Gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Jawaban: Penjelasan: gerak antagonis ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah adalah elevasi dan depresi. Gerak elevasi adalah gerak menaikkan anggota tubuh. Contoh gerak elevasi seperti mengangkat atau menengadahkan kepala. Gerak depresi adalah gerak menurukan anggota tubuh. Contoh gerak depresi seperti menundukkan/menurunkan kepala saat berolahraga.

Jawaban:Gerak antagonis ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah adalah elevasi dan depresi. Gerak elevasi adalah gerak menaikkan anggota tubuh.

Contoh gerak elevasi seperti mengangkat atau menengadahkan kepala. Gerak depresi adalah gerak menurukan anggota tubuh. Contoh gerak depresi seperti menundukkan/menurunkan kepala saat berolahraga. Penjelasan:semoga membantu jadikan saya yang terbaik 1.Tari Saudati gerakannya diilhami oleh .

2.Tari Saudati merupakan penggambaran . 3.Dalam tari Saudati tepukan dada disebut . 4.Dalam tari Sa … udati jentikan jari disebut . 5.Dalam tari Saudati dipimpin oleh seorang. 6.tari Saudati ditarikan berkelompok sebanyak .7.Tari Serampang dua belas gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak tentang.8.Tari Serampang dua belas sebelumnya bernama.9.Tari Serampang dua belas diiringi oleh lagu . 10.Serampang dua belas bertempo. ​
1.

teori perkembangan kognitif jean piaget merupakan salah satu pilar konseptual dan menjadi dasar proses pendidikan anak usia sekolah. jean piaget me … mbagi perkembangan kognitif menjadi 4 tahap perkembangan yaitu sensorimotorik, praoperasional, operasi konkret, operasi formal.

berdasarkan tahap perkembangan kognitif jean piaget, pada tahap manakah perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar? dan coba anda uraikan karakteristiknya! Contoh Soal Sistem Gerak dan Jawaban – Sistem gerak pada manusia terdiri dari rangka dan otot.

Rangka yang berfungsi sebagai alat gerak pasif, memberikan bentuk tubuh, melindungi organ tubuh, tempat melekatnya otot, dan tempat pembentukan sumsum. Fungsi utama rangka/tulang adalah menegakkan tubuh. Tulang dapat menjadi alat gerak karena adanya otot, yang berperan sebagai alat penggeraknya. Fungsi rangka: Alat gerak pasif Pembentuk dan penegak tubuh Tempat melekatnya otot Pelindung bagian tubuh yang penting Tempat pembentukkan sel darah merah Simak Juga materi : Sistem Gerak – Pengertian, Struktur, Fungsi, Contoh dan Kelainannya Kali ini Soalkimia.com akan membagikan Soal Sistem Gerak dan pembahasannya pilihan ganda dari berbagai penerbit buku untuk kamu pelajari sebagai bahan sebelum ujian ataupun ulangan harian.

1 – 10 Soal Sistem Gerak pada Manusia dan Jawaban 1. Pernyataan berikut yang merupakan persamaan antara sel otot jantung dan sel otot rangka adalah a.

Membentuk percabangan b. Berinti banyak oleh kehendak c. Kerjanya tidak dikendalikan d. Bersifat lurik Jawaban : D Pembahasan: Perbedaan otot jantung dan otot rangka • Otot jantung : bercabang, inti banyak, dan bekerja secara tidak sadar (saraf otonom) • Otot rangka : tidak bercabang, memiliki satu inti, dan dikendalikan secara sadar.

2. Gerakan lengan bawah hingga telapak tangan, menengadah dan terpelungkup disebabkan oleh aktivitas otot : a. Pronator b. Adduktor c. Supinator d. Ekstensor Jawaban : B Pembahasan: Otot trisep mempunyai tiga buah origa dan bersifat ekstensor sehingga mampu meluruskan kembali tangan ke bawa, lengan bawah dapat digerakan memutar hingga telapak tangan menengadah atau supinasi.

Atau telapak tangan digerakan menelungkup atau disebut pronasi. Gerakan pronasi disebabkan oleh pengerutan/ kontraksi otot-otot pronator teres dan pronator kuadratus.

3. Selama berlangsung kontraksi otot, maka akan terjadi: a. Penambahan glikogen b. Pengurangan karbondioksida c. Penambahan oksigen d. Pengurangan oksigen Jawaban : C Pembahasan: Karena soal menunjukkan “…selama berlangsung….“ berarti konsentrasi oksigen dalam otot tersebut menjadi berkurang, dipakai untuk proses kontraksi otot tersebut, sehingga perlu ditambah 4.

Tulang hasta (ulna) terletak antara tulang-tulang: a. Lengan atas (humerus) dan pengumpil (radius) b. Lengan atas dan pergelangan atas (Carpus) c. Pengumpil dan pergelangan tangan d. Pangkal lengan (brachium) dan tangan (manus) Jawaban : B Pembahasan: Tulang hasta (ulna) bersama tulang pengumpil (radius) membentuk tulang lengan bawah; jadi letak tulang ulna adalah disamping tulang radius, diantara tulang Carpus dan tulang Hiemerus. 5.

Yang berperan untuk kontraksi otot adalah. .

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

. a. Asetilkolin b. ATP c. Aktomiosin d. AMP e. Benar semua Jawaban : E Pembahasan: Rangsang dari luar diterima oleh suatu zat yang sangat peka (Asetilkolin), protein otot mengkerut (Karena adanya aktomiosin) dalam sel otot. Untuk mengkerut perlu energi, energi didapat dari uraian ATP-ADP.

Simak Juga : Soal Sistem Koordinasi (Saraf) 6. Persendian antara tulang-tulang yang membentuk tengkorak disebut sendi……. a. Sinfibrosis b. Sinkhondrosis c. Sinartrosis d. Endarthrosis e. Diartrosis Jawaban : A Pembahasan: 7. Tulang yang mempunyai bentuk pipih antara lain … a. Tulang paha dan tulang ubun-ubun b. Tulang pergelangan tangan dan tulang jari c. Tulang jari dan tulang paha d. Tulang ubun-ubun dan tulang rusuk Jawaban : D Pembahasan: Berdasarkan bentuknya, tulang dikelompokkan menjadi 4 macam, yaitu sebagai berikut: • Tulang pipa, bentuknya bulat panjang, di dalamnya terdapat sumsum kuning yang banyak mengandung zat lemak.

Contoh : tulang lengan, tulang paha, tulang kering, tulang betis dan tulang ruas ruas jari. • Tulang pipih, bentuknya pipih.

Contoh : tulang ubun ubun, tulang tulang bahu, tulang dada, tulang rusuk dan tulang pinggul. • Tulang pendek, bentuknya bulat tetapi pendek di dalamnya seperti bunga karang berongga. Contoh : ruas ruas tulang belakang, tulang tulang pergelangan kaki dan tulang tulang pergelangan tangan. • Tulang tidak beraturan, bentuknya kompleks dan berhubungan dengan fungsi khusus.

Contoh : tulang rahang dan tulang punggung. 8. Pernyataan yang tidak benar mengenai rangka ialah. a. Rangka sebagai pelindung organ organ penting tubuh b. Rangka sebagai tempat melekatnya otot c. Rangka terbentuk dari bahan nitrogen d. Rangka memberi bentuk tubuh Jawaban : C Pembahasan: Pernyataan pernyataan yang terdapat pada soal merupakan fungsi dari rangka.

Rangka manusia mempunyai berbagai fungsi, antara lain : Untuk bergerak ketika dikehendaki otot Memberi bentuk tubuh Menjaga agar organ tubuh tetap berada di tempatnya Melindungi organ organ penting tubuh, seperti otak, jantung dan paru paru Tempat melekat otot Menegakkan tubuh Tempat pembuatan sumsum Menghasilkan sel darah di dalam sumsum tulang Baca Juga : Soal Mutasi 9. Pada tabel berikut yang membedakan otot polos, otot lurik dan otot jantung adalah.

. Otot polos Otot lurik Otot jantung A. Memiliki banyak inti Memiliki satu inti pada tiap sel Memiliki banyak inti B. Bekerja secara sadar Bekerja secara tak sadar Bekerja secara tak sadar C. Bentuk silindris panjang Bentuk gelendong Bentuk silindris bercabang D. Terdapat pada bagian organ dalam Terdapat pada rangka Terdapat pada organ jantung Jawaban : C Pembahasan: 10.

Perhatikan gambar sendi berikut ! Gerakan yang dapat dilakukan oleh tulang Y adalah… a. Satu arah b. Dua arah c. Berputar d. Semua arah Jawaban : A Pembahasan: Gambar pada soal menunjukkan tulang paha dengan tulang betis (tulang Y).

Tulang Y hanya dapat digerakkan ke satu arah sehingga disebut sendi engsel. Sendi yang memungkinkan terjadinya dua gerakan disebut sendi pelana, misalnya persendian antara ibu jari dengan telapak tangan. Sendi yang memungkinkan terjadinya gerakan berputar di sebut sendi putar, misalnya persendian antara tulang tengkorak dengan tulang atlas. Sendi yang memungkinkan gerakan ke semua arah disebut sendi peluru, misalnya persendian antara tulang paha dengan tulang panggul.

11 – 20 Soal Sistem Gerak pada Manusia Pilihan Ganda dan Jawaban 11. Seorang penderita stroke tidak mampu menggerakkan bisep dan tricepnya, maka orang tersebut tidak akan mampu… a. Menggerakkan radius dan ulnanya b. Menggerakkan karpal dan metacarpal c. Menggerakkan femur dan patella d. Menggerakkan scapula dan klavikula Jawaban : A Pembahasan : Apabila bisep dan trisep tidak mampu berkontraksi maupun relaksasi maka tulang radius dan ulna tak dapat bergerak karena pergerakan lengan bawah dipengaruhi oleh otot-otot tersebut.

12. Hubungan antar tulang dimana hanya memicu gerakan satu poros adalah… contohnya… a. Sendi engsel, persendian pada jari kaki b. Sendi pelana, persendian antar metacarpal dan karpal c. Sendi putar, persendian antar tulang kepala dengan tulang atlas d. Sendi luncur, persendian antar tulang telapak tangan Jawaban : A Pembahasan: Sendi engsel merupakan persendian dimana hanya memungkinkan gerakan satu arah seperti pada siku tangan maupun pada persendian jari kaki dan tangan.

13. Amin jatuh dari pohon dan mengalami patah tulang radius, dia di bawa ke rumah sakit dan dipasang pembalut gypsum oleh dokter. Pembalut gypsum pada bagian tulang yang patah berfungsi untuk… a. Melindungi tulang yang patah dari benturan b. Mempercepat proses penyambungan tulang c. Menyediakan perlindungan fisiologis d. Menghindari masuknya mikroorgnisme perusak Jawaban : A Pembahasan: Pemberian gypsum bertujuan agar tidak terjadi benturan tambahan pada luka sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

14. Perhatikanlah ciri otot di bawah ini: 1) Sel-sel tak bercabang dan panjang 2) Memiliki banyak inti dalam satu sel 3) Memiliki bagian gelap dan terang Berdasarkan keterangan di atas otot yang dimaksud terdapat pada… a. Ventrikulus b. Bisep c. Jantung d. Intestinum Jawaban : B Pembahasan: Otot yang dimaksud adalah otot lurik yang terdapat pada otot untuk pergerakan tubuh, contohnya terdapat pada bisep.

15. Orang yang terkena stroke cenderung akan mengalami pengecilan otot yang disebut dengan istilah…yang disebabkan karena… a. Hipertrofi, otot jarang digerakkan b. Atrofi, otot jarang digunakan c.

Atrofi, otak tak mampu mengatur otot d. Hipertrofi, kekurangan nutrisi otot Jawaban : B Pembahasan: Stroke menyebabkan seseorang tidak mampu menggerakkan beberapa bagian tubuhnya.

Otot tubuh yang tidak pernah digerakkan akan mengalami atrofi atau pengecilan. 16. Kebiasaan duduk miring ke kiri atau ke kanan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat menyebabkan.

a. Lordosis b. Scoliosis c. Kifosis d. Nekrosis Jawaban : B Pembahasan: Kebiasaan duduk yang salah pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan dapat menyebabkan kelainan pada tulang gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak, yaitu lordosis terjadi karena posisi duduk selalu dengan posisi dada ke depan, kifosis terjadi karena posisi duduk selalu membungkuk, dan skoliosis terjadi karena posisi duduk miring ke samping.

Nekrosis merupakan matinya sel-sel tulang. 17. Berikut ini merupakan fungsi rangka manusia, kecuali. a. Melindungi alat tubuh yang penting b. Sebagai alat gerak aktif c. Tempat melekatnya otot d. Menegakkan dan memberi bentuk tubuh Jawaban : B Pembahasan: Rangka manusia berfungsi menegakkan tubuh, sebagai alat gerak pasif, memberi bentuk tubuh, melindungi bagian tubuh yang penting (vital) dan lemah, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot rangka, serta tempat penyimpanan mineral yaitu zat kapur (kalsium) dan fosfat.

Alat gerak aktif adalah otot. 18. Tulang berikut yang termasuk tulang pipih adalah. a. Tulang hasta, pengumpil, dan paha b. Tulang usus, dada, dan kering c. Tulang dada, rusuk, dan belikat d. Tulang rusuk, belikat, dan lengan Jawaban : C Pembahasan: Tulang pipih terdapat di tengkorak, tulang dada, tulang rusuk, gelang bahu (misal: tulang belikat), dan gelang pinggul (misal: tulang duduk).

Tulang lengan atas, lengan bawah, paha, dan tulang kering termasuk tulang pipa. 19. Ciri otot polos berikut ini benar, kecuali. a. Bekerja secara involunter b.

Berinti satu di tengah c. Terdapat pada organ dalam termasuk jantung d. Selnya pendek berbentuk gelendong Jawaban : C Pembahasan: Ciri otot polos adalah berbentuk gelendong, serabtu aktin dan miosin tidak tersusun rapi sehingga tidak ada daerah gelap dan terang, berinti satu di tengah, bekerja secara tidak sadar (involunter), terdapat pada organ dalam selain jantung.

20. Hubungan antartulang antara nomor 5 dan 6 adalah……. a. Sendi engsel b. Sendi pelana c. Sendi geser d. Sendi peluru e. Sendi luncur Jawaban : D Pembahasan: Hubungan antar tulang yang menghubungkan tulang nomor 5 dan 6 adalah sendi peluru. 21 – 30 Soal Sistem Gerak pada Manusia Pilihan Ganda dan Jawaban 21.

Rasa lelah yang terjadi akibat keja otot terus menerus disebabkan gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak …. a. Penimbunan asam laktat b. Tidak adanya asam laktat c. Penimbunan senyawa asetikolin d. Pengubahan asam asetikolin e. Tidak adanya asam laktat yang menghambat kinerja asetikolin Jawaban : A Pembahasan: Kontraksi otot memerlukan energi yang diperoleh dari pemecahan ATP menjadi ADP.

Pada metabolisme anaerob, ATP diperoleh dari reaksi glikolisis. Glikolisis menghasilkan ATP dan asam piruvat. Asam piruvat selanjutnya akan diubah menjadi CO2 dan sisa-sisa buangan lain seperti asam laktat. Aktivitas otot yang terus menerus menyebabkan asam laktat tertimbun dalam otot dan menimbulkan rasa lelah. 22. Ciri-ciri : – tulang patah atau retak – terjadi pembengkakan – kemungkinan terjadi pendarahan Jenis gangguan pada sistem gerak tersebut adalah ….

a. Fraktura b.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Kifosis c. Artritis d. Rakitis e. Nekrosa Jawaban : A Pembahasan: Salah satu ciri utama dari fraktura adalah tulang patah atau retak. 23. Gerak antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke atas dan ke bawah adalah…. A. Ekstensi dan fleksi B. Atropi dan hipertropi C.

Depresor dan elevator D. Tonus dan tetanus E. Hipertropi dan supinasi Pembahasan : Ekstensi dan fleksi merupakan gerakan antagonis yang terjadi saat menggerakkan lengan atas dan lengan bawah.

Jawaban : A Baca Juga : Soal Evolusi 24. Pada tulang keras antara lakuna satu dengan yang lainnya dihubungkan dengan suatu saluran yang disebut…. a. Kondrin b. Kondrosit c. Osteoblast d. Kanalikuli e. Saluran havers Pembahasan: Kanalikuli merupakan saluran yang menghubungkan antara satu lakuna dangan lakuna yang lainnya. Jawaban : D 25. Apabila otot pronator teres dan pronator kuadratus berkontraksi maka akan terjadi gerakan…. a.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Tangan berputar b. Tangan sejajar bahu c. Tangan lurus ke bawah d. Tangan menengadah ke atas e. Tangan menelungkup ke bawah Pembahasan: Otot pronator teres dan pronator kuadratus apabila berkontraksi akan menghasilkan gerakan pronasi, yaitu gerakan menelungkupkan tangan.

Jawaban : E Simak Juga : Soal Kingdom Animalia (Hewan) 26. Menurut bentuknya tulang dibedakan atas…. a. Tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek. b. Tulang spon, tulang kompak, tulang pendek. c. Tulang pipa, tulang pipih, tulang kompak d. Tulang pipih, tulang pipa, tulang spon. Jawaban : A 27. Ciri-ciri tulang pendek adalah …. a. Berbentuk pipih, gepeng dengan rongga besar b.

Berbentuk bulat pendek dengan rongga berisi sumsum merah c. Berbentuk bulat memanjang dan bagian tengah berongga d. Berbentuk pipih, gepeng dengan rongga berisi sumsum kuning Jawaban : B 28. Pernyataan yang membedakan susunan tulang keras dan tulang rawan adalah …. a. Tulang rawan lebih sedikit zat kalsium, tulang keras tidak mengandung zat kalsium b. Tulang rawan lebih banyak zat kalsium, tulang keras tidak mengandung zat kalsium c. Tulang rawan banyak zat perekat, sedikit zat kapur d.

Tulang rawan sedikit zat perekat, banyak zat kapur Jawaban : C 29. Perhatikan tabel di bawah ini! Otot polos Otot Lurik Otot Jantung 1. Terdapat pada otot rangka 2. Terdapat pada organ dalam 3.

Bekerja secara tidak sadar 4. Bekerja secara sadar Terdapat pada organ dalam Terdapat pada otot rangka Bekerja secara tidak sadar Bekerja secara sadar Terdapat pada jantung Terdapat pada jantung Bekerja secara sadar Bekerja secara tidak sadar Pernyataan yang paling tepat dari tabel di atas adalah …. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 Jawaban : B 30. Apabila seseorang ditanya dan menjawab “tidak” sambil menggelengkan kepala maka, persendian yang terlibat dalam gerakan tersebut adalah ….

a. Sendi gerak b. Sendi engsel c. Sendi putar d. Sendi mati Jawaban : C 31 – 40 Soal Sistem Gerak pada Manusia Pilihan Ganda dan Jawaban 31. Anak- anak yang mengalami patah tulang lebih cepat sembuhnya dibandingkan orang dewasa sebab …. a. Tulang anak-anak banyak mengandung kalsium b.

Tulang anak-anak belum begitu keras c. Tulang anak-anak cakram epifisisnya masih mengalami pertumbuhan d. Tulang anak-anak memiliki banyak kolagen Jawaban : C 32.

Berikut ini adalah ciri-ciri gangguan pada tulang : – Terjadi karena kekurangan kalsium – Umumnya terjadi pada oang lanjut usia – Tulang mengalami pengeroposan Berdasarkan ciri-ciri tersebut gangguan yang dimaksud adalah …. a. Rakhitis b. Mikrosepalus c. Osteoporosis d. Artkhitis Jawaban : C 33. Pada saat kita menekuk siku maka yang terjadi adalah …. a. Otot bisep kontraksi dan otot triseb relaksasi b.

Otot bisep relaksasi dan otot triseb kontraksi c. Otot bisep dan otot triseb kontraksi d. Otot bisep dan otot triseb relaksasi Jawaban : A 34. Apabila kita menekuk siku dan mengembalikannya pada posisi semula (kerja bisep-trisep) maka otot tersebut bekerja secara …. a.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Antagonis b. Sinergis c. Relaksasi d. Kontraksi Jawaban : A 35. Tempurung lutut sangat mudah sekali bergeser dari kedudukan semula karena …. a. Merupakan tulang pendek dan tidak memiliki penghubung b. Bentuknya tidak beraturan c. Tempurung lutut disanggga oleh ligamen yang mudah mengalami pengenduran d.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Merupakan tulang keras. Jawaban : C Simak Juga : Soal Kingdom Animalia (Hewan) 36. Otot disebut alat gerak aktif, sebab …. a. Tanpa adanya energi, otot dapat digerakkan b. Tulang dapat bergerak tanpa adanya otot c. Tanpa adanya otot, tulang tidak dapat digerakkan d.

Otot dapat berkontraksi dan relaksasi Jawaban : C 37. Gambar dibawah adalah gambar otot …. a. Jantung b.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Lurik c. Rangka d. Polos Jawaban : B 38. Organ tubuh berikut tersusun atas sel-sel otot polos, kecuali …. a. Jantung b. Hati c.

Usus d. Dinding rahim Jawaban : A 39. Berikut ini adalah persendian berdasarkan sifat geraknya, kecuali …. a. Sendi mati b. Sendi pelana c. Sendi kaku d. Sendi gerak Jawaban : B 40.

Sendi pada siku adalah sendi yang dapat bergerak …. a. Berputar b. Segala arah c. Dua arah d. Satu arah Jawaban : D 41 – 50 Soal Sistem Gerak pada Manusia dan Jawaban 41.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Cairan sinovial dalam persendian berfungsi untuk …. a. Perekat antar tulang b. Mengurangi gesekan c. Tempat peredaran darah d. Mempercepat gesekan Jawaban : B 42. Seorang anak dengan ciri-ciri sebagai berikut : – Mengalami gangguan tulang – Tulang belakang melengkung – Badan membengkok ke samping Dari ciri-ciri di atas berarti anak tersebut menderita …. a. Skoliosis b. Lordosis c. Kifosis d. Osteoporosis Jawaban : A 43.

Di bawah ini yang tersusun dari tulang rawan adalah …. a. Tungkai b. Tulang paha c. Tulang belikat d. Tulang daun telinga Jawaban : D 44.

Salah satu contoh bagian organ yang sendinya tidak bergerak adalah …. a. sendi pada perbatasan antara tulang tengkorak dengan tulang belakang b. sendi pada siku c. sendi pada lutut d. sendi antartulang pada tengkorak Jawaban : D 45. Pada saat kita berenang di air dingin, jari kaki menjadi kaku dan sulit digerakan.

Gangguan apa yang mungkin terjadi …. a. Kram akibat air dingin b.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Rematik akibat cuaca dingin c. Keseleo akibat putus sendi d. Rakhitis akibat salah urat Jawaban : A Simak Juga : Soal Bakteri 46. Berdasarkan jenisnya tulang dibedakan menjadi 2 yaitu …. a. tulang keras dan tulang sejati b. Tulang keras dan tulang rawan c. Tulang sejati dan tulang kompak d.

Tulang rawan dan tulang kartilago Jawaban : B 47. Tetanus adalah gangguan pada otot yang disebabkan oleh …. a. Otot kelelahan b. Virus c. Otot kram d. Bakteri Jawaban : D 48. Kontraksi otot yang terjadi secara mendadak dan singkat disebut …. a. Tetanus b. Kram c. Rakhitis d. Atrofi otot Jawaban : B 49. Pernyataan berikut yang bukan fungsi dari rangka manusia adalah …. a. Sebagai alat gerak aktif b. Memberi bentuk tubuh c. Menyimpan berbagai macam mineral d. Tempat pembentukan sel-sel darah Jawaban : A 50.

Terdapat tulang dengan ciri-ciri sebagai berikut : – Tulang ini merupakan anggota gerak bawah – Tulang terpanjang – Mampu menahan hampir seluruh beban tubuh manusia Berdasarkan ciri-ciri tersebut tulang yang dimaksud adalah ….

a. Tulang kering b. Tulang pengumpil c. Tulang betis d. Tulang paha Jawaban : D Download Soal Sistem Gerak Kamu juga bisa mendownload File dalam format .doc atau .pdf agar mudah dibaca dan tertata rapi melalui link yang tersedia dibawah ini : Google Drive Sudah selesai membaca dan berlatih soal ini ? Ayo lihat dulu Daftar Soal Biologilainnya Semua manusia itu pintar.

Namun yang membedakannya proses kecepatan belajar. pada suatu saat ada peserta didik yang belajar dalam 1-3 pertemuan. ada juga yang membutuhkan 3 pertemuan lebih untuk dapat memahami materi.

Dengan kata lain, Belajar tergantung kondisi dan keadaan seseorang untuk memahami materi. baik itu cuaca, suasana, perasaan dan lingkungan yang mempengaruhi. Maka temukanlah kondisi terbaik dirimu untuk belajar. Jika kamu tidak mengerti materi yang diajarkan gurumu hanya saja kamu belum menemukan kondisi terbaik untuk belajar. Karena tidak ada manusia yang bodoh hanya saja malas atau tidak fokus.
Jawaban: A. fleksi dan entesi Penjelasan: gerakan antagonis ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah adalah elevasi dan depresi.

Gerak elevasi adalah gerak menaikan anggota tubuh tubuh. Contoh gerak elevasi seperti mengangkat atau menegadahkan kepala. Gerak depresi adalah gerak menurukan kepala saat berolahraga. pembahasan: Otot merupakan alat gerak aktif karena dapat menggerakkan tubuh. Sel-sel otot memiliki kemampuan berkontrasi. Saat berkontrasi otot mengerut sehingga bentuk sel otot memanjang Berdasarkan Cara kerjanya dan sifat kerjanya, otot dibedakan menjadi: a.

otot sinergis yaitu otot saling mendukung Contoh: otot bisep dan otot lengan bawah (pronator) yang terdiri atas. pronator teres dan kuadratus keempat otot ini sama-sama berkontraksi ke satu arah sehingga lengan bawah dapat digerakkan memutar b. otot antagonis yaitu otot yang berkerja saling perlawanan Contoh: mekanisme kerja otot bisep dan Trisep, dapat membengkokkan dan meluruskan siku. kontraksi dan relaksasi otot terjadi secara berpasangan dan bertindak secara antagonis (otot antagonis) menghasilkan pernegarakan.

Detil jawaban : Kelas: 3 SMP mapel: biologi Bab: Rangka dan otot manusia ^_^
Gerak antagonis ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah adalah elevasi dan depresi. Gerak elevasi adalah gerak menaikkan anggota tubuh. Contoh gerak elevasi seperti mengangkat atau menengadahkan kepala. Gerak depresi adalah gerak menurukan anggota tubuh. Contoh gerak depresi seperti menundukkan/menurunkan kepala saat berolahraga. Pembahasan Otot merupakan alat gerak aktif karena dapat menggerakkan tubuh.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Sel-sel otot memiliki kemampuan berkontraksi. Saat kontraksi otot mengerut sehingga terjadi pemendekan. Setelah berkontraksi otot akan berelaksasi dan mengendur sehingga betuk sel otot memanjang. Berdasarkan cara kerjanya dan sifat kerjanya, otot dibedakan menjadi: a.

gerakan antagonis yang terjadi ketika menggerakkan ke arah atas dan bawah ialah gerak

Otot sinergis yaitu otot yang saling mendukung Contoh : otot bisep dan otot lengan bawah (pronator) yang terdiri atas pronator teres dan kuadratus. Ketiga otot ini sama-sama berkontraksi ke satu arah sehingga lengan bawah dapat digerakkan memutar.

b. Otot antagonis yiatu otot yang bekerja saling berlawanan. Contoh: mekanisme kerja otot bisep dan trisep, dapat membengkokkan dan meluruskan siku. Kontrakasi dan relaksasi otot terjadi secara berpasangan dan bertindak secara antagonis (otot antagonis) menghasilkan pergerakan. Jenis-jenis gerak yang disebabkan oleh otot atagonis sebagai berikut: 1.

Abduksi dan adduksi Gerakan abduksi adalah gerakan yang menjauhi badan, contohnya gerakan merentangkan tangan. Adapun gerakan adduksi adalah gerakan yang mendekati badan, misalnya mengembalikan tangan ke posisi semula setelah merentangkan tangan.

2. Supinasi dan pronasi Gerakan supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan. Sedangkan, gerakan pronasi adalah gerakan menelungkupkan tangan. Kedua jenis gerakan ini seperti gerakan melingkar dalam satu sumbu sentral sehingga disebut juga rotasi. 3. Fleksi dan ekstensi Gerak fleksi adalah geraka membengkokkan, misalnya posisi kaki menekuk pada saat jongkok.

Gerak ekstensi adalah gerak meluruskan seperti posisi kaki lurus saat berdiri. 4. Depresi dan elevasi Sudah dijelaskan diatas. 5. Inversi dan eversi Gerakan inversi adalah gerak memiringkan telapak kaki ke arah dalam tubuh, sedangkan gerak eversi adalah gerakan memiringkan telapak kaki ke arah luar tubuh. Pelajari lebih lanjut 1. persendian: brainly.co.id/tugas/17842629 2. osifikasi: brainly.co.id/tugas/17846974 3.

fungsi rangka: brainly.co.id/tugas/17047146 Detil Jawaban Kelas: 3 SMP Mapel: Biologi Bab: Rangka dan otot manusia Kode: 9.4.1 Kata kunci: gerak antagonis, contoh gerak antagonis 1.

teori perkembangan kognitif jean piaget merupakan salah satu pilar konseptual dan menjadi dasar proses pendidikan anak usia sekolah.

jean piaget me … mbagi perkembangan kognitif menjadi 4 tahap perkembangan yaitu sensorimotorik, praoperasional, operasi konkret, operasi formal. berdasarkan tahap perkembangan kognitif jean piaget, pada tahap manakah perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar? dan coba anda uraikan karakteristiknya!Halo Lina, kakak bantu jawab ya. Gerak otot pada tubuh dapat terjadi secara sinergis (bersamaan) atau antagonis (berlawanan).

Gerak otot antagonis adalah apabila salah satu otot berkontraksi (memendek), otot yang satunya berelaksasi (memanjang). Gerak antagonis contohnya adalah menggerakkan anggota tubuh keatas uang disebut dengan elevasi dan menggerakkan anggota tubuh ke bawah dan disebut dengan depresi. Dengan demikian, gerak yang terjadi ketika menggerakkan anggota tubuh ke arah atas adalah gerak elevasi dan gerak yang terjadi ketika menggerakkan anggota tubuh ke arah bawah adalah gerak depresi.

Seperti itu ya Lina, semoga membantu. Kelas: 11 SMA Topik: Sistem Gerak Aktif

Gerak Otot Antagonis




2022 www.videocon.com