal asam lambung gelas air sampai tersisa 1 gelas.

obat herbal asam lambung

Dinginkan lalu minum ramuan tersebut sekaligus dengan 1 gelas sehari. 2. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Anggrung (Trema Orientalis Bi) Anggrung dapat menyembuhkan asam lambung atau maag karena kandungan kimia dalam anggrung diantaranya saponin, flavonoid, dan polifenol. Cara memanfaatkan anggrung sebagai pengobatan tradisional asam lambung adalah dengan mencuci bersih 5 kg akar, campur dengan 2 gelas air, lalu rebus. Setelah 25 menit, dinginkan rebusan, lalu saring dan buat menjadi 2 gelas.

Minum 2 kali obat herbal asam lambung pada waktu pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas. 3. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Anting-Anting (Acalypha australis L) Dengan rasa pahit dan sejuk dapat menyembuhkan meredakan asam lambung dan telah digunakan turun temurun dengan efek antibiotik, antiradang dan menghentikan pendarahan dapat bermanfaat bagi anda dalam pengobatan asam lambung dengan cara lumatkan herba anting-anting segar secukupnya lalu campurkan dengan gula pasir secukupnya dengan menempelkan hasil lumatannya ketempat luka.

4. Obat Tradisional Asam Lambung obat herbal asam lambung Jombang (Taraxacum Mongolicum Hand-Mazz) Rasa yang manis, pahit dan sifatnya dingin jombang sudah lama diyakini dapat mengobati asam lambung atau maag dan dengan berkembangnya teknologi membuktikan mengapa jombang dapat bertahan dalam pengobatan penyembuhan asam lambung karena kandungan diantaranya glukosa, fruktosa, choline, taraxerol, stigmasterol, B-stisterol, taraxol, taraxasterol dengan dengan efek antibiotik, antiradang, dan penghilang racun.

Cara pengobatan asam lambung/maag dengan herbal jombang adalah mencuci bersih 20 g tumbuhan segar jombang, lalu direbus dengan 3 gelas air- tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut lalu minum 2x sehari dengan 1/2 gelas masing-masing. 5. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) Sifatnya aromatik, tajam dan agak pedas.Dengan kandungan kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium oksalat, toluil metil, I-sikloisopren myrsen, dengan kandungan temulawak tersebut dapat mengobati asam lambung atau penyakit maag anda dan sebagai obat tradisional pilihan anda dalam menghadapi asam lambung anda ketika tiba-tiba muncul dengan cara merebus 30 gram rimpang temulawak, lalu airnya diminum.

6. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kunyit (Curcuma Longa Lin atau Curcuma domestica Val) Rasa yang agak pahit, sedikit pedas, bau khas, dan sifat yang sejuk dan tidak beracun menjadi obat khas asam lambung tradisional yang sudah banyak digunakan sebagai pengobatan penyakit asam lambung dan macam-macamnya karena kandungan di antaranya caffed acid dengan efek antiradang (anti-imflamasi), antibakteri, dll. Cara membuat obat tradisional asam lambung/maag adalah dengan merebus 10-25 gram rimpang kunyit, lalu airnya diminum.

7. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Nanas Buah dengna kandungan vitamin A, C, kalsium, magnesium, besi, fosfor, kalium, natrium, besi, enzim bromelain, dekstrosa, sukrosa. Obat herbal asam lambung satu kandungan buah nanas sehingga dapat mengobati asam lambung/maag adalah Bromelain yang berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung dengan memilih buah nanas yang segar dan telah masak.

8. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Sambiloto (Andrographis paniculata) Sambiloto sebagai obat tradisional asam lambung karena kandungan kalgemin, antrograhit, andrograpolit, garam kalium, garam natrium dan minyak goreng, juga mengandung zat pahit yang berupa hablur kuning. Cara pembuatan obat tradisional asam lambung dengan sambiloto adalah menggunakan sambiloto kering 9-15 gram lalu direbus dan kemudian diminum.

10. Obat Tradisional Asam Lambung: Asam Jawa (Tammarindus Indica L) Singkong dapat menyembuhkan asam lambung/maag dan dapat menjadi obat tradisional obat herbal asam lambung sekaligus menjadi konsumsi anda setiap hari sebagai pengobatan dan penyembuhan asam lambung/maag dengan cara memparut singkong,kemudian diperas, didiamkan beberapa menit, lalu ambil saripatinya dan kemudian diminum. 13. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kumis Kucing (Orthosiphon Spicatus) Kumis kucing dapat juga digunakan sebagai obat maag/asam lambung dengan mengolah daun dan batang dengan pertama-tama dicuci, kemudian direbus hingga menjadi 1 gelas, lalu diminum.

Selain pengobatan herbal asam lambung, kumis kucing juga bermanfaat dan dapat digunakan sebagai obat herbal dalam penyakit diabetes dan melancarkan air seni. 14. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Sirih (Piper Bettle) Tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradsional asam lambung/maag memiliki kandungan asam annisad, alkaloid, gom, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, asam metil kanis dan penta dekaan.

Cara membuat obat asam lambung dengan menggunakan kencur adalah menggunakan 10-25 gram rimpang kencur, diremus dan diminum airnya. 16. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Apu-Apu (Pistia stratiostes L) Tanaman dengan sifat herba apu-pu pedas, sifat sejuk, berkhasiat antirematik, antiradang, peluruh keringat (diaforetik), dan peluruh kencing (diuretik) Sedangkan kandungan kimia mengapa memiliki banyak khasiat atau manfaat dan dapat menjadi obat asam lambung karena mengandung flavonoid, tanin dan polifenol.

Cara pengolahan apu-apu sebagia obat tradisional asam lambung adalah dengan mencuci daun apu-apu segar 15 lembar, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit.

Saring, kemudian dinginkan dan minumlah dua kali pagi dan sore. Wanita hamil dilarang untuk mengkonsumsi obat tradisional ini. 17. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Ceguk (Quisqualis Indica L) Rasa buah yang manis, hangat, astrigen dan beracun (toksik) dan masuk pada meridiam limpa dan lambung.

Kandungan dari ceguk pada buah yang masak adlaah quisqualic aci, succinic acid, trigonelline, pyridine, potassium quisqualate, phytosterol, pentosan, serine, glucosazon, dan mineral K, Na, SO4.

Sedangkan bijinya mengnadung 25% minyak lemak dari oleic, miyristic, palmitic, strearic dan linoleic acids;gum dan resin. Jumlah kandungan yang banyak ini dan memang fungsinya berada pada lambung sehingga tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat herbal anda dengan cara rebus ceplukan kering 5-10 kg dengan tiga gelas air sampai tersisa hingga satu gelas.

Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari pagi dan sore. 18. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): ADAS (Foeniculum vulgare) Manfaat atau khasiat dari ADAS adalah memang terkhusus untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, dan kembung. Cara mengolah ADAS sebagai obat tradisional asam lambung adalah dengan 1-5 gram ADAS kering, lalu rebus dan kemudian airnya diminum.

19. Obat Tradisional Asam Lambung (Maag): Kapulaga (Amomum Cardamomum) Lidah buaya sudah banyak mengobati berbagai penyakit dan digunakan sebagai obat herba dan salah satunya adalah obat tradisional asam lambung yang berkhasiat dalam antiradang,dan menguatkan lambung.

Cara pembuatan obat tradisional asam lambung/maag dengan menggunakan 10-15 gram kering daun lidah buaya atau 90-100 gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus dan kemudian diminum.

Baca Juga: Referensi: 20 Obat Asam Obat herbal asam lambung Herbal, Obat Tradisional Tanpa Dokter • dppm.uii.ac.id/dokumen/kkn/administrasi/KKN-DPPM-UII-makalah-herbal.ppt.pdf • stikes-fdk.ac.id/wp-content/uploads/2015/07/gastritis.pdf • repository.unib.ac.id/8363/2/IV,V,LAMP,II-14-tut.FK.pdf • staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Eddy%20Sulisyowati,%20Dra.%20M.Apt.,MS./diktat%20kimia%20farmasi.pdf • tekpan.unimus.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/KLIPING-INFORMASI-TANAMAN-OBAT-INDONESIA.pdf • pascapanen.litbang.pertanian.go.id/assets/media/publikasi/Tanaman_Obat_2101.pdf • core.ac.uk/download/files/379/11723241.pdf • repository.maranatha.edu/1493/3/0210118_Chapter1.pdfrepository.maranatha.edu/1493/3/0210118_Chapter1.pdf • repository.maranatha.edu/1493/3/0210118_Chapter1.pdf • eprints.ung.ac.id/6138/3/2012-1-48401-821309007-bab2-10082012080229.pdf • repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/34694/4/Chapter%20II.pdf Recent Posts • Pengertian Kimia, Fungsi, Cabang Ilmu, Manfaat, & Kimia Menurut Para Ahli • Pengertian Kronologi, Fungsi, dan Contoh Kronologi Dalam Sejarah • Pengertian Presipitasi, Fungsi, Arti Presipitasi Menurut Para Ahli dan Kimia, Biologi • Pengertian Periodisasi, Tujuan, Komponen & Contoh Periodisasi • Pengertian Perusahaan Manufaktur, Karakteristik/Ciri, & Fungsi Perusahaan Manufaktur
Asam lambung naik terjadi ketika adanya sekresi asam berlebih di kelenjar lambung perut sehingga menghasilkan gas, bau mulut, sakit perut dan gejala lainnya.

obat herbal asam lambung

Demi menghilangkan gejala-gejala tersebut banyak orang mengonsumsi obat medis dan obat herbal asam lambung. Obat herbal asam lambung Namun, perlu kamu ketahui ternyata ada beberapa obat herbal asam lambung yang bisa dengan mudah kamu dapatkan.

Berikut 12 bahan alami atau herbal yang tersedia di dapur atau lemari es yang dapat digunakan untuk menghilangkan gejala asam lambung seperti dilansir dari Food NDTV: 1.

Daun kemangi Sifat menenangkan dan karminatif dari daun kemangi dapat memberi bantuan secara instan jika asam lambung naik. Saat muncul gas pertama, makanlah beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Sering-seringlah menghirupnya. Cara ini adalah salah satu pengobatan herbal terbaik untuk menangani gejala asam lambung naik. Baca obat herbal asam lambung Perbedaan Maag dengan GERD: Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya 2. Mentega susu Tahukah kamu bahwa buttermilk dikategorikan sebagai makanan sattvic? Jadi, ketika kamu mengalami asam lambung naik setelah mengonsumsi makanan yang berat atau pedas, sangat disarankan untuk meminum segelas buttermilk.

Perlu kamu ketahui bahwa buttermilk mengandung asam laktat yang menetralkan keasaman di lambung. Taburkan sejumput lada hitam atau 1 sendok teh daun ketumbar untuk hasil terbaik. 3. Cengkeh Selama bertahun-tahun, cengkeh telah menempati posisi penting dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati gangguan pencernaan.

Cengkeh bersifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Tambahkan cengkeh saat kamu memasak makanan seperti kacang merah atau garam hitam yang cenderung menyebabkan perut kembung. Kamu bahkan bisa makan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung, dan menghilangkan bau mulut (gejala yang paling sering timbul ketika asam lambung naik). 4. Biji jintan Biji jintan bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan dan meredakan sakit perut.

Hancurkan sedikit biji jintan panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jintan dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

5. Obat herbal asam lambung Perlu kamu ketahui bahwa jahe ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Demi membantu menetralkan asam lambung, kamu dapat mengunyah seiris jahe segar, atau meminum satu sendok jus jahe dua hingga tiga kali sehari. Tak hanya itu saja, cara lain yang cukup mudah dilakukan yaitu jahe segar yang direndam dalam secangkir air mendidih dan diminum. 6. Susu dingin Bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa, susu dapat membantu menstabilkan naiknya asam lambung lho.

Susu dingin kaya akan kalsium, yang mencegah penumpukan asam di lambung. Kamu hanya perlu melakukan minum segelas susu dingin saat menderita asam lambung. 7.

obat herbal asam lambung

Air kelapa Saat kamu minum air kelapa, tingkat asam pH tubuh akan berubah menjadi basa. Ini juga membantu menghasilkan lendir di perut, yang melindungi dari efek berbahaya yaitu produksi asam yang berlebihan. Karena kaya serat, air kelapa membantu pencernaan dan mencegah kambuhnya asam lambung naik. 8. Pisang Ketika berbicara tentang khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, pisang sangat penting. Pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Ini adalah pengobatan rumahan paling sederhana untuk menghilangkan keasaman. Makan satu pisang setiap hari untuk mencegah deretan gejala saat asam lambung naik.

9. Kayu manis Bumbu sederhana ini berfungsi sebagai antasid alami untuk keasaman lambung dan dapat menenangkan perut, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna. Kayu manis adalah pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat bermanfaat bagi kesehatan. Namun, jika gejala asam lambung semakin parah tak ada salahnya untuk periksa ke dokter. Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7.

Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini !

obat herbal asam lambung

• Food.ndtv.com (2020) diakses 11 Oktober 2020. 12 Amazing Home Remedies For Acidity: Easy Tips To Reduce The Pain • Health.harvard.edu (2020) diakses pada 11 Oktober 2020. Herbal remedies for heartburn • Healthline.com (2017) diakses pada 11 Oktober 2020. 14 Ways to Prevent Heartburn and Acid Reflux
JAKARTA - Obat herbal asam lambung sangat mudah dibuat di rumah jika penyakit asam lambung Anda mendadak kumat.

Sebab, selain tidak nyaman, penyakit asam lambung tidak boleh disepelekan agar tidak terjadi komplikasi. Seperti diketahui, penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan masalah pencernaan yang ditandai dengan sensasi terbakar di dada atau hearthburn. Gejala tersebut biasanya ditandai dengan sejumlah keluhan lainnya seperti sering bersendawa, mual dan muntah, hingga sesak napas. Oleh karena itulah, asam lambung perlu segera ditangani.

Nah, ada beberapa obat herbal atau tradisional yang dapat Anda buat sendiri di rumah untuk mengatasi asam lambung. Baca Juga: Potensi Besar Obat Herbal Indonesia Harus Digarap Serius Beberapa di antaranya merupakan bumbu-bumbu dapur yang mudah ditemukan di dapur Anda. Apa saja? Berikut 7 obat herbal untuk mengatasi asam lambung, seperti dirangkum dari Food NDTV, Minggu (26/9/2021). 1. Daun Kemangi Daun Kemangi biasanya digunakan untuk memasak. Tetapi, ini juga berguna untuk mengatasi asam lambung.

Sebab, daun kemangi memiliki sifat menenangkan dan karminatif yang obat herbal asam lambung mengatasi asam lambung dengan cepat. Cara menggunakannya yakni merebus 3-4 daun kemangi dengan secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Minum ketika asam lambung naik. 2. Kayu Manis Bumbu masak lainnya yang berguna untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah kayu manis. Bumbu sederhana ini bekerja sebagai antasida alami untuk keasaman obat herbal asam lambung dan dapat menenangkan perut Anda, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Untuk meredakannya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pencernaan.KOMPAS.com - Asam lambung naik bisa menyerang kapan obat herbal asam lambung dan kepada siapa saja.

Asam lambung naik bisa disebabkan karena telat makan, memakan makanan yang asam dan pedas, stress, hingga kelelahan. Idealnya, untuk mengatasi asam lambung naik, Anda harus mengubah pola makan dan meminum obat untuk menurunkan asam lambung, seperti antasida.

Namun, terlalu sering mengonsumsi obat-obatan bisa memnibulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuh Anda. Dilansir dari Health Line, berikut adalah obat herbal untuk asam lambung naik. Baca juga: 3 Obat Asam Lambung yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Teh chamomile Teh chamomile dikenal sebagai minuman yang mampu mengurangi kecemasan dan baik untuk orang yang mengalami gangguan tidur.

Teh herbal ini juga mampu mengurangi asam lambung dan meredakan rasa kembung pada perut. Selain itu, chamomile juga mengandung efek antiinflamasi yang mampu meredakan nyeri yang ditimbulkan akibat asam lambung. Jahe Jahe dikenal sebagai salah satu herbal yang paling baik untuk segala gangguan pencernaan.

Jahe bisa memberikan kehangatan bagi perut Anda dan mengurangi gejala seperti kembung, perut bergas, dan asam lambung naik. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan berbagai cara, obat herbal asam lambung merebus jahe dan meminum airnya, atau cara yang lebih praktis seperti makan permen jahe. Anda bisa memilih cara yang paling nyaman bagi Anda. Baca juga: Halo Prof! Makan Apa di Malam Hari agar Asam Lambung Tidak Kambuh? Air lemon Air lemon bersifat basa dan obat herbal asam lambung menetralisir asam lambung.

Larutkan satu sendok makan air lemon ke dalam segelas air hangat dan minum sebelum makan. Namun, Anda perlu hati-hati karena air lemon bisa mengikis permukaan enamel gigi dan menyebabkan gigi menjadi rapuh. Untuk melindungi gigi Anda, kumur dengan air putih setiap Anda selesai mengonsumsi air lemon. Adas Adas atau fennel memiliki efek antispasmodic yang bisa meredakan berbagai gangguan percernaan, seperti keram perut, mual, dan kembung. Anda bisa merebus setengah sendok teh biji adas dengan segelas air, lalu meminum airnya.

Kayu manis Kayu manis mampu membantu menetralisir asam lambung naik yang menyebabkan perih di lambung atau kembung. Anda bisa menyeduh kayu manis batang atau kayu manis bubuk ke dalam segelas air hangat dan meminumnya ketika Anda merasa kembung.

Baca juga: Kenali Penyebab Asam Lambung Tinggi dan Cara Mengobatinya Kapan ke dokter Beberapa obat herbal untuk asam lambung naik bisa mengatasi masalah sementara waktu. Jika masalah asam lambung Anda tidak kunjung mereda, apalagi menimbulkan gejala-gejala berat, sebaiknya Anda segera ke dokter.

Waspada jika Anda mengalami kehilangan berat badan, muntah, kehilangan nafsu makan, dan tinja berwarna hitam. Indonesia Berpotensi Hadapi Dobel Puncak Kasus Covid-19, Ini Penyebabnya https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/14/163000123/indonesia-berpotensi-hadapi-dobel-puncak-kasus-covid-19-ini-penyebabnya https://asset.kompas.com/crops/xNruAQ5jd91XJjJDBPF9FKYmslQ=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2021/06/13/60c4e9d7e1c6a.jpg
11 Obat Herbal Asam Lambung dengan Bahan Tradisional yang Mudah Didapat – Belakangan ini obat herbal tengah menjadi idola masyarakat.

Banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi obat herbal lebih aman dan minim efek samping. Ada banyak sekali obat herbal yang bisa kamu konsumsi guna menetralkan kadar asam lambung. Berikut Mamikos bagikan informasi lengkap terkait daftar obat herbal asam lambung yang dibuat dengan bahan-bahan tradisional dan mudah didapat.

Berikut Daftar Obat Herbal Asam Lambung dengan Bahan Tradisional Daftar Isi • Berikut Daftar Obat Herbal Asam Lambung dengan Bahan Tradisional • 1. Adas • 2. Air Kelapa • 3. Susu Nabati • 4. Teh Chamomile • 5. Jahe • 6. Air Lemon • 7. Kunyit • 8. Pepaya • 9. Temulawak • 10. Pala • 11. Lidah Buaya awsimages.detik.net.id Faktanya, asam lambung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Umumnya, asam lambung naik disebabkan oleh berbagai macam hal seperti telat makan, mengkonsumsi makanan yang pedas atau asam, stress, hingga kecapekan.

Jika kamu ingin mencegah asam lambung naik, maka usahakan untuk mengubah pola makan dan mengkonsumsi obat seperti antasida. Namun, jika terus-terusan mengkonsumsi obat-obatan juga bisa memnibulkan efek samping yang kurang baik untuk tubuh kamu. Untuk itu, ada baiknya kamu mengganti obat-obatan medis tadi dengan obat herbal yang dapat membantu menetralkan kadar asam lambung.

Ada banyak pilihan obat herbal yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan asam lambung. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. Baca Juga : 8 Ciri-Ciri Gejala Asam Lambung Naik Yang Perlu Diketahui 1. Adas satuharapan.com Adas atau yang juga dikenal dengan nama fennel memiliki efek antispasmodic yang dipercaya dapat meredakan berbagai gangguan percernaan, seperti keram perut, mual, dan kembung. Kamu bisa mengkonsumsi adas dengan cara merebus setengah sendok teh biji adas dengan segelas air, kemudian meminum airnya.

Teh adas ini juga bisa kamu konsumsi sehari-hari untuk membantu pencernaan menjadi lancar. 2. Air Kelapa cdn-2.tstatic.net Air kelapa juga dipercaya dapat mengontrol produksi asam lambung karena mengandung kalium. Seperti yang kita ketahui, kalium sendiri berperan untuk menjaga keseimbangan PH dalam tubuh. Di mana kalium inilah yang berfungsi mengontrol kadar asam lambung dan mengurangi risiko refluks lambung.

Baca Juga : 8 Penyebab Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari 3. Susu Nabati awsimages.detik.net.id Susu nabati juga menjadi salah satu minuman herbal yang disarankan untuk penderita asam lambung. Jenis susu nabati yang dapat kamu konsumsi antara lain susu almond, susu kedelai, dan susu kacang mede.

Kamu pun bisa memilih susu nabati jenis mana yang kamu sukai. Jika kamu memilih susu almond, perlu kamu ketahui bahwa susu almond dapat membantu menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejalanya karena mengandung sifat basa.

Sedangkan, susu kedelai juga dipercaya dapat menjadi minuman yang paling aman untuk lambung. Hal ini dikarenakan kandungan lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan jenis susu nabati lainnya.

obat herbal asam lambung

4. Teh Chamomile image-cdn.medkomtek.com Teh chamomile memang terkenal akan manfaatnya sebagai minuman yang dapat mengurangi kecemasan dan baik untuk orang yang mengalami gangguan tidur.

Namun, ternyata tak hanya itu saja lho manfaat dari teh herbal yang satu ini. Teh chamomile juga terbukti ampuh menetralkan cairan asam lambung hingga meredakan rasa kembung di perut. Sebuah studi bahkan mencatat bahwa ekstrak chamomile dapat membantu menurunkan tingkat keasaman lambung. Memiliki sifat anti inflamasi, teh chamomile juga dapat mencegah peradangan esofagus akibat naiknya asam lambung. Kamu pun bisa mengkonsumsi teh chamomile setiap malam sebelum tidur. 5. Jahe asset.kompas.com Jahe memang cukup terkenal pamornya dikalangan obat herbal.

Nyatanya, jahe juga ternyata baik untuk segala gangguan pencernaan. Kamu pun bisa mengkonsumsi jahe dengan berbagai cara. Kamu bisa merebus jahe, kemudian meminum airnya. Atau, kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih praktis yakni dengan makan permen jahe. Kamu bisa memilih cara mana saja yang membuat kamu nyaman.

Baca Juga : 4 Makanan Pantangan Penderita Asam Lambung yang Harus di Hindari 6. Air Lemon d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net Lemon menjadi salah satu buah yang terbukti memiliki banyak manfaat.

Air perasan lemon bersifat basa dan dipercaya mampu untuk menetralisir asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa melarutkan satu sendok makan air lemon ke dalam segelas air hangat dan meminumnya sebelum makan. Namun, kamu juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi air lemon ini.

Mengingat air lemon bisa mengikis permukaan enamel gigi dan menyebabkan gigi menjadi rapuh. Agar gigi kamu tetap dapat terlindungi, kamu bisa berkumur dengan air putih setelah mengkonsumsi air lemon. 7. Kunyit res.cloudinary.com Tak disangka, kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk efektif meredakan asam lambung. Kamu bisa mengkonsumsi bagian rimpang kunyit sebagai obat herbal asam lambung. Guna dapat merasakan manfaatnya, kamu harus menumbuk kunyit kering terlebih dahulu hingga menjadi bubuk.

Kemudian, seduh ½ sendok teh bubuk kunyit dengan air hangat. Perlu diperhatikan pula, bahwa kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit secara berlebihan. Hal ini dikarenakan dapat memicu munculnya mual, diare, hingga alergi pada kulit. 8. Pepaya asset.kompas.com Pepaya memang cukup tenar namanya sebagai buah kaya serat yang banyak manfaatnya bagi pencernaan. Namun, siapa sangka ternyata papaya juga dapat menjadi obat herbal bagi asam lambung. Pepaya terbukti ampuh obat herbal asam lambung melancarkan pencernaan hingga meredakan gejala asam lambung.

Tak perlu ragu untuk mengkonsumsi pepaya, karena manfaat pepaya sebagai obat asam lambung sudah diuji dalam sebuah penelitian.

Dr George Herschell. Baca Juga : 8 Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat Agar Cepat Reda 9. Temulawak d324bm9stwnv8c.cloudfront.net Temulawak sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari temulawak adalah dapat menjadi obat asam lambung. Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. Perlu kamu ketahui pula bahwa temulawak juga mengandung kukurmin dan flavonoid yang dapat membantu menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa lambung.

10. Pala img.okezone.com Pala menjadi salah satu rempat-rempah obat herbal asam lambung populer namanya di tanah air. Tak heran jika bukan rahasia lagi apabila pala kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk asam lambung. Jika kamu penderita asam lambung, kamu bisa memanfaatkan biji pala untuk membantu meredakan asam lambung kamu ketika sedang kambuh. 11. Lidah Buaya cdn-2.tstatic.net Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai obat herbal untuk meredakan gejala asam lambung.

Sejak lama, lidah buaya memang dipercaya kaya akan manfaat bagi kesehatan. Salah satunya saja adalah guna meredam inflamasi yang terjadi di lambung akibat naiknya asam lambung. Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya dengan mengolahnya menjadi jus. Kemudian, konsumsi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

obat herbal asam lambung

Dengan rutin mengkonsumsi jus obat herbal asam lambung buaya, maka dapat menjadi obat asam lambung alami paling ampuh dibandingkan obat herbal lainnya. Nah, itulah informasi yang bisa Mamikos bagikan kepada kalian terkait deretan obat herbal yang bisa membantu mengobati asam lambung. Seperti yang kita ketahui, kadar asam lambung bisa naik dipicu oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah karena stress, mengkonsumsi makanan pedas, makan makanan berlemak tinggi ataupun telat makan.

Tentunya setiap orang pasti akan merasakan tidak nyaman ketika kadar asam lambung sedang naik, untuk itu kamu pun bisa memanfaatkan informasi di atas ketika asam lambung kamu sedang kambuh. Jika kamu masih membutuhkan informasi lain terutama seputar kost-kostan di tanah air, kamu bisa unduh aplikasi Mamikos dan cari informasinya di sana.

Klik dan dapatkan info kost di dekat mu: Kost Jogja Harga Murah Kost Jakarta Harga Murah Kost Bandung Harga Murah Kost Denpasar Bali Harga Murah Kost Surabaya Harga Murah Kost Semarang Harga Murah Kost Malang Harga Murah Kost Solo Harga Murah Kost Bekasi Harga Murah Kost Medan Harga Murah
Jangan biarkan penyakit asam lambung mengganggu kenyamanan Anda saat menikmati makanan.

Beberapa jenis obat herbal asam lambung dapat diperoleh di sekitar dengan mudah. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus. Penyakit asam lambung memang dapat menyerang siapa saja. Tapi, jangan dianggap sepele. Pada tahap tertentu, penyakit ini bisa menjadi gastroesophageal reflux (GERD), yaitu kondisi di mana asam lambung naik ke esofagus (kerongkongan).

Gejalanya adalah munculnya sensasi terbakar di ulu hati, sakit pada bagian dada, hingga batuk.

obat herbal asam lambung

Tentu Anda tidak ingin hal ini terus menerus mengganggu hari Anda, bukan? Anda dapat mengeenali beberapa jenis obat herbal dan cara menjaga kesehatan lambung berikut ini. Beragam Obat Herbal Asam Lambung di Sekitar Anda Beberapa jenis obat herbal asam lambung kemungkinan tidak terpikirkan sebelumnya, seperti permen karet, lidah buaya, atau baking soda.

Bahan-bahan ini kemungkinan dapat membantu meredakan asam lambung, meski sebenarnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut: • L idah buaya Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya selain dipercaya mampu meredakan luka bakar, ternyata juga dapat mengurangi peradangan yang ada di dalam perut dan kerongkongan penderita GERD.

Tidak hanya itu, lidah buaya ternyata juga dapat bersifat laksatif, seperti pencahar. Jadi perhatikan takaran obat herbal asam lambung mengonsumsi lidah buaya. Anda bisa memilih jus lidah buaya instan yang telah menghilangkan kandungan laksatif di dalamnya. Konsumsi setidaknya ½ cangkir lidah buaya sebelum makan. • B aking soda Baking soda merupakan salah satu obat asam lambung sering dipergunakan untuk menetralkan asam lambung. Untuk menggunakan baking soda sebagai obat herbal asam lambung, campur sebanyak ½ - 1 sendok teh baking soda dan segelas air.

Namun, bagi Anda yang sering mengalami sakit perut, baking soda bukanlah pilihan yang tepat. B aking soda mengandung kadar garam yang tinggi dan dapat menimbulkan mual serta pembengkakan. • Licorice (akar manis) Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, licorice dipercaya memiliki pereda alami untuk sakit perut, sehingga dapat meredakan rasa mulas hingga ke sumber masalah. Akan tetapi, konsumsi licorice yang berlebihan juga tidaklah baik karena dapat menimbulkan tekanan darah tinggi dan efek samping serius lainnya.

Anda bisa memilih licorice yang jenisnya DGL guna menghindari efek sampingnya dan aman karena tidak mengandung asam glycyrrhizic yang berbahaya. Selain dengan mengonsumsi beberapa hal di atas, Anda juga bisa menjadikan permen karet untuk mengurangi asam lambung.

Mengunyah permen karet dapat merangsang laju aliran saliva atau air liur. Sehingga, asam yang ada di dalam perut Anda dapat dibilas oleh air liur dengan cepat dan akhirnya meredakan gejala GERD. Mulai Mengubah Gaya Hidup Sehat Selain memanfaatkan obat herbal asam lambung, Anda juga perlu menjaga gaya hidup dan pola makan yang baik, obat herbal asam lambung terhindar dari penyakit asam lambung.

Mulai hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik seperti, cokelat, bawang bombay, saus tomat, makanan yang digoreng, bawang putih, makanan cepat saji, dan makanan yang kaya lemak.

Selain itu, siapkan camilan di sela-sela jam makan Anda, dan hindari melahap makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Tidak hanya makanan, beberapa jenis minuman bisa memicu naiknya asam lambung, seperti minuman yang mengandung kafein, soda, jus dari buah-buah citrus, dan minuman beralkohol.

Bahkan, makanan atau minuman yang mengandung mint juga sebaiknya dihindari karena bisa memicu meningkatnya asam lambung. Perubahan gaya hidup yang sehat juga sangat penting agar terhindar dari rasa menyiksa ketika asam lambung naik. Disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal, hindari merokok, hindari berbaring setelah mengonsumsi makanan dan menggunakan pakaian ketat.

Konsumsi obat herbal asam lambung dengan hati-hati, sebab obat herbal asam lambung memerlukan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk penyakit asam lambung yang Anda alami, agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Asam Lambung Naik Atasi dengan Cara Alami




2022 www.videocon.com