Syarat perpanjang stnk 5 tahun

syarat perpanjang stnk 5 tahun

tirto.id - Syarat perpanjang STNK 5 tahun dan tahunan perlu pemilik kendaraan bermotor ketahui lantaran persyaratan keduanya sedikit berbeda termasuk perihal cara atau prosedurnya.

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) diperpanjang secara berkala. STNK memiliki dua jenis perpanjangan. Pertama, perpanjangan tahunan yaitu perpanjangan yang dilakukan syarat perpanjang stnk 5 tahun sekali saat membayar pajak, setiap kali membayar pajak, maka akan diberikan stempel pengesahaan bukti telah membayar pajak pada lembar STNK. Kedua, perpanjangan 5 tahunan yaitu perpanjangan yang dilakukan saat membayar pajak pada tahun kelima, kemudian setelah melakukan pembayaran, maka pemilik kendaraan akan mendapatkan STNK baru dan plat nomor kendaraan baru.

Berikut ini persyaratan dan prosedur perpanjangan STNK tahunan dan 5 tahunan. Cara dan Syarat Perpanjang STNK Tahunan Syarat perpanjang STNK tahunan: • STNK asli dan foto copy • BPKB Asli dan foto copy (BPKB asli diperlihatkan ke petugas). • KTP asli dan foto copy KTP Pemilik sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan atas nama perorangan) Foto Copy Domisisi Perusahaan, NPWP Perusahaan, SIUP Perusahaan dan TDP Perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan) • Surat kuasa, apabila memberi kuasa kepada pihak lain untuk melakukan pengurusan.

Untuk kendaraan atas nama perusahaan, Surat Kuasa diatas Kop Surat Perusahaan, ttd pemberi kuasa dan stempel perusahaan diatas materai (*melampirkan Foto Copy KTP Syarat perpanjang stnk 5 tahun Kuasa) Cara perpanjang STNK tahunan: • Mengisi Formulir Perpanjangan STNK (Formulir tersedia di Loket) • Memasukkan Formulir beserta persyaratan STNK Tahunan ke Loket Pendaftaran setelah memasukkan berkas silahkan menunggu panggilan, apabila tidak ada masalah di berkas petugas akan memanggil untuk menyerahkan lembar besaran pajak yang harus dibayar (Notice) • Membayar Pajak Kendaraan di Loket Pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran silahkan menunggu panggilan kembali untuk penerbitan STNK (Pengesahan) dan SKPD baru di Loket pengeluaran STNK (Pegesahan) dan SKPD Baru • Menerima STNK (Pengesahan) dan SKPD Baru Baca juga: • Biaya Pengesahan STNK Dihapus MA: Hasil Warga Melawan Presiden • STNK Mati 2 Tahun Bakal Dihapus, Bagaimana Negara Lain?

Cara dan Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun Syarat perpanjang STNK 5 tahun: • STNK asli dan foto copy • BPKB asli dan foto copy (BPKB Asli diperlihatkan ke petugas) • KTP asli dan foto copy KTP Pemilik sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan atas nama perorangan) • Foto copy Domisisi Perusahaan, NPWP Perusahaan, SIUP Perusahaan dan TDP Perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan) • Surat kuasa, apabila memberi kuasa kepada pihak lain untuk melakukan pengurusan.

Untuk kendaraan atas nama perusahaan, Surat Kuasa diatas Kop Surat Perusahaan, ttd pemberi kuasa dan stempel perusahaan diatas materai (melampirkan Foto Copy KTP Pemberi Kuasa) • Membawa kendaraan untuk melakukan cek fisik kendaraan Cara perpanjang STNK 5 tahun: • Membawa semua persyaratan • Melakukan cek fisik kendaraan berupa pemeriksaan nomor rangka dan nomor mesin • Menerima blanko cek fisik kendaraan • Menyerahkan blanko cek fisik dan semua persyaratan ke loket • Membayar Pajak Kendaraan di Loket Pembayaran.

Setelah melakukan pembayaran silahkan menunggu panggilan kembali. • Menerima struk pembayaran untuk mengambil STNK baru dan plat nomor baru • Ambil STNK dan plat nomor baru di loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Kali ini kita akan membahas cara perpanjang STNK motor dan mobil 5 tahunan. Sekaligus kami informasikan syarat perpanjang STNK motor dan mobil 5 tahunan. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah dilonggarkan. Masyarakat pun mulai melakukan berbagai aktivitas termasuk perpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang sebelumnya dilarang atau tidak bisa dilakukan di masa pandemi virus Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Para pemilik kendaraan bermotor, baik itu mobil maupun sepeda motor, punya kewajiban kepada negara yang harus mereka lakukan.

Pertama adalah melakukan perpanjangan STNK tahunan sekaligus pembayaran pajaknya. Sedangkan yang kedua adalah perpanjangan STNK plus pelat nomor polisi setiap lima tahun sekali. Aktivitas tersebut sempat tertunda karena pandemi virus Corona dan pemberlakukan PSBB di banyak daerah untuk meminimalisir penularannya dan berdampak pada berbagai layanan publik seperti perpanjangan STNK.

Sekadar mengingatkan, virus itu diketahui masuk Indonesia pada Maret 2020, sementara PSBB dimulai pada awal April tahun yang sama. PSBB Jakarta sendiri telah dilonggarkan sejak Juni 2020, bahkan dihapuskan di beberapa daerah lain. Para warga pun mulai berbondong-bondong ke Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di berbagai lokasi untuk mengurus pajak kendaraan maupun STNK mereka.

Perpanjangan STNK 5 tahunan sendiri tidaklah rumit dan berliku-liku. Berikut ini adalah cara serta syarat perpanjangan STNK 5 tahunan, seperti dikutip dari berbagai sumber termasuk Korlantas Polri: Dokumen yang menjadi syarat perpanjang STNK motor dan mobil: • STNK asli plus foto copy (salinan) • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) asli maupun salinannya • KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli dan salinan dari pemilik kendaraan sesuai data di STNK dan BPKB • Untuk kendaraan milik perusahaan, sertakan foto copy SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Perusahaan, SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), maupun TDP (Tanda Daftar Perusahaan) • Surat Kuasa, apabila diurus oleh orang lain.

Untuk pengurusan kendaraan korporasi, Surat Kuasa harus memiliki kop perusahaan maupun stempel resmi dari institusi tersebut • Kendaraan terkait (untuk cek fisik) Prosedur: • Cek fisik kendaraan (melihat dan menyalin nomor rangka dan nomor mesin ke dalam blanko) • Menerima blanko cek fisik kendaraan • Menyerahkan blanko cek fisik dan semua persyaratan dokumen ke loket • Membayar pajak di loket • Menerima struk pembayaran • Ambil STNK dan plat nomor baru di loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

app arrow-down arrow-left arrow-right arrow-up caret-down caret-up chevron-down chevron-left chevron-right chevron-up Menu more-alt more product-bump-square product-bump product-combo-square product-combo product-feature-square product-feature product-highlight-square product-highlight product-hotdeal-square product-hotdeal product-showcase-square product-showcase Product trusted outline verified product-video-square product-video android apple social-facebook social-googleplus social-instagram social-line-alt social-line-1 social-rss social-twitter social-whatsapp social-youtube add attachement bookmark chat check-circle check-success check checkbox-check checkbox close compare content-paste cooperate cross-circle delete exit favorite-outline favorite filter flag grid Invisible mail open-window pencil print search send settings share sort speech star support Tools upload view calendar call car-front Car-Seat car-side-front meter paint-brush quote-left quote-right search-car shield transmission two-car user-formal
Apakah kamu tahu cara dan syarat perpanjang STNK 5 tahunan?

Buat yang belum mengerti, ada baiknya kenali lebih jauh tentang STNK. Pasalnya surat ini penting untuk para pemilik kendaraan. Kepanjangan STNK adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan. Bisa dikatakan STNK merupakan identitas untuk motor dan mobil kamu. Kalau kendaraan tanpa STNK, bisa dianggap hasil curian atau ilegal. Lebih sepelenya lagi, kalau tidak punya STNK, kamu tidak bisa parkir di mal, perkantoran, dan lokasi tertentu.

Di dalam STNK, terdapat keterangan identitas kendaraan bermotor beserta pemiliknya. Selain itu, ada informasi besaran pajak dan masa berlaku STNK. Jika lupa memperpanjang STNK 5 tahunan, berarti kamu juga lalai membayar pajak kendaraan bermotor. Bila masa berlaku STNK mati melebihi dua tahun berturut-turut, maka syarat perpanjang stnk 5 tahun lebih mengerikan lagi.

Nomor kendaraan bakal langsung dihapus di bagian registrasi dan identifikasi (regident) kendaraan bermotor alias hangus. Supaya kamu aman dari penghapusan data, segeralah memperpanjang STNK sebelum masa berlakunya habis. Kalau belum pernah memperpanjang STNK karena baru punya motor atau mobil, lewat tulisan ini akan dibahas cara dan syarat perpanjang STNK 5 tahunan.

Ingat, tak perlu melibatkan calo. Pasti sulit? Ternyata tidak, caranya mudah, asalkan kamu tahu syarat dan prosedurnya. Perhatikan baik – baik ya, supaya prosesnya lancar jaya. Perpanjang STNK 5 Tahun Sekali, Tapi Pengesahannya Setiap Tahun Khusus pengesahan STNK, bisa dilakukan di rumah saja lewat aplikasi Samolnas Perlu kamu ketahui, STNK ini berlaku selama lima tahun. Namun demikian, setiap tahun, kamu perlu memperoleh pengesahan dari SAMSAT. Polisi akan menandai setiap kotak dengan stempel atau stiker.

Jumlah kotak ada lima, setelah semua kotak terisi, kamu harus mengganti STNK sekaligus TNKB (pelat nomor). Dari keterangan tersebut bisa disimpulkan ada dua macam pengurusan STNK: perpanjangan setiap lima tahun dan pengesahan setiap tahun.

Bagaimana cara pengesahan STNK?

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Baca juga Merokok Sambil Berkendara Bisa Kena Tilang, Ini Aturannya Syarat Pengesahan STNK untuk Kendaraan Pribadi Secara manual pun dapat dilakukan dengan mengunjungi samsat terdekat Syarat untuk melakukan pengesahan STNK 1 (satu) tahun adalah sebagai berikut: • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Khususnya untuk kendaraan bermotor dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) di atas Rp. 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah); • Fotokopi STNK; • Fotokopi BPKB; • Surat Keterangan dari perusahaan leasing (asli) untuk kendaraan bermotor dengan cara sewa beli; Semua syarat tersebut, wajib melampirkan aslinya.

Jangan sampai syarat perpanjang stnk 5 tahun, jadi bukan cuma lembar fotokopinya saja ya! Setelah itu, kamu perlu datang ke kantor Samsat terdekat. Di sana, serahkan semua syarat tersebut. Kemudian bayar pajaknya. Di hari yang sama, kamu bakal mendapat STNK dengan pengesahan. Pengesahan STNK Via Online Tahapan perpanjang stnk lewat aplikasi Samolnas Saat ini kamu bisa juga melakukan pengesahan STNK via online.

Jadi, tidak perlu lagi datang ke Samsat. Hal tersebut tentu mempermudah supaya kamu dapat di rumah saja. Bagaimana caranya? Simak tahapan berikut: • Unduh aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas); • Lakukan pendaftaran dengan mengisi data berupa nomor polisi, nomor induk kependudukan, dan lima digit nomor rangka terakhir; • Kemudian kamu akan dikasih kode bayar yang berlaku selama dua jam.

Pembayaran pajak dapat dilakukan via bank, ATM, dan modern channel lain; • E-Pengesahan STNK bakal kamu terima. Hanya saja masa berlakunya cuma 30 hari. Lalu disusul Stiker pengesahan STNK yang bakal dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai domisili.

Perpanjang STNK Via Drive Thru Ini terobosan terbaru dari SAMSAT yang memudahkan pemilik kendaraan. Kamu bahkan tak perlu turun dari kendaraan untuk melakukan perpanjangan. Sebelumnya, sama seperti di loket, kamu harus membawa seluruh persyaratan. Kalau lupa, bisa tengok kembali bagian sebelumnya.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Baca juga 4 Tips Merawat Jok Motor Biar Tetap Empuk dan Awet Di Drive Thru SAMSAT, ada dua loket yang tersedia, loket pertama adalah bagian pengecekan berkas dan loket kedua untuk pembayaran pajak. Saat syarat lengkap, maka kamu butuh tidak lebih dari 20 menit untuk melakukan perpanjangan STNK.

5 Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan Ada beberapa hal yang harus kamu sediakan sebelum pergi ke SAMSAT terdekat.

Berikut keterangan lengkapnya: • STNK asli dan 1 lembar salinan • KTP asli dan 1 lembar salinan. KTP harus sama dengan STNK. • BPKB asli dan salinan. • Kendaraan yang ingin diperpanjang STNKnya. • Uang pembayaran • Map • Pulpen Dua hal terakhir memang bersifat opsional, tapi tentunya lebih cepat dan rapi jika membawa dari rumah.

Kalau semua sudah siap, saatnya kamu berangkat ke SAMSAT. Lebih bagus jika datang lebih pagi, karena sebelum loket buka, biasanya sudah ada antrian. Ini langkah – langkah yang kamu lakukan: 1. Lakukan Cek Fisik Kendaraan Sebagai Salah Satu Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan Kamu wajib bawa motor atau mobil untuk dicek fisik Agar antrean tidak terlalu lama, kamu langsung saja menuju ke bagian cek fisik dan ambil nomor urut.

Cek ini gratis, namun boleh saja kalau kamu memberi uang lelah kepada petugas, tidak wajib kok. Jika tidak terlalu antre, cek fisik maksimal 10 menit. Setelah cek fisik tuntas kamu perlu melakukan validasi. Letakkan kendaraan di parkiran lalu pergilah ke bagian legalisasi. Serahkan hasil cek fisik dan tunggu prosesnya, sekitar 10 – 15 menit tergantung antrian.

3. Ambil Formulir Perpanjangan STNK Jangan lupa isi formulir dengan benar Sekarang, kamu ambil formulir sebagai perpanjangan STNK 5 tahunan di loket yang tersedia.

Baca dengan teliti dan isi informasi yang diperlukan dengan cermat. Jangan sampai terlewat satu kolom pun. Lebih jelasnya, kamu bisa bertanya kepada petugas terlebih dahulu untuk memastikan kolom mana saja yang wajib kamu isi.

Baca syarat perpanjang stnk 5 tahun Cara Mudah Membersihkan Busi Motor dan Busi Mobil 4. Bayar Pajak STNK Sediakan uang untuk melakukan pembayaran pajak STNK Ambil dokumen yang telah kamu siapkan dari rumah untuk syarat perpanjang STNK 5 tahunan, cek sekali lagi untuk memastikan kelengkapannya. Masukkan hasil legalisasi cek fisik beserta formulir pendaftaran yang sudah kamu lengkapi ke dalam map. Berikan seluruh berkas kepada petugas pendaftaran.

Petugas akan memberikan nomor antrian. Sekarang kamu bisa beristirahat sembari menunggu panggilan. Jika hari itu termasuk sepi, tidak sampai 30 menit kamu sudah dipanggil. Sekali lagi, ini tergantung antrian. Setelah petugas memanggil namamu, segera bayar sesuai nominal yang tercantum di lembar pajak. Sebagai gantinya, petugas akan mnyerahkan dua bukti pembayaran, biru dan putih. Lembar putih digunakan mengambil pelat nomor baru, sedangkan lembar biru untuk STNK baru.

5. Ambil STNK dan Pelat Nomor Baru Setelah selesai, pelat nomor dan STNK baru kamu wajib ambil Ambil STNK dan Pelat Nomor. Di titik ini, proses perpanjangan STNK hampir 100%. Kamu tinggal ambil STNK dan pelat nomor di tempat yang sudah disediakan. Jangan lupa memeriksa kembali kecocokan data antara STNK dengan kendaraan kamu dengan teliti. Kesalahan satu huruf atau angka akan menjadi masalah besar.

Nah, bila tidak ada kesalahan, maka perpanjangan STNK kamu sudah selesai. Selain STNK, petugas memberikan bukti pembayaran pajak terbaru. Jika dikalkulasi, kamu butuh waktu minimal 1 jam untuk melakukan perpanjangan STNK.

Baca Juga : • Bagaimana Cara Mengurus Tilang Elektronik? Intip Panduan Berikut Ini, Yuk! • Super Mudah, Begini Cara Daftar Gojek Secara Online dan Langsung • Begini Lho Cara Daftar Grab Online dan Langsung Terbaru • Beli Helm Online? Simak 8 Tips Berikut agar Tidak Salah Pilih • Cara Merawat Cat Body Motor Agar Tetap Syarat perpanjang stnk 5 tahun Seperti Baru! Mudah bukan cara dan syarat perpanjang STNK 5 tahunan? Selamat mencoba! Untuk informasi lebih lengkap soal dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang STNK stnk motor tips motor Post navigation • Kartu Kredit • Semua • Welcome Bonus • Dining • Cashback • Reward • Travel • No Fee • Premium • Gasoline • First Card • Pinjaman • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Multiguna • Kredit Mobil Baru • Kredit Mobil Bekas • Kredit Motor • Kredit Pemilikan Rumah • Asuransi • Asuransi Mobil • Asuransi Kesehatan & Telemedicine • Asuransi Perjalanan • Bantuan Darurat Jalan Baru • Top-up & Tagihan Baru • Pulsa • Listrik PLN • Paket Data • Voucher Game • BPJS Baru • PDAM • Telkom • Pascabayar • Data Roaming Internasional • Internet & TV Kabel Baru • Angsuran Kredit Baru • Zakat Baru • Reksa Dana Baru • Simpanan • Tabungan • Tabungan Berjangka • Tabungan Syariah • Deposito • Deposito Syariah • E-Money • Semua • Kartu • Aplikasi • Artikel • Promo • Lainnya • Daftar Pusat Service • Daftar Bengkel Asuransi • Lembaga Keuangan • Daftar Istilah • Ruang Edukasi • Blog • Masuk - Daftar • Kartu Kredit • Semua • Welcome Bonus • Dining • Cashback • Reward • Travel • No Fee • Premium • Gasoline • First Card • Pinjaman • Kredit Tanpa Agunan • Kredit Multiguna • Kredit Mobil Baru • Kredit Mobil Bekas • Kredit Motor • Kredit Pemilikan Rumah • Asuransi • Asuransi Mobil • Asuransi Kesehatan & Telemedicine • Asuransi Perjalanan • Bantuan Darurat Jalan Baru • Top-up & Tagihan Baru • Pulsa • Listrik PLN • Paket Data • Voucher Game • BPJS Baru • PDAM • Telkom • Pascabayar • Data Roaming Internasional • Internet & TV Kabel Baru • Angsuran Kredit Baru • Zakat Baru • Masuk Daftar Sebagai pemilik kendaraan, kamu pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Surat yang berisikan beberapa informasi tentang kendaraan sekaligus pemilik kendaraan ini sangat penting untuk dimiliku dan selalu dibawa ke manapun selama berkendara. Bukan apa-apa. Membawa STNK yang masih aktif merupakan cara pengendara untuk tertib berlalu lintas.

Tentu saja jika sewaktu-waktu ada razia atau pemeriksaan kendaraan, Anda bisa terhindar dari tilang petugas. Jangan lupa melengkapinya dengan surat-surat berkendara lain, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun kelengkapan kendaraan, di antaranya nyalakan lampu di siang hari, mengenakan helm, dan taati rambu-rambu lalu lintas di jalan.

STNK juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan bermotor karena dapat diketahui dari kecocokan nomor polisi (nopol) dan STNK. Tanpa STNK maupun surat lain, seperti Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), motor atau mobil Anda bisa saja bodong atau barang hasil curian.

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya! Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang! Biaya Perpanjang STNK Biaya perpanjang STNK Masa berlaku STNK selama 5 tahun.

Mendekati masa berlaku habis, Anda harus segera memperpanjang STNK. Perpanjang STNK sebetulnya dibagi jadi dua. Pertama, perpanjangan dan pembayaran pajak kendaraan setiap tahun sekali. Kedua, perpanjang STNK sekaligus ganti plat nomor kendaraan setiap 5 tahun sekali. Untuk biaya penerbitan STNK yang diatur dalam Peraturan Syarat perpanjang stnk 5 tahun Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Biaya penerbitan STNK sebesar: 1. Kendaraan roda 2 atau roda 3 • Baru = Rp100 ribu per penerbitan • Perpanjangan = Rp100 ribu per penerbitan per 5 tahun. 2. Kendaraan roda 4 atau lebih • Baru = Rp200 ribu per penerbitan • Perpanjangan = Rp200 ribu per penerbitan per 5 tahun.

Biaya pengesahan STNK: • Kendaraan roda 2 atau roda 3 = Rp25 ribu per pengesahan per tahun • Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih = Rp50 ribu per pengesahan per tahun. Baca Juga: Biaya Balik Nama dan Pembuatan STNK Baru Persiapan Memperpanjang STNK Persiapan memperpanjang STNK 5 tahunan via wordpress.com Jika Anda masih bingung tahapan untuk memperpanjang STNK 5 tahunan Anda, cek persiapan yang harus dilakukan berikut ini: 1.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Menyiapkan Dokumen Lengkap sebagai Syarat Perpanjang STNK Dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, berikut syarat memperpanjang STNK, antara lain: • Mengisi formulir permohonan • Melampirkan tanda bukti identitas, seperti KTP dan fotokopi • STNK beserta fotokopinya • BPKB dan fotokopi BPKB. Atau dalam hal BPKB dijadikan jaminan bank, harus disertakan surat bukti pengagunan BPKB dan/atau surat keterangan bermeterai cukup dari kreditur • Keterangan buka blokir dalam hal STNK berada dalam status blokir; dan • Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor.

2. Cek Fisik Kendaraan Persiapan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengecek kondisi kendaran Anda. Saat hendak memperpanjang STNK, bawa kendaraan Anda. Kemudian cek fisik kendaraan di kantor Samsat agar mendapat formulir check list sebagai syarat perpanjang STNK. Jika Anda berdomisili di luar kota, sementara plat nomor kendaraan berasal dari kampung halaman, datang saja ke kantor Samsat domisili Anda saat ini.

Maka data akan diproses dengan mudah. Dengan catatan, Anda punya bukti atau kartu identitas valid dengan plat nomor kendaraan Anda. Pastikan Anda membawa kendaraan Anda ke Samsat terdekat domisili. 3. Bawa Uang Tunai Perpanjang STNK dan ganti plat nomor 5 tahun sekali di kantor Samsat, jangan lupa untuk membawa uang tunai di dompet. Berjaga-jaga bila pembayaran tidak dapat dilakukan dengan non-tunai seperti transfer via ATM.

Tenang saja, biasanya ada ATM Center di lingkungan kantor Samsat sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh jika ingin mengambil uang tunai untuk keperluan membayar perpanjangan STNK 5 tahunan. 4. Datang Lebih Pagi dan Berpakaian Rapi Mengingat kantor Samsat yang selalu penuh dengan warga yang punya kebutuhan sama, sebaiknya Anda datang lebih pagi agar mendapat antrean terdepan. Pastikan Anda berpakaian rapi dan tidak menggunakan sendal.

Kalau dapat antrean depan kan bisa lebih cepat selesai. STNK Mati, Siap-siap Kena Denda sampai di Penjara Selain memperpanjang 5 tahun sekali, Anda sebagai pengendara wajib setoran pajak kendaraan bermotor setiap tahun. Jika menunggak, otomatis STNK akan mati. Sanksinya pidana penjara maksimal 2 bulan atau denda maksimal Rp500 ribu. Sanksi ini tertuang jelas dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 288 ayat (1). Jadi, jangan coba-coba nunggak pajak kalau gak mau mendekam di balik jeruji besi ya.

Kategori • Asuransi • Asuransi Jiwa • Asuransi Kendaraan • Asuransi Kesehatan • Asuransi Perjalanan • Asuransi Umum • BPJS • Belanja • Berita • Bisnis • Deposito • Dokumen Anda • Emas • Fintech • Gaya Hidup • Info Umum • Inspirasi • Investasi • Karir • Kartu Kredit • Keluarga • Kredit HP • Kredit Mobil • Kredit Motor • Kredit Multiguna • Kredit Pemilikan Rumah • Kredit Tanpa Agunan • Kuis • Liburan dan Kuliner • Otomotif • Pajak • Peluang Usaha • Pendidikan • Perbankan • Pernikahan • Pinjaman • Properti • Quotes Motivasi • Ragam • Reksadana • Review Handphone • Saham • Seputar Ramadan • Siaran Pers • Tabungan • Tips Bisnis • Tips Kesehatan • Tips Keuangan • Unit Link • Wawancara Khusus • Wirausaha Selengkapnya
none
Pada umumnya, kita semua sudah tahu apa saja hal yang harus dibawa saat mengendarai kendaraan pribadi.

Mulai dari perlengkapan pengaman seperti helm dan jaket, hingga perlengkapan lainnya seperti SIM dan STNK. Secara berkala kita juga diwajibkan untuk memperpanjang masa berlaku surat-surat tersebut.

Namun, tahukah kamu apa saja syarat perpanjang STNK? Artikel MoneyDuck kali ini akan membahas tentang apa saja hal yang harus kamu ketahui mengenai STNK.

Hal-hal yang akan kita bahas kali ini seputar syarat perpanjang STNK, fungsi, risiko, hingga biaya yang kamu harus keluarkan. Dengan memahami hal-hal tersebut diharapkan kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Simak penjelasan lengkap seputar syarat perpanjang STNK di bawah ini! Mengapa STNK Kendaraan Harus Diperpanjang? STNK adalah bukti pengesahan atas kepemilikan kendaraan bermotor yang terdaftar di Indonesia.

Dengan kata lain, STNK digunakan untuk mengenali siapa pemilik dari kendaraan bermotor yang sedang digunakan. Hal ini diharapkan dapat membantu kepolisian untuk menemukan kendaraan hasil tindak pidana atau kendaraan yang digunakan untuk melakukan tindakan kriminal. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No syarat perpanjang stnk 5 tahun tahun 2016, tidak memperpanjang STNK dapat dikenai sanksi 2 bulan penjara atau denda Rp500.000.

STNK juga merupakan tanda bukti pajak yang menjadi kewajiban dari setiap pemilik kendaraan bermotor. Itu sebabnya, pemilik kendaraan bermotor diwajibkan memperpanjang masa berlaku STNK sebagai bukti telah tertib pajak.

Perpanjangan STNK tahunan lebih syarat perpanjang stnk 5 tahun disebut sebagai PKB (Pajak Kendaraan Bermotor), sedangkan perpanjangan STNK lima tahunan disertai dengan penggantian nomor polisi baru. Baca Juga: Pengertian Asuransi dan Segala Macam Seluk Beluknya Apa Saja Isi STNK Kendaraan?

Sebelum mengetahui syarat perpanjangan STNK, apakah kamu sudah tahu isi STNK? Sebagai surat yang diperuntukkan untuk menunjukkan identitas dan kepemilikan kendaraan bermotor, di dalam STNK terdapat beberapa informasi terperinci mengenai pemilik dan spesifikasi motor. Informasi ini dibutuhkan oleh dinas-dinas pemerintah seperti Polri, Dinas Pendapatan, dan PT. Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan serta keamanan untuk semua pengendara.

Data-data tersebut terdiri dari: • Nama pemilik • Alamat pemilik • Jenis kendaraan • Model kendaraan • Tahun pembuatan • Kapasitas silinder • Warna kendaraan • Nomor rangka • Nomor mesin • Nomor BPKB • Warna TNKB • Jenis bahan bakar • Nomor polisi dan masa berlaku Syarat Perpanjang STNK Tahunan Terdapat dua macam perpanjangan STNK, yakni STNK tahunan dan lima tahunan.

STNK tahunan atau PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) merupakan rutinitas setahun sekali yang diselenggarakan pemerintah untuk mendapatkan pemasukan pajak dari pemilik kendaraan bermotor. Dengan melakukan PKB, kamu dapat dengan nyaman berkendara tanpa khawatir terkena denda dari polisi lalu lintas. Biaya Perpanjang STNK Tahunan: Syarat perpanjang STNK yang paling utama adalah membayar pajak sesuai dengan besaran yang tertera pada STNK.

Besaran biaya yang kamu bayarkan adalah 1,5% hingga maksimal 2% dari nilai jual kendaraan. Besaran ini berbeda-beda tergantung di daerah mana kamu tinggal.

Kamu akan mendapatkan denda keterlambatan apabila kamu terlambat memperpanjang STNK tahunan. Biasanya pemerintah menyelenggarakan pemutihan pajak dan insentif pajak untuk memotivasi masyarakat agar lebih tertib. Dengan pemutihan pajak, pembayar pajak hanya perlu membayar pokok pajaknya saja tanpa harus membayar denda keterlambatan.

Sedangkan insentif pajak dapat berbentuk potongan biaya yang besarnya berbeda-beda di setiap daerah. Cara Perpanjang STNK Tahunan: Untuk melakukan perpanjangan STNK tahunan, kamu bisa melakukannya dengan dua metode, yakni online dan offline. Untuk perpanjangan STNK secara offline kamu bisa mengunjungi kantor Samsat atau Samsat keliling.

Sedangkan untuk perpanjang STNK tahunan online kamu bisa akses situs e-samsat. Berikut ini penjelasan syarat perpanjangan STNK online: • Buka situs e-samsat.id lewat browser kamu. • Masukkan data kode plat nomor, nomor plat, nomor seri, 5 digit terakhir no rangka, dan pilih provinsi tempat kendaraan yang kamu ingin perpanjang masa berlaku STNK. • Klik “Cari”. • Klik “Pengajuan Kode Bayar”. • Bayar sesuai nominal kemudian simpan bukti pembayaran.

• Setelah dikonfirmasi datang ke Samsat terdekat untuk pengesahan dan pengambilan STNK baru. Jangan lupa membawa e-KTP, STNK asli, dan bukti bayar. • Kamu sudah bisa membawa pulang STNK baru yang telah diperpanjang dan bisa berkendara dengan tenang.

• Selain lewat situs Samsat, kamu bisa juga memperpanjang STNK dengan syarat perpanjang stnk 5 tahun aplikasi SALMONAS di smartphone kamu dan mengikuti langkah yang sama seperti instruksi di atas. Selain metode online kamu juga masih bisa melakukan perpanjangan STNK dengan proses manual atau secara offline. Syarat perpanjang STNK secara online dan offline tidak jauh berbeda, hanya saja kamu perlu mengetahui langkah apa saja yang harus kamu tempuh. Berikut ini penjelasan cara perpanjang STNK secara offline: • Datang ke kantor Samsat atau Samsat keliling dengan membawa persyaratan berupa e-KTP, STNK asli, dan uang setoran yang tertera pada STNK lama.

• Serahkan e-KTP pada petugas Samsat dan tunggu hingga namamu dipanggil.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

• Serahkan sejumlah uang setoran kepada petugas. • STNK baru sudah siap dan akan diberikan oleh petugas Samsat. Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun Selain mengetahui syarat perpanjang STNK tahunan, kamu juga harus tahu syarat perpanjang STNK lima tahunan. Sebab hal ini merupakan serangkaian kewajiban yang memang harus dilaksanakan agar kamu bisa mendapatkan hak sebagai warga negara. Oleh karena itu simak penjelasan mengenai biaya dan cara perpanjang STNK lima tahunan di bawah ini: Biaya Perpanjang STNK Tahunan: Perpanjangan STNK lima tahunan merupakan sebuah kewajiban untuk membayar pajak sekaligus mendapatkan nomor polisi baru.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2016, biaya perpanjang STNK lima tahunan adalah syarat perpanjang stnk 5 tahun Rp200.000 disertai beberapa biaya tambahan lainnya seperti: • Biaya cek fisik kendaraan Rp10.000-Rp20.000.

• Biaya ganti plat nomor Rp60.000 untuk motor dan Rp100.000 untuk mobil. • Biaya SWDKLLJ Rp35.000. Cara Perpanjang STNK Tahunan: Kamu sudah tahu kisaran biaya yang dibutuhkan untuk mengurus perpanjangan STNK lima tahunan.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Sekarang saatnya kamu memahami syarat perpanjang STNK lima tahunan dan apa saja ketentuannya. Agar kamu lancar saat mengurusnya, sebaiknya persiapkan beberapa dokumen sebagai berikut: • STNK Asli dan fotokopi; • BPKB Asli dan fotokopi; • KTP Asli dan fotokopi pemilik kendaraan sesuai STNK dan BPKB; • Mengisi formulir permohonan perpanjang STNK dari kantor Samsat; • Surat Keterangan Buka Blokir jika status STNK sedang terblokir; • Surat Kuasa jika proses perpanjangan STNK tidak dilakukan oleh pemilik asli kendaraan.

Setelah semua dokumen siap, kamu bisa lakukan langkah selanjutnya di bawah ini: • Datang ke kantor Samsat yang sesuai dengan area domisili kamu. • Daftarkan kendaraan untuk pengecekan fisik. • Legalisir hasil cek fisik. • Isi formulir perpanjangan STNK. • Serahkan berkas pada pos loket progresif. • Bayar biaya perpanjang STNK. • STNK dan plat nomor baru sudah bisa diambil di loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

• Kamu sudah bisa pulang dan jangan lupa ganti plat nomor lama syarat perpanjang stnk 5 tahun yang baru. Baca Juga: Asuransi Kecelakaan, Asuransi yang Perlu Anda Pertimbangkan untuk Dibeli Awas, Telat Perpanjang STNK akan Kena Denda! Sekarang kamu sudah tahu apa saja syarat perpanjang STNK dan manfaatnya, pastikan kamu tidak hanya memahaminya namun juga menerapkannya. Memahami syarat perpanjang STNK dan ketentuan lainnya adalah kewajiban setiap warga yang taat hukum yang ingin terbebas dari segala macam risiko.

Oleh karena itu, baca sekali lagi artikel di atas agar kamu bisa benar-benar paham dan bisa merasakan manfaatnya. Selain syarat perpanjang STNK, kamu juga harus tahu apa itu asuransi dan juga macamnya agar kamu bisa merasakan kenyamanan saat berkendara.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Kamu bisa konsultasi dengan Expert MoneyDuck untuk mendapatkan banyak nasihat terbaik dengan klik tombol Konsultasi Gratis di bawah ini. Raih tujuan keuangan masa depanmu bersama MoneyDuck. Salam untuk semua warga Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia saya untuk sangat berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet, Allah sangat mendukung saya melalui jalan yang baik.

ibu Ny. Helen Wilson.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya tertipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. pinjaman.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya mendiskusikannya dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang akhirnya Allah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut syarat perpanjang stnk 5 tahun dalam hidup Anda.

Semoga ALLAH memberkati Ibu Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau WA: +6283852071303 Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati dengan orang-orang ini.

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Allah melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.

Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com Tentu saja Anda harus rajin-rajin mencari informasi secara online mengenai pendidikan atau beasiswa serta universitas yang memberikan program S3 sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Mulai lengkapi persyaratan umum dan administrasi yang ditentukan sambil menunggu keputusan dan pembukaan pendaftaran dari universitas yang Anda target.

Yang pasti, seorang pembina atau pembimbing OSIS harus punya waktu dan tenaga yang cukup untuk menunjang seluruh kegiatan, tugas dan tanggungjawab yang dibebankan pada pengurus OSIS. Seringkali saya temukan di sekolah, pembimbing OSIS adalah salah satu guru atau pejabat di organisasi sekolah yang syarat perpanjang stnk 5 tahun sibuk sehingga tidak maksimal dalam melakukan pendampingan dan membimbing para pengurus OSIS.

Bahkan selama 2 tahun pandemi ini pun, kita sangat terbatas untuk bepergian, pulang kampung, bertemu dengan keluarga dan banyak aktivitas lainnya jadi homesick bukan hanya masalah jarak tapi masalah keadaan juga. Manfaatkan kemajuan teknologi dan komunikasi akan membantu menyelesaikan kebutuhan kita sebagai makhluk sosial. Salam untuk semua warga Indonesia, syarat perpanjang stnk 5 tahun saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia saya untuk sangat berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet, Allah sangat mendukung saya melalui jalan yang baik.

ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya tertipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman.

pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya mendiskusikannya dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang akhirnya Allah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya.

Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ibu Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau WA: +6283852071303 Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar syarat perpanjang stnk 5 tahun, harap berhati-hati dengan orang-orang ini.

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Allah melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com Salam untuk syarat perpanjang stnk 5 tahun warga Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia saya untuk sangat berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet, Allah sangat mendukung saya melalui jalan yang baik.

ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya tertipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman.

pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya mendiskusikannya dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ibu Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ibu Helen. Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang akhirnya Allah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

Semoga ALLAH memberkati Ibu Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau WA: +6283852071303 Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati dengan orang-orang ini.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Allah melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com • Products • Kartu Kredit • Pinjaman • Bank • Asuransi • Investasi • Produk Lain • Providers • Bank • Asuransi • Investasi • Properti • Kredit • Pembayaran • Transer Uang • Perusahaan Pembiayaan • Uang Crypto • Money Lender • Lain • Latest • News • Products • Providers • Articles • Forums • Reviews • Others • Contents • About Us • Contact Us disclaimer: Layanan ini bertujuan untuk menyediakan informasi bagi instrumen keuangan dan lainnya, serta tidak berperan sebagai agen, perentara, maupun perantara untuk kontrak pinjaman.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Harap mengetahui bahwa kami tidak menjamin akurasi 100% bagi segala informasi yang ditampilkan, seperti spesifikasi, gambar, dan lainnya.Untuk menggunakan situs dan layanan ini, pengguna harus menyetujui dan mematuhi semua Persyaratan Pelayanan. Silakan merujuk pada detil Persyaratan Penggunaan yang telah disediakan.JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah-langkah dan biaya perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) menjadi informasi penting bagi tiap pemilik kendaraan bermotor agar tidak terjadi hal tidak diinginkan di kemudian hari mengenai kepemilikan resmi.

Pasalnya, di dalam STNK terdapat berbagai informasi penting terkait sepeda motor maupun mobil.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Jadi, penting untuk memastikan dokumen tersebut tetap aktif. Adapun mengenai skemanya, STNK memiliki dua jenis perpanjangan. Ada yang satu tahun sekali (terkait pajak) dan lima tahun sekali. Perbedaannya, pada lima tahunan pemilik juga bakal mengganti nomor polisi kendaraan.

syarat perpanjang stnk 5 tahun

Baca juga: Pengguna Kendaraan Wajib Paham Soal Arti dan Fungsi Rambu Lalu Lintas ari petugas melakukan cek fisik kendaraan yang pajak lima tahunan di Samsat Kota Solo Melansir Undang-undang (UU)nNomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mengganti plat nomor polisi adalah kewajiban semua pemilik kendaraan di indonesia. Jika lalai, siap-siap terkena sanksi denda atau pidana. Pada pasal 288 ayat (1), denda maksimal keterlambatan memperpanjang STNK lima tahunan adalah Rp 500.000 dan pidana penjara maksimal 2 bulan.

Khusus untuk pajak lima tahunan, pemilik tidak bisa memanfaatkan layanan daring atau online. Jadi, Anda harus datang langsung ke kantor Samsat. Lebih lanjut, berikut tahapannya: 1. Datangi kantor Samsat daerah terdekat dari domisili Anda 2. Daftarkan kendaraan untuk menjalani cek fisik kendaraan bermotor 3.

Legalisir hasil cek fisik kendaraan bermotor 4. Isi formulir perpanjangan STNK 5. Serahkan berkas-berkas ke pos loket progresif 6. Lakukan pembayaran pajak di loket yang telah ditentukan 7. Ambil STNK dan plat nomor baru di loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Baca juga: Mengenal 5 Jenis dan Fungsi Marka di Jalan Raya ari purnomo petugas melakukan cek fisik kendaraan bermotor yang akan pajak lima tahunan di kantor Samsat Kota Solo Untuk dokumen yang perlu disiapkan ialah STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, KTP sesuai STNK dan BPKB asli beserta fotokopi, formulir permohonan perpanjangan, surat keterangan buka blokir (bila STNK dalam status tersebut), dan surat kuasa jika diwakilkan.

Berikut biaya perpanjangan STNK lima tahunan khusus mobil menurut Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2016 terkait jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak dan berlaku untuk seluruh Kepolisian Negara Republik Indonesia: * Untuk STNK 5 tahunan baru, biayanya sebesar Syarat perpanjang stnk 5 tahun 200.000 * Untuk STNK 5 tahunan perpanjang, biayanya sebesar Rp 200.000 * Untuk pengesahan STNK, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 50.000 per tahun * Untuk pembuatan BPKB baru, biayanya sebesar Rp 225.000 * Untuk BPKB Pemilik, Anda perlu membayar Rp 225.000.

Selain itu, ada juga beberapa biaya tambahan yang perlu Anda bayarkan. Berikut adalah penjelasannya: * Cek fisik kendaraan bermotor, biayanya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per kendaraan * Ganti plat nomor baru, biayanya sebesar Rp 60.000 hingga Rp 100.000 * Untuk SWDKLLJ, Anda perlu membayar sekitar Rp 35.000
Dalam STNK terdapat berbagai informasi penting terkait mobil sehingga penting untuk memastikan dokumen tersebut tetap aktif.

Adapun mengenai skemanya, STNK memiliki dua jenis perpanjangan. Ada yang satu tahun sekali (terkait pajak) dan lima tahun sekali. Perbedaannya, pada lima tahunan kamu juga bakal mengganti nomor polisi kendaraan. Undang-undang (UU)nNomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyatakan, mengganti plat nomor polisi adalah kewajiban semua pemilik kendaraan di indonesia.

Jika lalai, siap-siap terkena sanksi denda atau pidana. Pada pasal 288 ayat (1), denda maksimal keterlambatan memperpanjang STNK lima tahunan adalah Rp 500.000 dan pidana penjara maksimal 2 bulan. Khusus untuk pajak lima tahunan, syarat perpanjang stnk 5 tahun tidak bisa memanfaatkan layanan daring atau online sehingga harus datang langsung ke kantor Samsat. Cara dan Syarat Perpanjangan STNK 5 Tahunan 1. Datangi kantor Samsat daerah terdekat dari domisili kamu 2. Daftarkan kendaraan untuk menjalani cek fisik kendaraan bermotor 3.

Legalisir hasil cek fisik kendaraan bermotor 4. Isi formulir perpanjangan STNK 5. Serahkan berkas-berkas ke pos loket progresif 6.

Lakukan pembayaran pajak di loket yang telah ditentukan 7. Ambil STNK dan plat nomor baru di loket TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) Untuk dokumen yang perlu disiapkan ialah STNK asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, KTP sesuai STNK dan BPKB asli beserta fotokopi, formulir permohonan perpanjangan, surat keterangan buka blokir (bila STNK dalam status tersebut), dan surat kuasa jika diwakilkan.

Biaya Perpanjangan STNK syarat perpanjang stnk 5 tahun Tahunan Berikut biaya perpanjangan STNK lima tahunan khusus mobil menurut Peraturan Pemerintah No 60 tahun 2016 terkait jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak dan berlaku untuk seluruh Kepolisian Negara Republik Indonesia: - Untuk STNK 5 tahunan baru, biayanya sebesar Rp 200.000 - Untuk STNK 5 tahunan perpanjang, biayanya sebesar Rp 200.000 - Untuk pengesahan STNK, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 50.000 per tahun - Untuk pembuatan BPKB baru, biayanya sebesar Rp 225.000 - Untuk BPKB Pemilik, kamu perlu membayar Rp 225.000.

Selain itu, ada juga beberapa biaya tambahan yang perlu kamu bayarkan: - Cek fisik kendaraan bermotor biayanya sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per kendaraan - Ganti plat nomor baru, biayanya sebesar Rp 60.000 hingga Rp 100.000 - Untuk SWDKLLJ, kamu perlu membayar sekitar Rp 35.000. Klik "Setuju" bila Anda setuju menggunakan cookies di web kami. Kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda di situs web kami.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cookie yang kami gunakan dan cara mengubah pengaturan Anda jika Anda tidak ingin cookie ditempatkan di perangkat Anda, silahkan dapat mengacu kepada Kebijakan Cookie kami.

Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Bogor #Samsat #pajak #Bogor #motor #mobil #streetvideografi




2022 www.videocon.com